kecilkan semua  

Teks -- Matius 26:1-75 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Pemberitahuan keempat tentang penderitaan Yesus -- Rencana untuk membunuh Yesus
26:1 Setelah Yesus selesai dengan segala pengajaran-Nya itu, berkatalah Ia kepada murid-murid-Nya: 26:2 "Kamu tahu, bahwa dua hari lagi akan dirayakan Paskah, maka Anak Manusia akan diserahkan untuk disalibkan." 26:3 Pada waktu itu berkumpullah imam-imam kepala dan tua-tua bangsa Yahudi di istana Imam Besar yang bernama Kayafas, 26:4 dan mereka merundingkan suatu rencana untuk menangkap Yesus dengan tipu muslihat dan untuk membunuh Dia. 26:5 Tetapi mereka berkata: "Jangan pada waktu perayaan, supaya jangan timbul keributan di antara rakyat."
Yesus diurapi
26:6 Ketika Yesus berada di Betania, di rumah Simon si kusta, 26:7 datanglah seorang perempuan kepada-Nya membawa sebuah buli-buli pualam berisi minyak wangi yang mahal. Minyak itu dicurahkannya ke atas kepala Yesus, yang sedang duduk makan. 26:8 Melihat itu murid-murid gusar dan berkata: "Untuk apa pemborosan ini? 26:9 Sebab minyak itu dapat dijual dengan mahal dan uangnya dapat diberikan kepada orang-orang miskin." 26:10 Tetapi Yesus mengetahui pikiran mereka lalu berkata: "Mengapa kamu menyusahkan perempuan ini? Sebab ia telah melakukan suatu perbuatan yang baik pada-Ku. 26:11 Karena orang-orang miskin selalu ada padamu, tetapi Aku tidak akan selalu bersama-sama kamu. 26:12 Sebab dengan mencurahkan minyak itu ke tubuh-Ku, ia membuat suatu persiapan untuk penguburan-Ku. 26:13 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di mana saja Injil ini diberitakan di seluruh dunia, apa yang dilakukannya ini akan disebut juga untuk mengingat dia."
Yudas mengkhianati Yesus
26:14 Kemudian pergilah seorang dari kedua belas murid itu, yang bernama Yudas Iskariot, kepada imam-imam kepala. 26:15 Ia berkata: "Apa yang hendak kamu berikan kepadaku, supaya aku menyerahkan Dia kepada kamu?" Mereka membayar tiga puluh uang perak kepadanya. 26:16 Dan mulai saat itu ia mencari kesempatan yang baik untuk menyerahkan Yesus.
Yesus makan Paskah dengan murid-murid-Nya
26:17 Pada hari pertama dari hari raya Roti Tidak Beragi datanglah murid-murid Yesus kepada-Nya dan berkata: "Di mana Engkau kehendaki kami mempersiapkan perjamuan Paskah bagi-Mu?" 26:18 Jawab Yesus: "Pergilah ke kota kepada si Anu dan katakan kepadanya: Pesan Guru: waktu-Ku hampir tiba; di dalam rumahmulah Aku mau merayakan Paskah bersama-sama dengan murid-murid-Ku." 26:19 Lalu murid-murid-Nya melakukan seperti yang ditugaskan Yesus kepada mereka dan mempersiapkan Paskah. 26:20 Setelah hari malam, Yesus duduk makan bersama-sama dengan kedua belas murid itu. 26:21 Dan ketika mereka sedang makan, Ia berkata: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya seorang di antara kamu akan menyerahkan Aku." 26:22 Dan dengan hati yang sangat sedih berkatalah mereka seorang demi seorang kepada-Nya: "Bukan aku, ya Tuhan?" 26:23 Ia menjawab: "Dia yang bersama-sama dengan Aku mencelupkan tangannya ke dalam pinggan ini, dialah yang akan menyerahkan Aku. 26:24 Anak Manusia memang akan pergi sesuai dengan yang ada tertulis tentang Dia, akan tetapi celakalah orang yang olehnya Anak Manusia itu diserahkan. Adalah lebih baik bagi orang itu sekiranya ia tidak dilahirkan." 26:25 Yudas, yang hendak menyerahkan Dia itu menjawab, katanya: "Bukan aku, ya Rabi?" Kata Yesus kepadanya: "Engkau telah mengatakannya."
Penetapan Perjamuan Malam
26:26 Dan ketika mereka sedang makan, Yesus mengambil roti, mengucap berkat, memecah-mecahkannya lalu memberikannya kepada murid-murid-Nya dan berkata: "Ambillah, makanlah, inilah tubuh-Ku." 26:27 Sesudah itu Ia mengambil cawan, mengucap syukur lalu memberikannya kepada mereka dan berkata: "Minumlah, kamu semua, dari cawan ini. 26:28 Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa. 26:29 Akan tetapi Aku berkata kepadamu: mulai dari sekarang Aku tidak akan minum lagi hasil pokok anggur ini sampai pada hari Aku meminumnya, yaitu yang baru, bersama-sama dengan kamu dalam Kerajaan Bapa-Ku."
Petrus akan menyangkal Yesus
26:30 Sesudah menyanyikan nyanyian pujian, pergilah Yesus dan murid-murid-Nya ke Bukit Zaitun. 26:31 Maka berkatalah Yesus kepada mereka: "Malam ini kamu semua akan tergoncang imanmu karena Aku. Sebab ada tertulis: Aku akan membunuh gembala dan kawanan domba itu akan tercerai-berai. 26:32 Akan tetapi sesudah Aku bangkit, Aku akan mendahului kamu ke Galilea." 26:33 Petrus menjawab-Nya: "Biarpun mereka semua tergoncang imannya karena Engkau, aku sekali-kali tidak." 26:34 Yesus berkata kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya malam ini, sebelum ayam berkokok, engkau telah menyangkal Aku tiga kali." 26:35 Kata Petrus kepada-Nya: "Sekalipun aku harus mati bersama-sama Engkau, aku takkan menyangkal Engkau." Semua murid yang lainpun berkata demikian juga.
Di taman Getsemani
26:36 Maka sampailah Yesus bersama-sama murid-murid-Nya ke suatu tempat yang bernama Getsemani. Lalu Ia berkata kepada murid-murid-Nya: "Duduklah di sini, sementara Aku pergi ke sana untuk berdoa." 26:37 Dan Ia membawa Petrus dan kedua anak Zebedeus serta-Nya. Maka mulailah Ia merasa sedih dan gentar, 26:38 lalu kata-Nya kepada mereka: "Hati-Ku sangat sedih, seperti mau mati rasanya. Tinggallah di sini dan berjaga-jagalah dengan Aku." 26:39 Maka Ia maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kata-Nya: "Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki." 26:40 Setelah itu Ia kembali kepada murid-murid-Nya itu dan mendapati mereka sedang tidur. Dan Ia berkata kepada Petrus: "Tidakkah kamu sanggup berjaga-jaga satu jam dengan Aku? 26:41 Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah." 26:42 Lalu Ia pergi untuk kedua kalinya dan berdoa, kata-Nya: "Ya Bapa-Ku jikalau cawan ini tidak mungkin lalu, kecuali apabila Aku meminumnya, jadilah kehendak-Mu!" 26:43 Dan ketika Ia kembali pula, Ia mendapati mereka sedang tidur, sebab mata mereka sudah berat. 26:44 Ia membiarkan mereka di situ lalu pergi dan berdoa untuk ketiga kalinya dan mengucapkan doa yang itu juga. 26:45 Sesudah itu Ia datang kepada murid-murid-Nya dan berkata kepada mereka: "Tidurlah sekarang dan istirahatlah. Lihat, saatnya sudah tiba, bahwa Anak Manusia diserahkan ke tangan orang-orang berdosa. 26:46 Bangunlah, marilah kita pergi. Dia yang menyerahkan Aku sudah dekat."
Yesus ditangkap
26:47 Waktu Yesus masih berbicara datanglah Yudas, salah seorang dari kedua belas murid itu, dan bersama-sama dia serombongan besar orang yang membawa pedang dan pentung, disuruh oleh imam-imam kepala dan tua-tua bangsa Yahudi. 26:48 Orang yang menyerahkan Dia telah memberitahukan tanda ini kepada mereka: "Orang yang akan kucium, itulah Dia, tangkaplah Dia." 26:49 Dan segera ia maju mendapatkan Yesus dan berkata: "Salam Rabi," lalu mencium Dia. 26:50 Tetapi Yesus berkata kepadanya: "Hai teman, untuk itukah engkau datang?" Maka majulah mereka memegang Yesus dan menangkap-Nya. 26:51 Tetapi seorang dari mereka yang menyertai Yesus mengulurkan tangannya, menghunus pedangnya dan menetakkannya kepada hamba Imam Besar sehingga putus telinganya. 26:52 Maka kata Yesus kepadanya: "Masukkan pedang itu kembali ke dalam sarungnya, sebab barangsiapa menggunakan pedang, akan binasa oleh pedang. 26:53 Atau kausangka, bahwa Aku tidak dapat berseru kepada Bapa-Ku, supaya Ia segera mengirim lebih dari dua belas pasukan malaikat membantu Aku? 26:54 Jika begitu, bagaimanakah akan digenapi yang tertulis dalam Kitab Suci, yang mengatakan, bahwa harus terjadi demikian?" 26:55 Pada saat itu Yesus berkata kepada orang banyak: "Sangkamu Aku ini penyamun, maka kamu datang lengkap dengan pedang dan pentung untuk menangkap Aku? Padahal tiap-tiap hari Aku duduk mengajar di Bait Allah, dan kamu tidak menangkap Aku. 26:56 Akan tetapi semua ini terjadi supaya genap yang ada tertulis dalam kitab nabi-nabi." Lalu semua murid itu meninggalkan Dia dan melarikan diri.
Yesus di hadapan Mahkamah Agama
26:57 Sesudah mereka menangkap Yesus, mereka membawa-Nya menghadap Kayafas, Imam Besar. Di situ telah berkumpul ahli-ahli Taurat dan tua-tua. 26:58 Dan Petrus mengikuti Dia dari jauh sampai ke halaman Imam Besar, dan setelah masuk ke dalam, ia duduk di antara pengawal-pengawal untuk melihat kesudahan perkara itu. 26:59 Imam-imam kepala, malah seluruh Mahkamah Agama mencari kesaksian palsu terhadap Yesus, supaya Ia dapat dihukum mati, 26:60 tetapi mereka tidak memperolehnya, walaupun tampil banyak saksi dusta. Tetapi akhirnya tampillah dua orang, 26:61 yang mengatakan: "Orang ini berkata: Aku dapat merubuhkan Bait Allah dan membangunnya kembali dalam tiga hari." 26:62 Lalu Imam Besar itu berdiri dan berkata kepada-Nya: "Tidakkah Engkau memberi jawab atas tuduhan-tuduhan saksi-saksi ini terhadap Engkau?" 26:63 Tetapi Yesus tetap diam. Lalu kata Imam Besar itu kepada-Nya: "Demi Allah yang hidup, katakanlah kepada kami, apakah Engkau Mesias, Anak Allah, atau tidak." 26:64 Jawab Yesus: "Engkau telah mengatakannya. Akan tetapi, Aku berkata kepadamu, mulai sekarang kamu akan melihat Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa dan datang di atas awan-awan di langit." 26:65 Maka Imam Besar itu mengoyakkan pakaiannya dan berkata: "Ia menghujat Allah. Untuk apa kita perlu saksi lagi? Sekarang telah kamu dengar hujat-Nya. 26:66 Bagaimana pendapat kamu?" Mereka menjawab dan berkata: "Ia harus dihukum mati!" 26:67 Lalu mereka meludahi muka-Nya dan meninju-Nya; orang-orang lain memukul Dia, 26:68 dan berkata: "Cobalah katakan kepada kami, hai Mesias, siapakah yang memukul Engkau?"
Petrus menyangkal Yesus
26:69 Sementara itu Petrus duduk di luar di halaman. Maka datanglah seorang hamba perempuan kepadanya, katanya: "Engkau juga selalu bersama-sama dengan Yesus, orang Galilea itu." 26:70 Tetapi ia menyangkalnya di depan semua orang, katanya: "Aku tidak tahu, apa yang engkau maksud." 26:71 Ketika ia pergi ke pintu gerbang, seorang hamba lain melihat dia dan berkata kepada orang-orang yang ada di situ: "Orang ini bersama-sama dengan Yesus, orang Nazaret itu." 26:72 Dan ia menyangkalnya pula dengan bersumpah: "Aku tidak kenal orang itu." 26:73 Tidak lama kemudian orang-orang yang ada di situ datang kepada Petrus dan berkata: "Pasti engkau juga salah seorang dari mereka, itu nyata dari bahasamu." 26:74 Maka mulailah Petrus mengutuk dan bersumpah: "Aku tidak kenal orang itu." Dan pada saat itu berkokoklah ayam. 26:75 Maka teringatlah Petrus akan apa yang dikatakan Yesus kepadanya: "Sebelum ayam berkokok, engkau telah menyangkal Aku tiga kali." Lalu ia pergi ke luar dan menangis dengan sedihnya.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Betania a small town on the east slope of the Mount of Olives,a town located east of the Jordan river
 · Bukit Zaitun a mountain: Mt. of Olives
 · Galilea a place where Israel encamped between Jericho and the Jordan,a town between Dor and Tirza in the territory of Ephraim (YC),a town just north of Joppa, originally a military base (YC),a place 12 miles south of Shechem now called Jiljiliah (YC)
 · Getsemani a place
 · Iskariot the surname of Judas, the man who betrayed Christ
 · Kayafas the son-in-law of Annas; a high priest of the Jews
 · Nazaret a town in lower Galilee about halfway between the Sea of Galilee and the Mediterranean Sea
 · orang Galilea an inhabitant of Galilee.
 · orang-orang Galilea an inhabitant of Galilee.
 · Paskah a Jewish religious feast. It may also refer to the lamb sacrificed and eaten at the feast.
 · Petrus a man who was a leader among the twelve apostles and wrote the two epistles of Peter
 · Rabuni a title given to teachers and others of an exalted position
 · seorang Galilea an inhabitant of Galilee.
 · Simon a son of Jonas and brother of Andrew; an apostle of Jesus Christ,a man who was one of the apostles of Christ and also called 'the Zealot',a brother of Jesus,a man who was a well-know victim of leprosy who had been healed by Jesus (NIV note),a man from Cyrene who was forced to carry the cross of Jesus,a Pharisee man in whose house Jesus' feet were washed with tears and anointed,the father of Judas Iscariot,a man who was a sorcerer in Samaria and who wanted to buy the gifts of the Spirit,a man who was a tanner at Joppa and with whom Peter was staying when Cornelius sent for him
 · Yudas a son of Mary and Joseph; half-brother of Jesus)
 · Yunus a son of Amittai; the prophet God sent to Nineveh,the prophet who was swallowed by the great fish; son of Amittai
 · Zebedeus the father of James and John, who were two of the twelve apostles


Topik/Tema Kamus: Yesus Kristus | Yesus | Yudas | Petrus | Yudas, Surat | Kayafas | Perjamuan Malam | Doa | Mahkamah Agama | Sidang, Persidangan Pengadilan | Sangkal, Penyangkalan Terhadap Kristus | Raya, Perayaan Paskah | Imam Besar | Imam Agung atau Imam Besar | Serah, Penyerahan Diri | Anak ...; Gelar untuk Yesus | Perjamuan Tuhan | Nubuat Tentang Kristus | Kristus, Allah | Mundur, Kemunduran | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Mat 24:3--26:45 - PERCAKAPAN DI BUKIT ZAITUN. Nas : Mat 24:3-25:46 Nubuat Yesus ini terutama merupakan jawaban atas pertanyaan para murid-Nya, "Apakah tanda kedatangan-Mu dan tanda kesudahan du...

