kecilkan semua  

Teks -- Keluaran 32:1-35 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Anak lembu emas
32:1 Ketika bangsa itu melihat, bahwa Musa mengundur-undurkan turun dari gunung itu, maka berkumpullah mereka mengerumuni Harun dan berkata kepadanya: "Mari, buatlah untuk kami allah, yang akan berjalan di depan kami sebab Musa ini, orang yang telah memimpin kami keluar dari tanah Mesir -- kami tidak tahu apa yang telah terjadi dengan dia." 32:2 Lalu berkatalah Harun kepada mereka: "Tanggalkanlah anting-anting emas yang ada pada telinga isterimu, anakmu laki-laki dan perempuan, dan bawalah semuanya kepadaku." 32:3 Lalu seluruh bangsa itu menanggalkan anting-anting emas yang ada pada telinga mereka dan membawanya kepada Harun. 32:4 Diterimanyalah itu dari tangan mereka, dibentuknya dengan pahat, dan dibuatnyalah dari padanya anak lembu tuangan. Kemudian berkatalah mereka: "Hai Israel, inilah Allahmu, yang telah menuntun engkau keluar dari tanah Mesir!" 32:5 Ketika Harun melihat itu, didirikannyalah mezbah di depan anak lembu itu. Berserulah Harun, katanya: "Besok hari raya bagi TUHAN!" 32:6 Dan keesokan harinya pagi-pagi maka mereka mempersembahkan korban bakaran dan korban keselamatan, sesudah itu duduklah bangsa itu untuk makan dan minum; kemudian bangunlah mereka dan bersukaria. 32:7 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Pergilah, turunlah, sebab bangsamu yang kaupimpin keluar dari tanah Mesir telah rusak lakunya. 32:8 Segera juga mereka menyimpang dari jalan yang Kuperintahkan kepada mereka; mereka telah membuat anak lembu tuangan, dan kepadanya mereka sujud menyembah dan mempersembahkan korban, sambil berkata: Hai Israel, inilah Allahmu yang telah menuntun engkau keluar dari tanah Mesir." 32:9 Lagi firman TUHAN kepada Musa: "Telah Kulihat bangsa ini dan sesungguhnya mereka adalah suatu bangsa yang tegar tengkuk. 32:10 Oleh sebab itu biarkanlah Aku, supaya murka-Ku bangkit terhadap mereka dan Aku akan membinasakan mereka, tetapi engkau akan Kubuat menjadi bangsa yang besar." 32:11 Lalu Musa mencoba melunakkan hati TUHAN, Allahnya, dengan berkata: "Mengapakah, TUHAN, murka-Mu bangkit terhadap umat-Mu, yang telah Kaubawa keluar dari tanah Mesir dengan kekuatan yang besar dan dengan tangan yang kuat? 32:12 Mengapakah orang Mesir akan berkata: Dia membawa mereka keluar dengan maksud menimpakan malapetaka kepada mereka dan membunuh mereka di gunung dan membinasakannya dari muka bumi? Berbaliklah dari murka-Mu yang bernyala-nyala itu dan menyesallah karena malapetaka yang hendak Kaudatangkan kepada umat-Mu. 32:13 Ingatlah kepada Abraham, Ishak dan Israel, hamba-hamba-Mu itu, sebab kepada mereka Engkau telah bersumpah demi diri-Mu sendiri dengan berfirman kepada mereka: Aku akan membuat keturunanmu sebanyak bintang di langit, dan seluruh negeri yang telah Kujanjikan ini akan Kuberikan kepada keturunanmu, supaya dimilikinya untuk selama-lamanya." 32:14 Dan menyesallah TUHAN karena malapetaka yang dirancangkan-Nya atas umat-Nya. 32:15 Setelah itu berpalinglah Musa, lalu turun dari gunung dengan kedua loh hukum Allah dalam tangannya, loh-loh yang bertulis pada kedua sisinya; bertulis sebelah-menyebelah. 32:16 Kedua loh itu ialah pekerjaan Allah dan tulisan itu ialah tulisan Allah, ditukik pada loh-loh itu. 32:17 Ketika Yosua mendengar suara bangsa itu bersorak, berkatalah ia kepada Musa: "Ada bunyi sorak peperangan kedengaran di perkemahan." 32:18 Tetapi jawab Musa: "Bukan bunyi nyanyian kemenangan, bukan bunyi nyanyian kekalahan -- bunyi orang menyanyi berbalas-balasan, itulah yang kudengar." 32:19 Dan ketika ia dekat ke perkemahan itu dan melihat anak lembu dan melihat orang menari-nari, maka bangkitlah amarah Musa; dilemparkannyalah kedua loh itu dari tangannya dan dipecahkannya pada kaki gunung itu. 32:20 Sesudah itu diambilnyalah anak lembu yang dibuat mereka itu, dibakarnya dengan api dan digilingnya sampai halus, kemudian ditaburkannya ke atas air dan disuruhnya diminum oleh orang Israel. 32:21 Lalu berkatalah Musa kepada Harun: "Apakah yang dilakukan bangsa ini kepadamu, sehingga engkau mendatangkan dosa yang sebesar itu kepada mereka?" 32:22 Tetapi jawab Harun: "Janganlah bangkit amarah tuanku; engkau sendiri tahu, bahwa bangsa ini jahat semata-mata. 32:23 Mereka berkata kepadaku: Buatlah untuk kami allah, yang akan berjalan di depan kami sebab Musa ini, orang yang telah memimpin kami keluar dari tanah Mesir -- kami tidak tahu apa yang telah terjadi dengan dia. 32:24 Lalu aku berkata kepada mereka: Siapa yang empunya emas haruslah menanggalkannya. Mereka memberikannya kepadaku dan aku melemparkannya ke dalam api, dan keluarlah anak lembu ini." 32:25 Ketika Musa melihat, bahwa bangsa itu seperti kuda terlepas dari kandang -- sebab Harun telah melepaskannya, sampai menjadi buah cemooh bagi lawan mereka -- 32:26 maka berdirilah Musa di pintu gerbang perkemahan itu serta berkata: "Siapa yang memihak kepada TUHAN datanglah kepadaku!" Lalu berkumpullah kepadanya seluruh bani Lewi. 32:27 Berkatalah ia kepada mereka: "Beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Baiklah kamu masing-masing mengikatkan pedangnya pada pinggangnya dan berjalanlah kian ke mari melalui perkemahan itu dari pintu gerbang ke pintu gerbang, dan biarlah masing-masing membunuh saudaranya dan temannya dan tetangganya." 32:28 Bani Lewi melakukan seperti yang dikatakan Musa dan pada hari itu tewaslah kira-kira tiga ribu orang dari bangsa itu. 32:29 Kemudian berkatalah Musa: "Baktikanlah dirimu mulai hari ini kepada TUHAN, masing-masing dengan membayarkan jiwa anaknya laki-laki dan saudaranya -- yakni supaya kamu diberi berkat pada hari ini." 32:30 Keesokan harinya berkatalah Musa kepada bangsa itu: "Kamu ini telah berbuat dosa besar, tetapi sekarang aku akan naik menghadap TUHAN, mungkin aku akan dapat mengadakan pendamaian karena dosamu itu." 32:31 Lalu kembalilah Musa menghadap TUHAN dan berkata: "Ah, bangsa ini telah berbuat dosa besar, sebab mereka telah membuat allah emas bagi mereka. 32:32 Tetapi sekarang, kiranya Engkau mengampuni dosa mereka itu -- dan jika tidak, hapuskanlah kiranya namaku dari dalam kitab yang telah Kautulis." 32:33 Tetapi TUHAN berfirman kepada Musa: "Siapa yang berdosa kepada-Ku, nama orang itulah yang akan Kuhapuskan dari dalam kitab-Ku. 32:34 Tetapi pergilah sekarang, tuntunlah bangsa itu ke tempat yang telah Kusebutkan kepadamu; akan berjalan malaikat-Ku di depanmu, tetapi pada hari pembalasan-Ku itu Aku akan membalaskan dosa mereka kepada mereka." 32:35 Demikianlah TUHAN menulahi bangsa itu, karena mereka telah menyuruh membuat anak lembu buatan Harun itu.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Abraham a son of Terah; the father of Isaac; ancestor of the Jewish nation.,the son of Terah of Shem
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · anak-anak Lewi members of the tribe of Levi
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · bani Lewi members of the tribe of Levi
 · Harun a son of Amram; brother of Moses,son of Amram (Kohath Levi); patriarch of Israel's priests,the clan or priestly line founded by Aaron
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · kaum-kaum Lewi members of the tribe of Levi
 · kaum-kaum suku Lewi members of the tribe of Levi
 · Lewi relating to Levi and the priesthood given to him,a tribal name describing people and ceremonies as sacred
 · Mesir descendants of Mizraim
 · Musa a son of Amram; the Levite who led Israel out of Egypt and gave them The Law of Moses,a Levite who led Israel out of Egypt and gave them the law
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang Lewi member of the tribe of Levi
 · orang Mesir descendants of Mizraim
 · orang-orang dari bani Lewi members of the tribe of Levi
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Lewi members of the tribe of Levi
 · orang-orang Mesir descendants of Mizraim
 · Orang-orang suku Lewi members of the tribe of Levi
 · para orang Lewi members of the tribe of Levi
 · perempuan Mesir descendants of Mizraim
 · salah seorang Lewi members of the tribe of Levi
 · semua orang Lewi members of the tribe of Levi
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Lewi member of the tribe of Levi
 · seorang Mesir descendants of Mizraim
 · suku Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"


Topik/Tema Kamus: Musa | Harun | Keluaran, Kitab | Deuteronomistis | Banteng | Anak Lembu Emas | Derma, Kedermawanan | Jalan, Perjalanan Israel Melalui | Lewi | Sembah, Penyembahan Berhala | Syak | Pendamaian Menurut Taurat | Murka | Jawab, Jawaban Doa | Dosa | Senang, Kesenangan Dunia | Hukum, Hukuman | Orang Lewi | Doa Syafaat | Ampun | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Kel 32:4 - DIBUATNYALAH ... ANAK LEMBU TUANGAN. Nas : Kel 32:4 Selaku pemimpin, Harun telah melakukan pengkhianatan yang serius terhadap standar Allah untuk menyenangkan umat yang dilayaninya. Di...

Nas : Kel 32:4

Selaku pemimpin, Harun telah melakukan pengkhianatan yang serius terhadap standar Allah untuk menyenangkan umat yang dilayaninya. Dia menyerah kepada tekanan-tekanan fasik bangsa Israel dan melanggar hukum kedua (Kel 20:4-5). Hanya doa syafaat Musa yang menyelamatkannya dari murka Allah dan kematian (Ul 9:20).

Full Life: Kel 32:6 - BANGUNLAH MEREKA DAN BERSUKARIA. Nas : Kel 32:6 Umat itu mulai melakukan tari-tarian berhawa nafsu dan kebejatan seksual. Ayat Kel 32:25 yang mengatakan bahwa mereka "seperti kuda ...

