Teks -- Lukas 22:1-59 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Luk 22:3 - MASUKLAH IBLIS KE DALAM YUDAS.
Nas : Luk 22:3
Kisah yang menyedihkan dari Yudas, yang pernah akrab dengan Yesus
(Mazm 41:10; bd. Yoh 13:18) namun kemudian meninggalkan Tuhan deng...
Nas : Luk 22:3
Kisah yang menyedihkan dari Yudas, yang pernah akrab dengan Yesus (Mazm 41:10; bd. Yoh 13:18) namun kemudian meninggalkan Tuhan dengan cara mengkhianati-Nya
(lihat cat. --> Yoh 6:64),
[atau ref. Yoh 6:64]
berfungsi sebagai peringatan bagi semua orang yang mengikut Kristus. Dalam hidup ini selalu ada kemungkinan bahwa kita menjadi acuh tak acuh terhadap Kristus, mengizinkan Iblis memimpin kita sedikit demi sedikit untuk berkompromi dengan dunia, dan akhirnya mengkhianati Tuhan dan usaha-Nya.
Full Life: Luk 22:18 - PERJAMUAN TUHAN.
Nas : Luk 22:18
Lihat cat. --> 1Kor 11:24-25.
[atau ref. 1Kor 11:24-25]
Full Life: Luk 22:18 - HASIL POKOK ANGGUR.
Nas : Luk 22:18
Yang diminum oleh Yesus dan murid-Nya pada perjamuan Paskah itu
dinamakan "cawan" atau "cawan ucapan syukur" (Luk 22:17; Mat 26:27;...
Nas : Luk 22:18
Yang diminum oleh Yesus dan murid-Nya pada perjamuan Paskah itu dinamakan "cawan" atau "cawan ucapan syukur" (Luk 22:17; Mat 26:27; Mr 14:23; 1Kor 10:16; 11:25) dan "hasil pokok anggur" (Luk 22:18; Mat 26:29; Mr 14:25). Bukti alkitabiah mendukung pandangan bahwa sari buah anggur itu tidak difermentasi pada Perjamuan Tuhan
(lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN BARU (1)).
Full Life: Luk 22:20 - PERJANJIAN BARU OLEH DARAH-KU.
Nas : Luk 22:20
Yesus mengumumkan pengukuhan perjanjian baru berdasarkan korban
kematian-Nya (bd. Mat 26:28; 1Kor 11:25;
lihat cat. --> ...
Nas : Luk 22:20
Yesus mengumumkan pengukuhan perjanjian baru berdasarkan korban kematian-Nya (bd. Mat 26:28; 1Kor 11:25;
lihat cat. --> Yer 31:31).
[atau ref. Yer 31:31]
Alkitab mengajarkan bahwa perjanjian baru itu hanya absah oleh kematian Kristus (Ibr 9:15-18). Murid memasuki perjanjian baru ini ketika mereka dilahirkan kembali dan didiami Roh Kudus pada malam kebangkitan Yesus
(lihat art. PEMBAHARUAN PARA MURID).
Kemudian mereka dibaptiskan dalam Roh Kudus pada hari Pentakosta
(lihat cat. --> Kis 2:4;
[atau ref. Kis 2:4]
lihat art. BAPTISAN DALAM ROH KUDUS).
Full Life: Luk 22:20 - DARAH-KU, YANG DITUMPAHKAN BAGI KAMU.
Nas : Luk 22:20
Lihat cat. --> Mat 26:28.
[atau ref. Mat 26:28]
Full Life: Luk 22:24-30 - KEBESARAN YANG SEJATI.
Nas : Luk 22:24-30
Kebesaran yang sejati menyangkut roh dalam batin dan hati. Sifat itu
terlihat dalam hidup seseorang yang menampakkan kasihnya ba...
Nas : Luk 22:24-30
Kebesaran yang sejati menyangkut roh dalam batin dan hati. Sifat itu terlihat dalam hidup seseorang yang menampakkan kasihnya bagi Kristus dalam kerendahan hati yang tulus (Fili 2:3), dalam kerinduan untuk melayani Allah dan sesama manusia, dan dalam kerelaan untuk dipandang sebagai yang paling tidak penting di dalam Kerajaan Allah.
