kecilkan semua  

Teks -- Lukas 20:1-47 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Pertanyaan mengenai kuasa Yesus
20:1 Pada suatu hari ketika Yesus mengajar orang banyak di Bait Allah dan memberitakan Injil, datanglah imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat serta tua-tua ke situ, 20:2 dan mereka berkata kepada Yesus: "Katakanlah kepada kami dengan kuasa manakah Engkau melakukan hal-hal itu, dan siapa yang memberikan kuasa itu kepada-Mu!" 20:3 Jawab Yesus kepada mereka: "Aku juga akan mengajukan suatu pertanyaan kepada kamu. Katakanlah kepada-Ku: 20:4 Baptisan Yohanes itu, dari sorga atau dari manusia?" 20:5 Mereka mempertimbangkannya di antara mereka, dan berkata: "Jikalau kita katakan: Dari sorga, Ia akan berkata: Mengapakah kamu tidak percaya kepadanya? 20:6 Tetapi jikalau kita katakan: Dari manusia, seluruh rakyat akan melempari kita dengan batu, sebab mereka yakin, bahwa Yohanes adalah seorang nabi." 20:7 Lalu mereka menjawab, bahwa mereka tidak tahu dari mana baptisan itu. 20:8 Maka kata Yesus kepada mereka: "Jika demikian, Aku juga tidak mengatakan kepadamu dengan kuasa manakah Aku melakukan hal-hal itu."
Perumpamaan tentang penggarap-penggarap kebun anggur
20:9 Lalu Yesus mengatakan perumpamaan ini kepada orang banyak: "Seorang membuka kebun anggur; kemudian ia menyewakannya kepada penggarap-penggarap lalu berangkat ke negeri lain untuk waktu yang agak lama. 20:10 Dan ketika sudah tiba musimnya, ia menyuruh seorang hamba kepada penggarap-penggarap itu, supaya mereka menyerahkan sebagian dari hasil kebun anggur itu kepadanya. Tetapi penggarap-penggarap itu memukul hamba itu dan menyuruhnya pulang dengan tangan hampa. 20:11 Sesudah itu ia menyuruh seorang hamba yang lain, tetapi hamba itu juga dipukul dan dipermalukan oleh mereka, lalu disuruh pulang dengan tangan hampa. 20:12 Selanjutnya ia menyuruh hamba yang ketiga, tetapi orang itu juga dilukai oleh mereka, lalu dilemparkan ke luar kebun itu. 20:13 Maka kata tuan kebun anggur itu: Apakah yang harus kuperbuat? Aku akan menyuruh anakku yang kekasih; tentu ia mereka segani. 20:14 Tetapi ketika penggarap-penggarap itu melihat anaknya itu, mereka berunding, katanya: Ia adalah ahli waris, mari kita bunuh dia, supaya warisan ini menjadi milik kita. 20:15 Lalu mereka melemparkan dia ke luar kebun anggur itu dan membunuhnya. Sekarang apa yang akan dilakukan oleh tuan kebun anggur itu dengan mereka? 20:16 Ia akan datang dan membinasakan penggarap-penggarap itu, dan mempercayakan kebun anggur itu kepada orang-orang lain." Mendengar itu mereka berkata: "Sekali-kali jangan!" 20:17 Tetapi Yesus memandang mereka dan berkata: "Jika demikian apakah arti nas ini: Batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan telah menjadi batu penjuru? 20:18 Barangsiapa jatuh ke atas batu itu, ia akan hancur, dan barangsiapa ditimpa batu itu, ia akan remuk." 20:19 Lalu ahli-ahli Taurat dan imam-imam kepala berusaha menangkap Dia pada saat itu juga, sebab mereka tahu, bahwa merekalah yang dimaksudkan-Nya dengan perumpamaan itu, tetapi mereka takut kepada orang banyak.
Tentang membayar pajak kepada Kaisar
20:20 Ahli-ahli Taurat dan imam-imam kepala mengamat-amati Yesus. Mereka menyuruh kepada-Nya mata-mata yang berlaku seolah-olah orang jujur, supaya mereka dapat menjerat-Nya dengan suatu pertanyaan dan menyerahkan-Nya kepada wewenang dan kuasa wali negeri. 20:21 Orang-orang itu mengajukan pertanyaan ini kepada-Nya: "Guru, kami tahu, bahwa segala perkataan dan pengajaran-Mu benar dan Engkau tidak mencari muka, melainkan dengan jujur mengajar jalan Allah. 20:22 Apakah kami diperbolehkan membayar pajak kepada Kaisar atau tidak?" 20:23 Tetapi Yesus mengetahui maksud mereka yang licik itu, lalu berkata kepada mereka: 20:24 "Tunjukkanlah kepada-Ku suatu dinar; gambar dan tulisan siapakah ada padanya?" Jawab mereka: "Gambar dan tulisan Kaisar." 20:25 Lalu kata Yesus kepada mereka: "Kalau begitu berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah!" 20:26 Dan mereka tidak dapat menjerat Dia dalam perkataan-Nya di depan orang banyak. Mereka heran akan jawab-Nya itu dan mereka diam.
Pertanyaan orang Saduki tentang kebangkitan
20:27 Maka datanglah kepada Yesus beberapa orang Saduki, yang tidak mengakui adanya kebangkitan. Mereka bertanya kepada-Nya: 20:28 "Guru, Musa menuliskan perintah ini untuk kita: Jika seorang, yang mempunyai saudara laki-laki, mati sedang isterinya masih ada, tetapi ia tidak meninggalkan anak, saudaranya harus kawin dengan isterinya itu dan membangkitkan keturunan bagi saudaranya itu. 20:29 Adalah tujuh orang bersaudara. Yang pertama kawin dengan seorang perempuan lalu mati dengan tidak meninggalkan anak. 20:30 Lalu perempuan itu dikawini oleh yang kedua, 20:31 dan oleh yang ketiga dan demikianlah berturut-turut oleh ketujuh saudara itu, mereka semuanya mati dengan tidak meninggalkan anak. 20:32 Akhirnya perempuan itupun mati. 20:33 Bagaimana sekarang dengan perempuan itu, siapakah di antara orang-orang itu yang menjadi suaminya pada hari kebangkitan? Sebab ketujuhnya telah beristerikan dia." 20:34 Jawab Yesus kepada mereka: "Orang-orang dunia ini kawin dan dikawinkan, 20:35 tetapi mereka yang dianggap layak untuk mendapat bagian dalam dunia yang lain itu dan dalam kebangkitan dari antara orang mati, tidak kawin dan tidak dikawinkan. 20:36 Sebab mereka tidak dapat mati lagi; mereka sama seperti malaikat-malaikat dan mereka adalah anak-anak Allah, karena mereka telah dibangkitkan. 20:37 Tentang bangkitnya orang-orang mati, Musa telah memberitahukannya dalam nas tentang semak duri, di mana Tuhan disebut Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub. 20:38 Ia bukan Allah orang mati, melainkan Allah orang hidup, sebab di hadapan Dia semua orang hidup." 20:39 Mendengar itu beberapa ahli Taurat berkata: "Guru, jawab-Mu itu tepat sekali." 20:40 Sebab mereka tidak berani lagi menanyakan apa-apa kepada Yesus.
Hubungan antara Yesus dan Daud
20:41 Tetapi Yesus berkata kepada mereka: "Bagaimana orang dapat mengatakan, bahwa Mesias adalah Anak Daud? 20:42 Sebab Daud sendiri berkata dalam kitab Mazmur: Tuhan telah berfirman kepada Tuanku: duduklah di sebelah kanan-Ku, 20:43 sampai Kubuat musuh-musuh-Mu menjadi tumpuan kaki-Mu. 20:44 Jadi Daud menyebut Dia Tuannya, bagaimana mungkin Ia anaknya pula?"
Yesus menasihatkan supaya waspada terhadap ahli-ahli Taurat
20:45 Ketika semua orang banyak mendengarkan, Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: 20:46 "Waspadalah terhadap ahli-ahli Taurat yang suka berjalan-jalan memakai jubah panjang dan suka menerima penghormatan di pasar, yang suka duduk di tempat terdepan di rumah ibadat dan di tempat terhormat dalam perjamuan, 20:47 yang menelan rumah janda-janda dan yang mengelabui mata orang dengan doa yang panjang-panjang. Mereka itu pasti akan menerima hukuman yang lebih berat."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Abraham a son of Terah; the father of Isaac; ancestor of the Jewish nation.,the son of Terah of Shem
 · Daud a son of Jesse of Judah; king of Israel,son of Jesse of Judah; king of Israel
 · Ishak the only son of Abraham and Sarah; father of Jacob and Esau
 · Kaisar a title held by Roman emperors
 · Musa a son of Amram; the Levite who led Israel out of Egypt and gave them The Law of Moses,a Levite who led Israel out of Egypt and gave them the law
 · Yakub the second so of a pair of twins born to Isaac and Rebeccaa; ancestor of the 12 tribes of Israel,the nation of Israel,a person, male,son of Isaac; Israel the man and nation
 · Yohanes a son of Zebedee; younger brother of James; the beloved disciple of Christ,a relative of Annas the high priest,a son of Mary the sister of Barnabas, and surnamed Mark,the father of Simon Peter


Topik/Tema Kamus: Yesus | Yesus Kristus | Lukas, Injil | Perumpamaan | Kebun Anggur | Kaisar | Imam Kepala | Bangkit, Kebangkitan Orang Mati | Pakaian | Gelar Dan Nama Yang Diberikan; Kepada Orang-orang Kudus | Orang Saduki | Mati, Kematian | Saduki | Nabi | Malaikat | Saduki, Orang | Musa | Batu | Roh Kudus | Rumah Tuhan | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Luk 20:2 - DENGAN KUASA MANAKAH? Nas : Luk 20:2 Para pemimpin agama mempertanyakan kewenangan Yesus untuk membersihkan Bait Allah ataupun untuk mengajar orang (Luk 19:45-48). Merek...

