kecilkan semua  

Teks -- Markus 8:1-38 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Yesus memberi makan empat ribu orang
8:1 Pada waktu itu ada pula orang banyak di situ yang besar jumlahnya, dan karena mereka tidak mempunyai makanan, Yesus memanggil murid-murid-Nya dan berkata: 8:2 "Hati-Ku tergerak oleh belas kasihan kepada orang banyak ini. Sudah tiga hari mereka mengikuti Aku dan mereka tidak mempunyai makanan. 8:3 Dan jika mereka Kusuruh pulang ke rumahnya dengan lapar, mereka akan rebah di jalan, sebab ada yang datang dari jauh." 8:4 Murid-murid-Nya menjawab: "Bagaimana di tempat yang sunyi ini orang dapat memberi mereka roti sampai kenyang?" 8:5 Yesus bertanya kepada mereka: "Berapa roti ada padamu?" Jawab mereka: "Tujuh." 8:6 Lalu Ia menyuruh orang banyak itu duduk di tanah. Sesudah itu Ia mengambil ketujuh roti itu, mengucap syukur, memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada murid-murid-Nya untuk dibagi-bagikan, dan mereka memberikannya kepada orang banyak. 8:7 Mereka juga mempunyai beberapa ikan, dan sesudah mengucap berkat atasnya, Ia menyuruh supaya ikan itu juga dibagi-bagikan. 8:8 Dan mereka makan sampai kenyang. Kemudian orang mengumpulkan potongan-potongan roti yang sisa, sebanyak tujuh bakul. 8:9 Mereka itu ada kira-kira empat ribu orang. Lalu Yesus menyuruh mereka pulang. 8:10 Ia segera naik ke perahu dengan murid-murid-Nya dan bertolak ke daerah Dalmanuta.
Orang Farisi meminta tanda
8:11 Lalu muncullah orang-orang Farisi dan bersoal jawab dengan Yesus. Untuk mencobai Dia mereka meminta dari pada-Nya suatu tanda dari sorga. 8:12 Maka mengeluhlah Ia dalam hati-Nya dan berkata: "Mengapa angkatan ini meminta tanda? Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kepada angkatan ini sekali-kali tidak akan diberi tanda." 8:13 Ia meninggalkan mereka; Ia naik pula ke perahu dan bertolak ke seberang.
Tentang ragi orang Farisi dan ragi Herodes
8:14 Kemudian ternyata murid-murid Yesus lupa membawa roti, hanya sebuah saja yang ada pada mereka dalam perahu. 8:15 Lalu Yesus memperingatkan mereka, kata-Nya: "Berjaga-jagalah dan awaslah terhadap ragi orang Farisi dan ragi Herodes." 8:16 Maka mereka berpikir-pikir dan seorang berkata kepada yang lain: "Itu dikatakan-Nya karena kita tidak mempunyai roti." 8:17 Dan ketika Yesus mengetahui apa yang mereka perbincangkan, Ia berkata: "Mengapa kamu memperbincangkan soal tidak ada roti? Belum jugakah kamu faham dan mengerti? Telah degilkah hatimu? 8:18 Kamu mempunyai mata, tidakkah kamu melihat dan kamu mempunyai telinga, tidakkah kamu mendengar? Tidakkah kamu ingat lagi, 8:19 pada waktu Aku memecah-mecahkan lima roti untuk lima ribu orang itu, berapa bakul penuh potongan-potongan roti kamu kumpulkan?" Jawab mereka: "Dua belas bakul." 8:20 "Dan pada waktu tujuh roti untuk empat ribu orang itu, berapa bakul penuh potongan-potongan roti kamu kumpulkan?" Jawab mereka: "Tujuh bakul." 8:21 Lalu kata-Nya kepada mereka: "Masihkah kamu belum mengerti?"
Yesus menyembuhkan seorang buta di Betsaida
8:22 Kemudian tibalah Yesus dan murid-murid-Nya di Betsaida. Di situ orang membawa kepada Yesus seorang buta dan mereka memohon kepada-Nya, supaya Ia menjamah dia. 8:23 Yesus memegang tangan orang buta itu dan membawa dia ke luar kampung. Lalu Ia meludahi mata orang itu dan meletakkan tangan-Nya atasnya, dan bertanya: "Sudahkah kaulihat sesuatu?" 8:24 Orang itu memandang ke depan, lalu berkata: "Aku melihat orang, sebab melihat mereka berjalan-jalan, tetapi tampaknya seperti pohon-pohon." 8:25 Yesus meletakkan lagi tangan-Nya pada mata orang itu, maka orang itu sungguh-sungguh melihat dan telah sembuh, sehingga ia dapat melihat segala sesuatu dengan jelas. 8:26 Sesudah itu Yesus menyuruh dia pulang ke rumahnya dan berkata: "Jangan masuk ke kampung!"
Pengakuan Petrus
8:27 Kemudian Yesus beserta murid-murid-Nya berangkat ke kampung-kampung di sekitar Kaisarea Filipi. Di tengah jalan Ia bertanya kepada murid-murid-Nya, kata-Nya: "Kata orang, siapakah Aku ini?" 8:28 Jawab mereka: "Ada yang mengatakan: Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan: Elia, ada pula yang mengatakan: seorang dari para nabi." 8:29 Ia bertanya kepada mereka: "Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?" Maka jawab Petrus: "Engkau adalah Mesias!" 8:30 Lalu Yesus melarang mereka dengan keras supaya jangan memberitahukan kepada siapapun tentang Dia.
Pemberitahuan pertama tentang penderitaan Yesus dan syarat-syarat mengikut Dia
8:31 Kemudian mulailah Yesus mengajarkan kepada mereka, bahwa Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan bangkit sesudah tiga hari. 8:32 Hal ini dikatakan-Nya dengan terus terang. Tetapi Petrus menarik Yesus ke samping dan menegor Dia. 8:33 Maka berpalinglah Yesus dan sambil memandang murid-murid-Nya Ia memarahi Petrus, kata-Nya: "Enyahlah Iblis, sebab engkau bukan memikirkan apa yang dipikirkan Allah, melainkan apa yang dipikirkan manusia." 8:34 Lalu Yesus memanggil orang banyak dan murid-murid-Nya dan berkata kepada mereka: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku. 8:35 Karena siapa yang mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku dan karena Injil, ia akan menyelamatkannya. 8:36 Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia, tetapi ia kehilangan nyawanya. 8:37 Karena apakah yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya? 8:38 Sebab barangsiapa malu karena Aku dan karena perkataan-Ku di tengah-tengah angkatan yang tidak setia dan berdosa ini, Anak Manusiapun akan malu karena orang itu apabila Ia datang kelak dalam kemuliaan Bapa-Nya, diiringi malaikat-malaikat kudus."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Betsaida a town located on the northeast side of the Sea of Galilee
 · Dalmanuta a region / district / town on the west coast of the Sea of Galilee
 · Elia a prophet from the 9th century B.C.,a prophet from Tishbe in Gilead to Israel in King Ahab's time,son of Jeroham of Benjamin,a priest of the Harim clan who put away his heathen wife,a layman of the Bani Elam clan who put away his heathen wife
 · Farisi a religious group or sect of the Jews
 · Filipi a town 40 km north of the Sea of Galilee, frequently called Caesarea Philippi,a town in Macedonia 350 km north of Athens
 · Herodes son of Antipater; king over Judea when Christ was born,a son of Herod the Great,a grandson of Herod the Great and son of Aristobulus and Berenice
 · Iblis a person, male (evil angelic),an angel that has rebelled against God
 · Kaisarea a town on the Mediterranean 40 kilometers south of Mt. Carmel and 120 kilometers NW of Jerusalem.
 · Kaisarea Filipi a town on the Mediterranean 40 kilometers south of Mt. Carmel and 120 kilometers NW of Jerusalem.
 · Petrus a man who was a leader among the twelve apostles and wrote the two epistles of Peter
 · Yohanes a son of Zebedee; younger brother of James; the beloved disciple of Christ,a relative of Annas the high priest,a son of Mary the sister of Barnabas, and surnamed Mark,the father of Simon Peter


Topik/Tema Kamus: Yesus Kristus | Yesus | Perbuatan Ajaib Yesus | Markus, Injil | Petrus | Mujizat Kristus | Kaisarea | Herodes | Anak Manusia | Injil | Tegur, Teguran | Gelar Dan Nama Yang Diberikan; Kepada Orang Fasik | Galilea | Sangkal, Penyangkalan Terhadap Kristus | Jamu, Perjamuan | Orang Yahudi | Malaikat | Makan, Makanan Orang Yahudi | Datang, Kedatangan Kristus | Salib | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Mrk 8:2 - HATI-KU TERGERAK OLEH BELAS KASIHAN. Nas : Mr 8:2 Yesus tergerak oleh belas kasihan melihat keperluan dan penderitaan umat manusia (lih. Mr 1:41). Kini Yesus masih tergerak oleh belas ...

Nas : Mr 8:2

Yesus tergerak oleh belas kasihan melihat keperluan dan penderitaan umat manusia (lih. Mr 1:41). Kini Yesus masih tergerak oleh belas kasihan dengan penderitaan anak-anak Tuhan. Hal ini meyakinkan kita bahwa di dalam kesukaran, kita dapat menghampiri-Nya untuk memperoleh kasih karunia, kemurahan, dan pertolongan (Mat 6:31-32; Ibr 4:14-16; 7:25).

