kecilkan semua  

Teks -- Hakim-hakim 3:1-31 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Bangsa-bangsa asli yang dibiarkan tinggal di Kanaan
3:1 Inilah bangsa-bangsa yang dibiarkan TUHAN tinggal untuk mencobai orang Israel itu dengan perantaraan mereka, yakni semua orang Israel yang tidak mengenal perang Kanaan. 3:2 -- Maksudnya hanyalah, supaya keturunan-keturunan orang Israel yang tidak mengenal perang yang sudah-sudah, dilatih berperang oleh TUHAN. 3:3 Yang tinggal ialah kelima raja kota orang Filistin dan semua orang Kanaan, orang Sidon dan orang Hewi, yang mendiami pegunungan Libanon, dari gunung Baal-Hermon sampai ke jalan yang menuju ke Hamat. 3:4 Mereka itu ada di sana, supaya Ia mencobai orang Israel dengan perantaraan mereka untuk mengetahui, apakah mereka mendengarkan perintah yang diberikan TUHAN kepada nenek moyang mereka dengan perantaraan Musa. 3:5 Demikianlah orang Israel itu diam di tengah-tengah orang Kanaan, orang Het, orang Amori, orang Feris, orang Hewi dan orang Yebus. 3:6 Mereka mengambil anak-anak perempuan, orang-orang itu menjadi isteri mereka dan memberikan anak-anak perempuan mereka kepada anak-anak lelaki orang-orang itu, serta beribadah kepada allah orang-orang itu.
Otniel
3:7 Orang Israel melakukan apa yang jahat di mata TUHAN, mereka melupakan TUHAN, Allah mereka, dan beribadah kepada para Baal dan para Asyera. 3:8 Lalu bangkitlah murka TUHAN terhadap orang Israel, sehingga Ia menjual mereka kepada Kusyan-Risyataim, raja Aram-Mesopotamia dan orang Israel menjadi takluk kepada Kusyan-Risyataim delapan tahun lamanya. 3:9 Lalu berserulah orang Israel kepada TUHAN, maka TUHAN membangkitkan seorang penyelamat bagi orang Israel, yakni Otniel, anak Kenas adik Kaleb. 3:10 Roh TUHAN menghinggapi dia dan ia menghakimi orang Israel. Ia maju berperang, lalu TUHAN menyerahkan Kusyan-Risyataim, raja Aram, ke dalam tangannya, sehingga ia mengalahkan Kusyan-Risyataim. 3:11 Lalu amanlah negeri itu empat puluh tahun lamanya. Kemudian matilah Otniel anak Kenas.
Ehud
3:12 Tetapi orang Israel melakukan pula apa yang jahat di mata TUHAN; lalu Eglon, raja Moab, diberi TUHAN kuasa atas orang Israel, oleh sebab mereka telah melakukan apa yang jahat di mata TUHAN. 3:13 Raja ini mengajak bani Amon dan bani Amalek menjadi sekutunya. Lalu majulah ia dan memukul orang Israel kalah. Kota pohon korma diduduki mereka. 3:14 Delapan belas tahun lamanya orang Israel menjadi takluk kepada Eglon, raja Moab. 3:15 Lalu orang Israel berseru kepada TUHAN, maka TUHAN membangkitkan bagi mereka seorang penyelamat yakni Ehud, anak Gera, orang Benyamin, seorang yang kidal. Dengan perantaraannya orang Israel biasa mengirimkan upeti kepada Eglon, raja Moab. 3:16 Dan Ehud membuat pedang yang bermata dua, yang panjangnya hampir sehasta, disandangnyalah itu di bawah pakaiannya, pada pangkal paha kanannya. 3:17 Kemudian ia menyampaikan upeti kepada Eglon, raja Moab. Adapun Eglon itu seorang yang sangat gendut. 3:18 Setelah Ehud selesai menyampaikan upeti itu, disuruhnya pembawa-pembawa upeti itu pulang, 3:19 tetapi ia sendiri berhenti pada batu-batu berpahat yang di dekat Gilgal, dan kembali menghadap raja. Berkatalah ia: "Ada pesan rahasia yang kubawa untuk tuanku, ya raja." Kata Eglon: "Diamlah dahulu!" Maka semua orang yang berdiri di depannya itu pergi ke luar. 3:20 Lalu Ehud masuk mendapatkan dia, sedang ia duduk sendirian di kamar atas di rumah peranginannya. Berkatalah Ehud: "Ada firman Allah yang kubawa untuk tuanku." Lalu bangunlah ia berdiri dari tempat duduknya. 3:21 Kemudian Ehud mengulurkan tangan kirinya, dihunusnya pedang itu dari pangkal paha kanannya dan ditikamkannya ke perut raja, 3:22 sehingga hulunya beserta mata pedang itu masuk. Lemak menutupi mata pedang itu, sebab pedang itu tidak dicabutnya dari perut raja. Lalu keluarlah ia melalui pintu belakang. 3:23 Demikianlah Ehud sampai ke serambi; pintu kamar atas itu ditutup dan dikuncinya setelah ia keluar. 3:24 Baru saja ia keluar, datanglah hamba-hamba raja melihat, tetapi pintu kamar atas itu terkunci. Lalu berkatalah mereka: "Tentulah ia membuang air di kamar rumah peranginan itu." 3:25 Lalu mereka menunggu-nunggu sampai menjadi bingung, tetapi raja tidak membuka pintu kamar atas itu. Kemudian mereka mengambil kunci, membuka pintu, maka tampaklah tuan mereka mati tergeletak di lantai. 3:26 Sedang mereka berlambat-lambat, Ehud meloloskan diri; ia lewat dari batu-batu berpahat dan meloloskan diri ke arah Seira. 3:27 Setelah ia sampai ke sana, ditiupnyalah sangkakala di pegunungan Efraim, lalu turunlah orang Israel bersama-sama dengan dia dari pegunungan itu, dan ia sendiri di depan. 3:28 Berkatalah ia kepada mereka: "Ikutlah aku, sebab TUHAN telah menyerahkan musuhmu, orang-orang Moab itu, ke dalam tanganmu." Maka turunlah mereka mengikuti dia, lalu mereka merebut tempat penyeberangan sungai Yordan ke Moab dan tidak seorangpun dibiarkan mereka menyeberang. 3:29 Pada waktu itu mereka menewaskan kira-kira sepuluh ribu orang dari Moab, semuanya orang yang tegap dan tangkas, seorangpun tidak ada yang lolos. 3:30 Demikianlah pada hari itu Moab ditundukkan oleh Israel, maka amanlah tanah itu, delapan puluh tahun lamanya.
Samgar
3:31 Sesudah dia, bangkitlah Samgar bin Anat; ia menewaskan orang Filistin dengan tongkat penghalau lembu, enam ratus orang banyaknya. Demikianlah ia juga menyelamatkan orang Israel.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Amalek members of the nation of Amalek
 · Amon a son of Manasseh; the father of Josiah and an ancestor of Jesus,governor of the Town of Samaria under King Ahab,son and successor of King Manasseh,a man who, with his sons, were servants of Solomon
 · Amori members of a pre-Israel Semitic tribe from Mesopotamia
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anat father of Shamgar, a judge of Israel
 · Baal a pagan god,a title of a pagan god,a town in the Negeb on the border of Simeon and Judah,son of Reaiah son of Micah; a descendant of Reuben,the forth son of Jeiel, the Benjamite
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · bani Amalek members of the nation of Amalek
 · bani Amon the tribe/nation of people descended from Ben-Ammi, Lot's son,Territory of the tribe/nation of Ammon
 · bani Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · bani Het a person/people living in the land of Syro-Palestine
 · bani Moab resident(s) of the country of Moab
 · Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · Efraim the tribe of Ephraim as a whole,the northern kingdom of Israel
 · Eglon a town in the western foothills of Judah near Lachish,king of Moab
 · Ehud son of Bilhan son of Jediael son of Benjamin; a war chief,son of Gera (Bela Benjamin); a judge of Israel before King Saul
 · Fenisia the region ofeast Mediterranean coastal land from Arvad (modern Lebanon) south to Gaza,the coast land from Mt. Carmel north to the Orontes River
 · Filistea the country of the Philistines which was the coastal plain of southwestern Palestine
 · Filistin a sea people coming from Crete in 1200BC to the coast of Canaan
 · Galilea a place where Israel encamped between Jericho and the Jordan,a town between Dor and Tirza in the territory of Ephraim (YC),a town just north of Joppa, originally a military base (YC),a place 12 miles south of Shechem now called Jiljiliah (YC)
 · Gera son of Ehud the judge son of Gera I son Bela son of Benjamin.
 · Gilgal a place where Israel encamped between Jericho and the Jordan,a town between Dor and Tirza in the territory of Ephraim (YC),a town just north of Joppa, originally a military base (YC),a place 12 miles south of Shechem now called Jiljiliah (YC)
 · gunung Yebus resident(s) of the town of Jebus (Jerusalem)
 · Hamat a town on the west shore of Lake Galilee
 · Het a person/people living in the land of Syro-Palestine
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Kanaan an original resident of the land of Canaan,a resident of the region of Canaan
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · kaum suku Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · kaum-kaum orang Kanaan an original resident of the land of Canaan,a resident of the region of Canaan