Nas : Kel 32:6

Umat itu mulai melakukan tari-tarian berhawa nafsu dan kebejatan seksual. Ayat Kel 32:25 yang mengatakan bahwa mereka "seperti kuda terlepas dari kandang," memberikan kesan bahwa mereka mungkin telanjang. Jadi, dosa bangsa Israel mungkin meliputi penyingkapan ketelanjangan orang lain untuk permainan dan kesenangan seksual, sesuatu yang sangat dilarang oleh hukum Allah (Im 18:6-30; 20:11,17,19-21;

lihat art. NORMA-NORMA MORALITAS SEKSUAL).

Full Life: Kel 32:10 - MEMBINASAKAN MEREKA. Nas : Kel 32:10 Karena kemurtadan dan dosa umat itu, Allah menyatakan niat-Nya untuk membinasakan mereka dan membangun bangsa lain melalui Musa.

Nas : Kel 32:10

Karena kemurtadan dan dosa umat itu, Allah menyatakan niat-Nya untuk membinasakan mereka dan membangun bangsa lain melalui Musa.

Full Life: Kel 32:11 - MUSA MENCOBA MELUNAKKAN HATI TUHAN. Nas : Kel 32:11 Doa syafaat Musa bagi umat Israel (ayat Kel 32:11-14) menunjukkan bahwa Allah menjawab doa-doa para hamba-Nya yang setia dan membia...

Nas : Kel 32:11

Doa syafaat Musa bagi umat Israel (ayat Kel 32:11-14) menunjukkan bahwa Allah menjawab doa-doa para hamba-Nya yang setia dan membiarkan mereka berperan serta dalam tujuan-tujuan dan keputusan-keputusan-Nya mengenai penebusan.

  1. 1) Jelas sekali bahwa Allah ingin membinasakan umat pemberontak itu (ayat Kel 32:10). Namun Musa, yang bertindak sebagai perantara di antara Tuhan dengan umat itu, dengan sungguh-sungguh memohon syafaat supaya melunakkan hati Allah sehingga mengubah maksud-Nya.
  2. 2) Karena doa Musa yang sungguh-sungguh, Tuhan menaruh belas kasihan (ayat Kel 32:14;

    lihat cat. --> Yak 5:16;

    [atau ref. Yak 5:16]

    lihat art. DOA SYAFAAT).

  3. 3) Kebenaran akbar yang ditekankan di sini ialah bahwa Allah menjadikan hamba-hamba-Nya rekan sekerja (1Kor 3:9). Ia menunjuk mereka sebagai perantara dan juru syafaat bagi yang terhilang

    (lihat cat. --> Rom 9:2),

    [atau ref. Rom 9:2]

    dan sampai batas tertentu nasib orang yang nyaris binasa ada di tangan mereka

    (lihat cat. --> Mat 9:38).

    [atau ref. Mat 9:38]

    Jadi, Allah telah menetapkan bahwa doa syafaat yang sungguh-sungguh dari orang yang benar dapat menggerakkan hati-Nya untuk mengubah maksud-Nya yang sementara dan mendatangkan penebusan bukannya hukuman (bd. Yeh 22:30). Doa sungguh-sungguh mengubahkan keadaan (bd. Mazm 106:44-45; Yer 18:8; 26:3,13,19; Am 7:2-6; Yun 3:10;

    lihat art. DOA SYAFAAT).

  4. 4) Allah tidak mengabaikan doa syafaat seorang hamba yang setia selama harapan akan penebusan masih tetap ada. Syafaat akan ditolak Allah hanya apabila dosa sudah mencapai puncaknya (bd. Yer 15:1; Yeh 14:14,16).
  5. 5) Merupakan rahasia yang tak terselami bahwa Allah dapat diyakinkan oleh doa syafaat manusia yang serba lemah untuk mengubah tindakan yang telah dinyatakan dan berbalik dari murka kepada pengampunan. Allah bukanlah oknum ilahi yang tak berperasaan atau takdir yang tegar, tetapi Allah berkepribadian yang senang digerakkan oleh kasih, iman, dan doa umat-Nya yang setia

    (lihat art. PEMELIHARAAN ALLAH).

Full Life: Kel 32:14 - MENYESALLAH. Nas : Kel 32:14 Allah tidak mengubah pikiran-Nya sebagaimana manusia melakukannya karena Dia bebas mutlak dari kelemahan dan dosa.

Nas : Kel 32:14

Allah tidak mengubah pikiran-Nya sebagaimana manusia melakukannya karena Dia bebas mutlak dari kelemahan dan dosa.

Full Life: Kel 32:19 - DIPECAHKANNYA. Nas : Kel 32:19 Musa tidak menghancurkan kedua loh batu itu karena kemarahan yang tak terkendali, tetapi karena kemarahan yang benar terhadap dosa ...

Nas : Kel 32:19

Musa tidak menghancurkan kedua loh batu itu karena kemarahan yang tak terkendali, tetapi karena kemarahan yang benar terhadap dosa (bd. ayat Kel 32:10,34-35). Kristus juga menunjukkan kemarahan ilahi terhadap dosa (Yoh 2:15;

lihat cat. --> Yoh 11:33).

[atau ref. Yoh 11:33]

Kemarahan seperti itu akan ditunjukkan oleh semua orang yang mempunyai perhatian yang sungguh-sungguh untuk kemuliaan dan kekudusan Allah serta penderitaan umat manusia.

Full Life: Kel 32:26 - SIAPA YANG MEMIHAK KEPADA TUHAN. Nas : Kel 32:26 Panggilan Musa untuk setia kepada Allah mencerminkan prinsip bahwa di tengah-tengah pemberontakan dan kemunduran rohani, satu-satun...

Nas : Kel 32:26

Panggilan Musa untuk setia kepada Allah mencerminkan prinsip bahwa di tengah-tengah pemberontakan dan kemunduran rohani, satu-satunya jalan bagi orang percaya ialah jalan yang ditandai oleh ketaatan tegas kepada hukum Allah dan pemisahan yang jelas dari kemurtadan

(lihat cat. --> Wahy 18:4;

[atau ref. Wahy 18:4]

bd. Yos 24:15; 1Raj 18:21;

lihat art. KEMURTADAN PRIBADI).

Full Life: Kel 32:29 - KAMU DIBERI BERKAT. Nas : Kel 32:29 Karena suku Lewi tetap setia kepada Tuhan, mereka mengubah kutukan yang ditimpakan atas mereka (Kej 49:7) menjadi berkat (bd. pasal...

Nas : Kel 32:29

Karena suku Lewi tetap setia kepada Tuhan, mereka mengubah kutukan yang ditimpakan atas mereka (Kej 49:7) menjadi berkat (bd. pasal Bil 3:1-51). Mereka ditugaskan untuk memelihara Kemah Suci dan membantu para imam (Bil 1:47-53; 3:5-9,12,41,45; 4:2-3). Kutukan dan berkat Allah sering kali tergantung pada kelakuan seseorang dan dapat diubah dengan pertobatan dan ketaatan.

Full Life: Kel 32:32 - MENGAMPUNI DOSA MEREKA. Nas : Kel 32:32 Kasih Musa kepada umat yang berdosa (bd. Rom 9:3) menunjuk kepada kasih Perantara yang lebih agung, Kristus Yesus, yang "berdoa unt...

Nas : Kel 32:32

Kasih Musa kepada umat yang berdosa (bd. Rom 9:3) menunjuk kepada kasih Perantara yang lebih agung, Kristus Yesus, yang "berdoa untuk ... pemberontak-pemberontak" (Yes 53:12; Rom 8:34;

lihat cat. --> Mat 26:39;

lihat cat. --> 1Tim 2:5;

lihat cat. --> Ibr 7:25).

[atau ref. Mat 26:39; 1Tim 2:5; Ibr 7:25]

BIS: Kel 32:1 - ilah ilah atau beberapa ilah.

ilah atau beberapa ilah.

BIS: Kel 32:29 - Hari ini kamu sudah mengkhususkan diri Menurut beberapa terjemahan kuno Hari ini kamu sudah mengkhususkan diri: menurut naskah Ibrani: Khususkanlah dirimu hari ini; atau Hari ini kamu telah...

Menurut beberapa terjemahan kuno Hari ini kamu sudah mengkhususkan diri: menurut naskah Ibrani: Khususkanlah dirimu hari ini; atau Hari ini kamu telah dikhususkan.

Jerusalem: Kel 19:1--40:38 - -- Sebagian besar dari bagian terakhir kitab Keluaran ini, yaitu Kel 19:1-2; 24:15-31:18; 34:29-35:8, berasal dari tradisi Para Imam. Bagian yang memuat ...

Sebagian besar dari bagian terakhir kitab Keluaran ini, yaitu Kel 19:1-2; 24:15-31:18; 34:29-35:8, berasal dari tradisi Para Imam. Bagian yang memuat Kitab (Hukum) Perjanjian, Kel 20:22-23:33, harus dipisahkan, sebab baru belakangan dihubungkan dengan peristiwa di gunung Sinai. Bagian-bagian lain berasal dari sumber-sumber yang lebih tua usianya. Sering sukar menentukan bagian manakah berasal dari tradisi Yahwista dan bagian manakah berasal dari tradisi Elohista. Menurut pandangan penyusun terakhir kisah ini maka perjanjian yang diadakan Musa meneguhkan kepilihan bangsa Israel serta janji-janji yang telah diberikan kepadanya, Kel 6:5-7, sama seperti perjanjian dengan Abraham (yang disinggung dalam Kel 6:4) meneguhkan janji-janji yang terdahulu, Kej 17. Akan tetapi perjanjian dengan Abraham diadakan dengan seorang saja (walaupun perjanjian itu menyangkut keturunannya) dan disertai satu perintah saja (sunat). Perjanjian di gunung Sinai langsung menyangkut seluruh bangsa yang menerima hukum: kesepuluh perintah (Allah) serta Kitab Perjanjian. Bersama dengan semua tambahannya dari zaman kemudian hukum tsb menjadi piagam agama Yahudi, Sir 24:9-27 menyamakan Hukum Taurat itu dengan Hikmat Allah. Tetapi sekaligus hukum itu "menjadi suatu saksi terhadap bangsa Israel", Ula 31:26, artinya: pelanggaran hukum Taurat oleh umat Israel akan membatalkan segala janji dan akan mendatangkan kutuk Allah. Maka hukum Taurat hanya berperan sebagai pengajaran dan paksaan untuk menyiapkan manusia bagi kedatangan Kristus yang akan mengadakan suatu perjanjian yang baru. Peranan sementara dari hukum Taurat itu diterangkan Paulus dalam uraiannya melawan orang Kristen yang hendak memaksakan hukum Taurat kepada orang Kristen bukan Yahudi, Gal 3; Rom 7.

Jerusalem: Kel 32:1--34:35 - -- Kalau bab Kel 32:1-34:35 diuraikan, maka nampaklah dua tradisi yang bercampur di dalamnya, yaitu tradisi Elohista dan tradisi Yahwista. Hampir tak mun...

