kecilkan semua  

Teks -- Markus 2:1-28 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Orang lumpuh disembuhkan
2:1 Kemudian, sesudah lewat beberapa hari, waktu Yesus datang lagi ke Kapernaum, tersiarlah kabar, bahwa Ia ada di rumah. 2:2 Maka datanglah orang-orang berkerumun sehingga tidak ada lagi tempat, bahkan di muka pintupun tidak. Sementara Ia memberitakan firman kepada mereka, 2:3 ada orang-orang datang membawa kepada-Nya seorang lumpuh, digotong oleh empat orang. 2:4 Tetapi mereka tidak dapat membawanya kepada-Nya karena orang banyak itu, lalu mereka membuka atap yang di atas-Nya; sesudah terbuka mereka menurunkan tilam, tempat orang lumpuh itu terbaring. 2:5 Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu: "Hai anak-Ku, dosamu sudah diampuni!" 2:6 Tetapi di situ ada juga duduk beberapa ahli Taurat, mereka berpikir dalam hatinya: 2:7 "Mengapa orang ini berkata begitu? Ia menghujat Allah. Siapa yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah sendiri?" 2:8 Tetapi Yesus segera mengetahui dalam hati-Nya, bahwa mereka berpikir demikian, lalu Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu berpikir begitu dalam hatimu? 2:9 Manakah lebih mudah, mengatakan kepada orang lumpuh ini: Dosamu sudah diampuni, atau mengatakan: Bangunlah, angkatlah tilammu dan berjalan? 2:10 Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa" -- berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu --: 2:11 "Kepadamu Kukatakan, bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!" 2:12 Dan orang itupun bangun, segera mengangkat tempat tidurnya dan pergi ke luar di hadapan orang-orang itu, sehingga mereka semua takjub lalu memuliakan Allah, katanya: "Yang begini belum pernah kita lihat."
Lewi pemungut cukai mengikut Yesus
2:13 Sesudah itu Yesus pergi lagi ke pantai danau, dan seluruh orang banyak datang kepada-Nya, lalu Ia mengajar mereka. 2:14 Kemudian ketika Ia berjalan lewat di situ, Ia melihat Lewi anak Alfeus duduk di rumah cukai lalu Ia berkata kepadanya: "Ikutlah Aku!" Maka berdirilah Lewi lalu mengikuti Dia. 2:15 Kemudian ketika Yesus makan di rumah orang itu, banyak pemungut cukai dan orang berdosa makan bersama-sama dengan Dia dan murid-murid-Nya, sebab banyak orang yang mengikuti Dia. 2:16 Pada waktu ahli-ahli Taurat dari golongan Farisi melihat, bahwa Ia makan dengan pemungut cukai dan orang berdosa itu, berkatalah mereka kepada murid-murid-Nya: "Mengapa Ia makan bersama-sama dengan pemungut cukai dan orang berdosa?" 2:17 Yesus mendengarnya dan berkata kepada mereka: "Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit; Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa."
Hal berpuasa
2:18 Pada suatu kali ketika murid-murid Yohanes dan orang-orang Farisi sedang berpuasa, datanglah orang-orang dan mengatakan kepada Yesus: "Mengapa murid-murid Yohanes dan murid-murid orang Farisi berpuasa, tetapi murid-murid-Mu tidak?" 2:19 Jawab Yesus kepada mereka: "Dapatkah sahabat-sahabat mempelai laki-laki berpuasa sedang mempelai itu bersama mereka? Selama mempelai itu bersama mereka, mereka tidak dapat berpuasa. 2:20 Tetapi waktunya akan datang mempelai itu diambil dari mereka, dan pada waktu itulah mereka akan berpuasa. 2:21 Tidak seorangpun menambalkan secarik kain yang belum susut pada baju yang tua, karena jika demikian kain penambal itu akan mencabiknya, yang baru mencabik yang tua, lalu makin besarlah koyaknya. 2:22 Demikian juga tidak seorangpun mengisikan anggur yang baru ke dalam kantong kulit yang tua, karena jika demikian anggur itu akan mengoyakkan kantong itu, sehingga anggur itu dan kantongnya dua-duanya terbuang. Tetapi anggur yang baru hendaknya disimpan dalam kantong yang baru pula."
Murid-murid memetik gandum pada hari Sabat
2:23 Pada suatu kali, pada hari Sabat, Yesus berjalan di ladang gandum, dan sementara berjalan murid-murid-Nya memetik bulir gandum. 2:24 Maka kata orang-orang Farisi kepada-Nya: "Lihat! Mengapa mereka berbuat sesuatu yang tidak diperbolehkan pada hari Sabat?" 2:25 Jawab-Nya kepada mereka: "Belum pernahkah kamu baca apa yang dilakukan Daud, ketika ia dan mereka yang mengikutinya kekurangan dan kelaparan, 2:26 bagaimana ia masuk ke dalam Rumah Allah waktu Abyatar menjabat sebagai Imam Besar lalu makan roti sajian itu -- yang tidak boleh dimakan kecuali oleh imam-imam -- dan memberinya juga kepada pengikut-pengikutnya?" 2:27 Lalu kata Yesus kepada mereka: "Hari Sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat, 2:28 jadi Anak Manusia adalah juga Tuhan atas hari Sabat."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Abyatar a son of Ahimelech; a high priest and counselor of David,son of Ahimelech (Ahitub I Ithamar Aaron); counselor of David
 · Alfeus the father of James, one of the twelve,the father of Levi (Matthew), one of the twelve.
 · anak-anak Lewi members of the tribe of Levi
 · bani Lewi members of the tribe of Levi
 · Daud a son of Jesse of Judah; king of Israel,son of Jesse of Judah; king of Israel
 · Farisi a religious group or sect of the Jews
 · Kapernaum a town located on the northwest shore of the Sea of Galilee.
 · kaum-kaum Lewi members of the tribe of Levi
 · kaum-kaum suku Lewi members of the tribe of Levi
 · Lewi relating to Levi and the priesthood given to him,a tribal name describing people and ceremonies as sacred
 · orang Lewi member of the tribe of Levi
 · orang-orang dari bani Lewi members of the tribe of Levi
 · orang-orang Lewi members of the tribe of Levi
 · Orang-orang suku Lewi members of the tribe of Levi
 · para orang Lewi members of the tribe of Levi
 · salah seorang Lewi members of the tribe of Levi
 · semua orang Lewi members of the tribe of Levi
 · seorang Lewi member of the tribe of Levi
 · Yohanes a son of Zebedee; younger brother of James; the beloved disciple of Christ,a relative of Annas the high priest,a son of Mary the sister of Barnabas, and surnamed Mark,the father of Simon Peter


Topik/Tema Kamus: Yesus | Yesus Kristus | Matius, Injil | Markus, Injil | Perbuatan Ajaib Yesus | Mujizat Kristus | Matius | Puasa | Perumpamaan | Orang yang Dianggap Tidak Baik | Ahli Taurat | Lewi | Ampun, Pengampunan | Pajak | Kristus, Allah | Pemungut Cukai | Sabat | Yohanes (Rasul) | Hari Sabat | Air Anggur | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Mrk 2:10 - ANAK MANUSIA. Nas : Mr 2:10 Lihat cat. --> Luk 5:24. [atau ref. Luk 5:24]

Nas : Mr 2:10

Lihat cat. --> Luk 5:24.

[atau ref. Luk 5:24]

Full Life: Mrk 2:11 - MENYEMBUHKAN ORANG LUMPUH. Nas : Mr 2:11 Tuhan tidak pernah bermaksud manusia menderita sakit-penyakit dan kelemahan. Semua hal itu adalah akibat dosa umat manusia dan perbua...