Nas : Luk 20:2

Para pemimpin agama mempertanyakan kewenangan Yesus untuk membersihkan Bait Allah ataupun untuk mengajar orang (Luk 19:45-48). Mereka merasa tersinggung dan marah karena Yesus mengecam perbuatan jahat di dalam rumah Allah, sementara mereka sendiri bersikap toleransi dan ikut serta di dalam perbuatan tersebut. Tindakan-tindakan demikian menunjukkan betapa tidak tepatnya mereka untuk menjadi pemimpin rohani. Sebagai pemimpin rohani yang sejati, Yesus menggunakan kewenangan-Nya demi kepentingan kebenaran dan keadilan, sekalipun Ia harus mengorbankan nyawa-Nya sendiri.

Full Life: Luk 20:9-16 - PERUMPAMAAN PENGGARAP-PENGGARAP KEBUN ANGGUR. Nas : Luk 20:9-16 Lihat cat. --> Mat 21:33. [atau ref. Mat 21:33]

Nas : Luk 20:9-16

Lihat cat. --> Mat 21:33.

[atau ref. Mat 21:33]

Full Life: Luk 20:16 - MEMPERCAYAKAN KEBUN ANGGUR ITU KEPADA ORANG LAIN. Nas : Luk 20:16 Lihat cat. --> Mat 21:43 [atau ref. Mat 21:43] mengenai Kerajaan Allah diambil dari Israel.

Nas : Luk 20:16

Lihat cat. --> Mat 21:43

[atau ref. Mat 21:43]

mengenai Kerajaan Allah diambil dari Israel.

Full Life: Luk 20:18 - BATU ITU. Nas : Luk 20:18 Mereka yang tidak menerima Yesus akan hancur dan mereka yang jatuh di bawah hukuman-Nya akan sama sekali hancur lebur. Lih. Yes 8:1...

Nas : Luk 20:18

Mereka yang tidak menerima Yesus akan hancur dan mereka yang jatuh di bawah hukuman-Nya akan sama sekali hancur lebur. Lih. Yes 8:14 dan Luk 2:34 di mana Kristus diperkenalkan sebagai sebuah batu yang menjadi sandungan dan sebuah batu karang yang membuat orang jatuh; juga Dan 2:34-35,44-45, di mana Mesias merupakan sebuah batu karang yang meremukkan kerajaan-kerajaan dunia ini.

Full Life: Luk 20:25 - KALAU BEGITU BERIKANLAH KEPADA KAISAR. Nas : Luk 20:25 Dalam keadaan yang normal, orang percaya harus membayar pajak dan tunduk kepada kuasa pemerintah (lih. Rom 13:1-7), sekalipun keset...

Nas : Luk 20:25

Dalam keadaan yang normal, orang percaya harus membayar pajak dan tunduk kepada kuasa pemerintah (lih. Rom 13:1-7), sekalipun kesetiaan tertinggi kita adalah kepada Allah. Kita harus patuh kepada pemerintah sekular di dunia kecuali bila itu bertentangan dengan hukum Allah; kita sekali-kali tidak boleh melanggar perintah Yesus untuk "memberikan kepada Kaisar apa yang Kaisar punya".

Full Life: Luk 20:36 - SAMA SEPERTI MALAIKAT-MALAIKAT. Nas : Luk 20:36 Mengenai kehidupan orang percaya di dunia yang akan datang, Yesus menyatakan bahwa kehidupan itu dimulaikan dengan kebangkitan dari...

Nas : Luk 20:36

Mengenai kehidupan orang percaya di dunia yang akan datang, Yesus menyatakan bahwa kehidupan itu dimulaikan dengan kebangkitan dari antara orang mati, melibatkan suatu tubuh yang dipermuliakan yang takkan pernah mati, tetapi tidak lagi meliputi hubungan seperti yang di bumi misalnya pernikahan. Kenyataan bahwa hubungan di bumi akan berbeda tidak berarti bahwa kita tidak akan mengenal satu sama yang lain. Setelah kebangkitan-Nya, Yesus tetap dikenal oleh para murid-Nya (Luk 24:31,39; Mat 28:9).

Full Life: Luk 20:44 - DAUD MENYEBUT DIA TUANNYA. Nas : Luk 20:44 Orang Yahudi berpikir bahwa Mesias akan merupakan keturunan Daud, dan karenanya hanya seorang pemimpin manusiawi. Yesus menjelaskan...

Nas : Luk 20:44

Orang Yahudi berpikir bahwa Mesias akan merupakan keturunan Daud, dan karenanya hanya seorang pemimpin manusiawi. Yesus menjelaskan bahwa pernyataan Daud dalam Mazm 110:1, ketika ia menyebut anaknya sebagai "Tuan", menunjukkan bahwa Mesias itu lebih dari seorang pemimpin manusiawi; Ia juga Anak Allah yang ilahi

(lihat cat. --> Mazm 110:1-7).

[atau ref. Mazm 110:1-7]

Full Life: Luk 20:46 - WASPADALAH TERHADAP AHLI-AHLI TAURAT. Nas : Luk 20:46 Lihat cat. --> Mat 23:13; [atau ref. Mat 23:13] lihat art. GURU-GURU PALSU.

Nas : Luk 20:46

Lihat cat. --> Mat 23:13;

[atau ref. Mat 23:13]

lihat art. GURU-GURU PALSU.

BIS: Luk 20:42 - Duduklah ... kanan-Ku Duduklah ... kanan-Ku: Menurut kebudayaan Yahudi, yang diberi kehormatan dan kekuasaan duduk di sebelah kanan.

Duduklah ... kanan-Ku: Menurut kebudayaan Yahudi, yang diberi kehormatan dan kekuasaan duduk di sebelah kanan.

Jerusalem: Luk 20:1 - -- Lukas menghilangkan perumpamaan tentang pohon ara yang terkutuk, Mar 11:12-14,20-25, yang telah digantinya dengan perumpamaan tentang pohon ara yang t...

Lukas menghilangkan perumpamaan tentang pohon ara yang terkutuk, Mar 11:12-14,20-25, yang telah digantinya dengan perumpamaan tentang pohon ara yang tidak berbuah, Luk 13:6-9; Lukas hukum utama, Mar 12:28-34, yang telah ditempatkannya di bagian lain injilnya, Luk 10:25-28.

Jerusalem: Luk 20:34 - Orang-orang dunia ini Harafiah: Anak-anak dunia (zaman) ini. Ini sebuah ungkapan Ibrani yang berarti: orang yang termasuk ke dalam dunia ini diperlawankan dengan orang yan...

Harafiah: Anak-anak dunia (zaman) ini. Ini sebuah ungkapan Ibrani yang berarti: orang yang termasuk ke dalam dunia ini diperlawankan dengan orang yang termasuk dunia yang akan datang).

Jerusalem: Luk 20:35 - dalam kebangkitan Kebangkitan ini hanya mengenai orang benar.

Kebangkitan ini hanya mengenai orang benar.

Jerusalem: Luk 20:36 - tidak dapat mati lagi Var: tidak harus mati lagi

Var: tidak harus mati lagi

Jerusalem: Luk 20:36 - karena mereka telah dibangkitkan Harafiah: karena mereka anak-anak kebangkitan. Ini sebuah ungkapan Ibrani yang berarti: orang yang dibangkitkan.

Harafiah: karena mereka anak-anak kebangkitan. Ini sebuah ungkapan Ibrani yang berarti: orang yang dibangkitkan.

Jerusalem: Luk 20:39 - Ahli Taurat Para ahli Taurat, yang kebanyakan masuk kalangan Farisi, percaya akan kebangkitan orang mati, bdk Kis 23:6-9.

Para ahli Taurat, yang kebanyakan masuk kalangan Farisi, percaya akan kebangkitan orang mati, bdk Kis 23:6-9.

Ende: Luk 20:16 - Djangan dibiarkan Allah Dapat djuga diterdjemahkan dengan: "Tak mungkin". Orang-orang parisi mengerti, bahwa merekalah jang diumpamakan dengan pekerdja-pekerdja dikebun anggu...

Dapat djuga diterdjemahkan dengan: "Tak mungkin". Orang-orang parisi mengerti, bahwa merekalah jang diumpamakan dengan pekerdja-pekerdja dikebun anggur itu, dan kebun anggur disini berarti umat Allah, sedang dengan putera itu dimaksudkan Jesus.

Ende: Luk 20:17 - Batu sendi Itu pelambang Jesus jang membangunkan Keradjaan Allah jang baru. Bdl. Mat 24:42 dan batja tjatatan disitu.

Itu pelambang Jesus jang membangunkan Keradjaan Allah jang baru. Bdl. Mat 24:42 dan batja tjatatan disitu.

Ende: Luk 20:18 - Jang djatuh diatas batu itu Tafsiran agaknja: Orang Jahudi tjoba mengangkat dan membuang batu itu, tetapi batu itu terlalu berat sehingga djatuh menimpa mereka. "Jang ditimpa ole...

