Teks -- 1 Samuel 2:1-30 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: 1Sam 2:1 - BERDOALAH HANA.
Nas : 1Sam 2:1
Nyanyian nubuat Hana memuliakan pemeliharaan Allah atas orang yang
tetap setia kepada-Nya (ayat 1Sam 2:9; bd. nyanyian Maria di
Luk ...
Nas : 1Sam 2:1
Nyanyian nubuat Hana memuliakan pemeliharaan Allah atas orang yang tetap setia kepada-Nya (ayat 1Sam 2:9; bd. nyanyian Maria di Luk 1:46-55). Dia juga bersukacita di dalam keselamatan-Nya, karena Dia itu kudus adanya, dan hanya Dialah Allah (ayat 1Sam 2:2). Semua pengikut Tuhan Yesus harus percaya pada cara-cara kerja Allah dalam hidup mereka. Segala sesuatu yang diizinkan-Nya menimpa hidup kita harus dibawa kepada-Nya di dalam doa, dengan keyakinan penuh bahwa bukan saja tidak ada yang dapat memisahkan kita dari kasih-Nya, tetapi juga bahwa Dia akhirnya mendatangkan kebaikan dari segala sesuatu yang terjadi atas hidup kita (Rom 8:31-39).
Full Life: 1Sam 2:12 - ORANG-ORANG DURSILA.
Nas : 1Sam 2:12
Para putra Eli menjadi imam yang jahat di rumah Allah. Mereka
menggunakan kedudukan mereka sebagai kesempatan untuk memuaskan keser...
Nas : 1Sam 2:12
Para putra Eli menjadi imam yang jahat di rumah Allah. Mereka menggunakan kedudukan mereka sebagai kesempatan untuk memuaskan keserakahan dan kebejatan seksual mereka (ayat 1Sam 2:13-17,22; bd. Fili 3:17-18). Ayah mereka, Eli, imam besar, menolak untuk mendisiplin mereka atau memecat mereka dari jabatan sebagai imam
(lihat cat. --> 1Sam 2:29).
[atau ref. 1Sam 2:29]
Full Life: 1Sam 2:23 - KUDENGAR ... PERBUATAN-PERBUATANMU YANG JAHAT ITU.
Nas : 1Sam 2:23
Eli memprotes tindakan jahat kedua putranya, namun dia tidak
mengucilkan mereka dari jabatan imam (bd. Bil 15:30-31). Kegagalan Eli...
Nas : 1Sam 2:23
Eli memprotes tindakan jahat kedua putranya, namun dia tidak mengucilkan mereka dari jabatan imam (bd. Bil 15:30-31). Kegagalan Eli dipandang sebagai setara dengan menghina Allah (yaitu, tabiat Allah yang kudus dan standar-Nya bagi jabatan imam, ayat 1Sam 2:30). Firman Allah menyatakan bahwa seorang imam yang dursila tidak dapat bertugas sebagai pemimpin umat Allah; orang-orang semacam itu harus diberhentikan dari jabatan mereka selaku pemimpin
(lihat art. SYARAT-SYARAT MORAL PENILIK JEMAAT).
Full Life: 1Sam 2:25 - SEBAB TUHAN HENDAK MEMATIKAN MEREKA.
Nas : 1Sam 2:25
Putra-putra Eli sudah mengeraskan hati mereka dan berbuat dosa
secara terang-terangan dan tanpa merasa malu (bd. Bil 15:30-31). Ole...
Nas : 1Sam 2:25
Putra-putra Eli sudah mengeraskan hati mereka dan berbuat dosa secara terang-terangan dan tanpa merasa malu (bd. Bil 15:30-31). Oleh karena itu, pengarahan Eli tidak berpengaruh pada akhlak mereka. Hari keselamatan sudah berlalu bagi mereka, dan Allah sudah menetapkan mereka untuk dihukum dan mati (bd. Rom 1:21-32; Ibr 3:1-19; 10:26-31). Mereka akan mati sebagai akibat ketidaktaatan yang keras kepala dan kegagalan untuk bertobat.