Nas : Mr 2:11

Tuhan tidak pernah bermaksud manusia menderita sakit-penyakit dan kelemahan. Semua hal itu adalah akibat dosa umat manusia dan perbuatan Iblis dalam dunia. Karena itu, setiap kesembuhan yang terjadi melalui Kristus berarti bahwa Allah harus menyerbu daerah kekuasaan Iblis dan membinasakan pekerjaannya (1Yoh 3:8;

lihat art. PENYEMBUHAN ILAHI.)

Full Life: Mrk 2:17 - MEMANGGIL ... ORANG BERDOSA. Nas : Mr 2:17 Lihat cat. --> Mat 9:11 [atau ref. Mat 9:11]

Nas : Mr 2:17

Lihat cat. --> Mat 9:11

[atau ref. Mat 9:11]

Full Life: Mrk 2:20 - PADA WAKTU ITULAH MEREKA AKAN BERPUASA. Nas : Mr 2:20 Lihat cat. --> Mat 9:15 [atau ref. Mat 9:15]

Nas : Mr 2:20

Lihat cat. --> Mat 9:15

[atau ref. Mat 9:15]

Full Life: Mrk 2:22 - ANGGUR YANG BARU ... DALAM KANTONG KULIT YANG TUA. Nas : Mr 2:22 Lihat cat. --> Mat 9:17 [atau ref. Mat 9:17]

Nas : Mr 2:22

Lihat cat. --> Mat 9:17

[atau ref. Mat 9:17]

Full Life: Mrk 2:23 - HARI SABAT. Nas : Mr 2:23 Lihat cat. --> Mat 12:1 [atau ref. Mat 12:1]

Nas : Mr 2:23

Lihat cat. --> Mat 12:1

[atau ref. Mat 12:1]

Full Life: Mrk 2:27 - HARI SABAT DIADAKAN UNTUK MANUSIA. Nas : Mr 2:27 Hari Sabat ditetapkan oleh Allah untuk menjadi suatu berkat bagi umat manusia (lihat cat. --> Kel 20:8). [atau re...

Nas : Mr 2:27

Hari Sabat ditetapkan oleh Allah untuk menjadi suatu berkat bagi umat manusia

(lihat cat. --> Kel 20:8).

[atau ref. Kel 20:8]

Pada hari itu kita harus menghentikan semua pekerjaan sehari-hari. Sebagai gantinya, kita harus beribadah kepada Allah dan bersekutu dengan-Nya supaya kita tetap sehat secara jasmani dan kuat serta segar secara rohani (Yes 58:13-14). Mereka yang mengabaikan prinsip hari Sabat ini akan menghancurkan dirinya sendiri

(lihat cat. --> Mat 12:1).

[atau ref. Mat 12:1]

BIS: Mrk 2:15 - di rumah Lewi di rumah Lewi: atau di rumah-Nya (yaitu rumah Yesus).

di rumah Lewi: atau di rumah-Nya (yaitu rumah Yesus).

Jerusalem: Mrk 2:5 - dosamu sudah diampuni Yesus di sini menyatakan bahwa mempunyai kuasa Allah, Yes 1:18; Kel 34:6; Hos 11:8-9, untuk mengampuni dosa. Selama hidupNya Yesus sering menggunakan ...

Yesus di sini menyatakan bahwa mempunyai kuasa Allah, Yes 1:18; Kel 34:6; Hos 11:8-9, untuk mengampuni dosa. Selama hidupNya Yesus sering menggunakan kekuasaan itu. Memang demikianlah arti nama Yesus, Mat 1:21. Yesus sendiri menghubungkan kekuasaan itu dengan kematianNya, Mat 26:28+ dsj. Jemaat-jemaat Kristenpun menyatakan bahwa pengampunan dosa datang dari Kristus yang mati dan dibangkitkan, misalnya Kis 2:38; Kis 3:19; Kis 10:43; Kis 13:38; Rom 3:21-26+, Rom 5:6-9; Efe 1:7; Efe 1:7; Efe 4:32; Kol 1:14; Kol 3:13; 1Yo 1:7; 1Yo 2:12; Ibr 9:26; Wah 1:5. Tetapi Yesus menyerahkan kekuasaan itu juga kepada murid-muridnya, sehingga Allah pasti meneguhkan keputusan mereka, Mat 16:19; Mat 18:18; Yoh 20:23.

Jerusalem: Mrk 2:13 - danau Ialah danau Galilea atau danau Tiberias.

Ialah danau Galilea atau danau Tiberias.

Jerusalem: Mrk 2:23 - memetik bulir gandum Menurut Markus kesalahan murid-murid bukanlah memetik dan menggasir bulir-bulir itu karena lapar seperti dikatakan Matius dan Lukas, tetapi kesalahan ...

Menurut Markus kesalahan murid-murid bukanlah memetik dan menggasir bulir-bulir itu karena lapar seperti dikatakan Matius dan Lukas, tetapi kesalahan mereka ialah: memetik bulir untuk membuat jalan di ladang. Maksud Markus dengan menggambarkan halnya begitu ialah: supaya dimengerti pembaca yang kurang tahu tentang aturan-aturan Yahudi. Bagi mereka memang kurang jelas bahwa memetik bulir sudah dianggap "menuai", sedangkan jelas orang tidak boleh mencabut gandum untuk melalui ladang orang lain. Hanya caranya Markus menggambarkan halnya kurang sesuai dengan cerita selanjutnya. Tetapi Markus membiarkannya begitu.

Jerusalem: Mrk 2:26 - Abyatar Imam Besar dalam 1Sa 21:2-7 sebenarnya bernama Ahimelek. Boleh jadi Markus berkata tentang Abyatar, oleh karena Imam Besar ini pada zaman Daud paling ...

Imam Besar dalam 1Sa 21:2-7 sebenarnya bernama Ahimelek. Boleh jadi Markus berkata tentang Abyatar, oleh karena Imam Besar ini pada zaman Daud paling dikenal, 2Sa 20:25; boleh jadi juga bahwa Markus menuruti salah satu tradisi lain yang menjadikan Abyatar ayah Ahimelek (2Sa 8:17 Ibr).

Jerusalem: Mrk 2:27 - -- Ayat ini tidak terdapat dalam Matius dan Lukas. Agaknya ditambahkan Markus waktu semangat agama Kristen yang baru sudah membuat hukum Sabat menjadi sa...

Ayat ini tidak terdapat dalam Matius dan Lukas. Agaknya ditambahkan Markus waktu semangat agama Kristen yang baru sudah membuat hukum Sabat menjadi sangat tidak mutlak; bdk Luk 5:39+.

Ende: Mrk 2:1 - Kafarnaum Kota dipantai tasik Genesaret ini dipilih Jesus sebagai pusat kegiatanNja di Galilea. Bdl. Mat 4:13.

Kota dipantai tasik Genesaret ini dipilih Jesus sebagai pusat kegiatanNja di Galilea. Bdl. Mat 4:13.

Ende: Mrk 2:5-7 - -- Jesus menjatakan kekuasaan IlahiNja dan muntjul pertentangan dari pihak orang parisi.

Jesus menjatakan kekuasaan IlahiNja dan muntjul pertentangan dari pihak orang parisi.

Ende: Mrk 2:10 - Putera manusia Lih. Mat 8:20 dan tjatatan disitu, dan kata pengantar pada Mk. Ini, halaman 81.

Lih. Mat 8:20 dan tjatatan disitu, dan kata pengantar pada Mk. Ini, halaman 81.

Ende: Mrk 2:18 - -- Orang parisi biasanja berpuasa dengan suka-rela dua hari seminggu.

Orang parisi biasanja berpuasa dengan suka-rela dua hari seminggu.

Ende: Mrk 2:19 - -- "Pengantin". Pemakaian istilah ini sebagai pelambang hubungan Jesus dengan umatNja jang masih ketjil, jaitu dengan murid-muridNja, mirip sekali dengan...

