kecilkan semua  

Teks -- 1 Raja-raja 18:1-46 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Obaja, pegawai Ahab, bertemu dengan Elia
18:1 Dan sesudah beberapa lama, datanglah firman TUHAN kepada Elia dalam tahun yang ketiga: "Pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada Ahab, sebab Aku hendak memberi hujan ke atas muka bumi." 18:2 Lalu pergilah Elia memperlihatkan diri kepada Ahab. Adapun kelaparan itu berat di Samaria. 18:3 Sebab itu Ahab telah memanggil Obaja yang menjadi kepala istana. Obaja itu seorang yang sungguh-sungguh takut akan TUHAN. 18:4 Karena pada waktu Izebel melenyapkan nabi-nabi TUHAN, Obaja mengambil seratus orang nabi, lalu menyembunyikan mereka lima puluh lima puluh sekelompok dalam gua dan mengurus makanan dan minuman mereka. 18:5 Ahab berkata kepada Obaja: "Jelajahilah negeri ini dan pergi ke segala mata air dan ke semua sungai; barangkali kita menemukan rumput, sehingga kita dapat menyelamatkan kuda dan bagal, dan tidak usah kita memotong seekorpun dari hewan itu." 18:6 Lalu mereka membagi-bagi tanah itu untuk menjelajahinya. Ahab pergi seorang diri ke arah yang satu dan Obaja pergi ke arah yang lain. 18:7 Sedang Obaja di tengah jalan, ia bertemu dengan Elia. Setelah mengenali dia, ia sujud serta bertanya: "Engkaukah ini, hai tuanku Elia?" 18:8 Jawab Elia kepadanya: "Benar! Pergilah, katakan kepada tuanmu: Elia ada." 18:9 Tetapi jawab Obaja: "Apakah dosa yang telah kuperbuat, maka engkau hendak menyerahkan hambamu ini kepada Ahab, supaya aku dibunuhnya? 18:10 Demi TUHAN, Allahmu, yang hidup, sesungguhnya tidak ada bangsa atau kerajaan, yang tidak didatangi suruhan tuanku Ahab untuk mencari engkau. Dan apabila orang berkata: Ia tidak ada, maka ia menyuruh kerajaan atau bangsa itu bersumpah, bahwa engkau tidak ditemukan di sana. 18:11 Dan sekarang engkau berkata: Pergilah, katakan kepada tuanmu: Elia ada. 18:12 Mungkin terjadi, apabila aku sudah pergi dari padamu, Roh TUHAN mengangkat engkau ke tempat yang tidak kuketahui. Kalau aku sampai kepada Ahab untuk memberitahukannya dan engkau tidak didapatinya, tentulah ia akan membunuh aku, padahal hambamu ini dari sejak kecil takut akan TUHAN. 18:13 Tidakkah diberitahukan kepada tuanku apa yang telah kulakukan pada waktu Izebel membunuh nabi-nabi TUHAN, bagaimana aku menyembunyikan seratus orang nabi-nabi TUHAN dalam gua, lima puluh lima puluh sekelompok dan mengurus makanan dan minuman mereka? 18:14 Dan sekarang, mengapa engkau ini berkata: Pergilah, katakan kepada tuanmu: Elia ada! Ia pasti akan membunuh aku." 18:15 Jawab Elia: "Demi TUHAN semesta alam yang hidup, yang kulayani, sesungguhnya hari ini juga aku akan memperlihatkan diri kepadanya."
Elia bertemu dengan Ahab
18:16 Lalu pergilah Obaja menemui Ahab dan memberitahukan hal itu kepadanya. Kemudian Ahab pergi menemui Elia. 18:17 Segera sesudah Ahab melihat Elia, ia berkata kepadanya: "Engkaukah itu, yang mencelakakan Israel?" 18:18 Jawab Elia kepadanya: "Bukan aku yang mencelakakan Israel, melainkan engkau ini dan kaum keluargamu, sebab kamu telah meninggalkan perintah-perintah TUHAN dan engkau ini telah mengikuti para Baal. 18:19 Sebab itu, suruhlah mengumpulkan seluruh Israel ke gunung Karmel, juga nabi-nabi Baal yang empat ratus lima puluh orang itu dan nabi-nabi Asyera yang empat ratus itu, yang mendapat makan dari meja istana Izebel."
Elia di gunung Karmel
18:20 Ahab mengirim orang ke seluruh Israel dan mengumpulkan nabi-nabi itu ke gunung Karmel. 18:21 Lalu Elia mendekati seluruh rakyat itu dan berkata: "Berapa lama lagi kamu berlaku timpang dan bercabang hati? Kalau TUHAN itu Allah, ikutilah Dia, dan kalau Baal, ikutilah dia." Tetapi rakyat itu tidak menjawabnya sepatah katapun. 18:22 Lalu Elia berkata kepada rakyat itu: "Hanya aku seorang diri yang tinggal sebagai nabi TUHAN, padahal nabi-nabi Baal itu ada empat ratus lima puluh orang banyaknya. 18:23 Namun, baiklah diberikan kepada kami dua ekor lembu jantan; biarlah mereka memilih seekor lembu, memotong-motongnya, menaruhnya ke atas kayu api, tetapi mereka tidak boleh menaruh api. Akupun akan mengolah lembu yang seekor lagi, meletakkannya ke atas kayu api dan juga tidak akan menaruh api. 18:24 Kemudian biarlah kamu memanggil nama allahmu dan akupun akan memanggil nama TUHAN. Maka allah yang menjawab dengan api, dialah Allah!" Seluruh rakyat menyahut, katanya: "Baiklah demikian!" 18:25 Kemudian Elia berkata kepada nabi-nabi Baal itu: "Pilihlah seekor lembu dan olahlah itu dahulu, karena kamu ini banyak. Sesudah itu panggillah nama allahmu, tetapi kamu tidak boleh menaruh api." 18:26 Mereka mengambil lembu yang diberikan kepada mereka, mengolahnya dan memanggil nama Baal dari pagi sampai tengah hari, katanya: "Ya Baal, jawablah kami!" Tetapi tidak ada suara, tidak ada yang menjawab. Sementara itu mereka berjingkat-jingkat di sekeliling mezbah yang dibuat mereka itu. 18:27 Pada waktu tengah hari Elia mulai mengejek mereka, katanya: "Panggillah lebih keras, bukankah dia allah? Mungkin ia merenung, mungkin ada urusannya, mungkin ia bepergian; barangkali ia tidur, dan belum terjaga." 18:28 Maka mereka memanggil lebih keras serta menoreh-noreh dirinya dengan pedang dan tombak, seperti kebiasaan mereka, sehingga darah bercucuran dari tubuh mereka. 18:29 Sesudah lewat tengah hari, mereka kerasukan sampai waktu mempersembahkan korban petang, tetapi tidak ada suara, tidak ada yang menjawab, tidak ada tanda perhatian. 18:30 Kata Elia kepada seluruh rakyat itu: "Datanglah dekat kepadaku!" Maka mendekatlah seluruh rakyat itu kepadanya. Lalu ia memperbaiki mezbah TUHAN yang telah diruntuhkan itu. 18:31 Kemudian Elia mengambil dua belas batu, menurut jumlah suku keturunan Yakub. -- Kepada Yakub ini telah datang firman TUHAN: "Engkau akan bernama Israel." -- 18:32 Ia mendirikan batu-batu itu menjadi mezbah demi nama TUHAN dan membuat suatu parit sekeliling mezbah itu yang dapat memuat dua sukat benih. 18:33 Ia menyusun kayu api, memotong lembu itu dan menaruh potongan-potongannya di atas kayu api itu. 18:34 Sesudah itu ia berkata: "Penuhilah empat buyung dengan air, dan tuangkan ke atas korban bakaran dan ke atas kayu api itu!" Kemudian katanya: "Buatlah begitu untuk kedua kalinya!" Dan mereka berbuat begitu untuk kedua kalinya. Kemudian katanya: "Buatlah begitu untuk ketiga kalinya!" Dan mereka berbuat begitu untuk ketiga kalinya, 18:35 sehingga air mengalir sekeliling mezbah itu; bahkan parit itupun penuh dengan air. 18:36 Kemudian pada waktu mempersembahkan korban petang, tampillah nabi Elia dan berkata: "Ya TUHAN, Allah Abraham, Ishak dan Israel, pada hari ini biarlah diketahui orang, bahwa Engkaulah Allah di tengah-tengah Israel dan bahwa aku ini hamba-Mu dan bahwa atas firman-Mulah aku melakukan segala perkara ini. 18:37 Jawablah aku, ya TUHAN, jawablah aku, supaya bangsa ini mengetahui, bahwa Engkaulah Allah, ya TUHAN, dan Engkaulah yang membuat hati mereka tobat kembali." 18:38 Lalu turunlah api TUHAN menyambar habis korban bakaran, kayu api, batu dan tanah itu, bahkan air yang dalam parit itu habis dijilatnya. 18:39 Ketika seluruh rakyat melihat kejadian itu, sujudlah mereka serta berkata: "TUHAN, Dialah Allah! TUHAN, Dialah Allah!" 18:40 Kata Elia kepada mereka: "Tangkaplah nabi-nabi Baal itu, seorangpun dari mereka tidak boleh luput." Setelah ditangkap, Elia membawa mereka ke sungai Kison dan menyembelih mereka di sana. 18:41 Kemudian berkatalah Elia kepada Ahab: "Pergilah, makanlah dan minumlah, sebab bunyi derau hujan sudah kedengaran." 18:42 Lalu Ahab pergi untuk makan dan minum. Tetapi Elia naik ke puncak gunung Karmel, lalu ia membungkuk ke tanah, dengan mukanya di antara kedua lututnya. 18:43 Setelah itu ia berkata kepada bujangnya: "Naiklah ke atas, lihatlah ke arah laut." Bujang itu naik ke atas, ia melihat dan berkata: "Tidak ada apa-apa." Kata Elia: "Pergilah sekali lagi." Demikianlah sampai tujuh kali. 18:44 Pada ketujuh kalinya berkatalah bujang itu: "Wah, awan kecil sebesar telapak tangan timbul dari laut." Lalu kata Elia: "Pergilah, katakan kepada Ahab: Pasang keretamu dan turunlah, jangan sampai engkau terhalang oleh hujan." 18:45 Maka dalam sekejap mata langit menjadi kelam oleh awan badai, lalu turunlah hujan yang lebat. Ahab naik kereta lalu pergi ke Yizreel. 18:46 Tetapi kuasa TUHAN berlaku atas Elia. Ia mengikat pinggangnya dan berlari mendahului Ahab sampai ke jalan yang menuju Yizreel.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Abraham a son of Terah; the father of Isaac; ancestor of the Jewish nation.,the son of Terah of Shem
 · Ahab son and successor of Omri, king of Israel,son of Kolaiah; a false prophet in the time of King Zedekiah
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Baal a pagan god,a title of a pagan god,a town in the Negeb on the border of Simeon and Judah,son of Reaiah son of Micah; a descendant of Reuben,the forth son of Jeiel, the Benjamite
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Elia a prophet from the 9th century B.C.,a prophet from Tishbe in Gilead to Israel in King Ahab's time,son of Jeroham of Benjamin,a priest of the Harim clan who put away his heathen wife,a layman of the Bani Elam clan who put away his heathen wife
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Izebel the wife of King Ahab of Israel,wife of Ahab and mother of Jehoram, kings of Israel; daughter of Ethbaal, the king of the Sidonians
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Kison a river that flows NW through the Plain of Esdraelon past Jezreel & Megiddo to the Mediterranean Sea north of Mt. Carmel
 · laut the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · Laut Asin the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · laut ke laut the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · laut sampai ke laut the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · lautan the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · Obaja a man who was in charge of king Ahab's household,son of Arnan, a descendant of Hananiah, Zerubbabel and David,son of Izrahiah of Issachar,son of Azel of Benjamin,son of Shemaiah; a Levite leader of a group of returned exiles,a Gadite officer who defected to David in the wilderness,a man of Zebulun in Saul and David's time,a prince King Jehoshaphat sent to teach the law around Judah,son of Jehiel; head of the Joab Clan group of returnees,a priest who signed the covenant to keep God's law,a gatekeeper in the time of Nehemiah
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang Yizreel a resident of the town or region of Jezreel
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Samaria inhabitant(s) of Samaria
 · padang gurun di tepi laut the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · perempuan Karmel a woman resident of the town of Carmel
 · Samaria residents of the district of Samaria
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · suku Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · teluk Mesir the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · umat Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Yakub the second so of a pair of twins born to Isaac and Rebeccaa; ancestor of the 12 tribes of Israel,the nation of Israel,a person, male,son of Isaac; Israel the man and nation
 · Yizreel a woman resident of the town or region of Jezreel


