kecilkan semua  

Teks -- Lukas 15:1-32 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Perumpamaan tentang domba yang hilang
15:1 Para pemungut cukai dan orang-orang berdosa biasanya datang kepada Yesus untuk mendengarkan Dia. 15:2 Maka bersungut-sungutlah orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat, katanya: "Ia menerima orang-orang berdosa dan makan bersama-sama dengan mereka." 15:3 Lalu Ia mengatakan perumpamaan ini kepada mereka: 15:4 "Siapakah di antara kamu yang mempunyai seratus ekor domba, dan jikalau ia kehilangan seekor di antaranya, tidak meninggalkan yang sembilan puluh sembilan ekor di padang gurun dan pergi mencari yang sesat itu sampai ia menemukannya? 15:5 Dan kalau ia telah menemukannya, ia meletakkannya di atas bahunya dengan gembira, 15:6 dan setibanya di rumah ia memanggil sahabat-sahabat dan tetangga-tetangganya serta berkata kepada mereka: Bersukacitalah bersama-sama dengan aku, sebab dombaku yang hilang itu telah kutemukan. 15:7 Aku berkata kepadamu: Demikian juga akan ada sukacita di sorga karena satu orang berdosa yang bertobat, lebih dari pada sukacita karena sembilan puluh sembilan orang benar yang tidak memerlukan pertobatan."
Perumpamaan tentang dirham yang hilang
15:8 "Atau perempuan manakah yang mempunyai sepuluh dirham, dan jika ia kehilangan satu di antaranya, tidak menyalakan pelita dan menyapu rumah serta mencarinya dengan cermat sampai ia menemukannya? 15:9 Dan kalau ia telah menemukannya, ia memanggil sahabat-sahabat dan tetangga-tetangganya serta berkata: Bersukacitalah bersama-sama dengan aku, sebab dirhamku yang hilang itu telah kutemukan. 15:10 Aku berkata kepadamu: Demikian juga akan ada sukacita pada malaikat-malaikat Allah karena satu orang berdosa yang bertobat."
Perumpamaan tentang anak yang hilang
15:11 Yesus berkata lagi: "Ada seorang mempunyai dua anak laki-laki. 15:12 Kata yang bungsu kepada ayahnya: Bapa, berikanlah kepadaku bagian harta milik kita yang menjadi hakku. Lalu ayahnya membagi-bagikan harta kekayaan itu di antara mereka. 15:13 Beberapa hari kemudian anak bungsu itu menjual seluruh bagiannya itu lalu pergi ke negeri yang jauh. Di sana ia memboroskan harta miliknya itu dengan hidup berfoya-foya. 15:14 Setelah dihabiskannya semuanya, timbullah bencana kelaparan di dalam negeri itu dan iapun mulai melarat. 15:15 Lalu ia pergi dan bekerja pada seorang majikan di negeri itu. Orang itu menyuruhnya ke ladang untuk menjaga babinya. 15:16 Lalu ia ingin mengisi perutnya dengan ampas yang menjadi makanan babi itu, tetapi tidak seorangpun yang memberikannya kepadanya. 15:17 Lalu ia menyadari keadaannya, katanya: Betapa banyaknya orang upahan bapaku yang berlimpah-limpah makanannya, tetapi aku di sini mati kelaparan. 15:18 Aku akan bangkit dan pergi kepada bapaku dan berkata kepadanya: Bapa, aku telah berdosa terhadap sorga dan terhadap bapa, 15:19 aku tidak layak lagi disebutkan anak bapa; jadikanlah aku sebagai salah seorang upahan bapa. 15:20 Maka bangkitlah ia dan pergi kepada bapanya. Ketika ia masih jauh, ayahnya telah melihatnya, lalu tergeraklah hatinya oleh belas kasihan. Ayahnya itu berlari mendapatkan dia lalu merangkul dan mencium dia. 15:21 Kata anak itu kepadanya: Bapa, aku telah berdosa terhadap sorga dan terhadap bapa, aku tidak layak lagi disebutkan anak bapa. 15:22 Tetapi ayah itu berkata kepada hamba-hambanya: Lekaslah bawa ke mari jubah yang terbaik, pakaikanlah itu kepadanya dan kenakanlah cincin pada jarinya dan sepatu pada kakinya. 15:23 Dan ambillah anak lembu tambun itu, sembelihlah dia dan marilah kita makan dan bersukacita. 15:24 Sebab anakku ini telah mati dan menjadi hidup kembali, ia telah hilang dan didapat kembali. Maka mulailah mereka bersukaria. 15:25 Tetapi anaknya yang sulung berada di ladang dan ketika ia pulang dan dekat ke rumah, ia mendengar bunyi seruling dan nyanyian tari-tarian. 15:26 Lalu ia memanggil salah seorang hamba dan bertanya kepadanya apa arti semuanya itu. 15:27 Jawab hamba itu: Adikmu telah kembali dan ayahmu telah menyembelih anak lembu tambun, karena ia mendapatnya kembali dengan sehat. 15:28 Maka marahlah anak sulung itu dan ia tidak mau masuk. Lalu ayahnya keluar dan berbicara dengan dia. 15:29 Tetapi ia menjawab ayahnya, katanya: Telah bertahun-tahun aku melayani bapa dan belum pernah aku melanggar perintah bapa, tetapi kepadaku belum pernah bapa memberikan seekor anak kambing untuk bersukacita dengan sahabat-sahabatku. 15:30 Tetapi baru saja datang anak bapa yang telah memboroskan harta kekayaan bapa bersama-sama dengan pelacur-pelacur, maka bapa menyembelih anak lembu tambun itu untuk dia. 15:31 Kata ayahnya kepadanya: Anakku, engkau selalu bersama-sama dengan aku, dan segala kepunyaanku adalah kepunyaanmu. 15:32 Kita patut bersukacita dan bergembira karena adikmu telah mati dan menjadi hidup kembali, ia telah hilang dan didapat kembali."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Luk 15:4 - DOMBA YANG HILANG. Nas : Luk 15:4 Ayat kunci Injil Lukas menyatakan bahwa "Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang" (Luk 19:10). Tiga perumpam...

Nas : Luk 15:4

Ayat kunci Injil Lukas menyatakan bahwa "Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang" (Luk 19:10). Tiga perumpamaan dalam pasal Luk 15:1-32 menggambarkan tujuan misi Yesus ke bumi ini dan menyatakan kerinduan Allah untuk menyelamatkan yang hilang untuk selama-lamanya. Kita belajar bahwa

  1. (1) hal mencari orang berdosa yang hilang dengan maksud untuk membawanya kepada keselamatan adalah hal yang terpenting bagi hati Allah (ayat Luk 15:4,8,20,24);
  2. (2) Allah dan sorga bersama-sama bersukacita apabila hanya seorang berdosa bertobat (ayat Luk 15:7,10); dan
  3. (3) tidak ada pengorbanan atau penderitaan yang terlalu besar dalam hal mencari yang hilang dan membawanya kepada Yesus (ayat Luk 15:4,8).

Full Life: Luk 15:7 - SUKACITA DI SORGA. Nas : Luk 15:7 Allah dan para malaikat di sorga memiliki kasih, belas kasihan, dan rasa sedih yang begitu besar terhadap mereka yang jatuh ke dalam...

Nas : Luk 15:7

Allah dan para malaikat di sorga memiliki kasih, belas kasihan, dan rasa sedih yang begitu besar terhadap mereka yang jatuh ke dalam dosa dan mati secara rohani, sehingga pada waktu seorang berdosa bertobat, maka mereka dengan terang-terangan bersukacita. Untuk memahami kasih Allah bagi orang berdosa lih. Yes 62:5; Yer 32:41; Yeh 18:23,32; Hos 11:8; Yoh 3:16; Rom 5:6-11; 2Pet 3:9.

Full Life: Luk 15:8 - MENCARINYA DENGAN CERMAT SAMPAI IA MENEMUKANNYA. Nas : Luk 15:8 Kita harus berdoa supaya Roh Kudus memenuhi hati kita dengan kerinduan yang tulus untuk membawa orang berdosa kepada keselamatan.

Nas : Luk 15:8

Kita harus berdoa supaya Roh Kudus memenuhi hati kita dengan kerinduan yang tulus untuk membawa orang berdosa kepada keselamatan.

