kecilkan semua  

Teks -- Kisah Para Rasul 10:1-36 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Petrus dan Kornelius
10:1 Di Kaisarea ada seorang yang bernama Kornelius, seorang perwira pasukan yang disebut pasukan Italia. 10:2 Ia saleh, ia serta seisi rumahnya takut akan Allah dan ia memberi banyak sedekah kepada umat Yahudi dan senantiasa berdoa kepada Allah. 10:3 Dalam suatu penglihatan, kira-kira jam tiga petang, jelas tampak kepadanya seorang malaikat Allah masuk ke rumahnya dan berkata kepadanya: "Kornelius!" 10:4 Ia menatap malaikat itu dan dengan takut ia berkata: "Ada apa, Tuhan?" Jawab malaikat itu: "Semua doamu dan sedekahmu telah naik ke hadirat Allah dan Allah mengingat engkau. 10:5 Dan sekarang, suruhlah beberapa orang ke Yope untuk menjemput seorang yang bernama Simon dan yang disebut Petrus. 10:6 Ia menumpang di rumah seorang penyamak kulit yang bernama Simon, yang tinggal di tepi laut." 10:7 Setelah malaikat yang berbicara kepadanya itu meninggalkan dia, dipanggilnya dua orang hambanya beserta seorang prajurit yang saleh dari orang-orang yang selalu bersama-sama dengan dia. 10:8 Dan sesudah ia menjelaskan segala sesuatu kepada mereka, ia menyuruh mereka ke Yope. 10:9 Keesokan harinya ketika ketiga orang itu berada dalam perjalanan dan sudah dekat kota Yope, kira-kira pukul dua belas tengah hari, naiklah Petrus ke atas rumah untuk berdoa. 10:10 Ia merasa lapar dan ingin makan, tetapi sementara makanan disediakan, tiba-tiba rohnya diliputi kuasa ilahi. 10:11 Tampak olehnya langit terbuka dan turunlah suatu benda berbentuk kain lebar yang bergantung pada keempat sudutnya, yang diturunkan ke tanah. 10:12 Di dalamnya terdapat pelbagai jenis binatang berkaki empat, binatang menjalar dan burung. 10:13 Kedengaranlah olehnya suatu suara yang berkata: "Bangunlah, hai Petrus, sembelihlah dan makanlah!" 10:14 Tetapi Petrus menjawab: "Tidak, Tuhan, tidak, sebab aku belum pernah makan sesuatu yang haram dan yang tidak tahir." 10:15 Kedengaran pula untuk kedua kalinya suara yang berkata kepadanya: "Apa yang dinyatakan halal oleh Allah, tidak boleh engkau nyatakan haram." 10:16 Hal ini terjadi sampai tiga kali dan segera sesudah itu terangkatlah benda itu ke langit. 10:17 Petrus bertanya-tanya di dalam hatinya, apa kiranya arti penglihatan yang telah dilihatnya itu. Sementara itu telah sampai di muka pintu orang-orang yang disuruh oleh Kornelius dan yang berusaha mengetahui di mana rumah Petrus. 10:18 Mereka memanggil seorang dan bertanya, apakah Simon yang disebut Petrus ada menumpang di rumah itu. 10:19 Dan ketika Petrus sedang berpikir tentang penglihatan itu, berkatalah Roh: "Ada tiga orang mencari engkau. 10:20 Bangunlah, turunlah ke bawah dan berangkatlah bersama-sama dengan mereka, jangan bimbang, sebab Aku yang menyuruh mereka ke mari." 10:21 Lalu turunlah Petrus ke bawah dan berkata kepada orang-orang itu: "Akulah yang kamu cari; apakah maksud kedatangan kamu?" 10:22 Jawab mereka: "Kornelius, seorang perwira yang tulus hati dan takut akan Allah, dan yang terkenal baik di antara seluruh bangsa Yahudi, telah menerima penyataan Allah dengan perantaraan seorang malaikat kudus, supaya ia mengundang engkau ke rumahnya dan mendengar apa yang akan kaukatakan." 10:23 Ia mempersilakan mereka untuk bermalam di situ. Keesokan harinya ia bangun dan berangkat bersama-sama dengan mereka, dan beberapa saudara dari Yope menyertai dia. 10:24 Dan pada hari berikutnya sampailah mereka di Kaisarea. Kornelius sedang menantikan mereka dan ia telah memanggil sanak saudaranya dan sahabat-sahabatnya berkumpul. 10:25 Ketika Petrus masuk, datanglah Kornelius menyambutnya, dan sambil tersungkur di depan kakinya, ia menyembah Petrus. 10:26 Tetapi Petrus menegakkan dia, katanya: "Bangunlah, aku hanya manusia saja." 10:27 Dan sambil bercakap-cakap dengan dia, ia masuk dan mendapati banyak orang sedang berkumpul. 10:28 Ia berkata kepada mereka: "Kamu tahu, betapa kerasnya larangan bagi seorang Yahudi untuk bergaul dengan orang-orang yang bukan Yahudi atau masuk ke rumah mereka. Tetapi Allah telah menunjukkan kepadaku, bahwa aku tidak boleh menyebut orang najis atau tidak tahir. 10:29 Itulah sebabnya aku tidak berkeberatan ketika aku dipanggil, lalu datang ke mari. Sekarang aku ingin tahu, apa sebabnya kamu memanggil aku." 10:30 Jawab Kornelius: "Empat hari yang lalu kira-kira pada waktu yang sama seperti sekarang, yaitu jam tiga petang, aku sedang berdoa di rumah. Tiba-tiba ada seorang berdiri di depanku, pakaiannya berkilau-kilauan 10:31 dan ia berkata: Kornelius, doamu telah didengarkan Allah dan sedekahmu telah diingatkan di hadapan-Nya. 10:32 Suruhlah orang ke Yope untuk menjemput Simon yang disebut Petrus; ia sedang menumpang di rumah Simon, seorang penyamak kulit, yang tinggal di tepi laut. 10:33 Karena itu segera kusuruh orang kepadamu, dan dengan senang hati engkau telah datang. Sekarang kami semua sudah hadir di sini di hadapan Allah untuk mendengarkan apa yang ditugaskan Allah kepadamu." 10:34 Lalu mulailah Petrus berbicara, katanya: "Sesungguhnya aku telah mengerti, bahwa Allah tidak membedakan orang. 10:35 Setiap orang dari bangsa manapun yang takut akan Dia dan yang mengamalkan kebenaran berkenan kepada-Nya. 10:36 Itulah firman yang Ia suruh sampaikan kepada orang-orang Israel, yaitu firman yang memberitakan damai sejahtera oleh Yesus Kristus, yang adalah Tuhan dari semua orang.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Kaisarea a town on the Mediterranean 40 kilometers south of Mt. Carmel and 120 kilometers NW of Jerusalem.
 · Kaisarea Filipi a town on the Mediterranean 40 kilometers south of Mt. Carmel and 120 kilometers NW of Jerusalem.
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Kornelius a centurion officer in the Roman army.
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Petrus a man who was a leader among the twelve apostles and wrote the two epistles of Peter
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Simon a son of Jonas and brother of Andrew; an apostle of Jesus Christ,a man who was one of the apostles of Christ and also called 'the Zealot',a brother of Jesus,a man who was a well-know victim of leprosy who had been healed by Jesus (NIV note),a man from Cyrene who was forced to carry the cross of Jesus,a Pharisee man in whose house Jesus' feet were washed with tears and anointed,the father of Judas Iscariot,a man who was a sorcerer in Samaria and who wanted to buy the gifts of the Spirit,a man who was a tanner at Joppa and with whom Peter was staying when Cornelius sent for him
 · suku Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · umat Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Yahudi the Jewish religion/beliefs
 · Yakub the second so of a pair of twins born to Isaac and Rebeccaa; ancestor of the 12 tribes of Israel,the nation of Israel,a person, male,son of Isaac; Israel the man and nation
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall
 · Yope a seaport town on the Mediterranean coast about 35 miles northwest of Jerusalem,a town and seaport 55 km NW of Jerusalem & 85 km south of Mt. Carmel
 · Yunus a son of Amittai; the prophet God sent to Nineveh,the prophet who was swallowed by the great fish; son of Amittai


Topik/Tema Kamus: Petrus | Kornelius | Herodes | Bait Allah /Bait Suci | Lihat, Penglihatan | Malaikat | Yope | Simon | Binatang Menjalar | Dana | Doa Perorangan | Roh Kudus Adalah Pribadi | Jawab, Jawaban Doa | Keluarga | Najis, Kenajisan | Yudea, Pada Zaman Yesus | Takut Akan Allah | Orang Yahudi | Rumah | Kaisarea | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Kis 10:4 - SEMUA DOAMU ... ALLAH MENGINGAT ENGKAU. Nas : Kis 10:4 Allah memandang doa-doa kita sebagai suatu persembahan yang naik ke hadapan-Nya, yang mengingatkan Dia akan ketekunan kita dalam mem...

Nas : Kis 10:4

Allah memandang doa-doa kita sebagai suatu persembahan yang naik ke hadapan-Nya, yang mengingatkan Dia akan ketekunan kita dalam memohon kepada-Nya dengan iman dan pengabdian (lih. Mazm 141:2; Ibr 13:15-16).

