kecilkan semua  

Teks -- 1 Korintus 7:12-40 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
7:12 Kepada orang-orang lain aku, bukan Tuhan, katakan: kalau ada seorang saudara beristerikan seorang yang tidak beriman dan perempuan itu mau hidup bersama-sama dengan dia, janganlah saudara itu menceraikan dia. 7:13 Dan kalau ada seorang isteri bersuamikan seorang yang tidak beriman dan laki-laki itu mau hidup bersama-sama dengan dia, janganlah ia menceraikan laki-laki itu. 7:14 Karena suami yang tidak beriman itu dikuduskan oleh isterinya dan isteri yang tidak beriman itu dikuduskan oleh suaminya. Andaikata tidak demikian, niscaya anak-anakmu adalah anak cemar, tetapi sekarang mereka adalah anak-anak kudus. 7:15 Tetapi kalau orang yang tidak beriman itu mau bercerai, biarlah ia bercerai; dalam hal yang demikian saudara atau saudari tidak terikat. Tetapi Allah memanggil kamu untuk hidup dalam damai sejahtera. 7:16 Sebab bagaimanakah engkau mengetahui, hai isteri, apakah engkau tidak akan menyelamatkan suamimu? Atau bagaimanakah engkau mengetahui, hai suami, apakah engkau tidak akan menyelamatkan isterimu?
Hidup dalam keadaan seperti waktu dipanggil Allah
7:17 Selanjutnya hendaklah tiap-tiap orang tetap hidup seperti yang telah ditentukan Tuhan baginya dan dalam keadaan seperti waktu ia dipanggil Allah. Inilah ketetapan yang kuberikan kepada semua jemaat. 7:18 Kalau seorang dipanggil dalam keadaan bersunat, janganlah ia berusaha meniadakan tanda-tanda sunat itu. Dan kalau seorang dipanggil dalam keadaan tidak bersunat, janganlah ia mau bersunat. 7:19 Sebab bersunat atau tidak bersunat tidak penting. Yang penting ialah mentaati hukum-hukum Allah. 7:20 Baiklah tiap-tiap orang tinggal dalam keadaan, seperti waktu ia dipanggil Allah. 7:21 Adakah engkau hamba waktu engkau dipanggil? Itu tidak apa-apa! Tetapi jikalau engkau mendapat kesempatan untuk dibebaskan, pergunakanlah kesempatan itu. 7:22 Sebab seorang hamba yang dipanggil oleh Tuhan dalam pelayanan-Nya, adalah orang bebas, milik Tuhan. Demikian pula orang bebas yang dipanggil Kristus, adalah hamba-Nya. 7:23 Kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar. Karena itu janganlah kamu menjadi hamba manusia. 7:24 Saudara-saudara, hendaklah tiap-tiap orang tinggal di hadapan Allah dalam keadaan seperti pada waktu ia dipanggil. 7:25 Sekarang tentang para gadis. Untuk mereka aku tidak mendapat perintah dari Tuhan. Tetapi aku memberikan pendapatku sebagai seorang yang dapat dipercayai karena rahmat yang diterimanya dari Allah. 7:26 Aku berpendapat, bahwa, mengingat waktu darurat sekarang, adalah baik bagi manusia untuk tetap dalam keadaannya. 7:27 Adakah engkau terikat pada seorang perempuan? Janganlah engkau mengusahakan perceraian! Adakah engkau tidak terikat pada seorang perempuan? Janganlah engkau mencari seorang! 7:28 Tetapi, kalau engkau kawin, engkau tidak berdosa. Dan kalau seorang gadis kawin, ia tidak berbuat dosa. Tetapi orang-orang yang demikian akan ditimpa kesusahan badani dan aku mau menghindarkan kamu dari kesusahan itu. 7:29 Saudara-saudara, inilah yang kumaksudkan, yaitu: waktu telah singkat! Karena itu dalam waktu yang masih sisa ini orang-orang yang beristeri harus berlaku seolah-olah mereka tidak beristeri; 7:30 dan orang-orang yang menangis seolah-olah tidak menangis; dan orang-orang yang bergembira seolah-olah tidak bergembira; dan orang-orang yang membeli seolah-olah tidak memiliki apa yang mereka beli; 7:31 pendeknya orang-orang yang mempergunakan barang-barang duniawi seolah-olah sama sekali tidak mempergunakannya. Sebab dunia seperti yang kita kenal sekarang akan berlalu. 7:32 Aku ingin, supaya kamu hidup tanpa kekuatiran. Orang yang tidak beristeri memusatkan perhatiannya pada perkara Tuhan, bagaimana Tuhan berkenan kepadanya. 7:33 Orang yang beristeri memusatkan perhatiannya pada perkara duniawi, bagaimana ia dapat menyenangkan isterinya, 7:34 dan dengan demikian perhatiannya terbagi-bagi. Perempuan yang tidak bersuami dan anak-anak gadis memusatkan perhatian mereka pada perkara Tuhan, supaya tubuh dan jiwa mereka kudus. Tetapi perempuan yang bersuami memusatkan perhatiannya pada perkara duniawi, bagaimana ia dapat menyenangkan suaminya. 7:35 Semuanya ini kukatakan untuk kepentingan kamu sendiri, bukan untuk menghalang-halangi kamu dalam kebebasan kamu, tetapi sebaliknya supaya kamu melakukan apa yang benar dan baik, dan melayani Tuhan tanpa gangguan. 7:36 Tetapi jikalau seorang menyangka, bahwa ia tidak berlaku wajar terhadap gadisnya, jika gadisnya itu telah bertambah tua dan ia benar-benar merasa, bahwa mereka harus kawin, baiklah mereka kawin, kalau ia menghendakinya. Hal itu bukan dosa. 7:37 Tetapi kalau ada seorang, yang tidak dipaksa untuk berbuat demikian, benar-benar yakin dalam hatinya dan benar-benar menguasai kemauannya, telah mengambil keputusan untuk tidak kawin dengan gadisnya, ia berbuat baik. 7:38 Jadi orang yang kawin dengan gadisnya berbuat baik, dan orang yang tidak kawin dengan gadisnya berbuat lebih baik. 7:39 Isteri terikat selama suaminya hidup. Kalau suaminya telah meninggal, ia bebas untuk kawin dengan siapa saja yang dikehendakinya, asal orang itu adalah seorang yang percaya. 7:40 Tetapi menurut pendapatku, ia lebih berbahagia, kalau ia tetap tinggal dalam keadaannya. Dan aku berpendapat, bahwa aku juga mempunyai Roh Allah.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: 1Kor 7:12 - AKU, BUKAN TUHAN, KATAKAN. Nas : 1Kor 7:12 Di sini Paulus tidak semata-mata mengajukan pandangannya sendiri; tetapi sebenarnya ia mengatakan bahwa ia tidak memiliki firman da...

Nas : 1Kor 7:12

Di sini Paulus tidak semata-mata mengajukan pandangannya sendiri; tetapi sebenarnya ia mengatakan bahwa ia tidak memiliki firman dari Yesus untuk meneguhkan apa yang akan ditulisnya. Akan tetapi, ia menulis sebagai seorang yang mempunyai wewenang rasuli dan sedang berada di bawah ilham ilahi (bd. ayat 1Kor 7:25,40; 14:37).

Full Life: 1Kor 7:14 - SUAMI ... ISTERI ... ANAK-ANAK. Nas : 1Kor 7:14 Apabila seorang percaya terikat dalam suatu pernikahan dengan seorang yang tidak percaya, baik pernikahannya itu maupun anak yang d...

Nas : 1Kor 7:14

Apabila seorang percaya terikat dalam suatu pernikahan dengan seorang yang tidak percaya, baik pernikahannya itu maupun anak yang dilahirkan dalam pernikahan itu adalah absah di hadapan Allah. Karena itu, orang percaya itu harus hidup bersama dengan yang tidak percaya itu dan jangan mencari jalan untuk memecah-belah pernikahan atau rumah tangga itu. Apa lagi, oleh karena suami atau istri itu adalah orang percaya, maka ia bisa mempunyai pengaruh yang khusus sehingga pasangannya itu dapat dibimbing untuk menerima Kristus (bd. 1Pet 3:1-2).

Full Life: 1Kor 7:19 - MENTAATI HUKUM-HUKUM ALLAH. Nas : 1Kor 7:19 Bagaimana mungkin Paulus, yang dengan sangat kuat menekankan keselamatan karena iman (Rom 3:1-4:25), dapat mengatakan bahwa hal yan...

Nas : 1Kor 7:19

Bagaimana mungkin Paulus, yang dengan sangat kuat menekankan keselamatan karena iman (Rom 3:1-4:25), dapat mengatakan bahwa hal yang benar-benar penting ialah "menaati hukum-hukum Allah"? Karena keselamatan oleh iman itu harus menuju kepada ketaatan, kasih, dan hidup bagi Allah. Suatu tindakan yang kurang dari ketaatan ini bukan iman PB yang menyelamatkan (bd. Gal 5:6; 6:15).

Full Life: 1Kor 7:31 - ORANG-ORANG YANG MEMPERGUNAKAN BARANG-BARANG DUNIAWI. Nas : 1Kor 7:31 Kita hidup dalam suatu masa di mana semua hal duniawi dengan segera akan berakhir. Oleh karena alasan ini, maka kehidupan di dunia ...

Nas : 1Kor 7:31

Kita hidup dalam suatu masa di mana semua hal duniawi dengan segera akan berakhir. Oleh karena alasan ini, maka kehidupan di dunia ini hendaknya jangan menjadi perhatian utama kita; sebaliknya, kita harus mengarahkan perhatian yang utama kepada rumah sorgawi kita (Ibr 11:13-16).