Full Life: Luk 15:13 - PERGI KE NEGERI YANG JAUH. Nas : Luk 15:13 Dalam perumpamaan ini Tuhan mengajar bahwa hidup dalam dosa dan mementingkan diri sendiri, dalam pengertiannya yang terdalam, merup...

Nas : Luk 15:13

Dalam perumpamaan ini Tuhan mengajar bahwa hidup dalam dosa dan mementingkan diri sendiri, dalam pengertiannya yang terdalam, merupakan pemisahan dari kasih, persekutuan, dan kekuasaan Allah. Orang berdosa atau orang yang mundur dari iman adalah seperti anak bungsu yang dengan memburu kesenangan dosa, memboroskan karunia-karunia jasmani, mental, dan rohani yang diberikan oleh Allah. Hal ini menghasilkan kekecewaan dan kesedihan, kadang kala keadaan pribadinya memalukan, dan ia selalu kehilangan hidup yang benar dan sejati yang hanya dapat ditemukan dalam hubungan yang benar dengan Allah.

Full Life: Luk 15:17 - IA MENYADARI KEADAANNYA. Nas : Luk 15:17 Sebelum orang yang hilang dapat datang kepada Allah, mereka harus melihat kedudukan mereka yang sesungguhnya sebagai budak dosa dan...

Nas : Luk 15:17

Sebelum orang yang hilang dapat datang kepada Allah, mereka harus melihat kedudukan mereka yang sesungguhnya sebagai budak dosa dan terpisah dari Allah (ayat Luk 15:14-17). Mereka harus dengan rendah hati kembali kepada Bapa, mengaku dosanya dan bersedia untuk melakukan apa saja yang diminta oleh Bapa (ayat Luk 15:17-19). Pekerjaan menyadarkan orang yang hilang ini merupakan karya Roh Kudus (Yoh 16:7-11).

Full Life: Luk 15:20 - KETIKA IA MASIH JAUH. Nas : Luk 15:20 Setiap ayah atau ibu Kristen harus mengerti bahwa Allah mengasihi anak mereka yang sedang mengembara dan merindukan penyelamatannya...

Nas : Luk 15:20

Setiap ayah atau ibu Kristen harus mengerti bahwa Allah mengasihi anak mereka yang sedang mengembara dan merindukan penyelamatannya sama seperti mereka. Berdoa dan percayalah kepada Allah untuk mencari anak itu sampai ia kembali kepada Bapa sorgawi.

Full Life: Luk 15:20 - AYAHNYA TELAH MELIHATNYA, LALU TERGERAKLAH HATINYA OLEH BELAS KASIHAN. Nas : Luk 15:20 Gambaran Yesus mengenai tanggapan ayah itu terhadap kembalinya anak tersebut mengajarkan beberapa kebenaran penting: 1) Allah ...

Nas : Luk 15:20

Gambaran Yesus mengenai tanggapan ayah itu terhadap kembalinya anak tersebut mengajarkan beberapa kebenaran penting:

  1. 1) Allah mempunyai belas kasihan bagi yang hilang oleh karena keadaan mereka yang menyedihkan.
  2. 2) Kasih Allah bagi mereka begitu besar sehingga Ia tidak putus-putusnya bersedih hati atas mereka dan menunggu mereka kembali kepada-Nya.
  3. 3) Ketika orang berdosa dengan tulus hati kembali kepada Allah, maka Allah pun sudah siap untuk menerima mereka dengan pengampunan, kasih, belas kasihan, kasih karunia dan mengaruniakan hak penuh sebagai anak yang sah (bd. Yoh 1:12). Berbagai manfaat kematian Kristus, pengaruh Roh Kudus, dan kekayaan kasih karunia Allah, semuanya tersedia bagi mereka yang mencari Allah.
  4. 4) Tak terhinggalah sukacita Allah atas kembalinya orang berdosa (ayat Luk 15:6-7,10,22-24).

Full Life: Luk 15:24 - ANAKKU INI ... TELAH HILANG. Nas : Luk 15:24 "Hilang" dipakai dalam arti terhilang bagi Allah, seperti "domba yang sesat" (1Pet 2:25; bd. Yes 53:6). Hidup terpisah dari perseku...

Nas : Luk 15:24

"Hilang" dipakai dalam arti terhilang bagi Allah, seperti "domba yang sesat" (1Pet 2:25; bd. Yes 53:6). Hidup terpisah dari persekutuan Allah adalah kematian rohani (Ef 2:1; 1Yoh 3:14). Kembali kepada Allah membawa kehidupan yang sejati (Yoh 11:26).

Full Life: Luk 15:28 - MARAHLAH. Nas : Luk 15:28 "Anak sulung" itu melambangkan orang yang memiliki suatu bentuk agama dan kelihatannya secara lahiriah menaati perintah Allah, teta...

Nas : Luk 15:28

"Anak sulung" itu melambangkan orang yang memiliki suatu bentuk agama dan kelihatannya secara lahiriah menaati perintah Allah, tetapi hati mereka terpisah dari Dia dan tujuan-Nya bagi kerajaan itu (ayat Luk 15:28-30).

Jerusalem: Luk 9:51--18:14 - -- Dari Luk 9:51 sampai Luk 18:14 Lukas menyimpang dari kisah Markus. Dalam rangka sebuah perjalanan Yesus, sebagaimana disarankan oleh Mar 10:1, naik ke...

Dari Luk 9:51 sampai Luk 18:14 Lukas menyimpang dari kisah Markus. Dalam rangka sebuah perjalanan Yesus, sebagaimana disarankan oleh Mar 10:1, naik ke Yerusalem, Luk 9:53,57; 10:1; 13:22,33; 17:11; bdk Luk 2:38+, Lukas mengumpulkan bahan-bahan yang diambil dari sebuah kumpulan (cerita dan perkataan Yesus), yang juga dimanfaatkan oleh Matius, dan dari sumber-sumber lain yang dapat digunakan Lukas. Bahan kumpulan tersebut oleh Matius disebarkan dalam seluruh injilnya, sedangkan Lukas menyajikannya berkelompok-kelompok justru dalam bagian injilnya ini, Luk 9:51-8:14, yang kebanyakan bahannya diambil dari kumpulan itu.

Jerusalem: Luk 15:21 - anak bapa Sejumlah naskah menambah: perlakukanlah aku seperti seorang upahan bapa, bdk Luk 14:19.

Sejumlah naskah menambah: perlakukanlah aku seperti seorang upahan bapa, bdk Luk 14:19.

Jerusalem: Luk 15:25 - anaknya yang sulung Belaskasihan Allah diperlawankan dengan sikap orang Farisi dan ahli Taurat yang dilambangkan oleh anak sulung itu. Orang Farisi dan ahli Taurat mengan...

Belaskasihan Allah diperlawankan dengan sikap orang Farisi dan ahli Taurat yang dilambangkan oleh anak sulung itu. Orang Farisi dan ahli Taurat menganggap dirinya "orang benar" oleh karena tidak melanggar satu hukumpun dari Taurat Musa, Luk 14:29; bdk Luk 18:9-11.

Ende: Luk 15:5 - Dengan girang hatinja Chususnja dalam bab ini pula karangan Lukas bersifat "Indjil kegembiraan"dan "Indjil kerahiman Allah", jang menggambarkan ibakasihan Allah kepada oran...

Chususnja dalam bab ini pula karangan Lukas bersifat "Indjil kegembiraan"dan "Indjil kerahiman Allah", jang menggambarkan ibakasihan Allah kepada orang berdosa, dan tjinta mesranja terhadap mereka kalau bertobat.

Ende: Luk 15:7 - Jang tidak perlu bertobat Utjapan Jesus ini mengandung sindiran terhadap kaum Parisi, jang menganggap dirinja sutji dan benar. Maksud Jesus dengan ketiga perumpamaan ini, ialah...

Utjapan Jesus ini mengandung sindiran terhadap kaum Parisi, jang menganggap dirinja sutji dan benar.

