Teks -- Lukas 23:12-56 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Luk 23:14 - KESALAHAN ... TIDAK ADA YANG KUDAPATI PADA-NYA.
Nas : Luk 23:14
Yesus telah dituduh mengkhianati pemerintah Romawi. Pilatus
menyimpulkan bahwa Yesus tidak bersalah dalam pemberontakan melawan
pem...
Nas : Luk 23:14
Yesus telah dituduh mengkhianati pemerintah Romawi. Pilatus menyimpulkan bahwa Yesus tidak bersalah dalam pemberontakan melawan pemerintah Romawi. Yesus menyatakan bahwa Kerajaan-Nya bukanlah suatu kerajaan politik dari dunia ini, melainkan merupakan kerajaan rohani (lih. Yoh 18:36).
Full Life: Luk 23:22 - MENGHAJAR DIA.
Nas : Luk 23:22
Lihat cat. --> Mat 27:26.
[atau ref. Mat 27:26]
Full Life: Luk 23:25 - YESUS DISERAHKANNYA ... UNTUK DIPERLAKUKAN SEMAU-MAUNYA.
Nas : Luk 23:25
Karena kebijaksanaan politiklah Pilatus menyerahkan Yesus kepada
para pemimpin Yahudi
(lihat cat. --> Luk 23:1).
...
Full Life: Luk 23:31 - KAYU HIDUP ... KERING.
Nas : Luk 23:31
Jikalau Yesus yang tidak bersalah harus mati seperti itu,
bagaimanakah ajal yang kelak menimpa Yerusalem yang berdosa?
Nas : Luk 23:31
Jikalau Yesus yang tidak bersalah harus mati seperti itu, bagaimanakah ajal yang kelak menimpa Yerusalem yang berdosa?
Full Life: Luk 23:33 - TENGKORAK.
Nas : Luk 23:33
Yesus disalibkan di suatu tempat di luar kota (bd. Ibr 13:12).
Tempat itu disebut "Tengkorak" karena alasan-alasan yang masih
diper...
Full Life: Luk 23:33 - MEREKA MENYALIBKAN YESUS.
Nas : Luk 23:33
Penyaliban dan kematian Yesus adalah inti dan dasar dari penebusan
yang direncanakan Allah (1Kor 1:23-24). Yesus yang tidak pernah ...
Nas : Luk 23:33
Penyaliban dan kematian Yesus adalah inti dan dasar dari penebusan yang direncanakan Allah (1Kor 1:23-24). Yesus yang tidak pernah berdosa mati menggantikan manusia yang penuh dosa. Melalui penyaliban-Nya, hukuman atas dosa kita telah dilaksanakan dan pekerjaan Iblis dihancurkan (bd.
lihat cat. --> Rom 3:25).
[atau ref. Rom 3:25]
Sekarang sekalian manusia dapat berbalik kepada Allah dalam pertobatan dan iman untuk menerima pengampunan dan hidup kekal.
Full Life: Luk 23:34 - TUJUH UCAPAN TERAKHIR DARI KRISTUS.
Nas : Luk 23:34
Mungkin sekali ayat Luk 23:34 merupakan yang pertama di antara
tujuh ucapan terakhir Kristus di kayu salib. Tujuh ucapan itu telah
...
Nas : Luk 23:34
Mungkin sekali ayat Luk 23:34 merupakan yang pertama di antara tujuh ucapan terakhir Kristus di kayu salib. Tujuh ucapan itu telah diucapkan dalam urutan sebagai berikut:
- 1) Dari jam 09.00 pagi sampai tengah hari:
- (a) Ucapan pengampunan: "Ya Bapa, ampunilah mereka" (ayat Luk 23:34).
- (b) Ucapan keselamatan: "Hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus" (ayat Luk 23:43).
- (c) Ucapan kasih: "Ibu, inilah, anakmu! ... Inilah ibumu!" (Yoh 19:26-27).
- 2) Tiga jam kegelapan: dari tengah hari sampai jam 15.00 sore tidak ada ucapan yang dicatat.
- 3) Sekitar jam 15.00 sore:
Full Life: Luk 23:35 - ORANG BANYAK BERDIRI DI SITU DAN MELIHAT.
Nas : Luk 23:35
Suatu bukti yang paling meyakinkan tentang kebejatan hati manusia
adalah kenyataan bahwa orang senang menyaksikan kekerasan, darah,...