Full Life: 1Kor 7:34 - PEREMPUAN YANG TIDAK BERSUAMI. Nas : 1Kor 7:34 Alkitab menegaskan bahwa status tidak menikah sama sekali tidak lebih rendah dari pada status menikah. Sebenarnya, status tidak men...

Nas : 1Kor 7:34

Alkitab menegaskan bahwa status tidak menikah sama sekali tidak lebih rendah dari pada status menikah. Sebenarnya, status tidak menikah itu lebih baik karena memungkinkan seseorang melayani Allah tanpa gangguan. Orang laki-laki yang tidak beristri (ayat 1Kor 7:32-33) maupun orang perempuan yang tidak bersuami (ayat 1Kor 7:34) dapat memusatkan pikirannya kepada perkara Tuhan dalam cara yang lebih baik daripada mereka yang menikah. "Menyerahkan segenap tubuh dan jiwa kepada Tuhan" tidak menunjuk kepada pencapaian etis, tetapi kepada kemungkinan penyerahan diri yang lebih besar kepada Allah tanpa dibebani kewajiban, persoalan, dan urusan keluarga. Mereka yang tidak menikah dapat menyerahkan dirinya dengan segala karunianya kepada Tuhan, lepas dari kesibukan-kesibukan lain, sibuk sepenuhnya dengan Tuhan dan Firman-Nya.

BIS: 1Kor 7:16 - bagaimanakah Saudara bisa tahu dengan pasti bahwa Saudara tidak dapat menyelamatkan bagaimanakah Saudara bisa tahu dengan pasti bahwa Saudara tidak dapat menyelamatkan: atau bagaimana Saudara tahu bahwa Saudara tidak dapat menyelamatk...

bagaimanakah Saudara bisa tahu dengan pasti bahwa Saudara tidak dapat menyelamatkan: atau bagaimana Saudara tahu bahwa Saudara tidak dapat menyelamatkan.

BIS: 1Kor 7:21 - Tetapi kalau nanti Saudara mendapat kesempatan untuk menjadi bebas, pakailah kesempatan itu Tetapi kalau nanti Saudara mendapat kesempatan untuk menjadi bebas, pakailah kesempatan itu: atau Tetapi walaupun engkau mendapat kesempatan untuk men...

Tetapi kalau nanti Saudara mendapat kesempatan untuk menjadi bebas, pakailah kesempatan itu: atau Tetapi walaupun engkau mendapat kesempatan untuk menjadi bebas, lebih baik engkau berbuat sebaik-baiknya dengan keadaanmu sebagai hamba.

BIS: 1Kor 7:36 - Kalau seseorang ... yang dirasanya baik Kalau seseorang ... yang dirasanya baik: atau Mengenai seorang laki-laki dan anak gadisnya: kalau ia merasa bahwa ia tidak berlaku wajar terhadap anak...

Kalau seseorang ... yang dirasanya baik: atau Mengenai seorang laki-laki dan anak gadisnya: kalau ia merasa bahwa ia tidak berlaku wajar terhadap anaknya itu, dan anak itu sudah cukup dewasa untuk kawin, maka ia harus melakukan kehendaknya dan mengawinkan anak gadisnya itu.

BIS: 1Kor 7:37 - untuk tidak kawin dengan tunangannya untuk tidak kawin dengan tunangannya: atau untuk tidak mengawinkan anak gadisnya.

untuk tidak kawin dengan tunangannya: atau untuk tidak mengawinkan anak gadisnya.

BIS: 1Kor 7:38 - tidak kawin tidak kawin: atau tidak mengawinkan anak gadisnya.

tidak kawin: atau tidak mengawinkan anak gadisnya.

Jerusalem: 1Kor 7:1-40 - -- Dalam bab ini Paulus tidak membicarakan perkawinan dan hidup wadat pada umumnya, tetapi menjawab satu demi satu pertanyaan yang diajukan kepadanya. Be...

Dalam bab ini Paulus tidak membicarakan perkawinan dan hidup wadat pada umumnya, tetapi menjawab satu demi satu pertanyaan yang diajukan kepadanya. Berturut-turut ia membahas; tentang orang yang sudah kawin (pasangan Kristen, 1Ko 7:1-11, orang Kristen yang kawin dengan orang yang bukan Kristen, 1Ko 7:12-16); tentang orang yang tidak/belum kawin (gadis, 1Ko 7:25-35, yang bertunangan, 1Ko 7:36-38, janda-janda 1Ko 7:39-40). Pegangan umum untuk memecahkan masalah-masalah yang diajukan diutarakan dalam 1Ko 7:17,20,24, yaitu: Tiap-tiap orang hendaknya tetap hidup dalam keadaan seperti waktu dipanggil untuk masuk Kristen. Urutan pikiran tidak terlalu ketat, sehingga kerap kali hidup tidak kawin disinggung sehubungan dengan perkawinan dan sebaliknya. Dengan jalan itu Paulus menyarankan bahwa kedua keadaan hidup itu saling melengkapi dan tidak dapat dimengerti terlepas satu sama lain.

Jerusalem: 1Kor 7:14 - anak-anak kudus Seperti sering kali terdapat dalam Kitab Suci kekudusan ini bukan kekudusan batiniah, melainkan lebih-lebih suatu keadaan: anak itu: anak itu "dikudus...

Seperti sering kali terdapat dalam Kitab Suci kekudusan ini bukan kekudusan batiniah, melainkan lebih-lebih suatu keadaan: anak itu: anak itu "dikuduskan" karena menjadi milik Allah, bdk Kis 9:13+. Oleh karena persatuannya dengan seorang anggota umat kudus, maka suami/isteri yang tidak percaya dihubungkan dengan Allah sejati serta umatNya yang kudus. Maka anak yang dilahirkan dari perkawinan semacam itu menurut hukum menjadi anggota umat kudus. Perlu diperhatikan bahwa tidak dikatakan apa-apa mengenai baptisan anak semacam itu.

Jerusalem: 1Kor 7:15 - biarlah ia bercerai Dipakai kata Yunani yang sama (khorizein: bercerai) seperti dalam 1Ko 7:11. Dalam 1Ko 7:11 kawin kembali dengan tegas dilarang. Di sini Paulus tidak m...

Dipakai kata Yunani yang sama (khorizein: bercerai) seperti dalam 1Ko 7:11. Dalam 1Ko 7:11 kawin kembali dengan tegas dilarang. Di sini Paulus tidak menegaskan bahwa pihak Kristen boleh kawin lagi

Jerusalem: 1Kor 7:15 - memanggil kamu Var: memanggil kita.

Var: memanggil kita.

Jerusalem: 1Kor 7:21 - pergunakanlah kesempatan itu Harafiah: sebaliknya, pergunakanlah itu. Maksudnya kurang jelas. Menurut terjemahan Indonesia ini: hamba (budak) diajak untuk mempergunakan kesempatan...

Harafiah: sebaliknya, pergunakanlah itu. Maksudnya kurang jelas. Menurut terjemahan Indonesia ini: hamba (budak) diajak untuk mempergunakan kesempatan untuk dibebaskan. Tetapi dapat juga dimengerti: sebaliknya, pergunakanlah keadaan sebagai hamba (budak).

Jerusalem: 1Kor 7:23 - hamba manusia Artinya budak secara rohani dalam cara memandang segala sesuatu secara manusiawi saja dan dalam kelakuan yang manusiawi belaka.

Artinya budak secara rohani dalam cara memandang segala sesuatu secara manusiawi saja dan dalam kelakuan yang manusiawi belaka.

Jerusalem: 1Kor 7:25 - gadis Mungkin dimaksudkan orang-orang yang tidak kawin, baik laki-laki maupun perempuan.

Mungkin dimaksudkan orang-orang yang tidak kawin, baik laki-laki maupun perempuan.

Jerusalem: 1Kor 7:26 - darurat sekarang Ialah darurat yang menyertai zaman antara kedatangan Kristus dahulu dan kedatanganNya kelak, bdk 2Ko 6:2+.

Ialah darurat yang menyertai zaman antara kedatangan Kristus dahulu dan kedatanganNya kelak, bdk 2Ko 6:2+.

Jerusalem: 1Kor 7:28 - kesusahan badani Yang dimaksudkan bukanlah kesusahan yang disebabkan hawa nafsu, 1Ko 7:2,9, tetapi kesusahan hidup perkawinan.

Yang dimaksudkan bukanlah kesusahan yang disebabkan hawa nafsu, 1Ko 7:2,9, tetapi kesusahan hidup perkawinan.

Jerusalem: 1Kor 7:29 - waktu telah singkat Ini sebuah istilah yang diambil dari peristilahan pelayaran (harafiah: waktu melipat layar-layarnya). Maksudnya berapa lamapun jangka waktu antara sek...

Ini sebuah istilah yang diambil dari peristilahan pelayaran (harafiah: waktu melipat layar-layarnya). Maksudnya berapa lamapun jangka waktu antara sekarang dan kedatangan Tuhan kelak, waktu itu sudah kehilangan pentingnya, oleh karena melalui Kristus yang bangkit, dunia yang akan datang sudah dimulai.

Jerusalem: 1Kor 7:31 - -- Gaya bahasa kalimat ini gaya bahasa seni berpidato. Maka kata-kata tidak boleh ditekankan atau diartikan secara sempit. Paulus tidak mengajak orang me...

Gaya bahasa kalimat ini gaya bahasa seni berpidato. Maka kata-kata tidak boleh ditekankan atau diartikan secara sempit. Paulus tidak mengajak orang mengabaikan hidup di dunia ini. Ia hanya mau mencegah orang Kristen menjerumuskan diri dalam urusan keduniaan hingga lupa bahwa nilainya hanya relatip saja kalau dibandingkan dengan Kristus dan KerajaanNya yang akan datang.