Full Life: Kis 10:9 - NAIKLAH PETRUS KE ATAS RUMAH UNTUK BERDOA. Nas : Kis 10:9 Roh Kudus, pengarang Alkitab, telah menyatakan bahwa orang Kristen PB adalah orang yang bertekun dalam banyak doa. Mereka menyadari ...

Nas : Kis 10:9

Roh Kudus, pengarang Alkitab, telah menyatakan bahwa orang Kristen PB adalah orang yang bertekun dalam banyak doa. Mereka menyadari bahwa kerajaan Allah tidak dapat terwujud dengan kuasa penuh hanya dengan doa beberapa menit sehari (Kis 1:14; 2:42; 3:1; 6:4; Ef 6:18; Kol 4:2).

  1. 1) Orang Yahudi yang saleh berdoa dua sampai tiga kali setiap hari (bd. Mazm 55:18; Dan 6:11). Para pengikut Kristus, khususnya para rasul (Kis 6:4), biasa berdoa dengan kekhusukan yang sama. Petrus dan Yohanes memasuki bait Allah "ketika tiba waktunya berdoa" (Kis 3:1); sedangkan Paulus dan Lukas melakukan hal yang sama (Kis 16:16). Petrus biasa berdoa pada pukul dua belas tengah hari; Allah memberkati Kornelius karena dia setia pada saat-saat berdoanya (ayat Kis 10:30 dst).
  2. 2) Alkitab mendorong orang percaya untuk bertekun dengan setia dalam doa (Rom 12:12), berdoa selalu (Luk 18:1), tetap berdoa (1Tes 5:17), berdoa di mana-mana (1Tim 2:8), berdoa setiap waktu untuk bermacam-macam permohonan (Ef 6:18), bertekun dalam doa (Kol 4:2) dan berdoa dengan kuasa (Yak 5:16). Semua nasihat ini menunjukkan bahwa tidak mungkin ada kuasa Kerajaan Allah dalam peperangan terhadap dosa, Iblis dan dunia, atau kemenangan dalam usaha untuk memenangkan yang hilang tanpa banyak berdoa setiap hari

    (lihat art. BERDOA DENGAN EFEKTIF).

  3. 3) Mengingat Tuhan Yesus pernah berharap agar murid-murid-Nya berjaga-jaga dan berdoa selama "satu jam" (Mat 26:38-41) dan urgensi saat-saat terakhir ini, tidakkah berkenan kepada Allah apabila setiap orang percaya meluangkan setiap hari sekurang-kurangnya satu jam untuk berdoa dan mempelajari Firman Allah untuk memperluas kerajaan Allah di atas muka bumi ini dan segala yang terlibat dalamnya untuk kita (Mat 6:10,33)?
  4. 4) Satu jam doa dapat mencakup unsur-unsur berikut:
    1. (a) pemujaan,
    2. (b) menyanyi memuji Tuhan,
    3. (c) mengucap syukur,
    4. (d) menantikan Tuhan,
    5. (e) membaca Firman Allah,
    6. (f) mendengarkan Roh Kudus,
    7. (g) mengucapkan kata-kata Alkitab dalam doa,
    8. (h) mengakui kekurangan dan kesalahan,
    9. (i) mendoakan orang lain,
    10. (j) permohonan untuk kebutuhan-kebutuhan sendiri dan
    11. (k) berdoa dalam bahasa roh.

Full Life: Kis 10:19 - BERKATALAH ROH. Nas : Kis 10:19 Roh Kudus menginginkan semua orang diselamatkan (Mat 28:19; 2Pet 3:9). Karena para rasul telah menerima Roh Kudus, maka mereka juga...

Nas : Kis 10:19

Roh Kudus menginginkan semua orang diselamatkan (Mat 28:19; 2Pet 3:9). Karena para rasul telah menerima Roh Kudus, maka mereka juga menginginkan semua orang diselamatkan. Akan tetapi, secara intelektual mereka belum sadar bahwa keselamatan kini tidak terbatas pada orang Israel saja, tetapi terbuka bagi semua bangsa (ayat Kis 10:34-35). Roh Kuduslah yang memberikan gereja visi yang lebih luas. Dalam kitab ini Roh Kudus merupakan kuasa usaha misi dengan menuntun gereja kepada daerah-daerah pekabaran Injil baru (Kis 8:29,39; 11:11-12; 13:2,4; Kis 16:6; Kis 19:21). Pencurahan Roh Kudus serta dorongan untuk mengabarkan Injil selalu berjalan bersama-sama (bd. Kis 1:8). Bahkan hingga dewasa ini, banyak orang percaya mendambakan keselamatan dari kalangan yang dekat dengan mereka, namun belum memahami sepenuhnya maksud Roh Kudus untuk misi sedunia

(lihat cat. --> Mat 28:19;

lihat cat. --> Luk 24:47).

[atau ref. Mat 28:19; Luk 24:47]

Full Life: Kis 10:34 - ALLAH TIDAK MEMBEDAKAN ORANG. Nas : Kis 10:34 Allah tidak membedakan bangsa atau suku atau menyayangi orang karena bangsa, kelahiran atau kedudukan dalam hidup (bd. Yak 2:1). A...

Nas : Kis 10:34

Allah tidak membedakan bangsa atau suku atau menyayangi orang karena bangsa, kelahiran atau kedudukan dalam hidup (bd. Yak 2:1).

Allah berkenan dan menerima orang dari setiap bangsa yang berbalik dari dosa, percaya kepada Kristus, takut akan Allah, dan hidup benar (ayat Kis 10:35; bd. Rom 2:6-11). Semua orang yang tetap hidup demikian akan tinggal di dalam kasih dan perkenan Allah (Yoh 15:10).

BIS: Kis 10:19 - tiga orang tiga orang: beberapa naskah kuno: orang; satu naskah: dua orang.

tiga orang: beberapa naskah kuno: orang; satu naskah: dua orang.

BIS: Kis 10:30 - berdoa berdoa: beberapa naskah kuno: berdoa dan berpuasa.

berdoa: beberapa naskah kuno: berdoa dan berpuasa.

Jerusalem: Kis 10:1-33 - -- Menurut pandangan Lukas maka pertobatan Kornelius itu bukanlah sebuah kejadian perorangan saja. Makna umumnya tampil dalam cerita sendiri dan dalam te...

Menurut pandangan Lukas maka pertobatan Kornelius itu bukanlah sebuah kejadian perorangan saja. Makna umumnya tampil dalam cerita sendiri dan dalam tekanan atas penglihatan Petrus dan Kornelius. Makna umum itu khususnya ditampilkan oleh hubungan yang dijalin oleh pengarang antara peristiwa itu dan keputusan yang diambil oleh "konsili di Yerusalem", bdk Kis 15:7-11,14. Ada dua pengajaran yang dapat ditarik, yakni: 1) Allah sendiri telah menyatakan bahwa orang-orang bukan Yahudi harus diterima oleh jemaat Kristen tanpa membebankan pada mereka seluruh hukum Taurat, bdk Kis 10:34-35,44-48; 11:1,15:7-11,14 dan Gal 2:1-10; 2) Allah sendiri menyatakan kepada Petrus bahwa ia harus bertamu pada seseorang yang tidak bersunat: di sini terasa masalah hubungan antara orang-orang Kristen bekas Yahudi dan orang-orang Kristen bekas kafir, bdk Kis 10:10-16,28-29; 11:2-14 dan Gal 2:11-21.

Jerusalem: Kis 10:2 - takut akan Allah Ungkapan "takut akan Allah", Kis 10:2,22,35; 13:16,26 dan "yang beribadah kepada Allah", Kis 13:43,50; 16:14; 17:4,17; 18:7, di mana diterjemahkan "ta...

Ungkapan "takut akan Allah", Kis 10:2,22,35; 13:16,26 dan "yang beribadah kepada Allah", Kis 13:43,50; 16:14; 17:4,17; 18:7, di mana diterjemahkan "takut akan Allah", adalah istilah yang menunjuk kepada mereka yang bersimpati dengan agama Yahudi meskipun tidak masuk umat Yahudi dengan menerima sunat, bdk Kis 2:11+.

Jerusalem: Kis 10:4 - mengingat engkau Ungkapan itu mengingatkan "korban peringatan", bdk Ima 2:2,9,16. Dengannya disamakan doa dalam Tob 12:12.

Ungkapan itu mengingatkan "korban peringatan", bdk Ima 2:2,9,16. Dengannya disamakan doa dalam Tob 12:12.

Jerusalem: Kis 10:11 - -- Terjemahan ayat ini menurut teks barat.

Terjemahan ayat ini menurut teks barat.

Jerusalem: Kis 10:15 - -- Petrus diajak membebaskan diri dari segala ketakutan sehubungan dengan aturan mengenai halal dan haram, tahir dan najis, Kis 11:9. Bdk Mat 15:1-20 dsj...

Petrus diajak membebaskan diri dari segala ketakutan sehubungan dengan aturan mengenai halal dan haram, tahir dan najis, Kis 11:9. Bdk Mat 15:1-20 dsj; Rom 14:14,17. Kesimpulan diambil dalam Kis 15:9: Dengan kepercayaan Allah membersihkan hati orang-orang kafir, meskipun badan mereka yang tidak bersunat tetap "najis" menurut aturan Yahudi. Kesimpulan praktis: Petrus tak perlu takut-takut bergaul dengan orang-orang yang tidak bersunat, Kis 10:27-28.