- 1) Kita harus memahami bahwa kebesaran itu bukanlah kedudukan, jabatan, kepemimpinan, kuasa, pengaruh, gelar pendidikan, ketenaran, kemampuan, prestasi atau keberhasilan yang besar. Itu bukanlah apa yang kita kerjakan bagi Allah, tetapi keadaan rohani kita di hadapan Dia (ayat Luk 22:25-27; Mat 18:3-4; 20:25-28).
- 2) Kebesaran yang sejati menuntut agar kita menjadi besar dalam hal-hal yang benar. Kita perlu belajar untuk menjadi besar di dalam iman, kerendahan hati, watak yang saleh, hikmat, penguasaan diri, kesabaran, dan kasih (Gal 5:22-23). Itu berarti memiliki kebesaran Kristus yang "mencintai keadilan dan membenci kefasikan" (Ibr 1:9).
- 3) Kebesaran yang sejati menyangkut kasih yang sepenuh hati dan penyerahan diri kepada Allah. Itu menuntut untuk terus mengabdi dan setia di manapun Allah memutuskan untuk menempatkan kita. Karena itu, dalam pandangan Allah, yang terbesar di dalam Kerajaan-Nya adalah mereka yang memiliki kasih yang terbesar bagi Dia dan komitmen kepada Firman yang dinyatakan (Luk 21:3; Rom 12:1-2).
- 4) Pengabdian diri akan meningkatkan hasil-hasil kita dalam pekerjaan Allah, namun hanya pada tempat di mana Allah telah menempatkan saudara dan di lingkungan karunia-karunia yang telah di berikan-Nya kepada saudara (Rom 12:3-8; 1Kor 12:1-31).
Full Life: Luk 22:27 - YANG MELAYANI.
Nas : Luk 22:27
Mengenai mereka yang dipilih untuk memimpin dalam gereja
(1Tim 3:1-7) Kristus mengatakan bahwa mereka harus memimpin sebagai
hamba,...
Nas : Luk 22:27
Mengenai mereka yang dipilih untuk memimpin dalam gereja (1Tim 3:1-7) Kristus mengatakan bahwa mereka harus memimpin sebagai hamba, sambil menolong yang lain untuk memenuhi kehendak Allah bagi hidup mereka. Mereka tidak boleh menyalahgunakan atau mengkhianati kedudukan mereka dengan cara mencari ketenaran, kuasa, kemakmuran atau hak-hak istimewa yang khusus.
Full Life: Luk 22:28 - TETAP TINGGAL BERSAMA-SAMA DENGAN AKU.
Nas : Luk 22:28
Yesus mengakui bahwa Ia sangat berterima kasih atas kesetiaan murid
kepada-Nya sepanjang hidup-Nya dan dalam keadaan sukar yang
mel...
Nas : Luk 22:28
Yesus mengakui bahwa Ia sangat berterima kasih atas kesetiaan murid kepada-Nya sepanjang hidup-Nya dan dalam keadaan sukar yang melingkungi-Nya. Keinginan terbesar kita harus juga untuk tetap setia kepada-Nya dalam dunia yang memusuhi-Nya dan standar kebenaran-Nya.
Full Life: Luk 22:29 - MENENTUKAN HAK-HAK KERAJAAN BAGI KAMU.
Nas : Luk 22:29
Bagi para pengikut-Nya yang setia Yesus menyediakan suatu "Kerajaan"
yang telah didirikan-Nya (ayat Luk 22:30). Murid hendaknya jan...
Full Life: Luk 22:31-32 - IBLIS ... MENAMPI KAMU SEPERTI GANDUM.
Nas : Luk 22:31-32
Pernyataan Yesus tentang Petrus menyingkapkan dua kebenaran penting.
1) Allah mengizinkan Iblis mencobai kita hanya sampai ...
Nas : Luk 22:31-32
Pernyataan Yesus tentang Petrus menyingkapkan dua kebenaran penting.
- 1) Allah mengizinkan Iblis mencobai kita hanya sampai batas-batas tertentu dan dengan izin Allah (lih. Ayub 1:10,12). Iblis tidak leluasa untuk melakukan apa saja yang ia inginkan dengan umat Allah.