Topik/Tema Kamus: Hakim Israel | Ehud | Hukum, Kitab | Otniel | Rumah | Hadiah | Hakim Yang Luar Biasa | Libanon | Sekutu, Persekutuan Dan Pergaulan | Orang Filistin | Orang Kanaan | Orang Hewi | Senjata Untuk Berperang | Hukum, Hukuman | Sungai Yordan | Samgar | Tangan | Orang Amon | Filistin | Orang Sidon | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Hak 3:6 - MENGAMBIL ANAK-ANAK PEREMPUAN ORANG-ORANG ITU. Nas : Hak 3:6 Perpaduan Israel dengan kebudayaan Kanaan melalui nikah campur nyaris menghancurkan identitas mereka sebagai umat Allah yang khusus. ...

Nas : Hak 3:6

Perpaduan Israel dengan kebudayaan Kanaan melalui nikah campur nyaris menghancurkan identitas mereka sebagai umat Allah yang khusus. Pernikahan dengan bangsa kafir sudah dilarang oleh perjanjian Israel dengan Tuhan (Kel 34:15-16; Ul 7:3-4; Yos 23:12-13). Kitab Hakim-Hakim mempertunjukkan dampak yang merusak dari kompromi Israel.

Full Life: Hak 3:7 - ORANG ISRAEL MELAKUKAN APA YANG JAHAT. Nas : Hak 3:7 Kitab Hakim-Hakim mencatat bahwa Israel mengalami enam siklus kemurtadan, perbudakan, berseru kepada Allah, pembebasan oleh Allah, da...

Nas : Hak 3:7

Kitab Hakim-Hakim mencatat bahwa Israel mengalami enam siklus kemurtadan, perbudakan, berseru kepada Allah, pembebasan oleh Allah, dan kemudian terjatuh kembali

(lihat cat. --> Hak 2:10).

[atau ref. Hak 2:10]

Peristiwa-peristiwa sejarah ini mengungkap beberapa kebenaran mendasar:

  1. 1) Kecenderungan alami umat Allah, bahkan setelah mengalami kebangunan dan pemulihan, adalah kemerosotan rohani kembali. Hanya iman yang sungguh-sungguh, rasa bersyukur yang tulus, usaha yang tekun untuk mencari wajah Allah, dan penolakan terus-menerus terhadap cara hidup fasik masyarakat kafir akan memungkinkan umat Allah memelihara kasih, visi, dan kemurnian mereka yang semula.
  2. 2) Sejarah keselamatan mengungkapkan umat yang enggan untuk belajar dan mengambil manfaat dari kemerosotan rohani dan dampak yang menyedihkan dari angkatan orang percaya sebelumnya.
  3. 3) Pemberontakan dan ketidakpercayaan bukan hal sepele; keduanya merupakan penghinaan terhadap Allah yang benar dan akan mendatangkan hukuman-Nya. Ketika umat Allah merendahkan atau berkompromi dalam hal standar-standar mereka yang berasal dari Allah, mereka akan kehilangan berkat-berkat yang dijanjikan dan kehadiran-Nya sebagai Bapa.
  4. 4) Allah adalah Allah yang bermurah hati, selalu siap untuk menanggapi seruan pertobatan umat-Nya. Dia senantiasa memungkinkan terjadinya suatu permulaan baru oleh kasih karunia melalui iman kepada-Nya

    (lihat art. PESAN KRISTUS KEPADA TUJUH JEMAAT).

Full Life: Hak 3:10 - ROH TUHAN MENGHINGGAPI DIA. Nas : Hak 3:10 Para hakim Israel diberi kuasa adikodrati oleh Roh Allah (bd. Gideon, Hak 6:34; Yefta, Hak 11:29; Simson, Hak 13:25; 14:6,19; Hak 15...

Nas : Hak 3:10

Para hakim Israel diberi kuasa adikodrati oleh Roh Allah (bd. Gideon, Hak 6:34; Yefta, Hak 11:29; Simson, Hak 13:25; 14:6,19; Hak 15:14); yaitu, mereka adalah pemimpin yang berkharisma. Dengan kemampuan rohani ini, mereka menerima kuasa dan hikmat yang diperlukan untuk melaksanakan hal-hal luar biasa bagi Allah dan Israel

(lihat cat. --> Hak 10:7).

[atau ref. Hak 10:7]

Full Life: Hak 3:21 - EHUD...DIHUNUSNYA PEDANG ITU. Nas : Hak 3:21 Tindakan Ehud bukan pembunuhan, tetapi suatu tindakan perang yang diperintahkan Allah secara langsung (ayat Hak 3:15). Di bawah perj...

Nas : Hak 3:21

Tindakan Ehud bukan pembunuhan, tetapi suatu tindakan perang yang diperintahkan Allah secara langsung (ayat Hak 3:15). Di bawah perjanjian yang baru, perang suci Israel sebagai suatu teokrasi telah digantikan dengan perang rohani melawan Iblis dan kekuatan setan-setan

(lihat cat. --> Rom 8:13;

lihat cat. --> Ef 6:11).

[atau ref. Rom 8:13; Ef 6:11]

Jerusalem: Hak 2:6--3:6 - -- Bagian ini merupakan kata pendahuluan kedua bagi kitab Hakim, yaitu bagi kumpulan riwayat-riwayat hakim masing-masing. Kata pendahuluan ini terdiri at...

Bagian ini merupakan kata pendahuluan kedua bagi kitab Hakim, yaitu bagi kumpulan riwayat-riwayat hakim masing-masing. Kata pendahuluan ini terdiri atas beberapa unsur. Bagian inti ialah Hak 2:11-19; dalam terbitan kitab yang pertama bagian ini kiranya langsung mendahului Hak 3:7 dst. Hak 2:6-10 kemudian ditambahkan dan langsung menghubungkan kitab Hakim dengan kitab Yosua; memang Hak 2:6-10 mengulangi ayat-ayat penghabisan kitab Yos (24:28-31), sama seperti Ezr 1:1-3 mengulangi 2Ta 36:22-23, Hak 2:20-3:6 ditambah pada Hak 2:11-19 dengan maksud menjelaskan mengapa tetap ada bangsa-bangsa asing di tengah-tengah bangsa Israel.

Jerusalem: Hak 2:20--3:6 - -- Menurut keterangan yang tercantum dalam Hak 2:11-15 (bdk juga Hak 2:3) bangsa-bangsa asing dibiarkan Allah di negeri Kanaan untuk menghukum ketidakset...