Full Life: Mrk 8:15 - RAGI. Nas : Mr 8:15 Dalam PB "ragi" biasanya melambangkan kejahatan atau pencemaran (lih. Mr 13:33; 16:6,11; Luk 12:1; 1Kor 5:6-8; Gal 5:9; li...

Nas : Mr 8:15

Dalam PB "ragi" biasanya melambangkan kejahatan atau pencemaran (lih. Mr 13:33; 16:6,11; Luk 12:1; 1Kor 5:6-8; Gal 5:9;

lihat cat. --> Kel 13:7).

[atau ref. Kel 13:7]

Ragi yang sedikit akan mengkhamirkan dan mempengaruhi keseluruhannya.

  1. 1) Ragi orang Farisi menunjuk kepada tradisi keagamaan mereka bilamana mereka mengesampingkan perintah Allah yang benar dan bagian-bagian dari firman dan kehendak-Nya dijadikan tak berlaku lagi

    (lihat cat. --> Mr 7:6;

    lihat cat. --> Mr 7:8).

    [atau ref. Mr 7:5-8]

  2. 2) Ragi Herodes adalah sama dengan ragi orang Saduki; istilah ini menunjuk kepada jiwa sekularisme dan keduniawian

    (lihat cat. --> Mat 3:7).

    [atau ref. Mat 3:7]

    Para pengikut Kristus harus senantiasa berjaga-jaga agar tidak menerima pandangan mereka yang memberitakan gagasan manusiawi, tradisi yang tidak alkitabiah atau Injil yang sekular dan humanistik. Menerima "ragi Herodes" akan menyebabkan gereja berbalik melawan Kristus dan Firman-Nya.

Full Life: Mrk 8:25 - ORANG ITU ... MELIHAT. Nas : Mr 8:25 Penyembuhan di Betsaida adalah kejadian satu-satunya ketika Yesus menyembuhkan secara berangsur-angsur. Peristiwa ini menunjukkan bah...

Nas : Mr 8:25

Penyembuhan di Betsaida adalah kejadian satu-satunya ketika Yesus menyembuhkan secara berangsur-angsur. Peristiwa ini menunjukkan bahwa tidak semua penyembuhan harus terjadi dalam seketika karena dalam kasus tertentu kemenangan kuasa ilahi atas penyakit akan terjadi secara bertahap.

Full Life: Mrk 8:34 - MEMIKUL SALIBNYA. Nas : Mr 8:34 Salib Kristus merupakan lambang penderitaan (1Pet 2:21; 4:13), kematian (Kis 10:39), kehinaan (Ibr 12:2), cemoohan (Mat 27:39), penol...

Nas : Mr 8:34

Salib Kristus merupakan lambang penderitaan (1Pet 2:21; 4:13), kematian (Kis 10:39), kehinaan (Ibr 12:2), cemoohan (Mat 27:39), penolakan (1Pet 2:4) serta penyangkalan diri (Mat 16:24). Apabila kita sebagai orang percaya mengangkat salib kita dan mengikut Yesus, maka kita menyangkal diri (Luk 14:26-27) dan mengabdikan diri kepada empat macam pergumulan dan penderitaan:

  1. 1) Kita menderita dalam perjuangan seumur hidup melawan dosa (Rom 6:1-23; 1Pet 4:1-2) dengan menyalibkan semua keinginan yang berdosa (Rom 6:1-23; 8:13; Gal 2:20; 6:14; Tit 2:12; 1Pet 2:11,22-24).
  2. 2) Kita menderita dalam peperangan terhadap Iblis dan kuasa-kuasa kegelapan sewaktu kita memajukan Kerajaan Allah (2Kor 10:4-5; 6:7; Ef 6:12; 1Tim 6:12). Kita mengalami baik perseteruan dari Iblis dengan pasukan setannya (2Kor 6:3-7; 11:23-29; 1Pet 5:8-10) maupun penganiayaan yang datang dari perlawanan kita terhadap para guru palsu yang memutarbalikkan Injil yang benar (Mat 23:1-36; Gal 1:9; Fili 1:15-17).
  3. 3) Kita menanggung kebencian dan ejekan dari dunia (Yoh 15:18-25; Ibr 11:25-26) ketika bersaksi dengan kasih bahwa perbuatannya itu jahat (Yoh 7:7), dengan memisahkan diri kita dari dunia secara moral dan rohani

    (lihat art. PEMISAHAN ROHANI ORANG PERCAYA),

    dan dengan menolak semua norma dan falsafahnya (1Kor 1:21-27).
  4. 4) Seperti Yesus, mungkin kita juga akan menerima ejekan dan penganiayaan dari dunia agama (ayat Mr 8:31;

    lihat cat. --> Mr 8:15).

    [atau ref. Mr 8:15]

Full Life: Mrk 8:38 - MALU KARENA AKU DAN KARENA PERKATAAN-KU. Nas : Mr 8:38 Yesus memandang dunia dan masyarakat di sekitar kita itu sebagai "angkatan yang tidak setia dan berdosa". Semua orang yang berusaha u...

Nas : Mr 8:38

Yesus memandang dunia dan masyarakat di sekitar kita itu sebagai "angkatan yang tidak setia dan berdosa". Semua orang yang berusaha untuk disenangi atau diterima oleh generasi sekarang yang jahat daripada mengikut Kristus dan prinsip-prinsip-Nya yang benar akan ditolak oleh-Nya ketika Ia datang kembali (bd. Mat 7:23; 25:41-46; Luk 9:26;

lihat cat. --> Luk 13:27).

[atau ref. Luk 13:27]

Jerusalem: Mrk 8:10 - Dalmanuta Nama tempat ini tidak dikenal, sama seperti Magadan (var: Magdala) dalam Mat 15:39. Barangkali Dalmanuta hanya transkripsi sebuah ungkapan Aram yang k...

Nama tempat ini tidak dikenal, sama seperti Magadan (var: Magdala) dalam Mat 15:39. Barangkali Dalmanuta hanya transkripsi sebuah ungkapan Aram yang kurang dimengerti.

Jerusalem: Mrk 8:12 - tidak akan diberi tanda Menurut Markus Yesus menolak tanda apapun sedangkan menurut Matius dan Lukas akan diberi "tanda Yunus". Banyak penafsir berpendapat bahwa teks Markus ...

Menurut Markus Yesus menolak tanda apapun sedangkan menurut Matius dan Lukas akan diberi "tanda Yunus". Banyak penafsir berpendapat bahwa teks Markus lebih tua dari pada teks Matius dan Lukas. Tetapi boleh jadi Markus menghilangkan "tanda Yunus" oleh karena agaknya tidak dapat dimengerti oleh pembacanya yang tidak tahu akan Kitab Suci. Kalau demikian Yesus benar-benar menjanjikan "tanda Yunus" untuk menubuatkan kemenangan kelak, yaitu pembebasanNya dari maut, seperti dijelaskan Matius, bdk Mat 12:39.

Jerusalem: Mrk 8:21 - kamu belum mengerti? Ini sebuah ajakan supaya murid-murid jangan prihatin tentang keperluan materiilnya, tetapi memikirkan tugas kekal Yesus sebagaimana diterangkan melalu...

Ini sebuah ajakan supaya murid-murid jangan prihatin tentang keperluan materiilnya, tetapi memikirkan tugas kekal Yesus sebagaimana diterangkan melalui mujizat-mujizatNya.

Jerusalem: Mrk 8:24 - memandang ke depan Terjemahan lain: mulai melihat.

Terjemahan lain: mulai melihat.

Ende: Mrk 8:10 - Dalmanuta Menurut Mat 15:39: Magedan. Barangkali sama dengan "Magdala", kota-asal Maria Magdalena disebelah barat tasik Genesaret.

Menurut Mat 15:39: Magedan. Barangkali sama dengan "Magdala", kota-asal Maria Magdalena disebelah barat tasik Genesaret.

Ende: Mrk 8:11 - Tanda dari langit Lih. Mat 16:3 dengan tjatatan disitu.

Lih. Mat 16:3 dengan tjatatan disitu.

Ende: Mrk 8:15 - Ragi disini berarti pengaruh buruk.

disini berarti pengaruh buruk.

Ende: Mrk 8:27-30 - -- Inilah puntjak bagian pertama "Indjil" Mk. dan titik bertolak untuk bagian kedua, dalam visi (pandangan) Markus atas seluruh Indjil. Batjalah kata pen...

Inilah puntjak bagian pertama "Indjil" Mk. dan titik bertolak untuk bagian kedua, dalam visi (pandangan) Markus atas seluruh Indjil. Batjalah kata pengantar pada karangan Indjil ini. Bdl. Disini Mat 16:13-20.

Ende: Mrk 8:33 - -- Bdl. Mat 16:23 dan batja tjatatan disitu.

Bdl. Mat 16:23 dan batja tjatatan disitu.