Tafsiran agaknja: Orang Jahudi tjoba mengangkat dan membuang batu itu, tetapi batu itu terlalu berat sehingga djatuh menimpa mereka. "Jang ditimpa oleh batu itu". Kekuasaan Jesus djauh melebihi kekuatan para penentangnja. Dalam membuang "batu sendi" itu, batu berbalik djatuh diatas mereka.

Ende: Luk 20:34 - Putera dunia ialah orang jang hanja mempunjai atau mengidam-idamkan bagian dalam harta-harta dan kenikmatan duniawi.

ialah orang jang hanja mempunjai atau mengidam-idamkan bagian dalam harta-harta dan kenikmatan duniawi.

Ende: Luk 20:36 - Putera-putera kebangkitan ialah mereka jang menuntut dan telah memperoleh bagian dalam kemuliaan kebangkitan.

ialah mereka jang menuntut dan telah memperoleh bagian dalam kemuliaan kebangkitan.

Ende: Luk 20:39 - Tepat benar perkataanMu itu Ahli-ahli taurat jang hampir semua termasuk mazhab parisi, pertjaja akan kebangkitan orang mati. Sebab itu mereka senang dan memudji Jesus, sebab Ia t...

Ahli-ahli taurat jang hampir semua termasuk mazhab parisi, pertjaja akan kebangkitan orang mati. Sebab itu mereka senang dan memudji Jesus, sebab Ia telah mengalahkan orang saduki.

Ende: Luk 20:47 - Rumah disini mempunjai arti umum, jaitu hak-milik para wanita djanda.

disini mempunjai arti umum, jaitu hak-milik para wanita djanda.

Ref. Silang FULL: Luk 20:1 - Bait Allah // memberitakan Injil · Bait Allah: Mat 26:55; Mat 26:55 · memberitakan Injil: Luk 8:1

· Bait Allah: Mat 26:55; [Lihat FULL. Mat 26:55]

· memberitakan Injil: Luk 8:1

Ref. Silang FULL: Luk 20:2 - kuasa itu · kuasa itu: Yoh 2:18; Kis 4:7; 7:27

· kuasa itu: Yoh 2:18; Kis 4:7; 7:27

Ref. Silang FULL: Luk 20:4 - Yohanes itu · Yohanes itu: Mr 1:4; Mr 1:4

· Yohanes itu: Mr 1:4; [Lihat FULL. Mr 1:4]

Ref. Silang FULL: Luk 20:6 - seluruh rakyat // seorang nabi · seluruh rakyat: Luk 7:29 · seorang nabi: Mat 11:9; Mat 11:9

· seluruh rakyat: Luk 7:29

· seorang nabi: Mat 11:9; [Lihat FULL. Mat 11:9]

Ref. Silang FULL: Luk 20:9 - kebun anggur // agak lama · kebun anggur: Yes 5:1-7 · agak lama: Mat 25:14

· kebun anggur: Yes 5:1-7

· agak lama: Mat 25:14

Ref. Silang FULL: Luk 20:13 - yang kekasih · yang kekasih: Mat 3:17; Mat 3:17

· yang kekasih: Mat 3:17; [Lihat FULL. Mat 3:17]

Ref. Silang FULL: Luk 20:16 - penggarap-penggarap itu · penggarap-penggarap itu: Luk 19:27

· penggarap-penggarap itu: Luk 19:27

Ref. Silang FULL: Luk 20:17 - batu penjuru · batu penjuru: Mazm 118:22; Kis 4:11; Kis 4:11

· batu penjuru: Mazm 118:22; Kis 4:11; [Lihat FULL. Kis 4:11]

Ref. Silang FULL: Luk 20:18 - akan remuk · akan remuk: Yes 8:14,15

· akan remuk: Yes 8:14,15

Ref. Silang FULL: Luk 20:19 - menangkap Dia // orang banyak · menangkap Dia: Luk 19:47 · orang banyak: Mr 11:18; Mr 11:18

· menangkap Dia: Luk 19:47

· orang banyak: Mr 11:18; [Lihat FULL. Mr 11:18]

Ref. Silang FULL: Luk 20:20 - suatu pertanyaan // wali negeri · suatu pertanyaan: Mat 12:10; Mat 12:10 · wali negeri: Mat 27:2

· suatu pertanyaan: Mat 12:10; [Lihat FULL. Mat 12:10]

· wali negeri: Mat 27:2

Ref. Silang FULL: Luk 20:21 - jalan Allah · jalan Allah: Yoh 3:2

· jalan Allah: Yoh 3:2

Ref. Silang FULL: Luk 20:25 - kepada Kaisar · kepada Kaisar: Luk 23:2; Rom 13:7

· kepada Kaisar: Luk 23:2; Rom 13:7

Ref. Silang FULL: Luk 20:27 - orang Saduki // adanya kebangkitan · orang Saduki: Kis 4:1; Kis 4:1 · adanya kebangkitan: Kis 23:8; 1Kor 15:12

· orang Saduki: Kis 4:1; [Lihat FULL. Kis 4:1]

· adanya kebangkitan: Kis 23:8; 1Kor 15:12

Ref. Silang FULL: Luk 20:28 - saudaranya itu · saudaranya itu: Ul 25:5

· saudaranya itu: Ul 25:5

Ref. Silang FULL: Luk 20:35 - lain itu · lain itu: Mat 12:32; Mat 12:32

· lain itu: Mat 12:32; [Lihat FULL. Mat 12:32]

Ref. Silang FULL: Luk 20:36 - adalah anak-anak · adalah anak-anak: Yoh 1:12; Yoh 1:12

· adalah anak-anak: Yoh 1:12; [Lihat FULL. Yoh 1:12]

Ref. Silang FULL: Luk 20:37 - Allah Yakub · Allah Yakub: Kel 3:6

· Allah Yakub: Kel 3:6

Ref. Silang FULL: Luk 20:40 - lagi menanyakan · lagi menanyakan: Mat 22:46; Mr 12:34

· lagi menanyakan: Mat 22:46; Mr 12:34

Ref. Silang FULL: Luk 20:41 - Anak Daud · Anak Daud: Mat 1:1; Mat 1:1

· Anak Daud: Mat 1:1; [Lihat FULL. Mat 1:1]

Ref. Silang FULL: Luk 20:43 - tumpuan kaki-Mu · tumpuan kaki-Mu: Mazm 110:1; Mat 22:44; Mat 22:44

· tumpuan kaki-Mu: Mazm 110:1; Mat 22:44; [Lihat FULL. Mat 22:44]

Ref. Silang FULL: Luk 20:46 - dalam perjamuan · dalam perjamuan: Luk 11:43; Luk 11:43

· dalam perjamuan: Luk 11:43; [Lihat FULL. Luk 11:43]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Luk 18:31--23:56 - -- VI. Penderitaan Sang Juruselamat (18:31-23:56) Di sini Lukas memulai kisah yang sama dengan dua Injil Sinoptik lainnya, dan mulai menceritakan hari-h...

VI. Penderitaan Sang Juruselamat (18:31-23:56)

Di sini Lukas memulai kisah yang sama dengan dua Injil Sinoptik lainnya, dan mulai menceritakan hari-hari terakhir kehidupan Yesus. Seluruh bagian ini harus dipandang dari sudut kematian Kristus, sekalipun tidak seluruh isinya terkait langsung dengan peristiwa tersebut. Kesengsaraan Kristus merupakan tema yang tersembunyi dari semua perumpamaan, mukjizat dan perdebatan di dalam bagian ini.

Wycliffe: Luk 20:1 - Imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat 20:1. Imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat. Para pemimpin agama bingung sebab Yesus berhasil mengalahkan mereka di dalam menarik perhatian umum.

20:1. Imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat. Para pemimpin agama bingung sebab Yesus berhasil mengalahkan mereka di dalam menarik perhatian umum.

Wycliffe: Luk 20:2 - Dengan kuasa manakah Engkau melakukan hal-hal itu? 2. Dengan kuasa manakah Engkau melakukan hal-hal itu? Dari manakah nabi Galilea ini memperoleh hak atau kuasa untuk mengubah tata usaha Bait Suci dan ...

2. Dengan kuasa manakah Engkau melakukan hal-hal itu? Dari manakah nabi Galilea ini memperoleh hak atau kuasa untuk mengubah tata usaha Bait Suci dan mengadakan mukjizat? Apabila mereka dapat menjebak Dia untuk membuat suatu klaim yang tidak benar, mereka dapat mempermalukan Dia di hadapan orang banyak.

Wycliffe: Luk 20:3 - Aku juga akan mengajukan suatu pertanyaan kepada kamu 3. Aku juga akan mengajukan suatu pertanyaan kepada kamu. Setiap kali para musuh Tuhan kita berusaha menjebak Dia di dalam suatu dilema. dengan mengaj...

3. Aku juga akan mengajukan suatu pertanyaan kepada kamu. Setiap kali para musuh Tuhan kita berusaha menjebak Dia di dalam suatu dilema. dengan mengajukan pertanyaan balik Dia menempatkan mereka di dalam posisi yang lebih parah lagi (bdg. Yoh. 7:53-8:11; Luk. 20:19-40).

Wycliffe: Luk 20:4 - Baptisan Yohanes 4. Baptisan Yohanes. Apakah Yohanes datang dengan wewenang ilahi ataukah wewenang manusiawi?