Jerusalem: 1Kor 7:33 - Orang yang beristeri Var: Ada perbedaan antar perempuan yang bersuami dan perawan. Perempuan yang tidak bersuami memusatkan perhatiannya pada perkara Tuhan.

Var: Ada perbedaan antar perempuan yang bersuami dan perawan. Perempuan yang tidak bersuami memusatkan perhatiannya pada perkara Tuhan.

Jerusalem: 1Kor 7:36-38 - -- Maksud ayat-ayat ini kurang jelas. Menurut tafsir yang dahulu lazim Paulus berpikir kepada seorang ayah yang bimbang apakah akan mengawinkan anak pere...

Maksud ayat-ayat ini kurang jelas. Menurut tafsir yang dahulu lazim Paulus berpikir kepada seorang ayah yang bimbang apakah akan mengawinkan anak perempuannya (gadisnya) atau tidak. Tetapi tafsir itu terbentur pada berbagai kesulitan. Karenanya semakin ditinggalkan. Juga tidak dimaksudkan bahwa gadis-gadis mencari perlindungan bagi kegadisannya pada seorang kepercayaannya, lalu hidup bersama dengannya (keadaan yang tentu saja sangat membahayakan). Setelah membicarakan suami isteri dan para gadis dan sebelum membicarakan para janda, Paulus agaknya mengarahkan perhatiannya kepada mereka yang bertunangan waktu masuk Kristen. Mereka tidak dapat dikenakan pegangan umum: Hendaklah tiap-tiap orang tetap hidup dalam keadaan seperti waktu dipanggil (1Ko 7:17,20,24). Soal dipecahkan oleh Paulus dengan cara yang sesuai dengan apa yang dikatakannya dalam 1Ko 7:8-9.

Jerusalem: 1Kor 7:39 - asal orang itu adalah seorang yang percaya Harafiah: asal dalam Tuhan. Tetapi maksudnya bahwa perempuan itu kawin dengan seorang Kristen.

Harafiah: asal dalam Tuhan. Tetapi maksudnya bahwa perempuan itu kawin dengan seorang Kristen.

Jerusalem: 1Kor 7:40 - Roh Allah Var: Roh Kristus.

Var: Roh Kristus.

Ende: 1Kor 7:12 - Orang lain itu (jang djuga diadjukan persoalannja dalam surat umat kepada Paulus itu), ialah saudara atau saudari, jang sudah kawin sebelum bertobat dan sesudah bert...

(jang djuga diadjukan persoalannja dalam surat umat kepada Paulus itu), ialah saudara atau saudari, jang sudah kawin sebelum bertobat dan sesudah bertobat pihak lain tetap takberiman. Rupanja ada didalam umat jang ragu-ragu, kalau-kalau perkawinan tjampuran jang demikian mentjemarkan pihak beriman, sehingga patut ia bertjerai sadja. Paulus sebagai rasul jang penuh berwenang menerangkan, bahwa perkawinan jang demikian tidak mentjemarkan, kalau pihak tak beriman suka hidup terus bersama dengan pihak beriman dalam damai, artinja dengan mengindahkan kepentingan-kepentingan keagamaannja.

Ende: 1Kor 7:14 - Dikuduskan karena.... Dikuduskan disini tidak berarti "dibenarkan", melainkan hanja, bahwa pihak takberiman itu sekedar masuk lingkungan umat dan dalam hubungan mesra dan s...

Dikuduskan disini tidak berarti "dibenarkan", melainkan hanja, bahwa pihak takberiman itu sekedar masuk lingkungan umat dan dalam hubungan mesra dan sutji dengan pihak beriman itu, mendapat bagian dalam kesutjian dan tingkatan hidup beriman.

Ende: 1Kor 7:15-16 - Terpanggil untuk hidup berdamai Kalau pihak takberiman tidak setudju dengan bertobatnja suami atau isterinja, dan mau bertjerai, atau tidak mau hidup berdamai dengan dia, atau tidak ...

Kalau pihak takberiman tidak setudju dengan bertobatnja suami atau isterinja, dan mau bertjerai, atau tidak mau hidup berdamai dengan dia, atau tidak mau hidup dalam perkawinan "tanpa penghinaan terhadap Pentjipta", seperti bunjinja rumusan resmi dalam hukum Geredja, maka pihak beriman berhak bertjerai dan bebas untuk kawin dengan seorang lain, asalkan dia seorang beriman. Ketetapan itu masih berlaku dan dalam hukum Geredja disebut "privilegium Paulinum", artinja keluasan menurut adjaran Paulus.

Ende: 1Kor 7:17 - Hendaklah masing-masing berdjalan.... Paulus berpendirian, dengan masuk umat keadaan dilapangan djasmani dan kedudukan dalam masjarakat djangan dirobah. Hal itu mengenai perkawinan, tetapi...

Paulus berpendirian, dengan masuk umat keadaan dilapangan djasmani dan kedudukan dalam masjarakat djangan dirobah. Hal itu mengenai perkawinan, tetapi hal-hal itu djuga, seperti diuraikan dalam fasal-fasal berikut.

Ende: 1Kor 7:18 - Djangan ia meniadakan.... Itu dilakukan orang Jahudi tertentu jang merasa malu akan tanda bersunatnja didepan orang Junani. Dan ada pula saudara-saudara takbersunat, jang mau d...

Itu dilakukan orang Jahudi tertentu jang merasa malu akan tanda bersunatnja didepan orang Junani. Dan ada pula saudara-saudara takbersunat, jang mau disunat atas andjuran saudara-saudara Jahudi tertentu. Ingatlah Gal 5:1-12.

Ende: 1Kor 7:21 - -- Tentu sadja dapat timbul persoalan ini: patutkah seorang saudara jang tinggi tingkatannja dalam Kristus, dibiarkan tetap tinggal dalam kedudukan teren...

Tentu sadja dapat timbul persoalan ini: patutkah seorang saudara jang tinggi tingkatannja dalam Kristus, dibiarkan tetap tinggal dalam kedudukan terendah seperti budak-belian? Paulus mendjawab: djangan kedudukan kemasjarakatan dipentingkan; jang penting hanjalah kedudukan didalam keradjaan Allah, dan dalam keradjaan itu semua orang sama kebebasan dan martabatnja.

Ende: 1Kor 7:21 - Menggunakannja untuk kepentinganmu Ini dapat diartikan: hendaklah engkau menggunakan kesempatan itu, tetapi kebanjakan ahli tafsir berpendapat bahwa Paulus memaksudkan: tinggal sadja da...

Ini dapat diartikan: hendaklah engkau menggunakan kesempatan itu, tetapi kebanjakan ahli tafsir berpendapat bahwa Paulus memaksudkan: tinggal sadja dalam kedudukan itu dan gunakannja untuk kepentingan rohani-abdimu. Itu memang lebih tjotjok dengan djalan pikiran Paulus disini. Kedudukan rendah ada banjak faedahnja, misalnja dalam arti adjaran Kristus dalam Mat 5:3. Berbahagialah orang jang menaruh roh kemiskinan.

Ende: 1Kor 7:23 - -- Ingatlah 1Ko 6:20 dan tjatatan disitu. Mengenai seluruh fasal 26-40 (1Ko 7:26-40) ini harus diperhatikan, bahwa Paulus hanja mendjawab pertanjaan-pert...

Ingatlah 1Ko 6:20 dan tjatatan disitu.

Mengenai seluruh fasal 26-40 (1Ko 7:26-40) ini harus diperhatikan, bahwa Paulus hanja mendjawab pertanjaan-pertanjaan jang diadjukan kepadanja oleh umat, dengan tidak memberikan uraian-uraian jang lebih landjut. Djawaban kabur pula, sebab kita tidak tahu latar-belakangnja, jaitu alasan dan isi pertanjaan. Oleh sebab itu misalnja dapat timbul salah sangka, seolah-olah Paulus hanja atau terlalu memandang nilai-nilai hidup sebagai perawan dari sudut kepentingan-kepentingan djasmani. Tetapi bahwa ia lebih mengutamakan tjita rohani-abadi, selain dalam uraian-uraian lainnja, terang kelihatan dalam ajat-ajat 32,34 dan 35 (1Ko 7:32,34,35).

Ende: 1Kor 7:26 - Masa darurat Kesukaran dan kesengsaraan hidup bagi umat waktu itu barangkali sangat hebat. Ataupun Paulus ingat akan masa mendjelang kedatangan Kristus seperti ter...

Kesukaran dan kesengsaraan hidup bagi umat waktu itu barangkali sangat hebat. Ataupun Paulus ingat akan masa mendjelang kedatangan Kristus seperti terlukis dalam Mt. bab 24; Mk. bab 13 dan Lk. bab 21 (Mat 24; Mar 13; Luk 21).

Ende: 1Kor 7:28 - Kesusahan pada daging jaitu kesusahan djasmani jang dengan sendirinja bergandengan dengan hidup rumah tangga. Dan kesusahan itu menurut Mat 24:19 lebih berat diwaktu mendje...

jaitu kesusahan djasmani jang dengan sendirinja bergandengan dengan hidup rumah tangga. Dan kesusahan itu menurut Mat 24:19 lebih berat diwaktu mendjelang hari kiamat.

Ende: 1Kor 7:29-31 - Berlaku seolah-olah.... jaitu dengan mengekang diri dan lebih memusatkan perhatian kepada kepentingan-kepentingan rohani-abadi.

jaitu dengan mengekang diri dan lebih memusatkan perhatian kepada kepentingan-kepentingan rohani-abadi.