Ref. Silang FULL: Mrk 8:2 - banyak ini · banyak ini: Mat 9:36; Mat 9:36

· banyak ini: Mat 9:36; [Lihat FULL. Mat 9:36]

Ref. Silang FULL: Mrk 8:7 - juga dibagi-bagikan · juga dibagi-bagikan: Mat 14:19

· juga dibagi-bagikan: Mat 14:19

Ref. Silang FULL: Mrk 8:8 - yang sisa · yang sisa: Mr 8:20

· yang sisa: Mr 8:20

Ref. Silang FULL: Mrk 8:11 - dari sorga · dari sorga: Mat 12:38; Mat 12:38

· dari sorga: Mat 12:38; [Lihat FULL. Mat 12:38]

Ref. Silang FULL: Mrk 8:12 - Maka mengeluhlah · Maka mengeluhlah: Mr 7:34

· Maka mengeluhlah: Mr 7:34

Ref. Silang FULL: Mrk 8:15 - terhadap ragi // orang Farisi // ragi Herodes · terhadap ragi: 1Kor 5:6-8 · orang Farisi: Luk 12:1 · ragi Herodes: Mat 14:1; Mat 14:1; Mr 12:13

· terhadap ragi: 1Kor 5:6-8

· orang Farisi: Luk 12:1

· ragi Herodes: Mat 14:1; [Lihat FULL. Mat 14:1]; Mr 12:13

Ref. Silang FULL: Mrk 8:17 - Telah degilkah · Telah degilkah: Yes 6:9,10; Mr 6:52

· Telah degilkah: Yes 6:9,10; Mr 6:52

Ref. Silang FULL: Mrk 8:19 - belas bakul · belas bakul: Mat 14:20; Mr 6:41-44; Luk 9:17; Yoh 6:13

· belas bakul: Mat 14:20; Mr 6:41-44; Luk 9:17; Yoh 6:13

Ref. Silang FULL: Mrk 8:20 - Tujuh bakul · Tujuh bakul: Mr 8:6-9; Mat 15:37

· Tujuh bakul: Mr 8:6-9; Mat 15:37

Ref. Silang FULL: Mrk 8:21 - belum mengerti · belum mengerti: Mr 6:52

· belum mengerti: Mr 6:52

Ref. Silang FULL: Mrk 8:22 - di Betsaida // seorang buta · di Betsaida: Mat 11:21; Mat 11:21 · seorang buta: Mr 10:46; Yoh 9:1

· di Betsaida: Mat 11:21; [Lihat FULL. Mat 11:21]

· seorang buta: Mr 10:46; Yoh 9:1

Ref. Silang FULL: Mrk 8:23 - Ia meludahi // meletakkan tangan-Nya · Ia meludahi: Mr 7:33 · meletakkan tangan-Nya: Mr 5:23; Mr 5:23

· Ia meludahi: Mr 7:33

· meletakkan tangan-Nya: Mr 5:23; [Lihat FULL. Mr 5:23]

Ref. Silang FULL: Mrk 8:28 - Yohanes Pembaptis // mengatakan: Elia · Yohanes Pembaptis: Mat 3:1; Mat 3:1 · mengatakan: Elia: Mal 4:5

· Yohanes Pembaptis: Mat 3:1; [Lihat FULL. Mat 3:1]

· mengatakan: Elia: Mal 4:5

Ref. Silang FULL: Mrk 8:29 - adalah Mesias · adalah Mesias: Yoh 6:69; 11:27

· adalah Mesias: Yoh 6:69; 11:27

Ref. Silang FULL: Mrk 8:30 - tentang Dia · tentang Dia: Mat 8:4; Mat 8:4; Mat 16:20; 17:9; Mr 9:9; Luk 9:21

· tentang Dia: Mat 8:4; [Lihat FULL. Mat 8:4]; Mat 16:20; 17:9; Mr 9:9; Luk 9:21

Ref. Silang FULL: Mrk 8:31 - Anak Manusia // banyak penderitaan // ahli-ahli Taurat // lalu dibunuh // dan bangkit // tiga hari · Anak Manusia: Mat 8:20; Mat 8:20 · banyak penderitaan: Mat 16:21; Mat 16:21 · ahli-ahli Taurat: Mat 27:1,2 · lalu dibunu...

· Anak Manusia: Mat 8:20; [Lihat FULL. Mat 8:20]

· banyak penderitaan: Mat 16:21; [Lihat FULL. Mat 16:21]

· ahli-ahli Taurat: Mat 27:1,2

· lalu dibunuh: Kis 2:23; 3:13

· dan bangkit: Mat 16:21; [Lihat FULL. Mat 16:21]

· tiga hari: Mat 16:21; [Lihat FULL. Mat 16:21]

Ref. Silang FULL: Mrk 8:32 - terus terang · terus terang: Yoh 18:20

· terus terang: Yoh 18:20

Ref. Silang FULL: Mrk 8:33 - Enyahlah Iblis · Enyahlah Iblis: Mat 4:10; Mat 4:10

· Enyahlah Iblis: Mat 4:10; [Lihat FULL. Mat 4:10]

Ref. Silang FULL: Mrk 8:34 - mengikut Aku · mengikut Aku: Mat 10:38; Luk 14:27

· mengikut Aku: Mat 10:38; Luk 14:27

Ref. Silang FULL: Mrk 8:35 - akan menyelamatkannya · akan menyelamatkannya: Yoh 12:25; Yoh 12:25

· akan menyelamatkannya: Yoh 12:25; [Lihat FULL. Yoh 12:25]

Ref. Silang FULL: Mrk 8:38 - Anak Manusiapun // orang itu // datang kelak · Anak Manusiapun: Mat 8:20; Mat 8:20 · orang itu: Mat 10:33; Luk 12:9 · datang kelak: 1Tes 2:19; 1Tes 2:19

· Anak Manusiapun: Mat 8:20; [Lihat FULL. Mat 8:20]

· orang itu: Mat 10:33; Luk 12:9

· datang kelak: 1Tes 2:19; [Lihat FULL. 1Tes 2:19]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Mrk 6:31--9:50 - -- IV. Penyingkiran-Penyingkiran Kristus dari Galilea (6:31-9:50) Tuhan sudah menyebarkan amanatnya dengan sungguh-sungguh di Galilea sehingga dalam sel...

IV. Penyingkiran-Penyingkiran Kristus dari Galilea (6:31-9:50)

Tuhan sudah menyebarkan amanatnya dengan sungguh-sungguh di Galilea sehingga dalam seluruh perjalanan hidup mereka orang Galilea sadar akan pelayanan-Nya. Di antara banyak rakyat biasa, popularitas-Nya demikian tinggi sehingga mereka siap untuk mengangkat Dia sebagai raja mereka dengan paksa. Kejengkelan para pemimpin agama yahudi sudah hampir mencapai puncaknya. Dan Herodes sekarang menjadi gusar terhadap popularitas Kristus. Situasi menjadi semakin menjurus kepada krisis yang terlalu dini, sedangkan pelayanan Kristus belum selesai. Akibatnya Yesus menyingkir empat kali dari Galilea, satu ke pantai timur Danau itu (6:31-56), satu lagi ke wilayah Tirus dan Sidon (7:24-30), satu ke Dekapolis (7:31-8:9), dan terakhir ke Kaisarea Filipi (8:10-9:50). Sepanjang waktu ini Kristus sibuk mendidik kedua belas murid-Nya sebagai persiapan untuk menghadapi saat kematian-Nya.

Wycliffe: Mrk 7:31--8:9 - -- D. Menyingkir ke Dekapolis (7:31-8:9). Sepulangnya dari daerah Tirus dan Sidon Kristus tidak kembali ke Galilea: Dia malah menyusuri pantai timur Dan...

D. Menyingkir ke Dekapolis (7:31-8:9).

Sepulangnya dari daerah Tirus dan Sidon Kristus tidak kembali ke Galilea: Dia malah menyusuri pantai timur Danau Galilea yang membawa-Nya ke Dekapolis. Di sana Yesus menyembuhkan orang tuli yang sukar berbicara (7:31-37). dan memberi makan 4000 orang.

Wycliffe: Mrk 8:1 - Pada waktu itu 8:1. Pemberian makan kepada empat ribu orang tidak disertai rincian tempatnya selain pernyataan secara umum bahwa peristiwa ini terjadi di sebuah temp...

8:1. Pemberian makan kepada empat ribu orang tidak disertai rincian tempatnya selain pernyataan secara umum bahwa peristiwa ini terjadi di sebuah tempat yang sunyi (ay. 4). Pada waktu itu. Naskah Yunani menambahkan kata "kembali," mungkin mengacu kepada pemberian makan lima ribu orang yang baru saja terjadi.

Wycliffe: Mrk 8:2 - betas kasihan 2. Yesus tergerak oleh betas kasihan terhadap orang-orang ini sebagaimana halnya pada peristiwa pemberian makan lima ribu orang sebelumnya (6:34), tet...

2. Yesus tergerak oleh betas kasihan terhadap orang-orang ini sebagaimana halnya pada peristiwa pemberian makan lima ribu orang sebelumnya (6:34), tetapi di sini keprihatinan-Nya lebih ditimbulkan oleh kebutuhan jasmaniah mereka daripada keadaan rohani mereka.

Wycliffe: Mrk 8:6 - mengambil, mengucap syukur, // memecah-mecahkan // memberikan 6. Di sini, sebagaimana halnya dalam pemberian makan lima ribu orang, kata-kata mengambil, mengucap syukur, dan memecah-mecahkan semuanya ditulis dala...