"Pengantin". Pemakaian istilah ini sebagai pelambang hubungan Jesus dengan umatNja jang masih ketjil, jaitu dengan murid-muridNja, mirip sekali dengan pemakaian istilah itu oleh Allah, untuk menjatakan hubunganNja jang mesra dengan umat Israel. Djadi Jesus disinipun menjatakan DiriNja dengan samar-samar sebagai Putera Allah, jang bermartabat Ilahi.

Ende: Mrk 2:26 - Rumah Allah Rumah Allah ini bukan kenisah di Jerusalem, jang waktu itu belum didirikan. Rumah kudus ini untuk sementara bertempat di Nob, tidak djauh dari Jerusal...

Rumah Allah ini bukan kenisah di Jerusalem, jang waktu itu belum didirikan. Rumah kudus ini untuk sementara bertempat di Nob, tidak djauh dari Jerusalem. Lih. 1Sa 21:1-7.

Ref. Silang FULL: Mrk 2:2 - datanglah orang-orang · datanglah orang-orang: Mr 2:13; Mr 1:45

· datanglah orang-orang: Mr 2:13; Mr 1:45

Ref. Silang FULL: Mrk 2:3 - seorang lumpuh · seorang lumpuh: Mat 4:24; Mat 4:24

· seorang lumpuh: Mat 4:24; [Lihat FULL. Mat 4:24]

Ref. Silang FULL: Mrk 2:5 - sudah diampuni · sudah diampuni: Luk 7:48

· sudah diampuni: Luk 7:48

Ref. Silang FULL: Mrk 2:7 - Allah sendiri · Allah sendiri: Yes 43:25

· Allah sendiri: Yes 43:25

Ref. Silang FULL: Mrk 2:10 - Anak Manusia · Anak Manusia: Mat 8:20; Mat 8:20

· Anak Manusia: Mat 8:20; [Lihat FULL. Mat 8:20]

Ref. Silang FULL: Mrk 2:12 - memuliakan Allah // Yang begini · memuliakan Allah: Mat 9:8; Mat 9:8 · Yang begini: Mat 9:33

· memuliakan Allah: Mat 9:8; [Lihat FULL. Mat 9:8]

· Yang begini: Mat 9:33

Ref. Silang FULL: Mrk 2:13 - datang kepada-Nya · datang kepada-Nya: Mr 1:45; Luk 5:15; Yoh 6:2

· datang kepada-Nya: Mr 1:45; Luk 5:15; Yoh 6:2

Ref. Silang FULL: Mrk 2:14 - Ikutlah Aku · Ikutlah Aku: Mat 4:19; Mat 4:19

· Ikutlah Aku: Mat 4:19; [Lihat FULL. Mat 4:19]

Ref. Silang FULL: Mrk 2:16 - golongan Farisi // orang berdosa · golongan Farisi: Kis 23:9 · orang berdosa: Mat 9:11; Mat 9:11

· golongan Farisi: Kis 23:9

· orang berdosa: Mat 9:11; [Lihat FULL. Mat 9:11]

Ref. Silang FULL: Mrk 2:17 - orang berdosa · orang berdosa: Luk 19:10; 1Tim 1:15

· orang berdosa: Luk 19:10; 1Tim 1:15

Ref. Silang FULL: Mrk 2:18 - sedang berpuasa · sedang berpuasa: Mat 6:16-18; Mat 6:16 s/d 18; Kis 13:2

· sedang berpuasa: Mat 6:16-18; [Lihat FULL. Mat 6:16] s/d 18; Kis 13:2

Ref. Silang FULL: Mrk 2:20 - dari mereka · dari mereka: Luk 17:22

· dari mereka: Luk 17:22

Ref. Silang FULL: Mrk 2:23 - bulir gandum · bulir gandum: Ul 23:25

· bulir gandum: Ul 23:25

Ref. Silang FULL: Mrk 2:24 - hari Sabat · hari Sabat: Mat 12:2; Mat 12:2

· hari Sabat: Mat 12:2; [Lihat FULL. Mat 12:2]

Ref. Silang FULL: Mrk 2:26 - Imam Besar // boleh dimakan // kepada pengikut-pengikutnya · Imam Besar: 1Taw 24:6; 2Sam 8:17 · boleh dimakan: Im 24:5-9 · kepada pengikut-pengikutnya: 1Sam 21:1-6

· Imam Besar: 1Taw 24:6; 2Sam 8:17

· boleh dimakan: Im 24:5-9

· kepada pengikut-pengikutnya: 1Sam 21:1-6

Ref. Silang FULL: Mrk 2:27 - untuk manusia // hari Sabat · untuk manusia: Kel 23:12; Ul 5:14 · hari Sabat: Kol 2:16

· untuk manusia: Kel 23:12; Ul 5:14

· hari Sabat: Kol 2:16

Ref. Silang FULL: Mrk 2:28 - Anak Manusia · Anak Manusia: Mat 8:20; Mat 8:20

· Anak Manusia: Mat 8:20; [Lihat FULL. Mat 8:20]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Mrk 2:1--3:12 - -- C. Perkembangan Pertentangan Resmi (2:1-3:12). Tujuan dari sang penulis di dalam bagian ini ialah menunjukkan perkembangan konflik di antara Kristus ...

C. Perkembangan Pertentangan Resmi (2:1-3:12).

Tujuan dari sang penulis di dalam bagian ini ialah menunjukkan perkembangan konflik di antara Kristus dengan para pejabat Yahudi. Popularitas Tuhan yang makin meluas dengan sendirinya membangkitkan rasa tidak senang mereka, sebab hakikat dari pemberitaan Yesus bertentangan dengan kepercayaan dan kebiasaan mereka. Oleh karena itu, di dalam setiap peristiwa dari sejumlah lima peristiwa yang dicatat di sini, orang-orang Farisi terlihat menggerutu di antara sesama mereka atau secara terbuka mengajukan pertanyaan atau keberatan.

Wycliffe: Mrk 2:1 - lewat beberapa hari // Rumah 1. Kedatangan kembali ke Kapernaum ini menandai selesainya perjalanan pertama di Galilea. Ungkapan lewat beberapa hari paling baik jika dianggap sebag...

1. Kedatangan kembali ke Kapernaum ini menandai selesainya perjalanan pertama di Galilea. Ungkapan lewat beberapa hari paling baik jika dianggap sebagai mengacu pada laporan bahwa Dia telah kembali. Karena itu, ayat itu seharusnya berbunyi, "Dan waktu Dia datang lagi ke Kapernaum. setelah beberapa hari tersiar kabar bahwa Dia ada di rumah." Rumah yang dimaksud mungkin adalah tempat tinggal Petrus (1:29), dan mungkin sekali Dia telah menyampaikan kepada Markus kisah berikutnya ini.

Wycliffe: Mrk 2:3 - Lumpuh 3. Lumpuh. Orangnya disebut paralytikon.

3. Lumpuh. Orangnya disebut paralytikon.

Wycliffe: Mrk 2:4 - Orang banyak // Membuka atap // Tilam 4. Orang banyak. Rumah kuno beratap rata pada umumnya memiliki tangga menuju ke atap dan ini tentu memungkinkan para penggotong menaikkan penderita lu...

4. Orang banyak. Rumah kuno beratap rata pada umumnya memiliki tangga menuju ke atap dan ini tentu memungkinkan para penggotong menaikkan penderita lumpuh itu tanpa kesulitan. Membuka atap. Hal ini dilaksanakan dengan menggali untuk menembusi lapisan rumput, plester, genteng dan reng, sebagaimana ditunjukkan oleh istilah Markus exoryxantes - dipecahkan (Alkitab TL). Tilam ialah kasur sebagaimana yang dipakai orang miskin.