Full Life: 1Sam 2:29 - MENGHORMATI ANAK-ANAKMU LEBIH DARIPADA-KU.
Nas : 1Sam 2:29
Eli gagal total dalam memberikan kepemimpinan rohani bagi keluarga
dan juga bagi Israel.
1) Selaku ayah ia tidak sanggup mendi...
Nas : 1Sam 2:29
Eli gagal total dalam memberikan kepemimpinan rohani bagi keluarga dan juga bagi Israel.
- 1) Selaku ayah ia tidak sanggup mendidik anak-anaknya dalam jalan kebenaran. Ketika mereka memperkosa wanita-wanita yang melayani di gerbang Kemah Pertemuan (ayat 1Sam 2:22), Eli tidak menunjukkan baik kehendak maupun wibawa rohani yang diperlukan untuk memberhentikan mereka dari pelayanan (1Sam 3:13; bd. Ul 21:18-21).
- 2) Kegagalan Eli sebagai ayah dan hamba Tuhan mengakibatkan:
- (a) hukuman Allah atas Eli, para putranya, dan keluarganya (ayat 1Sam 2:30-36; 4:17-18);
- (b) merosotnya rasa hormat terhadap jabatan imam (ayat 1Sam 2:17);
- (c) kemerosotan rohani yang umum dari umat Allah (ayat 1Sam 2:22-24; 4:1-11); dan
- (d) lenyapnya kemuliaan Tuhan dari Israel (1Sam 4:21).
- 3) Seluruh Alkitab menekankan perlunya kesalehan dan takut akan Allah sebagai standar-Nya bagi mereka yang akan memimpin umat Allah (bd. 1Tim 3:1-10).
efod: Lihat kamus Alkitab.
BIS: 1Sam 2:29 - serakah melihat Sebuah terjemahan kuno: serakah melihat; terjemahan Ibrani tidak jelas.
Sebuah terjemahan kuno: serakah melihat; terjemahan Ibrani tidak jelas.
Jerusalem -> 1Sam 1:1--3:21; 1Sam 2:1-10; 1Sam 2:1; 1Sam 2:2; 1Sam 2:5; 1Sam 2:13; 1Sam 2:18; 1Sam 2:22; 1Sam 2:25; 1Sam 2:27-36; 1Sam 2:27; 1Sam 2:28; 1Sam 2:29; 1Sam 2:30
Jerusalem: 1Sam 1:1--3:21 - -- Bab 1-3 adalah sebuah kesatuan yang (kecuali sisipan dalam 1Sa 2:27-36) sudah terbentuk sebelum dimasukkan ke dalam kitab Samuel. Bagian ini adalah se...
Bab 1-3 adalah sebuah kesatuan yang (kecuali sisipan dalam 1Sa 2:27-36) sudah terbentuk sebelum dimasukkan ke dalam kitab Samuel. Bagian ini adalah sebuah tradisi yang agaknya berasal dari Silo. Di dalamnya tergabung tiga unsur: 1. Ceritera mengenai kelahiran Samuel yang menjadi petugas di tempat kudus di Silo; 2. ceritera mengenai anak-anak Eli; 3. ceritera mengenai Tuhan yang menyatakan diri kepada Samuel. Kedua unsur terakhir dihubungkan satu sama lain melalui kesalahan anak-anak Eli yang mesti dihukum. Seluruh kisah ini adalah tua sekali dan mengenai hal-hal yang sungguh-sungguh terjadi.
Jerusalem: 1Sam 2:1-10 - -- Nyanyian Hana ini pernah dikatakan "contoh" bagi nyanyian Maria, bdk Luk 1:45-55. Tetapi nada nyanyian Maria itu jauh lebih pribadi dari pada nada nya...