6. Di sini, sebagaimana halnya dalam pemberian makan lima ribu orang, kata-kata mengambil, mengucap syukur, dan memecah-mecahkan semuanya ditulis dalam bentuk waktu aoris Yunani, sedangkan kata memberikan adalah dalam bentuk waktu imperfect, yang menunjukkan bahwa Kristus terus memberi roti kepada para murid-Nya untuk dibagi-bagikan (bdg. 6:41).

Wycliffe: Mrk 8:8 - makan sampai kenyang // sisa yang melimpah. Bakul 8. Kecukupan dari mukjizat ini tampak dalam pernyataan-pernyataan bahwa mereka makan sampai kenyang dan bahwa terdapat sisa yang melimpah. Bakul di si...

8. Kecukupan dari mukjizat ini tampak dalam pernyataan-pernyataan bahwa mereka makan sampai kenyang dan bahwa terdapat sisa yang melimpah. Bakul di sini merupakan jenis yang berbeda daripada yang dipergunakan untuk menyimpan sisa dari makanan yang dibagikan kepada lima ribu orang. Hal ini ditunjukkan oleh pembedaan yang dibuat di antara dua jenis bakul di dalam 8:19, 20 (naskah Yunani). Jenis bakul yang dipergunakan kali ini cukup besar. Jenis inilah yang dipakai untuk menurunkan Saul dari atas tembok Damsyik (Kis. 9:25). Jadi ketujuh bakul dari 8:8 mungkin berisi lebih banyak daripada dua belas bakul dari 6:43.

Wycliffe: Mrk 8:10--9:50 - -- E. Menyingkir ke Kaisarea Filipi (8:10-9:50). Penyingkiran yang keempat dan yang terakhir dari Galilea mengarah ke utara ke wilayah Kaisarea Filipi. ...

E. Menyingkir ke Kaisarea Filipi (8:10-9:50).

Penyingkiran yang keempat dan yang terakhir dari Galilea mengarah ke utara ke wilayah Kaisarea Filipi. Datang dari Dekapolis, Yesus menyeberang ke pantai barat Danau Galilea di mana orang-orang Farisi menemui Dia dengan meminta tanda (8:10-12). Dia kemudian berlayar naik perahu ke arah timur laut ke Betsaida Yulias (8:13-21) di mana Dia menyembuhkan seorang buta (8:22-26). Dari sana perjalanan melalui darat mengantar-Nya ke daerah sekitar Kaisarea Filipi. Di sini kegiatan utama Kristus adalah kembali mengajar murid-murid-Nya mengenai pokok-pokok seperti diri-Nya, kematian-Nya dan kebangkitan-Nya, pemuridan mereka dan kedatangan-Nya dalam kemuliaan sebagaimana dilukiskan lebih dahulu di dalam peristiwa Pemuliaan-Nya di atas gunung (8:27-9:13). Di sini Dia juga menyembuhkan seorang lain yang kerasukan setan (9:14-29). Setelah itu Kristus kembali ke Galilea sambil terus mengajar Dua Belas Murid (9:30-50).

Wycliffe: Mrk 8:10 - Dalmanuta 10. Pada saat ini para sarjana tidak dapat menunjukkan letak Dalmanuta dengan pasti. Konteksnya seperti menunjuk pada sebuah tempat di seberang danau ...

10. Pada saat ini para sarjana tidak dapat menunjukkan letak Dalmanuta dengan pasti. Konteksnya seperti menunjuk pada sebuah tempat di seberang danau dari Betsaida, mungkin di pantai barat (bdg. ay. 13, 22). Matius menyebutnya Magadan (Mat. 15:39; naskah Yunani), sebuah tempat yang juga tidak diketahui dewasa ini.

Wycliffe: Mrk 8:11 - Orang-orang Farisi // Mencobai Dia 11. Orang-orang Farisi meminta suatu tanda sensasional dari Allah yang akan membuktikan bahwa Yesus adalah Mesias. Mencobai Dia. Kata Yunani peirazo b...

11. Orang-orang Farisi meminta suatu tanda sensasional dari Allah yang akan membuktikan bahwa Yesus adalah Mesias. Mencobai Dia. Kata Yunani peirazo berarti "menguji." Bukannya berusaha menggoda Yesus untuk berbuat dosa, mereka malah menguji Dia sesuai dengan pikiran mereka yang tidak percaya.

Wycliffe: Mrk 8:12 - mengeluh ... dalam hati-Nya 12. Tetap menolak untuk percaya membawa Kristus mengeluh ... dalam hati-Nya. Istilah yang dipakai dalam bentuk yang diperkeras ini mungkin berarti bah...

12. Tetap menolak untuk percaya membawa Kristus mengeluh ... dalam hati-Nya. Istilah yang dipakai dalam bentuk yang diperkeras ini mungkin berarti bahwa Dia benar-benar merintih ketika perasaan kelelahan dan kesedihan menyusup ke lubuk hati-Nya. Pertanyaan Kristus lebih tepat diterjemahkan, Mengapa angkatan ini terus-menerus meminta tanda? (bdg. Yoh, 2:18; Mat. 12:38). Matius menambahkan sebuah perkecualian pada pernyataan Kristus bahwa suatu tanda tidak akan diberikan (Mat. 16:4). Tanda Yunus ini dijelaskan dalam Matius 12:39, 40 sebagai menunjuk kepada kebangkitan Kristus, mukjizat yang paling penting.

Wycliffe: Mrk 8:15 - memperingatkan mereka // Berjaga-jagalah dan awaslah) // ragi orang Farisi // Ragi Herodes 15. Yesus berkali-kali memperingatkan mereka (bentuk waktu imperfect Yunani), dengan menunjukkan betapa perlunya mereka senantiasa waspada (bentuk wak...

15. Yesus berkali-kali memperingatkan mereka (bentuk waktu imperfect Yunani), dengan menunjukkan betapa perlunya mereka senantiasa waspada (bentuk waktu sekarang Yunani. Berjaga-jagalah dan awaslah). Di sini ragi dipergunakan untuk melambangkan suatu pengaruh yang menyusup secara berbahaya. Lukas 12:1 menjelaskan bahwa ragi orang Farisi ialah kemunafikan. Ragi Herodes mungkin adalah pengaruh kaum pendukung Herodes, suatu pengaruh roh duniawi, suatu aliran sekular yang menular.

Wycliffe: Mrk 8:19-20 - lima ribu orang // empat ribu orang 19, 20. Para murid begitu cepat melupakan pelajaran-pelajaran yang terdapat di dalam peristiwa pemberian makan kepada lima ribu orang dan empat ribu o...

19, 20. Para murid begitu cepat melupakan pelajaran-pelajaran yang terdapat di dalam peristiwa pemberian makan kepada lima ribu orang dan empat ribu orang. Anak Allah tidak perlu mengkhawatirkan makanan untuk tiga belas orang dalam suatu perjalanan yang singkat menyeberang danau. Dia baru saja menunjukkan kuasa-Nya menyediakan makanan bagi sembilan ribu orang lebih.

Wycliffe: Mrk 8:22 - orang buta // Betsaida 22. Penyembuhan orang buta terjadi ketika Yesus melewati Betsaida Yulias di dalam perjalanan-Nya menuju Kaisarea Filipi.

22. Penyembuhan orang buta terjadi ketika Yesus melewati Betsaida Yulias di dalam perjalanan-Nya menuju Kaisarea Filipi.

Wycliffe: Mrk 8:23 - membawa dia ke luar kampung, 23. Yesus membawa dia ke luar kampung, mungkin untuk menghindari pemberitaan yang berlebihan (bdg. ay. 26). Seperti halnya dalam peristiwa penyembuhan...

23. Yesus membawa dia ke luar kampung, mungkin untuk menghindari pemberitaan yang berlebihan (bdg. ay. 26). Seperti halnya dalam peristiwa penyembuhan orang yang tuli (7:33), di sini ludah dipakai, bukan sebagai sarana penyembuhan, tetapi sebagai alat bantu untuk menumbuhkan iman orang buta itu.

Wycliffe: Mrk 8:24 - melihat mereka berjalan-jalan, tetapi tampaknya seperti pohon-pohon 24. Penyembuhan ini unik karena terdiri atas dua tahap. Setelah tahap pertama, orang tersebut secara kabur melihat orang lain sebagai benda-benda yang...

24. Penyembuhan ini unik karena terdiri atas dua tahap. Setelah tahap pertama, orang tersebut secara kabur melihat orang lain sebagai benda-benda yang bergerak, melihat mereka berjalan-jalan, tetapi tampaknya seperti pohon-pohon.

Wycliffe: Mrk 8:25 - segala sesuatu dengan jelas 25. Penyembuhan tahap kedua didahului dengan menyentuh mata. Naskah Yunani mengatakan bahwa orang itu melihat dengan sungguh-sungguh. Dan pada saat di...

25. Penyembuhan tahap kedua didahului dengan menyentuh mata. Naskah Yunani mengatakan bahwa orang itu melihat dengan sungguh-sungguh. Dan pada saat dia berbuat demikian, dia mulai melihat segala sesuatu dengan jelas.