Menurut keterangan yang tercantum dalam Hak 2:11-15 (bdk juga Hak 2:3) bangsa-bangsa asing dibiarkan Allah di negeri Kanaan untuk menghukum ketidaksetiaan Israel. Di sini bangsa-bangsa itu menjadi alat di tangan Tuhan untuk mencobai kesetiaan umatNya, Hak 2:22-23; 3:1 dan Hak 4. Sisipan yang terdapat dalam Hak 3:2 masih menyajikan keterangan lain: maksud tinggalnya bangsa-bangsa itu ialah mempertahankan semangat berjuang. Keterangan-keterangan lain lagi disajikan dalam Kel 23:29 dan Ula 7:22, yaitu: tanah tidak boleh dibiarkan kepada binatang-binatang liar. Wis 12:3-22 menjelaskan bahwa Allah mau memberikan kepada bangsa-bangsa itu kesempatan untuk bertobat.

Jerusalem: Hak 3:3 - orang Hewi Ini agaknya salah tulis dalam naskah Ibrani sehingga perlu diperbaiki menjadi: orang Het, bdk Yos 11:3; 2Sa 24:6.

Ini agaknya salah tulis dalam naskah Ibrani sehingga perlu diperbaiki menjadi: orang Het, bdk Yos 11:3; 2Sa 24:6.

Jerusalem: Hak 3:7 - Orang Israel Di sini mulailah rangkaian riwayat-riwayat Hakim-hakim. mengenai gelar itu bdk Hak 2:16+

Di sini mulailah rangkaian riwayat-riwayat Hakim-hakim. mengenai gelar itu bdk Hak 2:16+

Jerusalem: Hak 3:8 - Kusyan-Risyataim Nama itu berarti: Kusyan yang kejahatannya rangkap dua. Ini kiranya sebuah nama tua yang disengaja dirubah untuk menghina.

Nama itu berarti: Kusyan yang kejahatannya rangkap dua. Ini kiranya sebuah nama tua yang disengaja dirubah untuk menghina.

Jerusalem: Hak 3:12-30 - -- Ceritera mengenai Ehud ini berlatar belakang sbb: Orang Moab sudah melangkahi anak sungai Arnon dan menduduki "dataran Moab". Mereka juga sudah menyeb...

Ceritera mengenai Ehud ini berlatar belakang sbb: Orang Moab sudah melangkahi anak sungai Arnon dan menduduki "dataran Moab". Mereka juga sudah menyeberangi sungai Yordan, sebab raja mereka berkediaman di Yerikho (Kota Pohon Korma). Dengan demikian orang Moab sudah berada di wilayah suku Benyamin. Perambatan Moab tsb berhubungan dengan kemerosotan suku Ruben pada awal zaman para Hakim. Penyusun kitab Hakim tidak banyak menambah pada ceritera asli. Tangannya terasa dalam Hak 3:12,15 dan Hak 3:30. Ia memakai sebuah ceritera yang mungkin beredar di Gilgal, Hak 3:19. Dengan senang hati dan tanpa penilaian moril ceritera ini mengisahkan akal yang dipakai Ehud, orang Benyamin. Hak 3:27-29 memperluas kegiatan Ehud sehingga merangkum seluruh Israel. Ini ditambah pada ceritera asli.

Jerusalem: Hak 3:19 - batu-batu berpahat Yang dimaksudkan kiranya berhala-berhala. Jelaslah batu-batu itu dikenalkan baik oleh penduduk setempat, sehingga dipakai sebagai petunjuk tempat. Kit...

Yang dimaksudkan kiranya berhala-berhala. Jelaslah batu-batu itu dikenalkan baik oleh penduduk setempat, sehingga dipakai sebagai petunjuk tempat. Kita tidak tahu berhala macam apa batu-batu itu, tetapi pasti tidak dimaksudkan batu-batu yang ditegakkan Yosua, Yos 4:19-20, yang tidak disebut "batu-batu berpahat" (berhala-berhala).

Jerusalem: Hak 3:22 - sehingga hulunya.... Hak 3:22-23 dalam naskah Ibrani kurang jelas dan beberapa kata yang dipakai tidak diketahui artinya. Terjemahan Indonesia ini bersandar pada terjemaha...

Hak 3:22-23 dalam naskah Ibrani kurang jelas dan beberapa kata yang dipakai tidak diketahui artinya. Terjemahan Indonesia ini bersandar pada terjemahan Yunani.

Jerusalem: Hak 3:24 - membuang air Harafiah: menutup kakinya. Ini ungkapan halus yang berarti: membuang air.

Harafiah: menutup kakinya. Ini ungkapan halus yang berarti: membuang air.

Jerusalem: Hak 3:31 - -- Catatan mengenai Samgar ini adalah sebuah sisipan, bdk Hak 4:1, yang menyambung ceritera tentang Ehud. Nama Samgar adalah nama asing dan ia rupanya be...

Catatan mengenai Samgar ini adalah sebuah sisipan, bdk Hak 4:1, yang menyambung ceritera tentang Ehud. Nama Samgar adalah nama asing dan ia rupanya berasal dari Bet-Anat yang terletak di Galilea yang tetap dikuasai orang Kanaan, Hak 1:33. Adapun sebabnya mengapa Samgar dimasukkan ke dalam rangkaian para Hakim ialah Hak 5:6 yang disalahartikan.

Ende: Hak 2:6--3:6 - -- Pendahuluan jang kedua ini memberi keterangan, mengapa sedjarah Israil pada djaman para Hakim demikian malangnja. Israil tak setia pada Jahwe, maka ia...

Pendahuluan jang kedua ini memberi keterangan, mengapa sedjarah Israil pada djaman para Hakim demikian malangnja. Israil tak setia pada Jahwe, maka ia mesti dihukum. Karena pertobatannja lalu tidak sungguh2, maka jang sama terus diulang sadja, meskipun Jahwe tempo2 menolong dan menjelamatkan.

Ende: Hak 3:5-6 - Israil tetap tinggal ditengah orang2 Kena'an.....dst. melukiskan keadaan jang sebenarnja. Suku Israil menduduki sedikit tanah sadja dan lebih kurang bergantung pada bangsa2 aseli serta dikuasai olehnja. I...

melukiskan keadaan jang sebenarnja. Suku Israil menduduki sedikit tanah sadja dan lebih kurang bergantung pada bangsa2 aseli serta dikuasai olehnja. Israil djuga bertjampur-baur dengan penduduk kafir. Pada gilirannja itu mengkibatkan pertjampuran agama Jahwe dengan agama kafir itu.

Ende: Hak 3:7-10 - -- Dengan tjontoh ini (dan jang ber-ikut2 pula) si penjusun membuktikan kebenaran adjaran, jang dibentangkannja dalam Hak 2:10-19.

Dengan tjontoh ini (dan jang ber-ikut2 pula) si penjusun membuktikan kebenaran adjaran, jang dibentangkannja dalam Hak 2:10-19.

Ende: Hak 3:7 - Asjera ialah 'Asjtoret dan menundjuk baik dewi itu sendiri maupun tugu angkar jang mendjadi lambangnja. Seringkali berarti hanja tugu angkar itu:

ialah 'Asjtoret dan menundjuk baik dewi itu sendiri maupun tugu angkar jang mendjadi lambangnja. Seringkali berarti hanja tugu angkar itu:

Ende: Hak 3:10 - Roh Jahwe jang menuruni 'Otniel (dan hakim2 lainnja) ialah tenaga ilahi jang chas, jang memampukannja untuk melakukan tugas chusus, perbuatan2 jang gagah. Makan...

jang menuruni 'Otniel (dan hakim2 lainnja) ialah tenaga ilahi jang chas, jang memampukannja untuk melakukan tugas chusus, perbuatan2 jang gagah. Makanja siapa jang sesungguhnja menjelamatkan ialah Jahwe sendiri.

Ende: Hak 3:13 - Kota Kurma disini pasti Jeriho. Djadi kota ini telah dibangun kembali dan didiami oleh Israil, kendati kutuk Josjua'? Atau adalah maksudnja hanja daerah Jeriho?

disini pasti Jeriho. Djadi kota ini telah dibangun kembali dan didiami oleh Israil, kendati kutuk Josjua'? Atau adalah maksudnja hanja daerah Jeriho?