Ref. Silang FULL: 1Kor 7:12 - bukan Tuhan · bukan Tuhan: 1Kor 7:6,10; 2Kor 11:17

· bukan Tuhan: 1Kor 7:6,10; 2Kor 11:17

Ref. Silang FULL: 1Kor 7:14 - anak-anak kudus · anak-anak kudus: Mal 2:15

· anak-anak kudus: Mal 2:15

Ref. Silang FULL: 1Kor 7:15 - damai sejahtera · damai sejahtera: Rom 14:19; Rom 14:19; 1Kor 14:33

· damai sejahtera: Rom 14:19; [Lihat FULL. Rom 14:19]; 1Kor 14:33

Ref. Silang FULL: 1Kor 7:16 - akan menyelamatkan // suamimu · akan menyelamatkan: Rom 11:14; Rom 11:14 · suamimu: 1Pet 3:1

· akan menyelamatkan: Rom 11:14; [Lihat FULL. Rom 11:14]

· suamimu: 1Pet 3:1

Ref. Silang FULL: 1Kor 7:17 - ia dipanggil // semua jemaat · ia dipanggil: Rom 12:3 · semua jemaat: 1Kor 4:17; 14:33; 2Kor 8:18; 11:28

· ia dipanggil: Rom 12:3

· semua jemaat: 1Kor 4:17; 14:33; 2Kor 8:18; 11:28

Ref. Silang FULL: 1Kor 7:18 - mau bersunat · mau bersunat: Kis 15:1,2

· mau bersunat: Kis 15:1,2

Ref. Silang FULL: 1Kor 7:19 - tidak penting · tidak penting: Rom 2:25-27; Gal 5:6; 6:15; Kol 3:11

· tidak penting: Rom 2:25-27; Gal 5:6; 6:15; Kol 3:11

Ref. Silang FULL: 1Kor 7:20 - ia dipanggil · ia dipanggil: 1Kor 7:24

· ia dipanggil: 1Kor 7:24

Ref. Silang FULL: 1Kor 7:22 - orang bebas // adalah hamba-Nya · orang bebas: Yoh 8:32,36 · adalah hamba-Nya: Rom 6:22; Rom 6:22

· orang bebas: Yoh 8:32,36

· adalah hamba-Nya: Rom 6:22; [Lihat FULL. Rom 6:22]

Ref. Silang FULL: 1Kor 7:23 - dan harganya · dan harganya: 1Kor 6:20; 1Kor 6:20

· dan harganya: 1Kor 6:20; [Lihat FULL. 1Kor 6:20]

Ref. Silang FULL: 1Kor 7:24 - ia dipanggil · ia dipanggil: 1Kor 7:20

· ia dipanggil: 1Kor 7:20

Ref. Silang FULL: 1Kor 7:25 - dari Tuhan // karena rahmat · dari Tuhan: 1Kor 7:6; 2Kor 8:8 · karena rahmat: 2Kor 4:1; 1Tim 1:13,16

· dari Tuhan: 1Kor 7:6; 2Kor 8:8

· karena rahmat: 2Kor 4:1; 1Tim 1:13,16

Ref. Silang FULL: 1Kor 7:26 - dalam keadaannya · dalam keadaannya: 1Kor 7:1,8

· dalam keadaannya: 1Kor 7:1,8

Ref. Silang FULL: 1Kor 7:27 - mencari seorang · mencari seorang: 1Kor 7:20,21

· mencari seorang: 1Kor 7:20,21

Ref. Silang FULL: 1Kor 7:28 - tidak berdosa · tidak berdosa: 1Kor 7:36

· tidak berdosa: 1Kor 7:36

Ref. Silang FULL: 1Kor 7:29 - telah singkat · telah singkat: 1Kor 7:31; Rom 13:11,12; Rom 13:11; Rom 13:12

· telah singkat: 1Kor 7:31; Rom 13:11,12; [Lihat FULL. Rom 13:11]; [Lihat FULL. Rom 13:12]

Ref. Silang FULL: 1Kor 7:31 - akan berlalu · akan berlalu: 1Kor 7:29; Ibr 12:27; Ibr 12:27

· akan berlalu: 1Kor 7:29; Ibr 12:27; [Lihat FULL. Ibr 12:27]

Ref. Silang FULL: 1Kor 7:32 - pada perkara · pada perkara: 1Tim 5:5

· pada perkara: 1Tim 5:5

Ref. Silang FULL: 1Kor 7:34 - dan jiwa · dan jiwa: Luk 2:37

· dan jiwa: Luk 2:37

Ref. Silang FULL: 1Kor 7:35 - tanpa gangguan · tanpa gangguan: Mazm 86:11

· tanpa gangguan: Mazm 86:11

Ref. Silang FULL: 1Kor 7:36 - bukan dosa · bukan dosa: 1Kor 7:28

· bukan dosa: 1Kor 7:28

Ref. Silang FULL: 1Kor 7:38 - berbuat baik · berbuat baik: Ibr 13:4

· berbuat baik: Ibr 13:4

Ref. Silang FULL: 1Kor 7:39 - suaminya hidup // yang percaya · suaminya hidup: Rom 7:2,3 · yang percaya: 2Kor 6:14

· suaminya hidup: Rom 7:2,3

· yang percaya: 2Kor 6:14

Ref. Silang FULL: 1Kor 7:40 - menurut pendapatku · menurut pendapatku: 1Kor 7:25

· menurut pendapatku: 1Kor 7:25

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: 1Kor 7:1-40 - -- A. Nasihat Mengenai Pernikahan (7:1-40). Sesudah membahas hal-hal yang diketahui olehnya melalui laporan (bdg. 1:11, 5:1), sang rasul sekarang berali...

A. Nasihat Mengenai Pernikahan (7:1-40).

Sesudah membahas hal-hal yang diketahui olehnya melalui laporan (bdg. 1:11, 5:1), sang rasul sekarang beralih kepada berbagai persoalan yang muncul di dalam surat yang ditulis kepadanya (bdg. 7:1; lihat Pendahuluan). Persoalan pernikahan dibahas terlebih dahulu. Pasal ini, yang diawali dengan sebuah prolog yang membicarakan beberapa prinsip umum (ay. 1-7) berisi pembahasan tentang masalah-masalah orang yang menikah (ay. 8-24) dan yang tidak menikah (ay. 25-40).

Wycliffe: 1Kor 7:8-38 - -- 2) Masalah-masalah Pernikahan (7:8-38). Penulis sekarang khusus membahas masalah-masalah yang berhubungan dengan orang yang menikah dan orang yang ti...

2) Masalah-masalah Pernikahan (7:8-38).

Penulis sekarang khusus membahas masalah-masalah yang berhubungan dengan orang yang menikah dan orang yang tidak menikah.

Wycliffe: 1Kor 7:12 - -- 12. Bagaimana dengan pernikahan di mana salah satu pihak adalah Kristen? Hukum Yahudi mengharuskan penyingkiran orang yang tidak percaya (bdg. Ezr. 9:...

12. Bagaimana dengan pernikahan di mana salah satu pihak adalah Kristen? Hukum Yahudi mengharuskan penyingkiran orang yang tidak percaya (bdg. Ezr. 9:1-10:44). Kembali peraturannya adalah, tidak boleh cerai (I Kor. 7:12, 13).

Wycliffe: 1Kor 7:14 - Karena // dikuduskan 14. Karena. Alasan yang pertama ialah karena suami atau istri yang tidak percaya dan anak-anak dari pernikahan campuran itu dikuduskan. Ini tidak bera...

14. Karena. Alasan yang pertama ialah karena suami atau istri yang tidak percaya dan anak-anak dari pernikahan campuran itu dikuduskan. Ini tidak berarti bahwa seorang anak yang lahir dalam keluarga di mana hanya salah satu orang tua saja yang percaya dilahirkan "menjadi anggota keluarga Kristus" (Barclay, op.cit, hlm. 71). Paulus hanya bermaksud mengatakan bahwa prinsip Perjanjian Lama mengenai pemindahan kenajisan tidak berlaku (bdg. Hag. 2:11-13). Persatuan itu sah dan memberikan hak-hak istimewa kepada anggota-anggotanya (ICC, hlm. 142), yaitu hak atas perlindungan Allah dan kesempatan untuk berhubungan erat dengan salah satu anggota keluarga Allah. Hal ini bisa melapangkan jalan menuju ke pertobatan bagi orang yang belum percaya itu.

Wycliffe: 1Kor 7:15 - memanggil kamu untuk hidup dalam damai sejahtera 15. Alasan kedua untuk tetap mempertahankan ikatan terdapat dalam kenyataan bahwa Allah telah memanggil kamu untuk hidup dalam damai sejahtera. Bagaim...

15. Alasan kedua untuk tetap mempertahankan ikatan terdapat dalam kenyataan bahwa Allah telah memanggil kamu untuk hidup dalam damai sejahtera. Bagaimanapun juga, terdapat sebuah situasi yang cukup membingungkan. Beberapa penafsir beranggapan bahwa di sini Paulus mendorong orang percaya untuk mengizinkan terjadinya perceraian dengan tujuan tetap memelihara keadaan damai, apabila pihak yang tidak percaya menginginkan perpisahan. Jika tidak, bisa terjadi perang! Dalam pada itu, Paulus mungkin berpikir bahwa perceraian hendaknya dicegah jika dimungkinkan. sebab hal itu akan merusak kesejahteraan ikatan pernikahan. Prinsip yang umum dari konteks (ay. 10, 11) mendukung pandangan kedua, sebagaimana juga ayat berikutnya. Sama sekali tidak disebutkan tentang pernikahan kedua bagi si orang percaya: adalah sia-sia untuk membuat Paulus mengatakan sesuatu padahal ia diam saja. Memang benar bahwa kata kerja "meninggalkan" nyaris merupakan istilah teknis bagi perceraian di dalam gulungan papiri (MM, hlm. 695, 696).

