kecilkan semua  

Teks -- Kisah Para Rasul 18:1-28 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Paulus di Korintus
18:1 Kemudian Paulus meninggalkan Atena, lalu pergi ke Korintus. 18:2 Di Korintus ia berjumpa dengan seorang Yahudi bernama Akwila, yang berasal dari Pontus. Ia baru datang dari Italia dengan Priskila, isterinya, karena kaisar Klaudius telah memerintahkan, supaya semua orang Yahudi meninggalkan Roma. Paulus singgah ke rumah mereka. 18:3 Dan karena mereka melakukan pekerjaan yang sama, ia tinggal bersama-sama dengan mereka. Mereka bekerja bersama-sama, karena mereka sama-sama tukang kemah. 18:4 Dan setiap hari Sabat Paulus berbicara dalam rumah ibadat dan berusaha meyakinkan orang-orang Yahudi dan orang-orang Yunani. 18:5 Ketika Silas dan Timotius datang dari Makedonia, Paulus dengan sepenuhnya dapat memberitakan firman, di mana ia memberi kesaksian kepada orang-orang Yahudi, bahwa Yesus adalah Mesias. 18:6 Tetapi ketika orang-orang itu memusuhi dia dan menghujat, ia mengebaskan debu dari pakaiannya dan berkata kepada mereka: "Biarlah darahmu tertumpah ke atas kepalamu sendiri; aku bersih, tidak bersalah. Mulai dari sekarang aku akan pergi kepada bangsa-bangsa lain." 18:7 Maka keluarlah ia dari situ, lalu datang ke rumah seorang bernama Titius Yustus, yang beribadah kepada Allah, dan yang rumahnya berdampingan dengan rumah ibadat. 18:8 Tetapi Krispus, kepala rumah ibadat itu, menjadi percaya kepada Tuhan bersama-sama dengan seisi rumahnya, dan banyak dari orang-orang Korintus, yang mendengarkan pemberitaan Paulus, menjadi percaya dan memberi diri mereka dibaptis. 18:9 Pada suatu malam berfirmanlah Tuhan kepada Paulus di dalam suatu penglihatan: "Jangan takut! Teruslah memberitakan firman dan jangan diam! 18:10 Sebab Aku menyertai engkau dan tidak ada seorangpun yang akan menjamah dan menganiaya engkau, sebab banyak umat-Ku di kota ini." 18:11 Maka tinggallah Paulus di situ selama satu tahun enam bulan dan ia mengajarkan firman Allah di tengah-tengah mereka. 18:12 Akan tetapi setelah Galio menjadi gubernur di Akhaya, bangkitlah orang-orang Yahudi bersama-sama melawan Paulus, lalu membawa dia ke depan pengadilan. 18:13 Kata mereka: "Ia ini berusaha meyakinkan orang untuk beribadah kepada Allah dengan jalan yang bertentangan dengan hukum Taurat." 18:14 Ketika Paulus hendak mulai berbicara, berkatalah Galio kepada orang-orang Yahudi itu: "Hai orang-orang Yahudi, jika sekiranya dakwaanmu mengenai suatu pelanggaran atau kejahatan, sudahlah sepatutnya aku menerima perkaramu, 18:15 tetapi kalau hal itu adalah perselisihan tentang perkataan atau nama atau hukum yang berlaku di antara kamu, maka hendaklah kamu sendiri mengurusnya; aku tidak rela menjadi hakim atas perkara yang demikian." 18:16 Lalu ia mengusir mereka dari ruang pengadilan. 18:17 Maka orang itu semua menyerbu Sostenes, kepala rumah ibadat, lalu memukulinya di depan pengadilan itu; tetapi Galio sama sekali tidak menghiraukan hal itu.
Paulus kembali ke Antiokhia
18:18 Paulus tinggal beberapa hari lagi di Korintus. Lalu ia minta diri kepada saudara-saudara di situ, dan berlayar ke Siria, sesudah ia mencukur rambutnya di Kengkrea, karena ia telah bernazar. Priskila dan Akwila menyertai dia. 18:19 Lalu sampailah mereka di Efesus. Paulus meninggalkan Priskila dan Akwila di situ. Ia sendiri masuk ke rumah ibadat dan berbicara dengan orang-orang Yahudi. 18:20 Mereka minta kepadanya untuk tinggal lebih lama di situ, tetapi ia tidak mengabulkannya. 18:21 Ia minta diri dan berkata: "Aku akan kembali kepada kamu, jika Allah menghendakinya." Lalu bertolaklah ia dari Efesus. 18:22 Ia sampai di Kaisarea dan setelah naik ke darat dan memberi salam kepada jemaat, ia berangkat ke Antiokhia. 18:23 Setelah beberapa hari lamanya ia tinggal di situ, ia berangkat pula, lalu menjelajahi seluruh tanah Galatia dan Frigia untuk meneguhkan hati semua murid.
Apolos di Efesus
18:24 Sementara itu datanglah ke Efesus seorang Yahudi bernama Apolos, yang berasal dari Aleksandria. Ia seorang yang fasih berbicara dan sangat mahir dalam soal-soal Kitab Suci. 18:25 Ia telah menerima pengajaran dalam Jalan Tuhan. Dengan bersemangat ia berbicara dan dengan teliti ia mengajar tentang Yesus, tetapi ia hanya mengetahui baptisan Yohanes. 18:26 Ia mulai mengajar dengan berani di rumah ibadat. Tetapi setelah Priskila dan Akwila mendengarnya, mereka membawa dia ke rumah mereka dan dengan teliti menjelaskan kepadanya Jalan Allah. 18:27 Karena Apolos ingin menyeberang ke Akhaya, saudara-saudara di Efesus mengirim surat kepada murid-murid di situ, supaya mereka menyambut dia. Setibanya di Akhaya maka ia, oleh kasih karunia Allah, menjadi seorang yang sangat berguna bagi orang-orang yang percaya. 18:28 Sebab dengan tak jemu-jemunya ia membantah orang-orang Yahudi di muka umum dan membuktikan dari Kitab Suci bahwa Yesus adalah Mesias.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Akhaya a Roman province located in Greece along the south coast of the Gulf of Corinth
 · Akwila the husband of Priscilla
 · Aleksandria an inhabitant of Alexandria
 · Antiokhia a city in Syria located 15 miles inland from the Mediterranean Sea on the Orontes River,a principal city of the province of Pisidia in Asia Minor, west of Iconium.
 · Apolos a Jewish man from Alexandria who was taught by Aquila and Priscilla
 · Aram the country to the north of Palestine,a country of north western Mesopotamia
 · Atena a town which was the capital of Attica in Greece
 · Efesus a town in western Asia Minor at the mouth of the Cayster River
 · Frigia a region located in central Asia Minor
 · Galatia a nation, and later a Roman province, in central Asia Minor
 · Galio the man who was deputy or proconsul of Achaia in Corinth.
 · Italia a country west of Greece, whose capital is Rome
 · Kaisarea a town on the Mediterranean 40 kilometers south of Mt. Carmel and 120 kilometers NW of Jerusalem.
 · Kaisarea Filipi a town on the Mediterranean 40 kilometers south of Mt. Carmel and 120 kilometers NW of Jerusalem.
 · Klaudius the Roman emperor who was the successor of Caligula,a Roman army captain in Jerusalem
 · Korintus a town located on the narrow isthmus connecting the Greek mainland with the Peloponnesus Peninsula to the south
 · Krispus a leader of the Jewish synagogue at Corinth, baptized by Paul
 · Makedonia a Roman province north of Greece which included 10 Roman colonies (IBD),citizens of the province of Macedonia
 · orang Aram members of the nation of Syria
 · orang-orang Aram members of the nation of Syria
 · orang-orang Korintus the inhabitants of Corinth.
 · Paulus a man from Tarsus who persecuted the church but became a missionary and writer of 13 Epistles
 · perempuan Aram members of the nation of Syria
 · Pontus the coastal region of north Asia Minor
 · Priskila the wife of Aquila
 · Roma the capital city of Italy
 · seorang Aram members of the nation of Syria
 · Silas a man who went with Peter and Paul on separate missionary journeys
 · Siria the country to the north of Palestine,a country of north western Mesopotamia
 · Sostenes the man in charge of the synagogue in Corinth who was beaten
 · Timotius a young man of Lystra who travelled with Paul and to whom two epistles were addressed


Topik/Tema Kamus: Paulus | Akwila | Priska | Timoteus | Bait Allah /Bait Suci | Apolos | Galio | Silas | Priskila | Sidang, Persidangan Pengadilan | Utusan Injil | Baptis, Baptisan | Hakim Pengadilan | Rumah Ibadat Orang Yahudi | Korintus | Isteri | Gairah Semangat Yang Besar | Firman Tuhan | Kasih Karunia | Hari Sabat | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Kis 18:3 - MEREKA SAMA-SAMA TUKANG KEMAH. Nas : Kis 18:3 Paulus melakukan pekerjaan lain di samping memberitakan Injil; dia seorang tukang kemah, serta mencari nafkah dengan cara ini sepanj...

Nas : Kis 18:3

Paulus melakukan pekerjaan lain di samping memberitakan Injil; dia seorang tukang kemah, serta mencari nafkah dengan cara ini sepanjang perjalanannya atau ketika tinggal di suatu tempat (Kis 20:34; 1Tes 2:9; 2Tes 3:8). Dari teladan Paulus jelaslah bahwa hamba-hamba Tuhan yang harus bekerja untuk menghidupi diri dan keluarga tidak melakukan hal yang salah. Alkitab dan para rasul telah memberi contoh lebih dahulu tentang hal merangkap pekerjaan.

Full Life: Kis 18:9 - JANGAN TAKUT. Nas : Kis 18:9 Bagian ini mengungkapkan perasaan batin sang rasul yang manusiawi. Rupanya pertentangan dan kebencian terhadap Paulus dan Injil maki...

Nas : Kis 18:9

Bagian ini mengungkapkan perasaan batin sang rasul yang manusiawi. Rupanya pertentangan dan kebencian terhadap Paulus dan Injil makin bertambah sehingga Paulus mulai takut dan ragu-ragu apakah harus meninggalkan Korintus atau berdiam diri sebentar (bd. 1Kor 2:3). Kadang-kadang perasaan yang sama akan timbul dalam hati umat Allah yang setia, seperti Elia (1Raj 19:4) dan Yeremia (Yer 15:15). Dalam situasi semacam itu Allah akan menjumpai orang kudus-Nya dan membesarkan hati mereka. Janji kehadiran-Nya (ayat Kis 18:10) sudah cukup untuk membebaskan mereka dari ketakutan serta memberikan kepastian dan damai yang diperlukan untuk melaksanakan kehendak Allah bagi kehidupan mereka (ayat Kis 18:10-11).

