Teks -- Markus 14:23-72 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Mrk 14:24 - DARAH PERJANJIAN.
Nas : Mr 14:24
Darah Kristus tercurah bagi kita semua agar memberikan pengampunan
dosa serta keselamatan. Kematian-Nya di kayu salib menetapkan sua...
Nas : Mr 14:24
Darah Kristus tercurah bagi kita semua agar memberikan pengampunan dosa serta keselamatan. Kematian-Nya di kayu salib menetapkan suatu perjanjian yang baru di antara Allah dan semua orang yang menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya
(lihat cat. --> Yer 31:31-34).
[atau ref. Yer 31:31-34]
Mereka yang bertobat dan berbalik kepada Allah melalui iman kepada Kristus akan diampuni, dibebaskan dari kuasa Iblis, menerima hidup rohani yang baru, dijadikan anak Allah, dibaptiskan dalam Roh Kudus, serta dapat menghampiri Allah setiap saat untuk menerima kemurahan, kasih karunia, kekuatan, dan pertolongan
(lihat cat. --> Mat 26:28;
[atau ref. Mat 26:28]
Full Life: Mrk 14:32 - GETSEMANI ... BERDOA.
Nas : Mr 14:32
Tindakan Yesus ini adalah contoh dari apa yang harus dilakukan orang
percaya ketika menderita kesusahan atau kesedihan yang besar.
...
Nas : Mr 14:32
Tindakan Yesus ini adalah contoh dari apa yang harus dilakukan orang percaya ketika menderita kesusahan atau kesedihan yang besar.
- 1) Hampirilah Allah di dalam doa (ayat Mr 14:32,35-36,39).
- 2) Mencari dukungan dari saudara seiman (ayat Mr 14:33-34,42).
- 3) Akuilah di dalam hati bahwa Allah adalah Bapa di sorga yang memperhatikan saudara (ayat Mr 14:36).
- 4) Percayalah kepada Allah dan serahkanlah dirimu kepada kehendak-Nya
(ayat Mr 14:36).
Lihat cat. --> Mat 26:37
[atau ref. Mat 26:37] dst.
untuk mengetahui sepuluh tahap dari penderitaan Kristus.
Full Life: Mrk 14:35 - SAAT ITU LALU DARIPADA-NYA.
Nas : Mr 14:35
Lihat cat. --> Mat 26:39.
[atau ref. Mat 26:39]
Full Life: Mrk 14:37 - BERJAGA-JAGA SATU JAM.
Nas : Mr 14:37
Petrus dan murid yang lain lalai untuk berjaga-jaga dan berdoa,
satu-satunya hal yang dapat menyelamatkan mereka dari kegagalan pada...
Nas : Mr 14:37
Petrus dan murid yang lain lalai untuk berjaga-jaga dan berdoa, satu-satunya hal yang dapat menyelamatkan mereka dari kegagalan pada saat pencobaan ini (ayat Mr 14:50). Kegagalan dalam kehidupan Kristen kita itu sudah pasti apabila kita tidak berdoa
(lihat cat. --> Kis 10:9
[atau ref. Kis 10:9]
mengenai komitmen untuk berdoa selama satu jam).
Full Life: Mrk 14:46 - DAN MENANGKAP-NYA.
Nas : Mr 14:46
Lihat cat. --> Mat 26:57
[atau ref. Mat 26:57]
mengenai urutan peristiwa mulai dari penangkapan hingga penyaliban Yes...
Full Life: Mrk 14:50 - SEMUA MURID ITU MENINGGALKAN DIA.
Nas : Mr 14:50
Kita tidak boleh membandingkan kegagalan Petrus dan murid lain itu
pada waktu penangkapan Yesus dengan kegagalan rohani dan moral da...
Nas : Mr 14:50
Kita tidak boleh membandingkan kegagalan Petrus dan murid lain itu pada waktu penangkapan Yesus dengan kegagalan rohani dan moral dari para hamba Tuhan sesudah kematian dan kebangkitan Kristus. Hal ini karena alasan-alasan berikut ini:
- 1) Petrus dan kawan-kawannya pada saat kegagalan belum berada di bawah perjanjian yang baru. Perjanjian itu belum berlaku sampai darah Kristus tercurah di kayu salib (Ibr 9:15-20).