Wycliffe: 1Kor 7:16 - Sebab 16. Sebab. Alasan ketiga untuk tidak boleh bercerai ialah karena keselamatan pihak yang satunya itu mungkin dapat dicapai dengan mempertahankan ikatan...

16. Sebab. Alasan ketiga untuk tidak boleh bercerai ialah karena keselamatan pihak yang satunya itu mungkin dapat dicapai dengan mempertahankan ikatan pernikahan. Para penafsir lainnya memahami pernyataan ini sebagai berarti perceraian itu harus disetujui dengan sukarela, sebab kita tidak pernah bisa tahu pihak yang belum percaya itu akan menjadi percaya atau tidak. Konteks umumnya mendukung pandangan pertama. Tetapi tidak mudah untuk menentukan apa yang dimaksudkan oleh Paulus.

Wycliffe: 1Kor 7:17-24 - di hadapan Allah, 17-24. Kini sang rasul membuat rangkuman, dengan menunjukkan bahwa prinsip tentang tetap mempertahankan ikatan pernikahan ini merupakan bagian dari se...

17-24. Kini sang rasul membuat rangkuman, dengan menunjukkan bahwa prinsip tentang tetap mempertahankan ikatan pernikahan ini merupakan bagian dari sebuah prinsip lebih umum lagi yang menyentuh seluruh bidang kehidupan. Di dalam segala hal peraturannya adalah tetap bertahan di dalam panggilan seseorang. terkecuali panggilan itu sesuatu yang tidak senonoh. Tiga kali Paulus mengemukakan prinsip ini (ay. 17, 20, 24), dengan menyelingi pernyataan-pernyataan tentang prinsip tersebut dengan dua ilustrasi, yang satu religius (bdg. Rm. 2:28, 29), dan yang lain sekular. Ungkapan di hadapan Allah, yang menutup bagian ini, menekankan kenyataan bahwa kehadiran Allah membuat setiap usaha sekular menjadi usaha yang dilakukan di hadapan Allah. Dengan demikian, dalam hal tertentu. setiap orang Kristen terlihat dalam "pekerjaan Kristen penuh waktu." Dilihat dari segi ajaran Paulus di sini, bukankah juga merupakan hal yang meragukan kalau kita "menekan" kaum muda untuk melayani Allah sepenuhnya dengan menjadi misionaris, pendeta, dan sebagainya? Hal yang paling penting bagi setiap orang percaya ialah melakukan sesuai dengan panggilan Allah bagi dirinya.

Wycliffe: 1Kor 7:25 - Sekarang tentang 25. Sekarang tentang (peri de) menunjukkan kepada para pembaca bahwa sekarang disajikan jawaban untuk bagian lain dari surat jemaat kepadanya. Di dala...

25. Sekarang tentang (peri de) menunjukkan kepada para pembaca bahwa sekarang disajikan jawaban untuk bagian lain dari surat jemaat kepadanya. Di dalam sisa pasal ini Paulus menangani tiga kelompok: (1) kaum muda yang belum menikah (ay. 25-35); (2) para orang tua (ay. 36-38); dan (3) para janda (ay. 39, 40). Bagian ini diikat dengan dua pernyataan tentang kewenangan penulisnya (ay. 25, 40). Pokok dari paragraf ini adalah: Hidup membujang merupakan sesuatu yang sangat baik, tetapi tidak diharuskan.

Wycliffe: 1Kor 7:26-28 - Adalah baik bagi manusia untuk tetap dalam keadaannya // mengingat waktu darurat sekarang, 26-28. Adalah baik bagi manusia untuk tetap dalam keadaannya. Alasan pertama untuk tetap tidak menikah ialah mengingat waktu darurat sekarang, frasa y...

26-28. Adalah baik bagi manusia untuk tetap dalam keadaannya. Alasan pertama untuk tetap tidak menikah ialah mengingat waktu darurat sekarang, frasa yang mungkin mengacu kepada tekanan dalam kehidupan sang Kristen di tengah-tengah dunia yang tidak bersahabat (bdg. ay. 28; II Tim. 3:12). Apabila hidup sebagai orang Kristen itu saja sudah sulit, mengapa menambah lagi beban hidup dengan menikah?

Wycliffe: 1Kor 7:29-31 - waktu telah singkat // dunia seperti yang kita kenal sekarang akan berlalu 29-31. Alasan yang kedua ditunjukkan melalui pernyataan waktu telah singkat (harfiahnya, telah diperpendek sehingga menjadi singkat). Sang rasul menga...

29-31. Alasan yang kedua ditunjukkan melalui pernyataan waktu telah singkat (harfiahnya, telah diperpendek sehingga menjadi singkat). Sang rasul mengacu kepada saat sebelum kedatangan Tuhan (bdg. Rm. 13:11). Seluruh kehidupan harus dijalani dengan mengingat kenyataan akbar ini. Pada saat itu dunia seperti yang kita kenal sekarang akan berlalu dan hari baru yang gemilang akan terbit.

Wycliffe: 1Kor 7:32-35 - aku ingin supaya kamu hidup tanpa kekuatiran // supaya kamu melakukan apa yang benar dan baik, dan melayani Tuhan tanpa gangguan 32-35. Alasan ketiga terdapat dalam ayat-ayat ini. Dinyatakan secara negatif dengan kata-kata, aku ingin supaya kamu hidup tanpa kekuatiran (ay. 32), ...

32-35. Alasan ketiga terdapat dalam ayat-ayat ini. Dinyatakan secara negatif dengan kata-kata, aku ingin supaya kamu hidup tanpa kekuatiran (ay. 32), dan secara positif dengan kata-kata, supaya kamu melakukan apa yang benar dan baik, dan melayani Tuhan tanpa gangguan (ay. 35). yang ingin dikemukakan oleh sang rasul menjadi jelas: Pernikahan merupakan hal yang mengacaukan pikiran. Ini dinyatakannya dengan tegas pada akhir ayat 35. Kata-kata supaya kamu melakukan apa yang benar dan baik, dan melayani Tuhan tanpa gangguan menunjuk kepada kisah Lukas tentang peristiwa kunjungan Tuhan ke rumah Maria dan Marta di Betani. Juga terdapat beberapa kaitan verbal dalam teks bahasa Yunani di antara kisah Lukas dengan kata-kata Paulus (bdg. Luk. 10:38-42). Seakan-akan rasul Paulus secara tidak langsung mengatakan bahwa pernikahan membuat banyak Maria menjadi Marta. sehingga mencegah orang "memilih bagian yang terbaik" - memperhatikan Tuhan dan Sabda-Nya.

Wycliffe: 1Kor 7:36-38 - Ia tidak berlaku wajar // Benar-benar yakin, // berbuat baik, // berbuat lebih baik // mengawinkan 36-38. Yang dibicarakan di sini adalah para orang tua. Bagian ini harus dipahami dari segi kebiasaan yang ada ketika itu. Seorang ayah berkuasa untuk ...

36-38. Yang dibicarakan di sini adalah para orang tua. Bagian ini harus dipahami dari segi kebiasaan yang ada ketika itu. Seorang ayah berkuasa untuk mengatur urusan pernikahan putrinya. Ia tidak berlaku wajar berarti tindakan menghalangi pernikahan padahal nyata bahwa karunia untuk bertarak tidak ada. Diragukan bahwa di sini Paulus sedang berpikir tentang pernikahan rohani." di mana orang-orang menjalani semacam pernikahan, tetapi itu hidup bersama seperti kakak adik saja (bdg. Barclay, op.cit, hlm. 74, 75: MNT. hlm. 98-100). Benar-benar yakin, maksudnya: tidak menganggap dirinya bertindak tidak pantas. Jadi. Kata ini menandai permulaan suatu rangkuman. benar-benar rangkuman dari seluruh pasal. Yang satu berbuat baik, sedangkan yang lainnya berbuat lebih baik. Keadaan membujang tidak lebih suci daripada keadaan menikah: hanya keadaan membujang lebih benar manfaatnya dalam melayani Tuhan. Tetapi di dalam pernikahan pun segala sesuatu, sedapat mungkin harus tunduk kepada kepentingan Tuhan. Kata mengawinkan (ay. 38 Alkitab TL. Dalam TB = kawin dengan) selalu berarti demikian dalam Perjanjian Baru (bdg. Mat. 22:30; 24:38); kata ini tidak pernah hanya berarti kawin, sehingga tampaknya penafsiran kata itu sebagai mengawinkan merupakan penafsiran yang benar.

Wycliffe: 1Kor 7:39-40 - -- 3) Catatan tambahan (7:39, 40). Para janda bebas untuk kawin ... asal orang itu adalah seorang yang percaya. Pernyataan ini tampaknya menunjukkan den...

3) Catatan tambahan (7:39, 40).

Para janda bebas untuk kawin ... asal orang itu adalah seorang yang percaya. Pernyataan ini tampaknya menunjukkan dengan jelas bahwa Paulus tidak pernah menyetujui pernikahan campuran (pernikahan antara orang percaya dengan orang tidak percaya), sebuah kebenaran yang diterapkan secara luas dewasa ini. Sekalipun demikian, Paulus kembali mengacu kepada soal manfaat ketika ia menulis, Tetapi ... ia lebih berbahagia kalau ia tetap tinggal dalam keadaannya (bdg. ay. 8). Kata-kata penutup tampaknya menunjukkan bahwa Paulus menganggap ucapan-ucapannya memiliki persetujuan ilahi (kata juga mungkin menunjuk kepada beberapa orang di Korintus yang mengaku bahwa sikap-sikap mereka yang tidak alkitabiah mendapat persetujuan Roh); dan kenyataan bahwa ucapan-ucapan itu telah dipelihara di dalam Alkitab dapat mempertegas pandangan ini.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: 1Kor 7:10-16 - Ikatan Perkawinan Tidak Bisa Diganggu Gugat Ikatan Perkawinan Tidak Bisa Diganggu Gugat (1 Korintus 7:10-16) Dalam ayat-ayat di atas, Rasul Paulus memberikan petunjuk kepada jemaat di Korint...

