kecilkan semua  

Teks -- 2 Korintus 1:1-24 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Salam
1:1 Dari Paulus, yang oleh kehendak Allah menjadi rasul Kristus Yesus, dan dari Timotius saudara kita, kepada jemaat Allah di Korintus dengan semua orang kudus di seluruh Akhaya. 1:2 Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita, dan dari Tuhan Yesus Kristus menyertai kamu.
Ucapan syukur
1:3 Terpujilah Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, Bapa yang penuh belas kasihan dan Allah sumber segala penghiburan, 1:4 yang menghibur kami dalam segala penderitaan kami, sehingga kami sanggup menghibur mereka, yang berada dalam bermacam-macam penderitaan dengan penghiburan yang kami terima sendiri dari Allah. 1:5 Sebab sama seperti kami mendapat bagian berlimpah-limpah dalam kesengsaraan Kristus, demikian pula oleh Kristus kami menerima penghiburan berlimpah-limpah. 1:6 Jika kami menderita, hal itu menjadi penghiburan dan keselamatan kamu; jika kami dihibur, maka hal itu adalah untuk penghiburan kamu, sehingga kamu beroleh kekuatan untuk dengan sabar menderita kesengsaraan yang sama seperti yang kami derita juga. 1:7 Dan pengharapan kami akan kamu adalah teguh, karena kami tahu, bahwa sama seperti kamu turut mengambil bagian dalam kesengsaraan kami, kamu juga turut mengambil bagian dalam penghiburan kami. 1:8 Sebab kami mau, saudara-saudara, supaya kamu tahu akan penderitaan yang kami alami di Asia Kecil. Beban yang ditanggungkan atas kami adalah begitu besar dan begitu berat, sehingga kami telah putus asa juga akan hidup kami. 1:9 Bahkan kami merasa, seolah-olah kami telah dijatuhi hukuman mati. Tetapi hal itu terjadi, supaya kami jangan menaruh kepercayaan pada diri kami sendiri, tetapi hanya kepada Allah yang membangkitkan orang-orang mati. 1:10 Dari kematian yang begitu ngeri Ia telah dan akan menyelamatkan kami: kepada-Nya kami menaruh pengharapan kami, bahwa Ia akan menyelamatkan kami lagi, 1:11 karena kamu juga turut membantu mendoakan kami, supaya banyak orang mengucap syukur atas karunia yang kami peroleh berkat banyaknya doa mereka untuk kami.
Perubahan dalam rencana Paulus
1:12 Inilah yang kami megahkan, yaitu bahwa suara hati kami memberi kesaksian kepada kami, bahwa hidup kami di dunia ini, khususnya dalam hubungan kami dengan kamu, dikuasai oleh ketulusan dan kemurnian dari Allah bukan oleh hikmat duniawi, tetapi oleh kekuatan kasih karunia Allah. 1:13 Sebab kami hanya menuliskan kepada kamu apa yang dapat kamu baca dan pahamkan. Dan aku harap, mudah-mudahan kamu akan memahaminya sepenuhnya, 1:14 seperti yang telah kamu pahamkan sebagiannya dari kami, yaitu bahwa pada hari Tuhan Yesus kamu akan bermegah atas kami seperti kami juga akan bermegah atas kamu. 1:15 Berdasarkan keyakinan ini aku pernah merencanakan untuk mengunjungi kamu dahulu, supaya kamu boleh menerima kasih karunia untuk kedua kalinya. 1:16 Kemudian aku mau meneruskan perjalananku ke Makedonia, lalu dari Makedonia kembali lagi kepada kamu, supaya kamu menolong aku dalam perjalananku ke Yudea. 1:17 Jadi, adakah aku bertindak serampangan dalam merencanakan hal ini? Atau adakah aku membuat rencanaku itu menurut keinginanku sendiri, sehingga padaku serentak terdapat "ya" dan "tidak"? 1:18 Demi Allah yang setia, janji kami kepada kamu bukanlah serentak "ya" dan "tidak". 1:19 Karena Yesus Kristus, Anak Allah, yang telah kami beritakan di tengah-tengah kamu, yaitu olehku dan oleh Silwanus dan Timotius, bukanlah "ya" dan "tidak", tetapi sebaliknya di dalam Dia hanya ada "ya". 1:20 Sebab Kristus adalah "ya" bagi semua janji Allah. Itulah sebabnya oleh Dia kita mengatakan "Amin" untuk memuliakan Allah. 1:21 Sebab Dia yang telah meneguhkan kami bersama-sama dengan kamu di dalam Kristus, adalah Allah yang telah mengurapi, 1:22 memeteraikan tanda milik-Nya atas kita dan yang memberikan Roh Kudus di dalam hati kita sebagai jaminan dari semua yang telah disediakan untuk kita. 1:23 Tetapi aku memanggil Allah sebagai saksiku -- Ia mengenal aku --, bahwa sebabnya aku tidak datang ke Korintus ialah untuk menyayangkan kamu. 1:24 Bukan karena kami mau memerintahkan apa yang harus kamu percayai, karena kamu berdiri teguh dalam imanmu. Sebaliknya, kami mau turut bekerja untuk sukacitamu.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Akhaya a Roman province located in Greece along the south coast of the Gulf of Corinth
 · Asia A Roman province on the west side of Asia Minor.
 · Korintus a town located on the narrow isthmus connecting the Greek mainland with the Peloponnesus Peninsula to the south
 · Makedonia a Roman province north of Greece which included 10 Roman colonies (IBD),citizens of the province of Macedonia
 · Silas a man who went with Peter and Paul on separate missionary journeys
 · Silwanus a man who was a leader in the Jerusalem church chosen to accompany Paul
 · Timotius a young man of Lystra who travelled with Paul and to whom two epistles were addressed
 · Yahudi the Jewish religion/beliefs
 · Yudea a region that roughly corresponded to the earlier kingdom of Judah


Topik/Tema Kamus: Hamba Tuhan | Orang Kudus Yang Menderita | Ya | Timotius | Hibur, Penghiburan Di Dalam Kesusahan | Percaya Kepercayaan | Sumpah | Suara Hati (Hati Nurani) | Roh Kudus Adalah Allah | Sekutu, Persekutuan Dengan | Sifat Orang-Orang Kudus | Tebus, Penebusan | Urap, Pengurapan Roh Kudus | Wajib, Kewajiban Terhadap Orang Yang Dalam Kesusahan | Ucap, Ucapan Syukur | Teladan, Gambaran Dari Anak Domba Paskah | Murah, Kemurahan Allah | Sukacita | Kasih Karunia | Benar Kebenaran Allah | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: 2Kor 1:4 - MENGHIBUR KAMI DALAM SEGALA PENDERITAAN KAMI. Nas : 2Kor 1:4 Kata "menghibur" (Yun. _paraklesis_) berarti berdiri di sisi seorang sambil mendorong dan menolongnya pada saat kesukaran. Secara un...