Topik/Tema Kamus: Elia | Karmel | Ahab | Raja-raja, Kitab-kitab | Kebijaksanaan, Kitab | Raja | Baal | Obaja | Mukjizat Melalui Perantaraan | Perbuatan Ajaib | Nabi | Hujan | Sembah, Penyembahan Berhala | Angin | Air | Jawab, Jawaban Doa | Izebel | Anak Sungai | Awan | Lapar, Kelaparan | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: 1Raj 18:18 - MENINGGALKAN PERINTAH-PERINTAH TUHAN. Nas : 1Raj 18:18 Konfrontasi Elia yang berani dengan Ahab dan ketidakbenaran di Israel menjadikannya nabi teladan bagi Israel dan orang yang paling...

Nas : 1Raj 18:18

Konfrontasi Elia yang berani dengan Ahab dan ketidakbenaran di Israel menjadikannya nabi teladan bagi Israel dan orang yang paling layak melambangkan pendahulu Tuhan Yesus Kristus (bd. Mal 4:5-6; Luk 1:17).

  1. 1) Elia benar-benar seorang "abdi Allah" (1Raj 17:24), seorang yang berbicara bukan sekedar untuk menyenangkan orang lain tetapi sebagai hamba Allah yang setia (bd. Gal 1:10; 1Tes 2:4;

    lihat cat. --> Luk 1:17).

    [atau ref. Luk 1:17]

  2. 2) Sebagaimana Elia dipanggil untuk membela Allah Israel yang sejati, semua hamba Allah dari perjanjian yang baru dipanggil untuk membela Injil Kristus terhadap pemutarbalikan, kompromi, dan pencemaran

    (lihat cat. --> Fili 1:17;

    lihat cat. --> Yud 1:3).

    [atau ref. Fili 1:17; Yud 1:3]

Full Life: 1Raj 18:21 - KALAU TUHAN ITU ALLAH, IKUTILAH DIA. Nas : 1Raj 18:21 Elia menantang bangsa itu untuk mengambil keputusan yang pasti di antara ikut Allah atau ikut Baal (bd. Yeh 20:31,39). Israel perc...

Nas : 1Raj 18:21

Elia menantang bangsa itu untuk mengambil keputusan yang pasti di antara ikut Allah atau ikut Baal (bd. Yeh 20:31,39). Israel percaya bahwa mereka dapat menyembah keduanya sekaligus. Mereka bersalah karena bercabang hati (bd. Ul 6:4-5) dan berusaha untuk melayani dua tuan. Kristus sendiri pernah memperingatkan terhadap sikap fatal ini (Mat 6:24; bd. Ul 30:19; Yos 24:14-15;

lihat art. PEMISAHAN ROHANI ORANG PERCAYA).

Full Life: 1Raj 18:27 - ELIA MULAI MENGEJEK MEREKA. Nas : 1Raj 18:27 Ejekan Elia terhadap para nabi Baal menunjukkan kemarahannya yang sangat terhadap penyembahan berhala yang mesum dan kejam yang te...

Nas : 1Raj 18:27

Ejekan Elia terhadap para nabi Baal menunjukkan kemarahannya yang sangat terhadap penyembahan berhala yang mesum dan kejam yang telah dianut oleh Israel; ledekan dan sikapnya yang kokoh mengungkapkan kesetiaan yang teguh kepada Allah yang dikasihi dan dilayaninya. Bandingkan reaksi Elia dengan kemarahan dan sikap tidak toleran Yesus terhadap pencemaran Bait Suci di Yerusalem

(lihat cat. --> Luk 19:45).

[atau ref. Luk 19:45]

Full Life: 1Raj 18:36 - ELIA ... BERKATA, "YA TUHAN, ALLAH ABRAHAM" Nas : 1Raj 18:36 (versi Inggris NIV -- Elia ... berdoa). Keberanian dan iman Elia hampir tanpa tandingan dalam seluruh sejarah penebusan. Tantangan...

Nas : 1Raj 18:36

(versi Inggris NIV -- Elia ... berdoa). Keberanian dan iman Elia hampir tanpa tandingan dalam seluruh sejarah penebusan. Tantangannya kepada raja (ayat 1Raj 18:16-19), teguran kepada seluruh Israel (ayat 1Raj 18:21-24), dan konfrontasi dengan 450 nabi Baal (ayat 1Raj 18:22,27) dilakukan hanya dengan senjata doa dan iman kepada Allah. Keyakinannya akan Allah ditunjukkan dengan keringkasan (hanya 41 kata Ibrani) dan kesederhanaan doanya (ayat 1Raj 18:36-37;

lihat art. BERDOA DENGAN EFEKTIF).

Full Life: 1Raj 18:37 - MEMBUAT HATI MEREKA TOBAT KEMBALI. Nas : 1Raj 18:37 Maksud konfrontasi Elia dengan para nabi Baal dan kemudian doanya ialah menyatakan kasih karunia Allah kepada umat itu. Ia ingin m...

Nas : 1Raj 18:37

Maksud konfrontasi Elia dengan para nabi Baal dan kemudian doanya ialah menyatakan kasih karunia Allah kepada umat itu. Ia ingin membalikkan hati mereka kepada Allah (ayat 1Raj 18:37). Demikian pula, Yohanes Pembaptis, "Elia" PB

(lihat cat. --> 1Raj 17:1)

[atau ref. 1Raj 17:1]

bertujuan membalikkan hati banyak orang kepada Allah sebgai persiapan bagi kedatangan Kristus.

Full Life: 1Raj 18:38 - TURUNLAH API TUHAN. Nas : 1Raj 18:38 Tuhan secara ajaib menurunkan api untuk membakar persembahan itu (bd. 1Taw 21:26; 2Taw 7:1). Mukjizat itu membenarkan Elia selaku ...

Nas : 1Raj 18:38

Tuhan secara ajaib menurunkan api untuk membakar persembahan itu (bd. 1Taw 21:26; 2Taw 7:1). Mukjizat itu membenarkan Elia selaku nabi Allah dan membuktikan bahwa hanya Tuhan Israel adalah Allah yang hidup yang harus mereka sembah. Dengan cara sama, orang percaya harus berdoa dan mengharapkan manifestasi Allah di tengah mereka melalui Roh Kudus (lih. 1Kor 12:4-11; 14:1-40).

Full Life: 1Raj 18:40 - MENYEMBELIH MEREKA DI SANA. Nas : 1Raj 18:40 Perhatikan hal-hal berikut mengenai pembunuhan nabi-nabi Baal ini: 1) Hukuman mati mereka itu adil karena dilaksanakan sesuai...

Nas : 1Raj 18:40

Perhatikan hal-hal berikut mengenai pembunuhan nabi-nabi Baal ini:

  1. 1) Hukuman mati mereka itu adil karena dilaksanakan sesuai dengan hukum Musa (Ul 13:6-9; 17:2-5). PB tidak memiliki perintah semacam itu; tindakan kekerasan terhadap nabi palsu dilarang (Mat 5:44), sekalipun Allah memerintahkan untuk menolak dan memisahkan diri dari mereka (Mat 24:23-24; 2Kor 6:14-18; Gal 1:6-9; 2Yoh 1:7-11; Yud 1:3-4;

    lihat art. GURU-GURU PALSU).

  2. 2) Tindakan Elia terhadap para nabi palsu itu menunjukkan murka Allah atas mereka yang berusaha untuk menghancurkan iman dan warisan rohani umat pilihan-Nya, juga mengungkapkan kasih dan kesetiaan Elia bagi Allah. Jadi, roh dan hatinya selaras dengan Allah; kepekaan moral dan rohaninya marah sekali karena Israel secara tragis meninggalkan Allah perjanjian mereka, Yang telah mengasihi dan menebus mereka.
  3. 3) Pembunuhan para nabi palsu itu juga menunjukkan perhatian mendalam bagi orang Israel yang sedang dibinasakan secara rohani oleh agama palsu. Yesus memiliki sikap yang sama (Mat 23:1-39; juga lih. Luk 19:27), demikian pula Paulus (Gal 1:6-9;

    lihat cat. --> Gal 1:9).

    [atau ref. Gal 1:9]

    Selanjutnya, perhatikan bahwa murka Allah akan dicurahkan atas semua orang yang keras kepala dan tidak mau bertobat "pada hari waktu mana murka dan hukuman Allah yang adil akan dinyatakan" (Rom 2:5; bd. Rom 11:22; Wahy 19:11-21; 20:7-10).

Full Life: 1Raj 18:42 - ELIA ... DENGAN MUKANYA DI ANTARA KEDUA LUTUTNYA. Nas : 1Raj 18:42 PB mengutip iman dan doa tekun Elia sebagai contoh dan dorongan bagi semua umat Allah yang setia dalam kaitan dengan kuasa doa (Ya...

Nas : 1Raj 18:42

PB mengutip iman dan doa tekun Elia sebagai contoh dan dorongan bagi semua umat Allah yang setia dalam kaitan dengan kuasa doa (Yak 5:18;

lihat art. BERDOA DENGAN EFEKTIF).

Doa Elia adalah

  1. (1) doa orang yang benar (Yak 5:16; bd. Mazm 66:18),
  2. (2) doa seorang dengan tabiat manusia seperti kita (Yak 5:17),
  3. (3) doa beriman yang sungguh-sungguh dan gigih (ayat 1Raj 18:42-44; Yak 5:17; bd. Mat 21:21-22; Mr 9:23; Luk 18:1; Ef 6:18; Ibr 11:6), dan
  4. (4) doa yang banyak hasilnya (ayat 1Raj 18:45; Yak 5:16-17).

Full Life: 1Raj 18:43 - KATA ELIA ... SAMPAI TUJUH KALI. Nas : 1Raj 18:43 Angka tujuh dalam Alkitab melambangkan sesuatu yang sempurna dan utuh. Dalam pasal ini Elia mengadakan doa syafaat sempurna dengan...

Nas : 1Raj 18:43

Angka tujuh dalam Alkitab melambangkan sesuatu yang sempurna dan utuh. Dalam pasal ini Elia mengadakan doa syafaat sempurna dengan tiga aspek:

  1. (1) ia bersyafaat untuk memulihkan mezbah dan kehormatan Allah di negeri itu (ayat 1Raj 18:21,24,30-39);
  2. (2) ia bersyafaat dengan mengadakan peperangan rohani melawan agama palsu dan bidat Baalisme dan Asyera (ayat 1Raj 18:19,27,40); dan
  3. (3) ia bersyafaat dengan Allah melalui doa yang amat sungguh-sungguh dan gigih agar hujan dicurahkan (ayat 1Raj 18:41-46). Karena PL membandingkan pencurahan Roh dengan pencurahan hujan (mis. Hos 6:1-3; Yoel 2:23-29), konfrontasi Elia dengan Baalisme melukiskan tiga jenis syafaat utama yang harus merupakan ciri doa-doa umat Allah:
  4. (1) syafaat untuk pemulihan kehormatan dan kemuliaan Allah serta kebangunan rohani umat Allah;
  5. (2) syafaat yang mencakup peperangan rohani melawan benteng-benteng roh-roh jahat; dan
  6. (3) syafaat untuk mengakhiri masa kekeringan rohani melalui pencurahan Roh Allah dan kebangunan rohani

    (lihat art. DOA SYAFAAT).