- 2) Yesus berdoa agar iman umat-Nya tidak akan gagal. Sebagai pengantara
sorgawi kita, Ia berdoa bagi semua orang yang "oleh Dia datang kepada
Allah. Sebab Ia hidup senantiasa untuk menjadi Pengantara mereka"
(Ibr 7:25). Allah setia di dalam segala pencobaan kita untuk
menyediakan suatu jalan keluar (1Kor 10:13). Akan tetapi,
terwujudnya doa-doa Yesus itu bersyarat. Jikalau seseorang menolak kasih
karunia Allah, maka doa syafaat Kristus akhirnya sia-sia
(lihat cat. --> Luk 19:41).
[atau ref. Luk 19:41]
Full Life: Luk 22:36 - MEMBELI PEDANG.
Nas : Luk 22:36
Barangkali di sini Yesus memakai gaya bahasa sindiran dalam
pernyataan-Nya agar murid-Nya membeli sebilah pedang. Bagaimanapun juga...
Nas : Luk 22:36
Barangkali di sini Yesus memakai gaya bahasa sindiran dalam pernyataan-Nya agar murid-Nya membeli sebilah pedang. Bagaimanapun juga, sampai saat ini Ia telah menantang mereka untuk hidup dengan memikul salib daripada memilih jalan dunia. Kemudian Yesus melanjutkan dengan menyatakan (ayat Luk 22:37) penyerahan-Nya kepada jalan penderitaan dan salib yang ditetapkan Allah. Ayat Luk 22:38 menunjukkan bahwa murid-murid tidak mengerti maksud perkataan Yesus.
Full Life: Luk 22:44 - PELUH-NYA MENJADI SEPERTI TITIK DARAH.
Nas : Luk 22:44
Keterangan mengenai sepuluh tahap penderitaan Kristus untuk
mengerjakan penebusan, terdapat dalam
lihat cat. --> Mat 26:...
Full Life: Luk 22:54 - LALU YESUS DITANGKAP.
Nas : Luk 22:54
Urutan kejadian penangkapan Kristus sampai penyaliban-Nya dapat
dilihat dalam
lihat cat. --> Mat 26:57.
[atau ...
BIS -> Luk 22:38
Sudahlah: atau Sudah cukup.
Jerusalem -> Luk 22:1--23:56; Luk 22:2; Luk 22:4; Luk 22:15; Luk 22:16; Luk 22:17; Luk 22:19-20; Luk 22:24-27; Luk 22:31-32; Luk 22:31; Luk 22:36; Luk 22:38; Luk 22:41; Luk 22:43-44; Luk 22:52-54; Luk 22:58
Jerusalem: Luk 22:1--23:56 - -- Dalam seluruh kisah tentang sengsara Yesus ini Lukas tidak begitu tergantung pada Markus dari pada di bagian-bagian injil lain. Sebaliknya ada banyak ...
Dalam seluruh kisah tentang sengsara Yesus ini Lukas tidak begitu tergantung pada Markus dari pada di bagian-bagian injil lain. Sebaliknya ada banyak keserupaan antara Lukas dan Yohanes, yang agaknya memakai sumber yang sama.
Jerusalem: Luk 22:2 - -- Lukas tidak bercerita tentang pengurapan Yesus di Betania; dalam Luk 7:36-50 ia telah menyajikan cerita yang serupa.
Lukas tidak bercerita tentang pengurapan Yesus di Betania; dalam Luk 7:36-50 ia telah menyajikan cerita yang serupa.
Jerusalem: Luk 22:4 - kepala-kepala pengawal Bait Allah Ialah perwira-perwira polisi Bait Allah; mereka semua berkebangsaan Yahudi dan dari Suku Lewi. Bdk Kis 4:1.
Ialah perwira-perwira polisi Bait Allah; mereka semua berkebangsaan Yahudi dan dari Suku Lewi. Bdk Kis 4:1.
Jerusalem: Luk 22:15 - -- Dalam Lukas wejangan-wejangan Yesus waktu perjamuan malam jauh lebih banyak dari pada dalam Markus dan Matius. Dengan jalan itu disiapkan pembicaraan-...
