Teks -- Kisah Para Rasul 15:1-16 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Kis 15:8 - ALLAH, YANG MENGENAL HATI MANUSIA.
Nas : Kis 15:8
Pengenalan Allah akan hati orang bukan Yahudi (yaitu, Kornelius dan
keluarganya) berarti bahwa Ia melihat iman yang menyelamatkan da...
Nas : Kis 15:8
Pengenalan Allah akan hati orang bukan Yahudi (yaitu, Kornelius dan keluarganya) berarti bahwa Ia melihat iman yang menyelamatkan dalam diri mereka. Allah mengesahkan kesungguhan iman mereka
- (1) dengan menyucikan hati mereka melalui karya pembaharuan Roh Kudus (ayat Kis 15:9) dan
- (2) dengan membaptis mereka dalam Roh segera setelah itu, yang dibuktikan dengan tanda yang menyertainya, yaitu berkata-kata dengan bahasa roh (Kis 10:44-46; 11:15-18).
Full Life: Kis 15:11 - OLEH KASIH KARUNIA TUHAN YESUS.
Nas : Kis 15:11
Persoalan yang penting dalam sidang di Yerusalem adalah apakah sunat
serta ketaatan kepada hukum Taurat diperlukan untuk keselamata...
Nas : Kis 15:11
Persoalan yang penting dalam sidang di Yerusalem adalah apakah sunat serta ketaatan kepada hukum Taurat diperlukan untuk keselamatan. Para delegasi berkesimpulan bahwa orang-orang bukan Yahudi diselamatkan karena kasih karunia Tuhan Yesus yang mengampuni dosa mereka serta menjadikan mereka ciptaan baru
(lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA).
Kasih karunia datang kepada seseorang pada saat ia bertobat dan percaya pada Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat (Kis 2:38-39). Tanggapan ini terhadap kasih karunia Allah memungkinkan dia menerima kuasa untuk menjadi anak Allah (Yoh 1:12).
Full Life: Kis 15:14 - BANGSA-BANGSA LAIN ... MEMILIH SUATU UMAT DARI ANTARA MEREKA.
Nas : Kis 15:14
Rencana Allah bagi zaman ini ialah mengangkat dari semua bangsa
suatu umat yang dipisahkan bagi nama-Nya. Tubuh Kristus ini, yang d...
Nas : Kis 15:14
Rencana Allah bagi zaman ini ialah mengangkat dari semua bangsa suatu umat yang dipisahkan bagi nama-Nya. Tubuh Kristus ini, yang diambil dari sistem dunia dewasa ini, mempersiapkan diri selaku pengantin perempuan Kristus (Wahy 19:7-8).
Full Life: Kis 15:16 - PONDOK DAUD YANG TELAH ROBOH.
Nas : Kis 15:16
Yakobus menyatakan bahwa misi penebusan Kristus melibatkan baik
orang Yahudi maupun bukan Yahudi. "Pondok Daud yang telah roboh"
...
Nas : Kis 15:16
Yakobus menyatakan bahwa misi penebusan Kristus melibatkan baik orang Yahudi maupun bukan Yahudi. "Pondok Daud yang telah roboh"
(lihat cat. --> Am 9:11-15)
[atau ref. Am 9:11-15]
menunjuk kepada sisa bangsa Israel yang selamat dari hukuman Allah.
- 1) Nubuat Amos menyatakan yang berikut ini:
- (a) Allah akan menghakimi Israel yang penuh dosa, namun tidak secara menyeluruh.
- (b) Dia akan membunuh semua orang berdosa dalam rumah Yakub (Am 9:10).
- (c) Setelah pembinasaan orang Yahudi yang berdosa Allah akan "mendirikan kembali pondok Daud yang telah roboh" (Am 9:11).
- 2) Keselamatan dari sisa Yahudi yang telah disucikan ini mengakibatkan bangsa itu mencari Tuhan lagi (ayat Kis 15:17). Di bagian yang lain Paulus mengatakan hal yang sama ketika berbicara tentang berkat bagi orang-orang bukan Yahudi yang akan datang karena sisa orang Yahudi telah diperdamaikan dengan Allah (lih. Rom 11:11-15,25-26).
Jerusalem: Kis 15:1-41 - -- Peristiwa-peristiwa yang diceritakan dalam bab ini menimbulkan beberapa kesulitan:
1) Kis 15:5-7 mengulang Kis 15:1-2 seolah-olah pengarang melapor du...