Nas : 2Kor 1:4

Kata "menghibur" (Yun. _paraklesis_) berarti berdiri di sisi seorang sambil mendorong dan menolongnya pada saat kesukaran. Secara unggul Allah melaksanakan peran ini, karena Dia mengutus Roh Kudus kepada anak-anak-Nya untuk menghibur mereka

(lihat cat. --> Yoh 14:16).

[atau ref. Yoh 14:16]

Paulus telah belajar dalam banyak kesukaran yang dialaminya bahwa tidak ada penderitaan, sekalipun sangat hebat, yang dapat memisahkan orang percaya dari pemeliharaan dan belas kasihan Bapa sorgawi mereka (Rom 8:35-39). Kadang-kadang Allah mengizinkan kesukaran menimpa kehidupan kita supaya kita, setelah mengalami penghiburan-Nya, dapat menghibur orang lain dalam kesukaran mereka

(lihat art. PENDERITAAN ORANG BENAR).

Full Life: 2Kor 1:5 - KESENGSARAAN ... PENGHIBURAN. Nas : 2Kor 1:5 Sepanjang surat ini, Paulus menekankan bahwa kehidupan Kristen meliputi baik kesengsaraan (ikut serta atau bersekutu dengan Kristus ...

Nas : 2Kor 1:5

Sepanjang surat ini, Paulus menekankan bahwa kehidupan Kristen meliputi baik kesengsaraan (ikut serta atau bersekutu dengan Kristus dalam kesengsaraan) maupun penghiburan dari Kristus. Yaitu, pada zaman ini Kristus mengalami kesengsaraan bersama-sama dengan dan bagi umat-Nya karena tragedi dosa (bd. Mat 25:42-45; Rom 8:22-26). Kesengsaraan kita belum tentu karena ketidaktaatan, tetapi sering merupakan kesengsaraan oleh Iblis, dunia, dan orang percaya yang palsu, sementara kita mengambil bagian dalam pekerjaan Kristus.

Full Life: 2Kor 1:8-10 - KAMI TELAH PUTUS ASA JUGA AKAN HIDUP KAMI. Nas : 2Kor 1:8-10 Seorang percaya yang setia, yang hidup dalam persekutuan yang taat dengan Kristus dan dikasihi oleh-Nya, bisa saja mengalami peng...

Nas : 2Kor 1:8-10

Seorang percaya yang setia, yang hidup dalam persekutuan yang taat dengan Kristus dan dikasihi oleh-Nya, bisa saja mengalami pengalaman yang melibatkan bahaya, ketakutan serta keputusasaan, dan dapat menghadapi keadaan yang melebihi kekuatan dan daya tahan umat manusia.

  1. 1) Ketika kesukaran yang berat menimpa kehidupan kita, kita tidak perlu merasa bahwa Allah telah meninggalkan kita atau bahwa Dia telah berhenti mengasihi kita. Sebaliknya, kita harus ingat bahwa hal-hal demikian telah terjadi kepada para hamba Allah yang setia dalam masa PB.
  2. 2) Allah mengizinkan pencobaan yang hebat ini supaya Kristus menjadi dekat dan, sementara kita memandang-Nya dengan iman, Dia akan memberikan kasih karunia-Nya yang akan menuntun kita kepada kemenangan (2Kor 2:14; 12:7-10; 13:4).

Full Life: 2Kor 1:11 - KARENA KAMU JUGA TURUT MEMBANTU MENDOAKAN KAMI. Nas : 2Kor 1:11 Suatu prinsip alkitabiah yang tidak dapat disangkal adalah bahwa doa kita bagi orang lain akan membebaskan kuasa dan kegiatan Allah...

Nas : 2Kor 1:11

Suatu prinsip alkitabiah yang tidak dapat disangkal adalah bahwa doa kita bagi orang lain akan membebaskan kuasa dan kegiatan Allah dalam kehidupan orang lain itu. Oleh karena ini, kita harus terdorong untuk berdoa syafaat bagi mereka yang membutuhkan pertolongan (bd. Rom 1:9; Ef 1:16; Fili 1:3; Kol 1:3; 1Tes 1:2).

Full Life: 2Kor 1:12 - INILAH YANG KAMI MEGAHKAN. Nas : 2Kor 1:12 Landasan Paulus untuk bersukacita dan bermegah ialah ketulusan dan integritas perilakunya. Dia telah menetapkan bahwa sepanjang keh...

Nas : 2Kor 1:12

Landasan Paulus untuk bersukacita dan bermegah ialah ketulusan dan integritas perilakunya. Dia telah menetapkan bahwa sepanjang kehidupan Kristennya, dia akan tetap setia kepada Tuhannya, menolak untuk menjadi serupa dengan dunia yang menyalibkan Juruselamatnya, dan bertekun dalam kekudusan sampai Allah memanggilnya pulang ke rumah Bapa (Rom 12:1-2). Dalam kekekalan yang akan datang, sukacita kita yang terbesar ialah kesadaran bahwa kita telah menjalankan kehidupan kita dalam "ketulusan dan kemurnian" bagi Kristus, Juruselamat kita.

Full Life: 2Kor 1:20 - AMIN. Nas : 2Kor 1:20 Kata penutup "Amin" dalam doa dan pemberitaan orang Kristen mengungkapkan keyakinan akan kasih dan kesetiaan Allah serta kepastian ...

Nas : 2Kor 1:20

Kata penutup "Amin" dalam doa dan pemberitaan orang Kristen mengungkapkan keyakinan akan kasih dan kesetiaan Allah serta kepastian janji-janji-Nya. Itulah suara iman, yang meneguhkan lagi dan menyatu diri dengan kebenaran Injil Kristus yang tak tergoyahkan itu. Dalam kitab Wahy 3:14, Tuhan Yesus disebut sebagai "Amin".

