Lihat definisi kata "Tarsus" dalam Studi Kata

Tarsus

Dalam versi-versi Alkitab:

Tarsen: KL1863
Tarsjisj: LDKDR
Tarsoes: KL1863 KL1870
Tarsus: BABA BIS ENDE FAYH SBDR TB TL WBTCDR
Kej 10:4; 1Raj 10:22
Kis 9:11.
NETBible Maps:
JP1 F2
JP2 F2
JP3 F2
JP4 F2
Indo10 H3
Indo11 E3
Indo9 A1
NT2 D2

Peta Google: Spanyol (40° 28´, -4° 49´); Tarsis (36° 57´, -7° 37´); Tarsus (36° 55´, 34° 53´);
OpenBible: (Flickr/Panoramio) SpanyolTarsus

Yunani

Strongs #4681: spania Spania

Spain = "scarceness"

1) the whole peninsula south of the Pyrenees

4681 Spania span-ee'-ah

probably of foreign origin; Spania, a region of Europe: KJV -- Spain.

Strongs #5018: Tarseuv Tarseus

Tarsus = "a flat basket"

1) belong to Tarsus, a native of Tarsus

5018 Tarseus tar-syoos'

from 5019; a Tarsean, i.e. native of Tarsus: KJV -- of Tarsus.
see GREEK for 5019

Strongs #5019: Tarsov Tarsos

Tarsus = "a flat basket"

1) a major city in Cilicia and the birthplace and early home of Paul.
Ac 9:11; 21:39; 22:3. Even in the flourishing period of Greek
history it was an important city. In the Roman civil wars, it
sided with Caesar and on the occasion of a visit from him its name
changed to Juliopolis. Augustus made it a free city. Its was
renowned as a place of education under the early Roman emperors.
Strabo compares it in this respect to Athens and Alexandria.
Tarsus also was a place of much commerce. It was situated in a
wild and fertile plain on the banks of the Cydnus. No ruins of any
importance remain.

5019 Tarsos tar-sos'

perhaps the same as tarsos (a flat basket); Tarsus, a place in Asia Minor: KJV -- Tarsus.

Ibrani

Strongs #08659: vyvrt Tarshiysh

Tarshish or Tharshish = "yellow jasper"

n pr m
1) son of Javan
2) a Benjamite, son of Bilhan
3) one of the wise men close to king Ahasuerus of Persia

n pr loc
4) a city of the Phoenicians in a distant part of the Mediterranean
Sea to which the prophet Jonah was trying to flee
1a) site unknown but perhaps in Cyprus or Spain
5) a city somewhere near and accessible to the Red Sea to which ships
constructed at Ezion-geber on the Elanitic Gulf on the Red Sea were
to sail

8659 Tarshiysh tar-sheesh'

probably the same as 8658 (as the region of the stone, or the reverse); Tarshish, a place on the Mediterranean, hence, the ephithet of a merchant vessel (as if for or from that port); also the name of a Persian and of an Israelite: KJV -- Tarshish, Tharshish.
see HEBREW for 08658

[Barclay]

Strongs #4681:

av [feminin] Spanyol

Strongs #5018:

ewv [maskulin] orang Tarsus

Strongs #5019:

ou [feminin] Tarsus

Tarsis [haag]

Tarsis.

Kota kuno (Kej 10:4) pada Laut Tengah (Yun 1:3; 4:2) dengan hubungan yang giat dalam perdagangannya dengan ---> Tirus (Yeh 27:12). Tempatnya belum bisa ditentukan secara pasti. Paling mungkin adalah persamaannya dengan Tartesos di Spanyol, yang di waktu kuno kaya sekali dikarenakan perdagangannya yang terkenal dalam bidang logam. Kapal-kapal ~T yang besar dan stabil juga disebut-sebut dalam hubungannya dengan logam yang dibawanya (1Raj 10:22).

