Advanced Commentary
Teks -- Yohanes 19:16-42 (TB)
Konteks
Yesus disalibkan
19:16 Akhirnya
<5119> Pilatus menyerahkan
<3860> Yesus
<846> kepada mereka
<846> untuk
<2443> disalibkan
<4717>. (#19-#16b) Mereka menerima
<3880> Yesus
<2424>. [
<3767> <3767>]
19:17 Sambil
<2532> memikul
<941> salib-Nya
<4716> Ia pergi ke luar
<1831> ke
<1519> tempat yang bernama
<3004> Tempat Tengkorak
<2898>, dalam bahasa Ibrani
<1447>: Golgota
<1115>. [
<1438> <5117> <3739> <3004>]
19:18 Dan di situ
<3699> Ia
<846> disalibkan mereka
<4717> dan
<2532> bersama-sama dengan
<3326> Dia disalibkan juga dua orang
<1417> lain
<243>, sebelah-menyebelah
<1782> <2532> <1782>, Yesus
<2424> di tengah-tengah
<3319>. [
<846> <1161>]
19:19 Dan
<1161> <2532> Pilatus
<4091> menyuruh memasang
<5087> juga tulisan
<1125> <5102> di atas
<1909> kayu salib
<4716> itu, bunyinya
<1125>: "Yesus
<2424>, orang Nazaret
<3480>, Raja
<935> orang Yahudi
<2453>." [
<2532> <1510> <1161>]
19:20 Banyak
<4183> orang Yahudi
<2453> yang membaca
<314> tulisan
<5102> itu, sebab
<3754> tempat
<5117> di mana
<3699> Yesus
<2424> disalibkan
<4717> letaknya dekat
<1451> kota
<4172> dan
<2532> kata-kata itu tertulis
<1125> dalam bahasa Ibrani
<1447>, bahasa Latin
<4515> dan bahasa Yunani
<1676>. [
<5126> <3767> <1510> <1510>]
19:21 Maka
<3767> kata
<3004> imam-imam kepala
<749> orang Yahudi
<2453> kepada Pilatus
<4091>: "Jangan
<3361> engkau menulis
<1125>: Raja
<935> orang Yahudi
<2453>, tetapi
<235> bahwa
<3754> Ia mengatakan
<2036>: Aku adalah
<1510> Raja
<935> orang Yahudi
<2453>." [
<1565>]
19:22 Jawab
<611> Pilatus
<4091>: "Apa yang
<3739> kutulis
<1125>, tetap tertulis
<1125>."
19:23 Sesudah
<3753> prajurit-prajurit
<4757> itu menyalibkan
<4717> Yesus
<2424>, mereka mengambil
<2983> pakaian-Nya
<2440> lalu
<2532> membaginya
<4160> menjadi empat
<5064> bagian
<3313> untuk tiap-tiap
<1538> prajurit
<4757> satu bagian
<3313> -- dan
<2532> jubah-Nya
<5509> juga mereka ambil. Jubah
<5509> itu tidak berjahit
<729>, dari
<1537> atas
<509> ke bawah hanya satu tenunan
<5307> saja. [
<3767> <846> <1510> <1161> <1223> <3650>]
19:24 Karena itu
<3767> mereka berkata
<3004> seorang kepada
<4314> yang lain
<240>: "Janganlah
<3361> kita membaginya
<4977> <846> menjadi beberapa potong, tetapi
<235> baiklah kita membuang undi
<2975> untuk menentukan siapa
<5101> yang mendapatnya." Demikianlah hendaknya supaya
<2443> genaplah
<4137> yang ada tertulis dalam Kitab Suci
<1124>: "Mereka membagi-bagi
<1266> pakaian-Ku
<2440> <3450> di antara mereka dan
<2532> mereka membuang
<906> undi
<2819> atas
<1909> jubah-Ku
<2441> <3450>." Hal itu
<5023> telah dilakukan
<4160> prajurit-prajurit
<4757> itu. [
<4012> <846> <1510> <1438> <3303> <3767>]
19:25 Dan
<1161> dekat
<3844> salib
<4716> Yesus
<2424> berdiri
<2476> ibu-Nya
<3384> <846> dan
<2532> saudara
<79> ibu-Nya
<3384> <846>, Maria
<3137>, isteri Klopas
<2832> dan
<2532> Maria
<3137> Magdalena
<3094>.
19:26 Ketika
<3767> Yesus
<2424> melihat
<1492> ibu-Nya
<3384> dan
<2532> murid
<3101> yang
<3739> dikasihi-Nya
<25> di sampingnya
<3936>, berkatalah Ia
<3004> kepada ibu-Nya
<3384>: "Ibu
<1135>, inilah
<1492>, anakmu
<5207> <4675>!"
19:27 Kemudian
<1534> kata-Nya
<3004> kepada murid-murid-Nya
<3101>: "Inilah
<1492> ibumu
<3384> <4675>!" Dan
<2532> sejak
<575> saat
<5610> itu murid
<3101> itu menerima
<2983> dia
<846> di dalam
<1519> rumahnya
<2398>. [
<1565>]
Yesus mati
19:28 Sesudah
<3326> itu
<5124>, karena Yesus
<2424> tahu
<1492>, bahwa
<3754> segala sesuatu
<3956> telah selesai
<5055>, berkatalah Ia
<3004> -- supaya
<2443> genaplah
<5048> yang ada tertulis dalam Kitab Suci
<1124> --: "Aku haus
<1372>!" [
<2235>]
19:29 Di situ
<2749> ada suatu bekas
<4632> penuh
<3324> anggur asam
<3690>. Maka
<3767> mereka mencucukkan bunga karang
<4699>, yang telah dicelupkan dalam anggur asam
<3690>, pada sebatang hisop
<5301> lalu mengunjukkannya
<4374> ke mulut
<4750> Yesus
<846>. [
<3324> <4060>]
19:30 Sesudah
<3753> Yesus
<2424> meminum
<2983> anggur asam
<3690> itu, berkatalah Ia
<2036>: "Sudah selesai
<5055>." Lalu
<2532> Ia menundukkan
<2827> kepala-Nya
<2776> dan menyerahkan
<3860> nyawa-Nya
<4151>. [
<3767>]
Lambung Yesus ditikam
19:31 Karena
<3767> <1893> hari itu hari persiapan
<3904> dan supaya
<2443> pada
<1909> hari Sabat mayat-mayat itu tidak
<3361> tinggal
<3306> tergantung pada kayu salib
<4716> -- sebab Sabat itu adalah
<1510> hari yang besar
<3173> -- maka datanglah orang-orang Yahudi
<2453> kepada Pilatus
<4091> dan meminta
<2065> kepadanya supaya
<2443> kaki
<4628> orang-orang itu
<846> dipatahkan
<2608> dan
<2532> mayat-mayatnya
<4983> diturunkan
<142>. [
<1510> <1722> <4521> <1063> <2250> <1565> <4521>]
19:32 Maka
<3767> datanglah
<2064> prajurit-prajurit
<4757> lalu mematahkan
<2608> kaki
<4628> orang yang pertama
<4413> dan
<2532> kaki orang yang lain
<243> yang disalibkan
<4957> bersama-sama dengan Yesus
<846>; [
<2532> <3303>]