Maksud Jesus dengan ketiga perumpamaan ini, ialah mengemukakan penghargaan dan belaskasihan Allah kepada orang berdosa, jang memang hatinja masih baik, dan besarnja tjinta Allah kepada orang berdosa jang bertobat. Maksudnja dalam itu selandjutnja, ialah menundjuk salah sikap orang parisi jang hanja tahu menghinakan dan menghukum orang-orang jang mereka sangka berdosa. Tetapi jang terpenting: Jesus hendak menimbulkan dalam hati semua orang berdosa rasa hargadiri dan harapan kepada Allah, supaja mereka djangan putusasa, melainkan dengan penuh kepertjatjaan bertobat dan pulang kepada Bapanja.

Ende: Luk 15:25 - -- Dalam sikap anaksulung itu tergambar tepat sekali djuga orang-orang parisi jang hanja tahu mempersalahkan dan tidak tahu mengampuni.

Dalam sikap anaksulung itu tergambar tepat sekali djuga orang-orang parisi jang hanja tahu mempersalahkan dan tidak tahu mengampuni.

Ende: Luk 15:29 - Belum pernah kulanggar Inipun tjara berpikir orang parisi jang "irihati", sebab Jesus baik hati kepada orang berdosa.

Inipun tjara berpikir orang parisi jang "irihati", sebab Jesus baik hati kepada orang berdosa.

Ref. Silang FULL: Luk 15:1 - pemungut cukai · pemungut cukai: Luk 5:29

· pemungut cukai: Luk 5:29

Ref. Silang FULL: Luk 15:2 - dengan mereka · dengan mereka: Mat 9:11; Mat 9:11

· dengan mereka: Mat 9:11; [Lihat FULL. Mat 9:11]

Ref. Silang FULL: Luk 15:3 - mengatakan perumpamaan · mengatakan perumpamaan: Mat 13:3

· mengatakan perumpamaan: Mat 13:3

Ref. Silang FULL: Luk 15:4 - ia menemukannya · ia menemukannya: Mazm 23:1-6; 119:176; Yer 31:10; Yeh 34:11-16; Luk 5:32; 19:10

Ref. Silang FULL: Luk 15:6 - sebab dombaku · sebab dombaku: Luk 15:9

· sebab dombaku: Luk 15:9

Ref. Silang FULL: Luk 15:7 - memerlukan pertobatan · memerlukan pertobatan: Luk 15:10

· memerlukan pertobatan: Luk 15:10

Ref. Silang FULL: Luk 15:9 - sebab dirhamku · sebab dirhamku: Luk 15:6

· sebab dirhamku: Luk 15:6

Ref. Silang FULL: Luk 15:10 - yang bertobat · yang bertobat: Luk 15:7

· yang bertobat: Luk 15:7

Ref. Silang FULL: Luk 15:11 - anak laki-laki · anak laki-laki: Mat 21:28

· anak laki-laki: Mat 21:28

Ref. Silang FULL: Luk 15:12 - menjadi hakku // kekayaan itu · menjadi hakku: Ul 21:17 · kekayaan itu: Luk 15:30

· menjadi hakku: Ul 21:17

· kekayaan itu: Luk 15:30

Ref. Silang FULL: Luk 15:13 - miliknya itu · miliknya itu: Luk 15:30; Luk 16:1

· miliknya itu: Luk 15:30; Luk 16:1

Ref. Silang FULL: Luk 15:15 - menjaga babinya · menjaga babinya: Im 11:7

· menjaga babinya: Im 11:7

Ref. Silang FULL: Luk 15:18 - telah berdosa · telah berdosa: Im 26:40; Mat 3:2

· telah berdosa: Im 26:40; Mat 3:2

Ref. Silang FULL: Luk 15:20 - mencium dia · mencium dia: Kej 45:14,15; 46:29; Kis 20:37

· mencium dia: Kej 45:14,15; 46:29; Kis 20:37

Ref. Silang FULL: Luk 15:21 - terhadap bapa · terhadap bapa: Mazm 51:6

· terhadap bapa: Mazm 51:6

Ref. Silang FULL: Luk 15:22 - mari jubah // pada jarinya · mari jubah: Za 3:4; Wahy 6:11 · pada jarinya: Kej 41:42

· mari jubah: Za 3:4; Wahy 6:11

· pada jarinya: Kej 41:42

Ref. Silang FULL: Luk 15:24 - hidup kembali // mereka bersukaria · hidup kembali: Ef 2:1,5; 5:14; 1Tim 5:6 · mereka bersukaria: Luk 15:32

· hidup kembali: Ef 2:1,5; 5:14; 1Tim 5:6

· mereka bersukaria: Luk 15:32

Ref. Silang FULL: Luk 15:28 - Maka marahlah · Maka marahlah: Yun 4:1

· Maka marahlah: Yun 4:1

Ref. Silang FULL: Luk 15:30 - harta kekayaan // dengan pelacur-pelacur · harta kekayaan: Luk 15:12,13 · dengan pelacur-pelacur: Ams 29:3

· harta kekayaan: Luk 15:12,13

· dengan pelacur-pelacur: Ams 29:3

Ref. Silang FULL: Luk 15:32 - didapat kembali · didapat kembali: Luk 15:24; Mal 3:17

· didapat kembali: Luk 15:24; Mal 3:17

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Luk 9:51--18:30 - -- V. Jalan Menuju Salib (9:51-18:30) Bagian dari Injil Lukas, yang sebagian besar memang khas Lukas. mengandung banyak episode dan perumpamaan yang tid...

V. Jalan Menuju Salib (9:51-18:30)

Bagian dari Injil Lukas, yang sebagian besar memang khas Lukas. mengandung banyak episode dan perumpamaan yang tidak dijumpai dalam Injil lainnya, dan mungkin merupakan hasil riset pribadinya. Kronologinya sulit dilacak; bagian ini tampaknya merupakan kumpulan cerita dan bukan suatu narasi yang lengkap. Sekalipun demikian, bagian ini menyajikan ajaran Yesus pada tahun terakhir pelayanan-Nya, dan menggambarkan periode yang penuh penolakan dan ketegangan.

Wycliffe: Luk 15:1 - Orang-orang berdosa 15:1. Orang-orang berdosa menunjuk kepada orang-orang dijalanan yang dipandang rendah oleh orang-orang Farisi karena tidak memahami Hukum Taurat (Yoh....

15:1. Orang-orang berdosa menunjuk kepada orang-orang dijalanan yang dipandang rendah oleh orang-orang Farisi karena tidak memahami Hukum Taurat (Yoh. 7:49) Ketiga perumpamaan di dalam pasal ini diceritakan khusus untuk orang-orang ini dan menunjukkan perhatian Allah kepada mereka.

Wycliffe: Luk 15:2 - Bersungut-sungutlah 2. Bersungut-sungutlah. Orang-orang Farisi menggerutu sebab mereka tidak mengerti tujuan sesungguhnya dari Yesus waktu Ia ingin memperoleh kembali ora...

2. Bersungut-sungutlah. Orang-orang Farisi menggerutu sebab mereka tidak mengerti tujuan sesungguhnya dari Yesus waktu Ia ingin memperoleh kembali orang-orang yang disisihkan itu.

Wycliffe: Luk 15:4 - Padang gurun // Yang sesat // Pergi mencari 4. Padang gurun adalah lapangan yang terbuka. Yang sesat. Pada waktu hendak pulang, setiap gembala menghitung jumlah domba-dombanya untuk memastikan b...

4. Padang gurun adalah lapangan yang terbuka. Yang sesat. Pada waktu hendak pulang, setiap gembala menghitung jumlah domba-dombanya untuk memastikan bahwa tidak ada yang hilang. Apabila ada yang hilang. maka dia langsung berangkat mencarinya. Pergi mencari. Kata depan (Yunani: epi) tidak hanya berarti bahwa sang' gembala mencari domba itu, tetapi juga bahwa sang gembala mengadakan kontak dengan domba tersebut. Kata tersebut berarti gigih dan berhasil.

Wycliffe: Luk 15:5 - Meletakkannya di atas bahunya 5. Meletakkannya di atas bahunya. Berbeda dengan kebanyakan hewan lain, seekor domba tidak bisa menemukan sendiri jalan kembali ke kandangnya. Sang ge...

5. Meletakkannya di atas bahunya. Berbeda dengan kebanyakan hewan lain, seekor domba tidak bisa menemukan sendiri jalan kembali ke kandangnya. Sang gembala harus mengantarnya.

