kecilkan semua  

Teks -- 2 Samuel 15:1-37 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Absalom mengadakan persepakatan gelap
15:1 Sesudah itu Absalom menyediakan baginya sebuah kereta serta kuda dan lima puluh orang yang berlari di depannya. 15:2 Maka setiap pagi berdirilah Absalom di tepi jalan yang menuju pintu gerbang. Setiap orang yang mempunyai perkara dan yang mau masuk menghadap raja untuk diadili perkaranya, orang itu dipanggil Absalom dan ditanyai: "Dari kota manakah engkau?" Apabila ia menjawab: "Hambamu ini datang dari suku Israel anu," 15:3 maka berkatalah Absalom kepadanya: "Lihat, perkaramu itu baik dan benar, tetapi dari pihak raja tidak ada seorangpun yang mau mendengarkan engkau." 15:4 Lagi kata Absalom: "Sekiranya aku diangkat menjadi hakim di negeri ini! Maka setiap orang yang mempunyai perkara atau pertikaian hukum boleh datang kepadaku, dan aku akan menyelesaikan perkaranya dengan adil." 15:5 Apabila seseorang datang mendekat untuk sujud menyembah kepadanya, maka diulurkannyalah tangannya, dipegangnya orang itu dan diciumnya. 15:6 Cara yang demikianlah diperbuat Absalom kepada semua orang Israel yang mau masuk menghadap untuk diadili perkaranya oleh raja, dan demikianlah Absalom mencuri hati orang-orang Israel. 15:7 Sesudah lewat empat tahun bertanyalah Absalom kepada raja: "Izinkanlah aku pergi, supaya di Hebron aku bayar nazarku, yang telah kuikrarkan kepada TUHAN. 15:8 Sebab hambamu ini, ketika masih tinggal di Gesur, di Aram, telah bernazar, demikian: Jika TUHAN sungguh-sungguh memulangkan aku ke Yerusalem, maka aku akan beribadah kepada TUHAN." 15:9 Lalu berkatalah raja kepadanya: "Pergilah dengan selamat." Maka berkemaslah Absalom dan pergi ke Hebron. 15:10 Dalam pada itu Absalom telah mengirim utusan-utusan rahasia kepada segenap suku Israel dengan pesan: "Segera sesudah kamu mendengar bunyi sangkakala, berserulah: Absalom sudah menjadi raja di Hebron!" 15:11 Beserta Absalom turut pergi dua ratus orang dari Yerusalem, orang-orang undangan yang turut pergi tanpa curiga dan tanpa mengetahui apapun tentang perkara itu. 15:12 Ketika Absalom hendak mempersembahkan korban, disuruhnya datang Ahitofel, orang Gilo itu, penasihat Daud, dari Gilo, kotanya. Demikianlah persepakatan gelap itu menjadi kuat, dan makin banyaklah rakyat yang memihak Absalom.
Daud melarikan diri dari Yerusalem
15:13 Lalu datanglah seseorang mengabarkan kepada Daud, katanya: "Hati orang Israel telah condong kepada Absalom." 15:14 Kemudian berbicaralah Daud kepada semua pegawainya yang ada bersama-sama dengan dia di Yerusalem: "Bersiaplah, marilah kita melarikan diri, sebab jangan-jangan kita tidak akan luput dari pada Absalom. Pergilah dengan segera, supaya ia jangan dapat lekas menyusul kita, dan mendatangkan celaka atas kita dan memukul kota ini dengan mata pedang!" 15:15 Para pegawai raja berkata kepada raja: "Terserah kepada tuanku raja! Hamba-hambamu ini siap!" 15:16 Lalu keluarlah raja dan seisi rumahnya mengiringi dia; sepuluh orang gundik ditinggalkan raja untuk menunggui istana. 15:17 Maka keluarlah raja dan seluruh orang-orangnya mengiringi dia. Dekat rumah yang terakhir mereka berhenti 15:18 sedang semua pegawainya berjalan melewatinya, juga semua orang Kreti dan semua orang Pleti. Juga semua orang Gat, enam ratus orang banyaknya, yang mengiringi dia sejak dari Gat, berjalan melewati raja. 15:19 Lalu bertanyalah raja kepada Itai, orang Gat itu: "Mengapa pula engkau berjalan beserta kami? Pulanglah dan tinggallah bersama-sama raja, sebab engkau orang asing, lagipula engkau orang buangan dari tempat asalmu. 15:20 Baru kemarin engkau datang, masakan pada hari ini aku akan membawa engkau mengembara bersama-sama kami, padahal aku harus pergi entah ke mana. Pulanglah dan bawalah juga saudara-saudaramu pulang; mudah-mudahan TUHAN menunjukkan kasih dan setia kepadamu!" 15:21 Tetapi Itai menjawab raja: "Demi TUHAN yang hidup, dan demi hidup tuanku raja, di mana tuanku raja ada, baik hidup atau mati, di situ hambamu juga ada." 15:22 Lalu berkatalah Daud kepada Itai: "Jika demikian, berjalanlah lewat." Kemudian lewatlah Itai, orang Gat itu, bersama-sama dengan semua orangnya dan semua anak yang menyertai dia. 15:23 Seluruh negeri menangis dengan suara keras, ketika seluruh rakyat berjalan lewat. Raja menyeberangi sungai Kidron dan seluruh rakyat berjalan ke arah padang gurun. 15:24 Dan lihat, juga Zadok ada di sana beserta semua orang Lewi pengangkat tabut perjanjian Allah. Mereka meletakkan tabut Allah itu -- juga Abyatar ikut datang -- sampai seluruh rakyat dari kota selesai menyeberang. 15:25 Lalu berkatalah raja kepada Zadok: "Bawalah tabut Allah itu kembali ke kota; jika aku mendapat kasih karunia di mata TUHAN, maka Ia akan mengizinkan aku kembali, sehingga aku akan melihatnya lagi, juga tempat kediamannya. 15:26 Tetapi jika Ia berfirman, begini: Aku tidak berkenan kepadamu, maka aku bersedia, biarlah dilakukan-Nya kepadaku apa yang baik di mata-Nya." 15:27 Lagi berkatalah raja kepada Zadok, imam itu: "Jadi, engkau dan Abyatar, pulanglah ke kota dengan selamat beserta anakmu masing-masing, yakni Ahimaas anakmu dan Yonatan, anak Abyatar. 15:28 Ketahuilah, aku akan menanti di dekat tempat-tempat penyeberangan ke padang gurun, sampai ada kabar dari kamu untuk memberitahu aku." 15:29 Lalu Zadok dan Abyatar membawa tabut Allah itu kembali ke Yerusalem dan tinggallah mereka di sana. 15:30 Daud mendaki bukit Zaitun sambil menangis, kepalanya berselubung dan ia berjalan dengan tidak berkasut. Juga seluruh rakyat yang bersama-sama dengan dia masing-masing berselubung kepalanya, dan mereka mendaki sambil menangis. 15:31 Ketika kepada Daud dikabarkan, demikian: "Ahitofel ada di antara orang-orang yang bersepakat dengan Absalom," maka berkatalah Daud: "Gagalkanlah kiranya nasihat Ahitofel itu, ya TUHAN." 15:32 Ketika Daud sampai ke puncak, ke tempat orang sujud menyembah kepada Allah, maka datanglah Husai, orang Arki, mendapatkan dia dengan jubah yang terkoyak dan dengan tanah di atas kepala. 15:33 Berkatalah Daud kepadanya: "Jika engkau turut dengan aku, maka engkau menjadi beban kepadaku nanti, 15:34 tetapi jika engkau kembali ke kota dan berkata kepada Absalom: Aku ini hambamu, ya raja, sejak dahulu aku hamba ayahmu, tetapi sekarang aku menjadi hambamu, -- dengan demikian engkau dapat membatalkan nasihat Ahitofel demi aku. 15:35 Bukankah Zadok dan Abyatar, imam-imam itu, ada bersama-sama engkau di sana? Jadi segala yang kaudengar dari dalam istana raja, haruslah kauberitahukan kepada Zadok dan Abyatar, imam-imam itu. 15:36 Ingatlah, di sana bersama-sama dengan mereka ada kedua anak mereka, Ahimaas anak Zadok dan Yonatan anak Abyatar; dengan perantaraan mereka haruslah kamu kirimkan kepadaku segala hal yang kamu dengar." 15:37 Dan tibalah Husai, sahabat Daud, di Yerusalem tepat pada waktu Absalom masuk ke kota itu.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Absalom the son of David and Maacah
 · Abyatar a son of Ahimelech; a high priest and counselor of David,son of Ahimelech (Ahitub I Ithamar Aaron); counselor of David
 · Ahimaas father of Ahinoam the wife of Saul,a chief priest; son of Zadok I,son-in-law and food collection officer (Naphtali) of Solomon
 · Ahitofel a man from Giloh; father of Eliam, the father of Bathsheba
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · anak-anak Lewi members of the tribe of Levi
 · Aram the country to the north of Palestine,a country of north western Mesopotamia
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · bangsa Kreti a tribe of Philistines in southern Canaan (YC),officers who formed part of David's guard
 · bani Lewi members of the tribe of Levi
 · Daud a son of Jesse of Judah; king of Israel,son of Jesse of Judah; king of Israel
 · Gat a town of the Anakim and Philistines in Judah 12 km south. of Ekron
 · Gesur a town and nation
 · Gilo a town in the hill country of Judah 10 km NW of Jerusalem
 · Hebron a valley and town of Judah 25 km west of the dead sea,son of Kohath son of Levi,son of Mareshah of Judah
 · Husai father of Baana, Solomon's man for food from Asher and Bealoth
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Itai a Gittite man who joined David just before Absalom's rebellion,son of Ribai of Gibeah in Benjamin; one of David's elite
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · kaum-kaum Lewi members of the tribe of Levi
 · kaum-kaum suku Lewi members of the tribe of Levi
 · Kidron a brook and its valley,a brook and valley between Jerusalem and the Mt. of Olives
 · Lewi relating to Levi and the priesthood given to him,a tribal name describing people and ceremonies as sacred
 · Mesopotamia the country between the Tigris and Euphrates rivers,the region between (and around) the Tigris and Euphrates Rivers
 · orang Aram members of the nation of Syria
 · orang Gat resident(s) of the town of Gath
 · orang Gilo a resident of the town of Giloh
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang Kreti a tribe of Philistines in southern Canaan (YC),officers who formed part of David's guard
 · orang Lewi member of the tribe of Levi