Tarsus [haag]

Tarsus.

Kota kuno yang terkenal. Didirikan oleh orang-orang Fenesia pada sungai Kidnos. Kota itu dijadikan helenis oleh para Seleukid. Kemudian memperoleh penghargaan karena perkembangan ilmiahnya. Pada pemerintahan Antonius, ~T dijadikan ibu-kota propinsi Romawi Silisia. Kota asal rasul Paulus (Kis 9:11; 21:39), yang juga tinggal di situ beberapa tahun setelah ia bertobat (Kis 9:30; Kis 11:25; Gal 1:21).

Tarsus [kecil]

KS.- [PB] Kis 9:30; 11:25; 21:39; 22:3

TARSIS [browning]

Sebuah pelabuhan Laut Mediterania ke mana Yunus melarikan diri (Yun. 1:3), mungkin di *Spanyol, atau *Siprus (Yes. 23:1) -- walaupun muatan *emas, *perak, *gading; monyet dan burung merak yang dimuat kapal-kapal dari Tarsis kepada Raja *Salomo (1Raj. 10:22) menunjuk ke wilayah yang lebih asing. Ada perdebatan apakah kapal-kapal Tarsis (1Raj. 22:48) berarti kapal-kapal jenis tertentu atau kapal-kapal dengan tujuan Tarsis.

TARSUS [browning]

'Bukan kota sembarang' (Kis. 21:39), 16 km melalui Sungai Cydnus, di tenggara Asia Kecil, pusat persimpangan perdagangan dan kebudayaan dan tempat tinggal berbagai filsuf Stoa yang terkenal. Paulus katanya lahir (Kis. 9:11) di masyarakat Yahudi di Tarsus, tetapi berbahasa Yunani seperti semua orang lain.

TARSIS [ensiklopedia]

1. Cucu Benyamin, anak Bilhan (1 Taw 7:10).

2. Salah seorang dari ketujuh pembesar terhormat Ahasyweros, penguasa Persia (Est 1:14).

3. Anak Yawan, cucu Nub (Kej 10:4; 1 Taw 1:7). Nama Tarsis (1 Raj 10:22 [2x]; 22:48; 1 Taw 7:10) mengacu kepada keturunannya maupun kepada tanahnya.

Beberapa acuan dalam PL menyebut kapal-kapal, yg mengisyaratkan bahwa Tarsis berbatasan dengan laut. Maka Yunus naik kapal, menuju Tarsis (Yun 1:3; 4:2) dari Yafo dengan maksud melarikan diri ke suatu negeri yg jauh (Yes 66:19). Negeri itu kaya akan logam ump perak (Yer 10:9), besi, timah putih, timah hitam (Yeh 27:12), yg diekspor ke tempat-tempat seperti Yafo dan Tirus (Yeh 27). Suatu daerah di bagian barat Laut Tengah di mana terdapat banyak endapan mineral, agaknya merupakan penjabaran yg mungkin, dan banyak ahli menganggapnya Tartesus yg di Spanyol.

Kekayaan logam di Spanyol menarik perhatian bangsa Fenisia, yg mendirikan koloni di sana. Bukti yg menarik perhatian datang dari Sardinia; di sana terdapat tulisan ukiran karya orang Fenisia pada abad 9 sM, yg mengandung nama Tarsis. W. F Albright beranggapan bahwa kata Tarsis itu sendiri mengisyaratkan pengertian menambang atau melebur, dan dalam pengertian ini tiap negeri yg kaya mineral mungkin saja disebut Tarsis (walaupun agaknya yg paling mungkin Spanyol-lah negeri yg dimaksud). Suatu akar kata Sem kuno, yg didapati dalam bh Akad, rasasu, artinya 'melebur', 'dilebur'. Kata benda yg diturunkan, tarsisu dapat dipakai untuk memaksudkan tempat peleburan atau penyulingan (bnd bh Arab rss, 'menitik atau menitis', dst ttg benda cair). Justru setiap tempat, di mana dikerjakan penambangan atau peleburan, dapat disebut Tarsis.

