Teks -- Matius 26:1-66 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Mat 24:3--26:45 - PERCAKAPAN DI BUKIT ZAITUN.
Nas : Mat 24:3-25:46
Nubuat Yesus ini terutama merupakan jawaban atas pertanyaan para
murid-Nya, "Apakah tanda kedatangan-Mu dan tanda kesudahan du...
Nas : Mat 24:3-25:46
Nubuat Yesus ini terutama merupakan jawaban atas pertanyaan para murid-Nya, "Apakah tanda kedatangan-Mu dan tanda kesudahan dunia?" Yesus memberikan kepada mereka:
- (1) tanda-tanda umum yang akan terjadi selama zaman ini sampai pada akhir zaman (Mat 24:4-14);
- (2) tanda-tanda khusus yang menunjukkan bahwa akhir zaman telah tiba, yaitu masa kesengsaraan besar (Mat 24:15-28);
- (3) tanda-tanda yang menakjubkan yang terjadi pada saat Ia datang dengan kemuliaan dan kuasa (Mat 24:29-31);
- (4) peringatan kepada orang kudus dalam masa kesengsaraan besar agar berjaga-jaga terhadap tanda-tanda yang menuju kepada kedatangan Kristus yang dinanti-nantikan segera setelah masa kesengsaraan besar berakhir (Mat 24:32-35);
- (5) peringatan kepada orang percaya yang hidup sebelum masa
kesengsaraan untuk siap sedia secara rohani karena kedatangan
Kristus untuk jemaat-Nya akan terjadi pada saat yang tak diduga-duga
(Mat 24:36-51; 25:1-30;
lihat cat. --> Yoh 14:3, dan
[atau ref. Yoh 14:3]
lihat art. KEANGKATAN GEREJA);
- (6) suatu gambaran mengenai penghakiman bangsa-bangsa setelah Ia datang kembali ke bumi (Mat 25:31-46). Perlu diperhatikan bahwa banyak rincian mengenai kedatangan kembali Kristus tidak dijelaskan dalam pasal Mat 24:1-51. Selanjutnya, sampai saat ini belum ada seorang pun yang mengartikan semua nubuat mengenai akhir zaman dengan kepastian penuh. Dalam percakapan Yesus terdapat unsur rahasia yang perlu kerendahan hati dan hati yang tertuju kepada Tuhan Yesus sendiri. Kita dapat menantikan tambahan pengertian tentang penyataan ini pada akhir zaman (bd. Dan 12:9).
Full Life: Mat 26:2 - PASKAH.
Nas : Mat 26:2
Paskah (Yun. _pascha_) merupakan suatu hari raya musim semi yang
dikaitkan dengan peristiwa Israel meninggalkan Mesir. Paskah meraya...
Nas : Mat 26:2
Paskah (Yun. _pascha_) merupakan suatu hari raya musim semi yang dikaitkan dengan peristiwa Israel meninggalkan Mesir. Paskah merayakan perihal malaikat maut "melewati" rumah-rumah orang Ibrani karena darah anak domba telah dibubuhkan pada kedua tiang pintu dan ambang atas pintu rumah mereka (lih. Kel 12:7,11;
lihat art. PASKAH).
Penyaliban Kristus terjadi pada saat "hari persiapan Paskah" (Yoh 19:14). Kristus adalah "anak domba Paskah kita ... juga telah disembelih" (1Kor 5:7).
Full Life: Mat 26:13 - UNTUK MENGINGAT DIA.
Nas : Mat 26:13
Tuhan telah menetapkan bahwa kisah Maria ini (ayat Mat 26:6-13)
harus selalu disebut ketika Injil diberitahukan. Hal ini dilakukan ...
Nas : Mat 26:13
Tuhan telah menetapkan bahwa kisah Maria ini (ayat Mat 26:6-13) harus selalu disebut ketika Injil diberitahukan. Hal ini dilakukan karena Maria sudah memberikan teladan yang lebih baik tentang bagaimana orang percaya harus mengabdi kepada Kristus. Tindakannya itu mengungkapkan pengabdian yang mendalam dan kasih yang sungguh-sungguh kepada Tuhannya. Kepercayaan Kristen terutama merupakan pelayanan pribadi kita kepada-Nya. Melalui peristiwa ini kita belajar bahwa kesetiaan yang sepenuh hati dan kasih yang sungguh-sungguh kepada Yesus merupakan aspek yang paling berharga dalam hubungan kita dengan-Nya
(lihat cat. --> Yoh 21:15).
[atau ref. Yoh 21:15]
Full Life: Mat 26:26 - AMBILLAH, MAKANLAH, INILAH TUBUHKU.
Nas : Mat 26:26
Lihat cat. --> 1Kor 11:24-25,
[atau ref. 1Kor 11:24-25]
mengenai Perjamuan Tuhan.
Nas : Mat 26:28
Lihat art. PERJANJIAN LAMA DAN PERJANJIAN BARU.
Full Life: Mat 26:28 - PENGAMPUNAN DOSA.
Nas : Mat 26:28
Pengampunan itu perlu karena kita sudah berbuat dosa, merusak
hubungan kita dengan Allah sehingga dengan demikian harus dihukum
(Ro...
