Teks -- Kisah Para Rasul 11:16-30 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Kis 11:17 - KEPADA KITA PADA WAKTU KITA MULAI PERCAYA.
Nas : Kis 11:17
Suatu terjemahan yang lebih harfiah adalah, "Allah memberikan mereka
karunia yang sama seperti diberikan kepada kita juga setelah p...
Nas : Kis 11:17
Suatu terjemahan yang lebih harfiah adalah, "Allah memberikan mereka karunia yang sama seperti diberikan kepada kita juga setelah percaya." Pernyataan ini selaras dengan fakta historis bahwa para rasul percaya kepada Yesus dan dibaharui oleh Roh Kudus sebelum hari Pentakosta
(lihat art. PEMBAHARUAN PARA MURID).
Full Life: Kis 11:18 - KETIKA MEREKA MENDENGAR HAL ITU.
Nas : Kis 11:18
Khotbah Petrus membungkam semua keberatan (ayat Kis 11:4-18).
Allah telah membaptiskan orang-orang bukan Yahudi dalam Roh Kudus
(Ki...
Nas : Kis 11:18
Khotbah Petrus membungkam semua keberatan (ayat Kis 11:4-18). Allah telah membaptiskan orang-orang bukan Yahudi dalam Roh Kudus (Kis 10:45) disertai bukti-bukti yang meyakinkan bahwa mereka berkata-kata dengan bahasa roh (Kis 10:46). Berkata-kata dengan bahasa roh merupakan satu-satunya tanda yang diperlukan dan tanda itu diterima tanpa ragu-ragu.
Full Life: Kis 11:23 - TETAP SETIA KEPADA TUHAN.
Nas : Kis 11:23
Para murid PB tidak beranggapan bahwa mereka yang menerima kasih
karunia Allah dengan sendirinya akan tetap setia kepada Tuhan kare...
Nas : Kis 11:23
Para murid PB tidak beranggapan bahwa mereka yang menerima kasih karunia Allah dengan sendirinya akan tetap setia kepada Tuhan karena dosa, dunia, dan pencobaan Iblis dapat membelokkan seorang yang baru percaya dari jalan keselamatan di dalam Kristus. Barnabas memberi contoh kepada kita bagaimana menangani orang yang baru bertobat: perhatian utama kita harus menolong dan mendorong mereka untuk tetap bertahan di dalam iman, kasih, dan persekutuan dengan Kristus dan gereja-Nya (bd. Kis 13:43; 14:22).
Full Life: Kis 11:26 - MURID-MURID ITU UNTUK PERTAMA KALINYA DISEBUT KRISTEN.
Nas : Kis 11:26
Kata "Kristen" (Yun. _christianos_) hanya digunakan tiga kali dalam
PB (Kis 11:26; 26:28; 1Pet 4:16). Pada mulanya istilah ini bera...
Nas : Kis 11:26
Kata "Kristen" (Yun. _christianos_) hanya digunakan tiga kali dalam PB (Kis 11:26; 26:28; 1Pet 4:16). Pada mulanya istilah ini berarti seorang hamba atau pengikut Kristus. Dewasa ini telah menjadi istilah umum yang kehilangan arti aslinya dari PB. Nama ini seharusnya menunjuk kepada nama Penebus kita (Rom 3:24), ide tentang hubungan intim kita dengan Kristus (Rom 8:38-39) dan pikiran bahwa kita menerima Dia sebagai Tuhan kita (Rom 5:1) dan sumber keselamatan kekal (Ibr 5:9). Mengaku nama "Kristen" berarti bahwa Kristus dan Firman-Nya telah menjadi kekuasaan utama kita dan satu-satunya sumber pengharapan kita untuk masa depan (Kol 1:5,27).
Full Life: Kis 11:27 - BEBERAPA NABI.
Nas : Kis 11:27
Peranan nabi-nabi dalam gereja diakui dalam surat-surat Paulus
(lihat art. KARUNIA-KARUNIA PELAYANAN GEREJA).