Ende: Hak 3:14 - -- Sebenarnja hanja satu suku sadja jang ditindas. Tetapi "bila satu anggota menderita, maka seluruh badan menderita". Dibidang keagamaan semua suku adal...

Sebenarnja hanja satu suku sadja jang ditindas. Tetapi "bila satu anggota menderita, maka seluruh badan menderita". Dibidang keagamaan semua suku adalah satu bangsa sadja.

Ende: Hak 3:22-23 - -- Tjara Ehud melarikan diri, kurang djelas dalam ajat2 ini. Beberapa kata Hibrani tidak diketahui maknanja.

Tjara Ehud melarikan diri, kurang djelas dalam ajat2 ini. Beberapa kata Hibrani tidak diketahui maknanja.

Endetn: Hak 3:10 - Edom (2x), diperbaiki Tertulis: "Aram Naharim, Aram".

(2x), diperbaiki Tertulis: "Aram Naharim, Aram".

Endetn: Hak 3:13 - menduduki diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Latin (Vlg.). Tertulis djamak.

diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Latin (Vlg.). Tertulis djamak.

Endetn: Hak 3:25 - ber-nanti2 diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "sakit (beranak)".

diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "sakit (beranak)".

Endetn: Hak 3:28 - ikutilah aku diperbaiki sesuai dengan terdjemahan Junani. Tertulis: "marahlah".

diperbaiki sesuai dengan terdjemahan Junani. Tertulis: "marahlah".

Ref. Silang FULL: Hak 3:1 - untuk mencobai · untuk mencobai: Kel 15:25; Kel 15:25

· untuk mencobai: Kel 15:25; [Lihat FULL. Kel 15:25]

Ref. Silang FULL: Hak 3:3 - ialah kelima // orang Filistin // orang Hewi // gunung Baal-Hermon // ke Hamat · ialah kelima: Yos 13:3; Yos 13:3 · orang Filistin: Kej 10:14; Kej 10:14 · orang Hewi: Kej 10:17; Kej 10:17; Kel 3:8; Kel 3:8 &m...

· ialah kelima: Yos 13:3; [Lihat FULL. Yos 13:3]

· orang Filistin: Kej 10:14; [Lihat FULL. Kej 10:14]

· orang Hewi: Kej 10:17; [Lihat FULL. Kej 10:17]; Kel 3:8; [Lihat FULL. Kel 3:8]

· gunung Baal-Hermon: Ul 3:8; [Lihat FULL. Ul 3:8]

· ke Hamat: Bil 13:21; [Lihat FULL. Bil 13:21]

Ref. Silang FULL: Hak 3:4 - Ia mencobai · Ia mencobai: Kel 15:25; Kel 15:25

· Ia mencobai: Kel 15:25; [Lihat FULL. Kel 15:25]

Ref. Silang FULL: Hak 3:5 - itu diam // orang Feris // orang Yebus · itu diam: Mazm 106:35 · orang Feris: Yos 3:10; Yos 3:10 · orang Yebus: Yos 11:3; Yos 11:3; Ezr 9:1

· itu diam: Mazm 106:35

· orang Feris: Yos 3:10; [Lihat FULL. Yos 3:10]

· orang Yebus: Yos 11:3; [Lihat FULL. Yos 11:3]; Ezr 9:1

Ref. Silang FULL: Hak 3:6 - anak-anak perempuan // kepada allah // kepada allah · anak-anak perempuan: Ezr 10:18; Neh 13:23; Mal 2:11 · kepada allah: Kel 34:16; Kel 34:16; Ul 7:3-4 · kepada allah: Ul 7:16; Ul ...

· anak-anak perempuan: Ezr 10:18; Neh 13:23; Mal 2:11

· kepada allah: Kel 34:16; [Lihat FULL. Kel 34:16]; Ul 7:3-4

· kepada allah: Ul 7:16; [Lihat FULL. Ul 7:16]

Ref. Silang FULL: Hak 3:7 - melupakan Tuhan // para Asyera · melupakan Tuhan: Ul 4:9; Ul 32:18; Ul 32:18; Hak 8:34; Mazm 78:11,42; 106:7; Yer 23:27 · para Asyera: Kel 34:13; Kel 34:13; Hak 2:11...

· melupakan Tuhan: Ul 4:9; Ul 32:18; [Lihat FULL. Ul 32:18]; Hak 8:34; Mazm 78:11,42; 106:7; Yer 23:27

· para Asyera: Kel 34:13; [Lihat FULL. Kel 34:13]; Hak 2:11,13; [Lihat FULL. Hak 2:11]; [Lihat FULL. Hak 2:13]; 1Raj 16:33; 2Taw 34:7; Yes 17:8

Ref. Silang FULL: Hak 3:8 - Ia menjual // kepada Kusyan-Risyataim // raja Aram-Mesopotamia · Ia menjual: Hak 2:14; Mazm 44:13; Yes 50:1; 52:3 · kepada Kusyan-Risyataim: Hak 3:10 · raja Aram-Mesopotamia: Kej 24:10; Kej 24...

· Ia menjual: Hak 2:14; Mazm 44:13; Yes 50:1; 52:3

· kepada Kusyan-Risyataim: Hak 3:10

· raja Aram-Mesopotamia: Kej 24:10; [Lihat FULL. Kej 24:10]

Ref. Silang FULL: Hak 3:9 - Lalu berserulah // seorang penyelamat // yakni Otniel · Lalu berserulah: Hak 3:15; Hak 6:6,7; 10:10; 1Sam 12:10; Mazm 106:44; 107:13 · seorang penyelamat: Ul 28:29; Ul 28:29; Neh 9:27 &middo...

· Lalu berserulah: Hak 3:15; Hak 6:6,7; 10:10; 1Sam 12:10; Mazm 106:44; 107:13

· seorang penyelamat: Ul 28:29; [Lihat FULL. Ul 28:29]; Neh 9:27

· yakni Otniel: Yos 15:17; [Lihat FULL. Yos 15:17]

Ref. Silang FULL: Hak 3:10 - menghinggapi dia // menyerahkan Kusyan-Risyataim // raja Aram · menghinggapi dia: Bil 11:25; Bil 11:25; Hak 6:34; 11:29; 13:25; 14:6,19; 15:14; 1Sam 11:6; 16:13; 1Raj 18:46; 1Taw 12:18; 2Taw 24:20; Yes 11:...

· menghinggapi dia: Bil 11:25; [Lihat FULL. Bil 11:25]; Hak 6:34; 11:29; 13:25; 14:6,19; 15:14; 1Sam 11:6; 16:13; 1Raj 18:46; 1Taw 12:18; 2Taw 24:20; Yes 11:2

· menyerahkan Kusyan-Risyataim: Hak 3:8

· raja Aram: Kej 10:22; [Lihat FULL. Kej 10:22]

Ref. Silang FULL: Hak 3:11 - Lalu amanlah // puluh tahun // anak Kenas · Lalu amanlah: Hak 3:30; Yos 14:15; Yos 14:15; Hak 5:31; 8:28 · puluh tahun: Kel 16:35; Kel 16:35 · anak Kenas: Yos 15:17; Yos 1...