Peristiwa-peristiwa yang diceritakan dalam bab ini menimbulkan beberapa kesulitan: 1) Kis 15:5-7 mengulang Kis 15:1-2 seolah-olah pengarang melapor dua sebab berbeda-beda yang mengakibatkan pertikaian itu dengan tidak mempertalikan kedua sebab itu satu sama lain; 2) dalam Kis 15:6 orang berkesan bahwa diadakan sebuah sidang lepas dari pimpinan jemaat, sedangkan dalam Kis 15:12,22 perdebatan diadakan di hadapan sidang seluruh jemaat; 3) sidang itu menghasilkan sebuah penetapan mengenai beberapa aturan ketahiran yang perlu dibebankan pada orang-orang bukan Yahudi yang masuk Kristen; penetapan itu diserahkan kepada Paulus (Kis 15:22 dst); tetapi kemudian rupanya Yakobus memberitahukan penetapan itu kepada Paulus dan diandaikan bahwa belum diketahuinya, Kis 21:25. Paulus sendiri tidak berkata apa-apa tentang penetapan itu dalam Gal 2:6 (di mana berbicara tentang rapat di Yerusalem itu) atau dalam 1Ko 8-10; Rom 14 (di mana ia memperbincangkan masalah yang serupa); 4) penetapan yang tercantum dalam Kis 15:29 itu dikeluarkan untuk jemaat-jemaat di Siria dan Kilikia, Kis 15:23; hanya Lukas tidak memberitahukan bahwa Paulus mengumumkan penetapan itu waktu melintasi daerah itu, Kis 15:41, sedangkan berkata tentangnya sehubungan dengan kota-kota di Likaonia, Kis 16:4 dan cara bicaranya dalam Kis 15:19-21; 21:25 memberikan kesan bahwa penetapan itu mesti berlaku di mana-mana. Kesulitan-kesulitan tsb dapat diatasi dengan mengandaikan bahwa Lukas mencampuradukkan dua pertikaian yang berlain-lainan dan yang dipecahkan dengan jalan yang berlain-lainan pula (Paulus dalam Gal 2 lebih baik membeda-bedakan) yakni: sebuah pertikaian yang di dalamnya Paulus dan Petrus ikut serta dan yang mengenai soal apakah hukum Taurat mewajibkan orang-orang Yahudi, bdk Gal 2:1-10; dan sebuah pertikaian yang terjadi kemudian dari itu dan yang di dalamnya peranan utama dipegang oleh Yakobus sedangkan Petrus dan Paulus tidak hadir; pertikaian itu mengenai hubungan sosial antara orang-orang Kristen bekas bukan Yahudi, bdk Gal 2:11-14; menurut pandangan Yahudi maka setiap pergaulan dengan orang-orang bukan Yahudi menajiskan, bdk Kis 15:20+.
Jerusalem: Kis 15:1 - orang datang dari Yudea Dalam Gal 2:12 mereka disebut "orang dari kalangan Yakobus".
Dalam Gal 2:12 mereka disebut "orang dari kalangan Yakobus".
Gal 2:1-3 menyebut Titus yang tidak berbangsa Yahudi
Jerusalem: Kis 15:2 - rasul-rasul Di sini rasul-rasul yang tidak disebut-sebut dalam Kis 11:30 atau Kis 21:18 tampil bersama-sama dengan dewan para penatua; ini sesuai dengan Gal 2:2-9...
Jerusalem: Kis 15:3 - Mereka diantarkan oleh jemaat sampai ke luar kota Terjemahan lain: setelah mereka ditolong untuk melanjutkan perjalanannya, bdk 1Ko 16:11; Tit 3:13.
Jerusalem: Kis 15:5 - beberapa orang dari golongan Farisi Menurut teks yang lazim orang-orang Farisi nampaknya turun tangan terlepas dari apa yang terjadi di Antiokhia. Teks barat berusaha menerangkan halnya:...
Menurut teks yang lazim orang-orang Farisi nampaknya turun tangan terlepas dari apa yang terjadi di Antiokhia. Teks barat berusaha menerangkan halnya: Tetapi mereka yang telah menyuruh mereka menghadap para penatua itu bangkit
Jerusalem: Kis 15:5 - hukum Musa Menurut Gal 2:3-5 tuntutan itu langsung mengenai Titus yang menemani Paulus ke Yerusalem.
Menurut Gal 2:3-5 tuntutan itu langsung mengenai Titus yang menemani Paulus ke Yerusalem.
Jerusalem: Kis 15:6 - rasul-rasul dan penatua Teks barat masih menambah: dan seluruh umat, bdk Kis 15:12.
Teks barat masih menambah: dan seluruh umat, bdk Kis 15:12.
