Nabi
Kristus, Nabi [pedoman]
- 1. Telah dinubuatkan. Ul 18:15,18; Yes 52:7; Nah 1:15
- 2. Diurapi oleh Roh Kudus. Yes 42:1; 61:1; Luk 4:18; Yoh 3:34
- 3. Hanya Dia yang mengenal dan menyatakan Allah. Mat 11:27; Yoh 3:2,13,34; 17:6,14,26; Ibr 1:1,2
- 4. Telah menyatakan bahwa pengajaran-Nya diberikan oleh Bapa-Nya. Yoh 8:26,28; 12:49,50; 14:10,14; 15:15; 17:8,16
- 5. Telah memberitakan Injil dan mengadakan mujizat-mujizat. Mat 4:23; 11:5; Luk 4:43
- 6. Menubuatkan perkara-perkara yang akan terjadi. Mat 24:3-35; Luk 19:41,44
- 7. Setia dalam jabatan-Nya. Luk 4:43; Yoh 17:8; Ibr 3:2; Wahy 1:5; 3:14
- 8. Penuh hikmat. Luk 2:40,47,52; Kol 3:1,2
- 9. Mempunyai kuasa dalam perkataan dan perbuatan-Nya. Mat 13:54; Mr 1:27; Luk 4:32; Yoh 7:46
- 10. Lemah lembut dan tidak menonjolkan diri dalam pengajaran-Nya. Yes 42:2; Mat 12:17-20
- 11. Allah menyuruh kita patuh kepada-Nya. Ul 18:15; Kis 3:22; 7:37
- 12. Allah akan menghukum kelalaian kita terhadap - . Ul 18:19; Kis 3:23; Ibr 2:3
- 13. Teladan - :
- 13.1 Musa. Ul 18:15
Nabi [pedoman]
- 1. Allah telah berfirman pada zaman dahulu melalui para - . Hos 12:11; Ibr 1:1
- 2. Utusan-utusan Allah. 2Taw 36:15; Yes 44:23
- 3. Hamba-hamba Allah. Yer 35:15
- 4. Penjaga bangsa Israel. Yeh 3:17
- 5. Dinamai:
- 5.1 Abdi Allah. 1Sam 9:6
- 5.2 Nabi-nabi Allah. Ezr 5:2
- 5.3 Nabi yang kudus. Luk 1:70; Wahy 18:20; 22:6
- 5.4 Orang yang digerakkan oleh Roh Kudus. 2Pet 1:21
- 5.5 Pelihat. 1Sam 9:9
- 6. Dipandang sebagai orang yang kudus. 2Raj 4:9
- 7. Kadang-kadang wanita diberi karunia menjadi - . Yoel 2:28
- 8. Allah telah memberitahukan kepada - :
- 8.1 Keputusan-Nya. Am 3:7
- 8.2 Berulang kali dan dalam pelbagai cara. Ibr 1:1
- 8.3 Dengan suara yang dapat didengar. Bil 12:8; 1Sam 3:4-14
- 8.4 Dengan perantaraan malaikat-malaikat. Dan 8:15-26; Wahy 22:8,9
- 8.5 Melalui mimpi dan penglihatan. Bil 12:6; Yoel 2:28
- 9. Ada di bawah pengaruh Roh Kudus pada waktu bernubuat. Luk 1:67; 2Pet 1:21
- 10. Berkata-kata atas nama Tuhan. 2Taw 33:18; Yeh 3:11; Yak 5:10
- 11. Sering berkata-kata dengan perumpamaan dan teka-teki. 2Sam 12:1-6; Yes 5:1-7; Yeh 17:2-10
- 12. Tingkah lakunya kerap kali menjadi suatu tanda bagi orang banyak. Yes 20:2-4; Yer 19:1,10,11; 27:2,3; 43:9; 51:63
- 13. Seringkali tidak ada hubungan ilahi sebab dosa orang banyak. 1Sam 28:6; Rat 2:9; Yeh 7:26
- 14. Harus:
- 14.1 Berani dan tidak dapat digertak. Yeh 2:6; 3:8,9
- 14.2 Waspada dan setia. Yeh 3:17-21
- 14.3 Menerima segala perkataan Allah dengan perhatian. Yeh 3:10
- 14.4 Jangan mengatakan apa yang tidak diterima dari Allah. Ul 18:20
- 14.5 Mengatakan segala firman yang disampaikan oleh Tuhan. Yer 26:2
- 15. Kadang-kadang menerima berita ilahi dan bernubuat dengan keadaan badan dan pikiran yang sangat menyedihkan.