Jerusalem: Kis 10:19 - Roh Peranan Roh itu sama dengan peranan malaikat Tuhan, bdk Kis 8:26,29

Peranan Roh itu sama dengan peranan malaikat Tuhan, bdk Kis 8:26,29

Jerusalem: Kis 10:19 - dua orang Var: tiga orang, bdk Kis 11:11.

Var: tiga orang, bdk Kis 11:11.

Jerusalem: Kis 10:30 - sedang berdoa Var: aku sedang berpuasa dan sedang berdoa.

Var: aku sedang berpuasa dan sedang berdoa.

Jerusalem: Kis 10:31 - diingatkan di hadapanNya Tidak dikatakan siapa yang mengingatkan. Cara bicara semacam itu mengungkapkan rasa hormat terhadap kebesaran Allah, tetapi disarankan juga bahwa mala...

Tidak dikatakan siapa yang mengingatkan. Cara bicara semacam itu mengungkapkan rasa hormat terhadap kebesaran Allah, tetapi disarankan juga bahwa malaikat-malaikatlah yang mengingatkan.

Jerusalem: Kis 10:35 - berkenan kepadaNya Ungkapan ini berupa istilah yang diambil dari ibadat (bdk Kis 10:4). Kepada Allah berkenanlah sebuah korban yang tak bercela atau orang tak bercela ya...

Ungkapan ini berupa istilah yang diambil dari ibadat (bdk Kis 10:4). Kepada Allah berkenanlah sebuah korban yang tak bercela atau orang tak bercela yang mempersembahkannya, Ima 1:3; 19:5; 22:19-27. Yes 56:7 menubuatkan bahwa pada akhir zaman korban-korban yang dipersembahkan kaum kafir akan berkenan kepada Allah; lihat Mal 1:10-11. Bdk Rom 15:16; Fili 4:18; 1Pe 2:5.

Jerusalem: Kis 10:36 - Itulah firman Var: itulah firmanNya.

Var: itulah firmanNya.

Ende: Kis 10:2 - Beribadat dan menjegani Allah Lih. Kis 2:5 dan tjatatan disini.

Lih. Kis 2:5 dan tjatatan disini.

Ende: Kis 10:15 - -- Maksudnja penglihatan kepada Petrus ini, supaja Petrus tahu dan mengerti bahwa ketentuan-ketentuan orang Jahudi tentang nadjis dan tahir, tidak dibena...

Maksudnja penglihatan kepada Petrus ini, supaja Petrus tahu dan mengerti bahwa ketentuan-ketentuan orang Jahudi tentang nadjis dan tahir, tidak dibenarkan lagi oleh Allah. dan chususnja tidak mengenai sikap terhadap orang "kafir" dan pergaulan dengan mereka.

Ref. Silang FULL: Kis 10:1 - Di Kaisarea · Di Kaisarea: Kis 8:40; Kis 8:40

· Di Kaisarea: Kis 8:40; [Lihat FULL. Kis 8:40]

Ref. Silang FULL: Kis 10:2 - akan Allah · akan Allah: Kis 10:22,35; Kis 13:16,26

· akan Allah: Kis 10:22,35; Kis 13:16,26

Ref. Silang FULL: Kis 10:3 - suatu penglihatan // tiga petang // seorang malaikat · suatu penglihatan: Kis 9:10; Kis 9:10 · tiga petang: Mazm 55:18; Kis 3:1 · seorang malaikat: Kis 5:19; Kis 5:19

· suatu penglihatan: Kis 9:10; [Lihat FULL. Kis 9:10]

· tiga petang: Mazm 55:18; Kis 3:1

· seorang malaikat: Kis 5:19; [Lihat FULL. Kis 5:19]

Ref. Silang FULL: Kis 10:4 - hadirat Allah // mengingat engkau · hadirat Allah: Wahy 8:4 · mengingat engkau: Mazm 20:4; Mat 10:42; Mat 10:42; Mat 26:13

· hadirat Allah: Wahy 8:4

· mengingat engkau: Mazm 20:4; Mat 10:42; [Lihat FULL. Mat 10:42]; Mat 26:13

Ref. Silang FULL: Kis 10:5 - ke Yope · ke Yope: Kis 9:36; Kis 9:36

· ke Yope: Kis 9:36; [Lihat FULL. Kis 9:36]

Ref. Silang FULL: Kis 10:6 - penyamak kulit · penyamak kulit: Kis 9:43

· penyamak kulit: Kis 9:43

Ref. Silang FULL: Kis 10:8 - ke Yope · ke Yope: Kis 9:36; Kis 9:36

· ke Yope: Kis 9:36; [Lihat FULL. Kis 9:36]

Ref. Silang FULL: Kis 10:9 - atas rumah · atas rumah: Mat 24:17; Mat 24:17

· atas rumah: Mat 24:17; [Lihat FULL. Mat 24:17]

Ref. Silang FULL: Kis 10:10 - kuasa ilahi · kuasa ilahi: Kis 22:17

· kuasa ilahi: Kis 22:17

Ref. Silang FULL: Kis 10:11 - langit terbuka · langit terbuka: Mat 3:16; Mat 3:16

· langit terbuka: Mat 3:16; [Lihat FULL. Mat 3:16]

Ref. Silang FULL: Kis 10:14 - Tidak, Tuhan // tidak tahir · Tidak, Tuhan: Kis 9:5 · tidak tahir: Im 11:4-8,13,20; 20:25; Ul 14:3-20; Yeh 4:14

· Tidak, Tuhan: Kis 9:5

· tidak tahir: Im 11:4-8,13,20; 20:25; Ul 14:3-20; Yeh 4:14

Ref. Silang FULL: Kis 10:15 - nyatakan haram · nyatakan haram: Kis 10:28; Kej 9:3; Mat 15:11; Luk 11:41; Kis 11:9; Rom 14:14,17,20; 1Kor 10:25; 1Tim 4:3,4; Tit 1:15

Ref. Silang FULL: Kis 10:17 - arti penglihatan // oleh Kornelius · arti penglihatan: Kis 9:10; Kis 9:10 · oleh Kornelius: Kis 10:7,8

· arti penglihatan: Kis 9:10; [Lihat FULL. Kis 9:10]

· oleh Kornelius: Kis 10:7,8

Ref. Silang FULL: Kis 10:19 - penglihatan itu // berkatalah · penglihatan itu: Kis 9:10; Kis 9:10 · berkatalah: Kis 8:29; Kis 8:29

· penglihatan itu: Kis 9:10; [Lihat FULL. Kis 9:10]

· berkatalah: Kis 8:29; [Lihat FULL. Kis 8:29]

Ref. Silang FULL: Kis 10:20 - ke mari · ke mari: Kis 15:7-9

· ke mari: Kis 15:7-9

Ref. Silang FULL: Kis 10:22 - akan Allah // akan kaukatakan · akan Allah: Kis 10:2 · akan kaukatakan: Kis 11:14

· akan Allah: Kis 10:2

· akan kaukatakan: Kis 11:14

Ref. Silang FULL: Kis 10:23 - beberapa saudara // menyertai dia · beberapa saudara: Kis 1:16; Kis 1:16 · menyertai dia: Kis 10:45; Kis 11:12

· beberapa saudara: Kis 1:16; [Lihat FULL. Kis 1:16]

· menyertai dia: Kis 10:45; Kis 11:12

Ref. Silang FULL: Kis 10:24 - di Kaisarea · di Kaisarea: Kis 8:40; Kis 8:40

· di Kaisarea: Kis 8:40; [Lihat FULL. Kis 8:40]

Ref. Silang FULL: Kis 10:26 - manusia saja · manusia saja: Kis 14:15; Wahy 19:10; 22:8,9

· manusia saja: Kis 14:15; Wahy 19:10; 22:8,9

Ref. Silang FULL: Kis 10:27 - banyak orang · banyak orang: Kis 10:24

· banyak orang: Kis 10:24

Ref. Silang FULL: Kis 10:28 - rumah mereka // tidak tahir · rumah mereka: Yoh 4:9; 18:28; Kis 11:3 · tidak tahir: Kis 10:14,15; Kis 10:14; Kis 10:15; Kis 15:8,9

· rumah mereka: Yoh 4:9; 18:28; Kis 11:3

· tidak tahir: Kis 10:14,15; [Lihat FULL. Kis 10:14]; [Lihat FULL. Kis 10:15]; Kis 15:8,9

Ref. Silang FULL: Kis 10:30 - depanku, pakaiannya · depanku, pakaiannya: Yoh 20:12; Yoh 20:12

· depanku, pakaiannya: Yoh 20:12; [Lihat FULL. Yoh 20:12]

Ref. Silang FULL: Kis 10:34 - membedakan orang · membedakan orang: Ul 10:17; 2Taw 19:7; Ayub 34:19; Mr 12:14; Rom 2:11; Gal 2:6; Ef 6:9; Kol 3:25; Yak 2:1; 1Pet 1:17

Ref. Silang FULL: Kis 10:35 - mengamalkan kebenaran · mengamalkan kebenaran: Kis 15:9

· mengamalkan kebenaran: Kis 15:9

Ref. Silang FULL: Kis 10:36 - Itulah firman // yang memberitakan // damai sejahtera // semua orang · Itulah firman: 1Yoh 1:5 · yang memberitakan: Kis 13:32; Kis 13:32 · damai sejahtera: Luk 2:14; Luk 2:14 · semua orang: M...