Nas : Mat 24:3-25:46

Nubuat Yesus ini terutama merupakan jawaban atas pertanyaan para murid-Nya, "Apakah tanda kedatangan-Mu dan tanda kesudahan dunia?" Yesus memberikan kepada mereka:

  1. (1) tanda-tanda umum yang akan terjadi selama zaman ini sampai pada akhir zaman (Mat 24:4-14);
  2. (2) tanda-tanda khusus yang menunjukkan bahwa akhir zaman telah tiba, yaitu masa kesengsaraan besar (Mat 24:15-28);
  3. (3) tanda-tanda yang menakjubkan yang terjadi pada saat Ia datang dengan kemuliaan dan kuasa (Mat 24:29-31);
  4. (4) peringatan kepada orang kudus dalam masa kesengsaraan besar agar berjaga-jaga terhadap tanda-tanda yang menuju kepada kedatangan Kristus yang dinanti-nantikan segera setelah masa kesengsaraan besar berakhir (Mat 24:32-35);
  5. (5) peringatan kepada orang percaya yang hidup sebelum masa kesengsaraan untuk siap sedia secara rohani karena kedatangan Kristus untuk jemaat-Nya akan terjadi pada saat yang tak diduga-duga (Mat 24:36-51; 25:1-30;

    lihat cat. --> Yoh 14:3, dan

    [atau ref. Yoh 14:3]

    lihat art. KEANGKATAN GEREJA);

  6. (6) suatu gambaran mengenai penghakiman bangsa-bangsa setelah Ia datang kembali ke bumi (Mat 25:31-46). Perlu diperhatikan bahwa banyak rincian mengenai kedatangan kembali Kristus tidak dijelaskan dalam pasal Mat 24:1-51. Selanjutnya, sampai saat ini belum ada seorang pun yang mengartikan semua nubuat mengenai akhir zaman dengan kepastian penuh. Dalam percakapan Yesus terdapat unsur rahasia yang perlu kerendahan hati dan hati yang tertuju kepada Tuhan Yesus sendiri. Kita dapat menantikan tambahan pengertian tentang penyataan ini pada akhir zaman (bd. Dan 12:9).

Full Life: Mat 26:2 - PASKAH. Nas : Mat 26:2 Paskah (Yun. _pascha_) merupakan suatu hari raya musim semi yang dikaitkan dengan peristiwa Israel meninggalkan Mesir. Paskah meraya...

Nas : Mat 26:2

Paskah (Yun. _pascha_) merupakan suatu hari raya musim semi yang dikaitkan dengan peristiwa Israel meninggalkan Mesir. Paskah merayakan perihal malaikat maut "melewati" rumah-rumah orang Ibrani karena darah anak domba telah dibubuhkan pada kedua tiang pintu dan ambang atas pintu rumah mereka (lih. Kel 12:7,11;

lihat art. PASKAH).

Penyaliban Kristus terjadi pada saat "hari persiapan Paskah" (Yoh 19:14). Kristus adalah "anak domba Paskah kita ... juga telah disembelih" (1Kor 5:7).

Full Life: Mat 26:13 - UNTUK MENGINGAT DIA. Nas : Mat 26:13 Tuhan telah menetapkan bahwa kisah Maria ini (ayat Mat 26:6-13) harus selalu disebut ketika Injil diberitahukan. Hal ini dilakukan ...

Nas : Mat 26:13

Tuhan telah menetapkan bahwa kisah Maria ini (ayat Mat 26:6-13) harus selalu disebut ketika Injil diberitahukan. Hal ini dilakukan karena Maria sudah memberikan teladan yang lebih baik tentang bagaimana orang percaya harus mengabdi kepada Kristus. Tindakannya itu mengungkapkan pengabdian yang mendalam dan kasih yang sungguh-sungguh kepada Tuhannya. Kepercayaan Kristen terutama merupakan pelayanan pribadi kita kepada-Nya. Melalui peristiwa ini kita belajar bahwa kesetiaan yang sepenuh hati dan kasih yang sungguh-sungguh kepada Yesus merupakan aspek yang paling berharga dalam hubungan kita dengan-Nya

(lihat cat. --> Yoh 21:15).

[atau ref. Yoh 21:15]

Full Life: Mat 26:26 - AMBILLAH, MAKANLAH, INILAH TUBUHKU. Nas : Mat 26:26 Lihat cat. --> 1Kor 11:24-25, [atau ref. 1Kor 11:24-25] mengenai Perjamuan Tuhan.

Nas : Mat 26:26

Lihat cat. --> 1Kor 11:24-25,

[atau ref. 1Kor 11:24-25]

mengenai Perjamuan Tuhan.

Full Life: Mat 26:28 - PERJANJIAN. Nas : Mat 26:28 Lihat art. PERJANJIAN LAMA DAN PERJANJIAN BARU.

Full Life: Mat 26:28 - PENGAMPUNAN DOSA. Nas : Mat 26:28 Pengampunan itu perlu karena kita sudah berbuat dosa, merusak hubungan kita dengan Allah sehingga dengan demikian harus dihukum (Ro...

Nas : Mat 26:28

Pengampunan itu perlu karena kita sudah berbuat dosa, merusak hubungan kita dengan Allah sehingga dengan demikian harus dihukum (Rom 1:18-32). Pengampunan merupakan cara untuk memulihkan hubungan yang rusak itu (Ef 1:7; Kol 2:13).

  1. 1) Kata Ibrani dan Yunani untuk pengampunan mengandung arti "menutupi", "mengampuni", "membatalkan", "mengusir". Pengampunan Allah meliputi hal tidak memperhitungkan lagi dosa yang telah diperbuat (Mr 2:5; Yoh 8:11), menyelamatkan orang berdosa dari hukuman kekal (Rom 5:9; 1Tes 1:10), menerima mereka kembali (Luk 15:20-24), membebaskan mereka dari kuasa dosa dan memindahkan mereka dalam Kerajaan Kristus (Kol 1:13), serta memperbaharui seluruh kepribadian orang tersebut dan memberinya hidup kekal (Luk 23:43; Yoh 14:19).
  2. 2) Agar dapat menerima pengampunan, seseorang harus bertobat, beriman serta mengakui dosanya (Luk 17:3-4; Kis 2:38; 5:31; 20:21; 1Yoh 1:9). Diperlukan penumpahan darah supaya Allah dapat mengampuni dosa (Ibr 9:22). Oleh karena itu, pengampunan dosa didasarkan pada kematian Kristus di salib (ayat Mat 26:28; Yoh 1:29; 3:16; Rom 8:32). Pengampunan dari Allah merupakan sesuatu yang senantiasa dibutuhkan oleh orang percaya supaya dapat memelihara hubungan keselamatan kita dengan Allah (Mat 6:12,14-15; 1Yoh 1:9).

Full Life: Mat 26:37 - MULAILAH IA MERASA SEDIH. Nas : Mat 26:37 Inilah tahap pertama dari penderitaan Kristus. Semua penderitaan rohani dan jasmaniah yang dialami oleh Kristus bermula di taman Ge...

Nas : Mat 26:37

Inilah tahap pertama dari penderitaan Kristus. Semua penderitaan rohani dan jasmaniah yang dialami oleh Kristus bermula di taman Getsemani. "Peluh-Nya menjadi seperti titik-titik darah yang bertetesan ke tanah" (Luk 22:44). Di bawah tekanan yang hebat, pembuluh darah halus dalam kelenjar-kelenjar keringat dapat pecah sehingga keringat bercampur dengan darah

(lihat cat. --> Mat 26:39 berikut

[atau ref. Mat 26:39]

untuk memperoleh pengertian lebih lanjut mengenai tahapan ini dalam penderitaan Kristus; untuk tahap kedua dari penderitaan Kristus

lihat cat. --> Mat 26:67).

[atau ref. Mat 26:67]

Full Life: Mat 26:39 - BIARLAH CAWAN INI LALU. Nas : Mat 26:39 Yang dimaksudkan oleh Yesus dengan "cawan ini" telah menjadi pokok pembahasan yang panjang lebar. 1) Belum tentu Kristus sedan...

Nas : Mat 26:39

Yang dimaksudkan oleh Yesus dengan "cawan ini" telah menjadi pokok pembahasan yang panjang lebar.

  1. 1) Belum tentu Kristus sedang berdoa agar dibebaskan dari kematian jasmaniah, karena Ia sudah membulatkan tekad untuk mati karena dosa manusia (bd. Mr 10:33-34; Luk 9:51; Yoh 12:24,27; Ibr 10:5-9).
  2. 2) Lebih besar kemungkinannya Ia sedang berdoa agar dibebaskan dari hukuman perpisahan dari Allah, hukuman yang tertinggi atas dosa. Kristus berdoa agar kematian jasmani-Nya dapat diterima sebagai harga tebusan yang penuh bagi dosa-dosa umat manusia. Akan tetapi, Ia tetap memohon, "tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki". Lalu Yesus menyerahkan diri-Nya untuk mengalami kematian jasmani dan pemisahan rohani dari Bapa-Nya di sorga agar dapat menyediakan keselamatan kita (bd. Mat 27:46). Doa-Nya itu "didengarkan" karena Bapa-Nya menguatkan Dia untuk meminum cawan yang sudah ditetapkan (lih. Ibr 5:7).

Full Life: Mat 26:57 - MENANGKAP YESUS. Nas : Mat 26:57 Suatu penyelidikan terhadap peristiwa-peristiwa dari penangkapan Yesus sampai pada penyaliban-Nya dapat sangat bermanfaat. Urutanny...

Nas : Mat 26:57

Suatu penyelidikan terhadap peristiwa-peristiwa dari penangkapan Yesus sampai pada penyaliban-Nya dapat sangat bermanfaat. Urutannya adalah sebagai berikut:

  1. (1) Yesus ditangkap (Mat 26:47-56; Mr 14:43-52; Luk 22:47-53; Yoh 18:2-12);
  2. (2) pengadilan agama di hadapan Hanas (Yoh 18:12-14,19-24) dan di hadapan Kayafas (Mat 26:57,59-68; Mr 14:53,55-65; Luk 22:54,63-65; Yoh 18:24);
  3. (3) penyangkalan oleh Petrus (Mat 26:58,69-75; Mr 14:54,66-72; Luk 22:54-62; Yoh 18:15-18,25-27);
  4. (4) hukuman dijatuhkan oleh Sanhedrin (Mat 27:1; Mr 15:1; Luk 22:66-71);
  5. (5) kematian Yudas (Mat 27:3-10);
  6. (6) pengadilan di hadapan Pilatus (Mat 27:2,11-14; Mr 15:2-5; Luk 23:1-5; Yoh 18:28-38);
  7. (7) pengadilan di hadapan Herodes (Luk 23:6-12) yang mengirim Dia kembali kepada Pilatus (Mat 27:11-26; Mr 15:6-15; Luk 23:11-25; Yoh 18:28-19:1,4-16);
  8. (8) Yesus dicemoohkan (Mat 27:27-30; Mr 15:16-19; Yoh 19:2-3), setelah itu Ia dipukul dan dibawa ke luar untuk disalibkan (Mat 27:31);
  9. (9) menuju ke Golgota (Mat 27:32-34; Mr 15:20-23; Luk 23:26-33);
  10. (10) penyaliban

    (lihat cat. --> Mat 27:35).

    [atau ref. Mat 27:35]

Full Life: Mat 26:67 - MELUDAHI ... MENINJU-NYA ... MEMUKUL. Nas : Mat 26:67 Inilah tahap kedua dari penderitaan Kristus. Setelah ditangkap pada waktu malam dan ditinggalkan oleh murid-Nya (ayat Mat 26:55-57)...

Nas : Mat 26:67

Inilah tahap kedua dari penderitaan Kristus. Setelah ditangkap pada waktu malam dan ditinggalkan oleh murid-Nya (ayat Mat 26:55-57), Yesus dibawa kepada Kayafas dan majelis Yahudi. Ketika itu mereka menutupi mata-Nya, berulang-ulang memperolokkan Dia, meludahi dan menampar Dia. (untuk tahap ketiga dari penderitaan-Nya

lihat cat. --> Mat 27:2).

[atau ref. Mat 27:2]

BIS: Mat 26:50 - Saudara, untuk apa saudara datang kemari? Saudara, untuk apa saudara datang kemari?: atau Lakukanlah cepat apa yang hendak kaulakukan, saudara.

Saudara, untuk apa saudara datang kemari?: atau Lakukanlah cepat apa yang hendak kaulakukan, saudara.

BIS: Mat 26:64 - duduk di sebelah kanan duduk di sebelah kanan: Lihat Mat 22:44.

duduk di sebelah kanan: Lihat Mat 22:44.

BIS: Mat 26:65 - menyobek-nyobek pakaiannya menyobek-nyobek pakaiannya: cara orang Yahudi marah.

menyobek-nyobek pakaiannya: cara orang Yahudi marah.

Jerusalem: Mat 26:6 - seorang perempuan Perempuan ini bernama Maria, seperti ditegaskan Yohanes. Cerita ini berbeda dengan cerita yang disajikan Luk 7:36-50.

Perempuan ini bernama Maria, seperti ditegaskan Yohanes. Cerita ini berbeda dengan cerita yang disajikan Luk 7:36-50.

Jerusalem: Mat 26:10 - perbuatan yang baik Orang Yahudi membedakan dua macam "perbuatan yang baik", ialah; "sedekah" dan "jasa amal". Jasa amal ini dianggap lebih bernilai sedekah; termasuk ke ...

Orang Yahudi membedakan dua macam "perbuatan yang baik", ialah; "sedekah" dan "jasa amal". Jasa amal ini dianggap lebih bernilai sedekah; termasuk ke dalam jasa amal antara lain penguburan orang mati. Jadi perempuan ini melakukan "jasa amal" yang lebih berharga dari sedekah (Mat 26:11), sebab menyiapkan penguburan Yesus. Rupanya Yesus berpendapat bahwa perempuan itu dalam lubuk hatinya menyadari makna perbuatannya, Mat 26:12.

Jerusalem: Mat 26:15 - tiga puluh uang perak Ialah 30 syikal. Inilah jumlah uang yang oleh hukum Taurat ditentukan Sebagai ganti rugi seorang budak yang dibunuh, Kel 21:32.

Ialah 30 syikal. Inilah jumlah uang yang oleh hukum Taurat ditentukan Sebagai ganti rugi seorang budak yang dibunuh, Kel 21:32.

Jerusalem: Mat 26:17 - Pada hari pertama ialah hari pertama dalam pekan orang Yahudi makan roti tak beragi, bdk Kel 12:1; Mat 23:14; biasanya hari ini hari yang menyusul perjamuan Paskah. tet...

ialah hari pertama dalam pekan orang Yahudi makan roti tak beragi, bdk Kel 12:1; Mat 23:14; biasanya hari ini hari yang menyusul perjamuan Paskah. tetapi injil-injil sinoptik menyebut demikian justru hari menjelang malam perjamuan Paskah. jadi mereka menggunakan istilah itu dengan arti yang lebih luas. Rupanya menurut Yoh 18:28 dan petunjuk-petunjuk lain dalam Kisah Sengsara, tahun itu perjamuan Paskah dirayakan pada hari Jumat petang. (Jumat adalah hari persiapan, Mat 27:62; bdk Yoh 19:14,31,42). Perjamuan yang dirayakan oleh Yesus, oleh injil-injil sinoptik ditempatkan pada petang hari sebelumnya, pada hari Kamis petang. Ini dapat diterangkan dengan berkata bahwa sementara orang Yahudi mendahulukan upacara perjamuan Paskah itu, atau bahwa hanya Yesus dengan sengaja mendahulukannya: sebab hari berikutnya Yesus tidak dapat lagi merayakan Paskah, kecuali dalam diriNya sendiri di salib, Yoh 19:36; 1Ko 5:7. Dengan demikian Yesus mengadakan upacara baru dalam sebuah perjamuan, yang sebagai imbangan mendapat ciri-ciri Paskah yang lama. Hari 14 Nisan (hari perjamuan Paskah) dalam th.30 atau th.33 sebagai tahun kematian Yesus; bergantung bagaimana mereka memberi tanggal baptisan Yesus dalam th. 28 atau 29 dan berapa lamanya menurut pendapat mereka karya Yesus berlangsung.

Jerusalem: Mat 26:21 - sedang makan Ini mengenai hidangan pertama yang mendahului perjamuan Paskah yang sesungguhnya.

Ini mengenai hidangan pertama yang mendahului perjamuan Paskah yang sesungguhnya.

Jerusalem: Mat 26:26 - mereka sedang makan Ini mengenai upacara utama dari perjamuan Paskah. Yesus menyatukan Sakramen berupa upacara ibadat yang baru pada upacara meriah dari perjamuan Paskah ...