Nas : Kis 11:27
Peranan nabi-nabi dalam gereja diakui dalam surat-surat Paulus
(lihat art. KARUNIA-KARUNIA PELAYANAN GEREJA).
BIS -> Kis 11:20
BIS: Kis 11:20 - orang-orang yang tidak beragama Yahudi orang-orang yang tidak beragama Yahudi: beberapa naskah kuno: orang-orang Yunani; atau: orang Yahudi yang berbahasa Yunani.
orang-orang yang tidak beragama Yahudi: beberapa naskah kuno: orang-orang Yunani; atau: orang Yahudi yang berbahasa Yunani.
Jerusalem: Kis 11:17 - Allah Kata ini tidak termuat dalam teks barat (memanglah Kristus yang memberikan Roh Kudus)
Kata ini tidak termuat dalam teks barat (memanglah Kristus yang memberikan Roh Kudus)
Jerusalem: Kis 11:17 - mencegah Dia Petrus menjelaskan tentang baptisan yang diberikan kepada seseorang yang tak bersunat, bdk Kis 11:3; lih. Kis 10:1+, teguran bahwa bertamu pada orang-...
Petrus menjelaskan tentang baptisan yang diberikan kepada seseorang yang tak bersunat, bdk Kis 11:3; lih. Kis 10:1+, teguran bahwa bertamu pada orang-orang yang tak bersunat, bdk Kis 11:3; lih. Kis 10:1+. Menurut pendapat Lukas Petruslah yang memasukkan orang tak bersunat pertama ke dalam jemaat, bagaimanapun juga halnya dengan orang Etiopia, Kis 8:26-39 dan dengan saat pewartaan Injil di kota Antiokhia, yang ceritanya akan menyusul, Kis 11:19 dst. Ditinjau demikian maka "konsili Yerusalem", Kis 15:5-29, nampaknya sebagai lanjutan atau pengulangan pertimbangan-pertimbangan yang tercantum dalam Kis 11:1-18.
Jerusalem: Kis 11:19 - -- Ayat ini melanjutkan Kis 8:1 dan Kis 8:4 dan berupa pembukaan kisah tentang didirikannya jemaat di Antiokhia yang merupakan akibat dari kemartiran Ste...
Ayat ini melanjutkan Kis 8:1 dan Kis 8:4 dan berupa pembukaan kisah tentang didirikannya jemaat di Antiokhia yang merupakan akibat dari kemartiran Stefanus. Sekarang cerita ini terpisah dari cerita tentang Stefanus oleh karena disisipkan "Kisah Filipus", Kis 8:5-40, dan "Kisah Petrus", Kis 9:31-11:18. Hanya cerita tentang jemaat di Antiokhia mengandaikan kisah mengenai panggilan Saulus, Kis 9:1-30, yang sendiri tergabung dengan kemartiran Stefanus
Jerusalem: Kis 11:19 - Antiokhia Kota Antiokhia terletak di tepi sungai Orontes dan menjadi ibukota propinsi Romawi Siria; adalah kota ketiga dalam kerajaan Roma di samping kota Roma ...
Kota Antiokhia terletak di tepi sungai Orontes dan menjadi ibukota propinsi Romawi Siria; adalah kota ketiga dalam kerajaan Roma di samping kota Roma dan Aleksandria.
Jerusalem: Kis 11:20 - orang-orang Yunani Var: orang-orang Yahudi yang berbahasa Yunani, bdk Kis 9:29. Kalau "orang-orang Yahudi", Kis 11:19, maka maksudnya ialah: semua orang yang tak bersuna...
Jerusalem: Kis 11:20 - Yesus adalah Tuhan Dalam pewartaan kepada orang bukan Yahudi maka Yesus tidak diberi gelar "Kristus" (Mesias) sesuai dengan harapan orang-orang Yahudi, tetapi lebih-lebi...