Bagaimana kelihatannya tempat seperti itu, dapat disimpulkan dari penggalian N Glueck di Ezion-Geber di Teluk Akaba, di situ ada kilang tembaga pada zaman Salomo, dan terus sampai abad 9 sM. Biji tembaga ditambang dan dilebur di daerah sebelah utara pelabuhan Ezion-Geber di wilayah Arab. Tepat di tempat inilah berlabuh armada kapal Tarsis Salomo (1 Raj 10:22; 22:48; 2 Taw 9:21). Ungkapan 'oni tarsyisy (armada) kapal Tarsis bisa mengacu kepada kapal-kapal yg membawa logam yg telah dilebur, atau ke negeri-negeri jauh dari Ezion-Geber, atau ke Fenisia dari Laut Tengah bagian barat. Mengenai pendapat bahwa kapal-kapal Tarsis ialah kapal-kapal laut yg disebut menurut pelabuhan Tarsus, atau bh Yunani tarsos, 'kayuh atau dayung', *KAPAL DAN PERAHU.

Kapal-kapal ini melambangkan kekayaan dan kekuasaan. Lukisan yg tajam sekali tentang hari penghakiman Allah ialah gambar pemusnahan kapal-kapal pada hari itu (Mzm 48:7; Yes 2:16; 23:1, 14).

KEPUSTAKAAN. W. F Albright, 'New Light on the Early History of Phoenician Colonization', BASOR 83, 1941, hlm 14 dab; N Glueck, The Other Side of Jordan, 1, 1940, hlm 93 dab; id, 'Excavations at Ezion Geber', BASOR 79, 1940, hlm 3 dab; GTT, hlm 88 dab; C. H Gordon, 'Tarshish', !DB 4, hlm 517-518. JAT/MHS/HAO

TARSUS [ensiklopedia]

Kis 9:11, 30; 11:25; 21:39; 22:3; tempat lahir Paulus. Tarsus terletak di dataran Kilikia, yg diairi oleh S Kidnus dan kr 16 km ke pedalaman, seperti kebanyakan kota di dekat pantai Asia Kecil. Menimbang dari luas sisa-sisanya, Tarsus mempunyai penduduk kr setengah juta pada zaman Romawi. Hilir S Kidnus dapat dilayari dan sebuah pelabuhan dibangun berdasarkan kaidah teknik. Di sebelah utara terdapat jalan raya utama menuju ke Gerbang Kilikia, yaitu jalan lintas pegunungan yg termasyhur melalui pegunungan Taurus, panjangnya kr 50 km.

Tidak ada yg diketahui tentang pembangunan kota Tarsus. Mungkin itu adalah kota Kilikia asli yg dibangun pada masa dini, yg kemudian dimasuki oleh pemukim-pemukim Yunani. Nama Mopsus secara tradisi dihubungkan dengan pemukiman Yunani di Kilikia, dan hal ini bisa mengacu (seperti pendapat Ramsay The Cities of St. Paul, 1907, hlm 116 dst) kepada pemukiman Ionia yg lebih dini. Kej 10:4, 'keturunan Yawan ialah Elisa, Tarsis...' mungkin menopang teori ini. Penjabaran Yosefus tentang Tarsis menjadi Tarsus dalam bagian ini tidak menghambat tafsiran yg berbeda dalam kait naskah yg lain. Sifat kekunoan dari Kej 10 merupakan keberatan yg lebih besar, tapi kata-katanya mungkin merupakan bukti mengenai penerobosan orang Ionia (Yunani) pada suatu saat yg lebih lama lagi.