Nas : Mat 26:28
Pengampunan itu perlu karena kita sudah berbuat dosa, merusak hubungan kita dengan Allah sehingga dengan demikian harus dihukum (Rom 1:18-32). Pengampunan merupakan cara untuk memulihkan hubungan yang rusak itu (Ef 1:7; Kol 2:13).
- 1) Kata Ibrani dan Yunani untuk pengampunan mengandung arti "menutupi", "mengampuni", "membatalkan", "mengusir". Pengampunan Allah meliputi hal tidak memperhitungkan lagi dosa yang telah diperbuat (Mr 2:5; Yoh 8:11), menyelamatkan orang berdosa dari hukuman kekal (Rom 5:9; 1Tes 1:10), menerima mereka kembali (Luk 15:20-24), membebaskan mereka dari kuasa dosa dan memindahkan mereka dalam Kerajaan Kristus (Kol 1:13), serta memperbaharui seluruh kepribadian orang tersebut dan memberinya hidup kekal (Luk 23:43; Yoh 14:19).
- 2) Agar dapat menerima pengampunan, seseorang harus bertobat, beriman serta mengakui dosanya (Luk 17:3-4; Kis 2:38; 5:31; 20:21; 1Yoh 1:9). Diperlukan penumpahan darah supaya Allah dapat mengampuni dosa (Ibr 9:22). Oleh karena itu, pengampunan dosa didasarkan pada kematian Kristus di salib (ayat Mat 26:28; Yoh 1:29; 3:16; Rom 8:32). Pengampunan dari Allah merupakan sesuatu yang senantiasa dibutuhkan oleh orang percaya supaya dapat memelihara hubungan keselamatan kita dengan Allah (Mat 6:12,14-15; 1Yoh 1:9).
Full Life: Mat 26:37 - MULAILAH IA MERASA SEDIH.
Nas : Mat 26:37
Inilah tahap pertama dari penderitaan Kristus. Semua penderitaan
rohani dan jasmaniah yang dialami oleh Kristus bermula di taman Ge...
Nas : Mat 26:37
Inilah tahap pertama dari penderitaan Kristus. Semua penderitaan rohani dan jasmaniah yang dialami oleh Kristus bermula di taman Getsemani. "Peluh-Nya menjadi seperti titik-titik darah yang bertetesan ke tanah" (Luk 22:44). Di bawah tekanan yang hebat, pembuluh darah halus dalam kelenjar-kelenjar keringat dapat pecah sehingga keringat bercampur dengan darah
(lihat cat. --> Mat 26:39 berikut
[atau ref. Mat 26:39]
untuk memperoleh pengertian lebih lanjut mengenai tahapan ini dalam penderitaan Kristus; untuk tahap kedua dari penderitaan Kristus
lihat cat. --> Mat 26:67).
[atau ref. Mat 26:67]
Full Life: Mat 26:39 - BIARLAH CAWAN INI LALU.
Nas : Mat 26:39
Yang dimaksudkan oleh Yesus dengan "cawan ini" telah menjadi pokok
pembahasan yang panjang lebar.
1) Belum tentu Kristus sedan...
Nas : Mat 26:39
Yang dimaksudkan oleh Yesus dengan "cawan ini" telah menjadi pokok pembahasan yang panjang lebar.
- 1) Belum tentu Kristus sedang berdoa agar dibebaskan dari kematian jasmaniah, karena Ia sudah membulatkan tekad untuk mati karena dosa manusia (bd. Mr 10:33-34; Luk 9:51; Yoh 12:24,27; Ibr 10:5-9).
- 2) Lebih besar kemungkinannya Ia sedang berdoa agar dibebaskan dari hukuman perpisahan dari Allah, hukuman yang tertinggi atas dosa. Kristus berdoa agar kematian jasmani-Nya dapat diterima sebagai harga tebusan yang penuh bagi dosa-dosa umat manusia. Akan tetapi, Ia tetap memohon, "tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki". Lalu Yesus menyerahkan diri-Nya untuk mengalami kematian jasmani dan pemisahan rohani dari Bapa-Nya di sorga agar dapat menyediakan keselamatan kita (bd. Mat 27:46). Doa-Nya itu "didengarkan" karena Bapa-Nya menguatkan Dia untuk meminum cawan yang sudah ditetapkan (lih. Ibr 5:7).
Full Life: Mat 26:57 - MENANGKAP YESUS.
Nas : Mat 26:57
Suatu penyelidikan terhadap peristiwa-peristiwa dari penangkapan
Yesus sampai pada penyaliban-Nya dapat sangat bermanfaat. Urutanny...