Full Life: 2Kor 1:22 - ROH KUDUS DI DALAM HATI KITA SEBAGAI JAMINAN. Nas : 2Kor 1:22 Paulus menguraikan empat aspek karya Allah dalam diri orang percaya melalui Roh Kudus. 1) Roh Kudus menetapkan orang percaya d...

Nas : 2Kor 1:22

Paulus menguraikan empat aspek karya Allah dalam diri orang percaya melalui Roh Kudus.

  1. 1) Roh Kudus menetapkan orang percaya dan menolong mereka bertekun dalam kehidupan iman mereka

    (lihat cat. --> 1Pet 1:5).

    [atau ref. 1Pet 1:5]

  2. 2) Roh mengurapi orang percaya supaya memberikan mereka kuasa untuk bersaksi

    (lihat cat. --> Kis 1:8),

    [atau ref. Kis 1:8]

    untuk melakukan pekerjaan Kristus (Yes 61:1; Mat 10:19-20; Yoh 14:12; Kis 10:38) dan untuk mengetahui kebenaran (1Yoh 2:20).
  3. 3) Roh adalah meterai yang resmi dari kemilikan Allah, yang menandakan orang percaya sebagai milik-Nya sendiri dan menghasilkan sifat yang saleh dalam kepribadian manusiawi mereka (bd. 2Kor 3:18; Gal 5:22; Ef 1:13).
  4. 4) Roh adalah suatu "jaminan" yang tinggal di dalam, yaitu jaminan dan "angsuran pertama" bagi orang percaya yang menyatakan bahwa suatu kehidupan yang lebih mulia bersama Kristus akan datang pada masa depan (2Kor 5:5; Rom 8:23;

    lihat cat. --> Ef 1:13-14).

    [atau ref. Ef 1:13-14]

BIS: 2Kor 1:10 - bahaya kematian yang besar bahaya kematian yang besar: beberapa naskah kuno: kematian yang dahsyat.

bahaya kematian yang besar: beberapa naskah kuno: kematian yang dahsyat.

BIS: 2Kor 1:12 - ikhlas ikhlas: beberapa naskah kuno: suci.

ikhlas: beberapa naskah kuno: suci.

Jerusalem: 2Kor 1:3 - penghiburan Para nabi dahulu memberitakan penghiburan sebagai karunia khas di zaman Mesias, Yes 40:1. Penghiburan itu diwujudkan oleh Mesias, Luk 2:25. Penghibura...

Para nabi dahulu memberitakan penghiburan sebagai karunia khas di zaman Mesias, Yes 40:1. Penghiburan itu diwujudkan oleh Mesias, Luk 2:25. Penghiburan itu pada pokoknya tidak lain kecuali, kesudahan percobaan yang membuka zaman damai sejahtera dan sukacita, Yes 40:1 dst; Mat 5:5. Tetapi menurut pandangan Perjanjian Baru dunia yang baru itu terwujud di tengah-tengah dunia lama. Maka orang Kristen yang bersatu dengan Kristus mendapat penghiburan itu bahkan di tengah-tengah penderitaan, 2Ko 1:4-7; 7:4; bdk Kol 1:24. Penghiburan itu tidak hanya diterima secara pasip saja. Ia sekaligus menguatkan, memberi hati dan mengajak (kata Yunani yang sama, yakni "paraklesis" berarti baik penghiburan maupun ajakan). Satu-satunya sumber penghiburan itu ialah Allah, 2Ko 1:3,4, yang menganugerahkannya melalui Kristus 2Ko 1:5, dan dalam Roh Kudus, Kis 9:31+. Orang Kristen sendiripun perlu menyalurkan penghiburan itu kepada orang lain, 2Ko 1:4,6; 1Te 4:18. Apa yang menyebabkan penghiburan itu ialah a.l. kemajuan dalam hidup Kristen, 2Ko 7:4,6,7, pertobatan, 2Ko 7:13, Kitab Suci, Rom 15:4, dll. Penghiburan itu menjadi sumber pengharapan Rom 15:4.

Jerusalem: 2Kor 1:7 - kesengsaraan kami Dalam 2Korintus ini Paulus terus menekankan adanya hal-hal yang bersaingan dan bahkan bertentangan satu sama lain: kesengsaraan dan penghiburan, 2Ko 1...

Dalam 2Korintus ini Paulus terus menekankan adanya hal-hal yang bersaingan dan bahkan bertentangan satu sama lain: kesengsaraan dan penghiburan, 2Ko 1:3-7; 7:4, mati dan hidup, 2Ko 4:10-12; 6:9, kemiskinan dan kekayaan, 2Ko 6:10; 8:9, kelemahan dan kekuatan, 2Ko 12:9-10. Itulah misteri Paskah, artinya: hadirnya Kristus yang dibangkitkan di tengah-tengah dunia lama di mana bersimaharajalela dosa dan kematian, bdk 1Ko 1-2.

Jerusalem: 2Kor 1:8 - penderitaan Ialah salah satu dari banyak penderitaan yang disebutkan dalam 2Ko 11:23 dst.

Ialah salah satu dari banyak penderitaan yang disebutkan dalam 2Ko 11:23 dst.

Jerusalem: 2Kor 1:10 - akan menyelamatkan var: tengah menyelamatkan.

var: tengah menyelamatkan.

Jerusalem: 2Kor 1:11 - mengucap syukur Pengucapan syukur kerap kali dikemukakan Paulus, bdk kata pembukaan surat-suratnya di mana Paulus mengucap syukur kepada Allah oleh karena mereka yang...

