kecilkan semua  

Teks -- Yohanes 12:1-50 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Yesus diurapi di Betania
12:1 Enam hari sebelum Paskah Yesus datang ke Betania, tempat tinggal Lazarus yang dibangkitkan Yesus dari antara orang mati. 12:2 Di situ diadakan perjamuan untuk Dia dan Marta melayani, sedang salah seorang yang turut makan dengan Yesus adalah Lazarus. 12:3 Maka Maria mengambil setengah kati minyak narwastu murni yang mahal harganya, lalu meminyaki kaki Yesus dan menyekanya dengan rambutnya; dan bau minyak semerbak di seluruh rumah itu. 12:4 Tetapi Yudas Iskariot, seorang dari murid-murid Yesus, yang akan segera menyerahkan Dia, berkata: 12:5 "Mengapa minyak narwastu ini tidak dijual tiga ratus dinar dan uangnya diberikan kepada orang-orang miskin?" 12:6 Hal itu dikatakannya bukan karena ia memperhatikan nasib orang-orang miskin, melainkan karena ia adalah seorang pencuri; ia sering mengambil uang yang disimpan dalam kas yang dipegangnya. 12:7 Maka kata Yesus: "Biarkanlah dia melakukan hal ini mengingat hari penguburan-Ku. 12:8 Karena orang-orang miskin selalu ada pada kamu, tetapi Aku tidak akan selalu ada pada kamu."
Persepakatan untuk membunuh Lazarus
12:9 Sejumlah besar orang Yahudi mendengar, bahwa Yesus ada di sana dan mereka datang bukan hanya karena Yesus, melainkan juga untuk melihat Lazarus, yang telah dibangkitkan-Nya dari antara orang mati. 12:10 Lalu imam-imam kepala bermupakat untuk membunuh Lazarus juga, 12:11 sebab karena dia banyak orang Yahudi meninggalkan mereka dan percaya kepada Yesus.
Yesus dielu-elukan di Yerusalem
12:12 Keesokan harinya ketika orang banyak yang datang merayakan pesta mendengar, bahwa Yesus sedang di tengah jalan menuju Yerusalem, 12:13 mereka mengambil daun-daun palem, dan pergi menyongsong Dia sambil berseru-seru: "Hosana! Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, Raja Israel!" 12:14 Yesus menemukan seekor keledai muda lalu Ia naik ke atasnya, seperti ada tertulis: 12:15 "Jangan takut, hai puteri Sion, lihatlah, Rajamu datang, duduk di atas seekor anak keledai." 12:16 Mula-mula murid-murid Yesus tidak mengerti akan hal itu, tetapi sesudah Yesus dimuliakan, teringatlah mereka, bahwa nas itu mengenai Dia, dan bahwa mereka telah melakukannya juga untuk Dia. 12:17 Orang banyak yang bersama-sama dengan Dia ketika Ia memanggil Lazarus keluar dari kubur dan membangkitkannya dari antara orang mati, memberi kesaksian tentang Dia. 12:18 Sebab itu orang banyak itu pergi menyongsong Dia, karena mereka mendengar, bahwa Ia yang membuat mujizat itu. 12:19 Maka kata orang-orang Farisi seorang kepada yang lain: "Kamu lihat sendiri, bahwa kamu sama sekali tidak berhasil, lihatlah, seluruh dunia datang mengikuti Dia."
Yesus memberitakan kematian-Nya
12:20 Di antara mereka yang berangkat untuk beribadah pada hari raya itu, terdapat beberapa orang Yunani. 12:21 Orang-orang itu pergi kepada Filipus, yang berasal dari Betsaida di Galilea, lalu berkata kepadanya: "Tuan, kami ingin bertemu dengan Yesus." 12:22 Filipus pergi memberitahukannya kepada Andreas; Andreas dan Filipus menyampaikannya pula kepada Yesus. 12:23 Tetapi Yesus menjawab mereka, kata-Nya: "Telah tiba saatnya Anak Manusia dimuliakan. 12:24 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jikalau biji gandum tidak jatuh ke dalam tanah dan mati, ia tetap satu biji saja; tetapi jika ia mati, ia akan menghasilkan banyak buah. 12:25 Barangsiapa mencintai nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, tetapi barangsiapa tidak mencintai nyawanya di dunia ini, ia akan memeliharanya untuk hidup yang kekal. 12:26 Barangsiapa melayani Aku, ia harus mengikut Aku dan di mana Aku berada, di situpun pelayan-Ku akan berada. Barangsiapa melayani Aku, ia akan dihormati Bapa. 12:27 Sekarang jiwa-Ku terharu dan apakah yang akan Kukatakan? Bapa, selamatkanlah Aku dari saat ini? Tidak, sebab untuk itulah Aku datang ke dalam saat ini. 12:28 Bapa, muliakanlah nama-Mu!" Maka terdengarlah suara dari sorga: "Aku telah memuliakan-Nya, dan Aku akan memuliakan-Nya lagi!" 12:29 Orang banyak yang berdiri di situ dan mendengarkannya berkata, bahwa itu bunyi guntur. Ada pula yang berkata: "Seorang malaikat telah berbicara dengan Dia." 12:30 Jawab Yesus: "Suara itu telah terdengar bukan oleh karena Aku, melainkan oleh karena kamu. 12:31 Sekarang berlangsung penghakiman atas dunia ini: sekarang juga penguasa dunia ini akan dilemparkan ke luar; 12:32 dan Aku, apabila Aku ditinggikan dari bumi, Aku akan menarik semua orang datang kepada-Ku." 12:33 Ini dikatakan-Nya untuk menyatakan bagaimana caranya Ia akan mati. 12:34 Lalu jawab orang banyak itu: "Kami telah mendengar dari hukum Taurat, bahwa Mesias tetap hidup selama-lamanya; bagaimana mungkin Engkau mengatakan, bahwa Anak Manusia harus ditinggikan? Siapakah Anak Manusia itu?" 12:35 Kata Yesus kepada mereka: "Hanya sedikit waktu lagi terang ada di antara kamu. Selama terang itu ada padamu, percayalah kepadanya, supaya kegelapan jangan menguasai kamu; barangsiapa berjalan dalam kegelapan, ia tidak tahu ke mana ia pergi. 12:36 Percayalah kepada terang itu, selama terang itu ada padamu, supaya kamu menjadi anak-anak terang." Sesudah berkata demikian, Yesus pergi bersembunyi dari antara mereka.
Mengapa orang Yahudi tidak dapat percaya
12:37 Dan meskipun Yesus mengadakan begitu banyak mujizat di depan mata mereka, namun mereka tidak percaya kepada-Nya, 12:38 supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yesaya: "Tuhan, siapakah yang percaya kepada pemberitaan kami? Dan kepada siapakah tangan kekuasaan Tuhan dinyatakan?" 12:39 Karena itu mereka tidak dapat percaya, sebab Yesaya telah berkata juga: 12:40 "Ia telah membutakan mata dan mendegilkan hati mereka, supaya mereka jangan melihat dengan mata, dan menanggap dengan hati, lalu berbalik, sehingga Aku menyembuhkan mereka." 12:41 Hal ini dikatakan oleh Yesaya, karena ia telah melihat kemuliaan-Nya dan telah berkata-kata tentang Dia. 12:42 Namun banyak juga di antara pemimpin yang percaya kepada-Nya, tetapi oleh karena orang-orang Farisi mereka tidak mengakuinya berterus terang, supaya mereka jangan dikucilkan. 12:43 Sebab mereka lebih suka akan kehormatan manusia dari pada kehormatan Allah.
Firman Yesus yang menghakimi
12:44 Tetapi Yesus berseru kata-Nya: "Barangsiapa percaya kepada-Ku, ia bukan percaya kepada-Ku, tetapi kepada Dia, yang telah mengutus Aku; 12:45 dan barangsiapa melihat Aku, ia melihat Dia, yang telah mengutus Aku. 12:46 Aku telah datang ke dalam dunia sebagai terang, supaya setiap orang yang percaya kepada-Ku, jangan tinggal di dalam kegelapan. 12:47 Dan jikalau seorang mendengar perkataan-Ku, tetapi tidak melakukannya, Aku tidak menjadi hakimnya, sebab Aku datang bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya. 12:48 Barangsiapa menolak Aku, dan tidak menerima perkataan-Ku, ia sudah ada hakimnya, yaitu firman yang telah Kukatakan, itulah yang akan menjadi hakimnya pada akhir zaman. 12:49 Sebab Aku berkata-kata bukan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang mengutus Aku, Dialah yang memerintahkan Aku untuk mengatakan apa yang harus Aku katakan dan Aku sampaikan. 12:50 Dan Aku tahu, bahwa perintah-Nya itu adalah hidup yang kekal. Jadi apa yang Aku katakan, Aku menyampaikannya sebagaimana yang difirmankan oleh Bapa kepada-Ku."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Andreas the brother of Simon Peter
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Betania a small town on the east slope of the Mount of Olives,a town located east of the Jordan river
 · Betsaida a town located on the northeast side of the Sea of Galilee
 · Farisi a religious group or sect of the Jews
 · Filipus a man who was one of the twelve apostles,a son of Herod the Great; husband of Herodias; ruler of Iturea and Traconitis north and west of Galilee,a man who was one of the seven chosen to serve tables at the church at Jerusalem
 · Galilea a place where Israel encamped between Jericho and the Jordan,a town between Dor and Tirza in the territory of Ephraim (YC),a town just north of Joppa, originally a military base (YC),a place 12 miles south of Shechem now called Jiljiliah (YC)
 · Iskariot the surname of Judas, the man who betrayed Christ
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Lazarus the beggar man in the parable of the rich man,the brother of Mary and Martha from Bethany whom Jesus raised from the dead
 · Maria mother of Jesus and wife of Joseph,a woman from Magdala in Galilee,the mother of James and Joses,the wife of Cleophas,the sister of Lazarus and Martha in Bethany,the mother of John Mark who was a nephew of Barnabas,a Christian woman in Rome who helped Paul
 · Marta sister of Mary and of Lazarus of Bethany
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Paskah a Jewish religious feast. It may also refer to the lamb sacrificed and eaten at the feast.
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Sion one of the hills on which Jerusalem was built; the temple area; the city of Jerusalem; God's people,a town and citidel; an ancient part of Jerusalem
 · suku Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · umat Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Yahudi the Jewish religion/beliefs
 · Yakub the second so of a pair of twins born to Isaac and Rebeccaa; ancestor of the 12 tribes of Israel,the nation of Israel,a person, male,son of Isaac; Israel the man and nation
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin
 · Yesaya son of Hananiah, a descendant of King Jehoiachin,son of Jeduthun the Levite and worship leader under Jeduthun and King David,son of Rehabiah; a Levitical chief treasurer whose descendants returned from exile,son of Athaliah; head of a family group descended from Elam who returned from exile,a Levite of Merari who led recruits to Ezra,a man of Benjamin; ancestor of Sallu, who lived in Jerusalem in Nehemiah's time
 · Yudas a son of Mary and Joseph; half-brother of Jesus)
 · Yunani the language used by the people of Greece


Topik/Tema Kamus: Yohanes, Injil | Yesus | Yesus Kristus | Lazarus | Maria | Filipus | Iman | Tidak Percaya | Yesaya | Kristus, Raja | Andreas | Gelap, Kegelapan | Hari Raya | Yudas, Surat | Mulia, Kemulian Kristus | Urap, Pengurapan | Raja | Mujizat | Mati, Kematian Kristus | Kristus, Nabi | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg , Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Yoh 12:3 - MARIA ... MEMINYAKI KAKI YESUS. Nas : Yoh 12:3 Tindakan Maria ini merupakan suatu pengorbanan besar, karena minyak narwastu murni itu sangat mahal harganya. Maria sadar bahwa kese...

Nas : Yoh 12:3

Tindakan Maria ini merupakan suatu pengorbanan besar, karena minyak narwastu murni itu sangat mahal harganya. Maria sadar bahwa kesempatan untuk mengungkapkan pengabdian kepada Yesus segera akan berakhir, karena itu dia memanfaatkan kesempatan yang tersedia. Iman dan pengabdiannya kepada Tuhan merupakan teladan tertinggi dari apa yang diinginkan Allah dari orang percaya. Oleh karena itu Yesus menyatakan bahwa perbuatan kasih itu akan disebut di mana saja Injil diberitakan

(lihat cat. --> Mat 26:13).

[atau ref. Mat 26:13]

Full Life: Yoh 12:12 - YESUS MASUK YERUSALEM. Nas : Yoh 12:12 Lihat cat. --> Mr 11:9; dan lihat cat. --> Luk 19:28. [atau ref. Mr 11:9; Luk 19:28]

Nas : Yoh 12:12

Lihat cat. --> Mr 11:9; dan

lihat cat. --> Luk 19:28.

[atau ref. Mr 11:9; Luk 19:28]

Full Life: Yoh 12:23 - ANAK MANUSIA DIMULIAKAN. Nas : Yoh 12:23 Yesus berbicara tentang kematian-Nya sebagai suatu pemuliaan dan bukan sebagai suatu tragedi. Dia mengajarkan murid-murid-Nya bahwa...

Nas : Yoh 12:23

Yesus berbicara tentang kematian-Nya sebagai suatu pemuliaan dan bukan sebagai suatu tragedi. Dia mengajarkan murid-murid-Nya bahwa jalan mencapai keberhasilan adalah melalui penderitaan dan kematian (ayat Yoh 12:24).

Full Life: Yoh 12:25 - TIDAK MENCINTAI NYAWANYA DI DUNIA INI. Nas : Yoh 12:25 Membenci hidup sendiri menunjukkan sikap yang menilai hal-hal sorgawi lebih penting daripada hal-hal di dunia ini. Mereka yang meng...

Nas : Yoh 12:25

Membenci hidup sendiri menunjukkan sikap yang menilai hal-hal sorgawi lebih penting daripada hal-hal di dunia ini. Mereka yang mengikuti Kristus kurang mementingkan kesenangan, filsafat, sukses, nilai, tujuan atau cara dunia. Mereka akan memperoleh "hidup kekal" karena mereka tidak begitu mengindahkan dunia ini sehingga mereka akan bersedia mengorbankannya demi Tuhan (Mat 16:24-25; Mr 8:34-35).

Full Life: Yoh 12:26 - BARANGSIAPA MELAYANI AKU. Nas : Yoh 12:26 Beriman pada Yesus berarti komitmen pribadi untuk mengikuti Dia, menaati semua ajaran-Nya serta berada di mana Dia ada. Mengikuti Y...

Nas : Yoh 12:26

Beriman pada Yesus berarti komitmen pribadi untuk mengikuti Dia, menaati semua ajaran-Nya serta berada di mana Dia ada. Mengikuti Yesus termasuk menyangkal diri dan memikul salib

(lihat cat. --> Mr 8:34

[atau ref. Mr 8:34]

mengenai artinya memikul salib).

Full Life: Yoh 12:31 - PENGUASA DUNIA INI AKAN DILEMPARKAN KE LUAR. Nas : Yoh 12:31 Melalui salib dan kebangkitan Kristus, kekalahan Iblis sudah dimulai. Kekalahan terakhir akan terjadi apabila dia dilemparkan ke da...

Nas : Yoh 12:31

Melalui salib dan kebangkitan Kristus, kekalahan Iblis sudah dimulai. Kekalahan terakhir akan terjadi apabila dia dilemparkan ke dalam lautan api dan belerang (Wahy 20:10). Namun, pada saat ini Iblis masih aktif sebagai pemimpin atau "penguasa dunia ini" (Yoh 14:30; 16:11; 2Kor 4:4; bd. Ef 2:2). Iblis mempunyai kuasa dan wibawa dalam dunia serta memakai hal-hal duniawi untuk menentang Kristus dan gereja-Nya. Oleh karena itulah "persahabatan dengan dunia ini adalah permusuhan dengan Allah" (Yak 4:4; juga lih. 1Yoh 2:15-16).

Full Life: Yoh 12:32 - MENARIK SEMUA ORANG DATANG KEPADA-KU. Nas : Yoh 12:32 Kasih karunia Allah tidak bersifat eksklusif, yaitu untuk kalangan tertentu saja, dan bukan untuk orang lain. Akan tetapi, karena m...

Nas : Yoh 12:32

Kasih karunia Allah tidak bersifat eksklusif, yaitu untuk kalangan tertentu saja, dan bukan untuk orang lain. Akan tetapi, karena mencintai dosa, maka ada orang-orang yang meniadakan kasih karunia Allah dengan keputusan dan tindakan mereka (lih. Mat 23:37).

Full Life: Yoh 12:39 - MEREKA TIDAK DAPAT PERCAYA. Nas : Yoh 12:39 Orang banyak itu tidak dapat percaya karena keputusan-keputusan mereka terhadap Yesus membuat Allah mengeraskan hati mereka. Injil ...

Nas : Yoh 12:39

Orang banyak itu tidak dapat percaya karena keputusan-keputusan mereka terhadap Yesus membuat Allah mengeraskan hati mereka. Injil tidak pernah diam saja menghadapi seorang yang menolak untuk mendengar, bertobat dan percaya. Rasul Paulus mengatakan bahwa bangsa Israel "dipatahkan karena ketidakpercayaan mereka" (Rom 11:20; bd. Mazm 95:8; Ibr 3:8). Sekalipun demikian pengerasan hati ini tidak permanen untuk setiap orang dalam bangsa itu. Setiap orang yang percaya akan menerima hidup kekal (ayat Yoh 12:44-50). Sebenarnya, banyak orang Israel percaya setelah hari Pentakosta (Kis 2:41).

Full Life: Yoh 12:43 - LEBIH SUKA AKAN KEHORMATAN MANUSIA. Nas : Yoh 12:43 Karena lebih menyukai pujian sesama manusia, banyak orang mengambil tindakan yang bertentangan dengan hati nuraninya. Mereka bersed...

Nas : Yoh 12:43

Karena lebih menyukai pujian sesama manusia, banyak orang mengambil tindakan yang bertentangan dengan hati nuraninya. Mereka bersedia untuk ikut dengan mayoritas (bd. Dan 11:32,34) dan mencari pendapat yang baik dari yang berkuasa atau orang banyak. Apakah rahasia untuk memperoleh kemenangan atas takut orang lain dan kerinduan untuk pujian? Iman kita (1Yoh 5:4); iman yang memandang Allah, Kristus, sorga, neraka, hukuman, dan kekekalan sebagai realitas tertinggi (Rom 1:20; Ef 3:16-19; Ibr 11:1-40). Mengaku ikut Kristus sementara menyenangi pujian manusia lebih dari kemuliaan Allah merupakan kemunafikan mutlak.

Full Life: Yoh 12:50 - HIDUP YANG KEKAL. Nas : Yoh 12:50 Lihat cat. --> Yoh 17:3. [atau ref. Yoh 17:3]

Nas : Yoh 12:50

Lihat cat. --> Yoh 17:3.

[atau ref. Yoh 17:3]

BIS: Yoh 12:5 - uang perak uang perak: Lihat Yoh 6:7.

uang perak: Lihat Yoh 6:7.

Jerusalem: Yoh 12:1 - Enam hari Ini pekan terakhir dari karya Yesus; sama seperti pekan pertama inipun terbagi dengan saksama, Yoh 12:12; 13:1; 18:28; 19:31, bdk Yoh 2:1+. Masing-mas...

Ini pekan terakhir dari karya Yesus; sama seperti pekan pertama inipun terbagi dengan saksama, Yoh 12:12; 13:1; 18:28; 19:31, bdk Yoh 2:1+. Masing-masing pekan berakhir dengan pernyataan kemuliaan Yesus. Tetapi sekarang orang tidak lagi di masa "tanda-tanda", Yoh 2:4,11; "saat" Yesus sudah datang, "saat Anak Manusia harus dimuliakan", Yoh 12:23; 13:31 dst; Yoh 17:1,5.

Jerusalem: Yoh 12:7 - -- Yesus mengartikan tindakan Maria itu sebagai suatu antisipasi penghormatan terhadap jenazahNya. Bersesuaian dengan tindakan pralambang itu ialah pengu...

Yesus mengartikan tindakan Maria itu sebagai suatu antisipasi penghormatan terhadap jenazahNya. Bersesuaian dengan tindakan pralambang itu ialah penguburan Yesus yang sesungguhnya, Yoh 19:38 dst.

Jerusalem: Yoh 12:13 - Raja Israel Ialah Raja Mesias.

Ialah Raja Mesias.

Jerusalem: Yoh 12:20 - orang Yunani Ialah orang bukan Yahudi yang bersimpati dengan monoteisme Israel dan sedikit banyak mengindahkan beberapa aturan hukum Musa. Dalam Kis 10:2+, mereka ...

Ialah orang bukan Yahudi yang bersimpati dengan monoteisme Israel dan sedikit banyak mengindahkan beberapa aturan hukum Musa. Dalam Kis 10:2+, mereka disebut "yang takut akan Allah".

Jerusalem: Yoh 12:26 - di mana Aku berada Yaitu dalam kemuliaan Bapa, bdk Yoh 14:3; 17:24.

Yaitu dalam kemuliaan Bapa, bdk Yoh 14:3; 17:24.

Jerusalem: Yoh 12:27 - jiwaKu terharu Terjemahan lain: jiwaKu gelisah. Adegan ini agak sama dengan peristiwa di Getsemani: kegelisahan terhadap "saat" yang mendekat; Yesus mohon belas kasi...

Terjemahan lain: jiwaKu gelisah. Adegan ini agak sama dengan peristiwa di Getsemani: kegelisahan terhadap "saat" yang mendekat; Yesus mohon belas kasihan Bapa; Ia menyatakan kesediaanNya untuk mengorbankan diri; Ia diberi hiburan dari sorga (bdk Lukas). Namun ada juga perbedaan: Yesus tetap berdiri tegak; permintaanNya hanya dalam hati (Yohanes); menurut Lukas, Yesus berlutut, sedangkan menurut Matius dan Markus Ia sujud/merebahkan diri ke tanah. Bdk Yoh 18:4-6; 10:18+.

Jerusalem: Yoh 12:28 - namaMu Var: AnakMu. Nama Bapa ialah diri Bapa sendiri. Yesus merelakan diri untuk mati guna menyelesaikan karya yang memuliakan Bapa dan memperlihatkan kasih...

Var: AnakMu. Nama Bapa ialah diri Bapa sendiri. Yesus merelakan diri untuk mati guna menyelesaikan karya yang memuliakan Bapa dan memperlihatkan kasihNya kepada dunia. Yoh 17:6+.

Jerusalem: Yoh 12:30 - Oleh karena kamu Kejadian itu seolah-olah meterai ilahi yang terlebih dahulu tertera pada kematian Yesus.

Kejadian itu seolah-olah meterai ilahi yang terlebih dahulu tertera pada kematian Yesus.

Jerusalem: Yoh 12:31 - dilemparkan ke luar Var: dilemparkan ke bawah. Iblis (bdk Yoh 8:12+; Yoh 14:30; 16:11; 2Ko 4:4; Efe 2:2; 6:12) menguasai dunia, 1Yo 5:19; kematian Yesus membebaskan manus...

Var: dilemparkan ke bawah. Iblis (bdk Yoh 8:12+; Yoh 14:30; 16:11; 2Ko 4:4; Efe 2:2; 6:12) menguasai dunia, 1Yo 5:19; kematian Yesus membebaskan manusia dari kekuasaan yang lalim itu. Bdk Yoh 3:35+ dan Mat 8:29+; Luk 8:31+; Rom 8:3; Kol 1:12-13.

Jerusalem: Yoh 12:32 - dari bumi Sejumlah naskah tidak memuat kata-kata ini. Tersinggung "peninggian" di kayu salib (Yoh 12:33+) dan sekaligus "peninggianNya" ke sorga Yoh 3:13,14+; Y...