Topik/Tema Kamus: Absalom | Daud | Abyatar | Samuel | Ahitofel | Husai | Bujuk, Bujukan | Hukum Dan Pembinaan Hukum | Bijaksana, Kebijaksanaan | Orang Fasik | Kidron | Sidang, Persidangan Pengadilan | Raja | Pintu Gerbang | Pakaian | Tidak Berterima Kasih | Sepatu (Kasut) | Serah, Penyerahan Diri | Tabut Perjanjian | Suku Yehuda | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: 2Sam 15:6 - ABSALOM MENCURI HATI ORANG-ORANG ISRAEL. Nas : 2Sam 15:6 Absalom berkomplot selama empat tahun untuk merebut takhta dari ayahnya, dan rakyat makin banyak yang berbalik melawan Daud (ayat 2...

Nas : 2Sam 15:6

Absalom berkomplot selama empat tahun untuk merebut takhta dari ayahnya, dan rakyat makin banyak yang berbalik melawan Daud (ayat 2Sam 15:1-15). Keberhasilan Absalom menunjukkan bahwa Daud, karena dosa dan kegagalannya mengatur rumah tangga sendiri, kurang dihormati lagi oleh rakyatnya. Kemampuan untuk memimpin, yang dahulu didasarkan pada kesetiaan yang tekun kepada Allah, kini sudah memudar karena dosa dan reputasinya yang tercemar.

Full Life: 2Sam 15:14 - BERSIAPLAH, MARILAH KITA MELARIKAN DIRI. Nas : 2Sam 15:14 Daud terpaksa melarikan diri dari putranya sendiri yang kini berusaha untuk membunuhnya dan memperoleh takhta. Daud meninggalkan Y...

Nas : 2Sam 15:14

Daud terpaksa melarikan diri dari putranya sendiri yang kini berusaha untuk membunuhnya dan memperoleh takhta. Daud meninggalkan Yerusalem "sambil menangis" (ayat 2Sam 15:30). Mungkin sekali Daud ingat akan dosanya dan mengerti bahwa pelariannya menjadi bagian dari hukuman Allah (bd. 2Sam 12:9-12; 16:10-11). Kini Daud sebagai seorang pelarian yang malu, dengan rendah hati menerima tindakan Allah terhadap dirinya (ayat 2Sam 15:25-26; bd. 2Sam 16:9-13).

BIS: 2Sam 15:7 - empat Beberapa terjemahan kuno: empat; Ibrani: empat puluh.

Beberapa terjemahan kuno: empat; Ibrani: empat puluh.

BIS: 2Sam 15:8 - di Hebron Sebuah terjemahan kuno: di Hebron; tak ada kata-kata itu dalam naskah Ibrani.

Sebuah terjemahan kuno: di Hebron; tak ada kata-kata itu dalam naskah Ibrani.

BIS: 2Sam 15:18 - berdiri Kemungkinan besar artinya berdiri; Ibrani: lewat.

Kemungkinan besar artinya berdiri; Ibrani: lewat.

BIS: 2Sam 15:20 - semoga TUHAN mengasihimu dan setia kepadamu Sebuah terjemahan kuno: semoga TUHAN mengasihimu dan setia kepadamu; Ibrani: kasih dan setia.

Sebuah terjemahan kuno: semoga TUHAN mengasihimu dan setia kepadamu; Ibrani: kasih dan setia.

BIS: 2Sam 15:24 - diletakkan Kemungkinan besar artinya: diletakkan; Ibrani: dituangkan.

Kemungkinan besar artinya: diletakkan; Ibrani: dituangkan.

BIS: 2Sam 15:27 - -- Beberapa terjemahan kuno: kepada Zadok, "Ajaklah ..." Ibrani: kepada Zadok, "Engkaukah petenung? Ajaklah ...".

Beberapa terjemahan kuno: kepada Zadok, "Ajaklah ..." Ibrani: kepada Zadok, "Engkaukah petenung? Ajaklah ...".

BIS: 2Sam 15:31 - diberitahukan kepada Daud Sebuah terjemahan kuno: diberitahukan kepada Daud; Ibrani: Daud memberitahukan.

Sebuah terjemahan kuno: diberitahukan kepada Daud; Ibrani: Daud memberitahukan.

Jerusalem: 2Sam 9:1--20:22 - -- Bab 9-20 yang diteruskan dalam 1Ra 1-2 berasal dari sebuah kisah indah yang dipakai oleh penyusun kitab Samuel dengan tidak banyak mengolahnya. Nubuat...

Bab 9-20 yang diteruskan dalam 1Ra 1-2 berasal dari sebuah kisah indah yang dipakai oleh penyusun kitab Samuel dengan tidak banyak mengolahnya. Nubuat Natan, bab 7, barangkali berperan sebagai kata pendahuluan kisah itu. Diceriterakan bagaimana jabatan raja dari Daud beralih kepada Salomo, meskipun masih ada keturunan Saul, yaitu Meribaal, bab 9 dan meskipun ada perlawanan dari pihak Seba, bab 20 dan kendati hal ihwal keluarga raja yang menyedihkan, yakni: zinah Daud dengan Batsyeba dan kelahiran Salomo, bab 10-12, pembunuhan atas diri Amnon, bab 13, pemberontakan Absalom, bab 15-18, dan persekongkolan Adonia, 1Ra 1-2.