· Itulah firman: 1Yoh 1:5

· yang memberitakan: Kis 13:32; [Lihat FULL. Kis 13:32]

· damai sejahtera: Luk 2:14; [Lihat FULL. Luk 2:14]

· semua orang: Mat 28:18; [Lihat FULL. Mat 28:18]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Kis 6:1--12:25 - -- III. Perluasan Gereja di Palestina Melalui Perserakan (6:1-12:25) Sampai sejauh ini, para rasul tidak menunjukkan tanda-tanda adanya maksud untuk mem...

III. Perluasan Gereja di Palestina Melalui Perserakan (6:1-12:25)

Sampai sejauh ini, para rasul tidak menunjukkan tanda-tanda adanya maksud untuk memberitakan Injil ke seluruh dunia, tetapi tetap tinggal di Yerusalem sambil bersaksi kepada orang-orang Yahudi. Lukas sekarang mengisahkan permulaan dari perluasan gereja ke seluruh Yudea dan Samaria, yang disebabkan oleh penganiayaan yang muncul di sekitar Stefanus. Perluasan ini terjadi bukan karena visi dan rencana gereja, tetapi karena tindakan pengaturan Allah dalam menyerakkan orang-orang percaya. Untuk menjelaskan terjadinya penganiayaan ini, Lukas mula-mula mengisahkan bagaimana Stefanus menjadi menonjol di antara tujuh diaken yang ada.

Wycliffe: Kis 9:32--11:18 - -- F. Pelayanan Petrus di Palestina dan Orang-orang Bertobat Pertama dari Bangsa Bukan Yahudi (9:32-11:18). Narasi Lukas pada titik ini berbalik kepada ...

F. Pelayanan Petrus di Palestina dan Orang-orang Bertobat Pertama dari Bangsa Bukan Yahudi (9:32-11:18).

Narasi Lukas pada titik ini berbalik kepada kisah tentang perluasan Injil ke seluruh Yudea melalui pelayanan Petrus. Terakhir Petrus disebutkan dalam 8:25, ketika ia bersama dengan Yohanes kembali ke Yerusalem dari Samaria. Sekarang diceritakan bahwa Petrus telah terlibat di dalam perjalanan pelayanan di seluruh Yudea. berkhotbah kepada orang-orang Kristen yang telah terserak di berbagai kota. Akan sangat menarik kalau kita memiliki suatu catatan yang lengkap tentang pelayanan Petrus. Di Lida dia menjumpai sekelompok orang Kristen yang mungkin telah lari ke sana pada masa perserakan yang disebabkan oleh penganiayaan di Yerusalem. Filipus sudah memberitakan Injil di wilayah ini (8:40). Di sini Petrus menyembuhkan Eneas yang lumpuh.

Wycliffe: Kis 10:1 - Perwira pasukan // Kornelius // pasukan Italia 10:1. Lukas sekarang mencatat langkah terakhir yang sangat penting di dalam perluasan Injil kepada orang-orang bukan Yahudi. Pentingnya langkah itu di...

10:1. Lukas sekarang mencatat langkah terakhir yang sangat penting di dalam perluasan Injil kepada orang-orang bukan Yahudi. Pentingnya langkah itu ditunjukkan oleh dua kali pencatatan kunjungan Petrus kepada Kornelius. Langkah ini menimbulkan berbagai masalah yang sulit tentang syarat-syarat pergaulan sosial di antara orang-orang Kristen Yahudi dan orang-orang Kristen bukan Yahudi dan syarat-syarat penerimaan orang-orang bukan Yahudi itu ke dalam gereja. Persoalan ini menjadi pokok pembahasan dalam konferensi di Yerusalem dalam Kisah Para Rasul 15.

Perwira pasukan adalah seorang perwira di dalam angkatan bersenjata Romawi yang membawahi seratus prajurit. Kornelius membawahi pasukan Italia. Sebuah naskah Latin yang masih tersimpan menunjukkan bahwa di Siria terdapat "pasukan Italia kedua beranggotakan warga negara Romawi" pada tahun 69 M.

Wycliffe: Kis 10:1-3 - orang-orang yang tidak bersunat, 1-3. Berita tentang diterimanya Injil oleh orang-orang bukan Yahudi sampai kepada para rasul dan orang-orang Kristen Yahudi di Yudea. Tampaknya Petrus...

1-3. Berita tentang diterimanya Injil oleh orang-orang bukan Yahudi sampai kepada para rasul dan orang-orang Kristen Yahudi di Yudea. Tampaknya Petrus dipanggil ke Yerusalem, dan beberapa orang Kristen Yahudi berdebat dengan dia tentang kelayakan untuk memasuki persekutuan orang bukan Yahudi untuk makan bersama mereka. Mungkin ungkapan, orang-orang yang tidak bersunat, memiliki arti yang agak berbeda dengan ungkapan yang sama dalam 10:45. Ketika orang-orang Kristen Yahudi yang berada di Yerusalem sedang membahas makna dari keselamatan orang-orang bukan Yahudi, muncullah golongan yang kemudian berpendapat bahwa orang-orang bukan Yahudi harus menaati hukum Yahudi dahulu sebelum dapat diselamatkan (15:1). Golongan konservatif ini mengecam Petrus sebab mereka beranggapan bahwa seorang Yahudi yang makan bersama dengan orang bukan Yahudi sebenarnya sedang mengesampingkan kebiasaan orang Yahudi, dan dengan demikian ia bukan orang Yahudi lagi. Mereka tidak siap untuk menyetujui cara bertindak semacam itu: mereka beranggapan bahwa orang-orang percaya Yahudi tidak boleh meninggalkan kebiasaan mereka sebagai orang Yahudi.

Wycliffe: Kis 10:2 - takut akan Allah // yang saleh // sedekah // berdoa kepada Allah 2. Beberapa orang bukan Yahudi masuk menjadi penganut Yudaisme dan menerima semua kebiasaan Yahudi, termasuk sunat. Sejumlah yang lebih besar tidak ma...

2. Beberapa orang bukan Yahudi masuk menjadi penganut Yudaisme dan menerima semua kebiasaan Yahudi, termasuk sunat. Sejumlah yang lebih besar tidak mau disunat tetapi menerima kepercayaan Yahudi kepada Allah, ibadah di rumah ibadat Yahudi (sinagoge), ajaran etika dari Perjanjian Lama, dan beberapa kebiasaan religius Yahudi. Orang-orang yang disebut golongan orang yang takut akan Allah ini mengenal Perjanjian Lama versi bahasa Yunani karena versi ini dibaca di rumah-rumah ibadah Yahudi. Orang-orang saleh yang takut akan Allah ini merupakan lahan yang paling subur bagi pemberitaan Injil. Kornelius adalah seorang "setengah proselit" semacam itu. Wataknya yang saleh terungkap melalui sedekah yang dengan bebas diberikannya kepada orang lain dan tindakannya berupa senantiasa berdoa kepada Allah.

Wycliffe: Kis 10:4-15 - -- 4-15. Sebagai tanggapan Petrus mengisahkan kepada gereja di Yerusalem pengalaman penglihatannya tentang kain besar yang turun dari langit, kunjunganny...

4-15. Sebagai tanggapan Petrus mengisahkan kepada gereja di Yerusalem pengalaman penglihatannya tentang kain besar yang turun dari langit, kunjungannya ke Kaisarea, dan turunnya Roh Kudus atas orang-orang bukan Yahudi seperti halnya atas orang-orang Yahudi pada hari Pentakosta (ay. 15).

Wycliffe: Kis 10:7 - -- 7. Kornelius memilih dua orang hamba yang dipercaya dan seorang prajurit yang juga takut akan Allah seperti dirinya untuk pergi ke Yope untuk menjempu...

7. Kornelius memilih dua orang hamba yang dipercaya dan seorang prajurit yang juga takut akan Allah seperti dirinya untuk pergi ke Yope untuk menjemput Petrus.

Wycliffe: Kis 10:9 - Petrus // untuk berdoa. 10 9. Yope berjarak sekitar 30 mil dari Kaisarea. Ketiga utusan itu meninggalkan Kaisarea pada pagi hari dan tiba di Yope sekitar tengah hari. Sementara ...

9. Yope berjarak sekitar 30 mil dari Kaisarea. Ketiga utusan itu meninggalkan Kaisarea pada pagi hari dan tiba di Yope sekitar tengah hari.

Sementara itu, Allah mempersiapkan Petrus untuk menerima mereka. Ketika sudah mencapai tengah hari Petrus naik ke atap rumah yang tenang untuk berdoa. 10. Karena saat itu adalah waktu makan, Petrus ingin makan dan mungkin menyuruh orang-orang di bawah untuk menyiapkan makanan. Ketika ia melanjutkan berdoa, dia mengalami ekstase dan memperoleh suatu penglihatan.

Wycliffe: Kis 10:11 - kain lebar, 11. Di dalam penglihatan itu dia melihat suatu benda yang bentuknya seperti kain lebar, yang tergantung pada empat sudutnya dan diturunkan dari langit...

11. Di dalam penglihatan itu dia melihat suatu benda yang bentuknya seperti kain lebar, yang tergantung pada empat sudutnya dan diturunkan dari langit yang terbuka ke bumi.