- 2) Petrus dan murid lain belum mengalami kelahiran baru oleh Roh Kudus dalam pengertian PB. Roh Kudus belum diberikan kepada mereka dalam kehadiran-Nya yang mendiami dan menguduskan. Hal itu baru terjadi pada hari kebangkitan Kristus ketika Ia mengembusi mereka dan berkata, "Terimalah Roh Kudus" (Yoh 20:22). Kegagalan para murid merupakan kegagalan akibat kelemahan dan bukan kejahatan.
- 3) Ketika Petrus dan murid lain itu meninggalkan Kristus, mereka tidak
memiliki keuntungan seperti yang dimiliki orang yang menyadari berbagai
pengertian moral dari kematian Yesus di kayu salib (lih. Rom 6:1-23).
Mereka juga belum mempunyai iman yang tabah yang dibangunkan oleh
kebangkitan-Nya dari orang mati.
Dengan kata lain, bagian ini tidak dapat dipergunakan sebagai landasan
untuk menerima kembali para pekerja Tuhan yang, karena dosa dan kelalaian
moral mereka sendiri, dengan rela telah mengesampingkan semua syarat bagi
penilik jemaat di dalam kehidupan pribadi dan rohani mereka
(lihat art. SYARAT-SYARAT MORAL PENILIK JEMAAT).
Full Life: Mrk 14:71 - MENGUTUK DAN BERSUMPAH.
Nas : Mr 14:71
Petrus menegaskan apa yang dikatakannya dengan suatu sumpah serta
kutukan yang kiranya dikenakan Allah kepadanya seandainya dirinya
...
Nas : Mr 14:71
Petrus menegaskan apa yang dikatakannya dengan suatu sumpah serta kutukan yang kiranya dikenakan Allah kepadanya seandainya dirinya berbohong.
duduk di sebelah kanan: Lihat Mar 12:36.
menyobek-nyobek pakaiannya: Cara orang Yahudi marah.
Jerusalem: Mrk 14:36 - Ya Abba Abba adalah sebuah kata bahasa Aram. Dengannya Yesus mengungkapkan hubungan mesra antara Anak dan Bapa, bdk Mat 11:25-26 dsj; Yoh 3:35; Yoh 5:19-20; Y...
Abba adalah sebuah kata bahasa Aram. Dengannya Yesus mengungkapkan hubungan mesra antara Anak dan Bapa, bdk Mat 11:25-26 dsj; Yoh 3:35; Yoh 5:19-20; Yoh 8:28-29, dll. Kemudian orang Kristen juga memakai kata itu untuk menyapa Allah, Rom 8:15; Gal 4:6. Memanglah Roh Kudus menjadikan orang Kristen anak Allah, Mat 6:9; Mat 17:25+ (Yunani): anak-anaknya; terjemahan: rakyatnya); Luk 11:2, dll.
Jerusalem: Mrk 14:52 - ia melepaskan kainnya Banyak ahli berpendapat bahwa pemuda itu tidak lain kecuali penginjil (Markus) sendiri. Hanya Markus menceritakan peristiwa itu.
Banyak ahli berpendapat bahwa pemuda itu tidak lain kecuali penginjil (Markus) sendiri. Hanya Markus menceritakan peristiwa itu.
Jerusalem: Mrk 14:60 - Tidakkah engkau Terjemahan lain: Engkau tidak menjawab? Apa tuduhan-tuduhan saksi-saksi ini terhadap Engkau?, bdk Mat 26:62.
Terjemahan lain: Engkau tidak menjawab? Apa tuduhan-tuduhan saksi-saksi ini terhadap Engkau?, bdk Mat 26:62.
Jerusalem: Mrk 14:61 - Yang Terpuji menurut adat kebiasaan Yahudi yang tidak mengucapkan nama Allah lagi, ungkapan "Yang Terpuji" mengganti nama Yahwe; demikianpun dalam Mar 14:62 ungkap...
menurut adat kebiasaan Yahudi yang tidak mengucapkan nama Allah lagi, ungkapan "Yang Terpuji" mengganti nama Yahwe; demikianpun dalam Mar 14:62 ungkapan Yang Mahakuasa (Harafiah: kekuasaan) mengganti nama Yahwe.