Wycliffe: Mrk 8:26 - menyuruh dia pulang // masuk ke kampung 26. Kembali dalam rangka menghindari akibat dari publisitas yang tidak pada tempatnya, Kristus menyuruh dia pulang. Bahwa Kristus melarang orang itu m...

26. Kembali dalam rangka menghindari akibat dari publisitas yang tidak pada tempatnya, Kristus menyuruh dia pulang. Bahwa Kristus melarang orang itu masuk ke kampung menunjukkan bahwa orang itu tidak tinggal di sana, mungkin di salah satu desa di sekitar situ.

Wycliffe: Mrk 8:27 - kampung-kampung di sekitar Kaisarea Filipi 27. Bergerak ke utara dari Betsaida, Kristus memasuki kampung-kampung di sekitar Kaisarea Filipi. Matius (16:13) mengatakan bahwa Dia memasuki bagian-...

27. Bergerak ke utara dari Betsaida, Kristus memasuki kampung-kampung di sekitar Kaisarea Filipi. Matius (16:13) mengatakan bahwa Dia memasuki bagian-bagian (Yunani) atau daerah Kaisarea. Markus menunjuk pada kampung-kampung yang terletak di sekitar kota yang lebih besar. Kota Kaisarea ini, yang terletak di bagian barat laut wilayah kekuasaan Filipus, disebut Filipi untuk membedakannya dari Kaisarea di pantai Mediterania.

Wycliffe: Mrk 8:29 - Tetapi apa katamu // Petrus // Mesias 29. Tetapi apa katamu. Inilah yang menjadi sasaran Kristus. Yang ditekankan adalah kata "kamu." "Tetapi kamu (dibandingkan dengan orang lain), menurut...

29. Tetapi apa katamu. Inilah yang menjadi sasaran Kristus. Yang ditekankan adalah kata "kamu." "Tetapi kamu (dibandingkan dengan orang lain), menurut kamu siapakah Aku ini?" Petrus bertindak selaku juru bicara bagi para murid. Pengakuannya bahwa Yesus adalah Mesias dilaporkan secara lebih lengkap dalam Matius 16:16, yang menambahkan kata-kata, "Anak Allah yang hidup." Yesus adalah Mesias yang dijanjikan dan juga Anak tunggal Allah.

Wycliffe: Mrk 8:30 - -- 30. Di sini Kristus kembali memerintahkan agar mereka tidak memberitahukan siapa pun mengenai diri-Nya, mungkin karena ada beberapa pengertian revolus...

30. Di sini Kristus kembali memerintahkan agar mereka tidak memberitahukan siapa pun mengenai diri-Nya, mungkin karena ada beberapa pengertian revolusioner yang terkait dalam konsep Mesias. Pada saat itu Kristus tidak siap untuk mendirikan kerajaan Mesias di dunia.

Wycliffe: Mrk 8:31 - penderitaan, dibunuh // bangkit // Anak Manusia // harus menanggung banyak penderitaan 31. Pada kedatangan-Nya yang pertama, Kristus justru harus menanggung penderitaan, dibunuh dan bangkit. Perhatian khusus harus diberikan kepada perbed...

31. Pada kedatangan-Nya yang pertama, Kristus justru harus menanggung penderitaan, dibunuh dan bangkit. Perhatian khusus harus diberikan kepada perbedaan yang tajam di antara pengakuan Petrus yang cemerlang dengan pernyataan langsung dari Kristus tentang penderitaan dan kematian. Perhatikan bahwa Dia yang akan mati itu disebut dengan gelar Mesias, yaitu Anak Manusia. Salib merupakan aspek yang diperlukan dalam karya Mesias. Dia harus menanggung banyak penderitaan.

Wycliffe: Mrk 8:32 - Hal ini dikatakan-Nya dengan teras terang // dengan terus terang // Petrus menarik Yesus ke samping 32. Hal ini dikatakan-Nya dengan teras terang. Bentuk waktu imperfect Yunani dipakai untuk menunjukkan bahwa Yesus mulai dan terus berbicara tentang k...

32. Hal ini dikatakan-Nya dengan teras terang. Bentuk waktu imperfect Yunani dipakai untuk menunjukkan bahwa Yesus mulai dan terus berbicara tentang kematian-Nya. Dia tidak lagi mengacu kepada peristiwa tersebut secara terselubung (bdg. Yoh. 2:19), tetapi sejak saat ini Dia mengajar murid-murid-Nya dengan terus terang dan jelas tentang kenyataan tersebut. Hal ini merupakan tahap berikutnya di dalam pendidikan mereka. Petrus menarik Yesus ke samping dan menegur Yesus karena berbicara begitu. Di dalam pikiran Petrus kematian yang demikian mengerikan tidak cocok dengan martabat Mesias.

Wycliffe: Mrk 8:33 - Memikirkan 33. Usaha Petrus agar Tuhan tidak pergi ke salib sama dengan pencobaan di padang gurun. Dalam hal ini Iblis dengan sangat licik memakai salah satu mur...

33. Usaha Petrus agar Tuhan tidak pergi ke salib sama dengan pencobaan di padang gurun. Dalam hal ini Iblis dengan sangat licik memakai salah satu murid terdekat Kristus (bdg. Luk. 4:13). Perhatikan teguran yang sama di dalam Matius 4:10. Memikirkan. Kata kerja Yunaninya berkaitan dengan sikap berpikir, arah pemikiran. Pikiran Petrus bertentangan dengan maksud-maksud Allah.

Wycliffe: Mrk 8:34 - Setiap orang yang mau mengikut // Salib 34. Pengajaran yang tercatat dalam 8:34-38 merupakan perkembangan wajar dari kenyataan tentang penderitaan Kristus. Setiap orang yang mau mengikut Kri...

34. Pengajaran yang tercatat dalam 8:34-38 merupakan perkembangan wajar dari kenyataan tentang penderitaan Kristus. Setiap orang yang mau mengikut Kristus harus melintasi jalan yang telah dilalui-Nya, yaitu jalan penyangkalan diri dan memikul salib. Salib adalah lambang penderitaan, dan penyangkalan diri melambangkan kesediaan untuk menderita bagi orang lain. Kristus adalah teladannya; para murid harus terus mengikuti Dia (bentuk perintah untuk sekarang, Yunani).

Wycliffe: Mrk 8:35 - menyelamatkan nyawanya, // kehilangan nyawanya // mati adalah keuntungan 35. Paradoks dari ayat-ayat ini dengan memahami bahwa Tuhan memakai istilah nyawa dengan dua arti. Penggunaan yang pertama, menyelamatkan nyawanya, me...

35. Paradoks dari ayat-ayat ini dengan memahami bahwa Tuhan memakai istilah nyawa dengan dua arti. Penggunaan yang pertama, menyelamatkan nyawanya, mengacu kepada usaha mempertahankan hidup jasmaniah dari kematian. Orang yang sepenuhnya berusaha melindungi hidup ini akan kehilangan hidup yang kekal. Sebaliknya, orang yang demikian mengabdi kepada Kristus sehingga bersedia untuk kehilangan nyawanya adalah orang yang memperoleh hidup yang sejati. Orang itu menemukan bahwa mati adalah keuntungan (Flp. 1:21). Ini bukan gambaran tentang jalan keselamatan bagi orang yang tersesat, melainkan lebih merupakan falsafah hidup bagi murid.

Wycliffe: Mrk 8:36 - dunia // nyawa 36. Di sini yang dibandingkan adalah dunia dan nyawa. Istilah nyawa merupakan terjemahan dari psychē. Prinsip ini berlaku untuk tingkat jasmaniah...

36. Di sini yang dibandingkan adalah dunia dan nyawa. Istilah nyawa merupakan terjemahan dari psychē. Prinsip ini berlaku untuk tingkat jasmaniah maupun rohani. Apa gunanya memperoleh segala sesuatu yang ditawarkan dunia apabila orang itu mati dan tidak dapat menikmati kekayaannya? Atau, apa gunanya mengumpulkan sejumlah harta duniawi untuk beberapa tahun yang singkat apabila itu berarti kehilangan hidup yang kekal.

Wycliffe: Mrk 8:38 - malu karena Aku dan karena perkataan-Ku, // Malu // angkatan yang tidak setia dan berdosa ini, // Tidak setia // akan malu 38. Ketika Kristus menggunakan ungkapan, malu karena Aku dan karena perkataan-Ku, Dia sedang melukiskan suatu perbedaan dengan sikap bersedia kehilang...

38. Ketika Kristus menggunakan ungkapan, malu karena Aku dan karena perkataan-Ku, Dia sedang melukiskan suatu perbedaan dengan sikap bersedia kehilangan nyawa demi diri-Nya dan demi Injil (ay. 35). Malu berarti menyangkal Kristus pada saat-saat pencobaan dan bukan tetap mengakui Dia walaupun dengan risiko mati. Malu berarti berdiri bersama-sama dengan angkatan yang tidak setia dan berdosa ini, dan bukan bersama-sama dengan Kristus. Tidak setia. Secara rohani melukiskan orang-orang yang tidak setia kepada Allah. Demikian pula, pada saat Tuhan datang sebagai Hakim, Dia akan malu dan akan menyangkal orang-orang Yang telah menyangkal Dia.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Mrk 8:1-9 - Yesus Memberi Makan Empat Ribu Orang Dalam pasal ini diceritakan tentang: I. Mujizat Kristus dalam memberi makan empat ribu orang dengan tujuh roti dan beberapa ekor ikan kecil (a...