Ini mengenai upacara utama dari perjamuan Paskah. Yesus menyatukan Sakramen berupa upacara ibadat yang baru pada upacara meriah dari perjamuan Paskah Yahudi (ialah berkat-berkat/pujian kepada Allah yang diucap atas roti dan air anggur).

Jerusalem: Mat 26:27 - mengucap syukur Kata Yunaninya berbunyi: eukharisto. Dari kata kerja itu berasallah kata benda "Ekaristi", pengucapan syukur. Dalam tradisi Kristen kata itu menjadi i...

Kata Yunaninya berbunyi: eukharisto. Dari kata kerja itu berasallah kata benda "Ekaristi", pengucapan syukur. Dalam tradisi Kristen kata itu menjadi istilah yang menunjuk Perjamuan Tuhan.

Jerusalem: Mat 26:28 - darah perjanjian Sejumlah naskah dan terjemahan kuno menambah: baru. Tetapi ini kiranya diambil dari Luk 22:20; 1Ko 11:25. Gagasan "perjanjian baru" juga terdapat dala...

Sejumlah naskah dan terjemahan kuno menambah: baru. Tetapi ini kiranya diambil dari Luk 22:20; 1Ko 11:25. Gagasan "perjanjian baru" juga terdapat dalam karangan-karangan Paulus, tidak hanya dalam 1Ko 11:25, tetapi juga dalam konteks yang berbeda-beda, 2Ko 3:4-6; Gal 3:15-20; Gal 4:24. Ini menyatakan betapa penting gagasan itu

Jerusalem: Mat 26:28 - untuk pengampunan dosa Seperti dahulu di gunung Sinai darah korban-korban meneguhkan perjanjian yang diikat Yahwe dengan umatNya. Kel 24:4-8; bdk Kej 15:1, demikianpun darah...

Seperti dahulu di gunung Sinai darah korban-korban meneguhkan perjanjian yang diikat Yahwe dengan umatNya. Kel 24:4-8; bdk Kej 15:1, demikianpun darah korban sempurna, ialah Yesus yang tertumpah di kayu salib akan meneguhkan "perjanjian baru", bdk Luk 22:20, antara Allah dan manusia sebagaimana dinubuatkan nabi, Yer 31:31; Yeh 36:25-28; Yes 55:3; Yes 59:21; Yes 61:8. Yesus (berpendapat bahwa) menerima tugas menebus semua manusia, sebagaimana dikatakan oleh Yes 42:6; Yes 49:6; Yes 53:12; bdk Yes 42:1, sebagai tugas "Hamba Tuhan", bdk Ibr 8:8; Ibr 9:15; Ibr 12:24.

Jerusalem: Mat 26:29 - dalam Kerajaan Bapaku Ini menyindir perjamuan pada akhir zaman, bdk Mat 8:11; Mat 22:1 dst. Sudah berakhirlah perjamuan-perjamuan Yesus bersama murid-muridNya di dunia ini.

Ini menyindir perjamuan pada akhir zaman, bdk Mat 8:11; Mat 22:1 dst. Sudah berakhirlah perjamuan-perjamuan Yesus bersama murid-muridNya di dunia ini.

Jerusalem: Mat 26:30 - nyanyian pujian Ialah kelompok mazmur (Maz 113:1-118:29) yang disebut "Hallel". Dengan menyanyikan mazmur-mazmur itu orang Yahudi menghakimi perjamuan Paskah.

Ialah kelompok mazmur (Maz 113:1-118:29) yang disebut "Hallel". Dengan menyanyikan mazmur-mazmur itu orang Yahudi menghakimi perjamuan Paskah.

Jerusalem: Mat 26:31 - tergoncang imanmu Harafiah: Tersandung (dan jatuh). Melihat bagaimana Dia yang mereka anggap sebagai Mesias, Mat 16:16, kalah tanpa perlawanan, sedangkan kemenanganNya ...

Harafiah: Tersandung (dan jatuh). Melihat bagaimana Dia yang mereka anggap sebagai Mesias, Mat 16:16, kalah tanpa perlawanan, sedangkan kemenanganNya tidak lama lagi mereka harapkan, Mat 20:21 dst maka para murid tersandung pada batu sandungan itu sehingga keberanian dan bahkan iman mereka untuk sementara waktu hilang, bdk Luk 22:31-32; Yoh 16:1.

Jerusalem: Mat 26:36 - Getsemani Nama itu berarti: tempat memeras (dengan menginjak-injak) (buah) minyak zaitun. Tempat itu terletak dalam lembah Kidron, pada kaki bukit Zaitun.

Nama itu berarti: tempat memeras (dengan menginjak-injak) (buah) minyak zaitun. Tempat itu terletak dalam lembah Kidron, pada kaki bukit Zaitun.

Jerusalem: Mat 26:38 - HatiKu sangat sedih Ungkapan ini mengingatkan Maz 42:6 dan Yun 4:9.

Ungkapan ini mengingatkan Maz 42:6 dan Yun 4:9.

Jerusalem: Mat 26:39 - -- Yesus merasakan segenap ketakutan yang meresap ke dalam hati manusia dalam menghadapi kematian. Yesus merasakan dan mengungkapkan keinginan yang wajar...

Yesus merasakan segenap ketakutan yang meresap ke dalam hati manusia dalam menghadapi kematian. Yesus merasakan dan mengungkapkan keinginan yang wajar untuk meluputkan diri dari kematian: namun Ia juga mengungkapkan kesediaannya menerima kehendak Bapa. Bdk Mat 4:1+

Jerusalem: Mat 26:45 - Tidurlah sekarang Teguran yang bernada ironi: waktu kamu seharusnya berjaga-jaga dengan Aku lewat sudah. Saat percobaan sudah dekat dan seorang diri Yesus menghadapinya...

Teguran yang bernada ironi: waktu kamu seharusnya berjaga-jaga dengan Aku lewat sudah. Saat percobaan sudah dekat dan seorang diri Yesus menghadapinya: biar murid tidur saja, kalau mereka mau.

Jerusalem: Mat 26:50 - Hai teman Harafiah: Hai taman/sahabat, untuk apa engkau di sini? Maksudnya kurang jelas. Kiranya bukan sebuah pertanyaan (untuk apa engkau di sini?) atau sebuah...

Harafiah: Hai taman/sahabat, untuk apa engkau di sini? Maksudnya kurang jelas. Kiranya bukan sebuah pertanyaan (untuk apa engkau di sini?) atau sebuah teguran (buat apa engkau di sini!) melainkan hanya sebuah ungkapan lazim dengan arti: Buat sajalah untuk apa engkau di sini, atau: laksanakanlah maksudmu. Yesus mencegah segala kata muluk-muluk yang tidak jujur: saatNya sudah tiba untuk berbuat. Bdk Yoh 13:27.

Jerusalem: Mat 26:55 - Aku duduk mengajar Var: aku duduk di tengah-tengah kamu mengajar, bdk Mar 14:49.

Var: aku duduk di tengah-tengah kamu mengajar, bdk Mar 14:49.

Jerusalem: Mat 26:57-68 - -- Berdasarkan keterangan Lukas dan Yohanes orang dapat membedakan: di malam hari Yesus dibawa lebih dahulu kepada Anas; pagi-pagi pada sebuah sidang len...

Berdasarkan keterangan Lukas dan Yohanes orang dapat membedakan: di malam hari Yesus dibawa lebih dahulu kepada Anas; pagi-pagi pada sebuah sidang lengkap Mahkamah Agama, Mat 27:1. Matius dan Markus menceritakan sidang di malam hari itu dengan mencampurkan unsur-unsur dari sidang di pagi hari, satu-satunya sidang yang resmi dan memutuskan.

Jerusalem: Mat 26:61 - -- Memang Yesus menubuatkan kemusnahan Bait Allah dan hilangnya ibadat yang dilambangkan oleh Bait Allah, Mat 26:24; Bait Allah yang lama akan diganti de...

Memang Yesus menubuatkan kemusnahan Bait Allah dan hilangnya ibadat yang dilambangkan oleh Bait Allah, Mat 26:24; Bait Allah yang lama akan diganti dengan yang baru: dahulu tubuhNya sendiri yang dibangkitkan sesudah tiga hari, Mat 16:21; Mat 17:23; Mat 20:19; Yoh 2:19-22, dan kemudian Gereja, Mat 16:18.

Jerusalem: Mat 26:62 - Tidaklah Engkau Terjemahan lain: Engkau tidak menjawab? Apa tuduhan-tuduhan saksi-saksi ini terhadap Engkau?

Terjemahan lain: Engkau tidak menjawab? Apa tuduhan-tuduhan saksi-saksi ini terhadap Engkau?

Jerusalem: Mat 26:64 - Yang Mahakuasa Harafiah: Kekuasaan. Ini sesungguhnya searti dengan Allah/Yahwe. Pada saat yang memutuskan ini Yesus tidak lagi menyembunyikan rahasiaNya bahwa benar-...

Harafiah: Kekuasaan. Ini sesungguhnya searti dengan Allah/Yahwe. Pada saat yang memutuskan ini Yesus tidak lagi menyembunyikan rahasiaNya bahwa benar-benar Mesias, bdk Mar 1:34+. Sebaliknya dengan tegas Ia menyatakan diriNya Mesias, seperti dahulu diakui oleh murid-murid, Mat 16:16. Tetapi sekaligus ia masih lebih menyatakan diriNya dengan tidak mengatakan diri Mesias, sesuai dengan pandangan tradisionil, tetapi "Tuhan", yang disebutkan dalam Maz 110 bdk Mat 22:41 dst, dan tokoh rahasia sorgawi, ialah Anak Manusia yang sudah dilihat oleh Daniel, bdk Mat 8:20+. Orang Yahudi tidak lagi akan melihat Dia, kecuali dalam kemuliaanNya, berkat kemenangan yang dahulu nampak dalam kebangkitan Yesus dan kemudian dalam GerejaNya, bdk Mat 23:39 dan Mat 24:30.

Jerusalem: Mat 26:65 - Ia menghujat Allah Hujatan Yesus tidak terletak dalam keteranganNya bahwa Ia Mesias, melainkan dalam kenyataan bahwa Ia mempunyai harkat ilahi.

Hujatan Yesus tidak terletak dalam keteranganNya bahwa Ia Mesias, melainkan dalam kenyataan bahwa Ia mempunyai harkat ilahi.

Jerusalem: Mat 26:68 - siapakah memukul Engkau Cara Matius memberitakan hal itu kurang tepat. Yesus dalam cerita Matius tidak ditutup mataNya, seperti terjadi menurut Luk 22:63, sehingga tidak suka...

Cara Matius memberitakan hal itu kurang tepat. Yesus dalam cerita Matius tidak ditutup mataNya, seperti terjadi menurut Luk 22:63, sehingga tidak sukar juga menunjuk siapa yang memukulNya. Tetapi pokoknya ialah: Yesus diperolok-olokkan sebagai Nabi, oleh karena apa yang dikatakanNya tentang Bait Allah, dan barangkali justru sebagai Mesias-Nabi (dalam injil-injil hanya di sini Yesus disapa sebagai Mesias), artinya: sebagai Imam Besar yang di zaman terakhir mendirikan Bait Allah yang baru.

Jerusalem: Mat 26:73 - bahasamu Ialah logat Galilea.

Ialah logat Galilea.

Ende: Mat 26:2 - Paska Inilah hari raja tertinggi orang Jahudi sebagai peringatan akan pembebasan mereka dari perhambaan di Mesir. Bagi kita ia adalah peringatan akan kebang...

Inilah hari raja tertinggi orang Jahudi sebagai peringatan akan pembebasan mereka dari perhambaan di Mesir. Bagi kita ia adalah peringatan akan kebangkitan Jesus jang mendjadi pokok pembebasan kita dari kuasa maut dan dosa.

Ende: Mat 26:7 - Seorang wanita Wanita ini menurut Yoh 12:1-7 Maria, saudari Marta dan Lazarus di Betania. Peristiwa ini bukan sama dengan jang ditjeritakan dalam Luk 7:36-50.

Wanita ini menurut Yoh 12:1-7 Maria, saudari Marta dan Lazarus di Betania. Peristiwa ini bukan sama dengan jang ditjeritakan dalam Luk 7:36-50.

Ende: Mat 26:10 - Suatu perbuatan baik Jesus memandang pengurapan Ini sebagai persediaan untuk pemakamanNja. Dan menurut penilaian orang Jahudi amalan turut serta menjelenggarakan pengubura...

Jesus memandang pengurapan Ini sebagai persediaan untuk pemakamanNja. Dan menurut penilaian orang Jahudi amalan turut serta menjelenggarakan penguburan orang, termasuk pengurapan majat, dianggap lebih tinggi dari pada memberi derma kepada orang-orang miskin.

Ende: Mat 26:15 - Uang perak tigapuluh keping Mt. menggunakan perkataan nubuat Za 11:12 jang dipersangkutkannja dengan peristiwa ini. Lihatlah ajat Mat 27:3 dalam bab berikut. Pada masa Zacharias ...

Mt. menggunakan perkataan nubuat Za 11:12 jang dipersangkutkannja dengan peristiwa ini. Lihatlah ajat Mat 27:3 dalam bab berikut. Pada masa Zacharias bernubuat, kira-kira 500 tahun seb. Kristus uang masih diukur dengan timbangan. Zacharias menulis: "Tigapuluh sikel". Satu sikel waktu itu sama dengan 16,32 gram perak. Djadi tigapuluh keping itu kira-kira sama dengan setengah kilo perak. Harganja dizaman Jesus sama dengan 150 drachma atau denar.

Ende: Mat 26:17 - Hari pertama makan-roti-takberagi Itulah hari mendjelang Paska. Pada malam hari itu domba paska disembelih dan dimakan. Sepandjang perajaan Paska, seminggu lamanja, terlarang makan rot...

Itulah hari mendjelang Paska. Pada malam hari itu domba paska disembelih dan dimakan. Sepandjang perajaan Paska, seminggu lamanja, terlarang makan roti biasa.

Ende: Mat 26:23 - Bersama mentjelupkan tangan dalam pinggan Ini adalah satu ungkapan lazim, sama artinja dengan "makan semedja dengan....".

Ini adalah satu ungkapan lazim, sama artinja dengan "makan semedja dengan....".

Ende: Mat 26:25 - Memang seperti katamu itu Itu tentu dibisikkan Jesus kepada Judas sendiri dan tidak didengar oleh murid-murid lain.

Itu tentu dibisikkan Jesus kepada Judas sendiri dan tidak didengar oleh murid-murid lain.

Ende: Mat 26:28 - Darah Perdjandjian Darah jang memeteraikan Perdjandjian Baru. Seperti Perdjandjian Lama dimeteraikan dengan pertjikan darah binatang jang dikurbankan atas umat Israel, d...

Darah jang memeteraikan Perdjandjian Baru. Seperti Perdjandjian Lama dimeteraikan dengan pertjikan darah binatang jang dikurbankan atas umat Israel, demikian Perdjandjian Baru dengan tertumpahnja darah Jesus disalib.

Ende: Mat 26:30 - Doa pudjian Ini terdiri dari 6 Mzm. (Maz 113:1-118:29) jang biasa dilagukan sebagai penutup upatjara perdjamuan paska.

Ini terdiri dari 6 Mzm. (Maz 113:1-118:29) jang biasa dilagukan sebagai penutup upatjara perdjamuan paska.

Ende: Mat 26:31 - Menaruh sjak Murid-murid kemudian ragu-ragu dan gelisah sebab merasa seolah-olah rentjana dan usaha Jesus telah gagal. Mereka akan melarikan diri (Mat 26:56) dan P...

Murid-murid kemudian ragu-ragu dan gelisah sebab merasa seolah-olah rentjana dan usaha Jesus telah gagal. Mereka akan melarikan diri (Mat 26:56) dan Petrus akan menjangkal Jesus. Pengertian dan iman mereka masih sangat lemah.

Ende: Mat 26:36 - Getsemani Artinja: tempat kempa minjak. Tempat itu suatu kebun zaitun, atau suatu perusahaan ketjil minjak zaitun. Jang terletak diatas bukit jang disebut "Buki...