Jerusalem: 2Sam 13:1--20:22 - -- Dalam drama keluarga Daud ini Absalomlah yang menjadi pelaku utama. Ia membunuh kakaknya, Amnon dan memberontak terhadap ayahnya. Drama keluarga itupu...

Dalam drama keluarga Daud ini Absalomlah yang menjadi pelaku utama. Ia membunuh kakaknya, Amnon dan memberontak terhadap ayahnya. Drama keluarga itupun menyebabkan serangkaian kemelut politik yang memperlihatkan keterangan yang ada dalam kerajaan Daud dan yang membahayakan masa depan kerajaan itu.

Jerusalem: 2Sam 15:1 - menyediakan baginya Perlengkapan kerajaan itu cukup memperlihatkan maksud Absalom, meskipun Daud rupanya tidak memperdulikannya. Dengan tindakan yang berikut, 2Sa 15:2 ds...

Perlengkapan kerajaan itu cukup memperlihatkan maksud Absalom, meskipun Daud rupanya tidak memperdulikannya. Dengan tindakan yang berikut, 2Sa 15:2 dst, Absalom mencari hati rakyat, khususnya hati suku-suku di bagian utara negeri (Israel) yang tidak pernah dengan sebulat hati menerima orang Yehuda, Daud, sebagai rajanya. Absalom sendiri hanya setengah orang Yehuda, sebab ibunya adalah puteri raja Gesyur, 2Sa 3:3. Lih 2Sa 19:42 dst.

Jerusalem: 2Sam 15:2 - suku Israel Ialah suku-suku di bagian utara. Absalom memanfaatkan ketegangan tersembunyi yang ada antara Yehuda dan suku-suku di utara itu.

Ialah suku-suku di bagian utara. Absalom memanfaatkan ketegangan tersembunyi yang ada antara Yehuda dan suku-suku di utara itu.

Jerusalem: 2Sam 15:7 - empat tahun Ini menurut beberapa naskah terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis: empat puluh tahun

Ini menurut beberapa naskah terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis: empat puluh tahun

Jerusalem: 2Sam 15:7 - di Hebron Setelah mendapat dukungan secukupnya dari pihak suku-suku di bagian utara negeri. Absalom mencari dukungan pada suku Yehuda juga. Kota Hebron, bekas k...

Setelah mendapat dukungan secukupnya dari pihak suku-suku di bagian utara negeri. Absalom mencari dukungan pada suku Yehuda juga. Kota Hebron, bekas kediaman raja Daud, 2Sa 2:1 dst, mungkin merasa kurang senang terhadap Daud karena memindahkan kediamannya ke Yerusalem.

Jerusalem: 2Sam 15:12 - Ahitofel Orang kepercayaan Daud ini adalah nenek Batsyeba, 2Sa 23:34; 11:3. Mungkin Ahitofel menaruh dendam terhadap Daud karena berzinah dengan puterinya dan ...

Orang kepercayaan Daud ini adalah nenek Batsyeba, 2Sa 23:34; 11:3. Mungkin Ahitofel menaruh dendam terhadap Daud karena berzinah dengan puterinya dan membunuh suaminya, Uria.

Jerusalem: 2Sam 15:14 - Pergilah dengan segera Jauhnya Hebron dari Yerusalem hanya 36 km, sehingga beberapa jam cukup untuk sampai di Yerusalem. Karenanya orang harus tergesa-gesa

Jauhnya Hebron dari Yerusalem hanya 36 km, sehingga beberapa jam cukup untuk sampai di Yerusalem. Karenanya orang harus tergesa-gesa

Jerusalem: 2Sam 15:14 - dengan mata pedang Ternyata Daud masih menaruh pengharapan bahwa pemberontakan dapat digagalkan. Sebab ia meninggalkan sejumlah pendukungnya di kota, 2Sa 15:27 dst, 2Sa ...

Ternyata Daud masih menaruh pengharapan bahwa pemberontakan dapat digagalkan. Sebab ia meninggalkan sejumlah pendukungnya di kota, 2Sa 15:27 dst, 2Sa 15:34 dst. tetapi karena terjepit antara pemberontak di sebelah utara dan pemberontakan di sebelah selatan. Daud mengambil siasat mengundurkan diri.

Jerusalem: 2Sam 15:20 - mudah-mudahan TUHAN menunjukkan Ini ditambahkan menurut terjemahan Yunani, sebab hilang dari naskah Ibrani.

Ini ditambahkan menurut terjemahan Yunani, sebab hilang dari naskah Ibrani.

Jerusalem: 2Sam 15:23-24 - -- Ayat-ayat ini dalam naskah Ibrani rusak. Terjemahannya dikira-kirakan saja.

Ayat-ayat ini dalam naskah Ibrani rusak. Terjemahannya dikira-kirakan saja.

Jerusalem: 2Sam 15:27 - dan Abyatar Rupanya kata-kata ini hilang dari naskah Ibrani. Ditambahkan supaya kalimat cocok dengan yang berikut.

Rupanya kata-kata ini hilang dari naskah Ibrani. Ditambahkan supaya kalimat cocok dengan yang berikut.

Jerusalem: 2Sam 15:30 - kepalanya berselubung... tidak berkasut Demikianlah adat berkabung, 2Sa 19:4; Yeh 24:17, tetapi juga menjadi tanda-tanda kesedihan hati, bak Yer 14:3 dst; Est 6:12; Mik 1:8.

Demikianlah adat berkabung, 2Sa 19:4; Yeh 24:17, tetapi juga menjadi tanda-tanda kesedihan hati, bak Yer 14:3 dst; Est 6:12; Mik 1:8.

Jerusalem: 2Sam 15:31 - kepada Daud dikabarkan Ini menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis: Daud mengabarkan.

Ini menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis: Daud mengabarkan.

Jerusalem: 2Sam 15:32 - tempat orang sujud menyembah Yang dimaksud barangkali tempat kudus di Nob, 1Sa 21:1+

Yang dimaksud barangkali tempat kudus di Nob, 1Sa 21:1+

Jerusalem: 2Sam 15:32 - orang Arki Terjemahan Yunani menambah: sahabat Daud, bdk 2Sa 15:37.

Terjemahan Yunani menambah: sahabat Daud, bdk 2Sa 15:37.

Jerusalem: 2Sam 15:37 - sahabat Daud "Sahabat raja" adalah gelar pegawai istana tertentu.

"Sahabat raja" adalah gelar pegawai istana tertentu.

Ende: 2Sam 15:1 - -- Iringan keradjaan itu tjukup menampakkan maksud Absjalom, meskipun tidak dilihat Dawud, rupanja! Dengan tindakan jang berikut Absjalom mentjari kepopu...

Iringan keradjaan itu tjukup menampakkan maksud Absjalom, meskipun tidak dilihat Dawud, rupanja! Dengan tindakan jang berikut Absjalom mentjari kepopuleran pada suku2 Israil jang bersaingan dengan Juda (suku Dawud). Dibelakang seluruh pemberontakan Absjalom terletak persaingan antarsuku tadi.

Ende: 2Sam 15:2 - -- Pengadilan diadakan pagi2 oleh radja didepan pintu-gerbang, jang agak lebar, atau dilapangan didepan pintu-gerbang itu.

Pengadilan diadakan pagi2 oleh radja didepan pintu-gerbang, jang agak lebar, atau dilapangan didepan pintu-gerbang itu.

Ende: 2Sam 15:9 - -- Absjalom mulai pemberontakannja di Hebron bekas residensi Dawud. Mungkinlah Dawud menimbulkan kesan kurang enak dengan memindahkan residensinja ke Jer...