BIS: 1Raj 18:5 - Mari kita menjelajahi Dalam sebuah terjemahan kuno tertulis Mari kita menjelajahi; dalam naskah Ibrani tertulis Pergilah engkau dan jelajahi.

Dalam sebuah terjemahan kuno tertulis Mari kita menjelajahi; dalam naskah Ibrani tertulis Pergilah engkau dan jelajahi.

Jerusalem: 1Raj 18:3-4 - -- Ayat-ayat ini seolah-olah ditempatkan antara kurung dan menyiapkan 1Ra 18:13. nabi-nabi yang disebut di sini, bdk 1Sa 10:5+ berperan besar dalam cerit...

Ayat-ayat ini seolah-olah ditempatkan antara kurung dan menyiapkan 1Ra 18:13. nabi-nabi yang disebut di sini, bdk 1Sa 10:5+ berperan besar dalam ceritera-ceritera sekitar Elia ialah: tiba-tiba nabi itu dapat menghilang, 2Ra 2:16 sampai akhirnya ia menghilang secara depinitip, 2Ra 2:11 dst. Roh TUHAN Ialah suatu kekuatan atau daya dari luar yang memindahkan nabi, bdk Yeh 3:12; 8:3; 11:1; 43:5; Kis 8:39.

Jerusalem: 1Raj 18:18 - meninggalkan perintah-perintah TUHAN Dalam terjemahan Yunani terbaca: meninggalkan TUHAN.

Dalam terjemahan Yunani terbaca: meninggalkan TUHAN.

Jerusalem: 1Raj 18:19 - nabi-nabi Asyera yang empat ratus itu Ini rupanya sebuah sisipan, sebab dalam ceritera selanjutnya nabi-nabi itu tidak lagi disebut. Adapun "nabi-nabi Baal" ialah bukannya orang yang disur...

Ini rupanya sebuah sisipan, sebab dalam ceritera selanjutnya nabi-nabi itu tidak lagi disebut. Adapun "nabi-nabi Baal" ialah bukannya orang yang disuruh (Allah atau) dewa itu, tetapi itu orang yang sebulat-bulatnya membaktikan diri kepada (Allah atau) dewa, misalnya Baal, serta pemujaannya. Secara fanatik mereka berbakti kepada dewanya. Dengan memakai berbagai sarana (menari, musik, menoreh dirinya dsb) mereka masuk ekstase lalu dianggap kerasukan dewanya. Pada bangsa-bangsa tetangga Israel ada nabi-nabi semacam itu, Yer 27:9 dst, dan mereka sering kali membentuk kelompok-kelompok yang besar jumlahnya. Kelompok-kelompok yang serupa tetapi bagi Tuhan juga ada pada bangsa Israel, 1Ra 18:4. Nabi-nabi Baal yang disebut dalam 1Ra 18:19 ini ialah nabi-nabi dewa Tirus, Baal, yang oleh permaisuri, Izebel dipanggil dan diberi nafkah. Mengenai Baal bdk Hak 2:13+.

Jerusalem: 1Raj 18:21 - bercabang hati Arti kata Ibrani yang dipakai di sini tidak diketahui. Tetapi maksudnya mesti sesuai dengan 1Ra 18:26 Orang Israel menari baik untuk berbakti kepada T...

Arti kata Ibrani yang dipakai di sini tidak diketahui. Tetapi maksudnya mesti sesuai dengan 1Ra 18:26 Orang Israel menari baik untuk berbakti kepada Tuhan maupun untuk memuja Baal.

Jerusalem: 1Raj 18:23 - meletakkannya ke atas kayu api Bagian ayat ini tidak ada dalam terjemahan Yunani.

Bagian ayat ini tidak ada dalam terjemahan Yunani.

Jerusalem: 1Raj 18:24 - dialah Allah Yang dipertaruhkan di sini bukannya siapa (Tuhan atau Baal) penguasa pegunungan atau siapa yang lebih berkuasa, tetapi siapakah Allah yang sebenarnya....

Yang dipertaruhkan di sini bukannya siapa (Tuhan atau Baal) penguasa pegunungan atau siapa yang lebih berkuasa, tetapi siapakah Allah yang sebenarnya. Firman Elia doanya, 1Ra 18:37, dan sorak rakyat, 1Ra 18:39, menunjukkan bahwa yang menjadi inti persoalan ialah kepercayaan akan Allah yang esa.

Jerusalem: 1Raj 18:26 - yang diberikan kepada mereka Terjemahan lain: yang ia berikan kepada mereka. Bagian ayat ini tidak ada dalam terjemahan Yunani.

Terjemahan lain: yang ia berikan kepada mereka. Bagian ayat ini tidak ada dalam terjemahan Yunani.

Jerusalem: 1Raj 18:29 - korban petang Pengarang menyebut korban petang yang lazim bagi Tuhan, Kel 29:39+; Bil 28:4; 2Ra 16:15, hanya semata-mata untuk menunjukkan waktu peristiwa itu terja...

Pengarang menyebut korban petang yang lazim bagi Tuhan, Kel 29:39+; Bil 28:4; 2Ra 16:15, hanya semata-mata untuk menunjukkan waktu peristiwa itu terjadi.

Jerusalem: 1Raj 18:31-32 - -- Kedua ayat ini nampaknya sebuah sisipan yang berasal dari tangan seorang penyadur.

Kedua ayat ini nampaknya sebuah sisipan yang berasal dari tangan seorang penyadur.

Jerusalem: 1Raj 18:32 - yang dapat memuat... Maksud naskah Ibrani kurang jelas. Mungkin dimaksudkan bahwa parit di sekeliling mezbah itu dibuat begitu luas lingkarannya, sehingga tanah di dalam l...

Maksud naskah Ibrani kurang jelas. Mungkin dimaksudkan bahwa parit di sekeliling mezbah itu dibuat begitu luas lingkarannya, sehingga tanah di dalam lingkaran itu membutuhkan dua sukat benih untuk ditaburi.

Jerusalem: 1Raj 18:34 - ia berkata Elia tidak melakukan ilmu sihir untuk dengan air yang dituang dengan berlimpah-limpah menurunkan hujan. Maksudnya supaya mujizat api semakin besar den...

Elia tidak melakukan ilmu sihir untuk dengan air yang dituang dengan berlimpah-limpah menurunkan hujan. Maksudnya supaya mujizat api semakin besar dengan membakar habis yang basah dan menguapkan air yang berlimpah-limpah.

Jerusalem: 1Raj 18:38 - batu dan tanah itu Ini sebuah sisipan.

Ini sebuah sisipan.

Jerusalem: 1Raj 18:41 - makanlah dan minumlah Sebuah mempersembahkan korban dan juga untuk mendapat hujan orang berpuasa dahulu.

Sebuah mempersembahkan korban dan juga untuk mendapat hujan orang berpuasa dahulu.

Jerusalem: 1Raj 18:45 - Yizreel Dalam kerajaan Israel kota Yizreel adalah semacam ibu kota kedua, 1Ra 21:1; 2Ra 8:29; 9:30 dst.

Dalam kerajaan Israel kota Yizreel adalah semacam ibu kota kedua, 1Ra 21:1; 2Ra 8:29; 9:30 dst.

Jerusalem: 1Raj 18:46 - kuasa TUHAN Harafiah: tangan TUHAN bdk Yeh 1:3+, artinya: TUHAN memberi Elia tenaga ajaib dan ilahi, sehingga ia dapat lari lebih cepat dari pada kuda-kuda Ahab.

Harafiah: tangan TUHAN bdk Yeh 1:3+, artinya: TUHAN memberi Elia tenaga ajaib dan ilahi, sehingga ia dapat lari lebih cepat dari pada kuda-kuda Ahab.

Ende: 1Raj 18:1 - -- Tahun ketiga ini ialah tahun ketiga kelaparan tadi. Menurut perhitungan dahulu "tiga tahun" (dan tiga hari) bukanlah genap tiga tahun lengkap. Bila ke...

Tahun ketiga ini ialah tahun ketiga kelaparan tadi. Menurut perhitungan dahulu "tiga tahun" (dan tiga hari) bukanlah genap tiga tahun lengkap. Bila kelaparan itu mulai pada achir tahun, lalu berlangsung satu tahun dan satu dua bulan sesudahnja berhenti, maka orang toh menghitung tiga tahun.

Ende: 1Raj 18:5 - -- Ahad mempunjai banjak kuda untuk tentara kereta perangnja.

Ahad mempunjai banjak kuda untuk tentara kereta perangnja.

Ende: 1Raj 18:19 - Nabi disini bukanlah "Pesuruh Allah" )dewa), seperti Elisja, melainkan orang2 jang membaktikan dirinja samasekali kepada seorang dewa dan ibadatnja dan set...

disini bukanlah "Pesuruh Allah" )dewa), seperti Elisja, melainkan orang2 jang membaktikan dirinja samasekali kepada seorang dewa dan ibadatnja dan setjara fanatik menghormatinja sampai dengan matjam2 alat (menari, musik, melukai dirinja) masuk kedalam extase dan lalu dianggap sebagai kerasukan dewa itu.

Ende: 1Raj 18:19 - Nabi2 sebangsa ini terdapat di-mana2 pada orang kafir disekitar Israil.

sebangsa ini terdapat di-mana2 pada orang kafir disekitar Israil.

Ende: 1Raj 18:21 - mendjengkang-djengkot dst Terdjemahan ini tidak pasti. Rupa2nja itu menjindir tjara menari nabi2 Ba'al.

Terdjemahan ini tidak pasti. Rupa2nja itu menjindir tjara menari nabi2 Ba'al.

Ende: 1Raj 18:29 - waktu persembahan jaitu djam kurban petang untuk Jahwe, jang biasa.

jaitu djam kurban petang untuk Jahwe, jang biasa.

Ende: 1Raj 18:32 - seluas sebidang ... dst Terdjemahan ini tidak pasti dan maksudnja tidak terang. Mungkin: selokan itu dibuat sebegitu djauh dari mesbah itu, sehingga melingkari sebidang tanah...

Terdjemahan ini tidak pasti dan maksudnja tidak terang. Mungkin: selokan itu dibuat sebegitu djauh dari mesbah itu, sehingga melingkari sebidang tanah, jang besarnja seperti tanah jang membutuhkan ukuran itu untuk ditaburi dengan isinja.

Ende: 1Raj 18:36 - diakuilah jakni oleh nabi2 Ba'al itu, sehingga mereka mengerti, bahwa di Israil, wilajah Jahwe, tiada tempat untuk berbakti kepada Ba'alnja. Dalam seluruh adega...

jakni oleh nabi2 Ba'al itu, sehingga mereka mengerti, bahwa di Israil, wilajah Jahwe, tiada tempat untuk berbakti kepada Ba'alnja.

Dalam seluruh adegan itu, siapa jang berdjuang itu ialah bukan Elija dan nabi2 Ba'al, melainkan Jahwe dengan Ba'al sendiri. Njatalah bahwa hanja Jahwelah Allah jang satu2nja.

