GREEK: 4549 saoul Saoul 4569 saulov Saulos
HEBREW: 7586 lwav Sha'uwl 7587 ylwav Sha'uwliy
YOPPI: 4569
BARCLAY: 4549 4569
HAAG: Saul
KECIL: Saul Saulus
TOKOH: Saul
BIOTOKOH PL: SAUL
BROWNING: SAUL
ENSIKLOPEDIA: SAUL
BIOTOKOH PB: SAULUS
Saul
Dalam versi-versi Alkitab:
Sa'oel: KL1870Sa'ul: BABA
Saoel: KL1863
Saul: BIS ENDE FAYH TB TL WBTCDR
Saulus: BIS FAYH TB WBTCDR
SJa`ul: LDKDR
Sya'ul: SBDR
Gambar
Yunani
Strongs #4549: saoul Saoul
Saul = "desired"1) the Jewish name of the apostle Paul
2) the son of Kish and the first king of Israel
4549 Saoul sah-ool'
of Hebrew origin (7586); Saul (i.e. Shaul), the Jewish name of Paul: KJV -- Saul. Compare 4569.see GREEK for 4569
see HEBREW for 07586
Strongs #4569: saulov Saulos
Saul = "desired"1) the Jewish name of the apostle Paul
4569 Saulos sow'-los
of Hebrew origin, the same as 4549; Saulus (i.e. Shaul), the Jewish name of Paul: KJV -- Saul.see GREEK for 4549
Ibrani
Strongs #07586: lwav Sha'uwl
Saul or Shaul = "desired"1) a Benjamite, son of Kish, and the 1st king of Israel
2) an early king of Edom and a successor of Samlah
3) a son of Simeon
4) a Levite, son of Uzziah
7586 Sha'uwl shaw-ool'
passive participle of 7592; asked; Shaul, the name of an Edomite and two Israelites: KJV -- Saul, Shaul.see HEBREW for 07592
Strongs #07587: ylwav Sha'uwliy
Shaulites = see Saul "desired"1) descendants of Saul or Shaul
7587 Sha'uwliy shaw-oo-lee'
patronymic from 7856; a Shaulite or descendant of Shaul: KJV -- Shaulites.see HEBREW for 07856
[Yoppi]
Strongs #04569:
Saulus[Barclay]
Strongs #4549:
[maskulin] Saul: (1) nama Ibrani rasul Paulus (2) raja Israel pertama (Kis 13.21)Strongs #4569:
ou [maskulin] Saulus (mana Ibrahim rasul Paulus)Saul [haag]
Saul. (Bhs. Ibr.: yang didoakan).
Raja Isr. yang pertama (sekitar 1012-1004). Silsilah 1Sam 9:1; 1Taw 8:29-33; 9:35-39. Tradisi Alkitab tentang ~S (1Sam 9:1-31:13) adalah sebuah cerita anekdot tentang hubungannya dengan Daud dan Samuel. Pemilihannya menjadi raja (: tempat tinggalnya di ---> Gibea) diperolehnya karena penampilannya dalam usaha penyelamatan kota Yabesy-Gilead dari bangsa Amon (11-12). Ia tidak mampu membebaskan Isr. dari penguasa bangsa Filistin, meskipun banyak perang perluasan daerah yang dilakukannya. Mengenai politik dalam-negerinya hanya diketahui masalah pengusiran pemanggil arwah dan peramal (1Sam 28:3-25). ~S yang selalu berdiri di bawah naungan Samuel, akhirnya bertengkar dengan Samuel (1Sam 13:7-15; 15:1-35), sebab ia tidak merasa dirinya seorang Raja yang berdaulat penuh. Goncangan hatinya yang penuh kesedihan dan histerinya, maupun rasa tidak percaya terhadap Daud dan Samuel pada saat-saat tertentu menggerakkan hatinya untuk mengambil putusan keras (1Sam 22:6-19). Tetapi para musuh ~S menghargainya, hal mana terbukti dari nyanyian ratapan Daud (2Sam 1:19-27).