Nas : Mat 26:57
Suatu penyelidikan terhadap peristiwa-peristiwa dari penangkapan Yesus sampai pada penyaliban-Nya dapat sangat bermanfaat. Urutannya adalah sebagai berikut:
- (1) Yesus ditangkap (Mat 26:47-56; Mr 14:43-52; Luk 22:47-53; Yoh 18:2-12);
- (2) pengadilan agama di hadapan Hanas (Yoh 18:12-14,19-24) dan di hadapan Kayafas (Mat 26:57,59-68; Mr 14:53,55-65; Luk 22:54,63-65; Yoh 18:24);
- (3) penyangkalan oleh Petrus (Mat 26:58,69-75; Mr 14:54,66-72; Luk 22:54-62; Yoh 18:15-18,25-27);
- (4) hukuman dijatuhkan oleh Sanhedrin (Mat 27:1; Mr 15:1; Luk 22:66-71);
- (5) kematian Yudas (Mat 27:3-10);
- (6) pengadilan di hadapan Pilatus (Mat 27:2,11-14; Mr 15:2-5; Luk 23:1-5; Yoh 18:28-38);
- (7) pengadilan di hadapan Herodes (Luk 23:6-12) yang mengirim Dia kembali kepada Pilatus (Mat 27:11-26; Mr 15:6-15; Luk 23:11-25; Yoh 18:28-19:1,4-16);
- (8) Yesus dicemoohkan (Mat 27:27-30; Mr 15:16-19; Yoh 19:2-3), setelah itu Ia dipukul dan dibawa ke luar untuk disalibkan (Mat 27:31);
- (9) menuju ke Golgota (Mat 27:32-34; Mr 15:20-23; Luk 23:26-33);
- (10) penyaliban
(lihat cat. --> Mat 27:35).
[atau ref. Mat 27:35]
BIS: Mat 26:50 - Saudara, untuk apa saudara datang kemari? Saudara, untuk apa saudara datang kemari?: atau Lakukanlah cepat apa yang hendak kaulakukan, saudara.
Saudara, untuk apa saudara datang kemari?: atau Lakukanlah cepat apa yang hendak kaulakukan, saudara.
duduk di sebelah kanan: Lihat Mat 22:44.
menyobek-nyobek pakaiannya: cara orang Yahudi marah.
Jerusalem: Mat 26:6 - seorang perempuan Perempuan ini bernama Maria, seperti ditegaskan Yohanes. Cerita ini berbeda dengan cerita yang disajikan Luk 7:36-50.
Perempuan ini bernama Maria, seperti ditegaskan Yohanes. Cerita ini berbeda dengan cerita yang disajikan Luk 7:36-50.
Jerusalem: Mat 26:10 - perbuatan yang baik Orang Yahudi membedakan dua macam "perbuatan yang baik", ialah; "sedekah" dan "jasa amal". Jasa amal ini dianggap lebih bernilai sedekah; termasuk ke ...
Orang Yahudi membedakan dua macam "perbuatan yang baik", ialah; "sedekah" dan "jasa amal". Jasa amal ini dianggap lebih bernilai sedekah; termasuk ke dalam jasa amal antara lain penguburan orang mati. Jadi perempuan ini melakukan "jasa amal" yang lebih berharga dari sedekah (Mat 26:11), sebab menyiapkan penguburan Yesus. Rupanya Yesus berpendapat bahwa perempuan itu dalam lubuk hatinya menyadari makna perbuatannya, Mat 26:12.
Jerusalem: Mat 26:15 - tiga puluh uang perak Ialah 30 syikal. Inilah jumlah uang yang oleh hukum Taurat ditentukan Sebagai ganti rugi seorang budak yang dibunuh, Kel 21:32.
Ialah 30 syikal. Inilah jumlah uang yang oleh hukum Taurat ditentukan Sebagai ganti rugi seorang budak yang dibunuh, Kel 21:32.
Jerusalem: Mat 26:17 - Pada hari pertama ialah hari pertama dalam pekan orang Yahudi makan roti tak beragi, bdk Kel 12:1; Mat 23:14; biasanya hari ini hari yang menyusul perjamuan Paskah. tet...
ialah hari pertama dalam pekan orang Yahudi makan roti tak beragi, bdk Kel 12:1; Mat 23:14; biasanya hari ini hari yang menyusul perjamuan Paskah. tetapi injil-injil sinoptik menyebut demikian justru hari menjelang malam perjamuan Paskah. jadi mereka menggunakan istilah itu dengan arti yang lebih luas. Rupanya menurut Yoh 18:28 dan petunjuk-petunjuk lain dalam Kisah Sengsara, tahun itu perjamuan Paskah dirayakan pada hari Jumat petang. (Jumat adalah hari persiapan, Mat 27:62; bdk Yoh 19:14,31,42). Perjamuan yang dirayakan oleh Yesus, oleh injil-injil sinoptik ditempatkan pada petang hari sebelumnya, pada hari Kamis petang. Ini dapat diterangkan dengan berkata bahwa sementara orang Yahudi mendahulukan upacara perjamuan Paskah itu, atau bahwa hanya Yesus dengan sengaja mendahulukannya: sebab hari berikutnya Yesus tidak dapat lagi merayakan Paskah, kecuali dalam diriNya sendiri di salib, Yoh 19:36; 1Ko 5:7. Dengan demikian Yesus mengadakan upacara baru dalam sebuah perjamuan, yang sebagai imbangan mendapat ciri-ciri Paskah yang lama. Hari 14 Nisan (hari perjamuan Paskah) dalam th.30 atau th.33 sebagai tahun kematian Yesus; bergantung bagaimana mereka memberi tanggal baptisan Yesus dalam th. 28 atau 29 dan berapa lamanya menurut pendapat mereka karya Yesus berlangsung.