Artinja: tempat kempa minjak. Tempat itu suatu kebun zaitun, atau suatu perusahaan ketjil minjak zaitun. Jang terletak diatas bukit jang disebut "Bukit Zaitun."

Ende: Mat 26:41 - Djatuh dalam penggodaan Pertjobaan, misalnja menaruh sjak, tentu tak terelakkan. Murid-murid harus djaga-djaga dan berdoa, supaja djangan dialahkan olehnja.

Pertjobaan, misalnja menaruh sjak, tentu tak terelakkan. Murid-murid harus djaga-djaga dan berdoa, supaja djangan dialahkan olehnja.

Ende: Mat 26:50 - Untuk itukah engkau datang? Ungkapan asli tidak begitu terang. Terdjemahan kata-demi-kata: "Itu maksudmu datang kesini". Ada jang menafsirkan: Buatlah sadja apa jang kaumaksudkan...

Ungkapan asli tidak begitu terang. Terdjemahan kata-demi-kata: "Itu maksudmu datang kesini". Ada jang menafsirkan: Buatlah sadja apa jang kaumaksudkan".

Ende: Mat 26:51 - Seorang pengiring Jesus Menurut Yoh 18:10 ialah Petrus.

Menurut Yoh 18:10 ialah Petrus.

Ende: Mat 26:59 - Mahkamah agung Inilah pengadilan orang Jahudi jang tertinggi, dalam bahasa mereka "sanhedrin". Pengadilan itu diketuai oleh imam agung dan terdiri dari tiga golongan...

Inilah pengadilan orang Jahudi jang tertinggi, dalam bahasa mereka "sanhedrin". Pengadilan itu diketuai oleh imam agung dan terdiri dari tiga golongan, jaitu imam-imam besar, ahli-ahli taurat dan orang tua-tua dari rakjat.

Ende: Mat 26:61 - Merobohkan kenisah Jesus pernah (Yoh 2:19) berkata kepada orang Jahudi:"robohkanlah sadja kenisah ini dan Aku akan membangunkannja pula dalam tiga hari". Didepan pengadi...

Jesus pernah (Yoh 2:19) berkata kepada orang Jahudi:"robohkanlah sadja kenisah ini dan Aku akan membangunkannja pula dalam tiga hari". Didepan pengadilan kini mereka memutar-balikkan perkataan itu, tetapi tidak sampai mentjapai suatu persetudjuan. Bdl. Mar 14:59.

Ende: Mat 26:63 - -- Achirnja Kaifas teringat, bahwa Jesus biasa menjebut Allah BapaNja dan DiriNja Putera Allah. Dan pernah orang Jahudi memungut batu-batu mau meradjam J...

Achirnja Kaifas teringat, bahwa Jesus biasa menjebut Allah BapaNja dan DiriNja Putera Allah. Dan pernah orang Jahudi memungut batu-batu mau meradjam Jesus, sebab menurut perkataan mereka, Jesus membuat-buatkan DiriNja Allah (Yoh 10:33). Kaifas bertanja ,demi Allah" dan sebagai hakim jang sah dengan resmi, maka sebab itu Jesus mendjawab. Disini pertama kali dan dengan resmi Jesus dengan seterang-terangnja menjatakan bahwa Ia benar-benar Mesias dan Putera Allah. Ia menerangkan pula bahwa Ia sebagai Putera Allah akan duduk disebelah kanan Allah dan akan datang diatas awan-awan, jaitu bahwa ia Putera Allah dalam arti sedjati. Kaifas dan seluruh sanhedrin mengerti perkataan Jesus itu demikian djuga, sehingga pengakuan bahwa Ia sungguh-sungguh Mesias dan Putera Allah, jang memang benar semata-mata, mendjadi dasar Jesus dihukum mati.

Ref. Silang FULL: Mat 26:1 - segala pengajaran-Nya · segala pengajaran-Nya: Mat 7:28; Mat 7:28

· segala pengajaran-Nya: Mat 7:28; [Lihat FULL. Mat 7:28]

Ref. Silang FULL: Mat 26:2 - dirayakan Paskah · dirayakan Paskah: Yoh 11:55; Yoh 11:55

· dirayakan Paskah: Yoh 11:55; [Lihat FULL. Yoh 11:55]

Ref. Silang FULL: Mat 26:3 - itu berkumpullah // bernama Kayafas · itu berkumpullah: Mazm 2:2 · bernama Kayafas: Mat 26:57; Luk 3:2; Yoh 11:47-53; 18:13,14,24,28; Kis 4:6

· itu berkumpullah: Mazm 2:2

· bernama Kayafas: Mat 26:57; Luk 3:2; Yoh 11:47-53; 18:13,14,24,28; Kis 4:6

Ref. Silang FULL: Mat 26:4 - membunuh Dia · membunuh Dia: Mat 12:14; Mat 12:14

· membunuh Dia: Mat 12:14; [Lihat FULL. Mat 12:14]

Ref. Silang FULL: Mat 26:5 - timbul keributan · timbul keributan: Mat 27:24

· timbul keributan: Mat 27:24

Ref. Silang FULL: Mat 26:6 - di Betania · di Betania: Mat 21:17; Mat 21:17

· di Betania: Mat 21:17; [Lihat FULL. Mat 21:17]

Ref. Silang FULL: Mat 26:11 - ada padamu · ada padamu: Ul 15:11

· ada padamu: Ul 15:11

Ref. Silang FULL: Mat 26:12 - untuk penguburan-Ku · untuk penguburan-Ku: Yoh 19:40

· untuk penguburan-Ku: Yoh 19:40

Ref. Silang FULL: Mat 26:14 - Yudas Iskariot · Yudas Iskariot: Mat 26:25,47; Mat 10:4; Mat 10:4

· Yudas Iskariot: Mat 26:25,47; Mat 10:4; [Lihat FULL. Mat 10:4]

Ref. Silang FULL: Mat 26:15 - uang perak · uang perak: Kel 21:32; Za 11:12

· uang perak: Kel 21:32; Za 11:12

Ref. Silang FULL: Mat 26:17 - Tidak Beragi // perjamuan Paskah · Tidak Beragi: Kel 12:18-20 · perjamuan Paskah: Ul 16:5-8

· Tidak Beragi: Kel 12:18-20

· perjamuan Paskah: Ul 16:5-8

Ref. Silang FULL: Mat 26:18 - Guru: waktu-Ku · Guru: waktu-Ku: Mr 14:35,41; Yoh 7:6,8,30; 8:20; 12:23; 13:1; 17:1

Ref. Silang FULL: Mat 26:21 - menyerahkan Aku · menyerahkan Aku: Luk 22:21-23; Yoh 13:21

· menyerahkan Aku: Luk 22:21-23; Yoh 13:21

Ref. Silang FULL: Mat 26:23 - menyerahkan Aku · menyerahkan Aku: Mazm 41:10; Yoh 13:18

· menyerahkan Aku: Mazm 41:10; Yoh 13:18

Ref. Silang FULL: Mat 26:24 - tentang Dia · tentang Dia: Mat 26:31,54,56; Yes 53:1-12; Dan 9:26; Mr 9:12; Luk 24:25-27,46; Kis 17:2,3; 26:22,23; 1Pet 1:10,11

Ref. Silang FULL: Mat 26:25 - menyerahkan Dia // ya Rabi · menyerahkan Dia: Mat 10:4; Mat 10:4 · ya Rabi: Mat 23:7; Mat 23:7

· menyerahkan Dia: Mat 10:4; [Lihat FULL. Mat 10:4]

· ya Rabi: Mat 23:7; [Lihat FULL. Mat 23:7]

Ref. Silang FULL: Mat 26:26 - berkat, memecah-mecahkannya · berkat, memecah-mecahkannya: Mat 14:19; Mat 14:19

· berkat, memecah-mecahkannya: Mat 14:19; [Lihat FULL. Mat 14:19]

Ref. Silang FULL: Mat 26:27 - mengambil cawan · mengambil cawan: 1Kor 10:16

· mengambil cawan: 1Kor 10:16

Ref. Silang FULL: Mat 26:28 - darah perjanjian // pengampunan dosa · darah perjanjian: Kel 24:6-8; Za 9:11; Mal 2:5; Ibr 9:20; 10:29; Ibr 13:20; Ibr 13:20 · pengampunan dosa: Mat 20:28; Mat 20:28; Mr 1...

· darah perjanjian: Kel 24:6-8; Za 9:11; Mal 2:5; Ibr 9:20; 10:29; Ibr 13:20; [Lihat FULL. Ibr 13:20]

· pengampunan dosa: Mat 20:28; [Lihat FULL. Mat 20:28]; Mr 1:4

Ref. Silang FULL: Mat 26:29 - dengan kamu · dengan kamu: Kis 10:41

· dengan kamu: Kis 10:41

Ref. Silang FULL: Mat 26:30 - Bukit Zaitun · Bukit Zaitun: Mat 21:1; Mat 21:1

· Bukit Zaitun: Mat 21:1; [Lihat FULL. Mat 21:1]

Ref. Silang FULL: Mat 26:31 - karena Aku // akan tercerai-berai · karena Aku: Mat 11:6; 13:21 · akan tercerai-berai: Za 13:7; Yoh 16:32

· karena Aku: Mat 11:6; 13:21

· akan tercerai-berai: Za 13:7; Yoh 16:32

Ref. Silang FULL: Mat 26:32 - ke Galilea · ke Galilea: Mat 28:7,10,16

· ke Galilea: Mat 28:7,10,16

Ref. Silang FULL: Mat 26:34 - tiga kali · tiga kali: Mat 26:75; Yoh 13:38

· tiga kali: Mat 26:75; Yoh 13:38

Ref. Silang FULL: Mat 26:35 - bersama-sama Engkau · bersama-sama Engkau: Yoh 13:37

· bersama-sama Engkau: Yoh 13:37

Ref. Silang FULL: Mat 26:37 - anak Zebedeus · anak Zebedeus: Mat 4:21; Mat 4:21

· anak Zebedeus: Mat 4:21; [Lihat FULL. Mat 4:21]

Ref. Silang FULL: Mat 26:38 - sangat sedih // dengan Aku · sangat sedih: Yoh 12:27; Yoh 12:27 · dengan Aku: Mat 26:40,41

· sangat sedih: Yoh 12:27; [Lihat FULL. Yoh 12:27]

· dengan Aku: Mat 26:40,41

Ref. Silang FULL: Mat 26:39 - cawan ini // Engkau kehendaki · cawan ini: Mat 20:22; Mat 20:22 · Engkau kehendaki: Mat 26:42; Mazm 40:7-9; Yes 50:5; Mat 6:10; Yoh 4:34; 5:30; 6:38

· cawan ini: Mat 20:22; [Lihat FULL. Mat 20:22]

· Engkau kehendaki: Mat 26:42; Mazm 40:7-9; Yes 50:5; Mat 6:10; Yoh 4:34; 5:30; 6:38

Ref. Silang FULL: Mat 26:40 - dengan Aku · dengan Aku: Mat 26:38

· dengan Aku: Mat 26:38

Ref. Silang FULL: Mat 26:41 - dalam pencobaan · dalam pencobaan: Mat 6:13

· dalam pencobaan: Mat 6:13

Ref. Silang FULL: Mat 26:42 - jadilah kehendak-Mu · jadilah kehendak-Mu: Mat 26:39; Mat 26:39

· jadilah kehendak-Mu: Mat 26:39; [Lihat FULL. Mat 26:39]

Ref. Silang FULL: Mat 26:45 - Lihat, saatnya · Lihat, saatnya: Mat 26:18; Mat 26:18

· Lihat, saatnya: Mat 26:18; [Lihat FULL. Mat 26:18]

Ref. Silang FULL: Mat 26:47 - datanglah Yudas · datanglah Yudas: Mat 10:4; Mat 10:4

· datanglah Yudas: Mat 10:4; [Lihat FULL. Mat 10:4]

Ref. Silang FULL: Mat 26:49 - Salam Rabi · Salam Rabi: Mat 26:25; Mat 23:7; Mat 23:7

· Salam Rabi: Mat 26:25; Mat 23:7; [Lihat FULL. Mat 23:7]

Ref. Silang FULL: Mat 26:50 - Hai teman · Hai teman: Mat 20:13; 22:12

· Hai teman: Mat 20:13; 22:12

Ref. Silang FULL: Mat 26:51 - menghunus pedangnya // putus telinganya · menghunus pedangnya: Luk 22:36,38 · putus telinganya: Yoh 18:10

· menghunus pedangnya: Luk 22:36,38

· putus telinganya: Yoh 18:10

Ref. Silang FULL: Mat 26:52 - oleh pedang · oleh pedang: Kej 9:6; Kel 21:12; Wahy 13:10

· oleh pedang: Kej 9:6; Kel 21:12; Wahy 13:10

Ref. Silang FULL: Mat 26:53 - pasukan malaikat · pasukan malaikat: 2Raj 6:17; Dan 7:10; Mat 4:11

· pasukan malaikat: 2Raj 6:17; Dan 7:10; Mat 4:11

Ref. Silang FULL: Mat 26:54 - akan digenapi · akan digenapi: Mat 26:24; Mat 26:24; Mat 1:22; Mat 1:22

· akan digenapi: Mat 26:24; [Lihat FULL. Mat 26:24]; Mat 1:22; [Lihat FULL. Mat 1:22]

Ref. Silang FULL: Mat 26:55 - duduk mengajar · duduk mengajar: Mr 12:35; Luk 21:37; Yoh 7:14,28; 18:20

· duduk mengajar: Mr 12:35; Luk 21:37; Yoh 7:14,28; 18:20

Ref. Silang FULL: Mat 26:56 - supaya genap · supaya genap: Mat 26:24; Mat 26:24; Mat 1:22; Mat 1:22

· supaya genap: Mat 26:24; [Lihat FULL. Mat 26:24]; Mat 1:22; [Lihat FULL. Mat 1:22]

Ref. Silang FULL: Mat 26:57 - menghadap Kayafas · menghadap Kayafas: Mat 26:3; Mat 26:3

· menghadap Kayafas: Mat 26:3; [Lihat FULL. Mat 26:3]

Ref. Silang FULL: Mat 26:58 - Imam Besar // antara pengawal-pengawal · Imam Besar: Mat 26:69; Mr 14:66; Luk 22:55; Yoh 18:15 · antara pengawal-pengawal: Mr 15:16; Luk 11:21; Yoh 7:32,45,46

· Imam Besar: Mat 26:69; Mr 14:66; Luk 22:55; Yoh 18:15

· antara pengawal-pengawal: Mr 15:16; Luk 11:21; Yoh 7:32,45,46

Ref. Silang FULL: Mat 26:59 - Mahkamah Agama · Mahkamah Agama: Mat 5:22; Mat 5:22

· Mahkamah Agama: Mat 5:22; [Lihat FULL. Mat 5:22]

Ref. Silang FULL: Mat 26:60 - banyak saksi // dua orang · banyak saksi: Mazm 27:12; 35:11; Kis 6:13 · dua orang: Ul 19:15

· banyak saksi: Mazm 27:12; 35:11; Kis 6:13

· dua orang: Ul 19:15

Ref. Silang FULL: Mat 26:61 - tiga hari · tiga hari: Yoh 2:19; Yoh 2:19

· tiga hari: Yoh 2:19; [Lihat FULL. Yoh 2:19]

Ref. Silang FULL: Mat 26:63 - tetap diam // Demi // yang hidup // Engkau Mesias // Anak Allah · tetap diam: Mr 14:61; Mr 14:61 · Demi: Im 5:1 · yang hidup: Mat 16:16; Mat 16:16 · Engkau Mesias: Luk 22:67 · Ana...