Nas : Luk 23:35
Suatu bukti yang paling meyakinkan tentang kebejatan hati manusia adalah kenyataan bahwa orang senang menyaksikan kekerasan, darah, dan kematian.
- 1) Kita melihat hal ini di gelanggang Romawi dan Yunani, tempat para penonton bersorak-sorai sementara orang bertarung dan saling membunuh. Kita melihat hal serupa dalam diri orang yang menyaksikan Yesus mati secara mengerikan (ayat Luk 23:35-37). Juga kita melihatnya dalam sejarah penganiayaan orang percaya.
- 2) Kita menyaksikan hal ini dalam masyarakat modern juga, sementara
berjuta-juta orang dewasa dan anak-anak mendapatkan kesenangan dan
hiburan melalui televisi dan media lainnya yang menggambarkan
penderitaan manusia, darah, kekerasan, dan kematian
(lihat cat. --> Rom 1:32).
[atau ref. Rom 1:32]
- 3) Yesus mati untuk mengubah sikap demikian dan menimbulkan kasih dan
kepedulian. Ia ingin agar kita melihat dampak dosa atas kehidupan
manusia dengan pandangan yang penuh belas kasihan dan mendengarkan
rintihan umat manusia yang menderita
(lihat cat. --> Luk 13:16).
[atau ref. Luk 13:16]
- 4) Orang-tua bertanggung jawab untuk menjaga dirinya sendiri dan
keluarganya dari segala pengaruh yang akan menyebabkan mereka kebal
terhadap kesakitan dan keparahan keadaan manusia
(lihat cat. --> Mat 18:6).
[atau ref. Mat 18:6]
Full Life: Luk 23:35 - MENGEJEK DIA.
Nas : Luk 23:35
Lihat cat. --> Mat 27:39.
[atau ref. Mat 27:39]
Full Life: Luk 23:43 - FIRDAUS.
Nas : Luk 23:43
Istilah "Firdaus" dipakai untuk menunjukkan sorga atau kehadiran
Allah (bahwa "sorga" dan "Firdaus" menunjukkan tempat yang sama te...
Nas : Luk 23:43
Istilah "Firdaus" dipakai untuk menunjukkan sorga atau kehadiran Allah (bahwa "sorga" dan "Firdaus" menunjukkan tempat yang sama telah jelas dari 2Kor 12:2,4). Perkataan Yesus mengajarkan dengan jelas bahwa setelah kematian orang yang diselamatkan akan langsung ke hadirat Yesus dalam sorga.
Full Life: Luk 23:45 - TABIR BAIT SUCI TERBELAH.
Nas : Luk 23:45
Lihat cat. --> Mat 27:51.
[atau ref. Mat 27:51]
Full Life: Luk 23:46 - YA BAPA, KE DALAM TANGANMU.
Nas : Luk 23:46
Yesus dengan rela menyerahkan nyawa-Nya kepada kematian. Pada detik
itu dalam Roh Ia pergi kepada Bapa-Nya di sorga (lih. Mazm 31:6...
BIS -> Luk 23:34
Jerusalem -> Luk 22:1--23:56; Luk 23:8-12; Luk 23:17; Luk 23:22; Luk 23:22; Luk 23:27; Luk 23:31; Luk 23:33-49; Luk 23:34; Luk 23:34; Luk 23:39; Luk 23:42; Luk 23:44-45; Luk 23:54
Jerusalem: Luk 22:1--23:56 - -- Dalam seluruh kisah tentang sengsara Yesus ini Lukas tidak begitu tergantung pada Markus dari pada di bagian-bagian injil lain. Sebaliknya ada banyak ...
Dalam seluruh kisah tentang sengsara Yesus ini Lukas tidak begitu tergantung pada Markus dari pada di bagian-bagian injil lain. Sebaliknya ada banyak keserupaan antara Lukas dan Yohanes, yang agaknya memakai sumber yang sama.
Jerusalem: Luk 23:8-12 - -- Hanya Lukas menyajikan cerita ini. Barangkali Lukas mendapat informasi ini dari "Menahem yang diasuh bersama dengan raja-wilayah Herodes", Kis 13:1. B...
Hanya Lukas menyajikan cerita ini. Barangkali Lukas mendapat informasi ini dari "Menahem yang diasuh bersama dengan raja-wilayah Herodes", Kis 13:1. Bukan hal yang luar biasa bahwa seorang pejabat Roma meminta nasehat pada orang lain, seperti di sini Pilatus meminta pendapat Herodes. Ada sementara ahli tafsir yang berpendapat bahwa cerita ini diciptakan oleh jemaat atas dasar Maz 2:1-2. Tetapi hal itu tidaklah mungkin. Ayat-ayat Mazmur itu terlalu kabur. Sebaliknya kejadian nyata menyebabkan jemaat mengetrapkan Maz 2:1-2 pada peristiwa itu, Kis 4:27.