Jerusalem: Mat 26:21 - sedang makan Ini mengenai hidangan pertama yang mendahului perjamuan Paskah yang sesungguhnya.
Ini mengenai hidangan pertama yang mendahului perjamuan Paskah yang sesungguhnya.
Jerusalem: Mat 26:26 - mereka sedang makan Ini mengenai upacara utama dari perjamuan Paskah. Yesus menyatukan Sakramen berupa upacara ibadat yang baru pada upacara meriah dari perjamuan Paskah ...
Ini mengenai upacara utama dari perjamuan Paskah. Yesus menyatukan Sakramen berupa upacara ibadat yang baru pada upacara meriah dari perjamuan Paskah Yahudi (ialah berkat-berkat/pujian kepada Allah yang diucap atas roti dan air anggur).
Jerusalem: Mat 26:27 - mengucap syukur Kata Yunaninya berbunyi: eukharisto. Dari kata kerja itu berasallah kata benda "Ekaristi", pengucapan syukur. Dalam tradisi Kristen kata itu menjadi i...
Kata Yunaninya berbunyi: eukharisto. Dari kata kerja itu berasallah kata benda "Ekaristi", pengucapan syukur. Dalam tradisi Kristen kata itu menjadi istilah yang menunjuk Perjamuan Tuhan.
Jerusalem: Mat 26:28 - darah perjanjian Sejumlah naskah dan terjemahan kuno menambah: baru. Tetapi ini kiranya diambil dari Luk 22:20; 1Ko 11:25.
Gagasan "perjanjian baru" juga terdapat dala...
Sejumlah naskah dan terjemahan kuno menambah: baru. Tetapi ini kiranya diambil dari Luk 22:20; 1Ko 11:25. Gagasan "perjanjian baru" juga terdapat dalam karangan-karangan Paulus, tidak hanya dalam 1Ko 11:25, tetapi juga dalam konteks yang berbeda-beda, 2Ko 3:4-6; Gal 3:15-20; Gal 4:24. Ini menyatakan betapa penting gagasan itu
Jerusalem: Mat 26:28 - untuk pengampunan dosa Seperti dahulu di gunung Sinai darah korban-korban meneguhkan perjanjian yang diikat Yahwe dengan umatNya. Kel 24:4-8; bdk Kej 15:1, demikianpun darah...
Seperti dahulu di gunung Sinai darah korban-korban meneguhkan perjanjian yang diikat Yahwe dengan umatNya. Kel 24:4-8; bdk Kej 15:1, demikianpun darah korban sempurna, ialah Yesus yang tertumpah di kayu salib akan meneguhkan "perjanjian baru", bdk Luk 22:20, antara Allah dan manusia sebagaimana dinubuatkan nabi, Yer 31:31; Yeh 36:25-28; Yes 55:3; Yes 59:21; Yes 61:8. Yesus (berpendapat bahwa) menerima tugas menebus semua manusia, sebagaimana dikatakan oleh Yes 42:6; Yes 49:6; Yes 53:12; bdk Yes 42:1, sebagai tugas "Hamba Tuhan", bdk Ibr 8:8; Ibr 9:15; Ibr 12:24.
Jerusalem: Mat 26:29 - dalam Kerajaan Bapaku Ini menyindir perjamuan pada akhir zaman, bdk Mat 8:11; Mat 22:1 dst. Sudah berakhirlah perjamuan-perjamuan Yesus bersama murid-muridNya di dunia ini.
Jerusalem: Mat 26:30 - nyanyian pujian Ialah kelompok mazmur (Maz 113:1-118:29) yang disebut "Hallel". Dengan menyanyikan mazmur-mazmur itu orang Yahudi menghakimi perjamuan Paskah.
Ialah kelompok mazmur (Maz 113:1-118:29) yang disebut "Hallel". Dengan menyanyikan mazmur-mazmur itu orang Yahudi menghakimi perjamuan Paskah.
Jerusalem: Mat 26:31 - tergoncang imanmu Harafiah: Tersandung (dan jatuh). Melihat bagaimana Dia yang mereka anggap sebagai Mesias, Mat 16:16, kalah tanpa perlawanan, sedangkan kemenanganNya ...
Harafiah: Tersandung (dan jatuh). Melihat bagaimana Dia yang mereka anggap sebagai Mesias, Mat 16:16, kalah tanpa perlawanan, sedangkan kemenanganNya tidak lama lagi mereka harapkan, Mat 20:21 dst maka para murid tersandung pada batu sandungan itu sehingga keberanian dan bahkan iman mereka untuk sementara waktu hilang, bdk Luk 22:31-32; Yoh 16:1.
Jerusalem: Mat 26:36 - Getsemani Nama itu berarti: tempat memeras (dengan menginjak-injak) (buah) minyak zaitun. Tempat itu terletak dalam lembah Kidron, pada kaki bukit Zaitun.
Nama itu berarti: tempat memeras (dengan menginjak-injak) (buah) minyak zaitun. Tempat itu terletak dalam lembah Kidron, pada kaki bukit Zaitun.