Kalau bab Kel 32:1-34:35 diuraikan, maka nampaklah dua tradisi yang bercampur di dalamnya, yaitu tradisi Elohista dan tradisi Yahwista. Hampir tak mungkin lagi memisahkan kedua tradisi itu. Tetapi dalam penggabungan kedua tradisi itu. Tetapi dalam penggabungan kedua tradisi itu terjadilah bahwa perjanjian yang diikat Tuhan dengan Israel menurut tradisi Yahwista (ceriteranya tercantum dalam bab 34)tampil sebagai pembaharuan perjanjian yang diikat Tuhan dengan Israel menurut tradisi Elohista (ceriteranya tercantum dalam bab Kel 24). Perjanjian ini dianggap dibatalkan oleh pemberontakan bangsa Israel yang menyembah anak lembu emas, bab Kel 32:1-33:23. Urutan yang menghasilkan dua pengikatan perjanjian itu dibuat-buat saja. Ceritera tentang anak lembu emas disisipkan di antara kedua tradisi tsb, supaya dua-duanya dapat dipertahankan.

Jerusalem: Kel 32:1-6 - -- "Anak lembu-emas" itu disebut demikian untuk mencemooh. Ia sebenarnya sebuah patung sapi jantan muda yang di dunia timur di zaman itu menjadi lambang ...

"Anak lembu-emas" itu disebut demikian untuk mencemooh. Ia sebenarnya sebuah patung sapi jantan muda yang di dunia timur di zaman itu menjadi lambang dewa yang lazim sekali. Sebuah kelompok orang Israel yang bersaing dengan kelompok yang dipimpin Musa, ataupun sebagian dari kelompok Musa sendiri menginginkan sebuah patung sapi jantan sebagai lambang kehadiran Tuhan dan pengganti tabut perjanjian. Patung itu dimaksudkan sebagai lambang Tuhan, Kel 31:5, yang telah menuntun Israel keluar dari Mesir, Kel 31:4 dan Kel 31:8, dan bukan sebagai lambang seorang dewa. Sementara ahli berpendapat bahwa ceritera ini tercetus sehubungan dengan kedua anak lembu jantan yang ditegakkan raja Yerobeam, lalu ceritera itu ditempatkan di masa Israel masih di padang gurun. Akan tetapi kiranya lebih tepat mengatakan bahwa Yerobeam mau menghidupkan kembali sebuah tradisi kuno, bdk 1Ra 12:28+, dan iapun tidak bermaksud mengganti Tuhan Israel dengan dewa lain.

Jerusalem: Kel 32:4 - inilah Allahmu Anak lembu itu bukanlah sebuah patung Tuhan (YHWH) sendiri. Sesuai dengan pandangan di zaman itu, anak lembu itu dianggap sebagai alas kaki bagi Allah...

Anak lembu itu bukanlah sebuah patung Tuhan (YHWH) sendiri. Sesuai dengan pandangan di zaman itu, anak lembu itu dianggap sebagai alas kaki bagi Allah yang tidak kelihatan, sama seperti tabut perjanjian dianggap alas kaki Tuhan.

Jerusalem: Kel 32:9 - Lagi firman Tuhan ... Ayat ini tidak terdapat dalam terjemahan Yunani.

Ayat ini tidak terdapat dalam terjemahan Yunani.

Jerusalem: Kel 32:11-14 - -- Di sini Musa nampak sebagai perantara besar. Mulai dengan tulah-tulah yang menimpa negeri Mesir Musa berperan sebagai perantara demi keselamatan kakak...

Di sini Musa nampak sebagai perantara besar. Mulai dengan tulah-tulah yang menimpa negeri Mesir Musa berperan sebagai perantara demi keselamatan kakak perempuannya, Mirym, Bil 12:13, dan khususnya buat seluruh umat di padang gurun, Kel 5:22-23; 32:11-14,30-32; Bil 11:2; 14:13-19; 16:22; 21:7; Ula 9:25-29. Peranan Musa itu disinggung oleh Yer 15:1; Maz 99:6; 106:23; Sir 45:3; bdk 2Ma 15:14+. Perantaraan Musa itu melambangkan pengantara Kristus.

Jerusalem: Kel 32:20 - ke atas air dan disuruhnya diminum oleh orang Israel Dengan jalan itu air itu menjadi "air yang mendatangkan kutuk", bdk Bil 5:11-31. Tetapi dalam kitab Keluaran upacara itu tidak dimaksudkan sebagai seb...

Dengan jalan itu air itu menjadi "air yang mendatangkan kutuk", bdk Bil 5:11-31. Tetapi dalam kitab Keluaran upacara itu tidak dimaksudkan sebagai sebuah alat ilahi untuk menentukan siapa yang bersalah. Sebab memang seluruh bangsa dianggap bersalah. Dalam tradisi asli penghukuman itu agaknya dilakukan Allah sendiri dan bukan kaum Lewi seperti dikatakan dalam ceritera Keluaran ini, Kel 32:25 dst. Ula 9:21 menceritakan kejadian itu dengan cara yang berbeda.

Jerusalem: Kel 32:25 - buah cemooh Kata Ibrani yang dipakai kurang jelas artinya.

Kata Ibrani yang dipakai kurang jelas artinya.

Jerusalem: Kel 32:29 - Baktikanlah dirimu Harafiah: istilah tanganmu, bdk Kel 28:41+, yang dapat diterjemahkan juga sbb: Tahbiskanlah dirimu. Dalam terjemahan Yunani terbaca: Kamu telah mentah...

Harafiah: istilah tanganmu, bdk Kel 28:41+, yang dapat diterjemahkan juga sbb: Tahbiskanlah dirimu. Dalam terjemahan Yunani terbaca: Kamu telah mentahbiskan (membuktikan) dirimu.

Jerusalem: Kel 32:32 - kitab Ialah sebuah "kitab" di mana tercatat perbuatan-perbuatan manusia dan nasibnya nanti, bdk Maz 69:29; 139:16+, dll.

Ialah sebuah "kitab" di mana tercatat perbuatan-perbuatan manusia dan nasibnya nanti, bdk Maz 69:29; 139:16+, dll.

Ende: Kel 32:1 - -- Bangsa Israel menginginkan suatu Lambang Tuhan untuk dibawa serta, seperti misalnja mendjadi kebiasaan pada tentara Mesir. Keinginan akan Tuhan jang k...

Bangsa Israel menginginkan suatu Lambang Tuhan untuk dibawa serta, seperti misalnja mendjadi kebiasaan pada tentara Mesir. Keinginan akan Tuhan jang kelihatan ini menundjukkan kurangnja kepertjajaan akan Jahwe jang tidak kelihatan. Selain itu bertentangan dengan larangan Kel 20:4.

Tentang Musa tinggal diatas gunung, lihat Kel 24:12-18.

Ende: Kel 32:4 - -- Pada djaman itu dewa-dewa kadang-kadang dihormati dalam udjud binatang. Begitulah pada bangsa Kanaan banteng melambangkan kekuatan Baal. Jang dimaksud...

Pada djaman itu dewa-dewa kadang-kadang dihormati dalam udjud binatang. Begitulah pada bangsa Kanaan banteng melambangkan kekuatan Baal. Jang dimaksudkan disini "gambaran" Jahwe (bandingkan aj. 26)(Kel 32:26). Mungkin penulis berpikir tentang persamaan dengan dosa Jeroboam (1Ra 12:28). Ada jang berpendapat, bahwa banteng disini hanja menggambarkan tachta Jahwe, melambangkan hadirNja, kira-kira seperti kerub-kerub diatas Peti Perdjandjian. Kiranja banteng ini seluruhnja dari logam.

Ende: Kel 32:7 - -- Jahwe menuduh umat Israel, dan tidak menjebutnja "bangsaKu" lagi. Ini berarti Jahwe mengantjam akan meninggalkannja karena ketidak-pertjajaannja. Deng...

Jahwe menuduh umat Israel, dan tidak menjebutnja "bangsaKu" lagi. Ini berarti Jahwe mengantjam akan meninggalkannja karena ketidak-pertjajaannja. Dengan demikian Israel akan djatuh kembali mendjadi bangsa kapir, dan menghilang dari Sedjarah keselamatan (ajat 10)(Kel 32:10).

Ende: Kel 32:10 - -- Djandji-djandji Tuhan tetap berlaku bagi Musa sendiri.

Djandji-djandji Tuhan tetap berlaku bagi Musa sendiri.

Ende: Kel 32:11 - -- Musa bersandar pada keagungan dan kehormatan Jahwe sendiri, dan mengemukakan sebagai alasan, bahwa Tuhan sendirilah jang telah memimpin umatNja keluar...

Musa bersandar pada keagungan dan kehormatan Jahwe sendiri, dan mengemukakan sebagai alasan, bahwa Tuhan sendirilah jang telah memimpin umatNja keluar dari Mesir dan berbuat mukdjidjat sekian banjaknja untuk mereka (bandingkan aj. 7)(Kel 32:7). Keruntuhan Umat Israel dalam pandangan bangsa Mesir akan merugikan kekuasaan dan Kemuliaan Tuhan sendiri (aj. 12)(Kel 12). Achirnja: Tuhan tidak mungkin mengchianati djandji-djandjiNja kepada para Bapa Bangsa; ketidak-setiaan manusia tidak dapat mengubahnja sedikitpun (aj. 13)(Kel 32:13).

Ende: Kel 32:14 - -- Keselamatan semata-mata tergantung dari Kebaikan dan Rahmat Tuhan, bukannja berdasarkan kebaikan manusia. Bertobatnja manusia adalah akibat Rahmat Tuh...

Keselamatan semata-mata tergantung dari Kebaikan dan Rahmat Tuhan, bukannja berdasarkan kebaikan manusia. Bertobatnja manusia adalah akibat Rahmat Tuhan, dan tidak menjebabkan turunnja Rahmat itu.

Ende: Kel 32:16 - -- Bandingkan Kel 24:12 tjatatan.

Bandingkan Kel 24:12 tjatatan.

Ende: Kel 32:18 - -- Djawab Musa disini tertjatat dalam bentuk puisi, dan berasal dari tradisi jang sangat kuno.

Djawab Musa disini tertjatat dalam bentuk puisi, dan berasal dari tradisi jang sangat kuno.

Ende: Kel 32:20 - -- Bandingkan Ula 9:21. Ini suatu tindakan konkrit untuk menginsjafkan Umat, bahwa mereka sendirilah jang akan menelan dan menanggung akibat-akibat dosa ...

Bandingkan Ula 9:21. Ini suatu tindakan konkrit untuk menginsjafkan Umat, bahwa mereka sendirilah jang akan menelan dan menanggung akibat-akibat dosa mereka. Ada jang berpendapat, bahwa jang dimaksudkan disini suatu "pertjobaan Tuhan": dari akibat-akibat jang merugikan akan djelaslah siapa jang bersalah (lihat Bil 5:17-24).

Ende: Kel 32:22 - -- Harun mentjoba mengelakkan tuduhan; seolah-olah kesemuanja terdjadi diluar maksudnja (bandingkan Ula 9:20).

Harun mentjoba mengelakkan tuduhan; seolah-olah kesemuanja terdjadi diluar maksudnja (bandingkan Ula 9:20).

Ende: Kel 32:25 - -- Peristiwa satu ini rupa-rupanja adalah pendahuluan dari ketidak-setiaan Israel terhadap Jahwe, jang seringkali terdjadi selama mengembara dipadang pas...