Nyanyian Hana ini pernah dikatakan "contoh" bagi nyanyian Maria, bdk Luk 1:45-55. Tetapi nada nyanyian Maria itu jauh lebih pribadi dari pada nada nyanyian Hana. Lagu Hana itu berupa mazmur yang berasal dari zaman para raja. Ia mengungkapkan pengharapan "orang miskin", rendah hati, bdk Zef 2:3+, dan bagian terakhir melayangkan pandangan kepada Raja-Mesias. Karena dalam 1Sa 5 tersinggung "orang mandul", maka mazmur ini diletakkan di mulut Hana.
Naskah Ibrani rusak dan diperbaiki (ad menjadi abod).
Jerusalem: 1Sam 2:13 - hak para imam Anak-anak Eli melanggar hukum yang menetapkan bagian korban manakah teruntuk bagi para imam, bdk Ima 7:28 dst; Bil 18:8 dst; Ula 18:3-5.
Anak-anak Eli melanggar hukum yang menetapkan bagian korban manakah teruntuk bagi para imam, bdk Ima 7:28 dst; Bil 18:8 dst; Ula 18:3-5.
Jerusalem: 1Sam 2:18 - baju efod Ialah pakaian imam, bdk 2Sa 6:14; 1Sa 22:18 Efod ini berbeda dengan efod yang menjadi alat penenung, bdk 1Sa 2:28 dan catatan pada efod imam besar Kel...
Jerusalem: 1Sam 2:22 - dan bahwa mereka... Kemah Pertemuan Ini sebuah sisipan yang tidak terdapat dalam terjemahan Yunani dan berdasarkan Kel 38:8.
Ini sebuah sisipan yang tidak terdapat dalam terjemahan Yunani dan berdasarkan Kel 38:8.
Jerusalem: 1Sam 2:25 - TUHAN hendak mematikan mereka Seperti dalam nas-nas Kitab Suci yang lain, Kel 4:21; Yos 11:20; Yes 6:9-10, demikianpun di sini ketegaran hati orang berdosa dikatakan langsung dikeh...
Seperti dalam nas-nas Kitab Suci yang lain, Kel 4:21; Yos 11:20; Yes 6:9-10, demikianpun di sini ketegaran hati orang berdosa dikatakan langsung dikehendaki Tuhan. Cara bicara ini tidak menyangkal bahwa manusia bebas dan sendiri bertanggung jawab.
Jerusalem: 1Sam 2:27-36 - -- Bagian ini berupa sisipan yang baru kemudian dimasukkan ke dalam kisah mengenai Samuel. Bagian ini sebenarnya sejalan dengan 1Sa 3:11-14 Kematian Hofn...
Bagian ini berupa sisipan yang baru kemudian dimasukkan ke dalam kisah mengenai Samuel. Bagian ini sebenarnya sejalan dengan 1Sa 3:11-14 Kematian Hofni dan Pinehas, 1Sa 4:11, hanya "tanda" kemalangan di masa mendatang, sebagaimana diberitahukan 1Sa 2:33, yakni pembunuhan atas para imam di Nob, ialah keturunan Eli, 1Sa 22:18-19, dengan hanya Abyatar yang lolos, 1Sa 22:20-23 Abyatar dipecat sebagai imam oleh Salomo, 1Ra 2:27. dalam 1Sa 2:35 diramaikan bahwa keturunan Eli sebagai imam akan diganti Zadok serta keturunannya yang semenjak raja Salomo menjabat. Hanya 1Sa 2:36 tidak sesuai dengan keadaan yang diberikan dalam 2Ra 23:9, sehingga bagian Samuel ini tidak berasal dari zaman raja Yosia tetapi dari masa sebelumnya.
Ialah Lewi.
Jerusalem: 1Sam 2:28 - baju efod Harafiah: (membawa) efod. Efod yang kiranya dimaksud di sini bukanlah "baju efod", seperti dalam 1Sa 2:18+, tetapi sebuah benda yang "dibawa" atau "di...
