Teks -- Markus 1:1-45 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Mrk 1:5 - SELURUH DAERAH YUDEA.
Nas : Mr 1:5
Suatu kebangunan rohani yang umum di Yudea dan Galilea menyertai
pelayanan Yohanes Pembaptis. Sebagai akibatnya berubahlah suasana roh...
Nas : Mr 1:5
Suatu kebangunan rohani yang umum di Yudea dan Galilea menyertai pelayanan Yohanes Pembaptis. Sebagai akibatnya berubahlah suasana rohani di antara rakyat jelata yang membantu menyiapkan jalan untuk penyataan penuh dari Allah di dalam Yesus Kristus, Anak-Nya yang telah menjelma.
Full Life: Mrk 1:8 - MEMBAPTIS KAMU DENGAN ROH KUDUS.
Nas : Mr 1:8
Yohanes Pembaptis adalah orang pertama yang menyampaikan kabar baik
tentang Yesus. Markus menyingkat pemberitaannya menjadi satu tema:...
Nas : Mr 1:8
Yohanes Pembaptis adalah orang pertama yang menyampaikan kabar baik tentang Yesus. Markus menyingkat pemberitaannya menjadi satu tema: pemberitahuan tentang Yesus Kristus yang akan datang dan membaptis para pengikut-Nya dengan Roh Kudus. Semua orang yang menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat harus mengabarkan bahwa Yesus tetap adalah Tuhan yang membaptis dalam Roh Kudus (lih. Kis 1:8; 2:4,38-39;
lihat cat. --> Luk 3:16,
[atau ref. Luk 3:16]
mengenai janji baptisan dalam Roh Kudus; Kis 1:5).
Full Life: Mrk 1:10 - ROH ... TURUN KE ATAS-NYA.
Nas : Mr 1:10
Lihat cat. --> Mat 3:16
[atau ref. Mat 3:16]
Full Life: Mrk 1:11 - ANAK-KU YANG KUKASIHI.
Nas : Mr 1:11
Ketiga oknum Tritunggal terlibat dalam pembaptisan Yesus
(lihat cat. --> Mat 3:17).
[atau ref. Mat 3:17]
Di ...
Nas : Mr 1:11
Ketiga oknum Tritunggal terlibat dalam pembaptisan Yesus
(lihat cat. --> Mat 3:17).
[atau ref. Mat 3:17]
Di dalam ayat ini dan ayat-ayat lainnya di Alkitab Allah dinyatakan sebagai satu hakikat yang hadir sebagai tiga pribadi dengan sifat bersama: Bapa, Putra, dan Roh Kudus (bd. Mat 3:16-17; 28:19; 2Kor 13:14; Ef 4:4-6; 1Pet 1:2; Yud 1:20-21). Jadi dalam satu arti Allah adalah tunggal (satu kesatuan) dan dalam arti lain Ia adalah jamak (tiga)
(lihat art. SIFAT-SIFAT KHAS ALLAH).
- 1) Alkitab menyatakan bahwa Allah itu Esa-kesatuan sempurna dari satu sifat dan hakikat (Mr 12:29; Ul 6:4; Gal 3:20). Salah satu oknum ke-Allahan tidaklah Allah tanpa dua oknum yang lain dan setiap oknum bersama dengan kedua oknum yang lain adalah Allah.
- 2) Keberadaan Allah yang Esa dinyatakan dalam kejamakan tiga oknum yang
berbeda dan dapat dikenal, namun tidak terpisah. Ketiganya ini bukanlah
tiga allah, bukan pula tiga bagian atau manifestasi Allah, melainkan
tiga oknum yang bersekutu sedemikian eratnya sehingga ketiganya
benar-benar merupakan Allah Esa yang sejati dan kekal. Baik Anak Allah
maupun Roh Kudus memiliki sifat-sifat yang hanya mungkin dimiliki oleh
Allah sendiri (lih. Kej 1:2; Yes 61:1; Yoh 14:16; 16:8,13;
Kis 5:3-4; Rom 8:2,26-27; 1Kor 2:10-11; 2Tes 2:13; Ibr 9:14; dan
lihat cat. --> Yoh 1:1;
lihat cat. --> Yoh 1:14;
lihat cat. --> Yoh 5:18;
lihat cat. --> Yoh 20:28).
