Daftar Isi
GREEK: 1046 gadarhnov Gadarenos 1086 gerghshnov Gergesenos
BARCLAY: 1046 1086
HAAG: Gadara Gerasa
BROWNING: GADARA GERASA
ENSIKLOPEDIA: GADARA GERASA

Gerasa

Mar 5:1.
NETBible Maps:
Map1 F2
Map2 B2
Map3 D2
Map4 D1
Map5 E4
Indo8 C3
NT1 D4

Yunani

Strongs #1046: gadarhnov Gadarenos

Gadarenes = "reward at the end"

1) also called Gergesenes, was the capital of Peraea, situated
opposite the south extremity of the Lake of Gennesaret to the
south-east, but at some distance from the lake on the banks of the
river Hieromax

1046 Gadarenos gad-ar-ay-nos'

from Gadara (a town east of the Jordan); a Gadarene or inhabitant of Gadara: KJV -- Gadarene.

Strongs #1086: gerghshnov Gergesenos

Gergesenes = "a stranger drawing near" ?

1) also called Gadarenes, is assumed to have been located on the
eastern shore of Lake Gennesaret

1086 Gergesenos gher-ghes-ay-nos'

of Hebrew origin (1622); a Gergesene (i.e. Girgashite) or one of the aborigines of Palestine: KJV -- Gergesene.
see HEBREW for 01622

[Barclay]

Strongs #1046:

h, on dari Gadara

Strongs #1086:

h, on dari Gergesa

Gadara [haag]

Gadara.

Sebuah kota helenis di daerah sebelah timur sungai Yordan. Letaknya kira-kira 10 km tenggara Genesaret. Secara politis digolongkan pada --> Dekapolis. Daerah kota ~G mungkin mencapai batas danau (Mark 5:1 dsj). Saat ini reruntuhannya bernama Mukes. Gamb. 5:8.

Gerasa [haag]

Gerasa.

Sebuah kota di daerah sebelah Timur sungai Yordan. Mempunyai sejarah pendahuluan tanpa arti. Dibangun kembali pada zaman Iskandar Agung. Pada tahun 80 sebelum Mas. dipukul kalah oleh Aleksander Yaneus. Setelah dibebaskan oleh Pompeius, ~G dimasukkan pada kelompok --> Dekapolis. Sekarang ini = dsyerasy. Puing-puing Romawi yang mengagumkan di tempat itu sebagian besar berasal dari abad I atau II ses. Mas. (: tembok kota, forum: pasar, jalan tiang-tiang, dua buah bangunan kenisah, teater dan lain-lain). Gamb. 5 dan Peta PB D5.

GADARA [browning]

Sebuah kota Dekapolis, 9,6 km (6 mil) di sebelah tenggara Tasik *Galilea, tempat Yesus menyembuhkan dua orang (Mat. 8:28), atau seorang (Mrk. 5:1) yang dirasuk setan. Manuskrip Yunani yang terbaik yang berhubungan dengan perikop Markus (5:1) menyebut tempat itu 'Gerasa' yang jaraknya 48 km (30 mil) dari danau, dan secara geografis kurang masuk akal. Gadara adalah kota orang-orang *bukan Yahudi dan pusat filsafat spekulasi. Markus (5:19) mencatat perintah Yesus kepada orang yang dirasuk setan itu untuk menceritakan penyembuhan dirinya kepada teman-temannya, sedangkan Matius menghilangkan hal ini. Kemungkinan karena Matius bermaksud menunjukkan bahwa misi Gereja kepada orang-orang bukan Yahudi belum tiba waktunya; hal itu akan terjadi, namun kemudian hari.

GERASA [browning]

Salah satu kota *Dekapolis yang mengesankan. Pada zaman PB dibangun kembali oleh orang-orang Romawi, dilengkapi dengan teater den tempat pertemuan umum. Kota ini terletak di antara *Laut Mati den Tasik *Galilea, den disinggung dalam Mrk. 5:1. Pada 63 sM, kota ini digabungkan ke dalam provinsi Siria.

GADARA [ensiklopedia]

Satu-satunya singgungan Alkitab mengenai Gadara, adalah cerita mujizat penyembuhan korban legion dan kawanan babi. Sebutan 'orang Gadara' terdapat dalam beberapa naskah atau terjemahan dari Mat 8:28; Mrk 5:1; dan Luk 8:26. Kemungkinan aslinya istilah ini hanyalah dalam Matius. Hampir pasti bahwa tempat yg sesungguhnya di mana mujizat itu terjadi adalah daerah pantai laut Galilea. Mungkin hal itu terjadi pada sebuah sub-distrik Gadara yg letaknya 10 km di daerah tenggara laut itu, dekat ngarai Yarmuk (atau Hieromax). Misnah menegaskan bahwa Gadara sudah dikenal pada zaman PL. Daerah itu antara abad 3 sM dan peperangan orang Yahudi (40 M), berganti-ganti diperintah oleh Ptolemeus, wangsa Seleukeus, orang Yahudi dan bangsa Romawi. Gadara adalah salah satu kota Dekapolis. Reruntuhan pada Umm Qays sekarang ini menandai daerah itu. *GERASA. DFP/JMP