Ende: 1Raj 18:43 - Tudjuh kali ialah seringkali.

ialah seringkali.

Ende: 1Raj 18:46 - tangan Jahwe.... dst Istilah itu disini berarti, Jahwe memberikan kepada Elija tenaga adjaib dan atasinsani, sehingga ia dapat lari lebih tjepat daripada kuda2 Ahad.

Istilah itu disini berarti, Jahwe memberikan kepada Elija tenaga adjaib dan atasinsani, sehingga ia dapat lari lebih tjepat daripada kuda2 Ahad.

Endetn: 1Raj 18:4 - dua kelompok, masing2 diperbaiki menurut beberapa naskah Hibrani, terdjemahan Syriah dan Junani. Naskah Hibrani hanja: "limapuluh orang".

diperbaiki menurut beberapa naskah Hibrani, terdjemahan Syriah dan Junani. Naskah Hibrani hanja: "limapuluh orang".

Endetn: 1Raj 18:5 - marilah kita mendjeladjahi diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "pergilah kenegeri".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "pergilah kenegeri".

Ref. Silang FULL: 1Raj 18:1 - yang ketiga // Pergilah, perlihatkanlah // memberi hujan · yang ketiga: 1Raj 17:1; Luk 4:25 · Pergilah, perlihatkanlah: 1Raj 18:15 · memberi hujan: Ul 28:12; Ul 28:12

· yang ketiga: 1Raj 17:1; Luk 4:25

· Pergilah, perlihatkanlah: 1Raj 18:15

· memberi hujan: Ul 28:12; [Lihat FULL. Ul 28:12]

Ref. Silang FULL: 1Raj 18:2 - itu berat · itu berat: Im 26:26; Im 26:26

· itu berat: Im 26:26; [Lihat FULL. Im 26:26]

Ref. Silang FULL: 1Raj 18:3 - menjadi kepala // sungguh-sungguh takut · menjadi kepala: 1Raj 16:9 · sungguh-sungguh takut: Neh 7:2

· menjadi kepala: 1Raj 16:9

· sungguh-sungguh takut: Neh 7:2

Ref. Silang FULL: 1Raj 18:4 - waktu Izebel // lalu menyembunyikan // dan mengurus · waktu Izebel: 1Raj 21:23; 2Raj 9:7 · lalu menyembunyikan: 1Raj 17:3; 1Raj 17:3; Yes 16:3; 25:4; 32:2; Ob 1:14 · dan mengurus: Y...

· waktu Izebel: 1Raj 21:23; 2Raj 9:7

· lalu menyembunyikan: 1Raj 17:3; [Lihat FULL. 1Raj 17:3]; Yes 16:3; 25:4; 32:2; Ob 1:14

· dan mengurus: Yer 26:24

Ref. Silang FULL: 1Raj 18:5 - mata air // dari hewan · mata air: Yer 14:3 · dari hewan: Kej 47:4; Kej 47:4

· mata air: Yer 14:3

· dari hewan: Kej 47:4; [Lihat FULL. Kej 47:4]

Ref. Silang FULL: 1Raj 18:7 - Setelah mengenali · Setelah mengenali: 2Raj 1:8; Za 13:4

· Setelah mengenali: 2Raj 1:8; Za 13:4

Ref. Silang FULL: 1Raj 18:10 - untuk mencari · untuk mencari: 1Raj 17:3; 1Raj 17:3

· untuk mencari: 1Raj 17:3; [Lihat FULL. 1Raj 17:3]

Ref. Silang FULL: 1Raj 18:12 - padamu, Roh · padamu, Roh: 2Raj 2:16; Yeh 3:14; Kis 8:39

· padamu, Roh: 2Raj 2:16; Yeh 3:14; Kis 8:39

Ref. Silang FULL: 1Raj 18:15 - akan memperlihatkan · akan memperlihatkan: 1Raj 18:1

· akan memperlihatkan: 1Raj 18:1

Ref. Silang FULL: 1Raj 18:17 - yang mencelakakan · yang mencelakakan: Yos 7:25; 1Sam 14:29; 1Raj 21:20; Yer 38:4

· yang mencelakakan: Yos 7:25; 1Sam 14:29; 1Raj 21:20; Yer 38:4

Ref. Silang FULL: 1Raj 18:18 - melainkan engkau // telah meninggalkan · melainkan engkau: 1Raj 16:31,33; 21:25 · telah meninggalkan: Ul 31:16; Ul 31:16

· melainkan engkau: 1Raj 16:31,33; 21:25

· telah meninggalkan: Ul 31:16; [Lihat FULL. Ul 31:16]

Ref. Silang FULL: 1Raj 18:19 - itu, suruhlah // gunung Karmel // meja istana · itu, suruhlah: 2Raj 10:19 · gunung Karmel: Yos 19:26; Yos 19:26 · meja istana: 2Raj 9:22

· itu, suruhlah: 2Raj 10:19

· gunung Karmel: Yos 19:26; [Lihat FULL. Yos 19:26]

· meja istana: 2Raj 9:22

Ref. Silang FULL: 1Raj 18:20 - gunung Karmel · gunung Karmel: 2Raj 2:25; 4:25

· gunung Karmel: 2Raj 2:25; 4:25

Ref. Silang FULL: 1Raj 18:21 - berlaku timpang // Kalau Tuhan · berlaku timpang: Yos 24:15; 2Raj 17:41; Mazm 119:113; Mat 6:24 · Kalau Tuhan: 1Raj 18:39; Mazm 100:3; 118:27

· berlaku timpang: Yos 24:15; 2Raj 17:41; Mazm 119:113; Mat 6:24

· Kalau Tuhan: 1Raj 18:39; Mazm 100:3; 118:27

Ref. Silang FULL: 1Raj 18:22 - yang tinggal // padahal nabi-nabi · yang tinggal: 1Raj 19:10 · padahal nabi-nabi: Yer 2:8; 23:13

· yang tinggal: 1Raj 19:10

· padahal nabi-nabi: Yer 2:8; 23:13

Ref. Silang FULL: 1Raj 18:24 - kamu memanggil // nama Tuhan // dengan api · kamu memanggil: 1Sam 7:8; 1Sam 7:8 · nama Tuhan: Kej 4:26; Kej 4:26 · dengan api: 1Raj 18:38; 1Raj 18:38; Kel 19:18; Kel 19:18;...

· kamu memanggil: 1Sam 7:8; [Lihat FULL. 1Sam 7:8]

· nama Tuhan: Kej 4:26; [Lihat FULL. Kej 4:26]

· dengan api: 1Raj 18:38; [Lihat FULL. 1Raj 18:38]; Kel 19:18; [Lihat FULL. Kel 19:18]; Im 9:24; [Lihat FULL. Im 9:24]

Ref. Silang FULL: 1Raj 18:26 - dan memanggil // ada suara · dan memanggil: Yes 44:17; 45:20 · ada suara: Mazm 115:4-5; 135:16; Yes 41:26,28; 46:7; Yer 10:5; 1Kor 8:4; 12:2

Ref. Silang FULL: 1Raj 18:27 - belum terjaga · belum terjaga: Hab 2:19

· belum terjaga: Hab 2:19

Ref. Silang FULL: 1Raj 18:28 - serta menoreh-noreh · serta menoreh-noreh: Im 19:28; Im 19:28

· serta menoreh-noreh: Im 19:28; [Lihat FULL. Im 19:28]

Ref. Silang FULL: 1Raj 18:29 - korban petang // tanda perhatian · korban petang: Kel 29:41; Kel 29:41 · tanda perhatian: 2Raj 19:12; Yes 16:12; Yer 10:5

· korban petang: Kel 29:41; [Lihat FULL. Kel 29:41]

· tanda perhatian: 2Raj 19:12; Yes 16:12; Yer 10:5

Ref. Silang FULL: 1Raj 18:30 - memperbaiki mezbah · memperbaiki mezbah: 1Raj 19:10

· memperbaiki mezbah: 1Raj 19:10

Ref. Silang FULL: 1Raj 18:31 - bernama Israel · bernama Israel: Kej 17:5; Kej 17:5; 2Raj 17:34

· bernama Israel: Kej 17:5; [Lihat FULL. Kej 17:5]; 2Raj 17:34

Ref. Silang FULL: 1Raj 18:32 - demi nama · demi nama: Ul 18:7; Ul 18:7; Kol 3:17

· demi nama: Ul 18:7; [Lihat FULL. Ul 18:7]; Kol 3:17

Ref. Silang FULL: 1Raj 18:33 - Ia menyusun · Ia menyusun: Kej 22:9; Kej 22:9

· Ia menyusun: Kej 22:9; [Lihat FULL. Kej 22:9]

Ref. Silang FULL: 1Raj 18:36 - pada waktu // Allah Abraham // biarlah diketahui // atas firman-Mulah · pada waktu: Kel 29:39,41; Kel 29:39; Kel 29:41 · Allah Abraham: Kej 24:12; Kej 24:12; Kel 4:5; Kel 4:5; Mat 22:32 · biarlah dik...

· pada waktu: Kel 29:39,41; [Lihat FULL. Kel 29:39]; [Lihat FULL. Kel 29:41]

· Allah Abraham: Kej 24:12; [Lihat FULL. Kej 24:12]; Kel 4:5; [Lihat FULL. Kel 4:5]; Mat 22:32

· biarlah diketahui: Yos 4:24; [Lihat FULL. Yos 4:24]; 1Sam 17:46; [Lihat FULL. 1Sam 17:46]; Mazm 46:11; [Lihat FULL. Mazm 46:11]

· atas firman-Mulah: Bil 16:28

Ref. Silang FULL: 1Raj 18:37 - ini mengetahui · ini mengetahui: Yos 4:24; Yos 4:24

· ini mengetahui: Yos 4:24; [Lihat FULL. Yos 4:24]

Ref. Silang FULL: 1Raj 18:38 - turunlah api · turunlah api: 1Raj 18:24; Kel 19:18; Kel 19:18; Im 9:24; Im 9:24; 2Raj 1:10; 1Taw 21:26; 2Taw 7:1; Ayub 1:16

· turunlah api: 1Raj 18:24; Kel 19:18; [Lihat FULL. Kel 19:18]; Im 9:24; [Lihat FULL. Im 9:24]; 2Raj 1:10; 1Taw 21:26; 2Taw 7:1; Ayub 1:16

Ref. Silang FULL: 1Raj 18:39 - itu, sujudlah // Dialah Allah · itu, sujudlah: Im 9:24; Im 9:24 · Dialah Allah: 1Raj 18:24; 1Raj 18:24; Mazm 46:11; Mazm 46:11

· itu, sujudlah: Im 9:24; [Lihat FULL. Im 9:24]

· Dialah Allah: 1Raj 18:24; [Lihat FULL. 1Raj 18:24]; Mazm 46:11; [Lihat FULL. Mazm 46:11]

Ref. Silang FULL: 1Raj 18:40 - sungai Kison // dan menyembelih · sungai Kison: Hak 4:7; Hak 4:7 · dan menyembelih: Kel 22:20; Kel 22:20; Ul 17:12; Ul 17:12; 2Raj 11:18; 2Raj 11:18

· sungai Kison: Hak 4:7; [Lihat FULL. Hak 4:7]

· dan menyembelih: Kel 22:20; [Lihat FULL. Kel 22:20]; Ul 17:12; [Lihat FULL. Ul 17:12]; 2Raj 11:18; [Lihat FULL. 2Raj 11:18]

Ref. Silang FULL: 1Raj 18:42 - kedua lututnya · kedua lututnya: 1Sam 12:17; 1Sam 12:17; Yak 5:18