Pengucapan syukur kerap kali dikemukakan Paulus, bdk kata pembukaan surat-suratnya di mana Paulus mengucap syukur kepada Allah oleh karena mereka yang di alamat surat, Rom 1:8; 1Ko 1:4; 1Te 1:2; 2Te 1:3; Fili 1:3; Kol 1:3; File 4. Ini bukannya sekedar ucapan bohong saja. Tidak adanya pengucapan syukur dalam Galatia memang banyak artinya, bdk Gal 1:1+. Syukur perlu meresap dalam segala perbuatan orang Kristen yang dilakukan dalam nama Kristus dan yang olehNya diikutsertakan dalam pengucapan syukurNya kepada Bapa, Kol 3:17; Efe 5:20. Mengucap syukur merupakan suatu kewajiban yang sesuai dengan kehendak Allah dan tidak hanya bagi orang Kristen, 1Te 5:8, tetapi juga bagi orang bukan Kristen, Rom 1:21. Sebab dengan mengucap syukur orang mengembalikan kepada Allah, meski dengan cara tak sempurna sekalipun, karunia yang diterima dari Allah, bdk 1Te 3:9. Bahkan pengucapan syukur itulah yang pada pokoknya dimaksudkan jika orang meminta karunia dari Allah, 2Ko 1:11; 4:15, dan jika orang mengamalkan kasih persaudaraan, 2Ko 9:11-15. Karenanya pengucapan syukur menjadi bagian penting dalam ibadat jemaat, 1Ko 14:16; Kol 3:16; Efe 5:19 dst, dan dalam doa pribadi, 1Te 5:18; Fili 4:6

Jerusalem: 2Kor 1:11 - untuk kami Var: untuk kamu.

Var: untuk kamu.

Jerusalem: 2Kor 1:12 - ketulusan Var: kekudusan.

Var: kekudusan.

Jerusalem: 2Kor 1:15 - kasih-karunia Var: sukacita.

Var: sukacita.

Jerusalem: 2Kor 1:16 - -- Terpaksa Paulus merobah rencana perjalanannya yang digariskan dalam 1Ko 16:5-6.

Terpaksa Paulus merobah rencana perjalanannya yang digariskan dalam 1Ko 16:5-6.

Jerusalem: 2Kor 1:18 - Allah yang setia Kesetiaan Allah itu terutama "kekokohanNya". Allah adalah "batu karang Israel", Ula 32:4. Dengan aman orang dapat mengandalkanNya. Kesetiaan Allah itu...

Kesetiaan Allah itu terutama "kekokohanNya". Allah adalah "batu karang Israel", Ula 32:4. Dengan aman orang dapat mengandalkanNya. Kesetiaan Allah itu menerangkan bahwa rencanaNya tetap dan janjiNya teguh, Maz 89:1-9,25 dst. Dalam Perjanjian Baru terutama ditekankan kesetiaan Allah pada rencana belas-kasihan serta penyelamatanNya, 1Ko 1:9+; 1Ko 10:13; 1Te 5:24; 2Te 3:3.

Jerusalem: 2Kor 1:19 - Silwanus Dalam Kisah para rasul Silwanus ini disebut Silas.

Dalam Kisah para rasul Silwanus ini disebut Silas.

Jerusalem: 2Kor 1:20 - hanya ada "ya" Kesetiaan Allah pada janjiNya, 2Ko 1:18+, sepenuhnya nyata dalam diri Yesus Kristus. Maka tak masuk akal bahwa Paulus yang hanya hidup untuk memberita...

Kesetiaan Allah pada janjiNya, 2Ko 1:18+, sepenuhnya nyata dalam diri Yesus Kristus. Maka tak masuk akal bahwa Paulus yang hanya hidup untuk memberitakan Kristus itu menyangkal pemberitaannya itu dengan mengambil sikap yang mendua hati

Jerusalem: 2Kor 1:20 - Amin Kata ini (Ibrani: Amen) berarti: Itulah yang kokoh-kuat, layak dipercaya dan diandalkan. Kata "Amin" merupakan jawaban kesetiaan manusia atas kesetiaa...

Kata ini (Ibrani: Amen) berarti: Itulah yang kokoh-kuat, layak dipercaya dan diandalkan. Kata "Amin" merupakan jawaban kesetiaan manusia atas kesetiaan Allah yang nyata dalam diri Yesus Kristus, Rom 1:25+.

Jerusalem: 2Kor 1:22 - tanda milikNya Meterai tanda milikNya itu ialah: atau Roh Kudus yang dikurniakan kepada semua orang beriman (barangkali disinggung upacara inisiasi Kristen), bdk Efe...

Meterai tanda milikNya itu ialah: atau Roh Kudus yang dikurniakan kepada semua orang beriman (barangkali disinggung upacara inisiasi Kristen), bdk Efe 1:13+; Efe 4:30+; 1Yo 2:20+, 1Yo 2:27+; atau pengudusan bagi jabatan rasul (kalau demikian, "kita" menjadi "kami" dan diperlawankan dengan "kamu" dalam 2Ko 1:21), yang memberikan karunia Roh Kudus yang khusus, yang membuat sang rasul menjadi utusan setia dari kesetiaan Allah yang telah menjadi nyata dalam diri Kristus, 2Ko 1:17-20. Perhatikanlah bahwa dalam 2Ko 1:21-22 ketiga diri ilahi disebut.

Ende: 2Kor 1:3 - Terpudjilah Allah Utjapan sjukur kepada Allah, lain dari biasanja dalam surat-surat Paulus, kali ini tidak mengandung pudjian kepada umat. Surat ini agak murung suasana...

Utjapan sjukur kepada Allah, lain dari biasanja dalam surat-surat Paulus, kali ini tidak mengandung pudjian kepada umat. Surat ini agak murung suasananja. Paulus merasa perlu tjemas dan ketjewa terhadap umatnja jang tertjinta, jang tidak begitu setia lagi. Sebagian besar surat ini pula berisi pembelaan diri terhadap siasat dan fitnah para penentangnja, jang sebagian terdiri dari pengadjar-pengadjar Jahudi dari luar, jang menjanggah adjaran-adjaran Paulus dan karena dengki mengecilkan kewibawaannja, sehingga mengatjaukan dan menjesatkan umat. Pembelaan ini sering sangat keras dan bertjorak sindiran tadjam penuh kedjengkelan. Tetapi sepandjang seluruh surat njata sekali, bahwa segalanja itu berpokok pada dan bernafaskan tjinta besar dan murni kepada umat, Kristus dan Allah.

Ende: 2Kor 1:5 - Bagian dalam penderitaan Kristus Sengsara Jesus dilandjutkan dalam sengsara tubuh mistikNja. Tiap-tiap anggota mendapat bagiannja, dan kalau diderita karena Kristus dan dalam kesatuan...

Sengsara Jesus dilandjutkan dalam sengsara tubuh mistikNja. Tiap-tiap anggota mendapat bagiannja, dan kalau diderita karena Kristus dan dalam kesatuan denganNja dapat mendjadi sumber berkat dan rahmat djuga. Bdl. 2Ko 4:7-17; 12:9-10; Kol 1:24.