- 16. Kadang-kadang bernubuat dengan sebuah nyanyian. Ul 32:44; Yes 5:1
- 17. Seringkali disertai dengan musik pada waktu bernubuat. 1Sam 10:5; 2Raj 3:15
- 18. Seringkali menulis nubuat-nubuat pada sepucuk surat. 2Taw 21:12; Yer 36:2
- 19. Surat - dibacakan di rumah ibadat pada tiap-tiap hari Sabat. Luk 4:17; Kis 13:15
- 20. Yang biasa:
- 20.1 Banyak di Israel. 1Sam 10:5; 1Raj 18:4
- 20.2 Belajar di sekolah. 2Raj 2:3,5; 1Sam 19:20
- 20.3 Pengarang syair yang kudus bagi orang Yahudi. Kel 15:20,21; 1Sam 10:5,10; 1Taw 25:1
- 21. Yang luar biasa:
- 21.1 Istimewa diangkat dalam keadaan darurat. 1Sam 3:19-21; Yes 6:8,9; Yer 1:5
- 21.2 Seringkali dilengkapi dengan kuasa ajaib. Kel 4:1-4; 1Raj 17:23; 2Raj 5:3,8
- 22. Kerap kali orang laki-laki yang telah menikah. 2Raj 4:1; Yeh 24:18
- 23. Memakai pakaian bulu. 2Raj 1:8; Za 13:4; Mat 3:4; Wahy 11:3
- 24. Seringkali mengembara. 1Raj 18:10-12; 19:3,8,15; 2Raj 4:10
- 25. Sederhana cara hidupnya. Mat 3:4
- 26. Pengarang hikayat bangsa Yahudi. 1Taw 29:29; 2Taw 9:29
- 27. Penafsir mimpi. Dan 1:17
- 28. Menjadi penasihat pada segala masa kesusahan. 1Sam 9:6; 28:15; 1Raj 14:2-4; 22:7
- 29. Diberi hadiah oleh orang yang meminta nasihatnya. 1Sam 9:7,8; 1Raj 14:3
- 30. Kadang-kadang berpendapat lebih baik menolak hadiah. 2Raj 5:15,16
- 31. Disuruh:
- 31.1 Menegur orang fasik dan menasihatkan supaya bertobat. 2Raj 17:13; 2Taw 24:19; Yer 25:4,5
- 31.2 Menyatakan kejahatan raja-raja. 1Sam 15:10,16-19; 2Sam 12:7-12; 1Raj 18:18; 21:17-22
- 31.3 Menasihatkan supaya setia dan tetap dalam pekerjaan Allah. 2Taw 15:1,2,7
- 31.4 Menubuatkan kedatangan Kristus. Luk 24:44; Yoh 1:45; Kis 3:24; 10:43
- 31.5 Menubuatkan kebinasaan bangsa-bangsa. Yes 15:1; 17:1; Yer 47:1-51:64
- 32. Sangat menderita karena bencana-bencana yang dinubuatkannya. Yes 16:9-11; Yer 9:1-7
- 33. Nubuat - :
- 33.1 Kerap kali diumumkan di pintu gerbang rumah Tuhan. Yer 7:2
- 33.2 Diumumkan di kota-kota dan di jalan-jalan. Yer 11:6
- 33.3 Diukirkan pada loh batu dan dipasang pada tempat yang dapat dilihat oleh orang banyak. Yes 8:1; Hab 2:2
- 33.4 Dituliskan dalam kitab gulungan dan dibacakan di depan orang banyak. Yer 36:2
- 33.5 Semuanya dipenuhi. 2Raj 10:10; Yes 44:26; Kis 3:18; Wahy 10:7
- 34. Membantu orang Yahudi dalam segala pekerjaan bangsanya. Ezr 5:2
- 35. - yang disebut di dalam Firman Tuhan:
- 35.1 Agabus. Kis 11:28; 21:10
- 35.2 Ahia. 1Raj 11:29; 12:15; 2Taw 9:29
- 35.3 Amos. Am 1:1; 7:14,15
- 35.4 Daud. Dan 12:11; Mat 24:15
- 35.5 Anak-anak perempuan Filipus. Kis 21:9