Full Life: Kis 18:10 - SEBAB AKU MENYERTAI ENGKAU. Nas : Kis 18:10 Perkataan ini kepada Paulus tidak menunjuk kepada kehadiran umum Kristus di mana-mana, yaitu, kemahahadiran-Nya (bd. Kis 17:26-28; ...

Nas : Kis 18:10

Perkataan ini kepada Paulus tidak menunjuk kepada kehadiran umum Kristus di mana-mana, yaitu, kemahahadiran-Nya (bd. Kis 17:26-28; Mazm 139:1-24; Yer 23:23-24; Am 9:2-4). Sebaliknya yang dimaksudkan adalah kehadiran-Nya yang khusus yang menyertai anak-anak-Nya yang setia. Kehadiran Kristus ini berarti bahwa Dia sendiri hadir untuk menyampaikan kasih, persekutuan, dan kehendak-Nya kepada kita. Dia hadir untuk bertindak dalam setiap situasi kehidupan kita untuk memberkati, menolong, melindungi, dan menuntun.

  1. 1) Kita dapat belajar sesuatu tentang kebenaran "Kristus menyertai kita" dari bagian-bagian PL di mana Allah mengatakan bahwa Dia menyertai umat-Nya. Ketika Musa takut untuk kembali ke Mesir, Allah mengatakan, "Bukankah Aku akan menyertai engkau?" (Kel 3:12). Ketika Yosua menggantikan Musa sebagai pemimpin bangsa Israel, Allah berjanji, "Aku akan menyertai engkau; Aku tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau" (Yos 1:5). Allah memberi semangat kepada orang Israel dengan kata-kata ini, "Apabila engkau menyeberang melalui air, Aku akan menyertai engkau ... Janganlah takut, sebab Aku ini menyertai engkau" (Yes 43:2,5).
  2. 2) Dalam PB, Matius menyatakan bahwa maksud kedatangan Yesus ke dunia ialah supaya kehadiran Allah dengan umat-Nya tercapai. Nama-Nya ialah "Imanuel" yang artinya "Allah menyertai kita" (Mat 1:23). Lagi, pada akhir Injilnya, Matius mencatat janji Yesus kepada para murid-Nya, "Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman" (Mat 28:20). Markus menutup Injilnya dengan kata-kata, "Mereka pun pergilah memberitakan Injil ke segala penjuru dan Tuhan turut bekerja" (Mr 16:20).

Full Life: Kis 18:23 - MENEGUHKAN HATI SEMUA MURID. Nas : Kis 18:23 Dengan ayat ini dimulai perjalanan misi ketiga Paulus (Kis 18:23-21:15). Paulus berangkat untuk mengunjungi jemaat-jemaat yang didi...

Nas : Kis 18:23

Dengan ayat ini dimulai perjalanan misi ketiga Paulus (Kis 18:23-21:15). Paulus berangkat untuk mengunjungi jemaat-jemaat yang didirikan pada perjalanan pertama (pasal Kis 13:1-14:28) dan kedua (pasal Kis 15:36-18:22). Paulus tidak pernah memenangkan jiwa lalu melupakan mereka; dia juga sangat memperhatikan tingkah laku orang percaya baru dan memperkuat mereka dalam jalan Kristus. Semua orang yang baru percaya harus segera dihubungi oleh orang Kristen yang sudah mantap untuk didoakan dan dibina dalam cara Kristen serta didorong untuk berkumpul dengan orang percaya lain untuk ibadah, doa, pelayanan Firman Allah, dan penyataan Roh Kudus bagi kepentingan bersama (Kis 2:42; Mat 28:19-20; 1Kor 12:7-11; 14:1-40).

Full Life: Kis 18:25 - HANYA MENGETAHUI BAPTISAN YOHANES. Nas : Kis 18:25 Pada saat itu pemahaman Apolos tentang Injil terbatas. Dia telah menerima baptisan Yohanes dan percaya kepada Yesus sebagai Mesias ...

Nas : Kis 18:25

Pada saat itu pemahaman Apolos tentang Injil terbatas. Dia telah menerima baptisan Yohanes dan percaya kepada Yesus sebagai Mesias yang disalib dan dibangkitkan. Yang belum dipelajarinya ialah bahwa Yesus sendiri kini membaptiskan semua orang percaya dalam Roh Kudus. Para murid di Efesus berada dalam situasi yang sama (Kis 19:2,6).

BIS: Kis 18:18 - kaulnya kepada Tuhan kaulnya kepada Tuhan: Menurut kebiasaan Yahudi, mencukur rambut adalah tanda bahwa suatu kaul sudah dilaksanakan.

kaulnya kepada Tuhan: Menurut kebiasaan Yahudi, mencukur rambut adalah tanda bahwa suatu kaul sudah dilaksanakan.

Jerusalem: Kis 18:1 - Korintus Kota Korintus dibangun kembali oleh Yulius Sesar. Kota ini menjadi ibu kota propinsi Akhaya. Unsur romawi dan Latin merupakan unsur utama di kota itu....

Kota Korintus dibangun kembali oleh Yulius Sesar. Kota ini menjadi ibu kota propinsi Akhaya. Unsur romawi dan Latin merupakan unsur utama di kota itu. Tetapi perdagangan menarik macam-macam orang sehingga sifat kota itu menjadi kosmopolitis. Kelompok orang Yahudi di Korintus cukup besar dan penting. Korintus mempunyai nama buruk karena kemesumannya.

Jerusalem: Kis 18:2 - Priskila Ia juga disebut Priska, Rom 16:3; 1Ko 16:19; 2Ti 4:19

Ia juga disebut Priska, Rom 16:3; 1Ko 16:19; 2Ti 4:19

Jerusalem: Kis 18:2 - meniggalkan Roma Tindakan yang juga disebutkan oleh Suetonius (sejarawan Roma) itu kiranya diambil dalam tahun 49 atau 50. Akibatnya hanya sementara saja, bdk Rom 16:3...

Tindakan yang juga disebutkan oleh Suetonius (sejarawan Roma) itu kiranya diambil dalam tahun 49 atau 50. Akibatnya hanya sementara saja, bdk Rom 16:3; Kis 28:17.

Jerusalem: Kis 18:3 - Mereka bekerja Meskipun mengakui hak para misionaris untuk menerima nafkahnya, 1Ko 9:6-14; Gal 6:6; 2Te 3:9; bdk Luk 10:7, namun Paulus selalu bekerja sendiri untuk ...

Meskipun mengakui hak para misionaris untuk menerima nafkahnya, 1Ko 9:6-14; Gal 6:6; 2Te 3:9; bdk Luk 10:7, namun Paulus selalu bekerja sendiri untuk mendapat nafkahnya, 1Ko 4:12, supaya jangan memberati orang lain, 1Te 2:9; 2Te 3:8; 2Ko 12:13 dst, dan membuktikan bahwa tidak mencari untungnya sendiri, Kis 20:33 dst; 1Ko 9:15-18; 2Ko 11:7-12. Ia hanya menerima bantuan dari jemaat di Filipi, Fili 4:10-19; 2Ko 11:8 dst; bdk Kis 16:15+. Iapun mengajak kaum beriman, supaya bekerja untuk penghidupannya, 1Te 4:11 dst; 2Te 3:10-12, dan untuk menolong orang miskin, Kis 20:35; Efe 4:28.

Jerusalem: Kis 18:5 - datang dari Makedonia Setelah Silas dan Timotius kembali, Paulus menulis kedua suratnya kepada jemaat di Tesalonika. Bdk 1Te 1:1; 3:6; 2Te 1:1. Setelah tiba di Makedonia me...

Setelah Silas dan Timotius kembali, Paulus menulis kedua suratnya kepada jemaat di Tesalonika. Bdk 1Te 1:1; 3:6; 2Te 1:1. Setelah tiba di Makedonia membawa sokongan dari jemaat, 2Ko 11:8-9; Fili 4:15, Timotius dan Silas membantu Paulus dalam memberitakan Injil di Korintus, 2Ko 1:19

Jerusalem: Kis 18:5 - Yesus adalah Mesias Kedudukan Yesus sebagai Mesias merupakan pokok khusus dalam pewartaan Injil kepada orang-orang Yahudi, bdk Kis 2:36; 3:18,20; 5:42; 8:5,12; 9:22; 17:3...

Kedudukan Yesus sebagai Mesias merupakan pokok khusus dalam pewartaan Injil kepada orang-orang Yahudi, bdk Kis 2:36; 3:18,20; 5:42; 8:5,12; 9:22; 17:3; 18:28; 24:24; 26:23.

Jerusalem: Kis 18:6 - mengebaskan debu dari pakaiannya Isyarat ini berarti memutuskan hubungan

Isyarat ini berarti memutuskan hubungan

Jerusalem: Kis 18:6 - biarlah darahmu tertumpah... Ini sebuah ungkapan alkitabiah, bdk Ima 20:9-16; 2Sa 1:16. Bagi orang-orang Yahudi ungkapan itu berarti: seluruh tanggung jawab atas sikap mereka sert...

Ini sebuah ungkapan alkitabiah, bdk Ima 20:9-16; 2Sa 1:16. Bagi orang-orang Yahudi ungkapan itu berarti: seluruh tanggung jawab atas sikap mereka serta akibatnya dipikulkan kepada mereka sendiri. Maka Paulus menyatakan diri "bersih" dari darah hukuman mereka, bdk Yeh 3:17-21.

Jerusalem: Kis 18:7 - Titius Yustus Var: Justus, atau: Titus Yustus.

Var: Justus, atau: Titus Yustus.

Jerusalem: Kis 18:8 - memberi diri mereka dibaptis Teks barat menambah: karena percaya kepada Allah oleh karena nama Tuhan kita Yesus Kristus, bdk Kis 8:37. Jadi orang-orang yang masuk Kristen itu adal...

Teks barat menambah: karena percaya kepada Allah oleh karena nama Tuhan kita Yesus Kristus, bdk Kis 8:37. Jadi orang-orang yang masuk Kristen itu adalah orang bukan Yahudi.

Jerusalem: Kis 18:12 - Galio Menurut sebuah suratan dari Delfos Galio menjadi "pro-konsul" dalam tahun 52. Maka tampilnya Paulus di hadapan Galio itu terjadi pada akhir tinggalnya...

Menurut sebuah suratan dari Delfos Galio menjadi "pro-konsul" dalam tahun 52. Maka tampilnya Paulus di hadapan Galio itu terjadi pada akhir tinggalnya Paulus (Kis 18:18) selama delapan belas bulan (Kis 18:11) di Korintus; kiranya di musim semi tahun 52.

Jerusalem: Kis 18:13 - dengan hukum Taurat Teks Yunani hanya berkata "hukum". Ini dapat berarti baik hukum Roma, bdk Kis 16:21; 17:7, maupun hukum Taurat Yahudi, yang terlindung oleh hukum Roma...