Jerusalem: Mat 26:39 - -- Yesus merasakan segenap ketakutan yang meresap ke dalam hati manusia dalam menghadapi kematian. Yesus merasakan dan mengungkapkan keinginan yang wajar...
Yesus merasakan segenap ketakutan yang meresap ke dalam hati manusia dalam menghadapi kematian. Yesus merasakan dan mengungkapkan keinginan yang wajar untuk meluputkan diri dari kematian: namun Ia juga mengungkapkan kesediaannya menerima kehendak Bapa. Bdk Mat 4:1+
Jerusalem: Mat 26:45 - Tidurlah sekarang Teguran yang bernada ironi: waktu kamu seharusnya berjaga-jaga dengan Aku lewat sudah. Saat percobaan sudah dekat dan seorang diri Yesus menghadapinya...
Teguran yang bernada ironi: waktu kamu seharusnya berjaga-jaga dengan Aku lewat sudah. Saat percobaan sudah dekat dan seorang diri Yesus menghadapinya: biar murid tidur saja, kalau mereka mau.
Jerusalem: Mat 26:50 - Hai teman Harafiah: Hai taman/sahabat, untuk apa engkau di sini? Maksudnya kurang jelas. Kiranya bukan sebuah pertanyaan (untuk apa engkau di sini?) atau sebuah...
Harafiah: Hai taman/sahabat, untuk apa engkau di sini? Maksudnya kurang jelas. Kiranya bukan sebuah pertanyaan (untuk apa engkau di sini?) atau sebuah teguran (buat apa engkau di sini!) melainkan hanya sebuah ungkapan lazim dengan arti: Buat sajalah untuk apa engkau di sini, atau: laksanakanlah maksudmu. Yesus mencegah segala kata muluk-muluk yang tidak jujur: saatNya sudah tiba untuk berbuat. Bdk Yoh 13:27.
Jerusalem: Mat 26:55 - Aku duduk mengajar Var: aku duduk di tengah-tengah kamu mengajar, bdk Mar 14:49.
Var: aku duduk di tengah-tengah kamu mengajar, bdk Mar 14:49.
Jerusalem: Mat 26:57-68 - -- Berdasarkan keterangan Lukas dan Yohanes orang dapat membedakan: di malam hari Yesus dibawa lebih dahulu kepada Anas; pagi-pagi pada sebuah sidang len...
Berdasarkan keterangan Lukas dan Yohanes orang dapat membedakan: di malam hari Yesus dibawa lebih dahulu kepada Anas; pagi-pagi pada sebuah sidang lengkap Mahkamah Agama, Mat 27:1. Matius dan Markus menceritakan sidang di malam hari itu dengan mencampurkan unsur-unsur dari sidang di pagi hari, satu-satunya sidang yang resmi dan memutuskan.
Jerusalem: Mat 26:61 - -- Memang Yesus menubuatkan kemusnahan Bait Allah dan hilangnya ibadat yang dilambangkan oleh Bait Allah, Mat 26:24; Bait Allah yang lama akan diganti de...
Memang Yesus menubuatkan kemusnahan Bait Allah dan hilangnya ibadat yang dilambangkan oleh Bait Allah, Mat 26:24; Bait Allah yang lama akan diganti dengan yang baru: dahulu tubuhNya sendiri yang dibangkitkan sesudah tiga hari, Mat 16:21; Mat 17:23; Mat 20:19; Yoh 2:19-22, dan kemudian Gereja, Mat 16:18.
Jerusalem: Mat 26:62 - Tidaklah Engkau Terjemahan lain: Engkau tidak menjawab? Apa tuduhan-tuduhan saksi-saksi ini terhadap Engkau?
Terjemahan lain: Engkau tidak menjawab? Apa tuduhan-tuduhan saksi-saksi ini terhadap Engkau?
Jerusalem: Mat 26:64 - Yang Mahakuasa Harafiah: Kekuasaan. Ini sesungguhnya searti dengan Allah/Yahwe. Pada saat yang memutuskan ini Yesus tidak lagi menyembunyikan rahasiaNya bahwa benar-...
Harafiah: Kekuasaan. Ini sesungguhnya searti dengan Allah/Yahwe. Pada saat yang memutuskan ini Yesus tidak lagi menyembunyikan rahasiaNya bahwa benar-benar Mesias, bdk Mar 1:34+. Sebaliknya dengan tegas Ia menyatakan diriNya Mesias, seperti dahulu diakui oleh murid-murid, Mat 16:16. Tetapi sekaligus ia masih lebih menyatakan diriNya dengan tidak mengatakan diri Mesias, sesuai dengan pandangan tradisionil, tetapi "Tuhan", yang disebutkan dalam Maz 110 bdk Mat 22:41 dst, dan tokoh rahasia sorgawi, ialah Anak Manusia yang sudah dilihat oleh Daniel, bdk Mat 8:20+. Orang Yahudi tidak lagi akan melihat Dia, kecuali dalam kemuliaanNya, berkat kemenangan yang dahulu nampak dalam kebangkitan Yesus dan kemudian dalam GerejaNya, bdk Mat 23:39 dan Mat 24:30.