Peristiwa satu ini rupa-rupanja adalah pendahuluan dari ketidak-setiaan Israel terhadap Jahwe, jang seringkali terdjadi selama mengembara dipadang pasir (Bil 25:1-3).

Ende: Kel 32:26 - -- Kata-kata ini memberi kesan, bahwa banjaklah jang meninggalkan Jahwe sama sekali, dan mentjari perlindungan dewa lainnja. Suku Levi selalu bertugas me...

Kata-kata ini memberi kesan, bahwa banjaklah jang meninggalkan Jahwe sama sekali, dan mentjari perlindungan dewa lainnja. Suku Levi selalu bertugas memupuk kesuburan iman akan Jahwe pada Umat Israel (lihat Ula 33:8-11; Bil 25:10-13)). Inilah sebabnja mengapa mereka kemudian berkediaman tersebar diantara suku-suku lainnja.

Ende: Kel 32:29 - -- Menguduskan tangan; tepatnja mengisi tangan = menerima tahbisan seb. imam. Tindakan jang membuktikan kesetiaan kepada Jahwe inilah jang menjebabkan me...

Menguduskan tangan; tepatnja mengisi tangan = menerima tahbisan seb. imam.

Tindakan jang membuktikan kesetiaan kepada Jahwe inilah jang menjebabkan mereka terpilih untuk memangku imamat.

Ende: Kel 32:30 - -- Ajat-ajat berikutnja merupakan parallel dengan ajat 11-14(Kel 32:11-14).

Ajat-ajat berikutnja merupakan parallel dengan ajat 11-14(Kel 32:11-14).

Ende: Kel 32:32 - -- Musa bermaksud ikut-serta menanggung nasib bangsanja. Kitab jang mentjantumkan nama-nama para terpilih melambangkan, bahwa Tuhan akan mendjatuhkan kep...

Musa bermaksud ikut-serta menanggung nasib bangsanja. Kitab jang mentjantumkan nama-nama para terpilih melambangkan, bahwa Tuhan akan mendjatuhkan keputusan atas setiap manusia.

Ende: Kel 32:34 - -- Malaikat Jahwe: lihat Kel 23:20 tjatatan. Tentang arti "kundjungan Jahwe", lihat Kel 3:16 tjatatan.

Malaikat Jahwe: lihat Kel 23:20 tjatatan. Tentang arti "kundjungan Jahwe", lihat Kel 3:16 tjatatan.

Endetn: Kel 32:29 - kamu telah menguduskan (mengisi) men. Jun., Vulg., Targ.; Hibr.: "kuduskanlah (isilah)".

men. Jun., Vulg., Targ.; Hibr.: "kuduskanlah (isilah)".

Ref. Silang FULL: Kel 32:1 - dari gunung // di depan // dengan dia · dari gunung: Kej 7:4; Kej 7:4; Ul 9:9-12 · di depan: Kel 13:21; Kel 13:21 · dengan dia: Kel 32:23; Kis 7:40%&

· dari gunung: Kej 7:4; [Lihat FULL. Kej 7:4]; Ul 9:9-12

· di depan: Kel 13:21; [Lihat FULL. Kel 13:21]

· dengan dia: Kel 32:23; Kis 7:40%&

Ref. Silang FULL: Kel 32:2 - Tanggalkanlah anting-anting · Tanggalkanlah anting-anting: Hak 8:24-27

· Tanggalkanlah anting-anting: Hak 8:24-27

Ref. Silang FULL: Kel 32:4 - anak lembu // tuangan // inilah Allahmu // tanah Mesir · anak lembu: Kel 32:8,24,35; Ul 9:16; Neh 9:18; Mazm 106:19; Kis 7:41 · tuangan: Kel 20:23; Kel 20:23; Hak 17:3-4; Yes 30:22 · i...

Ref. Silang FULL: Kel 32:5 - hari raya · hari raya: Im 23:2,37; 2Raj 10:20; Yoel 2:15

· hari raya: Im 23:2,37; 2Raj 10:20; Yoel 2:15

Ref. Silang FULL: Kel 32:6 - korban keselamatan // dan minum // dan bersukaria · korban keselamatan: Kel 20:24; 34:15; Im 3:1; 4:10; 6:12; 9:4; 22:21; Bil 6:14; 25:2; Ul 27:7; Hak 20:26; Yeh 43:27; Kis 7:41 · dan mi...

Ref. Silang FULL: Kel 32:7 - tanah Mesir // telah rusak · tanah Mesir: Kel 32:4,11; Kel 33:1 · telah rusak: Kej 6:11-12; Kej 6:11; Kej 6:12; Yeh 20:8

· tanah Mesir: Kel 32:4,11; Kel 33:1

· telah rusak: Kej 6:11-12; [Lihat FULL. Kej 6:11]; [Lihat FULL. Kej 6:12]; Yeh 20:8

Ref. Silang FULL: Kel 32:8 - mereka menyimpang // anak lembu // tuangan // mempersembahkan korban // tanah Mesir · mereka menyimpang: Yer 7:26; 16:12; Mal 2:8; 3:7 · anak lembu: Kel 32:4; Kel 32:4 · tuangan: Kel 20:4; Kel 20:4 · memper...

· mereka menyimpang: Yer 7:26; 16:12; Mal 2:8; 3:7

· anak lembu: Kel 32:4; [Lihat FULL. Kel 32:4]

· tuangan: Kel 20:4; [Lihat FULL. Kel 20:4]

· mempersembahkan korban: Kel 22:20

· tanah Mesir: 1Raj 12:28; Yeh 23:8

Ref. Silang FULL: Kel 32:9 - tegar tengkuk · tegar tengkuk: Kel 33:3,5; 34:9; Ul 9:6,13; 10:16; 31:27; Hak 2:19; 2Raj 17:14; 2Taw 30:8; 36:13; Neh 9:16; Mazm 78:8; Ams 29:1; Yes 46:12; 4...

Ref. Silang FULL: Kel 32:10 - itu biarkanlah // akan membinasakan // menjadi bangsa · itu biarkanlah: 1Sam 2:25; Yer 7:16; 11:14; 14:11 · akan membinasakan: Kel 22:24; 33:3,5; Bil 16:21,45; Ul 9:14,19; Mazm 106:23; Yer 1...

· itu biarkanlah: 1Sam 2:25; Yer 7:16; 11:14; 14:11

· akan membinasakan: Kel 22:24; 33:3,5; Bil 16:21,45; Ul 9:14,19; Mazm 106:23; Yer 14:12; Yeh 20:13

· menjadi bangsa: Bil 14:12; Ul 9:14

Ref. Silang FULL: Kel 32:11 - mencoba melunakkan // dengan tangan · mencoba melunakkan: Ul 9:18; 2Sam 21:1; 2Taw 15:2; Mazm 9:11; 34:5; 106:23; Yes 9:12; Yer 15:1 · dengan tangan: Kel 32:13; Ul 9:26; 1S...

Ref. Silang FULL: Kel 32:12 - muka bumi // karena malapetaka · muka bumi: Bil 14:13-16; Ul 9:28 · karena malapetaka: Kel 32:14; Kel 33:13

· muka bumi: Bil 14:13-16; Ul 9:28

· karena malapetaka: Kel 32:14; Kel 33:13

Ref. Silang FULL: Kel 32:13 - Ingatlah // demi diri-Mu // sebanyak bintang // seluruh negeri · Ingatlah: Kel 2:24; Kel 2:24; Kel 33:13 · demi diri-Mu: Kej 22:16; Kej 22:16; Ibr 6:13 · sebanyak bintang: Kej 15:5; 22:17 &mi...

· Ingatlah: Kel 2:24; [Lihat FULL. Kel 2:24]; Kel 33:13

· demi diri-Mu: Kej 22:16; [Lihat FULL. Kej 22:16]; Ibr 6:13

· sebanyak bintang: Kej 15:5; 22:17

· seluruh negeri: Kej 12:7; [Lihat FULL. Kej 12:7]

Ref. Silang FULL: Kel 32:14 - Dan menyesallah · Dan menyesallah: Ul 9:19; 1Sam 15:11; 2Sam 24:16; 1Raj 21:29; 1Taw 21:15; Mazm 106:45; Yer 18:8; 26:3,19; Am 7:3,6; Yun 3:10

Ref. Silang FULL: Kel 32:15 - loh hukum // dalam tangannya // bertulis · loh hukum: Kel 31:18; Ibr 9:4 · dalam tangannya: Kel 19:18; Kel 19:18; Kel 34:4,29; Ul 9:15 · bertulis: 2Kor 3:3

· loh hukum: Kel 31:18; Ibr 9:4

· dalam tangannya: Kel 19:18; [Lihat FULL. Kel 19:18]; Kel 34:4,29; Ul 9:15

· bertulis: 2Kor 3:3

Ref. Silang FULL: Kel 32:16 - pada loh-loh · pada loh-loh: Kel 24:12; Kel 24:12

· pada loh-loh: Kel 24:12; [Lihat FULL. Kel 24:12]

Ref. Silang FULL: Kel 32:17 - Ketika Yosua · Ketika Yosua: Kel 17:9; Kel 17:9

· Ketika Yosua: Kel 17:9; [Lihat FULL. Kel 17:9]

Ref. Silang FULL: Kel 32:19 - anak lembu // orang menari-nari // maka bangkitlah // dan dipecahkannya · anak lembu: Ul 9:16 · orang menari-nari: Kel 32:6; 1Kor 10:7 · maka bangkitlah: Ezr 9:3; Mazm 119:53,158 · dan dipecahka...