Ende: 2Kor 1:12-22 - -- Fasal ini sukar dimengerti dalam perintjian-perintjian, sebab kita tidak mengetahui latar belakangnja, jaitu kedjadian-kedjadian dan keadaan, jang men...

Fasal ini sukar dimengerti dalam perintjian-perintjian, sebab kita tidak mengetahui latar belakangnja, jaitu kedjadian-kedjadian dan keadaan, jang mendjadi alasan-alasan tjetusan-tjetusan Paulus jang kita batja disini. Kita hanja dapat meraba-raba sadja.

Ende: 2Kor 1:12 - Kemegahan Ungkapan ini pada Paulus bukan mengandung kesombongan, melainkan kegembiraan penuh sjukur kepada Allah.

Ungkapan ini pada Paulus bukan mengandung kesombongan, melainkan kegembiraan penuh sjukur kepada Allah.

Ende: 2Kor 1:13 - Maksud tulisan kami Agak pasti bahwa Paulus antara I Kor. dan surat II Kor. ini, telah menulis suatu surat lain lagi, jang tidak diturunkan kepada kita. Lagi pula bahwa i...

Agak pasti bahwa Paulus antara I Kor. dan surat II Kor. ini, telah menulis suatu surat lain lagi, jang tidak diturunkan kepada kita. Lagi pula bahwa ia dalam waktu itu telah mengundjungi umat Korintus untuk kedua kalinja, tetapi untuk waktu singkat sadja, dan bahwa kundjungannja itu kurang berhasil.

Ende: 2Kor 1:16 - Menolong aku ke Judea Ungkapan ini asli jang merupakan suatu peribahasa jang sangat umum, memaksudkan: mentjari suatu kesempatan (kapal) baginja, membelandjai perdjalanan, ...

Ungkapan ini asli jang merupakan suatu peribahasa jang sangat umum, memaksudkan: mentjari suatu kesempatan (kapal) baginja, membelandjai perdjalanan, membekali ataupun menghantarnja. Biasanja umat-umat berbuat begitu bagi Paulus.

Ende: 2Kor 1:17 - Menurut daging karena kepentingan-kepentingan djasmani dirinja sendiri atau sebab takut.

karena kepentingan-kepentingan djasmani dirinja sendiri atau sebab takut.

Ende: 2Kor 1:18 - -- Umat djengkel sebab Paulus tidak menepati djandjinja untuk mengundjungi mereka. Tetapi dari ungkapan Paulus dalam ajat ini agak terang bahwa tuduhan-t...

Umat djengkel sebab Paulus tidak menepati djandjinja untuk mengundjungi mereka. Tetapi dari ungkapan Paulus dalam ajat ini agak terang bahwa tuduhan-tuduhan mereka bahwa perkataannja tidak "tepat" atau "tidak djudjur" lebih umum lagi.

Ende: 2Kor 1:20 - Amin Artinja "setudju". Umat-umat biasanja mengutjap "amin" setelah Paulus mengachiri pengadjarannja, sebagai tanda bahwa mereka mengerti dan menerima adja...

Artinja "setudju". Umat-umat biasanja mengutjap "amin" setelah Paulus mengachiri pengadjarannja, sebagai tanda bahwa mereka mengerti dan menerima adjaran-adjaran.

Ende: 2Kor 1:21 - Diurapi Maksudnja: ditentukan oleh Allah sendiri setjara resmi sebagai rasulNja, dengan tanda-tanda jang njata (tanda-tanda adjaib dan mukdjizat-mukdjizat) se...

Maksudnja: ditentukan oleh Allah sendiri setjara resmi sebagai rasulNja, dengan tanda-tanda jang njata (tanda-tanda adjaib dan mukdjizat-mukdjizat) sehingga kebenaran adjaran-adjarannja terdjamin oleh Allah sendiri.

Ende: 2Kor 1:22 - Dimeteraikan Roh Kudus telah memberikan Paulus kurnia-kurnia jang istimewa jang njata kepada seluruh umat, sehingga mereka harus pertjaja bahwa ia mempunjai Roh Ku...

Roh Kudus telah memberikan Paulus kurnia-kurnia jang istimewa jang njata kepada seluruh umat, sehingga mereka harus pertjaja bahwa ia mempunjai Roh Kudus dan sebab itu ia djudjur dalam tindakannja dan adjaran-adjarannja benar.

Ende: 2Kor 1:23 - -- Dengan sumpah rangkap Paulus menekankan, bahwa hanja kepentingan-kepentingan umat jang mendjadi alasan untuk menunda perkundjungannja. Hal itu didjela...

Dengan sumpah rangkap Paulus menekankan, bahwa hanja kepentingan-kepentingan umat jang mendjadi alasan untuk menunda perkundjungannja. Hal itu didjelaskan lebih landjut dalam 2Ko 2:1-4 nanti.

Ende: 2Kor 1:24 - Menguasai Barangkali Paulus ingat dan mau memperingatkan umat akan siasat para penentangnja ("rasul-rasul palsu"), jang menurut 2Ko 11:20 bertindak keras untuk ...

Barangkali Paulus ingat dan mau memperingatkan umat akan siasat para penentangnja ("rasul-rasul palsu"), jang menurut 2Ko 11:20 bertindak keras untuk memaksakan umat menerima adjaran-adjarannja. Tetapi mungkin djuga ia hendak membela diri terhadap fitnah-fitnah para penentang, bahwa ia loba kekuasaan, mau memerintahkan umat sadja.

Ref. Silang FULL: 2Kor 1:1 - kehendak Allah // menjadi rasul // dari Timotius // jemaat Allah // di Korintus // seluruh Akhaya · kehendak Allah: 1Kor 1:1; Ef 1:1; Kol 1:1; 2Tim 1:1 · menjadi rasul: 1Kor 1:1; 1Kor 1:1 · dari Timotius: Kis 16:1; Kis 16:1 &mi...