- 35.6 Azarya bin Oded. 2Taw 15:2,8
- 35.7 Daniel. Dan 12:11; Mat 24:15
- 35.8 Daud. Mazm 16:8-11; Kis 2:25-30
- 35.9 Debora. Hak 4:4
- 35.10 Elia. 1Raj 17:1
- 35.11 Elisa. 1Raj 19:16
- 35.12 Gad. 2Sam 24:11; 1Taw 29:29
- 35.13 Habakuk. Hab 1:1
- 35.14 Hagai. Ezr 5:1; 6:14; Hag 1:1
- 35.15 Hanani. 2Taw 16:7
- 35.16 Hana. Luk 2:36
- 35.17 Harun. Kel 7:1
- 35.18 Henokh. Kej 5:21-24; Yud 1:14
- 35.19 Hosea. Hos 1:1
- 35.20 Hulda. 2Raj 22:14
- 35.21 Ido. 2Taw 9:29; 12:15
- 35.22 Maleakhi. Mal 1:1
- 35.23 Mikha. Mi 1:1
- 35.24 Mikhabin Yimla. 1Raj 22:7,8
- 35.25 Miryam. Kel 15:20
- 35.26 Musa. Ul 18:18
- 35.27 Nahum. Nah 1:1
- 35.28 Natan. 2Sam 7:2; 12:1; 1Raj 1:10
- 35.29 Nuh. Kej 9:25-27
- 35.30 Obaja. Ob 1:1
- 35.31 Oded. 2Taw 28:9
- 35.32 Paulus. 1Tim 1:1; 4:1
- 35.33 Petrus. 2Pet 1:1; 2:1,2
- 35.34 Samuel. 1Sam 3:20
- 35.35 Semaya. 1Raj 12:22; 2Taw 12:7,15
- 35.36 Seorang nabi dari Yehuda. 1Raj 13:1
- 35.37 Seorang nabi yang disuruh kepada Eli. 1Sam 2:27
- 35.38 Seorang nabi yang disuruh kepada Israel. Hak 6:8
- 35.39 Yakub. Kej 49:1
- 35.40 Yedutun. 2Taw 35:15
- 35.41 Yehezkiel. Yeh 1:3
- 35.42 Yehu bin Hanani. 1Raj 16:1,7,12
- 35.43 Yeremia. Yer 1:1,2; 2Taw 36:12,21
- 35.44 Yesaya. 2Raj 19:2; 2Taw 26:22; Yes 1:1
- 35.45 Yoel. Yoel 1:1; Kis 2:16
- 35.46 Yohanes. Wahy 1:1
- 35.47 Yunus. 2Raj 14:25; Yun 1:1; Mat 12:39
- 35.48 Zadok. 2Sam 15:27
- 35.49 Zakharia bin Ido. Ezr 5:1; Za 1:1
- 35.50 Zakharia, ayah Yohanes. Luk 1:67
- 35.51 Zefanya. Zef 1:1
- 36. Seorang - biasanya tinggal di istana raja. 2Sam 24:11; 2Taw 29:25; 35:15
- 37. Orang-orang Yahudi:
- 37.1 Diharuskan mendengarkan serta percaya. Ul 18:15; 2Taw 20:20
- 37.2 Seringkali memaksa - supaya mengatakan hal-hal yang mereka sukai. 1Raj 22:13; Yes 30:10; Am 2:12
- 37.3 Menganiaya - . 2Taw 36:16; Mat 5:12
- 37.4 Seringkali memenjarakan - . 1Raj 22:27; Yer 32:2; 37:15,16
- 37.5 Seringkali membunuh - . 1Raj 18:13; 19:10; Mat 23:34-37
- 37.6 Seringkali tidak ada - sebab dosa. 1Sam 3:1; Mazm 74:9; Am 8:11,12
- 38. Berkuasa karena iman. Ibr 11:32-40
- 39. Sabar walaupun dalam penderitaan. Yak 5:10
- 40. Allah membalas segala penganiayaan yang dilakukan kepada - . 2Raj 9:7; 1Taw 16:21,22; Mat 23:35-38; Luk 11:50
- 41. Dinubuatkan bahwa Kristus akan melakukan pekerjaan seorang - . Ul 18:15; Kis 3:22
- 42. Kristus telah melakukan pekerjaan seorang - . Mat 24:1-51; Mr 10:32-34
Yeh 4:1-13; 5:1-4; 7:23; 12:3-7; 21:6,7; 24:1-24; Hos 1:2-9
Yer 23:9; Yeh 3:14,15; Dan 7:28; 10:8; Hab 3:2,16
Nabi [haag]
Nabi.