Wycliffe: Mrk 2:7 - menghujat Allah 7. Apabila seseorang menerima asumsi para ahli Taurat bahwa Yesus hanyalah manusia, maka orang itu pasti mencapai kesimpulan yang sama dengan mereka. ...

7. Apabila seseorang menerima asumsi para ahli Taurat bahwa Yesus hanyalah manusia, maka orang itu pasti mencapai kesimpulan yang sama dengan mereka. Yaitu bahwa Yesus menghujat Allah. Konflik pokoknya adalah berkenaan dengan keilahian Kristus.

Wycliffe: Mrk 2:10 - Supaya kamu tahu // Anak manusia // Berkuasa 10. Supaya kamu tahu. Penyembuhan orang lumpuh itu menjadi bukti mengenai kuasa Tuhan untuk mengampuni dosa, dan dengan demikian juga bukti mengenai k...

10. Supaya kamu tahu. Penyembuhan orang lumpuh itu menjadi bukti mengenai kuasa Tuhan untuk mengampuni dosa, dan dengan demikian juga bukti mengenai keilahian-Nya. Anak manusia. Ini adalah nama yang Yesus pilih untuk dipakai semata-mata bagi diri-Nya. Latar belakangnya terdapat di dalam Kitab Daniel dan dalam sastra apokaliptik Yahudi di luar Alkitab, di mana istilah ini telah menjadi sebutan bagi Mesias (bdg. Dan. 7:13, 14). Berkuasa. Istilah Yunaninya berarti berwewenang.

Wycliffe: Mrk 2:12 - ketika itu juga // semua // takjub 12. Bahwa ketika itu juga (TL) orang tersebut bangun menunjukkan suatu penyembuhan seketika lainnya, demikian sempurna sehingga orang itu bisa mengang...

12. Bahwa ketika itu juga (TL) orang tersebut bangun menunjukkan suatu penyembuhan seketika lainnya, demikian sempurna sehingga orang itu bisa mengangkat tilamnya sendiri. Hasilnya ialah bahwa semua orang takjub. Mereka demikian terpesona sehingga terlarut. Kata kerja existēmi berarti "menjadikan aneh" atau "membuat seseorang lupa diri."

Wycliffe: Mrk 2:13 - -- 13. Tuduhan pertama terhadap Tuhan di dalam rangkaian konflik yang dicatat oleh Markus ialah tuduhan menghujat (2:1-12). Tuduhan kedua sekarang dimunc...

13. Tuduhan pertama terhadap Tuhan di dalam rangkaian konflik yang dicatat oleh Markus ialah tuduhan menghujat (2:1-12). Tuduhan kedua sekarang dimunculkan dalam 2:13-17 yang kira-kira menuduh Kristus bersekutu dengan golongan orang-orang yang terbuang.

Wycliffe: Mrk 2:14 - Lewi anak Alfeus // Rumah cukai 14. Lewi anak Alfeus sama dengan Matius (Mat. 9:9; Mrk. 3:18). Rumah cukai. Kantor pajak. Kapernaum terletak pada jalan raya dari Mesopatiam ke Mesir,...

14. Lewi anak Alfeus sama dengan Matius (Mat. 9:9; Mrk. 3:18). Rumah cukai. Kantor pajak. Kapernaum terletak pada jalan raya dari Mesopatiam ke Mesir, dan dekat persimpangan jalan raya ke Damsyik. Letaknya yang dekat dengan perbatasan wilayah Herodes Antipas memperjelas bahwa ada tempat pemungutan di situ.

Wycliffe: Mrk 2:15 - Makan // Di rumah orang itu // Banyak pemungut cukai 15. Makan. Kata kerja yang dipakai berarti berbaring dengan bersandar pada siku kiri dan makan, yaitu kebiasaan cara makan pada zaman itu. Di rumah or...

15. Makan. Kata kerja yang dipakai berarti berbaring dengan bersandar pada siku kiri dan makan, yaitu kebiasaan cara makan pada zaman itu. Di rumah orang itu. Bandingkan Lukas 5:29. Banyak pemungut cukai. Kehormatan bagi para pemungut cukai. Hak untuk memungut cukai diperoleh dengan pembayaran total pajak yang ditetapkan pemerintah. Pemungut cukai itu kemudian bebas untuk memungut sebanyak mungkin dari rakyat dengan cara memeras. Biasanya pemungutan cukai yang sesungguhnya dilaksanakan oleh para pemungut cukai yang lebih kecil jumlahnya, yaitu golongan yang di dalamnya mungkin termasuk Matius. Mereka dibenci karena mereka mengabdi kepada raja asing dan melakukan berbagai kecurangan.

Wycliffe: Mrk 2:16 - Ahli-ahli Taurat dari golongan Farisi // orang berdosa 16. Ahli-ahli Taurat dari golongan Farisi. Orang-orang Farisi ialah sekelompok orang awam yang secara keras mengikuti perintah-perintah hukum lisan da...

16. Ahli-ahli Taurat dari golongan Farisi. Orang-orang Farisi ialah sekelompok orang awam yang secara keras mengikuti perintah-perintah hukum lisan dan tertulis, berusaha dengan teliti mempertahankan kemurnian ajaran agama. Mereka memandang rendah orang yang tidak seketat mereka dalam menaati perintah-perintah yang ada, dan menyebut orang-orang itu sebagai "orang yang tidak mengenal Hukum Taurat" (bdg. Yoh. 7:49). Golongan yang disebut sebagai orang berdosa di sini mungkin termasuk semua orang bukan Farisi.

Wycliffe: Mrk 2:17 - Orang sehat 17. Orang sehat. Orang yang kuat dan sehat. Yesus menjawab para pengecam itu dari sudut pandang mereka sendiri. Mereka beranggapan bahwa diri mereka s...

17. Orang sehat. Orang yang kuat dan sehat. Yesus menjawab para pengecam itu dari sudut pandang mereka sendiri. Mereka beranggapan bahwa diri mereka sudah benar, sehingga tidak memerlukan bantuan. Yesus berbicara sebagai tabib yang bertugas untuk menolong orang yang sakit.

Wycliffe: Mrk 2:18 - Sedang berpuasa 18. Peristiwa selanjutnya yang dicatat oleh Markus ialah pertanyaan mengenai puasa (2:18-22). Sedang berpuasa. Mungkin ketika Lewi mengadakan jamuan m...

18. Peristiwa selanjutnya yang dicatat oleh Markus ialah pertanyaan mengenai puasa (2:18-22). Sedang berpuasa. Mungkin ketika Lewi mengadakan jamuan makan itu bertepatan dengan hari berpuasa, sebab orang Farisi memiliki kebiasaan untuk berpuasa dua kali dalam seminggu, yaitu pada hari Senin dan Kamis (Luk. 18:12). Sifat dari pelayanan dan pemberitaan Yohanes selaras dengan pelaksanaan ibadah puasa.

Wycliffe: Mrk 2:19 - Sahabat-sahabat mempelai laki-laki 19. Sahabat-sahabat mempelai laki-laki. Mereka ini adalah sahabat erat dari mempelai laki-laki yang bertugas sebagai pengiringnya, sebuah gambaran yan...

19. Sahabat-sahabat mempelai laki-laki. Mereka ini adalah sahabat erat dari mempelai laki-laki yang bertugas sebagai pengiringnya, sebuah gambaran yang di sini dipergunakan untuk menunjuk kepada murid-murid Yesus. Kristus datang menyampaikan berita sukacita (bdg. 1:14, 15): dengan berita yang penuh sukacita semacam itu, berpuasa sama sekali tidak pantas.

Wycliffe: Mrk 2:21 - Kain yang belum susut // Jika demikian kain ... yang baru 21. Kain yang belum susut. Secarik kain yang belum ditangani oleh tukang cuci, belum susut. Jika demikian kain ... yang baru. Apabila kain tambalan ya...