Absjalom mulai pemberontakannja di Hebron bekas residensi Dawud. Mungkinlah Dawud menimbulkan kesan kurang enak dengan memindahkan residensinja ke Jerusalem.

Ende: 2Sam 15:12 - -- Ahitofel adalah nenek Batsjeba'. Mungkin ia mendendam oleh sebab Dawud berdjinah dengannja.

Ahitofel adalah nenek Batsjeba'. Mungkin ia mendendam oleh sebab Dawud berdjinah dengannja.

Ende: 2Sam 15:14 - -- Hebron letaknja hanja 36 km dari Jerusjalem, hingga tjukup beberapa djam untuk mentjapai ibu-kota.

Hebron letaknja hanja 36 km dari Jerusjalem, hingga tjukup beberapa djam untuk mentjapai ibu-kota.

Ende: 2Sam 15:17 - rumah terachir Terdjemahan ini tidak pasti.

Terdjemahan ini tidak pasti.

Ende: 2Sam 15:19 - -- Itai mengepalai pasukan orang2 asing (Gat), jang diupah Dawud, waktu ia berada dinegeri Felesjet dahulu.

Itai mengepalai pasukan orang2 asing (Gat), jang diupah Dawud, waktu ia berada dinegeri Felesjet dahulu.

Ende: 2Sam 15:20 - saudara2 Itai ialah pasukannja dari Gat tadi.

Itai ialah pasukannja dari Gat tadi.

Ende: 2Sam 15:27 - Adakah engkau pelihat Maknanja tidak terang, seringkali diperbaiki.

Maknanja tidak terang, seringkali diperbaiki.

Ende: 2Sam 15:30 - -- Menudung kepala dan berdjalan tanpa kasut adalah anda kesedihan dan perkabungan.

Menudung kepala dan berdjalan tanpa kasut adalah anda kesedihan dan perkabungan.

Ende: 2Sam 15:32 - -- Djadi diatas bukit Zaitun terdapat sebuah tempat sutji (kuil?).

Djadi diatas bukit Zaitun terdapat sebuah tempat sutji (kuil?).

Ende: 2Sam 15:37 - Sahabat adalah gelar pendjawat istana tertentu.

adalah gelar pendjawat istana tertentu.

Endetn: 2Sam 15:7 - empat diperbaiki menurut satu naskah terdjemahan Junani (Luc.) dan terdjemahan Syriah. Tertulis: "empat puluh".

diperbaiki menurut satu naskah terdjemahan Junani (Luc.) dan terdjemahan Syriah. Tertulis: "empat puluh".

Endetn: 2Sam 15:12 - (dia hadir) ditambahkan.

ditambahkan.

Endetn: 2Sam 15:19 - dari diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Latin (Vlg.). Tertulis: "di".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Latin (Vlg.). Tertulis: "di".

Endetn: 2Sam 15:20 - (dan semoga ... dst) Diambil dari terdjemahan Junani.

Diambil dari terdjemahan Junani.

Endetn: 2Sam 15:23 - -- Beberapa kata (dan seluruh rakjat berpawai) ditinggalkan.

Beberapa kata (dan seluruh rakjat berpawai) ditinggalkan.

Endetn: 2Sam 15:23 - berdiri diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "menjeberang".

diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "menjeberang".

Endetn: 2Sam 15:23 - -- Satu kata naskah Hibrani (petundjuk objekt) ditinggalkan.

Satu kata naskah Hibrani (petundjuk objekt) ditinggalkan.

Endetn: 2Sam 15:24 - membubuh ... pada diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "membentangkan (menempatkan) ... dan Ebjatar menjampaikan kurban".

diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "membentangkan (menempatkan) ... dan Ebjatar menjampaikan kurban".

Endetn: 2Sam 15:31 - diberitahukan kepada diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "(Dawud) memberitahukan".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "(Dawud) memberitahukan".

Endetn: 2Sam 15:34 - seri diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "aku".

diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "aku".

Ref. Silang FULL: 2Sam 15:1 - Sesudah itu // sebuah kereta · Sesudah itu: 2Sam 12:11; 2Sam 12:11 · sebuah kereta: 1Sam 8:11; 1Sam 8:11

· Sesudah itu: 2Sam 12:11; [Lihat FULL. 2Sam 12:11]

· sebuah kereta: 1Sam 8:11; [Lihat FULL. 1Sam 8:11]

Ref. Silang FULL: 2Sam 15:2 - pintu gerbang · pintu gerbang: Kej 23:10; Kej 23:10; 2Sam 19:8

· pintu gerbang: Kej 23:10; [Lihat FULL. Kej 23:10]; 2Sam 19:8

Ref. Silang FULL: 2Sam 15:3 - mendengarkan engkau · mendengarkan engkau: Ams 12:2

· mendengarkan engkau: Ams 12:2

Ref. Silang FULL: 2Sam 15:4 - di negeri · di negeri: Hak 9:29

· di negeri: Hak 9:29

Ref. Silang FULL: 2Sam 15:6 - mencuri hati · mencuri hati: Rom 16:18

· mencuri hati: Rom 16:18

Ref. Silang FULL: 2Sam 15:8 - di Gesur // telah bernazar · di Gesur: 2Sam 3:3; 2Sam 3:3 · telah bernazar: Kej 28:20; Kej 28:20

· di Gesur: 2Sam 3:3; [Lihat FULL. 2Sam 3:3]

· telah bernazar: Kej 28:20; [Lihat FULL. Kej 28:20]

Ref. Silang FULL: 2Sam 15:10 - bunyi sangkakala · bunyi sangkakala: 1Raj 1:34,39; 2Raj 9:13

· bunyi sangkakala: 1Raj 1:34,39; 2Raj 9:13

Ref. Silang FULL: 2Sam 15:12 - datang Ahitofel // itu, penasihat // dari Gilo // makin banyaklah · datang Ahitofel: 2Sam 15:31,34; 2Sam 16:15,23; 17:14; 23:34; 1Taw 27:33 · itu, penasihat: Ayub 19:14; Mazm 41:10; 55:14; Yer 9:4 &midd...

· datang Ahitofel: 2Sam 15:31,34; 2Sam 16:15,23; 17:14; 23:34; 1Taw 27:33

· itu, penasihat: Ayub 19:14; Mazm 41:10; 55:14; Yer 9:4

· dari Gilo: Yos 15:51

· makin banyaklah: Mazm 3:2

Ref. Silang FULL: 2Sam 15:14 - melarikan diri // pada Absalom · melarikan diri: 1Raj 2:26; Mazm 132:1; Mazm 3:1 · pada Absalom: 2Sam 19:9

· melarikan diri: 1Raj 2:26; Mazm 132:1; Mazm 3:1

· pada Absalom: 2Sam 19:9

Ref. Silang FULL: 2Sam 15:16 - orang gundik · orang gundik: 2Sam 16:21-22; 20:3

· orang gundik: 2Sam 16:21-22; 20:3

Ref. Silang FULL: 2Sam 15:18 - orang Kreti · orang Kreti: 1Sam 30:14; 1Sam 30:14; 2Sam 20:7,23; 1Raj 1:38,44; 1Taw 18:17

· orang Kreti: 1Sam 30:14; [Lihat FULL. 1Sam 30:14]; 2Sam 20:7,23; 1Raj 1:38,44; 1Taw 18:17

Ref. Silang FULL: 2Sam 15:19 - kepada Itai // orang asing · kepada Itai: 2Sam 18:2 · orang asing: Kej 31:15; Kej 31:15

· kepada Itai: 2Sam 18:2

· orang asing: Kej 31:15; [Lihat FULL. Kej 31:15]

Ref. Silang FULL: 2Sam 15:20 - engkau mengembara // dan setia · engkau mengembara: 1Sam 22:2; 1Sam 22:2 · dan setia: 2Sam 2:6

· engkau mengembara: 1Sam 22:2; [Lihat FULL. 1Sam 22:2]

· dan setia: 2Sam 2:6

Ref. Silang FULL: 2Sam 15:21 - juga ada · juga ada: Rut 1:16-17; Ams 17:17

· juga ada: Rut 1:16-17; Ams 17:17

Ref. Silang FULL: 2Sam 15:23 - suara keras // sungai Kidron // sungai Kidron · suara keras: 1Sam 11:4; Ayub 2:12 · sungai Kidron: 1Raj 2:37; 2Raj 23:12; 2Taw 15:16; 29:16; 30:14; Yer 31:40 · sungai Kidron: ...