[atau ref. Yoh 1:1-14; 5:18; 20:28]
Ketiga oknum ini tidak pernah diciptakan, tetapi masing-masing berhakikat sama serta memiliki kemuliaan, sifat, dan kuasa yang setingkat. - 3) Allah yang Esa namun tiga pribadi ini dari kekal telah memungkinkan kasih dan persekutuan yang saling menanggapi, pemberlakuan sifat-sifat ilahi, saling berbagi pengetahuan dan keterkaitan di antara ketiga pribadi ke-Allahan itu (bd. Yoh 10:15; 11:27; 17:24; 1Kor 2:10).
Full Life: Mrk 1:15 - KERAJAAN ALLAH.
Nas : Mr 1:15
Kristus datang untuk memberitakan dan menyempurnakan Kerajaan Allah.
Inilah tema berita yang dibawa-Nya (Mat 4:17). Mengenai bentuk
p...
Nas : Mr 1:15
Kristus datang untuk memberitakan dan menyempurnakan Kerajaan Allah. Inilah tema berita yang dibawa-Nya (Mat 4:17). Mengenai bentuk perwujudannya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai Kerajaan Allah ini:
- 1) Kerajaan itu di dalam Israel. Kerajaan pada zaman PL adalah tindakan
penebusan Allah di dalam bangsa Israel agar mempersiapkan jalan bagi
penyelamatan umat manusia
(lihat art. PERJANJIAN ALLAH DENGAN ABRAHAM, ...).
Karena bangsa Israel menolak Yesus, sang Mesias, maka kerajaan itu diambil dari mereka(lihat cat. --> Mat 21:43).
[atau ref. Mat 21:43]
- 2) Kerajaan itu di dalam Kristus. Kerajaan dan kuasanya hadir di dalam diri dan karya Yesus sang Raja (Luk 11:20).
- 3) Kerajaan itu di dalam gereja. Aspek ini meliputi perwujudan kuasa
dan pemerintahan Allah di dalam hati dan kehidupan semua orang yang
bertobat dan percaya Injil dewasa ini (Yoh 3:3,5; Rom 14:17;
Kol 1:13). Kehadirannya disertai kuasa rohani yang besar, menentang
kekuasaaan Iblis, dosa, dan kejahatan. Kerajaan Allah bukanlah suatu
kerajaan yang bersifat politis atau jasmani, melainkan suatu kehadiran
dan tindakan Allah yang penuh kuasa dan tegas di antara umat-Nya (lih.
Mr 1:27; 9:1; dan
lihat art. KERAJAAN ALLAH
untuk memperoleh uraian yang terinci mengenai Kerajaan Allah pada zaman gereja). - 4) Kerajaan itu dalam perwujudannya. Inilah Kerajaan Mesias yang
diberitakan oleh para nabi (Mazm 89:37-38; Yes 11:1-9; Dan 7:13-14).
Kristus akan memerintah di bumi selama seribu tahun (Wahy 20:4-6) dan
gereja akan memerintah bersama Dia atas bangsa-bangsa (1Kor 6:2-3;
2Tim 2:12; Wahy 2:26-27;
lihat cat. --> Wahy 20:4).
[atau ref. Wahy 20:4]
- 5) Kerajaan itu dalam kekekalan. Kerajaan Mesias akan berakhir setelah
seribu tahun dan Kerajaan Allah yang abadi akan didirikan di langit baru
dan bumi baru (Wahy 21:1-4). Pusat dari bumi yang baru ini ialah kota
yang kudus, Yerusalem baru (Wahy 21:9-11). Para penghuninya adalah
orang-orang tertebus dari zaman PL (Wahy 21:12) dan PB
(Wahy 21:14). Berkat terbesar yang mereka nikmati adalah bahwa mereka
"akan melihat wajah-Nya" (Wahy 22:4; dan
lihat cat. --> Wahy 21:1).
[atau ref. Wahy 21:1]
Full Life: Mrk 1:17 - MARI, IKUTLAH AKU.