Wycliffe: Kis 10:12 - binatang berkaki empat, binatang menjalar dan burung. 13, 14 // sembelihlah // makanlah // yang tidak tahir 12. Di atas kain tersebut dia melihat ketiga jenis makhluk yang dilukiskan dalam Kejadian 6:20 - binatang berkaki empat, binatang menjalar dan burung....

12. Di atas kain tersebut dia melihat ketiga jenis makhluk yang dilukiskan dalam Kejadian 6:20 - binatang berkaki empat, binatang menjalar dan burung. 13, 14. Ketika diperintahkan oleh suatu suara untuk sembelihlah dan makanlah beberapa di antara hewan-hewan tersebut, Petrus menjawab bahwa melakukan hal tersebut berarti melanggar hukum ritual Yahudi yang melarang seseorang untuk memakan makanan yang tidak tahir. Imamat 11 berisi hukum-hukum ini. Hewan-hewan yang tidak memamah biak dan yang kukunya tidak bersela panjang dianggap sebagai haram dan tidak boleh dijadikan bahan makanan. Lagi pula, hewan-hewan yang halal harus dipersiapkan sedemikian rupa sehingga di dalam daging yang dimasak itu tidak ada darahnya sama sekali. Sekalipun Petrus adalah orang Kristen. dia juga seorang Yahudi yang taat, yang tidak melanggar hukum-hukum makanan orang Yahudi.

Wycliffe: Kis 10:15 - -- 15. Suara dari surga itu mengatakan bahwa Allah kini telah menghapus peraturan-peraturan tentang makanan yang haram dan halal tersebut. Yesus sesunggu...

15. Suara dari surga itu mengatakan bahwa Allah kini telah menghapus peraturan-peraturan tentang makanan yang haram dan halal tersebut. Yesus sesungguhnya sudah mengajarkan hal yang sama (Mat. 7:14-23) dengan mengajarkan bahwa makanan yang masuk ke dalam diri seseorang dari luar tidak dapat mengotori hatinya. Ungkapan di dalam Markus 7:19b. "Dengan demikian Dia menyatakan semua makanan halal," mungkin merupakan perkataan yang diterima Markus dari Petrus. Rasul itu baru saja memahami makna sesungguhnya dari ajaran Yesus itu.

Wycliffe: Kis 10:16 - -- 16. Peristiwa ini merupakan karunia Roh Kudus yang ketiga. Yang pertama adalah kepada gereja Yahudi yang ada di Yerusalem pada hari Pentakosta (ps. 2)...

16. Peristiwa ini merupakan karunia Roh Kudus yang ketiga. Yang pertama adalah kepada gereja Yahudi yang ada di Yerusalem pada hari Pentakosta (ps. 2); yang kedua adalah kepada orang-orang Samaria yang percaya (8:17); dan sekarang yang ketiga kepada orang-orang bukan Yahudi. Tidak diragukan lagi bahwa pengalaman Petrus di Samaria mempersiapkan dirinya untuk pelayanan kepada orang bukan Yahudi ini.

Wycliffe: Kis 10:17 - Karunia 17. Karunia berbicara dengan bahasa Roh membuktikan bahwa Allah sudah memberikan karunia yang sama kepada orang-orang percaya bukan Yahudi seperti hal...

17. Karunia berbicara dengan bahasa Roh membuktikan bahwa Allah sudah memberikan karunia yang sama kepada orang-orang percaya bukan Yahudi seperti halnya kepada orang-orang percaya Yahudi ketika mereka percaya pada Tuhan Yesus Kristus. Menolak untuk membaptiskan orang bukan Yahudi akan berarti menolak untuk menerima karya Allah dan sebenarnya berarti menghalangi Allah.

Wycliffe: Kis 10:18 - -- 18. Cerita Petrus telah memuaskan Partai Sunat untuk saat itu. Tetapi masalah status orang-orang Kristen bukan Yahudi di dalam gereja ditakdirkan untu...

18. Cerita Petrus telah memuaskan Partai Sunat untuk saat itu. Tetapi masalah status orang-orang Kristen bukan Yahudi di dalam gereja ditakdirkan untuk segera muncul kembali dan menimbulkan persoalan besar.

Wycliffe: Kis 10:23-24 - -- 23, 24. Pada hari berikutnya Petrus berangkat ke Kaisarea dengan didampingi tiga utusan Kornelius dan enam orang Kristen Yahudi dari Yope (11:12). Di ...

23, 24. Pada hari berikutnya Petrus berangkat ke Kaisarea dengan didampingi tiga utusan Kornelius dan enam orang Kristen Yahudi dari Yope (11:12). Di rumah Kornelius Petrus menemukan bahwa perwira pasukan itu sudah menunggunya dan telah mengumpulkan kaum kerabat dan sahabat dekatnya.

Wycliffe: Kis 10:27-29 - bergaul dengan orang-orang yang bukan Yahudi 27-29. Petrus menjelaskan kepada Kornelius dan sahabat-sahabatnva bahwa hukum Yahudi membuat "tabu" bagi seorang Yahudi untuk bergaul dengan orang-ora...

27-29. Petrus menjelaskan kepada Kornelius dan sahabat-sahabatnva bahwa hukum Yahudi membuat "tabu" bagi seorang Yahudi untuk bergaul dengan orang-orang yang bukan Yahudi. Sekalipun demikian sekarang Allah telah mengeluarkan Petrus dari dalam belenggu Yahudinya sehingga dia tidak lagi menganggap orang lain sebagai kasar atau najis menurut aturan agama dan karenanya tidak cocok untuk memasuki persekutuan sosial. Allah telah menyatakan kehendak-Nya demikian jelas kepada Petrus sehingga dia berjalan bersama-sama dengan utusan Kornelius, sesuatu yang tidak mungkin dilakukannya selaku orang Yahudi.

Wycliffe: Kis 10:34 - tidak membedakan orang 34. Rasul itu memahami makna dari penglihatan yang telah diberikan kepadanya di atap rumah. Dia sadar bahwa perbedaan antara makanan haram halal merup...

34. Rasul itu memahami makna dari penglihatan yang telah diberikan kepadanya di atap rumah. Dia sadar bahwa perbedaan antara makanan haram halal merupakan penerapan manusia, dan bahwa bertentangan dengan kepercayaan Yahudi, tidak ada bangsa yang boleh dianggap sebagai najis hadapan Allah. Allah tidak membedakan orang dalam berhadapan dengan bangsa manapun. Seorang yang takut kepada Allah dan melakukan hal yang benar, entah dia Yahudi atau bukan Yahudi, diterima oleh Allah. Ini merupakan pelajaran besar yang harus dipahami orang Yahudi, dan menandai satu langkah menentukan di dalam perluasan gereja dari suatu persekutuan Yahudi menuju kepada suatu persekutuan yang universal.

Wycliffe: Kis 10:36 - -- 36. Petrus memberitakan Injil kepada Kornelius, dengan menunjukkan 'bahwa sekalipun Allah mengirimkan Sabda-Nya kepada Israel terlebih dahulu, Yesus a...

36. Petrus memberitakan Injil kepada Kornelius, dengan menunjukkan 'bahwa sekalipun Allah mengirimkan Sabda-Nya kepada Israel terlebih dahulu, Yesus adalah benar-benar Tuhan untuk semua manusia.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Kis 10:1-8 - Perihal Kornelius Pasal ini berisi perubahan yang sangat baru dan luar biasa dalam Kisah Para Rasul. Sampai saat ini, baik di Yerusalem maupun di mana saja pelayan...

Matthew Henry: Kis 10:9-18 - Penglihatan Petrus Penglihatan Petrus ( Kis 10:9-18) Kornelius telah menerima perintah yang pasti dari sorga untuk menjemput Petrus yang belum pernah didengarnya atau...

Matthew Henry: Kis 10:19-33 - Petrus Menemui Kornelius Petrus Menemui Kornelius ( Kis 10:19-33) Di sini diceritakan tentang perjumpaan Petrus sang rasul dengan Kornelius sang perwira pasukan. Paulus...

Matthew Henry: Kis 10:34-43 - Petrus Berkhotbah di Rumah Kornelius Petrus Berkhotbah di Rumah Kornelius ( Kis 10:34-43) Di perikop ini kita dapati khotbah Petrus kepada Kornelius dan teman-temannya. Maksudnya, r...

SH: Kis 10:1-16 - Harus disebarluaskan (Kamis, 30 Juli 2009) Harus disebarluaskan Gerakan pekabaran Injil masih belum selesai. Tuhan masih akan berkarya karena Injil masih belum sampai ke ujung-ujung bumi. ...

SH: Kis 10:1-23 - Mukjizat. (Kamis, 3 Juli 2003) Mukjizat. Banyak sekali mujizat yang terjadi dalam kehidupan jemaat perdana. Dalam teks ini kita menjumpai peristiwa-peristiwa mukjizat...

SH: Kis 10:1-23 - Tantangan jenis lain. (Senin, 14 Juni 1999) Tantangan jenis lain. Bagaimana sikap Petrus jika diperhadapkan pada persoalan ras dan agama? Kornelius adalah seorang non-Yahudi. Walaupun ia...

SH: Kis 10:17-33 - Untuk semua orang (Jumat, 31 Juli 2009) Untuk semua orang Ada jurang besar antara orang Yahudi dan nonYahudi. Dalam Kisah Para Rasul dan dalam surat-surat di PB, salah satu hal yang ...