· suara keras: 1Sam 11:4; Ayub 2:12

· sungai Kidron: 1Raj 2:37; 2Raj 23:12; 2Taw 15:16; 29:16; 30:14; Yer 31:40

· sungai Kidron: Yoh 18:1

Ref. Silang FULL: 2Sam 15:24 - juga Zadok // pengangkat tabut // juga Abyatar · juga Zadok: 2Sam 8:17; 2Sam 8:17; 2Sam 19:11 · pengangkat tabut: Bil 4:15; Bil 10:33; Bil 10:33; 1Raj 2:26 · juga Abyatar: 1...

· juga Zadok: 2Sam 8:17; [Lihat FULL. 2Sam 8:17]; 2Sam 19:11

· pengangkat tabut: Bil 4:15; Bil 10:33; [Lihat FULL. Bil 10:33]; 1Raj 2:26

· juga Abyatar: 1Sam 22:20; [Lihat FULL. 1Sam 22:20]

Ref. Silang FULL: 2Sam 15:25 - tempat kediamannya · tempat kediamannya: Kel 15:13; Im 15:31; Im 15:31; Mazm 43:3; 46:5; 84:2; 132:7

· tempat kediamannya: Kel 15:13; Im 15:31; [Lihat FULL. Im 15:31]; Mazm 43:3; 46:5; 84:2; 132:7

Ref. Silang FULL: 2Sam 15:26 - di mata-Nya · di mata-Nya: Hak 10:15; Hak 10:15; 2Sam 22:20

· di mata-Nya: Hak 10:15; [Lihat FULL. Hak 10:15]; 2Sam 22:20

Ref. Silang FULL: 2Sam 15:27 - Zadok, imam // dan Yonatan · Zadok, imam: 1Sam 9:9; 1Sam 9:9 · dan Yonatan: 2Sam 15:36; 2Sam 17:17; 1Raj 1:42

· Zadok, imam: 1Sam 9:9; [Lihat FULL. 1Sam 9:9]

· dan Yonatan: 2Sam 15:36; 2Sam 17:17; 1Raj 1:42

Ref. Silang FULL: 2Sam 15:28 - tempat-tempat penyeberangan · tempat-tempat penyeberangan: 2Sam 17:16

· tempat-tempat penyeberangan: 2Sam 17:16

Ref. Silang FULL: 2Sam 15:30 - sambil menangis // kepalanya · sambil menangis: Bil 25:6; Bil 25:6; Mazm 30:6; Mazm 30:6 · kepalanya: Est 6:12

· sambil menangis: Bil 25:6; [Lihat FULL. Bil 25:6]; Mazm 30:6; [Lihat FULL. Mazm 30:6]

· kepalanya: Est 6:12

Ref. Silang FULL: 2Sam 15:31 - Ahitofel · Ahitofel: 2Sam 15:12; 2Sam 15:12

· Ahitofel: 2Sam 15:12; [Lihat FULL. 2Sam 15:12]

Ref. Silang FULL: 2Sam 15:32 - datanglah Husai // orang Arki // dengan tanah · datanglah Husai: 2Sam 15:37; 2Sam 16:16; 17:5; 1Raj 4:16 · orang Arki: Yos 16:2 · dengan tanah: Yos 7:6; Yos 7:6

· datanglah Husai: 2Sam 15:37; 2Sam 16:16; 17:5; 1Raj 4:16

· orang Arki: Yos 16:2

· dengan tanah: Yos 7:6; [Lihat FULL. Yos 7:6]

Ref. Silang FULL: 2Sam 15:33 - menjadi beban · menjadi beban: 2Sam 19:35

· menjadi beban: 2Sam 19:35

Ref. Silang FULL: 2Sam 15:34 - menjadi hambamu // dapat membatalkan · menjadi hambamu: 2Sam 16:19 · dapat membatalkan: 2Sam 17:14; Ams 11:14

· menjadi hambamu: 2Sam 16:19

· dapat membatalkan: 2Sam 17:14; Ams 11:14

Ref. Silang FULL: 2Sam 15:35 - dalam istana · dalam istana: 2Sam 17:15-16

· dalam istana: 2Sam 17:15-16

Ref. Silang FULL: 2Sam 15:36 - mereka, Ahimaas // dan Yonatan · mereka, Ahimaas: 2Sam 18:19 · dan Yonatan: 2Sam 15:27; 2Sam 15:27; 2Sam 17:17; 1Raj 1:42

· mereka, Ahimaas: 2Sam 18:19

· dan Yonatan: 2Sam 15:27; [Lihat FULL. 2Sam 15:27]; 2Sam 17:17; 1Raj 1:42

Ref. Silang FULL: 2Sam 15:37 - tibalah Husai // waktu Absalom · tibalah Husai: 1Taw 27:33 · waktu Absalom: 2Sam 16:15

· tibalah Husai: 1Taw 27:33

· waktu Absalom: 2Sam 16:15

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: 2Sam 15:1-6 - -- 15:1-6. Absalom memulai sebuah kampanye yang penuh semangat untuk memperoleh janji kesetiaan suku-suku itu. Cara yang dipakai olehnya ialah menjumpai ...

15:1-6. Absalom memulai sebuah kampanye yang penuh semangat untuk memperoleh janji kesetiaan suku-suku itu. Cara yang dipakai olehnya ialah menjumpai orang di pintu gerbang, yaitu ruang pengadilan zaman dahulu, menanyakan kota kelahiran mereka, menunjukkan minat serta kesiapannya dan berharap mereka akan kembali ke tempat tinggal mereka serta menjadi duta Absalom di wilayah itu.

Wycliffe: 2Sam 15:7 - Hebron // Ahitofel, orang Gilo 7. Hebron masih menyimpan dendam terhadap Daud sebab Daud telah memindahkan pusat pemerintahan ke Yerusalem. Kemudian, juga kelompok-kelompok keluarga...

7. Hebron masih menyimpan dendam terhadap Daud sebab Daud telah memindahkan pusat pemerintahan ke Yerusalem. Kemudian, juga kelompok-kelompok keluarga yang ada di Negeb, yang jasa baik mereka telah memungkinkan Daud naik takhta, iri terhadap suku-suku utara - yang kini merupakan mitra yang menonjol dari kerajaan - sebab kuasa dan pengaruh mereka terhadap raja. 12. Ahitofel, orang Gilo. Gilo terletak enam sampai tujuh mil di sebelah barat Laut Hebron. Ahitofel. adalah kakek Batsyeba (11:3; 23:34). Dukungannya pada niat Absalom pada umumnya dikaitkan dengan keinginannya untuk membalas perbuatan Daud yang mempermalukan keluarganya dan juga dengan pembunuhan Uria.

Wycliffe: 2Sam 15:14-15 - Marilah kita melarikan diri 14, 15. Marilah kita melarikan diri. Keputusan Daud untuk meninggalkan Yerusalem merupakan sebuah teka-teki bagi para sejarawan. Ada yang menduga bahw...