Sejumlah naskah tidak memuat kata-kata ini. Tersinggung "peninggian" di kayu salib (Yoh 12:33+) dan sekaligus "peninggianNya" ke sorga Yoh 3:13,14+; Yoh 8:28, bdk Yoh 6:62, pada hari kebangkitan, Yoh 20:17+. Sebab kedua kejadian itu hanya dua segi dari misteri yang sama, Yoh 13:1+. Setelah ditinggikan di sisi kanan Bapa, dalam kemuliaan, Yoh 12:23; 17:5+, maka Kristus akan mengutus Roh, Yoh 7:39, dan melalui Roh itu Ia memperluas kekuasaanNya atas dunia, Yoh 16:14; bdk Yoh 3:35+

Jerusalem: Yoh 12:32 - semua orang Var: semuanya, atau: segala sesuatunya

Var: semuanya, atau: segala sesuatunya

Jerusalem: Yoh 12:32 - kepadaKu Setelah ditinggikan di kayu salib Yesus nampak di hadapan semua sebagai Juru selamat dunia, bdk Yoh 19:37. Inilah tanggapanNya terhadap orang Yunani y...

Setelah ditinggikan di kayu salib Yesus nampak di hadapan semua sebagai Juru selamat dunia, bdk Yoh 19:37. Inilah tanggapanNya terhadap orang Yunani yang saleh, yang ingin "melihat" Yesus, bdk Yoh 6:40+.

Jerusalem: Yoh 12:35 - percayalah kepadanya Harafiah: berjalanlah. Yesus mengajak orang-orang Yahudi, supaya percaya sebelum terlambat, bdk Yoh 7:34+.

Harafiah: berjalanlah. Yesus mengajak orang-orang Yahudi, supaya percaya sebelum terlambat, bdk Yoh 7:34+.

Jerusalem: Yoh 12:41 - karena Var: ketika

Var: ketika

Jerusalem: Yoh 12:41 - melihat kemuliaanNya Ini menyinggung penglihatan nabi Yesaya dalam Bait Allah, Yes 6:1-4. Penglihatan itu diartikan sebagai suatu nubuat berupa penglihatan mengenai kemuli...

Ini menyinggung penglihatan nabi Yesaya dalam Bait Allah, Yes 6:1-4. Penglihatan itu diartikan sebagai suatu nubuat berupa penglihatan mengenai kemuliaan Kristus, bdk Yoh 8:56+.

Ende: Yoh 12:2 - Perdjamuan Menurut Mat 28:6 dan Mar 14:3 jang mengadakan perdjamuan ini bernama Simon Berkusta.

Menurut Mat 28:6 dan Mar 14:3 jang mengadakan perdjamuan ini bernama Simon Berkusta.

Ende: Yoh 12:3 - Setengah kati Sebenarnja 325 gr.

Sebenarnja 325 gr.

Ende: Yoh 12:5 - Tiga ratus denar Dewasa itu, upah pekerdja untuk sehari kerdja, satu denar.

Dewasa itu, upah pekerdja untuk sehari kerdja, satu denar.

Ende: Yoh 12:7 - Untuk penguburanKu Jesus sadar bahwa wafatNja hampir tiba.

Jesus sadar bahwa wafatNja hampir tiba.

Ende: Yoh 12:13 - Radja Israel Gelaran bagi Mesias mengandung arti bahwa Jesus diharapkan akan memulihkan keradjaan Israel setjara politik.

Gelaran bagi Mesias mengandung arti bahwa Jesus diharapkan akan memulihkan keradjaan Israel setjara politik.

Ende: Yoh 12:20 - Orang Junani Jang dimaksudkan ialah orang bukan Jahudi dan berkebudajaan Junani, jang dalam beberapa hal menganut agama Jahudi, jaitu pertjaja kepada Allah jang Ma...

Jang dimaksudkan ialah orang bukan Jahudi dan berkebudajaan Junani, jang dalam beberapa hal menganut agama Jahudi, jaitu pertjaja kepada Allah jang Mahaesa dan mentaati adat-istiadat Jahudi, tetapi tidak disunat. Bdl. Kis 10:2,22,33 dan Kis 13:16-20.

Ende: Yoh 12:23 - -- Pembitjaraan disini dan selandjutnja ditudjukan kepada murid-murid, tetapi setjara tidak langsung djuga kepada semua orang jang hadir, tetapi tidak la...

Pembitjaraan disini dan selandjutnja ditudjukan kepada murid-murid, tetapi setjara tidak langsung djuga kepada semua orang jang hadir, tetapi tidak langsung kepada orang Junani tersebut.

Ende: Yoh 12:25 - -- Bdl. Mat 10:39 dan Mat 16:24-27.

Ende: Yoh 12:26 - Ditempat Aku berada didalam kemuliaan surgawi.

didalam kemuliaan surgawi.

Ende: Yoh 12:27 - Gelisah Seperti di Getsemani, Bdl. Mat 26:38; Mar 14:32-42; Ibr 5:7-10.

Seperti di Getsemani, Bdl. Mat 26:38; Mar 14:32-42; Ibr 5:7-10.

Ende: Yoh 12:28 - Permuliakan namaMu jaitu dengan membiarkan Jesus mengurbankan DiriNja disalib.

jaitu dengan membiarkan Jesus mengurbankan DiriNja disalib.

Ende: Yoh 12:31 - Penguasa dunia setan sebagai pokok segala kedjahatan jang maharadjalela didunia.

setan sebagai pokok segala kedjahatan jang maharadjalela didunia.

Ende: Yoh 12:32 - Ditinggikan Jang pertama dimaksudkan ialah wafatNja disalib, tetapi djuga keangkatanNja kedalam kemuliaan surgawi. Kedua-duanja merupakan dua segi dari misteri ja...

Jang pertama dimaksudkan ialah wafatNja disalib, tetapi djuga keangkatanNja kedalam kemuliaan surgawi. Kedua-duanja merupakan dua segi dari misteri jang sama, jaitu penebusan kita.

Jesus akan menarik kepadanja segala orang jang luhur hatinja, jang "dipanggil" untuk mengikuti djedjakNja diatas bumi, dan kemudian kedalam kemuliaan abadi. Bdl. Yoh 19:37.

Ende: Yoh 12:34 - Putera manusia Para pendengar mengerti baik, bahwa dengan nama ini Jesus memaksudkan dirinja sendiri sebagai Mesias, jang benar-benar termasuk bangsa manusia.

Para pendengar mengerti baik, bahwa dengan nama ini Jesus memaksudkan dirinja sendiri sebagai Mesias, jang benar-benar termasuk bangsa manusia.

Ende: Yoh 12:34 - Hidup selama-lamanja Demikianlah kepertjajaan orang Jahudi, sebab menurut nubuat-nubuat, keradjaan Mesias tak akan berkesudahan. Lih. Yes 9:6; Maz 110:4 dan Dan 7:13.

Demikianlah kepertjajaan orang Jahudi, sebab menurut nubuat-nubuat, keradjaan Mesias tak akan berkesudahan. Lih. Yes 9:6; Maz 110:4 dan Dan 7:13.

Ende: Yoh 12:35 - Tjahaja Jesus sendiri sebagai tjahaja dunia. Bdl. Yoh 1:9; 8:12; 9:5.

Jesus sendiri sebagai tjahaja dunia. Bdl. Yoh 1:9; 8:12; 9:5.

Ende: Yoh 12:35 - Berdjalanlah jaitu hidup giat dalam menganut adjaran-adjaran Jesus.

jaitu hidup giat dalam menganut adjaran-adjaran Jesus.

Ende: Yoh 12:35 - Putera tjahaja jang seolah-olah lahir dari tjahaja, sehingga semata-mata pentjinta tjahaja dan seluruh keadaannja diliputi tjahaja kemuliaan ilahi.

jang seolah-olah lahir dari tjahaja, sehingga semata-mata pentjinta tjahaja dan seluruh keadaannja diliputi tjahaja kemuliaan ilahi.

Ende: Yoh 12:38 - Supaja Bukannja bahwa Allah menghendaki atau menjebabkan mereka tetap tegar hati, melainkan Ia dari kekal sudah mengetahui bahwa mereka akan bersikap demikia...

Bukannja bahwa Allah menghendaki atau menjebabkan mereka tetap tegar hati, melainkan Ia dari kekal sudah mengetahui bahwa mereka akan bersikap demikian, dan sebab itu Ia bernubuat tentangnja. Dan setelah bernubuat demikian nubuat itu kemudian harus mendjadi kenjataan.

Ende: Yoh 12:39 - Sebab Disinipun kenjataan itu tjotjok dengan hal-hal jang pernah ditundjukkan kepada Isaias dalam suatu penglihatan (Yes 53:1)

Disinipun kenjataan itu tjotjok dengan hal-hal jang pernah ditundjukkan kepada Isaias dalam suatu penglihatan (Yes 53:1)

Ende: Yoh 12:41 - Telah memandang Joanes ingat akan penglihatan Isaias dalam kenisah jang diberikan dalam Yes 5:1-4, dan ia menafsirkannja sebagai suatu pernjataan tentang Mesias.

Joanes ingat akan penglihatan Isaias dalam kenisah jang diberikan dalam Yes 5:1-4, dan ia menafsirkannja sebagai suatu pernjataan tentang Mesias.

Ref. Silang FULL: Yoh 12:1 - sebelum Paskah // ke Betania · sebelum Paskah: Yoh 11:55; Yoh 11:55 · ke Betania: Mat 21:17; Mat 21:17

· sebelum Paskah: Yoh 11:55; [Lihat FULL. Yoh 11:55]

· ke Betania: Mat 21:17; [Lihat FULL. Mat 21:17]

Ref. Silang FULL: Yoh 12:2 - Marta melayani · Marta melayani: Luk 10:38-42

· Marta melayani: Luk 10:38-42

Ref. Silang FULL: Yoh 12:3 - minyak narwastu // dengan rambutnya · minyak narwastu: Mr 14:3 · dengan rambutnya: Yoh 11:2

· minyak narwastu: Mr 14:3

· dengan rambutnya: Yoh 11:2

Ref. Silang FULL: Yoh 12:4 - menyerahkan Dia · menyerahkan Dia: Mat 10:4; Mat 10:4

· menyerahkan Dia: Mat 10:4; [Lihat FULL. Mat 10:4]

Ref. Silang FULL: Yoh 12:6 - dalam kas · dalam kas: Yoh 13:29

· dalam kas: Yoh 13:29

Ref. Silang FULL: Yoh 12:7 - hari penguburan-Ku · hari penguburan-Ku: Yoh 19:40

· hari penguburan-Ku: Yoh 19:40

Ref. Silang FULL: Yoh 12:8 - pada kamu · pada kamu: Ul 15:11

· pada kamu: Ul 15:11

Ref. Silang FULL: Yoh 12:9 - orang mati · orang mati: Yoh 11:43,44

· orang mati: Yoh 11:43,44

Ref. Silang FULL: Yoh 12:11 - karena dia // kepada Yesus · karena dia: Yoh 12:17,18; Yoh 11:45 · kepada Yesus: Yoh 7:31; Yoh 7:31

· karena dia: Yoh 12:17,18; Yoh 11:45

· kepada Yesus: Yoh 7:31; [Lihat FULL. Yoh 7:31]

Ref. Silang FULL: Yoh 12:13 - daun-daun palem // nama Tuhan // Raja Israel · daun-daun palem: Im 23:40 · nama Tuhan: Mazm 118:25,26 · Raja Israel: Yoh 1:49; Yoh 1:49

· daun-daun palem: Im 23:40

· nama Tuhan: Mazm 118:25,26

· Raja Israel: Yoh 1:49; [Lihat FULL. Yoh 1:49]

Ref. Silang FULL: Yoh 12:15 - anak keledai · anak keledai: Za 9:9

· anak keledai: Za 9:9

Ref. Silang FULL: Yoh 12:16 - hal itu // Yesus dimuliakan · hal itu: Mr 9:32; Mr 9:32 · Yesus dimuliakan: Yoh 12:23; Yoh 2:22; 7:39

· hal itu: Mr 9:32; [Lihat FULL. Mr 9:32]

· Yesus dimuliakan: Yoh 12:23; Yoh 2:22; 7:39

Ref. Silang FULL: Yoh 12:17 - dengan Dia · dengan Dia: Yoh 11:42

· dengan Dia: Yoh 11:42

Ref. Silang FULL: Yoh 12:18 - mujizat itu · mujizat itu: Yoh 12:11; Luk 19:37

· mujizat itu: Yoh 12:11; Luk 19:37

Ref. Silang FULL: Yoh 12:19 - mengikuti Dia · mengikuti Dia: Yoh 11:47,48

· mengikuti Dia: Yoh 11:47,48

Ref. Silang FULL: Yoh 12:20 - orang Yunani · orang Yunani: Yoh 7:35; Kis 11:20

· orang Yunani: Yoh 7:35; Kis 11:20

Ref. Silang FULL: Yoh 12:21 - dari Betsaida · dari Betsaida: Mat 11:21; Mat 11:21

· dari Betsaida: Mat 11:21; [Lihat FULL. Mat 11:21]

Ref. Silang FULL: Yoh 12:23 - tiba saatnya // Manusia dimuliakan · tiba saatnya: Mat 26:18; Mat 26:18 · Manusia dimuliakan: Yoh 13:32; 17:1

· tiba saatnya: Mat 26:18; [Lihat FULL. Mat 26:18]

· Manusia dimuliakan: Yoh 13:32; 17:1

Ref. Silang FULL: Yoh 12:24 - dan mati · dan mati: 1Kor 15:36

· dan mati: 1Kor 15:36

Ref. Silang FULL: Yoh 12:25 - akan memeliharanya // yang kekal · akan memeliharanya: Mat 10:39; Mr 8:35; Luk 14:26; 17:33 · yang kekal: Mat 25:46; Mat 25:46

· akan memeliharanya: Mat 10:39; Mr 8:35; Luk 14:26; 17:33

· yang kekal: Mat 25:46; [Lihat FULL. Mat 25:46]

Ref. Silang FULL: Yoh 12:26 - akan berada · akan berada: Yoh 14:3; 17:24; 2Kor 5:8; Fili 1:23; 1Tes 4:17

Ref. Silang FULL: Yoh 12:27 - jiwa-Ku terharu // Kukatakan? Bapa // saat ini · jiwa-Ku terharu: Mat 26:38,39; Yoh 11:33,38; 13:21 · Kukatakan? Bapa: Mat 11:25; Mat 11:25 · saat ini: Yoh 12:23

· jiwa-Ku terharu: Mat 26:38,39; Yoh 11:33,38; 13:21

· Kukatakan? Bapa: Mat 11:25; [Lihat FULL. Mat 11:25]

· saat ini: Yoh 12:23

Ref. Silang FULL: Yoh 12:28 - dari sorga · dari sorga: Mat 3:17; Mat 3:17

· dari sorga: Mat 3:17; [Lihat FULL. Mat 3:17]

Ref. Silang FULL: Yoh 12:30 - karena kamu · karena kamu: Kel 19:9; Yoh 11:42

· karena kamu: Kel 19:9; Yoh 11:42

Ref. Silang FULL: Yoh 12:31 - dunia ini // dunia ini · dunia ini: Yoh 16:11 · dunia ini: Yoh 14:30; 16:11; 2Kor 4:4; Ef 2:2; 1Yoh 4:4; 5:19

· dunia ini: Yoh 16:11

· dunia ini: Yoh 14:30; 16:11; 2Kor 4:4; Ef 2:2; 1Yoh 4:4; 5:19

Ref. Silang FULL: Yoh 12:32 - dari bumi // datang kepada-Ku · dari bumi: Yoh 12:34; Yes 11:10; Yoh 3:14; 8:28 · datang kepada-Ku: Yoh 6:44

· dari bumi: Yoh 12:34; Yes 11:10; Yoh 3:14; 8:28

· datang kepada-Ku: Yoh 6:44

Ref. Silang FULL: Yoh 12:33 - akan mati · akan mati: Yoh 18:32; 21:19

· akan mati: Yoh 18:32; 21:19

Ref. Silang FULL: Yoh 12:34 - hukum Taurat // hidup selama-lamanya // Anak Manusia // harus ditinggikan · hukum Taurat: Yoh 10:34; Yoh 10:34 · hidup selama-lamanya: Mazm 110:4; Yes 9:6; Yeh 37:25; Dan 7:14 · Anak Manusia: Mat 8:20; M...

· hukum Taurat: Yoh 10:34; [Lihat FULL. Yoh 10:34]

· hidup selama-lamanya: Mazm 110:4; Yes 9:6; Yeh 37:25; Dan 7:14

· Anak Manusia: Mat 8:20; [Lihat FULL. Mat 8:20]

· harus ditinggikan: Yoh 3:14

Ref. Silang FULL: Yoh 12:35 - lagi terang // terang itu // menguasai kamu · lagi terang: Yoh 12:46 · terang itu: Ef 5:8 · menguasai kamu: 1Yoh 1:6; 2:11

· lagi terang: Yoh 12:46

· terang itu: Ef 5:8

· menguasai kamu: 1Yoh 1:6; 2:11

Ref. Silang FULL: Yoh 12:36 - anak-anak terang // antara mereka · anak-anak terang: Yoh 12:46; Luk 16:8; Luk 16:8 · antara mereka: Yoh 8:59

· anak-anak terang: Yoh 12:46; Luk 16:8; [Lihat FULL. Luk 16:8]

· antara mereka: Yoh 8:59

Ref. Silang FULL: Yoh 12:37 - banyak mujizat · banyak mujizat: Yoh 2:11; Yoh 2:11

· banyak mujizat: Yoh 2:11; [Lihat FULL. Yoh 2:11]

Ref. Silang FULL: Yoh 12:38 - Tuhan dinyatakan · Tuhan dinyatakan: Yes 53:1; Rom 10:16

· Tuhan dinyatakan: Yes 53:1; Rom 10:16

Ref. Silang FULL: Yoh 12:40 - menyembuhkan mereka · menyembuhkan mereka: Yes 6:10; Mat 13:13,15; Mat 13:13; Mat 13:15

· menyembuhkan mereka: Yes 6:10; Mat 13:13,15; [Lihat FULL. Mat 13:13]; [Lihat FULL. Mat 13:15]

Ref. Silang FULL: Yoh 12:41 - melihat kemuliaan-Nya // tentang Dia · melihat kemuliaan-Nya: Yes 6:1-4 · tentang Dia: Luk 24:27

· melihat kemuliaan-Nya: Yes 6:1-4

· tentang Dia: Luk 24:27

Ref. Silang FULL: Yoh 12:42 - percaya kepada-Nya // orang-orang Farisi // jangan dikucilkan · percaya kepada-Nya: Yoh 12:11; Yoh 7:48 · orang-orang Farisi: Yoh 7:13; Yoh 7:13 · jangan dikucilkan: Yoh 9:22

· percaya kepada-Nya: Yoh 12:11; Yoh 7:48

· orang-orang Farisi: Yoh 7:13; [Lihat FULL. Yoh 7:13]

· jangan dikucilkan: Yoh 9:22

Ref. Silang FULL: Yoh 12:43 - kehormatan manusia // kehormatan Allah · kehormatan manusia: 1Sam 15:30 · kehormatan Allah: Rom 2:29; Rom 2:29

· kehormatan manusia: 1Sam 15:30

· kehormatan Allah: Rom 2:29; [Lihat FULL. Rom 2:29]

Ref. Silang FULL: Yoh 12:44 - mengutus Aku · mengutus Aku: Mat 10:40; Mat 10:40; Yoh 5:24

· mengutus Aku: Mat 10:40; [Lihat FULL. Mat 10:40]; Yoh 5:24

Ref. Silang FULL: Yoh 12:45 - mengutus Aku · mengutus Aku: Yoh 14:9; Yoh 14:9

· mengutus Aku: Yoh 14:9; [Lihat FULL. Yoh 14:9]

Ref. Silang FULL: Yoh 12:46 - sebagai terang · sebagai terang: Yoh 1:4; Yoh 1:4

· sebagai terang: Yoh 1:4; [Lihat FULL. Yoh 1:4]

Ref. Silang FULL: Yoh 12:47 - untuk menyelamatkannya · untuk menyelamatkannya: Yoh 3:17; Yoh 3:17

· untuk menyelamatkannya: Yoh 3:17; [Lihat FULL. Yoh 3:17]

Ref. Silang FULL: Yoh 12:48 - menjadi hakimnya · menjadi hakimnya: Yoh 5:45

· menjadi hakimnya: Yoh 5:45

Ref. Silang FULL: Yoh 12:49 - memerintahkan Aku · memerintahkan Aku: Yoh 14:31

· memerintahkan Aku: Yoh 14:31

Ref. Silang FULL: Yoh 12:50 - yang kekal // Bapa kepada-Ku · yang kekal: Mat 25:46; Mat 25:46 · Bapa kepada-Ku: Yoh 14:24; Yoh 14:24

· yang kekal: Mat 25:46; [Lihat FULL. Mat 25:46]

· Bapa kepada-Ku: Yoh 14:24; [Lihat FULL. Yoh 14:24]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Yoh 12:1 - -- 12:1 Enam hari sebelum Paskah Yesus datang ke Betania, tempat tinggal Lazarus yang dibangkitkan Yesus dari antara orang mati. Tampaknya ini hari Sabtu...

12:1 Enam hari sebelum Paskah Yesus datang ke Betania, tempat tinggal Lazarus yang dibangkitkan Yesus dari antara orang mati.

Tampaknya ini hari Sabtu, dan bagi Yohanes, Paskah mulai pada sore hari Kamis.881

Tuhan Yesus kembali ke tempat kebangkitan Lazarus, suatu tempat yang kurang aman bagi Dia. Pemakaian istilah Paskah mengingat kita bahwa tidak lama lagi, Dia yang membangkikan Lazarus akan dikorbankan.

Hagelberg: Yoh 12:1-11 - -- 2. Yesus diurapi Maria (12:1-11) Pasal 12 merupakan pasal peralihan. Kematian Tuhan Yesus disebutkan berkali-kali dalam pasal ini. Perisitiwa dan perk...

2. Yesus diurapi Maria (12:1-11)

Pasal 12 merupakan pasal peralihan. Kematian Tuhan Yesus disebutkan berkali-kali dalam pasal ini. Perisitiwa dan perkataan pasal ini menuju pada salib, yaitu kemuliaan Tuhan Yesus.

Morris878 dan Carson879 membahas peristiwa pengurapan Tuhan Yesus yang diceritakan dalam Injil Matius pasal 26:6-13; Injil Markus pasal 14:3-9; Injil Lukas pasal 7:36-50; dan Injil Yohanes pasal 12:1-11. Baik Morris maupun Carson setuju bahwa Matius, Markus, dan Yohanes membahas peristiwa yang sama dengan perincian yang sesuai dengan tema-tema yang ditekankan oleh masing-masing penulis.880 Mereka juga berkata bahwa Lukas 7:36-50 membahas peristiwa yang lain.

Perbandingan antara Matius pasal 26:6-13 dan Markus pasal 14:3-9 mudah. Dua perikop tersebut menceritakan peristiwa yang sama, dan menekankan tema-tema yang sama.

Tampaknya peristiwa yang dicatat dalam Lukas pasal 7:36-50 bukanlah sama dengan yang diceritakan oleh Matius dan Markus. Lukas menceritakan sesuatu yang terjadi lebih awal, dan di Galilea, bukan di Betania. Rupanya kedua peristiwa terjadi di rumah yang dimiliki oleh orang yang bernama "Simon", tetapi nama itu sangat lazim di kalangan orang Yahudi. Simon yang diceritakan dalam Injil Lukas adalah seorang Farisi yang perlu ditegur, sedangkan Simon yang diceritakan dalam Injil Markus disebutkan "Simon si kusta". Perempuan yang mengurapi Tuhan Yesus dalam Injil Lukas adalah perempuan "yang terkenal sebagai seorang berdosa". Pengampunannya merupakan salah satu pokok peristiwa itu dalam Injil Lukas, tetapi pengampunan tidak dikmukakan dalam Injil Markus.