Harafiah: (membawa) efod. Efod yang kiranya dimaksud di sini bukanlah "baju efod", seperti dalam 1Sa 2:18+, tetapi sebuah benda yang "dibawa" atau "dibawakan kepada seseorang", seperti (secara harafiah) dikatakan dalam 1Sa 14:3; 23:6; 30:7. Benda itu memuat "buah undi suci" yang dipakai untuk menanyakan Tuhan 1Sa 14:18 dst; 1Sa 23:9 dst; 1Sa 30:8; lih 1Sa 14:41+. Efod itu sudah disebut di zaman para hakim, Hak 17:5; 18:14 dst (efod Gideon, Hak 8:26 dst, dikutuk sebagai penyembah berhala). Di zaman sesudah masa pemerintahan Daud efod itu tidak lagi disebut (Hos 3:4 barangkali menyinggung efod itu).
Ayat ini dalam naskah Ibrani kurang jelas maksudnya.
Jerusalem: 1Sam 2:30 - hidup di hadapanKu Harafiah: berjalan di hadapanKu. Artinya: dengan setia berbakti kepada Tuhan dan menikmati anugerahNya.
Harafiah: berjalan di hadapanKu. Artinya: dengan setia berbakti kepada Tuhan dan menikmati anugerahNya.
Ende: 1Sam 2:1-36 - -- Doa ini sangat serupa dengan doa Maria (Magnificat), jang pasti diilhamkan oleh
lagu Hana ini. Lagu ini ditaruh dalam mulut Hana oleh si pengarang, me...
Doa ini sangat serupa dengan doa Maria (Magnificat), jang pasti diilhamkan oleh lagu Hana ini. Lagu ini ditaruh dalam mulut Hana oleh si pengarang, meskipun itu tidak dikarang atau diutjapkan oleh Hana. Lagu ini bukan lagu sjukur untuk kelahiran anak, jang diutjapkan isteri mandul (pokok ini sebentar disindir oleh ajat 5c-d)(1Sa 2:5c-d), melainkan lagu pudjian seorang radja, jang ditolong oleh Jahwe lawan musuh2nja, jang dikalahkan (10d-e)(1Sa 2:10d-e) dan achirnja memandang achirat (al-Masih).
bahasa kiasan jang biasa untuk kekuasaan.
Ende: 1Sam 2:1 - mulut ternganga bahasa kiasan jang sama artinja dengan tanduk.
Orang itu dapat mengalahkan musuh2nja.
bahasa kiasan jang sama artinja dengan tanduk.
Orang itu dapat mengalahkan musuh2nja.
Ende: 1Sam 2:5 - jang kelaparan ..... dst Orang jang lemah dan mursjid ditolong oleh Tuhan
dalam kesukaran2nja, sehingga mereka jang kelaparan dahulu malah tidak usah
bekerdja untuk mentjari r...
Orang jang lemah dan mursjid ditolong oleh Tuhan dalam kesukaran2nja, sehingga mereka jang kelaparan dahulu malah tidak usah bekerdja untuk mentjari rezekinja. Semua bahasa kiasan sadja untuk Tuhan jang menolong orang mursjid dan menghukum orang djahat (jang kenjang2).
bahasa kiasan untuk penindasan.
Ende: 1Sam 2:8 - Sebab ..... dst Tuhan mentjiptakan bumi (jang dibajangkan se-akan2
bersandarkan tiang2) dengan kekuasaanNja. Karenanja Iapun dapat menolong orang
jang pertjaja padaNj...
Tuhan mentjiptakan bumi (jang dibajangkan se-akan2 bersandarkan tiang2) dengan kekuasaanNja. Karenanja Iapun dapat menolong orang jang pertjaja padaNja.
Ende: 1Sam 2:10 - -- a-b terdjemahan ini tiada pasti; naskah Hibrani sangat sukar untuk diartikan,
sebab rusak.
a-b terdjemahan ini tiada pasti; naskah Hibrani sangat sukar untuk diartikan, sebab rusak.
itu adalah lambang pertolongan Allah lawan musuh2.
Ende: 1Sam 2:10 - udjung2 bumi diadili Pengadilan Allah pada achir djaman (masa Al-Masih)
untuk membinasakan seteru dan menjelamatkan si mursjid.
