Teks -- Bilangan 22:1-41 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Bil 22:5 - BILEAM.
Nas : Bil 22:5
Bileam bukan orang Israel tetapi seorang tokoh peramal-imam yang
terkenal di antara bangsa-bangsa. Balak mengira bahwa orang ini san...
Nas : Bil 22:5
Bileam bukan orang Israel tetapi seorang tokoh peramal-imam yang terkenal di antara bangsa-bangsa. Balak mengira bahwa orang ini sanggup mengutuk orang lain (ayat Bil 22:6) dengan mempengaruhi kehendak para dewa dan roh-roh melalui ilmu sihir, mantera-mantera, dan aneka manipulasi rahasianya (ayat Bil 22:2-7; bd. Bil 24:1).
- 1) Bileam mungkin pernah menjadi pengikut Allah yang benar (bd. ayat Bil 22:18), tetapi kemudian meninggalkan imannya dan menjadi penenung (ayat Bil 22:7; bd. Bil 31:16; Ul 23:4-5; 2Pet 2:15; Yud 1:11).
- 2) Seperti semua nabi palsu, ia tidak sungguh-sungguh memperhatikan
kehormatan Allah atau kekudusan umat Allah. Karena tidak dapat mengutuk
umat Allah, Bileam mengajak mereka berbuat dosa dan kebejatan
(Bil 25:1-6; 31:16; Wahy 2:14). Karena itu ia dibunuh (Bil 31:8;
lihat cat. --> Bil 25:2).
[atau ref. Bil 25:2]
Full Life: Bil 22:18 - TUHAN, ALLAHKU.
Nas : Bil 22:18
Acuan Bileam kepada "Tuhan, Allahku" mungkin menunjukkan bahwa
penyembahannya kepada banyak dewa juga meliputi Allah Israel. Alkita...
Nas : Bil 22:18
Acuan Bileam kepada "Tuhan, Allahku" mungkin menunjukkan bahwa penyembahannya kepada banyak dewa juga meliputi Allah Israel. Alkitab melukiskan Bileam sebagai teladan orang yang bermotivasikan uang dan bukan kebenaran (Ul 23:3-6; 2Pet 2:15-16; Yud 1:11).
Full Life: Bil 22:22 - BANGKITLAH MURKA ALLAH.
Nas : Bil 22:22
Allah mengizinkan Bileam pergi, tetapi Ia marah sekali kepadanya
karena masih mempertimbangkan tawaran Balak. Kebutaan rohani Bilea...
Nas : Bil 22:22
Allah mengizinkan Bileam pergi, tetapi Ia marah sekali kepadanya karena masih mempertimbangkan tawaran Balak. Kebutaan rohani Bileam terungkap oleh peristiwa dengan keledainya (ayat Bil 22:22,32-33).
Full Life: Bil 22:28 - MEMBUKA MULUT KELEDAI ITU.
Nas : Bil 22:28
PB menyatakan bahwa keledai itu "berbicara dengan suara manusia dan
mencegah kebebalan nabi itu" (2Pet 2:16).
Jerusalem -> Bil 20:1--25:18; Bil 22:1; Bil 22:2--24:25; Bil 22:5; Bil 22:21; Bil 22:22; Bil 22:32; Bil 22:34; Bil 22:36; Bil 22:40
Jerusalem: Bil 20:1--25:18 - -- Bagian ini terutama memuat ceritera-ceritera. Pada pokoknya ceritera-ceritera itu berasal dari kumpulan-kumpulan tradisi yang disebut. Yahwista dan El...
Bagian ini terutama memuat ceritera-ceritera. Pada pokoknya ceritera-ceritera itu berasal dari kumpulan-kumpulan tradisi yang disebut. Yahwista dan Elohista. Kedua kumpulan itu mengangkat bahannya dari berbagai tradisi lain yang nadanya agak berbeda satu sama lain. Tradisi-tradisi itu disusun baik secara berurutan maupun dicampuradukkan. Tradisi-tradisi tua ini sukar dipisahkan secara terperinci. Pikiran pokok yang menjiwai keseluruhan ialah: Jemaat yang kudus terus maju dalam perjalanannya, kendati halangan dan rintangan yang dihadapinya.