21. Kain yang belum susut. Secarik kain yang belum ditangani oleh tukang cuci, belum susut. Jika demikian kain ... yang baru. Apabila kain tambalan yang belum susut itu menjadi basah, kain itu akan susut dan mencabik kain yang lama, yaitu kain yang sudah susut sebelumnya. Jadi tidak bijaksana untuk berusaha menempelkan sistem yang lama pada yang baru.

Wycliffe: Mrk 2:22 - Kantong kulit yang tua // anggur yang baru 22. Kantong kulit yang tua. Penampung anggur yang terbuat dari kulit hewan. Pemekaran yang disebabkan oleh peragian dari anggur yang baru akan merusak...

22. Kantong kulit yang tua. Penampung anggur yang terbuat dari kulit hewan. Pemekaran yang disebabkan oleh peragian dari anggur yang baru akan merusak kantung yang tua karena sudah mengembang sampai batas tertinggi. Jadi tidak mungkin orang membatasi vitalitas pengalaman baru yang dihasilkan oleh iman kepada Kristus dengan struktur legalisme kuno.

Wycliffe: Mrk 2:23 - -- 23. Dua peristiwa berikutnya tentang pertentangan terhadap Kristus ada hubungannya dengan berbagai tindakan pada hari Sabat (2:23-3:6).

23. Dua peristiwa berikutnya tentang pertentangan terhadap Kristus ada hubungannya dengan berbagai tindakan pada hari Sabat (2:23-3:6).

Wycliffe: Mrk 2:24 - Sesuatu yang tidak diperbolehkan 24. Sesuatu yang tidak diperbolehkan. Bukan pemetikan gandum itu yang mereka persoalkan, sebab Hukum Taurat mengizinkan hal itu (Ul. 23:25), yang mere...

24. Sesuatu yang tidak diperbolehkan. Bukan pemetikan gandum itu yang mereka persoalkan, sebab Hukum Taurat mengizinkan hal itu (Ul. 23:25), yang mereka kecam ialah bekerja dengan tangan pada hari Sabat. Di dalam semangat mereka untuk menaati apa yang tersirat di dalam Hukum Taurat hingga rincian terkecilnya, mereka memandang pemetikan gandum itu sebagai memanen dan dengan demikian sebagai pelanggaran atas Keluaran 20:10.

Wycliffe: Mrk 2:25 - apa yang dilakukan Daud // kekurangan dan kelaparan 25. Yesus menjawab dengan mengutip apa yang dilakukan Daud dahulu sebagaimana tercatat dalam I Samuel 21:1-6. Pertanyaan-Nya dimaksudkan untuk mendapa...

25. Yesus menjawab dengan mengutip apa yang dilakukan Daud dahulu sebagaimana tercatat dalam I Samuel 21:1-6. Pertanyaan-Nya dimaksudkan untuk mendapat jawaban mengiakan. Ciri yang menonjol dari peristiwa tersebut terletak di dalam pernyataan kekurangan dan kelaparan. Kristus bermaksud menyatakan bahwa kebutuhan manusia menggantikan seluruh kewajiban yang sekadar merupakan ritual.

Wycliffe: Mrk 2:27 - Hari Sabat 27. Hari Sabat tidak dimaksudkan untuk berfungsi sebagai orang lalim tidak berperasaan yang harus dilayani manusia tanpa peduli apa akibatnya terhadap...

27. Hari Sabat tidak dimaksudkan untuk berfungsi sebagai orang lalim tidak berperasaan yang harus dilayani manusia tanpa peduli apa akibatnya terhadap diri sendiri; Sabat justru dibuat untuk memenuhi kebutuhan manusia akan istirahat.

Wycliffe: Mrk 2:28 - Tuhan atas hari Sabat 28. Tuhan atas hari Sabat. Kristus bukan menegaskan kebebasan-Nya untuk melanggar hukum tentang hari Sabat, melainkan justru menyatakan kecakapan-Nya ...

28. Tuhan atas hari Sabat. Kristus bukan menegaskan kebebasan-Nya untuk melanggar hukum tentang hari Sabat, melainkan justru menyatakan kecakapan-Nya untuk menafsirkan hukum tersebut.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Mrk 2:1-12 - Orang Lumpuh Disembuhkan Dalam pasal ini diceritakan tentang: I. Kristus menyembuhkan orang yang sakit lumpuh (ay. 1-12). II. Ia memanggil Matius dari rumah cukai, l...

Matthew Henry: Mrk 2:13-17 - Kristus di antara Pemungut Cukai dan Orang Berdosa Kristus di antara Pemungut Cukai dan Orang Berdosa (2:13-17) Di sini diceritakan tentang: I. Kristus mengajar di pantai danau (ay. 13), untuk m...

Matthew Henry: Mrk 2:18-28 - Kekerasan Hati Orang Farisi yang Munafik Kekerasan Hati Orang Farisi yang Munafik (2:18-28) Sebelumnya Kristus didesak untuk membuktikan bahwa diri-Nya tidak bersalah ketika Dia bergaul de...

SH: Mrk 2:1-12 - Menjadi berkat (Kamis, 1 Januari 2009) Menjadi berkat Di tengah lilitan berbagai masalah hidup, banyak orang yang kehilangan pengharapan. Akibatnya ada yang terjerumus pergaulan b...

SH: Mrk 2:1-12 - Yesus mengampuni dosa. (Minggu, 19 Januari 2003) Yesus mengampuni dosa. Saat Yesus mengajar orang banyak, tiba-tiba datang sekelompok orang menggotong seorang lumpuh (ayat 3). Tetapi, orang...

SH: Mrk 2:13-17 - Meneladani sikap Farisi atau Yesus? (Jumat, 2 Januari 2009) Meneladani sikap Farisi atau Yesus? Bagaimana sikap kita terhadap orang yang kita anggap jahat? Seandainya ada tetangga kita yang mantan narapida...

SH: Mrk 2:13-17 - Membenci dosa, mengasihi orang berdosa. (Senin, 20 Januari 2003) Membenci dosa, mengasihi orang berdosa. Yesus terus mengajar orang banyak. Namun, tampaknya Markus tidak begitu tertarik untuk melaporkan is...

SH: Mrk 2:18-22 - Ritual kosong (Minggu, 1 Februari 2009) Ritual kosong Ada orang yang menjalankan hidup keagamaan dengan taat tanpa memahami esensinya. Ada juga yang menjadikan ritual keagamaan sebagai ...

SH: Mrk 2:18-22 - Hakikat puasa. (Selasa, 21 Januari 2003) Hakikat puasa. Bagi orang Yahudi berpuasa sudah merupakan tradisi. Farisi memiliki kebiasaan berpuasa 2 kali seminggu (Luk. 18:12). Ada ...

SH: Mrk 2:23--3:6 - Makna Sabat (Senin, 2 Februari 2009) Makna Sabat Istilah workaholic dikenakan kepada pecandu kerja. Meski melakukan aktivitas pada hari Sabat, Yesus bukanlah seorang workaholic. Sa...

SH: Mrk 2:23-28 - Hakikat sabat. (Rabu, 22 Januari 2003) Hakikat sabat. Makna sesungguhnya dari Sabat adalah saat ketika umat beristirahat dan 'bersenang-senang karena Tuhan' (Yes. 58:14). All...

Utley: Mrk 2:1-12 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 2:1-121 Kemudian, sesudah lewat beberapa hari, waktu Yesus datang lagi ke Kapernaum, tersiarlah kabar, bahwa Ia ada di rumah...

Utley: Mrk 2:13-14 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 2:13-1413A Sesudah itu Yesus pergi lagi ke pantai danau, dan seluruh orang banyak datang kepada-Nya, lalu Ia mengajar mereka...

