kecilkan semua  

Teks -- Markus 5:1-43 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Yesus mengusir roh jahat dari orang Gerasa
5:1 Lalu sampailah mereka di seberang danau, di daerah orang Gerasa. 5:2 Baru saja Yesus turun dari perahu, datanglah seorang yang kerasukan roh jahat dari pekuburan menemui Dia. 5:3 Orang itu diam di sana dan tidak ada seorangpun lagi yang sanggup mengikatnya, sekalipun dengan rantai, 5:4 karena sudah sering ia dibelenggu dan dirantai, tetapi rantainya diputuskannya dan belenggunya dimusnahkannya, sehingga tidak ada seorangpun yang cukup kuat untuk menjinakkannya. 5:5 Siang malam ia berkeliaran di pekuburan dan di bukit-bukit sambil berteriak-teriak dan memukuli dirinya dengan batu. 5:6 Ketika ia melihat Yesus dari jauh, berlarilah ia mendapatkan-Nya lalu menyembah-Nya, 5:7 dan dengan keras ia berteriak: "Apa urusan-Mu dengan aku, hai Yesus, Anak Allah Yang Mahatinggi? Demi Allah, jangan siksa aku!" 5:8 Karena sebelumnya Yesus mengatakan kepadanya: "Hai engkau roh jahat! Keluar dari orang ini!" 5:9 Kemudian Ia bertanya kepada orang itu: "Siapa namamu?" Jawabnya: "Namaku Legion, karena kami banyak." 5:10 Ia memohon dengan sangat supaya Yesus jangan mengusir roh-roh itu keluar dari daerah itu. 5:11 Adalah di sana di lereng bukit sejumlah besar babi sedang mencari makan, 5:12 lalu roh-roh itu meminta kepada-Nya, katanya: "Suruhlah kami pindah ke dalam babi-babi itu, biarkanlah kami memasukinya!" 5:13 Yesus mengabulkan permintaan mereka. Lalu keluarlah roh-roh jahat itu dan memasuki babi-babi itu. Kawanan babi yang kira-kira dua ribu jumlahnya itu terjun dari tepi jurang ke dalam danau dan mati lemas di dalamnya. 5:14 Maka larilah penjaga-penjaga babi itu dan menceriterakan hal itu di kota dan di kampung-kampung sekitarnya. Lalu keluarlah orang untuk melihat apa yang terjadi. 5:15 Mereka datang kepada Yesus dan melihat orang yang kerasukan itu duduk, sudah berpakaian dan sudah waras, orang yang tadinya kerasukan legion itu. Maka takutlah mereka. 5:16 Orang-orang yang telah melihat sendiri hal itu menceriterakan kepada mereka tentang apa yang telah terjadi atas orang yang kerasukan setan itu, dan tentang babi-babi itu. 5:17 Lalu mereka mendesak Yesus supaya Ia meninggalkan daerah mereka. 5:18 Pada waktu Yesus naik lagi ke dalam perahu, orang yang tadinya kerasukan setan itu meminta, supaya ia diperkenankan menyertai Dia. 5:19 Yesus tidak memperkenankannya, tetapi Ia berkata kepada orang itu: "Pulanglah ke rumahmu, kepada orang-orang sekampungmu, dan beritahukanlah kepada mereka segala sesuatu yang telah diperbuat oleh Tuhan atasmu dan bagaimana Ia telah mengasihani engkau!" 5:20 Orang itupun pergilah dan mulai memberitakan di daerah Dekapolis segala apa yang telah diperbuat Yesus atas dirinya dan mereka semua menjadi heran.
Yesus membangkitkan anak Yairus dan menyembuhkan seorang perempuan yang sakit pendarahan
5:21 Sesudah Yesus menyeberang lagi dengan perahu, orang banyak berbondong-bondong datang lalu mengerumuni Dia. Sedang Ia berada di tepi danau, 5:22 datanglah seorang kepala rumah ibadat yang bernama Yairus. Ketika ia melihat Yesus, tersungkurlah ia di depan kaki-Nya 5:23 dan memohon dengan sangat kepada-Nya: "Anakku perempuan sedang sakit, hampir mati, datanglah kiranya dan letakkanlah tangan-Mu atasnya, supaya ia selamat dan tetap hidup." 5:24 Lalu pergilah Yesus dengan orang itu. Orang banyak berbondong-bondong mengikuti Dia dan berdesak-desakan di dekat-Nya. 5:25 Adalah di situ seorang perempuan yang sudah dua belas tahun lamanya menderita pendarahan. 5:26 Ia telah berulang-ulang diobati oleh berbagai tabib, sehingga telah dihabiskannya semua yang ada padanya, namun sama sekali tidak ada faedahnya malah sebaliknya keadaannya makin memburuk. 5:27 Dia sudah mendengar berita-berita tentang Yesus, maka di tengah-tengah orang banyak itu ia mendekati Yesus dari belakang dan menjamah jubah-Nya. 5:28 Sebab katanya: "Asal kujamah saja jubah-Nya, aku akan sembuh." 5:29 Seketika itu juga berhentilah pendarahannya dan ia merasa, bahwa badannya sudah sembuh dari penyakitnya. 5:30 Pada ketika itu juga Yesus mengetahui, bahwa ada tenaga yang keluar dari diri-Nya, lalu Ia berpaling di tengah orang banyak dan bertanya: "Siapa yang menjamah jubah-Ku?" 5:31 Murid-murid-Nya menjawab: "Engkau melihat bagaimana orang-orang ini berdesak-desakan dekat-Mu, dan Engkau bertanya: Siapa yang menjamah Aku?" 5:32 Lalu Ia memandang sekeliling-Nya untuk melihat siapa yang telah melakukan hal itu. 5:33 Perempuan itu, yang menjadi takut dan gemetar ketika mengetahui apa yang telah terjadi atas dirinya, tampil dan tersungkur di depan Yesus dan dengan tulus memberitahukan segala sesuatu kepada-Nya. 5:34 Maka kata-Nya kepada perempuan itu: "Hai anak-Ku, imanmu telah menyelamatkan engkau. Pergilah dengan selamat dan sembuhlah dari penyakitmu!" 5:35 Ketika Yesus masih berbicara datanglah orang dari keluarga kepala rumah ibadat itu dan berkata: "Anakmu sudah mati, apa perlunya lagi engkau menyusah-nyusahkan Guru?" 5:36 Tetapi Yesus tidak menghiraukan perkataan mereka dan berkata kepada kepala rumah ibadat: "Jangan takut, percaya saja!" 5:37 Lalu Yesus tidak memperbolehkan seorangpun ikut serta, kecuali Petrus, Yakobus dan Yohanes, saudara Yakobus. 5:38 Mereka tiba di rumah kepala rumah ibadat, dan di sana dilihat-Nya orang-orang ribut, menangis dan meratap dengan suara nyaring. 5:39 Sesudah Ia masuk Ia berkata kepada orang-orang itu: "Mengapa kamu ribut dan menangis? Anak ini tidak mati, tetapi tidur!" 5:40 Tetapi mereka menertawakan Dia. Maka diusir-Nya semua orang itu, lalu dibawa-Nya ayah dan ibu anak itu dan mereka yang bersama-sama dengan Dia masuk ke kamar anak itu. 5:41 Lalu dipegang-Nya tangan anak itu, kata-Nya: "Talita kum," yang berarti: "Hai anak, Aku berkata kepadamu, bangunlah!" 5:42 Seketika itu juga anak itu bangkit berdiri dan berjalan, sebab umurnya sudah dua belas tahun. Semua orang yang hadir sangat takjub. 5:43 Dengan sangat Ia berpesan kepada mereka, supaya jangan seorangpun mengetahui hal itu, lalu Ia menyuruh mereka memberi anak itu makan.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Dekapolis a large region south of the Sea of Galilee mainly east of the Jordan
 · Petrus a man who was a leader among the twelve apostles and wrote the two epistles of Peter
 · Yairus a synagogue official whose daughter was healed by Jesus
 · Yakobus a son of Zebedee; brother of John; an apostle,a son of Alpheus; an apostle,a brother of Jesus; writer of the epistle of James,the father (or brother) of the apostle Judas
 · Yohanes a son of Zebedee; younger brother of James; the beloved disciple of Christ,a relative of Annas the high priest,a son of Mary the sister of Barnabas, and surnamed Mark,the father of Simon Peter


Topik/Tema Kamus: Markus, Injil | Matius, Injil | Perbuatan Ajaib Yesus | Yesus | Yesus Kristus | Yairus | Kebangkitan | Sakit | Roh | Puasa | Babi | Sakit, Penyakit | Iman | Gadara | Sinagoga | Yakobus | Orang Mati | Perempuan | Orang Tua | Rumah Ibadat Orang Yahudi | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Mrk 5:2 - SEORANG YANG KERASUKAN ROH JAHAT. Nas : Mr 5:2 Orang yang kerasukan setan menderita penindasan oleh Iblis (Kis 10:38) atau pengaruh Iblis (Mat 12:45; Kis 16:16-18) karena di dalam d...