· tetap diam: Mr 14:61; [Lihat FULL. Mr 14:61]

· Demi: Im 5:1

· yang hidup: Mat 16:16; [Lihat FULL. Mat 16:16]

· Engkau Mesias: Luk 22:67

· Anak Allah: Mat 4:3; [Lihat FULL. Mat 4:3]

Ref. Silang FULL: Mat 26:64 - telah mengatakannya // Yang Mahakuasa // di langit · telah mengatakannya: Mat 27:11; Luk 22:70 · Yang Mahakuasa: Mr 16:19; Mr 16:19 · di langit: Wahy 1:7; Wahy 1:7

· telah mengatakannya: Mat 27:11; Luk 22:70

· Yang Mahakuasa: Mr 16:19; [Lihat FULL. Mr 16:19]

· di langit: Wahy 1:7; [Lihat FULL. Wahy 1:7]

Ref. Silang FULL: Mat 26:65 - mengoyakkan pakaiannya · mengoyakkan pakaiannya: Mr 14:63; Mr 14:63

· mengoyakkan pakaiannya: Mr 14:63; [Lihat FULL. Mr 14:63]

Ref. Silang FULL: Mat 26:66 - dihukum mati · dihukum mati: Im 24:16; Yoh 19:7

· dihukum mati: Im 24:16; Yoh 19:7

Ref. Silang FULL: Mat 26:67 - dan meninju-Nya · dan meninju-Nya: Mat 16:21; Mat 16:21

· dan meninju-Nya: Mat 16:21; [Lihat FULL. Mat 16:21]

Ref. Silang FULL: Mat 26:68 - memukul Engkau · memukul Engkau: Luk 22:63-65

· memukul Engkau: Luk 22:63-65

Ref. Silang FULL: Mat 26:75 - tiga kali · tiga kali: Mat 26:34; Yoh 13:38

· tiga kali: Mat 26:34; Yoh 13:38

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Mat 26:1--27:66 - -- IV. Kesengsaraan Yesus Kristus (26:1-27:66) Bagian yang tak ternilai pentingnya bagi setiap orang Kristen ini penuh dengan masalah kemanusiaan yang d...

IV. Kesengsaraan Yesus Kristus (26:1-27:66)

Bagian yang tak ternilai pentingnya bagi setiap orang Kristen ini penuh dengan masalah kemanusiaan yang disajikan secara dramatik. Sekalipun demikian, rincian yang disajikan oleh para penulis Injil sejak semula telah menyebabkan banyak persoalan, terutama masalah yang bersifat kronologis. Tetapi, cara faktual yang dipergunakan setiap Injil (hasil tulisan dari orang-orang yang terlibat langsung secara emosional) dalam membicarakan rangkaian peristiwa yang amat emosional ini menjadikan karya-karya yang luhur ini makin luar biasa.

Wycliffe: Mat 26:1-5 - -- 1-5. Pemberitaan terakhir tentang kematian-Nya.

1-5. Pemberitaan terakhir tentang kematian-Nya.

Wycliffe: Mat 26:2 - Dua hari lagi // Paskah // Anak Manusia akan diserahkan 2. Dua hari lagi. Sebab Paskah dirayakan pada malam tanggal 14 bulan Nisan (matahari terbenam sesungguhnya merupakan permulaan tanggal 15 Nisan), pemb...

2. Dua hari lagi. Sebab Paskah dirayakan pada malam tanggal 14 bulan Nisan (matahari terbenam sesungguhnya merupakan permulaan tanggal 15 Nisan), pemberitaan ini disampaikan pada malam tanggal 12 bulan Nisan. Paskah. Perayaan besar pertama dalam tarikh Israel, memperingati pembebasan mereka dari Mesir dan "penyelamatan" (arti dari akar kata Ibrani dialihkan ke dalam bahasa Yunani sebagai pascha) anak-anak sulung mereka ketika Allah memukul orang Mesir (bdg. Kel. 12). Malam Paskah ini langsung dilanjutkan dengan tujuh hari perayaan Roti Tidak Beragi (Nisan, tanggal 15-21), dan seluruh perayaan ini sering kali dinamakan "Paskah." Anak Manusia akan diserahkan (dikhianati). Bandingkan pemberitaan-pemberitaan dalam 16:21; 17:22; 20:18. Di sini untuk pertama kalinya Kristus memberitakan bahwa kematian-Nya akan terjadi pada masa Paskah.

Wycliffe: Mat 26:3-5 - pada waktu perayaan // Kayafas 3-5. Tetapi pemberitaan ini bertentangan dengan rencana anggota komplotan musuh-Nya. Takut kepada orang banyak yang berkumpul di Yerusalem, yang banya...

3-5. Tetapi pemberitaan ini bertentangan dengan rencana anggota komplotan musuh-Nya. Takut kepada orang banyak yang berkumpul di Yerusalem, yang banyak di antaranya merupakan pendukung Yesus dari Galilea, mereka setuju untuk tidak melakukan apa-apa pada waktu perayaan. Mereka mungkin saja berharap dapat menunda tindakan mereka untuk satu minggu. Tetapi Yesus sudah menetapkan saat kematian-Nya lebih dahulu, bertentangan dengan rencana mereka, dan membatalkan rencana itu supaya Dia dapat mati sebagai Paskah yang sejati. Kayafas telah bertugas sebagai imam besar sejak sekitar tahun 18 M. Sebelumnya dia telah menuntut kematian Yesus (Yoh. 11:49, 50).

Wycliffe: Mat 26:6-13 - -- 6-13. Pengurapan di Betania. Para penafsir tidak sepakat mengenai kaitan kronologis peristiwa ini. Mengingat Yohanes 12:1, "enam hari sebelum Paskah,"...

6-13. Pengurapan di Betania. Para penafsir tidak sepakat mengenai kaitan kronologis peristiwa ini. Mengingat Yohanes 12:1, "enam hari sebelum Paskah," Matius (dan Markus) atau Yohanes telah mengikuti urutan berdasarkan topik dan bukan berdasarkan kronologis. Karena Matius dan juga Markus tidak memberikan tanggal yang lebih tepat tentang terjadinya peristiwa ini selain, "Ketika Yesus berada di Betania," rupanya yang terbaik adalah mengikuti kronologi yang jelas dari Yohanes 12:1. Dengan demikian. setelah menceritakan rencana untuk membunuh Yesus, kini Matius kembali kepada peristiwa yang lebih awal untuk menunjukkan situasi yang mendorong Yudas untuk mengkhianati Yesus. Kisah yang sama terdapat di dalam Markus 14:3-9; Yohanes 12:1-8 (Luk. 7:36-50 mengisahkan peristiwa yang berbeda).

Wycliffe: Mat 26:6 - Simon si kusta 6. Simon si kusta. Tidak diragukan lagi ia merupakan mantan penderita kusta yang setelah disembuhkan sangat berterima kasih kepada Yesus.

6. Simon si kusta. Tidak diragukan lagi ia merupakan mantan penderita kusta yang setelah disembuhkan sangat berterima kasih kepada Yesus.

Wycliffe: Mat 26:7 - Seorang perempuan // Minyak wangi yang mahal 7. Seorang perempuan. Maria, saudara perempuan Marta dan Lazarus (Yoh. 12:3; 11:1, 2). Minyak wangi yang mahal. Kisah yang sama lainnya melukiskan min...

7. Seorang perempuan. Maria, saudara perempuan Marta dan Lazarus (Yoh. 12:3; 11:1, 2). Minyak wangi yang mahal. Kisah yang sama lainnya melukiskan minyak tersebut adalah minyak narwastu yang harganya 300 dinar lebih.

Wycliffe: Mat 26:8-9 - tubuh // kepala, // kaki, // gusar // Ia membuat suatu persiapan untuk penguburan-Ku 8, 9. Pada saat murid-murid menyaksikan pencurahan minyak yang berlebihan pada tubuh (ay. 12) Yesus (baik kepala, ay. 7, maupun kaki, Yoh. 12:3) merek...

8, 9. Pada saat murid-murid menyaksikan pencurahan minyak yang berlebihan pada tubuh (ay. 12) Yesus (baik kepala, ay. 7, maupun kaki, Yoh. 12:3) mereka menggerutu dengan gusar karena menilai tindakan tersebut merupakan pemborosan. Matius tidak menyebutkan nama orang yang disalahkan (mungkin main karena keterlibatan dirinya). Tetapi Yohanes menyebutkan Yudas sebagai penghasut tersebut, dan menunjukkan kemunafikan dari perhatiannya terhadap orang miskin yang diakuinya. 10-13. Yesus menerangkan bahwa seseorang harus awas secara rohani supaya tidak kehilangan kesempatan yang tidak akan terulang lagi. Perbuatan baik itu benar dan senantiasa patut dilakukan (Mrk. 14:7). Tetapi bagi Maria tidak akan pernah ada kesempatan lain untuk melakukan hal itu. Ia membuat suatu persiapan untuk penguburan-Ku. Tidak ada dasar untuk mengemukakan bahwa Yesus sedang membuat-buat alasan bagi perbuatan Maria. Sebelumnya Dia sudah memberitakan kematian-Nya yang makin mendekat (Yoh. 10:11, 17. 18; Mat. 16:21; 17:22; 20:18). Sebalikya daripada tidak menghiraukan pemberitaan tersebut, sebagaimana yang tampaknya dilakukan oleh para murid (bdg. Mat. 16:22), Maria mempercayainya. Dia rupanya menyadari bahwa apabila musibah itu sudah terjadi, tidak ada waktu lagi untuk memberikan rasa hormat seperti biasa. Hanya apabila orang melihat tindakan Maria itu sebagai timbul dari pemahaman rohaninyalah baru mereka bisa secara tepat mengerti pujian hebat yang diberikan oleh Yesus. Sebagaimana diketahui, inilah satu-satunya pengurapan yang dilakukan atas tubuh-Nya. Para wanita yang kemudian pergi ke kuburan untuk mengurapi tubuh-Nya menemukan bahwa kuburan itu sudah kosong.

Wycliffe: Mat 26:14-16 - kemudian // Iskariot // Mereka membayar ... kepadanya // Tiga puluh uang 14-16. Persekongkolan Yudas. Berapa lama waktu yang ditunjukkan oleh kata kemudian itu dari paragraf sebelumnya tidak dapat dipastikan (Markus hanya m...

14-16. Persekongkolan Yudas. Berapa lama waktu yang ditunjukkan oleh kata kemudian itu dari paragraf sebelumnya tidak dapat dipastikan (Markus hanya mengatakan "lalu"). Apabila 12:6-13 dianggap sebagai sisipan untuk menjelaskan salah satu penyebab dari pengkhianatan tersebut, maka persekongkolan Yudas itu terjadi pada saat yang sama dengan ayat 1-5. Dengan pengertian semacam ini, kejengkelan Yudas di rumah Simon enam hari sebelum Paskah (Yoh. 12:1, 2) telah berkembang menjadi persekongkolan yang matang dalam empat hari berikutnya. Iskariot. Orang dari Keriot, sebuah kota kecil di Yudea. Mereka membayar ... kepadanya. Di dalam naskah berbahasa Inggris versi Authorized Version kalimatnya berbunyi, "Mereka mengadakan kesepakatan dengannya." Terjemahan yang lebih khas ialah mereka menimbangkan baginya. Matius mempergunakan istilah yang sama dengan LXX di dalam Zakharia 11:12 yang tampaknya secara sengaja disinggung oleh Matius. LXX memakai istilah histemi untuk menerjemahkan shakal, "menimbang tiga puluh uang perak" (penggunaan lainnya ialah I Raj. 20:39). Jadi Yudas dibayar pada saat itu juga, suatu kenyataan yang tidak dicatat atau disangkal kisah lainnya. Tiga puluh uang perak. Mungkin syikal. Secara relatif jumlah yang murah. nilai dari seorang budak (Kel. 21:32).

Wycliffe: Mat 26:17-30 - -- B. Perjamuan Terakhir (26:17-30). Mungkin tidak ada masalah penyelarasan kitab-kitab Injil yang demikian membingungkan seperti yang terdapat di sini....

B. Perjamuan Terakhir (26:17-30).

Mungkin tidak ada masalah penyelarasan kitab-kitab Injil yang demikian membingungkan seperti yang terdapat di sini. Apakah perjamuan terakhir ini perjamuan Paskah Yahudi? Kitab-kitab Injil Sinoptis memberikan kesan demikian. Tetapi Yohanes tampaknya juga jelas bahwa Paskah masih belum tiba pada saat pencucian kaki (Yoh. 13:1), perjamuan (13:29), pengadilan (18:28). dan penyaliban (19:14, 31). Beberapa sarjana mengakui adanya pertentangan yang tidak dapat diselesaikan. Yang lain bersikukuh bahwa salah satu cerita pasti salah. Juga telah dikemukakan bahwa Yesus telah memakan Paskah pendahuluan satu hari sebelum pelaksanaan jamuan yang resmi. Dukungan terhadap pandangan ini baru saja muncul di Qumran. di mana hasil penggalian telah menunjukkan bahwa kelompok Qumran selalu melaksanakan Paskah pada hari Selasa malam. Jadi diduga bahwa Yesus memakan Paskah pada hari Selasa (sebagaimana disiratkan di dalam kitab-kitab Injil Sinoptis), sedangkan Yudaisme ortodoks melaksanakannya pada hari Jumat. (Lihat J. A. Walther, "Choronology of the Passion Week," JBL, .Juni, 1958, hlm. 116 dst.) Pandangan ini rasanya sangat mustahil mengingat penyimpangan yang demikian mencolok dari Yudaisme ortodoks dapat dilaksanakan tanpa diberi penjelasan khusus di dalam kitab-kitab Injil, atau mengingat jamuan Paskah dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya di Yerusalem sebelum waktu yang sudah merupakan tradisi (mis.: domba-domba boleh disembelih di Bait Suci hanya sesaat sebelum jamuan Paskah; bdg. I Kor. 5:7). Gagasan yang lebih layak menjelaskan Yohanes atau kitab-kitab Injil Sinoptis dari segi satu sama lain. Kedua kemungkinan telah dicoba, sekalipun terdapat kesulitan tersendiri dengan setiap metode tersebut. Penulis memilih untuk menjelaskan kitab-kitab Injil Sinoptis dengan pernyataan-pernyataan Yohanes yang jelas, yang mungkin sebagian dimaksudkan olehnya untuk menjelaskan hal-hal yang tidak jelas di dalam kronologi. Menurut pandangan ini, Perjamuan Terakhir sama sekali bukan jamuan Paskah: Yesus justru mati pada saat domba-domba Paskah sedang dibunuh di Bait Suci (bdg. I Kor. 5:7). Sekalipun demikian, Yesus menyuruh murid-murid-Nya membuat persiapan untuk jamuan Paskah sebagaimana biasa dilakukan karena dua alasan: (1) para murid akan memakannya; (2) Yesus tidak ingin memberitahukan saat yang tepat dari kematian-Nya saat itu.

Wycliffe: Mat 26:17-19 - -- 17-19. Mempersiapkan Paskah.

17-19. Mempersiapkan Paskah.

Wycliffe: Mat 26:17 - Pada hari pertama dari hari raya Roti Tidak Beragi 17. Pada hari pertama dari hari raya Roti Tidak Beragi. Tanggal empat belas bulan Nisan, saat ragi disingkirkan dari semua rumah sebagai persiapan per...

17. Pada hari pertama dari hari raya Roti Tidak Beragi. Tanggal empat belas bulan Nisan, saat ragi disingkirkan dari semua rumah sebagai persiapan perayaan Paskah dan Roti Tidak Beragi (bdg. Mrk. 14:12; Luk. 22:7). Hari ini dimulai pada tanggal tiga belas pada, saat matahari terbenam dan yang dimaksudkan adalah saat-saat pembukaan dari hari ini.

Wycliffe: Mat 26:18-19 - Aku mau merayakan Paskah 18, 19. Sebagai tanggapan terhadap pertanyaan para murid. Yesus menyuruh mereka pergi ke rumah seseorang yang tempatnya akan mereka pakai. Aku mau mer...

18, 19. Sebagai tanggapan terhadap pertanyaan para murid. Yesus menyuruh mereka pergi ke rumah seseorang yang tempatnya akan mereka pakai. Aku mau merayakan Paskah. Terhadap pernyataan mengenai maksud yang umum ini harus ditambahkan kata-kata dari Lukas 22:16, "Aku tidak akan memakannya," di dalam mana Dia belakangan menunjukkan bahwa rencana yang umum akan disela. Mungkin Dia tidak ingin Yudas mengetahui semua rencana-Nya serinci itu sebelumnya.

Wycliffe: Mat 26:20-30 - -- 20-30. Perjamuan Terakhir.

20-30. Perjamuan Terakhir.