Jerusalem: Luk 23:17 - -- Kebanyakan naskah tidak memuat ayat ini; kiranya tidak asli, bdk Mat 27:15 dsj.
Kebanyakan naskah tidak memuat ayat ini; kiranya tidak asli, bdk Mat 27:15 dsj.
Jerusalem: Luk 23:22 - -- Sama seperti Yohanes Lukas menekankan bahwa Pilatus ingin (Luk 23:20) melepaskan Yesus; sampai tiga kali Lukas mencatat bahwa wali negeri menyatakan Y...
Sama seperti Yohanes Lukas menekankan bahwa Pilatus ingin (Luk 23:20) melepaskan Yesus; sampai tiga kali Lukas mencatat bahwa wali negeri menyatakan Yesus tidak bersalah (Luk 23:14,15,22), bdk Yoh 18:38; Yoh 19:4,6
Jerusalem: Luk 23:22 - menghajar BDK Luk 23:16 Lukas tidak melukiskan siksaan ini, yang sama dengan "penyesalan" yang digambarkan Mat 27:27-31 dst. Dan berbeda dengan Matius dan Marku...
BDK Luk 23:16 Lukas tidak melukiskan siksaan ini, yang sama dengan "penyesalan" yang digambarkan Mat 27:27-31 dst. Dan berbeda dengan Matius dan Markus Lukas (dan Yohanes) berkata tentang suatu hukuman tersendiri yang mendahului keputusan dan yang bermaksud menghindarkan keputusan itu.
Jerusalem: Luk 23:27 - banyak perempuan Talmud memberitahukan tentang suatu adat di Yerusalem bahwa perempuan-perempuan terkemuka menyediakan minuman pembius lalu membawanya kepada orang yan...
Talmud memberitahukan tentang suatu adat di Yerusalem bahwa perempuan-perempuan terkemuka menyediakan minuman pembius lalu membawanya kepada orang yang dihukum mati.
Jerusalem: Luk 23:31 - -- Kalau orang membakar kayu hidup (ialah Yesus) yang tidak boleh dibakar, apa gerangan akan dibuat dengan kayu kering (ialah mereka yang sesungguhnya be...
Kalau orang membakar kayu hidup (ialah Yesus) yang tidak boleh dibakar, apa gerangan akan dibuat dengan kayu kering (ialah mereka yang sesungguhnya bersalah)?
Jerusalem: Luk 23:33-49 - -- Kalau cerita Lukas ini dibandingkan dengan cerita Markus dan Matius, maka jelaslah bahwa Lukas berhasil memperlunak kekejaman: orang banyak, Luk 23:27...
Kalau cerita Lukas ini dibandingkan dengan cerita Markus dan Matius, maka jelaslah bahwa Lukas berhasil memperlunak kekejaman: orang banyak, Luk 23:27,35,48, lebih ingin tahu saja daripada bermusuh dan akhirnya malah menyesal, Luk 23:48; Yesus tidak mengucapkan kata yang nampaknya kata putus harapan ini: AllahKu, AllahKu, mengapa Engkau meninggalkan Aku; sampai akhir Yesus melakukan karyaNya ialah mengampuni dosa, Luk 23:34,39-43; Yesus wafat dengan "menyerahkan nyawaNya ke dalam tangan Bapa".
Jerusalem: Luk 23:34 - -- Meskipun beberapa naskah penting tidak memuat ayat ini, namun perlu dipertahankan sebagai asli
Meskipun beberapa naskah penting tidak memuat ayat ini, namun perlu dipertahankan sebagai asli
Jerusalem: Luk 23:34 - apa yang mereka perbuat Perkataan Yesus ini mengingatkan Yes 53:12. Dalam Kis 3:17; Kis 13:27; 1Ko 2:8, juga dikatakan bahwa mereka yang membunuh Yesus tidak tahu apa yang me...
Perkataan Yesus ini mengingatkan Yes 53:12. Dalam Kis 3:17; Kis 13:27; 1Ko 2:8, juga dikatakan bahwa mereka yang membunuh Yesus tidak tahu apa yang mereka perbuat. Diaken Stefanus mengucapkan doa yang serupa, Kis 7:60, dan dengan demikian menurut teladan Yesus serta semua muridNya, 1Pe 2:23; bdk Mat 18:21-22+.