Tampaknya pengurapan yang diceritakan oleh Markus (dan Matius) adalah sama dengan pengurapan yang diceritakan oleh Yohanes, tetapi Yohanes menyebutkan perincian-perincian yang lain karena tujuan dan tema yang dia tekankan tidak sama dengan Markus. Misalnya, Markus dan Matius menceritakan bahwa kepala Tuhan Yesus diurapi, karena mereka menekankan bahwa Tuhan Yesus adalah raja yang diurapi, sedangkan Yohanes menceritakan bahwa kaki Tuhan Yesus diurapi, karena kerendahan hati Maria. Dengan demikian, sikap Maria jauh berbeda dari sekap murid-murid-Nya yang tidak siap membasuh kaki Tuhan Yesus dalam pasal 13. Tampaknya banyak minyak dipakai (lihat penjelasan di bawah), lebih dari apa yang diperlukan untuk mengurapi kepala Tuhan Yesus. Walaupun Markus dan Matius menceritakan bahwa kepala Tuhan Yesus diurapi, mereka juga mencatat bahwa Tuhan Yesus berkata bahwa tubuh-Nya diurapi (Matius 26:12 dan Markus 14:8), bukan kepada saja.

Dalam Injil Yohanes pengurapan itu jelas terjadi sebelum mereka masuk kota Yerusalem disongsong dengan daun-daun palem, tetapi dalam Injil Matius dan Injil Markus pengurapan diceritakan sesudah Tuhan Yesus dielu-elukan di Yerusalem. Namun kita harus ingat bahwa dalam Injil Sinoptik urutan perikop tidak selalu mengikuti urutan waktu. Kesimpulannya adalah bahwa Matius, Markus, dan Yohanes menceritakan peristiwa pengurapan yang sama, tetapi perincian masing-masing sesuai dengan tema masing-masing.

Hagelberg: Yoh 12:1 - -- 12:1 Enam hari sebelum Paskah Yesus datang ke Betania, tempat tinggal Lazarus yang dibangkitkan Yesus dari antara orang mati. Tampaknya ini hari Sabtu...

12:1 Enam hari sebelum Paskah Yesus datang ke Betania, tempat tinggal Lazarus yang dibangkitkan Yesus dari antara orang mati.

Tampaknya ini hari Sabtu, dan bagi Yohanes, Paskah mulai pada sore hari Kamis.881

Tuhan Yesus kembali ke tempat kebangkitan Lazarus, suatu tempat yang kurang aman bagi Dia. Pemakaian istilah Paskah mengingat kita bahwa tidak lama lagi, Dia yang membangkikan Lazarus akan dikorbankan.

Hagelberg: Yoh 11:55--12:36 - -- C. Kemenangan dan kematian yang mendekat (11:55-12:36)

C. Kemenangan dan kematian yang mendekat (11:55-12:36)

Hagelberg: Yoh 11:1--12:50 - -- III. PERALIHAN: KEHIDUPAN DAN KEMATIAN, RAJA DAN HAMBA YANG MENDERITA (11:1-12:50)

III. PERALIHAN: KEHIDUPAN DAN KEMATIAN, RAJA DAN HAMBA YANG MENDERITA (11:1-12:50)

Hagelberg: Yoh 12:2 - -- 12:2 Di situ diadakan perjamuan untuk Dia dan Marta melayani, sedang salah seorang yang turut makan dengan Yesus882 adalah Lazarus. Akhir pasal 11 beg...

12:2 Di situ diadakan perjamuan untuk Dia dan Marta melayani, sedang salah seorang yang turut makan dengan Yesus882 adalah Lazarus.

Akhir pasal 11 begitu penuh suasana bahaya, tetapi pada awal pasal 12 Tuhan Yesus menghadiri perjamuan dekat Yerusalem. Dia tidak takut bahaya. Barangkali perjamuan ini diadakan Sabtu sore, setelah sabat selesai. Menurut Markus 14:3 perjamuan ini883 terjadi di rumah Simon si kusta, tetapi dalam ayat ini kita membaca bahwa Marta melayani di situ, dan Lazarus dan Maria juga hadir. Tidak sulit membayangkan bahwa Marta melayani di perjamuan yang terjadi di rumah teman di Betania.884 Dalam Lukas 10:38-42 Marta melayani dan Maria asyik mengasihi Tuhan Yesus. Mereka tetap menjalankan peranan yang sama dalam persitiwa ini.

Hagelberg: Yoh 12:2 - -- 12:2 Di situ diadakan perjamuan untuk Dia dan Marta melayani, sedang salah seorang yang turut makan dengan Yesus882 adalah Lazarus. Akhir pasal 11 beg...

12:2 Di situ diadakan perjamuan untuk Dia dan Marta melayani, sedang salah seorang yang turut makan dengan Yesus882 adalah Lazarus.

Akhir pasal 11 begitu penuh suasana bahaya, tetapi pada awal pasal 12 Tuhan Yesus menghadiri perjamuan dekat Yerusalem. Dia tidak takut bahaya. Barangkali perjamuan ini diadakan Sabtu sore, setelah sabat selesai. Menurut Markus 14:3 perjamuan ini883 terjadi di rumah Simon si kusta, tetapi dalam ayat ini kita membaca bahwa Marta melayani di situ, dan Lazarus dan Maria juga hadir. Tidak sulit membayangkan bahwa Marta melayani di perjamuan yang terjadi di rumah teman di Betania.884 Dalam Lukas 10:38-42 Marta melayani dan Maria asyik mengasihi Tuhan Yesus. Mereka tetap menjalankan peranan yang sama dalam persitiwa ini.

Hagelberg: Yoh 12:3 - -- 12:3 Maka Maria mengambil setengah kati885 minyak886 narwastu murni887 yang mahal harganya, lalu meminyaki kaki Yesus dan menyekanya dengan rambutnya;...

12:3 Maka Maria mengambil setengah kati885 minyak886 narwastu murni887 yang mahal harganya, lalu meminyaki kaki Yesus dan menyekanya dengan rambutnya; dan bau minyak semerbak di seluruh rumah itu.

Mereka berbaring di situ (sesuai dengan kebiasaan mereka), sehingga kaki mereka mudah didekati oleh orang. Maria meminyaki kaki Yesus, sesuai dengan sikapnya yang terlihat dalam Lukas 10. Dia tidak memikirkan harga minyak itu, dan dia tidak memikirkan kesan seorang perempuan yang membiarkan rambutnya turun untuk menyeka kaki Tuhan Yesus.888

Biasanya kepala diminyaki, bukan kaki. Tampaknya Maria meminyaki kaki Yesus, dan bukan kepala-Nya, karena kerendahan hati di depan Tuhanya, yang dia kasihi.

Hagelberg: Yoh 12:3 - -- 12:3 Maka Maria mengambil setengah kati885 minyak886 narwastu murni887 yang mahal harganya, lalu meminyaki kaki Yesus dan menyekanya dengan rambutnya;...

12:3 Maka Maria mengambil setengah kati885 minyak886 narwastu murni887 yang mahal harganya, lalu meminyaki kaki Yesus dan menyekanya dengan rambutnya; dan bau minyak semerbak di seluruh rumah itu.

Mereka berbaring di situ (sesuai dengan kebiasaan mereka), sehingga kaki mereka mudah didekati oleh orang. Maria meminyaki kaki Yesus, sesuai dengan sikapnya yang terlihat dalam Lukas 10. Dia tidak memikirkan harga minyak itu, dan dia tidak memikirkan kesan seorang perempuan yang membiarkan rambutnya turun untuk menyeka kaki Tuhan Yesus.888

Biasanya kepala diminyaki, bukan kaki. Tampaknya Maria meminyaki kaki Yesus, dan bukan kepala-Nya, karena kerendahan hati di depan Tuhanya, yang dia kasihi.

Hagelberg: Yoh 12:4 - -- 12:4 Tetapi Yudas Iskariot,889 seorang dari murid-murid Yesus, yang akan segera menyerahkan890 Dia, berkata: Pasal 12 mengandung banyak unsur yang ter...

12:4 Tetapi Yudas Iskariot,889 seorang dari murid-murid Yesus, yang akan segera menyerahkan890 Dia, berkata:

Pasal 12 mengandung banyak unsur yang tertuju pada kematian Tuhan Yesus. Tidak secara sembarangan, nama Yudas Iskariot muncul di sini.891 Rasul Yohanes tidak tinggal diam, tetapi menjelaskan secara terang-terangan bahwa dialah yang akan segera menyerahkan Tuhan Yesus. Dalam pasal 6:71; 18:2, dan 5 Yohanes mengulangi keterangan yang sama. Menurut Carson892, setiap kali dia menyebutkan nama Yudas kelakuan yang jahat itu muncul dalam ingatan Yohanes.

Hagelberg: Yoh 12:4 - -- 12:4 Tetapi Yudas Iskariot,889 seorang dari murid-murid Yesus, yang akan segera menyerahkan890 Dia, berkata: Pasal 12 mengandung banyak unsur yang ter...

12:4 Tetapi Yudas Iskariot,889 seorang dari murid-murid Yesus, yang akan segera menyerahkan890 Dia, berkata:

Pasal 12 mengandung banyak unsur yang tertuju pada kematian Tuhan Yesus. Tidak secara sembarangan, nama Yudas Iskariot muncul di sini.891 Rasul Yohanes tidak tinggal diam, tetapi menjelaskan secara terang-terangan bahwa dialah yang akan segera menyerahkan Tuhan Yesus. Dalam pasal 6:71; 18:2, dan 5 Yohanes mengulangi keterangan yang sama. Menurut Carson892, setiap kali dia menyebutkan nama Yudas kelakuan yang jahat itu muncul dalam ingatan Yohanes.

Hagelberg: Yoh 12:5 - -- 12:5 "Mengapa minyak narwastu ini tidak dijual tiga ratus dinar dan uangnya diberikan kepada orang-orang miskin?" Menurut Matius 20:2 satu dinar adala...

12:5 "Mengapa minyak narwastu ini tidak dijual tiga ratus dinar dan uangnya diberikan kepada orang-orang miskin?"

Menurut Matius 20:2 satu dinar adalah upah harian yang berlaku waktu itu, sehingga tiga ratus dinar merupakan upah seorang buruh selama satu tahun.893 Nilai itu sangat besar. Kita tidak tahu apa keluarga Lazarus sangat kaya, atau sampai saat itu mereka menyimpan sebuah warisan yang mahal. Pertanyaan Yudas menuntut supaya kepentingan pelayanan sosial dibanding dengan kepentingan penyembahan. Dalam kasus ini kita melihat bahwa rasa prihatin terhadap orang-orang miskin merupakan topeng yang menyembunyikan sikap tidak mau mengasihi dan menyembah Tuhan Yesus.894

Hagelberg: Yoh 12:5 - -- 12:5 "Mengapa minyak narwastu ini tidak dijual tiga ratus dinar dan uangnya diberikan kepada orang-orang miskin?" Menurut Matius 20:2 satu dinar adala...

12:5 "Mengapa minyak narwastu ini tidak dijual tiga ratus dinar dan uangnya diberikan kepada orang-orang miskin?"

Menurut Matius 20:2 satu dinar adalah upah harian yang berlaku waktu itu, sehingga tiga ratus dinar merupakan upah seorang buruh selama satu tahun.893 Nilai itu sangat besar. Kita tidak tahu apa keluarga Lazarus sangat kaya, atau sampai saat itu mereka menyimpan sebuah warisan yang mahal. Pertanyaan Yudas menuntut supaya kepentingan pelayanan sosial dibanding dengan kepentingan penyembahan. Dalam kasus ini kita melihat bahwa rasa prihatin terhadap orang-orang miskin merupakan topeng yang menyembunyikan sikap tidak mau mengasihi dan menyembah Tuhan Yesus.894

Hagelberg: Yoh 12:6 - -- 12:6 Hal itu dikatakannya bukan karena ia memperhatikan nasib895 orang-orang miskin, melainkan karena ia adalah seorang pencuri; ia sering mengambil u...

12:6 Hal itu dikatakannya bukan karena ia memperhatikan nasib895 orang-orang miskin, melainkan karena ia adalah seorang pencuri; ia sering mengambil uang yang disimpan dalam kas yang dipegangnya.

Menurut Rasul Yohanes, jika orang yang dipercayakan untuk memegang kas mengambil uang itu untuk dirinya sendiri, julukan pencuri merupakan julukan yang tepat bagi dia. Demikianlah Yudas Iskariot. Dia tidak membongkar rumah, dia membongkar kepercayaan orang.

Sifat kerakusan juga terlihat dalam Matius 26:15. Dalam ayat itu dia menanyakan jumlah pembayaran bagi dia jika dia mengkhianati Tuhan Yesus.

Hagelberg: Yoh 12:6 - -- 12:6 Hal itu dikatakannya bukan karena ia memperhatikan nasib895 orang-orang miskin, melainkan karena ia adalah seorang pencuri; ia sering mengambil u...

12:6 Hal itu dikatakannya bukan karena ia memperhatikan nasib895 orang-orang miskin, melainkan karena ia adalah seorang pencuri; ia sering mengambil uang yang disimpan dalam kas yang dipegangnya.

Menurut Rasul Yohanes, jika orang yang dipercayakan untuk memegang kas mengambil uang itu untuk dirinya sendiri, julukan pencuri merupakan julukan yang tepat bagi dia. Demikianlah Yudas Iskariot. Dia tidak membongkar rumah, dia membongkar kepercayaan orang.

Sifat kerakusan juga terlihat dalam Matius 26:15. Dalam ayat itu dia menanyakan jumlah pembayaran bagi dia jika dia mengkhianati Tuhan Yesus.

Hagelberg: Yoh 12:7 - -- 12:7 Maka kata Yesus, "Biarkanlah dia melakukan hal ini mengingat hari penguburan-Ku896. Dalam budaya Yahudi, pengurapan terkait dengan suasana yang r...

12:7 Maka kata Yesus, "Biarkanlah dia melakukan hal ini mengingat hari penguburan-Ku896.

Dalam budaya Yahudi, pengurapan terkait dengan suasana yang ramai dan nikmat, bukan suasana penguburan, sehingga perkataan ini mengejutkan. Orang tidak mau memikirkan maut di pesta. Tampaknya pikiran Tuhan Yesus terbayang kematian-Nya.

Tuhan Yesus memihak pada Maria, dan menolak keberatan Yudas. Pemakaian minyak mahal itu yang disimpan oleh Maria sampai saat itu tepat.

Ada kemungkinan Maria telah memahami perkataan-perkataan Tuhan Yesus mengenai kematian-Nya yang mendekat, tetapi barangkali Maria menjadi seperti Kayafas, yang mengucapkan perkataan yang lebih dalam dari pada pemahanannya. Tampaknya, tanpa menyadarinya Maria telah menegaskan bahwa kematian Tuhan Yesus telah dekat.

Hagelberg: Yoh 12:7 - -- 12:7 Maka kata Yesus, "Biarkanlah dia melakukan hal ini mengingat hari penguburan-Ku896. Dalam budaya Yahudi, pengurapan terkait dengan suasana yang r...

12:7 Maka kata Yesus, "Biarkanlah dia melakukan hal ini mengingat hari penguburan-Ku896.

Dalam budaya Yahudi, pengurapan terkait dengan suasana yang ramai dan nikmat, bukan suasana penguburan, sehingga perkataan ini mengejutkan. Orang tidak mau memikirkan maut di pesta. Tampaknya pikiran Tuhan Yesus terbayang kematian-Nya.

Tuhan Yesus memihak pada Maria, dan menolak keberatan Yudas. Pemakaian minyak mahal itu yang disimpan oleh Maria sampai saat itu tepat.

Ada kemungkinan Maria telah memahami perkataan-perkataan Tuhan Yesus mengenai kematian-Nya yang mendekat, tetapi barangkali Maria menjadi seperti Kayafas, yang mengucapkan perkataan yang lebih dalam dari pada pemahanannya. Tampaknya, tanpa menyadarinya Maria telah menegaskan bahwa kematian Tuhan Yesus telah dekat.

Hagelberg: Yoh 12:8 - -- 12:8 Karena orang-orang miskin selalu ada pada kamu, tetapi Aku tidak akan selalu ada pada kamu." Dia menegaskan bahwa saat itu saat kritis, bukan saa...

12:8 Karena orang-orang miskin selalu ada pada kamu, tetapi Aku tidak akan selalu ada pada kamu."

Dia menegaskan bahwa saat itu saat kritis, bukan saat biasa. Memang biasanya kita harus berbelas kasihan terhadap orang-orang miskin, tetapi saat itu mereka tidak mengerti bahwa ada urusan yang penting dan mendadak, yaitu kematian-Nya.

Hagelberg: Yoh 12:8 - -- 12:8 Karena orang-orang miskin selalu ada pada kamu, tetapi Aku tidak akan selalu ada pada kamu." Dia menegaskan bahwa saat itu saat kritis, bukan saa...

12:8 Karena orang-orang miskin selalu ada pada kamu, tetapi Aku tidak akan selalu ada pada kamu."

Dia menegaskan bahwa saat itu saat kritis, bukan saat biasa. Memang biasanya kita harus berbelas kasihan terhadap orang-orang miskin, tetapi saat itu mereka tidak mengerti bahwa ada urusan yang penting dan mendadak, yaitu kematian-Nya.

Hagelberg: Yoh 12:9 - -- 12:9 Sejumlah besar897 orang Yahudi mendengar898, bahwa Yesus ada di sana dan mereka datang bukan hanya karena Yesus, melainkan juga untuk melihat Laz...

12:9 Sejumlah besar897 orang Yahudi mendengar898, bahwa Yesus ada di sana dan mereka datang bukan hanya karena Yesus, melainkan juga untuk melihat Lazarus, yang telah dibangkitkan-Nya dari antara orang mati.

Dalam pasal 11:56 mereka yang sudah datang ke Yerusalem mencari-cari Tuhan Yesus, yang saat itu masih di Efraim (pasal 11:54). Akhirnya mereka mendapat berita bahwa Ia datang ke Betania. Sesudah mata hari terbenam (sehingga Sabat selesai), mereka berjalan ke sana899 untuk melihat Tuhan Yesus dan Lazarus, seseorang yang dibangkitkan dari antara orang mati. Kampung itu pasti menjadi ramai, dan keramaian itu diketahui oleh iman-iman kepala.

Hagelberg: Yoh 12:9 - -- 12:9 Sejumlah besar897 orang Yahudi mendengar898, bahwa Yesus ada di sana dan mereka datang bukan hanya karena Yesus, melainkan juga untuk melihat Laz...

12:9 Sejumlah besar897 orang Yahudi mendengar898, bahwa Yesus ada di sana dan mereka datang bukan hanya karena Yesus, melainkan juga untuk melihat Lazarus, yang telah dibangkitkan-Nya dari antara orang mati.

Dalam pasal 11:56 mereka yang sudah datang ke Yerusalem mencari-cari Tuhan Yesus, yang saat itu masih di Efraim (pasal 11:54). Akhirnya mereka mendapat berita bahwa Ia datang ke Betania. Sesudah mata hari terbenam (sehingga Sabat selesai), mereka berjalan ke sana899 untuk melihat Tuhan Yesus dan Lazarus, seseorang yang dibangkitkan dari antara orang mati. Kampung itu pasti menjadi ramai, dan keramaian itu diketahui oleh iman-iman kepala.

Hagelberg: Yoh 12:10-11 - -- 12:10-11 Lalu imam-imam kepala bermufakat untuk membunuh Lazarus juga, sebab karena dia banyak orang Yahudi meninggalkan mereka dan percaya kepada Yes...

12:10-11 Lalu imam-imam kepala bermufakat untuk membunuh Lazarus juga, sebab karena dia banyak orang Yahudi meninggalkan mereka dan percaya kepada Yesus.

Beberapa tema yang penting bagi Yohanes muncul lagi dalam ayat ini. Ada kontras yang nyata antara mereka yang percaya dan mereka yang menolak.

Juga, kebebalan mereka yang melawan Tuhan Yesus, yang telah dinyatakan dalam pasal 9, terlihat dalam ayat ini. Lazarus telah meninggal, dan dia telah dibangkitkan dari antara orang-orang mati. Imam-imam kepala tidak dapat menyangkal hal itu. Namun mereka bermufakat untuk membunuh Lazarus! Apakah mereka belum mengerti bahwa mereka melawan sesuatu yang jauh lebih besar dari pada diri mereka? Bukanlah mereka yang berkuasa atas maut, tetapi Tuhan Yesus. Tuhan Yesus, yang dapat membangkitkan Lazarus, juga dapat melindungi dia dari mereka.

Apa yang mereka takuti dalam pasal 11:48 ("semua orang akan percaya kepada-Nya") sedang terjadi.

Hagelberg: Yoh 12:10-11 - -- 12:10-11 Lalu imam-imam kepala bermufakat untuk membunuh Lazarus juga, sebab karena dia banyak orang Yahudi meninggalkan mereka dan percaya kepada Yes...

12:10-11 Lalu imam-imam kepala bermufakat untuk membunuh Lazarus juga, sebab karena dia banyak orang Yahudi meninggalkan mereka dan percaya kepada Yesus.

Beberapa tema yang penting bagi Yohanes muncul lagi dalam ayat ini. Ada kontras yang nyata antara mereka yang percaya dan mereka yang menolak.

Juga, kebebalan mereka yang melawan Tuhan Yesus, yang telah dinyatakan dalam pasal 9, terlihat dalam ayat ini. Lazarus telah meninggal, dan dia telah dibangkitkan dari antara orang-orang mati. Imam-imam kepala tidak dapat menyangkal hal itu. Namun mereka bermufakat untuk membunuh Lazarus! Apakah mereka belum mengerti bahwa mereka melawan sesuatu yang jauh lebih besar dari pada diri mereka? Bukanlah mereka yang berkuasa atas maut, tetapi Tuhan Yesus. Tuhan Yesus, yang dapat membangkitkan Lazarus, juga dapat melindungi dia dari mereka.

Apa yang mereka takuti dalam pasal 11:48 ("semua orang akan percaya kepada-Nya") sedang terjadi.

Hagelberg: Yoh 12:12 - -- 12:12 Keesokan harinya901 ketika orang banyak902 yang datang merayakan pesta903 mendengar, bahwa Yesus sedang di tengah jalan menuju Yerusalem, Mereka...

12:12 Keesokan harinya901 ketika orang banyak902 yang datang merayakan pesta903 mendengar, bahwa Yesus sedang di tengah jalan menuju Yerusalem,

Mereka yang telah meyaksikan mukjizat Tuhan Yesus di Galilea masih berharap supaya Ia menjadi Raja Israel. Apa yang mereka harapkan pada hari Paskah yang dikisahkan dalam pasal 6:1-15, tampaknya mau terwujud pada Paskah ini. Dia ke Yerusalem, dan mereka sangat bersemangat untuk menyongsong Raja mereka.

Hagelberg: Yoh 12:12-19 - -- 3. Yesus dielu-elukan (12:12-19) Setelah ramai-ramai di Betania hari Sabtu sore dan malam, ternyata ramai-ramai lagi di depan pintu gerbang Yerusalem ...

3. Yesus dielu-elukan (12:12-19)

Setelah ramai-ramai di Betania hari Sabtu sore dan malam, ternyata ramai-ramai lagi di depan pintu gerbang Yerusalem hari Minggu pagi. Segala keramaian tersebut pasti menarik perhatian musuh Tuhan Yesus. Peristiwa ini diceritakan dalam keempat Injil (Matius 21:1-11; Markus 11:1-11; Lukas 19:29-38; dan Yohanes 12:12-19).900

Hagelberg: Yoh 12:12 - -- 12:12 Keesokan harinya901 ketika orang banyak902 yang datang merayakan pesta903 mendengar, bahwa Yesus sedang di tengah jalan menuju Yerusalem, Mereka...

12:12 Keesokan harinya901 ketika orang banyak902 yang datang merayakan pesta903 mendengar, bahwa Yesus sedang di tengah jalan menuju Yerusalem,

Mereka yang telah meyaksikan mukjizat Tuhan Yesus di Galilea masih berharap supaya Ia menjadi Raja Israel. Apa yang mereka harapkan pada hari Paskah yang dikisahkan dalam pasal 6:1-15, tampaknya mau terwujud pada Paskah ini. Dia ke Yerusalem, dan mereka sangat bersemangat untuk menyongsong Raja mereka.