19:33 tetapi
<1161> ketika
<5613> mereka sampai
<2064> kepada Yesus
<2424> dan melihat
<1492> bahwa Ia telah mati
<2348>, mereka
<2608> <0> tidak
<3756> mematahkan
<0> <2608> kaki-Nya
<846> <4628>, [
<1909> <2235> <846>]
19:34 tetapi
<235> seorang
<1520> dari antara prajurit
<4757> itu menikam
<3572> lambung-Nya
<4125> dengan tombak
<3057>, dan
<2532> segera
<2117> mengalir keluar
<1831> darah
<129> dan
<2532> air
<5204>. [
<846>]
19:35 Dan
<2532> orang yang melihat
<3708> hal itu sendiri yang memberikan kesaksian
<3140> ini dan
<2532> kesaksiannya
<3141> benar
<227>, dan ia tahu
<1492>, bahwa
<3754> ia mengatakan
<3004> kebenaran, supaya
<2443> kamu
<5210> juga
<2532> percaya
<4100>. [
<2532> <228> <846> <1510> <1565>]
19:36 Sebab
<1063> hal itu
<5023> terjadi
<1096>, supaya
<2443> genaplah
<4137> yang tertulis dalam Kitab Suci
<1124>: "Tidak ada
<3756> tulang-Nya
<3747> yang akan dipatahkan
<4937>." [
<846>]
19:37 Dan
<2532> ada pula
<3825> nas
<1124> yang mengatakan
<3004>: "Mereka akan memandang
<3700> kepada
<1519> Dia yang
<3739> telah mereka tikam
<1574>." [
<2087>]
Yesus dikuburkan
19:38 Sesudah
<3326> itu Yusuf
<2501> dari
<575> Arimatea
<707> -- ia murid
<3101> Yesus
<2424>, tetapi sembunyi-sembunyi
<2928> karena
<1223> takut
<5401> kepada orang-orang Yahudi
<2453> -- meminta
<2065> kepada Pilatus
<4091>, supaya
<2443> ia diperbolehkan menurunkan
<142> mayat
<4983> Yesus
<2424>. Dan
<2532> Pilatus
<4091> meluluskan
<2010> permintaannya itu. Lalu
<3767> datanglah
<2064> ia dan
<2532> menurunkan
<142> mayat
<4983> itu. [
<1161> <3778> <1510> <1161> <846>]
19:39 Juga
<1161> <2532> Nikodemus
<3530> datang
<2064> ke situ. Dialah yang mula-mula
<4413> datang
<2064> waktu malam
<3571> kepada
<4314> Yesus
<846>. Ia membawa
<5342> campuran
<3395> minyak mur
<4666> dengan
<2532> minyak gaharu
<250>, kira-kira
<5613> lima puluh
<1540> kati
<3046> beratnya.
19:40 Mereka mengambil
<2983> mayat
<4983> Yesus
<2424>, mengapaninya
<1210> <846> dengan kain
<3608> lenan dan
<2532> membubuhinya dengan
<3326> rempah-rempah
<759> menurut
<2531> adat
<1485> orang Yahudi
<2453> bila menguburkan
<1779> mayat. [
<3767> <1510>]
19:41 Dekat tempat
<5117> di mana
<3699> Yesus disalibkan
<4717> ada suatu taman
<2779> dan
<2532> dalam
<1722> taman
<2779> itu ada suatu kubur
<3419> baru
<2537> yang
<3739> di
<1722> dalamnya belum pernah
<3764> dimakamkan
<5087> seseorang
<3762>. [
<1510> <1161> <1722> <1510>]
19:42 Karena
<3767> hari itu hari persiapan
<3904> orang Yahudi
<2453>, sedang
<3754> kubur
<3419> itu tidak jauh
<1451> letaknya, maka mereka meletakkan
<5087> mayat Yesus
<2424> ke situ
<1563>. [
<1223> <1510>]
Perikop
Kamus Alkitab
-
[haag] Pilatus.
(Bhs. Lat.: yang tidak punya rambut [?]; Pontius, seorang Prokurator
Romawi (--> wakil penguasa) dari daerah Yudea (26-36; Luk 3:1).
Para ahli sejarah profan kuno (Filo, Flav. Yosefus, Tacitus)
melukiskan ~P seba...
[tokoh] Pilatus
Wali negeri Yudea (Luk 3:1).
Yesus dihadapannya (Mat 27:1-26; Mr 15:15; Luk 22:66-23:25; Yoh 18:28-19:16).
Mengirim Yesus kepada Herodes (Luk 23:6-12).
Menyerahkan Yesus untuk disalibkan pada waktu ora...
[kecil] TB- Pontius Pilatus memangku jabatan gubernur Romawi atas Yudea, Samaria dan Idumea, tahun 26-36 Ses. Mas. Ia memegang peranan pokok dalam pengadilan Yesus (Mr 15:1-15).
BIS- Pontius Pilatus adalah gubernur Yudea, Samaria da...
-
[kecil] KS.- [PB] nama, Mat 1:21,25; Luk 1:31; 2:21asal-usul, Mat 1:1-17; Luk 3:23-38kelahiran dan masa muda, Mat 1:18-2:23; Luk 1:26-38; 2:1-40duabelas tahun, Luk 2:41-52baptisan dan cobaan, Mat 3:1...
-
[haag] Yohanes (Injil Yohanes).
(I). PEMBAGIAN DAN SUSUNAN.
Mengenai bahan-bahan dari Yoh. dapat dibagi dalam 3 bagian
besar:
(1) Yoh 1:19-12:50: Perihal hidup umum yang dilakukan
Yesus sebagai perwahyu...
-
[tokoh] Yesus
KEHIDUPAN:
Silsilah (Mat 1:1-17; Luk 3:21-37).
Kelahiran diberitahukan (Mat 1:18-25; Luk 1:26-45).
Kelahiran-Nya (Mat 2:1-12; Luk 2:1-7).
Diserahkan di Bait Allah (Luk 2:22-38).
Dikunjungi oleh orang-o...
-
[tokoh] Yusuf
Anak Yakub dari Rahel (Kej 30:24; 1Taw 2:2). Disayangi Yakub; dibenci oleh saudara-saudaranya (Kej 37:3-4). Mimpi-mimpi (Kej 37:5-11). Dijual ke tanah Mesir oleh saudara-saudaranya (Kej 37:12-36). Di rumah Potifar ...
[kecil] KS.- anak Yakub [PL] Kej 30:22-24; 37:5-50:26; Yos 24:32; Mazm 105:17-22 [PB] Yoh 4:5; Kis 7:9-14suami Maria [PB] Mat 1:16-25; 2:13-15,19-23; Luk 1:27; 2:4,16; 4:22; Yoh 1:45; 6:42saudara Yesus [PB] Mat 13:55; Mr 6:3saudara Y...
-
[kecil] KS.- Yesus [PB] Mat 27:59-60; Mr 14:8; 15:46; Luk 23:53-56; Yoh 12:7; 19:38-42tokoh-tokoh lainnya [PL] Kej 23:19; 50:13; Ul 34:6; 2Sam 21:14 [PB] Mat 14:12; Kis 2:29; 5:6,10; 8:2rohaniah [PB] Rom 6:4; Kol 2:12
[pedoman]
1. Kemungkinan permulaan - .
Kej 4:9,10
2. Tujuan - .
Kej 23:3,4
3. Dihadiri oleh:
3.1 Keluarga orang yang meninggal.
Kej 50:5,6,8; Mat 8:21
3.2 Be...
-
[haag] Maria. (Bentuk Pb untuk --> Miryam).