Nas : Mr 5:2

Orang yang kerasukan setan menderita penindasan oleh Iblis (Kis 10:38) atau pengaruh Iblis (Mat 12:45; Kis 16:16-18) karena di dalam diri mereka ada roh jahat

(lihat cat. --> Luk 13:11).

[atau ref. Luk 13:11]

Alkitab mencatat banyak peristiwa ketika Yesus mengusir roh-roh jahat (untuk pembahasan yang lebih mendalam tentang setan-setan dan kuasa orang Kristen atas mereka

lihat art. KUASA ATAS IBLIS DAN SETAN-SETAN).

Full Life: Mrk 5:28 - ASAL KUJAMAH SAJA JUBAH-NYA. Nas : Mr 5:28 Kitab-kitab Injil sering kali mengisahkan tentang orang sakit yang menjamah Yesus (Mr 3:10; 5:27-34; 6:56) atau Yesus yang menjamah m...

Nas : Mr 5:28

Kitab-kitab Injil sering kali mengisahkan tentang orang sakit yang menjamah Yesus (Mr 3:10; 5:27-34; 6:56) atau Yesus yang menjamah mereka (Mr 1:41-42; 7:33-35; Mat 8:3,15; 9:29-30; 20:34; Luk 5:13; Luk 7:14-15; 22:51). Sentuhan dan kehadiran Yesus itulah yang terutama. Sentuhan-Nya berkuasa untuk menyembuhkan karena Ia mengasihani kelemahan kita dan Ia adalah sumber kasih karunia dan kehidupan (Ibr 4:16). Tanggung jawab kita dalam mendambakan kesembuhan adalah mendekatkan diri kepada Yesus serta hidup di hadapan-Nya

(lihat cat. --> Mat 17:20

[atau ref. Mat 17:20]

mengenai iman yang sejati).

Full Life: Mrk 5:36 - PERCAYA SAJA. Nas : Mr 5:36 Putri kepala rumah ibadat itu sudah meninggal dunia (ayat Mr 5:35). Tanggapan Yesus ialah membangun iman sang ayah, bahkan dalam situ...

Nas : Mr 5:36

Putri kepala rumah ibadat itu sudah meninggal dunia (ayat Mr 5:35). Tanggapan Yesus ialah membangun iman sang ayah, bahkan dalam situasi yang tampaknya tak berpengharapan. Sepanjang sejarah penebusan, orang percaya telah menempatkan kepercayaan mereka kepada Allah sekalipun kelihatannya seakan segala sesuatu tidak memberi harapan lagi. Pada saat-saat seperti itu, Allah menganugerahkan iman yang diperlukan dan melepaskan umat-Nya sesuai dengan tujuan dan kehendak-Nya (bd. Mazm 22:5; Yes 26:3-4; 43:2). Hal ini berlaku bagi Abraham (Kej 22:2; Yak 2:21-22), Musa (Kel 14:10-22; 32:10-14), Daud (1Sam 17:44-47), Yosafat (2Taw 20:1-2,12), dan Yairus (ayat Mr 5:21-23,35-42).

BIS: Mrk 5:36 - Tanpa mempedulikan Tanpa mempedulikan: atau mendengar.

Tanpa mempedulikan: atau mendengar.

Jerusalem: Mrk 5:1 - Orang Gerasa Var: orang Gadara, bdk Matius: atau orang Gergasa.

Var: orang Gadara, bdk Matius: atau orang Gergasa.

Jerusalem: Mrk 5:30 - ada tenaga Tenaga dipikirkan sebagai semacam pancaran materiil yang mengerjakan penyembuhan, bdk Luk 6:19, melalui sentuhan: bdk Mar 1:41; Mar 3:10; Mar 6:56; Ma...

Tenaga dipikirkan sebagai semacam pancaran materiil yang mengerjakan penyembuhan, bdk Luk 6:19, melalui sentuhan: bdk Mar 1:41; Mar 3:10; Mar 6:56; Mar 8:22.

Jerusalem: Mrk 5:33 - takut dan gemetar penyakit perempuan itu tidak hanya penyakit yang memalukan, tetapi menurut hukum Taurat, Ima 15:25, menjadikannya najis juga.

penyakit perempuan itu tidak hanya penyakit yang memalukan, tetapi menurut hukum Taurat, Ima 15:25, menjadikannya najis juga.

Jerusalem: Mrk 5:37 - Petrus, Yakobus dan Yohanes Ketiga rasul inipun dipilih untuk menyaksikan Yesus yang dimuliakan, Mar 9:2, dan ketakutan Yesus di kebun Getsemani, Mar 14:33; bdk Mar 1:29; Mar 13:...

Ketiga rasul inipun dipilih untuk menyaksikan Yesus yang dimuliakan, Mar 9:2, dan ketakutan Yesus di kebun Getsemani, Mar 14:33; bdk Mar 1:29; Mar 13:3.

Jerusalem: Mrk 5:41 - Talita kum Kata ini ialah kata bahasa Aram: Yesus memang berbahasa Aram.

Kata ini ialah kata bahasa Aram: Yesus memang berbahasa Aram.

Ende: Mrk 5:1 - Gerasa ialah satu dari kesepuluh kota daerah jang dinamai Dekapolis, letaknja disebelah tenggara tasik Genesaret. Penduduknja masih kafir.

ialah satu dari kesepuluh kota daerah jang dinamai Dekapolis, letaknja disebelah tenggara tasik Genesaret. Penduduknja masih kafir.

Ende: Mrk 5:9 - Pasukan Inilah terdjemahan dari istilah Romawi "legio", jang digunakan untuk pasukan laskar Romawi sebanjak 6000 orang.

Inilah terdjemahan dari istilah Romawi "legio", jang digunakan untuk pasukan laskar Romawi sebanjak 6000 orang.

Ende: Mrk 5:33 - Takut dan gemetar Wanita insjaf, bahwa ia telah melanggar hukum dengan bertjampur dengan orang banjak dan menjentuh Jesus. Karena menurut ketentuan hukum Jahudi penjaki...

Wanita insjaf, bahwa ia telah melanggar hukum dengan bertjampur dengan orang banjak dan menjentuh Jesus. Karena menurut ketentuan hukum Jahudi penjakit wanita itu termasuk djenis penjakit "nadjis", sehingga terlarang baginja bergaul dengan orang lain atau menjentuh seseorang sama seperti orang berkusta.

Ref. Silang FULL: Mrk 5:2 - dari perahu // roh jahat · dari perahu: Mr 4:1 · roh jahat: Mr 1:23

· dari perahu: Mr 4:1

· roh jahat: Mr 1:23

Ref. Silang FULL: Mrk 5:7 - dengan aku // Yang Mahatinggi · dengan aku: Mat 8:29; Mat 8:29 · Yang Mahatinggi: Mat 4:3; Mat 4:3; Luk 1:32; 6:35; Kis 16:17; Ibr 7:1

· dengan aku: Mat 8:29; [Lihat FULL. Mat 8:29]

· Yang Mahatinggi: Mat 4:3; [Lihat FULL. Mat 4:3]; Luk 1:32; 6:35; Kis 16:17; Ibr 7:1

Ref. Silang FULL: Mrk 5:9 - Namaku Legion · Namaku Legion: Mr 5:15

· Namaku Legion: Mr 5:15

Ref. Silang FULL: Mrk 5:15 - kerasukan legion // kerasukan legion · kerasukan legion: Mr 5:9 · kerasukan legion: Mr 5:16,18; Mat 4:24; Mat 4:24

· kerasukan legion: Mr 5:9

· kerasukan legion: Mr 5:16,18; Mat 4:24; [Lihat FULL. Mat 4:24]

Ref. Silang FULL: Mrk 5:19 - dan beritahukanlah · dan beritahukanlah: Mat 8:4; Mat 8:4

· dan beritahukanlah: Mat 8:4; [Lihat FULL. Mat 8:4]

Ref. Silang FULL: Mrk 5:20 - daerah Dekapolis · daerah Dekapolis: Mat 4:25; Mr 7:31

· daerah Dekapolis: Mat 4:25; Mr 7:31

Ref. Silang FULL: Mrk 5:21 - dengan perahu // tepi danau · dengan perahu: Mat 9:1 · tepi danau: Mr 4:1

· dengan perahu: Mat 9:1

· tepi danau: Mr 4:1

Ref. Silang FULL: Mrk 5:22 - seorang kepala · seorang kepala: Mr 5:35,36,38; Luk 13:14; Kis 13:15; 18:8,17