- (I) DI DALAM PL.
- (1) Pemakaian bahasa. Kata Yunani "profetes": pemberi keterangan orakel, orang yang memaklumkan orakel. Kata "nabi" dalam bahsa Yunani juga memiliki arti dasar tersebut. Pada zaman yang terkuno nampaknya kata itu hanya dipakai bagi orang tertentu dalam keadaan tak sadar (: intrans) yang memaklumkan pujian Tuhan (1Sam 10:5,10). Mereka yang memaklumkan orakel Yahwe disebut penglihat. [ro'eh atau hozeh) Nabi bahkan menjadi sebuah nama ejekan, sehingga kebanyakan para nabi Alkitab menghindari sebutan itu. -- Selama sekitar lima abad lamanya kenabian itu. ikut menentukan hidup rohani Isr. secara mendalam. Beberapa nabi hanya kita ketahui dari Kitab-kitab sejarah (Samuel, Natan, Ahia, Elia, Elisa).
- (2) Para nabi di luar Isr. Yer 27:9 menunjukkan bahwa di Isr. orang juga memperhitungkan adanya fenomen kenabian pada para bangsa tetangga semit. Di Mesir "kenabian" merupakan bagian dari ajaran kebijaksanaan.. Di situ orang tidak membicarakan soal pemakluman kharismatis, melainkan soal keyakinan, bawa sejarah itu berjalan menurut aturan-aturan yang tetap dan dapat dikenal dan membuat orang-orang bijaksana mampu mengatakan soal-soal yang masih akan terjadi. Hal yang sama barangkali berlaku bagi bangsa Het. "Mahu" dari naskah-naskah Akkad nampaknya berarti seseorang yang berada dalam alam tidak sadar/intrans. "Muhu" (apilum) dari naskah-naskah Mari (sekitar 1700 sebelum Mas.) menunjukkan sebuah kemiripan dengan para ~N di dalam PL (: tampil tanpa diminta), tetapi wartanya hanya berhubungan dengan nasib raja. Ia tidak mengarahkan tuntuan susila pada seluruh bangsa. Oleh karena itu perbandingan persamaan dengan para ~N di luar Isr. ternyata mungkin bagi para ~N jabatan di PL, tetapi bukan bagi para ~N yang dipanggil Yahwe.
- (3) Para nabi jabatan digolongkan pada para pemimpin Isr. seperti para imam, orang bijaksana dan para raja. Mereka sering dihubungkan dengan istana atau dengan sebuah bait kudus. Mereka mendapat nafkah dengan memaklumkan sabda Allah. Meskipun beberapa ~N jabatan secara pribadi dalam keadaan darurat menerima tugas dari Yahwe (Samuel, Elia, Elisa), namum mereka dibedakan dari ~N yang dipanggil oleh Allah, khususnya karena tidak dari Yahwe itu.
- (4) ~N yang palsu dan ~N yang benar. Nampaknya beberapa ~N jabatan kurang lebih terbawa hasrat mencari untung. Mereka kurang dibimbing oleh rasa cinta akan kebenaran. Ul 13:6; 18:20 mengancam para ~N, yang oleh pewartaan atau oleh mukjijatnya menjauhkan bangsa dari Tuhan, atau tanpa memperoleh tugas bicara berkata, bahwa mereka bicara atas nama Yahwe. Seorang ~N yang benar hanya dapat dikenal dari pemaklumannya, apakah cocok dengan tuntuan perjanjian. Mengenai nubuat tentang keselamatan nasional barulah penggenapan nubuat itu dijadikan bukti kebenarannya.
- (5) Bentuk-bentuk wahyu. Para ~N jarang mendasarkan dirinya pada impian-impian, tetapi lebih sering pada penglihatan-penglihatan yang bisa berkaitan dengan ekstate (Yer., Yeh., Dan.). Kebanyakan kali para Nabi bicara tentang sabda, yang diterima dari Yahwe.