Jerusalem: Luk 23:39 - Kristus Penjahat yang baik mengatakanNya "Raja", Luk 23:42. Seluruh perkara Yesus di hadapan pengadilan Yahudi dan Romawi mengenai kedua gelar itu, yang satu ...
Penjahat yang baik mengatakanNya "Raja", Luk 23:42. Seluruh perkara Yesus di hadapan pengadilan Yahudi dan Romawi mengenai kedua gelar itu, yang satu sebuah gelar keagamaan dan yang lain sebuah gelar politik.
Jerusalem: Luk 23:42 - sebagai Raja Harafiah: ke dalam KerajaanMu, ialah untuk menegakkannya. Var: bersama dengan KerajaanMu, ialah dengan memiliki (martabat) KerajaanMu.
Harafiah: ke dalam KerajaanMu, ialah untuk menegakkannya. Var: bersama dengan KerajaanMu, ialah dengan memiliki (martabat) KerajaanMu.
Jerusalem: Luk 23:44-45 - -- Gejala-gejala dalam alam yang menyertai kematian Yesus ini lazimnya menyertai "Hari Yahwe", bdk Mat 27:51+.
Gejala-gejala dalam alam yang menyertai kematian Yesus ini lazimnya menyertai "Hari Yahwe", bdk Mat 27:51+.
Jerusalem: Luk 23:54 - dan sabat hampir mulai Boleh diterjemahkan juga: dan sabat mulai bersinar. Kalau demikian maka barangkali disinggunglah adat Yahudi bahwa pada permulaan hari Sabat, Jumat pe...
Boleh diterjemahkan juga: dan sabat mulai bersinar. Kalau demikian maka barangkali disinggunglah adat Yahudi bahwa pada permulaan hari Sabat, Jumat petang, lampu-lampu dinyalakan.
Ende: Luk 23:22 - MelepaskanNja Lk. dan Jo. Mengemukakan, bahwa Pilatus sampai tiga kali
berniat melepaskan Jesus, sebab ia tidak mendapat satu kesalahanpun padaNja.
Bdl. Yoh 18:36 d...
Ende: Luk 23:27 - Sedjumlah besar Lk. hendak mengesankan, bahwa bukan semua orang Jerusalem
bentji atau bersikap tak-atjuh terhadap Jesus.
Lk. hendak mengesankan, bahwa bukan semua orang Jerusalem bentji atau bersikap tak-atjuh terhadap Jesus.
Ende: Luk 23:29 - -- Jesus menjapa wanita-wanita itu dengan "puteri Jerusalem". Dalam perkataan itu
dan dalam sabda jang berikut, Jesus tentu ingat akan kerobohan Jerusale...
ialah jang masih berguna untuk menghasilkan buah-buah.
Ende: Luk 23:31 - Kaju kering ialah ibarat orang Jahudi, jang sudah rapuh agamanja dan tak
mungkin membuahkan apa-apa jang masih bernilai
ialah ibarat orang Jahudi, jang sudah rapuh agamanja dan tak mungkin membuahkan apa-apa jang masih bernilai
Ende: Luk 23:33 - Tengkorak Mt. dan Mk. Menjebutnja "Golgota", jang memang berarti tengkorak.
Rupanja demikian bentuk puntjak bukit itu.
Mt. dan Mk. Menjebutnja "Golgota", jang memang berarti tengkorak. Rupanja demikian bentuk puntjak bukit itu.
Ende: Luk 23:34 - -- Dalam sengsara Jesus, Lukas suka menondjolkan djuga tjinta-kasih dan murah hati
Jesus, jang lebih ingat akan penderitaan orang lain dari pada Dirinja ...
Dalam sengsara Jesus, Lukas suka menondjolkan djuga tjinta-kasih dan murah hati Jesus, jang lebih ingat akan penderitaan orang lain dari pada Dirinja sendiri (27-31), memberi ampun kepada para penjiksaNja (34 ini), dan betapa halus sabdaNja kepada si "pendjahat", jang tersalib bersama denganNja, tetapi luhur hati dan bertobat. (40-43).
Sebenarnja anggur asam jang menjegarkan.
antara djam 12 dan 15; "pukul kesembilan : antara djam 15 dan 18.