Pengadilan Allah pada achir djaman (masa Al-Masih) untuk membinasakan seteru dan menjelamatkan si mursjid.
ialah radja (Al-Masih)
Ende: 1Sam 2:13-15 - apabila ... dst Inilah kutipan hak imam atas tjara mana imam mendapat
bagiannja dari kurban2 dan jang dilanggar anak2 'Eli. Undang2 itu tidak terdapat
dalam Perdjandj...
Inilah kutipan hak imam atas tjara mana imam mendapat bagiannja dari kurban2 dan jang dilanggar anak2 'Eli. Undang2 itu tidak terdapat dalam Perdjandjian Lama. Rupa2nja undang2 ini berlaku untuk tempat sutji Sjilo dan kemudian tidak diambil alih untuk Bait-Allah di Jerusjalem.
Ende: 1Sam 2:17 - sebab orang itu ..... dst Ajat ini sukar untuk diartikan. Seringkali
ditafsirkan dan diterdjemahkan sbb: "mereka (anak2 'Eli) membuat orang2
menghinakan persembahan Jahwe". Kar...
Ajat ini sukar untuk diartikan. Seringkali ditafsirkan dan diterdjemahkan sbb: "mereka (anak2 'Eli) membuat orang2 menghinakan persembahan Jahwe". Karena kelakuan imam jang buruk itu orang2 Israil melalaikan ibadat.
Ende: 1Sam 2:18 - tjawat lenan Kata hibrani "efod" mempunjai beberapa makna. Kata kerdja
"bersabukkan" disini menerangkan, efod ini pakaian tertentu, pakaian jang sangat
pendek, seb...
Kata hibrani "efod" mempunjai beberapa makna. Kata kerdja "bersabukkan" disini menerangkan, efod ini pakaian tertentu, pakaian jang sangat pendek, sebangsa tjawat. Untuk makna lain lih. 1Sa 2:28.
Ende: 1Sam 2:22 - wanita jang bertugas ... Perempuan ini mendjalankan salah satu tugas
dalam ibadat. jang mana tidak diketahui. Dalam agama Kena'an jang kafir terdapat
perempuan pelatjur, jang ...
Perempuan ini mendjalankan salah satu tugas dalam ibadat. jang mana tidak diketahui. Dalam agama Kena'an jang kafir terdapat perempuan pelatjur, jang dipakai untuk ibadat jang tjabul. itu kadang2 nampak dalam ibadat Israil, diwaktu sangat merosot.
Ende: 1Sam 2:25 - -- Pepatah kebidjaksanaan ini berarti: Bila manusia bersalah terhadap manusia lain,
maka Allah akan membela orang jang tak bersalah dan memulihkan kembal...
Pepatah kebidjaksanaan ini berarti: Bila manusia bersalah terhadap manusia lain, maka Allah akan membela orang jang tak bersalah dan memulihkan kembali jang djahat itu. Tetapi bila orang berdosa lawan Allah, maka kedjahatan tidak dapat dipulihkan lagi dan akan dihukum sadja oleh Tuhan.
Ende: 1Sam 2:27-36 - -- Rupa2nja bagian ini berasal dari tradisi lain dan kemudian dimasukkan kedalam
kisah mengenai Sjemuel dan 'Eli. Pada asasnja ia sedjadjar dengan 1Sa3:1...
Rupa2nja bagian ini berasal dari tradisi lain dan kemudian dimasukkan kedalam kisah mengenai Sjemuel dan 'Eli. Pada asasnja ia sedjadjar dengan 1Sa3:11-14. Semua hal jang dikemukakan hari terdjadi disini diramalkan setjara terperintji dan agak djelas djuga. Peristiwa2 jang menghapuskan keluarga 'Eli sebagai imam dianggap sebagai tjampur tangan Allah akan hukuman salah satu dosa keluarga itu. Untuk menjatakan hal ini peristiwa2 itu diberi bentuk ramalan. Tetapi teranglah ramalan jang aseli kemudian dilengkapi sesuai dengan kenjataan2
ada istilah kuno untuk nabi atau penglihat.