Hagelberg: Yoh 12:13 - -- 12:13 mereka mengambil daun-daun palem, dan pergi menyongsong Dia sambil berseru-seru, "Hosana!904 Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, Raja...

12:13 mereka mengambil daun-daun palem, dan pergi menyongsong Dia sambil berseru-seru, "Hosana!904 Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, Raja Israel!"

Sekali lagi905 suasana hari Paskah meningkatkan semangat nasionalisme umat Israel. Baik daun-daun palem maupun seruan mereka menyatakan bahwa Tuhan Yesus disongsong sebagai Mesias.

Daun-daun palem melambangkan harapan bangsa Israel bahwa Mesias akan datang mengalahkan musuh mereka dan memerdekakan mereka.906

Seruan hosana berarti "selamatkanlah", tetapi sudah menjadi seruan pujian. Pada hari raya Pondok Daun Mazmur 118 diserukan dan daun palem907 dilambaikan. Istilah hosana juga dipakai dalam Mazmur 118:25. Ungkapan Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan adalah Mazmur 118:26a. Mereka juga menambahkan ungkapan Raja Israel Ungkapan itu tidak ada dalam Mazmur 118:25, tetapi pemakaiannya menyatakan bahwa menurut pengertian mereka, Mazmur 118:25 merujuk kepada Mesias. Orang banyak itu menyambut Tuhan Yesus sebagai Mesias, Raja Israel.908

Hagelberg: Yoh 12:13 - -- 12:13 mereka mengambil daun-daun palem, dan pergi menyongsong Dia sambil berseru-seru, "Hosana!904 Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, Raja...

12:13 mereka mengambil daun-daun palem, dan pergi menyongsong Dia sambil berseru-seru, "Hosana!904 Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, Raja Israel!"

Sekali lagi905 suasana hari Paskah meningkatkan semangat nasionalisme umat Israel. Baik daun-daun palem maupun seruan mereka menyatakan bahwa Tuhan Yesus disongsong sebagai Mesias.

Daun-daun palem melambangkan harapan bangsa Israel bahwa Mesias akan datang mengalahkan musuh mereka dan memerdekakan mereka.906

Seruan hosana berarti "selamatkanlah", tetapi sudah menjadi seruan pujian. Pada hari raya Pondok Daun Mazmur 118 diserukan dan daun palem907 dilambaikan. Istilah hosana juga dipakai dalam Mazmur 118:25. Ungkapan Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan adalah Mazmur 118:26a. Mereka juga menambahkan ungkapan Raja Israel Ungkapan itu tidak ada dalam Mazmur 118:25, tetapi pemakaiannya menyatakan bahwa menurut pengertian mereka, Mazmur 118:25 merujuk kepada Mesias. Orang banyak itu menyambut Tuhan Yesus sebagai Mesias, Raja Israel.908

Hagelberg: Yoh 12:14 - -- 12:14 Yesus menemukan seekor keledai muda lalu Ia naik ke atasnya, seperti ada tertulis: Injil Sinoptik menceritakan lebih banyak mengenai keledai mud...

12:14 Yesus menemukan seekor keledai muda lalu Ia naik ke atasnya, seperti ada tertulis:

Injil Sinoptik menceritakan lebih banyak mengenai keledai muda itu, dan bagaimana caranya keledai itu diperoleh. Hanya Matius yang menceritakan mengenai induk dari keledai muda itu. Matius mengutip Zakharia 9:9. Markus dan Lukas menjelaskan bahwa keledai muda itu "belum pernah ditunggangi orang". Dia tidak datang menunggangi seekor kuda perang, sesuai dengna harapan orang banyak itu. Dia datang menunggangi seekor keledai, yang tidak mungkin ikut dalam pertempuran! Kelemah lembutan-Nya disebutkan dalam Zakharia 9:9.

Hagelberg: Yoh 12:14 - -- 12:14 Yesus menemukan seekor keledai muda lalu Ia naik ke atasnya, seperti ada tertulis: Injil Sinoptik menceritakan lebih banyak mengenai keledai mud...

12:14 Yesus menemukan seekor keledai muda lalu Ia naik ke atasnya, seperti ada tertulis:

Injil Sinoptik menceritakan lebih banyak mengenai keledai muda itu, dan bagaimana caranya keledai itu diperoleh. Hanya Matius yang menceritakan mengenai induk dari keledai muda itu. Matius mengutip Zakharia 9:9. Markus dan Lukas menjelaskan bahwa keledai muda itu "belum pernah ditunggangi orang". Dia tidak datang menunggangi seekor kuda perang, sesuai dengna harapan orang banyak itu. Dia datang menunggangi seekor keledai, yang tidak mungkin ikut dalam pertempuran! Kelemah lembutan-Nya disebutkan dalam Zakharia 9:9.

Hagelberg: Yoh 12:15 - -- 12:15 "Jangan takut, hai puteri Sion, lihatlah, Rajamu datang, duduk di atas seekor anak keledai." Kutipan ini terambil dari Zakharia 9:9, dengan tamb...

12:15 "Jangan takut, hai puteri Sion, lihatlah, Rajamu datang, duduk di atas seekor anak keledai."

Kutipan ini terambil dari Zakharia 9:9, dengan tambahan Jangan takut, mungkin dari Yesaya 40:9. Dia datan gsebagai Mesias, Raja Israel.

Hagelberg: Yoh 12:15 - -- 12:15 "Jangan takut, hai puteri Sion, lihatlah, Rajamu datang, duduk di atas seekor anak keledai." Kutipan ini terambil dari Zakharia 9:9, dengan tamb...

12:15 "Jangan takut, hai puteri Sion, lihatlah, Rajamu datang, duduk di atas seekor anak keledai."

Kutipan ini terambil dari Zakharia 9:9, dengan tambahan Jangan takut, mungkin dari Yesaya 40:9. Dia datan gsebagai Mesias, Raja Israel.

Hagelberg: Yoh 12:16 - -- 12:16 Mula-mula murid-murid Yesus tidak mengerti akan hal itu, tetapi sesudah Yesus dimuliakan, teringatlah mereka, bahwa nas itu mengenai Dia, dan ba...

12:16 Mula-mula murid-murid Yesus tidak mengerti akan hal itu, tetapi sesudah Yesus dimuliakan, teringatlah mereka, bahwa nas itu mengenai Dia, dan bahwa mereka telah melakukannya juga untuk Dia.

Ayat ini hampir sama dengan pasal 2:22, yang menjelaskan bahwa setelah Dia bangkit murid-murid-Nya baru mengerti mengenai perkataan-Nya pada waktu Dia mengusir mereka dari pelataran bait Allah. Setelah Tuhan Yesus dimuliakan, mereka mengerti bahwa Dia, yang memang Raja Israel, adalah Raja yang jauh berbeda dari raja yang diharapkan oleh orang banyak itu.

Hagelberg: Yoh 12:16 - -- 12:16 Mula-mula murid-murid Yesus tidak mengerti akan hal itu, tetapi sesudah Yesus dimuliakan, teringatlah mereka, bahwa nas itu mengenai Dia, dan ba...

12:16 Mula-mula murid-murid Yesus tidak mengerti akan hal itu, tetapi sesudah Yesus dimuliakan, teringatlah mereka, bahwa nas itu mengenai Dia, dan bahwa mereka telah melakukannya juga untuk Dia.

Ayat ini hampir sama dengan pasal 2:22, yang menjelaskan bahwa setelah Dia bangkit murid-murid-Nya baru mengerti mengenai perkataan-Nya pada waktu Dia mengusir mereka dari pelataran bait Allah. Setelah Tuhan Yesus dimuliakan, mereka mengerti bahwa Dia, yang memang Raja Israel, adalah Raja yang jauh berbeda dari raja yang diharapkan oleh orang banyak itu.

Hagelberg: Yoh 12:17 - -- 12:17 Orang banyak yang bersama-sama dengan Dia ketika Ia memanggil Lazarus keluar dari kubur dan membangkitkannya dari antara orang mati, memberi kes...

12:17 Orang banyak yang bersama-sama dengan Dia ketika Ia memanggil Lazarus keluar dari kubur dan membangkitkannya dari antara orang mati, memberi kesaksian909 tentang Dia.

Tampaknya orang banyak yang menyaksikan kebangkitan Lazarus tidak rela berdiam diri. Di tengah-tengah keramaian persiapan Paskah, mereka memberi kesaksian tentang Dia.

Hagelberg: Yoh 12:17 - -- 12:17 Orang banyak yang bersama-sama dengan Dia ketika Ia memanggil Lazarus keluar dari kubur dan membangkitkannya dari antara orang mati, memberi kes...

12:17 Orang banyak yang bersama-sama dengan Dia ketika Ia memanggil Lazarus keluar dari kubur dan membangkitkannya dari antara orang mati, memberi kesaksian909 tentang Dia.

Tampaknya orang banyak yang menyaksikan kebangkitan Lazarus tidak rela berdiam diri. Di tengah-tengah keramaian persiapan Paskah, mereka memberi kesaksian tentang Dia.

Hagelberg: Yoh 12:18 - -- 12:18 Sebab itu orang banyak itu pergi menyongsong Dia, karena mereka mendengar, bahwa Ia yang membuat mukjizat itu. Kesaksian mereka efektif. Sekali ...

12:18 Sebab itu orang banyak itu pergi menyongsong Dia, karena mereka mendengar, bahwa Ia yang membuat mukjizat itu.

Kesaksian mereka efektif. Sekali lagi kita membaca ungkapan orang banyak. Suasana tempat itu pasti ramai dan tegang.

Hagelberg: Yoh 12:18 - -- 12:18 Sebab itu orang banyak itu pergi menyongsong Dia, karena mereka mendengar, bahwa Ia yang membuat mukjizat itu. Kesaksian mereka efektif. Sekali ...

12:18 Sebab itu orang banyak itu pergi menyongsong Dia, karena mereka mendengar, bahwa Ia yang membuat mukjizat itu.

Kesaksian mereka efektif. Sekali lagi kita membaca ungkapan orang banyak. Suasana tempat itu pasti ramai dan tegang.

Hagelberg: Yoh 12:19 - -- 12:19 Maka kata orang-orang Farisi seorang kepada yang lain, "Kamu lihat sendiri, bahwa kamu sama sekali tidak berhasil, lihatlah, seluruh dunia datan...

12:19 Maka kata orang-orang Farisi seorang kepada yang lain, "Kamu lihat sendiri, bahwa kamu sama sekali tidak berhasil, lihatlah, seluruh dunia datang mengikuti Dia."

Rasa frustrasi orang-orang Farisi sangat nyata. Mereka takut, bingung, iri, dan marah. Mereka sudah mengambil keputusan untuk membunuh Dia, tetapi jika orang banyak itu menangkap mereka dalam usaha membunuh Dia, akibatnya mungkin bahaya sekali bagi mereka. Stabilitas negara semakin goyang: Dia harus dibunuh, tetapi bagaimana caranya? Mereka bingung.

Ungkapan mereka bahwa seluruh dunia datang mengikuti Dia, sangat ironis. Menurut maksud mereka, banyak orang Yahudi dari Yerusalem, Yudea, Galilea, dan juga orang-orang dari luar Israel, datang mengikuti Dia. Namun sebenarnya bukan saja orang Yahudi yang datang mengikuti Dia! Orang bukan Yahudi (misalnya "beberapa orang Yunani" yang disebutkan dalam ayat berikut!) juga datang mengikuti Dia.

Hagelberg: Yoh 12:19 - -- 12:19 Maka kata orang-orang Farisi seorang kepada yang lain, "Kamu lihat sendiri, bahwa kamu sama sekali tidak berhasil, lihatlah, seluruh dunia datan...

12:19 Maka kata orang-orang Farisi seorang kepada yang lain, "Kamu lihat sendiri, bahwa kamu sama sekali tidak berhasil, lihatlah, seluruh dunia datang mengikuti Dia."

Rasa frustrasi orang-orang Farisi sangat nyata. Mereka takut, bingung, iri, dan marah. Mereka sudah mengambil keputusan untuk membunuh Dia, tetapi jika orang banyak itu menangkap mereka dalam usaha membunuh Dia, akibatnya mungkin bahaya sekali bagi mereka. Stabilitas negara semakin goyang: Dia harus dibunuh, tetapi bagaimana caranya? Mereka bingung.

Ungkapan mereka bahwa seluruh dunia datang mengikuti Dia, sangat ironis. Menurut maksud mereka, banyak orang Yahudi dari Yerusalem, Yudea, Galilea, dan juga orang-orang dari luar Israel, datang mengikuti Dia. Namun sebenarnya bukan saja orang Yahudi yang datang mengikuti Dia! Orang bukan Yahudi (misalnya "beberapa orang Yunani" yang disebutkan dalam ayat berikut!) juga datang mengikuti Dia.

Hagelberg: Yoh 12:20 - -- 12:20 Di antara mereka yang berangkat untuk beribadah pada hari raya itu, terdapat beberapa orang Yunani. Status beberapa orang Yunani itu tidak dijel...

12:20 Di antara mereka yang berangkat untuk beribadah pada hari raya itu, terdapat beberapa orang Yunani.

Status beberapa orang Yunani itu tidak dijelaskan. Mungkin mereka telah memeluk agama Yahudi secara resmi, tetapi mungkin tidak.910 Juga, istilah Yunani dapat merujuk pada suku dan negara asal mereka, tetapi istilah itu juga dapat berarti "orang bukan Yahudi", seperti dalam Kisah Para Rasul 19:17, karena mereka telah "diYunanikan", yaitu mereka telah meninggalkan budaya dan bahasa setempat, dan memeluk budaya dan bahasa Yunani.

Hagelberg: Yoh 12:20-36 - -- 4. Orang kafir memicu pernyataan Yesus mengenai \"saatnya\" (12:20-36) Setelah dia mencatat perkataan yang ironis tersebut, Yohanes mencatat peristiwa...

4. Orang kafir memicu pernyataan Yesus mengenai \"saatnya\" (12:20-36)

Setelah dia mencatat perkataan yang ironis tersebut, Yohanes mencatat peristiwa permohonan beberapa orang Yunani. Susunan ini tidak sembarangan. Sekali lagi musuh Tuhan Yesus mengucapkan suatu kebenaran, tanpa menyadari bahwa perkataan mereka mempunyai arti yang ironis. Dalam pasal 11:51-52 Yohanes menjelaskan bahwa perkataan Imam Besar merupakan nubuatan, tetapi dalam nas ini Yohanes tidak menjelaskan keironisan perkataan mereka secara terang-terangan. Namun kisah ini mengenai permohonan beberapa orang Yunani menyatakan bahwa memang "seluruh dunia mengikuti Dia", sementara ini diwaklili oleh beberapa orang Yunani.

Seolah-olah tanggapan Tuhan Yesus kurang tepat. Tampaknya tidak ada kaitan antara permohonan mereka dan tanggapan Tuhan Yesus. Namun ada kaitan. Bagi Tuhan Yesus, orang-orang Yunani itu melambangkan seluruh dunia yang harus dijangkau dengan berita kematian dan kenaikan-Nya. Lagipula mereka tidak akan dijangkau kecuali pengikut-pengikut Tuhan Yesus rela mengikuti teladan-Nya, dan tidak mengasihi nyawanya. Dengan demikian pokok-pokok yang diungkapkan dalamm nas ini memiliki kesatuan dan tujuan yang sangat tepat.

Hagelberg: Yoh 12:20 - -- 12:20 Di antara mereka yang berangkat untuk beribadah pada hari raya itu, terdapat beberapa orang Yunani. Status beberapa orang Yunani itu tidak dijel...

12:20 Di antara mereka yang berangkat untuk beribadah pada hari raya itu, terdapat beberapa orang Yunani.

Status beberapa orang Yunani itu tidak dijelaskan. Mungkin mereka telah memeluk agama Yahudi secara resmi, tetapi mungkin tidak.910 Juga, istilah Yunani dapat merujuk pada suku dan negara asal mereka, tetapi istilah itu juga dapat berarti "orang bukan Yahudi", seperti dalam Kisah Para Rasul 19:17, karena mereka telah "diYunanikan", yaitu mereka telah meninggalkan budaya dan bahasa setempat, dan memeluk budaya dan bahasa Yunani.

Hagelberg: Yoh 12:21 - -- 12:21 Orang-orang itu pergi kepada Filipus, yang berasal dari Betsaida di Galilea, lalu berkata kepadanya, "Tuan, kami ingin bertemu911 dengan Yesus."...

12:21 Orang-orang itu pergi kepada Filipus, yang berasal dari Betsaida di Galilea, lalu berkata kepadanya, "Tuan, kami ingin bertemu911 dengan Yesus."

Apa yang menarik mereka kepada Tuhan Yesus tidak dijelaskan. Mungkin mereka telah mendengar Dia, atau mereka telah mendengar kabar angin mengenai Dia. Jika mereka dari Dekapolis, mereka dapat mengetahui tentang pelayanan-Nya di Galilea.912

Hagelberg: Yoh 12:21 - -- 12:21 Orang-orang itu pergi kepada Filipus, yang berasal dari Betsaida di Galilea, lalu berkata kepadanya, "Tuan, kami ingin bertemu911 dengan Yesus."...

12:21 Orang-orang itu pergi kepada Filipus, yang berasal dari Betsaida di Galilea, lalu berkata kepadanya, "Tuan, kami ingin bertemu911 dengan Yesus."

Apa yang menarik mereka kepada Tuhan Yesus tidak dijelaskan. Mungkin mereka telah mendengar Dia, atau mereka telah mendengar kabar angin mengenai Dia. Jika mereka dari Dekapolis, mereka dapat mengetahui tentang pelayanan-Nya di Galilea.912

Hagelberg: Yoh 12:22 - -- 12:22 Filipus pergi memberitahukannya kepada Andreas; Andreas913 dan Filipus menyampaikannya pula kepada Yesus. Tampaknya Filipus agak segan memperken...

12:22 Filipus pergi memberitahukannya kepada Andreas; Andreas913 dan Filipus menyampaikannya pula kepada Yesus.

Tampaknya Filipus agak segan memperkenalkan mereka kepada Tuhan Yesus, mungkin karena dia belum mengerti apakah Tuhan Yesus ingin melayani orang bukan Yahudi, yaitu orang yang disebut "kafir". Dia berharap supaya Andreas memberi usulan atau menemani dia.

Hagelberg: Yoh 12:22 - -- 12:22 Filipus pergi memberitahukannya kepada Andreas; Andreas913 dan Filipus menyampaikannya pula kepada Yesus. Tampaknya Filipus agak segan memperken...

12:22 Filipus pergi memberitahukannya kepada Andreas; Andreas913 dan Filipus menyampaikannya pula kepada Yesus.

Tampaknya Filipus agak segan memperkenalkan mereka kepada Tuhan Yesus, mungkin karena dia belum mengerti apakah Tuhan Yesus ingin melayani orang bukan Yahudi, yaitu orang yang disebut "kafir". Dia berharap supaya Andreas memberi usulan atau menemani dia.

Hagelberg: Yoh 12:23 - -- 12:23 Tetapi Yesus menjawab mereka, kata-Nya, "Telah tiba914 saatnya Anak Manusia dimuliakan. Sangat ironis bahwa pada saat pemimpin orang Yahudi sema...

12:23 Tetapi Yesus menjawab mereka, kata-Nya, "Telah tiba914 saatnya Anak Manusia dimuliakan.

Sangat ironis bahwa pada saat pemimpin orang Yahudi semakin melawan Dia, orang bukan Yahudi hendak mendekat kepada-Nya. Tuhan Yesus tidak menanggapi permohonan orang-orang Yunani itu, tetapi Dia menanggapi situasi yang ironis itu. Dia menanggapi adanya suku-suku bangsa yang sangat memerlukan Dia. Dengan demikian permohonan mereka menjadi semacam "picu" yang mendorong Dia untuk berbicara mengenai karya-Nya yang akan menyediakan keselamatan bagi segala suku bangsa.

Sampai dengan ayat ini, istilah saat ini915 merujuk pada peristiwa yang belum datang.916 Tuhan Yesus memakai istilah itu untuk menceritakan kematian, kebangkitan, dan kenaikan-Nya. Menurut pandangan Dia, Dia dimuliakan di kayu salib dan juga di kubur, bukan hanya pada saat Dia dibangkitkan. Bagaimana caranya salib Tuhan Yesus mengandung kemuliaan-Nya merupakan suatu rahasia yang tidak dapat dipahami oleh orang congkak.

Oleh karena kaitan erat antara Kidung Hamba yang ke empat, yaitu Yesaya 52:13-53:12, dan Yohanes pasal 12:37-41, mungkin ayat ini juga terkait dengan Yesaya 52:13.917 Dalam Injil Yohanes Dia dimuliakan, dan dalam Yesaya 52:13 Hamba itu "ditinggikan, disanjung dan dimuliakan".

Orang Yunani itu tidak disebutkan lagi, dan kita tidak diberitahu apa mereka berhasil bertemu dengan Tuhan Yesus.

Ayat ini terfokus pada Tuhan Yesus, tetapi fokus ayat berikut melebar dan menjangkau Dia dan seluruh umat manusia.

Hagelberg: Yoh 12:23 - -- 12:23 Tetapi Yesus menjawab mereka, kata-Nya, "Telah tiba914 saatnya Anak Manusia dimuliakan. Sangat ironis bahwa pada saat pemimpin orang Yahudi sema...

12:23 Tetapi Yesus menjawab mereka, kata-Nya, "Telah tiba914 saatnya Anak Manusia dimuliakan.

Sangat ironis bahwa pada saat pemimpin orang Yahudi semakin melawan Dia, orang bukan Yahudi hendak mendekat kepada-Nya. Tuhan Yesus tidak menanggapi permohonan orang-orang Yunani itu, tetapi Dia menanggapi situasi yang ironis itu. Dia menanggapi adanya suku-suku bangsa yang sangat memerlukan Dia. Dengan demikian permohonan mereka menjadi semacam "picu" yang mendorong Dia untuk berbicara mengenai karya-Nya yang akan menyediakan keselamatan bagi segala suku bangsa.

Sampai dengan ayat ini, istilah saat ini915 merujuk pada peristiwa yang belum datang.916 Tuhan Yesus memakai istilah itu untuk menceritakan kematian, kebangkitan, dan kenaikan-Nya. Menurut pandangan Dia, Dia dimuliakan di kayu salib dan juga di kubur, bukan hanya pada saat Dia dibangkitkan. Bagaimana caranya salib Tuhan Yesus mengandung kemuliaan-Nya merupakan suatu rahasia yang tidak dapat dipahami oleh orang congkak.

Oleh karena kaitan erat antara Kidung Hamba yang ke empat, yaitu Yesaya 52:13-53:12, dan Yohanes pasal 12:37-41, mungkin ayat ini juga terkait dengan Yesaya 52:13.917 Dalam Injil Yohanes Dia dimuliakan, dan dalam Yesaya 52:13 Hamba itu "ditinggikan, disanjung dan dimuliakan".

Orang Yunani itu tidak disebutkan lagi, dan kita tidak diberitahu apa mereka berhasil bertemu dengan Tuhan Yesus.

Ayat ini terfokus pada Tuhan Yesus, tetapi fokus ayat berikut melebar dan menjangkau Dia dan seluruh umat manusia.

Hagelberg: Yoh 12:24 - -- 12:24 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jikalau biji gandum tidak jatuh ke dalam tanah dan mati, ia tetap satu biji saja; tetapi jika ia mati, ia aka...

12:24 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jikalau biji gandum tidak jatuh ke dalam tanah dan mati, ia tetap satu biji saja; tetapi jika ia mati, ia akan menghasilkan banyak buah.

Pengamatan ini mengenai biji gandum biasa dan nyata. Namun apa yang biasa dan nyata menjadi pelajaran rohani yang dalam. Kemuliaan Tuhan Yesus dapat disamakan dengan biji gandum yang jatuh ke dalam tanah dan mati. Dia rela mentaati Bapa-Nya demi kepentingan suku-suku bangsa yang diwakili oleh orang-orang Yunani itu, sehingga Ia akan menghasilkan banyak buah. Prinsip ini tidak hanya berlaku bagi Dia saja, tetapi bagi kita juga. Ayat yang berikut menyatakan bahwa prinsip ini berlaku bagi "barangsiapa", yaitu umat manusia.