(I). \\MARIA IBU YESUS.\\
PB memberikan ungkapan-ungkapan berikut ini:
(1) Paulus.
Ungkapan tertua mengenai ~M di PB (Gal 4:4-5)
berhubungan erat sek...
[tokoh] Maria
Ibu Yesus (Mat 1:16-25; Luk 1:27-56; 2:1-40). Bertunangan dengan Yusuf (Mat 1:18; Luk 1:27). Diberitahukan tentang kelahiran Yesus (Luk 1:26-38). Mengunjungi Elizabet, nyanian (Luk 1:39-55). Pergi ke Betlehem, lahi...
[kecil] KS.- [PB] ibu dari Yesus, Mat 1:16,18,20; 2:11; 13:55; Mr 6:3; Luk 1:27,30,34,38,39,41,46,56; Luk 2:5,16,19,34; Yoh 2:1-5,12; 19:25-27; Kis 1:14Magdalena, Mat 27:56,61; 28:1; Mr 15:40,47; 16:1,9; Luk 8:2; 24:10; Yoh 19:25; 20...
-
[pedoman]
1. Mengeluarkan perintah ke seluruh dunia.
Luk 2:1
2. Dilukiskan dengan:
2.1 Binatang yang menakutkan dan mendahsyatkan dalam mimpi Daniel.
Dan 7:7,19
2.2 Kaki...
-
[pedoman]
1. Ia adalah Anak Allah.
Mazm 2:7
2. Digenapi.
Luk 1:32,35
3. Ia adalah benih perempuan.
Kej 3:15
4. Digenapi.
Gal 4:4
5. Ia adalah benih Abraham.
Kej 17:7; 22:18
...
-
[haag] Nikodemus. (Bhs. Yun.: Yang ikut menang bersama bangsa itu).
Ia seorang --> Farisi. Anggota --> Mahkamah Agama, salah
seorang di antara beberapa wakil resmi rakyat, yang menerima Yesus
secara serius (tidak tertutup kemungk...
[tokoh] Nikodemus
Orang Farisi yang datang pada waktu malam kepada Yesus (Yoh 3:1-21).
Membela Yesus (Yoh 7:50-52).
Bersama Yusuf, menguburkan Yesus (Yoh 19:39-41).
[kecil] KS.- [PB] Yoh 3:1-10; Yoh 7:50; 19:39
-
[gering] (pahit) Getah pada pohon yang rendah, berduri dan keras kayunya bertumbuh di Arabia. Dipakai sebagaimana diterangkan dalam Kel 30:23; Maz 45:9; Amsal 7:17; Mar 15:23; Yoh 19:39.
[haag] Mur.
Damar yang berbau wangi berasal dari pohon balsem dan
didatangkan dari Arab-selatan. ~M adalah sebuah bahan yang
dicampurkan pada minyak olesan kudus (Kel 30:22-23) dan
dipandang sebagai hadiah yang berharga (Mat 2:1...
[kecil] TB- Damar yang harum baunya, yang dipakai untuk persembahan (Mat 2:11), sebagai obat (Mr 15:23) dan dalam mempersiapkan jenazah orang untuk penguburan (Yoh 19:39).
BIS- Getah yang sudah kering dan harum dari sejenis pohon. B...
-
[haag] Makam Suci.
Menurut Injil makam Yesus ada di dalam kebun dekat tempat
penyalibanNya (Yoh 19:41), tidak jauh dari tembok kota
(Yoh 19:17,20). Pada tahun 41 ses. Mas., Herodes Agripa I
memasang tembok keliling pada perluasa...
-
[pedoman]
1. Perlu untuk jabatan-Nya sebagai pengantara.
Rom 6:15,19; 1Kor 15:21; Gal 4:4,5; 1Tim 2:5; Ibr 2:17
2. Dibuktikan oleh:
2.1 Ia dikandung dalam kandungan seorang perawan.
...
-
[gering] (1) bahasa yang dipakai orang Roma, Yoh 19:20 (2) orang Yahudi berbahasa Gerika, Kis 11:20 (3) penduduk Gerika, Kis 18:17 (4) tanah Gerika, Kis 20:2 (5) bahasa Gerika, Kis 21:37.
[kecil] TB- Sejak zaman Aleksander Agung (abad ke-4 Seb. Mas, bandingkan Dan 8:5-8,21; 11:3-4) kebudayaan dan bahasa Yunani sangat meluas di daerah sekitar Laut Tengah. Dalam bahasa itulah Perjanjian Baru ditulis. Terutama orang-or...
-
[pedoman]
1. Kristus satu teladan untuk - .
Luk 2:51; Yoh 19:26,27
2. Adalah satu pemberian dari Allah.
Kej 35:5; Mazm 127:3
3. Dapat memuji Tuhan.
Mazm 8:3; 148:12,13; Mat 21:15,16
4. Harus:
...
-
[haag] Golgota.
(Barangkali berasal dari bhs. Aram: tengkorak; tempat tengkorak).
Tempat penyaliban Yesus (Mat 27:33 dsj.; \\Yoh 19:17*\\).
Nama itu disesuaikan dengan bentuk tempatnya yang bulat mirip
tengkorak. Sebagai tempat ...
[kecil] KS.- [PB] Mat 27:33; Mr 15:22; Yoh 19:17
-
[haag] Hisop.
Tanaman kecil yang tumbuh keluar dari tembok (1Raj 5:13).
Rantingnya baik sekali untuk dijadikan alat memerciki (Yoh 19:29)
sebenarnya mengandaikan sebuah tangkai yang panjang). ~H itu dipakai
dalam kurban pembersi...
[kecil] TB- Tumbuh-tumbuhan yang kecil yang batang dan daunnya dapat dipergunakan untuk memercikkan barang cair (Kel 12:22; Bil 19:18; Mazm 51:9; Yoh 19:29).
BIS- Sejenis tumbuhan kecil yang batang dan daunnya dapat dipakai untuk me...
-
[haag] Paskah.
(Bhs. Ibr.: pesakh; bhs. Aram: Pasgha; bhs. Yunani: Paskha.
Arti dasarnya: meloncat. Dari situ timbul arti: meloncat di dalam
kebaktian, menari, dan (dalam arti kiasan) Kel 12:13,23,27;
Yes 31:5; melewati/menyayan...
-
[kecil] KS.- Allah [PL] 1Sam 8:7; Mazm 10:16; 24:7-10; 29:10; 93:1; 95:3; Mazm 96:10; 98:6; 99:1; Yes 6:5; 33:22; Yer 10:10; Za 14:9,16 [PB] Mat 5:35; 1Tim 1:17; Wahy 15:3Kristus [PB] Mat 25:34,40; Luk 19:38; Yoh 6:15; 12:15; 18:37; ...
-
[pedoman]
1. Orang yang telah meninggalkan kehidupan ini.
Kej 23:2; 25:8; Ayub 1:19
2. Nama-nama yang dipakai untuk menerangkan - :
2.1 Mayat.
1Raj 13:24; 2Raj 19:35; Nah 3:3
...