Yaitu seberang dilihat dari tanah Palestina.
Jerusalem: Bil 22:2--24:25 - -- Dalam ceritera-ceritera yang merangkakan nubuat-nubuat Bileam tergabunglah tradisi Yahwista dan tradisi Elohista. Tradisi Elohistalah yang memegang pe...
Dalam ceritera-ceritera yang merangkakan nubuat-nubuat Bileam tergabunglah tradisi Yahwista dan tradisi Elohista. Tradisi Elohistalah yang memegang peranan utama. Ceritera panjang mengenai Bileam memperkenalkan seorang nabi yang lain dari pada yang lazim. dia adalah seorang tukang tenung yang berasal dari daerah di tepi sungai Efrat. Ia mengaku TUHAN sebagai Allahnya, Bil 22:18, dll, dan memberkati Israel, Bil 23:11-12,25-26; 24:10; bdk Mik 6:5. Sebaliknya ada beberapa tradisi yang lebih muda usianya memandang Bileam sebagai musuh Israel. Ia memberkati Israel, tetapi tidak dengan rela hati melainkan terpaksa saja oleh Allah yang mahakuasa, Ula 23:5-6; Yos 24:9-10; bdk Neh 13:2. Bileamlah yang membujuk orang Israel untuk menyembah Baal-Peor, Bil 31:8,16. Tradisi yang lebih muda itu diikuti juga dalam Perjanjian Baru, Yud 11; 2Pe 2:15 dst; Wah 2:14.
Jerusalem: Bil 22:5 - teman-teman sebangsanya naskah Ibrani juga dapat dimengerti sbb: bani Amav. Nama itu memang muncul pada papan-papan tanah liat yang ditemukan di daerah Mesopotamia.
naskah Ibrani juga dapat dimengerti sbb: bani Amav. Nama itu memang muncul pada papan-papan tanah liat yang ditemukan di daerah Mesopotamia.
Jerusalem: Bil 22:21 - keledainya Binatang ini adalah binatang tunggang kehormatan di sekitar th 2000 sb Mas. Bdk Hak 5:10; 10:4; 12:14.
Binatang ini adalah binatang tunggang kehormatan di sekitar th 2000 sb Mas. Bdk Hak 5:10; 10:4; 12:14.
Jerusalem: Bil 22:22 - bangkitlah murka Allah Ini bertentangan dengan izin yang diberikan dalam Bil 22:20. Jelaslah penggubah di sini memulai memungut sebuah tradisi lain, bdk Bil 22:2+. Tradisi i...
Ini bertentangan dengan izin yang diberikan dalam Bil 22:20. Jelaslah penggubah di sini memulai memungut sebuah tradisi lain, bdk Bil 22:2+. Tradisi ini lebih hidup-hidup dan kerakyatan dari pada yang tercantum dalam Bil 22:2-21 dan kiranya berasal dari tradisi Yahwista. Binatang-binatang dapat berbicara, sama seperti dalam Kej 3:1 dst.
Jerusalem: Bil 22:32 - pada pemandanganKu menuju kepada kebinasaan Naskah Ibrani kurang jelas. Terjemahan lain: tidak berkenan di hadapanKu, atau: Aku anggap buruk.
Naskah Ibrani kurang jelas. Terjemahan lain: tidak berkenan di hadapanKu, atau: Aku anggap buruk.
Jerusalem: Bil 22:34 - berdosa Setiap perbuatan manusia yang sadar atau tidak sadar bertentangan dengan kehendak Allah di sini dianggap dosa.
Setiap perbuatan manusia yang sadar atau tidak sadar bertentangan dengan kehendak Allah di sini dianggap dosa.