· anak lembu: Ul 9:16

· orang menari-nari: Kel 32:6; 1Kor 10:7

· maka bangkitlah: Ezr 9:3; Mazm 119:53,158

· dan dipecahkannya: Kel 34:1; Ul 9:17

Ref. Silang FULL: Kel 32:20 - itu, dibakarnya // sampai halus // atas air · itu, dibakarnya: Ul 7:25; 12:3; Yos 7:1; 2Raj 23:6; 1Taw 14:12 · sampai halus: 2Taw 34:7; Mi 1:7 · atas air: Ul 9:21

· itu, dibakarnya: Ul 7:25; 12:3; Yos 7:1; 2Raj 23:6; 1Taw 14:12

· sampai halus: 2Taw 34:7; Mi 1:7

· atas air: Ul 9:21

Ref. Silang FULL: Kel 32:22 - bangkit amarah // ini jahat · bangkit amarah: Kej 18:30; Kej 18:30 · ini jahat: Ul 9:24; 28:20; 2Raj 21:15; Ezr 9:13; Neh 9:28; Yer 4:4; 44:3; Yeh 6:9

· bangkit amarah: Kej 18:30; [Lihat FULL. Kej 18:30]

· ini jahat: Ul 9:24; 28:20; 2Raj 21:15; Ezr 9:13; Neh 9:28; Yer 4:4; 44:3; Yeh 6:9

Ref. Silang FULL: Kel 32:23 - dengan dia · dengan dia: Kel 32:1; Kel 32:1; Kis 7:40

· dengan dia: Kel 32:1; [Lihat FULL. Kel 32:1]; Kis 7:40

Ref. Silang FULL: Kel 32:24 - lembu ini · lembu ini: Kel 32:4; Kel 32:4

· lembu ini: Kel 32:4; [Lihat FULL. Kel 32:4]

Ref. Silang FULL: Kel 32:25 - buah cemooh · buah cemooh: Kej 38:23; Kej 38:23

· buah cemooh: Kej 38:23; [Lihat FULL. Kej 38:23]

Ref. Silang FULL: Kel 32:27 - dan tetangganya · dan tetangganya: Bil 25:3,5; Ul 33:9; Yeh 9:5

· dan tetangganya: Bil 25:3,5; Ul 33:9; Yeh 9:5

Ref. Silang FULL: Kel 32:30 - berbuat dosa // mengadakan pendamaian · berbuat dosa: 1Sam 12:20; Mazm 25:11; 85:3 · mengadakan pendamaian: Im 1:4; 4:20,26; 5:6,10,13; 6:7

· berbuat dosa: 1Sam 12:20; Mazm 25:11; 85:3

· mengadakan pendamaian: Im 1:4; 4:20,26; 5:6,10,13; 6:7

Ref. Silang FULL: Kel 32:31 - telah berbuat // allah emas · telah berbuat: Kel 34:9; Ul 9:18 · allah emas: Kel 20:23; Kel 20:23

· telah berbuat: Kel 34:9; Ul 9:18

· allah emas: Kel 20:23; [Lihat FULL. Kel 20:23]

Ref. Silang FULL: Kel 32:32 - mengampuni dosa // tidak, hapuskanlah // dalam kitab · mengampuni dosa: Bil 14:19 · tidak, hapuskanlah: Rom 9:3 · dalam kitab: Mazm 69:29; Yeh 13:9; Dan 7:10; 12:1; Mal 3:16; Luk 10:...

· mengampuni dosa: Bil 14:19

· tidak, hapuskanlah: Rom 9:3

· dalam kitab: Mazm 69:29; Yeh 13:9; Dan 7:10; 12:1; Mal 3:16; Luk 10:20; [Lihat FULL. Luk 10:20]

Ref. Silang FULL: Kel 32:33 - akan Kuhapuskan · akan Kuhapuskan: Kel 17:14; Kel 17:14; Ayub 21:20; Ayub 21:20; Wahy 3:5

· akan Kuhapuskan: Kel 17:14; [Lihat FULL. Kel 17:14]; Ayub 21:20; [Lihat FULL. Ayub 21:20]; Wahy 3:5

Ref. Silang FULL: Kel 32:34 - sekarang, tuntunlah // ke tempat // berjalan malaikat-Ku // hari pembalasan-Ku · sekarang, tuntunlah: Kel 15:17; Kel 15:17 · ke tempat: Kel 3:17 · berjalan malaikat-Ku: Kel 14:19; Kel 14:19 · hari pemb...

· sekarang, tuntunlah: Kel 15:17; [Lihat FULL. Kel 15:17]

· ke tempat: Kel 3:17

· berjalan malaikat-Ku: Kel 14:19; [Lihat FULL. Kel 14:19]

· hari pembalasan-Ku: Kej 50:19; [Lihat FULL. Kej 50:19]; Ul 32:35; Mazm 89:33; 94:23; 99:8; 109:20; Yes 27:1; Yer 5:9; 11:22; 23:2; 44:13,29; Hos 12:3; Rom 2:5,6

Ref. Silang FULL: Kel 32:35 - anak lembu · anak lembu: Kel 32:4; Kel 32:4

· anak lembu: Kel 32:4; [Lihat FULL. Kel 32:4]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Kel 19:1--40:38 - -- II. Israel di Sinai (19:1-40:38) Selama satu tahun tinggal di Sinai terlaksana dua hal: (1) Israel menerima Hukum Allah dan memperoleh pengajaran ten...

II. Israel di Sinai (19:1-40:38)

Selama satu tahun tinggal di Sinai terlaksana dua hal: (1) Israel menerima Hukum Allah dan memperoleh pengajaran tentang jalan-jalan Allah; (2) orang-orang yang lolos dari Mesir dipersatukan menjadi awal dari satu bangsa. Periode ini paling penting untuk memahami kehendak dan maksud Allah sebagaimana dinyatakan di bagian Perjanjian Lama selanjutnya. Inilah inti dari apa yang sering disebut di dalam Alkitab sebagai "Taurat." Catatan dari kehidupan mereka di Sinai serta Taurat yang diberikan kepada mereka di sana bukan hanya merupakan pokok bahasan selanjutnya dari Kitab Keluaran namun juga dari seluruh Kitab Imamat dan pasal-pasal pertama dari Kitab Bilangan.

Hipotesis Graf-Wellhausen yang dikemukakan pada abad ke 19 yang bahkan menyangkal adanya sebuah Tabernakel, menjadikan hukum-hukum ini sekadar pencerminan dari adat istiadat Israel beberapa abad kemudian. Dalam setengah abad terakhir telah terjadi pembalikan dari cara berpikir ini, sehingga hampir semua pakar bersedia untuk mengakui bahwa kerangka dan inti dari Taurat berasal dari zaman Musa. Para kritikus tetap bersikukuh bahwa Taurat yang ada pada kita saat ini sudah dimodifikasi dari Taurat yang asli serta telah banyak disunting pada abad-abad belakangan. Sekalipun bukan mustahil bahwa kepada Taurat telah ditambahkan sejumlah hukuman dan ketetapan, orang-orang yang menganggap Taurat sebagai penyataan dari Allah menerimanya dalam bentuknya sekarang sebagai Taurat yang pada hakikatnya sama dengan yang diterima oleh Musa. Bahkan para kritikus yang secara teori menyangkal hal ini ternyata sulit untuk menentukan ketetapan mana saja yang ditambahkan belakangan.

Wycliffe: Kel 32:1--34:35 - -- C. Perjanjian Dilanggar dan Dipulihkan (32:1-34:35) Bangsa Israel menemui kesulitan untuk hidup empat puluh hari saja dengan iman tanpa kehadiran pem...

C. Perjanjian Dilanggar dan Dipulihkan (32:1-34:35)

Bangsa Israel menemui kesulitan untuk hidup empat puluh hari saja dengan iman tanpa kehadiran pemimpin mereka yang kelihatan. Mereka menuntut agar Harun membuat sebuah tanda yang kelihatan mengenai kehadiran Allah. Tidak bisa dipastikan apakah perintah pertama yang dilanggar, yaitu penolakan terhadap Yehovah sebagai Allah, ataukah perintah kedua, dibuatnya sebuah patung untuk melambangkan Yehovah. Bagaimanapun juga, perbuatan mereka merupakan pelanggaran yang jelas dan disengaja terhadap perjanjian yang baru beberapa minggu saja mereka bersedia taati dengan sungguh-sungguh, yaitu perjanjian yang dimeteraikan dengan darah.

Wycliffe: Kel 32:1-6 - -- 1) Israel Menuntut Satu Allah (32:1-6). "Mereka tidak mau lagi hidup lebih lama tanpa adanya Allah yang dapat membimbing mereka; tetapi iman yang men...

1) Israel Menuntut Satu Allah (32:1-6).

"Mereka tidak mau lagi hidup lebih lama tanpa adanya Allah yang dapat membimbing mereka; tetapi iman yang menjadi landasan dari keinginan mereka tersebut merupakan iman yang sangat menyeleweng, bukan hanya karena berpegang pada sesuatu yang kelihatan oleh mata, tetapi karena dicemari oleh ketidaksabaran dan ketidakpercayaan dan belum dirasuki oleh kuasa Allah yang hidup sehingga mereka menganggap diri mereka ditinggalkan oleh-Nya ketika pertolongan-Nya tidak kelihatan dan secara lahiriah nyata" (KD).

Wycliffe: Kel 32:1 - Buatlah untuk kami allah // Mengundur-undur 1. Buatlah untuk kami allah. Kata Elõhîm, sekalipun merupakan bentuk jamak, pada umumnya diterjemahkan menjadi Allah, walaupun dapat juga...

1. Buatlah untuk kami allah. Kata Elõhîm, sekalipun merupakan bentuk jamak, pada umumnya diterjemahkan menjadi Allah, walaupun dapat juga diterjemahkan menjadi allah-allah. Di dalam kasus ini sulit untuk menentukan terjemahan mana yang benar, dan para penafsir berbeda pendapat, sebab, sebagaimana telah dikemukakan di atas, kita tidak tahu apa yang sesungguhnya ada di dalam pikiran bangsa itu. Mengundur-undur. Harfiahnya, membuat malu, yaitu karena tidak kunjung kembali.

Wycliffe: Kel 32:4 - Inilah Allahmu // Dibentuknya dengan pahat // Anak lembu 4. Inilah Allahmu. Atau, Inilah allah-allahmu. Dibentuknya dengan pahat. Patung-patung berhala kuno pada umumnya dibuat dengan menempelkan emas atau p...

4. Inilah Allahmu. Atau, Inilah allah-allahmu. Dibentuknya dengan pahat. Patung-patung berhala kuno pada umumnya dibuat dengan menempelkan emas atau perak pada bagian tengah atau badan kayu (Yes. 40:19, 20; 44:12-17; Yer. 10:1-9). Tidak mungkin Harun membuat patung hewan yang seluruhnya emas. Anak lembu. Dewa Mesir Apis dan dewa Fenisia Baal keduanya digambarkan sebagai lembu, lambang yang umum di kalangan masyarakat waktu itu mengenai kesuburan dan kekuatan. Apa pun yang menjadi dorongan sesungguhnya bangsa Israel ketika itu, pembuatan patung itu merupakan langkah pertama menjejaki jalan setapak yang sangat licin, yang akhirnya membawa kepada tindakan menyamakan Yehovah dengan dewa-dewa bangsa-bangsa yang ada waktu itu (bdg. Yes. 40; Yer. 10).

Wycliffe: Kel 32:6 - Bangunlah mereka dan bersukaria 6. Bangunlah mereka dan bersukaria. Penyembahan berhala senantiasa disertai dengan tari-tarian sensual dan tidak senonoh yang merupakan bagian dari up...

6. Bangunlah mereka dan bersukaria. Penyembahan berhala senantiasa disertai dengan tari-tarian sensual dan tidak senonoh yang merupakan bagian dari upacara agama kesuburan.

Wycliffe: Kel 32:7 - Bangsamu 7. Bangsamu. Dengan istilah ini Allah tampaknya membuang Israel. Frasa ini mungkin dipergunakan (sebagaimana pandangan KD) sebab mereka melanggar perj...

7. Bangsamu. Dengan istilah ini Allah tampaknya membuang Israel. Frasa ini mungkin dipergunakan (sebagaimana pandangan KD) sebab mereka melanggar perjanjian yang diperantarai oleh Musa, sehingga mereka secara khusus adalah milik Musa.

Wycliffe: Kel 32:10 - "Engkau akan Kubuat menjadi ... " 10. "Engkau akan Kubuat menjadi ... " Allah meletakkan nasib bangsa itu di tangan Musa agar dia ingat kembali akan kedudukannya sebagai perantara, dan...