Gambar
Himne
(Catatan: Pada kondisi "aktif" atau "on", lagu himne akan diputar secara otomatis ketika mouse hover pada sebuah judul himne)
- Batu Karang Yang Teguh [KJ.37a]
(
Rock of Ages
)
1. Batu Karang yang teguh, Kau tempatku berteduh. Kar'na dosaku berat dan kuasanya menyesak, Oh, bersihkan diriku oleh darah lambungMu.
|
Mzm 62:7-8 Mzm 71:3 1 Kor 10:4 Yoh 19:34 1 Yoh 1:7
|
2. Walau aku berjerih dan menangis tiada henti, apapun usahaku, tak menghapus dosaku. Hanya oleh kurbanMu Kaus'lamatkan diriku.
|
Rm 3:20, 27 Ef 2:8-9 2 Tim 1:9 Tit 3:5
|
3. Tiada lain kupegang, hanya salib dan iman; dalam kehampaanku kudambakan rahmatMu. Tanpa Dikau, Tuhanku, takkan hidup jiwaku.
|
Gal 6:14
|
4. Bila tiba saatnya kutinggalkan dunia dan Kaupanggil diriku ke hadapan takhtaMu, Batu Karang yang teguh, Kau tempatku berteduh.
|
- Batu Karang Yang Teguh [KJ.37b]
(
Rock of Ages
)
1. Batu Karang yang teguh, Kau tempatku berteduh. Kar'na dosaku berat dan kuasanya menyesak, Oh, bersihkan diriku oleh darah lambungMu.
|
- Jurus'lamat Dunia [KJ.165]
1. Jurus'lamat dunia, walau tak bersalah, bagai maling disergap pada waktu malam dan dihina, dicela didepan mahkamah, diludahi, dicerca oleh kaum ulama.
|
Luk 22:47-53 Luk 22:63-71
|
2. Waktu fajar merekah,Yesus pun dibawa ke Pilatus, dan seg'ra tak terbukti salah. Ke Herodes yang kejam Yesus pun diseret; Raja dan pengawalnya tak segan mengejek.
|
Luk 23:1-7 Luk 23:8-12
|
3. Jam sembilan paginya, balik ke Pilatus, Tuhan kita disesah oleh kaum serdadu; Jubah ungu diberi dan mahkota duri; Olokannya: "Hai tabik, Raja kaum Yahudi!"
|
Luk 23:13-16 Yoh 19:1-3
|
4. Palang dihelakanNya pada tengah hari dan di bukit Golgota Ia pun disalib, menderita tiga jam; ada yang menghujat. Matahari pun kelam dan menutup muka.
|
Yoh 19:17-19 Mat 27:45
|
5. Pukul tiga yang sepi, Yesus, hampir mati, berseru: "Eli, Eli, lamma sabakhtani?" Lalu putus nyawaNya dan di Bait Suci Tabir koyak terbelah; ada gempa bumi.
|
Mat 27:46 Mzm 22:2 Mat 27:50-51
|
6. Waktu menjelang senja, yang kena hukuman dipatahkan tulangnya agar diturunkan. Yesus tak demikian, kar'na sudah mati: Nampak dari lukaNya darah campur air.
|
Yoh 19:31-37
|
7. Surya hampir terbenam waktu datang Yusuf yang termasuk muridNya, minta mayat Yesus; tubuh diturunkannya, dikapankan lenan dan di kubur miliknya Yesus dibaringkan.
|
Yoh 19:38-42
|
8. Tuhan Yesus, tolonglah kami mendalami aniaya dan cela yang Engkau alami, agar kami olehMu meninggalkan dosa kepadaMu bersyukur, jiwa pun sentosa.
|
Play |
- Kristus Bangkit! Soraklah' [KJ.188]
1. Kristus bangkit! Soraklah: Haleluya! Bumi, sorga bergema: Haleluya! Berbalasan bersyukur: Haleluya! Muliakan Tuhanmu! Haleluya!
|
Mrk 16:1-8
|
2. Karya kasihNya genap, kemenanganNya tetap. Surya s'lamat jadi t'rang takkan lagi terbenam.
|
Yoh 19:30 Yes 60:20
|
3. Kuasa kubur menyerah dan neraka takluklah. Kristus jaya atas maut dan terbukalah Firdaus.
|
Ibr 2:14 Why 1:18
|
4. Hidup Raja mulia: kita s'lamat OlehNya. Maut, di mana jayamu? Kubur, mana kuasamu?
|
1 Kor 15:54-56
|
5. Hai tinggalkan maut kelam; ikut Dia yang menang! Bangkitlah, manusia, dalam kebangkitanNya!
|
Rm 6:3-4 Kol 2:12
|
6. Raja agung, t'rimalah sorak puji semesta! Hormat kami bergema: Kaulah Hidup yang baka.
|
Flp 2:9-11 Yoh 11:25
|
Play |
- Lihat Bunda yang Berduka [KJ.172]
|
Yoh 19:25
|
1. Lihat bunda yang berduka di depan salib Sang Put'ra; air mata bergenang. O betapa jiwa ibu tersedu menanggung pilu, bagai ditembus pedang.
|
Luk 2:35
|
2. Bunda Put'ra Tunggal Allah disebut "yang berbahagia" kini sangat bersedih. Hatinya dirundung duka, kar'na Put'ra yang termulia bersengsara di salib.
|
Luk 1:28, 42
|
3. O siapa tidak pilu menyaksikan bunda Kristus menangisi Put'ranya? Dan siapa tak tergugah menyelami duka bunda Dalam siksa Anaknya?
|
4. Dilihatnya Yesus, Put'ra, yang tersiksa dan terluka kar'na dosa umatNya dan bergumul sendirian menghadapi kematian menyerahkan nyawaNya.
|
5. Wahai bunda, sumber kasih, biar turut kuhayati dukamu yang mencekam; biar hatiku bernyala mengasihi Put'ra Allah dan padaNya berkenan.
|
6. Biarlah sengsara aib dari Dia yang tersalib tersemat di hatiku; yang ditanggungNya bagiku kudekap bersamamu.
|
7. Biar aku disampingmu pilu kar'na wafat Kristus di sepanjang hidupku; inilah keinginanku: di dekat salib Put'ramu besertamu tersedu.
|
8. O perawan yang terpilih, perkenankan aku ini ikut dikau bersedih; biar kematian Tuhan dan darahNya yang tercurah kukenangkan tak henti.
|
9. Biar aku pun terluka, menghayati salib Tuhan, digerakkan kasihNya. Hatiku engkau kobarkan; biar aku dibebaskan dalam penghakimanNya.
|
10. Biarlah salib Tuhanku jadi benteng naunganku dan kurasa rahmatNya. Bila nanti aku mati, biar aku mewarisi kemuliaan yang baka.