· kedua lututnya: 1Sam 12:17; [Lihat FULL. 1Sam 12:17]; Yak 5:18

Ref. Silang FULL: 1Raj 18:44 - ketujuh kalinya // Wah, awan · ketujuh kalinya: Yos 6:15; Yos 6:15 · Wah, awan: Luk 12:54

· ketujuh kalinya: Yos 6:15; [Lihat FULL. Yos 6:15]

· Wah, awan: Luk 12:54

Ref. Silang FULL: 1Raj 18:45 - turunlah hujan // ke Yizreel · turunlah hujan: 1Raj 8:36; 1Raj 8:36; Ayub 37:13 · ke Yizreel: 1Sam 29:1; 1Sam 29:1; Hos 1:4; Hos 1:4

· turunlah hujan: 1Raj 8:36; [Lihat FULL. 1Raj 8:36]; Ayub 37:13

· ke Yizreel: 1Sam 29:1; [Lihat FULL. 1Sam 29:1]; Hos 1:4; [Lihat FULL. Hos 1:4]

Ref. Silang FULL: 1Raj 18:46 - Tetapi kuasa // mengikat pinggangnya · Tetapi kuasa: Hak 3:10; Hak 3:10; 1Sam 11:6; 1Sam 11:6; Luk 1:35; 4:14 · mengikat pinggangnya: 2Raj 4:29; 9:1

· Tetapi kuasa: Hak 3:10; [Lihat FULL. Hak 3:10]; 1Sam 11:6; [Lihat FULL. 1Sam 11:6]; Luk 1:35; 4:14

· mengikat pinggangnya: 2Raj 4:29; 9:1

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: 1Raj 18:1 - Datanglah firman Tuhan kepada Elia dalam tahun yang ketiga 1. Datanglah firman Tuhan kepada Elia dalam tahun yang ketiga. Masa tinggal di Sarfat telah berlalu, dan Elia kembali untuk menunjukkan kehadirannya k...

1. Datanglah firman Tuhan kepada Elia dalam tahun yang ketiga. Masa tinggal di Sarfat telah berlalu, dan Elia kembali untuk menunjukkan kehadirannya kepada Ahab. Kelaparan yang melanda sudah mencapai titik rawan. Demikian parahnya kekeringan itu melanda tanaman di Israel sehingga ternak tidak bisa makan rumput lagi. Oleh karena itu Ahab mencari padang rumput. Dengan hanya sedikit sekali harapan, dia mengirimkan hambanya Obaja untuk mencari ke arah yang satu sambil dirinya mencari ke arah yang lain.

Wycliffe: 1Raj 18:7 - Sedang Obaja di tengah jalan, ia bertemu dengan Elia // Obaja 7. Sedang Obaja di tengah jalan, ia bertemu dengan Elia. Lamanya masa kekeringan tersebut, menurut Lukas 4:25 dan Yakobus 5:17, adalah tiga tahun dan ...

7. Sedang Obaja di tengah jalan, ia bertemu dengan Elia.

Lamanya masa kekeringan tersebut, menurut Lukas 4:25 dan Yakobus 5:17, adalah tiga tahun dan enam bulan. Ketika masa tersebut sudah berlalu, Allah memerintahkan Elia untuk menemui Ahab. Obaja. Pengurus istana Ahab. Dia adalah orang yang takut akan Allah, dan jangan dikelirukan dengan nabi yang menulis Kitab Obaja. Adalah Obaja ini yang menyembunyikan sekitar seratus orang nabi dari murka Izebel (ay. 4). Pembantaian yang disebutkan itu dikisahkan kembali di 18:13 namun tidak ada lagi di bagian lain. Izebel menjadi sangat murka, pertama karena terjadinya kekeringan itu dan kedua karena tidak mampu menangkap Elia. Karena itu murkanya kemudian ditimpakan kepada para nabi Yehova lainnya.

Wycliffe: 1Raj 18:8 - Pergilah, katakan kepada tuanmu: Elia ada 8. Pergilah, katakan kepada tuanmu: Elia ada. Dengan kata-kata dramatis ini, Elia mengungkapkan keputusannya untuk menghadap raja.

8. Pergilah, katakan kepada tuanmu: Elia ada. Dengan kata-kata dramatis ini, Elia mengungkapkan keputusannya untuk menghadap raja.

Wycliffe: 1Raj 18:9-16 - Tetapi jawab Obaja, "Apakah dosa yang telah kuperbuat." 9-16. Tetapi jawab Obaja, "Apakah dosa yang telah kuperbuat." Obaja mengajukan keberatan sebab dengan membawa berita semacam itu kepada Ahab bisa saja...

9-16. Tetapi jawab Obaja, "Apakah dosa yang telah kuperbuat." Obaja mengajukan keberatan sebab dengan membawa berita semacam itu kepada Ahab bisa saja membuat dirinya dihukum mati, khususnya jika Roh Allah membawa Elia pergi. Ketakutan Obaja tidak sepenuhnya tanpa dasar, sebagaimana dapat diketahui dari II Raja-Raja 2, di mana dikisahkan bahwa Elia diangkat ke dunia lain oleh kereta berapi. Tetapi, sang nabi memastikan kepada Obaja yang ketakutan bahwa ia memang akan menemui Ahab pada hari itu juga.

Wycliffe: 1Raj 18:17-40 - -- d) Pertandingan di Karmel (18:17-40). Ahab Menghadapi Elia (18:17-20).

d) Pertandingan di Karmel (18:17-40).

Ahab Menghadapi Elia (18:17-20).

Wycliffe: 1Raj 18:17 - Engkaukah itu, yang mencelakakan Israel? 17. Engkaukah itu, yang mencelakakan Israel? Tingkah laku Ahab lebih menunjukkan sifat kekanak-kanakan daripada kelicikan ketika dia dengan marah menu...

17. Engkaukah itu, yang mencelakakan Israel? Tingkah laku Ahab lebih menunjukkan sifat kekanak-kanakan daripada kelicikan ketika dia dengan marah menuduh abdi Allah itu sebagai penyebab malapetaka yang melanda Israel pada waktu itu. Elia menjawab sindiran Ahab itu secara blak-blakan dengan melemparkan tuduhan itu kembali kepada Ahab.

Wycliffe: 1Raj 18:18 - melainkan engkau ini dan kaum keluargamu, sebab kamu telah meninggalkan perintah-perintah Tuhan dan engkau ini telah mengikuti para Baal 18. Elia mengingatkan sang raja bahwa bukan dirinya yang pembawa kesulitan, melainkan engkau ini dan kaum keluargamu, sebab kamu telah meninggalkan pe...

18. Elia mengingatkan sang raja bahwa bukan dirinya yang pembawa kesulitan, melainkan engkau ini dan kaum keluargamu, sebab kamu telah meninggalkan perintah-perintah Tuhan dan engkau ini telah mengikuti para Baal.

Wycliffe: 1Raj 18:19 - Gunung Karmel 19. Gunung Karmel. Sebuah bentangan gunung yang sangat indah, terdiri dari banyak puncak yang silang-menyilang dengan ratusan jurang yang lebar maupun...

19. Gunung Karmel. Sebuah bentangan gunung yang sangat indah, terdiri dari banyak puncak yang silang-menyilang dengan ratusan jurang yang lebar maupun sempit. Pegunungan ini membentang sekitar tiga puluh mil ke arah tenggara dan di ujung barat langsung menjorok ke Laut Mediterania dekat Haifa. Di atas Salah satu bukit itulah Elia memilih untuk membuat arena perang antara dewa-dewa kafir orang Fenisia yang diwakili oleh para Baal dengan Allah yang hidup, Yehova. Mungkin sang nabi memilih tempat tersebut pertama-tama karena tempatnya menguntungkan secara geografis, namun juga karena tempat itu merupakan wilayah yang masih diperdebatkan di antara Israel dengan orang Finisia, juga karena bagi orang Kanaan Gunung Karmel merupakan tempat tinggal khusus para dewa. Jika dugaan ini benar, maka Elia, seperti halnya orang-orang kudus sebelum dan sesudah itu, dengan berani berperang melawan roh-roh jahat yang ada di udara bahkan dari Karmel sendiri. Dia begitu yakin akan hasil dari pertandingan tersebut sehingga dia dengan sengaja mempersulit dirinya agar makin kentara kemenangan Allah di hadapan Baal.

Elia Menantang Israel (18: 21-24).

Wycliffe: 1Raj 18:21 - Lalu Elia mendekati seluruh rakyat itu // Berapa lama lagi kamu berlaku timpang dan bercabang hati? 21. Lalu Elia mendekati seluruh rakyat itu. Setelah mengumpulkan seluruh orang Israel, Elia menantang mereka. Berapa lama lagi kamu berlaku timpang da...

21. Lalu Elia mendekati seluruh rakyat itu. Setelah mengumpulkan seluruh orang Israel, Elia menantang mereka. Berapa lama lagi kamu berlaku timpang dan bercabang hati? Lebih tepatnya, berapa lama lagi kamu tertatih-tatih di antara kedua cabang persimpangan? Terjemahan manapun yang dipakai, maksudnya sangat jelas. Orang-orang itu telah ditantang. Mereka dipaksa untuk mengambil keputusan. Jika Baal terbukti dewa yang hebat, maka Yehova harus disingkirkan. Jika Yehova yang diharapkan untuk memerintah sebagai Allah, maka Baal dan segala bentuk penyembahan terhadap dirinya harus ditinggalkan selama-lamanya. Banyak orang Israel mungkin cenderung untuk berkompromi. Elia, yang dengannya sama sekali tidak mungkin bisa berkompromi, sadar akan sifat radikal dari isu yang dipersoalkan sehingga ia meminta keputusan yang pasti. Orang-orang seperti Elia senantiasa menikmati berkat-berkat Allah sekalipun untuk sementara waktu tidak disenangi orang banyak.

Usul Elia kepada Nabi-nabi Izebel (18:25-35).

Wycliffe: 1Raj 18:25 - Kemudian Elia berkata kepada nabi-nabi Baal itu, "Pilihlah seekor lembu ...." 25. Kemudian Elia berkata kepada nabi-nabi Baal itu, "Pilihlah seekor lembu ...." Sesudah orang-orang itu semua berdiam diri, Elia maju memberikan usu...

25. Kemudian Elia berkata kepada nabi-nabi Baal itu, "Pilihlah seekor lembu ...." Sesudah orang-orang itu semua berdiam diri, Elia maju memberikan usul yang diutarakan dengan jelas dan singkat. Kedua pihak yang berhadapan (empat ratus lima puluh penyembah Baal berhadapan dengan satu orang penyembah Yehova) harus mempersiapkan persembahan kurban, mendirikan sebuah mezbah dan meletakkan hewan kurban yang sudah dipersiapkan di atasnya. Hanya apinya saja yang belum ada. Ujian itu jelas dan tegas - "Maka allah yang menjawab dengan api, dialah Allah!" (ay. 24).

Wycliffe: 1Raj 18:26 - Mereka ... memanggil nama Baal dari pagi sampai tengah hari 26. Mereka ... memanggil nama Baal dari pagi sampai tengah hari. Dengan usaha yang makin bersungguh-sungguh, para penyembah Baal berusaha untuk membuj...

26. Mereka ... memanggil nama Baal dari pagi sampai tengah hari. Dengan usaha yang makin bersungguh-sungguh, para penyembah Baal berusaha untuk membujuk pihak yang mereka anggap sebagai penguasa angkasa untuk menjawab dengan mengirimkan api sesuai dengan peraturan yang disepakati.

Wycliffe: 1Raj 18:27 - Pada waktu tengah hari Elia mulai mengejek mereka 27. Pada waktu tengah hari Elia mulai mengejek mereka. Kata-kata yang tampaknya lucu tersebut sebenarnya diutarakan dalam sikap mengejek yang sangat m...