Wycliffe: Luk 15:6 - Yang hilang 6. Yang hilang. Ungkapan ini sangat kuat, menekankan kepemilikan - "dombaku., yang hilang" (Yunani: to probaton mou, to apolotos).

6. Yang hilang. Ungkapan ini sangat kuat, menekankan kepemilikan - "dombaku., yang hilang" (Yunani: to probaton mou, to apolotos).

Wycliffe: Luk 15:7 - Orang benar yang tidak memerlukan pertobatan 7. Orang benar yang tidak memerlukan pertobatan. Sebutan setengah mengejek terhadap orang-orang Farisi yang menganggap diri mereka sendiri jauh lebih ...

7. Orang benar yang tidak memerlukan pertobatan. Sebutan setengah mengejek terhadap orang-orang Farisi yang menganggap diri mereka sendiri jauh lebih baik daripada para pemungut cukai dan orang berdosa.

Wycliffe: Luk 15:8 - Perempuan manakah // Mempunyai sepuluh dirham // Menyalakan pelita // Menyapu rumah 8. Perempuan manakah. Perumpamaan yang kedua tentu menarik perhatian wanita yang sebagian besar hidupnya dijalani di rumah, sebagaimana perumpamaan pe...

8. Perempuan manakah. Perumpamaan yang kedua tentu menarik perhatian wanita yang sebagian besar hidupnya dijalani di rumah, sebagaimana perumpamaan pertama menarik perhatian laki-laki yang sebagian besar hidupnya dijalani di luar rumah. Mempunyai sepuluh dirham. Uang logam lebih sulit dicari di Palestina ketika itu daripada saat ini, sebab sebagian besar perdagangan dilakukan dengan sistem barter. Satu dirham bernilai kurang lebih lima belas hingga tujuh belas sen uang Amerika. Jumlah sepuluh dirham menunjukkan basil menabung selama bertahun-tahun. Menyalakan pelita. Karena rumah-rumah golongan miskin di Palestina tidak mempunyai jendela, pelita diperlukan bahkan pada siang hari untuk mencari sesuatu di tempat yang gelap. Menyapu rumah. Uang logam itu dapat dengan mudah hilang di dalam kotoran yang ada di atas lantai tanah liat itu.

Wycliffe: Luk 15:9 - Sahabat-sahabat dan tetangga-tetangganya 9. Sahabat-sahabat dan tetangga-tetangganya. Kata-kata ini dalam bahasa Yunani adalah dalam bentuk feminin, yang menunjukkan bahwa perempuan itu mengu...

9. Sahabat-sahabat dan tetangga-tetangganya. Kata-kata ini dalam bahasa Yunani adalah dalam bentuk feminin, yang menunjukkan bahwa perempuan itu mengundang sesama teman wanitanya untuk mengadakan suatu perjamuan.

Wycliffe: Luk 15:11 - Seorang mempunyai dua anak laki-laki 11. Seorang mempunyai dua anak laki-laki. Perumpamaan ini baik juga kalau dinamakan Perumpamaan Ayah yang Luar Biasa.

11. Seorang mempunyai dua anak laki-laki. Perumpamaan ini baik juga kalau dinamakan Perumpamaan Ayah yang Luar Biasa.

Wycliffe: Luk 15:12 - Bagian harta milik kita yang menjadi hakku // Harta kekayaan 12. Bagian harta milik kita yang menjadi hakku. Seorang ahli waris berhak meminta bagiannya ketika sang ayah masih hidup apabila hal itu diinginkannya...

12. Bagian harta milik kita yang menjadi hakku. Seorang ahli waris berhak meminta bagiannya ketika sang ayah masih hidup apabila hal itu diinginkannya. Putra sulung dapat menuntut dua pertiga bagian kekayaan ayahnya: anak-anaknya yang lain akan membagi sisanya sama rata (Ul. 21:17). Harta kekayaan. Secara harfiah yang dimaksudkan adalah kehidupannya (Yunani: ton bion), sebab harta kekayaan itu merupakan sumber nafkahnya.

Wycliffe: Luk 15:13 - Negeri yang jauh // Memboroskan // Berfoya-foya // Maksudnya, menghambur- 13. Negeri yang jauh. Banyak pemuda kaya pada zaman Yesus yang pergi ke Roma atau Antiokhia untuk berfoya-foya di sana. Memboroskan. Istilah yang sama...

13. Negeri yang jauh. Banyak pemuda kaya pada zaman Yesus yang pergi ke Roma atau Antiokhia untuk berfoya-foya di sana. Memboroskan. Istilah yang sama dipakai untuk menabur atau menyebarkan benih (Yunani: dieskorpisen). Berfoya-foya. (Yunani: Asōtōs). Maksudnya, menghambur-hamburkan.

Wycliffe: Luk 15:14 - Di dalam negeri itu // di dalam, // Mulai melarat, 14. Di dalam negeri itu. Kata depan Yunani kata, yang diterjemahkan di dalam, menunjukkan bahwa kelaparan tersebar luas dan mencakup seluruh wilayah d...

14. Di dalam negeri itu. Kata depan Yunani kata, yang diterjemahkan di dalam, menunjukkan bahwa kelaparan tersebar luas dan mencakup seluruh wilayah di mana anak itu tinggal. Mulai melarat, atau mulai kekurangan.

Wycliffe: Luk 15:15 - Bekerja pada // Menjaga babinya 15. Bekerja pada. Ungkapan ini sangat kuat: secara harfiah artinya dia melekatkan diri (Yunani: ekkolēthē) Kebutuhan memaksa dia bekerja pad...

15. Bekerja pada. Ungkapan ini sangat kuat: secara harfiah artinya dia melekatkan diri (Yunani: ekkolēthē) Kebutuhan memaksa dia bekerja pada seorang yang terkemuka untuk memperoleh kebutuhan sehari-hari. Menjaga babinya. Penghinaan yang paling rendah bagi seorang Yahudi.

Wycliffe: Luk 15:16 - Ampas // Memberikannya 16. Ampas. Biji-bijian dari tanaman yang dinamakan pohon belalang, yang dimakan oleh Yohanes Pembaptis (Mat. 3:4). Biji-bijian ini berbentuk lonjong d...

16. Ampas. Biji-bijian dari tanaman yang dinamakan pohon belalang, yang dimakan oleh Yohanes Pembaptis (Mat. 3:4). Biji-bijian ini berbentuk lonjong dan manis, sering kali merupakan makanan orang miskin. Memberikannya. Kata kerja ini menunjukkan suatu kebiasaan atau proses, "Tidak ada orang yang biasa memberinya sesuatu."

Wycliffe: Luk 15:17 - Orang upahan 17. Orang upahan. Orang upahan pada zaman Alkitab nasibnya lebih parah daripada budak, sebab pekerjaan mereka tidak tetap, sedang budak dapat memastik...

17. Orang upahan. Orang upahan pada zaman Alkitab nasibnya lebih parah daripada budak, sebab pekerjaan mereka tidak tetap, sedang budak dapat memastikan adanya makanan dan tempat berteduh .

Wycliffe: Luk 15:18 - Terhadap surga 18. Terhadap surga. Untuk menaati perintah yang ketiga, "Jangan menyebut nama Tuhan Allahmu, dengan sembarangan," orang Yahudi memakai istilah lain un...

18. Terhadap surga. Untuk menaati perintah yang ketiga, "Jangan menyebut nama Tuhan Allahmu, dengan sembarangan," orang Yahudi memakai istilah lain untuk Allah supaya jangan mereka secara tidak sengaja menghujat Allah (bdg. Mat. 5:34; 26:64, 65).

Wycliffe: Luk 15:19 - Jadikanlah aku 19. Jadikanlah aku. Permohonan ini menunjukkan suatu perubahan sikap secara total. Ketika meninggalkan rumah, dia mengatakan. "Berikanlah kepadaku ......

19. Jadikanlah aku. Permohonan ini menunjukkan suatu perubahan sikap secara total. Ketika meninggalkan rumah, dia mengatakan. "Berikanlah kepadaku ...." Dia meninggalkan rumah dengan suatu tuntutan yang mementingkan diri sendiri: dia kembali dengan doa yang rendah hati.