|
Play |
- Memandang Salib Rajaku [KJ.169]
(
When I Survey the Wondrous Cross
)
1. Memandang salib Rajaku yang mati untuk dunia, kurasa hancur congkakku dan harta hilang harganya.
|
Za 12:10 Mrk 15:22-26 Yoh 19:37 Why 1:7
|
2. Tak boleh aku bermegah selain di dalam salibMu; kubuang nikmat dunia demi darahMu yang kudus.
|
Gal 6:14
|
3. Berpadu kasih dan sedih mengalir dari lukaMu; mahkota duri yang pedih menjadi keagunganMu.
|
Yoh 19:34 Mrk 15:16-19
|
4. Melihat darah lukaNya membalut tubuh Tuhanku, 'ku mati bagi dunia dan dunia mati bagiku.
|
Gal 6:14
|
5. Andaikan jagad milikku dan kuserahkan padaNya, tak cukup bagi Tuhanku diriku yang dimintaNya.
|
Rm 12:1
|
Play |
- Pataka Raja MajuLah [KJ.171]
1. Pataka Raja majulah, Salib menjulang cemerlang: tergantung Khalik semesta di dalam rupa mahlukNya.
|
Mrk 15:22-26 Flp 2:6-8
|
2. Di salib itu lihatlah terpaku Kurban mulia; tanganNya direntangkanNya demi berkat anugerah.
|
3. Ditikam tombak yang kejam, mengucur dari lambungNya campuran air-darahNya membasuh dosa manusia.
|
Yoh 19:34
|
4. Nubuat Mazmur Daud genap: "Hai bangsa-bangsa dunia, akui Tuhan Rajamu; sebatang kayu takhtaNya."
|
Mzm 96:10
|
5. O pohon elok dan megah, berhias merah mulia, terpilih agar dahanmu, menjamah tubuh Rajaku.
|
6. Ditimbang pada cabangmu Tebusan bagi dunia: tawanan maut bebaslah, terangkat di neracamu.
|
7. Harumlah damar kayumu, aroma madu kalahlah; penuh berkatlah Buahmu, o pohon hayat yang megah!
|
2 Kor 2:16 Kej 2:9 Why 2:7
|
8. Salam, mezbah dan Kurbannya, sebab sengsara mulia: Yang Hidup memasuki maut; terbitlah hidup abadi.
|
9. O salib, kau harapanku di waktu 'ku memanggulmu: limpahkanlah karunia dan dosaku tutuplah.
|
10. Tritunggal Allah, t'rimalah syukur seluruh mahlukMu! Yang Kaus'lamatkan pimpinlah kekal selama-lamanya.
|
Play |
- Sang Anak domba yang Kudus [KJ.160]
1. Sang Anakdomba yang kudus memikul dosa dunia, rela dan sabar menebus hutang besar manusia. Lihatlah Dia menempuh jalan sengsara dan keluh, Menurut dan setia. Ia dihina, disesah, mati di salib Golgota, Berkata: "Ku sedia."
|
Yes 53:7 Yoh 1:29 1 Ptr 2:24 Yoh 19:17
|
2. Dialah Jurus'lamatku, Kawan yang tak bertara, Pembawa damai yang penuh, disuruh Allah Bapa: "Pergilah Kau, hai anakKu, terimalah di pundakMu akibat dosa dunia; bebaskanlah manusia dari hukuman dan cela: Engkaulah Penebusnya."
|
Yoh 15:13
|
3. "Ya Bapa, Aku HambaMu, yang Kau pesan Kutanggung; sabdaMu niat hatiKu dan maksudMu Kusanjung." O kuasa kasih tak terp'ri Yang Mahakuasa memberi PutraNya yang tercinta! Kasih Ilahi yang kudus, Ke dalam maut kau tembus: kuasamu tak terhingga!
|
Yoh 3:16
|
4. Sepanjang umur hidupku kuingat Dikau, Tuhan; ya Yesus, di rangkulanMu hatiku Kausembuhkan. Dalam gelap Engkau Terang, di malam duka Kau Teman Yang menabahkan hati. Inilah yang menghiburku, Bahwa 'ku jadi milikMu baik hidup maupun mati.
|
Yoh 8:12 Rm 14:8
|
5. Kau, Anakdomba yang lembut, kupuji siang-malam dan diriku dengan syukur padaMu kuserahkan. Biarlah daya hidupku melimpah-ruah bagiMu Mengungkap t'rimakasih, hingga pahala karyaMu Yang Kauperoleh bagiku kuingat tiap hari.
|
6. Hendak kuminum cawanMu dalam KerajaanMu; darahMu kemegahanku dan pembersih jubahku. Mahkota hidup yang baka akan kupakai menyembah menghadap takhta Bapa. Kaulah kekal Pengantinku: tak bercela di sisiMu 'ku masuk rumah Allah.
|
Mrk 14:25 Why 2:10 Ef 5:25-27
|
Play |
- Tersalib dan Sengsara [KJ.166]
1. Tersalib dan sengsara Kau, Yesus, Tuhanku, terkulai menderita akibat salahku; dengan hati yang pilu, sedih tak terperi kulihat siksaanMu yang dashyat dan keji.
|
Mrk 15:22-26
|
2. Alam berdukacita dan langit menggelap saksikan Putra Allah membuat Firman g'nap; ditanggung s'gala siksa yang sakit dan pedih demi tebusan dosa manusia di bumi.
|
Mrk 15:33 Yoh 19:30 1 Ptr 2:4
|
3. Tertumpah darah Yesus di bukit Kalvari; dipikul dengan tulus durhaka insani. Bertobatlah, manusia, memohon ampunNya, Supaya di sucikan di dalam darahNya!
|
Yoh 1:29 1 Yoh 1:7
|
Play |
- Ya Sumber Kasih, Roh Kudus [KJ.55]
1. Ya Sumber Kasih, Roh Kudus, pancarkan apiMu, sehingga hati kami pun penuh semangatMu!
|
2. Engkau ilhami kaum nabi menulis Alkitab. O tolong kami mengerti maknanya yang tepat.
|
2 Tim 3:16 2 Ptr 1:21
|
3. Ya Roh Kudus, melayanglah di atas yang kelam; di hati kacau dan resah ciptakanlah terang.
|
2 Kor 4:6
|
4. Ya Roh di dalam cah'yaMu Sang Bapa dikenal; terungkap bagi kami pun kasihNya yang kekal.
|
Rm 8:14-16 Ef 1:17-18 Gal 4:6
|
Play |
- Yang Sengsara Itulah [KJ.181]
1. "Yang Sengsara" itulah Putra Allah mulia, Penebus manusia. Haleluya, puji Dia!