Nas : Mr 1:17
Panggilan yang pertama kepada para murid ialah agar mereka mengikut
Yesus serta mengenal Dia secara pribadi (Fili 3:8-10). Sebagai ak...
Nas : Mr 1:17
Panggilan yang pertama kepada para murid ialah agar mereka mengikut Yesus serta mengenal Dia secara pribadi (Fili 3:8-10). Sebagai akibat dari persekutuan ini, mereka harus memimpin orang lain agar mereka mengenal Yesus dan diselamatkan (bd. Ams 11:30; Dan 12:3; 1Kor 9:22).
Full Life: Mrk 1:27 - ROH-ROH JAHAT PUN ... TAAT KEPADA-NYA.
Nas : Mr 1:27
Lihat art. KUASA ATAS IBLIS DAN SETAN-SETAN,
untuk memperoleh ulasan mengenai ayat ini.
Nas : Mr 1:27
Lihat art. KUASA ATAS IBLIS DAN SETAN-SETAN,
untuk memperoleh ulasan mengenai ayat ini.
Full Life: Mrk 1:34 - MENGUSIR BANYAK SETAN.
Nas : Mr 1:34
Lihat art. KUASA ATAS IBLIS DAN SETAN-SETAN.
Nas : Mr 1:34
Lihat art. KUASA ATAS IBLIS DAN SETAN-SETAN.
Dalam beberapa naskah kuno tidak ada Anak Allah.
BIS: Mrk 1:4 - begitulah juga ... menyampaikan berita dari Allah begitulah juga ... menyampaikan berita dari Allah, beberapa naskah kuno: demikianlah Yohanes Pembaptis muncul di padang gurun dan menyampaikan berita ...
begitulah juga ... menyampaikan berita dari Allah, beberapa naskah kuno: demikianlah Yohanes Pembaptis muncul di padang gurun dan menyampaikan berita dari Allah.
BIS: Mrk 1:32 - matahari terbenam matahari terbenam: Dengan terbenamnya matahari maka hari Sabat sudah berakhir, sehingga orang-orang Yahudi diperbolehkan bekerja lagi.
matahari terbenam: Dengan terbenamnya matahari maka hari Sabat sudah berakhir, sehingga orang-orang Yahudi diperbolehkan bekerja lagi.
BIS: Mrk 1:40 - berpenyakit kulit yang mengerikan berpenyakit kulit yang mengerikan: Menurut peraturan agama Yahudi, penyakit ini menyebabkan penderitanya tidak layak menyembah Allah di tempat ibadat ...
berpenyakit kulit yang mengerikan: Menurut peraturan agama Yahudi, penyakit ini menyebabkan penderitanya tidak layak menyembah Allah di tempat ibadat (lihat kamus).
kasihan: beberapa naskah kuno: marah.
Jerusalem: Mrk 1:1 - Injil Kata Arab-Indonesia ini melalui bahasa Etiopia diturunkan dari kata Yunani "eu-anggelion". Artinya: Kabar yang baik. Kabar yang baik, yang dimaksudkan...
Kata Arab-Indonesia ini melalui bahasa Etiopia diturunkan dari kata Yunani "eu-anggelion". Artinya: Kabar yang baik. Kabar yang baik, yang dimaksudkan dalam Perjanjian Baru, ialah kabar mengenai Kerajaan Allah yang datang, bdk Mat 4:17+. Kedatangan itu sudah disiapkan oleh Perjanjian Lama, Yes 40:9; Yes 52:7; Yes 61:1, tetapi dimaklumkan oleh Yesus yang "memberitakan Injil", Mat 4:23; Mat 9:35; Mar 1:14 dsj; Ia memberitakan "Injil Kerajaan Allah", Luk 4:43; Luk 8:1; bdk Luk 16:15, dan mengajak orang supaya percaya kepadanya, Mar 1:15; bdk Mat 8:10+; Rom 1:16+. Dalam diri Yesus Kerajaan itu sudah datang, Mat 11:5 dsj; Luk 4:18 dan Luk 4:21. Setelah Yesus wafat murid-muridnya akan membawa Injil kepada dunia seluruhnya, Mat 24:14 dsj; Mat 26:13 dsj; Mar 16:15; Kis 5:42+; Gal 2:7. Mula-mula Injil itu hanya diberitakan secara lisan (dalam kitab suci Injil tidak pernah berarti: kitab Injil); kemudian berangsur-angsur dituliskan dan akhirnya Kabar yang baik itu dibukukan dalam keempat injil yang kita miliki. Kata benda "Injil" yang tidak terdapat dalam Lukas, dalam Markus (dan Mat 26:13) merupakan sebuah istilah yang dipakai tanpa keterangan lebih lanjut. Dalam Matius dan Lukas (yang hanya memakai kata kerja: memberitakan Kabar yang baik, bdk Mat 1:19+, atau Injil) terjemahan Indonesia ini kadang-kadang menterjemahkan "Injil" dan kadang-kadang "Kabar yang baik". Barangkali terjemahan paling tepat ialah Kabar yang baik
Sejumlah naskah tidak memuat kata-kata ini.