Matthew Henry: Mrk 8:10-21 - Tentang Ragi Orang Farisi dan Ragi Herodes; Kristus Memperingatkan Murid-murid-Nya Tentang Ragi Orang Farisi dan Ragi Herodes; Kristus Memperingatkan Murid-murid-Nya (8:10-21) Kristus terus meneruskan perjalanan-Nya. Sekarang Ia m...

Matthew Henry: Mrk 8:22-26 - Seorang Buta Disembuhkan Seorang Buta Disembuhkan (8:22-26) Peristiwa penyembuhan ini hanya diceritakan oleh Markus, dan ada sesuatu yang khusus dalam kejadian ini. I. ...

Matthew Henry: Mrk 8:27-38 - Pengakuan Petrus; Petrus Ditegur Pengakuan Petrus; Petrus Ditegur (8:27-38) Kita telah membaca banyak pengajaran yang disampaikan Kristus, dan mujizat-mujizat yang dilakukan-Nya, y...

SH: Mrk 8:1-10 - Tetap beriman (Kamis, 26 Februari 2009) Tetap beriman Pengalaman adalah guru yang paling baik, demikian kata pepatah. Melalui pengalaman, seharusnya orang bisa mempelajari banyak hal. ...

SH: Mrk 8:1-13 - Kuriositas. (Minggu, 16 Maret 2003) Kuriositas. Kita bertemu lagi dengan sebuah teks yang menjabarkan tentang pemberian makan para pengikut Yesus. Kali ini ada empat ribu ...

SH: Mrk 8:11-21 - Hamba siapakah kita? (Jumat, 27 Februari 2009) Hamba siapakah kita? Mengapa Yesus keberatan memberikan tanda yang diminta orang-orang Farisi, padahal Ia sering melakukan mukjizat? Orang-orang ...

SH: Mrk 8:14-21 - Belajar dari kehidupan. (Senin, 17 Maret 2003) Belajar dari kehidupan. Dunia Mediterania secara tradisional memikirkan manusia dengan apa yang disebut para antropolog sebagai "zona-zona i...

SH: Mrk 8:22-26 - Pemahaman ternyata perlu proses (Minggu, 1 Maret 2009) Pemahaman ternyata perlu proses Anda percaya bahwa Yesus Mahakuasa? Lalu kenapa Dia harus melalui dua tahap dalam menyembuhkan orang buta di Bets...

SH: Mrk 8:22-26 - Di dalam kegelapan. (Selasa, 18 Maret 2003) Di dalam kegelapan. Seperti apa rasanya menjadi orang yang buta rohaninya? Tanyakan kepada orang-orang Farisi di zaman Yesus. Mereka merasa ...

SH: Mrk 8:27-33 - Mau ikut Mesias yang menderita? (Senin, 2 Maret 2009) Mau ikut Mesias yang menderita? Sejak saat pertama bertemu dengan Yesus, murid-murid telah meyakini Dia sebagai Mesias (Yoh. 1:41). Namun saat it...

SH: Mrk 8:27-33 - Buat saya. (Rabu, 19 Maret 2003) Buat saya. Yesus dan murid-murid-Nya tiba di Kaisarea Filipi. Tempat ini adalah tempat politik penting di mana kaisar diakui sebagai Tu...

SH: Mrk 8:34 - Memikul Salib (Sabtu, 1 Agustus 2009) Memikul Salib Sewaktu Anda membaca kisah-kisah dalam Injil, cobalah tempatkan diri pada para tokoh kisah itu. Bayangkan apa yang terjadi, apa yan...

SH: Mrk 8:34 - Menyangkal diri (Sabtu, 25 Juli 2009) Menyangkal diri Dua kepala sekolah dari dua tradisi pendidikan berbeda dipertemukan dalam suatu acara talk-show televisi. Yang berasal dari model...

SH: Mrk 8:34-38 - Ikut Yesus? Siapa takut! (Selasa, 3 Maret 2009) Ikut Yesus? Siapa takut! Bila Anda diajak untuk melakukan perjalanan, mana yang Anda sukai: diberitahu dulu rutenya atau ikut saja tanpa peduli k...

SH: Mrk 8:34--9:1 - Harga mengikut Yesus. (Kamis, 20 Maret 2003) Harga mengikut Yesus. Dalam perikop ini, Yesus memanggil banyak orang dan murid-murid- Nya untuk mendekat. Ia ingin sebanyak mungkin orang me...

Utley: Mrk 8:1-10 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 8:1-101 Pada waktu itu ada pula orang banyak di situ yang besar jumlahnya, dan karena mereka tidak mempunyai makanan, Yesus ...

Utley: Mrk 8:11-12 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 8:11-1211 Lalu muncullah orang-orang Farisi dan bersoal jawab dengan Yesus. Untuk mencobai Dia mereka meminta dari pada-Nya ...

Utley: Mrk 8:14-21 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 8:14-2114 Kemudian ternyata murid-murid Yesus lupa membawa roti, hanya sebuah saja yang ada pada mereka dalam perahu. 15 Lal...

Utley: Mrk 8:22-26 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 8:22-2622 Kemudian tibalah Yesus dan murid-murid-Nya di Betsaida. Di situ orang membawa kepada Yesus seorang buta dan mereka...

Utley: Mrk 8:27-30 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 8:27-3027 Kemudian Yesus beserta murid-murid-Nya berangkat ke kampung-kampung di sekitar Kaisarea Filipi. Di tengah jalan Ia...

Utley: Mrk 8:31-33 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 8:31-3331 Kemudian mulailah Yesus mengajarkan kepada mereka, bahwa Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan dito...

Utley: Mrk 8:34--9:1 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 8:34-9:134 Lalu Yesus memanggil orang banyak dan murid-murid-Nya dan berkata kepada mereka: "Setiap orang yang mau mengikut ...

Topik Teologia: Mrk 8:12 - -- Yesus Kristus Penyataan Khusus Mat 5:18-20 Mat 5:21-22 Mat 5:26 Mat 5:27-28 Mat 5:31-32 Mat 5:33-35 Mat 5:38-39 Mat 5:4...

Topik Teologia: Mrk 8:27 - -- Yesus Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus dan Penggenapannya Keadaan dan Peristiwa yang Berkenaan ...

Topik Teologia: Mrk 8:30 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Pandangan Yesus Atas Perjanjian Lama Kristus Memandang Diri-Nya Sendiri sebagai Suatu Penggenapan Perjanj...

Topik Teologia: Mrk 8:34 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Manusia Yesus Mengklaim Nasib Keka...

Topik Teologia: Mrk 8:35 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Manusia Yesus Mengklaim Nasib Keka...

Topik Teologia: Mrk 8:36 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Manusia Yesus Mengklaim Nasib Keka...

Topik Teologia: Mrk 8:38 - -- Yesus Kristus Penggenapan Mat 25:31 Mar 8:38 Luk 12:40 Yoh 14:3 Kis 1:11 1Ko 1:8 Fili 1:6 1Te 3:13 1Te 4:13-17 1Te 5:2 ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Markus (Pendahuluan Kitab) Penulis : Markus Tema : Yesus, Sang Putra-Hamba Tanggal Penulisan: 55-65 M Latar Belakang Di antara keempat Injil, Injil Marku...

Full Life: Markus (Garis Besar) Garis Besar I. Persiapan untuk Pelayanan Yesus (Mr 1:1-13) A. Pelayanan Yohanes Pembaptis (Mr 1:2-8)...

Matthew Henry: Markus (Pendahuluan Kitab) Kita telah mendengar bukti yang diberikan oleh saksi pertama mengenai ajaran dan mujizat Yesus Tuhan kita. Sekarang di sini hadir saksi lain lagi yang...

Jerusalem: Markus (Pendahuluan Kitab) INJIL-INJIL SINOPTIK PENGANTAR Ada empat kitab dalam Perjanjian Baru yang berisikan "Kabar Yang Baik" (demikianlah arti kata "Euaggelio...

Jerusalem: Markus (Pendahuluan Kitab) Injil Karangan Markus Rangka Mrk adalah paling tidak sistematik. Pembukaan injil merangkum pewartaan oleh Yohanes Pembaptis, baptisan Yesus dan pencob...

Ende: Markus (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN MARKUS KATA PENGANTAR Tentang Pengarang Jang dari semula terkenal sebagai pengarang "Indjil kedua", ialah Markus, jang d...

Wycliffe: Markus (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN MARKUS Penulis. Sekalipun penulis Injil ini tidak disebutkan, tersedia bukti yang cukup untuk secara positif menentukan siapa penulis itu...

Wycliffe: Markus (Garis Besar) GARIS BESAR MARKUS I. Judul 1:1 II. Persiapan Pelayanan Kristus 1:2-13 A. Pendahulu-Nya 1:2-8 B. Baptisan-Nya 1:9-11 ...