Ref. Silang FULL: Mrk 5:23 - letakkanlah tangan-Mu · letakkanlah tangan-Mu: Mat 19:13; Mr 6:5; 7:32; 8:23; 16:18; Luk 4:40; 13:13; Kis 6:6; Kis 6:6

· letakkanlah tangan-Mu: Mat 19:13; Mr 6:5; 7:32; 8:23; 16:18; Luk 4:40; 13:13; Kis 6:6; [Lihat FULL. Kis 6:6]

Ref. Silang FULL: Mrk 5:25 - menderita pendarahan · menderita pendarahan: Im 15:25-30

· menderita pendarahan: Im 15:25-30

Ref. Silang FULL: Mrk 5:28 - saja jubah-Nya · saja jubah-Nya: Mat 9:20; Mat 9:20

· saja jubah-Nya: Mat 9:20; [Lihat FULL. Mat 9:20]

Ref. Silang FULL: Mrk 5:29 - dari penyakitnya · dari penyakitnya: Mr 5:34

· dari penyakitnya: Mr 5:34

Ref. Silang FULL: Mrk 5:30 - ada tenaga · ada tenaga: Luk 5:17; 6:19

· ada tenaga: Luk 5:17; 6:19

Ref. Silang FULL: Mrk 5:34 - menyelamatkan engkau // dengan selamat · menyelamatkan engkau: Mat 9:22; Mat 9:22 · dengan selamat: Kis 15:33; Kis 15:33

· menyelamatkan engkau: Mat 9:22; [Lihat FULL. Mat 9:22]

· dengan selamat: Kis 15:33; [Lihat FULL. Kis 15:33]

Ref. Silang FULL: Mrk 5:35 - keluarga kepala · keluarga kepala: Mr 5:22; Mr 5:22

· keluarga kepala: Mr 5:22; [Lihat FULL. Mr 5:22]

Ref. Silang FULL: Mrk 5:37 - saudara Yakobus · saudara Yakobus: Mat 4:21; Mat 4:21

· saudara Yakobus: Mat 4:21; [Lihat FULL. Mat 4:21]

Ref. Silang FULL: Mrk 5:38 - rumah kepala · rumah kepala: Mr 5:22; Mr 5:22

· rumah kepala: Mr 5:22; [Lihat FULL. Mr 5:22]

Ref. Silang FULL: Mrk 5:39 - tetapi tidur · tetapi tidur: Mat 9:24; Mat 9:24

· tetapi tidur: Mat 9:24; [Lihat FULL. Mat 9:24]

Ref. Silang FULL: Mrk 5:41 - dipegang-Nya tangan // kepadamu, bangunlah · dipegang-Nya tangan: Mr 1:31 · kepadamu, bangunlah: Luk 7:14; Luk 7:14

· dipegang-Nya tangan: Mr 1:31

· kepadamu, bangunlah: Luk 7:14; [Lihat FULL. Luk 7:14]

Ref. Silang FULL: Mrk 5:43 - hal itu · hal itu: Mat 8:4; Mat 8:4

· hal itu: Mat 8:4; [Lihat FULL. Mat 8:4]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Mrk 4:35--5:20 - -- G. Perjalanan ke Gerasa (4:35-5:20). Mungkin untuk memperoleh keleluasaan pribadi dan istirahat, Yesus bermaksud mengadakan perjalanan ke seberang Da...

G. Perjalanan ke Gerasa (4:35-5:20).

Mungkin untuk memperoleh keleluasaan pribadi dan istirahat, Yesus bermaksud mengadakan perjalanan ke seberang Danau Galiea. Dengan kegamblangan yang begitu menjadi ciri khasnya, Markus menyajikan kisah yang jelas tentang peredaan badai (4:35-41), dan pembebasan orang kerasukan setan yang dijumpai Kristus di seberang danau itu (5:1-20).

Wycliffe: Mrk 5:1 - Orang Gerasa 5:1. Orang Gerasa. Naskah-naskah Yunani terbagi antara tiga nama - orang Gadara, orang Gerasa dan orang Gergesa. Bukti yang terbaik menyetujui orang G...

5:1. Orang Gerasa. Naskah-naskah Yunani terbagi antara tiga nama - orang Gadara, orang Gerasa dan orang Gergesa. Bukti yang terbaik menyetujui orang Gerasa, sebuah istilah yang oleh beberapa penafsir dianggap mengacu kepada tempat yang terkenal bernama Gerasa, dua puluh mil di bagian tenggara Danau Galilea. Tetapi, terdapat alasan cukup kuat bahwa Markus mengacu kepada sebuah kota kecil dengan nama yang sama di pantai sebelah timur, yang puing-puingnya dewasa ini dikenal dengan nama Kersa (bdg. Harvie Branscomb, Mark, hlm. 89. 90).

Wycliffe: Mrk 5:3 - diam // pekuburan, // dengan rantai 3. Orang ini memiliki kebiasaan untuk diam di dalam atau di antara pekuburan, sebagaimana ditunjukkan oleh bentuk waktu imperfect Yunani. Dia telah me...

3. Orang ini memiliki kebiasaan untuk diam di dalam atau di antara pekuburan, sebagaimana ditunjukkan oleh bentuk waktu imperfect Yunani. Dia telah mencapai taraf yang demikian parah sehingga tidak dapat ditahan lagi oleh manusia, bahkan dengan rantai sekalipun.

Wycliffe: Mrk 5:4 - Belenggu // rantainya // belenggunya // cukup kuat untuk menjinakkannya 4. Ketidakmungkinan untuk menahan orang ini ditekankan secara dramatis dengan berbagai istilah dan bentuk waktu yang jelas. Belenggu dikenakan pada ka...

4. Ketidakmungkinan untuk menahan orang ini ditekankan secara dramatis dengan berbagai istilah dan bentuk waktu yang jelas. Belenggu dikenakan pada kaki. Setiap kali diikat, rantainya ia putuskan dan belenggunya ia musnahkan. Tidak ada seorang pun cukup kuat untuk menjinakkannya. Naskah Yunani menunjukkan bahwa tidak ada orang yang memiliki kekuatan yang cukup untuk menjinakkan orang yang menjadi seperti binatang liar ini.

Wycliffe: Mrk 5:5 - Siang malam // berteriak-teriak // memukuli dirinya 5. Siang malam dia terus-menerus (naskah Yunani) berteriak-teriak dengan menjerit dan memekik sambil memukuli dirinya dengan batu. Kata kerja yang ter...

5. Siang malam dia terus-menerus (naskah Yunani) berteriak-teriak dengan menjerit dan memekik sambil memukuli dirinya dengan batu. Kata kerja yang terakhir ini merupakan bentuk intensif yang artinya orang ini memukuli dirinya hingga remuk.

Wycliffe: Mrk 5:7 - Yesus, Anak Allah Yang Mahatinggi // Jangan siksa aku 7. Yesus, Anak Allah Yang Mahatinggi. Suatu petunjuk yang luar biasa tentang pengetahuan yang adikodrati. Orang yang teraniaya ini mengetahui nama man...

7. Yesus, Anak Allah Yang Mahatinggi. Suatu petunjuk yang luar biasa tentang pengetahuan yang adikodrati. Orang yang teraniaya ini mengetahui nama manusia Yesus dan keilahian-Nya, sekalipun tampaknya ia baru berjumpa Yesus pertama kali. Pengetahuan tersebut merupakan bukti bahwa orang itu bukan sekadar gila: dia didiami oleh kuasa-kuasa roh jahat yang mengetahui identitas Kristus yang sesungguhnya. Jangan siksa aku. Matius 8:29 berbunyi, "Adakah Engkau kemari untuk menyiksa kami sebelum waktunya?" Dan Lukas 8:31 menjadikan peristiwa ini makin jelas dengan melaporkan bahwa setan-setan itu meminta agar Kristus tidak "memerintahkan mereka masuk ke dalam jurang maut." Penyiksaan yang dimaksudkan oleh setan-setan ini ialah hukuman terakhir sesudah hari penghakiman; mereka memohon untuk tidak dimasukkan ke dalam jurang maut sebelum waktu tersebut.

Wycliffe: Mrk 5:9 - Siapa namamu? // Legion // Kami banyak 9. Pertanyaan, Siapa namamu? ditujukan kepada roh jahat yang disebutkan dalam ayat 8. Roh ini juga memberi jawab di dalam 5:9, 10. Sebaliknya, di dala...

9. Pertanyaan, Siapa namamu? ditujukan kepada roh jahat yang disebutkan dalam ayat 8. Roh ini juga memberi jawab di dalam 5:9, 10. Sebaliknya, di dalam ayat 12 semua roh berbicara. Legion. Sebuah kesatuan pasukan Roma yang terdiri dari 6.000 orang lebih. Kami banyak. Roh jahat yang satu itu merupakan juru bicara bagi banyak roh jahat lainnya yang merasuki orang itu.