Jerusalem: Bil 22:36 - Kota Moab Yang dimaksud ialah kota berbenteng Ar yang menguasai tebing sungai Arnon, bdk Bil 21:15. Tetapi nanti Bileam mengucapkan nubuat-nubuatnya dengan berp...
Yang dimaksud ialah kota berbenteng Ar yang menguasai tebing sungai Arnon, bdk Bil 21:15. Tetapi nanti Bileam mengucapkan nubuat-nubuatnya dengan berpindah-pindah tempat ke jurusan utara sampai di gunung Nebo, sambil menyusur dataran tinggi yang menghadap ke gurun tempat orang Israel berkemah. Jadi nubuat itu diucapkan jauh ke sebelah utara sungai Arnon yang menjadi batas wilayah bangsa Moab. Dengan demikian Bileam mengucapkan nubuatnya di daerah raja Sihon yang menurut kisah Bilangan sudah direbut Israel. Maka ceritera-ceritera itu berlatar belakang keadaan di zaman setelah negeri Kanaan sudah direbut Israel, tetapi sebelum zaman Daud. Di masa Daud wilayah bangsa Moab sudah diperluas ke jurusan utara dan pada saat tertentu sampai ke Yerikho, Hak 3:13.
Jerusalem: Bil 22:40 - mengirimkan sebagian Korban yang dipersembahkan Balak ini ialah korban keselamatan (persekutuan), Ima 3:1+, yang disusul, Bil 23:2, sebuah korban bakaran yang menyiapkan p...
Ende: Bil 22:1 - diseberang sungai Jarden jaitu dilihat dari pihak negeri Palestina,
tempat tinggal pengarang. Israil sudah sampai kepada achir perdjalanannja. Masih
tinggal menjeberangi sunga...
jaitu dilihat dari pihak negeri Palestina, tempat tinggal pengarang. Israil sudah sampai kepada achir perdjalanannja. Masih tinggal menjeberangi sungai Jarden dan merebut Ke'naan.
Ende: Bil 22:2--24:5 - -- Kisah jang pandjang ini sebenarnja terdiri atas dua tradisi jang bertjampur,
jakni tradisi J dan tradisi E. Kadang-kadang kedua tradisi itu masih dapa...
Kisah jang pandjang ini sebenarnja terdiri atas dua tradisi jang bertjampur, jakni tradisi J dan tradisi E. Kadang-kadang kedua tradisi itu masih dapat dipisahkan, tetapi kadang-kadang sama sekali lebur mendjadi satu. Tjampuran tsb. mengakibatkan tjerita tidak selalu melantjar. Tjerita ini bersifat hikajat rakjat, berisi kebenaran dan dongengan bertjampur-baur sedemikian rupa, sehingga sukar dapat dikatakan dimana sedjarah berbitjara, dimana chajal angkat bitjara.
Ende: Bil 22:5 - Sungai ialah sungai Efrat di Mesopotamia. Dari situ Bile'am dipanggil.
Djadi ia seorang tukang tenung jang tersohor, sampai di Palestina. Kitab Sutji
Perdjan...
ialah sungai Efrat di Mesopotamia. Dari situ Bile'am dipanggil. Djadi ia seorang tukang tenung jang tersohor, sampai di Palestina. Kitab Sutji Perdjandjian Lama tidak pernah menjebutnja "nabi", walaupun ia bernubuat tentang Israil atas ilham Jahwe.
Ende: Bil 22:7 - -- Tukang sihir dan tukang tenung harus diberi hadiah, upahnja, seperti halnja di
Israil nabi profesinionil menerima upah jang wadjar (bdk. 1Sa 9:7-8).
Tukang sihir dan tukang tenung harus diberi hadiah, upahnja, seperti halnja di Israil nabi profesinionil menerima upah jang wadjar (bdk. 1Sa 9:7-8).