SH: Kis 10:23-48 - Menerobos tembok status quo. (Jumat, 4 Juli 2003) Menerobos tembok status quo. Inilah salah satu babak pertumbuhan Kekristenan. Terkesan dari teks ini bahwa bertumbuh ternyata tidak mudah. S...

SH: Kis 10:23-48 - Kerja Allah menghancurkan tradisi manusia. (Selasa, 15 Juni 1999) Kerja Allah menghancurkan tradisi manusia. Bagi orang Yahudi, bergaul dengan orang non-Yahudi merupakan pantangan. Apa yang dilakukan Petrus m...

SH: Kis 10:34-43 - Allah mengasihi semua orang (Minggu, 2 Agustus 2009) Allah mengasihi semua orang Sikap rasialis adalah masalah manusia dari dulu. Sikap ini menghasilkan ketidakadilan, pertikaian, bahkan peperangan....

Utley: Kis 10:1-8 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 10:1-81 Di Kaisarea ada seorang yang bernama Kornelius, seorang perwira pasukan yang disebut pasukan Italia. 2 Ia saleh, ia...

Utley: Kis 10:9-16 - --NASKAH NASB (UPDATED): : Kis 10:9-169 Keesokkan harinya ketika ketiga orang itu berada dalam perjalanan dan sudah dekat kota Yope, kira-kira pukul dua...

Utley: Kis 10:17-23 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 10:17-23a17 Petrus bertanya-tanya di dalam hatinya, apa kiranya arti penglihatan yang telah dilihatnya itu. Sementara itu t...

Utley: Kis 10:23 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 10:23b-2923 bKeesokkan harinya ia bangun dan berangkat bersama-sama dengan mereka, dan beberapa saudara dari Yope menyertai...

Utley: Kis 10:30-33 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 10:30-3330 Jawab Kornelius: "Empat hari yang lalu kira-kira pada waktu yang sama seperti sekarang, yaitu jam tiga petang, a...

Utley: Kis 10:34-43 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 10:34-43\\34 Lalu mulailah Petrus berbicara, katanya: "Sesungguhnya aku telah mengerti, bahwa Allah tidak membedakan orang....

Topik Teologia: Kis 10:1 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Berkomunikasi dengan Allah Berdoa kepada Allah Teladan-teladan Ketekunan Doa ...

Topik Teologia: Kis 10:2 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Mereka yang Takut akan Tuhan Beribadah kepada-Nya Maz 2:11 Maz 5:8 Maz 22:24...

Topik Teologia: Kis 10:3 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Berkomunikasi dengan Allah Berdoa k...

Topik Teologia: Kis 10:4 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik Pekerjaan Para Malaikat Baik Para Malaikat di Antara Orang-orang Percaya ...

Topik Teologia: Kis 10:5 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik Pekerjaan Para Malaikat Baik Para Malaikat di Antara Orang-orang Percaya ...

Topik Teologia: Kis 10:9 - -- Wahyu Allah Mode atau Cara Wahyu Wahyu Melalui Visi (Penglihatan) Kej 15:1-2 Bil 12:6 1Sa 3:1 Yes 30:9-10 Rat 2:9 Yeh 1:1 Yeh 1...

Topik Teologia: Kis 10:19 - -- Roh Kudus Pribadi Roh Kudus Roh Menuntun Orang-orang Percaya Kis 8:29 Kis 10:19-20 Kis 16:6-7 Rom 8:14 Gal 5:18,25 Wahy...

Topik Teologia: Kis 10:20 - -- Roh Kudus Roh yang Dapat Ditaati Kis 10:19-21 Roh Menuntun Orang-orang Percaya Kis 8:29 Kis 10:19-20 Kis 1...

Topik Teologia: Kis 10:21 - -- Roh Kudus Pribadi Roh Kudus Roh yang Diperlakukan sebagai Satu Pribadi Roh yang Dapat Ditaati Kis 10:19-21 Makhlu...

Topik Teologia: Kis 10:22 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik

Topik Teologia: Kis 10:24 - -- Gereja Sakramen / Ketetapan Gereja Ketetapan Baptisan Contoh-contoh Baptisan Keluarga dan Teman-teman Kornelius Dibaptis...

Topik Teologia: Kis 10:27 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Tempat Umat Manusia Pada Urutan Penciptaan Manusia Dalam Relasinya dengan Makhluk Ciptaan Lain Manusia a...

Topik Teologia: Kis 10:28 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Tempat Umat Manusia Pada Urutan Penciptaan Manusia Dalam Relasinya dengan Makhluk Ciptaan Lain Manusia a...

Topik Teologia: Kis 10:30 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Berkomunikasi dengan Allah

Topik Teologia: Kis 10:33 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Klaim Perjanjian Baru atas Keilahian Yesus Yesus Disejajarkan dengan Allah Kita Hidup di...

Topik Teologia: Kis 10:34 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Allah itu Tidak Memihak Ula 10:17 2Ta 19:7 Ayu 34:19 Ayu 36:5 Mat 5:45 Kis 10:34-35...

Topik Teologia: Kis 10:35 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Allah itu Tidak Memihak Ula 10:17 2Ta 19:7 Ayu 34:19 Ayu 36:5 Mat 5:45 Kis 10:34-35...

Topik Teologia: Kis 10:36 - -- Allah yang Berpribadi Allah Aktif dalam Kehidupan Yesus Mat 1:23 Mat 3:17 Yoh 3:16-17 Yoh 4:34 Yoh 5:19-23,30 Yoh 6:27 Yoh 8:42...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Penulis : Lukas Tema : Penyebaran Injil yang Penuh Keberhasilan Melalui Kuasa Roh Kudus Tanggal Penulis...

Full Life: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (Kis 1:1-11) I. Pencurahan Roh Kudus (Kis 1:12-2:41) A. Persiapan untuk Perjanjian ...

Matthew Henry: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Dengan rasa puas hati yang melimpah kita sudah menyaksikan bagaimana dasar agama kita yang kudus dibangun di atas sejarah Juruselamat kita ...

Jerusalem: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH PARA RASUL PENGANTAR Injil ketiga dan Kisah para Rasul aslinya merupakan hanya satu karya saja, yang sekarang kiranya dapat diberi judul: "...

Ende: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH RASUL-RASUL KATA PENGANTAR Tentang isi dan maksud karangan ini umumnja Mula-mula sebagai landjutan langsung dari "Indjil ketiga" karangan ini be...

Wycliffe: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN KISAH PARA RASUL Judul. Judul kitab ini sebagaimana kita ketahui tidak menyatu dengan kitab yang aslinya, tetapi berasal dari abad kedua ...

Wycliffe: Kisah Para Rasul (Garis Besar) GARIS BESAR KISAH PARA RASUL PENDIRIAN DAN PERTUMBUHAN GEREJA I. Permulaan Gereja (1:1-2:47) A. Persiapan: pelayanan pasca-kebangki...

BIS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH RASUL-RASUL PENGANTAR Kisah Rasul-rasul adalah lanjutan buku Kabar Baik yang disampaikan oleh Lukas. Tujuan utama Kisah Rasul-rasul ini ialah

KISAH RASUL-RASUL

PENGANTAR

Kisah Rasul-rasul adalah lanjutan buku Kabar Baik yang disampaikan oleh Lukas. Tujuan utama Kisah Rasul-rasul ini ialah menguraikan mengenai bagaimana pengikut-pengikut Yesus - dengan pimpinan Roh Allah - menyebarkan Kabar Baik tentang Yesus "di Yerusalem, di seluruh Yudea, di Samaria, dan sampai ke ujung bumi" (Kis 1:8). Buku ini adalah cerita tentang pergerakan Kristen yang dimulai di antara orang Yahudi lalu meluas menjadi suatu agama untuk seluruh dunia. Penulis buku ini merasa perlu pula meyakinkan para pembacanya bahwa orang-orang Kristen bukanlah suatu bahaya politik subversif terhadap kerajaan Roma, tetapi bahwa agama Kristen merupakan penyempurnaan agama Yahudi.

Kisah Rasul-rasul bisa dibagi dalam tiga bagian. Di dalam ketiga bagian itu nampak meluasnya wilayah di mana Kabar Baik tentang Yesus disiarkan dan gereja didirikan:

  1. (1) permulaan pergerakan Kristen di Yerusalem setelah Yesus terangkat naik ke surga;
  2. (2) perluasan ke daerah-daerah lain di Palestina; dan
  3. (3) perluasan yang lebih besar lagi ke negeri-negeri di sekitar Laut Tengah sampai sejauh Roma.

Satu hal yang khas dan penting dalam buku Kisah Rasul-rasul ini ialah pekerjaan Roh Allah yang datang dengan kuasa ke atas orang-orang percaya di Yerusalem pada hari Pentakosta. Di dalam seluruh peristiwa-peristiwa yang tercatat dalam buku ini nyatalah bahwa Roh Allah itu terus-menerus memimpin dan menguatkan gereja beserta pemimpin-pemimpinnya. Berita yang diajarkan oleh agama Kristen pada masa-masa permulaan ini diringkaskan dalam sejumlah khotbah. Peristiwa-peristiwa yang dicatat dalam buku ini menunjukkan pula betapa berkuasanya berita itu di dalam kehidupan orang-orang Kristen dan di dalam ikatan persaudaraan gereja.