Ende: 1Sam 2:28 - Efod disini adalah salah satu alat dalam ibadat, jang dipergunakan oleh
imam untuk menanjai Jahwe perihal kehendaknja dan peristiwa masa depan. Rupa2nja
se...
disini adalah salah satu alat dalam ibadat, jang dipergunakan oleh imam untuk menanjai Jahwe perihal kehendaknja dan peristiwa masa depan. Rupa2nja sebangsa tas dan didalamnja dua batu, "urim" dan "tummim", jang dipakai sebagai undi sutji. Bagaimana itu bekerdja tidak diketahui dengan tepatnja.
diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Latin. Tertulis: "Jahwe".
Ditinggalkan "angkuh", jang dua kali tertulis.
diperbaiki menurut beberapa naskah Hibrani dan tjatatan Kere.
diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "sampai".
diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "Diatasnja".
Endetn: 1Sam 2:14 - untuk dirinja sendiri diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "dengannja".
diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "dengannja".
Endetn: 1Sam 2:16 - Tidak diperbaiki menurut beberapa naskah Hibrani dan tjatatan Kere. Tertulis: "kepadanja".
diperbaiki menurut beberapa naskah Hibrani dan tjatatan Kere. Tertulis: "kepadanja".
Ditinggalkan: "sebab".
Endetn: 1Sam 2:23 - membuat merana diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "mengundang"?*("jang lain"), ditambahkan menurut maknanja.
diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "mengundang"?*("jang lain"), ditambahkan menurut maknanja.
diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "membuat melanggar".
ditambahkan. Naskah Hibrani agak gelap dalam ajat ini.*
Endetn: 1Sam 2:29 - umatKu diperbaiki menurut terdjemahan SYriah dan Latin. Tertulis: "bagi umatKu".
diperbaiki menurut terdjemahan SYriah dan Latin. Tertulis: "bagi umatKu".
Ref. Silang FULL: 1Sam 2:1 - Hana, katanya // Hatiku bersukaria // tanduk // mulutku mencemoohkan // musuhku · Hana, katanya: Luk 1:46-55
· Hatiku bersukaria: Mazm 13:6; 33:21; Za 10:7
· tanduk: Mazm 18:3; 89:18,25; 148:14
· mulutk...
· Hana, katanya: Luk 1:46-55
· Hatiku bersukaria: Mazm 13:6; 33:21; Za 10:7
· tanduk: Mazm 18:3; 89:18,25; 148:14
· mulutku mencemoohkan: Mazm 6:9
Ref. Silang FULL: 1Sam 2:2 - yang kudus // seperti // gunung batu · yang kudus: Kel 15:11; Kel 15:11; Im 11:44; Im 11:44
· seperti: Kel 8:10; Kel 8:10; Yes 40:25; 46:5
· gunung batu: Kej 49:24; K...
· yang kudus: Kel 15:11; [Lihat FULL. Kel 15:11]; Im 11:44; [Lihat FULL. Im 11:44]
· seperti: Kel 8:10; [Lihat FULL. Kel 8:10]; Yes 40:25; 46:5
· gunung batu: Kej 49:24; [Lihat FULL. Kej 49:24]; Kel 33:22; [Lihat FULL. Kel 33:22]; Ul 32:37; 2Sam 22:2,32; 23:3; Mazm 31:4; 71:3
Ref. Silang FULL: 1Sam 2:3 - caci maki // yang mahatahu // Dia perbuatan-perbuatan // diuji · caci maki: Mazm 17:10; 31:19; 73:8; 75:5; 94:4
· yang mahatahu: Yos 22:22; Yos 22:22
· Dia perbuatan-perbuatan: 1Sam 16:7; 1Raj...