Dalam pewartaan kepada orang bukan Yahudi maka Yesus tidak diberi gelar "Kristus" (Mesias) sesuai dengan harapan orang-orang Yahudi, tetapi lebih-lebih gelar "Tuhan" (Kyrios), bdk Kis 25:26+. Yesus adalah "Tuhan" oleh karena dengan peninggianNya di sisi kanan Allah telah menjadi Raja kerajaan di akhir zaman, bdk Kis 2:21,36; 7:59-60; 10:36; 1Te 4:15-17; 2Te 1:7-12; Rom 10:9-13.
Jerusalem: Kis 11:22 - jemaat di Yerusalem Jemaat ini mempunyai semacam hak pengawasan terhadap jemaat-jemaat lain, bdk Kis 8:14; 11:1, lihat juga Gal 2:2.
Jemaat ini mempunyai semacam hak pengawasan terhadap jemaat-jemaat lain, bdk Kis 8:14; 11:1, lihat juga Gal 2:2.
Jerusalem: Kis 11:23 - menasehati mereka Ini kiranya menyinggung nama Barnabas, "anak penghiburan/ajakan", Kis 4:36
Ini kiranya menyinggung nama Barnabas, "anak penghiburan/ajakan", Kis 4:36
Var: setia dalam Tuhan.
Jerusalem: Kis 11:26 - tinggal bersama-sama dengan jemaat itu Makna naskah Yunani kurang jelas. Dapat dimengerti sebagai: "mereka bertindak bersehati", atau: "mereka diterima oleh jemaat", artinya menjadi tamunya
Makna naskah Yunani kurang jelas. Dapat dimengerti sebagai: "mereka bertindak bersehati", atau: "mereka diterima oleh jemaat", artinya menjadi tamunya
Jerusalem: Kis 11:26 - disebut Kristen Artinya: penganut atau pendukung Kristus (atau: Krestus). Dalam menciptakan sebutan itu maka orang-orang kafir di Antiokhia mengerti "Kristus" (yang d...
Artinya: penganut atau pendukung Kristus (atau: Krestus). Dalam menciptakan sebutan itu maka orang-orang kafir di Antiokhia mengerti "Kristus" (yang di urapi) sebagai nama diri dan bukan sebagai gelar.
Jerusalem: Kis 11:27 - nabi Sama seperti nabi-nabi Perjanjian Lama, Ula 18:18; 2Pe 1:21; Mat 5:12, demikianpun nabi-nabi Perjanjian Baru, adalah orang karismatis, 1Ko 12:1+, yang...
Sama seperti nabi-nabi Perjanjian Lama, Ula 18:18; 2Pe 1:21; Mat 5:12, demikianpun nabi-nabi Perjanjian Baru, adalah orang karismatis, 1Ko 12:1+, yang berkata atas nama Allah dijiwai Roh KudusNya. Di zaman Perjanjian Baru karisma itu tercurah dengan lebih melimpah, Kis 2:17-18, dan ada kalanya semua kaum beriman mendapat karunia itu, Kis 19:6; 1Ko 11:4-5; 14:26,29-33,37. Namun demikian ada sementara orang yang secara khusus mendapat karunia itu sehingga diberi gelar "nabi", Kis 11:27; 13:1; 15:32; 21:9,10. Dalam tata susunan karunia-karunia Roh Kudus karunia kenabian lazimnya disebutkan sebagai yang kedua sedangkan yang pertama ialah "rasul' 1Ko 12:28-29; Efe 4:11; tetapi bdk 1Ko 12:10; Rom 12:6; Luk 11:49. Para nabi itu adalah saksi-saksi yang didorong Roh Kudus, Kis 1:3 dan Kis 2:7, dll; 1Te 5:19-20, untuk menyampaikan "wahyu", 1Ko 14:6,26,30; Efe 3:5; Wah 1:1, seperti para "rasul"pun adalah saksi-saksi Kristus yang dibangkitkan,Rom 1:1+; Kis 1:8+, dengan memaklumkan "pemberitaan" (kerygma), Kis 2:22+. Tugas para nabi tidak terbatas pada menubuatkan masa depan, Kis 11:28; 21:11, atau menyelami isi hati orang, 1Ko 14:24-25; bdk 1Ti 1:18; 4:14, dan kalau para nabi itu membina, mengajak dan menghibur, 1Ko 14:3; bdk Kis 4:36; 