Dalam Lukas wejangan-wejangan Yesus waktu perjamuan malam jauh lebih banyak dari pada dalam Markus dan Matius. Dengan jalan itu disiapkan pembicaraan-pembicaraan Yesus yang disajikan Yoh 13:31-17:26. Agaknya Lukas menyusun wejangan-wejangan Yesus itu dengan berlatar belakang perayaan Ekaristi jemaat Kristen.
Jerusalem: Luk 22:16 - kegenapannya Paskah baru akan dimulai "digenapi" dengan diadakannya perjamuan Ekaristi, yang menjadi pusat hidup rohani dalam Kerajaan yang didirikan Yesus; secara...
Paskah baru akan dimulai "digenapi" dengan diadakannya perjamuan Ekaristi, yang menjadi pusat hidup rohani dalam Kerajaan yang didirikan Yesus; secara penuh dan tanpa selubung akan "digenapi" di akhir zaman.
Jerusalem: Luk 22:17 - sebuah cawan Lukas jelas membedakan perjamuan Paskah dan cawan dalam Luk 22:15-18 dengan Roti serta Cawan dalam Luk 22:19-20. Dengan demikian ia menjajarkan upacar...
Lukas jelas membedakan perjamuan Paskah dan cawan dalam Luk 22:15-18 dengan Roti serta Cawan dalam Luk 22:19-20. Dengan demikian ia menjajarkan upacara Paskah lama dan upacara baru Ekaristi Kristen. Kalau susunan teologis ini tidak dilihat, tentunya orang heran menemukan dua cawan. Itulah sebabnya maka beberapa naskah dan terjemahan kuno tidak memuat Luk 22:20 dan bahkan bagian terakhir Luk 22:19 (yang diserahkan bagi kamu...)
Jerusalem: Luk 22:19-20 - -- Ayat-ayat Lukas ini sangat serupa dengan Paulus, 1Ko 11:23-25.
yang diserahkan bagi kamu...yang ditumpahkan bagi kamu Dapat juga diartikan: yang haru...
Ayat-ayat Lukas ini sangat serupa dengan Paulus, 1Ko 11:23-25. yang diserahkan bagi kamu...yang ditumpahkan bagi kamu Dapat juga diartikan: yang harus diserahkan....yang harus ditumpahkan.
Jerusalem: Luk 22:24-27 - -- Dengan bentuk yang berbeda Lukas menempatkan di sini perkataan-perkataan Yesus yang oleh Matius dan Markus ditempatkan sesudah permohonan yang diajuka...
Dengan bentuk yang berbeda Lukas menempatkan di sini perkataan-perkataan Yesus yang oleh Matius dan Markus ditempatkan sesudah permohonan yang diajukan anak-anak Zebedeus, Mat 20:25-28; Mar 10:42-45. Dalam konteks Lukas ini perkataan-perkataan Yesus itu memecahkan masalah-masalah yang timbul pada jemaat-jemaat Kristen sehubungan dengan siapa dalam sidang jemaat mesti menduduki tempat utama dan siapa yang mesti melayani, bdk Kis 6:1; 1Ko 11:17-19; Yak 2:2-4.
Jerusalem: Luk 22:31-32 - -- Dengan kata-kata ini Yesus memberikan kepada Petrus tugas memimpin rasul-rasul lain dalam iman. Dengan lebih jelas dari pada Mat 16:17-19 kata-kata Ye...
Dengan kata-kata ini Yesus memberikan kepada Petrus tugas memimpin rasul-rasul lain dalam iman. Dengan lebih jelas dari pada Mat 16:17-19 kata-kata Yesus ini menonjolkan kedudukan utama Petrus dalam dewan para rasul. Dalam Mat 16:17-10 Petrus dapat dianggap sebagai juru bicara dan wakil para rasul saja. Lihat juga Yoh 21:15-17, tempat "domba-domba" (anak-anak domba) tampaknya juga merangkum "mereka ini" (Luk 22:15) ialah teman-teman Petrus dalam tugas kerasulan; dalam kasih Petrus melebihi mereka.
Var: Dan berkatalah Tuhan: Simon...