Jerusalem: Mrk 1:4 - tampil di padang gurun dan menyerukan Var: tampillah (Yohanes) sedang membaptis dan menyerukan baptisan pertobatan akan pengampunan dosa (atau:....menyerukan: Bertobatlah...)
Var: tampillah (Yohanes) sedang membaptis dan menyerukan baptisan pertobatan akan pengampunan dosa (atau:....menyerukan: Bertobatlah...)
Jerusalem: Mrk 1:6 - dan ikat pinggang kulit Sejumlah naskah tidak memuat kata-kata ini, bdk Mat 3:4.
Sejumlah naskah tidak memuat kata-kata ini, bdk Mat 3:4.
Jerusalem: Mrk 1:12-13 - -- Markus tidak berceritera dan barangkali tidak tahu akan ketiga percobaan yang dialami Yesus seperti diceritakan Matius dan Lukas. Kedua penginjil itu ...
Markus tidak berceritera dan barangkali tidak tahu akan ketiga percobaan yang dialami Yesus seperti diceritakan Matius dan Lukas. Kedua penginjil itu memungut cerita itu dari salah satu sumber lain. Binatang-binatang liar yang disebut Markus mengingatkan zaman Mesias sebagaimana dinubuatkan beberapa nabi: damai sejahtera Firdaus dipulihkan, Yes 11:6-9, zaman Mesias juga dihubungkan dengan padang gurun., Hos 2:16, sebab masa tinggalnya Israel di gurun dianggap masa bahagia dan baik, Amo 5:25; Hos 2:17; Hos 11:1-4; Hos 12:10; Yer 2:2-3. Malaikat-malaikat yang melayani Yesus melambangkan perlindungan dari pihak Allah, Maz 91:11-13 yang dikutip Mat 4:6 dsj.
Jerusalem: Mrk 1:15 - waktunya telah genap Dengan berkata tentang "kegenapan waktu" penginjil mengandaikan bahwa tahap-tahap rencana Allah bersambung, 1Ra 8:24; Wis 8:8; Kis 1:7+, dll. Diandaik...
Dengan berkata tentang "kegenapan waktu" penginjil mengandaikan bahwa tahap-tahap rencana Allah bersambung, 1Ra 8:24; Wis 8:8; Kis 1:7+, dll. Diandaikan pula bahwa orang tahu akan hal itu. Dengan dimulai tahap terakhir, Rom 3:26+; Ibr 1:2+ dll, sudah genaplah waktunya, Gal 4:4+; bdk 1Ko 10:11. Tidak hanya Kitab Suci, Mat 1:22+, dan hukum Taurat, Mat 5:17+, digenapi, tetapi juga seluruh tata penyelamatan lama yang oleh Allah dipimpin ke kepenuhannya, Mat 9:17; Mat 26:28+; Rom 10:4; 2Ko 3:14-15; Ibr 10:1,14, dll. Pada akhir tahap sejarah yang terakhir itu, 1Ko 10:11; 1Ti 4:1; 1Pe 1:5,20; 1Yo 2:18, yang adalah "zaman akhir" Ibr 9:26, tibalah "akhir zaman", Mat 13:40,49; Mat 24:3; Mat 28:20, ialah "Hari (Tuhan) itu", 1Ko 1:8+; bdk Amo 5:18, "hari pernyataanNya", 1Ko 1:7+, dan hari penghakiman, Rom 2:6+, bdk Maz 9:5
Jerusalem: Mrk 1:17 - Mari, ikutlah Aku Orang yang oleh Yesus dipanggil untuk mengikut Dia, Mat 1:20; Mat 2:14 dsj; Mat 19:21 dsj; Mat 19:27-28; Luk 9:57-62; bdk Ula 13:3,5; 1Ra 14:8; 1Ra 19...