Jerusalem: Mat 26:65 - Ia menghujat Allah Hujatan Yesus tidak terletak dalam keteranganNya bahwa Ia Mesias, melainkan dalam kenyataan bahwa Ia mempunyai harkat ilahi.
Hujatan Yesus tidak terletak dalam keteranganNya bahwa Ia Mesias, melainkan dalam kenyataan bahwa Ia mempunyai harkat ilahi.
Ende: Mat 26:2 - Paska Inilah hari raja tertinggi orang Jahudi sebagai peringatan akan
pembebasan mereka dari perhambaan di Mesir. Bagi kita ia adalah peringatan akan
kebang...
Inilah hari raja tertinggi orang Jahudi sebagai peringatan akan pembebasan mereka dari perhambaan di Mesir. Bagi kita ia adalah peringatan akan kebangkitan Jesus jang mendjadi pokok pembebasan kita dari kuasa maut dan dosa.
Ende: Mat 26:7 - Seorang wanita Wanita ini menurut Yoh 12:1-7 Maria, saudari Marta
dan Lazarus di Betania. Peristiwa ini bukan sama dengan jang ditjeritakan dalam
Luk 7:36-50.
Wanita ini menurut Yoh 12:1-7 Maria, saudari Marta dan Lazarus di Betania. Peristiwa ini bukan sama dengan jang ditjeritakan dalam Luk 7:36-50.
Ende: Mat 26:10 - Suatu perbuatan baik Jesus memandang pengurapan Ini sebagai persediaan untuk
pemakamanNja. Dan menurut penilaian orang Jahudi amalan turut serta
menjelenggarakan pengubura...
Jesus memandang pengurapan Ini sebagai persediaan untuk pemakamanNja. Dan menurut penilaian orang Jahudi amalan turut serta menjelenggarakan penguburan orang, termasuk pengurapan majat, dianggap lebih tinggi dari pada memberi derma kepada orang-orang miskin.
Ende: Mat 26:15 - Uang perak tigapuluh keping Mt. menggunakan perkataan nubuat Za 11:12
jang dipersangkutkannja dengan peristiwa ini. Lihatlah ajat Mat 27:3
dalam bab berikut. Pada masa Zacharias ...
Mt. menggunakan perkataan nubuat Za 11:12 jang dipersangkutkannja dengan peristiwa ini. Lihatlah ajat Mat 27:3 dalam bab berikut. Pada masa Zacharias bernubuat, kira-kira 500 tahun seb. Kristus uang masih diukur dengan timbangan. Zacharias menulis: "Tigapuluh sikel". Satu sikel waktu itu sama dengan 16,32 gram perak. Djadi tigapuluh keping itu kira-kira sama dengan setengah kilo perak. Harganja dizaman Jesus sama dengan 150 drachma atau denar.
Ende: Mat 26:17 - Hari pertama makan-roti-takberagi Itulah hari mendjelang Paska. Pada malam
hari itu domba paska disembelih dan dimakan. Sepandjang perajaan Paska,
seminggu lamanja, terlarang makan rot...
Itulah hari mendjelang Paska. Pada malam hari itu domba paska disembelih dan dimakan. Sepandjang perajaan Paska, seminggu lamanja, terlarang makan roti biasa.
Ende: Mat 26:23 - Bersama mentjelupkan tangan dalam pinggan Ini adalah satu ungkapan lazim,
sama artinja dengan "makan semedja dengan....".
Ini adalah satu ungkapan lazim, sama artinja dengan "makan semedja dengan....".
Ende: Mat 26:25 - Memang seperti katamu itu Itu tentu dibisikkan Jesus kepada Judas sendiri
dan tidak didengar oleh murid-murid lain.
Itu tentu dibisikkan Jesus kepada Judas sendiri dan tidak didengar oleh murid-murid lain.
Ende: Mat 26:28 - Darah Perdjandjian Darah jang memeteraikan Perdjandjian Baru. Seperti
Perdjandjian Lama dimeteraikan dengan pertjikan darah binatang jang dikurbankan
atas umat Israel, d...
Darah jang memeteraikan Perdjandjian Baru. Seperti Perdjandjian Lama dimeteraikan dengan pertjikan darah binatang jang dikurbankan atas umat Israel, demikian Perdjandjian Baru dengan tertumpahnja darah Jesus disalib.
Ende: Mat 26:30 - Doa pudjian Ini terdiri dari 6 Mzm. (Maz 113:1-118:29) jang biasa
dilagukan sebagai penutup upatjara perdjamuan paska.
Ini terdiri dari 6 Mzm. (Maz 113:1-118:29) jang biasa dilagukan sebagai penutup upatjara perdjamuan paska.
Ende: Mat 26:31 - Menaruh sjak Murid-murid kemudian ragu-ragu dan gelisah sebab merasa seolah-olah
rentjana dan usaha Jesus telah gagal. Mereka akan melarikan diri (Mat 26:56)
dan P...
Murid-murid kemudian ragu-ragu dan gelisah sebab merasa seolah-olah rentjana dan usaha Jesus telah gagal. Mereka akan melarikan diri (Mat 26:56) dan Petrus akan menjangkal Jesus. Pengertian dan iman mereka masih sangat lemah.