Jerusalem: Mrk 14:65 - Dia dan menutupi Dalam beberapa naskah dan terjemahan kata-kata ini tidak ada (sehingga berbunyi: meludahi mukaNya). Teks yang lazim, menyesuaikan cerita Markus dengan...
Dalam beberapa naskah dan terjemahan kata-kata ini tidak ada (sehingga berbunyi: meludahi mukaNya). Teks yang lazim, menyesuaikan cerita Markus dengan Luk 22:64
Jerusalem: Mrk 14:65 - cobalah terka harafiah: bernubuatlah. Sejumlah naskah yang kurang bernilai menambah: siapakah yang memukul Engkau. Ini diambil dari Mat 26:68 dan Luk 22:64. Dalam c...
harafiah: bernubuatlah. Sejumlah naskah yang kurang bernilai menambah: siapakah yang memukul Engkau. Ini diambil dari Mat 26:68 dan Luk 22:64. Dalam cerita Markus seperti ada dalam naskah-naskah tersebut tidak ada lagi pengetahuan luar biasa. Tinggal saja gagasan bahwa Yesus sebagai nabi diperolok-olokkan, seperti dinubuatkan Yes 50:6.
Jerusalem: Mrk 14:68 - ke serambi muka Sejumlah naskah menambah: dan berkokoklah ayam. Ini barangkali asli. Kalau demikian, cerita Markus sedikit ganjil. Petrus sudah pergi dan hatinya tida...
Sejumlah naskah menambah: dan berkokoklah ayam. Ini barangkali asli. Kalau demikian, cerita Markus sedikit ganjil. Petrus sudah pergi dan hatinya tidak tergerak oleh berkokoknya ayam itu. Di belakang keganjilan itu barangkali tersembunyi sebuah tradisi yang hanya bercerita bahwa Petrus sekali menyangkal Yesus dan itu diiringi berkokoknya ayam. Dalam Markus cerita itu tergabung dengan dua tradisi yang serupa tentang hal yang sama. Akibat penggabungan tiga tradisi itu terjadilah bahwa Petrus menyangkal Yesus sampai tiga kali, Mar 14:30 dsj; bdk Yoh 13:38; Yoh 21:15-17. Penggabungan ketiga tradisi itu masih terasa dalam Markus (kalau tambahan tersebut diterima), tetapi tidak lagi dalam Matius dan Lukas, yang dua-duanya menghilangkan berkokoknya ayam untuk pertama kalinya itu; perginya Petrus untuk pertama kalinya diperlemah Matius dan dihilangkan Lukas. Penggabungan tiga tradisi itu dalam Injil-injil Sinoptik disarankan juga oleh Yohanes, di mana penyangkalan Yesus oleh Petrus untuk pertama kalinya, Mat 18:17, dipisahkan dari penyangkalan kedua dan ketiga, Mat 18:25-27.
ialah Petrus menurut Yoh 18:10.
Ada jang menduga, bahwa dialah Markus sendiri.
Ende: Mrk 14:53 - Imam-imam besar Jang mendjabat dan bergelar "imam agung" ada hanja seorang,
dan tahun itu Kaifaslah mendjabat pangkat itu. Dan jang bergelar "imam besar"
ialah agaknj...
Jang mendjabat dan bergelar "imam agung" ada hanja seorang, dan tahun itu Kaifaslah mendjabat pangkat itu. Dan jang bergelar "imam besar" ialah agaknja imam-imam terkemuka dan jang mendjadi anggota mahkamah agung. Lih. Tjatatan pada Mat 2:4.
Ende: Mrk 14:61 - Allah jang terpudji Aslinja: Putera dari Jang Terberkati. Seperti umumnja
kebiasaan orang Jahudi, Kaifas segan mengutjapkan nama" Allah ialah "Jahweh".
Aslinja: Putera dari Jang Terberkati. Seperti umumnja kebiasaan orang Jahudi, Kaifas segan mengutjapkan nama" Allah ialah "Jahweh".