Teks Yunani hanya berkata "hukum". Ini dapat berarti baik hukum Roma, bdk Kis 16:21; 17:7, maupun hukum Taurat Yahudi, yang terlindung oleh hukum Roma. Galio menganggap seluruh persoalannya hanya sebagai soal penafsiran hukum Yahudi saja, (Kis 18:15), dan karenanya tidak bersedia memutuskan perkara itu.

Jerusalem: Kis 18:17 - Sostenes Mungkin Sostenes ini yang disebutkan dalam 1Ko 1:1.

Mungkin Sostenes ini yang disebutkan dalam 1Ko 1:1.

Jerusalem: Kis 18:18 - berlayar ke Siria Ialah ke Antiokhia yang tetap merupakan pangkalan bagi Paulus

Ialah ke Antiokhia yang tetap merupakan pangkalan bagi Paulus

Jerusalem: Kis 18:18 - karena ia telah bernazar Maksudnya kurang jelas. Kiranya Paulus sendiri yang bernazar dan bukan Akwila. Orang yang bernazar menjadi "nazir", bdk Bil 6:1; selama nazarnya berla...

Maksudnya kurang jelas. Kiranya Paulus sendiri yang bernazar dan bukan Akwila. Orang yang bernazar menjadi "nazir", bdk Bil 6:1; selama nazarnya berlaku (biasanya 30 hari) orang itu antara lain tidak boleh mencukur rambut. Tidak jelas apakah Paulus bernazar di Kengkrea atau melunaskannya di situ. Bdk Kis 21:23-27 di mana Paulus bersama empat orang Yahudi lainnya melakukan upacara pengakhiran nazar.

Jerusalem: Kis 18:22 - jemaat Mungkin sekali yang dimaksudkan jemaat di Yerusalem.

Mungkin sekali yang dimaksudkan jemaat di Yerusalem.

Jerusalem: Kis 18:24 - Apolos Tentang Apolos itu dikatakan dalam 1Korintus. Datangnya ke Korintus disambut dengan semangat. Semangat itu lekas merosot menjadi semangat berpartai-pa...

Tentang Apolos itu dikatakan dalam 1Korintus. Datangnya ke Korintus disambut dengan semangat. Semangat itu lekas merosot menjadi semangat berpartai-partai, bdk 1Ko 1:12; 3:4-11,22; lihat juga Tit 3:13. Catatan tentang Apolos itu serupa dengan yang berikut mengenai murid-murid Yohanes Pembaptis yang terdapat di Efesus, Kis 19:1-7. Baik Apolos maupun murid Yohanes itu ternyata orang Kristen yang kurang lengkap. Ini barangkali sesuai dengan keadaan jemaat di kota Aleksandria di zaman itu.

Jerusalem: Kis 18:26 - Jalan Allah Var: Jalan.

Var: Jalan.

Jerusalem: Kis 18:27 - mengirim surat Mengenai surat pengantar semacam itu yang lazim pada jemaat-jemaat Kristen semula, bdk Rom 16:1; 2Ko 3:1 dst; Kol 4:10; 3Yo 9-10,12.

Mengenai surat pengantar semacam itu yang lazim pada jemaat-jemaat Kristen semula, bdk Rom 16:1; 2Ko 3:1 dst; Kol 4:10; 3Yo 9-10,12.

Ende: Kis 18:5 - Bahwa Jesus adalah Mesias Atjara pokok dan utama segala pembitjaraan Paulus - dan rasul-rasul jang lain - kepada orang Jahudi, ialah membuktikan dari nubuat-nubuat Perdjandjian...

Atjara pokok dan utama segala pembitjaraan Paulus - dan rasul-rasul jang lain - kepada orang Jahudi, ialah membuktikan dari nubuat-nubuat Perdjandjian Lama, bahwa Jesus sebenar-benarnja Mesias jang didjandjikan dan ditunggukan kedatanganNja.

Ende: Kis 18:6 - Mengebas debu Lih. Kis 13:51; Mat 10:14; Mar 6:11; Luk 9:5 dan tjatatan disitu.

Lih. Kis 13:51; Mat 10:14; Mar 6:11; Luk 9:5 dan tjatatan disitu.

Ende: Kis 18:6 - Biarlah darahmu menimpa kepalamu Suatu peribahasa Jahudi, maksudnja: aku tidak salah, kamulah jang bertanggung djawab dan harus menanggung segala akibatnja. Bdl. Mat 23:35 dan Mat 27:...

Suatu peribahasa Jahudi, maksudnja: aku tidak salah, kamulah jang bertanggung djawab dan harus menanggung segala akibatnja. Bdl. Mat 23:35 dan Mat 27:25.

Ende: Kis 18:12 - Galio Ia prokonsul dari Achaja dalam tahun 52.

Ia prokonsul dari Achaja dalam tahun 52.

Ende: Kis 18:18 - Bernazar Itu berarti mengabdikan diri untuk sementara setjara istimewa kepada Allah dengan rupa-rupa pantangan dan lain-lain. Biasanja 30 hari lamanja. Selesai...

Itu berarti mengabdikan diri untuk sementara setjara istimewa kepada Allah dengan rupa-rupa pantangan dan lain-lain. Biasanja 30 hari lamanja. Selesainja rambut harus ditjukur dan dibakar, dan harus dipersembahkan beberapa kurban dalam kenisah di Jerusalem. (Lih. Kis 21:23-26).

Ende: Kis 18:22 - Naik memberi salam kepada umat Dalam "naik" itu terkandung arti: ke Jerusalem.

Dalam "naik" itu terkandung arti: ke Jerusalem.

Ende: Kis 18:24 - Apolos Ialah seorang Jahudi jang terpeladjar dari Aleksandria jang sudah tahu banjak tentang Jesus dan Indjil, tetapi pengertiannja rupanja belum tjukup utuh...

Ialah seorang Jahudi jang terpeladjar dari Aleksandria jang sudah tahu banjak tentang Jesus dan Indjil, tetapi pengertiannja rupanja belum tjukup utuh dan murni. Dalam pergaulannja dengan Priskila dan Akuila ia mendapat pengertian jang lebih terang dan lebih luas. Kemudian ia mendjadi seorang pengadjar Indjil jang ulung di Korintus. Lih. 1Ko 1:12; 3:4-6; 4:6; Tit 3:13; 1Ko 12:6.

Ref. Silang FULL: Kis 18:1 - meninggalkan Atena · meninggalkan Atena: Kis 17:15; Kis 17:15

· meninggalkan Atena: Kis 17:15; [Lihat FULL. Kis 17:15]

Ref. Silang FULL: Kis 18:2 - Di Korintus // dengan Priskila // kaisar Klaudius · Di Korintus: Kis 19:1; 1Kor 1:2; 2Kor 1:1,23; 2Tim 4:20 · dengan Priskila: Kis 18:19,26; Rom 16:3; 1Kor 16:19; 2Tim 4:19 · kais...

· Di Korintus: Kis 19:1; 1Kor 1:2; 2Kor 1:1,23; 2Tim 4:20

· dengan Priskila: Kis 18:19,26; Rom 16:3; 1Kor 16:19; 2Tim 4:19

· kaisar Klaudius: Kis 11:28

Ref. Silang FULL: Kis 18:3 - bekerja bersama-sama · bekerja bersama-sama: Kis 20:34; 1Kor 4:12; 1Tes 2:9; 2Tes 3:8

· bekerja bersama-sama: Kis 20:34; 1Kor 4:12; 1Tes 2:9; 2Tes 3:8

Ref. Silang FULL: Kis 18:4 - hari Sabat // rumah ibadat · hari Sabat: Kis 13:14; Kis 13:14 · rumah ibadat: Kis 9:20; Kis 9:20

· hari Sabat: Kis 13:14; [Lihat FULL. Kis 13:14]

· rumah ibadat: Kis 9:20; [Lihat FULL. Kis 9:20]

Ref. Silang FULL: Kis 18:5 - Ketika Silas // dan Timotius // dari Makedonia // adalah Mesias · Ketika Silas: Kis 15:22; Kis 15:22 · dan Timotius: Kis 16:1; Kis 16:1 · dari Makedonia: Kis 16:9; Kis 16:9; Kis 17:14,15 &midd...

· Ketika Silas: Kis 15:22; [Lihat FULL. Kis 15:22]

· dan Timotius: Kis 16:1; [Lihat FULL. Kis 16:1]

· dari Makedonia: Kis 16:9; [Lihat FULL. Kis 16:9]; Kis 17:14,15

· adalah Mesias: Kis 9:22; [Lihat FULL. Kis 9:22]

Ref. Silang FULL: Kis 18:6 - dan menghujat // dari pakaiannya // kepalamu sendiri // tidak bersalah // bangsa-bangsa lain · dan menghujat: Kis 13:45; Kis 13:45 · dari pakaiannya: Mat 10:14; Mat 10:14 · kepalamu sendiri: 2Sam 1:16; Yeh 33:4 · ti...

· dan menghujat: Kis 13:45; [Lihat FULL. Kis 13:45]

· dari pakaiannya: Mat 10:14; [Lihat FULL. Mat 10:14]

· kepalamu sendiri: 2Sam 1:16; Yeh 33:4

· tidak bersalah: Yeh 3:17-19; Kis 20:26

· bangsa-bangsa lain: Kis 13:46; [Lihat FULL. Kis 13:46]

Ref. Silang FULL: Kis 18:7 - kepada Allah · kepada Allah: Kis 16:14

· kepada Allah: Kis 16:14

Ref. Silang FULL: Kis 18:8 - Tetapi Krispus // ibadat itu // seisi rumahnya · Tetapi Krispus: 1Kor 1:14 · ibadat itu: Mr 5:22; Mr 5:22 · seisi rumahnya: Kis 11:14; Kis 11:14

· Tetapi Krispus: 1Kor 1:14

· ibadat itu: Mr 5:22; [Lihat FULL. Mr 5:22]

· seisi rumahnya: Kis 11:14; [Lihat FULL. Kis 11:14]

Ref. Silang FULL: Kis 18:9 - suatu penglihatan // Jangan takut · suatu penglihatan: Kis 9:10; Kis 9:10 · Jangan takut: Mat 14:27; Mat 14:27

· suatu penglihatan: Kis 9:10; [Lihat FULL. Kis 9:10]

· Jangan takut: Mat 14:27; [Lihat FULL. Mat 14:27]

Ref. Silang FULL: Kis 18:10 - menyertai engkau · menyertai engkau: Mat 28:20; Mat 28:20

· menyertai engkau: Mat 28:20; [Lihat FULL. Mat 28:20]

Ref. Silang FULL: Kis 18:11 - firman Allah · firman Allah: Ibr 4:12; Ibr 4:12

· firman Allah: Ibr 4:12; [Lihat FULL. Ibr 4:12]

Ref. Silang FULL: Kis 18:12 - menjadi gubernur // di Akhaya · menjadi gubernur: Kis 13:7,8,12; 19:38 · di Akhaya: Kis 18:27; Rom 15:26; 1Kor 16:15; 2Kor 9:2; 1Tes 1:7,8

· menjadi gubernur: Kis 13:7,8,12; 19:38

· di Akhaya: Kis 18:27; Rom 15:26; 1Kor 16:15; 2Kor 9:2; 1Tes 1:7,8

Ref. Silang FULL: Kis 18:15 - antara kamu · antara kamu: Kis 23:29; 25:11,19

· antara kamu: Kis 23:29; 25:11,19

Ref. Silang FULL: Kis 18:17 - menyerbu Sostenes // rumah ibadat · menyerbu Sostenes: 1Kor 1:1 · rumah ibadat: Kis 18:8

· menyerbu Sostenes: 1Kor 1:1

· rumah ibadat: Kis 18:8

Ref. Silang FULL: Kis 18:18 - kepada saudara-saudara // ke Siria // di Kengkrea // telah bernazar // dan Akwila · kepada saudara-saudara: Kis 18:27; Kis 1:16; Kis 1:16 · ke Siria: Luk 2:2; Luk 2:2 · di Kengkrea: Rom 16:1 · telah berna...