4. Baptisan Yohanes. Apakah Yohanes datang dengan wewenang ilahi ataukah wewenang manusiawi?

Wycliffe: Luk 20:5 - Mempertimbangkannya di antara mereka 5. Mempertimbangkannya di antara mereka. Yesus telah memojokkan orang Farisi untuk memilih di antara mengakui bahwa mereka telah menolak untuk mendeng...

5. Mempertimbangkannya di antara mereka. Yesus telah memojokkan orang Farisi untuk memilih di antara mengakui bahwa mereka telah menolak untuk mendengarkan amanat seorang utusan Allah membuka diri untuk tidak disenangi masyarakat.

Wycliffe: Luk 20:8 - Aku juga tidak mengatakan kepadamu 8. Aku juga tidak mengatakan kepadamu. Untuk apa Ia memberikan penjelasan tentang diriNya sendiri apabila mereka tidak mau mempercayai Yohanes yang ad...

8. Aku juga tidak mengatakan kepadamu. Untuk apa Ia memberikan penjelasan tentang diriNya sendiri apabila mereka tidak mau mempercayai Yohanes yang adalah pendahulu-Nya?

Wycliffe: Luk 20:9 - Lalu Yesus mengatakan perumpamaan ini kepada orang banyak // Seorang membuka kebun anggur // Kemudian ia menyewakannya kepada penggarap-penggarap 9. Lalu Yesus mengatakan perumpamaan ini kepada orang banyak. Dari orang Farisi Yang Ia berhasil bungkamkan, Kristus berpaling kepada banyak dan mence...

9. Lalu Yesus mengatakan perumpamaan ini kepada orang banyak. Dari orang Farisi Yang Ia berhasil bungkamkan, Kristus berpaling kepada banyak dan menceritakan sebuah perumpamaan yang mirip dengan yang diceritakan oleh Yesaya (5:1-7), untuk menerangkan cara Allah menghadapi bangsa itu. Seorang membuka kebun anggur. Perkebunan anggur termasuk salah satu usaha utama di Palestina, dan memerlukan investasi waktu dan uang yang banyak. Kemudian ia menyewakannya kepada penggarap-penggarap. Dengan sistem bagi hasil pemilik pada umumnya menarik sepertiga dari hasil panen sebagai harga sewa.

Wycliffe: Luk 20:10 - Ia menyuruh seorang hamba // penggarap-penggarap itu memukul hamba itu 10. Ia menyuruh seorang hamba. Sewa ditagih oleh seorang utusan. Yesus menunjukkan bahwa para hamba Allah, para nabi, telah datang untuk memberlakukan...

10. Ia menyuruh seorang hamba. Sewa ditagih oleh seorang utusan. Yesus menunjukkan bahwa para hamba Allah, para nabi, telah datang untuk memberlakukan tuntutan hak-Nya atas orang-orang yang telah mempergunakan milik-Nya. penggarap-penggarap itu memukul hamba itu. Banyak nabi malah dianiaya oleh umat itu, atau bahkan tewas karena kekerasan. Elia terpaksa menyembunyikan diri (I Raj. 17:1-7), Yeremia dijebloskan ke dalam perigi (Yer. 38:6), dan legenda mengatakan bahwa Yesaya dimasukkan ke dalam sebuah pohon yang berlubang lalu digergaji menjadi dua bagian.

Wycliffe: Luk 20:13 - Anakku yang kekasih 13. Anakku yang kekasih. Himbauan terakhir dari sang pemilik dilaksanakan dengan mengirimkan anaknya sendiri. Dia mengharapkan bahwa para penggarap it...

13. Anakku yang kekasih. Himbauan terakhir dari sang pemilik dilaksanakan dengan mengirimkan anaknya sendiri. Dia mengharapkan bahwa para penggarap itu akan menghormati sang ahli waris dan menghormati wewenangnya. Melalui perumpamaan ini Yesus menempatkan diri-Nya jauh di atas para nabi yang hanya merupakan hamba saja.

Wycliffe: Luk 20:14 - Mari kita bunuh dia, supaya warisan ini menjadi milik kita 14. Mari kita bunuh dia, supaya warisan ini menjadi milik kita. Orang-orang Farisi menolak klaim Yesus, karena beranggapan bahwa merekalah ahli waris ...

14. Mari kita bunuh dia, supaya warisan ini menjadi milik kita. Orang-orang Farisi menolak klaim Yesus, karena beranggapan bahwa merekalah ahli waris Allah yang sah.

Wycliffe: Luk 20:15 - Mereka melemparkan dia ke luar kebun anggur itu dan membunuhnya 15. Mereka melemparkan dia ke luar kebun anggur itu dan membunuhnya. Nubuat Kristus mengenai apa yang akan terjadi pada minggu terakhir-Nya di Yerusal...

15. Mereka melemparkan dia ke luar kebun anggur itu dan membunuhnya. Nubuat Kristus mengenai apa yang akan terjadi pada minggu terakhir-Nya di Yerusalem itu merupakan suatu kontras nyata dengan berbagai harapan masyarakat.

Wycliffe: Luk 20:16 - Dan mempercayakan kebun anggur itu kepada orang-orang lain 16. Dan mempercayakan kebun anggur itu kepada orang-orang lain. Sebuah nubuat tentang berpindahnya perkenan Allah dari orang Yahudi kepada orang non-Y...

16. Dan mempercayakan kebun anggur itu kepada orang-orang lain. Sebuah nubuat tentang berpindahnya perkenan Allah dari orang Yahudi kepada orang non-Yahudi.

Wycliffe: Luk 20:17 - Batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan 17. Batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan. Kutipan dari Mazmur 118:22, mazmur yang juga dikutip masyarakat ketika menyambut Yesus masuk ke Yer...

17. Batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan. Kutipan dari Mazmur 118:22, mazmur yang juga dikutip masyarakat ketika menyambut Yesus masuk ke Yerusalem, digunakan Tuhan untuk diri-Nya sendiri. Para pengkhotbah mula-mula tentang Perjanjian Baru menafsirkannya (Kis. 4:11; I Ptr. 2:7) sebagai suatu nubuat yang jelas tentang penolakan terhadap Mesias dan kemudian peninggian Mesias.

Wycliffe: Luk 20:18 - Akan hancur // Akan remuk 18. Akan hancur. Orang-orang yang tersandung oleh Kristus melukai diri mereka sendiri. Akan remuk. Orang-orang yang dihukum oleh-Nya akan menderita ke...

18. Akan hancur. Orang-orang yang tersandung oleh Kristus melukai diri mereka sendiri. Akan remuk. Orang-orang yang dihukum oleh-Nya akan menderita kerugian yang tidak dapat dipulihkan. Kata kerja ini berarti "menampi gandum." atau menginjak-injak."

Wycliffe: Luk 20:19 - Pada saat itu juga // Mereka menyuruh ... mata-mata 19. Pada saat itu juga. Para imam langsung mengambil tindakan, sebab mereka takut kalau Yesus menimbulkan pemberontakan umum. 20. Mereka menyuruh ... ...

19. Pada saat itu juga. Para imam langsung mengambil tindakan, sebab mereka takut kalau Yesus menimbulkan pemberontakan umum. 20. Mereka menyuruh ... mata-mata. Menyadari bahwa mereka tidak mungkin secara sah menghukum mati Dia, mereka berusaha menjebak Dia supaya mereka dapat menangkap-Nya untuk diserahkan kepada pemerintah Roma dengan tuduhan yang memberatkan diri-Nya.

Wycliffe: Luk 20:21 - Kami tahu bahwa segala perkataan dan pengajaran-Mu benar 21. Kami tahu bahwa segala perkataan dan pengajaran-Mu benar. Kata-kata mereka walaupun secara harfiah benar, sebetulnya hanyalah bujukan yang berlebi...

21. Kami tahu bahwa segala perkataan dan pengajaran-Mu benar. Kata-kata mereka walaupun secara harfiah benar, sebetulnya hanyalah bujukan yang berlebihan.

Wycliffe: Luk 20:22 - Apakah kami diperbolehkan membayar pajak kepada Kaisar atau tidak? 22. Apakah kami diperbolehkan membayar pajak kepada Kaisar atau tidak? Pertanyaan ini merupakan suatu dilema mematikan. Apabila Yesus mengatakan. "Tid...

22. Apakah kami diperbolehkan membayar pajak kepada Kaisar atau tidak? Pertanyaan ini merupakan suatu dilema mematikan. Apabila Yesus mengatakan. "Tidak," Dia dapat dituduh mempunyai niat mengadakan pemberontakan: apabila Dia mengatakan, maka Dia bisa dianggap sebagai pendukung Romawi dan akan kehilangan dukungan dari umum.

Wycliffe: Luk 20:24 - Tunjukkanlah kepada-Ku suatu dinar // dinar // Gambar dan tulisan. Gambar // tulisan 24. Tunjukkanlah kepada-Ku suatu dinar. Sebuah dinar (Yunani: denarius) merupakan kepingan mata uang perak yang dikeluarkan oleh pemerintah Roma, dan ...

24. Tunjukkanlah kepada-Ku suatu dinar. Sebuah dinar (Yunani: denarius) merupakan kepingan mata uang perak yang dikeluarkan oleh pemerintah Roma, dan merupakan mata uang utama. Keping uang perunggu yang harganya lebih rendah tidak berisi gambar sang penguasa. Gambar dan tulisan. Gambar yang dimaksud adalah gambar wajah sang: kaisar: tulisan berisi nama kerajaan.