11:23-24, maka wahyu yang bersifat karismatis itu mendekatkan para nabi pada mereka yang mendapat karunia berbahasa lain, Kis 2:4+; Kis 19:6, meskipun karunia kenabian lebih berharga dari karunia berbahasa lain justru oleh karena perkataan para nabi dapat dipahami, 1Ko 14. Tugas utama para nabi kiranya tidak lain kecuali dengan penerangan Roh Kudus menjelaskan firman Allah yang tercantum dalam Kitab Suci, teristimewanya firman para nabi dahulu, 1Pe 1:10-12. Dengan demikian nabi-nabi itu menyingkapkan "rahasia" rencana Allah, 1Ko 13:2; Efe 3:5; Rom 16:25+. Oleh sebab itu maka para nabi ditempatkan di samping para rasul sebagai dasar Gereja, Efe 2:20+. Kitab Wahyu Yohanes merupakan sebuah contoh hasil karunia kenabian dalam Perjanjian Baru, Wah 1:3; 10:11; 19:10; 22:7-10,18-19. Hanya betapa luhurpun karunia kenabian, namun ia hanya dapat memberikan pengetahuan sementara saja sehubungan dengan pokok kepercayaan Kristen, Rom 12:6. Pengetahuan kenabian itupun akan lenyap bila orang melihat Allah sebagaimana adanya, 1Ko 13:8-12
Jerusalem: Kis 11:27 - Antiokhia Teks barat menambah: Dan ada kegembiraan besar. Sedang kami berkumpul, seseorang di antara mereka itu... Jadi dalam teks barat di sini untuk pertama k...
Teks barat menambah: Dan ada kegembiraan besar. Sedang kami berkumpul, seseorang di antara mereka itu... Jadi dalam teks barat di sini untuk pertama kalinya dipergunakan kata ganti diri "kami", bdk Kis 16:10.
Jerusalem: Kis 11:28 - Klaudius Waktu pemerintahan Klaudius (41-54) wilayah kerajaan Roma tertimpa kelaparan besar sekitar th. 49-50, terlebih dulu negeri Yunani kemudian Roma. Yosef...
Waktu pemerintahan Klaudius (41-54) wilayah kerajaan Roma tertimpa kelaparan besar sekitar th. 49-50, terlebih dulu negeri Yunani kemudian Roma. Yosefus menempatkan peristiwa itu waktu Tiberius Aleksander menjadi wali negeri (46-48).
Jerusalem: Kis 11:30 - penatua Para rasul di sini tidak disebutkan lebih dahulu dari para penatua, Kis 15:2, dll. Mereka kiranya terpaksa meninggalkan Yerusalem
Para rasul di sini tidak disebutkan lebih dahulu dari para penatua, Kis 15:2, dll. Mereka kiranya terpaksa meninggalkan Yerusalem
Jerusalem: Kis 11:30 - Saulus Menurut Kis 9:26; 11:29 dst; Kis 15:2 Paulus sampai tiga kali pergi ke Yerusalem sebelum sampai dua kali mengunjungi daerah Galatia, Kis 16:6; 18:23. ...
Menurut Kis 9:26; 11:29 dst; Kis 15:2 Paulus sampai tiga kali pergi ke Yerusalem sebelum sampai dua kali mengunjungi daerah Galatia, Kis 16:6; 18:23. Tetapi Paulus sendiri dalam Gal 1:18; 2:1 dst; bdk Kis 4:13, berkata bahwa hanya dua kali mengunjungi Yerusalem. Perbedaan antara Kisah para rasul dan Galatia barangkali disebabkan oleh karena Lukas menggabungkan sumber-sumbernya. Mungkin kunjungan yang disebut dalam Kis 11:29 itu sama saja dengan yang disebutkan dalam Kis 15:2. "Sumbangan" yang dibawa kepada jemaat di Yerusalem kiranya lain dari yang kemudian dibawa Paulus, Kis 24:17, sebagai hasil pengumpulan dana yang dibuat atas permintaan jemaat di Yerusalem, Gal 2:10; bdk 1Ko 16:1+; 2Ko 8:4; 9:1,12,13; Rom 15:31.