Wycliffe: Mrk 5:10 - keluar dari daerah itu, // jurang maut (8:31) 10. Makna dari ungkapan, keluar dari daerah itu, harus dilihat di dalam acuan Lukas kepada jurang maut (8:31). Roh-roh jahat itu takut dikembalikan ke...

10. Makna dari ungkapan, keluar dari daerah itu, harus dilihat di dalam acuan Lukas kepada jurang maut (8:31). Roh-roh jahat itu takut dikembalikan ke tempat penahanan untuk tinggal tanpa wujud hingga saat penghakiman.

Wycliffe: Mrk 5:12-13 - ke dalam babi-babi. Yesus mengabulkan permintaan mereka 12, 13. Daripada tinggal tanpa wujud, mereka memohon agar disuruh masuk ke dalam babi-babi. Yesus mengabulkan permintaan mereka. Pertanyaan yang terus...

12, 13. Daripada tinggal tanpa wujud, mereka memohon agar disuruh masuk ke dalam babi-babi. Yesus mengabulkan permintaan mereka. Pertanyaan yang terus muncul berkenaan dengan bagian ini adalah mengenai kesopanan tindakan Yesus berdasarkan etika karena mengakibatkan musnahnya milik orang. Jawaban yang umum diberikan ialah bahwa orang Yahudi tidak boleh memiliki babi, dan bahwa karena itu Kristus menegur mereka sebab melanggar Taurat Musa. Tetapi karena wilayah Dekapolis didiami oleh orang Yahudi dan orang bukan Yahudi, maka kita tidak memiliki kepastian apakah pemilik babi-babi itu adalah orang Yahudi atau apakah memang itulah maksud tindakan Kristus. Perhatikan bahwa Yesus tidak memerintahkan roh-roh jahat itu memasuki babi-babi; Dia hanya mengizinkan mereka. Roh-roh jahat itulah, dan bukan Tuhan, yang mendatangkan kehancuran. Kenyataan bahwa Kristus mengizinkan hal itu tidak mengizinkan Dia bertanggung jawab, sama seperti Allah tidak bertanggung jawab atas kejahatan sekalipun hal itu diizinkan oleh-Nya. Iblis yang menganiaya Ayub merupakan contoh kasus semacam itu (Ayb. 1:12; 2:6, 7).

Wycliffe: Mrk 5:15 - Maka takutlah mereka, 15. Maka takutlah mereka, bukan pada orang yang sembuh itu, melainkan pada kekuatan luar biasa yang sudah membuat orang itu sembuh. Mereka mengetahui ...

15. Maka takutlah mereka, bukan pada orang yang sembuh itu, melainkan pada kekuatan luar biasa yang sudah membuat orang itu sembuh. Mereka mengetahui akan kekuatan adikodrati yang ada pada oknum Kristus, tetapi mereka tidak mengetahui akan kasih dan kemurahan-Nya yang tanpa batas.

Wycliffe: Mrk 5:17 - meninggalkan // Daerah 17. Tanpa mereka sadari, mereka menyuruh sumber berkat dan keselamatan itu meninggalkan negeri mereka. Daerah. Istilah Yunaninya berarti perbatasan, b...

17. Tanpa mereka sadari, mereka menyuruh sumber berkat dan keselamatan itu meninggalkan negeri mereka. Daerah. Istilah Yunaninya berarti perbatasan, batas, dan di dalam bentuk jamak dapat berarti wilayah yang dikelilingi oleh batas-batas ini.

Wycliffe: Mrk 5:18 - supaya diperkenankan menyertai Dia 18. Sementara Yesus naik ke dalam perahu, orang yang baru sembuh dari kerasukan itu tetap memohon supaya diperkenankan menyertai Dia. Hanya dia saja d...

18. Sementara Yesus naik ke dalam perahu, orang yang baru sembuh dari kerasukan itu tetap memohon supaya diperkenankan menyertai Dia. Hanya dia saja di antara sesama penduduk di wilayah itu yang melihat Yesus sebagai seorang yang semestinya ia kasihi dan bukan seorang yang harus ia takuti.

Wycliffe: Mrk 5:19 - Yesus tidak memperkenankannya // segala sesuatu yang telah diperbuat oleh Tuhan // Mengasihani 19. Yesus tidak memperkenankannya. Maksudnya, Yesus tidak memperbolehkan orang itu ikut. Dia malah memerintahkan orang itu untuk pergi kepada masyarak...

19. Yesus tidak memperkenankannya. Maksudnya, Yesus tidak memperbolehkan orang itu ikut. Dia malah memerintahkan orang itu untuk pergi kepada masyarakatnya sendiri dan melaporkan kepada mereka segala sesuatu yang telah diperbuat oleh Tuhan. Sebuah prinsip dasar melandasi perintah Kristus ini. Manusia tidak dibebaskan dari belenggu sekadar supaya kebebasan dari Allah itu dapat dinikmati sendiri, tetapi juga agar ia memberikan kesaksian kepada orang lain mengenai Pelepas ilahi itu. Di negeri di timur Danau Galilea itu tidak ada alasan untuk mengkhawatirkan munculnya krisis akibat popularitas yang berlebihan. Karena itu orang yang baru sembuh dari kerasukan itu disuruh menyiarkan pengalaman hidupnya. Mengasihani. Kata kerja Yunani ini berarti berbelas kasihan kepada seseorang.

Wycliffe: Mrk 5:20 - Di daerah Dekapolis 20. Di daerah Dekapolis. Wilayah ini ada di bagian tenggara Danau Galilea di mana terdapat sepuluh kota (deka, "sepuluh"; polis, "kata"). Tata pemerin...

20. Di daerah Dekapolis. Wilayah ini ada di bagian tenggara Danau Galilea di mana terdapat sepuluh kota (deka, "sepuluh"; polis, "kata"). Tata pemerintahan dan kebudayaannya bersifat Yunani.

Wycliffe: Mrk 5:21-43 - -- H. Perempuan yang Sakit Pendarahan dan Putri Yairus (5:21-43). Di dalam ayat-ayat berikut ini dilukiskan dua mukjizat yang luar biasa. Penyembuhan pe...

H. Perempuan yang Sakit Pendarahan dan Putri Yairus (5:21-43).

Di dalam ayat-ayat berikut ini dilukiskan dua mukjizat yang luar biasa. Penyembuhan perempuan yang sakit pendarahan itu tampaknya terjadi tanpa tindakan secara sadar di pihak Kristus. Pembangkitan putri Yairus merupakan peristiwa kedua dalam pelayanan Kristus membangkitkan orang mati (bdg. 7:11 dst.).

Wycliffe: Mrk 5:22 - seorang kepala rumah ibadah, 22. Yairus adalah seorang kepala rumah ibadah, yang menunjukkan bahwa dia termasuk Salah satu tua-tua yang bertugas dalam kebaktian di rumah ibadah ya...

22. Yairus adalah seorang kepala rumah ibadah, yang menunjukkan bahwa dia termasuk Salah satu tua-tua yang bertugas dalam kebaktian di rumah ibadah yang dihadiri Yesus di Kapernaum.

Wycliffe: Mrk 5:23 - Memohon dengan sangat // Anakku perempuan // Hampir mati // Datanglah kiranya 23. Memohon dengan sangat. Yairus terus memohon, mungkin berkali-kali dan dengan sungguh-sungguh. Anakku perempuan. Semua penafsir mencatat bentuk men...

23. Memohon dengan sangat. Yairus terus memohon, mungkin berkali-kali dan dengan sungguh-sungguh. Anakku perempuan. Semua penafsir mencatat bentuk mengecilkan sebagai ungkapan kasih sayang. Hampir mati. Sebuah parafrase yang bagus dari teks Yunani, yang menunjukkan bahwa gadis itu berada dalam tahap paling akhir dari penyakitnya. Datanglah kiranya. Bahasa Yunani Markus melukiskan dengan jelas kesedihan yang mendalam dari sang ayah yang malang ketika memohon dengan terbata-bata, "Anakku perempuan sedang sakit, hampir mati - datanglah kiranya dan..."

Wycliffe: Mrk 5:24 - -- 24. Orang banyak yang mengikuti Kristus terus mengerumuni Dia dari berbagai sisi (bentuk waktu imperfect Yunani. synethlibon).

24. Orang banyak yang mengikuti Kristus terus mengerumuni Dia dari berbagai sisi (bentuk waktu imperfect Yunani. synethlibon).

Wycliffe: Mrk 5:25 - Menderita pendarahan 25. Menderita pendarahan. Tidak satu pun Injil yang secara khusus melukiskan sifat dari pendarahan ini terkecuali mengatakan bahwa penyakit ini menahu...

25. Menderita pendarahan. Tidak satu pun Injil yang secara khusus melukiskan sifat dari pendarahan ini terkecuali mengatakan bahwa penyakit ini menahun.