· caci maki: Mazm 17:10; 31:19; 73:8; 75:5; 94:4
· yang mahatahu: Yos 22:22; [Lihat FULL. Yos 22:22]
· Dia perbuatan-perbuatan: 1Sam 16:7; 1Raj 8:39; 1Taw 28:9; 2Taw 6:30; Ams 15:11; Yer 11:20; 17:10
· diuji: Ams 16:2; 24:11-12
Ref. Silang FULL: 1Sam 2:4 - telah patah // berikatkan kekuatan · telah patah: 2Sam 1:27; Mazm 37:15; 46:10; 76:4
· berikatkan kekuatan: Ayub 17:9; Yes 40:31; 41:1; 52:1; 57:10
· telah patah: 2Sam 1:27; Mazm 37:15; 46:10; 76:4
· berikatkan kekuatan: Ayub 17:9; Yes 40:31; 41:1; 52:1; 57:10
Ref. Silang FULL: 1Sam 2:5 - yang lapar // yang mandul · yang lapar: Luk 1:53
· yang mandul: Mazm 113:9; Yes 54:1; Yer 15:9
· yang lapar: Luk 1:53
· yang mandul: Mazm 113:9; Yes 54:1; Yer 15:9
Ref. Silang FULL: 1Sam 2:6 - dan menghidupkan // dan mengangkat · dan menghidupkan: Ul 32:39
· dan mengangkat: Yes 26:19; Yeh 37:3,12
· dan menghidupkan: Ul 32:39
· dan mengangkat: Yes 26:19; Yeh 37:3,12
Ref. Silang FULL: 1Sam 2:7 - membuat kaya // dan meninggikan · membuat kaya: Ul 8:18; Ul 8:18
· dan meninggikan: Ayub 5:11; 40:12; Mazm 75:8; Yes 2:12; 13:11; 22:19; Dan 4:37
· membuat kaya: Ul 8:18; [Lihat FULL. Ul 8:18]
· dan meninggikan: Ayub 5:11; 40:12; Mazm 75:8; Yes 2:12; 13:11; 22:19; Dan 4:37
Ref. Silang FULL: 1Sam 2:8 - Ia menegakkan // yang hina // dalam debu // yang miskin // kursi kehormatan // mempunyai alas · Ia menegakkan: Mazm 113:7-8
· yang hina: Yak 2:5
· dalam debu: 1Raj 16:2
· yang miskin: Mazm 72:12; 107:41; 145:14; 146:...
· Ia menegakkan: Mazm 113:7-8
· yang hina: Yak 2:5
· dalam debu: 1Raj 16:2
· yang miskin: Mazm 72:12; 107:41; 145:14; 146:8; Mat 23:12; [Lihat FULL. Mat 23:12]
· kursi kehormatan: 2Sam 7:8; Ayub 36:7; Yes 22:23; Yeh 21:26
· mempunyai alas: Ayub 15:7; 38:4; Mazm 104:5; Ams 8:29; Yes 40:12; Yer 10:12
Ref. Silang FULL: 1Sam 2:9 - Langkah kaki // yang dikasihi-Nya // dalam kegelapan // karena kekuatannya · Langkah kaki: Mazm 91:12; 121:3; Ams 3:26
· yang dikasihi-Nya: Ams 2:8
· dalam kegelapan: Ayub 10:22; Yes 5:30; 8:22; 59:9; 60:...
· Langkah kaki: Mazm 91:12; 121:3; Ams 3:26
· yang dikasihi-Nya: Ams 2:8
· dalam kegelapan: Ayub 10:22; Yes 5:30; 8:22; 59:9; 60:2; Yer 13:16; Am 5:18,20; Zef 1:14-15; Mat 8:12
· karena kekuatannya: 1Sam 17:47; Mazm 33:16-17; Za 4:6
Ref. Silang FULL: 1Sam 2:10 - akan dihancurkan // Ia mengguntur // Tuhan mengadili // memberi kekuatan // meninggikan tanduk · akan dihancurkan: Kel 15:6; Kel 15:6
· Ia mengguntur: Kel 19:16; Kel 19:16; 1Sam 7:10; 12:17; 2Sam 22:14; Ayub 37:4,5; 38:1; Mazm 18:1...