14, 15. Marilah kita melarikan diri. Keputusan Daud untuk meninggalkan Yerusalem merupakan sebuah teka-teki bagi para sejarawan. Ada yang menduga bahwa keberaniannya untuk sementara hilang; yang lain beranggapan bahwa Daud memiliki alasan yang kuat dan sah untuk mencurigai kesetiaan penduduknya yang mungkin sebagian besar masih merupakan orang Yebus; yang lain lagi beranggapan bahwa dia ingin penduduk kota itu lolos dari satu pengepungan; dan kelompok yang lain lagi beranggapan bahwa jika terjadi pemberontakan di utara padahal Absalom maju bergerak dari selatan, maka dirinya akan terperangkap di Yerusalem. Kenyataan bahwa para pengikut setia Daud tidak mempersoalkan keputusan tersebut menunjukkan bahwa keputusan itu bukan disebabkan oleh ketidakberanian Daud, namun merupakan hasil perhitungan matang dari seorang ahli strategi militer yang sudah berpengalaman.

Wycliffe: 2Sam 15:18 - Orang Gat 18. Orang Gat. Mereka ini adalah orang-orang yang berkumpul di sekitar Daud pada saat dia melarikan diri dari Saul dan berpindah bersamanya ke Gat. Se...

18. Orang Gat. Mereka ini adalah orang-orang yang berkumpul di sekitar Daud pada saat dia melarikan diri dari Saul dan berpindah bersamanya ke Gat. Sesudah itu mereka tinggal bersama dengan dia di Ziklag dan kemudian terus bersama dengan dia ke Hebron dan Yerusalem. Sangat mungkin mereka merupakan sebuah kelompok elit yang terdiri atas veteran perang yang terlatih baik dan merupakan sejenis pasukan pelindung Daud. Di Yerusalem mereka dikenal sebagai orang Gat.

Wycliffe: 2Sam 15:21 - Hidup atau mati 21. Hidup atau mati. Jawaban Itai sangatlah luar biasa mengingat persoalan Daud itu nyaris tanpa harapan. Itai memiliki rasa terima kasih yang tidak b...

21. Hidup atau mati. Jawaban Itai sangatlah luar biasa mengingat persoalan Daud itu nyaris tanpa harapan. Itai memiliki rasa terima kasih yang tidak bisa dipadamkan terhadap Daud atas segala kebaikannya sebelum ini.

Wycliffe: 2Sam 15:23 - Sungai Kidron 23. Sungai Kidron. Kidron adalah lembah terkenal di timur Yerusalem. Jalan yang mereka tempuh tampaknya merupakan jalan melewati lereng sebelah selata...

23. Sungai Kidron. Kidron adalah lembah terkenal di timur Yerusalem. Jalan yang mereka tempuh tampaknya merupakan jalan melewati lereng sebelah selatan bukit Zaitun, yaitu jalan yang masih dilewati untuk menuju ke Yerikho dan Lembah Yordan.

Wycliffe: 2Sam 15:24 - Zadok 24. Zadok berarti benar. Keluarga imam ini telah menang atas keluarga Abiatar (keturunan imam Eli) pada masa pemerintahan Salomo. Orang-orang Saduki z...

24. Zadok berarti benar. Keluarga imam ini telah menang atas keluarga Abiatar (keturunan imam Eli) pada masa pemerintahan Salomo. Orang-orang Saduki zaman Perjanjian Baru menganggap diri mereka keturunan Zadok.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: 2Sam 15:1-12 - Penguasa bayangan. (Kamis, 02 Juli 1998) Penguasa bayangan. Pintu gerbang kota adalah pusat segala kegiatan di jaman dulu. Ke sanalah Absalom pergi setiap pagi. Dengan terencana rinci, Absalo...

SH: 2Sam 15:13-37 - Iman dan penalaran. (Jumat, 03 Juli 1998) Iman dan penalaran. Ketika Daud menghadapi kenyataan yang membahayakan hidupnya dan keluarganya, dia menggunakan daya penalaran yang jernih! Dia rela ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: 2 Samuel (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak dikenal Tema : Pemerintahan Daud Tanggal Penulisan: Akhir abad ke-10 SM Latar Belakang Karena Kitab 1 dan 2 Sa...

Full Life: 2 Samuel (Garis Besar) Garis Besar I. Keberhasilan Daud yang Luar Biasa Sebagai Raja (2Sam 1:1-10:19) A. Keberhasilan Politik Daud ...

Ende: 2 Samuel (Pendahuluan Kitab) SJEMUEL PENDAHULUAN Kedua kitab Sjemuel mula2 hanjalah satu karja besar, jang malahan dilandjutkan dalan I Radja2. Kesatuan ini njatalah baik dari isi...

Wycliffe: 2 Samuel (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN 2 SAMUEL LIHAT PENDAHULUAN I SAMUEL

Wycliffe: 2 Samuel (Garis Besar) GARIS BESAR 2 SAMUEL LIHAT GARIS BESAR I SAMUEL

BIS: 2 Samuel (Pendahuluan Kitab) II SAMUEL PENGANTAR Buku II Samuel adalah sambungan dari Buku I Samuel. Buku ini memuat sejarah pemerintahan Raja Daud, mula-mula atas Yehuda di seb

II SAMUEL

PENGANTAR

Buku II Samuel adalah sambungan dari Buku I Samuel. Buku ini memuat sejarah pemerintahan Raja Daud, mula-mula atas Yehuda di sebelah selatan Palestina (pasal 1-4 2Sam 1:1-4:12), kemudian atas seluruh negeri, termasuk Israel di sebelah utara (pasal 5-24 2Sam 5:1-24:25). Dalam buku ini diceritakan dengan jelas dan menarik bagaimana Daud berusaha memperluas dan mengukuhkan kedudukannya. Ia harus berperang melawan musuh-musuhnya, baik di dalam maupun di luar negeri. Daud digambarkan sebagai orang yang sangat beriman, taat dan setia kepada Allah, juga sebagai orang yang mampu memperoleh kesetiaan rakyatnya. Tetapi ia digambarkan juga sebagai orang yang dapat bertindak kejam, dan yang tidak segera melakukan dosa-dosa besar semata-mata untuk memenuhi keinginannya dan cita-citanya. Tetapi ketika ia dihadapkan kepada dosa-dosanya oleh Natan, nabi Allah, Daud mengakui dosa-dosanya itu dan dengan rela menerima hukuman dari Allah.

Hidup dan prestasi Daud sangat dikagumi oleh rakyat Israel. Di zaman-zaman kemudian, bilamana ada musibah nasional, dan rakyat merindukan seorang raja, maka yang diinginkan ialah seorang "putra Daud". Artinya, seorang keturunan Daud yang akan bertindak seperti dia.

Isi

  1.  Pemerintahan Daud atas Yehuda
    2Sam 1:1-4:12
  2.  Pemerintahan Daud atas seluruh Israel
    2Sam 5:1-24:25
    1. a. Tahun-tahun pertama
      2Sam 5:1-10:19
    2. b. Daud dan Batsyeba
      2Sam 11:1-12:25
    3. c. Musibah dan kesulitan-kesulitan
      2Sam 12:26-20:26
    4. d. Tahun-tahun kemudian
      2Sam 21:1-24:25

Ajaran: 2 Samuel (Pendahuluan Kitab) Tujuan Lihat I Samuel 07097. Pendahuluan Penulis : Samuel. Isi Kitab: Kitab ini terbagi atas 24 pasal yang menjelaskan tentang Kerajaan

Tujuan

Lihat I Samuel 07097.

Pendahuluan

Penulis : Samuel.