Teks barat (dll) menambah: dalam (terdorong oleh) Roh.
Jerusalem: Kis 15:9 - menyucikan hati mereka oleh iman Ini penafsiran atas perkataan sorgawi yang didengar Petrus, Kis 10:15; 11:9, bdk Kis 10:28; Sir 38:10.
Ini penafsiran atas perkataan sorgawi yang didengar Petrus, Kis 10:15; 11:9, bdk Kis 10:28; Sir 38:10.
Jerusalem: Kis 15:10 - mencobai Allah Mencobai (bdk 1Ko 10:13+) Allah ialah: menantang Dia untuk memberi tanda bukti dengan turun tangan dalam suatu kejadian atau membuat sebuah tanda ajai...
Mencobai (bdk 1Ko 10:13+) Allah ialah: menantang Dia untuk memberi tanda bukti dengan turun tangan dalam suatu kejadian atau membuat sebuah tanda ajaib, Kis 5:9; Kel 17:2,7; Bil 14:22; Ula 6:16; Jdt 8:12-17; Maz 95:9; Yes 7:11-12; Mat 4:7 dsj; Kis 5:8-10; 1Ko 10:9.
Jerusalem: Kis 15:11 - sama seperti mereka juga Ini langsung menanggapi pertanyaan yang diajukan dalam Kis 15:1. Ajaran ini terungkap juga dalam Gal 2:15-21; 3:22-26; Rom 11:32; Efe 2:1-10, dll. Dit...
Ini langsung menanggapi pertanyaan yang diajukan dalam Kis 15:1. Ajaran ini terungkap juga dalam Gal 2:15-21; 3:22-26; Rom 11:32; Efe 2:1-10, dll. Ditinjau dari segi ini maka orang-orang Yahudi tidak mempunyai keistimewaan; bdk Kis 13:38; Gal 5:6; 6:15.
Jerusalem: Kis 15:12 - Maka diamlah seluruh umat Teks barat: Oleh karena para penatua menyetujui apa yang dikatakan Petrus, maka...
Teks barat: Oleh karena para penatua menyetujui apa yang dikatakan Petrus, maka...
Jerusalem: Kis 15:13 - Yakobus Gal 2:9 menyatakan betapa penting peranan yang dipegang Yakobus dalam perkara itu.
Gal 2:9 menyatakan betapa penting peranan yang dipegang Yakobus dalam perkara itu.
Jerusalem: Kis 15:14 - Simon Naskah Yunani: Simeon, ialah nama Ibrani/Aram Simon-Petrus, bdk 2Pe 1:1.
Naskah Yunani: Simeon, ialah nama Ibrani/Aram Simon-Petrus, bdk 2Pe 1:1.
Jerusalem: Kis 15:15 - seperti yang tertulis Kutipan (Kis 15:16-17) ini mengikuti LXX dan seluruh argumentasi dibangun justru atas perbedaan-perbedaan terjemahan Yunani dengan naskah Ibrani. Kuti...
Kutipan (Kis 15:16-17) ini mengikuti LXX dan seluruh argumentasi dibangun justru atas perbedaan-perbedaan terjemahan Yunani dengan naskah Ibrani. Kutipan ini kiranya berasal dari kalangan orang-orang Yahudi yang berbahasa Yunani, meskipun di sini diajukan oleh pemimpin golongan orang-orang "Ibrani".
Ungkapan asli mengandung pula arti:
dan ada jang menterdjemahkan kalimat itu demikian.
Ende: Kis 15:4 - Oleh Rasul-rasul Dalam Gal 2:11-14 Paulus menjebut tiga Rasul,
jaitu Petrus, Jakobus dan Joanes.
Dalam Gal 2:11-14 Paulus menjebut tiga Rasul, jaitu Petrus, Jakobus dan Joanes.
Ende: Kis 15:6 - Bersidanglah Jerusalem masih mendjadi pusat pimpinan Geredja muda, dan
sidang ini merupakan sidang umum resmi (Konsili) jang pertama dalam sedjarah
Geredja Kudus. ...
Jerusalem masih mendjadi pusat pimpinan Geredja muda, dan sidang ini merupakan sidang umum resmi (Konsili) jang pertama dalam sedjarah Geredja Kudus. Keputusan-keputusan jang diambil tegas sekali untuk menentukan pengertian akan ini dan hakekat adjaran dan tudjuan Indjil dan dengan itu perbedaan asasi antara agama Jahudi dan jang baru. Ditegaskan bahwa hanja kepertjajaan akan Kristus dan bukan pengamalan hukum taurat jang perlu untuk keselamatan abadi.