Utley: Mrk 2:15-17 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 2:15-1715 Kemudian ketika Yesus makan di rumah orang itu, banyak pemungut cukai dan orang berdosa makan bersama-sama dengan ...

Utley: Mrk 2:18-20 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 2:18-2018 Pada suatu kali ketika murid-murid Yohanes dan orang-orang Farisi sedang berpuasa, datanglah orang-orang dan menga...

Utley: Mrk 2:21-22 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 2:21-2221 "Tidak seorangpun menambalkan secarik kain yang belum susut pada baju yang tua, karena jika demikian kain penambal...

Utley: Mrk 2:23-28 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 2:23-2823 Pada suatu kali, pada hari Sabat, Yesus berjalan di ladang gandum, dan sementara berjalan murid-murid-Nya memetik ...

Topik Teologia: Mrk 2:1 - -- Yesus Kristus Yesus Mengampuni Dosa Mat 26:28 Mar 2:1-12 Luk 7:48-49 Allah Mar 2:1-12 Rom 9:5 Tit 2:13 2Pe 1:1 ...

Topik Teologia: Mrk 2:8 - -- Yesus Kristus Yesus Mengampuni Dosa Mat 26:28 Mar 2:1-12 Luk 7:48-49 Dia Memahami Pikiran Orang ...

Topik Teologia: Mrk 2:9 - -- Yesus Kristus Yesus Mengampuni Dosa Mat 26:28 Mar 2:1-12 Luk 7:48-49 Dia Memahami Pikiran Orang ...

Topik Teologia: Mrk 2:11 - -- Yesus Kristus Yesus Mengampuni Dosa Mat 26:28 Mar 2:1-12 Luk 7:48-49 Dia Memahami Pikiran Orang ...

Topik Teologia: Mrk 2:17 - -- Yesus Kristus Yesus Datang untuk Menjadi Juruselamat Manusia Mat 9:12-13 Mat 15:24 Mat 18:12-14 Mar 2:17 Luk 15:1-32 Luk 19...

Topik Teologia: Mrk 2:18 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Mencari Allah

Topik Teologia: Mrk 2:19 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Mencari Allah Berpuasa Sikap-sikap Terhadap Puasa Puasa adalah Tindakan K...

Topik Teologia: Mrk 2:25 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Pandangan Yesus Atas Perjanjian Lama Kristus Menegaskan Historitas Perjanjian Lama Historitas K...

Topik Teologia: Mrk 2:27 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Allah Yesus Mengklaim Hak-hak Alla...

Topik Teologia: Mrk 2:28 - -- Yesus Kristus Yesus adalah Tuhan atas Hari Sabat Mar 2:27-28 Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Markus (Pendahuluan Kitab) Penulis : Markus Tema : Yesus, Sang Putra-Hamba Tanggal Penulisan: 55-65 M Latar Belakang Di antara keempat Injil, Injil Marku...

Full Life: Markus (Garis Besar) Garis Besar I. Persiapan untuk Pelayanan Yesus (Mr 1:1-13) A. Pelayanan Yohanes Pembaptis (Mr 1:2-8)...

Matthew Henry: Markus (Pendahuluan Kitab) Kita telah mendengar bukti yang diberikan oleh saksi pertama mengenai ajaran dan mujizat Yesus Tuhan kita. Sekarang di sini hadir saksi lain lagi yang...

Jerusalem: Markus (Pendahuluan Kitab) INJIL-INJIL SINOPTIK PENGANTAR Ada empat kitab dalam Perjanjian Baru yang berisikan "Kabar Yang Baik" (demikianlah arti kata "Euaggelio...

Jerusalem: Markus (Pendahuluan Kitab) Injil Karangan Markus Rangka Mrk adalah paling tidak sistematik. Pembukaan injil merangkum pewartaan oleh Yohanes Pembaptis, baptisan Yesus dan pencob...

Ende: Markus (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN MARKUS KATA PENGANTAR Tentang Pengarang Jang dari semula terkenal sebagai pengarang "Indjil kedua", ialah Markus, jang d...

Wycliffe: Markus (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN MARKUS Penulis. Sekalipun penulis Injil ini tidak disebutkan, tersedia bukti yang cukup untuk secara positif menentukan siapa penulis itu...

Wycliffe: Markus (Garis Besar) GARIS BESAR MARKUS I. Judul 1:1 II. Persiapan Pelayanan Kristus 1:2-13 A. Pendahulu-Nya 1:2-8 B. Baptisan-Nya 1:9-11 ...

BIS: Markus (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH MARKUS PENGANTAR Buku Kabar Baik oleh Markus dimulai dengan pernyataan: "Inilah Kabar Baik tentang Yesus Kristus, A

KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH MARKUS

PENGANTAR

Buku Kabar Baik oleh Markus dimulai dengan pernyataan: "Inilah Kabar Baik tentang Yesus Kristus, Anak Allah". Dalam Kabar Baik itu Yesus ditampilkan sebagai seorang yang banyak bertindak dan yang berwibawa. Kewibawaan-Nya nyata dalam cara Ia mengajar, dalam kuasa-Nya terhadap roh-roh jahat, dan dalam mengampuni dosa. Yesus menampilkan diri-Nya sebagai Anak Manusia yang memberikan nyawa-Nya supaya manusia dibebaskan dari dosa.

Cerita tentang Yesus dalam buku ini disampaikan secara hidup dan terus terang. Perbuatan-perbuatan-Nya lebih banyak ditekankan daripada perkataan dan ajaran-Nya. Setelah kata-kata pendahuluan yang singkat mengenai Yohanes Pembaptis dan mengenai baptisan Yesus serta cobaan terhadap diri-Nya, buku Markus ini langsung menceritakan pelayanan Yesus, khususnya tentang penyembuhan-penyembuhan yang dilakukan-Nya dan tentang pengajaran-Nya. Pasal-pasal terakhir memuat cerita tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi pada minggu terakhir dalam hidup Tuhan Yesus di dunia ini, terutama tentang penyaliban diri-Nya dan kebangkitan-Nya dari kematian.

Kedua bagian akhir dari buku Markus, yang dimasukkan dalam tanda kurung besar, umumnya dianggap bukan tulisan penulis buku Markus, melainkan seorang yang lain.

Isi

  1.  Pendahuluan
    Mr 1:1-13
  2.  Pelayanan Yesus di tengah-tengah masyarakat di Galilea
    Mr 1:14-9:50
  3.  Dari Galilea ke Yerusalem
    Mr 10:1-52
  4.  Minggu terakhir di Yerusalem dan sekitarnya
    Mr 11:1-15:47
  5.  Kebangkitan Yesus
    Mr 16:1-8
  6.  Penampakan dan terangkatnya Yesus ke surga
    Mr 16:9-20

Ajaran: Markus (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi kitab Injil Markus orang-orang Kristen mengerti, bahwa Yesus Kristus adalah Mesias, Juruselamat, Raja yang dijanji

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi kitab Injil Markus orang-orang Kristen mengerti, bahwa Yesus Kristus adalah Mesias, Juruselamat, Raja yang dijanjikan, yang diutus Allah sebagai penggenapan nubuatan para nabi dalam kitab Perjanjian Lama.

Pendahuluan

Penulis : Rasul Markus.

Tahun : Sekitar tahun 50 Masehi.

Penerima : Orang-orang Kristen dari bangsa bukan Yahudi. (Dan juga setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus).