Hagelberg: Yoh 12:24 - -- 12:24 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jikalau biji gandum tidak jatuh ke dalam tanah dan mati, ia tetap satu biji saja; tetapi jika ia mati, ia aka...

12:24 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jikalau biji gandum tidak jatuh ke dalam tanah dan mati, ia tetap satu biji saja; tetapi jika ia mati, ia akan menghasilkan banyak buah.

Pengamatan ini mengenai biji gandum biasa dan nyata. Namun apa yang biasa dan nyata menjadi pelajaran rohani yang dalam. Kemuliaan Tuhan Yesus dapat disamakan dengan biji gandum yang jatuh ke dalam tanah dan mati. Dia rela mentaati Bapa-Nya demi kepentingan suku-suku bangsa yang diwakili oleh orang-orang Yunani itu, sehingga Ia akan menghasilkan banyak buah. Prinsip ini tidak hanya berlaku bagi Dia saja, tetapi bagi kita juga. Ayat yang berikut menyatakan bahwa prinsip ini berlaku bagi "barangsiapa", yaitu umat manusia.

Hagelberg: Yoh 12:25 - -- 12:25 Barangsiapa mencintai nyawanya, ia akan kehilangan918 nyawanya, tetapi barangsiapa tidak mencintai nyawanya di dunia ini, ia akan memeliharanya ...

12:25 Barangsiapa mencintai nyawanya, ia akan kehilangan918 nyawanya, tetapi barangsiapa tidak mencintai nyawanya di dunia ini, ia akan memeliharanya sampai919 hidup yang kekal.

Fokus ayat ini tetap lebar, menjangkau Tuhan Yesus dan seluruh umat mausia.920 Dia mengerti bahwa jalan yang terbaik adalah jalan yang mengutamakan orang lain. Orang yang mengutamakan hidup mereka sendiri sebenarnya justru merusak hidup mereka, dan orang yang mengutamakan orang lain sebenarnya memperkayakan diri mereka dalam kekekalan. Tuhan Yesus tidak mengajar bahwa manusia dapat beroleh keselamatan dengan cara perbuatan yang baik.

Hagelberg: Yoh 12:25 - -- 12:25 Barangsiapa mencintai nyawanya, ia akan kehilangan918 nyawanya, tetapi barangsiapa tidak mencintai nyawanya di dunia ini, ia akan memeliharanya ...

12:25 Barangsiapa mencintai nyawanya, ia akan kehilangan918 nyawanya, tetapi barangsiapa tidak mencintai nyawanya di dunia ini, ia akan memeliharanya sampai919 hidup yang kekal.

Fokus ayat ini tetap lebar, menjangkau Tuhan Yesus dan seluruh umat mausia.920 Dia mengerti bahwa jalan yang terbaik adalah jalan yang mengutamakan orang lain. Orang yang mengutamakan hidup mereka sendiri sebenarnya justru merusak hidup mereka, dan orang yang mengutamakan orang lain sebenarnya memperkayakan diri mereka dalam kekekalan. Tuhan Yesus tidak mengajar bahwa manusia dapat beroleh keselamatan dengan cara perbuatan yang baik.

Hagelberg: Yoh 12:26 - -- 12:26 Barangsiapa melayani Aku, ia harus mengikut Aku dan di mana Aku berada, di situpun pelayan-Ku akan berada. Barangsiapa melayani Aku, ia akan dih...

12:26 Barangsiapa melayani Aku, ia harus mengikut Aku dan di mana Aku berada, di situpun pelayan-Ku akan berada. Barangsiapa melayani Aku, ia akan dihormati Bapa.

Ayat ini tidak terfokus kepada Tuhan Yesus, tetapi pada orang-orang yang melayani Dia. Seorang ahli Injil Yohanes berkata,921 "Mengikuti Yesus merupakan seluruh keawajiban orang Kristen, dan berada di mana Tuhan Yesus berada merupakan seluruh pahalahnya." Dalam konteks ini, ungkapan ia harus mengikut Aku berarti "ia harus menderita seperti Tuhan Yesus menderita". Bukankah hal yang sama dikatakan oleh Rasul Paulus dalam Filip 3:10, yang berbunyi, "yang kuhendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitan-Nya dan persekutuan dalam penderitaan-Nya, di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya...."

Perjanjian Baru sering mengajar bahwa orang yang melayani dengan setia akan menerima pahala. Dalam ayat ini bentuk pahala adalah hormat dari Allah Bapa.

Hagelberg: Yoh 12:26 - -- 12:26 Barangsiapa melayani Aku, ia harus mengikut Aku dan di mana Aku berada, di situpun pelayan-Ku akan berada. Barangsiapa melayani Aku, ia akan dih...

12:26 Barangsiapa melayani Aku, ia harus mengikut Aku dan di mana Aku berada, di situpun pelayan-Ku akan berada. Barangsiapa melayani Aku, ia akan dihormati Bapa.

Ayat ini tidak terfokus kepada Tuhan Yesus, tetapi pada orang-orang yang melayani Dia. Seorang ahli Injil Yohanes berkata,921 "Mengikuti Yesus merupakan seluruh keawajiban orang Kristen, dan berada di mana Tuhan Yesus berada merupakan seluruh pahalahnya." Dalam konteks ini, ungkapan ia harus mengikut Aku berarti "ia harus menderita seperti Tuhan Yesus menderita". Bukankah hal yang sama dikatakan oleh Rasul Paulus dalam Filip 3:10, yang berbunyi, "yang kuhendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitan-Nya dan persekutuan dalam penderitaan-Nya, di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya...."

Perjanjian Baru sering mengajar bahwa orang yang melayani dengan setia akan menerima pahala. Dalam ayat ini bentuk pahala adalah hormat dari Allah Bapa.

Hagelberg: Yoh 12:27 - -- 12:27 Sekarang jiwa-Ku terharu dan apakah yang akan Kukatakan? Bapa, selamatkanlah Aku dari saat ini?922 Tidak, sebab untuk itulah Aku datang ke dalam...

12:27 Sekarang jiwa-Ku terharu dan apakah yang akan Kukatakan? Bapa, selamatkanlah Aku dari saat ini?922 Tidak, sebab untuk itulah Aku datang ke dalam saat ini.

Dalam bagian ini Dia mulai menceritakan mengenai penderitaan-Nya dan salib-Nya secara lebih jelas. Injil Yohanes tidak menceritakan pergumulan Tuhan Yesus di taman Getsemani, namun di sini kita mengerti bahwa pergumulan mengenai kerelaan-Nya untuk menjalankan pekerjaan penyaliban dan kematian bukanlah suatu teori bagi Dia, melainkan penderitaan yang sungguhan.

Hagelberg: Yoh 12:27 - -- 12:27 Sekarang jiwa-Ku terharu dan apakah yang akan Kukatakan? Bapa, selamatkanlah Aku dari saat ini?922 Tidak, sebab untuk itulah Aku datang ke dalam...

12:27 Sekarang jiwa-Ku terharu dan apakah yang akan Kukatakan? Bapa, selamatkanlah Aku dari saat ini?922 Tidak, sebab untuk itulah Aku datang ke dalam saat ini.

Dalam bagian ini Dia mulai menceritakan mengenai penderitaan-Nya dan salib-Nya secara lebih jelas. Injil Yohanes tidak menceritakan pergumulan Tuhan Yesus di taman Getsemani, namun di sini kita mengerti bahwa pergumulan mengenai kerelaan-Nya untuk menjalankan pekerjaan penyaliban dan kematian bukanlah suatu teori bagi Dia, melainkan penderitaan yang sungguhan.

Hagelberg: Yoh 12:28 - -- 12:28 Bapa, muliakanlah nama-Mu!" Maka terdengarlah suara dari sorga, "Aku telah memuliakan-Nya, dan Aku akan memuliakan-Nya lagi!" Dia tidak minta su...

12:28 Bapa, muliakanlah nama-Mu!" Maka terdengarlah suara dari sorga, "Aku telah memuliakan-Nya, dan Aku akan memuliakan-Nya lagi!"

Dia tidak minta supaya Bapa-Nya menyelamatkan Dia dari penderitan dan kematian. Yang Dia minta adalah supaya Dia muliakanlah nama-Nya. Lagi pula kita mengerti bahwa kemuliaan yang Dia sebutkan memerlukan ketaatan Dia sampai mati sebagai Penebus di kayu salib.

Suara Allah Bapa menjawab doa Tuhan Yesus pada baptisan-Nya dan di atas gunung pada waktu Yesus berubah rupa, tetapi dua peristiwa itu tidak tercatat dalam Injil Yohanes. Di sini Dia menyatakan bahwa Dia telah memuliakan-Nya (dalam pelayanan Tuhan Yesus sampai saat itu) dan bahwa Dia akan memuliakan-Nya lagi (di kayu salib-Nya).

Hagelberg: Yoh 12:28 - -- 12:28 Bapa, muliakanlah nama-Mu!" Maka terdengarlah suara dari sorga, "Aku telah memuliakan-Nya, dan Aku akan memuliakan-Nya lagi!" Dia tidak minta su...

12:28 Bapa, muliakanlah nama-Mu!" Maka terdengarlah suara dari sorga, "Aku telah memuliakan-Nya, dan Aku akan memuliakan-Nya lagi!"

Dia tidak minta supaya Bapa-Nya menyelamatkan Dia dari penderitan dan kematian. Yang Dia minta adalah supaya Dia muliakanlah nama-Nya. Lagi pula kita mengerti bahwa kemuliaan yang Dia sebutkan memerlukan ketaatan Dia sampai mati sebagai Penebus di kayu salib.

Suara Allah Bapa menjawab doa Tuhan Yesus pada baptisan-Nya dan di atas gunung pada waktu Yesus berubah rupa, tetapi dua peristiwa itu tidak tercatat dalam Injil Yohanes. Di sini Dia menyatakan bahwa Dia telah memuliakan-Nya (dalam pelayanan Tuhan Yesus sampai saat itu) dan bahwa Dia akan memuliakan-Nya lagi (di kayu salib-Nya).

Hagelberg: Yoh 12:29 - -- 12:29 Orang banyak yang berdiri di situ dan mendengarkannya berkata, bahwa itu bunyi guntur. Ada pula yang berkata, "Seorang malaikat telah berbicara ...

12:29 Orang banyak yang berdiri di situ dan mendengarkannya berkata, bahwa itu bunyi guntur. Ada pula yang berkata, "Seorang malaikat telah berbicara dengan Dia."

Mereka mendengar sesuatu, tetapi mereka tidak dapat memastikan apa itu bunyi guntur atau suara malaikat. Mereka tidak dapat memahami arti suara itu.

Hagelberg: Yoh 12:29 - -- 12:29 Orang banyak yang berdiri di situ dan mendengarkannya berkata, bahwa itu bunyi guntur. Ada pula yang berkata, "Seorang malaikat telah berbicara ...

12:29 Orang banyak yang berdiri di situ dan mendengarkannya berkata, bahwa itu bunyi guntur. Ada pula yang berkata, "Seorang malaikat telah berbicara dengan Dia."

Mereka mendengar sesuatu, tetapi mereka tidak dapat memastikan apa itu bunyi guntur atau suara malaikat. Mereka tidak dapat memahami arti suara itu.

Hagelberg: Yoh 12:30 - -- 12:30 Jawab Yesus, "Suara itu telah terdengar bukan oleh karena Aku, melainkan oleh karena kamu. Dia tidak perlu diteguhkan, tetapi mungkin mereka yan...

12:30 Jawab Yesus, "Suara itu telah terdengar bukan oleh karena Aku, melainkan oleh karena kamu.

Dia tidak perlu diteguhkan, tetapi mungkin mereka yang mau mengikuti Dia perlu diyakinkan. Itu pun sulit dimengerti. Bagaimana caranya bunyi suara yang tidak dimengerti dapat meyakinkan orang? Mungkin suara itu dimaksudkan bagi mereka, tetapi mereka kurang kepekahan rohani, sehingga tidak dapat memahaminya. Lagi pula peristiwa ini dicatat dalam Injil Yohanes karena pada tahun-tahun yang mendatang mereka yang mengikuti Tuhan Yesus sungguh memerlukan segala penjelasan dan keyakinan, termasuk suara itu.

Hagelberg: Yoh 12:30 - -- 12:30 Jawab Yesus, "Suara itu telah terdengar bukan oleh karena Aku, melainkan oleh karena kamu. Dia tidak perlu diteguhkan, tetapi mungkin mereka yan...

12:30 Jawab Yesus, "Suara itu telah terdengar bukan oleh karena Aku, melainkan oleh karena kamu.

Dia tidak perlu diteguhkan, tetapi mungkin mereka yang mau mengikuti Dia perlu diyakinkan. Itu pun sulit dimengerti. Bagaimana caranya bunyi suara yang tidak dimengerti dapat meyakinkan orang? Mungkin suara itu dimaksudkan bagi mereka, tetapi mereka kurang kepekahan rohani, sehingga tidak dapat memahaminya. Lagi pula peristiwa ini dicatat dalam Injil Yohanes karena pada tahun-tahun yang mendatang mereka yang mengikuti Tuhan Yesus sungguh memerlukan segala penjelasan dan keyakinan, termasuk suara itu.

Hagelberg: Yoh 12:31 - -- 12:31 Sekarang berlangsung penghakiman atas dunia ini: sekarang juga penguasa dunia ini akan dilemparkan ke luar; Penghakiman atas dunia ini menjadi n...

12:31 Sekarang berlangsung penghakiman atas dunia ini: sekarang juga penguasa dunia ini akan dilemparkan ke luar;

Penghakiman atas dunia ini menjadi nyata, karena pada saat yang diceritakan di sini Dia menuju langsung pada salib-Nya. Oleh karena salib-Nya, ada satu orang Manusia yang telah mentaati hukum Musa secara sempurna, sehingga hukum Musa dinyatakan sempurna, dan manusia yang tidak mentaatinya dinyatakan layak dihukum.

Dalam segala perdebatan mengenai Tuhan Yesus, dunia berpikir mereka menghakimi Dia, sedangkan sebenarya Dia menghakimi dunia di kayu salib-Nya. Mereka dihakimi, karena sebagai Terang Dunia Dia memaksa mereka memilih antara Terang dan kegelapan. Mereka harus melawan Dia atau memihak kepada-Nya.923

Demikian juga sekarang ditentukan bahwa penguasa dunia ini akan dikalahkan dan dilemparkan ke luar. Karena salib-Nya, kemenangan Allah atas Iblis dipastikan. Pelaksanaan kemenangan tersebut merupakan perician yang harus menantikan saat yang tepat. Segala kemenangan yang dikidungkan dalam Roma 8:31-39 dipastikan di salib-Nya, dan salib-Nya telah menjadi nyata pada saat yang dikisahkan dalam pasal 12:31 ini. Dalam Wahyu 12:11 dikatakan bahwa "mereka mengalahkan dia (Iblis) oleh darah Anak Domba, dan oleh perkataan kesaksian mereka." Kuasa Iblis dipatahkan oleh kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus.

Arti dari dilemparkan ke luar sulit dipastikan. Mungkin ada kaitan dengan Wahyu 12:9 yang berkata "Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bawah; ia dilemparkan ke bumi, bersama-sama dengan malaikat-malaikatnya."

Ayat ini terkait erat pada konteksnya. Jika dalam pergumulan-Nya terhadap kengerian maut Dia memilih ketaatan, maka Ia "akan menghasilkan banyak buah." Demikian juga ayat 25 juga digenapi, dan Bapa-Nya akan menghormati Dia. Menurut Filipi 2: 9-11 Oleh karena ketaatan-Nya sampai maut, Allah Bapa 'sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa!' Menurut Filipi 2:5 dan 12, dan juga menurut Yohanes 12:25-26, kita juga boleh mentaati kehendak Allah untuk memperoleh hormat dari Allah Bapa.

Hagelberg: Yoh 12:31 - -- 12:31 Sekarang berlangsung penghakiman atas dunia ini: sekarang juga penguasa dunia ini akan dilemparkan ke luar; Penghakiman atas dunia ini menjadi n...

12:31 Sekarang berlangsung penghakiman atas dunia ini: sekarang juga penguasa dunia ini akan dilemparkan ke luar;

Penghakiman atas dunia ini menjadi nyata, karena pada saat yang diceritakan di sini Dia menuju langsung pada salib-Nya. Oleh karena salib-Nya, ada satu orang Manusia yang telah mentaati hukum Musa secara sempurna, sehingga hukum Musa dinyatakan sempurna, dan manusia yang tidak mentaatinya dinyatakan layak dihukum.

Dalam segala perdebatan mengenai Tuhan Yesus, dunia berpikir mereka menghakimi Dia, sedangkan sebenarya Dia menghakimi dunia di kayu salib-Nya. Mereka dihakimi, karena sebagai Terang Dunia Dia memaksa mereka memilih antara Terang dan kegelapan. Mereka harus melawan Dia atau memihak kepada-Nya.923

Demikian juga sekarang ditentukan bahwa penguasa dunia ini akan dikalahkan dan dilemparkan ke luar. Karena salib-Nya, kemenangan Allah atas Iblis dipastikan. Pelaksanaan kemenangan tersebut merupakan perician yang harus menantikan saat yang tepat. Segala kemenangan yang dikidungkan dalam Roma 8:31-39 dipastikan di salib-Nya, dan salib-Nya telah menjadi nyata pada saat yang dikisahkan dalam pasal 12:31 ini. Dalam Wahyu 12:11 dikatakan bahwa "mereka mengalahkan dia (Iblis) oleh darah Anak Domba, dan oleh perkataan kesaksian mereka." Kuasa Iblis dipatahkan oleh kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus.

Arti dari dilemparkan ke luar sulit dipastikan. Mungkin ada kaitan dengan Wahyu 12:9 yang berkata "Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bawah; ia dilemparkan ke bumi, bersama-sama dengan malaikat-malaikatnya."

Ayat ini terkait erat pada konteksnya. Jika dalam pergumulan-Nya terhadap kengerian maut Dia memilih ketaatan, maka Ia "akan menghasilkan banyak buah." Demikian juga ayat 25 juga digenapi, dan Bapa-Nya akan menghormati Dia. Menurut Filipi 2: 9-11 Oleh karena ketaatan-Nya sampai maut, Allah Bapa 'sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa!' Menurut Filipi 2:5 dan 12, dan juga menurut Yohanes 12:25-26, kita juga boleh mentaati kehendak Allah untuk memperoleh hormat dari Allah Bapa.

Hagelberg: Yoh 12:32 - -- 12:32 dan Aku, apabila Aku ditinggikan dari bumi, Aku akan menarik semua orang datang kepada-Ku." Ungkapan semua orang menarik perhatian kita kembali ...

12:32 dan Aku, apabila Aku ditinggikan dari bumi, Aku akan menarik semua orang datang kepada-Ku."

Ungkapan semua orang menarik perhatian kita kembali kepada orang-orang Yunani yang menjadi "picu" bagi seluruh nas ini. Dia harus ditinggikan dari bumi untuk menarik mereka serta semua orang datang kepada-Nya. Tanpa penjelasan, ungkapan ditinggikan dari bumi kurang jelas.

Ungkapan semua orang924 tidak berarti setiap orang manusia, tetapi segala macam orang, tanpa membedakan karena suku bangsa atau ras. Dia akan menarik semua orang datang kepada-Nya, tanpa melihat mempertimbangkan masalah Yahudi atau bukan Yahudi. Dengan demikian ada jawaban bagi orang Yunani yang ingin berbicara dengan Dia dalam ayat 21. Setelah kematian dan kebangkitan-Nya mereka dapat bersekutu dengan Dia sama seperti bangsa Israel yang memperoleh Perjanjian Musa.925 Misi penginjilan dunia terkandung dalam nas ini.

Hagelberg: Yoh 12:32 - -- 12:32 dan Aku, apabila Aku ditinggikan dari bumi, Aku akan menarik semua orang datang kepada-Ku." Ungkapan semua orang menarik perhatian kita kembali ...

12:32 dan Aku, apabila Aku ditinggikan dari bumi, Aku akan menarik semua orang datang kepada-Ku."

Ungkapan semua orang menarik perhatian kita kembali kepada orang-orang Yunani yang menjadi "picu" bagi seluruh nas ini. Dia harus ditinggikan dari bumi untuk menarik mereka serta semua orang datang kepada-Nya. Tanpa penjelasan, ungkapan ditinggikan dari bumi kurang jelas.

Ungkapan semua orang924 tidak berarti setiap orang manusia, tetapi segala macam orang, tanpa membedakan karena suku bangsa atau ras. Dia akan menarik semua orang datang kepada-Nya, tanpa melihat mempertimbangkan masalah Yahudi atau bukan Yahudi. Dengan demikian ada jawaban bagi orang Yunani yang ingin berbicara dengan Dia dalam ayat 21. Setelah kematian dan kebangkitan-Nya mereka dapat bersekutu dengan Dia sama seperti bangsa Israel yang memperoleh Perjanjian Musa.925 Misi penginjilan dunia terkandung dalam nas ini.

Hagelberg: Yoh 12:33 - -- 12:33 Ini dikatakan-Nya untuk menyatakan bagaimana caranya Ia akan mati.926 Bukan kenaikan-Nya yang dimaksudkan dalam ayat 32, tetapi kematian-Nya.

12:33 Ini dikatakan-Nya untuk menyatakan bagaimana caranya Ia akan mati.926

Bukan kenaikan-Nya yang dimaksudkan dalam ayat 32, tetapi kematian-Nya.

Hagelberg: Yoh 12:33 - -- 12:33 Ini dikatakan-Nya untuk menyatakan bagaimana caranya Ia akan mati.926 Bukan kenaikan-Nya yang dimaksudkan dalam ayat 32, tetapi kematian-Nya.

12:33 Ini dikatakan-Nya untuk menyatakan bagaimana caranya Ia akan mati.926

Bukan kenaikan-Nya yang dimaksudkan dalam ayat 32, tetapi kematian-Nya.

Hagelberg: Yoh 12:34 - -- 12:34 Lalu jawab orang banyak itu, "Kami telah mendengar dari hukum Taurat,927 bahwa Mesias tetap hidup selama-lamanya; bagaimana mungkin Engkau menga...

12:34 Lalu jawab orang banyak itu, "Kami telah mendengar dari hukum Taurat,927 bahwa Mesias tetap hidup selama-lamanya; bagaimana mungkin Engkau mengatakan, bahwa Anak Manusia harus ditinggikan? Siapakah Anak Manusia itu?"

Mereka menekankan istilah kami dan istilah Engkau, sehingga ada nada perlawanan dalam perkataan mereka. Mereka mendengar dari Dia bahwa Dia akan "ditinggikan dari bumi", tetapi mereka membaca nas-nas seperti Mazmur 110:4; Yesaya 9:7; Daniel 7:14; dan Yehezkiel 37:25 bahwa Mesias hidup selama-lamanya. Mereka tidak mengerti.

Mereka tidak bertanya apakah Dia adalah Anak Manusia. Mereka tidak menanyakan identitas Anak Manusia, karena sudah jelas Dia mengklaim bahwa Dia adalah Anak Manusia. Mereka menanyakan tugas atau peranan Anak Manusia. Mungkinkah Anak Manusia mempunyai tugas yang lain dari pada Mesias? Jika Tuhan Yesus berkata bahwa Mesias (atau Anak Manusia) harus meninggal, seperti apa, Mesias yang semacam itu? Perkataan ini merupakan perkataan orang banyak yang terakhir dalam Injil Yohanes, dan mereka masih bingung.

Hagelberg: Yoh 12:34 - -- 12:34 Lalu jawab orang banyak itu, "Kami telah mendengar dari hukum Taurat,927 bahwa Mesias tetap hidup selama-lamanya; bagaimana mungkin Engkau menga...