Ende: Luk 23:54 - Hari persediaan ialah hari mendjelang Sabat, jang berachir dengan
terbenamnja matahari. Pada ketika matahari terbenam Sabat mulai.
ialah hari mendjelang Sabat, jang berachir dengan terbenamnja matahari. Pada ketika matahari terbenam Sabat mulai.
Ref. Silang FULL -> Luk 23:12; Luk 23:14; Luk 23:16; Luk 23:18; Luk 23:22; Luk 23:26; Luk 23:27; Luk 23:28; Luk 23:29; Luk 23:30; Luk 23:31; Luk 23:32; Luk 23:34; Luk 23:35; Luk 23:36; Luk 23:37; Luk 23:38; Luk 23:39; Luk 23:41; Luk 23:42; Luk 23:43; Luk 23:44; Luk 23:45; Luk 23:46; Luk 23:47; Luk 23:48; Luk 23:49; Luk 23:51; Luk 23:54; Luk 23:55; Luk 23:56
· juga bersahabatlah: Kis 4:27
Ref. Silang FULL: Luk 23:16 - menghajar Dia · menghajar Dia: Luk 23:22; Mat 27:26; Yoh 19:1; Kis 16:37; 2Kor 11:23,24
· menghajar Dia: Luk 23:22; Mat 27:26; Yoh 19:1; Kis 16:37; 2Kor 11:23,24
· bagi kami: Kis 3:13,14
· lalu melepaskan-Nya: Luk 23:16
Ref. Silang FULL: Luk 23:26 - dari Kirene // mengikuti Yesus · dari Kirene: Mat 27:32; Mat 27:32
· mengikuti Yesus: Mr 15:21; Yoh 19:17
· dan anak-anakmu: Luk 19:41-44; 21:23,24
· pernah menyusui: Mat 24:19
Ref. Silang FULL: Luk 23:32 - dihukum mati · dihukum mati: Yes 53:12; Mat 27:38; Mr 15:27; Yoh 19:18
Ref. Silang FULL: Luk 23:34 - Ya Bapa // mereka perbuat // membuang undi · Ya Bapa: Mat 11:25; Mat 11:25
· mereka perbuat: Mat 5:44; Mat 5:44
· membuang undi: Mazm 22:19
· Ya Bapa: Mat 11:25; [Lihat FULL. Mat 11:25]
· mereka perbuat: Mat 5:44; [Lihat FULL. Mat 5:44]
· membuang undi: Mazm 22:19
Ref. Silang FULL: Luk 23:35 - mengejek Dia // dipilih Allah · mengejek Dia: Mazm 22:18
· dipilih Allah: Yes 42:1
· mengejek Dia: Mazm 22:18
· dipilih Allah: Yes 42:1
Ref. Silang FULL: Luk 23:36 - mengolok-olokkan Dia // anggur asam · mengolok-olokkan Dia: Mazm 22:8
· anggur asam: Mazm 69:22; Mat 27:48
· mengolok-olokkan Dia: Mazm 22:8
· anggur asam: Mazm 69:22; Mat 27:48
· dan kami: Luk 23:35,37
· dalam Firdaus: 2Kor 12:3,4; Wahy 2:7
Ref. Silang FULL: Luk 23:45 - Bait Suci // terbelah dua · Bait Suci: Kel 26:31-33; Ibr 9:3,8
· terbelah dua: Ibr 10:19,20
· Bait Suci: Kel 26:31-33; Ibr 9:3,8
· terbelah dua: Ibr 10:19,20
Ref. Silang FULL: Luk 23:46 - suara nyaring // Kuserahkan nyawa-Ku // menyerahkan nyawa-Nya · suara nyaring: Mat 27:50
· Kuserahkan nyawa-Ku: Mazm 31:6; 1Pet 2:23
· menyerahkan nyawa-Nya: Yoh 19:30
· memukul-mukul diri: Luk 18:13
Ref. Silang FULL: Luk 23:49 - dari Galilea // berdiri jauh-jauh · dari Galilea: Luk 8:2
· berdiri jauh-jauh: Mazm 38:12
· dari Galilea: Luk 8:2
· berdiri jauh-jauh: Mazm 38:12
· Kerajaan Allah: Luk 2:25,38
· hari persiapan: Mat 27:62
Ref. Silang FULL: Luk 23:56 - minyak mur // hukum Taurat · minyak mur: Mr 16:1; Luk 24:1
· hukum Taurat: Kel 12:16; 20:10
· minyak mur: Mr 16:1; Luk 24:1
· hukum Taurat: Kel 12:16; 20:10