|
Mrk 15:9
|
2. Ganti aku Dialah yang dihukum, disesah. Bebas aku olehNya. Haleluya, puji Dia!
|
Yes 53:3-7 Mrk 15:15
|
3. Kita salah dan lemah; Ia tidak bercela. Damai pulih olehNya. Haleluya, puji Dia!
|
1 Ptr 2:22-25 2 Kor 5:18-19
|
4. Di salib di Golgota "Selesailah!" sabdaNya. Kini sorga arasyNya. Haleluya, puji Dia!
|
Yoh 19:30 Mrk 16:19
|
5. Bila Raja mulia menjemput jemaatNya, kidung kita bergema, "Haleluya, puji Dia!
|
Yoh 14:2-3 Why 19:6-7
|
Play |
-
[Yoh 19:17] Let Me Dwell On Golgotha
Let me dwell on Golgotha, Weep and love my life away! While I see Him on the tree Weep and bleed, and die for me! That dear blood, for sinners spilt, Shows my sin in all its guilt: Ah, my soul, He bore thy load, Thou hast slain the Lamb of God. Hark! His dying words; “Forgive, Father, let the sinner live; Sinner, wipe thy tears away, I thy ransom freely pay.” While I hear this grace revealed, And obtain a pardon sealed; All my lost affections move, Wakened by the force of love. Farewell world, thy gold is dross, Now I see the bleeding cross; Jesus died to set me free From the law, and sin, and thee! He has dearly bought my soul Lord, accept, and claim the whole! To Thy will I all resign, Now, no more my own, but Thine. |
Play |
source: Cyberhymnal |
-
[Yoh 19:17] Stretched On The Cross, The Savior Dies
Stretched on the cross, the Savior dies, Hark! His expiring groans arise; See, how the sacred crimson tide Flows from His hands, His feet, His side. To suffer in the traitor’s place, To die for man—surprising grace! Yet pass rebellious angels by— O why for man, dear Savior, why? And didst Thou bleed? for sinners bleed? And could the sun behold the deed? No! he withdrew his sickening ray, And darkness veiled the mourning day. Can I survey this scene of woe, Where mingling grief and wonder flow, And yet my heart unmoved remain, Insensible to love or pain? Come, dearest Lord, Thy grace impart, To warm this cold, this stupid heart, Till all its powers and passions move, In melting grief, and ardent love. |
Play |
source: Cyberhymnal |
-
[Yoh 19:17] There Is A Green Hill Far Away
There is a green hill far away, Outside a city wall, Where the dear Lord was crucified, Who died to save us all. Refrain O dearly, dearly, has He loved, And we must love Him, too, And trust in His redeeming blood, And try His works to do. We may not know, we cannot tell, What pains He had to bear; But we believe it was for us He hung and suffered there. Refrain He died that we might be forgiv’n, He died to make us good, That we might go at last to Heav’n, Saved by His precious blood. Refrain There was no other good enough To pay the price of sin; He only could unlock the gate Of heaven and let us in. Refrain O dearly, dearly has He loved, And we must love Him, too, And trust in His redeeming blood, And try His works to do. Refrain |
Play |
source: Cyberhymnal |
-
[Yoh 19:18] Were You There?
Were you there when they crucified my Lord? Were you there when they crucified my Lord? Oh! Sometimes it causes me to tremble, tremble, tremble. Were you there when they crucified my Lord? Were you there when they nailed Him to the tree? Were you there when they nailed Him to the tree? Oh! Sometimes it causes me to tremble, tremble, tremble. Were you there when they nailed Him to the tree? Were you there when they laid Him in the tomb? Were you there when they laid Him in the tomb? Oh! Sometimes it causes me to tremble, tremble, tremble. Were you there when they laid Him in the tomb? |
Play |
source: Cyberhymnal |
-
[Yoh 19:25] My Lord, My Master, At Thy Feet Adoring
My Lord, my Master, at Thy feet adoring, I see Thee bowed beneath Thy load of woe; For me, a sinner, is Thy life blood pouring; For Thee, my Savior, scarce my tears will flow. Thine own disciple to the Jews has sold Thee, With friendship’s kiss and loyal word he came; How oft of faithful love my lips have told Thee, While Thou hast seen my falsehood and my shame. With taunts and scoffs they mock what seems Thy weakness, With blows and outrage adding pain to pain; Thou art unmoved and steadfast in Thy meekness; When I am wronged how quickly I complain! My Lord, my Savior, when I see Thee wearing Upon Thy bleeding brow the crown of thorn, Shall I for pleasure live, or shrink from bearing Whate’er my lot may be of pain or scorn? O Victim of Thy love, O pangs most healing, O saving death, O wounds that I adore, O shame most glorious! Christ, before Thee kneeling, I pray Thee keep me Thine for evermore. |
Play |
source: Cyberhymnal |
-
[Yoh 19:28] His Are The Thousand Sparkling Rills
His are the thousand sparkling rills That from a thousand fountains burst, And fill with music all the hills; And yet He saith, “I thirst.” All fiery pangs on battlefields; On fever beds where sick men toss, And in that human cry He yields To anguish on the cross. But more than pains that racked Him then, Was the deep longing thirst divine That thirsted for the souls of men: Dear Lord! and one was mine. O Love most patient, give me grace; Make all my soul athirst for Thee; That parched dry lip, that fading face, That thirst, were all for me. |
Play |
source: Cyberhymnal |
-
[Yoh 19:28] O Perfect God, Thy Love
O perfect God, Thy love As perfect Man did share Here upon earth each form of ill Thy fellow men must bear. Now from the tree of scorn We hear Thy voice again; Thou Who didst take our mortal flesh Hast felt our mortal pain. Thy body suffers thirst, Parched are Thy lips and dry: How poor the offering man can bring Thy thirst to satisfy! O Savior, by Thy thirst Borne on the cross of shame, Grant us in all our sufferings leave To glorify Thy Name. That through each pain and grief Our souls may onward move To gain more likeness to Thy life, More knowledge of Thy love. |
Play |
source: Cyberhymnal |
-
[Yoh 19:30] All Is O’er, The Pain, The Sorrow
All is o’er, the pain, the sorrow, Human taunts and fiendish spite; Death shall be despoiled tomorrow Of the prey he grasps tonight; Yet awhile, His own to save, Christ must linger in the grave. Dark and still the cell that holds Him, While in brief repose He lies; Deep the slumber that enfolds Him, Veiled awhile from mortal eyes; Slumber such as needs must be After hard won victory. Fierce and deadly was the anguish Which on yonder cross He bore; How did soul and body languish Till the toil of death was o’er: But that toil, so fierce and dread, Bruised and crushed the serpent’s head. All night long, with plaintive voicing, Chant His requiem soft and low: Loftier strains of loud rejoicing From tomorrow’s harps shall flow: “Death and hell at length are slain! Christ hath triumphed! Christ doth reign!” |
Play |
source: Cyberhymnal |
-
[Yoh 19:30] All The Sacrifice Is Ended
All the sacrifice is ended, Breathed His body’s latest breath, And His human Soul hath wended Where the weary rest beneath; Christ as Man hath comprehended All the human law of death! Yet not there His Soul remaineth Nor His body in the tomb: Lo! what sudden glory gaineth Quick dominion o’er the gloom! Yea, o’er death and hell He reigneth Bursting back the gates of doom! Manifold the attestation Brethren tell the marvel o’er, And the soldiers from their station, And the angels at the door, And His own Word’s revelation, “Lo! I live for evermore.” Hail, thou morn of resurrection, Primal holy Easter Day! Now the hours of deep dejection ’Neath the night-clouds’ dark array, Foes’ reviling, friends’ defection, In thy glory pass away! Now He lives and reigns for ever! That we too may enter in Where eternal life shall never Taste of sorrow or of sin, Where from Him no death shall sever Those He vanquished death to win. Savior! in our night of weeping Tell us of the joyful morn, Guard our souls, their vigil keeping In the hours of hate and scorn Raise us falling, wake us sleeping, Till our Easter Day be born. |