· kepada saudara-saudara: Kis 18:27; Kis 1:16; [Lihat FULL. Kis 1:16]

· ke Siria: Luk 2:2; [Lihat FULL. Luk 2:2]

· di Kengkrea: Rom 16:1

· telah bernazar: Bil 6:2,5,18; Kis 21:24

· dan Akwila: Kis 18:2; [Lihat FULL. Kis 18:2]

Ref. Silang FULL: Kis 18:19 - di Efesus · di Efesus: Kis 18:21,24; Kis 19:1,17,26; 1Kor 15:32; 16:8; Ef 1:1; 1Tim 1:3; Wahy 1:11; 2:1

Ref. Silang FULL: Kis 18:21 - Allah menghendakinya · Allah menghendakinya: Rom 1:10; 15:32; 1Kor 4:19; Yak 4:15

· Allah menghendakinya: Rom 1:10; 15:32; 1Kor 4:19; Yak 4:15

Ref. Silang FULL: Kis 18:22 - di Kaisarea // ke Antiokhia · di Kaisarea: Kis 8:40; Kis 8:40 · ke Antiokhia: Kis 11:19; Kis 11:19

· di Kaisarea: Kis 8:40; [Lihat FULL. Kis 8:40]

· ke Antiokhia: Kis 11:19; [Lihat FULL. Kis 11:19]

Ref. Silang FULL: Kis 18:23 - tanah Galatia // dan Frigia // semua murid · tanah Galatia: Kis 16:6; Kis 16:6 · dan Frigia: Kis 2:10; 16:6 · semua murid: Kis 14:22; 15:32,41

· tanah Galatia: Kis 16:6; [Lihat FULL. Kis 16:6]

· dan Frigia: Kis 2:10; 16:6

· semua murid: Kis 14:22; 15:32,41

Ref. Silang FULL: Kis 18:24 - ke Efesus // bernama Apolos · ke Efesus: Kis 18:19; Kis 18:19 · bernama Apolos: Kis 19:1; 1Kor 1:12; 3:5,6,22; 4:6; 16:12; Tit 3:13

· ke Efesus: Kis 18:19; [Lihat FULL. Kis 18:19]

· bernama Apolos: Kis 19:1; 1Kor 1:12; 3:5,6,22; 4:6; 16:12; Tit 3:13

Ref. Silang FULL: Kis 18:25 - Dengan bersemangat // baptisan Yohanes · Dengan bersemangat: Rom 12:11 · baptisan Yohanes: Mr 1:4; Mr 1:4

· Dengan bersemangat: Rom 12:11

· baptisan Yohanes: Mr 1:4; [Lihat FULL. Mr 1:4]

Ref. Silang FULL: Kis 18:26 - dan Akwila · dan Akwila: Kis 18:2; Kis 18:2

· dan Akwila: Kis 18:2; [Lihat FULL. Kis 18:2]

Ref. Silang FULL: Kis 18:27 - ke Akhaya // saudara-saudara · ke Akhaya: Kis 18:12; Kis 18:12 · saudara-saudara: Kis 18:18; Kis 1:16; Kis 1:16

· ke Akhaya: Kis 18:12; [Lihat FULL. Kis 18:12]

· saudara-saudara: Kis 18:18; Kis 1:16; [Lihat FULL. Kis 1:16]

Ref. Silang FULL: Kis 18:28 - Kitab Suci // adalah Mesias · Kitab Suci: Kis 8:35; 17:2 · adalah Mesias: Kis 18:5; Kis 9:22; Kis 9:22

· Kitab Suci: Kis 8:35; 17:2

· adalah Mesias: Kis 18:5; Kis 9:22; [Lihat FULL. Kis 9:22]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Kis 13:1--21:17 - -- IV. Perluasan Gereja di Asia Kecil dan Eropa (13:1-21:17) Pasal 13 membawa kita ke bagian separuh kedua dari kitab Kisah Para Rasul. Di bagian separu...

IV. Perluasan Gereja di Asia Kecil dan Eropa (13:1-21:17)

Pasal 13 membawa kita ke bagian separuh kedua dari kitab Kisah Para Rasul. Di bagian separuh pertama. Yerusalem merupakan pusat cerita dan tema utamanya ialah perluasan gereja dari Yerusalem ke seluruh Palestina. Sekarang Yerusalem terdesak ke belakang, dan Antiokhia menjadi pusat cerita karena Antiokhia menyokong perluasan gereja di Asia dan Eropa. Perluasan ini dilaksanakan dengan tiga perjalanan misi oleh Paulus, masing-masing dimulai dan diakhiri di Antiokhia.

Wycliffe: Kis 15:36--18:22 - -- C. Misi Kedua: Asia Kecil dan Eropa (15:36-18:22). Lukas sekarang mencatat persiapan dari apa yang kita namakan perjalanan pemberitaan Injil yang ked...

C. Misi Kedua: Asia Kecil dan Eropa (15:36-18:22).

Lukas sekarang mencatat persiapan dari apa yang kita namakan perjalanan pemberitaan Injil yang kedua. Sesudah jangka waktu yang tidak disebutkan, Paulus berniat mengunjungi kembali dan memperkuat gereja-gereja yang sudah berdiri. Waktu itulah sayangnya terjadi suatu perbedaan pendapat di antara Paulus dan Barnabas. Barnabas ingin membawa Yohanes Markus yang pernah menyertai mereka dalam perjalanan pemberitaan Injil yang pertama, tetapi meninggalkan mereka ketika tiba di dataran Asia Kecil dan kembali ke Antiokhia. Paulus menganggap tindakan ini sebagai bukti yang begitu nyata tentang ketidakmantapan sehingga dia menolak keinginan Barnabas. Akibatnya adalah perpisahan di antara Paulus dengan Barnabas. Barnabas membawa Markus juga sertanya berlayar ke Siprus untuk mengunjungi gereja-gereja yang didirikan pada perjalanan pemberitaan Injil yang pertama. Paulus meminta Yerusalem mengirimkan Silas, yang baru saja berkunjung ke Antiokhia dan yang dipandang oleh sang rasul sebagai orang yang dapat diandalkan.

Wycliffe: Kis 18:1 - meninggalkan Atena // pergi ke Korintus, 18:1. Paulus meninggalkan Atena untuk pergi ke Korintus, di mana dia menantikan kedatangan Silas dam Timotius dari Makedonia. Korintus adalah ibu kota...

18:1. Paulus meninggalkan Atena untuk pergi ke Korintus, di mana dia menantikan kedatangan Silas dam Timotius dari Makedonia. Korintus adalah ibu kota propinsi Akhaya. Kota ini terletak pada suatu tanah genting yang mencakup rute laut ke timur dan barat dan juga rute darat ke utara dan selatan. Korintus merupakan pusat perdagangan yang ramai, terkenal sebagai kota kosmopolitan dan terkenal juga akan kedursilaannya. Menurut Strabo, kuil Afrodit memiliki seribu orang pelacur kuil. Reputasi Korintus dilukiskan melalui kenyataan bahwa ungkapan "bertindak seperti orang Korintus" dipakai untuk tindakan perzinaan, dan ungkapan "gadis Korintus" berarti pelacur. Tidak mengherankan bahwa gereja di Korintus kemudian tercemar oleh masalah-masalah moral.

Wycliffe: Kis 18:2 - Akwila dan Priskila 2. Suetonius (Life of Caludius, 25.4) mengatakan bahwa orang-orang Yahudi berkali-kali terlibat dalam huru-hara ketika mendengar hasutan mengenai Kris...

2. Suetonius (Life of Caludius, 25.4) mengatakan bahwa orang-orang Yahudi berkali-kali terlibat dalam huru-hara ketika mendengar hasutan mengenai Kristus sehingga Claudius terpaksa mengusir mereka dari Roma pada tahun 49 M. Mungkin kata Krestus (yang artinya orang berguna) merupakan suatu Salah pengertian di kalangan orang Romawi tentang istilah Kristus yang di dalam kota kata orang Romawi tidak ada artinya. Apabila memang demikian, ini berarti bahwa Injil Kristus diberitakan di dalam rumah-rumah ibadat Yahudi di Roma dan menjumpai perlawanan yang demikian gigih sehingga Claudius memerintahkan agar semua orang Yahudi meninggalkan kota. Tidak jelas apakah Akwila dan Priskila sudah menjadi orang percaya sebelum mereka meninggalkan Roma. Karena tidak pernah disebutkan bahwa Paulus memberitakan Injil kepada mereka maka kemungkinan mereka sudah menjadi Kristus di Roma. Kita tidak tahu apa-apa tentang asal-usul gereja yang ada di Roma. Dua orang Yahudi ini tiba di Korintus dan membuka usaha di situ.

Wycliffe: Kis 18:3 - Tukang kemah // rumah ibadat 3. Tukang kemah. Mungkin yang dimaksudkan adalah menjahit kain yang berat dari bulu kambing yang kemudian dijadikan kemah: atau "ahli mengolah kulit" ...

3. Tukang kemah. Mungkin yang dimaksudkan adalah menjahit kain yang berat dari bulu kambing yang kemudian dijadikan kemah: atau "ahli mengolah kulit" (Zake dan Cadbury). Terdapat suatu kebiasaan di kalangan para rabi Yahudi untuk tidak menerima bayaran atas kegiatan mengajar mereka, karena itu Paulus yang dididik sebagai rabi, telah belajar cara untuk membuat kemah. Rasul Paulus tidak langsung memberitakan Injil di Korintus tetapi bergabung dahulu dengan Akwila dan Priskila mempraktikkan pekerjaan tersebut sepanjang minggu itu. 4. Pada hari Sabat Paulus berkhotbah di rumah ibadat. Sebuah prasasti bertanggal awal abad I ditemukan di Korintus, bertuliskan, "Rumah ibadat orang Yahudi."