10. "Engkau akan Kubuat menjadi ... " Allah meletakkan nasib bangsa itu di tangan Musa agar dia ingat kembali akan kedudukannya sebagai perantara, dan menunjukkan bahwa dia layak memikul jabatan tersebut. Tindakan Allah merendahkan diri ini, yang meletakkan pemeliharaan atau pemusnahan bangsa Israel itu di tangan Musa, ditambah dengan janji yang memberikan kebebasan penuh kepada Musa untuk mengambil keputusan ... merupakan sebuah ujian besar bagi Musa, apakah dia bersedia menyerahkan bangsanya sendiri, yang sarat dengan kesalahan, sebagai harga untuk mengangkat dirinya sendiri atau tidak. Musa berhasil dalam ujian tersebut. Pemeliharaan Israel lebih berharga baginya daripada kehormatan menjadi kepala dan pendiri Kerajaan Allah yang baru" (KD).

Wycliffe: Kel 32:11 - -- 11. Musa memohon keselamatan Israel di dalam doa syafaat ini sebab mereka adalah umat-Mu; sebab kelepasan besar yang Allah sudah lakukan bagi mereka; ...

11. Musa memohon keselamatan Israel di dalam doa syafaat ini sebab mereka adalah umat-Mu; sebab kelepasan besar yang Allah sudah lakukan bagi mereka; dan juga agar jangan sampai orang Mesir mengejek mereka sebab salah memahami alasan pemusnahan bangsa itu; dan akhirnya, Musa merujuk kepada janji yang diberikan kepada nenek moyang mereka.

Wycliffe: Kel 32:14 - Menyesallah Tuhan 14. Menyesallah Tuhan. "Allah dengan demikian dikatakan "menyesal" bukan karena Dia benar-benar mengubah maksudNya, tetapi karena kelihatannya Dia ber...

14. Menyesallah Tuhan. "Allah dengan demikian dikatakan "menyesal" bukan karena Dia benar-benar mengubah maksudNya, tetapi karena kelihatannya Dia berbuat demikian apabila sebagai akibat dari perubahan watak dan perilaku manusia, Dia harus mengadakan perubahan yang sesuai terhadap maksud untuk mereka yang Ia katakan sebelumnya dan mengambil sikap baru terhadap mereka" (Cambridge Bible). Keil dan Delitzsch menyebut "pengertian rohani yang amat dalam tentang penyesalan Allah, sebagai sebuah gambaran antropopatis mengenai penderitaan yang disebabkan oleh kasih Allah ketika menyaksikan pemusnahan ciptaan-Nya.

Wycliffe: Kel 32:19 - -- 19. Pemandangan aktual dari pelanggaran terang-terangan bangsa Israel itu lebih kuat mempengaruhi Musa daripada yang dapat dihasilkan oleh laporan yan...

19. Pemandangan aktual dari pelanggaran terang-terangan bangsa Israel itu lebih kuat mempengaruhi Musa daripada yang dapat dihasilkan oleh laporan yang ia terima. Dengan dikuasai oleh kejengkelan mendalam Musa melemparkan dua loh batu di tangannya ke tanah, yang perintah-perintah di atasnya sudah dilanggar terlebih dahulu oleh hati dan tindakan bangsa tersebut.

Wycliffe: Kel 32:20 - -- 20. Bagian kayu dari patung tersebut kemudian dibakar, bahan tembaganya mencair dan debu dari arang serta cairan emas itu kemudian ditaburkan ke atas ...

20. Bagian kayu dari patung tersebut kemudian dibakar, bahan tembaganya mencair dan debu dari arang serta cairan emas itu kemudian ditaburkan ke atas air. Bangsa itu direndahkan dengan meminum dosa mereka sendiri.

Wycliffe: Kel 32:25-29 - -- 4) Penghukuman Atas Para Penyembah Berhala (32:25-29). Orang-orang Lewi mungkin terlibat juga di dalam dosa bangsa tersebut, tetapi jika memang demik...

4) Penghukuman Atas Para Penyembah Berhala (32:25-29).

Orang-orang Lewi mungkin terlibat juga di dalam dosa bangsa tersebut, tetapi jika memang demikian, mereka pasti langsung merasa malu, bertobat dan bersedia beralih dari penyembahan berhala kepada penyembahan Yehovah. Terus bertahannya suku-suku yang lain di dalam dosa mereka tampak dari ketidaksediaan mereka untuk menanggapi panggilan, Siapa yang berpihak kepada Tuhan, datanglah kepadaku! (ay. 26).

Wycliffe: Kel 32:25 - Kuda terlepas dari kandang 25. Kuda terlepas dari kandang. Maksudnya, terlepas dari segala kendali dan kesetiaan kepada Allah.

25. Kuda terlepas dari kandang. Maksudnya, terlepas dari segala kendali dan kesetiaan kepada Allah.

Wycliffe: Kel 32:27 - Berjalanlah kian kemari melalui perkemahan itu dari pintu gerbang ke pintu gerbang 27. Berjalanlah kian kemari melalui perkemahan itu dari pintu gerbang ke pintu gerbang. Bersihkanlah perkemahan itu dari ujung ke ujung (Moffatt). "Se...

27. Berjalanlah kian kemari melalui perkemahan itu dari pintu gerbang ke pintu gerbang. Bersihkanlah perkemahan itu dari ujung ke ujung (Moffatt). "Sebagaimana halnya dengan pemusnahan lainnya, pemilihan siapa yang dimusnahkan harus ditentukan melalui undian atau pilihan acak, yaitu ke atas siapa saja pedang orang Lewi itu jatuh, dengan mengetahui benar bahwa cara acak itu pun berada di bawah pimpinan Allah . . . Sikap tidak menolak dari bangsa itu mungkin sebagian disebabkan oleh rasa hormat mereka kepada Musa yang oleh Allah diberi kuasa demikian luar biasa dan hebat sebagai hamba-Nya di hadapan seluruh bangsa itu, dan sebagian lagi mungkin akibat kehilangan semangat dan ketakutan yang demikian biasa dialami oleh nurani yang merasa bersalah" (KD).

Wycliffe: Kel 32:29 - Baktikanlah dirimu ... masing-masing dengan membayarkan jiwa anaknya laki-laki 29. Baktikanlah dirimu ... masing-masing dengan membayarkan jiwa anaknya laki-laki. Demi anaknya laki-laki (American Standard Version; LXX; Vulgata). ...

29. Baktikanlah dirimu ... masing-masing dengan membayarkan jiwa anaknya laki-laki. Demi anaknya laki-laki (American Standard Version; LXX; Vulgata). Kamu telah menyerahkan dirimu . . . masing-masing dengan harga anaknya laki-laki (Revised Standard Version). "Untuk Tuhan, seseorang tidak boleh menyayangkan kerabatnya yang paling dekat sekalipun, tetapi harus menyangkal putranya atau saudaranya sendiri bagi Tuhan" (KD; bdg. Ul. 33:9; Mat. 10:37, 38).

Wycliffe: Kel 32:30 - Mungkin aku akan dapat mengadakan pendamaian 30. Mungkin aku akan dapat mengadakan pendamaian. Pendamaian bagi dosa merupakan hal yang jauh lebih besar daripada yang dapat dipahami oleh Musa seka...

30. Mungkin aku akan dapat mengadakan pendamaian. Pendamaian bagi dosa merupakan hal yang jauh lebih besar daripada yang dapat dipahami oleh Musa sekalipun. Hanya Anak Domba Allah yang dapat menghapus dosa dunia.

Wycliffe: Kel 32:32 - Hapuskanlah kiranya namaku dari dalam kitab yang telah Kautulis 32. Hapuskanlah kiranya namaku dari dalam kitab yang telah Kautulis. "Keluarkan dari persekutuan dengan Allah yang hidup, atau dari kerajaan orang-ora...

32. Hapuskanlah kiranya namaku dari dalam kitab yang telah Kautulis. "Keluarkan dari persekutuan dengan Allah yang hidup, atau dari kerajaan orang-orang yang hidup di hadapan Allah, dan serahkan kepada maut. Selaku perantara sejati dari umatnya, Musa bersedia untuk mempertaruhkan nyawanya sendiri bagi keselamatan bangsa itu dan bersedia untuk tidak hidup di hadapan Allah, yaitu jika Yehovah tidak mau mengampuni dosa mereka" (KD; bdg. Rm. 9:3). "Tidak mudah untuk mengukur kasih Musa atau Paulus, sebab batasan-batasan sempit dari kekuatan nalar kita tidak dapat memahaminya, seperti seorang anak kecil tidak mampu memahami keberanian dari para pahlawan perang": (Bengel, Gnomon of the NT).

Wycliffe: Kel 32:33 - Siapa yang berdosa kepada-Ku 33. Siapa yang berdosa kepada-Ku. Bahkan pengorbanan Musa pun tidak bisa menghapus dosa.

33. Siapa yang berdosa kepada-Ku. Bahkan pengorbanan Musa pun tidak bisa menghapus dosa.

Wycliffe: Kel 32:34 - -- 34. "Musa berhasil memperoleh kepastian akan pemeliharaan atas bangsa itu dan jaminan bahwa mereka akan memasuki negeri yang dijanjikan di bawah perli...

34. "Musa berhasil memperoleh kepastian akan pemeliharaan atas bangsa itu dan jaminan bahwa mereka akan memasuki negeri yang dijanjikan di bawah perlindungan Allah melalui doa syafaatnya, dan menghindarkan bangsa itu dari pembatalan perjanjian; namun hubungan perjanjian yang semula ada tidak dipulihkan keutuhannya. Sekalipun kasih karunia bisa memperlunak dan mengubah murka Allah, kasih karunia tidak dapat mempengaruhi keadilan Allah yang kudus" (KD).

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Kel 32:1-14 - Menyembah buatan tangan sendiri. (Selasa, 16 September 1997) Menyembah buatan tangan sendiri. Umat Israel tidak sabar lagi. Mereka sudah menyaksikan guruh mengguntur, gunung berasap, dan Musa mendaki Gunung Sina...

SH: Kel 32:15-35 - Kasih Allah dan hukuman-Nya (Selasa, 25 April 2006) Kasih Allah dan hukuman-Nya Sebagai pemimpin, Musa cepat tanggap melihat situasi umat Israel yang kacau dan tak terkendali (ayat 25). Pertamatama, I...

SH: Kel 32:15-35 - Kepemimpinan yang baik. (Rabu, 17 September 1997) Kepemimpinan yang baik. Ditimbang sepintas lalu, Harun lebih mampu memimpin umat Israel daripada Musa. Harun berkarisma dan pandai berbicara (Kel. 4:1...

Topik Teologia: Kel 32:9 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Unsur-unsur Pembentuk Keindividualitas Manusia Bagian dari Tubuh Manusia sebagai Aspek Moral Kemanusiaan ...

Topik Teologia: Kel 32:10 - -- Dosa Dosa Menyebabkan Kehancuran Nasional Kel 32:9-10 Ula 9:8,13-14,22 2Ta 30:8 Neh 9:36-37 Maz 9:18 Yes 28:18-22 Yes 32:9-14 Yes 4...