BIS: Markus (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH MARKUS PENGANTAR Buku Kabar Baik oleh Markus dimulai dengan pernyataan: "Inilah Kabar Baik tentang Yesus Kristus, A

KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH MARKUS

PENGANTAR

Buku Kabar Baik oleh Markus dimulai dengan pernyataan: "Inilah Kabar Baik tentang Yesus Kristus, Anak Allah". Dalam Kabar Baik itu Yesus ditampilkan sebagai seorang yang banyak bertindak dan yang berwibawa. Kewibawaan-Nya nyata dalam cara Ia mengajar, dalam kuasa-Nya terhadap roh-roh jahat, dan dalam mengampuni dosa. Yesus menampilkan diri-Nya sebagai Anak Manusia yang memberikan nyawa-Nya supaya manusia dibebaskan dari dosa.

Cerita tentang Yesus dalam buku ini disampaikan secara hidup dan terus terang. Perbuatan-perbuatan-Nya lebih banyak ditekankan daripada perkataan dan ajaran-Nya. Setelah kata-kata pendahuluan yang singkat mengenai Yohanes Pembaptis dan mengenai baptisan Yesus serta cobaan terhadap diri-Nya, buku Markus ini langsung menceritakan pelayanan Yesus, khususnya tentang penyembuhan-penyembuhan yang dilakukan-Nya dan tentang pengajaran-Nya. Pasal-pasal terakhir memuat cerita tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi pada minggu terakhir dalam hidup Tuhan Yesus di dunia ini, terutama tentang penyaliban diri-Nya dan kebangkitan-Nya dari kematian.

Kedua bagian akhir dari buku Markus, yang dimasukkan dalam tanda kurung besar, umumnya dianggap bukan tulisan penulis buku Markus, melainkan seorang yang lain.

Isi

  1.  Pendahuluan
    Mr 1:1-13
  2.  Pelayanan Yesus di tengah-tengah masyarakat di Galilea
    Mr 1:14-9:50
  3.  Dari Galilea ke Yerusalem
    Mr 10:1-52
  4.  Minggu terakhir di Yerusalem dan sekitarnya
    Mr 11:1-15:47
  5.  Kebangkitan Yesus
    Mr 16:1-8
  6.  Penampakan dan terangkatnya Yesus ke surga
    Mr 16:9-20

Ajaran: Markus (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi kitab Injil Markus orang-orang Kristen mengerti, bahwa Yesus Kristus adalah Mesias, Juruselamat, Raja yang dijanji

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi kitab Injil Markus orang-orang Kristen mengerti, bahwa Yesus Kristus adalah Mesias, Juruselamat, Raja yang dijanjikan, yang diutus Allah sebagai penggenapan nubuatan para nabi dalam kitab Perjanjian Lama.

Pendahuluan

Penulis : Rasul Markus.

Tahun : Sekitar tahun 50 Masehi.

Penerima : Orang-orang Kristen dari bangsa bukan Yahudi. (Dan juga setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus).

Isi Kitab: Injil Markus terdiri dari 16 pasal. Injil Markus menunjukkan bagaimana Yesus Kristus, sebagai hamba yang setia, sibuk dengan pelayanan-Nya. Dalam Injil ini Tuhan Yesus dilukiskan sebagai hamba yang setia.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Injil Markus

  1. Pasal 1-10 (Mr 1:1-10:52).

    Hamba yang setia ini melaksanakan tugas pelayanannya

    1. Bacalah pasal Mr 1:35. Nats ini menceritakan bagaimana Hamba itu memulai pelayanan/tugas-Ny dengan berdoa. Hal ini juga mengajarkan agar setiap orang percay selalu memulai tugas dan pekerjaannya dengan memohon pimpinan Tuha atau berdoa. _Tanyakan_: Apakah saudara sering berdoa/sudahkah anda berdoa?
    2. Bacalah pasal Mr 10:45. Nats ini menyatakan bahwa Hamba itu datang bukanlah untuk dilayani tetapi untuk melayani dengan menyerahkan nyawa-Nya menjadi tebusa dosa manusia. Hal ini mengajarkan kepada setiap orang Kristen untu memberikan pelayanan kepada Allah, yaitu dengan memberitakan Injil da melayani di dalam gereja.
  2. Pasal 11-15 (Mr 11:1-15:47).

    Hamba yang setia memberikan dirinya mengalami penderitaan dan kematian dalam melaksanakan tugasnya

    Nats ini menjelaskan bagaimana Hamba itu melayani dengan penuh kesetiaan, walaupun harus mengalami penderitaan bahkan sampai kematian.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Mr 14:32-41. (Khususnya ayat 36). Ayat ini menceritakan bagaimana Hamba yang setia itu berdoa dan memohonkan keinginan-Nya, tetapi akhirnya Ia mengatakan agar kehendak yang mengutus-Nya saja yang jadi. Ini mengajarkan kepada setiap orang yang percaya, agar dalam doanya selalu meminta kehendak Allah saja yang jadi. _Tanyakan_: Bagaimanakah doa saudara kepada Allah?
    2. Tuhan Yesus setia melayani kehendak Bapa, bahkan sampai mati di kayu salib dan bangkit dari kematian. Teladan apakah yang harus ada pada kita sebagai murid-murid-Nya?
  3. Pasal 16 (Mr 16:1-20). Hamba yang setia dipermuliakan Nats ini menceritakan tentang Hamba yang setia itu memperoleh kemuliaan melalui kebangkitan-Nya dari kematian.

    Pendalaman

    Bacalah pasal Mr 16:1-19. Nats ini menjelaskan tentang Hamba yang setia itu membuktikan kebangkitan-Nya. Ini mengajarkan kepada orang percaya bahwa Yesus Kristus benar-benar bangkit dari kematian-Nya.

    _Tanyakan_: Kepada siapakah Tuhan Yesus menampakkan diri setelah kebangkitan-Nya?

II. Kesimpulan

Melalui Injil Markus dibuktikan bahwa Yesus Kristus adalah Hamba Allah yang memberikan diri-Nya sebagai korban atas dosa-dosa manusia.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Injil Markus?
  2. Apakah pokok pengajaran Injil Markus?
  3. Untuk apakah Yesus Kristus datang ke dunia ini?
  4. Pelajaran rohani apakah yang saudara terima dar mempelajari Injil Markus?

Intisari: Markus (Pendahuluan Kitab) Buku pegangan guru Kristen SIAPAKAH YOHANES MARKUS?1. Dia adalah kemenakan Barnabas (Kol 4:10).2. Dia tinggal di Yerusalem bersama ibunya, Maria (Kis

Buku pegangan guru Kristen

SIAPAKAH YOHANES MARKUS?
1. Dia adalah kemenakan Barnabas (Kol 4:10).
2. Dia tinggal di Yerusalem bersama ibunya, Maria (Kis 12:12). Jemaat berkumpul di rumahnya.
3. Dia pergi bersama Paulus dan kemenakannya pada perjalanan misi yang pertama (Kis 13:5).
4. Markus meninggalkan teman-temannya setelah beberapa waktu berada di Siprus (tanah kelahiran Barnabas, Kis 4:36), mungkin karena ia tidak setuju atas tindakan Paulus yang mengambil alih pimpinan.
5. Dia kembali ke Yerusalem (Kis 13:13).
6. Di Yerusalem ia memperoleh banyak kesempatan untuk berbicara dengan Petrus.
7. Kemungkinan besar Petruslah yang membuat Markus percaya kepada Yesus; Petrus menyebutnya 'Markus anakku', dalam 1Petrus 5:13.
8. Secara umum diakui bahwa Markus menulis kabar baik tentang Yesus sesuai dengan apa yang didengarnya dari Petrus.
9. Ada yang berpendapat bahwa Markus adalah anak muda yang disebut-sebut dalam Markus 14:51, 52, tetapi hal ini tidak dapat dibuktikan.

WAKTU PENULISAN.
Injil Markus mungkin merupakan Injil yang paling awal ditulis, yaitu antara tahun 65 dan 70 M, sebelum Bait Allah di Yerusalem dihancurkan. Tampaknya baik Matius maupun Lukas telah memakai Injil Markus untuk penulisan Injil mereka.

MISTERI INJIL MARKUS.
Markus memperlihatkan pada kita Yesus yang mempunyai rahasia. Dalam Injil Markus kita mendapatkan Yesus tanpa publisitas...
1. Roh jahat diperintahkan-Nya untuk diam (Mar 1:25, 34; 3:12).
2. Mereka yang sudah disembuhkan oleh Yesus dilarang menceritakan pengalaman mereka (Mar 1:44; 5:43; 7:36).
3. Pengikut Yesus sendiri diperintahkan untuk tidak menceritakan ke pada orang lain bahwa Ia adalah Mesias (Mar 8:30).
4. Dan Yesus memberitahukan para pengikut-Nya secara pribadi tentang 'rahasia Kerajaan Allah' (Mar 4:10-12).

Lalu, bagaimana kita menafsirkan maksud rahasia ini? Masalah yang dihadapi Yesus ialah bahwa orang Yahudi mempunyai pemahaman yang salah mengenai Mesias. Karena Yesus menentang pemahaman mereka yang salah, maka kita:

1. Tidak menerima pemahaman tersebut, karena pendapat umum tentang Mesias bersifat politis dan manusiawi, bukannya spiritual dan Ilahi.
2. Tidak menolak, karena Yesus benar-benar adalah Mesias; banyak mukjizat dilakukan-Nya (paling tidak ada 17 mukjizat yang dicatat oleh Markus) merupakan bukti kebenaran ini.
3. Tetapi, merumuskan kembali pemahaman tersebut, karena Yesus harus menunjukkan kepada mereka bahwa Ia adalah Mesias yang melayani, menyelamatkan dan menderita, yang sepenuhnya manusia tetapi juga sepenuhnya Allah.