Wycliffe: Mrk 5:26 - berbagai tabib 26. Markus amat teras terang dalam memberikan ulasannya mengenai pengalaman perempuan ini dengan berbagai tabib. Dia berobat dari tabib yang satu ke t...

26. Markus amat teras terang dalam memberikan ulasannya mengenai pengalaman perempuan ini dengan berbagai tabib. Dia berobat dari tabib yang satu ke tabib yang lain untuk disembuhkan. Perempuan itu justru makin menderita di tangan para tabib, uangnya habis semua, dan penyakitnya makin parah. Lukas sang dokter tidak seterus terang ini dalam menggambarkan penyakit ini (Luk. 8:43).

Wycliffe: Mrk 5:27 - Orang banyak itu 27. Orang banyak itu. Orang yang terus mengerumuni Kristus.

27. Orang banyak itu. Orang yang terus mengerumuni Kristus.

Wycliffe: Mrk 5:28 - Katanya 28. Katanya. "Dia terus berkata" (Bentuk waktu imperfect Yunani), mungkin kepada dirinya sendiri.

28. Katanya. "Dia terus berkata" (Bentuk waktu imperfect Yunani), mungkin kepada dirinya sendiri.

Wycliffe: Mrk 5:29-30 - Tetapi, pada waktu itu juga Yesus mengetahui // Siapa yang menjamah Aku? 29, 30. Penyembuhan ini unik, bukan sekadar karena terjadi langsung, tetapi karena terjadi tanpa terlihat keterlibatan Kristus secara sadar. Tetapi, p...

29, 30. Penyembuhan ini unik, bukan sekadar karena terjadi langsung, tetapi karena terjadi tanpa terlihat keterlibatan Kristus secara sadar. Tetapi, pada waktu itu juga Yesus mengetahui apa yang telah terjadi. Kita tidak boleh beranggapan bahwa menyentuh jubah itu yang membawa akibat ajaib, tetapi bahwa Yesus yang mahatahu menghargai sentuhan iman perempuan itu lalu memberikan apa yang didambakannya. Atau dapat dianggap bahwa penyembuhan itu bukan merupakan tindakan Kristus secara sadar, dam bahwa yang menyembuhkan adalah Allah Bapa. Di dalam hal kedua ini Yesus. karena keterbatasan-Nya sebagai manusia, tidak menyadari peristiwa tersebut sebelum mukjizat itu terjadi. Siapa yang menjamah Aku? mungkin ditanyakan untuk mengungkapkan mukjizat itu kepada orang-orang yang, ada di situ, apabila Kristuslah yang dianggap melakukan penyembuhan itu secara sadar. Apabila tidak demikian, Kristus mungkin juga bertanya sebagai masukan untuk diri-Nya sendiri.

Wycliffe: Mrk 5:31 - murid-murid-Nya 31. Seperti biasanya, penggunaan keterangan waktu secara jelas oleh Markus merupakan penerangan. Dia melaporkan bahwa murid-murid-Nya terus-menerus me...

31. Seperti biasanya, penggunaan keterangan waktu secara jelas oleh Markus merupakan penerangan. Dia melaporkan bahwa murid-murid-Nya terus-menerus mengatakan, "Engkau melihat bagaimana orang-orang ini berdesak-desakan dekat-Mu ... . "

Wycliffe: Mrk 5:32 - memandang sekeliling-Nya 32. Jelas perempuan itu tidak dapat ditemukan dalam sekejap mata, sebab Markus mengatakan bahwa Ia memandang sekeliling-Nya (bentuk waktu imperfect Yu...

32. Jelas perempuan itu tidak dapat ditemukan dalam sekejap mata, sebab Markus mengatakan bahwa Ia memandang sekeliling-Nya (bentuk waktu imperfect Yunani).

Wycliffe: Mrk 5:34 - Imanmu // Telah menyelamatkan engkau ... sembuhlah 34. Imanmu. Kita dapat menyaksikan tindakan iman perempuan ini dalam 5:27, 28, suatu keyakinan yang demikian kuat sehingga dia tidak merasa perlu mena...

34. Imanmu. Kita dapat menyaksikan tindakan iman perempuan ini dalam 5:27, 28, suatu keyakinan yang demikian kuat sehingga dia tidak merasa perlu menarik perhatian Yesus. Telah menyelamatkan engkau ... sembuhlah. Ungkapan yang pertama mengacu kepada keselamatan dari penderitaan jasmaniahnya. Ungkapan yang kedua berarti jadilah sehat, dan merupakan bentuk perintah waktu kini, yang artinya perempuan itu akan sehat terus.

Wycliffe: Mrk 5:35 - apa perlunya lagi engkau menyusah-nyusahkan Guru?, // Guru 35. Pertanyaan dari para utusan itu, apa perlunya lagi engkau menyusah-nyusahkan Guru?, menunjukkan bahwa mereka tidak mengharapkan terjadinya kebangk...

35. Pertanyaan dari para utusan itu, apa perlunya lagi engkau menyusah-nyusahkan Guru?, menunjukkan bahwa mereka tidak mengharapkan terjadinya kebangkitan. Guru. Istilah Yunaninya adalah didaskalon.

Wycliffe: Mrk 5:36 - -- 36. Dengan mengabaikan apa yang dikatakan oleh para utusan itu, Yesus mengatakan kepada sang kepala rumah ibadat, "Jangan takut, percaya saja!" Kedua ...

36. Dengan mengabaikan apa yang dikatakan oleh para utusan itu, Yesus mengatakan kepada sang kepala rumah ibadat, "Jangan takut, percaya saja!" Kedua kata kerja ini dalam bentuk waktu sekarang dalam bahasa Yunani. Laporan para utusan telah membuat kepala rumah ibadat takut, tetapi Kristus mendorongnya agar tidak meninggalkan imannya selama ini.

Wycliffe: Mrk 5:38 - Orang-orang ribut 38. Orang-orang ribut. Di kalangan orang Yahudi meratapi orang mati sama sekali tidak berarti lemah dan merupakan hal yang mulia. Peratap profesional ...

38. Orang-orang ribut. Di kalangan orang Yahudi meratapi orang mati sama sekali tidak berarti lemah dan merupakan hal yang mulia. Peratap profesional disewa untuk menunjukkan dukacita. Matius 9:23 menyebutkan peniup seruling dan orang banyak yang ikut bikin ribut.

Wycliffe: Mrk 5:39 - Mengapa kamu ribut dan menangis?, // tidak mati, // kembalilah roh anak itu, 39. Keadaan yang tidak pantas itu menggerakkan Kristus untuk bertanya, Mengapa kamu ribut dan menangis?, atau secara lebih harfiah, "Mengapa kamu sega...

39. Keadaan yang tidak pantas itu menggerakkan Kristus untuk bertanya, Mengapa kamu ribut dan menangis?, atau secara lebih harfiah, "Mengapa kamu segaduh itu?" Pernyataan Kristus bahwa gadis itu tidak mati, tetapi tidur telah ditafsirkan beberapa penafsir sebagai berarti gadis itu belum benar-benar mati tetapi hanya koma. Sekalipun demikian, Lukas 8:55 menyebutkan, kembalilah roh anak itu, yang menunjukkan bahwa sebelumnya anak itu sudah mati. Tindakan Yesus menyebut mati sebagai tidur dimaksudkan untuk memberikan kesan bahwa keadaan itu bersifat sementara, dan bahwa anak itu akan bangun kembali.

Wycliffe: Mrk 5:40 - menertawakan // Diusir-Nya semua orang itu 40. Para peratap menanggapi kiasan Yesus secara harfiah, menertawakan (bentuk waktu imperfect Yunani) Dia. Mereka mengetahui bahwa gadis itu sudah mat...

40. Para peratap menanggapi kiasan Yesus secara harfiah, menertawakan (bentuk waktu imperfect Yunani) Dia. Mereka mengetahui bahwa gadis itu sudah mati, dan mereka yakin bahwa kematian bersifat permanen. Diusir-Nya semua orang itu. Kata kerja yang dipakai Markus ini kuat, artinya, didorong ke luar. Kristus mengusir orang banyak yang ribut itu keluar dari rumah.

Wycliffe: Mrk 5:41 - Talita kum // Aku berkata kepadamu 41. Talita kum. Salinan dari bahasa Aram yang artinya, "Gadis cilik, bangunlah." Markus menyisipkan kata-kata, Aku berkata kepadamu.

41. Talita kum. Salinan dari bahasa Aram yang artinya, "Gadis cilik, bangunlah." Markus menyisipkan kata-kata, Aku berkata kepadamu.