- (6) Cara-cara ungkapannya. Pesan para ~N bisa ditekankan dengan tingkah-simbolik atau sikap-sikap tubuh. Khotbah para ~N yang lebih kuno kebanyakan dilakukan dalam bentuk amsal-amsal pendek yang ritmis. Corak yang khas adalah ungkapan pendahuluannya (: Dengarlah sabda Yahwe; Beginilah Yahwe Berfirman), Corak puitis yang umum itu biasa dilakukan (:Nyanyian minum dan nyanyian ejekan, ratapan kematian, pujian khotbah gugatan dan khotbah ancaman, amsal peringatan, percakapan pertengkaran). Agar menangkap ungkapan para nabi harus disertai pengertian tentang lingkungan geografis dan sejarahnya.
- (7) Isi khotbah kenabian merupakan tuntuan kesusilaan, yang berkembang dari (--> ) Perjanjian dan Dekalog. Para ~N menghadapi orang yang tidak setia dengan memberi peringatan dan ancaman penghakimannya. Kebahagiaan Isr. hanyalah kesetiaan akan Yahwe. Tetapi, setiap kali, mereka selalu mengungkapkan, bahwa masih ada kemungkinan untuk memperoleh keselamatan. Tuhan hanya menghukum demi keselamatannya. Dalam nubuat di kemudian hari nampak, bahwa gagasan keselamatan semakin ditekankan, inisiatif manusia semakin mundur, keselamatan diangkat menjadi karya Yahwe Pribadi.
- (II). DI DALAM PB.
- (1) Para Nabi PL (terutama Yesaya) sering dijadikan saksi tentang pemenuhan wahyu keselamatan di dalam Diri Yesus. Sabda masing-masing para nabi secara meluas ditentukan penafsirannya oleh keyakinan iman jemaat Yesus. Kata-kata Zakharias, Elisabet, Anna dan Simeon (pada Luk) bersifat "kenabian", sebab kata-kata itu, sama seperti amsal-amsal para ~N di zaman PL, datang dari sebuah wahyu Allah dan dihubungkan pada rahasia keselamatan Kristus. Yohanes Pembaptis adalah "~N dari yang Maha-Tinggi" (Luk 1:76) atau "lebih dari seorang ~N" (Mat 11:9). Dengan penampilannya, permandian dan khotbah penghakimannya, ia merupakan penutup dan sekaligus pemenuhan nubuat PL. Dengan jelas sekali Yesus memaklumkan kesatuannya dengan nasib para ~N (Mark 6:15; Luk 13:33). Ia jelas dipandang sebagai ~N oleh rekan sezamanNya (Mark 6:15 dsj.; Mark 8:28 dsj.; Mat 21:11,46; Yoh 4:19 dbtl.).
- (2) Di dalam jemaat kristen jabatan kenabian merupakan sebuah karya istimewa. Karya yang digerakkan oleh kurnia Kharismatis dari Rokh yang dijanjikan dan diutus oleh Yesus. Kurnia dari waktu keselamatan yang sudah dipenuhi itu terbuka bagi semua orang beriman, meskipun ada perorangan yang dapat melakukannya dengan cara yang khusus. Di dalam Kisah para Rasul ada beberapa orang yang menunjukkan penerimaan kurnia kenabian khusus tadi (Agabus, keempat puteri penginjil Filipus). Paulus tidak menempatkan dirinya selaku ~N. Kebanyakan ia tempatkan dirinya selaku Rasul, meskipun ia juga tahu, bahwa ia memiliki Rokh Allah (1Kor 7:40). Kelompok ~N di dalam PB jelas mempunyai tempat semacam jabatan di dalam Gereja Purba. Tulisan-tulisan itu di waktu kemudian menunjukkan, bahwa kenabian yang benar itu mundur, dikarenakan keadaan Gereja yang semakin membentuk institusinya.
Nabi [kecil]
TB- Seorang hamba Tuhan yang dipanggil untuk menyampaikan Firman Allah kepada manusia. Khususnya para nabi Israel yang bertindak selaku pembicara atas nama Allah (seperti Musa, Elia, Amos, Yesaya dll.). Seringkali mereka harus menentang raja atau rakyat Israel sendiri yang telah menyimpang dari kehendak Tuhan. Juga Yohanes Pembaptis (mis. Mat 11:5) dan Yesus sendiri (mis. Luk 24:17) disebut nabi. Menurut pengharapan orang Yahudi akan muncul seorang nabi yang bertugas merintis jalan Mesias (Ul 18:15,18; Yoh 6:14). Yesus memberitahukan bahwa akan datang nabi-nabi palsu yang mau menyesatkan orang percaya (Mat 24:11,24). Dalam Jemaat Purba tampil beberapa nabi (Kis 13:1; 1Kor 12:28-29; Ef 4:11).