Ende: Bil 22:8 - Jahwe Nama ini di mulut Bile'am belum menjatakan ia mengakui Tuhan
Israil. Mungkin sekali pengarang sendiri menjebut Jahwe disini, sebab menurut
Kitab Sutji...
Nama ini di mulut Bile'am belum menjatakan ia mengakui Tuhan Israil. Mungkin sekali pengarang sendiri menjebut Jahwe disini, sebab menurut Kitab Sutji seluruh peristiwa ini datang dari Jahwe. Ada ahli jang berpendapat, bahwa dinegeri Bile'am ada dewa jang bernama Jahwe, seperti Tuhan Israil.
Ende: Bil 22:22 - malaekat Jahwe Lihat keterangan Bil 20:16.
Murka Allah tidak tjotjok dengan idjin jang telah diberikanNja. Tanda adanja dua
tradisi.
Lihat keterangan Bil 20:16.
Murka Allah tidak tjotjok dengan idjin jang telah diberikanNja. Tanda adanja dua tradisi.
Ende: Bil 22:23-29 - -- Dalam adegan dengan keledainja jang berbitjara ini tjiri hikajat rakjat
menondjol.
Dalam adegan dengan keledainja jang berbitjara ini tjiri hikajat rakjat menondjol.
adalah tempat sutji (bukit angkar) dewa Ba'al.
Endetn: Bil 22:11 - ada suatu bangsa keluar diperbaiki menurut terdjemahan-terdjemahan kuno. Tertulis: "bangsa itu tengah keluar".
diperbaiki menurut terdjemahan-terdjemahan kuno. Tertulis: "bangsa itu tengah keluar".
Endetn: Bil 22:22 - Jahwe diperbaiki menurut satu naskah Hibrani, Pentateuch Samaria dan beberapa naskah terdjemahan Junani. Tertulis: "Allah".
diperbaiki menurut satu naskah Hibrani, Pentateuch Samaria dan beberapa naskah terdjemahan Junani. Tertulis: "Allah".
Endetn: Bil 22:32 - buruk diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Latin (Vlg.). Kata Hibrani kurang terang maknanja.
diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Latin (Vlg.). Kata Hibrani kurang terang maknanja.
Endetn: Bil 22:33 - andaikata diperbaiki menurut terdjemahan-terdjemahan kuno. Tertulis: "Kalau tidak".
diperbaiki menurut terdjemahan-terdjemahan kuno. Tertulis: "Kalau tidak".
Ref. Silang FULL: Bil 22:1 - dataran Moab // sungai Yordan // dekat Yerikho · dataran Moab: Bil 21:11; Bil 21:11
· sungai Yordan: Bil 13:29; Bil 13:29; Yos 2:7; Yos 2:7
· dekat Yerikho: Bil 31:12; 33:48; U...
Ref. Silang FULL: Bil 22:2 - bin Zipor · bin Zipor: Bil 23:1-3; Yos 24:9; Hak 11:25; Mi 6:5; Wahy 2:14
· bin Zipor: Bil 23:1-3; Yos 24:9; Hak 11:25; Mi 6:5; Wahy 2:14
Ref. Silang FULL: Bil 22:4 - orang Moab // tua-tua Midian // habis segala // di padang · orang Moab: Kej 19:37; Kej 19:37
· tua-tua Midian: Kej 25:2; Kej 25:2
· habis segala: Bil 32:17,18,29
· di padang: Ayub ...
· orang Moab: Kej 19:37; [Lihat FULL. Kej 19:37]
· tua-tua Midian: Kej 25:2; [Lihat FULL. Kej 25:2]
· habis segala: Bil 32:17,18,29
· di padang: Ayub 5:25; Mazm 72:16
Ref. Silang FULL: Bil 22:5 - bin Beor // sungai Efrat // dari Mesir · bin Beor: Bil 22:7; Bil 24:25; 31:8,16; Ul 23:4; Yos 13:22; Neh 13:2; Mi 6:5; 2Pet 2:15; 2Pet 2:15
· sungai Efrat: Kej 2:14; Kej 2:14
...