12:34 Lalu jawab orang banyak itu, "Kami telah mendengar dari hukum Taurat,927 bahwa Mesias tetap hidup selama-lamanya; bagaimana mungkin Engkau mengatakan, bahwa Anak Manusia harus ditinggikan? Siapakah Anak Manusia itu?"

Mereka menekankan istilah kami dan istilah Engkau, sehingga ada nada perlawanan dalam perkataan mereka. Mereka mendengar dari Dia bahwa Dia akan "ditinggikan dari bumi", tetapi mereka membaca nas-nas seperti Mazmur 110:4; Yesaya 9:7; Daniel 7:14; dan Yehezkiel 37:25 bahwa Mesias hidup selama-lamanya. Mereka tidak mengerti.

Mereka tidak bertanya apakah Dia adalah Anak Manusia. Mereka tidak menanyakan identitas Anak Manusia, karena sudah jelas Dia mengklaim bahwa Dia adalah Anak Manusia. Mereka menanyakan tugas atau peranan Anak Manusia. Mungkinkah Anak Manusia mempunyai tugas yang lain dari pada Mesias? Jika Tuhan Yesus berkata bahwa Mesias (atau Anak Manusia) harus meninggal, seperti apa, Mesias yang semacam itu? Perkataan ini merupakan perkataan orang banyak yang terakhir dalam Injil Yohanes, dan mereka masih bingung.

Hagelberg: Yoh 12:35 - -- 12:35 Kata Yesus kepada mereka, "Hanya sedikit waktu lagi terang ada di antara kamu. Selama terang itu ada padamu, percayalah kepadanya, supaya kegela...

12:35 Kata Yesus kepada mereka, "Hanya sedikit waktu lagi terang ada di antara kamu. Selama terang itu ada padamu, percayalah kepadanya, supaya kegelapan jangan menguasai kamu; barangsiapa berjalan dalam kegelapan, ia tidak tahu ke mana ia pergi.

Dari pada menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah Ia jawab, Ia memperingati mereka. Mereka menghadapi suatu perjalanan rohani. Sebentar lagi mata hari akan terbenam, sehingga mereka harus berjalan cepat-cepat supaya tidak kemalaman. Kiasan ini berarti bahwa selama Tuhan Yesus masih di situ mereka harus cepat-cepat datang kepada-Nya. Nanti kalau Dia sudah pergi, lebih sulit bagi mereka. Setelah pasal 12:50, terang tidak ada lagi di antara mereka.

Hagelberg: Yoh 12:35 - -- 12:35 Kata Yesus kepada mereka, "Hanya sedikit waktu lagi terang ada di antara kamu. Selama terang itu ada padamu, percayalah kepadanya, supaya kegela...

12:35 Kata Yesus kepada mereka, "Hanya sedikit waktu lagi terang ada di antara kamu. Selama terang itu ada padamu, percayalah kepadanya, supaya kegelapan jangan menguasai kamu; barangsiapa berjalan dalam kegelapan, ia tidak tahu ke mana ia pergi.

Dari pada menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah Ia jawab, Ia memperingati mereka. Mereka menghadapi suatu perjalanan rohani. Sebentar lagi mata hari akan terbenam, sehingga mereka harus berjalan cepat-cepat supaya tidak kemalaman. Kiasan ini berarti bahwa selama Tuhan Yesus masih di situ mereka harus cepat-cepat datang kepada-Nya. Nanti kalau Dia sudah pergi, lebih sulit bagi mereka. Setelah pasal 12:50, terang tidak ada lagi di antara mereka.

Hagelberg: Yoh 12:36 - -- 12:36 Percayalah kepada terang itu, selama terang itu ada padamu, supaya kamu menjadi anak-anak terang." Sesudah berkata demikian, Yesus pergi bersemb...

12:36 Percayalah kepada terang itu, selama terang itu ada padamu, supaya kamu menjadi anak-anak terang." Sesudah berkata demikian, Yesus pergi bersembunyi dari antara mereka.

Sebagai Terang Dunia, Dia mendorong mereka untuk percaya kepada-Nya segera, berdasarkan apa yang telah mereka mendengar dan melihat. Dengan demikian perdebatan dengan orang banyak berakhir dalam Injil Yohanes.

Hagelberg: Yoh 12:36 - -- 12:36 Percayalah kepada terang itu, selama terang itu ada padamu, supaya kamu menjadi anak-anak terang." Sesudah berkata demikian, Yesus pergi bersemb...

12:36 Percayalah kepada terang itu, selama terang itu ada padamu, supaya kamu menjadi anak-anak terang." Sesudah berkata demikian, Yesus pergi bersembunyi dari antara mereka.

Sebagai Terang Dunia, Dia mendorong mereka untuk percaya kepada-Nya segera, berdasarkan apa yang telah mereka mendengar dan melihat. Dengan demikian perdebatan dengan orang banyak berakhir dalam Injil Yohanes.

Hagelberg: Yoh 12:37 - -- 12:37 Dan meskipun Yesus mengadakan928 begitu banyak tanda929 di depan mata mereka, namun mereka tidak percaya930 kepada-Nya, Pemakaian istilah tanda ...

12:37 Dan meskipun Yesus mengadakan928 begitu banyak tanda929 di depan mata mereka, namun mereka tidak percaya930 kepada-Nya,

Pemakaian istilah tanda dalam kalimat ini penting.931 Yohanes menyatakan suatu peralihan besar di sini. Sampai di sini Tuhan Yesus mengadakan banyak tanda di Israel, untuk membedakan antara mereka yang "buta" dan mereka yang "dapat melihat", atau dengan kata lain, untuk "menghakimi" mereka. Proses itu telah menimbulkan perselisihan di antara mereka. Ada yang percaya kepada-Nya, dan ada yang menolak Dia.

Yohanes menekankan mereka yang tidak percaya kepada-Nya. Tanggung jawab mereka ditekankan dalam ayat ini. Mereka layak dihukum. (Dalam ayat 42 mereka yang percaya diperhatikan.)

Hagelberg: Yoh 12:37-43 - -- 1. Nubuatan dari Firman Allah (12:37-43) Yesaya dikutip untuk menjelaskan bahwa Tuhan Allah sendiri bertindak supaya mereka di Israel tidak mampu perc...

1. Nubuatan dari Firman Allah (12:37-43)

Yesaya dikutip untuk menjelaskan bahwa Tuhan Allah sendiri bertindak supaya mereka di Israel tidak mampu percaya. Yohanes memakai kesaksian salah satu nabi Israel untuk menghakimi bangsa Israel.

Hagelberg: Yoh 12:37 - -- 12:37 Dan meskipun Yesus mengadakan928 begitu banyak tanda929 di depan mata mereka, namun mereka tidak percaya930 kepada-Nya, Pemakaian istilah tanda ...

12:37 Dan meskipun Yesus mengadakan928 begitu banyak tanda929 di depan mata mereka, namun mereka tidak percaya930 kepada-Nya,

Pemakaian istilah tanda dalam kalimat ini penting.931 Yohanes menyatakan suatu peralihan besar di sini. Sampai di sini Tuhan Yesus mengadakan banyak tanda di Israel, untuk membedakan antara mereka yang "buta" dan mereka yang "dapat melihat", atau dengan kata lain, untuk "menghakimi" mereka. Proses itu telah menimbulkan perselisihan di antara mereka. Ada yang percaya kepada-Nya, dan ada yang menolak Dia.

Yohanes menekankan mereka yang tidak percaya kepada-Nya. Tanggung jawab mereka ditekankan dalam ayat ini. Mereka layak dihukum. (Dalam ayat 42 mereka yang percaya diperhatikan.)

Hagelberg: Yoh 12:37-50 - -- D. Teologi ketidakpercayaan (12:37-50) Dalam bagian ini Rasul Yohanes, dan Tuhan Yesus sendiri, menanggapi ketidakpercayaan mereka. Orang yang belum p...

D. Teologi ketidakpercayaan (12:37-50)

Dalam bagian ini Rasul Yohanes, dan Tuhan Yesus sendiri, menanggapi ketidakpercayaan mereka. Orang yang belum percaya, yang membaca Injil Yohanes, dapat berkata, "Jika sekian banyak orang Yahudi - mereka dari negeri-Nya sendiri - menolak Dia, mungkin Dia bukan Mesias." Masalah itu ditanggapi dalam bagian ini. Yohanes menjelaskan bahwa sikap orang Yahudi tetap sama, sejak dahulukalah. Musa juga menghadapi sikap yang sama, dan berkata "Sudah kamu lihat segala yang dilakukan TUHAN di tanah Mesir di depan matamu terhadap Firaun dan terhadap semua pegawainya dan terhadap seluruh negerinya: cobaan-cobaan yang besar yang telah dilihat oleh matamu sendiri, tanda-tanda dan mujizat-mujizat yang besar itu. Tetapi sampai sekarang ini TUHAN tidak memberi kamu akal budi untuk mengerti atau mata untuk melihat atau telinga untuk mendengar" (Ulangan 29:2-4). Ketidakpercayaan bangsa Israel bukan merupakan bukti bahwa Yesus bukan Mesias. Sebenarnya ketidakpercayaan mereka telah dinubuatkan. TUHAN Allah tidak mengaruniakan iman kepada mereka.

Hagelberg: Yoh 12:38 - -- 12:38 supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yesaya: "Tuhan, siapakah yang percaya kepada pemberitaan kami? Dan kepada siapakah tangan keku...

12:38 supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yesaya: "Tuhan, siapakah yang percaya kepada pemberitaan kami? Dan kepada siapakah tangan kekuasaan Tuhan dinyatakan?"

Dalam konteks Injil Yohanes, unkapan pemberitaan kami merujuk pada ajaran Tuhan Yesus, dan ungkapan tangan kekuasaan Tuhan merujuk pada tanda-tanda yang diadakan oleh Tuhan Yesus.

Hagelberg: Yoh 12:38 - -- 12:38 supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yesaya: "Tuhan, siapakah yang percaya kepada pemberitaan kami? Dan kepada siapakah tangan keku...

12:38 supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yesaya: "Tuhan, siapakah yang percaya kepada pemberitaan kami? Dan kepada siapakah tangan kekuasaan Tuhan dinyatakan?"

Dalam konteks Injil Yohanes, unkapan pemberitaan kami merujuk pada ajaran Tuhan Yesus, dan ungkapan tangan kekuasaan Tuhan merujuk pada tanda-tanda yang diadakan oleh Tuhan Yesus.

Hagelberg: Yoh 12:39 - -- 12:39 Karena itu mereka tidak dapat percaya, sebab Yesaya telah berkata juga: Tanpa ragu-ragu Yohanes berkata bahwa mereka tidak dapat percaya. Sebena...

12:39 Karena itu mereka tidak dapat percaya, sebab Yesaya telah berkata juga:

Tanpa ragu-ragu Yohanes berkata bahwa mereka tidak dapat percaya. Sebenarnya ajaran yang searah sudah diungkapkan dalam pasal 6:44 yang berkata, "Tidak ada seorangpun yang dapat datang kepada-Ku, jikalau ia tidak ditarik oleh Bapa...." Bagi Rasul Yohanes, tidak ada kontradiksi antara kedaulatan Allah kita (ayat 39-40) dan tanggung jawab manusia yang diharuskan untuk percaya (ayat 37, 42, dan 48).

Hagelberg: Yoh 12:39 - -- 12:39 Karena itu mereka tidak dapat percaya, sebab Yesaya telah berkata juga: Tanpa ragu-ragu Yohanes berkata bahwa mereka tidak dapat percaya. Sebena...

12:39 Karena itu mereka tidak dapat percaya, sebab Yesaya telah berkata juga:

Tanpa ragu-ragu Yohanes berkata bahwa mereka tidak dapat percaya. Sebenarnya ajaran yang searah sudah diungkapkan dalam pasal 6:44 yang berkata, "Tidak ada seorangpun yang dapat datang kepada-Ku, jikalau ia tidak ditarik oleh Bapa...." Bagi Rasul Yohanes, tidak ada kontradiksi antara kedaulatan Allah kita (ayat 39-40) dan tanggung jawab manusia yang diharuskan untuk percaya (ayat 37, 42, dan 48).

Hagelberg: Yoh 12:40 - -- 12:40 "Ia telah membutakan mata dan mendegilkan hati mereka, supaya mereka jangan melihat dengan mata, dan menanggap dengan hati, lalu berbalik, sehin...

12:40 "Ia telah membutakan mata dan mendegilkan hati mereka, supaya mereka jangan melihat dengan mata, dan menanggap dengan hati, lalu berbalik, sehingga Aku menyembuhkan mereka."

Dalam ayat 37 tanggung jawab mereka ditekankan, sedangkan dalam ayat ini kedaulatan Allah ditekankan. Sekali lagi, Rasul Yohanes tidak mengaku adanya kontradisi antara tanggung jawab manusia dan kedaulatan Allah dalam hal keselamatan.

Carson932 menekankan empat pengamatan yang harus diperhatikan untuk menghindari kesan bahwa kedaulatan Allah terlalu keras:

1. Alkitab tidak mengadukan kedaulatan Allah dengan tanggung jawab manusia.

2. Tuhan Allah tidak mengeraskan hati orang-orang yang tulus, atau pun mereka yang netral. Ia mengeraskan hati manusia yang bersalah.

3. Kedaulatan Allah menimbulkan pengharapan, karena kita berdoa kepada Ia yang berdaulatan, bukan kepada dewa yang kurang mampu mengabulkan doa kita.

4. Dalam Yesaya 28:21-29 dinyatakan bahwa pekerjaan Allah memiliki tahapan, yang akhirnya menghasilkan tujuan yang mulia. Demikian juga Roma 9:22-33.

Dalam Roma 9:18 dan 2 Tesalonika 2:11 diajar bahwa Allah mengeraskah hati orang.

Hagelberg: Yoh 12:40 - -- 12:40 "Ia telah membutakan mata dan mendegilkan hati mereka, supaya mereka jangan melihat dengan mata, dan menanggap dengan hati, lalu berbalik, sehin...

12:40 "Ia telah membutakan mata dan mendegilkan hati mereka, supaya mereka jangan melihat dengan mata, dan menanggap dengan hati, lalu berbalik, sehingga Aku menyembuhkan mereka."

Dalam ayat 37 tanggung jawab mereka ditekankan, sedangkan dalam ayat ini kedaulatan Allah ditekankan. Sekali lagi, Rasul Yohanes tidak mengaku adanya kontradisi antara tanggung jawab manusia dan kedaulatan Allah dalam hal keselamatan.

Carson932 menekankan empat pengamatan yang harus diperhatikan untuk menghindari kesan bahwa kedaulatan Allah terlalu keras:

1. Alkitab tidak mengadukan kedaulatan Allah dengan tanggung jawab manusia.

2. Tuhan Allah tidak mengeraskan hati orang-orang yang tulus, atau pun mereka yang netral. Ia mengeraskan hati manusia yang bersalah.

3. Kedaulatan Allah menimbulkan pengharapan, karena kita berdoa kepada Ia yang berdaulatan, bukan kepada dewa yang kurang mampu mengabulkan doa kita.

4. Dalam Yesaya 28:21-29 dinyatakan bahwa pekerjaan Allah memiliki tahapan, yang akhirnya menghasilkan tujuan yang mulia. Demikian juga Roma 9:22-33.

Dalam Roma 9:18 dan 2 Tesalonika 2:11 diajar bahwa Allah mengeraskah hati orang.

Hagelberg: Yoh 12:41 - -- 12:41 Hal ini dikatakan oleh Yesaya, pada waktu933 ia melihat kemuliaan-Nya dan telah berkata-kata tentang Dia. Kutipan di atas, yaitu Yesaya 6:10, di...

12:41 Hal ini dikatakan oleh Yesaya, pada waktu933 ia melihat kemuliaan-Nya dan telah berkata-kata tentang Dia.

Kutipan di atas, yaitu Yesaya 6:10, dikatakan oleh Yesaya, pada waktu ia melihat kemuliaan-Nya, seperti kisah seluruh Yesaya pasal 6. Tentu, nama Yesus tidak disebutkan dalam Yesaya 6, tetapi dia yang menulis ayat 41 ini juga menulis Yohanes 1:1. Firman itu adalah Allah.

Hagelberg: Yoh 12:41 - -- 12:41 Hal ini dikatakan oleh Yesaya, pada waktu933 ia melihat kemuliaan-Nya dan telah berkata-kata tentang Dia. Kutipan di atas, yaitu Yesaya 6:10, di...

12:41 Hal ini dikatakan oleh Yesaya, pada waktu933 ia melihat kemuliaan-Nya dan telah berkata-kata tentang Dia.

Kutipan di atas, yaitu Yesaya 6:10, dikatakan oleh Yesaya, pada waktu ia melihat kemuliaan-Nya, seperti kisah seluruh Yesaya pasal 6. Tentu, nama Yesus tidak disebutkan dalam Yesaya 6, tetapi dia yang menulis ayat 41 ini juga menulis Yohanes 1:1. Firman itu adalah Allah.

Hagelberg: Yoh 12:42 - -- 12:42 Namun banyak juga di antara pemimpin yang percaya kepada-Nya, tetapi oleh karena orang-orang Farisi mereka tidak mengakuinya berterus terang934,...

12:42 Namun banyak juga di antara pemimpin yang percaya kepada-Nya, tetapi oleh karena orang-orang Farisi mereka tidak mengakuinya berterus terang934, supaya mereka jangan dikucilkan.935

Carson936 mengamati bahwa pasal 1:10-13 mempunyai pola yang sama dengan pasal 12:37-42-43. Ketidakpercayaan yang umum disebutkan lebih dulu, lalu iman orang percaya yang menjadi kekecualian dikemukakan. Sebenarnya kontras itu, antara mereka yang menolak dan mereka yang percaya, merupakan suatu tema yang muncul berkali-kali dalam pasal 7-12. Nas ini merupakan puncak dari kontras itu, sehingga para pemimpin juga disebutkan.

Walaupun banyak di antara pemimpin yang percaya kepada Tuhan Yesus, hanya dua nama (yaitu nama Nikodemus dan Yusuf dari Arimatea) dicatat dalam Perjanjian Baru. Kasus Yusuf dari Arimatea menarik dalam konteks ini. Dalam pasal 19:38 dijelaskan bahwa dia adalah "murid Yesus, tetapi sembunyi-sembunyi karena takut kepada orang-orang Yahudi". Meskipun demikian, dia berani "meminta kepada Pilatus, supaya ia diperbolehkan menurunkan mayat Yesus." Orang mengatakan bahwa seharusnya dia tidak "sembunyi-sembunyi" saja. Seharusnya dia berterus terang mengakui Tuhan Yesus. Setuju, tetapi sebaiknya kita yang tidak sedang menghadapi penganiayaan, tidak cepat-cepat menjelekkan dia. Lebih-lebih, jangan kita berkata bahwa iman Yusuf dari Arimatea bukan merupakan iman yang menyelamatkan. Hal itu tidak dikatakan dalam nas ini. Memang sebaiknya mereka berani mengakui Dia kepada musuh-Nya, seperti orang yang matanya dimelekkan dalam pasal 9, tetapi sebenarnya ketakutan mereka mudah dipahami.

Mungkin beratnya pengucilan lebih terasa oleh para pemimpin, yaitu mereka yang mempunyai jabatan dalam agama Yahudi. Tampaknya dikucilkan dari kursi depan yang disediakan bagi para pemimpin dianggap lebih berat daripada dikucilkan dari tikar yang terletak di belakang ruang ibadah.

Perlu ditekankan di sini bahwa nas ini tidak menyentuh masalah "iman yang menyelamatkan" atau "iman yang tidak menyelamatkan". Dalam Injil Yohanes, iman pada Yesus Kristus menyelamatkan. Ada iman yang lebih dihargai (misalnya iman yang muncul dari kesaksian), dan ada iman yang kurang dihargai (yaitu imanyang muncul dari tanda), tetapi iman pada Yesus menyelamatkan dari hukuman kekal.937 Aneh dan tidak adil, jika seandainya mengaku Yesus di depan orang yang mau membunuh orang Kristen, merupakan syarat keselamatan, atau bukti yang wajib bahwa iman kita cukup kuat untuk menyelamatkan kita dari hukuman kekal. Kalau begitu, orang yang diam di negara yang "Kristen" lebih mudah diselamatkan!

Benar dan baik, jika kita bersemangat mendorong setiap orang percaya, supaya dia menjadi murid yang teguh dan pengikut yang setia sampai mati. Namun kita tidak boleh memindahkan ketaatan (suatu bukti pemuridan) sehingga menjadi bukti iman dan keselamatan dari neraka. Jangan-jangan ketaatan menjadi standar yang menentukan keyakinan akan keselamatan.

Hagelberg: Yoh 12:42 - -- 12:42 Namun banyak juga di antara pemimpin yang percaya kepada-Nya, tetapi oleh karena orang-orang Farisi mereka tidak mengakuinya berterus terang934,...

12:42 Namun banyak juga di antara pemimpin yang percaya kepada-Nya, tetapi oleh karena orang-orang Farisi mereka tidak mengakuinya berterus terang934, supaya mereka jangan dikucilkan.935

Carson936 mengamati bahwa pasal 1:10-13 mempunyai pola yang sama dengan pasal 12:37-42-43. Ketidakpercayaan yang umum disebutkan lebih dulu, lalu iman orang percaya yang menjadi kekecualian dikemukakan. Sebenarnya kontras itu, antara mereka yang menolak dan mereka yang percaya, merupakan suatu tema yang muncul berkali-kali dalam pasal 7-12. Nas ini merupakan puncak dari kontras itu, sehingga para pemimpin juga disebutkan.

Walaupun banyak di antara pemimpin yang percaya kepada Tuhan Yesus, hanya dua nama (yaitu nama Nikodemus dan Yusuf dari Arimatea) dicatat dalam Perjanjian Baru. Kasus Yusuf dari Arimatea menarik dalam konteks ini. Dalam pasal 19:38 dijelaskan bahwa dia adalah "murid Yesus, tetapi sembunyi-sembunyi karena takut kepada orang-orang Yahudi". Meskipun demikian, dia berani "meminta kepada Pilatus, supaya ia diperbolehkan menurunkan mayat Yesus." Orang mengatakan bahwa seharusnya dia tidak "sembunyi-sembunyi" saja. Seharusnya dia berterus terang mengakui Tuhan Yesus. Setuju, tetapi sebaiknya kita yang tidak sedang menghadapi penganiayaan, tidak cepat-cepat menjelekkan dia. Lebih-lebih, jangan kita berkata bahwa iman Yusuf dari Arimatea bukan merupakan iman yang menyelamatkan. Hal itu tidak dikatakan dalam nas ini. Memang sebaiknya mereka berani mengakui Dia kepada musuh-Nya, seperti orang yang matanya dimelekkan dalam pasal 9, tetapi sebenarnya ketakutan mereka mudah dipahami.

Mungkin beratnya pengucilan lebih terasa oleh para pemimpin, yaitu mereka yang mempunyai jabatan dalam agama Yahudi. Tampaknya dikucilkan dari kursi depan yang disediakan bagi para pemimpin dianggap lebih berat daripada dikucilkan dari tikar yang terletak di belakang ruang ibadah.

Perlu ditekankan di sini bahwa nas ini tidak menyentuh masalah "iman yang menyelamatkan" atau "iman yang tidak menyelamatkan". Dalam Injil Yohanes, iman pada Yesus Kristus menyelamatkan. Ada iman yang lebih dihargai (misalnya iman yang muncul dari kesaksian), dan ada iman yang kurang dihargai (yaitu imanyang muncul dari tanda), tetapi iman pada Yesus menyelamatkan dari hukuman kekal.937 Aneh dan tidak adil, jika seandainya mengaku Yesus di depan orang yang mau membunuh orang Kristen, merupakan syarat keselamatan, atau bukti yang wajib bahwa iman kita cukup kuat untuk menyelamatkan kita dari hukuman kekal. Kalau begitu, orang yang diam di negara yang "Kristen" lebih mudah diselamatkan!