· Lalu amanlah: Hak 3:30; Yos 14:15; [Lihat FULL. Yos 14:15]; Hak 5:31; 8:28

· puluh tahun: Kel 16:35; [Lihat FULL. Kel 16:35]

· anak Kenas: Yos 15:17; [Lihat FULL. Yos 15:17]

Ref. Silang FULL: Hak 3:12 - mata Tuhan // raja Moab · mata Tuhan: Hak 2:11,14; Hak 2:11; Hak 2:14 · raja Moab: 1Sam 12:9

· mata Tuhan: Hak 2:11,14; [Lihat FULL. Hak 2:11]; [Lihat FULL. Hak 2:14]

· raja Moab: 1Sam 12:9

Ref. Silang FULL: Hak 3:13 - bani Amon // bani Amalek // Pohon Korma · bani Amon: Kej 19:38; Kej 19:38; Hak 10:11 · bani Amalek: Kej 14:7; Kej 14:7 · Pohon Korma: Hak 1:16; Hak 1:16

· bani Amon: Kej 19:38; [Lihat FULL. Kej 19:38]; Hak 10:11

· bani Amalek: Kej 14:7; [Lihat FULL. Kej 14:7]

· Pohon Korma: Hak 1:16; [Lihat FULL. Hak 1:16]

Ref. Silang FULL: Hak 3:14 - raja Moab · raja Moab: Yer 48:1

· raja Moab: Yer 48:1

Ref. Silang FULL: Hak 3:15 - seorang penyelamat // yakni Ehud // yang kidal // mengirimkan upeti · seorang penyelamat: Hak 3:9; Hak 3:9 · yakni Ehud: Hak 3:16; Hak 4:1 · yang kidal: Hak 20:16; 1Taw 12:2 · mengirimkan up...

· seorang penyelamat: Hak 3:9; [Lihat FULL. Hak 3:9]

· yakni Ehud: Hak 3:16; Hak 4:1

· yang kidal: Hak 20:16; 1Taw 12:2

· mengirimkan upeti: Hak 3:17,18; 2Sam 8:2,6; 1Raj 4:21; 2Raj 17:3; Est 10:1; Mazm 68:30; 72:10; 89:23; Pengkh 2:8; Yes 60:5; Hos 10:6

Ref. Silang FULL: Hak 3:16 - Dan Ehud · Dan Ehud: Hak 3:15; Hak 3:15

· Dan Ehud: Hak 3:15; [Lihat FULL. Hak 3:15]

Ref. Silang FULL: Hak 3:17 - menyampaikan upeti // sangat gendut · menyampaikan upeti: Hak 3:15; Hak 3:15 · sangat gendut: Ayub 15:27; Mazm 73:4

· menyampaikan upeti: Hak 3:15; [Lihat FULL. Hak 3:15]

· sangat gendut: Ayub 15:27; Mazm 73:4

Ref. Silang FULL: Hak 3:20 - rumah peranginannya // ia berdiri · rumah peranginannya: Am 3:15 · ia berdiri: Neh 8:6

· rumah peranginannya: Am 3:15

· ia berdiri: Neh 8:6

Ref. Silang FULL: Hak 3:21 - dihunusnya pedang · dihunusnya pedang: 2Sam 2:16; 3:27; 20:10

· dihunusnya pedang: 2Sam 2:16; 3:27; 20:10

Ref. Silang FULL: Hak 3:24 - membuang air · membuang air: 1Sam 24:4

· membuang air: 1Sam 24:4

Ref. Silang FULL: Hak 3:25 - menjadi bingung · menjadi bingung: 2Raj 2:17; 8:11

· menjadi bingung: 2Raj 2:17; 8:11

Ref. Silang FULL: Hak 3:27 - ditiupnyalah sangkakala · ditiupnyalah sangkakala: Im 25:9; Im 25:9; Hak 6:34; 7:18; 2Sam 2:28; Yes 18:3; Yer 42:14

· ditiupnyalah sangkakala: Im 25:9; [Lihat FULL. Im 25:9]; Hak 6:34; 7:18; 2Sam 2:28; Yes 18:3; Yer 42:14

Ref. Silang FULL: Hak 3:28 - orang-orang Moab // dalam tanganmu // sungai Yordan · orang-orang Moab: Kej 19:37; Kej 19:37 · dalam tanganmu: Yos 2:24; Yos 2:24; Hak 1:2; Hak 1:2 · sungai Yordan: Bil 13:29; Bil 1...

· orang-orang Moab: Kej 19:37; [Lihat FULL. Kej 19:37]

· dalam tanganmu: Yos 2:24; [Lihat FULL. Yos 2:24]; Hak 1:2; [Lihat FULL. Hak 1:2]

· sungai Yordan: Bil 13:29; [Lihat FULL. Bil 13:29]; Yos 2:7; [Lihat FULL. Yos 2:7]

Ref. Silang FULL: Hak 3:30 - itu Moab // maka amanlah · itu Moab: Kej 36:35; Kej 36:35 · maka amanlah: Hak 3:11; Hak 3:11

· itu Moab: Kej 36:35; [Lihat FULL. Kej 36:35]

· maka amanlah: Hak 3:11; [Lihat FULL. Hak 3:11]

Ref. Silang FULL: Hak 3:31 - bin Anat // orang Filistin // enam ratus · bin Anat: Hak 5:6 · orang Filistin: Yos 13:2; Hak 10:11; 13:1; 1Sam 5:1; 31:1; 2Sam 8:1; Yer 25:20; 47:1 · enam ratus: Yos 23:1...

· bin Anat: Hak 5:6

· orang Filistin: Yos 13:2; Hak 10:11; 13:1; 1Sam 5:1; 31:1; 2Sam 8:1; Yer 25:20; 47:1

· enam ratus: Yos 23:10; [Lihat FULL. Yos 23:10]

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Hak 3:1-7 - Penyembahan Berhala Orang Israel Di dalam pasal ini, I. Penjelasan umum tentang musuh-musuh Israel disajikan sebagai pengantar, dan tentang kejahatan yang ditimbulkan...

Matthew Henry: Hak 3:8-11 - Pemerintahan Otniel Pemerintahan Otniel (3:8-11) Sekarang kita sampai pada catatan tentang pemerintahan hakim-hakim tertentu. Yang pertama adalah Otniel, yang dalam di...

Matthew Henry: Hak 3:12-30 - Israel Ditindas oleh Eglon; Eglon Dibunuh oleh Ehud Israel Ditindas oleh Eglon; Eglon Dibunuh oleh Ehud (3:12-30) Ehud adalah hakim berikutnya yang pencapaian-pencapaiannya diceritakan dalam sejarah ...

Matthew Henry: Hak 3:31 - Samgar Menewaskan Enam Ratus Orang Filistin Samgar Menewaskan Enam Ratus Orang Filistin (3:31) Ketika dikatakan bahwa amanlah tanah itu, delapan puluh tahun lamanya, sebagian penafsir berpend...

SH: Hak 3:1-6 - Batu Ujian. (Sabtu, 4 Oktober 1997) Batu Ujian. Bangsa-bangsa asli yang dibiarkan Tuhan tinggal di Kanaan merupakan batu ujian bagi iman dan kesetiaan Israel. Keberadaan mereka memang d...

SH: Hak 3:1-11 - Berjuang melawan dosa (Jumat, 18 April 2008) Berjuang melawan dosa Tindakan keras Tuhan menghukum umat-Nya bukan semata-mata untuk kebinasaan mereka, tetapi juga untuk membentuk mereka menj...

SH: Hak 3:1-6 - Dilatih oleh Allah (Senin, 19 Agustus 2013) Dilatih oleh Allah Secara naluriah, setiap manusia mencari kesenangan serta kenyamanan dan akan berusaha sebisa mungkin untuk menghindari berbagai ke...

SH: Hak 3:1-6 - Waspada Iman (Jumat, 17 Juli 2020) Waspada Iman Hidup di zaman milenial ini bisa membawa manusia ke atas puncak kenikmatan dan kesenangan. Materi, sarana, fasilitas, hiburan, makanan, ...

SH: Hak 3:7-31 - Tidak jera (Minggu, 5 Oktober 1997) Tidak jera Berulang kali bangsa Israel melakukan hal yang sama. Perbuatan itu jahat, sebab mereka melupakan Tuhan Allah mereka yang hidup, lalu berib...

SH: Hak 3:7-11 - Dipenuhi Roh untuk berkarya (Selasa, 20 Agustus 2013) Dipenuhi Roh untuk berkarya Belenggu yang mengikat orang Israel semakin kuat dan keadaan mereka semakin buruk. Setelah melupakan Tuhan dan beribadah ...