Ref. Silang FULL: Bil 22:6 - dan kutuk // dari negeri · dan kutuk: Bil 22:12,17; Bil 23:7,11,13; 24:9,10
· dari negeri: Bil 22:11
· dan kutuk: Bil 22:12,17; Bil 23:7,11,13; 24:9,10
· dari negeri: Bil 22:11
Ref. Silang FULL: Bil 22:9 - kepada Bileam // serta berfirman · kepada Bileam: Kej 20:3; Kej 20:3
· serta berfirman: Bil 22:20; Bil 23:5; 24:4,16
· kepada Bileam: Kej 20:3; [Lihat FULL. Kej 20:3]
· serta berfirman: Bil 22:20; Bil 23:5; 24:4,16
Ref. Silang FULL: Bil 22:17 - sangat banyak // dan serapahlah · sangat banyak: Bil 22:37; Bil 24:11
· dan serapahlah: Bil 22:6; Bil 22:6
Ref. Silang FULL: Bil 22:18 - Tuhan, Allahku · Tuhan, Allahku: Bil 22:38; Bil 23:12,26; 24:13; 1Raj 22:14; 2Taw 18:13; Yer 42:4
· Tuhan, Allahku: Bil 22:38; Bil 23:12,26; 24:13; 1Raj 22:14; 2Taw 18:13; Yer 42:4
Ref. Silang FULL: Bil 22:20 - kepada Bileam // Kufirmankan kepadamu · kepada Bileam: Kej 20:3; Kej 20:3
· Kufirmankan kepadamu: Bil 22:35,38; Bil 23:5,12,16,26; 24:13; 2Taw 18:13
· kepada Bileam: Kej 20:3; [Lihat FULL. Kej 20:3]
· Kufirmankan kepadamu: Bil 22:35,38; Bil 23:5,12,16,26; 24:13; 2Taw 18:13
Ref. Silang FULL: Bil 22:22 - bangkitlah murka // Malaikat Tuhan · bangkitlah murka: Kel 4:14; Kel 4:14
· Malaikat Tuhan: Kej 16:7; Kej 16:7; Hak 13:3,6,13
· bangkitlah murka: Kel 4:14; [Lihat FULL. Kel 4:14]
· Malaikat Tuhan: Kej 16:7; [Lihat FULL. Kej 16:7]; Hak 13:3,6,13
Ref. Silang FULL: Bil 22:23 - pedang terhunus // memukul keledai · pedang terhunus: Yos 5:13
· memukul keledai: Bil 22:25,27
· pedang terhunus: Yos 5:13
· memukul keledai: Bil 22:25,27
Ref. Silang FULL: Bil 22:28 - membuka mulut // tiga kali · membuka mulut: 2Pet 2:16
· tiga kali: Bil 22:32
Ref. Silang FULL: Bil 22:29 - kubunuh sekarang · kubunuh sekarang: Bil 22:33; Ul 25:4; Ams 12:10; 27:23-27; Mat 15:19
· kubunuh sekarang: Bil 22:33; Ul 25:4; Ams 12:10; 27:23-27; Mat 15:19
· menyingkapkan mata: Kej 21:19
Ref. Silang FULL: Bil 22:34 - telah berdosa · telah berdosa: Kej 39:9; Bil 14:40; 1Sam 15:24,30; 2Sam 12:13; 24:10; Ayub 33:27; Mazm 51:6
· telah berdosa: Kej 39:9; Bil 14:40; 1Sam 15:24,30; 2Sam 12:13; 24:10; Ayub 33:27; Mazm 51:6
Ref. Silang FULL: Bil 22:36 - Ketika Balak // sungai Arnon · Ketika Balak: Bil 22:2
· sungai Arnon: Bil 21:13; Bil 21:13
· dalam mulutku: Bil 23:5,16,26
· kambing domba: Bil 23:1,14,29; Yeh 45:23