Play |
source: Cyberhymnal |
-
[Yoh 19:30] From The Cross
From the cross uplifted high, Where the Savior deigns to die, What melodious sounds we hear, Bursting on the ravished ear! “Love’s redeeming work is done— Come and welcome! sinner, come! Sprinkled now with blood the throne; Why beneath thy burdens groan? On My piercèd body laid, Justice owns the ransom paid: Bow the knee, and kiss the Son, Come and welcome, sinner, come. “Spread for thee, the festal board See with richest bounty stored; To thy Father’s bosom pressed, Thou shalt be a child confessed, Never from His house to roam; Come and welcome! sinner, come! “Soon the days of life shall end— Lo, I come—your Savior, Friend! Safe your spirit to convey To the realms of endless day, Up to My eternal home— Come and welcome! sinner, come!” |
Play |
source: Cyberhymnal |
-
[Yoh 19:30] It Is Finished (gillett)
It is finished! Christ hath known All the life of men wayfaring; Human joys and sorrows sharing, Making human needs His own. Lord, in us Thy life renewing, Lead us where Thy feet have trod, Till, the way of truth pursuing, Human souls find rest in God. It is finished! Christ is slain, On the altar of creation, Offering for a world’s salvation Sacrifice of love and pain. Lord, Thy love through pain revealing, Purge our passions, scourge our vice, Till, upon the tree of healing, Self is slain in sacrifice. It is finished! Christ our King Wins the victor’s crown of glory; Sun and stars recite His story, Floods and fields His triumph sing. Lord, whose praise the world is telling, Lord, to Whom all power is given, By Thy death, hell’s armies quelling, Bring Thy saints to reign in Heav’n. |
Play |
source: Cyberhymnal |
-
[Yoh 19:30] It Is Finished (proctor)
Nothing, either great or small— Nothing, sinner, no; Jesus died and paid it all, Long, long ago. Refrain “It is finished!” yes, indeed, Finished, ev’ry jot; Sinner, this is all you need, Tell me, is it not? Refrain When He, from His lofty throne, Stooped to do and die, Ev’rything was fully done; Hearken to His cry! Refrain Weary, working, burdened one, Wherefore toil you so? Cease your doing; all was done Long, long ago. Refrain Till to Jesus’ work you cling By a simple faith, “Doing” is a deadly thing— “Doing” ends in death. Refrain Cast your deadly “doing” down— Down at Jesus’ feet; Stand in Him, in Him alone, Gloriously complete. Refrain |
Play |
source: Cyberhymnal |
-
[Yoh 19:30] ’tis Finished! So The Savior Cried
’Tis finished! so the Savior cried, And meekly bowed His head and died; ’Tis finished—yes, the race is run, The battle fought, the victory won. “’Tis finished—all that Heaven decreed, And all the ancient prophets said, Is now fulfilled, as was designed, In Me the Savior of mankind.” ’Tis finished—Heaven is reconciled, And all the powers of darkness spoiled. Peace, love, and happiness again Return and dwell with sinful men. ’Tis finished—let all the joyful sound Be heard through all the nations round: ’Tis finished—let the echo fly Thro’ Heav’n and hell, thro’ earth and sky. |
Play |
source: Cyberhymnal |
-
[Yoh 19:30] ’tis Finished! The Messiah Dies
’Tis finished! The Messiah dies, Cut off for sins, but not His own: Accomplished is the sacrifice, The great redeeming work is done. ’Tis finished! all the debt is paid; Justice divine is satisfied; The grand and full atonement made; God for a guilty world hath died. The veil is rent in Christ alone; The living way to Heaven is seen; The middle wall is broken down, And all mankind may enter in. The types and figures are fulfilled; Exacted is the legal pain; The precious promises are sealed; The spotless Lamb of God is slain. The reign of sin and death is o’er, And all may live from sin set free; Satan hath lost his mortal power; ’Tis swallowed up in victory. Saved from the legal curse I am, My Savior hangs on yonder tree: See there the meek, expiring Lamb! ’Tis finished! He expires for me. Accepted in the Well-beloved, And clothed in righteousness divine, I see the bar to heaven removed; And all Thy merits, Lord, are mine. Death, hell, and sin are now subdued; All grace is now to sinners given; And lo, I plead the atoning blood, And in Thy right I claim Thy Heaven! |
Play |
source: Cyberhymnal |
-
[Yoh 19:34] At The Lamb’s High Feast We Sing
At the Lamb’s high feast we sing, Praise to our victorious King, Who hath washed us in the tide Flowing from his piercèd side; Praise we Him, whose love divine Gives His sacred blood for wine, Gives His body for the feast, Christ the Victim, Christ the Priest. Where the Paschal blood is poured, Death’s dark angel sheathes his sword; Israel’s hosts triumphant go Through the wave that drowns the foe. Praise we Christ, whose blood was shed, Paschal Victim, paschal Bread; With sincerity and love Eat we Manna from above. Mighty Victim from the sky, Hell’s fierce powers beneath Thee lie; Thou hast conquered in the fight, Thou hast brought us life and light; Now no more can death appall, Now no more the grave enthrall; Thou hast opened Paradise, And in Thee Thy saints shall rise. Paschal triumph, Easter joy, Only sin can this destroy; From sin’s death do Thou set free Souls reborn, O Lord, in Thee. Hymns of glory and of praise, Father, to Thee we raise; Risen Lord, all praise to Thee, Ever with the Spirit be. |
Play |
source: Cyberhymnal |
Pertanyaan-Pertanyaan
-
Ya, sebagaimana akan terlihat dengan membandingkan ayat-ayat berikut:
Sebagai Anak Allah, Mazmur 2:7; digenapi, Lukas 1:32, 35.
Sebagai Keturunan seorang perempuan, Kejadian 3:15; digenapi Galatia 4:4.
Sebagai Keturunan Abrah...
-
Nats dalam Lukas 18:32, 33 tersebut sudah digenapi sepenuhnya. Orang-orang Yahudi mendakwa Yesus di hadapan Pilatus, gubernur Roma, dan Dia diserahkan kepada tentara Romawi lalu dibawa oleh mereka ke Golgota (Kalvari). Tentar...
-
Yohanes disebut sebagai "murid yang dikasihi Yesus" (Yoh. 13:23; 21:7, 20). Sang Juruselamat menyerahkan Maria kepada pemeliharaan Yohanes, sementara Dia tergantung di kayu salib (lih. Yoh. 19:26, 27). Bagaimanapun, banyak ya...
-
Inilah opini sebagian orang yang menulis tentang persoalan ini, termasuk para dokter. Sudah pasti penyaliban tidak membunuh-Nya, karena itu adalah kematian karena kelelahan. Yesus tidak mati karena kehabisan tenaga, sebab kit...
-
Dia jelas adalah istri Zebedeus (bdg. Mat. 27:56 dengan Mrk. 15:40). Menurut pendapat beberapa kritikus modern dia adalah saudara perempuan Maria, ibu Yesus, yang dirujuk dalam Yohanes 19:25, sementara yang lain menganggap ay...
-
Sebagai "tunangan" , maka Yusuf menjadi ayah resmi di hadapan hukum Yahudi, tetapi Alkitab menyatakan secara tegas bahwa Yesus dilahirkan oleh Roh Kudus. Yakobus Muda dan Yoses, adalah anak-anak Salome, saudara perempuan Mari...
-
Sewaktu para prajurit membuang undi atas pakaian Juruselamat (Yoh. 19:24), mereka tidak merencanakan untuk menggenapi nubuat Perjanjian Lama. Mereka barangkali tidak pernah mendengar nubuat itu. Mereka semata-mata merasa kala...
-
Maria yang dibicarakan dalam Perjanjian Baru adalah: Maria ibu Kristus, Maria Magdalena, Maria saudara Lazarus, Maria istri Klopas (Yoh. 19:25) dan Maria ibu Yohanes (Kis. 12:12)....