Wycliffe: Mrk 5:42 - Seketika itu juga // bangkit berdiri // Dua belas tahun // takjub 42. Seketika itu juga gadis itu bangkit berdiri (satu tindakan) dan berjalan keliling (tindakan berkesinambungan). Dua belas tahun. Gadis itu sudah cu...

42. Seketika itu juga gadis itu bangkit berdiri (satu tindakan) dan berjalan keliling (tindakan berkesinambungan). Dua belas tahun. Gadis itu sudah cukup besar sehingga dapat berjalan. Orang tua gadis itu dan para murid takjub menyaksikan mukjizat tersebut, begitu takjub sehingga mereka terpana.

Wycliffe: Mrk 5:43 - jangan seorang pun mengetahui hal itu, 43. Yesus memerintahkan agar jangan seorang pun mengetahui hal itu, supaya orang tua si anak tidak menyebarkan berita itu yang dapat menimbulkan krisi...

43. Yesus memerintahkan agar jangan seorang pun mengetahui hal itu, supaya orang tua si anak tidak menyebarkan berita itu yang dapat menimbulkan krisis sebelum waktu kematian Juruselamat tiba (Yoh. 12:23, 27).

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Mrk 5:1-20 - Pengusiran Legion Dalam pasal ini diceritakan tentang: I. Kristus mengusir roh jahat yang sangat banyak jumlahnya dari orang yang kerasukan dan menyuruh mereka ...

Matthew Henry: Mrk 5:21-34 - Penyembuhan Perempuan yang Sakit Pendarahan Penyembuhan Perempuan yang Sakit Pendarahan (5:21-34) Oleh karena orang Gerasa ingin Kristus meninggalkan daerah mereka, Dia tidak tinggal berlama-...

Matthew Henry: Mrk 5:35-43 - Putri Yairus Dihidupkan Kembali Putri Yairus Dihidupkan Kembali (5:35-43) Penyakit dan kematian masuk ke dalam dunia melalui dosa dan ketidaktaatan Adam yang pertama, tetapi denga...

SH: Mrk 5:1-20 - Memulihkan orang yang dirasuk (Kamis, 12 Februari 2009) Memulihkan orang yang dirasuk Bagaimana pengaruh setan dalam hidup manusia? Merusak! Ini tampak dalam kisah di perikop yang kita baca hari ini. O...

SH: Mrk 5:1-20 - Akibat berjumpa Yesus. (Rabu, 5 Maret 2003) Akibat berjumpa Yesus. Hampir seluruh stasiun tv di Indonesia saat ini menyuguhkan tontonan seram yang dikemas sedemikian rupa kepada para p...

SH: Mrk 5:21-43 - Tuhan atas pribadi yang tepat (Jumat, 13 Februari 2009) Tuhan atas pribadi yang tepat Apa yang Anda akan lakukan bila mengalami sakit yang tak tersembuhkan? Atau bila maut mengancam nyawa Anda atau nya...

SH: Mrk 5:21-34 - Tidak ada masyarakat kelas dua. (Kamis, 6 Maret 2003) Tidak ada masyarakat kelas dua. Masyarakat Yahudi menganggap perempuan adalah masyarakat kelas dua. Bagi perempuan normal (=sehat) keadaan i...

SH: Mrk 5:35-43 - Percaya adalah kekuatan. (Jumat, 7 Maret 2003) Percaya adalah kekuatan. Manusia masa kini kadang membayangkan dunianya bagaikan dunia agen-agen rahasia yang punya semboyan "jangan percaya...

Utley: Mrk 5:1-13 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 5:1-131 Lalu sampailah mereka di seberang danau, di daerah orang Gerasa. 2 Baru saja Yesus turun dari perahu, datanglah seor...

Utley: Mrk 5:14-20 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 5:14-2014 Maka larilah penjaga-penjaga babi itu dan menceriterakan hal itu di kota dan di kampung-kampung sekitarnya. Lalu k...

Utley: Mrk 5:21-24 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 5:21-2421 Sesudah Yesus menyeberang lagi dengan perahu, orang banyak berbondong-bondong datang lalu mengerumuni Dia. Sedang ...

Utley: Mrk 5:25-34 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 5:25-3425 Adalah di situ seorang perempuan yang sudah dua belas tahun lamanya menderita pendarahan. 26 Ia telah berulang-ula...

Utley: Mrk 5:35-43 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 5:35-4335 Ketika Yesus masih berbicara datanglah orang dari keluarga kepala rumah ibadat itu dan berkata: "Anakmu sudah mati...

Topik Teologia: Mrk 5:2 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Iblis-iblis

Topik Teologia: Mrk 5:3 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Iblis-iblis

Topik Teologia: Mrk 5:5 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Iblis-iblis Kerasukan Iblis Akibat dari Kerasukan Iblis Kehadiran Distruktif (Perusak) Mar ...

Topik Teologia: Mrk 5:6 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Allah Yesus Menerima Permohonan Do...

Topik Teologia: Mrk 5:7 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Rangkap Allah Allah yang Mahatinggi (Yun.: Hupsistos Theos) ...

Topik Teologia: Mrk 5:8 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Iblis-iblis

Topik Teologia: Mrk 5:11 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Iblis-iblis

Topik Teologia: Mrk 5:19 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Tunggal Allah Tuhan (Yun.: Kurios) Mat 9:38 Mat 11:25 Mar 5:19 ...

Topik Teologia: Mrk 5:21 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab Terhadap Sesama Tugas Terhadap Kelompok-kelompok Orang Khusus ...

Topik Teologia: Mrk 5:25 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita dan Peranannya Dalam Agama Wanita Dalam Pelayanan Yesus Wanita-wanita sebagai Teladan Iman W...

Topik Teologia: Mrk 5:26 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan dan Penderitaan Pemeliharaan-Nya Memperbolehkan Kesengsaraan ...

Topik Teologia: Mrk 5:41 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus

Topik Teologia: Mrk 5:42 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Allah Yesus Mengklaim Hak-hak Alla...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Markus (Pendahuluan Kitab) Penulis : Markus Tema : Yesus, Sang Putra-Hamba Tanggal Penulisan: 55-65 M Latar Belakang Di antara keempat Injil, Injil Marku...

Full Life: Markus (Garis Besar) Garis Besar I. Persiapan untuk Pelayanan Yesus (Mr 1:1-13) A. Pelayanan Yohanes Pembaptis (Mr 1:2-8)...

Matthew Henry: Markus (Pendahuluan Kitab) Kita telah mendengar bukti yang diberikan oleh saksi pertama mengenai ajaran dan mujizat Yesus Tuhan kita. Sekarang di sini hadir saksi lain lagi yang...

Jerusalem: Markus (Pendahuluan Kitab) INJIL-INJIL SINOPTIK PENGANTAR Ada empat kitab dalam Perjanjian Baru yang berisikan "Kabar Yang Baik" (demikianlah arti kata "Euaggelio...

Jerusalem: Markus (Pendahuluan Kitab) Injil Karangan Markus Rangka Mrk adalah paling tidak sistematik. Pembukaan injil merangkum pewartaan oleh Yohanes Pembaptis, baptisan Yesus dan pencob...

Ende: Markus (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN MARKUS KATA PENGANTAR Tentang Pengarang Jang dari semula terkenal sebagai pengarang "Indjil kedua", ialah Markus, jang d...

Wycliffe: Markus (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN MARKUS Penulis. Sekalipun penulis Injil ini tidak disebutkan, tersedia bukti yang cukup untuk secara positif menentukan siapa penulis itu...

Wycliffe: Markus (Garis Besar) GARIS BESAR MARKUS I. Judul 1:1 II. Persiapan Pelayanan Kristus 1:2-13 A. Pendahulu-Nya 1:2-8 B. Baptisan-Nya 1:9-11 ...

BIS: Markus (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH MARKUS PENGANTAR Buku Kabar Baik oleh Markus dimulai dengan pernyataan: "Inilah Kabar Baik tentang Yesus Kristus, A

KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH MARKUS

PENGANTAR

Buku Kabar Baik oleh Markus dimulai dengan pernyataan: "Inilah Kabar Baik tentang Yesus Kristus, Anak Allah". Dalam Kabar Baik itu Yesus ditampilkan sebagai seorang yang banyak bertindak dan yang berwibawa. Kewibawaan-Nya nyata dalam cara Ia mengajar, dalam kuasa-Nya terhadap roh-roh jahat, dan dalam mengampuni dosa. Yesus menampilkan diri-Nya sebagai Anak Manusia yang memberikan nyawa-Nya supaya manusia dibebaskan dari dosa.