SH: Hak 3:7-11 - Pendekar Kebenaran (Sabtu, 18 Juli 2020) Pendekar Kebenaran Ada dosa yang sifatnya pribadi, yakni kejahatan-kejahatan yang dilakukan secara personal. Ada juga dosa yang dilakukan secara komu...

SH: Hak 3:12-31 - Otoritas Tuhan (Sabtu, 19 April 2008) Otoritas Tuhan Tuhan tidak membiarkan umat-Nya bermain-main dengan dosa. Sepeninggal Otniel, Israel kembali "melakukan apa yang jahat di ma...

SH: Hak 3:12-31 - Dipilih dan dipakai Tuhan (Rabu, 21 Agustus 2013) Dipilih dan dipakai Tuhan Kemerosotan bangsa Israel dilukiskan dengan gambaran sebagai bangsa yang melakukan apa yang jahat di mata Tuhan (12). Murka...

SH: Hak 3:12-31 - Karya-Nya dalam Kelemahanku (Minggu, 19 Juli 2020) Karya-Nya dalam Kelemahanku Nicholas James Vujicic lahir dengan kondisi tanpa lengan dan kaki karena Sindrom Tetra-Amelia. Awalnya, ia sulit menerima...

Topik Teologia: Hak 3:7 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Allah Dosa-dosa Ketidakpercayaan Melupakan Allah Ula 8:11-14 Ula 32:18 Hak 3:7-8 Hak 8:33-34 ...

Topik Teologia: Hak 3:9 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Berkomunikasi dengan Allah Berdoa kepada Allah Unsur-unsur Doa Permohonan...

Topik Teologia: Hak 3:10 - -- Roh Kudus Sifat Ilahi Roh Kudus Roh Menggerakkan dan Menguatkan Hakim-hakim Hak 3:10 Hak 6:34 Hak 11:29 Hak 13:24-25 ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak Diketahui Tema : Kemurtadan dan Pembebasan Tanggal Penulisan: Sekitar tahun 1050 -- 1000 SM Latar Belakang Kit...

Full Life: Hakim-hakim (Garis Besar) Garis Besar I. Ketidaktaatan dan Kemurtadan Israel Diperkenalkan (Hak 1:1-3:6) A. Israel Gagal Membersihkan Kanaan ...

Matthew Henry: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) Kitab ini dalam bahasa Ibrani disebut Syefer Syoftim, yaitu Kitab Hakim-hakim, yang dalam Alkitab terjemahan bahasa Aram dan bahasa Arab lebih dipe...

Ende: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) HAKIM-HAKIM PENDAHULUAN Kitab “Hakim2” mendapat namanja dari tokoh2 jang memainkan peranan utama dalam kisah jang dikumpulkan dalam kitab ini.sedj...

TFTWMS: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) TERIMALAH PENDERITAAN SEBAGAI PENDISIPLINAN APAKAH MAKSUDNYA? (HAKIM-HAKIM 3) Dalam Hakim-Hakim 3, penulis mulai membahas pelbagai kisah khusus yang...

TFTWMS: Hakim-hakim (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Max Lucado, On The Anvil (Wheaton, Ill.: Tyndale House Publishers, 1985), 50. Pengarang: Bruce McClarty Hak Cipta © 2011 pada ...

BIS: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) HAKIM-HAKIM PENGANTAR Buku Hakim-hakim berisi kisah-kisah dari suatu zaman dalam sejarah Israel sebelum bangsa itu menjadi suatu kerajaan. Itulah za

HAKIM-HAKIM

PENGANTAR

Buku Hakim-hakim berisi kisah-kisah dari suatu zaman dalam sejarah Israel sebelum bangsa itu menjadi suatu kerajaan. Itulah zaman antara pendudukan Kanaan dan berdirinya kerajaan Israel. Kisah-kisah tersebut adalah mengenai hal-hal yang dilakukan oleh pahlawan-pahlawan bangsa. Mereka lazimnya disebut hakim, tetapi kebanyakan dari mereka sebenarnya adalah pemimpin-pemimpin militer, dan bukan hakim menurut arti yang biasa. Salah seorang dari para pahlawan itu, yang sangat terkenal, ialah Simson. Kisahnya terdapat dalam Pasal 13-16 (Hak 13:1-16:31).

Ajaran utama dari buku ini ialah bahwa hanya dengan setia kepada Tuhan, umat Israel dapat bertahan terus; tetapi bila mereka meninggalkan Tuhan, mereka selalu mendapat kesukaran besar. Namun dalam masa yang demikian pun Allah selalu bersedia menolong umat-Nya apabila mereka bertobat dari dosa-dosa mereka dan beribadat kepada Allah.

Isi

  1.  Peristiwa-peristiwa yang terjadi sampai pada kematian Yosua
    Hak 1:1-2:10
  2.  Pemimpin-pemimpin Israel
    Hak 2:11-16:31
  3.  Berbagai-bagai peristiwa
    Hak 17:1-21:25

Ajaran: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan melihat isi kitab Hakim-hakim setiap anggota jemaat mengerti akan kebesaran kasih Allah dalam mengampuni umat-Nya, yang hidup d

Tujuan

Supaya dengan melihat isi kitab Hakim-hakim setiap anggota jemaat mengerti akan kebesaran kasih Allah dalam mengampuni umat-Nya, yang hidup dalam perbuatan dosa. Dan sekaligus melihat keadilan Allah dalam menghukum perbuatan-perbuatan dosa.

Pendahuluan

Penulis : Penulis kitab Hakim-hakim tidak disebutkan dengan jelas, tetapi ada kemungkinan penulisnya adalah Samuel.

Isi Kitab: Kitab Hakim-hakim terdiri dari 21 pasal. Kitab Hakim-hakim menceritakan keadaan umat Allah yang hidup dengan menuruti kemauannya sendiri dan memperlihatkan keadaan umat-Nya yang melupakan Dia.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Hakim-hakim

  1. Pasal 1-3 (Hak 1:1-3:4).

    Keadaan bangsa Israel sesudah kematian Yosua Dalam bagian pertama ini terlihat suatu putaran yang terjadi dalam kehidupan bangsa ini. Mereka berbuat dosa sehingga Tuhan memberikan hukuman. Di dalam penderitaan mereka berteriak minta tolong, maka Tuhan menjawab doa mereka dengan mengutus hakim-hakim untuk memimpin dan melindungi mereka. Tetapi setelah hakim itu mati, mereka berbuat jahat lagi. Oleh karena itu Tuhan memberi hukuman lagi supaya mereka harus tetap menurut jalan yang dikehendaki oleh Tuhan.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Hak 2:6-14. Mengapakah bangsa Israel dihukum oleh Allah? Dan apakah hukumannya?
    2. Bacalah pasal Hak 2:16-19. Apakah maksud Tuhan dengan memberikan hakim-hakim pada umat-Nya? Dan bagaimanakah perbuatan umat Allah ini setelah Haki tersebut mati?
  2. Pasal 3-16 (Hak 3:5-16:31).

    Riwayat Hakim-hakim dan pekerjaannya

    Hakim-hakim yang diutus oleh Tuhan berjumlah 12 orang. Ada 6 hakim besar yaitu yang menghasilkan banyak kemenangan. Mereka itu adalah Otniel, Ehud, Debora, Gideon, Jefta dan Simson. Ada juga 6 hakim kecil yang menghasilkan kemenangan tapi tidak banyak yang tertulis mengenai mereka. Mereka itu adalah Samgar, Tola, Yair, Ebzan, Elon dan Abdon.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Hak 6:14. Melalui panggilan Gideon ini, apakah pekerjaan yan ditugaskan oleh Allah kepada Hakim-hakim?
    2. Apakah persoalan yang menjadi dasar bangsa Israe menderita? (Hak 8:33-34).
  3. Pasal 17-21 (Hak 17:1-21:25).

    Dua contoh kehidupan umat Allah, dalam perbuatan yang bejat

    Bagian ini menjelaskan tentang: pertama, perbuatan Mikha dengan patungannya, yang mengakibatkan bangsa Israel menyembah berhala.