Wycliffe: Luk 20:25 - Berikanlah kepada kaisar 25. Berikanlah kepada kaisar. Kenyataan bahwa orang Yahudi memakai kepingan uang itu menunjukkan bahwa mereka mengakui kepemimpinan kaisar, sebab wila...

25. Berikanlah kepada kaisar. Kenyataan bahwa orang Yahudi memakai kepingan uang itu menunjukkan bahwa mereka mengakui kepemimpinan kaisar, sebab wilayah kekuasaan seseorang ditentukan oleh tempat di mana mata uangnya diterima (lihat SBK. Das Evangelium nach Matthaus, hlm. 884). Apabila orang Yahudi mengakui kaisar sebagai tuan mereka, mereka tidak dapat mencela Yesus.

Wycliffe: Luk 20:26 - Dan mereka tidak dapat menjerat Dia dalam perkataan-Nya di depan orang banyak 26. Dan mereka tidak dapat menjerat Dia dalam perkataan-Nya di depan orang banyak. Tanggapan Yesus merupakan tanggapan cemerlang yang jitu, ringkas da...

26. Dan mereka tidak dapat menjerat Dia dalam perkataan-Nya di depan orang banyak. Tanggapan Yesus merupakan tanggapan cemerlang yang jitu, ringkas dan mengena. Tidak ada satu pun peluang dalam jawaban itu untuk menuduh-Nya sekalipun Dia sudah menjawab pertanyaan mereka, di samping mengingatkan mereka tentang kewajiban mereka kepada Allah.

Wycliffe: Luk 20:27 - Orang Saduki, yang tidak mengakui adanya kebangkitan 27. Orang Saduki, yang tidak mengakui adanya kebangkitan. Orang Saduki yang jumlahnya lebih sedikit daripada orang Farisi, merupakan golongan imam yan...

27. Orang Saduki, yang tidak mengakui adanya kebangkitan. Orang Saduki yang jumlahnya lebih sedikit daripada orang Farisi, merupakan golongan imam yang lebih tertarik pada politik ketimbang pada agama. Mereka menaati dengan ketat hukum tertulis dari kelima kitab pertama tulisan Musa, dengan menolak penafsiran yang diperluas oleh tradisi. Mereka tidak percaya adanya malaikat, atau adanya roh atau adanya hidup sesudah kematian (bdg. Kis. 23:8).

Wycliffe: Luk 20:28 - Musa menulis perintah ini untuk kita: jika seorang, yang mempunyai saudara laki-laki, mati 28. Musa menulis perintah ini untuk kita: jika seorang, yang mempunyai saudara laki-laki, mati. Kasus yang mereka kemukakan didasarkan pada Hukum Musa...

28. Musa menulis perintah ini untuk kita: jika seorang, yang mempunyai saudara laki-laki, mati. Kasus yang mereka kemukakan didasarkan pada Hukum Musa (Ul. 25:5-10). Hukum ini mengatakan bahwa apabila seorang laki-laki meninggal dunia dan belum mempunyai anak, maka saudara laki-lakinya harus menikahi sang janda dan mendapatkan seorang anak laki-laki untuk melanjutkan memiliki harta orang yang meninggal. Tujuan dari hukum ini ialah mencegah punahnya sebuah keluarga. Di dalam hal ini; kasusnya murni merupakan hipotesis.

Wycliffe: Luk 20:33 - Siapakah di antara orang-orang itu yang menjadi suaminya? 33. Siapakah di antara orang-orang itu yang menjadi suaminya? Orang Saduki mempergunakan kasus ini sebagai argumentasi kunci untuk membuktikan bahwa h...

33. Siapakah di antara orang-orang itu yang menjadi suaminya? Orang Saduki mempergunakan kasus ini sebagai argumentasi kunci untuk membuktikan bahwa hidup sesudah kematian itu tidak ada. Apabila ketujuh saudara itu secara bergiliran menjadi suami perempuan tersebut di dunia ini, maka dia tentu akan merupakan istri tujuh orang di dunia yang akan datang. Apabila hal ini terjadi maka berarti Hukum Taurat mengizinkan di dalam kehidupan yang akan datang sesuatu yang tidak diizinkan dalam kehidupan saat ini. Kesimpulan semacam itu mustahil; karenanya, menurut mereka tidak mungkin ada kehidupan sesudah kematian.

Wycliffe: Luk 20:34 - Jawab Yesus kepada mereka 34. Jawab Yesus kepada mereka. Orang Saduki memiliki logika yang benar, tetapi dasar pemikiran yang salah. Mereka memiliki anggapan yang alah bahwa ke...

34. Jawab Yesus kepada mereka. Orang Saduki memiliki logika yang benar, tetapi dasar pemikiran yang salah. Mereka memiliki anggapan yang alah bahwa kehidupan sesudah kematian itu keadaannya akan sama dengan kehidupan saat ini. Yesus menegaskan bahwa dalam kehidupan sesudah kematian tidak akan ada pernikahan atau kematian.

Wycliffe: Luk 20:37 - Tentang bangkitnya orang-orang mati 37. Tentang bangkitnya orang-orang mati. Setelah mengatasi argumentasi negatif mereka, Tuhan memberikan suatu argumentasi positif dengan menggunakan m...

37. Tentang bangkitnya orang-orang mati. Setelah mengatasi argumentasi negatif mereka, Tuhan memberikan suatu argumentasi positif dengan menggunakan metode yang sama.

Wycliffe: Luk 20:41 - Bagaimana orang dapat mengatakan bahwa Mesias adalah anak Daud? // (bdg. 18:38). 44. Jadi Daud menyebut Dia Tuannya Bagaimana mungkin Ia anaknya pula? 41. Bagaimana orang dapat mengatakan bahwa Mesias adalah anak Daud? Mesias umumnya disebut sebagai anak (atau keturunan) Daud (bdg. 18:38). 44. Jadi D...

41. Bagaimana orang dapat mengatakan bahwa Mesias adalah anak Daud? Mesias umumnya disebut sebagai anak (atau keturunan) Daud (bdg. 18:38). 44. Jadi Daud menyebut Dia Tuannya Bagaimana mungkin Ia anaknya pula? Menurut adat Ibrani, seorang anak harus tunduk kepada ayahnya. Kalau Daud memanggil anaknya dengan "Tuan" berarti melanggar kebiasaan tersebut.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Luk 20:1-8 - Musuh-musuh Yesus Dibungkamkan Kita temukan dalam pasal ini: I. Jawaban Kristus terhadap pertanyaan imam-imam kepala mengenai wewenang-Nya (ay. 1-8). II. Perumpamaan menge...

Matthew Henry: Luk 20:9-19 - Perumpamaan mengenai Kebun Anggur dan Penggarap-penggarapnya Perumpamaan mengenai Kebun Anggur dan Penggarap-penggarapnya (20:9-19) Kristus mengatakan perumpamaan ini untuk menentang mereka yang bersikeras ti...

Matthew Henry: Luk 20:20-26 - Musuh-musuh Kristus Dibuat Heran Musuh-musuh Kristus Dibuat Heran (20:20-26) Kita temukan di sini Kristus menghindari jebakan yang dipasang oleh musuh-musuh-Nya dengan mengajukan pert...

Matthew Henry: Luk 20:27-38 - Pertanyaan Orang Saduki tentang Kebangkitan Pertanyaan Orang Saduki tentang Kebangkitan (20:27-38) Perbincangan dengan kaum Saduki telah kita temukan sebelumnya dalam Injil Matius dan Markus,...

Matthew Henry: Luk 20:39-47 - Ahli-ahli Taurat Dibuat Heran Ahli-ahli Taurat Dibuat Heran (20:39-47) Para ahli Taurat adalah sarjana-sarjana atau ahli dalam hal hukum Taurat, dan mereka menafsirkan hukum i...

SH: Luk 20:1-8 - Otoritas dipertanyakan (Kamis, 15 Maret 2007) Otoritas dipertanyakan Otoritas bisa diartikan sebagai kekuasaan atau hak untuk bertindak. Otoritas inilah yang dipertanyakan oleh imam-imam kepa...

SH: Luk 20:1-8 - Awas! Konflik kuasa dalam gereja. (Senin, 22 Maret 2004) Awas! Konflik kuasa dalam gereja. Para imam, ahli Taurat dan tua-tua Yahudi, penasaran mengenai kuasa Yesus dalam mengusir para pedagang dar...

SH: Luk 20:1-19 - Awas! Penyalahgunaan kekuasaan dalam Gereja. Tindakan (Senin, 10 April 2000) Awas! Penyalahgunaan kekuasaan dalam Gereja. Tindakan pengusiran para pedagang dari rumah ibadah yang dilakukan oleh Yesus membuka aib para im...

SH: Luk 20:9-19 - Masalah otoritas (Jumat, 16 Maret 2007) Masalah otoritas Melihat para pemimpin Israel yang mempertanyakan otoritas-Nya, Yesus mengisahkan perumpamaan tentang para penggarap yang tidak m...

SH: Luk 20:9-19 - Memberontak melawan Sang Pemilik. (Selasa, 23 Maret 2004) Memberontak melawan Sang Pemilik. Bagi telinga para imam, ahli Taurat dan tua-tua Yahudi, perumpamaan Yesus ini mudah ditebak ke mana arah t...

SH: Luk 20:20-26 - Pemerintah atau Allah? (Sabtu, 17 Maret 2007) Pemerintah atau Allah? Mendekati batas waktu pembayaran pajak, biasanya akan membuat pemerintah kita aktif mengadakan kampanye bayar pajak di ...