Wycliffe: Luk 15:20 - Ketika ia masih jauh, ayahnya telah melihatnya 20. Ketika ia masih jauh, ayahnya telah melihatnya. Ayahnya menantikan kepulangan sang anak dengan tidak sabar.

20. Ketika ia masih jauh, ayahnya telah melihatnya. Ayahnya menantikan kepulangan sang anak dengan tidak sabar.

Wycliffe: Luk 15:21 - Bapa, aku telah berdosa 21. Bapa, aku telah berdosa. Sang anak tidak pernah menyelesaikan kata-kata yang sudah ia rencanakan untuk diucapkan (ay. 18, 19). Yang diharapkan san...

21. Bapa, aku telah berdosa. Sang anak tidak pernah menyelesaikan kata-kata yang sudah ia rencanakan untuk diucapkan (ay. 18, 19). Yang diharapkan sang ayah hanyalah pengakuan anaknya.

Wycliffe: Luk 15:22 - Jubah yang terbaik // Cincin 22. Jubah yang terbaik. Jubah yang terbaik dipersiapkan untuk tamu yang paling dihormati. Cincin merupakan tanda kedudukan sebagai anak yang ia lepask...

22. Jubah yang terbaik. Jubah yang terbaik dipersiapkan untuk tamu yang paling dihormati. Cincin merupakan tanda kedudukan sebagai anak yang ia lepaskan ketika ia meninggalkan kalangan keluarganya.

Wycliffe: Luk 15:23 - Anak lembu tambun // Bersukaria 23. Anak lembu tambun. Seekor hewan biasanya disiapkan untuk peristiwa khusus, sehingga para tamu yang terhormat dapat dilayani dengan cepat (bdg. Kej...

23. Anak lembu tambun. Seekor hewan biasanya disiapkan untuk peristiwa khusus, sehingga para tamu yang terhormat dapat dilayani dengan cepat (bdg. Kej. 18:7). Bersukaria memiliki arti sebuah pesta.

Wycliffe: Luk 15:25 - Bunyi seruling dan nyanyian tari-tarian 25. Bunyi seruling dan nyanyian tari-tarian mungkin dibawakan oleh orang-orang yang disewa. Kembalinya si anak bungsu yang menyebabkan diadakannya sua...

25. Bunyi seruling dan nyanyian tari-tarian mungkin dibawakan oleh orang-orang yang disewa. Kembalinya si anak bungsu yang menyebabkan diadakannya suatu pesta yang besar.

Wycliffe: Luk 15:28 - Maka marahlah anak sulung itu 28. Maka marahlah anak sulung itu. Reaksi dari anak yang sulung adalah rasa iri dan jengkel. Dia tidak senang atas terjadinya peristiwa yang dianggap ...

28. Maka marahlah anak sulung itu. Reaksi dari anak yang sulung adalah rasa iri dan jengkel. Dia tidak senang atas terjadinya peristiwa yang dianggap tidak adil.

Wycliffe: Luk 15:29 - Telah bertahun-tahun aku melayani bapa // Seekor anak kambing 29. Telah bertahun-tahun aku melayani bapa. Suatu terjemahan modern akan berbunyi sebagai berikut, "coba lihat! Aku sudah memperbudakkan diri kepadamu...

29. Telah bertahun-tahun aku melayani bapa. Suatu terjemahan modern akan berbunyi sebagai berikut, "coba lihat! Aku sudah memperbudakkan diri kepadamu selama bertahun-tahun, dan sekarang ...." Bahasa yang dipakai menunjukkan rasa diri benar, rasa kasihan pada diri sendiri, dan rasa terasing secara batiniah dari perasaan ayahnya yang sama dengan rasa terasing secara lahiriah si anak bungsu dari seluruh keluarga itu. Seekor anak kambing tentu kecil nilainya dibandingkan dengan anak lembu tambun. Si anak sulung menuduh ayahnya menipu dia dengan hadiah kecil, sementara memberikan hadiah berlebihan kepada anak yang boros.

Wycliffe: Luk 15:30 - Anak bapa 30. Anak bapa. "Anak bapa yang satu itu." Sang kakak bersikap menghina, dan siap memikirkan hal-hal yang paling jelek tentang adiknya itu.

30. Anak bapa. "Anak bapa yang satu itu." Sang kakak bersikap menghina, dan siap memikirkan hal-hal yang paling jelek tentang adiknya itu.

Wycliffe: Luk 15:32 - Patut 32. Patut. Melalui perumpamaan ini, seperti juga melalui dua perumpamaan sebelumnya, Yesus menunjukkan sikap Allah terhadap orang berdosa. Allah tidak...

32. Patut. Melalui perumpamaan ini, seperti juga melalui dua perumpamaan sebelumnya, Yesus menunjukkan sikap Allah terhadap orang berdosa. Allah tidak berkenan pada sikap memberontak mereka atau perbuatan jahat mereka, tetapi Dia menyambut mereka kembali dan memulihkan mereka apabila mereka menyesal.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Luk 15:1-10 - Domba dan Uang Dirham yang Hilang Kata orang, perilaku buruk melahirkan hukum yang baik. Begitu pula dalam pasal ini, sungut-sungut para ahli Taurat dan orang Farisi terhadap anuge...

Matthew Henry: Luk 15:11-32 - Anak yang Hilang Anak yang Hilang (15:11-32) Di sini kita melihat perumpamaan tentang anak yang hilang, yang tujuannya sama dengan kedua perumpamaan sebelumnya, yai...

SH: Luk 15:1-10 - Gembala yang baik (Senin, 19 Februari 2007) Gembala yang baik Kita tidak dapat menghindar dari kritik. Apapun yang kita lakukan bisa mengundang kritik, entahkah itu kritik yang membangun at...

SH: Luk 15:1-10 - Berharga di mata Tuhan. (Sabtu, 6 Maret 2004) Berharga di mata Tuhan. Seorang penjahat besar divonis mati. Penjahat ini tidak kenal takut, tidak ada penyesalan terhadap kejahatannya. Nam...

SH: Luk 15:1-32 - Di hadapan Allah, manusia sangat berharga. Dalam (Jumat, 31 Maret 2000) Di hadapan Allah, manusia sangat berharga. Dalam memberikan penghargaan kepada sesamanya, manusia cenderung menghargai sesamanya bukan berdasa...

SH: Luk 15:11-32 - Bertobat=pemulihan hubungan (Selasa, 20 Februari 2007) Bertobat=pemulihan hubungan Lazimnya warisan dibagikan saat orang tua sudah meninggal dunia. Namun berbeda kisahnya di nas ini. Meski orang tuany...

SH: Luk 15:11-32 - Kakak yang hilang. (Minggu, 7 Maret 2004) Kakak yang hilang. Mengapa ayah dan kakak berbeda di dalam merespons si bungsu yang kembali? Sang ayah sangat gembira sehingga ia memestakan...

Topik Teologia: Luk 15:4 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Misi Yesus Yesus Datang untuk Menj...

Topik Teologia: Luk 15:7 - -- Yesus Kristus Yesus Datang untuk Menjadi Juruselamat Manusia Mat 9:12-13 Mat 15:24 Mat 18:12-14 Mar 2:17 Luk 15:1-32 Luk 19...

Topik Teologia: Luk 15:8 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Misi Yesus Yesus Datang untuk Menj...

Topik Teologia: Luk 15:10 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Misi Yesus Yesus Datang untuk Menj...

Topik Teologia: Luk 15:11 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Misi Yesus Yesus Datang untuk Menj...

Topik Teologia: Luk 15:17 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Misi Yesus Yesus Datang untuk Menj...

Topik Teologia: Luk 15:18 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Misi Yesus Yesus Datang untuk Menj...

Topik Teologia: Luk 15:22 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Misi Yesus Yesus Datang untuk Menj...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Lukas (Pendahuluan Kitab) Penulis : Lukas Tema : Yesus, Juruselamat yang Ilahi dan Manusiawi Tanggal Penulisan: Tahun 60-63 M Latar Belakang Injil Lukas...

Full Life: Lukas (Garis Besar) Garis Besar I. Pendahuluan Injil Lukas (Luk 1:1-4) II. Kedatangan Juruselamat (Luk 1:5-2:52) A. Pem...

