Teks -- Markus 11:9-33 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Mrk 11:9 - DIBERKATILAH DIA YANG DATANG.
Nas : Mr 11:9
Orang banyak itu percaya bahwa Mesias akan datang untuk memulihkan
Israel sebagai bangsa dan memerintah bangsa yang lain secara polit...
Nas : Mr 11:9
Orang banyak itu percaya bahwa Mesias akan datang untuk memulihkan Israel sebagai bangsa dan memerintah bangsa yang lain secara politis. Mereka gagal memahami maksud kedatangan-Nya ke dunia ini sebagaimana dinyatakan oleh Yesus sendiri. Kemudian pada waktu mereka sadar bahwa Dia bukan Mesias yang mereka harapkan, mereka berteriak, "Salibkanlah Dia!" (Mr 15:13).
Full Life: Mrk 11:15 - YESUS MASUK KE BAIT ALLAH.
Nas : Mr 11:15
Tindakan Yesus mengusir orang yang berjual-beli di halaman Bait
Allah menunjukkan semangat-Nya terhadap kesucian dan doa yang sejati...
Full Life: Mrk 11:17 - RUMAH DOA.
Nas : Mr 11:17
Yesus menjelaskan bahwa rumah Allah dimaksudkan menjadi rumah doa,
tempat di mana umat Allah dapat berjumpa dengan Dia dalam pengabd...
Nas : Mr 11:17
Yesus menjelaskan bahwa rumah Allah dimaksudkan menjadi rumah doa, tempat di mana umat Allah dapat berjumpa dengan Dia dalam pengabdian, doa dan penyembahan rohani
(lihat cat. --> Luk 19:45).
[atau ref. Luk 19:45]
Rumah Allah tidak boleh dinajiskan dengan menjadikannya tempat untuk meningkatkan status sosial, keuntungan keuangan atau hiburan. Kapan saja rumah Allah dipakai oleh orang yang berpikiran duniawi, maka rumah Allah kembali menjadi "sarang penyamun".
Full Life: Mrk 11:24 - PERCAYALAH ... KAMU TELAH MENERIMANYA.
Nas : Mr 11:24
Percaya yang menerima bukanlah iman yang dapat dihasilkan oleh
manusia; tetapi, itulah iman yang percaya yang diberikan kepada hati ...
Nas : Mr 11:24
Percaya yang menerima bukanlah iman yang dapat dihasilkan oleh manusia; tetapi, itulah iman yang percaya yang diberikan kepada hati orang percaya oleh Allah sendiri
(lihat cat. --> Mr 9:23).
[atau ref. Mr 9:23]
Kadang-kadang jawaban atas suatu permohonan yang diinginkan oleh iman itu datang segera; saat lain tidak demikian. Namun Allah memberikan iman untuk mengetahui bahwa doa yang dipanjatkan telah didengar dan permohonan itu akan dikabulkan. Ketidakpastiannya menyangkut waktu penggenapannya, bukan pengabulannya
(lihat cat. --> Mat 17:20; dan
lihat cat. --> Mat 21:21).
[atau ref. Mat 17:20; 21:21]
Full Life: Mrk 11:25 - JIKA KAMU BERDIRI UNTUK BERDOA, AMPUNILAH.
Nas : Mr 11:25
Janganlah orang Kristen menipu dirinya bahwa mereka memiliki iman
yang cukup untuk memperoleh jawaban atas doa apabila mereka dengan...
Jerusalem: Mrk 11:1-33 - -- Urutan bagian-bagian ini dalam injil-injil sinoptik berbeda-beda. Perbedaan itu disebabkan perkembangan tradisi. Masuknya Yesus ke Yerusalem dan penyu...