Orang yang oleh Yesus dipanggil untuk mengikut Dia, Mat 1:20; Mat 2:14 dsj; Mat 19:21 dsj; Mat 19:27-28; Luk 9:57-62; bdk Ula 13:3,5; 1Ra 14:8; 1Ra 19:20; dll., harus meninggalkan segala sesuatu, Mat 10:21,28 dsj buat menjadi senasib dengan Yesus; merekapun harus siap menderita sengsara salib, Mat 10:38 dsj; Mat 16:24 dsj; bdk Yoh 12:24-26. Sehubungan dengan murid-murid yang tidak lagi langsung mengenal Yesus di dunia pikiran serupa terungkap dalam gagasan "persekutuan", Fili 3:10; Yoh 1:3+, dll, atau dalam gagasan "mengikut teladan" 2Te 3:7+.
Jerusalem: Mrk 1:23 - roh jahat Harafiah: roh najis. Begitulah oleh orang Yahudi disebut, bdk Zak 13:2, roh-roh yang tidak peduli akan kesucian keagamaan dan kesucian akhlak atau bah...
Harafiah: roh najis. Begitulah oleh orang Yahudi disebut, bdk Zak 13:2, roh-roh yang tidak peduli akan kesucian keagamaan dan kesucian akhlak atau bahkan menentangnya. Dan pengabdian Allah memang menuntut kesucian itu; lihat juga Mar 3:11,30, dll; Mat 10:1; Mat 12:43; Luk 4:33,36; dll.
Jerusalem: Mrk 1:24 - Engkau datang Kalimat ini dapat dibaca sebagai pertanyaan atau sebagai keterangan
Kalimat ini dapat dibaca sebagai pertanyaan atau sebagai keterangan
Jerusalem: Mrk 1:24 - Yang kudus dari Allah Allahlah yang menurut hakekatNya "kudus"; lalu segala sesuatunya yang berpautan dengan Allah dapat dikatakan "kudus", Ima 11:44-45; Ima 19:2; Yes 6:3,...
Allahlah yang menurut hakekatNya "kudus"; lalu segala sesuatunya yang berpautan dengan Allah dapat dikatakan "kudus", Ima 11:44-45; Ima 19:2; Yes 6:3, terutama Yesus yang berpautan dengan Allah sebagai AnakNya dan oleh karena dipilih menjadi Mesias, Mat 1:10 dst, dan diangkat menjadi kepala "umat orang-orang kudus", Dan 7:18, ialah jemaat orang-orang pilihan orang Kristen, Kis 9:13+. Bdk Luk 1:35; Luk 4:34; Yoh 6:69; Kis 3:14+; Kis 4:27,30; Wah 3:7.
Jerusalem: Mrk 1:27 - Apa ini Terjemahan lain: Itu dia suatu ajaran baru yang berwewenang, roh-roh jahatpun diperintahNya.
Terjemahan lain: Itu dia suatu ajaran baru yang berwewenang, roh-roh jahatpun diperintahNya.
Jerusalem: Mrk 1:34 - Ia tidak memperbolehkan Baik setan-setan, Mar 1:25,34; Mar 3:12, dan orang-orang yang disembuhkan, Mar 1:44; Mar 5:43; Mar 5:43; Mar 7:36; Mar 8:26, maupun para rasul Kis 8:3...