Tarsus jarang tampil dalam sejarah. Kota ini disebut dalam Tugu Hitam Salmaneser sebagai salah satu kota yg ditaklukkan oleh bangsa Asyur pada pertengahan abad 9 sM. Pemerintahan Media dan Persia menyusul, dengan organisasinya yg tidak begitu ketat, yg mengizinkan seorang raja bawahan Kilikia memerintah. Xenofon yg tampil pada thn 401 sM, melihat Tarsus sebagai kedudukan kerajaan dari seorang raja bawahan Siemesis. Orang ini mungkin dicomot dari jabatannya karena keterlibatannya dengan pemberontakan Koresy, yg membawa Xenofon dan Pasukan Sepuluh Ribunya ke Kilikia, sebab pada thn 334 sM daerah itu didapati oleh Iskandar Agung dalam tangan seorang bupati Persia. Mata uang dari zaman ini mengisyaratkan percampuran pengaruh Yunani dan negeri Timur, dan tidak ada tanda-tanda otonomi. Menurut Ramsay ada tanda-tanda surutnya pengaruh Yunani di bawah pemerintahan Persia.

Raja-raja Seleukus, yg memerintah sesudah Iskandar Agung, tidak meningkatkan pengaruh Yunani di Tarsus. Politik umum mereka, di sini dan di mana-mana, ialah mengendorkan peranan orang Yunani ke arah otonomi kota dan liberalismenya yg mendampinginya. Mungkin sekali kejutan yg ditimbulkan oleh kekalahan Antiokhus Besar terhadap pihak Roma dan perdamaian thn 189 sM, memutar arah perkembangan. Perjanjian saat itu membatasi daerah kerajaan Siria hanya sampai di Taurus saja, dan Kilikia menjadi daerah perbatasan. Hal ini agaknya telah mendorong Siria mengadakan reorganisasi, memberikan bentuk otonomi bagi Tarsus. Kota Tarsus tempat Paulus itu, dengan paduan Timur Baratnya, dan paduan Yunani Timurnya, berasal dari zaman ini.

Suatu cerita dari 2 Makabe 4:30-36 mengungkapkan betapa cepat perkembangan kemerdekaan dan reorganisasi kota itu, yg dimenangkan oleh protes kota Tarsus dari Antiokhus Epifanes pada thn 171 sM. Pembentukan suatu 'suku' dari warga kota Yahudi sebagai mengikuti praktik Aleksandria mungkin berasal dari zaman ini. Sejarah Tarsus dalam sisa abad 2 sM, kurang jelas. Abad 1 sM lebih kita ketahui. Kerajaan Roma mulai memasuki Kilikia pada thn 104 sM, tapi pengaruh Roma dan Yunani telah dikalahkan di Asia oleh tindak balas dari bangsa Timor, yg dipimpin Mitridates (83 sM). Dengan pendudukan Kilikia oleh Pompeius pada thn 65-64 sM, kota itu dijadikan kembali menjadi 'daerah tugas' (itulah arti dasar dari 'propinsi', arti yg lebih utama dari suatu daerah secara geografis) para gubernur, di antaranya Cicero (thn 51 sM) mendapat tugas keliling untuk mengamankan pantai pembajakan dan daerah pedalaman dan melindungi semua kepentingan Roma.

Walaupun pemerintah Roma tidak menguntungkan daerah itu pada umumnya, kota Tarsus terus berkembang, mengambil bagian dalam perang saudara, dikunjungi oleh Antonius, dan diistimewakan oleh Agustus sebagai kota kediaman Atenodorus, gurunya di Apolonia dan teman seumur hidupnya. Kewarganegaraan Roma bagi beberapa orang Yahudi Tarsus barangkali berasal dari pendudukan oleh Pompeius. EMS/MHS/HAO

[+] Bhs. Inggris

Lihat definisi kata "Tarsus" dalam Studi Kata



TIP #12: Klik ikon untuk membuka halaman teks alkitab saja. [SEMUA]
dibuat dalam 0.10 detik
dipersembahkan oleh YLSA