Cerita tentang Yesus dalam buku ini disampaikan secara hidup dan terus terang. Perbuatan-perbuatan-Nya lebih banyak ditekankan daripada perkataan dan ajaran-Nya. Setelah kata-kata pendahuluan yang singkat mengenai Yohanes Pembaptis dan mengenai baptisan Yesus serta cobaan terhadap diri-Nya, buku Markus ini langsung menceritakan pelayanan Yesus, khususnya tentang penyembuhan-penyembuhan yang dilakukan-Nya dan tentang pengajaran-Nya. Pasal-pasal terakhir memuat cerita tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi pada minggu terakhir dalam hidup Tuhan Yesus di dunia ini, terutama tentang penyaliban diri-Nya dan kebangkitan-Nya dari kematian.

Kedua bagian akhir dari buku Markus, yang dimasukkan dalam tanda kurung besar, umumnya dianggap bukan tulisan penulis buku Markus, melainkan seorang yang lain.

Isi

  1.  Pendahuluan
    Mr 1:1-13
  2.  Pelayanan Yesus di tengah-tengah masyarakat di Galilea
    Mr 1:14-9:50
  3.  Dari Galilea ke Yerusalem
    Mr 10:1-52
  4.  Minggu terakhir di Yerusalem dan sekitarnya
    Mr 11:1-15:47
  5.  Kebangkitan Yesus
    Mr 16:1-8
  6.  Penampakan dan terangkatnya Yesus ke surga
    Mr 16:9-20

Ajaran: Markus (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi kitab Injil Markus orang-orang Kristen mengerti, bahwa Yesus Kristus adalah Mesias, Juruselamat, Raja yang dijanji

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi kitab Injil Markus orang-orang Kristen mengerti, bahwa Yesus Kristus adalah Mesias, Juruselamat, Raja yang dijanjikan, yang diutus Allah sebagai penggenapan nubuatan para nabi dalam kitab Perjanjian Lama.

Pendahuluan

Penulis : Rasul Markus.

Tahun : Sekitar tahun 50 Masehi.

Penerima : Orang-orang Kristen dari bangsa bukan Yahudi. (Dan juga setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus).

Isi Kitab: Injil Markus terdiri dari 16 pasal. Injil Markus menunjukkan bagaimana Yesus Kristus, sebagai hamba yang setia, sibuk dengan pelayanan-Nya. Dalam Injil ini Tuhan Yesus dilukiskan sebagai hamba yang setia.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Injil Markus

  1. Pasal 1-10 (Mr 1:1-10:52).

    Hamba yang setia ini melaksanakan tugas pelayanannya

    1. Bacalah pasal Mr 1:35. Nats ini menceritakan bagaimana Hamba itu memulai pelayanan/tugas-Ny dengan berdoa. Hal ini juga mengajarkan agar setiap orang percay selalu memulai tugas dan pekerjaannya dengan memohon pimpinan Tuha atau berdoa. _Tanyakan_: Apakah saudara sering berdoa/sudahkah anda berdoa?
    2. Bacalah pasal Mr 10:45. Nats ini menyatakan bahwa Hamba itu datang bukanlah untuk dilayani tetapi untuk melayani dengan menyerahkan nyawa-Nya menjadi tebusa dosa manusia. Hal ini mengajarkan kepada setiap orang Kristen untu memberikan pelayanan kepada Allah, yaitu dengan memberitakan Injil da melayani di dalam gereja.
  2. Pasal 11-15 (Mr 11:1-15:47).

    Hamba yang setia memberikan dirinya mengalami penderitaan dan kematian dalam melaksanakan tugasnya

    Nats ini menjelaskan bagaimana Hamba itu melayani dengan penuh kesetiaan, walaupun harus mengalami penderitaan bahkan sampai kematian.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Mr 14:32-41. (Khususnya ayat 36). Ayat ini menceritakan bagaimana Hamba yang setia itu berdoa dan memohonkan keinginan-Nya, tetapi akhirnya Ia mengatakan agar kehendak yang mengutus-Nya saja yang jadi. Ini mengajarkan kepada setiap orang yang percaya, agar dalam doanya selalu meminta kehendak Allah saja yang jadi. _Tanyakan_: Bagaimanakah doa saudara kepada Allah?
    2. Tuhan Yesus setia melayani kehendak Bapa, bahkan sampai mati di kayu salib dan bangkit dari kematian. Teladan apakah yang harus ada pada kita sebagai murid-murid-Nya?
  3. Pasal 16 (Mr 16:1-20). Hamba yang setia dipermuliakan Nats ini menceritakan tentang Hamba yang setia itu memperoleh kemuliaan melalui kebangkitan-Nya dari kematian.

    Pendalaman

    Bacalah pasal Mr 16:1-19. Nats ini menjelaskan tentang Hamba yang setia itu membuktikan kebangkitan-Nya. Ini mengajarkan kepada orang percaya bahwa Yesus Kristus benar-benar bangkit dari kematian-Nya.

    _Tanyakan_: Kepada siapakah Tuhan Yesus menampakkan diri setelah kebangkitan-Nya?

II. Kesimpulan

Melalui Injil Markus dibuktikan bahwa Yesus Kristus adalah Hamba Allah yang memberikan diri-Nya sebagai korban atas dosa-dosa manusia.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Injil Markus?
  2. Apakah pokok pengajaran Injil Markus?
  3. Untuk apakah Yesus Kristus datang ke dunia ini?
  4. Pelajaran rohani apakah yang saudara terima dar mempelajari Injil Markus?

Intisari: Markus (Pendahuluan Kitab) Buku pegangan guru Kristen SIAPAKAH YOHANES MARKUS?1. Dia adalah kemenakan Barnabas (Kol 4:10).2. Dia tinggal di Yerusalem bersama ibunya, Maria (Kis

Buku pegangan guru Kristen

SIAPAKAH YOHANES MARKUS?
1. Dia adalah kemenakan Barnabas (Kol 4:10).
2. Dia tinggal di Yerusalem bersama ibunya, Maria (Kis 12:12). Jemaat berkumpul di rumahnya.
3. Dia pergi bersama Paulus dan kemenakannya pada perjalanan misi yang pertama (Kis 13:5).
4. Markus meninggalkan teman-temannya setelah beberapa waktu berada di Siprus (tanah kelahiran Barnabas, Kis 4:36), mungkin karena ia tidak setuju atas tindakan Paulus yang mengambil alih pimpinan.
5. Dia kembali ke Yerusalem (Kis 13:13).
6. Di Yerusalem ia memperoleh banyak kesempatan untuk berbicara dengan Petrus.
7. Kemungkinan besar Petruslah yang membuat Markus percaya kepada Yesus; Petrus menyebutnya 'Markus anakku', dalam 1Petrus 5:13.
8. Secara umum diakui bahwa Markus menulis kabar baik tentang Yesus sesuai dengan apa yang didengarnya dari Petrus.
9. Ada yang berpendapat bahwa Markus adalah anak muda yang disebut-sebut dalam Markus 14:51, 52, tetapi hal ini tidak dapat dibuktikan.

WAKTU PENULISAN.
Injil Markus mungkin merupakan Injil yang paling awal ditulis, yaitu antara tahun 65 dan 70 M, sebelum Bait Allah di Yerusalem dihancurkan. Tampaknya baik Matius maupun Lukas telah memakai Injil Markus untuk penulisan Injil mereka.

MISTERI INJIL MARKUS.
Markus memperlihatkan pada kita Yesus yang mempunyai rahasia. Dalam Injil Markus kita mendapatkan Yesus tanpa publisitas...
1. Roh jahat diperintahkan-Nya untuk diam (Mar 1:25, 34; 3:12).
2. Mereka yang sudah disembuhkan oleh Yesus dilarang menceritakan pengalaman mereka (Mar 1:44; 5:43; 7:36).
3. Pengikut Yesus sendiri diperintahkan untuk tidak menceritakan ke pada orang lain bahwa Ia adalah Mesias (Mar 8:30).
4. Dan Yesus memberitahukan para pengikut-Nya secara pribadi tentang 'rahasia Kerajaan Allah' (Mar 4:10-12).

Lalu, bagaimana kita menafsirkan maksud rahasia ini? Masalah yang dihadapi Yesus ialah bahwa orang Yahudi mempunyai pemahaman yang salah mengenai Mesias. Karena Yesus menentang pemahaman mereka yang salah, maka kita:

1. Tidak menerima pemahaman tersebut, karena pendapat umum tentang Mesias bersifat politis dan manusiawi, bukannya spiritual dan Ilahi.
2. Tidak menolak, karena Yesus benar-benar adalah Mesias; banyak mukjizat dilakukan-Nya (paling tidak ada 17 mukjizat yang dicatat oleh Markus) merupakan bukti kebenaran ini.
3. Tetapi, merumuskan kembali pemahaman tersebut, karena Yesus harus menunjukkan kepada mereka bahwa Ia adalah Mesias yang melayani, menyelamatkan dan menderita, yang sepenuhnya manusia tetapi juga sepenuhnya Allah.