Isi

  1.  Persiapan untuk pemberitaan
    Kis 1:1-26
    1. a. Perintah yang terakhir dan janji dari Tuhan Yesus
      Kis 1:1-14
    2. b. Pengganti Yudas
      Kis 1:15-26
  2.  Pemberitaan di Yerusalem
    Kis 2:1-8:3
  3.  Pemberitaan di Yudea dan Samaria
    Kis 8:4-12:25
  4.  Pelayanan Paulus
    Kis 13:1-28:31
    1. a. Perjalanan pertama untuk penyebaran Kabar Baik
      Kis 13:1-14:28
    2. b. Musyawarah di Yerusalem
      Kis 15:1-35
    3. c. Perjalanan kedua untuk penyebaran Kabar Baik
      Kis 15:36-18:22
    4. d. Perjalanan ketiga untuk penyebaran Kabar Baik
      Kis 18:23-21:16
    5. e. Paulus sebagai tahanan di Yerusalem, Kaisarea, dan Roma
      Kis 21:17-28:31

Ajaran: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti bagaimana Tuhan Yesus mendirikan Gereja-Nya di dunia, dan betapa besar Kasih Karunia Allah kepada bangsa-

Tujuan

Supaya orang-orang Kristen mengerti bagaimana Tuhan Yesus mendirikan Gereja-Nya di dunia, dan betapa besar Kasih Karunia Allah kepada bangsa-bangsa di dunia.

Pendahuluan

Penulis : Lukas.

Tahun : Sekitar tahun 61 sesudah Masehi.

Penerima : Seorang yang bernama Theofilus (Kis 1:1). (Dan kepada setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus).

Isi Kitab: Kitab Para Rasul terbagi atas 28 pasal. Di dalam Kitab ini terdapat sejarah berdirinya Gereja Kristen, khotbah-khotbah para Rasul, penganiayaan terhadap umat Kristen, penginjilan kepada bangsa-bangsa lain, serta permulaan adanya sebutan Kristen.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Kisah Para Rasul

  1. Pasal 1-5 (Kis 1:1-5:42).

    Pengajaran tentang kelahiran gereja Tuhan Yesus pertama kali

    Bagian ini menceritakan tentang amanat Tuhan Yesus yang diberikan kepada murid-murid-Nya sebelum Ia naik ke Sorga. Dan tentang orang-orang percaya setelah mendengar khotbah Rasul Petrus yang dikuasai oleh Roh Kudus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kis 1:8; 2:1-3,36-41. Nats ini menyatakan perkataan Tuhan Yesus bahwa murid-murid-Nya akan menerima kuasa setelah menerima Roh Kudus, dan perkataan Tuhan Yesus itu digenapi ketika Para Rasul berkumpul di Yerusalem. _Tanyakan_: Apakah saudara yakin sudah menerima Roh Kudus dan memiliki kuasa-Nya? Kalau sudah apakah yang harus saudara perbuat?
    2. Bacalah pasal Kis 2:41-47; 4:32-37.

      Nats ini menceritakan kehidupan orang-orang percaya pada abad pertama penuh dengan kasih terhadap sesama dan ketekunan dalam beribadah kepada Allah. _Tanyakan_: Bagaimanakah sifat saudara terhadap anggota gereja yang lain? Apakah saudara rajin ke Gereja, baca Alkitab dan berdoa?

  2. Pasal 6-12 (Kis 6:1-12:25).

    Pengajaran tentang perkembangan gereja yang berada dalam penganiayaan terhadap orang-orang percaya

    Orang-orang percaya di kota Yerusalem mengalami penganiayaan dari orang- orang Yahudi, sehingga mereka melarikan diri ke penjuru dunia. Tetapi di dalam segala penderitaan dan penganiayaan itu mereka tetap memberitakan Injil Tuhan Yesus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kis 7:54-60; 8:1-4. Nats-nats ini menceritakan bagaimana beratnya penderitaan dan aniaya yang dialami oleh orang-orang percaya, tetapi walaupun di dalam penderitaan dan aniaya itu mereka tetap setia beribadah dan memberitakan Injil. _Tanyakan_: Bagaimanakah sikap saudara kalau saudara diancam setelah masuk Kristen?
    2. Bacalah pasal Kis 9:1-22. Nats ini menceritakan tentang Saulus (Paulus) yang adalah seorang penganiaya orang-orang percaya, mengalami pertobatan dan akhirnya menjadi Rasul. Ini mengajarkan bahwa kuasa Tuhan Yesus dapat mengubah kehidupan seseorang yang sangat jahat sekalipun. _Tanyakan_: Sudahkah kehidupan saudara diubah oleh Tuhan Yesus menjadi kehidupan yang benar?
  3. Pasal 13-15 (Kis 13:1-15:41).

    Pengajaran tentang jemaat (gereja) setempat yang menginjil

    Bagian ini menjelaskan tentang kehidupan orang-orang percaya di kota Antiokhia, dan sebutan Kristen pertama kali diberikan kepada murid-murid Tuhan Yesus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kis 11:23-26. _Tanyakan_: Mengapa orang-orang percaya di Antiokhia disebut Kristen?
    2. Bacalah pasal Kis 13:1-6.

      Nats ini menceritakan tentang jemaat Antiokhia, yang mengirimkan penginjil-penginjil kepada bangsa-bangsa lain karena taat pada Roh Kudus. Ini mengajarkan pada setiap gereja untuk mempunyai beban penginjilan pada setiap orang yang belum mengenal Tuhan Yesus.

      _Tanyakan_: Apakah di gereja saudara mempunyai beban penginjilan?

  4. Pasal 16-28 (Kis 16:1-28:31).

    Pengajaran tentang nama Tuhan Yesus diberitakan ke seluruh dunia

    Dalam bagian ini, dijelaskan bagaimana Kasih Karunia Allah yang ada dalam Tuhan Yesus, diberitakan pada setiap suku bangsa, baik yang menjadi rakyat biasa, maupun yang menjadi tentara dan orang-orang istana.

    Pendalaman

    Bacalah pasal Kis 23:11. Ayat ini menyatakan tentang perkataan Tuhan Yesus kepada Paulus untuk bersaksi dengan penuh keberanian di kota Roma. Ini juga mengajarkan pada setiap orang Kristen tetap mempunyai keberanian untuk bersaksi kepada setiap orang.

    _Tanyakan_: Sudahkah saudara bersaksi dengan berani kepada setiap orang?

II. Kesimpulan

Melalui Kitab Kisah Para Rasul dapatlah diketahui bahwa perkembangan Gereja Tuhan Yesus dan Kasih Karunia Allah yang diberikan pada setiap bangsa mendapat tantangan dari kuasa dunia dan orang-orang yang tidak mau mengenal Allah. Tetapi melalui Kemahakuasaan-Nya, Tuhan Yesus mengalahkan semua kuasa dunia itu, dan Gereja tetap bertumbuh.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Kisah Para Rasul?
  2. Dengan kuasa apakah Rasul Paulus berkhotbah Yerusalem?
  3. Bagaimanakah kehidupan orang percaya pada abad pertama?
  4. Bagaimanakah beban penginjilan di jemaat Antiokhia?
  5. Dari manakah datangnya keberanian Rasul Paulus untuk bersaksi?

Intisari: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Kisah tentang gereja yang bersaksi SIAPAKAH YANG MENULIS KITAB INI?Kitab ini ditulis oleh tabib Lukas. Kitab ini boleh juga diberi judul Kisah Roh Ku

Kisah tentang gereja yang bersaksi

SIAPAKAH YANG MENULIS KITAB INI?
Kitab ini ditulis oleh tabib Lukas. Kitab ini boleh juga diberi judul Kisah Roh Kudus, karena menceritakan apa yang terjadi setelah Roh Kudus turun atas para rasul pada hari Pentakosta. Lukas, satu-satunya penulis Perjanjian Baru yang bukan orang Yahudi, menulis Kisah para Rasul sebagai kelanjutan dari tulisan sebelumnya yakni Injil yang memakai namanya.

APAKAH ISI KITAB INI?
12 pasal pertama terutama meliput kegiatan rasul Petrus, sementara pasal-pasal selanjutnya sebagian besar tentang pekerjaan rasul Paulus. Yesus telah mengatakan kepada para murid-Nya bahwa apabila Roh Kudus turun ke atas mereka, mereka akan menjadi saksi-saksi-Nya. Kitab Kisah para Rasul memperlihatkan bagaimana hal ini digenapi. Dari kitab Kisah para Rasul, kita banyak sekali belajar tentang gereja mula-mula, suka dan dukanya, kemenangan dan kesusahannya, tetapi yang terpenting ialah perkembangan gereja yang dalam jangka waktu beberapa tahun sudah dibangun di seluruh dunia yang telah beradab. Kita tahu bahwa tabib Lukas adalah seorang sejarawan yang cermat dan kita boleh yakin bahwa dalam kitab ini kita memperoleh catatan yang benar tentang kekristenan yang mula-mula.