Isi Kitab: Kitab ini terbagi atas 24 pasal yang menjelaskan tentang Kerajaan Israel di bawah pemerintahan raja Daud.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab II Samuel

  1. Pasal 1-10 (2Sam 1:1-10:19).

    Kemenangan-kemenangan Raja Daud

    Ketika Daud mendengar berita kematian Saul, ia sangat sedih sekali. Kemudian bangsa Yehuda mengakui dia sebagai raja, sedang keluarga Saul mengangkat Isyboset sebagai raja sehingga terjadi perang antara keluarga Saul dan keluarga Daud, tetapi karena Tuhan berkenan akan Daud maka Daud menang dan menjadi raja atas seluruh Israel (pasal 2Sam 5:1-12). Kemudian, nabi Natan menyampaikan janji Tuhan kepada Daud bahwa Allah menjadikan kerajaannya sebagai kerajaan yang kekal dan anak Daud akan mendirikan Bait Allah.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 2Sam 1:11-16. Apakah sebabnya Daud sedih? Dan apakah sebabnya Daud tidak mau melawan Saul?
    2. Bacalah pasal 2Sam 8:15. Bagaimanakah pemerintahannya Daud?
  2. Pasal 11-20 (2Sam 11:1-20:26).

    Kesusahan-kesusahan Raja Daud Daud berbuat dosa yaitu berzinah dengan Betsyeba dan membunuh Uria, suami Betsyeba itu, akibatnya nabi Natan menegur Daud dan mulai terjadi kekacauan dalam istana Daud.

    Pendalaman

    1. Apakah tanggapan Daud sebagai raja ketika ia ditegu karena perbuatan dosanya (2Sam 12:9-14)? Dan apakah akibat dosa itu?
    2. Apakah kesusahan demi kesusahan yang datang dalam keluarg Daud disebabkan dosanya membunuh Uria dan berzinah denga istri Uria?
  3. Pasal 21-24 (2Sam 21:1-24:25).

    Keterangan akhir Pasal 21-22; 2Sam 21:1-22:51mengenai nasib anak-anak Saul dan peperangan antara bangsa Filistin dan Israel serta Mazmur karangan Daud. Pasal 23; 2Sam 23:1-39kata-kata terakhir dari Daud dan akhirnya pasal 24; 2Sam 24:1-25tentang gambaran hukum Tuhan terhadap Daud.

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Allah memilih Daud menjadi raja bukan karena ketampanan, ata kegagahannya, tetapi karena ketulusan hatinya kepada Allah.
  2. Melalui kejatuhan Daud ke dalam dosa, mengajarkan bahwa Allah mengampun dosa orang yang mau bertobat. Tetapi akibat dosa itu sendiri harus teta diterima seseorang yang hidup di dunia ini.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Mengapa Allah memilih Daud untuk menggantikan Saul?
  2. Apakah kesan yang saudara dapati dari mempelajari kehidupan Daud?
  3. Apakah akibat dosa yang Daud perbuat?

Intisari: 2 Samuel (Pendahuluan Kitab) Keluarga Daud GARIS KETURUNAN DAUDII Samuel seringkali dianggap sebagai Sejarah Kehidupan Daud. Di dalamnya kita baca tentang keberhasilan, kegagala

Keluarga Daud

GARIS KETURUNAN DAUD
II Samuel seringkali dianggap sebagai Sejarah Kehidupan Daud. Di dalamnya kita baca tentang keberhasilan, kegagalan dan dosa-dosa Daud, khususnya mengenai liku-liku dan perjuangan hidup yang harus dialaminya. Namun, terselip dalam kisah ini suatu janji yang kemudian digenapi di dalam Kristus. Daud bukan saja pilihan Allah pada waktu itu; dia menjadi awal garis keluarga yang akan membawa kepada Sang Penebus sendiri.

MUSUH-MUSUH DAUD
Daud mempunyai karunia besar untuk menjadi pemimpin pasukan militer. Dia menarik "orang-orang perkasa" yang kegagahannya menjadi legenda di zaman mereka. Pada saat ia sudah menguasai seluruh bangsa Israel, ia mengkonsolidasikan kerajaannya dengan mengalahkan negara-negara tetangga yang susah dikendalikan dengan melancarkan serangkaian serangan (2Sa 8:1-14; 10:1-9; 11:1; 12:26-31). Tindakan ini melindungi daerah kekuasaannya dari serangan musuh dan memberinya kekuasaan atas daerah yang lebih luas daripada yang pernah ada sebelumnya.

PEMERINTAHAN DAUD
Sekali-sekali kita membaca siapa yang berkuasa dalam pemerintahan Raja Daud (2Sa 8:15-18; 20:23-26). Kemampuan Absalom untuk menimbulkan ketidakpuasan rakyat (2Sa 15:1-6) menunjukkan bahwa Daud bukanlah orang yang dapat memerintah dengan baik. Walaupun Daud dapat mendorong timbulnya kesetiaan yang sungguh-sungguh, tetapi kenyataan bahwa Absalom dapat menimbulkan perang saudara berarti ada kemungkinan bahwa pada waktu raja mulai tua, ia kehilangan kontrol dalam banyak hal. Sensus yang diadakannya dianggap sebagai suatu kekeliruan sebab hal itu boleh jadi dihubungkan dengan rencana kerja paksa (2Sa 24:1-10), sesuatu yang kemudian dieksploitasi secara kejam oleh anaknya, Salomo.

MASALAH RUMAH TANGGA DAUD
Poligami tidak dilarang dalam Perjanjian Lama, tetapi kisah kehidupan rumah tangga Daud menunjukkan kejelekan-kejelekannya. Pada masa itu mempunyai banyak istri dan gundik serta keluarga besar merupakan simbol status. Namun, keluarga semacam itu dapat menimbulkan bahaya. Setiap anak merupakan calon pewaris takhta, dan jika anak itu keras kepala, ia menjadi ancaman bagi sang ayah. Di samping itu, Daud bukanlah orang-tua yang terbaik. Dia gagal mendisiplin anak-anaknya dan sebagai akibatnya ia harus menanggung derita.

Pesan

1. Kesetiaan Daud.
o Daud digambarkan sebagai orang yang dilindungi dan dipatuhi oleh pasukannya yang rela mengorbankan jiwa bilamana diperlukan. Dia betul-betul adil dalam mengambil keputusan dan selalu ingin melakukan yang terbaik dalam setiap keadaan. Ia akan menghukum orang bersalah dan memberi anugerah kepada yang berhak menerimanya. Di samping itu, ia dapat merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain dan mengerti kesedihan mereka. 2Sa 1:11-27; 3:36; 4:9-12; 15:21; 18:3; 23:13-17.
Apa yang dilakukannya terhadap Mefiboset, anak Saul, yang dapat menjadi musuhnya dan yang oleh rezim lain mungkin sudah dibinasakan, mencerminkan kemurahan Allah terhadap kita. 2Sa 9:1-13
o Daud semata-mata percaya kepada Allah dan bergantung kepada-Nya, dan ini merupakan kunci dari semua keberhasilan yang ia peroleh. Daud selalu berdoa dan memohon pimpinan Tuhan. Selain itu, kita juga melihat bahwa ia secara terbuka menaikkan puji-pujian dan menunjukkan sukacitanya di dalam Tuhan tanpa mempedulikan apa yang akan dikatakan orang lain mengenai dirinya. Daud adalah seorang yang penuh terima kasih, yang selalu menyatakan dan menyanyikan puji-pujian kepada Allah dengan bebas sambil bersaksi bahwa dia adalah dia oleh karena anugerah Allah. 2Sa 2:1; 5:19,23-25; 6:14-23; 15:31; 21:1; 22:1-51.
o Daud mau menerima kelemahan-kelemahannya sendiri dengan rendah hati. Bahkan, pada waktu ia bersalah ia segera menyesali kesalahannya dan meluruskan hubungannya dengan Allah, menerima hukuman Allah tanpa mengeluh. 2Sa 12:13, 15-23; 15:25,26; 16:10-12; 24:10,14,24.