Jerusalem: Luk 22:36 - -- pundi-pundi untuk membeli makanan, pedang untuk merebutnya dengan kekerasan, semuanya melambangkan permusuhan umum.
pundi-pundi untuk membeli makanan, pedang untuk merebutnya dengan kekerasan, semuanya melambangkan permusuhan umum.
Jerusalem: Luk 22:38 - Sudah cukup Para rasul tidak mengerti perkataan Yesus, sebab mereka mengartikannya secara harafiah. Maka secara mendadak Yesus mengakhiri wejanganNya.
Para rasul tidak mengerti perkataan Yesus, sebab mereka mengartikannya secara harafiah. Maka secara mendadak Yesus mengakhiri wejanganNya.
Jerusalem: Luk 22:41 - berlutut Lazimnya orang berdoa sambil berdiri, bdk 1Ra 8:22; Mat 6:5; Luk 18:11, tetapi kalau doa menjadi hangat atau orang ingin merendahkan diri, orang juga ...
Jerusalem: Luk 22:43-44 - -- Meskipun banyak naskah, antara lain yang paling penting, tidak memuat ayat-ayat ini, namun perlu dianggap asli. Sejak abad kedua ayat-ayat ini cukup u...
Meskipun banyak naskah, antara lain yang paling penting, tidak memuat ayat-ayat ini, namun perlu dianggap asli. Sejak abad kedua ayat-ayat ini cukup umum dikenal dan dikutip dan gaya bahasa Lukas yang khas. Agaknya ayat-ayat ini dihilangkan dari naskah-naskah oleh karena Yesus nampaknya terlalu lemah dan manusiawi.
Jerusalem: Luk 22:52-54 - -- Menurut Matius maka pasukan itu segera menahan Yesus setelah Yudas menciumNya; lalu diceritakan tentang telinga yang terpotong; akhirnya perkataan Yes...
Menurut Matius maka pasukan itu segera menahan Yesus setelah Yudas menciumNya; lalu diceritakan tentang telinga yang terpotong; akhirnya perkataan Yesus kepada pasukan itu. Urutan peristiwa dalam Markus sama. Dalam Lukas urutan berbeda, sebab Yesus baru ditahan (Luk 22:54), setelah berkata-kata kepada pasukan itu. Dengan jalan itu Lukas menekankan bahwa Yesus menguasai jalannya peristiwa. Begitu juga Yoh 10:18+; Luk 18:4-6.
Harafiah: Hai orang, aku tidak.
Ende: Luk 22:4 - Kepala-kepala pengawal kenisah Terdjemahan jang agak lebih tepat, ialah:
pemimpin-pemimpin "laskar". Tetapi jang dimaksudkan ialah kepala-kepala kawal
kenisah. Kawal itu terdiri dar...
Terdjemahan jang agak lebih tepat, ialah: pemimpin-pemimpin "laskar". Tetapi jang dimaksudkan ialah kepala-kepala kawal kenisah. Kawal itu terdiri dari orang suku-bangsa Levi, jang menurut dugaan dikepalai oleh imam-imam.
Ende: Luk 22:17 - Piala ini bukan piala Ekaristi, melainkan hidangan anggur keempat jang
istimewa sekali, maksud dan upatjaranja semata-mata rohani.
ini bukan piala Ekaristi, melainkan hidangan anggur keempat jang istimewa sekali, maksud dan upatjaranja semata-mata rohani.
Maksud ungkapan ini ialah: jang dikurbankan bagimu.
Baru sekarang piala berisi anggur Ekaristi, jaitu Darah Jesus.
Ende: Luk 22:24 - Perselisihan Agak aneh bahwa rasul-rasul pada ketika ini memperbintjangkan
deradjat kedudukannja dalam Keradjaan Kristus kelak. Tentu sadja hal ini telah
terdjadi ...
Agak aneh bahwa rasul-rasul pada ketika ini memperbintjangkan deradjat kedudukannja dalam Keradjaan Kristus kelak. Tentu sadja hal ini telah terdjadi lebih dahulu, barangkali ketika Jesus menentukan tempat duduk pada perdjamuan ini bagi rasul-rasul masing-masing. Mungkin karena mereka melihat bahwa Joanes mendapat tempat kehormatan dimuka Jesus. Jesus memberi djawab kepada mereka dengan membasuh kaki mereka dan sabda-sabda jang bersangkutan, jang separuhnja dikutip disini oleh Lk; dan lebih landjut kita tahu dari Yoh 13. Lk. disini, seperti ditempat-tempat lain djuga, melepaskan urutan waktu dan lebih mengindahkan gaja karangan dalam menjusun tjeriteranja. Mengenai gaja bahasa masing-masing pengarang Indjil ada kebebasannja.