SH: Luk 20:20-26 - Jawaban Yesus sungguh bijaksana dan mengherankan. (Rabu, 24 Maret 2004) Jawaban Yesus sungguh bijaksana dan mengherankan. Perikop ini menampilkan intrik politik yang dihalalkan para imam, ahli Taurat dan tua-tua ...

SH: Luk 20:20-47 - Yesus dan kekuasaan-Nya. Dalam renungan hari ini Yesus (Selasa, 11 April 2000) Yesus dan kekuasaan-Nya. Dalam renungan hari ini Yesus memperlihatkan betapa besar kekuasaan yang Ia miliki dan bagaimana Ia menggunakan kekua...

SH: Luk 20:27-40 - Istri siapa? (Minggu, 18 Maret 2007) Istri siapa? Bukan karena ingin tahu orang Saduki bertanya tentang kehidupan setelah kematian, karena mereka sendiri tidak percaya akan hal ...

SH: Luk 20:27-40 - Yesus membentangkan kebenaran Allah. (Kamis, 25 Maret 2004) Yesus membentangkan kebenaran Allah. Setelah para pemimpin agama Yahudi dibungkamkan oleh Yesus dengan jawaban-Nya (ayat 20-26), tampillah o...

SH: Luk 20:41-47 - Waspada terhadap kemunafikan! (Senin, 19 Maret 2007) Waspada terhadap kemunafikan! Anak Daud merupakan sebutan bagi Mesias, yang lazim dipakai oleh orang Yahudi. Mereka memang telah lama menantikan ...

SH: Luk 20:41--21:4 - Peringatan dan kecaman untuk para pemimpin. (Jumat, 26 Maret 2004) Peringatan dan kecaman untuk para pemimpin. Kini giliran Yesus untuk memperingatkan dan mengecam sikap para imam, ahli Taurat dan tua-tua Ya...

Topik Teologia: Luk 20:34 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Pandangan Yesus Atas Perjanjian Lama Kristus Menegaskan Historitas Perjanjian Lama Historitas K...

Topik Teologia: Luk 20:35 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Pandangan Yesus Atas Perjanjian Lama Kristus Menegaskan Historitas Perjanjian Lama Historitas K...

Topik Teologia: Luk 20:36 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Pandangan Yesus Atas Perjanjian Lama Kristus Menegaskan Historitas Perjanjian Lama Historitas K...

Topik Teologia: Luk 20:37 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Tunggal Allah Tuhan (Yun.: Kurios) Mat 9:38 Mat ...

Topik Teologia: Luk 20:38 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Pandangan Yesus Atas Perjanjian Lama Kristus Menegaskan Historitas Perjanjian Lama Historitas K...

Topik Teologia: Luk 20:41 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Allah Yesus Mengklaim Hak-hak Alla...

Topik Teologia: Luk 20:45 - -- Dosa Dosa-dosa Roh Dosa-dosa Pemanjaan / Penyenangan Did Ambisi 2Ra 14:8-10 Maz 49:12-14 Yes 5:8 Hab 2:5-6 Mat 4:8-10...

Topik Teologia: Luk 20:46 - -- Dosa Dosa Menyebabkan Kesalahan Moral Kel 32:33-34 Ima 5:17 Bil 32:23 Maz 5:11 Maz 19:13 Maz 38:5 Ams 10:9 Yer 14:16 Yeh 11:21 Yeh ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Lukas (Pendahuluan Kitab) Penulis : Lukas Tema : Yesus, Juruselamat yang Ilahi dan Manusiawi Tanggal Penulisan: Tahun 60-63 M Latar Belakang Injil Lukas...

Full Life: Lukas (Garis Besar) Garis Besar I. Pendahuluan Injil Lukas (Luk 1:1-4) II. Kedatangan Juruselamat (Luk 1:5-2:52) A. Pem...

Matthew Henry: Lukas (Pendahuluan Kitab) Kita sekarang sedang memasuki karya seorang pemberita Injil lain bernama Lukas, yang menurut beberapa orang merupakan singkatan nama Lucilius. Menurut...

Jerusalem: Lukas (Pendahuluan Kitab) INJIL-INJIL SINOPTIK PENGANTAR Ada empat kitab dalam Perjanjian Baru yang berisikan "Kabar Yang Baik" (demikianlah arti kata "Euaggelio...

Jerusalem: Lukas (Pendahuluan Kitab) Injil karangan Lukas Ciri khas yang ada pada injil ketiga berasal dari kepribadian pengarangnya yang sangat menarik. Kepribadian Lukas itu di mana-man...

Ende: Lukas (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN LUKAS KATA PENGANTAR Tentang pribadi pengarang Lukas dari semula terkenal sebagai pengarang Indjil ketiga dan Kisah Rasu...

Wycliffe: Lukas (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN LUKAS Injil menurut Lukas merupakan kisah paling lengkap tentang kehidupan Yesus yang masih bertahan sejak zaman rasuli. Injil ini dimaks...

Wycliffe: Lukas (Garis Besar) GARIS BESAR LUKAS I. Pendahuluan 1:1-4 II. Pemberitaan Tentang Juruselamat 1:5-2:52 A. Pemberitaan kepada Zakharia 1:5-25 ...

BIS: Lukas (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH LUKAS PENGANTAR Buku Kabar Baik oleh Lukas mengemukakan Yesus sebagai Raja Penyelamat yang dijanjikan Allah untuk I

KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH LUKAS

PENGANTAR

Buku Kabar Baik oleh Lukas mengemukakan Yesus sebagai Raja Penyelamat yang dijanjikan Allah untuk Israel dan untuk seluruh umat manusia. Dalam bukunya ini Lukas menulis bahwa Yesus telah diberi tugas oleh Roh Tuhan untuk menyiarkan Kabar Baik dari Allah kepada orang miskin. Kabar Baik ini penuh dengan perhatian terhadap orang-orang dengan berbagai-bagai kebutuhan. Nampak pula suatu nada sukacita dalam buku Lukas ini, terutama pada pasal-pasal pertama mengenai kedatangan Yesus, kemudian pada bagian penutupnya juga mengenai terangkatnya Yesus naik ke surga. Kisah tentang tumbuhnya dan tersebarnya agama Kristen setelah Yesus naik ke surga diceritakan juga oleh penulis buku ini di dalam buku Kisah Rasul-rasul.

Bagian 2 dan 6 (lihat Isi buku di bawah ini) berisi banyak unsur cerita yang hanya terdapat dalam buku Kabar Baik ini. Misalnya, cerita tentang nyanyian para malaikat serta kunjungan para gembala pada saat kelahiran Yesus, Yesus di Rumah Tuhan ketika masih anak-anak, dan juga perumpa maan tentang Orang Samaria yang baik hati dan Anak yang hilang. Buku ini sangat menekankan juga hal doa, Roh Allah, peranan wanita dalam pelayanan Yesus dan pengampunan dosa oleh Allah.

Isi

  1.  Pendahuluan
    Luk 1:1-4
  2.  Kelahiran dan masa kanak-kanak dari Yohanes Pembaptis dan Yesus
    Luk 1:5-2:52
  3.  Pelayanan Yohanes Pembaptis
    Luk 3:1-20
  4.  Baptisan Yesus dan cobaan terhadap diri-Nya
    Luk 3:21-4:13
  5.  Pelayanan Yesus di tengah-tengah masyarakat Galilea
    Luk 4:14-9:50
  6.  Dari Galilea ke Yerusalem
    Luk 9:51-19:27
  7.  Minggu terakhir di Yerusalem dan sekitarnya
    Luk 19:28-23:56
  8.  Kebangkitan Yesus dari kematian, penampakan diri-Nya
    dan terangkat-Nya ke surga
    Luk 24:1-53

Ajaran: Lukas (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Injil Lukas, orang-orang Kristen mengerti sejarah kehidupan Tuhan Yesus sebagai manusia, mulai dari silsilah kelah

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi Injil Lukas, orang-orang Kristen mengerti sejarah kehidupan Tuhan Yesus sebagai manusia, mulai dari silsilah kelahiran-Nya sampai kepada kematian-Nya. Dan mengenal akan kehidupan Tuhan Yesus sebagai manusia yang sejati dan suci, penuh kesederhanaan dan ketulusan hati, sebagai teladan mereka dalam hidup kekristenan.

Pendahuluan

Penulis : Lukas.

Tahun : Sekitar tahun 62 SM.

Penerima : Theofilus (artinya sahabat Allah) Dan juga kepada orang-orang yang percaya pada Yesus.