Matthew Henry: 1Kor 7:17-24 - Kepuasan Orang Kristen Kepuasan Orang Kristen (1 Korintus 7:17-24) Di sini Rasul Paulus mengambil kesempatan untuk menasihati mereka supaya tetap hidup dalam keadaan pad...

Matthew Henry: 1Kor 7:25-35 - Petunjuk Bijak bagi Para Gadis Petunjuk Bijak bagi Para Gadis (1 Korintus 7:25-35) Di sini Rasul Paulus kembali pada pembicaraannya, dan memberikan petunjuk kepada para gadis ap...

Matthew Henry: 1Kor 7:36-38 - Petunjuk-petunjuk Bijak bagi Mereka yang Tidak Menikah Petunjuk-petunjuk Bijak bagi Mereka yang Tidak Menikah (1 Korintus 7:36-38) Biasanya orang menganggap Rasul Paulus dalam ayat-ayat di atas memberi...

Matthew Henry: 1Kor 7:39-40 - Petunjuk Bijak bagi Para Janda Petunjuk Bijak bagi Para Janda (1 Korintus 7:39-40) Seluruh pasal ini ditutup di sini dengan nasihat kepada para janda: Isteri terikat selama suam...

SH: 1Kor 7:1-16 - Seks tidak najis. (Rabu, 27 Agustus 1997) Seks tidak najis. Daya seks dalam diri manusia diciptakan Allah dalam konteks seksualitas manusia dan tujuan-tujuan mulia pernikahan. Jadi bila sebelu...

SH: 1Kor 7:7-16 - Kudusnya pernikahan. (Kamis, 11 September 2003) Kudusnya pernikahan. Paulus kembali menegaskan kepada jemaat Korintus bahwa pernikahan itu kudus. Karena kekudusan sebuah perkawinan itulah ...

SH: 1Kor 7:12-16 - Injil bagi pasangan hidup (Sabtu, 29 Agustus 2009) Injil bagi pasangan hidup Apakah Anda sudah menginjili seseorang? Apakah Anda menjawab panggilan Allah untuk PI (Pekabaran Injil)? Tak perlu pe...

SH: 1Kor 7:17-24 - Penampilan Kristen. (Jumat, 12 September 2003) Penampilan Kristen. Ada orang yang menjadi Kristen, lalu mengganti namanya atau menambahkan nama 'kristen' di samping nama aslinya. Ada pula...

SH: 1Kor 7:17-40 - Seperti semula. (Kamis, 28 Agustus 1997) Seperti semula. Orang yang benar-benar mengikut Kristus, artinya berjalan di belakang Kristus, pasti akan menampakkan perubahan dalam hidupnya. Hidup ...

SH: 1Kor 7:25-40 - Menjaga keseimbangan. (Sabtu, 13 September 2003) Menjaga keseimbangan. Masalah percabulan adalah masalah yang harus disikapi dengan serius pula. Karenanya Paulus begitu keras menegur jemaat...

Utley: 1Kor 7:12-16 - --NASKAH NASB (UPDATED): 1Kor 7:12-1612 Kepada orang-orang lain aku, bukan Tuhan, katakan: kalau ada seorang saudara beristerikan seorang yang tidak ber...

Utley: 1Kor 7:17-20 - --NASKAH NASB (UPDATED): 1Kor 7:17-2017 Selanjutnya hendaklah tiap-tiap orang tetap hidup seperti yang telah ditentukan Tuhan baginya dan dalam keadaan ...

Utley: 1Kor 7:21-24 - --NASKAH NASB (UPDATED): 1Kor 7:21-2421 Adakah engkau hamba waktu engkau dipanggil? Itu tidak apa-apa! Tetapi jikalau engkau mendapat kesempatan untuk d...

Utley: 1Kor 7:25-31 - --NASKAH NASB (UPDATED): 1Kor 7:25-3125 Sekarang tentang para gadis. Untuk mereka aku tidak mendapat perintah dari Tuhan. Tetapi aku memberikan pendapat...

Utley: 1Kor 7:32-35 - --NASKAH NASB (UPDATED): 1Kor 7:32-3532 Aku ingin, supaya kamu hidup tanpa kekuatiran. Orang yang tidak beristeri memusatkan perhatiannya pada perkara T...

Utley: 1Kor 7:36-38 - --NASKAH NASB (UPDATED): 1Kor 7:36-3836 Tetapi jikalau seorang menyangka, bahwa ia tidak berlaku wajar terhadap gadisnya, jika gadisnya itu telah bertam...

Utley: 1Kor 7:39-40 - --NASKAH NASB (UPDATED): 1Kor 7:39-4039 Isteri terikat selama suaminya hidup. Kalau suaminya telah meninggal, ia bebas untuk kawin dengan siapa saja yan...

Topik Teologia: 1Kor 7:12 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita sebagai Anggota Masyarakat Wanita Dalam Pernikahan Istri yang Percaya Menguduskan Suaminya yang Tidak ...

Topik Teologia: 1Kor 7:15 - -- Keselamatan Panggilan Natur Panggilan Untuk Apa Allah Memanggil Manusia Allah Memanggil Manusia untuk Damai Sejahtera ...

Topik Teologia: 1Kor 7:19 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Menaati Allah Taat kepada Allah Sikap Terhadap Ketaatan Ketaatan Harus Pa...

Topik Teologia: 1Kor 7:22 - -- Pengudusan Kita Dipanggil di dalam Kristus 1Ko 7:22 Nama dan Kiasan untuk Umat yang Dikuduskan

Topik Teologia: 1Kor 7:23 - -- Dosa Sikap Allah Terhadap Dosa Secara Positif, Sikap Allah: Menebus Kel 15:2 Maz 19:15 Maz 27:1 Maz 31:6 Maz 34:23 Maz 62:2 Maz...

Topik Teologia: 1Kor 7:25 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Klaim Perjanjian Baru atas Keilahian Yesus Yesus Disejajarkan dengan Allah Kemurahan ada...

Topik Teologia: 1Kor 7:33 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita sebagai Anggota Masyarakat Wanita Dalam Pernikahan Istri dan Suami Saling Bertanggungjawab ...

Topik Teologia: 1Kor 7:34 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Unsur-unsur Pembentuk Keindividualitas Manusia Umat Manusia: Wanita Wanita sebagai Anggota Masyarakat Wa...

Topik Teologia: 1Kor 7:36 - -- Gereja Masalah-masalah Yang Dihadapi Gereja Masalah Pribadi dan Sosial dalam Gereja Masalah Perkawinan Orang Percaya Mas...

Topik Teologia: 1Kor 7:37 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Unsur-unsur Pembentuk Keindividualitas Manusia Kehendak Manusia Yoh 1:13 1Ko 7:37 2Pe 1:21 Gereja...

Topik Teologia: 1Kor 7:39 - -- Pengudusan Pekerjaan Allah di dalam Pengudusan Kita Pengudusan dan Anak Kita Menjalani Hidup dalam Kristus Kita Nikah di...

Topik Teologia: 1Kor 7:40 - -- Roh Kudus Sifat Ilahi Roh Kudus Roh yang Disamakan dengan Allah Relasi Roh dengan Pribadi-pribadi Allah Lainnya Roh dan ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: 1 Korintus (Pendahuluan Kitab) Penulis : Paulus Tema : Masalah-Masalah Jemaat dan Pemecahannya Tanggal Penulisan: Tahun 55/56 Latar Belakang Korintus, sebuah...

Full Life: 1 Korintus (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (1Kor 1:1-9) I. Pembahasan Masalah-Masalah yang Telah Diberitahukan kepada Paulus (1Kor 1:10-6:20) ...

Matthew Henry: 1 Korintus (Pendahuluan Kitab) Korintus adalah sebuah kota Yunani yang terpenting di bagian wilayah khusus Yunani yang disebut Akhaya. Kota ini terletak di atas sebuah daratan me...

Jerusalem: 1 Korintus (Pendahuluan Kitab) SURAT-SURAT PAULUS PENGANTAR Kronologi kehidupan Paulus Dengan menggunakan Kisah Para Rasul dan surat-surat Paulus, maka tokoh ini lebih kita kenal da...

Ende: 1 Korintus (Pendahuluan Kitab) SURAT PERTAMA RASUL PAULUS KEPADA UMAT KORINTUS KATA PENGANTAR Kota Korintus jang termasjhur dalam sedjarah Junani kuno, musna dari bumi dalam perang ...

Wycliffe: 1 Korintus (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN 1 KORINTUS Kota Korintus. Korintus merupakan sebuah pusat perdagangan kaya yang terletak pada sebuah tanah genting sempit yang menghubung...

Wycliffe: 1 Korintus (Garis Besar) GARIS BESAR 1 KORINTUS I. Pendahuluan (1:1-9). A. Salam (1:1-3) B. Ucapan Syukur (1:4-9). II. Aneka Perpecahan di ...