Ende: Luk 22:30 - Keduabelas suku-bangsa Israel Seperti sering terdjadi, disinipun bangsa
Israel mendjadi lambang umat Allah jang baru, jang meliputi seluruh Geredja
kudus.
Seperti sering terdjadi, disinipun bangsa Israel mendjadi lambang umat Allah jang baru, jang meliputi seluruh Geredja kudus.
Ende: Luk 22:31 - Menapis jaitu menggoda dengan tak henti-hentinja, dengan harapan bahwa satu
dua rasul djatuh imannja.
jaitu menggoda dengan tak henti-hentinja, dengan harapan bahwa satu dua rasul djatuh imannja.
Ende: Luk 22:32 - Teguhkanlah Untuk sesaat lamanja Simon akan lemah, malah runtuh imannja,
tetapi ia lekas sadar kembali dan bertambah kuat imannja, sehingga ia sanggup
meneguhkan ...
Untuk sesaat lamanja Simon akan lemah, malah runtuh imannja, tetapi ia lekas sadar kembali dan bertambah kuat imannja, sehingga ia sanggup meneguhkan iman murid-murid jang lain, dalam penggodaan-penggodaan jang mereka akan hadapi karena sengsara dan "kekalahan" Jesus. Tetapi Jesus tentu ingat djuga akan kedudukan dan tugas Petrus sebagai kepala Geredja dikemudian hari.
Ende: Luk 22:36 - Hendaklah ia membawanja Untuk pergi mengadjar (Luk 9:3) tak usah
dan tidak boleh mereka membawa barang-barang tersebut, tetapi sekarang mereka
harus siap untuk berdjuang, den...
Untuk pergi mengadjar (Luk 9:3) tak usah dan tidak boleh mereka membawa barang-barang tersebut, tetapi sekarang mereka harus siap untuk berdjuang, dengan persediaan lengkap. Tetapi itu dimaksud Jesus sebagai bahasa kiasan untuk perdjuangan-rohani, jang akan mereka hadapi dalam hati nurani mereka sendiri. Rasul-rasul kurang mengerti akan bahasa kiasan itu dan sebab itu menjangka, bahwa dengan pedang Jesus memaksudkan pedang biasa.
Ende: Luk 22:38 - Sudah tjukup Perkataan Jesus ini tentu tidak mengenai dua bilah pedang itu.
Diduga, bahwa dengan utjapan itu Jesus hendak mengachiri pembitjaraanNja kepada
murid-m...
Perkataan Jesus ini tentu tidak mengenai dua bilah pedang itu. Diduga, bahwa dengan utjapan itu Jesus hendak mengachiri pembitjaraanNja kepada murid-muridNja.