Topik Teologia: Kel 32:13 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Natur yang Terkait dari Umat Manusia Israel sebagai Kesatuan yang Terkait Individu Merepresentasikan Isr...

Topik Teologia: Kel 32:15 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus

Topik Teologia: Kel 32:19 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Allah Dosa-dosa Pencemaran Tempat Suci Penyembahan Berhala Berhala Harus Dihancurkan Kel 32:19-2...

Topik Teologia: Kel 32:31 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Natur yang Terkait dari Umat Manusia Israel sebagai Kesatuan yang Terkait Individu Merepresentasikan Isr...

Topik Teologia: Kel 32:33 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Natur yang Terkait dari Umat Manusia Israel sebagai Kesatuan yang Terkait Individu Merepresentasikan Isr...

Topik Teologia: Kel 32:34 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik Pekerjaan Para Malaikat Baik Para Malaikat di Dalam Sejarah Perjanjian Lama ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Keluaran (Pendahuluan Kitab) Penulis : Musa Tema : Penebusan Tanggal Penulisan: Sekitar 1445-1405 SM Latar Belakang Keluaran melanjutkan kisah yang dimulai...

Full Life: Keluaran (Garis Besar) Garis Besar I. Penindasan Orang Ibrani di Mesir (Kel 1:1-11:10) A. Beban Orang yang Tertindas (Kel 1...

Jerusalem: Keluaran (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR JUDUL-JUDUL, PEMBAGIAN DAN ISI Kelima buku pertama Kitab Suci merupakan suatu kesatuan yang oleh orang-orang Yahudi diberi nama "Hukum&...

Ende: Keluaran (Pendahuluan Kitab) PENGUNGSIAN KATA PENGANTAR Kitab pengungsian terdiri dari bagian Riwajat dan bagian Perundang-perundangan jang erat berhubungan. Adapun intinja ialah:...

Wycliffe: Keluaran (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN KELUARAN Judul. Nama Keluaran diterjemahkan dari bahasa Inggris, Exodus, yang merupakan transliterasi dari Septuaginta dan sampai kepada ...

Wycliffe: Keluaran (Garis Besar) GARIS BESAR KELUARAN I. Pembebasan Israel (1:1-18:27) A. Pendahuluan (1:1-7) B. Perbudakan di Mesir (1:8-22) C. Pem...

BIS: Keluaran (Pendahuluan Kitab) KELUARAN PENGANTAR Nama Keluaran diambil dari peristiwa pokok yang diceritakan dalam buku ini, yaitu keluarnya bangsa Israel dari Mesir, tempat mere

KELUARAN

PENGANTAR

Nama Keluaran diambil dari peristiwa pokok yang diceritakan dalam buku ini, yaitu keluarnya bangsa Israel dari Mesir, tempat mereka diperbudak. Dalam buku ini ada tiga bagian yang penting:

  1. 1. Pembebasan orang Ibrani dari perbudakan dan perjalanan mereka ke Gunung Sinai.
  2. 2. Perjanjian Allah dengan umat-Nya di Sinai. Kepada bangsa Israel diberikan hukum-hukum moral, sipil dan keagamaan untuk pedoman hidup.
  3. 3. Pembuatan tempat beribadat dengan segala peralatannya untuk bangsa Israel; peraturan-peraturan untuk para imam dan cara beribadat kepada Allah.

Buku ini terutama mengisahkan apa yang dilakukan Allah pada waktu Ia membebaskan umat-Nya yang diperbudak, lalu membina mereka menjadi suatu bangsa yang mempunyai harapan bagi masa depan. Tokoh utama dalam buku ini adalah Musa, orang yang dipilih Allah untuk memimpin umat-Nya keluar dari Mesir. Bagian yang paling terkenal dari buku ini ialah daftar Sepuluh Perintah dalam Pasal 20 (Kel 20:1-17).

Isi

  1.  Bangsa Israel dibebaskan dari Mesir
    Kel 1:1-15:21
    1. a. Perbudakan di Mesir
      Kel 1:1-22
    2. b. Kelahiran Musa dan masa hidupnya di Midian
      Kel 2:1-4:31
    3. c. Musa dan Harun menghadap raja Mesir
      Kel 5:1-11:10
    4. d. Paskah dan keberangkatan dari Mesir
      Kel 12:1-15:21
  2.  Dari Laut Gelagah ke Gunung Sinai
    Kel 15:22-18:27
  3.  Hukum-hukum Allah dan Perjanjian
    Kel 19:1-24:18
  4.  Kemah TUHAN dan peraturan-peraturan ibadat
    Kel 25:1-40:38

Ajaran: Keluaran (Pendahuluan Kitab) Tujuan Agar anggota jemaat mengerti bahwa Allah setia terhadap janji-Nya dan berkuasa memelihara umat-Nya. Pendahuluan Penulis : Musa. Isi Kitab

Tujuan

Agar anggota jemaat mengerti bahwa Allah setia terhadap janji-Nya dan berkuasa memelihara umat-Nya.

Pendahuluan

Penulis : Musa.

Isi Kitab: Kitab Keluaran merupakan kitab kedua dari kitab-kitab dalam Perjanjian Lama dan terdiri dari 40 pasal. Isi kitab Keluaran dapat dibagi menjadi dua bagian yakni:

  1. Sejarah keluarnya bangsa Israel dari Mesir, dan
  2. Sejarah Perjalanan bangsa Israel di Padang Gurun.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Keluaran

  1. Pasal 1-15 (Kel 1:1-15:21).

    Sejarah keluarnya bangsa Israel dari Mesir Setelah Yusuf meninggal, maka di kemudian hari muncul pemimpin Mesir yang kejam. Bangsa Israel tidak hidup dengan tenang lagi di Mesir. Mereka hidup dalam perbudakan. Tetapi Allah mengasihi umat-Nya, karena itu Ia memberikan seorang pemimpin bagi bangsa Israel untuk keluar dari Mesir.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kel 1:10-14. Bagaimana keadaan bangsa Israel di Mesir?
    2. Bacalah pasal Kel 2:1-10. Bagaimana kelahiran dan pertumbuhan Musa? Mengapakah ia diberi nama Musa?
    3. Bacalah pasal Kel 3:4-10. Siapakah yang mengutus Musa? Dan apakah tugasnya?
    4. Ceritakanlah dengan singkat tentang cara Tuhan memaksa Firaun dengan malapetaka agar bangsa Israel dapat keluar dari Mesir dengan selamat. (dari pasal Kel 7:14-12:30).
    5. Ceritakanlah dengan singkat kejadian ajaib di laut Teberau (dari pasal 14; Kel 14:1-31).
  2. Pasal 15-40 (Kel 15:22-40:38).

    Sejarah perjalanan bangsa Israel di padang gurun Dalam perjalanan bangsa Israel, pimpinan Tuhan selalu nyata. Waktu mereka tiba di Mara, Allah, dengan tanda ajaib, menolong menyediakan air yang mereka butuhkan sehingga dapat melanjutkan perjalanannya (pasal Kel 15:22-27). Dan ketika bangsa Israel tiba di Gurun Sin dan mulai bersungut-sungut tentang makanan, Allah memberikan roti Mana. Akhirnya mereka tiba di kaki gunung Sinai. Allah menampakkan diri dalam api dan awan tebal di atas gunung Sinai lalu memberikan kesepuluh perintah-Nya. Dan juga Allah memberikan peraturan hidup sehari-hari, sebagai umat Allah. Dalam kesempatan ini juga umat Allah ini merencanakan pembangunan Kemah Suci yang menjadi lambang kebenaran rohani yang sangat indah. Namun pembangunan terhambat karena umat Allah ini berbuat dosa dengan menyembah patung anak lembu emas sebagai ilah mereka. Tuhan menghukum mereka melalui Musa hamba-Nya. Setelah mereka bertobat, pembangunan dilanjutkan. Akhirnya segala perlengkapan kebaktian dan Kemah Suci selesai. Kemuliaan Allah memenuhi Kemah Suci tersebut.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kel 15:22-27; 16:9-18. Pertolongan apakah yang Tuhan berikan kepada umat-Nya? Karena itu janganlah kuatir tentang segala kebutuha hidup kita.
    2. Bacalah pasal Kel 20:1-17; 31:18. Apakah isi kesepuluh Hukum Allah itu?
    3. Bacalah pasal Kel 32:1-35. Dosa apakah yang umat Allah perbuat? Mengapa mereka melakukan itu? (Kel 32:22-24). Apakah yang dilakukan Musa terhadap mereka? (Kel 32:25-30). Apakah tanggapan Allah terhadap dosa ini? (Kel 32:31-35).
    4. Bacalah pasal Kel 39:32; 40:34-38. Menurut petunjuk dan kehendak siapakah umat Alla membuat tempat ibadah?

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Allah di dalam kemahabesaran dan kesetiaan akan janji-Nya melepaskan umat-Nya dari penderitaan dan perbudakan.

  2. Allah di dalam menjaga kekudusan bangsa dan umat-Nya, memberikan batasan- batasan di dalam kehidupannya.

  3. Di dalam ketidaktaatan umat-Nya, Allah menunjukkan kesabaran dan kasih- Nya.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Bagaimanakah kehidupan bangsa Israel di Mesir?
  2. Bagaimanakah (dengan apakah) Allah menghukum bangsa Israel?
  3. Siapakah yang dipanggil Allah untuk menyelamatkan (memimpin) bangs Israel?
  4. Apakah yang diberikan Allah sebagai makanan untuk bangsa Israel di padan gurun?
  5. Bagaimanakah sikap bangsa Israel selama di padang gurun?
  6. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan dari kitab ini?

Intisari: Keluaran (Pendahuluan Kitab) Lahirnya Satu Bangsa MENGAPA KELUARAN?"Keluaran" adalah judul kitab Musa yang kedua dalam Perjanjian Lama. Sebenarnya penggambaran mengenai keluarnya

Lahirnya Satu Bangsa

MENGAPA KELUARAN?
"Keluaran" adalah judul kitab Musa yang kedua dalam Perjanjian Lama. Sebenarnya penggambaran mengenai keluarnya bangsa Israel dari Mesir hanya sebagian dari isi kitab itu.

MENGENAI APA?
Kitab Keluaran terdiri dari tiga bagian penting.
1. Riwayat Musa: bagaimana ia diselamatkan waktu masih bayi; bagaimana ia dibesarkan di istana Firaun; bagaimana ia dipanggil oleh Allah dari semak belukar yang menyala; bagaimana ia menantang Firaun untuk membebaskan bangsanya dari perbudakan; dan bagaimana akhirnya ia memimpin bangsanya dengan penuh kemenangan menyeberangi Laut Merah menuju ke padang belantara Gunung Sinai.
2. Bagian kedua dari Kitab Keluaran berisi komunikasi Allah dengan Musa di Gunung Sinai, pemberian Sepuluh Perintah Allah dan perintah-perintah lainnya.
3. Bagian terakhir terutama menceritakan tiga hal, yaitu: pembuatan Tabut Perjanjian tempat menyimpan loh batu yang berisi Sepuluh Perintah Allah; pembuatan Kemah Suci untuk tempat menyimpan kotak Tabut Perjanjian; dan aturan-aturan terinci tentang peribadatan.