Wycliffe: Mat 26:20 - Setelah hari malam 20. Setelah hari malam. Beberapa saat kemudian pada sore yang sama (tanggal empat belas dini hari), Yesus bergabung dengan murid-murid pada jam perjam...

20. Setelah hari malam. Beberapa saat kemudian pada sore yang sama (tanggal empat belas dini hari), Yesus bergabung dengan murid-murid pada jam perjamuan (Luk. 22:14).

Wycliffe: Mat 26:21 - Seorang di antara kamu akan menyerahkan Aku 21. Seorang di antara kamu akan menyerahkan Aku. Pemberitaan pertama bahwa Anak Manusia "akan diserahkan" (17:22; 20:18; 26:20;18; 26:2) oleh seorang ...

21. Seorang di antara kamu akan menyerahkan Aku. Pemberitaan pertama bahwa Anak Manusia "akan diserahkan" (17:22; 20:18; 26:20;18; 26:2) oleh seorang di antara Dua Belas Murid. Betapa terkejut mereka mendengar pernyataan tersebut!

Wycliffe: Mat 26:22 - Bukan aku, ya Tuhan? 22. Kenyataan bahwa sebelas dari para murid tersebut bertanya, Bukan aku, ya Tuhan? Menunjukkan bahwa mereka menyadari kelemahan diri mereka sendiri, ...

22. Kenyataan bahwa sebelas dari para murid tersebut bertanya, Bukan aku, ya Tuhan? Menunjukkan bahwa mereka menyadari kelemahan diri mereka sendiri, sekalipun pertanyaan mereka diungkapkan sedemikian rupa sehingga mengarah ke jawaban negatif.

Wycliffe: Mat 26:23 - Dia yang bersama-sama dengan Aku mencelupkan tangannya ke dalam pinggan ini 23. Dia yang bersama-sama dengan Aku mencelupkan tangannya ke dalam pinggan ini. Oleh karena kelompok itu mungkin makan dari pinggan yang sama, pernya...

23. Dia yang bersama-sama dengan Aku mencelupkan tangannya ke dalam pinggan ini. Oleh karena kelompok itu mungkin makan dari pinggan yang sama, pernyataan ini tidak mengidentifikasikan si pengkhianat, terkecuali menekankan sifat pengecut dari pengkhianatan tersebut. karena terjadi di kalangan teman-teman akrab.

Wycliffe: Mat 26:24 - Sesuai dengan yang ada tertulis 24. Sesuai dengan yang ada tertulis. Kematian Kristus terjadi sebagaimana dinubuatkan dalam berbagai nas Perjanjian Lama. Namun kedaulatan Allah atas ...

24. Sesuai dengan yang ada tertulis. Kematian Kristus terjadi sebagaimana dinubuatkan dalam berbagai nas Perjanjian Lama. Namun kedaulatan Allah atas segala peristiwa tidak membebaskan manusia dari tanggung jawab atas kesalahan.

Wycliffe: Mat 26:25 - Bukan aku, ya Rabi? // Engkau telah mengatakannya 25. Ketika Yudas melihat bahwa dengan tinggal diam saja kecurigaan diarahkan kepada dirinya, dia juga mengajukan pertanyaan, Bukan aku, ya Rabi? Kepad...

25. Ketika Yudas melihat bahwa dengan tinggal diam saja kecurigaan diarahkan kepada dirinya, dia juga mengajukan pertanyaan, Bukan aku, ya Rabi? Kepada Dia Yesus menjawab, Engkau telah mengatakannya. Tampaknya di tengah-tengah dengung percakapan, mereka yang lain tidak mendengar percakapan ini. Apakah penjelasan Yesus kepada Yohanes (dan Petrus) terjadi sebelum atau sesudah petunjuk kepada Yudas itu tidak dapat dipastikan (Yoh. 12:23-26). Ketika Yudas sesat kemudian meninggalkan mereka, tidak ada yang mengetahui bahwa Iblis telah memberikan kekuatan kepadanya supaya dia dapat segera melaksanakan rencana itu (Yoh. 13:27-30).

Wycliffe: Mat 26:26 - Inilah tubuh-Ku 26. Kisah tentang pemberkatan roti dan anggur yang disajikan oleh Matius sama dengan yang disajikan Markus; penyajian Lukas mirip dengan I Korintus 11...

26. Kisah tentang pemberkatan roti dan anggur yang disajikan oleh Matius sama dengan yang disajikan Markus; penyajian Lukas mirip dengan I Korintus 11:23-26. Inilah tubuh-Ku. Untuk pembahasan lengkap tentang aneka pandangan yang bertentangan dari Romanisme (Roma Katolik), Luther, Calvin dan Zwingli, lihat dalam kamus atau ensiklopedia Alkitab. Makna yang jelas dari bagian ini membuat kita tidak mungkin memahami roti itu sebagai lain dari lambang, sebab tubuh sebenarnya Kritus juga ada di ruangan itu. (Bdg. perlambangan yang sama: Yoh. 10:7; 15:1.) Lambang-lambang ini merupakan pengingat bagi para murid (Luk. 22:19) akan Tuhan mereka yang tidak ada dan peringatan akan harga penebusan mereka.

Wycliffe: Mat 26:27-28 - Minumlah kamu semua dari cawan ini, // Perjanjian (Baru) // Ditumpahkan bagi banyak orang // pengampunan dosa 27, 28. Minumlah kamu semua dari cawan ini, maksudnya mereka semua yang hadir. Perjanjian (Baru) mulai berlaku dengan kematian Kristus. Perjanjian Lam...

27, 28. Minumlah kamu semua dari cawan ini, maksudnya mereka semua yang hadir. Perjanjian (Baru) mulai berlaku dengan kematian Kristus. Perjanjian Lama yang diberikan Allah kepada Israel memerlukan persembahan kurban untuk menebus dosa secara terus-menerus. Tetapi kematian Kritus merupakan persembahan kurban yang sempurna, dan memungkinkan pembenaran dan pembaharuan (Ibr. 8:6-13). Ditumpahkan bagi banyak orang. (Bdg. 20:28). Kematian Kristus, meskipun cukup untuk pengampunan dosa setiap orang, di sini dilihat sebagai berlaku hanya bagi orang percaya.

Wycliffe: Mat 26:29 - Aku tidak akan minum lagi dari sekarang // Kerajaan Bapa-Ku (Kerajaan Allah 29. Aku tidak akan minum lagi dari sekarang. Pernyataan ini mengarahkan pandangan para murid ke depan kepada Kerajaan Bapa-Ku (Kerajaan Allah Mesianis...

29. Aku tidak akan minum lagi dari sekarang. Pernyataan ini mengarahkan pandangan para murid ke depan kepada Kerajaan Bapa-Ku (Kerajaan Allah Mesianis, Mrk. 14:25) dan kepada saat penuh sukacita dan persekutuan pada Perjamuan Kawin yang besar.

Wycliffe: Mat 26:30 - Sesudah menyanyikan nyanyian pujian, pergilah Yesus dan murid-murid 30. Sesudah menyanyikan nyanyian pujian, pergilah Yesus dan murid-murid-Nya. Sebelum hal ini terjadi, khotbah Yohanes 14 pastilah sudah disampaikan.

30. Sesudah menyanyikan nyanyian pujian, pergilah Yesus dan murid-murid-Nya. Sebelum hal ini terjadi, khotbah Yohanes 14 pastilah sudah disampaikan.

Wycliffe: Mat 26:31-35 - -- C. Nubuat Penyangkalan Petrus (26:31-35). Apakah peristiwa ini terjadi sebelum mereka meninggalkan ruangan atas itu (Yoh. 13:36-38; Luk. 22:31-34) at...

C. Nubuat Penyangkalan Petrus (26:31-35).

Apakah peristiwa ini terjadi sebelum mereka meninggalkan ruangan atas itu (Yoh. 13:36-38; Luk. 22:31-34) atau sesudahnya (Mrk. 14:27-31: Mat.)? Karena kelihatannya tidak mungkin untuk menyelaraskan kisah-kisah ini tanpa merusak dua di antaranya, adalah lebih mungkin untuk memahami adanya dua peringatan terpisah terhadap Petrus. 31. Kamu semua akan tergoncang imanmu. Sekalipun hanya Petrus yang menyangkal Yesus, kesebelas murid semuanya meninggalkan Dia dan lari (ay. 56). Yesus menganggap ini sebagai penggenapan Zakharia 13:7. 32. Aku akan mendahului kamu ke Galilea. Yang dimaksudkan ini ialah pertemuan pasca kebangkitan yang terkenal yang disebutkan beberapa kali (28:7, 10, 16). Sekalipun demikian hal ini tidak menghalangi pemunculan-pemunculan lainnya, beberapa di antaranya di Yudea. 33-35. Kesombongan Petrus di dalam menilai pengabdiannya sebagai lebih tinggi daripada pengabdian orang lain (Biarpun mereka semua tergoncang imannya) merupakan celaan terhadap mereka sehingga mendorong mereka juga menyatakan kesetiaan mereka kepada-Nya. Tidak dapat disangkal lagi bahwa pengalaman inilah yang diingat Yesus ketika kemudian bertanya kepada Petrus, "Apakah engkau mengasihi Aku lebih daripada mereka ini?" (Yoh. 21:15).

Wycliffe: Mat 26:36-46 - -- 36-46. Doa di Getsemani.

36-46. Doa di Getsemani.

Wycliffe: Mat 26:36 - Getsemani 36. Getsemani. Nama ini artinya "kilangan minyak" dan di sini yang dimaksudkan adalah semua taman yang sering dikunjungi Yesus dan murid-murid-Nya. Ta...

36. Getsemani. Nama ini artinya "kilangan minyak" dan di sini yang dimaksudkan adalah semua taman yang sering dikunjungi Yesus dan murid-murid-Nya. Taman ini terletak di Lembah Kidron di Bukit Zaitun (Luk. 22:39; Yoh. 18:1, 2), dan tidak disangkal lagi terdapat banyak pohon zaitun dan sebuah kilangan untuk menyuling minyak. Tempat ini yang ditunjukkan kepada para peziarah dewasa ini pastilah terletak dekat dengan tempat Yesus berdoa, walaupun pohon-pohonnya tentu bukan pohon yang sama lagi (Jos, Wars, vi.1.1).

Wycliffe: Mat 26:37-38 - gentar, sangat sedih, seperti mau mati rasanya // berjaga-jaga, 37, 38. Setelah menyuruh delapan murid-Nya duduk, Yesus membawa Petrus, Yakobus dan Yohanes masuk lebih jauh ke dalam taman. Akhirnya, Dia bahkan juga...

37, 38. Setelah menyuruh delapan murid-Nya duduk, Yesus membawa Petrus, Yakobus dan Yohanes masuk lebih jauh ke dalam taman. Akhirnya, Dia bahkan juga memisahkan diri dari mereka untuk berdoa sendiri. Penderitaan jiwa-jiwa-Nya dilukiskan dengan sedih dan gentar, sangat sedih, seperti mau mati rasanya. Dia memberikan perintah kepada tiga murid terdekat (maupun, secara umum, kepada semuanya) untuk berjaga-jaga, maksudnya: agar mereka memberikan kekuatan melalui kehadiran dan kesetiakawanan mereka secara waspada.

Wycliffe: Mat 26:39 - Jikalau sekiranya mungkin, // Biarlah cawan ini lalu daripada-Ku // cawan // Cawan // Janganlah seperti yang Ku-kehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki 39. Jikalau sekiranya mungkin, artinya dimungkinkan secara moral, sesuai dengan kehendak Bapa. Biarlah cawan ini lalu daripada-Ku. Kunci untuk memaham...

39. Jikalau sekiranya mungkin, artinya dimungkinkan secara moral, sesuai dengan kehendak Bapa. Biarlah cawan ini lalu daripada-Ku. Kunci untuk memahami penderitaan Yesus terletak pada pengenalan akan apa yang dimaksudkan-Nya dengan cawan itu. Walaupun setiap manusia yang normal akan ngeri menghadapi kengerian penyaliban, para martir sering kali menghadapi kematian yang mengerikan tanpa menderita kesusahan yang sedemikian hebat (bdg. Luk. 22:44). Kita juga tidak dapat menganut pandangan bahwa Kristus takut terhadap kematian sebelum waktunya di tangan Iblis, sebab cawan itu datang dari Bapa dam bukan dari Iblis (Yoh. 18:11). Selanjutnya, nyawa Kristus hanya bisa diberikan secara sukarela (Yoh. 10:17, 18). Cawan di dalam Alkitab merupakan kiasan dari berkat Allah (bdg. Mzm. 23:5) atau dari murka Allah (bdg. Mzm. 75:9). dengan demikian, penjelasan yang paling memuaskan mengenai cawan adalah mengaitkannya dengan murka Allah yang akan ditumpahkan kepada Kristus pada saat Dia menjadi penanggung dosa manusia. Pengalaman ketika Allah untuk sesaat terpisah dari Putra-Nya ini menimbulkan teriakan mengenaskan pada Matius 27:46. Apabila dosa seseorang dapat menyebabkan dukacita yang pahit ketika merasakan dirinya terasing dari Allah, maka betapa tak terbandingkan lagi kesedihan mendalam yang diderita oleh Kristus yang mengerti arti menanggung kesalahan umat manusia. Janganlah seperti yang Ku-kehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki. Sejak awal hingga akhir, doa Yesus secara sempurna menyerah kepada Bapa. Dan doa itu dijawab, bukan dengan dengan menyingkirkan cawan itu, tetapi dengan kekuatan untuk meminumnya (Luk. 22:43), dan terutama melalui kebangkitan "dari maut" (Ibr. 5:7).

Wycliffe: Mat 26:40-41 - pencobaan. Roh memang penurut // Tetapi daging lemah // daging 40-41. Menemukan para murid tertidur akibat pengaruh emosi dan kelelahan yang berkepanjangan. Yesus memilih Petrus untuk memperoleh nasihat khusus (mu...

40-41. Menemukan para murid tertidur akibat pengaruh emosi dan kelelahan yang berkepanjangan. Yesus memilih Petrus untuk memperoleh nasihat khusus (mungkin mengingat bualannya sebelum ini), dan Ia menyuruh Petrus terus waspada serta terus berdoa agar berbagai kejadian tidak mengejutkan dia dan membuatnya menyerah pada pencobaan. Roh memang penurut. Sifat dasar rohani manusia dicerahkan oleh Roh Kudus. Tetapi daging lemah. Beberapa orang berpikir bahwa daging di sini menunjuk kepada bagian dari keberadaan manusia yang tidak berdosa apabila dikuasai oleh rohnya (dan dengan demikian perkataan ini juga berlaku bagi Yesus); yang lain beranggapan bahwa daging menunjuk kepada sifat dasar dosa yang dimiliki semua orang (terkecuali Yesus).

Wycliffe: Mat 26:42-45 - Tidurlah sekarang dan istirahatlah 42-45. Pada hakikatnya doa ini dipanjatkan tiga kali; dan setiap kali dipanjatkan penyerahan sang Putra bersifat menyeluruh. Sekalipun demikian jelas ...

42-45. Pada hakikatnya doa ini dipanjatkan tiga kali; dan setiap kali dipanjatkan penyerahan sang Putra bersifat menyeluruh. Sekalipun demikian jelas bahwa Yesus mengetahui hasil dari semua ini. Tidurlah sekarang dan istirahatlah. Mungkin bukan sebuah ironi. tetapi sebuah pernyataan sederhana bahwa kesempatan mereka untuk berguna di dalam krisis tersebut telah berlalu.

Wycliffe: Mat 26:46 - Marilah kita pergi 46. Namun, pada saat itu Yesus melihat lawan sudah mendekat. Marilah kita pergi. Bukan untuk melarikan diri tetapi untuk menemui mereka (Yoh. 18:4).

46. Namun, pada saat itu Yesus melihat lawan sudah mendekat. Marilah kita pergi. Bukan untuk melarikan diri tetapi untuk menemui mereka (Yoh. 18:4).

Wycliffe: Mat 26:47-56 - -- 47-56. Penangkapan Yesus.

47-56. Penangkapan Yesus.