Isi Kitab: Injil Markus terdiri dari 16 pasal. Injil Markus menunjukkan bagaimana Yesus Kristus, sebagai hamba yang setia, sibuk dengan pelayanan-Nya. Dalam Injil ini Tuhan Yesus dilukiskan sebagai hamba yang setia.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Injil Markus

  1. Pasal 1-10 (Mr 1:1-10:52).

    Hamba yang setia ini melaksanakan tugas pelayanannya

    1. Bacalah pasal Mr 1:35. Nats ini menceritakan bagaimana Hamba itu memulai pelayanan/tugas-Ny dengan berdoa. Hal ini juga mengajarkan agar setiap orang percay selalu memulai tugas dan pekerjaannya dengan memohon pimpinan Tuha atau berdoa. _Tanyakan_: Apakah saudara sering berdoa/sudahkah anda berdoa?
    2. Bacalah pasal Mr 10:45. Nats ini menyatakan bahwa Hamba itu datang bukanlah untuk dilayani tetapi untuk melayani dengan menyerahkan nyawa-Nya menjadi tebusa dosa manusia. Hal ini mengajarkan kepada setiap orang Kristen untu memberikan pelayanan kepada Allah, yaitu dengan memberitakan Injil da melayani di dalam gereja.
  2. Pasal 11-15 (Mr 11:1-15:47).

    Hamba yang setia memberikan dirinya mengalami penderitaan dan kematian dalam melaksanakan tugasnya

    Nats ini menjelaskan bagaimana Hamba itu melayani dengan penuh kesetiaan, walaupun harus mengalami penderitaan bahkan sampai kematian.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Mr 14:32-41. (Khususnya ayat 36). Ayat ini menceritakan bagaimana Hamba yang setia itu berdoa dan memohonkan keinginan-Nya, tetapi akhirnya Ia mengatakan agar kehendak yang mengutus-Nya saja yang jadi. Ini mengajarkan kepada setiap orang yang percaya, agar dalam doanya selalu meminta kehendak Allah saja yang jadi. _Tanyakan_: Bagaimanakah doa saudara kepada Allah?
    2. Tuhan Yesus setia melayani kehendak Bapa, bahkan sampai mati di kayu salib dan bangkit dari kematian. Teladan apakah yang harus ada pada kita sebagai murid-murid-Nya?
  3. Pasal 16 (Mr 16:1-20). Hamba yang setia dipermuliakan Nats ini menceritakan tentang Hamba yang setia itu memperoleh kemuliaan melalui kebangkitan-Nya dari kematian.

    Pendalaman

    Bacalah pasal Mr 16:1-19. Nats ini menjelaskan tentang Hamba yang setia itu membuktikan kebangkitan-Nya. Ini mengajarkan kepada orang percaya bahwa Yesus Kristus benar-benar bangkit dari kematian-Nya.

    _Tanyakan_: Kepada siapakah Tuhan Yesus menampakkan diri setelah kebangkitan-Nya?

II. Kesimpulan

Melalui Injil Markus dibuktikan bahwa Yesus Kristus adalah Hamba Allah yang memberikan diri-Nya sebagai korban atas dosa-dosa manusia.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Injil Markus?
  2. Apakah pokok pengajaran Injil Markus?
  3. Untuk apakah Yesus Kristus datang ke dunia ini?
  4. Pelajaran rohani apakah yang saudara terima dar mempelajari Injil Markus?

Intisari: Markus (Pendahuluan Kitab) Buku pegangan guru Kristen SIAPAKAH YOHANES MARKUS?1. Dia adalah kemenakan Barnabas (Kol 4:10).2. Dia tinggal di Yerusalem bersama ibunya, Maria (Kis

Buku pegangan guru Kristen

SIAPAKAH YOHANES MARKUS?
1. Dia adalah kemenakan Barnabas (Kol 4:10).
2. Dia tinggal di Yerusalem bersama ibunya, Maria (Kis 12:12). Jemaat berkumpul di rumahnya.
3. Dia pergi bersama Paulus dan kemenakannya pada perjalanan misi yang pertama (Kis 13:5).
4. Markus meninggalkan teman-temannya setelah beberapa waktu berada di Siprus (tanah kelahiran Barnabas, Kis 4:36), mungkin karena ia tidak setuju atas tindakan Paulus yang mengambil alih pimpinan.
5. Dia kembali ke Yerusalem (Kis 13:13).
6. Di Yerusalem ia memperoleh banyak kesempatan untuk berbicara dengan Petrus.
7. Kemungkinan besar Petruslah yang membuat Markus percaya kepada Yesus; Petrus menyebutnya 'Markus anakku', dalam 1Petrus 5:13.
8. Secara umum diakui bahwa Markus menulis kabar baik tentang Yesus sesuai dengan apa yang didengarnya dari Petrus.
9. Ada yang berpendapat bahwa Markus adalah anak muda yang disebut-sebut dalam Markus 14:51, 52, tetapi hal ini tidak dapat dibuktikan.

WAKTU PENULISAN.
Injil Markus mungkin merupakan Injil yang paling awal ditulis, yaitu antara tahun 65 dan 70 M, sebelum Bait Allah di Yerusalem dihancurkan. Tampaknya baik Matius maupun Lukas telah memakai Injil Markus untuk penulisan Injil mereka.

MISTERI INJIL MARKUS.
Markus memperlihatkan pada kita Yesus yang mempunyai rahasia. Dalam Injil Markus kita mendapatkan Yesus tanpa publisitas...
1. Roh jahat diperintahkan-Nya untuk diam (Mar 1:25, 34; 3:12).
2. Mereka yang sudah disembuhkan oleh Yesus dilarang menceritakan pengalaman mereka (Mar 1:44; 5:43; 7:36).
3. Pengikut Yesus sendiri diperintahkan untuk tidak menceritakan ke pada orang lain bahwa Ia adalah Mesias (Mar 8:30).
4. Dan Yesus memberitahukan para pengikut-Nya secara pribadi tentang 'rahasia Kerajaan Allah' (Mar 4:10-12).

Lalu, bagaimana kita menafsirkan maksud rahasia ini? Masalah yang dihadapi Yesus ialah bahwa orang Yahudi mempunyai pemahaman yang salah mengenai Mesias. Karena Yesus menentang pemahaman mereka yang salah, maka kita:

1. Tidak menerima pemahaman tersebut, karena pendapat umum tentang Mesias bersifat politis dan manusiawi, bukannya spiritual dan Ilahi.
2. Tidak menolak, karena Yesus benar-benar adalah Mesias; banyak mukjizat dilakukan-Nya (paling tidak ada 17 mukjizat yang dicatat oleh Markus) merupakan bukti kebenaran ini.
3. Tetapi, merumuskan kembali pemahaman tersebut, karena Yesus harus menunjukkan kepada mereka bahwa Ia adalah Mesias yang melayani, menyelamatkan dan menderita, yang sepenuhnya manusia tetapi juga sepenuhnya Allah.

CIRI-CIRI KHUSUS.
Ini adalah Injil terpendek, padat dan ringkas. Markus mengetengahkan hal-hal penting yang dapat dipakai sebagai bahan acuan langsung. Kata 'segera' ditulis lebih dari empat puluh kali dan rupanya untuk memacu kita dari satu kisah menarik ke kisah menarik berikutnya.

Pesan

1. Yesus: Anak Allah. Markus mulai dengan kata-kata: 'Inilah permulaan Injil tentang Yesus Kristus, Anak Allah.' Mar 1:1

2. Yesus: Anak Manusia. o Markus juga menunjukkan kepada kita kemanusiaan Yesus: o Ia berdukacita. Mar 3:5 o Ia berbelas kasihan terhadap orang banyak. Mar 6:34 o Ia takut dan gentar. Mar 14:33 o Markus memakai sebutan 'Anak Manusia' empat belas kali; sebutan yang paling disukainya untuk Yesus.