Ende: Kis 11:18 - Tenang Tetapi belum puas rupanja, seperti agak njata oleh sikap mereka
dalam sidang (Konsili) di Jerusalem (bab 15) Kis 15.
Tetapi belum puas rupanja, seperti agak njata oleh sikap mereka dalam sidang (Konsili) di Jerusalem (bab 15) Kis 15.
Ende: Kis 11:20 - Antiochia Ialah ibu-kota propinsi Siria, berkebudajaan Junani dan
beragama "kafir". Ia dewasa itu "kota ketiga" dalam kekaisaran Roma karena
keindahan, besarnja...
Ialah ibu-kota propinsi Siria, berkebudajaan Junani dan beragama "kafir". Ia dewasa itu "kota ketiga" dalam kekaisaran Roma karena keindahan, besarnja (penduduknja setengah djuta) dan kemakmurannja, lagi sebagai pusat kebudajaan.
Ende: Kis 11:20 - Tuhan Jesus dan "Jesus Tuhan kita". Jesus digelari atau disebut "Tuhan",
sebab sedjak "duduk disebelah kanan Allah", djuga sebagai manusia, Ia mempunjai
kuasa mut...
dan "Jesus Tuhan kita". Jesus digelari atau disebut "Tuhan", sebab sedjak "duduk disebelah kanan Allah", djuga sebagai manusia, Ia mempunjai kuasa mutlak atas segala machluk. Lagi pula sebab Ia adalah kepada (Tuhan Ilahi atas) Keradjaan Allah. Bdl. Kis 2:21,36; 7:59-60; Rom 10:9-13; 1Te 4:15-17; 2Te 1:7-12.
Ende: Kis 11:26 - Kristianoi Demikian dalam bahasa Junani. Dari itu diasalkan "Kristen"
dalam bahasa kita. Maksudnja: penganut adjaran Kristus. Pemakaian "Nurani,
Serani" untuk me...
Demikian dalam bahasa Junani. Dari itu diasalkan "Kristen" dalam bahasa kita. Maksudnja: penganut adjaran Kristus. Pemakaian "Nurani, Serani" untuk mereka mendjadi lazim dalam bahasa-bahasa Timur, seperti djuga dalam bahasa kita sedjak dahulu. Bunjinja memang lebih enak daripada kata asing
Ende: Kis 11:26 - Kristen itu. Kata itu diasalkan dari nama Nasaret dan bukan mengandung
suatu tjorak penghinaan, seperti kadang-kadang disangka orang. Jesus sendiri
menamakan...
itu. Kata itu diasalkan dari nama Nasaret dan bukan mengandung suatu tjorak penghinaan, seperti kadang-kadang disangka orang. Jesus sendiri menamakan Dirinja "Jesus dari Nasaret" dalam penglihatanNja kepada Paulus (Kis 22:8). Petrus dan Paulus pun menamakanNja demikian, misalnja dalam Kis 22:22; 3:6; 4:10; 10:38; 26:9.
Ende: Kis 11:27 - Beberapa nabi Dewasa itu pengadjar-pengadjar Indjil, pembantu Rasul-rasul,
jang setjara istimewa diilhami oleh Roh Kudus dan mempunjai kurnia-kurnia Roh
Kudus jang ...
Dewasa itu pengadjar-pengadjar Indjil, pembantu Rasul-rasul, jang setjara istimewa diilhami oleh Roh Kudus dan mempunjai kurnia-kurnia Roh Kudus jang njata, disebut "nabi".