· kehendak Allah: 1Kor 1:1; Ef 1:1; Kol 1:1; 2Tim 1:1

· menjadi rasul: 1Kor 1:1; [Lihat FULL. 1Kor 1:1]

· dari Timotius: Kis 16:1; [Lihat FULL. Kis 16:1]

· jemaat Allah: 1Kor 10:32; [Lihat FULL. 1Kor 10:32]

· di Korintus: Kis 18:1; [Lihat FULL. Kis 18:1]

· seluruh Akhaya: Kis 18:12; [Lihat FULL. Kis 18:12]

Ref. Silang FULL: 2Kor 1:2 - Yesus Kristus · Yesus Kristus: Rom 1:7; Rom 1:7

· Yesus Kristus: Rom 1:7; [Lihat FULL. Rom 1:7]

Ref. Silang FULL: 2Kor 1:3 - Yesus Kristus · Yesus Kristus: Ef 1:3; 1Pet 1:3

· Yesus Kristus: Ef 1:3; 1Pet 1:3

Ref. Silang FULL: 2Kor 1:4 - menghibur kami · menghibur kami: Yes 49:13; 51:12; 66:13; 2Kor 7:6,7,13

Ref. Silang FULL: 2Kor 1:5 - mendapat bagian · mendapat bagian: Rom 8:17; 2Kor 4:10; Gal 6:17; Fili 3:10; Kol 1:24; 1Pet 4:13

Ref. Silang FULL: 2Kor 1:6 - dan keselamatan · dan keselamatan: 2Kor 4:15

· dan keselamatan: 2Kor 4:15

Ref. Silang FULL: 2Kor 1:7 - dalam kesengsaraan · dalam kesengsaraan: 2Kor 1:5; 2Kor 1:5

· dalam kesengsaraan: 2Kor 1:5; [Lihat FULL. 2Kor 1:5]

Ref. Silang FULL: 2Kor 1:8 - kamu tahu // kami alami // Asia Kecil · kamu tahu: Rom 11:25; Rom 11:25 · kami alami: 1Kor 15:32 · Asia Kecil: Kis 2:9; Kis 2:9

· kamu tahu: Rom 11:25; [Lihat FULL. Rom 11:25]

· kami alami: 1Kor 15:32

· Asia Kecil: Kis 2:9; [Lihat FULL. Kis 2:9]

Ref. Silang FULL: 2Kor 1:9 - kepada Allah // orang-orang mati · kepada Allah: Yer 17:5,7 · orang-orang mati: Yoh 5:21; Yoh 5:21

· kepada Allah: Yer 17:5,7

· orang-orang mati: Yoh 5:21; [Lihat FULL. Yoh 5:21]

Ref. Silang FULL: 2Kor 1:10 - Dari kematian // menaruh pengharapan · Dari kematian: Rom 15:31; Rom 15:31 · menaruh pengharapan: 1Tim 4:10

· Dari kematian: Rom 15:31; [Lihat FULL. Rom 15:31]

· menaruh pengharapan: 1Tim 4:10

Ref. Silang FULL: 2Kor 1:11 - membantu mendoakan // mengucap syukur · membantu mendoakan: Rom 15:30; Fili 1:19 · mengucap syukur: 2Kor 4:15; 9:11

· membantu mendoakan: Rom 15:30; Fili 1:19

· mengucap syukur: 2Kor 4:15; 9:11

Ref. Silang FULL: 2Kor 1:12 - suara hati // oleh ketulusan // dan kemurnian // oleh hikmat · suara hati: Kis 23:1; Kis 23:1 · oleh ketulusan: 1Tes 2:10 · dan kemurnian: 2Kor 2:17 · oleh hikmat: 1Kor 1:17; 2:1,4,13...

· suara hati: Kis 23:1; [Lihat FULL. Kis 23:1]

· oleh ketulusan: 1Tes 2:10

· dan kemurnian: 2Kor 2:17

· oleh hikmat: 1Kor 1:17; 2:1,4,13

Ref. Silang FULL: 2Kor 1:14 - Tuhan Yesus · Tuhan Yesus: 1Kor 1:8; 1Kor 1:8

· Tuhan Yesus: 1Kor 1:8; [Lihat FULL. 1Kor 1:8]

Ref. Silang FULL: 2Kor 1:15 - mengunjungi kamu // kedua kalinya · mengunjungi kamu: 1Kor 4:19; 1Kor 4:19 · kedua kalinya: Rom 1:11,13; 15:29

· mengunjungi kamu: 1Kor 4:19; [Lihat FULL. 1Kor 4:19]

· kedua kalinya: Rom 1:11,13; 15:29

Ref. Silang FULL: 2Kor 1:16 - meneruskan perjalananku // ke Makedonia // dalam perjalananku // ke Yudea · meneruskan perjalananku: 1Kor 16:5-7 · ke Makedonia: Kis 16:9; Kis 16:9 · dalam perjalananku: 1Kor 16:11; 3Yoh 1:6 · ke ...

· meneruskan perjalananku: 1Kor 16:5-7

· ke Makedonia: Kis 16:9; [Lihat FULL. Kis 16:9]

· dalam perjalananku: 1Kor 16:11; 3Yoh 1:6

· ke Yudea: Kis 19:21

Ref. Silang FULL: 2Kor 1:17 - keinginanku sendiri · keinginanku sendiri: 2Kor 10:2,3; 11:18

· keinginanku sendiri: 2Kor 10:2,3; 11:18

Ref. Silang FULL: 2Kor 1:18 - yang setia · yang setia: 1Kor 1:9; 1Kor 1:9

· yang setia: 1Kor 1:9; [Lihat FULL. 1Kor 1:9]

Ref. Silang FULL: 2Kor 1:19 - Anak Allah // oleh Silwanus // dan Timotius // hanya ada · Anak Allah: Mat 4:3; Mat 4:3 · oleh Silwanus: Kis 15:22; Kis 15:22 · dan Timotius: Kis 16:1; Kis 16:1 · hanya ada: Ibr 1...