APA ARTI KITAB KELUARAN BAGI KITA DEWASA INI?
Catatan utama dalam Kitab itu ialah tentang penebusan, yaitu pembebasan dari perbudakan. Kitab Keluaran memberikan banyak ilustrasi yang membantu kita untuk mengerti penebusan kita sendiri melalui Tuhan kita Yesus Kristus. Domba Paskah (Kel 12:1-11) jelaslah melambangkan Anak Domba Allah yang menanggung dosa dunia (Yoh 1:29). Kristus disebut sebagai Anak Domba Paskah oleh Paulus (1Ko 5:7), sementara itu Petrus menamakan-Nya sebagai Anak Domba yang tak bernoda dan tak bercacat (1Pe 1:19). Pada bagian terakhir Kitab Keluaran kita diingatkan bahwa sebagai umat yang sudah ditebus, kita dipanggil untuk menjadi umat penyembah Allah. Allah mengajar umat-Nya dengan memakai alat-alat bantu visual. Kemah Suci melambangkan kehadiran Allah di antara umat-Nya. Perlu kita ingat bahwa Kristus dikatakan berdiam (berkemah) di antara kita (Yoh 1:14). Jadi, Kitab Keluaran merupakan contoh bagaimana Perjanjian Lama menerangi Perjanjian Baru. Bilamana kita mempelajari Kitab Keluaran kita melihat cara Allah melepaskan umat-Nya dari perbudakan serta rencana-rencana selanjutnya bagi mereka, dan kisah ini berlaku bagi setiap orang yang menyadari kebutuhannya untuk ditebus.

Pesan

1. Pembebasan dari perbudakan.
Keluaran membawa kita kepada asal mula keberadaan Israel sebagai suatu bangsa. Kel 1:1-12:36. Catatan penting dari Keluaran ialah mengenai pembebasan atau penyelamatan. Dalam pasal-pasal pertama kita diceritakan bagaimana bangsa itu dipersiapkan untuk dibebaskan dan bagaimana Allah bangkit dalam diri Musa, seorang pembebas. Kemudian orang Israel dipimpin keluar dari Mesir dan setelah itu dibentuk menjadi suatu bangsa di Sinai. Kel 12:37-19:25. Sisa kitab itu menceritakan hal-hal yang berhubungan dengan kelanjutan Israel sebagai bangsa yang mempunyai hubungan perjanjian dengan Allah. Kel 20:1-40:38.

2. Penebusan dosa.
Kitab Keluaran dapat dibagi menjadi tiga bagian:
o Kebutuhan bangsa itu akan kebebasan terlihat dari penderitaan mereka di bawah tekanan bangsa Mesir. Hal ini dapat juga dilihat sebagai gambaran dari perbudakan manusia oleh dosa dan karenanya mereka sungguh-sungguh perlu dibebaskan.
o Tempat pembebasan digambarkan. Tidak pernah diragukan bahwa pada akhirnya mereka akan berhasil, tetapi sementara itu terdapat banyak kekecewaan. Puncak peristiwa ialah pengorbanan Domba Paskah. Darah di ambang pintu rumah-rumah bangsa Israel merupakan jaminan keselamatan mereka. Bagi orang Kristen, Kristus adalah Domba Paskah yang darah-Nya menjamin pengampunan dosa dan kehidupan yang baru.
o Setelah penyelamatan tibalah penyucian. Allah akan memasuki suatu perjanjian dengan umat-Nya yang harus menjadi saksi-saksi-Nya yang istimewa di dalam dunia ini. Sebagai bangsa yang sudah ditebus oleh Allah, mereka terpanggil untuk taat kepada-Nya. Sepuluh Perintah merupakan peraturan Allah mengenai moralitas. Mereka juga perlu berhubungan terus dengan Allah melalui penyembahan secara teratur. Oleh karenanya, mereka diberi petunjuk-petunjuk mengenai apa yang harus mereka lakukan. Kemah suci merupakan tempat mereka bertemu dengan Allah dan yakin akan kehadiran-Nya di situ.

Penerapan

Dalam Kitab Keluaran kita banyak belajar tentang sifat-sifat Allah.

1. Allah berdaulat
Dia mengendalikan sejarah dan melakukan segala sesuatu bagi kemuliaan-Nya.

2. Allah memperhatikan umat-Nya
Dia menguasai segala peristiwa dengan tujuan utama kesejahteraan bagi umat-Nya.

3. Allah mencukupi kebutuhan umat-Nya
Manna dan burung puyuh merupakan bukti nyata bahwa Tuhan sungguh-sungguh mencukupi kebutuhan anak-anak-Nya.

4. Allah itu kudus
Dalam keseluruhan Kitab Keluaran kekudusan Allah dijelaskan kepada Musa dan kepada bangsa Israel pada umumnya. Kita seharusnya membungkuk dengan hormat di hadapan-Nya.

5. Allah mengharapkan ketaatan dari umat-Nya
Sepuluh Perintah mencerminkan harapan Allah yang mendasar terhadap umat-Nya, laki-laki dan perempuan, dan Dia menginginkan ketaatan dalam pikiran, perkataan serta perbuatan.

6. Allah memimpin umat-Nya
Allah memimpin umat-Nya di padang gurun dengan awan dan api -- pada masa kini Dia memimpin melalui Roh-Nya yang tinggal di dalam hati umat-Nya.

7. Allah mengharapkan penyembahan dari manusia
Pada zaman Musa diberikan petunjuk-petunjuk terperinci mengenai bagaimana harus menyembah Allah. Semua ini dimaksudkan untuk mengingatkan umat penyembah Allah mengenai kekudusan dan kemuliaan-Nya. Penyembahan tidak kurang pentingnya pada masa kini; kendatipun kita tidak lagi diminta untuk mengikuti cara penyembahan yang sudah diatur secara terperinci dalam Perjanjian Lama, kita harus ingat bahwa kita menyembah Allah kudus yang sama.

Tema-tema Kunci

1. Kemerdekaan
Keluaran dimulai dengan gambaran mengenai bagaimana bangsa Israel menggeliat di bawah kuk perbudakan. Bacalah Keluaran 1:11-14. Kebebasan mereka tidak diperoleh dengan mudah, tetapi kebebasan itu sempurna. Domba Paskah akan selalu dipandang oleh orang Kristen sebagai suatu gambaran dari Anak Domba Allah dan sebagai peringatan bagi kita, bahwa kita pun selalu telah dibebaskan dari bahaya dan perbudakan dosa. Carilah dalam Perjanjian Baru sebutan Yesus sebagai Anak Domba Allah: Yoh 1:29,36; Kis 8:32-35; 1Ko 5:7; 1Pe 1:18, 19, dan telusurilah penggunaan istilah itu dalam Kitab Wahyu. Penghargaan apa yang Anda berikan atas pembebasan Anda dari perbudakan dosa?

2. Peraturan
Para budak yang baru dibebaskan diingatkan bahwa Allah mengharapkan ketaatan dari umat-Nya. Sepuluh Perintah itu sangat luar biasa, karena semua perintah itu membentuk suatu aturan moralitas yang cocok bagi semua orang di segala zaman. Perintah-perintah itu tidak pernah lapuk. Mereka yang telah menerima Yesus sebagai Juruselamat harus ingat, bahwa mereka juga harus menyembah-Nya sebagai Tuhan. Dia berkata, "Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku" (Yoh 14:15). Pada akhirnya ketaatan akan mempengaruhi sikap dan motivasi serta perbuatan. Periksalah kata-kata Yesus dalam Matius 5:21-48.

3. Penyembahan
Setelah bangsa Israel dibebaskan, mereka segera diberi petunjuk mengenai bagaimana mereka harus menyembah Allah. Kemah Suci merupakan peringatan nyata dari kehadiran Allah di tengah-tengah umat-Nya dan bangsa Israel menemukan sifat-sifat kesucian Allah, dan bahwa orang berdosa tidak dapat menghampiri Allah dengan seenaknya. Mezbah kuningan merupakan tempat untuk mengadakan korban bakaran dan ini merupakan satu-satunya jalan untuk menghampiri hadirat Allah. Pakaian imam dirancang dengan teliti, karena ia adalah orang yang mewakili umat di hadapan Allah. Setiap rinci berfungsi untuk menekankan kekudusan Allah. Kita yang telah menjadi imamat rajani dengan menjadi anak-anak Allah diingatkan, bahwa Allah tetap kudus dan hal ini harus tercermin dalam penyembahan kita. Periksalah di dalam Keluaran pemakaian kata-kata "kudus" dan "kekudusan", perhatikan bagaimana kata-kata itu menyangkut baik Allah maupun umat-Nya. Fakta mengenai kekudusan Allah seharusnya membawa pengaruh apa dalam sikap, penyembahan dan cara hidup kita?

Garis Besar Intisari: Keluaran (Pendahuluan Kitab) [1] BANGSA ISRAEL DI MESIR Kel 1:1-22 Kel 1:1-7Lahirnya suatu bangsa Kel 1:8-22Perbudakan suatu bangsa [2] MUSA SI PEMBEBAS Kel 2:1-4:3 Kel

[1] BANGSA ISRAEL DI MESIR Kel 1:1-22

Kel 1:1-7Lahirnya suatu bangsa
Kel 1:8-22Perbudakan suatu bangsa

[2] MUSA SI PEMBEBAS Kel 2:1-4:3

Kel 2:1-10Kelahiran dan masa muda Musa
Kel 2:11-25Kekecewaan Musa
Kel 3:1-10Panggilan terhadap Musa
Kel 3:11-15Keraguan Musa dan penampakan diri Allah
Kel 3:16-22Pengutusan
Kel 4:1-17Keberatan-keberatan Musa
Kel 4:18-31Musa menerima panggilan-Nya

[3] PEMBEBASAN DARI PERBUDAKAN Kel 5:1-18:27

Kel 5:1-23Musa berselisih dengan Firaun
Kel 6:1-8Musa diyakinkan kembali oleh Allah
Kel 6:9-13Panggilan Allah kepada Musa diperbarui
Kel 6:14-27Data nenek moyang Musa
Kel 6:28-7:7Perjanjian dengan Musa
Kel 7:8-11:10Perselisihan dengan Firaun
Kel 12:1-13:22Perayaan Paskah dan Pembebasan dari Mesir
Kel 14:1-15:21Menyeberangi Laut Merah
Kel 15:22-18:27Pengalaman di padang belantara

[4] PERATURAN DAN PERJANJIAN Kel 19:1-31:18

Kel 19:1-25Bangsa Israel di Sinai
Kel 20:1-26Perjanjian Musa
Kel 21:1-23:33Kitab Perjanjian
Kel 24:1-18Pengesahan perjanjian
Kel 25:1-31:18Cara-cara penyembahan

[5] KEGAGALAN DAN PEMBARUAN Kel 32:1-40:38

Kel 32:1-34:35Kegagalan bangsa Israel
Kel 35:1-40:38Pekerjaan dan Penyembahan
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #12: Klik ikon untuk membuka halaman teks alkitab saja. [SEMUA]
dibuat dalam 0.58 detik
dipersembahkan oleh YLSA