BIS: 1 Korintus (Pendahuluan Kitab) SURAT PAULUS YANG PERTAMA KEPADA JEMAAT DI KORINTUS PENGANTAR Surat Paulus Yang Pertama Kepada Jemaat di Korintus ditulis untuk membahas persoalan-p

SURAT PAULUS YANG PERTAMA KEPADA JEMAAT DI KORINTUS

PENGANTAR

Surat Paulus Yang Pertama Kepada Jemaat di Korintus ditulis untuk membahas persoalan-persoalan yang timbul di dalam jemaat yang telah didirikan oleh Paulus di Korintus itu. Persoalan-persoalan tersebut adalah mengenai kehidupan dan kepercayaan Kristen. Pada waktu itu Korintus adalah sebuah kota Yunani, ibukota provinsi Akhaya yang termasuk wilayah pemerintahan Roma. Kota ini, yang penduduknya terdiri dari banyak macam bangsa, terkenal karena kemajuannya dalam perdagangan, kebudayaannya yang tinggi, tetapi juga karena keadaan susilanya yang rendah dan karena adanya bermacam-macam agama di situ.

Yang terutama menjadi pikiran Rasul Paulus ialah persoalan tentang perpecahan dan kebejatan di dalam jemaat, dan tentang persoalan-persoalan seks dan perkawinan, persoalan hati nurani, tata tertib dalam jemaat, karunia-karunia Roh Allah, dan tentang bangkitnya orang mati. Dengan pandangan yang dalam, Paulus menunjukkan bagaimana Kabar Baik dari Allah itu menyoroti persoalan-persoalan tersebut.

Pasal 13 (1Kor 13:1-13) melukiskan ciri-ciri kasih yang sejati. Pasal ini mungkin merupakan pasal yang paling terkenal di antara semua pasal lainnya di buku ini.

Isi

  1.  Pendahuluan
    1Kor 1:1-9
  2.  Keretakan dalam gereja
    1Kor 1:10-4:21
  3.  Soal seks dan kehidupan keluarga
    1Kor 5:1-7:40
  4.  Orang Kristen dan orang yang tidak menyembah Allah
    1Kor 8:1-11:1
  5.  Kehidupan jemaat dan ibadah
    1Kor 11:2-14:40
  6.  Perihal bangkitnya Kristus dan orang-orang Kristen dari kematian
    1Kor 15:1-58
  7.  Sumbangan untuk orang-orang Kristen di Yudea
    1Kor 16:1-4
  8.  Hal-hal pribadi dan penutup
    1Kor 16:5-24

Ajaran: 1 Korintus (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti ajaran-ajaran utama dalam Kitab I Korintus, dan melakukannya di dalam kehidupan mereka. Pendahuluan Pen

Tujuan

Supaya orang-orang Kristen mengerti ajaran-ajaran utama dalam Kitab I Korintus, dan melakukannya di dalam kehidupan mereka.

Pendahuluan

Penulis : Rasul Paulus.

Tahun : Sekitar tahun 56 sesudah Masehi.

Penerima : Orang-orang Kristen di kota Korintus. (Dan juga orang-orang Kristen di seluruh dunia).

Isi Kitab: Kitab I Korintus terbagi atas 16 pasal. Di dalamnya kita dapat melihat ajaran tentang cara-cara kehidupan anggota gereja.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab I Korintus

  1. Pasal 1-4 (1Kor 1:1-4:21).

    Pengajaran tentang kenyataan bahwa setiap orang Kristen hanyalah milik Tuhan Yesus

    Dalam bagian ini Rasul Paulus menegur orang-orang Kristen karena adanya perpecahan dan iri hati atau pertengkaran.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Kor 1:10. _Tanyakan_: Apakah sebabnya terjadi perpecahan di antara jemaat Korintus? Dan apakah yang dikatakan Rasul Paulus tentang perpecahan itu?
    2. Bacalah pasal 1Kor 3:3. _Tanyakan_: Apakah yang menunjukkan seseorang masih hidup secara duniawi?
    3. Bacalah pasal 1Kor 4:6. _Tanyakan_: Apakah yang dikatakan Rasul Paulus tentang kesombongan?
  2. Pasal 5-6 (1Kor 5:1-6:20).

    Pengajaran tentang kehidupan moral di dalam jemaat

    Di dalam bagian ini, Rasul Paulus menjelaskan persoalan yang timbul dalam jemaat karena percabulan dan mencari keadilan pada orang-orang yang tidak beriman.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Kor 5:11-13. _Tanyakan_: Apakah yang diperintahkan Allah kepada orang Kristen?
    2. Bacalah pasal 1Kor 6:6-11. _Tanyakan_: Bagaimanakah perintah Allah?
    3. Bacalah pasal 1Kor 6:12-20. _Tanyakan_: Mengapakah Rasul Paulus melarang percabulan? Siapakah yang empunya tubuh orang Kristen?
  3. Pasal 7-16 (1Kor 7:1-16:24).

    Pengajaran tentang kemerdekaan orang Kristen dan kehidupan dalam ibadah

    Di bagian ini, Rasul Paulus menjawab pertanyaan dari jemaat tentang kemerdekaan orang Kristen, sikap dalam kebaktian dan mengenai karunia-karunia Roh, juga tentang kebangkitan orang-orang percaya.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Kor 7:8-13. _Tanyakan_: Bagaimanakah perintah Allah tentang pernikahan? Mengapakah orang Kristen tidak boleh bercerai?
    2. Bacalah pasal 1Kor 8:8-9. _Tanyakan_: "Apakah makanan membawa seseorang lebih dekat kepada Allah?"
    3. Bacalah pasal 1Kor 15:12-19. _Tanyakan_: Mengapakah pengakuan akan kebangkitan orang percaya itu penting?
    4. Bacalah pasal 1Kor 15:57-58. _Tanyakan_: Apakah jerih payah dalam melayani Tuhan Yesus itu sia-sia?

II. Kesimpulan

Melalui Kitab I Korintus, Allah mengajarkan arti kehidupan menjadi murid Tuhan Yesus dan bagaimana kehidupan sebagai orang-orang yang sudah diselamatkan (orang Kristen).

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah yang menulis Kitab I Korintus?
  2. Apakah tujuan Kitab I Korintus?
  3. Apakah arti kebangkitan orang percaya dalam iman Kristen?
  4. Bagaimanakah seharusnya kehidupan orang yang sudah diselamatkan?

Intisari: 1 Korintus (Pendahuluan Kitab) Surat kepada gereja yang terpecah belah BAGAIMANA GEREJA DI KORINTUS DIMULAI.Paulus pertama kali mengunjungi Korintus pada perjalanan misionarisnya y

Surat kepada gereja yang terpecah belah

BAGAIMANA GEREJA DI KORINTUS DIMULAI.
Paulus pertama kali mengunjungi Korintus pada perjalanan misionarisnya yang kedua (Kis. 18:1). Sejumlah orang Yahudi, termasuk Krispus yang menjadi kepala rumah ibadat, dan banyak orang bukan Yahudi menjadi Kristen. Paulus memulai sebuah sekolah Alkitab untuk mereka, yang letaknya strategis dan mencolok karena berdampingan dengan rumah ibadat (Kis. 18:1-18). Ia tinggal di sana selama delapan belas bulan dan digantikan oleh Apolos sebagai guru Alkitab.

BAGAIMANA BERITA TENTANG GEREJA DI KORINTUS SAMPAI KEPADA PAULUS.
Paulus sedang berada di suatu tempat di Asia (1 Kor. 16:19), mungkin di Efesus (16:8), pada akhir masa perjalanan misionarisnya yang kedua, ketika Stefanus dan dua orang kawannya datang dengan membawa sepucuk surat dari jemaat di Korintus (16:17 dan 7:1).

SEBUAH GEREJA YANG TERPECAH BELAH.
1. Mereka terpecah karena soal kepemimpinan (1:12).
2. Mereka terpecah karena standar moral (5:1-8).
3. Mereka terpecah karena kasus pendakwa dan terdakwa (6:1-8).
4. Mereka terpecah karena kasus orang Kristen yang lemah dan yang kuat (8:7-12).
5. Mereka terpecah antara yang kaya dan yang miskin (11:17-22).
6. Bahkan karunia Roh menjadikan mereka terpecah belah (12:12-26 ).

EMPAT PUCUK SURAT UNTUK JEMAAT KORINTUS?
Rupanya Paulus menulis empat pucuk surat kepada jemaat di Korintus: kita hanya memiliki surat kedua dan yang terakhir.
1. Surat pertama disebut dalam 5:9; "Dalam suratku telah kutuliskan kepadamu". Akan tetapi tidak ada lagi yang dapat kita ketahui mengenai surat itu.
2. Suratnya yang kedua adalah Surat I Korintus kita ini.
3. Surat yang ketiga tampaknya disebut-sebut dalam I I Korintus 2:3, 4 dan seringkali disebut "surat yang sangat menyedihkan". Surat ini boleh jadi I Korintus, tetapi surat itu tidak benar-benar cocok dengan apa yang disebut oleh Paulus sebagai "surat yang sangat menyedihkan".
4. Surat yang keempat adalah Surat 11 Korintus.

PERTANYAAN-PERTANYAAN ANDA TERJAWAB.
I Korintus sangat besar nilainya, karena surat itu menjawab banyak pertanyaan yang banyak ditanyakan dewasa ini:
o Bagaimana sikap yang benar terhadap para pemimpin kita?
o Di mana letak pendidikan dalam kehidupan Kristen?
o Bagaimana tentang disiplin gerejawi?
o Bolehkah Kristen membawa Kristen lain ke pengadilan?
o Bagaimana seharusnya sikap kita terhadap agama-agama lain?
o Apa yang dimaksud dengan kebebasan?
o Bolehkah wanita berdoa di gereja?
o Apa karunia-karunia Roh itu?
o Karunia Roh mana yang paling penting?
o Apa yang terjadi setelah kematian?
Mempelajari surat ini dengan saksama akan mengungkapkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan di atas dan banyak pertanyaan lainnya.