Matthew Henry: Lukas (Pendahuluan Kitab) Kita sekarang sedang memasuki karya seorang pemberita Injil lain bernama Lukas, yang menurut beberapa orang merupakan singkatan nama Lucilius. Menurut...

Jerusalem: Lukas (Pendahuluan Kitab) INJIL-INJIL SINOPTIK PENGANTAR Ada empat kitab dalam Perjanjian Baru yang berisikan "Kabar Yang Baik" (demikianlah arti kata "Euaggelio...

Jerusalem: Lukas (Pendahuluan Kitab) Injil karangan Lukas Ciri khas yang ada pada injil ketiga berasal dari kepribadian pengarangnya yang sangat menarik. Kepribadian Lukas itu di mana-man...

Ende: Lukas (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN LUKAS KATA PENGANTAR Tentang pribadi pengarang Lukas dari semula terkenal sebagai pengarang Indjil ketiga dan Kisah Rasu...

Wycliffe: Lukas (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN LUKAS Injil menurut Lukas merupakan kisah paling lengkap tentang kehidupan Yesus yang masih bertahan sejak zaman rasuli. Injil ini dimaks...

Wycliffe: Lukas (Garis Besar) GARIS BESAR LUKAS I. Pendahuluan 1:1-4 II. Pemberitaan Tentang Juruselamat 1:5-2:52 A. Pemberitaan kepada Zakharia 1:5-25 ...

BIS: Lukas (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH LUKAS PENGANTAR Buku Kabar Baik oleh Lukas mengemukakan Yesus sebagai Raja Penyelamat yang dijanjikan Allah untuk I

KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH LUKAS

PENGANTAR

Buku Kabar Baik oleh Lukas mengemukakan Yesus sebagai Raja Penyelamat yang dijanjikan Allah untuk Israel dan untuk seluruh umat manusia. Dalam bukunya ini Lukas menulis bahwa Yesus telah diberi tugas oleh Roh Tuhan untuk menyiarkan Kabar Baik dari Allah kepada orang miskin. Kabar Baik ini penuh dengan perhatian terhadap orang-orang dengan berbagai-bagai kebutuhan. Nampak pula suatu nada sukacita dalam buku Lukas ini, terutama pada pasal-pasal pertama mengenai kedatangan Yesus, kemudian pada bagian penutupnya juga mengenai terangkatnya Yesus naik ke surga. Kisah tentang tumbuhnya dan tersebarnya agama Kristen setelah Yesus naik ke surga diceritakan juga oleh penulis buku ini di dalam buku Kisah Rasul-rasul.

Bagian 2 dan 6 (lihat Isi buku di bawah ini) berisi banyak unsur cerita yang hanya terdapat dalam buku Kabar Baik ini. Misalnya, cerita tentang nyanyian para malaikat serta kunjungan para gembala pada saat kelahiran Yesus, Yesus di Rumah Tuhan ketika masih anak-anak, dan juga perumpa maan tentang Orang Samaria yang baik hati dan Anak yang hilang. Buku ini sangat menekankan juga hal doa, Roh Allah, peranan wanita dalam pelayanan Yesus dan pengampunan dosa oleh Allah.

Isi

  1.  Pendahuluan
    Luk 1:1-4
  2.  Kelahiran dan masa kanak-kanak dari Yohanes Pembaptis dan Yesus
    Luk 1:5-2:52
  3.  Pelayanan Yohanes Pembaptis
    Luk 3:1-20
  4.  Baptisan Yesus dan cobaan terhadap diri-Nya
    Luk 3:21-4:13
  5.  Pelayanan Yesus di tengah-tengah masyarakat Galilea
    Luk 4:14-9:50
  6.  Dari Galilea ke Yerusalem
    Luk 9:51-19:27
  7.  Minggu terakhir di Yerusalem dan sekitarnya
    Luk 19:28-23:56
  8.  Kebangkitan Yesus dari kematian, penampakan diri-Nya
    dan terangkat-Nya ke surga
    Luk 24:1-53

Ajaran: Lukas (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Injil Lukas, orang-orang Kristen mengerti sejarah kehidupan Tuhan Yesus sebagai manusia, mulai dari silsilah kelah

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi Injil Lukas, orang-orang Kristen mengerti sejarah kehidupan Tuhan Yesus sebagai manusia, mulai dari silsilah kelahiran-Nya sampai kepada kematian-Nya. Dan mengenal akan kehidupan Tuhan Yesus sebagai manusia yang sejati dan suci, penuh kesederhanaan dan ketulusan hati, sebagai teladan mereka dalam hidup kekristenan.

Pendahuluan

Penulis : Lukas.

Tahun : Sekitar tahun 62 SM.

Penerima : Theofilus (artinya sahabat Allah) Dan juga kepada orang-orang yang percaya pada Yesus.

Isi Kitab: Injil Lukas terdiri atas 24 pasal. Isi Injil ini menjelaskan kasih karunia Allah bagi segala bangsa. Orang-orang yang dipandang rendah oleh dunia, tidak dipandang rendah oleh Allah, seperti kaum wanita dan juga orang-orang miskin. Di dalam Injil ini juga nampak kesucian, kesederhanaan, dan keluhuran budi Tuhan Yesus sebagai manusia sejati. Bagi orang Kristen Tuhan Yesus adalah satu-satunya teladan sempurna. Karena itu, orang Kristen dipanggil untuk hidup seperti Yesus hidup.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Injil Lukas

  1. _Bagian Pertama_

    Pengajaran tentang Yesus Kristus sebagai anak manusia, yang dibuktikan dengan perasaan dan sikap yang diperlihatkannya terhadap orang-orang yang dianggap rendah oleh masyarakat

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Luk 7:13. Nats ini menceritakan tentang seorang janda yang kematian anaknya. Tuhan Yesus yang melihat kesedihan janda itu, merasa kasihan sehingga ia menghidupkan anak yang sudah mati itu. Hal ini membuktikan bahwa Yesus Kristus adalah manusia sejati dan juga Allah sejati. Selain itu ayat ini juga mengajarkan setiap orang percaya untuk mengasihi orang lain. _Tanyakan_: pernahkah saudara mengasihi orang lain?
    2. Bacalah pasal Luk 7:37-50. Tuhan Yesus memperhatikan dan mengampuni wanita berdosa yang bertobat.
    3. Bacalah pasal Luk 10:25-37. Bagian ini menjelaskan perumpamaan Tuhan Yesus, tentang seorang Samaria yang lebih baik hati dari para imam Yahudi. Hal ini mengajarkan kepada setiap orang Kristen untuk mengasihi dengan tidak memandang suku bangsa, atau kaya miskin. Sudahkah saudara menolong orang lain?
    4. Bacalah pasal Luk 15:1-7. Tuhan Yesus bergaul dengan para pemungut cukai, karena mereka mau mendengarkan perkataan Tuhan Yesus dan bertobat dari perbuatan pemerasan yang mereka lakukan.
    5. Bacalah pasal Luk 16:20-21. Bagian ini membuktikan bahwa Tuhan Yesus mengasihi semua manusia, sampai kepada para pengemis. Bagaimanakah dengan kasih saudara? Apakah saudara mengasihi orang-orang yang dapat memberikan sesuatu kepada saudara saja?
    6. Bacalah pasal Luk 17:12. Bagian ini menjelaskan bahwa Tuhan Yesus mengasihi dan memperhatikan orang-orang sakit. Apakah yang saudara lakukan terhadap seorang saudara/anggota/jemaat yang sedang sakit lagi miskin?
    7. Bacalah pasal Luk 23:40-43. Tuhan Yesus memperhatikan seorang penjahat dan juga mengampuni dosanya, karena ia mau bertobat.
  2. _Bagian Kedua_

    Tuhan Yesus sebagai anak manusia, memberikan teladan dalam kehidupan doa, khususnya berhubungan dengan peristiwa/kegiatan penting

    Pendalaman

    1. Ia berdoa di saat pembaptisan (Luk 3:21).
    2. Ia berdoa sesudah mujizat-mujizat dilaksanakan (Luk 5:15-16).
    3. Ia berdoa sebelum memilih murid-murid-Nya (Luk 6:12).
    4. Ia berdoa sebelum memberikan nubuat pertama tentan penderitaan-Nya (Luk 9:18-22).
    5. Ia berdoa pada saat permuliaan-Nya di bukit (Luk 9:29).
    6. Ia berdoa di saat ketujuh puluh murid-Nya kembal (Luk 10:17-21).
    7. Ia berdoa sebelum mengajar murid-murid-Nya tentang car berdoa (Luk 11:1).
    8. Ia berdoa di Taman Getsemani menjelang penderitaan-Ny (Luk 22:39-46).
    9. Ia berdoa di atas salib (Luk 23:34,46).