Wycliffe: Kis 18:5 - Yesus adalah Mesias 5. Paulus tampaknya merencanakan untuk kembali ke Makedonia sesudah meninggalkan Korintus dan melanjutkan pelayanannya di Tesalonika dan Berea sesudah...

5. Paulus tampaknya merencanakan untuk kembali ke Makedonia sesudah meninggalkan Korintus dan melanjutkan pelayanannya di Tesalonika dan Berea sesudah kedatangan Silas dan Timotius. Surat-surat Paulus lebih banyak mengisahkan gerakan dari dua orang ini dibandingkan dengan Kisah Para Rasul. Paulus telah meninggalkan mereka di Berea dengan perintah untuk secepat mungkin menyusul dirinya ke Atena (17:15). Sesungguhnya. mereka memang bergabung dengan Paulus di Atena (I Tes. 3:1), rupanya dengan membawa berita bahwa tidak aman bagi Paulus untuk kembali ke Makedonia. Karena itu, Paulus kemudian mengutus Timotius kembali ke Tesalonika dan Silas diutus ke sebuah kota lain di Makedonia, mungkin Filipi. Sekarang Timotius dan Silas sudah bergabung kembali dengan Paulus Korintus: dan ketika mereka melaporkan bahwa di Makedonia belum aman untuk rasul Paulus maka rasul inipun dengan penuh semangat memusatkan perhatiannya untuk memberitakan Injil di Korintus. Paulus memberitakan bahwa Yesus adalah Mesias.

Wycliffe: Kis 18:7 - Titius Yustus, 7. Di sebelah rumah ibadat Yahudi terdapat rumah yang dimiliki oleh seorang yang bernama Titius Yustus, orang bukan Yahudi yang takut akan Allah (bdg....

7. Di sebelah rumah ibadat Yahudi terdapat rumah yang dimiliki oleh seorang yang bernama Titius Yustus, orang bukan Yahudi yang takut akan Allah (bdg. tafsiran 10:2) yang mengunjungi rumah ibadat itu. Dia membuka rumahnya kepada Paulus untuk memberitakan Injil bila sang rasul pulang dari rumah ibadat.

Wycliffe: Kis 18:8 - Krispus, kepala rumah ibadat itu 8. Bertobatnya Krispus, kepala rumah ibadat itu (lih. 13:15) bersama dengan seluruh keluarganya pastilah sangat memukul orang Yahudi dan memberikan pe...

8. Bertobatnya Krispus, kepala rumah ibadat itu (lih. 13:15) bersama dengan seluruh keluarganya pastilah sangat memukul orang Yahudi dan memberikan peluang besar bagi pelayanan Paulus. Pembabtisan Krispus disebut dalam I Korintus 1:14.

Wycliffe: Kis 18:9-11 - suatu penglihatan, // jangan diam 9-11. Tampaknya Paulus tidak yakin bahwa Tuhan memang menghendaki dirinya melayani di Korintus. Tetapi Allah sekarang meyakinkan dia melalui suatu pen...

9-11. Tampaknya Paulus tidak yakin bahwa Tuhan memang menghendaki dirinya melayani di Korintus. Tetapi Allah sekarang meyakinkan dia melalui suatu penglihatan, yang mendorongnya untuk jangan diam dan memastikan kepadanya bahwa pelayanannya di tempat itu akan disertai dengan berkat ilahi dan keberhasilan. Karena itu Paulus meluangkan waktu lebih banyak di Korintus daripada biasanya, sambil mengajarkan Firman Allah selama satu setengah tahun.

Wycliffe: Kis 18:12 - gubernur // Akhaya // Galio // Orang-orang Yahudi // pengadilan // bertentangan dengan hukum 12. Pada akhir masa ini. Galio ditugaskan menjadi gubernur baru alas propinsi Akhaya, yang beribu kota Korintus. Propinsi-propinsi semacam itu berada ...

12. Pada akhir masa ini. Galio ditugaskan menjadi gubernur baru alas propinsi Akhaya, yang beribu kota Korintus. Propinsi-propinsi semacam itu berada di bawah pemerintahan Senat dan dipimpin oleh seorang gubernur selama masa bakti dua tahun. Galio. Saudara laki-laki dari filsuf yang bernama Seneca. Penugasan ini memberikan tanggal yang cukup pasti bagi karier Paulus di tempat ini, sebab Galio tiba di Korintus pada bulan Juli tahun 51 atau 52 M, dengan kemungkinan lebih condong pada tanggal yang pertama. Paulus sudah berada di Korintus selama satu setengah tahun. Orang-orang Yahudi memanfaatkan peluang untuk menguji ketegasan dari pejabat yang baru ini dengan harapan Galio bersedia memenuhi permintaan mereka. Sebuah keputusan tidak menyenangkan dari pemerintah Roma terhadap Paulus bukan hanya akan berlaku di Korintus, tetapi di seluruh propinsi tersebut. Karena itu mereka menghasut timbulnya kerusuhan dan menyeret Paulus ke hadapan pengadilan Galio; dengan tuduhan bahwa sang penginjil menyebarkan agama yang bertentangan dengan hukum Romawi (pengertian yang lebih tepat dibandingkan dengan Hukum Taurat sebagaimana tercantum dalam terjemahan baru LAI). Hukum Romawi mengakui agama Yahudi selaku agama yang sah. Orang-orang Yahudi menuduh Paulus mengajarkan agama baru yang bertentangan dengan agama Yahudi sehingga dengan demikian juga bertentangan dengan hukum Romawi.

Wycliffe: Kis 18:14-16 - suatu pelanggaran atau kejahatan 14-16. Galio sadar bahwa Paulus tidak melakukan suatu pelanggaran atau kejahatan yang harus dihukum. Sejauh yang diketahui olehnya, pemberitaan sang r...

14-16. Galio sadar bahwa Paulus tidak melakukan suatu pelanggaran atau kejahatan yang harus dihukum. Sejauh yang diketahui olehnya, pemberitaan sang rasul hanya berbeda dengan Yudaisme dan berbeda dengan penafsiran hukum Yahudi. Karena itu Galio menolak untuk menghukum Paulus dan mengusir orang-orang Yahudi yang datang melapor kepadanya.

Wycliffe: Kis 18:17 - Sostenes // kepala rumah ibadat, // memukulinya // sama sekali tidak menghiraukan 17. Peristiwa selanjutnya menunjukkan bahwa masyarakat menyimpan perasaan anti Yahudi yang kuat. Sostenes sudah menggantikan kedudukan Kristus selaku ...

17. Peristiwa selanjutnya menunjukkan bahwa masyarakat menyimpan perasaan anti Yahudi yang kuat. Sostenes sudah menggantikan kedudukan Kristus selaku kepala rumah ibadat, dan masyarakat menyerbu dan memukulinya di hadapan Galio. Kenyataan bahwa Galio sama sekali tidak menghiraukan persoalan tersebut tidak berarti bahwa dia menganggap sepi nilai-nilai rohani, tetapi lebih tepat untuk mengatakan bahwa dia secara sengaja tidak memperhatikan kerusuhan yang secara teknis merupakan pelanggaran terhadap ketenangan.

Wycliffe: Kis 18:18 - (beberapa hari; // Kengkrea // mencukur rambutnya 18. Paulus kini tinggal di Korintus untuk jangka waktu yang tidak tertentu (beberapa hari; ada terjemahan bahasa Inggris yang menyebutkan banyak hari)...

18. Paulus kini tinggal di Korintus untuk jangka waktu yang tidak tertentu (beberapa hari; ada terjemahan bahasa Inggris yang menyebutkan banyak hari), sesudah satu tahun setengah itu berlalu. Sebelum meninggalkan Korintus, Paulus mengucapkan Nazar (lihat Bil. 6:1-21) yang merupakan sebuah kebiasaan Perjanjian Lama untuk menunjukkan rasa terima kasih atau janji untuk mengabdi sepenuhnya kepada Allah. Sepanjang masa nazar, orang yang bernazar tidak memotong rambutnya sampai akhir masa nazar itu. Penting untuk dicatat bahwa sekalipun Paulus sangat gigih menolak untuk membiarkan orang memaksakan Hukum Taurat atas orang bukan Yahudi, dia sendiri, selaku orang Yahudi, terus melaksanakan sebagian besar peraturan Hukum Taurat. Ketika tiba di Kengkrea yaitu kota pelabuhan di bagian timur Korintus, dalam perjalanannya menuju ke Siria dan Palestina, masa bernazar Paulus berakhir sehingga dia mencukur rambutnya.

Wycliffe: Kis 18:19-21 - Akwila dan Priskila // bagaimanapun juga, aku harus ikut di dalam perayaan di Yerusalem 19-21. Akwila dan Priskila memisahkan diri dari Paulus di Efesus dan menetap di sana. Paulus melayani di rumah ibadat tempat itu untuk sesaat namun me...

19-21. Akwila dan Priskila memisahkan diri dari Paulus di Efesus dan menetap di sana. Paulus melayani di rumah ibadat tempat itu untuk sesaat namun menolak untuk tinggal di sana. Kata-kata bagaimanapun juga, aku harus ikut di dalam perayaan di Yerusalem tidak terdapat di dalam sebagian besar naskah yang ada: tetapi tanpa adanya penjelasan ini, alasan Paulus untuk cepat-cepat pergi ke Palestina tidak diketahui.

Wycliffe: Kis 18:22-23 - Jemaat // Antiokhia 22, 23. Dua ayat yang singkat ini merangkum suatu perjalanan panjang dari Efesus ke Palestina dan kembali ke Efesus. Jemaat yang diberi salam oleh Pau...

22, 23. Dua ayat yang singkat ini merangkum suatu perjalanan panjang dari Efesus ke Palestina dan kembali ke Efesus. Jemaat yang diberi salam oleh Paulus hampir pasti adalah jemaat gereja di Yerusalem sekalipun kota ini tidak disebutkan. Sekalipun demikian, Antiokhia merupakan gereja yang telah mendukung pelayanannya selama ini sehingga Paulus tinggal di tempat itu untuk beberapa saat.

Wycliffe: Kis 18:23--21:17 - -- D. Misi Ketiga: Asia Kecil dan Eropa (18:23-21:17). Paulus kembali ke Asia untuk melakukan apa yang kita namakan perjalanan pemberitaan Injil yang ke...

D. Misi Ketiga: Asia Kecil dan Eropa (18:23-21:17).

Paulus kembali ke Asia untuk melakukan apa yang kita namakan perjalanan pemberitaan Injil yang ketika, dengan melewati terlebih dahulu wilayah Frigia-Galatia. yang telah dikunjungi sebelumnya pada saat perjalanan pemberitaan Injil yang kedua (16:6).