Pesan

Surat ini disusun bagaikan elips dengan dua "titik pusat",bukannya satu.

1. Skandal gereja yang terpecah (pasal 1-4) Gereja terpecah ke dalam empat
golongan dengan "nama" yang berbeda-beda:

o Saya golongan Paulus
o Saya golongan Petrus
o Saya golongan Apolos
o Saya golongan Kristus

Bagian mengenai kelemahan dalam pasal 1 mungkin ditujukan kepada apa yang
dikatakan oleh para pengritik tentang Paulus (lihat 2Kor 10:10)
dan bagian tentang hikmat dalam pasal yang sama mungkin ditujukan kepada Apolos
dan pendidikannya (Kis. Kis 18:24). Paulus menggunakan lima sebutan
yang mencolok bagi dirinya dan para pemimpin gereja lainnya untuk menunjukkan
bagaimana seharusnya sikap kita:
o Sebagai pelayan (diakonia). 1Ko 3:5
o Sebagai kawan sekerja. 1Ko 3:9
o Sebagai ahli bangunan. 1Ko 3:10
o Sebagai hamba, pembantu. 1Ko 4:1
o Sebagai orang yang dipercaya. 1Ko 4:1

2. Kebingungan mengenai kebebasan (pasal 8-10)

o Orang Kristen 'yang kuat' berpendapat bahwa mereka bebas memakan makanan dalam
rumah-rumah berhala di Korintus, sekalipun orang Kristen 'yang lemah'
dibingungkan dan dilemahkan oleh perbuatan mereka.
o Wanita-wanita 'yang bebas' merasa boleh menanggalkan kerudung walaupun
sebagian pria Kristen tradisional berpikir bahwa mereka terlalu maju.

Paulus memarahi hal-hal tersebut. Ia mengambil contoh sederhana: haknya untuk
menerima upah bagi pekerjaannya sebagai seorang pengkhotbah.

Ia membuat tujuh argumentasi yang mendukung prinsip membayar pengkhotbah:

o Contoh dari para rasul. 1Ko 9:5
o Ilustrasi tentang seorang prajurit. 1Ko 9:7
o Ilustrasi tentang seorang tukang kebun. 1Ko 9:7
o Ilustrasi tentang seorang gembala. 1Ko 9:7
o Ajaran hukum Taurat. 1Ko 9:8
o Contoh dari para imam di Bait Allah. 1Ko 9:13
o Pengajaran dari Yesus sendiri. 1Ko 9:14

Dan setelah membuktikan haknya atas upah, ia menolak untuk dibayar
(1Ko 9:15). Maksudnya jelas: Walau aku mempunyai hak, tidak berarti
bahwa aku harus menggunakannya.

Dan inilah prinsipnya: 'Sungguhpun aku bebas terhadap semua orang, aku
menjadikan diriku hamba dari semua orang, supaya aku boleh memenangkan sebanyak
mungkin orang'. (1Ko 9:19)

Penerapan

1. Kepandaian manusia pasti bertentangan dengan hikmat Allah.

2. Orang Kristen yang mengidolakan pemimpin mereka:
o memecah belah gereja o menipu pemimpin mereka o meremehkan Allah

3. Disiplin gereja, yang kini banyak dilupakan:
o memulihkan para pemberontak o memperingatkan mereka yang tidak mantap o menjadi saksi bagi dunia o memuliakan Allah

4. Orang Kristen dibebaskan:
o bukan untuk menyenangkan diri sendiri o tetapi supaya dapat melayani Allah o dan dapat memenangkan orang lain

5. Kebangkitan merupakan hakikat kekristenan.
o kebangkitan BUKAN sebagai pilihan tambahan

Tema-tema Kunci

o Bacalah dengan saksama 1Ko 1:17 sampai 1Ko 2:13, dan
catatlah hal-hal yang berhubungan dengan hikmat, kuasa, kebodohan atau
kelemahan. Paulus menggunakan masing-masing ini dalam dua cara: sebagaimana
dilihat oleh manusia dan sebagaimana Allah melihatnya. Coba jelaskan semua
pokok ini.
o Dalam pasal 5 dan 6 Paulus mulai mengajukan tujuh pertanyaan dengan 'Tidak tahukah kamu?':
- sedikit ragi mengkhamiri seluruh adonan. 1Ko 5:6
- orang kudus akan menghakimi dunia. 1Ko 6:2
- kita akan menghakimi malaikat-malaikat. 1Ko 6:3
- orang-orang yang tidak benar tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah. 1Ko 6:9
- tubuhmu adalah anggota Kristus. 1Ko 6:15
- siapa yang mengikatkan dirinya dengan pelacur, menjadi satu tubuh dengan dia. 1Ko 6:16
- tubuhmu adalah bait Roh Kudus. 1Ko 6:19

Atas dasar apa Paulus berharap agar orang Kristen di Korintus mengetahui
ketujuh prinsip ini? Jika kita tahu ketujuh prinsip ini, apa pengaruhnya atas
tingkah laku kita?
o Empat dasar injil. Dalam 1Ko 15:3-5 Paulus mempersingkat Injil menjadi empat dasar pengajaran.

1. Kristus mati untuk dosa-dosa kita sesuai dengan apa yang tertulis dalam kitab suci.
2. Ia dikuburkan.
3. Ia dibangkitkan pada hari ketiga sesuai dengan apa yang tertulis dalam kitab suci.
4. Ia menampakkan diri...

Selidikilah dalam seluruh Perjanjian Lama dan tunjukkan bahwa Kristus mati
untuk dosa-dosa kita sesuai dengan kitab suci dan bahwa Kristus dibangkitkan
pada hari ketiga sesuai dengan kitab suci.

o Pasal 15 mengenai kebangkitan. Apa konsekuensi dari kepercayaan yang tidak
mengakui adanya kebangkitan (ayat 12-19)?

Perhatikan tiga pasangan yang mencolok yang ditunjukkan oleh Paulus dalam ayat
45-49:

1. Adam pertama dan Adam terakhir.
2. Manusia pertama dan Manusia kedua.
3. Manusia dari debu dan Manusia dari surga.
Mengapa Yesus dikatakan Adam terakhir, tetapi Manusia kedua? (Pelajarilah
dengan saksama Rom 5:6-21 untuk lebih mendalami hal yang sangat
kontras antara Adam dan Kristus).

Garis Besar Intisari: 1 Korintus (Pendahuluan Kitab) [1] PENGANTAR 1Ko 1:1-9 1Ko 1:1-3Salam 1Ko 1:4-9Beberapa komentar yang mengejutkan [2] SKANDAL GEREJA YANG TERPECAH 1Ko 1:10-4:21 1Ko 1:

[1] PENGANTAR 1Ko 1:1-9

1Ko 1:1-3Salam
1Ko 1:4-9Beberapa komentar yang mengejutkan

[2] SKANDAL GEREJA YANG TERPECAH 1Ko 1:10-4:21

1Ko 1:10-31Manusia dipermuliakan: Kristus disalibkan
1Ko 2:1-3:4Hikmat rohani
1Ko 3:5-4:5Pikirkan tentang para pemimpin seperti ini
1Ko 4:6-21Kesombongan luar biasa, kemiskinan dan kuasa

[3] SKANDAL IMORALITAS 1Ko 5:1-6:20

1Ko 5:1-13Skandal seksual yang memalukan
1Ko 6:1-8Skandal peradilan
1Ko 6:9-20Kesucian bagi Bait Roh Kudus

[4] PERTANYAAN-PERTANYAAN TENTANG PERKAWINAN 1Ko 7:1-40

1Ko 7:1-9Tentang hak dan kewajiban
1Ko 7:10-24Tentang perceraian
1Ko 7:25-38Bagaimana tentang orang-orang yang melajang?
1Ko 7:39-40Ringkasan

[5] DIBEBASKAN... TETAPI SEBERAPA BEBAS? 1Ko 8:1-11:1

1Ko 8:1-13Dibebaskan dari penyembahan berhala, tetapi...
1Ko 9:1-27Bebas dari pengaruh masyarakat, tetapi...
1Ko 10:1-13Bebas karena anugerah Allah, tetapi...
1Ko 10:14-11:1Bebas untuk melayani manusia dan menyukakan Allah

[6] KEKACAUAN DALAM IBADAH DI GEREJA 1Ko 11:2-14:40

1Ko 11:2-16Rambut panjang, topi dan kerudung
1Ko 11:17-34Perjamuan Kudus: dalam gereja yang terpecah?
1Ko 12:1-31Karunia-karunia Roh
1Ko 13:1-13Karunia yang terbesar
1Ko 14:1-40Bahasa lidah dan nubuatan

[7] KEBANGKITAN 1Ko 15:1-58

1Ko 15:1-11Inilah kabar baik
1Ko 15:12-19Jika Kristus tidak bangkit...
1Ko 15:20-34Tetapi Ia telah bangkit dan kita pun akan dibangkitkan
1Ko 15:35-50Apa arti kebangkitan
1Ko 15:51-58Kemuliaan kebangkitan

[8] KESIMPULAN 1Ko 16:1-24

1Ko 16:1-9Rencana-rencana Paulus
1Ko 16:10-20Beberapa orang penting
1Ko 16:21-24Salam pribadi
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #35: Beritahu teman untuk menjadi rekan pelayanan dengan gunakan Alkitab SABDA™ di situs Anda. [SEMUA]
dibuat dalam 1.47 detik
dipersembahkan oleh YLSA