    Dan kedua, dosa perzinahan yang sangat keji dari suku Benyamin, yang mengakibatkan terjadi perang saudara di antara bangsa Israel.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Hak 18:24,31. Berilah pendapat saudara terhadap perkataan pemili patung dalam pasal Hak 18:24.
    2. Bacalah pasal Hak 20:1-11. Apakah perbuatan dosa itu? Dan apakah akibatnya?

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Kitab Hakim-hakim mengajarkan kegagalan umat Allah dalam mentaati perjanjiannya kepada Allah dan akibat yang harus mereka alami dari ketidaktaatan itu.

  2. Walaupun Allah melihat umat-Nya gagal dalam berjalan mengikut Dia karena ketidaktaatan, tetapi Dia tetap mengasihi umat-Nya dengan memberi penyelamatan untuk berdiri dari kejatuhannya.

  3. Penderitaan kadang kala merupakan cara Allah mengajar umat-Nya yang tidak mau taat kepada-Nya.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis kitab Hakim-hakim?
  2. Apakah isi kitab Hakim-hakim?
  3. Siapakah nama Hakim-hakim umat Allah?
  4. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan dari mempelajari kita Hakim-hakim?

Intisari: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) Lingkaran Dosa HAKIM-HAKIMHakim-hakim merupakan kitab yang penting karena memberikan gambaran mengenai hubungan antara Yosua, yang memimpin bangsa Is

Lingkaran Dosa

HAKIM-HAKIM
Hakim-hakim merupakan kitab yang penting karena memberikan gambaran mengenai hubungan antara Yosua, yang memimpin bangsa Israel masuk ke Kanaan, dengan Saul, Daud dan raja-raja Israel lainnya. Selama masa hakim-hakim, Israel lambat laun belajar untuk menjadi suatu bangsa dan bukan lagi sebagai dua belas suku yang berdiri sendiri-sendiri.

PENULISNYA
Kita tidak tahu siapa penulis kitab itu. Mungkin juga dikumpulkan dari catatan-catatan pada masa itu dan lama sesudahnya baru diterbitkan. Tiga kali dinyatakan dalam kitab itu bahwa "pada masa itu Israel tidak mempunya raja" (Hak 17:6; 18:1; 21:25), hal ini mengisyaratkan bahwa kitab itu diterbitkan beberapa waktu sesudah kerajaan dibentuk.

SIAPA HAKIM-HAKIM ITU?
Judul kitab itu agak membingungkan, karena kedua belas "hakim-hakim" itu tidak semata-mata mengurusi masalah hukum; mereka adalah para pangeran yang diilhami oleh Roh Kudus untuk memberikan semacam kepemimpinan karismatis pada saat-saat diperlukan. Ada dua belas hakim, dan yang menarik ialah bahwa Yefta menyebut Allah sebagai "Tuhan, Hakim" (Hak 11:27), memakai panggilan yang sama seperti yang diberikan kepada para hakim. Mereka menyadari bahwa mereka dipimpin oleh kuasa ilahi dan bukan semata-mata pilihan manusia.

LINGKARAN DOSA
Kitab ini terdiri dari pendahuluan (Hak 1:1-2:5) dan lampiran (Hak 17:1-21:25), dan sisanya berisi kisah dari kedua belas hakim dan enam masa penindasan. Lingkaran peristiwa yang terjadi:
1. Rakyat hidup sejahtera. Tidak ada keperluan khusus dengan Allah. Oleh karena itu, Allah ditinggalkan dan ilah-ilah dari negara tetangga yang kafir mengambil alih kedudukan Allah.
2. Penindasan. Allah meninggalkan mereka menurut kemauan mereka sendiri. Allah membiarkan mereka mengurus diri mereka sendiri! Moab dan Amon, bangsa Filistin dan orang Midian semuanya berbalik menyerang Israel.
3. Pertobatan. Israel mengakui kesalahan mereka dan berbalik kepada Allah, memohon pengampunan. Setiap kali Allah selalu bersedia mengampuni dan memulihkan mereka.
4. Pembebasan. Seorang hakim muncul untuk membebaskan umat Allah. Setiap kali jelas bahwa Allahlah yang menyelamatkan melalui hakim itu.
5. Rakyat kembali hidup sejahtera... lingkaran dosa berulang kembali.

Pesan

Lingkaran dosa digambarkan dalam Hak 6:1-8:35

1. Tujuh tahun di bawah penindasan.
Perhatikan bagaimana kondisi bangsa Israel yang merosot tajam, hidup bagaikan orang gua di gunung-gunung sebelum mereka bersedia memohon pertolongan Allah. Hak 6:1-6

2. Tugas tanpa pamrih
Para hakim mendapatkan kemuliaan sebagai penyelamat dan menerima pernyataan terima kasih dari umat Allah. Nabi yang tak bernama ini mendapat tugas tidak enak untuk menyampaikan pesan Allah tentang penghakiman. Tetapi, ia melakukan apa yang diperintahkan Allah kepadanya. Hak 6:7-10

3. Tuhan menampakkan diri kepada Gideon
Apabila Allah menyelamatkan, hal itu harus dianggap sebagai penyelamatan Allah, bukan manusia (lihat Ula 7:6-11), dan oleh karenanya Allah memilih seorang yang tidak terkenal, Gideon, seorang yang dapat dipakai-Nya, yang tidak akan memegahkan dirinya. Hak 6:11-24

4. Suatu keputusan yang amat penting
Gideon masih harus menyatakan siapa dirinya. Dia harus membuat langkah yang pantang surut: ia menantang Baal dan berpihak kepada Allah. Perhatikan bagaimana pembelaan ayahnya ketika penduduk kota akan menghukum Gideon karena telah menghancurkan altar Baal: "Jika Baal itu allah, biarlah ia berjuang membela dirinya sendiri, setelah mezbahnya dirobohkan orang!". Tetapi, ia tidak dapat melakukannya karena ia bukan Allah. Hak 6:25-32

5. Peletakan guntingan bulu domba
Tetapi, dapat dimengerti jika Gideon mempunyai keraguan. Lihatlah betapa sabar Allah terhadapnya, dan dorongan semangat yang diperlukan Gideon. Hak 6:33-40

6. Orang Midian dikalahkan
Prajurit mereka seperti belalang banyaknya (Hak 7:12). Gideon hanya mempunyai 32.000 tentara. Jumlah ini cukup besar bagi pasukan Israel. Dikurangi hingga menjadi 10.000 ketika orang-orang yang takut pulang. Dikurangi lagi sampai mencapai 300 ketika mereka yang tidak waspada dikirim pulang. Tetapi, 300 tentara disertai Allah sudah cukup. Hak 7:1-25

7. Gideon menghadapi lebih banyak masalah
Suku Efraim ingin diikutsertakan dalam kemenangan (meskipun mereka mungkin tidak terlalu bersemangat sebelum pertempuran dimulai). Catatlah bagaimana Gideon mengendalikan reaksinya terhadap provokasi langsung itu. Dan, orang Sukot tidak membantu Gideon. Mereka ingin memastikan hasil peperangan sebelum memihak kepada salah satu pasukan. Oleh karena itu, Gideon berjuang tanpa mereka. Tetapi, mereka kehilangan kesukaan berada di pihak yang menang. Hak 8:1-21

8. Gideon menjadi masalah
Tragedi: kemenangan telah memalingkan kepalanya. Ataukah emas yang telah memalingkan kepalanya; emas yang merebut kedudukan Allah? Hak 8:22-27

9. Kematian Gideon.
Rakyat kembali menyembah Baal. Hak 8:28-35

Penerapan

1. Kelemahan manusia yang tidak ditopang
Kitab Hakim-hakim meliputi suatu periode selama kurang lebih 400 tahun. Dalam jangka waktu yang relatif singkat ini dua belas orang penyelamat harus dicari untuk menyelamatkan bangsa Israel dari akibat perbuatan mereka. Mereka bukannya tidak tahu fakta sejarah. Mereka seharusnya tahu apa yang selalu terjadi apabila mereka meninggalkan Allah. Namun demikian, berkali-kali mereka menjalani rute yang sama, yaitu rute pemberontakan. "Yang kita pelajari dari sejarah ialah bahwa kita tidak pernah belajar apa pun dari sejarah". Secara rohani, hal ini rupanya benar. Manusia tanpa Allah tidak berdaya. Orang Kristen tanpa Roh Allah tidak dapat menguasai keadaan. Kitab Hakim-hakim memberikan kepada kita suatu pelajaran yang tidak dapat disangkal, yang menunjukkan betapa kita memerlukan seorang Penyelamat.