    Tuhan Yesus selalu berdoa dalam setiap keadaan dan keperluan, maka apakah yang saudara lakukan pada saat-saat menghadapi keperluan/kepentingan dalam hidup?

  3. _Bagian Ketiga_

    Tuhan Yesus sebagai anak manusia, mengasihi semua manusia di dunia

    Pendalaman

    Bacalah pasal Luk 3:6; 24:46-53. Bagian ini menjelaskan, bahwa keselamatan adalah untuk setiap manusia yang percaya pada Tuhan Yesus. Dengan demikian setiap orang yang telah diselamatkan oleh Tuhan Yesus, haruslah juga memberitakan keselamatan itu kepada orang lain. Berdasarkan pasal Luk 24:47-48, siapakah yang bertugas untuk meneruskan berita pengampunan dosa ini kepada semua manusia? Sudahkah saudara menginjili?

II. Kesimpulan

Melalui Injil Lukas jelaslah kita lihat bahwa Tuhan Yesus adalah Anak Manusia sejati, yang dibuktikan melalui kehidupan-Nya sehari-hari.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Injil Lukas?
  2. Apakah pokok pengajaran Injil Lukas?
  3. Buktikanlah bahwa Yesus Kristus adalah anak manusia?
  4. Pelajaran rohani apakah yang saudara terima dari mempelajari Injil Lukas?

Intisari: Lukas (Pendahuluan Kitab) Yang paling manusiawi dari semua Injil SIAPA PENULIS INJIL LUKAS?Injil ini ditulis oleh seorang dokter yang bernama Lukas, seorang teman dan rekan se

Yang paling manusiawi dari semua Injil

SIAPA PENULIS INJIL LUKAS?
Injil ini ditulis oleh seorang dokter yang bernama Lukas, seorang teman dan rekan sekerja rasul Paulus (Kol 4:14; File 24 dan 2Tim 4:11). Lukas sendiri bukanlah seorang saksi mata dari kehidupan Yesus (Luk 1:1-4). Tradisi mengatakan bahwa ia seorang bukan Yahudi, berstatus bujangan dan hidup sampai usia delapan puluh empat tahun.

MENGAPA INJIL INI DITULIS?
Lukas mempunyai beberapa tujuan:
1. Ia ingin menulis kisah kehidupan Yesus secara teratur yang berdasarkan bukti dari saksi mata yang benar (Luk 1:1-4).
2. Ia ingin mencatat permulaan dan perkembangan Kekristenan, yang dikerjakannya dalam dua bagian. Kisah para Rasul merupakan buku kedua. Lukas menunjukkan bagaimana Allah bekerja di sepanjang sejarah dan khususnya mengenai cara bagaimana para pengikut Yesus dengan cepat tersebar dari Galilea ke Roma.
3. Ia ingin menyatakan bahwa Yesus adalah Juruselamat bagi semua golongan manusia dan bukan hanya bagi sekelompok orang.
4. Ia ingin menunjukkan kepada para penguasa Romawi bahwa Kekristenan bukanlah ancaman bagi tatanan politik yang baik.

SIAPA SAJA PEMBACA INJIL LUKAS?
1. Lukas menujukan Injilnya kepada Teofilus (Luk 1:3), yang boleh jadi adalah seorang bukan Yahudi dari golongan menengah atas yang sudah bertobat dan menjadi Kristen. Namanya berarti 'dikasihi Allah', tetapi selain itu tidak ada lagi yang kita ketahui tentang dia.
2. Disamping itu Lukas berharap mendapatkan sidang pembaca yang lebih luas, yang mencakup orang-orang bukan Yahudi lainnya dan mungkin khususnya para aparat pemerintahan Romawi.

CIRI-CIRI KHUSUS.
1. Cara Lukas bercerita tak ada bandingannya. Kemampuannya menyusun kata-kata tampak dalam gaya bahasa Yunaninya yang sangat baik.
2. Lukas juga lebih tertarik dengan kehidupan manusiawi Yesus dan lebih banyak bercerita mengenai awal hidup dan masa kanak-kanak Yesus dibanding dengan Injil-injil lainnya.
3. Dalam hal-hal lain, Injil Lukas juga lebih lengkap mencatat lebih banyak perumpamaan, kisah tentang banyak orang, serta kebangkitan Yesus dibanding dengan Injil lainnya.
4. Lukas lebih menunjukkan perhatiannya kepada pribadi-pribadi, khususnya anak-anak dan orang-orang yang tersingkir dari masyarakat, daripada para penulis Injil lainnya.
5. Lukas juga mempunyai perhatian khusus lainnya, sebagai contoh tentang: doa, Roh Kudus dan tema sukacita.

Pesan

1. Kabar baIk tentang keselamatan.
Berita dari Lukas ialah bahwa Allah telah datang untuk menyelamatkan manusia
dari dosa dan keadaan mereka.
o Allah adalah Juruselamat. Luk 1:47
o Kristus dilahirkan untuk menyelamatkan. Luk 2:11, 30; 3:6
o Dia datang untuk menyelamatkan yang hilang. Luk 19:9, 10
o Keselamatan datang oleh iman. Luk 7:50;8:12
o Keselamatan berarti kehilangan nyawa sekarang. Luk 9:24
o Keselamatan dimungkinkan karena Kristus tidak menyelamatkan diri-Nya sendiri. Luk 23:35-43
o Keselamatan tersedia saat ini. Luk 4:21; 19:9

2. Kabar baik tentang Kerajaan Allah.
Bagian pusat Injil Lukas (Luk 9:51-19:44) banyak
berbicara mengenai Kerajaan Allah yang menjadi pusat dari khotbah Yesus. Luk 4:43; 8:1
o Kerajaan Allah itu kekal. Luk 1:33
o Kerajaan Allah milik orang yang miskin. Luk 6:20
o Murid-murid-Nya harus memberitakan
o Kerajaan Allah. Luk 9:2, 11
o Kepentingan Kerajaan Allah harus didahulukan. Luk 9:60-62; 12:31
o Umat harus berdoa untuk Kerajaan Allah. Luk 11:2
o Kerajaan Allah adalah anugerah dari Allah. Luk 12:32; 22:29
o Kerajaan Allah seperti... Luk 13:18-30
o Orang kaya sukar untuk masuk. Luk 18:18-30
o Kerajaan Allah sudah dekat sekarang. Luk 10:9, 11; 11:20; 17:20, 21
o Tetapi, Kerajaan Allah juga akan datang. Luk 24:31
3. Kabar baik terlIhat dalam diri Yesus.
Kabar baik bukanlah suatu dongeng atau cerita anak-anak tetapi didukung oleh
peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam kehidupan Yesus.
o Sejarah itu penting. Luk 1:1-4
o Allah telah merencanakannya sejak dahulu kala. Luk 3:23-38
o Allah bekerja di dalam kehidupan Yesus.
Banyak saksi mata melihatnya:
- pada saat kelahiran-Nya. Luk 2:30
- pada saat Yesus dibaptis. Luk 3:22
- dalam mukjizat-mukjizat yang dilakukan-Nya. Luk 4:36; 7:16
- dalam kematian-Nya. 23:39-49
- dalam kebangkitan-Nya. Luk 24:1-49 Yesus masih bekerja melalui murid-murid-Nya. Luk 24:48
Yesus sedang bekerja di seluruh dunia. Yerusalem hanyalah permulaan saja. Luk 24:47