BIS- Orang yang dipanggil oleh Allah untuk menyampaikan berita dari Allah kepada manusia; 1. Kata nabi biasanya ditujukan kepada nabi-nabi dalam Perjanjian Lama, seperti misalnya: Yesaya (Mat 3:3), Yeremia (Mat 2:17), Yunus (Mat 12:39), Daniel (Mat 24:15), dan Yoel (Kis 2:16). 2. Juga ditujukan kepada nabi-nabi di dalam jemaat Kristen (Kis 13:1; 1Kor 12:28-29; Ef 4:11). 3. Kata ini ditujukan juga kepada Yohanes Pembaptis (Mat 11:9; Mat 14:5; Luk 1:76), dan kepada Yesus (Mat 21:11,46; Luk 7:16; 24:19; Yoh 9:17). 4. Kata ini dipakai juga untuk menunjukkan "Nabi" yang dijanjikan oleh Musa dan yang diharap-harapkan oleh bangsa Yahudi akan datang untuk mengumumkan kedatangan Raja yang dijanjikan oleh Allah (Ul 18:15,18; Yoh 6:14; 7:14,40; Kis 3:22-23).
KS.-
[PL] Kej 20:7; Bil 11:29; 12:6; Ul 13:1-3,5; 18:15,18-22; 34:10-12; 1Sam 9:9; 10:5-6,10-13; 28:6,15; Yer 1:5; 14:14-16; Yer 3:9,11-31; 27:9-10,14-18; Yeh 13:2-10,16; Za 7:3; 13:3-6
[PB] Mat 1:22; 2:5,15,17,23; 4:14; 11:13; 23:29-31,37; Luk 13:34; Kis 2:16,30; 3:18,21,24,25; 8:28,30,34; Rom 1:2; Ibr 1:1; 1Pet 1:10
[PB] Hana, Luk 2:36; Yohanes Pembaptis, Mat 11:9; 14:5; 21:26; Mr 11:32; Luk 1:76; 7:26; 20:6; Yesus, Mat 13:57; 21:11,46; Mr 6:15; Luk 7:16,39; 13:33; 24:19; Yoh 4:19,44; 9:17; "Sang Nabi", Yoh 1:21,25; 6:14; 7:40; Kis 3:22-23; orang Kristen, Kis 11:27-28; 13:1; 15:32; 1Kor 12:28-29; Ef 4:11; Wahy 18:20,24; 22:9; dua orang saksi, Wahy 11:3-12- palsu, Lihat Palsu --> 20511
NABI [browning]
Terjemahan dari kata Ibrani, nebiim, sekalipun ada juga istilah-istilah lain. Demikianlah ada 'pelihat' (bahasa Ibrani ro'eh, pelihat, 1Sam. 9:9), yang menyampaikan pesan-pesan dari Allah melalui mimpi atau ramalan.
Ada juga penyihir dan petenung yang kegiatannya dikutuk sebagai pekerjaan kafir (Ul. 18:10-11). Mereka itu juga man diakui sebagai yang mampu meramalkan peristiwa-peristiwa yang akan datang sama dengan kemampuan para nabi Tuhan, sebagaimana dituliskan dalam cerita-cerita dari Kitab Samuel dan Raja-raja. Tetapi, menurut tradisi deuteronomik dari pertengahan abad ke-6 sM, Musalah yang dipandang sebagai nabi yang terutama. Dia adalah manusia berwenang yang berbicara langsung dengan Allah dan yang mengerjakan tanda-tanda dan *mukjizat-mukjizat (Ul. 34:9-12), dan yang melihat ke masa depan (Ul. 18:18). Mukjizat tetap menjadi ciri kebenaran para nabi, seperti pada *Elia dan *Elisa di abad ke-9 sM -- sekalipun sebelum masa itu *Natan diakui sebagai nabi di istana Raja *Dazed (2Sam. 7) sekitar 1000 sM. Juga pandangan yang lazim bahwa para nabi melebihi semua orang yang terilhami, mampu menyatakan peristiwa-peristiwa yang akan datang didasarkan atas tulisan deuteronomik. Seorang nabi dikenali benar manakala nubuatnya terpenuhi (Ul. 18:22). Hal itu dapat meminta waktu lama. Misalnya, nubuat penghukuman Allah, oleh penulis Deuterokanonik dipandang digenapi di dalam penghancuran Yerusalem (586 sM), yang bukanlah suatu malapetaka yang tak terpahami, karena terjadi sesuai dengan nubuat.