CIRI-CIRI KHUSUS.
Ini adalah Injil terpendek, padat dan ringkas. Markus mengetengahkan hal-hal penting yang dapat dipakai sebagai bahan acuan langsung. Kata 'segera' ditulis lebih dari empat puluh kali dan rupanya untuk memacu kita dari satu kisah menarik ke kisah menarik berikutnya.

Pesan

1. Yesus: Anak Allah. Markus mulai dengan kata-kata: 'Inilah permulaan Injil tentang Yesus Kristus, Anak Allah.' Mar 1:1

2. Yesus: Anak Manusia. o Markus juga menunjukkan kepada kita kemanusiaan Yesus: o Ia berdukacita. Mar 3:5 o Ia berbelas kasihan terhadap orang banyak. Mar 6:34 o Ia takut dan gentar. Mar 14:33 o Markus memakai sebutan 'Anak Manusia' empat belas kali; sebutan yang paling disukainya untuk Yesus.

3. Kata-kata yang benar-benar diucapkan Yesus. Markus mencatat bagi kita apa yang diingat

Petrus tentang beberapa kata dari bahasa Aram yang dikatakan Yesus:

o 'Talita kum!', Hai anak, bangunlah!' Mar 5:41 o 'Efata!', 'Terbukalah!' Mar 7:34 o 'Eloi, Eloi, lama sabakhtani?', 'Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?' Mar 15:34

4. Kebaikan Yesus. Markus mencatat apa yang diingat oleh Petrus mengenai kebaikan Yesus yang istimewa kepadanya dan kesadaran Petrus bahwa ia tidak layak menerima semua itu. Petrus membuat Markus tidak menulis ucapan Yesus tentang Petrus sebagai batu karang, karena Petrus ingat saat ia tidak bersikap dianggap sebagai batu karang. (Lihat Mat 16:18, 19).

Penerapan

Markus menunjukkan kepada kita:
1. Pentingnya ajaran yang benar.
o Ajaran itu tidak dapat datang dari roh-roh jahat, bahkan mereka harus takluk
kepada kuasa-Nya.
o Ajaran itu tidak dapat datang dari mereka yang telah disembuhkan, walaupun
mereka sungguh bersyukur.
o Ajaran itu tidak dapat datang dari para rasul, sampai mereka sungguh-sungguh
diperlengkapi.

Ajaran Kristen bukan suatu pengetahuan, tetapi kebijaksanaan Ilahi.

2. Mukjizat merupakan hal yang biasa bagi Allah.
o Markus tidak pernah merasa aneh terhadap mukjizat dan tidak pernah mencoba untuk meremehkannya.
o Mukjizat Yesus menunjuk pada sifat-Nya. Singkirkan mukjizat, maka Anda akan meragukan ketuhanan-Nya.
o Mukjizat selalu dan akan selalu mengagumkan. Berkali-kali Markus mengakhiri suatu kisah tentang mukjizat dengan pengamatannya tentang orang banyak yang menjadi'kagum', 'dipenuhi dengan rasa takjub'.
o Perhatikanlah dengan saksama sejumlah mukjizat dalam pasal 5 yang menunjukkan kuasa Yesus atas
- roh-roh jahat (1-20)
- penyakit (24-34)
- kematian (35-43)

3. Tantangan sering datang dari orang yang taat beragama.
o Para ahli Taurat Mar 2:6
o Orang-orang Farisi Mar 2:24
o Orang-orang Herodian Mar 3:6
o Para imam kepala Mar 11:18
o Orang-orang Saduki Mar 12:18

Tema-tema Kunci

1. Mukjizat Yesus. Buatlah daftar mukjizat yang dicatat dalam Injil Markus. Bandingkanlah daftar ini dengan jumlah perumpamaan yang ditulis dalam Injil Markus. Mengapa Markus sangat menekankan mukjizat Yesus? Mengapa Yesus melakukan Mukjizat? Coba temukan paling sedikit tiga alasan yang jelas.

2. Tanggapan orang banyak. Carilah ayat-ayat yang merupakan komentar Markus tentang kekaguman orang banyak ketika mereka menyaksikan mukjizat Yesus (misalnya Mar 1:27; 2:12; 4:41; 5:15; 6:50 dan seterusnya). Tulislah berbagai reaksi orang banyak dan jelaskan mengapa mereka memberikan reaksi yang berbeda-beda.

3. Sebutan istimewa bagi Yesus. Telitilah dalam Injil Markus dan catatlah sebutan-sebutan istimewa bagi Yesus yang dicatat oleh Markus. Berapa kali ia menggunakan sebutan Anak, Anak-Ku, Anak Allah, Anak Manusia? Siapa yang menggunakan sebutan Anak Manusia? Mengapa? (Pelajarilah Dan. Mar 7:13-28 dengan saksama).

4. Kuasa Yesus. Pelajarilah dengan saksama semua pasal yang menunjuk pada kuasa Yesus: Mar 1;22; 1:27; 2:10; 3:15; 6:7;11:27-33 dan Mar 13:34. Perhatikan secara khusus acuan terakhir ini: 'Sama seperti seorang yang bepergian: Ia meninggalkan rumahnya dan menyerahkan tanggung jawab kepada hamba-hambanya'. Ungkapan terakhir ini berarti 'memberikan kuasa kepada hamba-hambanya'.

Garis Besar Intisari: Markus (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Mar 1:1-13 Mar 1:1-11 Yohanes dan Sungai Yordan; Yesus dan Roh Kudus Mar 1:12-13Pencobaan selama empat puluh hari [2]

[1] PENDAHULUAN Mar 1:1-13

Mar 1:1-11 Yohanes dan Sungai Yordan; Yesus dan Roh Kudus
Mar 1:12-13Pencobaan selama empat puluh hari

[2] PULANG DAN PERGI KE GALILEA Mar 1:14-7:23

Mar 1:14-20Pengikut-pengikut Yesus yang pertama
Mar 1:21-45Mukjizat-mukjizat kesembuhan
Mar 2:1-3:6Lima peristiwa pertentangan
Mar 3:7-35Guru dan murid-murid-Nya
Mar 4:1-34Selalu dengan perumpamaan
Mar 4:35-41Siapa gerangan orang ini?
Mar 5:1-43Roh-roh jahat, penyakit dan kematian
Mar 6:1-6Akibat ketidakpercayaan
Mar 6:7-13Kuasa yang menyertai ketaatan
Mar 6:14-29Herodes membunuh Yohanes Pembaptis
Mar 6:30-44Lima roti, dua ikan, lima ribu orang
Mar 6:45-56Berjalan di atas air: mukjizat yang mendahului banyak mukjizat lain
Mar 7:1-23Yang di luar dan yang di dalam

[3] YESUS DI DAERAH UTARA Mar 7:24-9:50

Mar 7:24-30Ke pantai: Tirus dan Sidon
Mar 7:31-37Kesepuluh Kota
Mar 8:1-13Tujuh roti, beberapa ikan dan empat ribu orang
Mar 8:14-21Murid-murid yang bebal
Mar 8:22-26Di Betsaida lagi
Mar 8:27-9:1Lebih ke utara: Kaisarea Filipi
Mar 9:2-13"Kami melihat kemuliaan-Nya": pemuliaan
Mar 9:14-29Tanpa doa berarti tanpa kuasa
Mar 9:30-50Yang besar dan yang kecil

[4] PERJALANAN KE SELATAN Mar 10:1-13:37

Mar 10:1-16Pernikahan, perceraian, anak-anak
Mar 10:17-31Bahaya kemakmuran
Mar 10:32-45Apa artinya menjadi seperti Yesus
Mar 10:46-52Bartimeus Buta di Yerikho
Mar 11:1-19Yesus di Yerusalem: Bait Allah dipersiapkan untuk upacara kurban
Mar 11:20-26Kutuk terhadap pohon yang tidak berbuah
Mar 11:27-12:44Permusuhan: Imam-imam kepala, Ahli Taurat, Tua-tua, orang Farisi, orang Herodian, orang Saduki
Mar 13:1-37Nubuat: sekilas tentang tujuan akhir

[5] PUSAT SEJARAH Mar 14:1-16:8

Mar 14:1-11Di Betania: Domba kurban diurapi
Mar 14:12-25Perjamuan Tuhan
Mar 14:26-42Taman Getsemani: sekilas tentang penderitaan
Mar 14:43-15:15Ditangkap dan diadili
Mar 15:16-47'Disalibkan, mati dan dikuburkan'
Mar 16:1-8'Bangkit kembali dari antara orang mati'

[6] PENUTUP 16:9-20

Mar 16:9-20Misi ke seluruh dunia diamanatkan dan dimulai
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #21: Untuk mempelajari Sejarah/Latar Belakang kitab/pasal Alkitab, gunakan Boks Temuan pada Tampilan Alkitab. [SEMUA]
dibuat dalam 0.84 detik
dipersembahkan oleh YLSA