-
Dari fakta yang para penginjil berikan kepada kita, ada tiga bentuk yang berbeda dari tulisan di salib yang memperdebatkan apakah itu akurat dalam menggambarkan berbagai hal dan peristiwa. Bagaimana pun tidak ada sesuatu di s...
Ilustrasi Khotbah
Resources/Books
Analisa Topikal terhadap Alkitab (Elwell)
-
Kel 12:3-6,46; Bil 9:12; Maz 34:20; Yoh 19:36; 1Ko 5:7...
-
Yoh 19:32-33,36
-
Yoh 19:34,37
-
Mat 4:2; Mat 21:18; Yoh 4:7; Yoh 19:28
-
Mat 26:67; Mat 27:26; Luk 22:64; Luk 23:33; Yoh 19:34; 1Pe 2:21-23...
-
Yoh 19:30; Kis 17:3; 1Ko 15:3; Fili 2:8; Ibr 2:14; 1Pe 3:18; Wah 5:12...
-
Mar 10:21; Yoh 11:5; Yoh 13:1; Yoh 19:26-27
-
Yoh 13:1,3; Yoh 19:30
-
Luk 2:48,51; Yoh 19:25-27
-
Mar 15:40-41; Luk 23:27; Luk 23:49; Yoh 19:25
-
Yoh 1:6-7; Yoh 17:20; Yoh 19:34-35; Kis 2:38,41; Kis 4:2,4; Kis 8:12; Kis 11:21; Kis 14:1; Kis 15:7; Kis 17:32,34; Kis 26:17-18; Rom 1:5; Rom 1:16; Rom 10:8-9; Rom 10:14-15,17; Rom 16:25-26; 1Ko 1:21; 1Ko 15:1-2,11; Gal 1:23;...
Belajar Sendiri Bahasa Yunani (Yoppi)
-
Terdapat dua kategori number dalam bahasa Yunani: tunggal (singular) dan jamak (plural). Kategori lain yang sudah dibatasi penggunaannya selama zaman Yunani klasik adalah dual (bahasa Ibrani menggunakan kategori ketiga ini). ...
-
Kasus genitif mempunyai fungsi yang sangat luas. Tidak kurang dari sepuluh fungsi ditemukan dalam PB.
a. Kualitas, definisi, deskripsi
14:17 το πνευμα τ...
-
Tabel di bawah ini memperlihatkan daftar kata dari sebagian kata benda maskulin deklensi kedua. Penyusunan kata dilakukan berdasarkan kekerapannya muncul dalam PB. Jadi, 20 kata di bawah ini merupakan kata-kata benda maskulin...
-
Kata benda berakhiran -ος
Maskulin: 20 kata (lanjutan)
...
-
Kata benda berakhiran -η
Feminin: 20 kata
Pada latihan ini dan selanjutnya, kata-kata yang sudah dibahas pada pokok bahasan sebelumnya (deklensi II) tetap akan...
-
Kata benda yang kata dasarnya berakhir dengan konsonan
Model 1: kata dasarnya berakhir dengan -ματ
Neuter: 22 kata Genitif.: _ος
...
-
6:10 .... αvνεπεσαν ουν οι ανδρες τον αvριθμον ως πεντακισχιλιοι.
... Maka duduklah orang-orang itu, kira-kira lima ribu laki-laki banyaknya.
...
-
Kata benda yang kata dasarnya berakhir dengan konsonan
Model 1
Maskulin: 8 kata
...
-
Kata ganti refleksif, resiprok dan relatif: 7 kata
εvμαυ...
-
Proper preposition adalah kata depan yang dapat digabungkan pada kata kerja. Namun sifat dan fungsi penggabungan ini baru akan dibahas pada Buku II mengenai Kata Kerja. Di sini hanya akan dipaparkan penggunaan jenis kata depa...
-
Kata sifat dengan tiga pola deklensi
Bagian I: 20 kata
...
-
Kata sifat dengan tiga pola deklensi (lanjutan)
Bagian I: 20 kata
...
-
Penggunaan: inferensial (seperti fungsi οτι, διοτι, dan sebagian fungsi Ινα atau γαρ).
19:31 Οι ουνΊουδαιοι, εvπει. παρασκευη ην, ....
...
-
Penggunaan 1: ukuran dan perbandingan
19:39 .... φερων μιγμα σμυρνης και αvλοης ως λιτρας εκατον.
....Ia membawa cam...
-
Keterangan waktu dan frekuensi: 23 kata
νυν
...
-
Voice atau diatesis adalah kategori gramatikal yang menunjukkan hubungan antara subyek atau partisipan (substantif yang berhubungan dengan suatu peristiwa, dapat berupa pelaku, tujuan, alat) dan predikat verbal dalam sebuah k...
-
Kata kerja yang berakhir dengan _αω: 26 kata
αvγαλλι...
-
19:34 αvλλV εις των στρατιωτων λογχη αυvτου την πλευραν ενυξεν,
και εvξηλθεν ευvθυς αιμα και υδωρ.
...
-
Jumlah kata: 24 kata
Kata kerja yang berakhir dengan _λω: 14 kata
...
-
Semua kata di bawah ini sudah kita pelajari pada bab-bab sebelumnya. Mereka didaftarkan lagi di sini karena memiliki bentuk aorist aktif kedua.
...
-
Berikut ini diberikan daftar kerja yang sudah kita kenal, yang bentuk indikatif perfect atau pluperfect aktif-nya muncul dalam PB. Kata kerja lain yang juga muncul adalah kata kerja deponen dan kata kerja -μι yang belum kit...
-
Middle voice memiliki nilai semantik yang paling besar di antara voice yang lain. Terjemahan middle voice seringkali sama dengan active voice. Beberapa kata yang memiliki arti yang berbeda antara middle dan aktif diberikan pa...
-
Indikatif perfect middle (hanya muncul di 4 ayat dalam PB)
_ Informasi seperti ini hanya akan diberikan untuk kemunculan kurang dari 100 ayat.
εvπικεκλη...
-
Indikatif perfect middle (hanya muncul di 4 ayat dalam PB)
_ Informasi seperti ini hanya akan diberikan untuk kemunculan kurang dari 100 ayat.
εvπικεκλη...
-
Future middle
1
...
-
Indikatif aorist middle
αvνειλατο dari αvναιρε...
-
Total: 25 kata
Bagian I: 13 kata
...
-
Modus imperatif digunakan untuk mengarahkan tindakan seseorang. Modus ini muncul dalam tiga bentuk tenses: present, aorist dan perfect. Teori lama yang menyatakan bahwa imperatif aorist mengarahkan suatu obyek untuk melakukan...
-
Imperatif present aktif
1
...
-
Subjunktif aorist aktif
1
...
-
Partisip present aktif
Kata kerja -ω
...
-
Bacalah 19:1-16a. Carilah dan tandai bentuk partisip present dari kata-kata kerja yang sudah Anda kenal dari daftar kosakata.
-
Bacalah 19:16b-42. Carilah dan tandai bentuk partisip aorist dari kata-kata kerja yang sudah Anda kenal dari daftar kosakata.
-
Partisip perfect aktif
Kata kerja -ω
Kosakata lihat di atas (A.1.a).
...
-
Partisip present
δαιμονιζομενου dari δαιμο...