· Anak Allah: Mat 4:3; [Lihat FULL. Mat 4:3]

· oleh Silwanus: Kis 15:22; [Lihat FULL. Kis 15:22]

· dan Timotius: Kis 16:1; [Lihat FULL. Kis 16:1]

· hanya ada: Ibr 13:8

Ref. Silang FULL: 2Kor 1:20 - semua janji // Amin // memuliakan Allah · semua janji: Rom 15:8 · Amin: 1Kor 14:16; 1Kor 14:16 · memuliakan Allah: Rom 15:9

· semua janji: Rom 15:8

· Amin: 1Kor 14:16; [Lihat FULL. 1Kor 14:16]

· memuliakan Allah: Rom 15:9

Ref. Silang FULL: 2Kor 1:21 - telah meneguhkan // telah mengurapi · telah meneguhkan: 1Kor 16:13; 1Kor 16:13 · telah mengurapi: 1Yoh 2:20,27

· telah meneguhkan: 1Kor 16:13; [Lihat FULL. 1Kor 16:13]

· telah mengurapi: 1Yoh 2:20,27

Ref. Silang FULL: 2Kor 1:22 - memeteraikan // telah disediakan · memeteraikan: Kej 38:18; Yeh 9:4; Hag 2:24 · telah disediakan: 2Kor 5:5; 2Kor 5:5

· memeteraikan: Kej 38:18; Yeh 9:4; Hag 2:24

· telah disediakan: 2Kor 5:5; [Lihat FULL. 2Kor 5:5]

Ref. Silang FULL: 2Kor 1:23 - sebagai saksiku // menyayangkan kamu · sebagai saksiku: Rom 1:9; Rom 1:9 · menyayangkan kamu: 1Kor 4:21; 2Kor 2:1,3; 13:2,10

· sebagai saksiku: Rom 1:9; [Lihat FULL. Rom 1:9]

· menyayangkan kamu: 1Kor 4:21; 2Kor 2:1,3; 13:2,10

Ref. Silang FULL: 2Kor 1:24 - mau memerintahkan // berdiri teguh · mau memerintahkan: 1Pet 5:3 · berdiri teguh: Rom 11:20; 1Kor 15:1

· mau memerintahkan: 1Pet 5:3

· berdiri teguh: Rom 11:20; 1Kor 15:1

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: 2Kor 1:1-2 - -- 1) Salam (1:1, 2). 1. Julukan rasul, yang dipergunakan secara luas di dalam surat-surat Paulus (bdg. Ef. 1:1; Kol. 1:1; I Tim. 1:1; dan II Tim. 1:1)...

1) Salam (1:1, 2).

1. Julukan rasul, yang dipergunakan secara luas di dalam surat-surat Paulus (bdg. Ef. 1:1; Kol. 1:1; I Tim. 1:1; dan II Tim. 1:1), dengan singkat dan padat merangkum tugas dan misi Paulus (bdg. Gal. 1.1). Orang kudus merupakan istilah lain bagi persaudaraan Kristen (bdg. Rm. 1:7; I Kor. 1:2; Ef. 1:1; Flp. 1:1; Kol. 1:1). Istilah ini senantiasa mengingatkan kepada perubahan radikal yang telah terjadi (bdg. II Kor. 5:7; I Kor. 6:11). Wilayah yang termasuk seluruh Akhaya mencakup Atena (bdg. Kis. 17:34) dan Kengkrea (bdg. Rm. 16:1). 2. Di dalam formula keselamatan, yang diketahui bahkan pada bagian salam, kasih karunia senantiasa mendahului damai sejahtera. Yang pertama merupakan landasan dari yang kedua: oleh karena itu, urutannya tidak bisa diubah. Tidak seorang pun dapat mengalami damai sejahtera jika sebelumnya belum mengalami kasih karunia (bdg. 8:9). Keilahian Kristus ditegaskan secara khusus pada bagian salam dan doksologi surat ini (13:14). Kata depan tunggal dari (apo) menghubungkan Allah, Bapa kita dengan Tuhan Yesus Kristus di dalam suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Nama lengkap Kristus harus dihormati sebagaimana mestinya.

Wycliffe: 2Kor 1:3 - -- 2) Pujian (1:3). Kata sifat verbal terpujilah (eulogetos) yang di dalam Perjanjian Baru senantiasa dipakai untuk oknum-oknum ilahi (11:31; Mrk. 14:61...

2) Pujian (1:3).

Kata sifat verbal terpujilah (eulogetos) yang di dalam Perjanjian Baru senantiasa dipakai untuk oknum-oknum ilahi (11:31; Mrk. 14:61; Luk. 1:68; Rm. 1:25; 9:5; Ef. 1:3; Kol. 1:3, I Ptr. 1:3). melukiskan kebahagiaan dan berkat tidak terbatas yang senantiasa ada di dalam Tritunggal. Paulus di. sini melukiskan Allah (1) menurut sifat dasar-Nya - terpujilah; (2) menurut hubungan-Nya dalam Tritunggal - Bapa Tuhan kita Yesus Kristus; dan (3) menurut sifat-sifat-Nya - penuh belas kasihan dan sumber segala penghiburan. Kata oiktirmos berarti "kasihan, belas kasihan, kasih sayang:" di dalam Perjanjian Baru senantiasa dipakai dalam bentuk jamak (Rm. 12:1; Flp. 2:1; Kol. 3:12; Ibr. 10:28) - mungkin untuk menunjukkan sifat beragam dari kebajikan ini.

Wycliffe: 2Kor 1:4-7 - -- 3) Penderitaan yang Menyedihkan (1:4-7). 4. Allah menghibur orang-orang percaya. Penghiburan Allah bersifat: (1) aktif - yang menghibur kami; (2) lua...

3) Penderitaan yang Menyedihkan (1:4-7).

4. Allah menghibur orang-orang percaya. Penghiburan Allah bersifat: (1) aktif - yang menghibur kami; (2) luas jangkauannya - dalam segala penderitaan kami; (3) memiliki tujuan - sehingga kami sanggup; (4) khusus - dalam bermacam-macam penderitaan; dan (5) mengimbas - menghibur mereka ... dengan penghiburan yang kami terima. Penderitaan berasal dari thlipsis yang juga dipakai dalam 1:8; 2:4; 4:17; 6:4; 7:4; 8:2, 13). 5. Kristus menghibur orang-orang percaya. Sama seperti di dalam bahasa Yunaninya membandingkan dua hal yang bertingkatan atau bersifat sama (seperti halnya dalam Luk. 11:30; 17:26; Yoh. 3:14, 14:31, Kol. 3:13). Yang dimaksudkan dengan kesengsaraan Kristus adalah kesengsaraan Mesias, Yang Diurapi (bdg. Luk. 24:26, 46; Flp. 3:10; Kol. 1:24; I Ptr. 1:11). Kata kerja berlimpah-limpah (perisseuõ) merupakan semacam ciri khas surat ini (II Kor. 3:9; 4:15; 8:2, 7, 8, 12).