Saul [kecil]
KS.-
- raja Israel
[PL] pasal 1Sam 9:1-11:15; 13:1-28:25; 31:1-13; pasal 2Sam 1:1-27
[PB] Kis 13:21 - dari Tarsus, Lihat Paulus --> 20528
Saulus [kecil]
TB- Lihat Paulus --> 20528
Saul [tokoh]
Saul
- Orang suku Benyamin, anak Kisy, diurapi oleh Samuel sebagai raja Israel yang pertama (dalam 1Sam 9:1-10:27). Mengalahkan orang Amon (dalam 1Sam 11:1-15). Ditegor karena mempersembahkan korban (1Sam 13:1-15). Mengalahkan orang-orang Filistin (dalam 1Sam 14:1-52). Ditolak sebagai raja karena tidak memusnahkan orang Amalekh (dalam 1Sam 15:1-35). Diganggu oleh roh jahat (1Sam 16:14-23). Mengirim Daud untuk melawan Goliat (dalam 1Sam 17:1-58). Kebencian dan usaha untuk membunuh Daud (1Sam 18:1-11). Anaknya Mikhal diberi sebagai istri Daud (1Sam 18:12-30). Usaha ke dua untuk membunuh Daud (dalam 1Sam 19:1-24). Marah kepada Yonatan (1Sam 20:26-34). Mengejar Daud; membunuh para nabi di Nob (dalam 1Sam 22:1-26), pergi di Kehila dan Zif (dalam 1Sam 23:1-29), dibiarkan hidup oleh Daud di En Gedi (dalam 1Sam 24:1-22), dan dalam kemahnya (dalam 1Sam 26:1-25). Ditegor roh Samuel karena mencari penenung di En-Dor (dalam 1Sam 28:1-25). Dilukai oleh orang Filistin; membunuh diri (dalam 1Sam 31:1-13; 1Taw 10:1-14). Berkabung oleh Daud (2Sam 1:17-27). Anak-anaknya (1Sam 14:49-51; 1Taw 8:1-40).
- Lihat Paulus.
SAUL [biotokoh pl]
Arti nama | : | YANG DIMINTA |
Ayah | : | Kisy - 1 Samuel 9:1-2. |
Istri | : | Ahinoam - 1 Samuel 14:50. |
Anak laki-laki | : | Yonatan, Yiswi, Malkisua, dan Abinadab - 1 Samuel 14:49 ; 1 Tawarikh 8:33. |
Anak perempuan | : | Merab dan Mikhal - 1 Samuel 14:49. |
Disebut pertama | : | 1 Samuel 9:2. |
Namanya disebut | : | 388 kali |
Kitab yang menyebut | : | 6 buku : 1 Samuel, 2 Samuel, 1 Tawarikh, Mazmur, Yeyasa, Kisah Para Rasul |
Tempat kematian | : | Di kaki Gunung Gilboa - 1 Samuel 31:1-2 |
Keadaan kematian | : | Ia dibunuh oleh orang Filisan sebagai hukuman langsung dari Allah - 1 Samuel 28:16-19 |
Terakhir disebut | : | Kisah Para Rasul 13:21. |
Fakta penting | : | IA RAJA ISRAEL 1 (1 Samuel 8-10). |
SAUL [browning]
1) Raja Israel yang pertama. Ia berasal dari suku Benyamin dan agaknya dipilih menjadi raja berdasarkan peran kepemimpinan militernya (1Sam. 14:47-48). Ada dua berita dalam 1 Samuel mengenai permulaan kerajaan itu. Yang satu menampilkan Saul dengan baik dan terhormat, sedangkan dalam berita yang kedua Saul dibayangi oleh Nabi *Samuel dan kehilangan perkenanan Allah, yang dialihkan kepada *Daud. Musuh utama semasa pemerintahan Saul adalah orang Filistin, yang dikalahkan di *Mikhmas (1Sam. 14:31). Dalam hidup Saul kemudian, ia diganggu oleh roh jahat serta dikuasai oleh kecemburuan dan kecurigaan, dan ia melimpahkan kebenciaannya ke atas *Daud. Dalam permusuhan yang berkembang antara kedua tokoh ini, Daud dua kali meloloskan Saul dari kematian (1Sam. 24:6). Di Gunung *Gilboa Saul tewas dalam pertempuran (ia jatuh atas pedangnya sendiri, 1Sam. 31:4) bersama dengan putranya, *Yonatan, yang adalah kawan karib dari Daud (2Sam. 1:26).