Penerapan

Berita Injil Lukas dapat diterapkan kepada dua golongan utama:
1. Kepada mereka yang tidak percaya kepada Yesus.
Percaya kepada Yesus berarti:
o mempercayai kesaksian sejarah
o mengenaI pengampunan Allah
o mampu untuk hidup baru
o ikut ambil bagian dalam Kerajaan Allah
o tidak menuntut segala yang terbaik atau terhormat
o dituntut untuk rendah hati dan mau mengorbankan segalanya bagi Yesus
o mendapat anugerah besar pada masa yang akan datang
2. Kepada mereka yang percaya sungguh-sungguh kepada Yesus. Iman kepada Yesus
berarti Anda harus:

o bersukacita dan bersyukur dalam kehidupan
o meneladani kasih Yesus kepada semua orang
o ikut ambil bagian dalam penyebaran kabar baik tentang Kerajaan Allah.
o "mematikan" diri sendiri setiap hari
o berdoa seperti yang diajarkan Yesus
o menjadikan Kerajaan Allah prioritas Anda yang jelas
o percaya bahwa Allah mengendalikan dunia

Tema-tema Kunci

Inilah sebagian dari ajaran-ajaran penting dalam Injil Lukas: 1. Doa. Lukas sering berbicara tentang kehidupan doa Yesus: Luk 3:21; 5:16; 6:12; 9:18-22, 29; 10:17-21; 11:1; 22:39-46; 23:34, 46. Ia juga mencatat perumpamaan-perumpamaan Yesus tentang doa: Luk 11:5-13; 18:1-8. Apa yang dapat kita pelajari dari ayat-ayat tersebut tentang kapan Anda harus berdoa, bagaimana berdoa dan apa yang didoakan?

2. Roh Kudus. Lukas menekankan pekerjaan Roh Kudus dalam kehidupan Yesus. Tulislah saat-saat dalam kehidupan Yesus ketika Roh Kudus disebut: contoh Luk 1:35; 4:1, 14, 18; 10:21, 22; 24:49. Apa yang diajarkan dalam ayat-ayat ini mengenai Roh Kudus?

3. Pujian dan sukacita. Injil Lukas diawali dengan sejumlah lagu pujian: Luk 1:46-55, 68-79; 2:14; dan Luk 2:29- 32. Sebutkan bagian-bagian lain dalam Injil yang berbicara tentang sukacita. 4. Pengampunan. Pada dasarnya kabar baik berisi berita tentang pengampunan dosa. Mengapa pengajaran Yesus mengenai pengampunan menimbulkan perubahan secara besar-besaran? Pelajarilah dengan saksama apa yang Yesus katakan mengenai pengampunan dalam: Luk 5:17-25; 6:37; 7:36-50; 11:4; 17:3-4; 23:34; 24:47.

5. Uang. Lukas lebih banyak berbicara mengenai uang dibandingkan dengan Injil-injil lainnya dan menempatkan masalah orang miskin secara khusus. Lagi-lagi pesannya sangat revolusioner. Carilah ajaran tersebut dalam ayat-ayat berikut: Luk 1:53; 4:18; 6:20; 12:13-34; 15.8-10; 16:1-15, 19-31; 18:1-14; 19:1-27; 20:19-26.

6. Wanita dan anak-anak. Catatlah mengenai beberapa wanita yang terdapat dalam Injil Lukas. Masyarakat pada zaman Yesus biasanya tidak menganggap bahwa wanita layak mendapat banyak perhatian. Tetapi, Lukas menekankan mengenai kasih Allah terhadap semua orang bahkan terhadap wanita, orang-orang yang tersingkir dan anak-anak. Pelajarilah ayat-ayat tentang anak-anak berikut ini dan buatlah ringkasan dari ajaran yang terdapat di dalamnya: Luk 8:40-56; 9:37-43, 46-48; 18:15-17.

Garis Besar Intisari: Lukas (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Luk 1:1-4 [2] MASA MUDA SANG JURUSELAMAT Luk 1:5-4:13 Luk 1:5-25Pemberitahuan tentang kelahiran Yohanes Pembaptis Luk 1:26-

[1] PENDAHULUAN Luk 1:1-4

[2] MASA MUDA SANG JURUSELAMAT Luk 1:5-4:13

Luk 1:5-25Pemberitahuan tentang kelahiran Yohanes Pembaptis
Luk 1:26-38Pemberitahuan tentang kelahiran Yesus
Luk 1:39-56Kunjungan Maria ke rumah Elizabet
Luk 1:57-80Kelahiran Yohanes Pembaptis
Luk 2:1-38Kelahiran Yesus
Luk 2:39-52Masa kanak-kanak Yesus
Luk 3:1-22Khotbah Yohanes Pembaptis
Luk 3:23-38Silsilah Yesus
Luk 4:1-13Pencobaan Yesus

[3] SANG JURUSELAMAT DI GALILEA Luk 4:14-9:50

Luk 4:14-30Yesus memulai pelayanan-Nya
Luk 4:31-44Yesus menyembuhkan di Kapernaum
Luk 5:1-26Yesus melakukan mukjizat
Luk 5:27-39Panggilan dan di rumah perjamuan
Luk 6:1-11Lewi Perdebatan mengenai hari Sabat
Luk 6:12-16Yesus memilih murid-murid-Nya
Luk 6:17-49Yesus berkhotbah di depan orang banyak
Luk 7:1-17Mukjizat kesembuhan dan kebangkitan orang mati
Luk 7:18-35Pertanyaan-pertanyaan Yohanes terjawab
Luk 7:36-50Seorang pelacur menyembah Yesus
Luk 8:1-21Mengajar firman Allah
Luk 8:22-56Tiga mukjizat lagi
Luk 9:1-6Yesus mengutus murid-murid-Nya untuk misi penginjilan
Luk 9:7-9Reaksi Herodes terhadap Yesus
Luk 9:10-17Pemberian makan kepada lima ribu orang
Luk 9:18-27Yesus menanyakan pertanyaan yang penting
Luk 9:28-36Transfigurasi (perubahan rupa) Yesus
Luk 9:37-50Yesus berbicara dengan murid-murid-Nya

[4] SANG JURUSELAMAT PERGI KE YERUSALEM Luk 9:51-19:44

Luk 9:51-62Harga yang harus dibayar untuk mengikut Yesus
Luk 10:1-24Pengutusan tujuh puluh murid
Luk 10:25-37Perumpamaan tentang orang Samaria yang baik
Luk 10:38-42Maria dan Marta
Luk 11:1-13Ajaran tentang doa
Luk 11:14-36Ajaran tentang roh-roh dan tanda-tanda
Luk 11:37-54Kecaman terhadap orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat
Luk 12:1-59Mengajar orang banyak
Luk 13:1-9Kecuali jika engkau bertobat...
Luk 13:10-17Seorang wanita cacat disembuhkan
Luk 13:18-30Kerajaan Allah itu seperti...
Luk 13:31-35Yerusalem dan para nabi
Luk 14:1-24Makan malam bersama seorang Farisi
Luk 14:25-35Harga yang harus dibayar untuk menjadi seorang murid
Luk 15:1-32Tiga kisah tentang yang hilang
Luk 6:1-31Ajaran tentang uang
Luk 17:1-10Ajaran tentang pelayanan
Luk 17:11-19Penyembuhan sepuluh orang kusta
Luk 17:20-37Kedatangan Kerajaan Allah
Luk 18:1-17Ajaran mengenai keadilan dan kerendahan hati
Luk 18:18-34Yesus bertemu dengan seorang penguasa muda yang kaya-raya
Luk 18:35-43Mata seorang pengemis dicelikkan
Luk 19:1-10Yesus bertemu Zakheus
Luk 19:11-27Perumpamaan tentang uang mina
Luk 19:28-44Masuk ke Yerusalem

[5] JURUSELAMAT DI YERUSALEM Luk 9:45-24:53

Luk 19:45-21:4Yesus mengajar di Bait Allah
Luk 21:5-38Yesus berbicara mengenai akhir zaman
Luk 22:1-38Perjamuan Malam Terakhir
Luk 22:39-53Kejadian di taman Getsemani
Luk 22:54-62Penyangkalan Petrus
Luk 22:63-23:25Pengadilan atas Yesus
Luk 23:26-56Penyaliban dan penguburan
Luk 24:1-49Kebangkitan
Luk 24:50-53Kenaikan
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #24: Gunakan Studi Kamus untuk mempelajari dan menyelidiki segala aspek dari 20,000+ istilah/kata. [SEMUA]
dibuat dalam 0.85 detik
dipersembahkan oleh YLSA