Baik setan-setan, Mar 1:25,34; Mar 3:12, dan orang-orang yang disembuhkan, Mar 1:44; Mar 5:43; Mar 5:43; Mar 7:36; Mar 8:26, maupun para rasul Kis 8:30; Kis 9:9, oleh Yesus dilarang memberitahukan kepada siapapun bahwa Ia Mesias; larangan itu baru dicabut setelah Yesus wafat, Mar 10:27+. Di waktu itu orang banyak memikirkan Mesias sebagai pahlawan nasional dan pejuang; ini terlalu berbeda dengan pendapat Yesus tentang Mesias yang Ia jelmakan sendiri. Karenanya Yesus hati-hati sekali dalam memperkenalkan diri sebagai Mesias, paling sedikit di tanah Israel, bdk Mar 5:19, untuk menghindarkan salah paham tentang tugasNya, karena ini hanya menghalangi pelaksanaannya, bdk Yoh 6:15; Mat 13:13+. Larangan atau "rahasia Mesias" itu bukanlah hal yang baru kemudian dibayangkan oleh Markus, sebagaimana dikatakan oleh sementara ahli. Sebaliknya, keterangan-keterangan Markus itu sesuai dengan sikap Yesus sendiri selama hidupNya, meskipun Markus suka menonjolkannya. Dalam Lukas atau Matius (kecuali Mat 9:30) larangan itu hanya ditemukan dalam bagian-bagian yang sejalan Markus; dan dalam bagian-bagian ini Lukas dan Matius seringkali tidak menyebut-nyebut larangan itu.
Jerusalem: Mrk 1:38 - telah datang Harafiah: keluar. dalam konteksnya berarti: keluar dari Kapernaum, Mar 1:35. Tetapi barangkali ada arti lebih mendalam, sehingga apa yang dimaksudkan ...
Harafiah: keluar. dalam konteksnya berarti: keluar dari Kapernaum, Mar 1:35. Tetapi barangkali ada arti lebih mendalam, sehingga apa yang dimaksudkan ialah: keluar dari hadirat Allah, Yoh 8:42; Yoh 13:3; Yoh 16:27 dst, Yoh 16:30. Bdk Luk 4:43. Arti mendalam itu disarankan oleh terjemahan: Aku telah datang.
Ende: Mrk 1:1 - Kabar-gembira Istilah ini sudah sangat lazim digunakan sebagai terdjemahan
"eu-anggelion" dalam bahasa Junani. Terdjemahan lurus sebenarnja "kabar-jang-baik",
atau ...
Istilah ini sudah sangat lazim digunakan sebagai terdjemahan "eu-anggelion" dalam bahasa Junani. Terdjemahan lurus sebenarnja "kabar-jang-baik", atau kabar baik. Lebih lazim lagi dipergunakan istilah "Indjil", jang merupakan pendjelmaan bunji kata "eu-anggelion" dalam bahasa kita. Dalam pemakaian umum Indjil dapat berarti seluruh adjaran Jesus, seluruh adjaran Perdjandjian Baru, keempat karangan "Indjil" ataupun kutipan dari keempat karangan itu untuk dibatja didalam liturgi. Dalam pemakaian umum, kata "Indjil" tidak mengesankan kemesraan isinja, jang terang dalam ungkapan "Kabar-gembira". Sebab itu dimana segi "gembira" itu patut diinsafkan, seperti maksud Markus dengan istilahnja disini, maka kami terdjemahkan dengan istilah "kabar gembira" itu.
Ende: Mrk 1:1 - Kabar gembira Jesus Kristus dapat diartikan: Kabar mengenai Jesus Kristus,
ataupun: jang dimaklumkan oleh Jesus Kristus.
dapat diartikan: Kabar mengenai Jesus Kristus, ataupun: jang dimaklumkan oleh Jesus Kristus.
Ende: Mrk 1:1 - Jesus Kristus Istilah "kristos" dalam bahasa Junani berarti "jang diurapi".
Maksudnja; dalam Kitab Kudus jang diurapi atas nama Allah, mendjadi radja atau
imam agun...
Istilah "kristos" dalam bahasa Junani berarti "jang diurapi". Maksudnja; dalam Kitab Kudus jang diurapi atas nama Allah, mendjadi radja atau imam agung. Sama pula artinja dengan kata bahasa Jahudi "Messiah". Didalam geredja purba "Kristus" mula-mula digunakan sebagai gelaran bagi Jesus, lama-kelamaan sebagai nama.