Para nabi juga biasa berperan di dalam kehidupan keagamaan dan kemasyarakatan Israel. Walaupun kadang-kadang mereka juga diancam (Am. 7:10-13; Yer. 26:8) atau dianggap sepi (Yes. 6:9 dst.), pada umumnya mereka cukup diterima dengan terbuka, sekalipun pernyataan-pernyataan mereka menakutkan dan tidak disukai. Beberapa nabi mendapat perlindungan dari raja (*Yesaya, *Hulda, *Yeremia); beberapa lagi di zaman kerajaan awal, mendapatkan dukungan dengan menjadi anggota serikat sekerja para nabi (2Raj. 4:38). Beberapa nabi mungkin membangkitkan pesona karena gejala ekstatis dan paranormal pada diri mereka, dan karena hiruk-pikuk tentang mereka (1Sam. 10:6), tetapi dalam beberapa kasus gejala-gejala itu juga dipandang sebagai tanda-tanda dikuasai oleh suatu roh jahat (1Raj. 18:26-29; Yer. 29:24-28). Bagaimanapun, ada kalanya para nabi itu terserang aphasi (suatu macam sakit bisu, Yeh. 3:26) dan halusinasi (khayalan-khayalan, Yer. 4:19) dan beberapa nabi berpakaian sangat mencolok (2Raj. 1:8). Tidak ada bukti bahwa para nabi itu mempunyai murid-murid untuk mencatat nubuat-nubuatnya (satu-satunya petunjuk yang mungkin ke arah itu, Yes. 8:16, sangat sulit ditafsirkan). Tetapi, Yeremia mempunyai seorang sekretaris (Yer. 36:4) dan bagaimanapun ada seseorang yang mengumpulkan ajaran Yesaya, untuk tujuan menyimpan dan memeliharanya, dan untuk interprestasi serta penambahan-penambahan semasa *pembuangan.
Walaupun nabi-nabi itu hidup biasa di dalam kehidupan masyarakat sehari-hari (Am. 1:1) dan biasa memuji Yerusalem (Yes. 2:3) atau malah terlibat di dalam pelayanan Bait Suci (Yeh. 1:3), mereka menyampaikan *nubuat mereka, kadang-kadang dengan segan, apabila firman Tuhan mendesak mereka (Yes. 1:6). Sering mereka itu sangat kritis terhadap tata peribadahan berkorban umat (mis. Yes. 1:10 dst.; Am. 5:24-25) apabila hal itu dipisahkan dari tanggung jawab moral. Tetapi, mereka tidak menentang peribadahan itu sendiri, seperti nyata dari banyaknya bahan peribadahan di dalam tulisan para nabi itu (mis. Yes. 38 dan Hab. 3). Yesaya mengalami penglihatan yang luar biasa di dalam Bait Suci dan di situ pula ia menjadi sadar bagaimana kekudusan itu menghukum keberdosaan dirinya dan keberdosaan masyarakat (Yes. 6:5).
Para nabi itu sering mempunyai sikap kritis terhadap istana dan lembaga-lembaga kerajaan, dan oleh karena itu dirasakan sebagai yang mengancam kekuasaan yang ada. Bersamaan dengan itu adalah bagi dari tugas kenabian untuk menyampaikan kutukan terhadap musuh bangsanya, jika memang pada tempatnya, juga terhadap perbuatan jahat musuh yang telah mereka lakukan di waktu yang sudah jauh berlalu (Am. 1:3-2:6) dan tidak akan didengar oleh musuh itu. Namun, umat Israel akan mendengarnya, lalu menjadi lebih sadar mendengarkan kutukan-kutukan atas Israel sendiri.