Ref. Silang FULL -> Luk 22:1; Luk 22:2; Luk 22:3; Luk 22:4; Luk 22:5; Luk 22:7; Luk 22:8; Luk 22:13; Luk 22:14; Luk 22:15; Luk 22:16; Luk 22:19; Luk 22:20; Luk 22:21; Luk 22:22; Luk 22:24; Luk 22:26; Luk 22:27; Luk 22:29; Luk 22:30; Luk 22:31; Luk 22:32; Luk 22:33; Luk 22:35; Luk 22:37; Luk 22:39; Luk 22:40; Luk 22:41; Luk 22:42; Luk 22:43; Luk 22:46; Luk 22:49; Luk 22:52; Luk 22:53; Luk 22:54; Luk 22:59
Ref. Silang FULL: Luk 22:3 - masuklah Iblis // bernama Iskariot · masuklah Iblis: Mat 4:10; Mat 4:10
· bernama Iskariot: Mat 10:4; Mat 10:4
Ref. Silang FULL: Luk 22:4 - kepala-kepala pengawal · kepala-kepala pengawal: Luk 22:52; Kis 4:1; 5:24
· kepala-kepala pengawal: Luk 22:52; Kis 4:1; 5:24
Ref. Silang FULL: Luk 22:7 - harus menyembelih · harus menyembelih: Kel 12:18-20; Ul 16:5-8; Mr 14:12; Mr 14:12
· harus menyembelih: Kel 12:18-20; Ul 16:5-8; Mr 14:12; [Lihat FULL. Mr 14:12]
· dan Yohanes: Kis 3:1,11; 4:13,19; 8:14
Ref. Silang FULL: Luk 22:14 - duduk makan // dengan rasul-rasul-Nya · duduk makan: Mat 26:20; Mr 14:17,18
· dengan rasul-rasul-Nya: Mr 6:30; Mr 6:30
· duduk makan: Mat 26:20; Mr 14:17,18
Ref. Silang FULL: Luk 22:19 - syukur, memecah-mecahkannya · syukur, memecah-mecahkannya: Mat 14:19; Mat 14:19
Ref. Silang FULL: Luk 22:20 - perjanjian baru · perjanjian baru: Kel 24:8; Yes 42:6; Yer 31:31-34; Za 9:11; 2Kor 3:6; Ibr 8:6; 9:15
· perjanjian baru: Kel 24:8; Yes 42:6; Yer 31:31-34; Za 9:11; 2Kor 3:6; Ibr 8:6; 9:15
· meja ini: Mazm 41:10
Ref. Silang FULL: Luk 22:22 - Anak Manusia // telah ditetapkan · Anak Manusia: Mat 8:20; Mat 8:20
· telah ditetapkan: Kis 2:23; 4:28
· Anak Manusia: Mat 8:20; [Lihat FULL. Mat 8:20]
· telah ditetapkan: Kis 2:23; 4:28
Ref. Silang FULL: Luk 22:26 - paling muda // sebagai pelayan · paling muda: 1Pet 5:5
· sebagai pelayan: Mr 9:35
Ref. Silang FULL: Luk 22:30 - dalam Kerajaan-Ku // suku Israel · dalam Kerajaan-Ku: Luk 14:15; Luk 14:15
· suku Israel: Mat 19:28; Mat 19:28
Ref. Silang FULL: Luk 22:31 - telah menuntut // seperti gandum · telah menuntut: Ayub 1:6-12
· seperti gandum: Am 9:9
· telah menuntut: Ayub 1:6-12
· seperti gandum: Am 9:9
Ref. Silang FULL: Luk 22:32 - untuk engkau // kuatkanlah saudara-saudaramu · untuk engkau: Yoh 17:9,15; Rom 8:34; Rom 8:34
· kuatkanlah saudara-saudaramu: Yoh 21:15-17
· untuk engkau: Yoh 17:9,15; Rom 8:34; [Lihat FULL. Rom 8:34]
· kuatkanlah saudara-saudaramu: Yoh 21:15-17
· dan kasut: Mat 10:9,10; Luk 9:3; 10:4
Ref. Silang FULL: Luk 22:37 - antara pemberontak-pemberontak · antara pemberontak-pemberontak: Yes 53:12
· antara pemberontak-pemberontak: Yes 53:12
Ref. Silang FULL: Luk 22:39 - sebagaimana biasa // Bukit Zaitun · sebagaimana biasa: Luk 21:37
· Bukit Zaitun: Mat 21:1; Mat 21:1
· dalam pencobaan: Mat 6:13
Ref. Silang FULL: Luk 22:42 - cawan ini // yang terjadi · cawan ini: Mat 20:22; Mat 20:22
· yang terjadi: Mat 26:39; Mat 26:39
· dalam pencobaan: Luk 22:40
Ref. Silang FULL: Luk 22:53 - Bait Allah // saat kamu // kegelapan itu · Bait Allah: Mat 26:55; Mat 26:55
· saat kamu: Yoh 12:27
· kegelapan itu: Mat 8:12; Yoh 1:5; 3:20
· Bait Allah: Mat 26:55; [Lihat FULL. Mat 26:55]
· saat kamu: Yoh 12:27
· kegelapan itu: Mat 8:12; Yoh 1:5; 3:20