Ende: Kis 11:30 - Para orang tua-tua Demikian gelaran anggota-anggota dewan pimpinan umat-umat.
Apa mereka djuga mendapat tahbisan imamat tidak diketahui. Waktu Barnabas dan
Paulus berada...
Ref. Silang FULL: Kis 11:16 - dengan air // Roh Kudus · dengan air: Mr 1:4; Mr 1:4
· Roh Kudus: Mr 1:8; Mr 1:8
Ref. Silang FULL: Kis 11:17 - memberikan karunia-Nya // kepada kita · memberikan karunia-Nya: Kis 2:38
· kepada kita: Kis 10:45,47
· memberikan karunia-Nya: Kis 2:38
· kepada kita: Kis 10:45,47
· kepada hidup: Rom 10:12,13; 2Kor 7:10
Ref. Silang FULL: Kis 11:19 - sesudah Stefanus // dan Antiokhia · sesudah Stefanus: Kis 8:1,4
· dan Antiokhia: Kis 11:26,27; Kis 13:1; 14:26; 18:22; Gal 2:11
· sesudah Stefanus: Kis 8:1,4
· dan Antiokhia: Kis 11:26,27; Kis 13:1; 14:26; 18:22; Gal 2:11
Ref. Silang FULL: Kis 11:20 - orang Siprus // orang Kirene // di Antiokhia // memberitakan Injil · orang Siprus: Kis 4:36
· orang Kirene: Mat 27:32; Mat 27:32
· di Antiokhia: Kis 11:19; Kis 11:19
· memberitakan Injil: K...
Ref. Silang FULL: Kis 11:21 - menyertai mereka // kepada Tuhan · menyertai mereka: Luk 1:66
· kepada Tuhan: Kis 2:41; Kis 2:41
Ref. Silang FULL: Kis 11:23 - karunia Allah // tetap setia · karunia Allah: Kis 13:43; 14:26; 15:40; 20:24
· tetap setia: Kis 14:22
· karunia Allah: Kis 13:43; 14:26; 15:40; 20:24
· tetap setia: Kis 14:22
Ref. Silang FULL: Kis 11:24 - Roh Kudus // kepada Tuhan · Roh Kudus: Luk 1:15; Luk 1:15
· kepada Tuhan: Kis 2:41; Kis 2:41
Ref. Silang FULL: Kis 11:26 - murid-murid itu // pertama kalinya · murid-murid itu: Kis 11:29; Kis 6:1,2; 9:19,26,38; 13:52
· pertama kalinya: Kis 26:28; 1Pet 4:16
· murid-murid itu: Kis 11:29; Kis 6:1,2; 9:19,26,38; 13:52
Ref. Silang FULL: Kis 11:27 - beberapa nabi · beberapa nabi: Kis 13:1; 15:32; 1Kor 11:4; 12:28,29; 14:29,32,37; Ef 4:11; Ef 4:11
· beberapa nabi: Kis 13:1; 15:32; 1Kor 11:4; 12:28,29; 14:29,32,37; Ef 4:11; [Lihat FULL. Ef 4:11]
Ref. Silang FULL: Kis 11:28 - bernama Agabus // seluruh dunia // zaman Klaudius · bernama Agabus: Kis 21:10
· seluruh dunia: Mat 24:14; Mat 24:14
· zaman Klaudius: Kis 18:2
Ref. Silang FULL: Kis 11:29 - Lalu murid-murid // suatu sumbangan // kepada saudara-saudara · Lalu murid-murid: Kis 11:26; Kis 11:26
· suatu sumbangan: Rom 15:26; 2Kor 8:1-4; 9:2
· kepada saudara-saudara: Kis 11:1,12; Kis...
· Lalu murid-murid: Kis 11:26; [Lihat FULL. Kis 11:26]
· suatu sumbangan: Rom 15:26; 2Kor 8:1-4; 9:2
· kepada saudara-saudara: Kis 11:1,12; Kis 1:16; [Lihat FULL. Kis 1:16]