GERASA [ensiklopedia]

Kota penting zaman kuno. Peranannya setaraf Palmyra dan Petra. Letaknya di Transyordan, di pertengahan jalur lintas Laut Mati dan Danau Galilea, kr 30 km di timur S Yordan. Daerah itu, yg pada dewasa ini masih mempertahankan nama lama dalam bentuk Jaras, merupakan contoh kota peninggalan propinsi Romawi di Timur Tengah, yg sangat baik dipertahankan. Secara tidak langsung Gerasa disebut dalam Alkitab pada ps-ps yg mencatat perkunjungan Tuhan Yesus ke wilayah timur Laut Galilea, daerah mana disebut sebagai daerah orang Gerasa (Mrk 5:1; Luk 8:26,37; Mat 8:28, ay-ay itu mencatatnya sebagai Gerasenos, Gergesenos dan Gadarenos, *GADARA). Gerasa terletak di lembah yg diairi dengan baik oleh sungai yg mengalir di tengah kota itu. Kekayaan Gerasa mungkin berasal dari hasil tanahnya yg subur dan cocok bagi tanaman jagung, teristimewa wilayah timur.

Pertama kalinya Gerasa mendapat perhatian adalah pada thn 1806 oleh Seetzen, seorang Jerman, barulah kemudian dikunjungi oleh banyak orang Eropa. Pada thn 1867 Charles Warren membuat beberapa bagan dan gambar reruntuhannya, dan thn 1878 sebuah desa modern didirikan di daerah itu. Antara thn 1920-1940 bangunan-bangunan bersejarah yg telah hancur itu mendapat perhatian Departemen Barang-barang Purbakala. Upaya perlindungan dan pemugaran dilakukan dan usaha itu masih terus berjalan. Sisa-sisa pengaruh Romawi yg begitu luas mempersulit penyelidikan atas muasal Gerasa. Tapi ada kemungkinan Gerasa berawal dari sebuah desa menjadi kota Helenistis dengan nama Antiokhia, yg terjadi pada kurun waktu sesudah abad 4 sM, ketika keamanan meningkat dan memungkinkan kemakmuran.

Acuan pertama dalam sejarah tentang Gerasa, terdapat dalam tulisan-tulisan Yosefus. Acuan itu mengatakan Teodorus dari Gadara mencari perlindungan di sana pada akhir abad 2 sM. Tidak lama kemudian Gerasa direbut oleh Aleksander Jannaeus, dan di bawah kekuasaan Yahudi sampai direbut oleh Pompeius thn 63 sM, sewaktu Gerasa merupakan bagian dari propinsi Siria. Pola Helenistis yg memperbolehkan dalam batas tertentu adanya pemerintahan tersendiri, dilanjutkan oleh pemerintah Romawi, dan Gerasa yg kemudian menjadi kota Dekapolis, berkembang dan mengadakan perdagangan aktif dengan orang-orang Nabate di selatan.

Kemakmuran Gerasa sedemikian rupa sehingga dalam abad pertama M dibangun kembali secara besar-besaran dengan gaya khas Romawi, dengan sebuah jalan raya utama yg langsung menuju gedung pertemuan. Di kiri kanan jalan itu berjajar tiang-tiang. Di Gerasa ada kuil bagi Artemis dan kuil bagi Zeus, juga 2 teater bertembok tertutup sekelilingnya. Abad 2 Gerasa lebih makmur lagi; sisa-sisa kejayaan itu masih dapat disaksikan, antara lain kubah megah sebagai sambutan bagi lawatan pribadi Kaisar Hadrian thn 129-130 M. Awal abad 3 kota itu menjadi jajahan, dan tidak lama kemudian menjadi lemah, dan pada masa perang salib lama terlantar.

KEPUSTAKAAN. C. C McCown, The Ladder of Progress in Palestine, 1943, hlm 309-325; G Lankester Harding, The Antiquities of Jordan, 1959, hlm 78-104; E. G Kraeling, Gerasa, City of the Decapolis, 1938; EX Vogel, HUCA 42, 1971, hlm 40-42. TCM/JMP




TIP #27: Arahkan mouse pada tautan ayat untuk menampilkan teks ayat dalam popup. [SEMUA]
dibuat dalam 0.08 detik
dipersembahkan oleh YLSA