Isi Kitab: Injil Lukas terdiri atas 24 pasal. Isi Injil ini menjelaskan kasih karunia Allah bagi segala bangsa. Orang-orang yang dipandang rendah oleh dunia, tidak dipandang rendah oleh Allah, seperti kaum wanita dan juga orang-orang miskin. Di dalam Injil ini juga nampak kesucian, kesederhanaan, dan keluhuran budi Tuhan Yesus sebagai manusia sejati. Bagi orang Kristen Tuhan Yesus adalah satu-satunya teladan sempurna. Karena itu, orang Kristen dipanggil untuk hidup seperti Yesus hidup.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Injil Lukas

  1. _Bagian Pertama_

    Pengajaran tentang Yesus Kristus sebagai anak manusia, yang dibuktikan dengan perasaan dan sikap yang diperlihatkannya terhadap orang-orang yang dianggap rendah oleh masyarakat

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Luk 7:13. Nats ini menceritakan tentang seorang janda yang kematian anaknya. Tuhan Yesus yang melihat kesedihan janda itu, merasa kasihan sehingga ia menghidupkan anak yang sudah mati itu. Hal ini membuktikan bahwa Yesus Kristus adalah manusia sejati dan juga Allah sejati. Selain itu ayat ini juga mengajarkan setiap orang percaya untuk mengasihi orang lain. _Tanyakan_: pernahkah saudara mengasihi orang lain?
    2. Bacalah pasal Luk 7:37-50. Tuhan Yesus memperhatikan dan mengampuni wanita berdosa yang bertobat.
    3. Bacalah pasal Luk 10:25-37. Bagian ini menjelaskan perumpamaan Tuhan Yesus, tentang seorang Samaria yang lebih baik hati dari para imam Yahudi. Hal ini mengajarkan kepada setiap orang Kristen untuk mengasihi dengan tidak memandang suku bangsa, atau kaya miskin. Sudahkah saudara menolong orang lain?
    4. Bacalah pasal Luk 15:1-7. Tuhan Yesus bergaul dengan para pemungut cukai, karena mereka mau mendengarkan perkataan Tuhan Yesus dan bertobat dari perbuatan pemerasan yang mereka lakukan.
    5. Bacalah pasal Luk 16:20-21. Bagian ini membuktikan bahwa Tuhan Yesus mengasihi semua manusia, sampai kepada para pengemis. Bagaimanakah dengan kasih saudara? Apakah saudara mengasihi orang-orang yang dapat memberikan sesuatu kepada saudara saja?
    6. Bacalah pasal Luk 17:12. Bagian ini menjelaskan bahwa Tuhan Yesus mengasihi dan memperhatikan orang-orang sakit. Apakah yang saudara lakukan terhadap seorang saudara/anggota/jemaat yang sedang sakit lagi miskin?
    7. Bacalah pasal Luk 23:40-43. Tuhan Yesus memperhatikan seorang penjahat dan juga mengampuni dosanya, karena ia mau bertobat.
  2. _Bagian Kedua_

    Tuhan Yesus sebagai anak manusia, memberikan teladan dalam kehidupan doa, khususnya berhubungan dengan peristiwa/kegiatan penting

    Pendalaman

    1. Ia berdoa di saat pembaptisan (Luk 3:21).
    2. Ia berdoa sesudah mujizat-mujizat dilaksanakan (Luk 5:15-16).
    3. Ia berdoa sebelum memilih murid-murid-Nya (Luk 6:12).
    4. Ia berdoa sebelum memberikan nubuat pertama tentan penderitaan-Nya (Luk 9:18-22).
    5. Ia berdoa pada saat permuliaan-Nya di bukit (Luk 9:29).
    6. Ia berdoa di saat ketujuh puluh murid-Nya kembal (Luk 10:17-21).
    7. Ia berdoa sebelum mengajar murid-murid-Nya tentang car berdoa (Luk 11:1).
    8. Ia berdoa di Taman Getsemani menjelang penderitaan-Ny (Luk 22:39-46).
    9. Ia berdoa di atas salib (Luk 23:34,46).

    Tuhan Yesus selalu berdoa dalam setiap keadaan dan keperluan, maka apakah yang saudara lakukan pada saat-saat menghadapi keperluan/kepentingan dalam hidup?

  3. _Bagian Ketiga_

    Tuhan Yesus sebagai anak manusia, mengasihi semua manusia di dunia

    Pendalaman

    Bacalah pasal Luk 3:6; 24:46-53. Bagian ini menjelaskan, bahwa keselamatan adalah untuk setiap manusia yang percaya pada Tuhan Yesus. Dengan demikian setiap orang yang telah diselamatkan oleh Tuhan Yesus, haruslah juga memberitakan keselamatan itu kepada orang lain. Berdasarkan pasal Luk 24:47-48, siapakah yang bertugas untuk meneruskan berita pengampunan dosa ini kepada semua manusia? Sudahkah saudara menginjili?

II. Kesimpulan

Melalui Injil Lukas jelaslah kita lihat bahwa Tuhan Yesus adalah Anak Manusia sejati, yang dibuktikan melalui kehidupan-Nya sehari-hari.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Injil Lukas?
  2. Apakah pokok pengajaran Injil Lukas?
  3. Buktikanlah bahwa Yesus Kristus adalah anak manusia?
  4. Pelajaran rohani apakah yang saudara terima dari mempelajari Injil Lukas?

Intisari: Lukas (Pendahuluan Kitab) Yang paling manusiawi dari semua Injil SIAPA PENULIS INJIL LUKAS?Injil ini ditulis oleh seorang dokter yang bernama Lukas, seorang teman dan rekan se

Yang paling manusiawi dari semua Injil

SIAPA PENULIS INJIL LUKAS?
Injil ini ditulis oleh seorang dokter yang bernama Lukas, seorang teman dan rekan sekerja rasul Paulus (Kol 4:14; File 24 dan 2Tim 4:11). Lukas sendiri bukanlah seorang saksi mata dari kehidupan Yesus (Luk 1:1-4). Tradisi mengatakan bahwa ia seorang bukan Yahudi, berstatus bujangan dan hidup sampai usia delapan puluh empat tahun.

MENGAPA INJIL INI DITULIS?
Lukas mempunyai beberapa tujuan:
1. Ia ingin menulis kisah kehidupan Yesus secara teratur yang berdasarkan bukti dari saksi mata yang benar (Luk 1:1-4).
2. Ia ingin mencatat permulaan dan perkembangan Kekristenan, yang dikerjakannya dalam dua bagian. Kisah para Rasul merupakan buku kedua. Lukas menunjukkan bagaimana Allah bekerja di sepanjang sejarah dan khususnya mengenai cara bagaimana para pengikut Yesus dengan cepat tersebar dari Galilea ke Roma.
3. Ia ingin menyatakan bahwa Yesus adalah Juruselamat bagi semua golongan manusia dan bukan hanya bagi sekelompok orang.
4. Ia ingin menunjukkan kepada para penguasa Romawi bahwa Kekristenan bukanlah ancaman bagi tatanan politik yang baik.

SIAPA SAJA PEMBACA INJIL LUKAS?
1. Lukas menujukan Injilnya kepada Teofilus (Luk 1:3), yang boleh jadi adalah seorang bukan Yahudi dari golongan menengah atas yang sudah bertobat dan menjadi Kristen. Namanya berarti 'dikasihi Allah', tetapi selain itu tidak ada lagi yang kita ketahui tentang dia.
2. Disamping itu Lukas berharap mendapatkan sidang pembaca yang lebih luas, yang mencakup orang-orang bukan Yahudi lainnya dan mungkin khususnya para aparat pemerintahan Romawi.

CIRI-CIRI KHUSUS.
1. Cara Lukas bercerita tak ada bandingannya. Kemampuannya menyusun kata-kata tampak dalam gaya bahasa Yunaninya yang sangat baik.
2. Lukas juga lebih tertarik dengan kehidupan manusiawi Yesus dan lebih banyak bercerita mengenai awal hidup dan masa kanak-kanak Yesus dibanding dengan Injil-injil lainnya.
3. Dalam hal-hal lain, Injil Lukas juga lebih lengkap mencatat lebih banyak perumpamaan, kisah tentang banyak orang, serta kebangkitan Yesus dibanding dengan Injil lainnya.
4. Lukas lebih menunjukkan perhatiannya kepada pribadi-pribadi, khususnya anak-anak dan orang-orang yang tersingkir dari masyarakat, daripada para penulis Injil lainnya.
5. Lukas juga mempunyai perhatian khusus lainnya, sebagai contoh tentang: doa, Roh Kudus dan tema sukacita.

Pesan

1. Kabar baIk tentang keselamatan.
Berita dari Lukas ialah bahwa Allah telah datang untuk menyelamatkan manusia
dari dosa dan keadaan mereka.
o Allah adalah Juruselamat. Luk 1:47
o Kristus dilahirkan untuk menyelamatkan. Luk 2:11, 30; 3:6
o Dia datang untuk menyelamatkan yang hilang. Luk 19:9, 10
o Keselamatan datang oleh iman. Luk 7:50;8:12
o Keselamatan berarti kehilangan nyawa sekarang. Luk 9:24
o Keselamatan dimungkinkan karena Kristus tidak menyelamatkan diri-Nya sendiri. Luk 23:35-43
o Keselamatan tersedia saat ini. Luk 4:21; 19:9

2. Kabar baik tentang Kerajaan Allah.
Bagian pusat Injil Lukas (Luk 9:51-19:44) banyak
berbicara mengenai Kerajaan Allah yang menjadi pusat dari khotbah Yesus. Luk 4:43; 8:1
o Kerajaan Allah itu kekal. Luk 1:33
o Kerajaan Allah milik orang yang miskin. Luk 6:20
o Murid-murid-Nya harus memberitakan
o Kerajaan Allah. Luk 9:2, 11
o Kepentingan Kerajaan Allah harus didahulukan. Luk 9:60-62; 12:31
o Umat harus berdoa untuk Kerajaan Allah. Luk 11:2
o Kerajaan Allah adalah anugerah dari Allah. Luk 12:32; 22:29
o Kerajaan Allah seperti... Luk 13:18-30
o Orang kaya sukar untuk masuk. Luk 18:18-30
o Kerajaan Allah sudah dekat sekarang. Luk 10:9, 11; 11:20; 17:20, 21
o Tetapi, Kerajaan Allah juga akan datang. Luk 24:31
3. Kabar baik terlIhat dalam diri Yesus.
Kabar baik bukanlah suatu dongeng atau cerita anak-anak tetapi didukung oleh
peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam kehidupan Yesus.
o Sejarah itu penting. Luk 1:1-4
o Allah telah merencanakannya sejak dahulu kala. Luk 3:23-38
o Allah bekerja di dalam kehidupan Yesus.
Banyak saksi mata melihatnya:
- pada saat kelahiran-Nya. Luk 2:30
- pada saat Yesus dibaptis. Luk 3:22
- dalam mukjizat-mukjizat yang dilakukan-Nya. Luk 4:36; 7:16
- dalam kematian-Nya. 23:39-49
- dalam kebangkitan-Nya. Luk 24:1-49 Yesus masih bekerja melalui murid-murid-Nya. Luk 24:48
Yesus sedang bekerja di seluruh dunia. Yerusalem hanyalah permulaan saja. Luk 24:47