2. Kesalahan-kesalahan Daud.
o Kendati ia adil, Daud sering menemukan kesukaran dalam mendisiplin orang lain. Ia membiarkan Yoab secara terang-terangan melakukan pembunuhan. Ia membiarkan perkosaan Amnon terhadap saudara perempuannya, dan ia berlaku lunak terhadap Absalom sampai tampak seperti orang kehilangan akal. 2Sa 3:28,29; 13:21, 23-39; 18:4,5,32,33; 19:1-4.
o Ia menyerah pada godaan, menyalahgunakan wewenangnya seperti apa yang mungkin dilakukan oleh raja kafir pada masa itu. Lebih dari itu, sebagai usaha untuk menutupi perzinahannya dengan Batyeba ia malah menambah dosanya dengan pembunuhan. 2Sa 11:1-27.
o Ia melalaikan kewajibannya dan membiarkan segala sesuatu mengalami kemerosotan, sehingga ia membuka dirinya terhadap kecaman pedas. 2Sa 15:1-4.

Penerapan

1. Allah memberi kemakmuran dan perlindungan
Mereka yang percaya kepada Allah dan mencari kehendak Allah dalam hidup mereka boleh menyerahkan segala masalah mereka kepada-Nya. Ia siap untuk memberi petunjuk dan menjadi tempat berlindung di kala susah dan memimpin umat-Nya "ke tempat yang lebih lapang". Rencana-Nya mungkin memakan waktu lama sebelum menjadi kenyataan, tetapi Ia telah berjanji akan menyertai kita sampai pada akhirnya.

2. Kita semua rawan terhadap pencobaan
Sifat manusia masih sama sejak dulu hingga kini. Setan menggoda kita melalui apa yang kita lihat dan rasakan, tetapi ini tidak berarti bahwa kita harus menyerah. Kita harus ingat akan kewajiban kita terhadap Allah dan taat kepada-Nya, daripada menyerah pada keinginan diri sendiri.

3. Bagaimana halnya dengan keluarga kita
Tidak ada gunanya sukses dalam masyarakat jika kehidupan keluarga kita tidak berkenan kepada Allah. Tempat pertama kita membuktikan kasih-Nya adalah di dalam rumah sendiri dan dalam hubungan kekeluargaan. Kasih yang sejati berarti disiplin dan ketaatan. Dengan demikian orang tua adalah ayah dan ibu yang sejati bagi anak-anak mereka, dan anak-anak adalah putra dan putri yang sejati bagi orang tua.

4. Meluruskan hubungan dengan Allah
Pada waktu kita berdosa dan sadar akan kebodohan kita, tidak ada gunanya untuk menutupi jejak kita. Yang harus kita lakukan ialah mengakui kesalahan kita dan memohon pengampunan serta menerima hukuman apa pun yang akan dikirimkan Allah kepada kita. Dalam hal ini perlu juga kita ingat bahwa segala sukses dan kemenangan yang telah kita capai bukan merupakan jaminan untuk tidak dapat gagal di masa yang akan datang. Usia bukanlah jaminan terhadap segala cobaan. Kenyataannya, usia malah dapat membawa godaan-godaan baru.

Tema-tema Kunci

1. Anak Daud
Perjanjian Allah dengan Daud, yang kita sebut "perjanjian Daud", ialah bahwa semua raja Israel akan dilahirkan dari keturunannya (2Sa 7:11-16; 23:5). Berdasarkan hal ini, maka bangsa Yahudi pada masa Yesus mencari-cari seorang Penebus -- yaitu "yang diurapi" -- yang akan menggenapi semua gambaran yang ideal mengenai seorang raja sebagai keturunan Daud. Lihatlah bagaimana hal ini digenapi dalam Perjanjian Baru. Mat 1:1,17; Luk 1:32,33,69; Mar 10:47,48; Mat 9:27; 15:22; 21:9; Mar 11:10; Mat 22:41-45; Kis 13:22,23; Rom 1:3; Wah 3:7; 5:5; 22:16.

2. Allah Daud
Daud berhutang atas segala sesuatu yang dimilikinya kepada Allah, yang sifat-sifat-Nya menyinari seluruh pasal dalam kitab ini dalam berbagai cara. Perhatikan secara khusus mengenai ungkapan yang berbeda-beda tentang kesucian Allah (2Sa 6:6,7; 12:1-14; 24:1), dan bacalah semua pasal tersebut, yang sebagian besar isinya bercerita tentang Dia (2Sa 7:5-29; 22:1-23:7). Tulislah dengan cara bagaimana Allah digambarkan dan bagaimana seharusnya tanggapan kita terhadap-Nya.

3. Pengkhianatan
Terdapat banyak hal tentang sifat jahat manusia dalam buku ini. Perhatikan bagaimana pasukan, keluarga dan bawahan Daud ini, semuanya telah mengecewakan dia, menunjukkan sifat terburuk manusia. Mungkin dikarenakan banyak kali Daud tidak tahu siapa yang dapat dipercayainya, yang membuat ia memupuk iman sedemikian rupa kepada Allah yang sepenuhnya dapat dipercaya (2Sa 7:28; 22:1-3, 26, 31, 32, 47).

Garis Besar Intisari: 2 Samuel (Pendahuluan Kitab) [1] BERITA BURUK TENTANG SAUL 2Sa 1:1-27 2Sa 1:1-16Anugerah yang tidak diduga-duga 2Sa 1:17-27Kejatuhan si penguasa! [2] PEMERINTAHAN DAUD ATAS

[1] BERITA BURUK TENTANG SAUL 2Sa 1:1-27

2Sa 1:1-16Anugerah yang tidak diduga-duga
2Sa 1:17-27Kejatuhan si penguasa!

[2] PEMERINTAHAN DAUD ATAS YEHUDA 2Sa 2:1-4:12

2Sa 2:1-7Sambutan di Hebron
2Sa 2:8-32Pertempuran yang membawa kepahitan
2Sa 3:1-39Yoab membalas dendam
2Sa 4:1-12Kematian tragis seorang raja yang lemah

[3] KERAJAAN DIPERSATUKAN 2Sa 5:1-9:13

2Sa 5:1-5 Raja atas seluruh Israel
2Sa 5:6-16Daud merebut Yerusalem
2Sa 5:17-25Pembalasan terhadap orang Filistin
2Sa 6:1-23Peti Perjanjian dibawa ke Yerusalem
2Sa 7:1-29Kasih Allah kepada Daud
2Sa 8:1-14Kemenangan di mana-mana
2Sa 8:15-18Sistem pemerintahan Israel
2Sa 9:1-13Kemurahan hati Daud

[4] KEMENANGAN DAN KEKALAHAN YANG MEMALUKAN 2Sa 10:1-12:31

2Sa 10:1-19Pelajaran bagi orang Amon
2Sa 11:1-27Daud kalah atas dirinya sendiri
2Sa 12:1-31Kenyataan bagi seorang raja

[5] PERANG SAUDARA 2Sa 13:1-20:26

2Sa 13:1-39Kebodohan Amnon dan pembalasan Absalom
2Sa 14:1-15:12Permulaan bencana
2Sa 15:13-16:14Daud terpaksa mengungsi
2Sa 16:15-17:29Taktik menunda-nunda
2Sa 18:1-19:43Absalom terbunuh; kekuasaan Daud dipulihkan
2Sa 20:1-26Pemberontakan Seba

[6] ORANG GIBEON DAN FILISTIN 2Sa 21:1-22

[7] KESAKSIAN DAUD 2Sa 22:1-23:7

2Sa 22:1-51Tuhan adalah gunung batuku
2Sa 23:1-7Apa sebenarnya arti pemerintahan

[8 ]PAHLAWAN-PAHLAWAN DAUD YANG PERKASA 2Sa 23:8-39

[9] DAUD MENGADAKAN SENSUS 2Sa 24:1-25

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #11: Klik ikon untuk membuka halaman ramah cetak. [SEMUA]
dibuat dalam 0.32 detik
dipersembahkan oleh YLSA