Ende: Mat 26:36 - Getsemani Artinja: tempat kempa minjak. Tempat itu suatu kebun zaitun, atau
suatu perusahaan ketjil minjak zaitun. Jang terletak diatas bukit jang disebut
"Buki...
Artinja: tempat kempa minjak. Tempat itu suatu kebun zaitun, atau suatu perusahaan ketjil minjak zaitun. Jang terletak diatas bukit jang disebut "Bukit Zaitun."
Ende: Mat 26:41 - Djatuh dalam penggodaan Pertjobaan, misalnja menaruh sjak, tentu tak
terelakkan. Murid-murid harus djaga-djaga dan berdoa, supaja djangan dialahkan
olehnja.
Pertjobaan, misalnja menaruh sjak, tentu tak terelakkan. Murid-murid harus djaga-djaga dan berdoa, supaja djangan dialahkan olehnja.
Ende: Mat 26:50 - Untuk itukah engkau datang? Ungkapan asli tidak begitu terang. Terdjemahan
kata-demi-kata: "Itu maksudmu datang kesini". Ada jang menafsirkan: Buatlah
sadja apa jang kaumaksudkan...
Ungkapan asli tidak begitu terang. Terdjemahan kata-demi-kata: "Itu maksudmu datang kesini". Ada jang menafsirkan: Buatlah sadja apa jang kaumaksudkan".
Menurut Yoh 18:10 ialah Petrus.
Ende: Mat 26:59 - Mahkamah agung Inilah pengadilan orang Jahudi jang tertinggi, dalam bahasa
mereka "sanhedrin". Pengadilan itu diketuai oleh imam agung dan terdiri dari
tiga golongan...
Inilah pengadilan orang Jahudi jang tertinggi, dalam bahasa mereka "sanhedrin". Pengadilan itu diketuai oleh imam agung dan terdiri dari tiga golongan, jaitu imam-imam besar, ahli-ahli taurat dan orang tua-tua dari rakjat.
Ende: Mat 26:61 - Merobohkan kenisah Jesus pernah (Yoh 2:19) berkata kepada orang
Jahudi:"robohkanlah sadja kenisah ini dan Aku akan membangunkannja pula dalam
tiga hari". Didepan pengadi...
Ende: Mat 26:63 - -- Achirnja Kaifas teringat, bahwa Jesus biasa menjebut Allah BapaNja dan DiriNja
Putera Allah. Dan pernah orang Jahudi memungut batu-batu mau meradjam J...
Achirnja Kaifas teringat, bahwa Jesus biasa menjebut Allah BapaNja dan DiriNja Putera Allah. Dan pernah orang Jahudi memungut batu-batu mau meradjam Jesus, sebab menurut perkataan mereka, Jesus membuat-buatkan DiriNja Allah (Yoh 10:33). Kaifas bertanja ,demi Allah" dan sebagai hakim jang sah dengan resmi, maka sebab itu Jesus mendjawab. Disini pertama kali dan dengan resmi Jesus dengan seterang-terangnja menjatakan bahwa Ia benar-benar Mesias dan Putera Allah. Ia menerangkan pula bahwa Ia sebagai Putera Allah akan duduk disebelah kanan Allah dan akan datang diatas awan-awan, jaitu bahwa ia Putera Allah dalam arti sedjati. Kaifas dan seluruh sanhedrin mengerti perkataan Jesus itu demikian djuga, sehingga pengakuan bahwa Ia sungguh-sungguh Mesias dan Putera Allah, jang memang benar semata-mata, mendjadi dasar Jesus dihukum mati.
Ref. Silang FULL -> Mat 26:1; Mat 26:2; Mat 26:3; Mat 26:4; Mat 26:5; Mat 26:6; Mat 26:11; Mat 26:12; Mat 26:14; Mat 26:15; Mat 26:17; Mat 26:18; Mat 26:21; Mat 26:23; Mat 26:24; Mat 26:25; Mat 26:26; Mat 26:27; Mat 26:28; Mat 26:29; Mat 26:30; Mat 26:31; Mat 26:32; Mat 26:34; Mat 26:35; Mat 26:37; Mat 26:38; Mat 26:39; Mat 26:40; Mat 26:41; Mat 26:42; Mat 26:45; Mat 26:47; Mat 26:49; Mat 26:50; Mat 26:51; Mat 26:52; Mat 26:53; Mat 26:54; Mat 26:55; Mat 26:56; Mat 26:57; Mat 26:58; Mat 26:59; Mat 26:60; Mat 26:61; Mat 26:63; Mat 26:64; Mat 26:65; Mat 26:66
Ref. Silang FULL: Mat 26:3 - itu berkumpullah // bernama Kayafas · itu berkumpullah: Mazm 2:2