27. Pada waktu tengah hari Elia mulai mengejek mereka. Kata-kata yang tampaknya lucu tersebut sebenarnya diutarakan dalam sikap mengejek yang sangat mendalam. Dengan sikap mengejek Elia mengutarakan bahwa Baal yang mereka panggil itu mungkin masih lelap tertidur atau sedang pergi berburu sehingga tidak bisa mendengar doa mereka.

Wycliffe: 1Raj 18:28 - Maka mereka memanggil lebih keras serta menoreh-noreh dirinya dengan pedang dan tombak 28. Maka mereka memanggil lebih keras serta menoreh-noreh dirinya dengan pedang dan tombak. Mereka berteriak sampai mencapai ekstase dalam hiruk-pikuk...

28. Maka mereka memanggil lebih keras serta menoreh-noreh dirinya dengan pedang dan tombak. Mereka berteriak sampai mencapai ekstase dalam hiruk-pikuk. Keadaan semacam itu tidak asing bahkan hingga saat ini di antara para penyembah setan. Agar Baal lebih cepat menjawab, mereka tidak ragu-ragu untuk melukai diri sendiri sehingga darah bercucuran. Tetapi sekalipun sudah berusaha sehebat itu, sama sekali tidak ada jawaban, sebab memang mereka berseru kepada telinga yang tuli.

Wycliffe: 1Raj 18:30 - Kata Elia . . . "Datanglah dekat kepadaku." 30. Kata Elia . . . "Datanglah dekat kepadaku." Dengan yakin dan pasti, sang nabi sekarang memanggil Allah Israel yang sejati. Untuk mendirikan mezbah...

30. Kata Elia . . . "Datanglah dekat kepadaku." Dengan yakin dan pasti, sang nabi sekarang memanggil Allah Israel yang sejati. Untuk mendirikan mezbahnya, dia memilih dua belas buah batu - masing-masing satu untuk setiap suku Israel. Sekalipun secara politik dan sosial bangsa itu terpecah, bagi Allah mereka tetap satu bangsa dengan satu Tuhan dan satu pengharapan Mesianis. Oleh karena itu Elia mendirikan sebuah mezbah dengan hanya memakai dua belas buah batu, sebagai kesaksian untuk mereka dan melawan mereka. Di sekeliling mezbah itu Elia kemudian membuat parit yang besarnya cukup untuk memuat dua sukat benih.

Wycliffe: 1Raj 18:35 - Air mengalir sekeliling mezbah itu; bahkan parit itu pun penuh dengan air 35. Air mengalir sekeliling mezbah itu; bahkan parit itu pun penuh dengan air. Sesudah mempersiapkan segala sesuatu untuk melaksanakan upacara mempers...

35. Air mengalir sekeliling mezbah itu; bahkan parit itu pun penuh dengan air. Sesudah mempersiapkan segala sesuatu untuk melaksanakan upacara mempersembahkan kurban, Elia membuat permintaan yang aneh yaitu agar mezbah dituangi dengan air sampai tiga kali sehingga paritnya penuh air. Tindakan ini adalah untuk memastikan bahwa apa yang segera akan terjadi benar-benar merupakan mukjizat. Elia tetap berusaha menjadikan ujian itu sesulit mungkin untuk diselesaikan oleh Allah agar jawaban yang diberikan kelihatan lebih tajam dan lebih jelas berbeda dengan ketidakmampuan Baal beserta para nabinya.

Doa Elia dan Jawabannya (18:36-40).

Wycliffe: 1Raj 18:36-37 - Ya Tuhan, Allah Abraham, Ishak dan Israel. Waktu 36, 37. Ya Tuhan, Allah Abraham, Ishak dan Israel. Waktu doa Elia yang sangat singkat, walaupun bersungguh-sungguh, sangatlah kontras dengan cara ibad...

36, 37. Ya Tuhan, Allah Abraham, Ishak dan Israel. Waktu doa Elia yang sangat singkat, walaupun bersungguh-sungguh, sangatlah kontras dengan cara ibadah para nabi Baal yang menjerit, melompat dan menari secara hiruk-pikuk. Sang nabi hanya mengutarakan bahwa semua itu dilakukan olehnya semata-mata sesuai dengan apa yang telah diperintahkan Allah.

Wycliffe: 1Raj 18:38 - Lalu turunlah api Tuhan menyambar habis kurban bakaran 38. Lalu turunlah api Tuhan menyambar habis kurban bakaran. Demikian hebatnya api ilahi itu sehingga menghabiskan batu-batu mezbah, dan bahkan seluruh...

38. Lalu turunlah api Tuhan menyambar habis kurban bakaran. Demikian hebatnya api ilahi itu sehingga menghabiskan batu-batu mezbah, dan bahkan seluruh air yang menggenang di parit pada waktu itu. Campur tangan adikodrati sebagai tanggapan terhadap doa iman yang dipanjatkan oleh nabi Allah tersebut menyelesaikan masalah yang ada.

Wycliffe: 1Raj 18:39 - "Tuhan, Dialah Allah! Tuhan, Dialah Allah!" 39. Orang-orang yang ingat akan syarat-syarat dari duel rohani itu langsung berseru, "Tuhan, Dialah Allah! Tuhan, Dialah Allah!"

39. Orang-orang yang ingat akan syarat-syarat dari duel rohani itu langsung berseru, "Tuhan, Dialah Allah! Tuhan, Dialah Allah!"

Wycliffe: 1Raj 18:40 - Tangkaplah nabi-nabi Baal itu, seorang pun dari mereka tidak boleh luput // Kison 40. Tangkaplah nabi-nabi Baal itu, seorang pun dari mereka tidak boleh luput. Pembantaian para nabi Baal atas perintah Elia itu dipersoalkan oleh para...

40. Tangkaplah nabi-nabi Baal itu, seorang pun dari mereka tidak boleh luput. Pembantaian para nabi Baal atas perintah Elia itu dipersoalkan oleh para kritikus. Hendaknya diingat bahwa pembantaian ini merupakan tindakan pembalasan terhadap pembantaian nabi-nabi Yehova yang diperintahkan Izebel, dan bahwa kematian merupakan hukuman yang ditetapkan Allah bagi mereka yang menyembah berhala (Ul. 13:13-15). Kison. Sebuah aliran air yang muncul di Gunung Tabor dan mengalir ke Laut Mediterania. Di samping sungai inilah Elia membunuh nabi-nabi Baal.

Wycliffe: 1Raj 18:41 - Pergilah, makanlah dan minumlah 41. Pergilah, makanlah dan minumlah. Untuk menunjukkan bahwa kekeringan pada waktu itu bukan sekadar musibah alamiah yang biasa, melainkan merupakan s...

41. Pergilah, makanlah dan minumlah. Untuk menunjukkan bahwa kekeringan pada waktu itu bukan sekadar musibah alamiah yang biasa, melainkan merupakan sebuah tindakan hukuman oleh Allah, maka masa kekeringan itupun diakhiri dengan cara yang sama dengan awalnya - yaitu atas perintah seorang abdi Allah (Yak. 5:18).

Wycliffe: 1Raj 18:43 - Ia berkata kepada bujangnya, "Naiklah ke atas, lihatlah ke arah laut." 43. Ia berkata kepada bujangnya, "Naiklah ke atas, lihatlah ke arah laut." Laut yang dimaksudkan ialah Laut Mediterania. Perairan yang mempesonakan it...

43. Ia berkata kepada bujangnya, "Naiklah ke atas, lihatlah ke arah laut." Laut yang dimaksudkan ialah Laut Mediterania. Perairan yang mempesonakan itu dapat dilihat dengan jelas dari ketinggian Gunung Karmel. Enam kali bujang Elia disuruh ke puncak bukit untuk melihat datangnya hujan. Setiap kali dia kembali dengan kecewa.

Wycliffe: 1Raj 18:44 - a 44. Tetapi pada kali yang ketujuh dia kembali dengan laporan, "Awan kecil sebesar telapak tangan timbul dari laut." 45a. Langit makin gelap dengan awa...

44. Tetapi pada kali yang ketujuh dia kembali dengan laporan, "Awan kecil sebesar telapak tangan timbul dari laut." 45a. Langit makin gelap dengan awan dan angin. Awan yang semula hanya sebesar telapak tangan itu dengan cepat makin besar sehingga langit pun menjadi gelap. Kilat menyambar, bagaikan ular, dan guntur menggemuruh di jurang-jurang Gunung Karmel sementara bumi yang sudah lama kering menantikan hujan itu.

Wycliffe: 1Raj 18:45 - b. Yizreel, // Kuasa Tuhan berlaku atas Elia. Ia ... berlari mendahului Ahab 45b. Yizreel, terletak pada puncak Gunung Gilboa yang merupakan tempat peristirahatan musim dingin dari Raja Ahab. 46. Kuasa Tuhan berlaku atas Elia. ...

45b. Yizreel, terletak pada puncak Gunung Gilboa yang merupakan tempat peristirahatan musim dingin dari Raja Ahab. 46. Kuasa Tuhan berlaku atas Elia. Ia ... berlari mendahului Ahab. Elia merayakan kemenangan Allah. Untunglah dia tidak mengetahui ujian berat yang segera akan menghadang.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: 1Raj 18:1-19 - Maksud Allah di balik kesulitan. (Sabtu, 21 Agustus 2004) Maksud Allah di balik kesulitan. Pada saat kita mengalami kesulitan, kita cenderung memikirkan diri sendiri atau mencari cara untuk mengatas...

SH: 1Raj 18:1-19 - Obaja alat Tuhan di tengah-tengah serigala. Seorang (Kamis, 2 Maret 2000) Obaja alat Tuhan di tengah-tengah serigala. Seorang Kristen yang bekerja di suatu lembaga dimana nilai-nilai 'religius' dan nilai-nilai moral...

SH: 1Raj 18:20-46 - Allah yang sejati. (Minggu, 22 Agustus 2004) Allah yang sejati. Mungkinkah manusia mencari Allah yang sejati melalui ilmu pengetahuan, budaya, upacara, kunjungan ke tempat-tempat di ...

SH: 1Raj 18:20-28 - Ada saat diam, ada saat bertindak. Untuk menentukan kapan (Jumat, 3 Maret 2000) Ada saat diam, ada saat bertindak. Untuk menentukan kapan kita harus diam dan kapan harus bertindak dalam menghadapi suatu masalah bukanlah ti...

Topik Teologia: 1Raj 18:1 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan Berlaku atas Urutan Alamiah Pemeliharaan Allah terhadap Benda-benda di L...

Topik Teologia: 1Raj 18:3 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab untuk Mencari Kebajikan dan Kualitas Pribadi Berbakti 1Ra 18:3...

Topik Teologia: 1Raj 18:12 - -- Roh Kudus Roh Yahweh Hak 3:10 Hak 6:34 Hak 11:29 Hak 13:25 Hak 14:6 Hak 14:19 Hak 15:14 1Sa 10:6 1Sa 16:13-14 2Sa 23:2 ...

Topik Teologia: 1Raj 18:21 - -- Wahyu Allah Mode atau Cara Wahyu Wahyu Melalui Mujizat-mujizat Kel 4:2-9 1Ra 18:21-39 Mat 11:2-6 Yoh 2:11 Yoh 5:36 Yoh 10:25-26...

Topik Teologia: 1Raj 18:24 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Wahyu Allah Mode atau Cara Wahyu Wahyu Melalui Mujizat-mujizat Kel 4:2-9 1Ra 18:21-39 Mat 11:2...

Topik Teologia: 1Raj 18:25 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Keberadaan Allah Keberadaan Allah Didukung oleh Karya-Nya Kej 1:1 1Ra 18:24-39 Ma...