Penerapan

Berita Injil Lukas dapat diterapkan kepada dua golongan utama:
1. Kepada mereka yang tidak percaya kepada Yesus.
Percaya kepada Yesus berarti:
o mempercayai kesaksian sejarah
o mengenaI pengampunan Allah
o mampu untuk hidup baru
o ikut ambil bagian dalam Kerajaan Allah
o tidak menuntut segala yang terbaik atau terhormat
o dituntut untuk rendah hati dan mau mengorbankan segalanya bagi Yesus
o mendapat anugerah besar pada masa yang akan datang
2. Kepada mereka yang percaya sungguh-sungguh kepada Yesus. Iman kepada Yesus
berarti Anda harus:

o bersukacita dan bersyukur dalam kehidupan
o meneladani kasih Yesus kepada semua orang
o ikut ambil bagian dalam penyebaran kabar baik tentang Kerajaan Allah.
o "mematikan" diri sendiri setiap hari
o berdoa seperti yang diajarkan Yesus
o menjadikan Kerajaan Allah prioritas Anda yang jelas
o percaya bahwa Allah mengendalikan dunia

Tema-tema Kunci

Inilah sebagian dari ajaran-ajaran penting dalam Injil Lukas: 1. Doa. Lukas sering berbicara tentang kehidupan doa Yesus: Luk 3:21; 5:16; 6:12; 9:18-22, 29; 10:17-21; 11:1; 22:39-46; 23:34, 46. Ia juga mencatat perumpamaan-perumpamaan Yesus tentang doa: Luk 11:5-13; 18:1-8. Apa yang dapat kita pelajari dari ayat-ayat tersebut tentang kapan Anda harus berdoa, bagaimana berdoa dan apa yang didoakan?

2. Roh Kudus. Lukas menekankan pekerjaan Roh Kudus dalam kehidupan Yesus. Tulislah saat-saat dalam kehidupan Yesus ketika Roh Kudus disebut: contoh Luk 1:35; 4:1, 14, 18; 10:21, 22; 24:49. Apa yang diajarkan dalam ayat-ayat ini mengenai Roh Kudus?

3. Pujian dan sukacita. Injil Lukas diawali dengan sejumlah lagu pujian: Luk 1:46-55, 68-79; 2:14; dan Luk 2:29- 32. Sebutkan bagian-bagian lain dalam Injil yang berbicara tentang sukacita. 4. Pengampunan. Pada dasarnya kabar baik berisi berita tentang pengampunan dosa. Mengapa pengajaran Yesus mengenai pengampunan menimbulkan perubahan secara besar-besaran? Pelajarilah dengan saksama apa yang Yesus katakan mengenai pengampunan dalam: Luk 5:17-25; 6:37; 7:36-50; 11:4; 17:3-4; 23:34; 24:47.

5. Uang. Lukas lebih banyak berbicara mengenai uang dibandingkan dengan Injil-injil lainnya dan menempatkan masalah orang miskin secara khusus. Lagi-lagi pesannya sangat revolusioner. Carilah ajaran tersebut dalam ayat-ayat berikut: Luk 1:53; 4:18; 6:20; 12:13-34; 15.8-10; 16:1-15, 19-31; 18:1-14; 19:1-27; 20:19-26.

6. Wanita dan anak-anak. Catatlah mengenai beberapa wanita yang terdapat dalam Injil Lukas. Masyarakat pada zaman Yesus biasanya tidak menganggap bahwa wanita layak mendapat banyak perhatian. Tetapi, Lukas menekankan mengenai kasih Allah terhadap semua orang bahkan terhadap wanita, orang-orang yang tersingkir dan anak-anak. Pelajarilah ayat-ayat tentang anak-anak berikut ini dan buatlah ringkasan dari ajaran yang terdapat di dalamnya: Luk 8:40-56; 9:37-43, 46-48; 18:15-17.

Garis Besar Intisari: Lukas (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Luk 1:1-4 [2] MASA MUDA SANG JURUSELAMAT Luk 1:5-4:13 Luk 1:5-25Pemberitahuan tentang kelahiran Yohanes Pembaptis Luk 1:26-

[1] PENDAHULUAN Luk 1:1-4

[2] MASA MUDA SANG JURUSELAMAT Luk 1:5-4:13

Luk 1:5-25Pemberitahuan tentang kelahiran Yohanes Pembaptis
Luk 1:26-38Pemberitahuan tentang kelahiran Yesus
Luk 1:39-56Kunjungan Maria ke rumah Elizabet
Luk 1:57-80Kelahiran Yohanes Pembaptis
Luk 2:1-38Kelahiran Yesus
Luk 2:39-52Masa kanak-kanak Yesus
Luk 3:1-22Khotbah Yohanes Pembaptis
Luk 3:23-38Silsilah Yesus
Luk 4:1-13Pencobaan Yesus

[3] SANG JURUSELAMAT DI GALILEA Luk 4:14-9:50

Luk 4:14-30Yesus memulai pelayanan-Nya
Luk 4:31-44Yesus menyembuhkan di Kapernaum
Luk 5:1-26Yesus melakukan mukjizat
Luk 5:27-39Panggilan dan di rumah perjamuan
Luk 6:1-11Lewi Perdebatan mengenai hari Sabat
Luk 6:12-16Yesus memilih murid-murid-Nya
Luk 6:17-49Yesus berkhotbah di depan orang banyak
Luk 7:1-17Mukjizat kesembuhan dan kebangkitan orang mati
Luk 7:18-35Pertanyaan-pertanyaan Yohanes terjawab
Luk 7:36-50Seorang pelacur menyembah Yesus
Luk 8:1-21Mengajar firman Allah
Luk 8:22-56Tiga mukjizat lagi
Luk 9:1-6Yesus mengutus murid-murid-Nya untuk misi penginjilan
Luk 9:7-9Reaksi Herodes terhadap Yesus
Luk 9:10-17Pemberian makan kepada lima ribu orang
Luk 9:18-27Yesus menanyakan pertanyaan yang penting
Luk 9:28-36Transfigurasi (perubahan rupa) Yesus
Luk 9:37-50Yesus berbicara dengan murid-murid-Nya

[4] SANG JURUSELAMAT PERGI KE YERUSALEM Luk 9:51-19:44

Luk 9:51-62Harga yang harus dibayar untuk mengikut Yesus
Luk 10:1-24Pengutusan tujuh puluh murid
Luk 10:25-37Perumpamaan tentang orang Samaria yang baik
Luk 10:38-42Maria dan Marta
Luk 11:1-13Ajaran tentang doa
Luk 11:14-36Ajaran tentang roh-roh dan tanda-tanda
Luk 11:37-54Kecaman terhadap orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat
Luk 12:1-59Mengajar orang banyak
Luk 13:1-9Kecuali jika engkau bertobat...
Luk 13:10-17Seorang wanita cacat disembuhkan
Luk 13:18-30Kerajaan Allah itu seperti...
Luk 13:31-35Yerusalem dan para nabi
Luk 14:1-24Makan malam bersama seorang Farisi
Luk 14:25-35Harga yang harus dibayar untuk menjadi seorang murid
Luk 15:1-32Tiga kisah tentang yang hilang
Luk 6:1-31Ajaran tentang uang
Luk 17:1-10Ajaran tentang pelayanan
Luk 17:11-19Penyembuhan sepuluh orang kusta
Luk 17:20-37Kedatangan Kerajaan Allah
Luk 18:1-17Ajaran mengenai keadilan dan kerendahan hati
Luk 18:18-34Yesus bertemu dengan seorang penguasa muda yang kaya-raya
Luk 18:35-43Mata seorang pengemis dicelikkan
Luk 19:1-10Yesus bertemu Zakheus
Luk 19:11-27Perumpamaan tentang uang mina
Luk 19:28-44Masuk ke Yerusalem

[5] JURUSELAMAT DI YERUSALEM Luk 9:45-24:53

Luk 19:45-21:4Yesus mengajar di Bait Allah
Luk 21:5-38Yesus berbicara mengenai akhir zaman
Luk 22:1-38Perjamuan Malam Terakhir
Luk 22:39-53Kejadian di taman Getsemani
Luk 22:54-62Penyangkalan Petrus
Luk 22:63-23:25Pengadilan atas Yesus
Luk 23:26-56Penyaliban dan penguburan
Luk 24:1-49Kebangkitan
Luk 24:50-53Kenaikan
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #18: Centang "Hanya dalam TB" pada Pencarian Universal untuk pencarian teks alkitab hanya dalam versi TB [SEMUA]
dibuat dalam 0.97 detik
dipersembahkan oleh YLSA