Para nabi adalah pejuang keadilan sosial; mereka mengutuk para pemilik tanah (Mi. 2:2), orang-orang yang terus-menerus mabok (Yl. 1:5) dan perempuan-perempuan yang menghiasi diri secara berlebihan dengan pakaian dan perhiasan (Yes. 3:6-23). Mereka mengingatkan bahwa ada hukuman tertimbun untuk kejahatan bangsanya, sekalipun akhirnya oleh karena Allah tidak mungkin tidak setia pada janji-janji *perjanjian-Nya -- ada tersisa penghiburan pengharapan yang teguh. Apabila para nabi itu mengutuk penyalahgunaan agama (Yes. 1:9-17) dan kejahatan sosial (Yes. 5:8) dan memberikan nasihat politik (Yes. 7:4; Yer. 32), maka ada perbedaan tekanan antara para nabi itu di dalam apa yang mereka nubuatkan. Tetapi, semua nabi menerima kepercayaan dasar bahwa Israel dipilih Allah menjadi umat-Nya yang khusus dan bahwa hal itu mempunyai konsekwensi, moral.Para nabi itu adalah salah satu pengaruh atas ideologi *perjanjian yang akhirnya dikukuhkan dengan resmi oleh aliran *Deuteronomis. Keyakinan ini menyebabkan iman umat itu mampu melewati kesukaran di dalam pembuangan pada abad ke-6 sM. Sesudah para nabi dari masa itu (*Hagai, *Zakharia dan *Maleakhi) nubuat itu menghilang dalam awan kecurigaan dan kebencian (Za. 13:2-6). Sejak itu hubungan antara Allah dan umat-Nya berlangsung dalam bentuk sastra *apokalyptik, kalaupun tidak ada Batas pemisah yang jelas antara apokalyptik dan kenabian. Pengharapan para nabi akan keselamatan akhir disertai ancaman penghukuman, yang ada di dalam nubuat kemudian, seperti Yes. 58:1-12, menjadi bagian dan isi penantian apokalyptik akan *hari Tuhan.
Pada saat *Yohanes Pembaptis mulai memberitakan dan membaptiskan di tepi Sungai *Yordan, hal itu disambut sebagai bangkitnya kembali kenabian yang telah lama mati (Mat. 3:4).
Kenabian bukanlah suatu gejala khusus dari Israel. Penemuan-penemuan di *Mari memperlihatkan surat-surat (abad ke-18 sM) yang menggambarkan kegiatan keagamaan orang yang serupa dengan kegiatan para nabi PL. Di Israel ada kemungkinan munculnya 'nabi-nabi palsu', seperti pada waktu *Hanania ditantang oleh Yeremia (Yer. 28); kebenarannya hanya dapat dikenali oleh orang-orang yang mendengarkan perbantahan mereka sambil menantikan apa yang terjadi (Ul. 18:21-22). Kendati demikian, nubuat yang tidak digenapi juga dicatat dengan setia: Mikha, pada abad ke-8 sM menubuatkan bahwa Yerusalem akan jatuh (Mi. 3:12), sedangkan Yesaya, nabi sezamannya, menubuatkan bahwa kota itu akan diselamatkan. Dan agaknya melalui masa-masa dan tahun-tahun yang lewat nabi-nabi ini mendapatkan kewibawaan khusus. Tidak terpenuhinya suatu nubuat tidaklah sepenting keadaan seluruh bangsa dibawah penindasan musuh. Dilihat dari sudut itu, nubuat-nubuat itu disahkan.
Di dalam PB ada nabi-nabi yang mempunyai tugas khusus (Ef. 2:20) dan mereka itu dapat ditelusuri sampai ke belahan kedua dari abad kedua M. Lalu mereka itu menghilang, mungkin karena sejumlah nabi palsu dan nabi spontan menjadikan mereka dicurigai oleh para pemimpin Gereja. Paulus jelas tidak terlalu senang dengan pelayanan kenabian itu; nubuat mereka harus diuji (Rm. 12:6; 1Kor. 12:3). Tetapi, nabi masih lebih dapat diterima daripada bahasa yang tidak dapat dimengerti, dan di dalam setiap daftar karunia-karunia rohani nubuat itu disebut. Nubuat dianggap cukup membantu untuk membangun persekutuan iman (1Kor. 14:1-5), tetapi agaknya hanya sesekali saja nubuat itu berhubungan dengan peramalan peristiwa yang akan terjadi, tidak seperti nubuat di dalam PL.
NABI [ensiklopedia]
Lihat NUBUAT, NABI-NABI.