Ende: Mrk 14:62 - Disebelah kanan Jang-Mahakuasa Aslinja "disebelah Kekuasaan". Disinipun
"kekuasaan" digunakan Jesus sebagai pengganti "Jahweh", tetapi mengesankan
pula, bahwa Ia mempunjai bagian da...
Aslinja "disebelah Kekuasaan". Disinipun "kekuasaan" digunakan Jesus sebagai pengganti "Jahweh", tetapi mengesankan pula, bahwa Ia mempunjai bagian dalam "Kekuasaan" atau "kemaha-kuasaan" Allah.
Ref. Silang FULL -> Mrk 14:23; Mrk 14:24; Mrk 14:25; Mrk 14:26; Mrk 14:27; Mrk 14:28; Mrk 14:30; Mrk 14:31; Mrk 14:33; Mrk 14:34; Mrk 14:35; Mrk 14:36; Mrk 14:38; Mrk 14:41; Mrk 14:43; Mrk 14:45; Mrk 14:49; Mrk 14:50; Mrk 14:54; Mrk 14:55; Mrk 14:58; Mrk 14:61; Mrk 14:62; Mrk 14:63; Mrk 14:64; Mrk 14:65; Mrk 14:66; Mrk 14:67; Mrk 14:68; Mrk 14:70; Mrk 14:71; Mrk 14:72
· cawan itu: 1Kor 10:16
· akan tercerai-berai: Za 13:7
· tiga kali: Mr 14:66-72; Luk 22:34; Yoh 13:38
Ref. Silang FULL: Mrk 14:36 - ya Bapa // ambillah cawan // Engkau kehendaki · ya Bapa: Rom 8:15; Gal 4:6
· ambillah cawan: Mat 20:22; Mat 20:22
· Engkau kehendaki: Mat 26:39; Mat 26:39
Ref. Silang FULL: Mrk 14:38 - dalam pencobaan // daging lemah · dalam pencobaan: Mat 6:13
· daging lemah: Rom 7:22,23
· dalam pencobaan: Mat 6:13
· daging lemah: Rom 7:22,23
Ref. Silang FULL: Mrk 14:49 - Bait Allah // haruslah digenapi · Bait Allah: Mat 26:55; Mat 26:55
· haruslah digenapi: Yes 53:7-12; Mat 1:22; Mat 1:22
· Bait Allah: Mat 26:55; [Lihat FULL. Mat 26:55]
· haruslah digenapi: Yes 53:7-12; Mat 1:22; [Lihat FULL. Mat 1:22]
Ref. Silang FULL: Mrk 14:54 - Imam Besar // dekat api · Imam Besar: Mat 26:3; Mat 26:3
· dekat api: Yoh 18:18
Ref. Silang FULL: Mrk 14:61 - tidak menjawab // Yang Terpuji · tidak menjawab: Yes 53:7; Mat 27:12,14; Mr 15:5; Luk 23:9; Yoh 19:9
· Yang Terpuji: Mat 16:16; Yoh 4:25,26
· tidak menjawab: Yes 53:7; Mat 27:12,14; Mr 15:5; Luk 23:9; Yoh 19:9
· Yang Terpuji: Mat 16:16; Yoh 4:25,26
Ref. Silang FULL: Mrk 14:63 - mengoyakkan pakaiannya · mengoyakkan pakaiannya: Im 10:6; 21:10; Bil 14:6; Kis 14:14
· mengoyakkan pakaiannya: Im 10:6; 21:10; Bil 14:6; Kis 14:14
Ref. Silang FULL: Mrk 14:67 - sedang berdiang // dengan Yesus · sedang berdiang: Mr 14:54
· dengan Yesus: Mr 1:24; Mr 1:24
· engkau maksud: Mr 14:30,72
Ref. Silang FULL: Mrk 14:70 - Petrus menyangkalnya // seorang Galilea · Petrus menyangkalnya: Mr 14:30,68,72
· seorang Galilea: Kis 2:7
· Petrus menyangkalnya: Mr 14:30,68,72
· seorang Galilea: Kis 2:7
· sebut-sebut ini: Mr 14:30,72
· tiga kali: Mr 14:30,68