· bernama Kayafas: Mat 26:57; Luk 3:2; Yoh 11:47-53; 18:13,14,24,28; Kis 4:6
· itu berkumpullah: Mazm 2:2
· bernama Kayafas: Mat 26:57; Luk 3:2; Yoh 11:47-53; 18:13,14,24,28; Kis 4:6
· timbul keributan: Mat 27:24
· untuk penguburan-Ku: Yoh 19:40
· Yudas Iskariot: Mat 26:25,47; Mat 10:4; [Lihat FULL. Mat 10:4]
Ref. Silang FULL: Mat 26:17 - Tidak Beragi // perjamuan Paskah · Tidak Beragi: Kel 12:18-20
· perjamuan Paskah: Ul 16:5-8
· Tidak Beragi: Kel 12:18-20
· perjamuan Paskah: Ul 16:5-8
Ref. Silang FULL: Mat 26:18 - Guru: waktu-Ku · Guru: waktu-Ku: Mr 14:35,41; Yoh 7:6,8,30; 8:20; 12:23; 13:1; 17:1
· Guru: waktu-Ku: Mr 14:35,41; Yoh 7:6,8,30; 8:20; 12:23; 13:1; 17:1
· menyerahkan Aku: Luk 22:21-23; Yoh 13:21
· menyerahkan Aku: Mazm 41:10; Yoh 13:18
Ref. Silang FULL: Mat 26:24 - tentang Dia · tentang Dia: Mat 26:31,54,56; Yes 53:1-12; Dan 9:26; Mr 9:12; Luk 24:25-27,46; Kis 17:2,3; 26:22,23; 1Pet 1:10,11
· tentang Dia: Mat 26:31,54,56; Yes 53:1-12; Dan 9:26; Mr 9:12; Luk 24:25-27,46; Kis 17:2,3; 26:22,23; 1Pet 1:10,11
Ref. Silang FULL: Mat 26:25 - menyerahkan Dia // ya Rabi · menyerahkan Dia: Mat 10:4; Mat 10:4
· ya Rabi: Mat 23:7; Mat 23:7
Ref. Silang FULL: Mat 26:26 - berkat, memecah-mecahkannya · berkat, memecah-mecahkannya: Mat 14:19; Mat 14:19
· mengambil cawan: 1Kor 10:16
Ref. Silang FULL: Mat 26:28 - darah perjanjian // pengampunan dosa · darah perjanjian: Kel 24:6-8; Za 9:11; Mal 2:5; Ibr 9:20; 10:29; Ibr 13:20; Ibr 13:20
· pengampunan dosa: Mat 20:28; Mat 20:28; Mr 1...
· darah perjanjian: Kel 24:6-8; Za 9:11; Mal 2:5; Ibr 9:20; 10:29; Ibr 13:20; [Lihat FULL. Ibr 13:20]
· pengampunan dosa: Mat 20:28; [Lihat FULL. Mat 20:28]; Mr 1:4
Ref. Silang FULL: Mat 26:31 - karena Aku // akan tercerai-berai · karena Aku: Mat 11:6; 13:21
· akan tercerai-berai: Za 13:7; Yoh 16:32
· karena Aku: Mat 11:6; 13:21
· ke Galilea: Mat 28:7,10,16
· bersama-sama Engkau: Yoh 13:37
Ref. Silang FULL: Mat 26:38 - sangat sedih // dengan Aku · sangat sedih: Yoh 12:27; Yoh 12:27
· dengan Aku: Mat 26:40,41
· sangat sedih: Yoh 12:27; [Lihat FULL. Yoh 12:27]
· dengan Aku: Mat 26:40,41
Ref. Silang FULL: Mat 26:39 - cawan ini // Engkau kehendaki · cawan ini: Mat 20:22; Mat 20:22
· Engkau kehendaki: Mat 26:42; Mazm 40:7-9; Yes 50:5; Mat 6:10; Yoh 4:34; 5:30; 6:38
· cawan ini: Mat 20:22; [Lihat FULL. Mat 20:22]
· Engkau kehendaki: Mat 26:42; Mazm 40:7-9; Yes 50:5; Mat 6:10; Yoh 4:34; 5:30; 6:38
· dalam pencobaan: Mat 6:13
· Hai teman: Mat 20:13; 22:12
Ref. Silang FULL: Mat 26:51 - menghunus pedangnya // putus telinganya · menghunus pedangnya: Luk 22:36,38
· putus telinganya: Yoh 18:10
· menghunus pedangnya: Luk 22:36,38
· putus telinganya: Yoh 18:10
· oleh pedang: Kej 9:6; Kel 21:12; Wahy 13:10
Ref. Silang FULL: Mat 26:54 - akan digenapi · akan digenapi: Mat 26:24; Mat 26:24; Mat 1:22; Mat 1:22
Ref. Silang FULL: Mat 26:55 - duduk mengajar · duduk mengajar: Mr 12:35; Luk 21:37; Yoh 7:14,28; 18:20
· duduk mengajar: Mr 12:35; Luk 21:37; Yoh 7:14,28; 18:20
Ref. Silang FULL: Mat 26:58 - Imam Besar // antara pengawal-pengawal · Imam Besar: Mat 26:69; Mr 14:66; Luk 22:55; Yoh 18:15
· antara pengawal-pengawal: Mr 15:16; Luk 11:21; Yoh 7:32,45,46
Ref. Silang FULL: Mat 26:60 - banyak saksi // dua orang · banyak saksi: Mazm 27:12; 35:11; Kis 6:13
· dua orang: Ul 19:15
· banyak saksi: Mazm 27:12; 35:11; Kis 6:13
· dua orang: Ul 19:15