Wycliffe: Mat 26:47 - Serombongan besar // pedang // imam-imam kepala // tua-tua bangsa, 47. Serombongan besar. Sebuah pasukan tentara Roma, dengan membawa pedang yang biasa mereka sandang, di bawah pimpinan seorang perwira (Yoh. 18:12); p...

47. Serombongan besar. Sebuah pasukan tentara Roma, dengan membawa pedang yang biasa mereka sandang, di bawah pimpinan seorang perwira (Yoh. 18:12); polisi Bait Suci Yahudi di bawah perintah imam-imam kepala dan tua-tua bangsa, bersenjatakan pentung (Yoh. 18:12); beberapa imam kepala dan tua-tua bangsa (Luk. 22:52).

Wycliffe: Mat 26:48 - Orang yang menyerahkan Dia ... memberitahukan tanda ini kepada mereka 48. Orang yang menyerahkan Dia ... memberitahukan tanda ini kepada mereka. Sebagian besar tentara Roma pasti belum mengenal Yesus.

48. Orang yang menyerahkan Dia ... memberitahukan tanda ini kepada mereka. Sebagian besar tentara Roma pasti belum mengenal Yesus.

Wycliffe: Mat 26:49 - Lalu mencium Dia 49. Lalu mencium Dia. Bentuk majemuk (katephilēsen) di sini menunjukkan sebuah pelukan yang sungguh-sungguh dan hangat (berbeda dengan bentuk leb...

49. Lalu mencium Dia. Bentuk majemuk (katephilēsen) di sini menunjukkan sebuah pelukan yang sungguh-sungguh dan hangat (berbeda dengan bentuk lebih sederhana dalam ay. 48).

Wycliffe: Mat 26:50 - Teman // Untuk itukah engkau datang? 50. Teman. Sahabat, rekan (hetaire). Istilah ini mengakui hubungan mereka sebelumnya, tanpa konotasi perasaan. Untuk itukah engkau datang? Apakah kata...

50. Teman. Sahabat, rekan (hetaire). Istilah ini mengakui hubungan mereka sebelumnya, tanpa konotasi perasaan. Untuk itukah engkau datang? Apakah kata-kata Yesus ini eliptik sehingga harus kita tambahi dengan sebuah kata kerja sehingga menjadi, "Untuk melakukan itukah engkau datang?" Ataukah sebuah pertanyaan, "Untuk apa kamu datang?" Atau suatu seruan sedih, "Untuk itu saja rupanya kamu datang!" Apa pun maksud yang tepat, . Yudas dan pasukan itu terus melaksanakan rencana mereka.

Wycliffe: Mat 26:51 - Seorang dari mereka // Menghunus pedangnya // Menetakkannya kepada hamba Imam Besar // Telinganya 51. Seorang dari mereka. Oleh Yohanes diidentifikasikan sebagai Petrus. Menghunus pedangnya. Para murid memiliki dua pedang pendek semacam ini (Luk. 2...

51. Seorang dari mereka. Oleh Yohanes diidentifikasikan sebagai Petrus. Menghunus pedangnya. Para murid memiliki dua pedang pendek semacam ini (Luk. 22:38). Menetakkannya kepada hamba Imam Besar. Yohanes yang cukup kenal dengan keluarga imam besar. menyebutkan nama hamba tersebut ialah Malkhus (Yoh. 18:10, 15). Telinganya. Bandingkan Lukas 22:51. Tindakan cepat dari Petrus, walaupun bermaksud baik. secara serius membahayakan kedudukan Tuhan kita, dan memerlukan sebuah penyembuhan mukjizat untuk menghapuskan akibat-akibat merugikan yang mungkin ditimbulkan peristiwa ini di pengadilan (bdg. Yoh. 18:36). Sekalipun demikian, mukjizat ini demikian sempurna sehingga pemotongan telinga itu tidak pernah disebutkan oleh para penuduh Kristus.

Wycliffe: Mat 26:52 - Barangsiapa menggunakan pedang, akan binasa oleh pedang 52. Barangsiapa menggunakan pedang, akan binasa oleh pedang. Kristus dan amanat-Nya bukan untuk dipertahankan atau disebarkan dengan senjata lahiriah....

52. Barangsiapa menggunakan pedang, akan binasa oleh pedang. Kristus dan amanat-Nya bukan untuk dipertahankan atau disebarkan dengan senjata lahiriah. Prinsip umum yang dikemukakan Yesus ini terbukti di dalam pengalaman umat manusia. "Pedang bertemu pedang di dalam peperangan; pedang pembalasan dendam melawan pedang kesewenang-wenangan dalam hasutan untuk memberontak; dan pedang yang dihunus secara tidak rohani untuk urusan rohani, pasti dibalas oleh pedang pembalasan historis tertentu, meskipun mungkin tertunda lama" (J. P Lange, Matthew, hlm. 486).

Wycliffe: Mat 26:53-54 - Dua belas pasukan malaikat 53, 54. Dua belas pasukan malaikat. Satu pasukan romawi yang berkekuatan penuh terdiri dari 6.000 orang. Kristus menahan diri untuk tidak meminta bant...

53, 54. Dua belas pasukan malaikat. Satu pasukan romawi yang berkekuatan penuh terdiri dari 6.000 orang. Kristus menahan diri untuk tidak meminta bantuan dari kekuatan yang unggul tiada tara di bawah perintah-Nya, agar apa yang dinubuatkan Alkitab dapat digenapi.

Wycliffe: Mat 26:55-56 - Sangkamu Aku ini penyamun 55, 56. Sangkamu Aku ini penyamun. Adanya senjata memberikan kesan bahwa mereka menduga akan terjadi pembelaan bersenjata, seperti halnya seorang peny...

55, 56. Sangkamu Aku ini penyamun. Adanya senjata memberikan kesan bahwa mereka menduga akan terjadi pembelaan bersenjata, seperti halnya seorang penyamun yang berani (bukan "pencuri" yang lari terbirit-birit). Tetapi segenap pengalaman dengan Yesus sebelumnya seharusnya sudah membuang kesan yang salah semacam itu. Mungkinkah (sebagaimana dipikirkan oleh Plummer dan beberapa penafsir lainnya) tanggapan menakjubkan oleh Yesus yang mengaitkan berbagai peristiwa ini dengan nubuat yang digenapi menandai titik balik Yudas dari menjadi anggota komplotan jahat ke tindakan bunuh diri penuh penyesalan?

Wycliffe: Mat 26:57--27:2 - -- E. Rangkaian Peristiwa di Pengadilan Yahudi (26:57-27:2). Pertama-tama Yesus dibawa kepada Hanas, mantan imam besar yang masih memiliki banyak pengar...

E. Rangkaian Peristiwa di Pengadilan Yahudi (26:57-27:2).

Pertama-tama Yesus dibawa kepada Hanas, mantan imam besar yang masih memiliki banyak pengaruh (Yoh. 18:12-23). Setelah pemeriksaan pembukaan, yang memungkinkan Sanhedrin berkumpul untuk persidangan malam yang sangat tidak biasa itu, Yesus dibawa ke hadapan Sanhedrin. Pada saat matahari terbit, persidangan kedua dari Sanhedrin secara resmi memutuskan bahwa Dia bersalah (Mat. 27:1).

Wycliffe: Mat 26:57-68 - -- 57-68. Persidangan Sanhedrin yang pertama.

57-68. Persidangan Sanhedrin yang pertama.

Wycliffe: Mat 26:57 - Kayafas, Imam Besar // ahli-ahli Taurat // tua-tua // Imam Besar 57. Kayafas, Imam Besar. Menantu Hanas yang telah diberhentikan. Kemungkinan Kayafas dan Hanas memiliki tempat tinggal di gedung yang sama, terpisah o...

57. Kayafas, Imam Besar. Menantu Hanas yang telah diberhentikan. Kemungkinan Kayafas dan Hanas memiliki tempat tinggal di gedung yang sama, terpisah oleh sebuah halaman. Pada saat ini ahli-ahli Taurat dan tua-tua serta Imam Besar sudah berkumpul untuk persidangan yang luar biasa ini.

Wycliffe: Mat 26:58 - halaman Imam Besar 58. Petrus mengikuti, sehingga dapat masuk ke halaman Imam Besar (bukan istana sebagaimana dalam versi terjemahan tertentu), dengan bantuan Yohanes (Y...

58. Petrus mengikuti, sehingga dapat masuk ke halaman Imam Besar (bukan istana sebagaimana dalam versi terjemahan tertentu), dengan bantuan Yohanes (Yoh. 18:15, 16).

Wycliffe: Mat 26:59 - Mencari kesaksian palsu 59. Mencari kesaksian palsu. Orang-orang Yahudi ini mengetahui bahwa mereka tidak memiliki pengaduan yang jelas terhadap Yesus: karena itu mereka haru...

59. Mencari kesaksian palsu. Orang-orang Yahudi ini mengetahui bahwa mereka tidak memiliki pengaduan yang jelas terhadap Yesus: karena itu mereka harus mempergunakan tuduhan yang dibuat-buat.

Wycliffe: Mat 26:60-61 - dua orang // Aku dapat merubuhkan Bait Allah 60, 61. Sekalipun demikian, tuduhan-tuduhan yang dilontarkan demikian kabur dan tidak konsisten sehingga mereka bahkan tidak dapat menemukan dua orang...

60, 61. Sekalipun demikian, tuduhan-tuduhan yang dilontarkan demikian kabur dan tidak konsisten sehingga mereka bahkan tidak dapat menemukan dua orang saksi - jumlah terkecil yang ditentukan hukum (Ul. 17:6) - yang dapat memberikan kesaksian selaras. Akhirnya dihadapkanlah dua orang yang salah mengutip dan salah menerapkan pernyataan yang diucapkan Yesus tiga tahun sebelumnya (Yoh. 2:21). Aku dapat merubuhkan Bait Allah. Dalam pernyataan yang sebenarnya, soal merubuhkan itu dikaitkan dengan orang-orang Yahudi dan Bait Allah menunjuk pada diri-Nya sendiri, bukan pada bangunan yang dibangun oleh Herodes itu (Yoh. 2:21). Mungkin beberapa pernyataan Yesus di Bukit Zaitun (24:2) secara mentah-mentah telah diputar-balikkan oleh Yudas dan dipadukan dengan pernyataan ini (Yoh. 2:19).

Wycliffe: Mat 26:62 - Tidakkah Engkau memberi jawab 62. Tidakkah Engkau memberi jawab. Kayafas berharap dapat memaksa Tahanan itu membuat suatu pernyataan dalam keadaan lengah. Tetapi tuduhan-tuduhan li...

62. Tidakkah Engkau memberi jawab. Kayafas berharap dapat memaksa Tahanan itu membuat suatu pernyataan dalam keadaan lengah. Tetapi tuduhan-tuduhan liar yang dilontarkan kepada Yesus dijawab secara paling tepat dengan cara diam penuh wibawa ini (bdg. Yes. 53:7).

Wycliffe: Mat 26:63 - Demi Allah yang hidup // Mesias, Anak Allah // Anak Allah, 63. Demi Allah yang hidup. Sebuah rumusan yang memberi tahu Yesus bahwa jawaban-Nya akan dianggap sebagai sebuah sumpah. Mesias, Anak Allah. Sekalipun...

63. Demi Allah yang hidup. Sebuah rumusan yang memberi tahu Yesus bahwa jawaban-Nya akan dianggap sebagai sebuah sumpah. Mesias, Anak Allah. Sekalipun beberapa penafsir mempersoalkan makna sepenuhnya dari Anak Allah, tampaknya jelas bahwa Kayafas mempergunakannya dengan pengertian keilahian yang khas. sebab pengakuan mendatangkan tuduhan menghujat. Inilah sebab sesungguhnya dari hukuman yang dijatuhkan kepada Kristus (Yoh. 19:7), dan sebelumnya telah merupakan dasar persekongkolan menentang Dia (Yoh. 5:18). Laporan mengenai peristiwa lainnya yang mendukung tuduhan ini pastilah sudah sampai ke telinga imam besar itu (Yoh. 1:34, 39; 9:35-37; 11:27; Mat. 14:33; 8:29, dan lain-lain).

Wycliffe: Mat 26:64 - Engkau telah mengatakannya // Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa dan datang di atas awan-awan di langit 64. Engkau telah mengatakannya. Suatu pengakuan yang tidak dapat disangkal lagi bahwa diri-Nya adalah Mesias yang ilahi. (Pernyataan Yesus dibawa sump...

64. Engkau telah mengatakannya. Suatu pengakuan yang tidak dapat disangkal lagi bahwa diri-Nya adalah Mesias yang ilahi. (Pernyataan Yesus dibawa sumpah tidak meniadakan ajaran dari 5:34 ketika Dia memberikan peraturan bagi para pengikut-Nya. Di dalam kedudukan-Nya yang unik selaku Anak Allah, berbagai faktor yang membuat sebuah sumpah dilarang bagi manusia tidak mengena pada diri-Nya.) Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa dan datang di atas awan-awan di langit (bdg. Dan. 7:13, 141; Mzm. 110:1). Suatu pernyataan bahwa kedudukan Yesus dan para hakim-Nya akhirnya akan terbalik.

Wycliffe: Mat 26:65-66 - Mengoyakkan pakaiannya // Menghujat Allah // harus dihukum mati, 65, 66. Mengoyakkan pakaiannya. Sebuah petunjuk tentang rasa takut yang benar, tidak perlu disangkal lagi dilaksanakan dengan sungguh-sungguh (walaupu...

65, 66. Mengoyakkan pakaiannya. Sebuah petunjuk tentang rasa takut yang benar, tidak perlu disangkal lagi dilaksanakan dengan sungguh-sungguh (walaupun secara salah). Tradisi Yahudi menguraikan secara cukup rinci bagaimana tindakan semacam itu harus dilakukan. Menghujat Allah. Tuduhan penghinaan religius yang terbesar. Karena Yesus secara terbuka mengakui apa yang sudah dituduhkan kepada-Nya selama ini (Yoh. 5:18). dan menafsirkan Daniel 7:13, 14 sebagai diri-Nya sendiri. Dia dinyatakan harus dihukum mati, mungkin melalui aklamasi pada persidangan pada malam Kari ini, dan bukan melalui pemilihan suara yang formal.

Wycliffe: Mat 26:67-68 - -- 67, 68. Kekerasan jasmaniah yang ditimpakan pada Yesus oleh penahan-Nya (mungkin perwira yang lebih rendah, Luk. 22:63) termasuk meludahi wajahNya, me...

67, 68. Kekerasan jasmaniah yang ditimpakan pada Yesus oleh penahan-Nya (mungkin perwira yang lebih rendah, Luk. 22:63) termasuk meludahi wajahNya, meninju-Nya, memukul-Nya dengan tongkat atau dengan tangan (maksudnya: menampar) dan menutup mata-Nya (Luk. 22:64) dalam rangka memperolok-olok jabatan-Nya yang sudah dinubuatkan.

Wycliffe: Mat 26:69-75 - -- 69-75. Penyangkalan Petrus. Ketiga penyangkalan terjadi di sepanjang tahapan pengadilan Yahudi dan dikelompokkan secara beragam oleh para penulis Inji...

69-75. Penyangkalan Petrus. Ketiga penyangkalan terjadi di sepanjang tahapan pengadilan Yahudi dan dikelompokkan secara beragam oleh para penulis Injil. Berbagai perbedaan di antara cerita-cerita itu secara kuat memperlihatkan bahwa penyusunannya dilakukan sendiri-sendiri. Sekalipun demikian, dapat dijumpai kesesuaian yang hakiki, dan rincian-rinciannya memberi peluang bagi berbagai cara penyelarasan. (Lihat tabel-tabel dalam Alford, NT for English Readers, hlm. 199; S. J. Andrews, Life of Our Lord, hlm. 518.)

Wycliffe: Mat 26:69 - Datanglah seorang hamba perempuan 69. Datanglah seorang hamba perempuan. Diidentifikasikan oleh Yohanes sebagai perempuan penjaga pintu yang memasukkan Petrus (Yoh. 18:16, 17).

69. Datanglah seorang hamba perempuan. Diidentifikasikan oleh Yohanes sebagai perempuan penjaga pintu yang memasukkan Petrus (Yoh. 18:16, 17).