Urutan bagian-bagian ini dalam injil-injil sinoptik berbeda-beda. Perbedaan itu disebabkan perkembangan tradisi. Masuknya Yesus ke Yerusalem dan penyucian Bait Allah (Mar 11:15-19) menurut Matius dan Lukas terjadi pada satu hari, sedangkan menurut Markus ada dua hari. Markus memisahkan kedua peristiwa dengan menyisipkan peristiwa pohon ara yang dikutuk Yesus (Mar 11:12-14). Peristiwa pohon ara yang mengering (Mar 11:20-25)(dan menurut Matius juga pengutukannya) oleh Markus disisipkan antara penyucian Bait Allah dan pertikaian mengenai kuasa Yesus (Mar 11:27-33), meskipun aslinya pertikaian itu menyusul penyucian Bait Allah, bdk Yoh 2:14-22.
Jerusalem: Mrk 11:17 - RumahKu akan.... Hanya Markus dari ketiga penginjil Sinoptik kiranya dengan sengaja mengutip bagian terakhir nas Yesaya ini. Kata-kata ini menubuatkan bahwa ibadat di ...
Hanya Markus dari ketiga penginjil Sinoptik kiranya dengan sengaja mengutip bagian terakhir nas Yesaya ini. Kata-kata ini menubuatkan bahwa ibadat di zaman Mesias akan tersebar di seluruh dunia.
Jerusalem: Mrk 11:26 - -- Ayat ini tidak terdapat dalam kebanyakan naskah dan kiranya tidak asli, bdk Mat 6:15.
Ayat ini tidak terdapat dalam kebanyakan naskah dan kiranya tidak asli, bdk Mat 6:15.
Jerusalem: Mrk 11:29 - Tuhan itu esa Tauhid dalam Perjanjian Baru sama keras dengan tauhid dalam agama Yahudi. Di sini Yesus mendasarkannya pada "Syema" (pengakuan iman Yahudi), Ula 6:4-5...
Tauhid dalam Perjanjian Baru sama keras dengan tauhid dalam agama Yahudi. Di sini Yesus mendasarkannya pada "Syema" (pengakuan iman Yahudi), Ula 6:4-5. Paulus mengajak orang bukan Yahudi supaya "berbalik kepada Allah yang hidup", Kis 14:15+; 1Te 1:9+; bdk 1Ko 8:4-6; 1Ti 2:5. Menurut pandangan Paulus seluruh karya Yesus berasal dari Allah dan kembali kepadaNya, sebab menurut rencana Allah karya Yesus harus memuliakan Allah sendiri, Rom 8:28-30; Rom 16:27; 1Ko 1:30; 1Ko 15:28,57; Efe 1:3-12; Efe 3:11; Fili 2:11; Fili 4:19-20; 1Ti 2:3-5; 1Ti 6:15-16; bdk Ibr 1:1-13; Ibr 13:20-21; dll. Injil Yohanes mengungkapkan hal itu dengan cara lain: Yesus datang dari Bapa, Mar 3:17+, Mar 3:31; Mar 6:46 dll., dan pergi kepada Bapa, Mar 7:33; Mar 13:3; Mar 14:6+.
Ende: Mrk 11:10 - Hosana Ini seruan sambutan meriah, jang agak mirip dengan seruan kita
seperti "selamatlah", selamat-bahagia, hiduplah dan lain-lain sebagainja.
Ini seruan sambutan meriah, jang agak mirip dengan seruan kita seperti "selamatlah", selamat-bahagia, hiduplah dan lain-lain sebagainja.
Ende: Mrk 11:15-17 - -- Jesus bertindak sebagai seorang jang lebih berkewibawaan dari para imam, djadi
menjatakan DiriNja sebagai Mesias dan Putera Allah.
Jesus bertindak sebagai seorang jang lebih berkewibawaan dari para imam, djadi menjatakan DiriNja sebagai Mesias dan Putera Allah.
· nama Tuhan: Mazm 118:25,26; Mat 23:39
· belas murid-Nya: Mat 21:12,17
· buah ara: Luk 13:6-9