2) Nama Ibrani dari *Paulus dari Tarsus.
SAUL [ensiklopedia]
(Ibrani sya'ul, 'yg diminta').
1. Seorang raja Edom (1 Taw 1:48-49; bnd Kej 36:37-38), yg berasal dari Rehobot.
2. Anak Simeon, yg lahir dari perempuan Kanaan (Kej 46:10); dari sinilah berasal orang Saul (Bil 26:13).
3. Anak Kohat (1 Taw 6:24), yg disebut 'Yoel' dalam 1 Taw 6:36. GMG/MHS/HAO
\\==> Image 00260\\
4. Raja pertama umat Israel, putra Kisy dari suku Benyamin. Kisah tentang Saul menyita bagian terbesar 1 Sam (ps 9-31) dan menggambarkan seorang yg amat menyedihkan dari semua hamba pilihan Allah.
Raja Saul lebih tinggi dari saudara-saudaranya. Keberaniannya sepadan dengan kekekaran badannya. Terhadap teman-temannya ia raja, dan terhadap musuh-musuhnya ia murah hati. Saul ialah pilihan Allah untuk melembagakan monarki, untuk menghadirkan melalui dirinya pemerintahan Kerajaan Yahweh atas umat-Nya. Tapi tiga kali ia nyatakan dirinya tidak layak bagi tugas untuk mana ia telah dipilih. Namun dan kendati dalam penunjukan itu ada acuan mengenai kelemahan watak orang yg oleh Allah -- dalam kedaulatan-Nya -- toh memilihnya menjadi raja.
Di bawah tekanan kekuasaan bangsa Filistin, orang Israel mulai berpikir bahwa hanya pemimpin perang yg akan mampu membebaskan mereka. Dengan menolak kepemimpinan rohani Yahweh, yg diterapkan dalam pelayanan Samuel, mereka menuntut seorang raja (1 Sam 8). Sesudah memperingatkan mereka tentang bahaya pemerintahan macam itu -- peringatan yg tidak mereka gubris -- Samuel diperintahkan Allah untuk memenuhi keinginan mereka, dan dibimbing untuk memilih Saul, yg secara rahasia diurapinya di tanah Zuf (1 Sam 10:1), dan mengumumkan pengangkatan itu kemudian dalam suatu upacara umum di Mizpa (10:17-25).
Segera saja Saul mendapat kesempatan menunjukkan keperkasaannya. Nahas, orang Amon, mengepung Yabesy-Gilead dan menuntut penduduk Yabesy mematuhi syarat-syarat penyerahan diri yg kejam. Penduduk segera meminta pertolongan Saul yg sedang berada di seberang S Yordan. Saul mengumpulkan rakyatnya sesuai adat bangsa dan zamannya, dan sebagai satu pasukan mereka memperoleh kemenangan besar (11:1-11). Adalah menjadi bukti nalurinya yg halus, ketika ia menolak keinginan pengikutnya pada saat itu, untuk menghukum orang-orang yg tidak mau menghormatinya (10:27; 11:12, 13).
Mengikuti peristiwa tersebut, suatu upacara keagamaan di Gilgal mengukuhkan pengangkatan Saul sebagai raja, yg rupanya jelas memperoleh restu ilahi dengan dikalahkannya orang Amon itu. Dengan nasihat perpisahan kepada rakyat agar tekun dalam ketaatan kepada Allah, yg disertai tanda-tanda mujizat, Samuel menyerahkan pemerintahan atas umat itu kepada raja baru, Saul. Hanya dalam tiga peristiwa -- satu di antaranya terjadi sesudah ia wafat -- nabi tua itu muncul kembali. Setiap kali adalah untuk menegur Saul karena ketidaktaatannya kepada syarat-syarat pengangkatannya, yaitu menaati sepenuhnya perintah Allah, termasuk syarat terkecil sekalipun.