2. Anugerah Allah yang tidak layak kita terima.
Pelajaran penting kedua yang kita dapat dari Hakim-hakim ialah bahwa Allah selalu dan dengan tanpa syarat siap untuk mengampuni dan menyelamatkan orang bertobat (Yes 65:1-3). Tetapi, pelajaran kedua ini juga merupakan peringatan kepada kita bahwa kita diharapkan untuk menunjukkan kemurahan yang sama kepada sesama. Lebih dari itu jika kita tidak mengampuni orang lain, kita tidak dapat berharap untuk diampuni (Mat 6:15).

3. Para pemimpin perlu bersikap rendah hati
Pelajaran penting ketiga dari Hakim-hakim ialah bahwa Allahlah yang menghakimi dan menyelamatkan, bukan manusia. Mudah bagi para pemimpin untuk menganggap bahwa Allah memerlukan mereka, atau gereja memerlukan mereka; dan bahwa mereka sangat dibutuhkan. Perhatikan bagaimana Allah memilih Gideon, orang yang paling tidak diindahkan dalam keluarganya dan yang paling tidak dianggap dalam sukunya. Allah ditambah dengan orang tidak terkenal berarti kuasa!

Tema-tema Kunci

1. Bahaya sinkretisme
Sinkretisme berarti mencampurbaurkan segala sesuatu; yang baik dan yang jahat. Hal-hal yang berhubungan dengan Allah dengan yang manusiawi. Ketika bangsa Israel memasuki Kanaan, mereka menemukan banyak agama yang dapat mereka pilih. Tampaknya dewa-dewa orang Kanaan dapat membantu mereka untuk bertani dengan baik dan bertempur dalam peperangan. Tetapi, tata ibadah mereka sungguh-sungguh melanggar kesusilaan. Orang Kanaan tetap tinggal di situ dan bekerja pada orang Israel (Hak 1:28, 30, 33, 35). Tetapi, agama orang Kanaan lambat laun memperlemah bangsa Israel, dan merampas mereka dari Allah. Perhatikan kata-kata Tuhan Yesus: "Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon" (Mat 6:24). Pelajari pengajaran Alkitab mengenai penyelewengan (misalnya: 1Ko 5; 2Ko 6:14-18; 1Yo 2:15-17).

2. Keputusan yang amat penting.
Orang Kristen diubahkan dari suatu cara hidup yang lama kepada cara hidup yang lain. Sering kali perubahan ini menyebabkan krisis. Kita tahu bahwa setelah diubahkan tidak ada jalan untuk berbalik. Ini dapat berarti melakukan sesuatu yang baru, misalnya pergi ke gereja. Mungkin juga hal itu berarti membagi-bagikan harta. Bagi Gideon ini berarti meruntuhkan sebuah patung dewa. Tidak mungkin hanya mencoba-coba menjadi Kristen untuk melihat apakah sesuai dengan keinginan kita. Seperti halnya Gideon yang membatalkan niatnya untuk mengundurkan diri lalu menyerahkan dirinya ke dalam tangan Allah, demikian juga halnya dengan kita ketika kita datang kepada Kristus. Pelajari beberapa keputusan penting yang ada dalam Alkitab. Perhatikan para tukang sihir yang membakar buku-buku sihir mereka (Kis 19:19); Rut yang tinggal bersama ibu mertuanya (Rut 1:1-18); dan Rahab yang memutuskan untuk memberikan perlindungan kepada mata-mata Yosua (Yos 2:1-21); Yos 6:22-25). Keputusan penting apa saja yang dapat Anda pikirkan bagi orang yang menjadi Kristen dewasa ini?

3. Pertobatan
Pertobatan merupakan satu-satunya syarat bagi pembebasan bangsa Israel. Tetapi, apakah sebenarnya pertobatan? Gunakanlah konkordansi untuk mempelajari tema yang sangat penting di dalam Alkitab ini. Berikut ini beberapa ayat untuk memulai telaah Anda: Mat 21:28-32; Luk 15:3-7, 17-20; 2Sa 12:7-17; Maz 51; 1-10; Kis 8:20-22; 2Ko 7:9-11.

Garis Besar Intisari: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) [1] PENDUDUKAN KANAAN Hak 1:1-2:5 Hak 1:1-21Yehuda dan Simeon merintis jalan Hak 1:22-25Yusuf mengikuti jejak mereka Hak 1:26-36Keberhasilan yang

[1] PENDUDUKAN KANAAN Hak 1:1-2:5

Hak 1:1-21Yehuda dan Simeon merintis jalan
Hak 1:22-25Yusuf mengikuti jejak mereka
Hak 1:26-36Keberhasilan yang terbatas: akibat kompromi
Hak 2:1-5Hari depan yang terbatas: respons Tuhan terhadap kompromi

[2] PEMERINTAHAN KEDUA BELAS HAKIM Hak 2:6-16:31

Hak 2:6-9Penjelasan: kematian Yosua
Hak 2:10-23Lingkaran dosa dijelaskan
Hak 3:1-6Lingkungan yang tidak ramah akibat kompromi
Hak 3:7-11Hakim pertama, Otniel
Hak 3:12-14Berada dalam penindasan selama delapan belas tahun
Hak 3:15-25Hakim kedua, Ehud
Hak 3:26-30Keadaan damai selama delapan puluh tahun
Hak 3:31Hakim ketiga, Samgar
Hak 4:1-3Berada dalam penindasan selama dua puluh tahun
Hak 4:4, 5Hakim keempat, Debora
Hak 4:6-10Barak di bawah perintahnya
Hak 4:11-24Sisera, komandan tentara Kanaan dibunuh oleh seorang wanita
Hak 5:1-31Sebuah duet
Hak 6:1-6Berada dalam penindasan selama tujuh tahun
Hak 6:7-24Hakim kelima, Gideon
Hak 6:25-32Tantangan kepada Baal
Hak 6:33-40Peletakan guntingan bulu domba
Hak 7:1-25Orang Midian dikalahkan
Hak 8:1-21Masalah yang dihadapi Gideon bertambah
Hak 8:22-27Gideon menjadi masalah
Hak 8:28-35Kematian Gideon
Hak 9:1-57Anak laki-laki Gideon mengambil alih pimpinan
Hak 10:1-2Hakim keenam, Tola
Hak 10:3-5Hakim ketujuh, Yair
Hak 10:16-18Berada dalam penindasan selama delapan belas tahun
Hak 11:1-33Hakim ke delapan Yefta
Hak 11:34-40Akibat yang luar biasa dari sumpah yang diucapkan dengan tergesa-gesa
Hak 12:1-7Keluhan suku Efraim
Hak 12:8-15Tiga hakim kecil: Ebzan, Elon dan Abdon
Hak 13:1-25Hakim kedua belas, Simson
Hak 14:1-20Perkawinannya, dan suatu tipu muslihat
Hak 15:1-20Pembalasan Simson
Hak 16:1-22Simson dan Delila
Hak 16:23-31Kematian Simson

[3] BUNGAI RAMPAI SEJARAH Hak 17:1-21:25

Hak 17:1-18:31Mikha dan suku Dan
Hak 19:1-21:25Perang saudara
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #24: Gunakan Studi Kamus untuk mempelajari dan menyelidiki segala aspek dari 20,000+ istilah/kata. [SEMUA]
dibuat dalam 0.53 detik
dipersembahkan oleh YLSA