· akan dihancurkan: Kel 15:6; [Lihat FULL. Kel 15:6]
· Ia mengguntur: Kel 19:16; [Lihat FULL. Kel 19:16]; 1Sam 7:10; 12:17; 2Sam 22:14; Ayub 37:4,5; 38:1; Mazm 18:14; 29:3; Yes 66:6
· Tuhan mengadili: Mazm 96:13; 98:9; Mat 25:31-32
· memberi kekuatan: Mazm 18:2; 21:2; 59:17
· meninggikan tanduk: Ul 33:17; [Lihat FULL. Ul 33:17]; Mazm 89:25; Luk 1:69; [Lihat FULL. Luk 1:69]
Ref. Silang FULL: 1Sam 2:11 - ke Rama // menjadi pelayan · ke Rama: Yos 18:25; Yos 18:25
· menjadi pelayan: 1Sam 2:18; Bil 16:9; Bil 16:9; 1Sam 3:1
· tidak mengindahkan: Yer 2:8; 9:6
Ref. Silang FULL: 1Sam 2:13 - batas hak // sementara daging · batas hak: Ul 18:3
· sementara daging: Im 7:35-36
· batas hak: Ul 18:3
· sementara daging: Im 7:35-36
· Bukankah lemak: Im 3:3,14-16; 7:29-34
Ref. Silang FULL: 1Sam 2:17 - memandang rendah · memandang rendah: 1Sam 2:22,29; Bil 14:11; Bil 14:11; Yer 7:21; Yeh 22:26; Mal 2:7-9
Ref. Silang FULL: 1Sam 2:18 - menjadi pelayan // baju efod · menjadi pelayan: 1Sam 2:11; 1Sam 2:11
· baju efod: 1Sam 2:28; 1Sam 22:18; 23:9; 2Sam 6:14; 1Taw 15:27
· menjadi pelayan: 1Sam 2:11; [Lihat FULL. 1Sam 2:11]
· baju efod: 1Sam 2:28; 1Sam 22:18; 23:9; 2Sam 6:14; 1Taw 15:27
Ref. Silang FULL: 1Sam 2:21 - mengindahkan Hana // makin besarlah · mengindahkan Hana: Kej 21:1
· makin besarlah: Hak 13:24; Hak 13:24; Luk 1:80; 2:40
· mengindahkan Hana: Kej 21:1
· makin besarlah: Hak 13:24; [Lihat FULL. Hak 13:24]; Luk 1:80; 2:40
Ref. Silang FULL: 1Sam 2:22 - segala sesuatu // dengan perempuan-perempuan · segala sesuatu: 1Sam 2:17; 1Sam 2:17
· dengan perempuan-perempuan: Kel 38:8; Kel 38:8
Ref. Silang FULL: 1Sam 2:25 - Tuhan, siapakah // menjadi perantara · Tuhan, siapakah: Kel 4:21; Yos 11:20
· menjadi perantara: Kel 32:10; Kel 32:10; Bil 11:2; Bil 11:2; 1Sam 3:14; 1Raj 13:6; Ayub 9:33; M...
Ref. Silang FULL: 1Sam 2:26 - semakin besar // hadapan manusia · semakin besar: Hak 13:24; Hak 13:24; Luk 2:52
· hadapan manusia: Ams 3:4
Ref. Silang FULL: 1Sam 2:28 - telah memilihnya // membakar ukupan // baju efod // segala korban · telah memilihnya: Kel 28:1; Kel 28:1
· membakar ukupan: Kel 30:7; Kel 30:7
· baju efod: 1Sam 22:18; 23:6,9; 30:7
· segal...
· telah memilihnya: Kel 28:1; [Lihat FULL. Kel 28:1]
· membakar ukupan: Kel 30:7; [Lihat FULL. Kel 30:7]
· baju efod: 1Sam 22:18; 23:6,9; 30:7
· segala korban: Im 7:35-36
Ref. Silang FULL: 1Sam 2:29 - kepada korban // korban sajian-Ku · kepada korban: 1Sam 2:12-17
· korban sajian-Ku: Ul 12:5; Ul 12:5
· kepada korban: 1Sam 2:12-17