Wycliffe: Kis 18:24-25 - Apolos // sangat mahir dalam soal-soal Kitab Suci, 24, 25. Lukas sial ini menunda catatannya tentang perjalanan Paulus untuk mengisahkan suatu peristiwa yang terjadi di Efesus. Para peziarah Yahudi yan...

24, 25. Lukas sial ini menunda catatannya tentang perjalanan Paulus untuk mengisahkan suatu peristiwa yang terjadi di Efesus. Para peziarah Yahudi yang datang ke Yerusalem pada saat-saat pelayanan Tuhan kita telah dengarkan Yohanes Pembaptis mengkhotbahkan bahwa Mesias segera datang. Mereka melihat penggenapan dari berbagai nubuat mengenai Mesias dalam Perjanjian Lama pada diri dan karya Yesus. Peziarah-peziarah seperti mereka itu akan membawa pulang kisah tentang khotbah Yohanes serta kehidupan dan pelayanan Yesus, sekalipun mereka belum mengetahui tentang kematian, kebangkitan-Nya serta kedatangan Roh Kudus pada hari Pentakosta. Apolos yang fasih berbicara telah menerima kabar baik tentang Yesus ini: dan karena dia sangat mahir dalam soal-soal Kitab Suci, dia mampu memperkenalkan Yesus sebagai Mesias secara efektif kepada orang Yahudi.

Wycliffe: Kis 18:26 - dengan teliti menjelaskan kepadanya jalan Allah, 26. Ketika Priskila dan Akwila berjumpa dengan dia di Efesus, mereka berdua dengan teliti menjelaskan kepadanya jalan Allah, yang mencakup kematian da...

26. Ketika Priskila dan Akwila berjumpa dengan dia di Efesus, mereka berdua dengan teliti menjelaskan kepadanya jalan Allah, yang mencakup kematian dan kebangkitan Kristus serta kedatangan Roh Kudus. Sangat mungkin, Apolos pada saat itu dibaptiskan oleh Akwila dalam nama Kristus.

Wycliffe: Kis 18:27-28 - Yesus adalah Mesias 27, 28. Ketika Apolos hendak pergi ke Akhaya. Akwila dan Priskila mengirimkan surat rekomendasi baginya, sehingga dia dapat membantu pelayanan Paulus ...

27, 28. Ketika Apolos hendak pergi ke Akhaya. Akwila dan Priskila mengirimkan surat rekomendasi baginya, sehingga dia dapat membantu pelayanan Paulus di Korintus, dengan membantah pandangan orang Yahudi dengan buktikan bahwa Yesus adalah Mesias. Bahwa ada sekelompok orang Kristen di Korintus menamakan diri mereka anak buah Apolos (I Kor. 1:12; 3:4) mungkin tidak disebabkan oleh tindak-tanduk yang tidak benar di pihak Apolos.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Kis 18:1-6 - Paulus Mengunjungi Korintus Dalam pasal ini kita temukan, I. Kedatangan Paulus ke Korintus, percakapan pribadinya dengan Akwila dan Priskila, dan perdebatannya denga...

Matthew Henry: Kis 18:7-11 - Paulus Mengunjungi Korintus Paulus Mengunjungi Korintus ( Kis 18:7-11) Di sini kita diceritakan, I. Bahwa Paulus berpindah tempat menginap. Kristus memerintahkan muri...

Matthew Henry: Kis 18:12-17 - Paulus Mengunjungi Korintus Paulus Mengunjungi Korintus ( Kis 18:12-17) Di sini diceritakan tentang beberapa gangguan yang dihadapi Paulus dan teman-temannya di Korintus, namu...

Matthew Henry: Kis 18:18-23 - Kunjungan Paulus ke Efesus dan Yerusalem Kunjungan Paulus ke Efesus dan Yerusalem ( Kis 18:18-23) Di sini kita mendapati Paulus berkeliling terus, setelah kita dapati dia diam di Korintus ...

Matthew Henry: Kis 18:24-28 - Peran Apolos Peran Apolos ( Kis 18:24-28) Sejarah suci meninggalkan Paulus dalam perjalanan-perjalanannya dan berlanjut di sini untuk menemui Apolos di Efesus, ...

SH: Kis 18:1-11 - Senantiasa menyertai (Sabtu, 25 Agustus 2007) Senantiasa menyertai Panggilan untuk melayani Allah, tidak meniadakan kesukaran dalam pelayanan itu sendiri. Oleh sebab itu, menjadi takut dan mu...

SH: Kis 18:1-17 - Pemeliharaan Tuhan bagi Misi Injil (Rabu, 1 Juni 2005) Pemeliharaan Tuhan bagi Misi Injil Pengabaran Injil bisa dihalangi dengan keras. Pengabar Injil bisa ditentang dan ditolak. Akan tetapi, rencana ...

SH: Kis 18:1-17 - Pelayanan Kosmopolitan. (Selasa, 20 Juni 2000) Pelayanan Kosmopolitan. Alkitab mencatat hanya ada satu kota yang membuat Paulus begitu takut dan gentar untuk memberitakan Injil yakni Korint...

SH: Kis 18:12-22 - Jika Allah menghendaki (Minggu, 26 Agustus 2007) Jika Allah menghendaki "Manusia berencana, Tuhan yang menentukan", kalimat bijak ini tepat menyimpulkan pelayanan Paulus dalam bagian ini. Paulus...

SH: Kis 18:18-23 - Perhatian kepada jemaat Tuhan (Kamis, 2 Juni 2005) Perhatian kepada jemaat Tuhan Pada intinya tugas Gereja hanya ada dua, yaitu pelayanan pengabaran Injil kepada orang-orang yang belum percaya dan...

SH: Kis 18:18-28 - Kekuatan relasi antar manusia di dalam pelayanan. (Rabu, 21 Juni 2000) Kekuatan relasi antar manusia di dalam pelayanan. Relasi antar manusia seharusnya menempati urutan pertama di dalam pelayanan, agar kesatuan ...

SH: Kis 18:23-28 - Menuntun, melengkapi, menyiapkan (Senin, 27 Agustus 2007) Menuntun, melengkapi, menyiapkan Andaikan kita mendengar Apolos menjelaskan Injil, kita mungkin akan menganggap dia sebagai pemberita Injil yang ...

SH: Kis 18:24-28 - Terus belajar (Jumat, 3 Juni 2005) Terus belajar Ibarat padi semakin berisi semakin tunduk, demikianlah orang yang semakin pintar semakin rendah hati. Prinsip yang sama seharu...

Utley: Kis 18:1-4 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 18:1-41 Kemudian Paulus meninggalkan Atena, lalu pergi ke Korintus.2 Di Korintus ia berjumpa dengan seorang Yahudi bernama ...

Utley: Kis 18:5-11 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 18:5-115 Ketika Silas dan Timotius datang dari Makedonia, Paulus dengan sepenuhnya dapat memberitakan firman, di mana ia me...

Utley: Kis 18:12-17 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 18:12-1712 Akan tetapi setelah Galio menjadi gubernur di Akhaya, bangkitlah orang-orang Yahudi bersama- sama melawan Paulus...

Utley: Kis 18:18-21 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 18:18-2118 Paulus tinggal beberapa hari lagi di Korintus. Lalu ia minta diri kepada saudara-saudara di situ, dan berlayar k...

Utley: Kis 18:22-23 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 18:22-2322 Ia sampai di Kaisarea dan setelah naik ke darat dan memberi salam kepada jemaat, ia berangkat ke Antiokhia. 23 S...

Utley: Kis 18:24-28 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 18:24-2824 Sementara itu datanglah ke Efesus seorang Yahudi bernama Apolos, yang berasal dari Aleksandria. Ia seorang yang ...

Topik Teologia: Kis 18:1 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita dan Peranannya Dalam Agama Wanita Dalam Jemaat yang Mula-mula Wanita-wanita adalah Bagian dari Komunit...

Topik Teologia: Kis 18:6 - -- Keselamatan Panggilan Tanggapan Terhadap Panggilan Hasil dari Suatu Tanggapan Negatif Terhadap Panggilan Allah Keterpisa...

Topik Teologia: Kis 18:8 - -- Roh Kudus Roh Kudus dalam Gereja Kedatangan dan Baptisan Roh Dimanifestasikan di dalam Kehidupan Orang Percaya Menyatuka...

Topik Teologia: Kis 18:9 - -- Wahyu Allah Mode atau Cara Wahyu Wahyu Melalui Visi (Penglihatan) Kej 15:1-2 Bil 12:6 1Sa 3:1 Yes 30:9-10 Rat 2:9 Yeh 1:1 Yeh 1...

Topik Teologia: Kis 18:11 - -- Gereja Langkah-langkah Korektif yang Dilakukan Gereja Gereja Menganggap Penganiayaan Berasal dari Allah Allah Memakai Penganiayaan...

Topik Teologia: Kis 18:18 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita dan Peranannya Dalam Agama Wanita Dalam Jemaat yang Mula-mula Wanita-wanita adalah Bagian dari Komunit...

Topik Teologia: Kis 18:22 - -- Gereja Natur Gereja Gereja adalah Lokal Sebutan Umum Gereja Gereja Kaisarea Kis 18:22

Topik Teologia: Kis 18:23 - -- Gereja Paulus Memberi Dorongan Kepada Para Petobat Kis 16:40 Kis 18:23 Kis 20:1 Gal 3:26-29 Pemuridan dalam Gereja Mat 28:19-...

Topik Teologia: Kis 18:24 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita dan Peranannya Dalam Agama Wanita Dalam Jemaat yang Mula-mula Wanita-wanita adalah Pekerja-pekerja Dal...

Topik Teologia: Kis 18:25 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita dan Peranannya Dalam Agama Wanita Dalam Jemaat yang Mula-mula Wanita-wanita adalah Pekerja-pekerja Dal...

Topik Teologia: Kis 18:26 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita dan Peranannya Dalam Agama Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab Terhada...

Topik Teologia: Kis 18:27 - -- Pengudusan Nama dan Kiasan untuk Umat yang Dikuduskan Nama-nama Untuk Orang Kristen Orang Kristen Disebut Murid Yoh 1...

Topik Teologia: Kis 18:28 - -- Yesus Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus Wahyu Allah Wahyu Melalui Kitab Suci Maz 1:1-3 Maz 19:7-11 Maz 119:1-4 Maz 119:...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Penulis : Lukas Tema : Penyebaran Injil yang Penuh Keberhasilan Melalui Kuasa Roh Kudus Tanggal Penulis...

Full Life: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (Kis 1:1-11) I. Pencurahan Roh Kudus (Kis 1:12-2:41) A. Persiapan untuk Perjanjian ...