Ende: Mrk 1:2-3 - -- Tugas Joanes Pemandi ialah: menjiapkan hati orang Jahudi untuk kemudian rela
menerima Kabar-gembira dan Keradjaan Allah jang dimaklumkan Jesus.
Tugas Joanes Pemandi ialah: menjiapkan hati orang Jahudi untuk kemudian rela menerima Kabar-gembira dan Keradjaan Allah jang dimaklumkan Jesus.
Ende: Mrk 1:9 - Jesus dipermandikan Peristiwa ini melambangkan bahwa Jesus sebagai wakil
segenap umat manusia berdosa, memuat diatas punggungNja segala dosa manusia,
untuk menghapuskannj...
Peristiwa ini melambangkan bahwa Jesus sebagai wakil segenap umat manusia berdosa, memuat diatas punggungNja segala dosa manusia, untuk menghapuskannja dalam permandianNja. Tetapi sebenarnja bukan permandian dalam air jang hanja lambang itu, melainkan dalam permandian sengsaraNja kelak. Bandingkanlah utjapan Jesus dalam Mar 10:38. Peristiwa selandjutnja dapat dipandang sebagai pelantikan resmi Jesus sebagai "Mesias" untuk muntjul melaksanakan rentjana Allah menjelamatkan umat manusia. Ia setjara njata diperkenalkan sebagai penuh dengan Roh Allah dan kekuasaan Ilahi.
Ende: Mrk 1:23 - Roh djahat Mereka ini dianggap kurang lebih sebagai anak buah "setan".
"Setan" lebih dipandang sebagai si pendjahat mutlak dan pokok segala dosa
sedangkan roh-ro...
Mereka ini dianggap kurang lebih sebagai anak buah "setan". "Setan" lebih dipandang sebagai si pendjahat mutlak dan pokok segala dosa sedangkan roh-roh djahat jang lain lebih menjebabkan penjakit-penjakit, kegilaan dan tjelaka-tjelaka djasmani jang lain. Tetapi pembedaan antara "setan" dan "roh-roh djahat" ini tidak selalu terang.
Ende: Mrk 1:34 - Tidak membiarkan Itu tentu sebab orang belum matang, untuk menerima Jesus
sebagai Mesias.
Itu tentu sebab orang belum matang, untuk menerima Jesus sebagai Mesias.
Ref. Silang FULL -> Mrk 1:1; Mrk 1:2; Mrk 1:3; Mrk 1:4; Mrk 1:6; Mrk 1:7; Mrk 1:8; Mrk 1:9; Mrk 1:10; Mrk 1:11; Mrk 1:13; Mrk 1:14; Mrk 1:15; Mrk 1:18; Mrk 1:21; Mrk 1:22; Mrk 1:24; Mrk 1:25; Mrk 1:26; Mrk 1:27; Mrk 1:28; Mrk 1:29; Mrk 1:31; Mrk 1:32; Mrk 1:34; Mrk 1:35; Mrk 1:38; Mrk 1:39; Mrk 1:40; Mrk 1:44; Mrk 1:45
Ref. Silang FULL: Mrk 1:4 - Yohanes Pembaptis // Bertobatlah // mengampuni dosamu · Yohanes Pembaptis: Mat 3:1; Mat 3:1
· Bertobatlah: Mr 1:8; Yoh 1:26,33; Kis 1:5,22; 11:36; 13:24; 18:25; 19:3,4
· mengampuni do...