Wycliffe: Mat 26:71-72 - Pintu gerbang // Hamba (perempuan) lain // dengan // Dengan bersumpah 71, 72. Pintu gerbang. (serambi) Mungkin ruang depan atau lorong yang menuju ke jalan. Hamba (perempuan) lain. Istilah Markus "hamba perempuan itu" me...

71, 72. Pintu gerbang. (serambi) Mungkin ruang depan atau lorong yang menuju ke jalan. Hamba (perempuan) lain. Istilah Markus "hamba perempuan itu" memberikan kesan orang yang sama dengan yang disebutkan sebelumnya (walaupun dia mungkin memaksudkan seseorang tertentu yang ada di pintu gerbang); Lukas mengatakan bahwa si penanya ini adalah seorang laki-laki. Jadi kelihatannya penyangkalan kedua disebabkan oleh desakan bertubi-tubi dari beberapa orang. Dengan bersumpah. Lupa akan peringatan Yesus tentang mempergunakan sumpah sebagai jaminan kebenaran omongan seseorang (5:34).

Wycliffe: Mat 26:73 - Tidak lama kemudian // Orang-orang yang ada di situ // Nyata dari bahasamu 73. Tidak lama kemudian. Sekitar satu jam (Luk. 22:59). Orang-orang yang ada di situ. Khususnya salah seorang anggota sanak keluarga Malkhus (Yoh. 18:...

73. Tidak lama kemudian. Sekitar satu jam (Luk. 22:59). Orang-orang yang ada di situ. Khususnya salah seorang anggota sanak keluarga Malkhus (Yoh. 18:26). Nyata dari bahasamu (ada versi bahasa Inggris menyebutkan menunjukkan asal usulmu). Aksen dan pengucapan khas Galilea.

Wycliffe: Mat 26:74 - Mulailah Petrus mengutuk // Dan bersumpah // Berkokoklah ayam 74. Mulailah Petrus mengutuk. Menimbulkan kutuk atas dirinya sendiri apabila bohong. Dan bersumpah. Memanggil langit sebagai saksi atas kata-katanya (...

74. Mulailah Petrus mengutuk. Menimbulkan kutuk atas dirinya sendiri apabila bohong. Dan bersumpah. Memanggil langit sebagai saksi atas kata-katanya (bdg. 5:34-37). Berkokoklah ayam. Kokok yang kedua malam itu (Mrk. 14:72).

Wycliffe: Mat 26:75 - Maka teringatlah Petrus // Menangis dengan sedihnya 75. Maka teringatlah Petrus (bdg. Mat. 26:34). Sekalipun ketergantungan kepada daging telah menyebabkan ia lupa akan peringatan Kristus, kokok ayam ya...

75. Maka teringatlah Petrus (bdg. Mat. 26:34). Sekalipun ketergantungan kepada daging telah menyebabkan ia lupa akan peringatan Kristus, kokok ayam yang sederhana itu telah menyadarkan Petrus tentang betapa besar dosanya karena mengabaikan usaha-usaha Yesus yang bermurah hati untuk mencegah hal itu. Menangis dengan sedihnya. Bandingkan dengan Yudas yang menyesal tetapi tidak bertobat (27:5).

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Mat 26:1-5 - Persekongkolan Imam-imam Kepala Kisah kematian dan penderitaan Kristus dicatat secara lebih khusus dan lengkap daripada hal-hal lain dalam sejarah hidup-Nya oleh keempat penulis ...

Matthew Henry: Mat 26:6-13 - Kristus Diurapi di Betania Kristus Diurapi di Betania (26:6-13) Dalam perikop ini diceritakan tentang: I. Kebaikan hati yang sangat besar dari seorang wanita terhadap Tuh...

Matthew Henry: Mat 26:14-16 - Yudas Mengkhianati Yesus Yudas Mengkhianati Yesus (26:14-16) Segera setelah sebuah kebaikan besar dilakukan bagi Kristus, menyusul pula sebuah kejahatan besar. Begitu berca...

Matthew Henry: Mat 26:17-25 - Pengkhianatan Yudas Diberitahukan Pengkhianatan Yudas Diberitahukan (26:17-25) Di sini diceritakan bagaimana Kristus merayakan Paskah. Dibuat takluk di bawah hukum Taurat, Ia tunduk...

Matthew Henry: Mat 26:26-30 - Penetapan Perjamuan Malam Penetapan Perjamuan Malam (26:26-30) Di sini diceritakan mengenai penetapan ibadah agung Injil, yaitu Perjamuan Malam Tuhan, yang diberikan oleh Tu...

Matthew Henry: Mat 26:31-35 - Pemberitahuan mengenai Iman Para Rasul yang Akan Tergoncang Pemberitahuan mengenai Iman Para Rasul yang Akan Tergoncang (26:31-35) Di sini diceritakan tentang percakapan Kristus dengan para murid-Nya saat me...

Matthew Henry: Mat 26:36-46 - Penderitaan di Taman Getsemani Penderitaan di Taman Getsemani (26:36-46) Sampai sekarang, kita telah melihat persiapan Kristus untuk menghadapi penderitaan. Kini, kita memasuki p...

Matthew Henry: Mat 26:47-56 - Kristus Diserahkan oleh Yudas; Petrus Menetakkan Telinga Hamba Imam Besar; Murid-murid Kristus Lari Kristus Diserahkan oleh Yudas; Petrus Menetakkan Telinga Hamba Imam Besar; Murid-murid Kristus Lari Meninggalkan Dia (26:47-56) Di sini diceritakan...

Matthew Henry: Mat 26:57-68 - Kristus di Istana Imam Besar Kristus di Istana Imam Besar (26:57-68) Di sini diceritakan tentang pendakwaan terhadap Tuhan kita Yesus di pengadilan agama, di hadapan Mahkamah A...

Matthew Henry: Mat 26:69-75 - Petrus Menyangkal Kristus Petrus Menyangkal Kristus (26:69-75) Di sini diceritakan tentang bagaimana Petrus menyangkal Gurunya, dan hal itu merupakan bagian dari penderitaan...

SH: Mat 26:1-13 - Kebencian vs kasih (Selasa, 15 Maret 2005) Kebencian vs kasih Paskah adalah perayaan Yahudi paling besar. Orang Yahudi melihat Paskah penting bagi jatidiri mereka sebagai umat sebab saat ...

SH: Mat 26:1-16 - Jalan derita mulai ditempuh oleh Yesus. (Kamis, 5 April 2001) Jalan derita mulai ditempuh oleh Yesus. Pada 2 pasal sebelumnya, Tuhan Yesus mengajarkan melalui perumpamaan dan penjelasan tentang apa yang terjadi ...

SH: Mat 26:1-16 - Dua tipe pikiran pemimpin. (Jumat, 3 April 1998) Dua tipe pikiran pemimpin. Alangkah tajam perbedaan pemikiran Tuhan Yesus dan imam-imam kepala serta para tua-tua bangsa Yahudi. Semakin dekat Yesus k...

SH: Mat 26:14-25 - Ruang Anda dipenuhi Yesuskah? (Rabu, 16 Maret 2005) Ruang Anda dipenuhi Yesuskah? Perjamuan Paskah yang sedang Yesus rayakan sarat makna dan sarat suasana. Makna perjamuan itu bukan saja merayakan ...

SH: Mat 26:17-29 - Tubuh-Nya dipecahkan dan darah-Nya dicurahkan. (Jumat, 6 April 2001) Tubuh-Nya dipecahkan dan darah-Nya dicurahkan. Saat-saat terakhir Yesus sudah hampir tiba. Ia ingin mengadakan perjamuan Paskah bersama murid-murid-N...

SH: Mat 26:17-35 - Sahabat Yesus yang tidak terkenal (ayat 18). (Sabtu, 4 April 1998) Sahabat Yesus yang tidak terkenal (ayat 18). Namanya hanya disebut si Anu, tetapi peranannya sangat menentukan. Tanpa dia perjamuan malam yang sangat ...

SH: Mat 26:26-29 - Yesus memaknai Paskah secara baru (Kamis, 17 Maret 2005) Yesus memaknai Paskah secara baru Untuk orang Yahudi merayakan Paskah berarti merayakan kemerdekaan mereka dari perbudakan Mesir. Keluarga berkum...

SH: Mat 26:30-35 - Seharusnya keberanian hati (Jumat, 18 Maret 2005) Seharusnya keberanian hati Masa-masa penderitaan Yesus sudah mendekati detik-detik penggenapan. Namun, ketika Yesus menginformasikan kepada para ...

SH: Mat 26:30-35 - Dibunuh untuk bangkit, dikalahkan untuk menang. (Sabtu, 7 April 2001) Dibunuh untuk bangkit, dikalahkan untuk menang. Perjamuan malam diakhiri dengan pujian, Yesus segera menuju ke bukit Zaitun. Perbincangan Yesus denga...

SH: Mat 26:36-46 - Ketaatan Yesus (Sabtu, 19 Maret 2005) Ketaatan Yesus Getsemani adalah kebun zaitun yang terletak di sebelah Timur Kidron. Di Taman Getsemani inilah Yesus mengungkapkan segala ben...

SH: Mat 26:36-46 - Kehendak Bapa, Yesus harus minum cawan itu sampai habis. (Minggu, 8 April 2001) Kehendak Bapa, Yesus harus minum cawan itu sampai habis. Di saat-saat terakhir menjelang kematian-Nya, Yesus begitu sedih, gentar, dan takut menghada...

SH: Mat 26:36-46 - Berjaga-jagalah dengan Aku (Minggu, 5 April 1998) Berjaga-jagalah dengan Aku Tidak jauh dari tempat itu, Yesus sedang bergumul. Dunia dengan segala isinya sedang dipertaruhkan. Ia berjuang sekuat tena...

SH: Mat 26:47-56 - Yesus bukan korban, tetapi pemenang (Minggu, 20 Maret 2005) Yesus bukan korban, tetapi pemenang Kemenangan Yesus di Getsemani kini terungkap penuh dalam adegan penangkapan-Nya. Sikap, tindakan, dan ucapan ...

SH: Mat 26:47-68 - Ganjaran yang mendatangkan selamat ditimpakan kepada Dia. (Senin, 9 April 2001) Ganjaran yang mendatangkan selamat ditimpakan kepada Dia. Imam-imam kepala dan tua-tua bangsa Yahudi dan Imam Besar menganggap Yesus musuh besar dan ...

SH: Mat 26:47-68 - Pedang dan pentung melawan Yesus. (Senin, 6 April 1998) Pedang dan pentung melawan Yesus. Kekuatan Yesus adalah kekuatan ketaatan bulat kepada kehendak Allah. Kekuatan-Nya adalah kekuatan moral spiritual. P...

SH: Mat 26:57-68 - Ketika kebenaran diadili (Senin, 21 Maret 2005) Ketika kebenaran diadili Siapa pun yang mengikuti kisah hidup dan pelayanan Yesus akan terusik dan bertanya mengapa sampai Ia sedemikian dibenci ...

SH: Mat 26:69-75 - Semangat saja tak dapat diandalkan (Selasa, 22 Maret 2005) Semangat saja tak dapat diandalkan Kadang kita takut menunjukkan identitas kita sebagai orang Kristen kepada kalangan tertentu karena kemungkinan...

SH: Mat 26:69-75 - Dusta pertama memimpin dusta-dusta lainnya. (Selasa, 10 April 2001) Dusta pertama memimpin dusta-dusta lainnya. Aristoteles, seorang filsuf Yunani terkenal pernah mengatakan bahwa dusta pertama adalah pembuka jalan ba...

SH: Mat 26:69-75 - Penyangkalan Petrus. (Selasa, 7 April 1998) Penyangkalan Petrus. Petrus yang tegar di gelar batu karang, ternyata takluk di tangan seorang wanita (ayat 69, 70). "Aku tidak tahu apa yang engkau m...

Topik Teologia: Mat 26:14 - -- Yesus Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus dan Penggenapannya Keadaan dan Peristiwa yang Berkenaan ...

Topik Teologia: Mat 26:17 - -- Gereja Sakramen / Ketetapan Gereja Ketetapan Perjamuan Kudus Penetapan Cara dan Makna Perjamuan Kudus Mat 26:17-30 Mar 14:17-26 Lu...

Topik Teologia: Mat 26:23 - -- Yesus Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus Pengutipan Nubuat-nubuat Perjanjian Lama dalam Perjanjian Baru Pengutipan Yesus dari N...

Topik Teologia: Mat 26:24 - -- Yesus Kristus Pengutipan Yesus dari Nubuat-nubuat Perjanjian Lama Mat 26:23-24 Mar 9:12-13 Luk 18:31-33 Luk 22:37 Luk 24:44-47 ...

Topik Teologia: Mat 26:28 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Allah Yesus Mengklaim Hak-hak Alla...

Topik Teologia: Mat 26:29 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Kedaulatan Pemerintahan Allah Pemerintahan Allah (Kerajaan) di Dalam Perjanjia...

Topik Teologia: Mat 26:31 - -- Yesus Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus dan Penggenapannya Keadaan dan Peristiwa yang Berkenaan ...

Topik Teologia: Mat 26:36 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Memiliki Natur Emosi Manusia Yesus Merasakan Hal-hal yang Tidak Menyenangkan D...

Topik Teologia: Mat 26:38 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Berkomunikasi dengan Allah Berdoa kepada Allah ...

Topik Teologia: Mat 26:39 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Berkomunikasi dengan Allah

Topik Teologia: Mat 26:40 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Memiliki Natur Emosi Manusia Yesus Merasakan Hal-hal yang Tidak Menyenangkan D...

Topik Teologia: Mat 26:41 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Memiliki Natur Emosi Manusia Yesus Merasakan Hal-hal yang Tidak Menyenangkan D...

Topik Teologia: Mat 26:42 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Berkomunikasi dengan Allah

Topik Teologia: Mat 26:45 - -- Yesus Kristus Dia Merasakan Kesedihan Mat 23:37 Mat 26:36-46 Luk 19:41-42 Yoh 11:33-35 Anak Manusia Da...

Topik Teologia: Mat 26:46 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Memiliki Natur Emosi Manusia Yesus Merasakan Hal-hal yang Tidak Menyenangkan D...

Topik Teologia: Mat 26:50 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Pandangan Yesus Atas Perjanjian Lama Kristus Menyatakan Inspirasi Perjanjian Lama Perjanjian La...

Topik Teologia: Mat 26:53 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik

Topik Teologia: Mat 26:54 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus

Topik Teologia: Mat 26:55 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus

Topik Teologia: Mat 26:56 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus

Topik Teologia: Mat 26:62 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Memiliki Natur Moral Manusia Yesus Sadar Akan Allah Dia Memiliki Kekuatan Mora...

Topik Teologia: Mat 26:64 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Dipanggil sebagai Manusia oleh Banyak Orang Yesus Menyebut Diri-Nya Seorang Manusia ...

Topik Teologia: Mat 26:67 - -- Yesus Kristus Penggenapan Mat 26:67 Mat 27:30 Kemanusiaan Kristus

Topik Teologia: Mat 26:71 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Yesus Mat 1:16 Mat 1:21 Mat 26:71 Mat 27:37 Luk 2:21 Luk 23:42 Yoh 1:45 Yoh 9:22 Yoh ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Matius (Pendahuluan Kitab) Penulis : Matius Tema : Yesus, Raja Mesianis Tanggal Penulisan: Tahun 60-an TM Latar Belakang Injil ini dengan tepat sekali di...

Full Life: Matius (Garis Besar) Garis Besar I. Memperkenalkan Mesias (Mat 1:1-4:11) A. Silsilah Yahudi Yesus (Mat 1:1-17) B....

Matthew Henry: Matius (Pendahuluan Kitab) Di hadapan kita terdapat, I. Perjanjian (wasiat) Baru Yesus Kristus, Tuhan dan Juruselamat kita; demikian yang diberikan pada bagian kedua dari...

Jerusalem: Matius (Pendahuluan Kitab) INJIL-INJIL SINOPTIK PENGANTAR Ada empat kitab dalam Perjanjian Baru yang berisikan "Kabar Yang Baik" (demikianlah arti kata "Euaggelio...

Ende: Matius (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN MATEUS KATA PENGANTAR Tentang pengarang Indjil ini Karangan Indjil ini sedjak semula terkenal sebagai jang pertama, dan ...