Benar dan baik, jika kita bersemangat mendorong setiap orang percaya, supaya dia menjadi murid yang teguh dan pengikut yang setia sampai mati. Namun kita tidak boleh memindahkan ketaatan (suatu bukti pemuridan) sehingga menjadi bukti iman dan keselamatan dari neraka. Jangan-jangan ketaatan menjadi standar yang menentukan keyakinan akan keselamatan.

Hagelberg: Yoh 12:43 - -- 12:43 Sebab mereka lebih suka akan kehormatan manusia dari pada kehormatan Allah.938 Masalah yang sama membuat orang sulit percaya, menurut pasal 5:44...

12:43 Sebab mereka lebih suka akan kehormatan manusia dari pada kehormatan Allah.938

Masalah yang sama membuat orang sulit percaya, menurut pasal 5:44. Dalam konteks ini mereka sudah percaya, tetapi mereka tidak berani mengakui Tuhan Yesus di depan umum. Kritikan ini sangat tajam.

Hagelberg: Yoh 12:43 - -- 12:43 Sebab mereka lebih suka akan kehormatan manusia dari pada kehormatan Allah.938 Masalah yang sama membuat orang sulit percaya, menurut pasal 5:44...

12:43 Sebab mereka lebih suka akan kehormatan manusia dari pada kehormatan Allah.938

Masalah yang sama membuat orang sulit percaya, menurut pasal 5:44. Dalam konteks ini mereka sudah percaya, tetapi mereka tidak berani mengakui Tuhan Yesus di depan umum. Kritikan ini sangat tajam.

Hagelberg: Yoh 12:44 - -- 12:44 Tetapi Yesus berseru kata-Nya, "Barangsiapa percaya kepada-Ku, ia bukan percaya kepada-Ku, tetapi kepada Dia, yang telah mengutus Aku; Mereka ya...

12:44 Tetapi Yesus berseru kata-Nya, "Barangsiapa percaya kepada-Ku, ia bukan percaya kepada-Ku, tetapi kepada Dia, yang telah mengutus Aku;

Mereka yang disebutkan dalam ayat 42-43 berdiam diri, tetapi Tuhan Yesus berseru. Dalam ayat ini Dia menekankan kesatuan Tuhan Yesus dan Allah Bapa. Sesuai dengan kebiasaan Injil Yohanes, Allah Bapa disebut Dia yang telah mengutus Yesus.

Hagelberg: Yoh 12:44-50 - -- 2. Wewenang di balik janji - dan ancaman - Yesus (12:44-50) Dalam nas ini Tuhan Yesus meringkaskan dan mengulangi beberapa tema yang telah diuraikan, ...

2. Wewenang di balik janji - dan ancaman - Yesus (12:44-50)

Dalam nas ini Tuhan Yesus meringkaskan dan mengulangi beberapa tema yang telah diuraikan, dan menegaskan bahwa Allah Bapa sendiri ada di balik janji keselamatan-Nya, dan di balik ancaman hukuman. Dengan demikian Dia menantang orang untuk percaya kepada-Nya. Allah sendiri adalah wewenang-Nya.

Wewenang tersebut harus juga diingat oleh mereka yang lebih mengasihi kemuliaan manusia dari pada kemuliaan Allah.

Hagelberg: Yoh 12:44 - -- 12:44 Tetapi Yesus berseru kata-Nya, "Barangsiapa percaya kepada-Ku, ia bukan percaya kepada-Ku, tetapi kepada Dia, yang telah mengutus Aku; Mereka ya...

12:44 Tetapi Yesus berseru kata-Nya, "Barangsiapa percaya kepada-Ku, ia bukan percaya kepada-Ku, tetapi kepada Dia, yang telah mengutus Aku;

Mereka yang disebutkan dalam ayat 42-43 berdiam diri, tetapi Tuhan Yesus berseru. Dalam ayat ini Dia menekankan kesatuan Tuhan Yesus dan Allah Bapa. Sesuai dengan kebiasaan Injil Yohanes, Allah Bapa disebut Dia yang telah mengutus Yesus.

Hagelberg: Yoh 12:45 - -- 12:45 dan barangsiapa melihat Aku, ia melihat Dia, yang telah mengutus Aku. Apa yang telah dikatakan dalam 1:18; 13:20; dan 14:9 diulangi dalam ringka...

12:45 dan barangsiapa melihat Aku, ia melihat Dia, yang telah mengutus Aku.

Apa yang telah dikatakan dalam 1:18; 13:20; dan 14:9 diulangi dalam ringkasan dan penegasan ini.

Hagelberg: Yoh 12:45 - -- 12:45 dan barangsiapa melihat Aku, ia melihat Dia, yang telah mengutus Aku. Apa yang telah dikatakan dalam 1:18; 13:20; dan 14:9 diulangi dalam ringka...

12:45 dan barangsiapa melihat Aku, ia melihat Dia, yang telah mengutus Aku.

Apa yang telah dikatakan dalam 1:18; 13:20; dan 14:9 diulangi dalam ringkasan dan penegasan ini.

Hagelberg: Yoh 12:46 - -- 12:46 Aku telah datang ke dalam dunia sebagai terang, supaya setiap orang yang percaya kepada-Ku, jangan tinggal di dalam kegelapan. Di akhir bagian i...

12:46 Aku telah datang ke dalam dunia sebagai terang, supaya setiap orang yang percaya kepada-Ku, jangan tinggal di dalam kegelapan.

Di akhir bagian ini Dia mengulangi apa yang dikatakan dalam Pendahuluan Injil Yohanes: "Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia. Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya." Tema ini dikembangkan dan diuraikan, terutama dalam pasal 9.

Hagelberg: Yoh 12:46 - -- 12:46 Aku telah datang ke dalam dunia sebagai terang, supaya setiap orang yang percaya kepada-Ku, jangan tinggal di dalam kegelapan. Di akhir bagian i...

12:46 Aku telah datang ke dalam dunia sebagai terang, supaya setiap orang yang percaya kepada-Ku, jangan tinggal di dalam kegelapan.

Di akhir bagian ini Dia mengulangi apa yang dikatakan dalam Pendahuluan Injil Yohanes: "Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia. Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya." Tema ini dikembangkan dan diuraikan, terutama dalam pasal 9.

Hagelberg: Yoh 12:47 - -- 12:47 Dan jikalau seorang mendengar perkataan-Ku, tetapi tidak melakukannya,939 Aku tidak menjadi hakimnya, sebab Aku datang bukan untuk menghukum940 ...

12:47 Dan jikalau seorang mendengar perkataan-Ku, tetapi tidak melakukannya,939 Aku tidak menjadi hakimnya, sebab Aku datang bukan untuk menghukum940 dunia, melainkan untuk menyelamatkannya.

Sama seperti mata hari yang tidak terbit untuk mengadakan bayangan, Dia tidak datang untuk menghakimi orang.

Di atas Dia membahas obyek iman dari mereka yang percaya, sedangkan dalam ayat ini dan ayat 48 Dia membahas hukuman bagi mereka yang tidak percaya.

Hagelberg: Yoh 12:47 - -- 12:47 Dan jikalau seorang mendengar perkataan-Ku, tetapi tidak melakukannya,939 Aku tidak menjadi hakimnya, sebab Aku datang bukan untuk menghukum940 ...

12:47 Dan jikalau seorang mendengar perkataan-Ku, tetapi tidak melakukannya,939 Aku tidak menjadi hakimnya, sebab Aku datang bukan untuk menghukum940 dunia, melainkan untuk menyelamatkannya.

Sama seperti mata hari yang tidak terbit untuk mengadakan bayangan, Dia tidak datang untuk menghakimi orang.

Di atas Dia membahas obyek iman dari mereka yang percaya, sedangkan dalam ayat ini dan ayat 48 Dia membahas hukuman bagi mereka yang tidak percaya.

Hagelberg: Yoh 12:48 - -- 12:48 Barangsiapa menolak Aku, dan tidak menerima perkataan-Ku, ia sudah ada hakimnya, yaitu firman941 yang telah Kukatakan, itulah yang akan menjadi ...

12:48 Barangsiapa menolak Aku, dan tidak menerima perkataan-Ku, ia sudah ada hakimnya, yaitu firman941 yang telah Kukatakan, itulah yang akan menjadi hakimnya pada akhir zaman.

Perkataan-Nya yang dapat menyelamatkan orang akhirnya menjadi hakimnya, jika orang tidak menerimanya. Oleh karena nas ini merupakan firman yang terakhir kepada mereka (yaitu orang banyak, bukan murid-murid-Nya), maka hukuman mereka mendekat, kecuali mereka bertobat.

Menurut pasal 5:45, perkataan Musa menjadi hakim mereka yang mendengarkannya tetapi tidak mentaatinya. Demikian juga perkataan Tuhan Yesus.

Hagelberg: Yoh 12:48 - -- 12:48 Barangsiapa menolak Aku, dan tidak menerima perkataan-Ku, ia sudah ada hakimnya, yaitu firman941 yang telah Kukatakan, itulah yang akan menjadi ...

12:48 Barangsiapa menolak Aku, dan tidak menerima perkataan-Ku, ia sudah ada hakimnya, yaitu firman941 yang telah Kukatakan, itulah yang akan menjadi hakimnya pada akhir zaman.

Perkataan-Nya yang dapat menyelamatkan orang akhirnya menjadi hakimnya, jika orang tidak menerimanya. Oleh karena nas ini merupakan firman yang terakhir kepada mereka (yaitu orang banyak, bukan murid-murid-Nya), maka hukuman mereka mendekat, kecuali mereka bertobat.

Menurut pasal 5:45, perkataan Musa menjadi hakim mereka yang mendengarkannya tetapi tidak mentaatinya. Demikian juga perkataan Tuhan Yesus.

Hagelberg: Yoh 12:49 - -- 12:49 Sebab Aku berkata-kata bukan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang mengutus Aku, Dialah yang memerintahkan Aku untuk mengatakan apa yang harus...

12:49 Sebab Aku berkata-kata bukan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang mengutus Aku, Dialah yang memerintahkan Aku untuk mengatakan apa yang harus Aku katakan dan Aku sampaikan.

Tampaknya ayat 44-46 menceritakan hubungan Tuhan Yesus dengan orang percaya, ayat 47-48 menceritakan hubungan Tuhan Yesus dengan orang yang tidak percaya, dan ayat 49-50 menceritakan hubungan Tuhan Yesus dengan Allah Bapa.

Pasal 1:18 berkata "Tidak seorang pun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya." Pokok itu diulangi di sini, tetapi sebenarnya pokok tersebut diulangi berkali-kali dalam Injil Yohanes.942 Bukan hanya perkataan-Nya yang menyatakan Allah Bapa, tetapi seluruh keberadaan-Nya menyatakan Allah Bapa, karena Dia adalah Firman Allah. Allah menjelma menjadi manusia.

Hagelberg: Yoh 12:49 - -- 12:49 Sebab Aku berkata-kata bukan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang mengutus Aku, Dialah yang memerintahkan Aku untuk mengatakan apa yang harus...

12:49 Sebab Aku berkata-kata bukan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang mengutus Aku, Dialah yang memerintahkan Aku untuk mengatakan apa yang harus Aku katakan dan Aku sampaikan.

Tampaknya ayat 44-46 menceritakan hubungan Tuhan Yesus dengan orang percaya, ayat 47-48 menceritakan hubungan Tuhan Yesus dengan orang yang tidak percaya, dan ayat 49-50 menceritakan hubungan Tuhan Yesus dengan Allah Bapa.

Pasal 1:18 berkata "Tidak seorang pun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya." Pokok itu diulangi di sini, tetapi sebenarnya pokok tersebut diulangi berkali-kali dalam Injil Yohanes.942 Bukan hanya perkataan-Nya yang menyatakan Allah Bapa, tetapi seluruh keberadaan-Nya menyatakan Allah Bapa, karena Dia adalah Firman Allah. Allah menjelma menjadi manusia.

Hagelberg: Yoh 12:50 - -- 12:50 Dan Aku tahu, bahwa perintah-Nya itu adalah hidup yang kekal. Jadi apa yang Aku katakan, Aku menyampaikannya sebagaimana yang difirmankan oleh B...

12:50 Dan Aku tahu, bahwa perintah-Nya itu adalah hidup yang kekal. Jadi apa yang Aku katakan, Aku menyampaikannya sebagaimana yang difirmankan oleh Bapa kepada-Ku."

Perintah Allah Bapa merupakan hidup yang kekal bagi setiap orang yang percaya kepada perkataan Tuhan Yesus, karena perintah itu membawa Tuhan Yesus pada salib-Nya, menurut pasal 10:18 dan seluruh 12:20-33.943

Dia tidak hanya menjelma menjadi manusia untuk menyatakan Allah. Dia juga datang untuk mencurahkan dan menyediakan hidup Allah, yaitu hidup yang kekal, bagi manusia.

Ayat ini menjembatani bagian ini (di mana Dia mengatakan Firman Allah dan menyatakan Allah sendiri) dengan bagian berikut yang terpusat pada salib Tuhan Yesus, yang memperoleh hidup yang kekal.

Hagelberg: Yoh 12:50 - -- 12:50 Dan Aku tahu, bahwa perintah-Nya itu adalah hidup yang kekal. Jadi apa yang Aku katakan, Aku menyampaikannya sebagaimana yang difirmankan oleh B...

12:50 Dan Aku tahu, bahwa perintah-Nya itu adalah hidup yang kekal. Jadi apa yang Aku katakan, Aku menyampaikannya sebagaimana yang difirmankan oleh Bapa kepada-Ku."

Perintah Allah Bapa merupakan hidup yang kekal bagi setiap orang yang percaya kepada perkataan Tuhan Yesus, karena perintah itu membawa Tuhan Yesus pada salib-Nya, menurut pasal 10:18 dan seluruh 12:20-33.943

Dia tidak hanya menjelma menjadi manusia untuk menyatakan Allah. Dia juga datang untuk mencurahkan dan menyediakan hidup Allah, yaitu hidup yang kekal, bagi manusia.

Ayat ini menjembatani bagian ini (di mana Dia mengatakan Firman Allah dan menyatakan Allah sendiri) dengan bagian berikut yang terpusat pada salib Tuhan Yesus, yang memperoleh hidup yang kekal.

Wycliffe: Yoh 12:1-50 - -- P. Yesus di Betania yang Yerusalem (12:1-50) Rangkaian peristiwa yang dikisahkan di sini ialah: pengurapan Yesus oleh Maria di Betania (1-11); memasu...

P. Yesus di Betania yang Yerusalem (12:1-50)

Rangkaian peristiwa yang dikisahkan di sini ialah: pengurapan Yesus oleh Maria di Betania (1-11); memasuki Yerusalem (12-19); kedatangan orang-orang Yunani (20-26); kesadaran Yesus akan penderitaan-Nya yang makin dekat (27-36); ketidakpercayaan orang-orang dan para pemimpin mereka (37-43); undangan terakhir Yesus kepada umum untuk beriman (44-50).

Perjamuan di Betania dikisahkan dengan berbagai variasi tertentu dari kisah-kisah dalam Injil Matius dan Markus. 1. Enam hari sebelum Paskah, yaitu hari Sabtu. Kisah yang lain menyebutkan tempat diadakannya perjamuan tersebut ialah rumah Simon si orang kusta. Hanya Yohanes yang menyebutkan kehadiran Lazarus. 2. Diadakan perjamuan untuk Dia. Simon pasti sangat bersyukur atas kesembuhannya. dan saudara-saudara perempuan Lazarus juga demikian atas kebangkitan kakak mereka dari kematian. 3. Setengah kati, sama 273 gram. Minyak narwastu. Minyak yang berasal dari sebuah tanaman yang tumbuh di India Utara, harganya sangat mahal sebab harus diimpor. Maria selalu dihubungkan dengan kaki Yesus (Luk. 10:39, Yoh. 11:32). Bau minyak semerbak di seluruh rumah itu. Secara tersendiri kenyataan ini sesuai dengan kata-kata Yesus yang dilaporkan dalam kitab-kitab Injil Sinoptis bahwa di mana saja Injil diberitakan di seluruh dunia tindakan ini akan dikisahkan untuk mengingat jasa perempuan itu. Keharuman dari tindakan tersebut akan tersebar luas dan memiliki pengaruh yang abadi.

Wycliffe: Yoh 12:5 - tiga ratus dinar 5. Yudas menilai harga minyak tersebut adalah tiga ratus dinar atau hampir enam puluh dolar Amerika.

5. Yudas menilai harga minyak tersebut adalah tiga ratus dinar atau hampir enam puluh dolar Amerika.

Wycliffe: Yoh 12:6 - -- 6. Sikapnya yang seakan-akan memperhatikan orang miskin merupakan selubung bagi keserakahannya sendiri. Dia baru saja kehilangan kesempatan untuk menc...

6. Sikapnya yang seakan-akan memperhatikan orang miskin merupakan selubung bagi keserakahannya sendiri. Dia baru saja kehilangan kesempatan untuk mencuri jumlah yang lebih besar daripada biasanya. Jelas dia bukan orang yang secara teratur memberikan laporan keuangan.

Wycliffe: Yoh 12:7 - Biarkanlah dia melakukan hal ini // dia melakukan ini mengingat hari penguburan-Ku 7. Yesus melindungi Maria dengan memotong kecaman yang ditujukan kepadanya. Biarkanlah dia melakukan hal ini. Tampak dari kitab-kitab Injil Sinoptis b...

7. Yesus melindungi Maria dengan memotong kecaman yang ditujukan kepadanya. Biarkanlah dia melakukan hal ini. Tampak dari kitab-kitab Injil Sinoptis bahwa Yudas setelah tersinggung karena ditegur, menyelinap keluar dan berunding dengan para imam kepala untuk menjual Gurunya. Yesus melihat makna yang dalam di dalam tindakan Maria - dia melakukan ini mengingat hari penguburan-Ku. Betapa pun banyaknya Maria ingin membantu orang miskin pada umumnya. dia telah menyimpan yang paling berharga ini untuk Kristus. Maria mengantisipasi kematian Kristus. Bertentangan dengan para pemimpin religius, Maria percaya kepada Yesus: berbeda dengan kebanyakan orang yang percaya secara umum, iman Maria mencakup pekerjaan Sang Juruselamat - yakni kematian-Nya.

Wycliffe: Yoh 12:9 - -- 9. Lazarus ternyata menarik perhatian banyak orang yang datang untuk melihat dirinya dan juga Yesus. Mereka ingin tabu namun tidak menentang.

9. Lazarus ternyata menarik perhatian banyak orang yang datang untuk melihat dirinya dan juga Yesus. Mereka ingin tabu namun tidak menentang.

Wycliffe: Yoh 12:10-11 - imam kepala 10, 11. Bertentangan dengan sikap mereka, para imam kepala memanfaatkan situasi tersebut untuk melibatkan Lazarus di dalam rencana jahat mereka sebaga...

10, 11. Bertentangan dengan sikap mereka, para imam kepala memanfaatkan situasi tersebut untuk melibatkan Lazarus di dalam rencana jahat mereka sebagai orang yang ikut mendukung maksud-maksud Yesus. Pembunuhan kedua tidak akan mengusik nurani orang-orang yang keras hati ini.

Peristiwa selanjutnya secara tradisional dikenal dengan nama Triumphal Entry (Masuk Yerusalem dengan Kemenangan), sekalipun judul semacam itu lebih cocok dengan kedatangan Yesus kelak.

Wycliffe: Yoh 12:12 - pesta // daun palem // Hosana // Raja Israel, 12. Jelas bahwa orang-orang yang berusaha menghormati Tuhan ini adalah peziarah, bukan penduduk Yerusalem. Mereka datang untuk merayakan pesta Paskah....

12. Jelas bahwa orang-orang yang berusaha menghormati Tuhan ini adalah peziarah, bukan penduduk Yerusalem. Mereka datang untuk merayakan pesta Paskah. 13. Hanya Yohanes yang menyebutkan penggunaan daun palem. Kebiasaan ini dicatat oleh penulis 2 Makabe (10:7) berkaitan dengan penahbisan ulang Bait Allah oleh Yudas Makabe sesudah dirusak oleh orang Siria. Hosana. Sebuah istilah Ibrani yang artinya. Ya TUHAN, berilah kiranya keselamatan (Mzm. 118:25). Di dalam Perjanjian Baru penggunaannya terbatas pada peristiwa ini saja. Kadang-kadang istilah ini lebih merupakan bagian dari kidung pujian ketimbang sebuah doa, dan begitu juga penggunaannya di sini. Yesus disambut sebagai Raja Israel, yang datang dengan kekuasaan Tuhan (Yehovah). Orang-orang ini mengharapkan Yesus mendirikan kerajaan Daud dengan kuasa (bdg. Mrk. 11:10). Orang-orang itu dipenuhi dengan penantian akan Mesias (bdg. Yoh. 6:15).

Wycliffe: Yoh 12:14-15 - Yesus menemukan // keledai muda 14, 15. Yesus menemukan. Kisahnya diceritakan dalam Markus 11:1-6. Yohanes merupakan satu-satunya penulis Injil yang melukiskan hewan itu sebagai kele...

14, 15. Yesus menemukan. Kisahnya diceritakan dalam Markus 11:1-6. Yohanes merupakan satu-satunya penulis Injil yang melukiskan hewan itu sebagai keledai muda (onarion). Tindakan Yesus tersebut menggenapi perkataan nubuat (Za. 9:9). Keledai muda, lebih baik daripada kuda, melambangkan watak Raja Israel yang lembut dan tenang. Hal ini saja sudah menunjukkan bahwa pemahaman Yesus tentang peristiwa itu berbeda dengan pandangan orang banyak.

Wycliffe: Yoh 12:16 - dimuliakan, 16. Baru sesudah Yesus dimuliakan, baru sesudah Roh datang untuk mengajar dan membuat mereka mengingat berbagai hal mengenai Kristus (7:39; 14:26). pa...

16. Baru sesudah Yesus dimuliakan, baru sesudah Roh datang untuk mengajar dan membuat mereka mengingat berbagai hal mengenai Kristus (7:39; 14:26). para murid mampu melihat seluruh peristiwa ini dari segi Alkitab dan rencana Allah.

Wycliffe: Yoh 12:17-18 - memberi kesaksian tentang Dia 17, 18. Yohanes memberitahukan kepada para pembacanya bahwa semangat yang ditunjukkan orang ketika menuju Yerusalem itu banyak dipengaruhi oleh kebang...

17, 18. Yohanes memberitahukan kepada para pembacanya bahwa semangat yang ditunjukkan orang ketika menuju Yerusalem itu banyak dipengaruhi oleh kebangkitan Lazarus. Orang-orang yang ada bersama Yesus ketika peristiwa itu terjadi terus memberi kesaksian tentang Dia. Kelompok lainnya, para peziarah yang hanya mendengar saja tentang mukjizat tersebut, ikut maju untuk menjumpai Yesus dan mengelu-elukan Dia sebagai pahlawan nasional mereka.

Wycliffe: Yoh 12:19 - seluruh dunia 19. Gelombang popularitas ini membuat kubu orang Farisi menjadi suram. Di dalam keadaan pesimis mereka menyatakan bahwa seluruh dunia (semua yang terl...

19. Gelombang popularitas ini membuat kubu orang Farisi menjadi suram. Di dalam keadaan pesimis mereka menyatakan bahwa seluruh dunia (semua yang terlibat) sudah mengikuti Yesus.

Wycliffe: Yoh 12:20 - dunia // beberapa orang Yunani // Beribadah 20. Gerakan mengikuti Yesus dilanjutkan dengan peristiwa datangnya sekelompok orang Yunani yang ingin bertemu Yesus. Mereka mewakili dunia dalam arti ...