3. Kata-kata yang benar-benar diucapkan Yesus. Markus mencatat bagi kita apa yang diingat

Petrus tentang beberapa kata dari bahasa Aram yang dikatakan Yesus:

o 'Talita kum!', Hai anak, bangunlah!' Mar 5:41 o 'Efata!', 'Terbukalah!' Mar 7:34 o 'Eloi, Eloi, lama sabakhtani?', 'Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?' Mar 15:34

4. Kebaikan Yesus. Markus mencatat apa yang diingat oleh Petrus mengenai kebaikan Yesus yang istimewa kepadanya dan kesadaran Petrus bahwa ia tidak layak menerima semua itu. Petrus membuat Markus tidak menulis ucapan Yesus tentang Petrus sebagai batu karang, karena Petrus ingat saat ia tidak bersikap dianggap sebagai batu karang. (Lihat Mat 16:18, 19).

Penerapan

Markus menunjukkan kepada kita:
1. Pentingnya ajaran yang benar.
o Ajaran itu tidak dapat datang dari roh-roh jahat, bahkan mereka harus takluk
kepada kuasa-Nya.
o Ajaran itu tidak dapat datang dari mereka yang telah disembuhkan, walaupun
mereka sungguh bersyukur.
o Ajaran itu tidak dapat datang dari para rasul, sampai mereka sungguh-sungguh
diperlengkapi.

Ajaran Kristen bukan suatu pengetahuan, tetapi kebijaksanaan Ilahi.

2. Mukjizat merupakan hal yang biasa bagi Allah.
o Markus tidak pernah merasa aneh terhadap mukjizat dan tidak pernah mencoba untuk meremehkannya.
o Mukjizat Yesus menunjuk pada sifat-Nya. Singkirkan mukjizat, maka Anda akan meragukan ketuhanan-Nya.
o Mukjizat selalu dan akan selalu mengagumkan. Berkali-kali Markus mengakhiri suatu kisah tentang mukjizat dengan pengamatannya tentang orang banyak yang menjadi'kagum', 'dipenuhi dengan rasa takjub'.
o Perhatikanlah dengan saksama sejumlah mukjizat dalam pasal 5 yang menunjukkan kuasa Yesus atas
- roh-roh jahat (1-20)
- penyakit (24-34)
- kematian (35-43)

3. Tantangan sering datang dari orang yang taat beragama.
o Para ahli Taurat Mar 2:6
o Orang-orang Farisi Mar 2:24
o Orang-orang Herodian Mar 3:6
o Para imam kepala Mar 11:18
o Orang-orang Saduki Mar 12:18

Tema-tema Kunci

1. Mukjizat Yesus. Buatlah daftar mukjizat yang dicatat dalam Injil Markus. Bandingkanlah daftar ini dengan jumlah perumpamaan yang ditulis dalam Injil Markus. Mengapa Markus sangat menekankan mukjizat Yesus? Mengapa Yesus melakukan Mukjizat? Coba temukan paling sedikit tiga alasan yang jelas.

2. Tanggapan orang banyak. Carilah ayat-ayat yang merupakan komentar Markus tentang kekaguman orang banyak ketika mereka menyaksikan mukjizat Yesus (misalnya Mar 1:27; 2:12; 4:41; 5:15; 6:50 dan seterusnya). Tulislah berbagai reaksi orang banyak dan jelaskan mengapa mereka memberikan reaksi yang berbeda-beda.

3. Sebutan istimewa bagi Yesus. Telitilah dalam Injil Markus dan catatlah sebutan-sebutan istimewa bagi Yesus yang dicatat oleh Markus. Berapa kali ia menggunakan sebutan Anak, Anak-Ku, Anak Allah, Anak Manusia? Siapa yang menggunakan sebutan Anak Manusia? Mengapa? (Pelajarilah Dan. Mar 7:13-28 dengan saksama).

4. Kuasa Yesus. Pelajarilah dengan saksama semua pasal yang menunjuk pada kuasa Yesus: Mar 1;22; 1:27; 2:10; 3:15; 6:7;11:27-33 dan Mar 13:34. Perhatikan secara khusus acuan terakhir ini: 'Sama seperti seorang yang bepergian: Ia meninggalkan rumahnya dan menyerahkan tanggung jawab kepada hamba-hambanya'. Ungkapan terakhir ini berarti 'memberikan kuasa kepada hamba-hambanya'.

Garis Besar Intisari: Markus (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Mar 1:1-13 Mar 1:1-11 Yohanes dan Sungai Yordan; Yesus dan Roh Kudus Mar 1:12-13Pencobaan selama empat puluh hari [2]

[1] PENDAHULUAN Mar 1:1-13

Mar 1:1-11 Yohanes dan Sungai Yordan; Yesus dan Roh Kudus
Mar 1:12-13Pencobaan selama empat puluh hari

[2] PULANG DAN PERGI KE GALILEA Mar 1:14-7:23

Mar 1:14-20Pengikut-pengikut Yesus yang pertama
Mar 1:21-45Mukjizat-mukjizat kesembuhan
Mar 2:1-3:6Lima peristiwa pertentangan
Mar 3:7-35Guru dan murid-murid-Nya
Mar 4:1-34Selalu dengan perumpamaan
Mar 4:35-41Siapa gerangan orang ini?
Mar 5:1-43Roh-roh jahat, penyakit dan kematian
Mar 6:1-6Akibat ketidakpercayaan
Mar 6:7-13Kuasa yang menyertai ketaatan
Mar 6:14-29Herodes membunuh Yohanes Pembaptis
Mar 6:30-44Lima roti, dua ikan, lima ribu orang
Mar 6:45-56Berjalan di atas air: mukjizat yang mendahului banyak mukjizat lain
Mar 7:1-23Yang di luar dan yang di dalam

[3] YESUS DI DAERAH UTARA Mar 7:24-9:50

Mar 7:24-30Ke pantai: Tirus dan Sidon
Mar 7:31-37Kesepuluh Kota
Mar 8:1-13Tujuh roti, beberapa ikan dan empat ribu orang
Mar 8:14-21Murid-murid yang bebal
Mar 8:22-26Di Betsaida lagi
Mar 8:27-9:1Lebih ke utara: Kaisarea Filipi
Mar 9:2-13"Kami melihat kemuliaan-Nya": pemuliaan
Mar 9:14-29Tanpa doa berarti tanpa kuasa
Mar 9:30-50Yang besar dan yang kecil

[4] PERJALANAN KE SELATAN Mar 10:1-13:37

Mar 10:1-16Pernikahan, perceraian, anak-anak
Mar 10:17-31Bahaya kemakmuran
Mar 10:32-45Apa artinya menjadi seperti Yesus
Mar 10:46-52Bartimeus Buta di Yerikho
Mar 11:1-19Yesus di Yerusalem: Bait Allah dipersiapkan untuk upacara kurban
Mar 11:20-26Kutuk terhadap pohon yang tidak berbuah
Mar 11:27-12:44Permusuhan: Imam-imam kepala, Ahli Taurat, Tua-tua, orang Farisi, orang Herodian, orang Saduki
Mar 13:1-37Nubuat: sekilas tentang tujuan akhir

[5] PUSAT SEJARAH Mar 14:1-16:8

Mar 14:1-11Di Betania: Domba kurban diurapi
Mar 14:12-25Perjamuan Tuhan
Mar 14:26-42Taman Getsemani: sekilas tentang penderitaan
Mar 14:43-15:15Ditangkap dan diadili
Mar 15:16-47'Disalibkan, mati dan dikuburkan'
Mar 16:1-8'Bangkit kembali dari antara orang mati'

[6] PENUTUP 16:9-20

Mar 16:9-20Misi ke seluruh dunia diamanatkan dan dimulai
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #25: Tekan Tombol pada halaman Studi Kamus untuk melihat bahan lain berbahasa inggris. [SEMUA]
dibuat dalam 0.62 detik
dipersembahkan oleh YLSA