CIRI-CIRI KHUSUS.
Ini adalah Injil terpendek, padat dan ringkas. Markus mengetengahkan hal-hal penting yang dapat dipakai sebagai bahan acuan langsung. Kata 'segera' ditulis lebih dari empat puluh kali dan rupanya untuk memacu kita dari satu kisah menarik ke kisah menarik berikutnya.

Pesan

1. Yesus: Anak Allah. Markus mulai dengan kata-kata: 'Inilah permulaan Injil tentang Yesus Kristus, Anak Allah.' Mar 1:1

2. Yesus: Anak Manusia. o Markus juga menunjukkan kepada kita kemanusiaan Yesus: o Ia berdukacita. Mar 3:5 o Ia berbelas kasihan terhadap orang banyak. Mar 6:34 o Ia takut dan gentar. Mar 14:33 o Markus memakai sebutan 'Anak Manusia' empat belas kali; sebutan yang paling disukainya untuk Yesus.

3. Kata-kata yang benar-benar diucapkan Yesus. Markus mencatat bagi kita apa yang diingat

Petrus tentang beberapa kata dari bahasa Aram yang dikatakan Yesus:

o 'Talita kum!', Hai anak, bangunlah!' Mar 5:41 o 'Efata!', 'Terbukalah!' Mar 7:34 o 'Eloi, Eloi, lama sabakhtani?', 'Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?' Mar 15:34

4. Kebaikan Yesus. Markus mencatat apa yang diingat oleh Petrus mengenai kebaikan Yesus yang istimewa kepadanya dan kesadaran Petrus bahwa ia tidak layak menerima semua itu. Petrus membuat Markus tidak menulis ucapan Yesus tentang Petrus sebagai batu karang, karena Petrus ingat saat ia tidak bersikap dianggap sebagai batu karang. (Lihat Mat 16:18, 19).

Penerapan

Markus menunjukkan kepada kita:
1. Pentingnya ajaran yang benar.
o Ajaran itu tidak dapat datang dari roh-roh jahat, bahkan mereka harus takluk
kepada kuasa-Nya.
o Ajaran itu tidak dapat datang dari mereka yang telah disembuhkan, walaupun
mereka sungguh bersyukur.
o Ajaran itu tidak dapat datang dari para rasul, sampai mereka sungguh-sungguh
diperlengkapi.

Ajaran Kristen bukan suatu pengetahuan, tetapi kebijaksanaan Ilahi.

2. Mukjizat merupakan hal yang biasa bagi Allah.
o Markus tidak pernah merasa aneh terhadap mukjizat dan tidak pernah mencoba untuk meremehkannya.
o Mukjizat Yesus menunjuk pada sifat-Nya. Singkirkan mukjizat, maka Anda akan meragukan ketuhanan-Nya.
o Mukjizat selalu dan akan selalu mengagumkan. Berkali-kali Markus mengakhiri suatu kisah tentang mukjizat dengan pengamatannya tentang orang banyak yang menjadi'kagum', 'dipenuhi dengan rasa takjub'.
o Perhatikanlah dengan saksama sejumlah mukjizat dalam pasal 5 yang menunjukkan kuasa Yesus atas
- roh-roh jahat (1-20)
- penyakit (24-34)
- kematian (35-43)

3. Tantangan sering datang dari orang yang taat beragama.
o Para ahli Taurat Mar 2:6
o Orang-orang Farisi Mar 2:24
o Orang-orang Herodian Mar 3:6
o Para imam kepala Mar 11:18
o Orang-orang Saduki Mar 12:18

Tema-tema Kunci

1. Mukjizat Yesus. Buatlah daftar mukjizat yang dicatat dalam Injil Markus. Bandingkanlah daftar ini dengan jumlah perumpamaan yang ditulis dalam Injil Markus. Mengapa Markus sangat menekankan mukjizat Yesus? Mengapa Yesus melakukan Mukjizat? Coba temukan paling sedikit tiga alasan yang jelas.

2. Tanggapan orang banyak. Carilah ayat-ayat yang merupakan komentar Markus tentang kekaguman orang banyak ketika mereka menyaksikan mukjizat Yesus (misalnya Mar 1:27; 2:12; 4:41; 5:15; 6:50 dan seterusnya). Tulislah berbagai reaksi orang banyak dan jelaskan mengapa mereka memberikan reaksi yang berbeda-beda.

3. Sebutan istimewa bagi Yesus. Telitilah dalam Injil Markus dan catatlah sebutan-sebutan istimewa bagi Yesus yang dicatat oleh Markus. Berapa kali ia menggunakan sebutan Anak, Anak-Ku, Anak Allah, Anak Manusia? Siapa yang menggunakan sebutan Anak Manusia? Mengapa? (Pelajarilah Dan. Mar 7:13-28 dengan saksama).

4. Kuasa Yesus. Pelajarilah dengan saksama semua pasal yang menunjuk pada kuasa Yesus: Mar 1;22; 1:27; 2:10; 3:15; 6:7;11:27-33 dan Mar 13:34. Perhatikan secara khusus acuan terakhir ini: 'Sama seperti seorang yang bepergian: Ia meninggalkan rumahnya dan menyerahkan tanggung jawab kepada hamba-hambanya'. Ungkapan terakhir ini berarti 'memberikan kuasa kepada hamba-hambanya'.

Garis Besar Intisari: Markus (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Mar 1:1-13 Mar 1:1-11 Yohanes dan Sungai Yordan; Yesus dan Roh Kudus Mar 1:12-13Pencobaan selama empat puluh hari [2]

[1] PENDAHULUAN Mar 1:1-13

Mar 1:1-11 Yohanes dan Sungai Yordan; Yesus dan Roh Kudus
Mar 1:12-13Pencobaan selama empat puluh hari

[2] PULANG DAN PERGI KE GALILEA Mar 1:14-7:23

Mar 1:14-20Pengikut-pengikut Yesus yang pertama
Mar 1:21-45Mukjizat-mukjizat kesembuhan
Mar 2:1-3:6Lima peristiwa pertentangan
Mar 3:7-35Guru dan murid-murid-Nya
Mar 4:1-34Selalu dengan perumpamaan
Mar 4:35-41Siapa gerangan orang ini?
Mar 5:1-43Roh-roh jahat, penyakit dan kematian
Mar 6:1-6Akibat ketidakpercayaan
Mar 6:7-13Kuasa yang menyertai ketaatan
Mar 6:14-29Herodes membunuh Yohanes Pembaptis
Mar 6:30-44Lima roti, dua ikan, lima ribu orang
Mar 6:45-56Berjalan di atas air: mukjizat yang mendahului banyak mukjizat lain
Mar 7:1-23Yang di luar dan yang di dalam

[3] YESUS DI DAERAH UTARA Mar 7:24-9:50

Mar 7:24-30Ke pantai: Tirus dan Sidon
Mar 7:31-37Kesepuluh Kota
Mar 8:1-13Tujuh roti, beberapa ikan dan empat ribu orang
Mar 8:14-21Murid-murid yang bebal
Mar 8:22-26Di Betsaida lagi
Mar 8:27-9:1Lebih ke utara: Kaisarea Filipi
Mar 9:2-13"Kami melihat kemuliaan-Nya": pemuliaan
Mar 9:14-29Tanpa doa berarti tanpa kuasa
Mar 9:30-50Yang besar dan yang kecil

[4] PERJALANAN KE SELATAN Mar 10:1-13:37

Mar 10:1-16Pernikahan, perceraian, anak-anak
Mar 10:17-31Bahaya kemakmuran
Mar 10:32-45Apa artinya menjadi seperti Yesus
Mar 10:46-52Bartimeus Buta di Yerikho
Mar 11:1-19Yesus di Yerusalem: Bait Allah dipersiapkan untuk upacara kurban
Mar 11:20-26Kutuk terhadap pohon yang tidak berbuah
Mar 11:27-12:44Permusuhan: Imam-imam kepala, Ahli Taurat, Tua-tua, orang Farisi, orang Herodian, orang Saduki
Mar 13:1-37Nubuat: sekilas tentang tujuan akhir

[5] PUSAT SEJARAH Mar 14:1-16:8

Mar 14:1-11Di Betania: Domba kurban diurapi
Mar 14:12-25Perjamuan Tuhan
Mar 14:26-42Taman Getsemani: sekilas tentang penderitaan
Mar 14:43-15:15Ditangkap dan diadili
Mar 15:16-47'Disalibkan, mati dan dikuburkan'
Mar 16:1-8'Bangkit kembali dari antara orang mati'

[6] PENUTUP 16:9-20

Mar 16:9-20Misi ke seluruh dunia diamanatkan dan dimulai
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #18: Centang "Hanya dalam TB" pada Pencarian Universal untuk pencarian teks alkitab hanya dalam versi TB [SEMUA]
dibuat dalam 0.76 detik
dipersembahkan oleh YLSA