Topik Teologia: 1Raj 18:27 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Keberadaan Allah Keberadaan Allah Didukung oleh Karya-Nya Kej 1:1 1Ra 18:24-39 Ma...

Topik Teologia: 1Raj 18:36 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Wahyu Allah Mode atau Cara Wahyu Wahyu Me...

Topik Teologia: 1Raj 18:37 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Keberadaan Allah Keberadaan Allah Didukung oleh Karya-Nya Kej 1:1 1Ra 18:24-39 Ma...

Topik Teologia: 1Raj 18:38 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Keberadaan Allah Keberadaan Allah Didukung oleh Karya-Nya Kej 1:1 1Ra 18:24-39 Ma...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak dikenal Tema : Raja-raja Israel dan Yehuda Tanggal Penulisan: Sekitar 560-550 SM Latar Belakang 1 dan 2 Raja-R...

Full Life: 1 Raja-raja (Garis Besar) Garis Besar I. Masa Pemerintahan Salomo (1Raj 1:1-11:43) A. Salomo Menggantikan Daud Sebagai Raja (1...

Ende: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) KITAB RADJA2 PENDAHULUAN Kedua Kitab Radja2 (dalam terdjemahan Junani: III dan IV Keradjaan2; dalam terdjemahan Latin III dan IV Radja2) sesungguhnja ...

Wycliffe: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN 1 RAJA-RAJA Judul. Kitab yang dikenal dengan I dan II Raja-Raja dinamakan demikian menurut isinya. Di dalam Septuaginta, para raja Ibrani...

Wycliffe: 1 Raja-raja (Garis Besar) GARIS BESAR 1 RAJA-RAJA I. Kerajaan Sejak Salomo Hingga Rehabeam (I Raj. 1:1-11:43) A. Salomo Naik Takhta (1:1-2:46) ...

BIS: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) I RAJA-RAJA PENGANTAR Buku I Raja-raja merupakan lanjutan dari buku Samuel tentang sejarah pemerintahan raja-raja Israel. Sejarah yang dimuat dalam

I RAJA-RAJA

PENGANTAR

Buku I Raja-raja merupakan lanjutan dari buku Samuel tentang sejarah pemerintahan raja-raja Israel. Sejarah yang dimuat dalam buku ini dapat dibagi dalam tiga bagian:

  1. (1) Wafatnya Raja Daud dan pengangkatan Salomo menjadi raja atas Israel dan Yehuda menggantikan Daud.
  2. (2) Pemerintahan Salomo dan hasil-hasil usahanya, khususnya dalam membangun Rumah TUHAN di Yerusalem.
  3. (3) Bangsa Israel terpecah menjadi kerajaan utara dan kerajaan selatan, dan sejarah raja-raja yang memerintah kedua kerajaan tersebut sampai pertengahan abad kesembilan Sebelum Masehi.

Di dalam kedua buku Raja-raja, setiap raja dinilai berdasarkan kesetiaannya kepada Tuhan; dan keberhasilan bangsa adalah akibat dari kesetiaan tersebut. Sebaliknya, penyembahan berhala dan ketidaktaatan mengakibatkan bencana. Berdasarkan penilaian tersebut raja-raja kerajaan utara semuanya gagal, sedangkan raja Yehuda ada yang gagal, ada pula yang tidak.

Yang penting dalam I Raja-raja ialah nabi-nabi Tuhan. Mereka adalah juru bicara Allah yang berani-berani. Mereka memperingatkan raja dan bangsa Israel supaya tidak menyembah berhala dan tidak meremehkan perintah-perintah Allah. Yang menonjol ialah Elia, dan kisah tentang pertarungannya dengan imam-imam Baal (pasal 18 1Raj 18:1-15).

Isi

  1.  Akhir pemerintahan Daud
    1Raj 1:1-2:12
  2.  Salomo menjadi raja
    1Raj 2:13-46
  3.  Pemerintahan Salomo
    1Raj 3:1-11:43
    1. a. Tahun-tahun permulaan
      1Raj 3:1-4:34
    2. b. Pembangunan Rumah TUHAN
      1Raj 5:1-8:66
    3. c. Tahun-tahun terakhir
      1Raj 9:1-11:43
  4.  Kerajaan yang terpecah
    1Raj 12:1-22:53
    1. a. Pemberontakan suku-suku utara
      1Raj 12:1-14:20
    2. b. Raja-raja Yehuda dan Israel
      1Raj 14:21-16:34
    3. c. Nabi Elia
      1Raj 17:1-19:21
    4. d. Ahab, raja Israel
      1Raj 20:1-22:40
    5. e. Yosafat raja Yehuda dan Ahazia raja Israel
      1Raj 22:41-53

Ajaran: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengetahui isi Kitab I dan II Raja-raja, orang-orang Kristen dapat mengerti bahwa kebahagiaan suatu bangsa atau umat Allah berg

Tujuan

Supaya dengan mengetahui isi Kitab I dan II Raja-raja, orang-orang Kristen dapat mengerti bahwa kebahagiaan suatu bangsa atau umat Allah bergantung pada kesetiaannya terhadap janji Allah.

Pendahuluan

Penulis : Penulis Kitab I dan II Raja-raja tidak jelas disebutkan dalam Kitab ini, tetapi banyak ahli mengatakan bahwa penulisnya adalah Yeremia (nabi).

Isi Kitab: Isi kedua Kitab ini sesuai dengan namanya, menceritakan tentang kehidupan raja-raja Israel.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab I dan II Raja-raja

  1. Pasal 1-11 (1Raj 1:1-11:43).

    Pemerintahan Raja Salomo

    Dalam bagian ini dijelaskan, Salomo naik takhta dan memerintah. Ia menuruti pesan Daud, yaitu bertindak seperti seorang laki-laki dan tetap berhubungan dengan Tuhan. Salomo diberi hikmat oleh Tuhan karena sikapnya yang beribadah terhadap Tuhan dan menetapkan pemerintahannya yang bersifat damai dan sejahtera. Salomo juga membangun rumah Tuhan dan istana serta mentahbiskan rumah Tuhan sehingga ia diberkati secara luar biasa, yaitu kepandaian, kemasyhuran dan kekayaan yang bertambah-tambah. Tetapi Salomo terpengaruh oleh istri-istrinya dan ia menyembah berhala sehingga Tuhan marah kepadanya dan menghancurkan kerajaan itu, akhir pasal 11; 1Raj 11:41-43menyebutkan wafatnya Salomo.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Raj 1:32-40.
    2. Bacalah pasal 1Raj 2:1-4. Apakah nasehat-nasehat Raja Daud yang jug bermanfaat bagi saudara?
    3. Bacalah pasal 1Raj 3:3-9. Apakah yang sering saudara minta dalam doa?
    4. Bacalah pasal 1Raj 7:1,51. Tempat apa sajakah yang dibangun Salomo?
    5. Bacalah pasal 1Raj 11:1-13, 41-43. Apakah yang terjadi dengan Salomo pada akhir hidupnya Da mengapa demikian?
  2. Pasal I Raja-raja 12 sampai II Raja-raja 17 (1Raj 12:1-2Raj 17:29).

    Kerajaan yang terpecah Setelah Salomo meninggal, kerajaan Israel terpecah lagi, dan mulai diperintah oleh raja-raja yang memerintah secara jahat, oleh karena itu selalu mengalami kekacauan dan menerima hukuman dari Tuhan. Tetapi karena cinta kasih Tuhan maka manusia selalu diberi peringatan melalui nabi-nabi supaya bertobat.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Raj 12:1-11. Kelompok dibawah pimpinan siapakah yang datang menghada Rehabeam? Dan apakah permintaannya? Apakah usah Rehabeam untuk menjawab permintaan Jerobeam?
    2. Bacalah pasal 1Raj 12:12-20. Nasihat siapakah yang diikuti oleh raja Rehabeam? Dan apakah akibatnya? (kerajaan terpecah menjadi dua 2Raj 12:20).
    3. Bacalah 2Raj 2:1-14. Siapakah dua orang nabi besar yang melayani di Israel? Apakah nabi Elia mati?
    4. Bacalah pasal 2Raj 17:7-23. Ini adalah kehancuran kerajaan Israel. Mengapa terjadi hal itu?
    5. Bacalah pasal 2Raj 24:18-25:7. Ini adalah kehancuran kerajaan Yehuda. Mengapakah terjadi hal ini?

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Dalam keadaan jaman yang sesat, Allah selalu memberi jalan kepada umat- Nya untuk bertobat.

  2. Apabila kejahatan terjadi secara luar biasa maka Allah juga memperlihatkan keadilan-Nya dengan hukuman yang luar biasa.

  3. Allah selalu memberkati orang-orang atau bangsa yang takut akan Dia.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Sebutkan apakah yang diminta raja Salomo didalam doanya!
  2. Siapakah yang mendirikan bait Allah yang pertama?
  3. Siapakah nama nabi yang bertempur melawan nabi-nabi Baal?
  4. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan dar Kitab I dan II Raja-raja ini?

Intisari: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Kerajaan Israel bersatu dan terpecah ISI KITABI Raja-raja merupakan bagian pertama dari kisah yang pada mulanya merupakan satu kitab yang menceritaka

Kerajaan Israel bersatu dan terpecah

ISI KITAB
I Raja-raja merupakan bagian pertama dari kisah yang pada mulanya merupakan satu kitab yang menceritakan mengenai kehidupan bangsa Israel selama empat abad sesudah kematian Daud dan pembuangan bangsa Israel ke Babel. Kitab itu menceritakan bagaimana suatu negara yang kuat dan bersatu terpecah menjadi dua; bagaimana kerajaan utara yang lebih besar yang terus menerus berpaling dari Allah akhirnya dimusnahkan; bagaimana Yehuda juga gagal untuk memelihara perjanjian dengan Allah dan bagaimana negeri itu juga dilanda bencana, yang mencapai puncaknya pada penghancuran Yerusalem dan pembuangan besar-besaran ke Babel. I Raja-raja merangkum 120 tahun pertama dari kisah yang lengkap.

SIAPA PENULISNYA?
Kitab ini mungkin ditulis oleh seorang nabi atau sejumlah nabi yang menulis di Babel selama masa pembuangan, sekitar tahun 550 SM. Bahan tulisan diambil dari berbagai sumber, seperti catatan resmi pemerintah atau kumpulan kisah-kisah tentang para nabi yang kemudian disatukan sedemikian rupa untuk memberikan tekanan pada pokok-pokok yang ingin diungkapkan oleh si penulis.

TUJUAN PENULISAN
Dalam I dan II Raja-raja penulis tidak ingin mencoba untuk memberikan suatu kisah yang lengkap dari seluruh peristiwa yang terjadi pada masa itu. Ia menceritakan dengan panjang lebar mengenai peristiwa dan tokoh-tokoh yang dianggapnya penting seperti Salomo atau Elia, tetapi tokoh lainnya hanya diceritakan secara sepintas. Raja-raja hanya menulis mengenai pentingnya peristiwa yang terjadi dalam hubungannya dengan perkembangan kehidupan rohani manusia.

PANDANGAN PENULIS
Masalah yang ditunjukkan oleh penulis ialah betapa pentingnya bagi umat Allah untuk menjaga perjanjian mereka dengan-Nya. Manusia dan bangsa-bangsa keduanya dinilai sampai seberapa jauh mereka mencari dan mengikuti kehendak Allah. Jika mereka mengasihi Allah dan patuh pada perintah-perintah-Nya, maka Allah akan memberkati mereka; jika mereka berpaling dari-Nya, maka bencara akan menimpa mereka. Dalam banyak hal sikap seorang raja dianggap sebagai gambaran dari sikap bangsa itu secara keseluruhan; dalam satu segi seorang raja merupakan wakil dari rakyatnya.