Bersama dengan itu penting pula bahwa ditentukan kesamaan hak dan martabat orang serani bekas "kafir" dengan jang berbangsa Jahudi, dan bahwa orang tak bersunat jang bertobat sedikitpun tidak terikat pada ketentuan-ketentuan hukum dan adat-istiadat Jahudi. Dengan itu perpisahan agama serani dengan agama Jahudi makin mendjadi, dan perkembangan umat diantara bangsa-bangsa penjembah dewa-dewa makin pesat.
Ingatlah peristiwa bertobatnja Kornelius, bab 10.
Ende: Kis 15:13 - Jakobus Pemimpin (uskup?) Jerusalem ini sendiri masih memenuhi dengan
teliti segala sjarat hukum dan adat-istiadat Jahudi, jang tidak berlawanan
dengan Indjil...
Pemimpin (uskup?) Jerusalem ini sendiri masih memenuhi dengan teliti segala sjarat hukum dan adat-istiadat Jahudi, jang tidak berlawanan dengan Indjil.
Ende: Kis 15:15-18 - -- Ajat-ajat ini dikutip dari buku nabi Amos, Amo 9:11-12, menurut teks
Septuaginta, jang tidak dalam segalanja tjotjok dengan teks Ibrani. Maksudnja
nub...
Ajat-ajat ini dikutip dari buku nabi Amos, Amo 9:11-12, menurut teks Septuaginta, jang tidak dalam segalanja tjotjok dengan teks Ibrani. Maksudnja nubuat menurut teks Septuaginta dan tafsiran Jakobus ialah: Allah akan mendirikan keradjaan David (Israel) jang baru, dan semua orang Jahudi, maupun bangsa-bangsa kafir akan mentjari keselamatan abadi didalamnja.
Ref. Silang FULL: Kis 15:1 - Beberapa orang // kepada saudara-saudara // tidak disunat // oleh Musa · Beberapa orang: Kis 15:24; Gal 2:12
· kepada saudara-saudara: Kis 1:16; Kis 1:16
· tidak disunat: Kis 15:5; Gal 5:2,3
· ...
Ref. Silang FULL: Kis 15:2 - dan penatua-penatua // di Yerusalem · dan penatua-penatua: Kis 11:30; Kis 11:30
· di Yerusalem: Gal 2:2
Ref. Silang FULL: Kis 15:3 - melalui Fenisia // tentang pertobatan · melalui Fenisia: Kis 11:19
· tentang pertobatan: Kis 14:27
· perantaraan mereka: Kis 15:12; Kis 14:27; 21:19
Ref. Silang FULL: Kis 15:5 - dari golongan // Farisi // hukum Musa · dari golongan: Kis 5:17
· Farisi: Mat 3:7
· hukum Musa: Kis 15:1
· menjadi percaya: Kis 10:1-48
Ref. Silang FULL: Kis 15:8 - hati manusia // kepada mereka · hati manusia: Wahy 2:23; Wahy 2:23
· kepada mereka: Kis 10:44,47; Kis 10:44; Kis 10:47
· hati manusia: Wahy 2:23; [Lihat FULL. Wahy 2:23]
· kepada mereka: Kis 10:44,47; [Lihat FULL. Kis 10:44]; [Lihat FULL. Kis 10:47]
Ref. Silang FULL: Kis 15:9 - dengan mereka // oleh iman · dengan mereka: Kis 10:28,34; 11:12
· oleh iman: Kis 10:43
· dengan mereka: Kis 10:28,34; 11:12
· oleh iman: Kis 10:43
Ref. Silang FULL: Kis 15:10 - mencobai Allah // suatu kuk · mencobai Allah: Kis 5:9
· suatu kuk: Mat 23:4; Mat 23:4; Gal 5:1
Ref. Silang FULL: Kis 15:12 - dan mujizat // perantaraan mereka · dan mujizat: Yoh 4:48; Yoh 4:48
· perantaraan mereka: Kis 15:4; Kis 14:27; 21:19
· dan mujizat: Yoh 4:48; [Lihat FULL. Yoh 4:48]
· perantaraan mereka: Kis 15:4; Kis 14:27; 21:19
Ref. Silang FULL: Kis 15:13 - berkatalah Yakobus · berkatalah Yakobus: Kis 12:17; 21:18; 1Kor 15:7; Gal 1:19; 2:9,12
· berkatalah Yakobus: Kis 12:17; 21:18; 1Kor 15:7; Gal 1:19; 2:9,12