Peristiwa pertama, Saul, karena tidak sabar melakukan tugas keimaman melayankan korban di Gilgal (13:7-10). Karena pelanggarannya terhadap hal sakral ini, Samuel menubuatkan penolakan terhadap dia sebagai raja. Dan Saul memperoleh petunjuk pertama, bahwa dalam pemikiran Tuhan sudah ada orang yg dipilih-Nya untuk menggantikan Saul.
Peristiwa kedua, ketidaktaatan Saul menyebabkan nabi Samuel mengeluarkan pernyataan yg terkenal, 'Sesungguhnya, mendengarkan lebih baik daripada korban sembelihan, memperhatikan lebih baik daripada lemak domba-domba jantan' (1 Sam 15:22). Lagi, penolakan atas Saul sebagai pemimpin Israel dinyatakan dan ditunjukkan secara simbolik. Samuel memutuskan semua hubungan dengan raja yg sudah jatuh itu.
Peristiwa ketiga, Samuel muncul dari kuburnya memarahi Saul. Persoalan apapun yg timbul sehubungan dengan kisah dukun wanita dari Endor itu (ps 28), adalah jelas bahwa Tuhan mengizinkan percakapan supranatural ini dengan raja yg sedih itu, demi mengisi piala kejahatan Saul dan untuk meramalkan ajalnya sudah dekat.
Mengenai persengketaan yg lama antara Saul dan Daud, *DAUD, membahas aspek-aspek lain dari sifat Saul. Adalah mempunyai arti penting, bahwa ketika Daud diurapi di hadapan umum di Betlehem, Samuel sebelumnya telah menolak Eliab, saudara Daud yg paling gagah. Ini mengajarkan agar jangan menganggap bahwa kekuatan alamiah dan spiritual harus berjalan bersama-sama (16:7).
Saul menjadi bahan pelajaran tentang perbedaan asasi antara manusia jasmaniah dan rohaniah. Orang yg senama dengan dia dalam PB membedakan kedua hal itu (1 Kor 3 dst). Saul hidup pada masa di mana Roh Kudus datang kepada manusia untuk suatu jangka waktu tertentu dan tujuan khusus, bukannya tinggal menetap mendiami anak anak Tuhan. Saul mudah sekali kena godaan, menjadi murung dan pendiriannya goyah. Namun demikian, ketidaktaatannya tak dapat diampuni karena ia memiliki kesempatan mendengar firman Tuhan yg disampaikan oleh Samuel.
Kejatuhannya lebih menyedihkan lagi, karena dia adalah tokoh dengan peranan mewakili di tengah-tengah umat Allah.
5. Nama Yahudi rasul *PAULUS (Kis 13:9).
KEPUSTAKAAN. J Gregory, The Life and Character of Saul', ExpT 19, 1907-1908, hlm 510-513; A. C Welch, Kings and Prophets of Israel, 1952, hlm 63-79; E Robertson, The Old Testament Problem, 1946, hlm 105-136; J Bright, A History of Israel2, 1972, hlm 180-190. THJ/S/HAO
PAULUS (Saulus) [biotokoh pb]
Disebut pertama | : | Saulus Kis 7:50, Paulus Kis 13:9 |
Namanya disebut | : | 180 X (Saulus 22 X / Paulus 158 X) |
Kitab yang menyebut | : | 15 Kitab Kisah Para Rasul, Rama, 1 Korintus, 2 Korintus, Galatia, Efesus, Filipi, Kolose, I Tesalonika, 2 Tesalonika, I Timotius, 2 Timotius, Titus, Filemon dan Petrus. |
Pekerjaan | : | Tukang kemah dan rasul. |
Tempat kelahiran | : | Kota Tarsus di Asia Kecil.(Kis 9:11; 22:3) |
Keadaan kematian | : | Dibunuh dengan pedang. |
Terakhir disebut | : | Saulus Kis 26:14, Paulus 2 Pet 3:15 |
Fakta penting | : | Dia adalah penginjil terbesar, Penanam Gereja, pemenang jiwa, dan seorang Teolog dari sejarah Gereja. Dia penulis 13 dari 27 Kitab Perjanjian Baru. |
Ringkasan | : | |
|