Matthew Henry: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Dengan rasa puas hati yang melimpah kita sudah menyaksikan bagaimana dasar agama kita yang kudus dibangun di atas sejarah Juruselamat kita ...

Jerusalem: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH PARA RASUL PENGANTAR Injil ketiga dan Kisah para Rasul aslinya merupakan hanya satu karya saja, yang sekarang kiranya dapat diberi judul: "...

Ende: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH RASUL-RASUL KATA PENGANTAR Tentang isi dan maksud karangan ini umumnja Mula-mula sebagai landjutan langsung dari "Indjil ketiga" karangan ini be...

Wycliffe: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN KISAH PARA RASUL Judul. Judul kitab ini sebagaimana kita ketahui tidak menyatu dengan kitab yang aslinya, tetapi berasal dari abad kedua ...

Wycliffe: Kisah Para Rasul (Garis Besar) GARIS BESAR KISAH PARA RASUL PENDIRIAN DAN PERTUMBUHAN GEREJA I. Permulaan Gereja (1:1-2:47) A. Persiapan: pelayanan pasca-kebangki...

BIS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH RASUL-RASUL PENGANTAR Kisah Rasul-rasul adalah lanjutan buku Kabar Baik yang disampaikan oleh Lukas. Tujuan utama Kisah Rasul-rasul ini ialah

KISAH RASUL-RASUL

PENGANTAR

Kisah Rasul-rasul adalah lanjutan buku Kabar Baik yang disampaikan oleh Lukas. Tujuan utama Kisah Rasul-rasul ini ialah menguraikan mengenai bagaimana pengikut-pengikut Yesus - dengan pimpinan Roh Allah - menyebarkan Kabar Baik tentang Yesus "di Yerusalem, di seluruh Yudea, di Samaria, dan sampai ke ujung bumi" (Kis 1:8). Buku ini adalah cerita tentang pergerakan Kristen yang dimulai di antara orang Yahudi lalu meluas menjadi suatu agama untuk seluruh dunia. Penulis buku ini merasa perlu pula meyakinkan para pembacanya bahwa orang-orang Kristen bukanlah suatu bahaya politik subversif terhadap kerajaan Roma, tetapi bahwa agama Kristen merupakan penyempurnaan agama Yahudi.

Kisah Rasul-rasul bisa dibagi dalam tiga bagian. Di dalam ketiga bagian itu nampak meluasnya wilayah di mana Kabar Baik tentang Yesus disiarkan dan gereja didirikan:

  1. (1) permulaan pergerakan Kristen di Yerusalem setelah Yesus terangkat naik ke surga;
  2. (2) perluasan ke daerah-daerah lain di Palestina; dan
  3. (3) perluasan yang lebih besar lagi ke negeri-negeri di sekitar Laut Tengah sampai sejauh Roma.

Satu hal yang khas dan penting dalam buku Kisah Rasul-rasul ini ialah pekerjaan Roh Allah yang datang dengan kuasa ke atas orang-orang percaya di Yerusalem pada hari Pentakosta. Di dalam seluruh peristiwa-peristiwa yang tercatat dalam buku ini nyatalah bahwa Roh Allah itu terus-menerus memimpin dan menguatkan gereja beserta pemimpin-pemimpinnya. Berita yang diajarkan oleh agama Kristen pada masa-masa permulaan ini diringkaskan dalam sejumlah khotbah. Peristiwa-peristiwa yang dicatat dalam buku ini menunjukkan pula betapa berkuasanya berita itu di dalam kehidupan orang-orang Kristen dan di dalam ikatan persaudaraan gereja.

Isi

  1.  Persiapan untuk pemberitaan
    Kis 1:1-26
    1. a. Perintah yang terakhir dan janji dari Tuhan Yesus
      Kis 1:1-14
    2. b. Pengganti Yudas
      Kis 1:15-26
  2.  Pemberitaan di Yerusalem
    Kis 2:1-8:3
  3.  Pemberitaan di Yudea dan Samaria
    Kis 8:4-12:25
  4.  Pelayanan Paulus
    Kis 13:1-28:31
    1. a. Perjalanan pertama untuk penyebaran Kabar Baik
      Kis 13:1-14:28
    2. b. Musyawarah di Yerusalem
      Kis 15:1-35
    3. c. Perjalanan kedua untuk penyebaran Kabar Baik
      Kis 15:36-18:22
    4. d. Perjalanan ketiga untuk penyebaran Kabar Baik
      Kis 18:23-21:16
    5. e. Paulus sebagai tahanan di Yerusalem, Kaisarea, dan Roma
      Kis 21:17-28:31

Ajaran: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti bagaimana Tuhan Yesus mendirikan Gereja-Nya di dunia, dan betapa besar Kasih Karunia Allah kepada bangsa-

Tujuan

Supaya orang-orang Kristen mengerti bagaimana Tuhan Yesus mendirikan Gereja-Nya di dunia, dan betapa besar Kasih Karunia Allah kepada bangsa-bangsa di dunia.

Pendahuluan

Penulis : Lukas.

Tahun : Sekitar tahun 61 sesudah Masehi.

Penerima : Seorang yang bernama Theofilus (Kis 1:1). (Dan kepada setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus).

Isi Kitab: Kitab Para Rasul terbagi atas 28 pasal. Di dalam Kitab ini terdapat sejarah berdirinya Gereja Kristen, khotbah-khotbah para Rasul, penganiayaan terhadap umat Kristen, penginjilan kepada bangsa-bangsa lain, serta permulaan adanya sebutan Kristen.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Kisah Para Rasul

  1. Pasal 1-5 (Kis 1:1-5:42).

    Pengajaran tentang kelahiran gereja Tuhan Yesus pertama kali

    Bagian ini menceritakan tentang amanat Tuhan Yesus yang diberikan kepada murid-murid-Nya sebelum Ia naik ke Sorga. Dan tentang orang-orang percaya setelah mendengar khotbah Rasul Petrus yang dikuasai oleh Roh Kudus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kis 1:8; 2:1-3,36-41. Nats ini menyatakan perkataan Tuhan Yesus bahwa murid-murid-Nya akan menerima kuasa setelah menerima Roh Kudus, dan perkataan Tuhan Yesus itu digenapi ketika Para Rasul berkumpul di Yerusalem. _Tanyakan_: Apakah saudara yakin sudah menerima Roh Kudus dan memiliki kuasa-Nya? Kalau sudah apakah yang harus saudara perbuat?
    2. Bacalah pasal Kis 2:41-47; 4:32-37.

      Nats ini menceritakan kehidupan orang-orang percaya pada abad pertama penuh dengan kasih terhadap sesama dan ketekunan dalam beribadah kepada Allah. _Tanyakan_: Bagaimanakah sifat saudara terhadap anggota gereja yang lain? Apakah saudara rajin ke Gereja, baca Alkitab dan berdoa?

  2. Pasal 6-12 (Kis 6:1-12:25).

    Pengajaran tentang perkembangan gereja yang berada dalam penganiayaan terhadap orang-orang percaya

    Orang-orang percaya di kota Yerusalem mengalami penganiayaan dari orang- orang Yahudi, sehingga mereka melarikan diri ke penjuru dunia. Tetapi di dalam segala penderitaan dan penganiayaan itu mereka tetap memberitakan Injil Tuhan Yesus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kis 7:54-60; 8:1-4. Nats-nats ini menceritakan bagaimana beratnya penderitaan dan aniaya yang dialami oleh orang-orang percaya, tetapi walaupun di dalam penderitaan dan aniaya itu mereka tetap setia beribadah dan memberitakan Injil. _Tanyakan_: Bagaimanakah sikap saudara kalau saudara diancam setelah masuk Kristen?
    2. Bacalah pasal Kis 9:1-22. Nats ini menceritakan tentang Saulus (Paulus) yang adalah seorang penganiaya orang-orang percaya, mengalami pertobatan dan akhirnya menjadi Rasul. Ini mengajarkan bahwa kuasa Tuhan Yesus dapat mengubah kehidupan seseorang yang sangat jahat sekalipun. _Tanyakan_: Sudahkah kehidupan saudara diubah oleh Tuhan Yesus menjadi kehidupan yang benar?
  3. Pasal 13-15 (Kis 13:1-15:41).

    Pengajaran tentang jemaat (gereja) setempat yang menginjil

    Bagian ini menjelaskan tentang kehidupan orang-orang percaya di kota Antiokhia, dan sebutan Kristen pertama kali diberikan kepada murid-murid Tuhan Yesus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kis 11:23-26. _Tanyakan_: Mengapa orang-orang percaya di Antiokhia disebut Kristen?
    2. Bacalah pasal Kis 13:1-6.

      Nats ini menceritakan tentang jemaat Antiokhia, yang mengirimkan penginjil-penginjil kepada bangsa-bangsa lain karena taat pada Roh Kudus. Ini mengajarkan pada setiap gereja untuk mempunyai beban penginjilan pada setiap orang yang belum mengenal Tuhan Yesus.

      _Tanyakan_: Apakah di gereja saudara mempunyai beban penginjilan?

  4. Pasal 16-28 (Kis 16:1-28:31).

    Pengajaran tentang nama Tuhan Yesus diberitakan ke seluruh dunia

    Dalam bagian ini, dijelaskan bagaimana Kasih Karunia Allah yang ada dalam Tuhan Yesus, diberitakan pada setiap suku bangsa, baik yang menjadi rakyat biasa, maupun yang menjadi tentara dan orang-orang istana.

    Pendalaman

    Bacalah pasal Kis 23:11. Ayat ini menyatakan tentang perkataan Tuhan Yesus kepada Paulus untuk bersaksi dengan penuh keberanian di kota Roma. Ini juga mengajarkan pada setiap orang Kristen tetap mempunyai keberanian untuk bersaksi kepada setiap orang.

    _Tanyakan_: Sudahkah saudara bersaksi dengan berani kepada setiap orang?

II. Kesimpulan

Melalui Kitab Kisah Para Rasul dapatlah diketahui bahwa perkembangan Gereja Tuhan Yesus dan Kasih Karunia Allah yang diberikan pada setiap bangsa mendapat tantangan dari kuasa dunia dan orang-orang yang tidak mau mengenal Allah. Tetapi melalui Kemahakuasaan-Nya, Tuhan Yesus mengalahkan semua kuasa dunia itu, dan Gereja tetap bertumbuh.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Kisah Para Rasul?
  2. Dengan kuasa apakah Rasul Paulus berkhotbah Yerusalem?
  3. Bagaimanakah kehidupan orang percaya pada abad pertama?
  4. Bagaimanakah beban penginjilan di jemaat Antiokhia?
  5. Dari manakah datangnya keberanian Rasul Paulus untuk bersaksi?