20. Gerakan mengikuti Yesus dilanjutkan dengan peristiwa datangnya sekelompok orang Yunani yang ingin bertemu Yesus. Mereka mewakili dunia dalam arti yang lebih luas daripada yang dimaksudkan orang-orang Farisi tadi. Cocok sekali bahwa beberapa orang Yunani itu muncul sekarang, pada malam sebelum masa Sengsara. Mereka akan memperoleh manfaat dari kematian Sang Juruselamat, sebagaimana halnya sejumlah besar orang bukan Yahudi yang mereka wakili. Beribadah. Adat Yahudi membatasi mereka hanya sampai di Pelataran orang Bukan Yahudi. Tidak lama lagi, di dalam Kristus. tembok pemisah itu akan diruntuhkan. Kelihatannya orang-orang ini mirip Kornelius di kemudian hari. Mereka dapat disebut sebagai orang yang takut kepada Allah, tetapi bukan penganut yang lelah bergabung menjadi jemaat Israel.

Wycliffe: Yoh 12:21 - Filipus // Bertemu dengan Yesus, 21. Filipus adalah nama Yunani. Murid ini dengan sendirinya merupakan jembatan menuju kepada Yesus. Bertemu dengan Yesus, maksudnya: berbincang-bincan...

21. Filipus adalah nama Yunani. Murid ini dengan sendirinya merupakan jembatan menuju kepada Yesus. Bertemu dengan Yesus, maksudnya: berbincang-bincang dengan Yesus.

Wycliffe: Yoh 12:22 - Andreas 22. Andreas juga merupakan nama Yunani. Murid ini tampaknya mengkhususkan diri untuk membawa orang kepada Kristus (1:41; 6:8, 9).

22. Andreas juga merupakan nama Yunani. Murid ini tampaknya mengkhususkan diri untuk membawa orang kepada Kristus (1:41; 6:8, 9).

Wycliffe: Yoh 12:23 - telah tiba saatnya dimuliakan 23. Tanpa berbicara langsung kepada orang-orang Yunani tersebut, Yesus memenuhi kebutuhan mereka. Mereka tidak perlu menaati lama untuk dapat memetik ...

23. Tanpa berbicara langsung kepada orang-orang Yunani tersebut, Yesus memenuhi kebutuhan mereka. Mereka tidak perlu menaati lama untuk dapat memetik manfaat dari misi-Nya - telah tiba saatnya dimuliakan. Hal ini dijelaskan di dalam ayat berikutnya. Di dalam Injil Yohanes pemuliaan diawali dengan kematian dan mencakup kebangkitan.

Wycliffe: Yoh 12:24 - Biji gandum 24. Biji gandum. Alam yang menyediakan perumpamaan tentang karier Yesus. Tanpa kematian hidup-Nya terpencil, tidak memiliki kekuatan untuk meningkat. ...

24. Biji gandum. Alam yang menyediakan perumpamaan tentang karier Yesus. Tanpa kematian hidup-Nya terpencil, tidak memiliki kekuatan untuk meningkat. Kematian merupakan kunci menuju buah-buah rohani.

Wycliffe: Yoh 12:25 - Barangsiapa mencintai nyawanya 25. Barangsiapa mencintai nyawanya. Prinsip yang sama berlaku bagi para murid, "Barangsiapa berusaha mengumpulkan bagi dirinya hal-hal yang dapat bina...

25. Barangsiapa mencintai nyawanya. Prinsip yang sama berlaku bagi para murid, "Barangsiapa berusaha mengumpulkan bagi dirinya hal-hal yang dapat binasa. akan binasa bersama dengannya: barangsiapa membebaskan diri dari segala sesuatu yang berasal dari dunia ini, berarti mempersiapkan diri untuk hidup yang lebih tinggi" (Westcort, op. cit).

Wycliffe: Yoh 12:26 - Ia harus mengikut Aku // barangsiapa 26. Ia harus mengikut Aku. Melayani Kristus berarti mengikut Dia, bahkan sampai mati. Tindakan ini akan memperoleh upah ikut mengalami masa depan yang...

26. Ia harus mengikut Aku. Melayani Kristus berarti mengikut Dia, bahkan sampai mati. Tindakan ini akan memperoleh upah ikut mengalami masa depan yang mulia bersama dengan Dia, termasuk pengakuan oleh Bapa. Kemungkinan ini terbuka bagi barangsiapa pun (Yunani maupun Yahudi).

Wycliffe: Yoh 12:27 - Selamatkanlah Aku // saat 27. Dengan berbicara tentang hal-hal ini. Yesus makin benar-benar menyadari akan harga yang sesaat lagi akan Ia bayar untuk mengisi jabatan-Nya sebaga...

27. Dengan berbicara tentang hal-hal ini. Yesus makin benar-benar menyadari akan harga yang sesaat lagi akan Ia bayar untuk mengisi jabatan-Nya sebagai Penebus. Selamatkanlah Aku. Ungkapan ini merupakan percikan dari kesedihan Getsemani. Yesus sesungguhnya cenderung ingin terhindari dari saat yang makin dekat itu. Doa semacam itu memberikan kesaksian yang mengesankan tentang betapa mengerikannya saat tersebut. Tetapi pengabdian Yesus demikian sempurna sehingga Dia tetap akan menghadapinya. Untuk itulah Dia datang. Karena itu doa tersebut tidak diperpanjang.

Wycliffe: Yoh 12:28 - Muliakanlah nama // Mu // Aku telah memuliakan-Nya // Bapa. Lagi, 28. Doa yang lain dipanjatkan sebagai gantinya. Muliakanlah nama-Mu. Bapa akan melakukan hal ini ketika Dia memberikan kemampuan kepada Anak untuk men...

28. Doa yang lain dipanjatkan sebagai gantinya. Muliakanlah nama-Mu. Bapa akan melakukan hal ini ketika Dia memberikan kemampuan kepada Anak untuk menghadapi saat-Nya dan menyelesaikan misi-Nya. Aku telah memuliakan-Nya. Kemuliaan Sang Anak, yang diwujudkan dalam hidup dam karya-Nya sampai sejauh ini, mencerminkan kemuliaan Sang Bapa. Lagi, yaitu di dalam Kesengsaraan tersebut, yang akan berakhir di dalam kebangkitan dan pemuliaan.

Wycliffe: Yoh 12:29 - Orang banyak, 29. Orang banyak, yang pemahamannya terbatas telah salah menafsirkan kesaksian Bapa.

29. Orang banyak, yang pemahamannya terbatas telah salah menafsirkan kesaksian Bapa.

Wycliffe: Yoh 12:31 - -- 31. Saat Yesus bukan hanya akan membawa penderitaan bagi Dia, tetapi juga penghakiman atas dunia penuh dosa yang akan membuat Dia harus disalibkan, da...

31. Saat Yesus bukan hanya akan membawa penderitaan bagi Dia, tetapi juga penghakiman atas dunia penuh dosa yang akan membuat Dia harus disalibkan, dan kehancuran bagi Iblis yang mengatur sistem dunia ini. Kristus yang ditolak akan menolak orang yang mendorong orang banyak yang menolak diri-Nya (bdg. Kol. 2:15).

Wycliffe: Yoh 12:32 - Semua orang, // Kepada-Ku 32. Kristus sendiri, ketika tampaknya kalah, sesungguhnya bisa menarik orang kepada diri-Nya melalui kuasa pengorbanan-Nya. Kemuliaan akan menang atas...

32. Kristus sendiri, ketika tampaknya kalah, sesungguhnya bisa menarik orang kepada diri-Nya melalui kuasa pengorbanan-Nya. Kemuliaan akan menang atas kehinaan. Kemenangan akan memancar menerobos tragedi yang gelap. Semua orang, termasuk orang-orang Yunani, akan datang untuk mengalami tarikan dari kasih penebusan-Nya. Kepada-Ku. Keselamatan adalah kepada Kristus dan juga melalui Dia.

Wycliffe: Yoh 12:33 - Caranya Ia ... mati 33. Caranya Ia ... mati. Ditinggikan artinya sama dengan penyaliban. Yesus mengetahui bahwa Dia tidak akan mati karena dilempari batu.

33. Caranya Ia ... mati. Ditinggikan artinya sama dengan penyaliban. Yesus mengetahui bahwa Dia tidak akan mati karena dilempari batu.

Wycliffe: Yoh 12:34 - Mesias // tetap hidup selama-lamanya 34. Mesias sebagaimana dinantikan umat itu sesuai Taurat (Perjanjian Lama secara umum) tetap hidup selama-lamanya. Jadi bagaimana mungkin Yesus sebaga...

34. Mesias sebagaimana dinantikan umat itu sesuai Taurat (Perjanjian Lama secara umum) tetap hidup selama-lamanya. Jadi bagaimana mungkin Yesus sebagai Anak Manusia dapat menggenapi harapan tersebut dengan ditinggikan untuk mati? Anak Manusia semacam itu tidak sesuai dengan Mesias yang mereka nantikan. Harapan yang mereka miliki ketika Kristus memasuki Yerusalem kini hancur.

Wycliffe: Yoh 12:35-36 - -- 35, 36. Sebelum hubungan dengan orang-orang itu terputus, Kristus mengingatkan mereka bahwa terang hanya akan bersinar untuk waktu yang terbatas. Apab...

35, 36. Sebelum hubungan dengan orang-orang itu terputus, Kristus mengingatkan mereka bahwa terang hanya akan bersinar untuk waktu yang terbatas. Apabila mereka tidak menerima terang tersebut, kegelapan akan meliputi mereka.

Peringatan itu tampaknya tidak diperhatikan. Yohanes merangkum perlawanan terhadap terang yang berlanjut terus hingga akhir (ay. 37-43).

Wycliffe: Yoh 12:37 - banyak 37. Semua mukjizat tidak membuat orang banyak beriman kepada Tuhan. Hanya sebagian dari mukjizat-mukjizat itu yang ditulis oleh Yohanes di antara seki...

37. Semua mukjizat tidak membuat orang banyak beriman kepada Tuhan. Hanya sebagian dari mukjizat-mukjizat itu yang ditulis oleh Yohanes di antara sekian banyak mukjizat yang lain.

Wycliffe: Yoh 12:38 - -- 38. Ketiadaan iman ini selaras dengan nubuat Nabi Yesaya (53:1). Adalah sangat berarti bahwa pasal 53 di dalam kitab Nabi Yesaya itulah yang menonjolk...

38. Ketiadaan iman ini selaras dengan nubuat Nabi Yesaya (53:1). Adalah sangat berarti bahwa pasal 53 di dalam kitab Nabi Yesaya itulah yang menonjolkan kematian Mesias.

Wycliffe: Yoh 12:39-40 - Mereka tidak dapat dipercaya // Membutakan mata ... mendegilkan hati // menyembuhkan // berbalik, // Aku menyembuhkan 39, 40. Mereka tidak dapat dipercaya. Kekerasan hati mereka menjadikan hal ini tidak terelakkan lagi. Membutakan mata ... mendegilkan hati. Tindakan A...

39, 40. Mereka tidak dapat dipercaya. Kekerasan hati mereka menjadikan hal ini tidak terelakkan lagi. Membutakan mata ... mendegilkan hati. Tindakan Allah ini tidak dapat dilihat sebagai direncanakan dengan sengaja untuk menjadikan iman mustahil bagi orang yang sebenarnya ingin percaya. Justru tindakan ini merupakan jawaban Allah terhadap ketidakpercayaan. Tuhan tentu harus menyembuhkan mereka apabila mereka berbalik, supaya kesetiaan-Nya tidak diragukan. Pengerasan hati secara hukum merupakan tahap dalam penghukuman ilahi. Kutipan diambil dari Yesaya 6:10. Aku menyembuhkan. Di sini Kristus menjadi subyek.

Wycliffe: Yoh 12:41 - Kemuliaan-Nya, 41. Kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan Kristus. Sebagaimana . Yesaya sudah melihat penderitaan-Nya sebelum terjadi (bdg. ay. 38), demikian juga Dia sudah ...

41. Kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan Kristus. Sebagaimana . Yesaya sudah melihat penderitaan-Nya sebelum terjadi (bdg. ay. 38), demikian juga Dia sudah melihat kemuliaan-Nya (Yes. 6).

Wycliffe: Yoh 12:42-43 - Kata namun // n 42, 43. Kata namun mempersiapkan pembaca untuk melihat bahwa ada perkecualian terhadap kekerasan hati yang pada umumnya merupakan kondisi Israel. Iden...

42, 43. Kata namun mempersiapkan pembaca untuk melihat bahwa ada perkecualian terhadap kekerasan hati yang pada umumnya merupakan kondisi Israel. Identitas dari para pemimpin yang "percaya kepada-Nya" ini tidak diketahui. Tetapi. ketidaksediaan mereka untuk mengakui Kristus membuat kesungguhan iman mereka patut diragukan (bdg. 2:23-25). Mereka terbukti tidak layak memperoleh pujian ilahi.

Di sini Yohanes menyajikan penawaran diri Yesus yang terakhir kepada bangsa itu.

Wycliffe: Yoh 12:44-45 - Berseru, 44, 45. Berseru, menekankan sifat umum dan mendesak dari ajaran ini. Yesus menegaskan kembali bahwa Ia diutus oleh Bapa (12:44) dan bahwa Ia satu deng...

44, 45. Berseru, menekankan sifat umum dan mendesak dari ajaran ini. Yesus menegaskan kembali bahwa Ia diutus oleh Bapa (12:44) dan bahwa Ia satu dengan Bapa (ay. 45).

Wycliffe: Yoh 12:46 - Terang 46. Terang. Bandingkan 1:7-9; 3:19; 8:12; 9:5; 12:35.

46. Terang. Bandingkan 1:7-9; 3:19; 8:12; 9:5; 12:35.

Wycliffe: Yoh 12:47-48 - -- 47, 48. Apabila sekarang perkataan Kristus ini ditolak, maka perkataan itu akan bertindak sebagai hakim pada hari terakhir. Perkataan-Nya tidak akan p...

47, 48. Apabila sekarang perkataan Kristus ini ditolak, maka perkataan itu akan bertindak sebagai hakim pada hari terakhir. Perkataan-Nya tidak akan pernah berlalu.

Wycliffe: Yoh 12:49 - -- 49. Yesus hanya mengatakan apa yang telah diberikan oleh Bapa kepada-Nya untuk diutarakan. Jadi bagaimana mungkin Dia bisa dipersalahkan karena menghu...

49. Yesus hanya mengatakan apa yang telah diberikan oleh Bapa kepada-Nya untuk diutarakan. Jadi bagaimana mungkin Dia bisa dipersalahkan karena menghujat atau tidak mengatakan kebenaran?

Wycliffe: Yoh 12:50 - Hidup yang kekal 50. Hidup yang kekal. Ini terdapat di dalam kata yang diucapkan oleh Yesus, sebagaimana terdapat dalam diri-Nya sebagai Firman (6:63; 1:1, 4, 18).

50. Hidup yang kekal. Ini terdapat di dalam kata yang diucapkan oleh Yesus, sebagaimana terdapat dalam diri-Nya sebagai Firman (6:63; 1:1, 4, 18).

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Yoh 12:1-11 - Maria Mengurapi Kaki Kristus; Kemunafikan Yudas; Kemarahan Imam-imam Kepala Kisah yang kita dapati di akhir pasal sebelumnya sangatlah menyedihkan, yaitu tentang penghinaan yang dilontarkan terhadap Tuhan kita Yesus Kristu...

Matthew Henry: Yoh 12:12-19 - Kristus Memasuki Yerusalem Kristus Memasuki Yerusalem (12:12-19) Kisah mengenai kedatangan Kristus ke Yerusalem dalam suasana penuh kemenangan ini dicatat oleh semua penulis ...

Matthew Henry: Yoh 12:20-26 - Keinginan Beberapa Orang Yunani untuk Melihat Kristus; Imbalan bagi Para Hamba Kristus Keinginan Beberapa Orang Yunani untuk Melihat Kristus; Imbalan bagi Para Hamba Kristus (12:20-26) Di sini, Kristus dihormati oleh beberapa orang Yu...

Matthew Henry: Yoh 12:27-36 - Kesaksian Sorgawi tentang Kristus; Percakapan Kristus dengan Orang Banyak Kesaksian Sorgawi tentang Kristus; Percakapan Kristus dengan Orang Banyak (12:27-36) Di sini, sebuah penghormatan diberikan kepada Kristus oleh Bap...

Matthew Henry: Yoh 12:37-41 - Ketidakpercayaan Orang Banyak Ketidakpercayaan Orang Banyak (12:37-41) Di sini diceritakan tentang penghormatan yang diberikan kepada Tuhan kita Yesus oleh nabi-nabi Perjanjian ...

Matthew Henry: Yoh 12:42-43 - Para Pemimpin yang Bersifat Pengecut Para Pemimpin yang Bersifat Pengecut (12:42-43) Kristus menerima secuil kehormatan dari para pemimpin itu: sebab mereka percaya kepada-Nya, menjadi...

Matthew Henry: Yoh 12:44-50 - Percakapan Terakhir Kristus dengan Orang-orang Yahudi Percakapan Terakhir Kristus dengan Orang-orang Yahudi (12:44-50) Di sini diceritakan tentang kehormatan yang bukannya direka-reka sendiri oleh Kris...

SH: Yoh 12:1-11 - Maria bukan Yudas (Senin, 25 Februari 2008) Maria bukan Yudas Yudas tergolong murid Yesus, tetapi Yudas ternyata tidak percaya kepada Yesus. Ia tidak menunjukkan perilaku pengikut yang ...

SH: Yoh 12:1-11 - Persiapan menjelang ajal (Minggu, 26 Februari 2006) Persiapan menjelang ajal Mungkin kita pernah menerima firasat buruk atau melihat perilaku janggal dari orang terdekat kita yang akan meninggal. ...

SH: Yoh 12:1-8 - Persiapan penguburan Yesus. (Selasa, 5 Maret 2002) Persiapan penguburan Yesus. Walau tahu bahwa pemimpin Yahudi dan kroni-kroninya merencanakan pembunuhan terhadap diri-Nya, Yesus tetap kembali ke...

SH: Yoh 12:1-11 - Pelayanan yang tertuju kepada diri sendiri. (Rabu, 24 Februari 1999) Pelayanan yang tertuju kepada diri sendiri. Pada masa itu tidak semua orang dapat menggunakan minyak wangi apalagi membelinya. Selain mahal, b...

SH: Yoh 12:9-19 - Sang raja masuk kota Yerusalem. (Rabu, 6 Maret 2002) Sang raja masuk kota Yerusalem. Situasi makin panas karena pemimpin Yahudi merencanakan pembunuhan bukan terhadap Yesus saja, tetapi juga terhada...

SH: Yoh 12:12-19 - Sang Mesias, Raja Israel (Selasa, 26 Februari 2008) Sang Mesias, Raja Israel Nas ini membuktikan bahwa kebangkitan Lazarus mengandung makna lebih dalam dari sekadar mukjizat. \'Tanda\' kebangkitan ...

SH: Yoh 12:12-19 - Apa motivasi Anda ikut Yesus? (Senin, 27 Februari 2006) Apa motivasi Anda ikut Yesus? Siapa yang tidak mau dekat dengan orang kaya yang sedang berjaya? Siapa pun akan bersedia menjadi sahabatnya demi ...

SH: Yoh 12:12-19 - Yesus Raja Israel. (Kamis, 25 Februari 1999) Yesus Raja Israel. Kebiasaan orang Yahudi bila kedatangan seorang raja adalah menyambutnya dengan elu-eluan daun-daun palem. Apa yang mendoron...

SH: Yoh 12:20-36 - Penderitaan mendahului kemuliaan (Rabu, 27 Februari 2008) Penderitaan mendahului kemuliaan Mulia, agung, akbar, semua kata-kata ini kerap kita berikan kepada Tuhan Yesus. Sayangnya, kita gandrung memberi...

SH: Yoh 12:20-26 - Kemuliaan melalui kematian (Selasa, 28 Februari 2006) Kemuliaan melalui kematian Seorang pemadam kebakaran, sering kali harus mempertaruhkan nyawa saat menghadapi kobaran api demi menyelamatkan jiwa...

SH: Yoh 12:20-26 - Sambutan atas Yesus tidak saja datang dari orang Yahudi, tetapi (Kamis, 7 Maret 2002) Sambutan atas Yesus tidak saja datang dari orang Yahudi, tetapi jugadari bangsa kafir. Kerajaan Romawi yang luas memungkinkan bangsa-bangsa dalam...

SH: Yoh 12:20-36 - Semua datang kepada-Nya. (Jumat, 26 Februari 1999) Semua datang kepada-Nya. Kehadiran orang-orang Yunani, yang semula menolak Yesus, ternyata tidak mengganggu sukacita dan kegirangan yang telah...

SH: Yoh 12:27-36 - Jalan pemuliaan (Rabu, 1 Maret 2006) Jalan pemuliaan Yesus telah tiba pada tahap akhir pelayanan-Nya kepada orang Yahudi. Menyambung ucapan-Nya dalam ayat 23, Yesus kini menjelaskan ba...

SH: Yoh 12:27-36 - Bapa muliakanlah nama-Mu. (Jumat, 8 Maret 2002) Bapa muliakanlah nama-Mu. Mengapa harus ada permohonan Yesus seperti itu kepada Bapa-Nya? Apakah selama ini Ia tidak memuliakan nama Bapa di surg...

SH: Yoh 12:37-50 - Demi kehormatan (Kamis, 28 Februari 2008) Demi kehormatan Demikianlah akhir bagian Injil Yohanes yang dikenal para penafsir dengan nama "kitab tanda-tanda". Penulis Injil menyusun Injil i...

SH: Yoh 12:37-43 - Siapa yang percaya? (Kamis, 2 Maret 2006) Siapa yang percaya? Yohanes kini memberikan evaluasi teologis tentang respons orang Yahudi terhadap Yesus. Ia menggunakan dua kutipan dari Yesaya (a...

SH: Yoh 12:37-43 - Lebih suka kehormatan manusia daripada kehormatan Allah. (Sabtu, 9 Maret 2002) Lebih suka kehormatan manusia daripada kehormatan Allah. Perikop yang kita baca kali ini seluruhnya mengutip dari PL, nubuatan nabi Yesaya tentan...

SH: Yoh 12:37-50 - Pilihan bebas manusia. (Sabtu, 27 Februari 1999) Pilihan bebas manusia. "Tetap tidak percaya sekalipun telah melihat banyak mukjizat!" Kutipan Yesaya 6:10, seolah-olah menimbulkan kesan bahwa...

SH: Yoh 12:44-50 - Panggilan untuk percaya (Jumat, 3 Maret 2006) Panggilan untuk percaya Yohanes mengakhiri kisah pelayanan Yesus kepada orang banyak dengan merangkum berbagai tema penting yang diuraikan dalam Yoh...

SH: Yoh 12:44-50 - Menyebar kasih. (Kamis, 14 Maret 2002) Menyebar kasih. Setelah Yudas pergi, Yesus mengatakan banyak hal kepada para murid-Nya, semacam pesan-pesan terakhir dari-Nya. Pertanyaannya, ...

SH: Yoh 12:44-50 - Firman Tuhan yang menghakimi manusia. (Minggu, 10 Maret 2002) Firman Tuhan yang menghakimi manusia. Sabda Yesus yang sangat tajam disampaikan pada penampilan terakhir-Nya di muka umum. Mulai pasal 13, Ia han...

Utley: Yoh 12:1-8 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 12:1-81 Enam hari sebelum Paskah Yesus datang ke Betania, tempat tinggal Lazarus yang dibangkitkan Yesus dari antara orang ...

Utley: Yoh 12:9-11 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 12:9-119 Sejumlah besar orang Yahudi mendengar, bahwa Yesus ada di sana dan mereka datang bukan hanya karena Yesus, melaink...

Utley: Yoh 12:12-19 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 12:12-1912 Keesokan harinya ketika orang banyak yang datang merayakan pesta mendengar, bahwa Yesus sedang di tengah jalan m...

Utley: Yoh 12:20-26 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 12:20-2620 Di antara mereka yang berangkat untuk beribadah pada hari raya itu, terdapat beberapa orang Yunani. 21 Orang-ora...

Utley: Yoh 12:27-36 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yoh 12:27-36a27 "Sekarang jiwa-Ku terharu dan apakah yang akan Kukatakan? Bapa, selamatkanlah Aku dari saat ini? Tidak, sebab u...