· Yohanes Pembaptis: Mat 3:1; [Lihat FULL. Mat 3:1]
· Bertobatlah: Mr 1:8; Yoh 1:26,33; Kis 1:5,22; 11:36; 13:24; 18:25; 19:3,4
· mengampuni dosamu: Luk 1:77
Ref. Silang FULL: Mrk 1:6 - ikat pinggang // makanannya belalang · ikat pinggang: 2Raj 1:8
· makanannya belalang: Im 11:22
Ref. Silang FULL: Mrk 1:8 - Roh Kudus · Roh Kudus: Yes 44:3; Yoel 2:28; Yoh 1:33; Kis 1:5; 2:4; 11:16; 19:4-6
· Roh Kudus: Yes 44:3; Yoel 2:28; Yoh 1:33; Kis 1:5; 2:4; 11:16; 19:4-6
Ref. Silang FULL: Mrk 1:9 - dari Nazaret // oleh Yohanes · dari Nazaret: Mat 2:23; Mat 2:23
· oleh Yohanes: Mat 3:1; Mat 3:1
Ref. Silang FULL: Mrk 1:11 - Engkaulah Anak-Ku // Aku berkenan · Engkaulah Anak-Ku: Mat 3:17; Mat 3:17
· Aku berkenan: Mat 3:17; Mat 3:17
Ref. Silang FULL: Mrk 1:13 - puluh hari // oleh Iblis · puluh hari: Kel 24:18; 1Raj 19:8
· oleh Iblis: Mat 4:10; Mat 4:10; Ibr 4:15
Ref. Silang FULL: Mrk 1:14 - Sesudah Yohanes // ke Galilea // Injil Allah · Sesudah Yohanes: Mat 3:1; Mat 3:1
· ke Galilea: Mat 4:12
· Injil Allah: Mat 4:23
Ref. Silang FULL: Mrk 1:15 - telah genap // dan percayalah // kepada Injil · telah genap: Rom 5:6; Gal 4:4; Ef 1:10
· dan percayalah: Yoh 3:15; Yoh 3:15
· kepada Injil: Kis 20:21
Ref. Silang FULL: Mrk 1:21 - dan mengajar · dan mengajar: Mr 1:39; Mat 4:23; Mat 4:23; Mr 10:1; Mr 10:1
· ahli-ahli Taurat: Mat 7:28,29; [Lihat FULL. Mat 7:28]; [Lihat FULL. Mat 7:29]
Ref. Silang FULL: Mrk 1:24 - dengan kami // orang Nazaret // dari Allah · dengan kami: Mat 8:29; Mat 8:29
· orang Nazaret: Mat 2:23; Mat 2:23; Luk 24:19; Yoh 1:45,46; Kis 4:10; 24:5
· dari Allah: Mazm ...
· dengan kami: Mat 8:29; [Lihat FULL. Mat 8:29]
· orang Nazaret: Mat 2:23; [Lihat FULL. Mat 2:23]; Luk 24:19; Yoh 1:45,46; Kis 4:10; 24:5
· dari Allah: Mazm 16:10; Yes 41:14,16,20; Luk 1:35; Yoh 6:69; Kis 3:14; 1Yoh 2:20
· semua takjub: Mr 10:24,32
· rumah ibadat: Mr 1:21,23
Ref. Silang FULL: Mrk 1:34 - bermacam-macam penyakit // mengenal Dia · bermacam-macam penyakit: Mat 4:23; Mat 4:23
· mengenal Dia: Mr 3:12; Kis 16:17,18
· bermacam-macam penyakit: Mat 4:23; [Lihat FULL. Mat 4:23]
· mengenal Dia: Mr 3:12; Kis 16:17,18
Ref. Silang FULL: Mrk 1:39 - rumah-rumah ibadat // mengusir setan-setan · rumah-rumah ibadat: Mat 4:23; Mat 4:23
· mengusir setan-setan: Mat 4:24; Mat 4:24
· sambil berlutut: Mr 10:17
Ref. Silang FULL: Mrk 1:44 - kepada siapapun // kepada imam // untuk pentahiranmu · kepada siapapun: Mat 8:4; Mat 8:4
· kepada imam: Im 13:49
· untuk pentahiranmu: Im 14:1-32
· kepada siapapun: Mat 8:4; [Lihat FULL. Mat 8:4]
· kepada imam: Im 13:49
· untuk pentahiranmu: Im 14:1-32
Ref. Silang FULL: Mrk 1:45 - di tempat-tempat // segala penjuru · di tempat-tempat: Luk 5:15,16
· segala penjuru: Mr 2:13; Luk 5:17; Yoh 6:2
· di tempat-tempat: Luk 5:15,16