Intisari: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Kisah tentang gereja yang bersaksi SIAPAKAH YANG MENULIS KITAB INI?Kitab ini ditulis oleh tabib Lukas. Kitab ini boleh juga diberi judul Kisah Roh Ku

Kisah tentang gereja yang bersaksi

SIAPAKAH YANG MENULIS KITAB INI?
Kitab ini ditulis oleh tabib Lukas. Kitab ini boleh juga diberi judul Kisah Roh Kudus, karena menceritakan apa yang terjadi setelah Roh Kudus turun atas para rasul pada hari Pentakosta. Lukas, satu-satunya penulis Perjanjian Baru yang bukan orang Yahudi, menulis Kisah para Rasul sebagai kelanjutan dari tulisan sebelumnya yakni Injil yang memakai namanya.

APAKAH ISI KITAB INI?
12 pasal pertama terutama meliput kegiatan rasul Petrus, sementara pasal-pasal selanjutnya sebagian besar tentang pekerjaan rasul Paulus. Yesus telah mengatakan kepada para murid-Nya bahwa apabila Roh Kudus turun ke atas mereka, mereka akan menjadi saksi-saksi-Nya. Kitab Kisah para Rasul memperlihatkan bagaimana hal ini digenapi. Dari kitab Kisah para Rasul, kita banyak sekali belajar tentang gereja mula-mula, suka dan dukanya, kemenangan dan kesusahannya, tetapi yang terpenting ialah perkembangan gereja yang dalam jangka waktu beberapa tahun sudah dibangun di seluruh dunia yang telah beradab. Kita tahu bahwa tabib Lukas adalah seorang sejarawan yang cermat dan kita boleh yakin bahwa dalam kitab ini kita memperoleh catatan yang benar tentang kekristenan yang mula-mula.

APA CIRI-CIRI UTAMANYA?
Kata 'saksi' dipakai lebih dari 30 kali, mengingatkan kita bahwa gereja yang sejati adalah gereja yang bersaksi dan setiap Kristen dipanggil untuk menjadi saksi. Sungguh menakjubkan bahwa hanya dalam satu generasi, orang-orang Kristen mula-mula ini telah mengabarkan Injil ke seluruh dunia yang sudah beradab. Kisah para Rasul merupakan buku pedoman misi yang terbaik yang pernah ditulis. Kisah para Rasul berakhir dengan tiba-tiba - seolah-olah tidak selesai. Suatu cara mengakhiri yang tepat, karena gereja yang bersaksi harus terus maju sampai Kristus datang kembali. Kitab-kitab Injil memperlihatkan apa yang mulai dilakukan oleh Kristus ketika Ia ada di dunia dan Kisah para Rasul menunjukkan apa yang dilakukan-Nya selanjutnya oleh Roh-Nya yang kudus melalui murid-murid-Nya. Kitab ini dimulai dengan pemberitaan Injil di Yerusalem, ibu kota agama bangsa Yahudi; diakhiri dengan pemberitaan Injil di kota Roma, ibu kota dari dunia yang beradab pada waktu itu.

KAPAN KITAB INI DITULIS?
Hampir dapat dipastikan bahwa tabib Lukas menulis Kisah para Rasul pada awal atau pertengahan tahun enam puluhan abad pertama - pada akhir masa dua tahun hukuman penjara rasul Paulus di Roma. Kitab itu mencakup masa dari pendirian gereja di Yerusalem sampai masa hukuman penjara rasul Paulus di Roma - yaitu kurang lebih tiga puluh tahun

Pesan

1. Gereja menanti dan menerIma kuasa Roh Kudus.
o Amanat agung diulangi. Kis 1:8
o Tuhan yang bangkit naik ke surga. Kis 1:9
o Para rasul berdoa. Kis 1:14
o Roh yang dijanjikan diberikan. Kis 2:4
o Disusul dengan khotbah yang penuh kuasa. Kis 2:37

2. Gereja mempertunjukkan persekutuan Kristen.
o Dalam kehidupan bersama. Kis 2:44; 4:32
o Dalam ibadah bersama. Kis 2:46

3. Gereja segera mengalami baik kemenangan maupun kesusahan.
o Penyembuhan orang lumpuh. Kis 3:2
o Penipuan Ananias dan Safira. Kis 5:1

4. Gereja mengangkat 'para pejabat' yang pertama -'Kelompok Tujuh Orang' (Kis 6:3).

5. Martir pertama gereja - Stefanus (Kis 7:60).

6. Gereja menerima seorang petobat baru yang luar biasa - Saulus dari Tarsus (Kis 9:1-19).

7. Gereja membuktikan kuasa doa.
o Persekutuan doa yang membuka pintu penjara. Kis 12:5

8. Gereja mengadakan sidangnya yang pertama yang di dalamnya kebebasan orang
bukan Yahudi dilindungi (Kis 15:19).

Penerapan

1.Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita apa yang harus dilaksanakan oleh gereja Perjanjian Baru:
o Pengajaran
o Persekutuan
o Pemecahan roti
o Kebaktian (doa-doa)

2. Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita bagaimana seharusnya persekutuan Kristen itu:
o Saling berbagi hidup dan memperhatikan

3. Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita bagaimana seharusnya pekerjaan misi dilaksanakan:
o Oleh setiap orang yang dipanggil oleh Allah - bukan suatu golongan elit tertentu
o Di bawah pimpinan Roh Kudus
o Mengunjungi tempat-tempat yang strategis

4. Kisah para Rasul mengingatkan kita bahwa Kristen yang sungguh-sungguh sekalipun, kadang-kadang berbeda pendapat dan berpisah.
o Paulus dan Barnabas mengambil sikap yang berbeda terhadap Yohanes Markus ketika ia meninggalkan mereka, tetapi perbedaan ini kemudian dipulihkan.

5. Kisah para Rasul memperkenalkan kita kepada para pemimpin pertama yang diangkat dalam gereja Kristen dan memberitahukan kepada kita apa persyaratan mereka.

Tema-tema Kunci

1. Bersaksi.
Kata Yunani yang diterjemahkan menjadi 'saksi' berhubungan dengan kata 'martir'.
Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita betapa tinggi harga yang harus dibayar
dalam bersaksi - Stefanus harus membayar dengan nyawanya dan kesaksian Petrus
dan Paulus menyebabkan mereka dipenjarakan.
Carilah ayat-ayat lain yang mengandung kata' saksi'. Bandingkan siksaan yang
diterima oleh Stefanus dengan kematian Kristus di kayu salib (Luk. 23:34; Kis. 7:60).

2. Pertobatan.
Kisah para Rasul mencatat sejumlah peristiwa pertobatan yang unik. Keempat
contoh di bawah ini memperlihatkan bagaimana Allah membawa laki-laki dan
perempuan kepadaNya dengan berbagai cara: O Sida-sida dari Etiopia yang dibawa
kepada Kristus melalui pembacaan Kitab Suci (Kis 8:30).
o Saulus dari Tarsus, yang hidupnya berubah secara tiba-tiba dan dramatis (Kis 9:1-19).
o Lidia, wanita yang taat beribadah, yang telah siap menerima Injil (Kis 16:14).
o Kepala penjara Filipi yang mencari keselamatan karena didorong oleh rasa takut
(Kis 16:29, 30).
Carilah ayat-ayat yang berhubungan dengan keempat pertobatan di atas serta
bandingkanlah cara-cara yang Allah pakai waktu itu dan sekarang untuk membawa
orang kepada-Nya.

3.Tim penginjilan.
Kita melihat di dalam Kisah para Rasul pola kerja misionaris. Paulus tidak saja
menetapkan tempat-tempat yang strategis dan berusaha menyebarkan kabar baik di
daerah sekelilingnya, tetapi ia juga mempunyai rekan penolong.

Perhatikanlah kampanye Paulus yang berbeda-beda dalam perjalanan misionarisnya
yang tercatat dalam Kisah para Rasul.

Garis Besar Intisari: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) [1] PENGANTAR Kis 1:1-26 Masa empat puluh hari dan sesudahnya: Kis 1:1-11Janji tentang Roh Kudus Kis 1:12-14Para murid yang menanti Kis 1:15-2

[1] PENGANTAR Kis 1:1-26

Masa empat puluh hari dan sesudahnya:

Kis 1:1-11Janji tentang Roh Kudus
Kis 1:12-14Para murid yang menanti
Kis 1:15-26Penggantian Yudas

[2] BERSAKSI DI YERUSALEM Kis 2:1-7:60

Kis 2:1-47Kuasa diberikan dan khotbah penuh kuasa
Kis 3:1-26Mukjizat pertama yang dicatat dalam gereja mula-mula
Kis 4:1-31Timbulnya kaum oposisi
Kis 4:32-5:16Berkat dan cela
Kis 5:17-42Lebih menaati Allah daripada manusia
Kis 6:1-7:60Martir Kristen pertama

[3] BERSAKSI DI SAMARIA Kis 8

[4] BERSAKSI DI TEMPAT YANG LEBIH JAUH Kis 9:1-13:3

Kis 9Pertobatan yang luar biasa
Kis 10:1-11:30Mata Petrus terbuka
Kis 12:1-25 Petrus ditangkap
Kis 13:1-3Paulus dan Barnabas diutus

[5] BERSAKSI SAMPAI KE UJUNG DUNIA Kis 13:4-28:31

Kis 13:4-15:35Perjalanan misionaris yang pertama

o Siprus (Kis 13:4-12)

o Perga (Kis 13:13)

o Pisidia Antiokhia (Kis 13:14-52)

o Ikonium (Kis 14:1-6)

o Listra (Kis 14:6-20)

o Derbe (Kis 14:20-21)

o Sidang di Yerusalem (Kis 15:1-35)

Kis 15:36-18:22Perjalanan misionaris yang kedua

o Paulus dan Barnabas berpisah (Kis 15:36-41)

o Paulus mengunjungi Listra (Kis 16:1-3)

o Berbagai kota di Asia Kecil (Kis 16:4-11)

o Filipi (Kis 16:12-40)

o Tesalonika (Kis 17:1-9)

o Berea (Kis 17:10-14)

o Atena(Kis 17:15-34)

o Korintus (Kis 18:1-17)

o Kembali ke Antiokhia
Kis 18:23-21:17Perjalanan misionaris yang ketiga

o Paulus mengunjungi Efesus (Kis 18:23-19:40)

o Berangkat ke Yerusalem (Kis 20:1-16)

o Berpidato di depan para penatua di Efesus (Kis 20:17-38)

o dan akhirnya tiba di Yerusalem (Kis 21:1-17)

Kis 21:18-28:3Paulus berhadapan dengan para penguasa

o Didakwa dan ditangkap (Kis 21:18-40)

o Membela diri (Kis 22-26)

o Dalam perjalanan ke Roma (Kis 27:1-28:15)

o Paulus masih berkhotbah (Kis 28:16-31)

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #12: Klik ikon untuk membuka halaman teks alkitab saja. [SEMUA]
dibuat dalam 0.56 detik
dipersembahkan oleh YLSA