APA CIRI-CIRI UTAMANYA?
Kata 'saksi' dipakai lebih dari 30 kali, mengingatkan kita bahwa gereja yang sejati adalah gereja yang bersaksi dan setiap Kristen dipanggil untuk menjadi saksi. Sungguh menakjubkan bahwa hanya dalam satu generasi, orang-orang Kristen mula-mula ini telah mengabarkan Injil ke seluruh dunia yang sudah beradab. Kisah para Rasul merupakan buku pedoman misi yang terbaik yang pernah ditulis. Kisah para Rasul berakhir dengan tiba-tiba - seolah-olah tidak selesai. Suatu cara mengakhiri yang tepat, karena gereja yang bersaksi harus terus maju sampai Kristus datang kembali. Kitab-kitab Injil memperlihatkan apa yang mulai dilakukan oleh Kristus ketika Ia ada di dunia dan Kisah para Rasul menunjukkan apa yang dilakukan-Nya selanjutnya oleh Roh-Nya yang kudus melalui murid-murid-Nya. Kitab ini dimulai dengan pemberitaan Injil di Yerusalem, ibu kota agama bangsa Yahudi; diakhiri dengan pemberitaan Injil di kota Roma, ibu kota dari dunia yang beradab pada waktu itu.

KAPAN KITAB INI DITULIS?
Hampir dapat dipastikan bahwa tabib Lukas menulis Kisah para Rasul pada awal atau pertengahan tahun enam puluhan abad pertama - pada akhir masa dua tahun hukuman penjara rasul Paulus di Roma. Kitab itu mencakup masa dari pendirian gereja di Yerusalem sampai masa hukuman penjara rasul Paulus di Roma - yaitu kurang lebih tiga puluh tahun

Pesan

1. Gereja menanti dan menerIma kuasa Roh Kudus.
o Amanat agung diulangi. Kis 1:8
o Tuhan yang bangkit naik ke surga. Kis 1:9
o Para rasul berdoa. Kis 1:14
o Roh yang dijanjikan diberikan. Kis 2:4
o Disusul dengan khotbah yang penuh kuasa. Kis 2:37

2. Gereja mempertunjukkan persekutuan Kristen.
o Dalam kehidupan bersama. Kis 2:44; 4:32
o Dalam ibadah bersama. Kis 2:46

3. Gereja segera mengalami baik kemenangan maupun kesusahan.
o Penyembuhan orang lumpuh. Kis 3:2
o Penipuan Ananias dan Safira. Kis 5:1

4. Gereja mengangkat 'para pejabat' yang pertama -'Kelompok Tujuh Orang' (Kis 6:3).

5. Martir pertama gereja - Stefanus (Kis 7:60).

6. Gereja menerima seorang petobat baru yang luar biasa - Saulus dari Tarsus (Kis 9:1-19).

7. Gereja membuktikan kuasa doa.
o Persekutuan doa yang membuka pintu penjara. Kis 12:5

8. Gereja mengadakan sidangnya yang pertama yang di dalamnya kebebasan orang
bukan Yahudi dilindungi (Kis 15:19).

Penerapan

1.Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita apa yang harus dilaksanakan oleh gereja Perjanjian Baru:
o Pengajaran
o Persekutuan
o Pemecahan roti
o Kebaktian (doa-doa)

2. Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita bagaimana seharusnya persekutuan Kristen itu:
o Saling berbagi hidup dan memperhatikan

3. Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita bagaimana seharusnya pekerjaan misi dilaksanakan:
o Oleh setiap orang yang dipanggil oleh Allah - bukan suatu golongan elit tertentu
o Di bawah pimpinan Roh Kudus
o Mengunjungi tempat-tempat yang strategis

4. Kisah para Rasul mengingatkan kita bahwa Kristen yang sungguh-sungguh sekalipun, kadang-kadang berbeda pendapat dan berpisah.
o Paulus dan Barnabas mengambil sikap yang berbeda terhadap Yohanes Markus ketika ia meninggalkan mereka, tetapi perbedaan ini kemudian dipulihkan.

5. Kisah para Rasul memperkenalkan kita kepada para pemimpin pertama yang diangkat dalam gereja Kristen dan memberitahukan kepada kita apa persyaratan mereka.

Tema-tema Kunci

1. Bersaksi.
Kata Yunani yang diterjemahkan menjadi 'saksi' berhubungan dengan kata 'martir'.
Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita betapa tinggi harga yang harus dibayar
dalam bersaksi - Stefanus harus membayar dengan nyawanya dan kesaksian Petrus
dan Paulus menyebabkan mereka dipenjarakan.
Carilah ayat-ayat lain yang mengandung kata' saksi'. Bandingkan siksaan yang
diterima oleh Stefanus dengan kematian Kristus di kayu salib (Luk. 23:34; Kis. 7:60).

2. Pertobatan.
Kisah para Rasul mencatat sejumlah peristiwa pertobatan yang unik. Keempat
contoh di bawah ini memperlihatkan bagaimana Allah membawa laki-laki dan
perempuan kepadaNya dengan berbagai cara: O Sida-sida dari Etiopia yang dibawa
kepada Kristus melalui pembacaan Kitab Suci (Kis 8:30).
o Saulus dari Tarsus, yang hidupnya berubah secara tiba-tiba dan dramatis (Kis 9:1-19).
o Lidia, wanita yang taat beribadah, yang telah siap menerima Injil (Kis 16:14).
o Kepala penjara Filipi yang mencari keselamatan karena didorong oleh rasa takut
(Kis 16:29, 30).
Carilah ayat-ayat yang berhubungan dengan keempat pertobatan di atas serta
bandingkanlah cara-cara yang Allah pakai waktu itu dan sekarang untuk membawa
orang kepada-Nya.

3.Tim penginjilan.
Kita melihat di dalam Kisah para Rasul pola kerja misionaris. Paulus tidak saja
menetapkan tempat-tempat yang strategis dan berusaha menyebarkan kabar baik di
daerah sekelilingnya, tetapi ia juga mempunyai rekan penolong.

Perhatikanlah kampanye Paulus yang berbeda-beda dalam perjalanan misionarisnya
yang tercatat dalam Kisah para Rasul.

Garis Besar Intisari: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) [1] PENGANTAR Kis 1:1-26 Masa empat puluh hari dan sesudahnya: Kis 1:1-11Janji tentang Roh Kudus Kis 1:12-14Para murid yang menanti Kis 1:15-2

[1] PENGANTAR Kis 1:1-26

Masa empat puluh hari dan sesudahnya:

Kis 1:1-11Janji tentang Roh Kudus
Kis 1:12-14Para murid yang menanti
Kis 1:15-26Penggantian Yudas

[2] BERSAKSI DI YERUSALEM Kis 2:1-7:60

Kis 2:1-47Kuasa diberikan dan khotbah penuh kuasa
Kis 3:1-26Mukjizat pertama yang dicatat dalam gereja mula-mula
Kis 4:1-31Timbulnya kaum oposisi
Kis 4:32-5:16Berkat dan cela
Kis 5:17-42Lebih menaati Allah daripada manusia
Kis 6:1-7:60Martir Kristen pertama

[3] BERSAKSI DI SAMARIA Kis 8

[4] BERSAKSI DI TEMPAT YANG LEBIH JAUH Kis 9:1-13:3

Kis 9Pertobatan yang luar biasa
Kis 10:1-11:30Mata Petrus terbuka
Kis 12:1-25 Petrus ditangkap
Kis 13:1-3Paulus dan Barnabas diutus

[5] BERSAKSI SAMPAI KE UJUNG DUNIA Kis 13:4-28:31

Kis 13:4-15:35Perjalanan misionaris yang pertama

o Siprus (Kis 13:4-12)

o Perga (Kis 13:13)

o Pisidia Antiokhia (Kis 13:14-52)

o Ikonium (Kis 14:1-6)

o Listra (Kis 14:6-20)

o Derbe (Kis 14:20-21)

o Sidang di Yerusalem (Kis 15:1-35)

Kis 15:36-18:22Perjalanan misionaris yang kedua

o Paulus dan Barnabas berpisah (Kis 15:36-41)

o Paulus mengunjungi Listra (Kis 16:1-3)

o Berbagai kota di Asia Kecil (Kis 16:4-11)

o Filipi (Kis 16:12-40)

o Tesalonika (Kis 17:1-9)

o Berea (Kis 17:10-14)

o Atena(Kis 17:15-34)

o Korintus (Kis 18:1-17)

o Kembali ke Antiokhia
Kis 18:23-21:17Perjalanan misionaris yang ketiga

o Paulus mengunjungi Efesus (Kis 18:23-19:40)

o Berangkat ke Yerusalem (Kis 20:1-16)

o Berpidato di depan para penatua di Efesus (Kis 20:17-38)

o dan akhirnya tiba di Yerusalem (Kis 21:1-17)

Kis 21:18-28:3Paulus berhadapan dengan para penguasa

o Didakwa dan ditangkap (Kis 21:18-40)

o Membela diri (Kis 22-26)

o Dalam perjalanan ke Roma (Kis 27:1-28:15)

o Paulus masih berkhotbah (Kis 28:16-31)

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #32: Gunakan Pencarian Khusus untuk melakukan pencarian Teks Alkitab, Tafsiran/Catatan, Studi Kamus, Ilustrasi, Artikel, Ref. Silang, Leksikon, Pertanyaan-Pertanyaan, Gambar, Himne, Topikal. Anda juga dapat mencari bahan-bahan yang berkaitan dengan ayat-ayat yang anda inginkan melalui pencarian Referensi Ayat. [SEMUA]
dibuat dalam 0.82 detik
dipersembahkan oleh YLSA