METODE PENULISAN
Kisah mengenai kedua bangsa Israel dan Yehuda mudah diikuti jika kita tahu metode penulisan yang dipakai. Kita selalu diberi kisah baru mengenai setiap negeri secara berurutan. Sebagai contoh, gambaran peristiwa yang terjadi dalam kehidupan seorang raja Israel diikuti oleh kisah raja-raja Yehuda yang naik takhta selama pemerintahannya dan seterusnya.

Pesan

1. Allah adalah Tuhan yang berkuasa sepanjang sejarah
o Rehabeam mencoba untuk tidak mengikutsertakan Allah, dan itu tidak mungkin terjadi. Sebenarnya penghakiman Allahlah yang menyebabkan ia kehilangan sepuluh suku dan bukan disebabkan oleh pemberontakan rakyatnya. Bahkan, sebelum Salomo mangkat Yerobeam telah diangkat oleh Allah untuk memerintah Israel. 1Ra 11:26-12:24
o Ahab telah menyaksikan suatu peragaan kekuasaan Allah pada waktu nabi-nabi Baal dikalahkan di Gunung Karmel. Walaupun demikian, dalam perang Siria, Ahab mencoba untuk menghindari kehendak Allah dengan jalan menyamar; tetapi ia mati seperti apa yang dikatakan Allah. 1Ra 18:1-46; 22:5-40

2. Hanya bekerja untuk Allahlah yang berarti
o Salomo kaya raya, bijaksana dan berkuasa, selama bertahun-tahun ia mengasihi dan melayani Allah, tetapi itu tidak berarti ia dapat berlaku sewenang-wenang. Pada waktu ia berdosa, Allah juga menghukumnya seperti kepada orang lain. 1Ra 3:1-11:43
o Omri adalah seorang raja yang sangat berhasil. Ia memberi Israel sebuah ibukota yang baru dan menempatkan Israel pada peta perdagangan, tetapi Kitab Raja-raja memberikan komentar bahwa ia juga berdosa terhadap Allah. 1Ra 16:15-28

3. Allah dapat dipercaya
o Tuhan memberikan sebuah kerajaan kepada Yerobeam, tetapi ia tidak percaya bahwa Allah dapat menghentikan pelarian bangsanya kembali ke Yehuda. Sebaliknya, ia melanggar perintah Allah dengan membangun sebuah patung emas. Ia mendapati bahwa Allah selalu memenuhi janji-janji-Nya, yaitu memberkati dan menghukum! 1Ra 12:25-14:20
o Apabila Tuhan memberikan suatu tugas, Dia juga akan menyediakan sarana untuk melaksanakannya. Tuhan mencukupi kebutuhan Elia sepanjang musim kering dan menunjukkan kepadanya bagaimana caranya untuk mengalahkan penyembahan kepada Baal. 1Ra 17:1-18:46

4. Allah tidak begitu saja membinasakan umat-Nya
o Tidak taat kepada Tuhan dan menerima hukuman-Nya tidak selalu berarti bahwa kita tidak lagi dapat melayani Dia. Bangsa Yehuda menyadari hal ini setelah kerajaan itu terpecah. Tuhan telah menghukum mereka, tetapi Dia masih tetap Allah mereka dan masih berbicara kepada mereka. 1Ra 12:1-24
o Tidak satu pun dari ketujuh raja Israel pertama yang melayani Tuhan, tetapi Allah masih belum berputus asa terhadap bangsa itu. Dia masih menginginkan penyembahan mereka, dan di atas Gunung Karmel kembali Allah menunjukkan kepada mereka suatu peragaan kuasa-Nya yang besar. 1Ra 18:1-46

Penerapan

I Raja-raja mengajar kita tentang:

1. Hamba Tuhan
Elia menunjukkan kepada kita ciri-ciri seorang hamba Tuhan yang baik:
o Ia mendengarkan perkataan Allah (1Ra 17:1,2,8).
o Ia menantikan waktu Tuhan yang tepat (1Ra 18:1).
o Ia bertindak dengan berani (1Ra 18:7-40).
o Ia berbicara dengan jelas (1Ra 18:21).
o Ia mempunyai kepercayaan penuh terhadap Allah (1Ra 18:30-38).
o Ia sangat patuh kepada perintah Allah (1Ra 18:36).
o Ia gigih (1Ra 18:41-45).

2. Pelayanan Tuhan
o Tuhan tidak selalu memakai alat-alat bantu yang kita inginkan -- Ia memilih seorang janda untuk menolong Elia (1Ra 17:8-16).
o Membantu hamba Tuhan merupakan suatu pelayanan kepada-Nya dan Tuhan menganugerahi pelayanan (1Ra 17:17-24; 18:3-15).
o Tuhan memulihkan hamba-hamba-Nya pada waktu mereka terjatuh (1Ra 19:4-8).
o Satu tugas terselesaikan tidak berarti akan menghadapi hari depan yang sia-sia (1Ra 19:14-18).

3. Rumah Allah
o Dibangun berdasarkan janji Allah. (1Ra 8:15-21).
o Tempat untuk beribadah (1Ra 8:22-26).
o Tidak dapat membatasi Allah (1Ra 8:27).
o Tempat untuk berdoa (1Ra 8:28-40).
o Harus terbuka bagi semua orang dari berbagai negeri (1Ra 8:41-43).

Tema-tema Kunci

1. Kedaulatan Allah
Tema ini bergema dalam keseluruhan isi kitab yang menceritakan bagaimana Allah terlibat dalam sejarah umat manusia. Bacalah 1Ra 8:14-61; 19:9-18; 20:1-30. Apa yang diceritakan oleh pasal-pasal ini mengenai Allah dan kedaulatannya?

2. Kebenaran
Allah mengharapkan umat-Nya taat dan setia. Setelah negeri itu terpecah, I Raja-raja menggambarkan mengenai pemerintahan delapan raja Israel dan empat raja Yehuda. Buatlah daftar raja-raja ini. Berapa orang dari mereka yang melayani Tuhan? Berdasarkan atas apa penulis kitab Raja-raja membuat penilaian terhadap mereka?

3. Kelemahan
o I Raja-raja tidak pernah mencoba untuk memberikan kepada kita gambaran yang sempurna mengenai hamba-hamba Allah. Kita melihat keburukan maupun kebaikan mereka dan Allah menerima serta memakai mereka seperti apa adanya.
Pelajari 1Ra 1:1-3:1; 11:1-13; 19:1-21. Kelemahan apa saja yang dapat Anda temukan dalam diri Daud, Salomo dan Elia?
o Bacalah kisah Raja Ahab dalam 1Ra 18:1-22:40. Dalam 1Ra 21:27-29 kita membaca bahwa ia bertobat, dan oleh sebab itulah maka Allah memperingan hukuman terhadapnya. Menurut Anda mengapa I Raja-raja menggambarkan Raja Ahab sebagai orang jahat dan bukan hanya sebagai orang lemah?

Garis Besar Intisari: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) [1] HARI-HARI TERAKHIR DAUD 1Ra 1:1-2:11 1Ra 1:1-4Abisag, jururawat bagi Daud yang sudah tua 1Ra 1:5-53Adonia dan Salomo 1Ra 2:1-9Pesan-pesan Dau

[1] HARI-HARI TERAKHIR DAUD 1Ra 1:1-2:11

1Ra 1:1-4Abisag, jururawat bagi Daud yang sudah tua
1Ra 1:5-53Adonia dan Salomo
1Ra 2:1-9Pesan-pesan Daud terakhir
1Ra 2:10-11Wafatnya seorang raja yang besar

[2] SALOMO: TAHUN-TAHUN PENUH KEMASYHURAN 1Ra 2:12-10:29

1Ra 2:12-46Pemerintahan raja Salomo terbentuk
1Ra 3:1Persekutuan dengan Mesir melalui perkawinan
1Ra 3:2-28Allah menganugerahkan kebijakan dan kekayaan
1Ra 4:1-28Pembenahan perekonomian
1Ra 4:29-34Salomo si penyair
1Ra 5:1-7:51Rencana pembangunan yang megah
1Ra 8:1-66Peresmian Rumah Tuhan
1Ra 9:1-9Janji dan peringatan Tuhan
1Ra 9:10-28Hubungan dengan luar negeri dan masalah tenaga kerja
1Ra 10:1-13Kunjungan kenegaraan Ratu negeri Syeba
1Ra 10:14-29Kekayaan Raja Salomo

[3] PERTENTANGAN, PEMBERONTAKAN, PERPECAHAN 1Ra 11:1-12:24

1Ra 11:1-8Perzinahan dan imoralitas Salomo
1Ra 11:9-13Penghakiman Allah dinyatakan
1Ra 11:14-25Musuh dari luar yaitu Edom
1Ra 11:26-40Ancaman dari Yerobeam
1Ra 11:41-43Kematian Salomo
1Ra 12:1-15Yerobeam menolak untuk berunding
1Ra 12:16-24Bangsa Israel menyatakan kemerdekaannya

[4] DUA NEGERI BARU -- DUA PERMULAAN YANG BURUK 1Ra 12:25-15:24

1Ra 12:25-33Yerobeam membangun mezbahnya sendiri
1Ra 13:1-34Ia mendapat peringatan keras
1Ra 14:1-20Kematian Yerobeam dan putranya
1Ra 14:21-31Pemerintahan Rehabeam yang keji atas Yehuda
1Ra 15:1-8Abiam -- sama seperti ayahnya
1Ra 15:9-24Asa mengembalikan Yehuda pada jalan yang benar

[5] ISRAEL -- SEBUAH NEGARA BERKEMBANG 1Ra 15:25-16:34

1Ra 15:25-31Garis keturunan Yerobeam berakhir pada Nadab
1Ra 15:32-16:7Baesa membawa bangsa Israel ke dalam dosa
1Ra 16:8-14Pemerintahan Ela berakhir dengan adanya kudeta Zimri
1Ra 16:15-28Pemerintahan Omri -- makmur tetapi jahat
1Ra 16:29-34Memperkenalkan Ahab dan Izebel

[6] ELIA -- SEORANG HAMBA ALLAH 1Ra 17:1-19:21

1Ra 17:1-24Musim kering: Elia diselamatkan
1Ra 18:1-16Obaja mengatur pertemuan
1Ra 18:17-40Duel antara Elia dan nabi-nabi Baal
1Ra 18:41-46Berakhirnya musim kering
1Ra 19:1-18Bagaimana Allah menghadapi hambanya yang tertekan
1Ra 19:19-21Elia bergabung dengan Elisa

[7] AHAB -- SEORANG PENGUASA YANG LEMAH DAN SERAKAH 1Ra 20:1-21:29

1Ra 20:1-34Allah memberi kemenangan kepada Ahab
1Ra 20:35-43Seorang nabi memperingatkan Ahab
1Ra 21:1-26Ahab menipu Nabot
1Ra 21:27-29Ahab bertobat

[8] PEPERANGAN DENGAN SIRIA BERKELANJUTAN 1Ra 22:1-53

1Ra 22:1-4Ahab meminta bantuan Yehuda
1Ra 22:5-28Nabi-nabi asli dan palsu saling bertentangan
1Ra 22:29-36Mereka pergi berperang
1Ra 22:37-40Ahab terbunuh
1Ra 22:41-50Yosafat -- raja Yehuda yang baik
1Ra 22:51-53Ahazia -- raja Israel yang jahat
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #28: Arahkan mouse pada tautan catatan yang terdapat pada teks alkitab untuk melihat catatan ayat tersebut dalam popup. [SEMUA]
dibuat dalam 0.53 detik
dipersembahkan oleh YLSA