Wycliffe: 2Kor 1:6 - menderita // dihibur // Beroleh kekuatan // energeo. Di 6. Perhatikan bentuk pasif waktu sekarang - jika kami menderita ... jika kami dihibur. Entah menderita ataukah dihibur hasilnya senantiasa baik bagi a...

6. Perhatikan bentuk pasif waktu sekarang - jika kami menderita ... jika kami dihibur. Entah menderita ataukah dihibur hasilnya senantiasa baik bagi anak-anak Allah. Beroleh kekuatan berasal dari kata energeo. Di dalam bentuk tengah ini kata itu senantiasa berarti kekuatan yang misterius atau adikodrati (bdg. 4:12; Rm. 12:6, 11; Gal. 5:6; Ef. 3:20; Kol. 1:29, I Tes. 2:13; II Tes. 2:7; Yak. 5:16). Di dalam bentuk aktif yang senantiasa menjadi subjek adalah Allah (bdg. I Kor. 12:6, 11; Gal. 2:8; Ef. 1:11, 20; Flp. 2:13).

Wycliffe: 2Kor 1:7 - Pengharapan kami // teguh // karena kami tahu // Sama seperti ... kamu juga // turut mengambil bagian 7. Pengharapan kami yang eskatologis (bdg. I Tes. 2:19) didasarkan sepenuhnya pada kenyataan bahwa keselamatan itu teguh (bebaios, "dapat diandalkan, ...

7. Pengharapan kami yang eskatologis (bdg. I Tes. 2:19) didasarkan sepenuhnya pada kenyataan bahwa keselamatan itu teguh (bebaios, "dapat diandalkan, dapat diharapkan, pasti" - Arndt). Dengan kata-kata karena kami tahu Paulus menyatakan sebab objektif dari keyakinannya tentang jemaat di Korintus (bdg. I Tes. 1:4). Sama seperti ... kamu juga (seperti dalam II Kor. 7:14; Ef. 5:24) hanya sedikit berbeda dengan ayat 5. Kata turut mengambil bagian (keinonos) digunakan untuk pengertian menemani secara fisik (bdg. II Kor. 8:23), ikut serta secara moral (bdg. Mat. 23:30; I Kor. 10:18, 20; Ibr. 10:33), dan kesatuan rohani (bdg. I Ptr. 5:1; II Ptr. 1:4).

Wycliffe: 2Kor 1:8 - penderitaan yang kami alami // di Asia Kecil 8. Sifat dari penderitaan yang kami alami (thlipsis; lihat ayat 4) yang terjadi di Asia Kecil (maksudnya, propinsi Asia dari kerajaan Roma) telah dipe...

8. Sifat dari penderitaan yang kami alami (thlipsis; lihat ayat 4) yang terjadi di Asia Kecil (maksudnya, propinsi Asia dari kerajaan Roma) telah diperdebatkan panjang lebar selama ini. Beberapa penafsir melihat kekerasan sekelompok orang di Efesus (bdg. Kis. 19:23-31; I Kor. 15:32) sebagai peristiwa yang dimaksudkan. Apa pun pengalaman itu - bahasa yang dipergunakan di sini menggolongkan peristiwa tersebut dalam pengalaman manusia yang paling mengerikan - pastilah yang dimaksudkan ialah salah satu pencobaan yang dialami Paulus demi Kristus (bdg. Kis. 9:16; juga Mzm. 69:1 dst.; Yes. 43:2).

Wycliffe: 2Kor 1:9 - dijatuhi hukuman mati; // menaruh kepercayaan // kepada Allah yang membangkitkan orang-orang mati 9. Seperti Ishak (bdg. Ibr. 11:17-19), Paulus terancam dijatuhi hukuman mati; dan seperti Abraham, dia kini dapat menaruh kepercayaan baru kepada Alla...

9. Seperti Ishak (bdg. Ibr. 11:17-19), Paulus terancam dijatuhi hukuman mati; dan seperti Abraham, dia kini dapat menaruh kepercayaan baru kepada Allah yang membangkitkan orang-orang mati (bdg. Kej. 22:1-18).

Wycliffe: 2Kor 1:10 - menyelamatkan // begitu ngeri // Ia telah menyelamatkan kami; // Ia akan; // kepada-Nya kami menaruh pengharapan kami bahwa Ia akan menyelamatkan kami lagi 10. Kata kerja rhuomai yang diterjemahkan dengan menyelamatkan dipakai di bagian lain untuk Lot (II Ptr. 2:7, 9), Paulus (II Tim. 4:17) dan orang-oran...

10. Kata kerja rhuomai yang diterjemahkan dengan menyelamatkan dipakai di bagian lain untuk Lot (II Ptr. 2:7, 9), Paulus (II Tim. 4:17) dan orang-orang percaya (I Tes. 1:10). Kata dari di sini berasal dari kata Yunani dan bukan dari apo. Paulus sungguh-sungguh mengalami seluruh penderitaan yang dilukiskan di sini dan "lolos" dengan penuh kemenangan darinya (bdg. Rm. 8:35-39; juga Mzm. 66:12; 69:14; 144:7). Istilah deskriptif begitu ngeri (bdg. pemakaiannya di dalam Ibr. 2:3; Yak. 3:4; Why. 16:18) mengungkapkan kehebatan dari pencobaan ini. Penyelamatan Paulus merupakan (1) suatu pemeliharaan Allah yang menakjubkan - Ia telah menyelamatkan kami; (2) suatu nubuat yang pasti - Ia akan; (3) sebuah janji yang indah - kepada-Nya kami menaruh pengharapan kami bahwa Ia akan menyelamatkan kami lagi. Penyelamatan yang akan datang tersebut digenapi di dalam II Timotius 4:17.

Wycliffe: 2Kor 1:11 - banyaknya doa mereka untuk kami 11. Ayat ini dapat diterjemahkan dengan berbagai arti. Pikiran-pikiran dasarnya adalah: (1) kemanjuran doa di dalam penyelamatan Paulus; (2) karunia y...

11. Ayat ini dapat diterjemahkan dengan berbagai arti. Pikiran-pikiran dasarnya adalah: (1) kemanjuran doa di dalam penyelamatan Paulus; (2) karunia yang dianugerahkan kepada sang rasul; (3) ucapan syukur yang dihasilkan sebagaimana terungkap dalam banyaknya doa mereka untuk kami. Paulus sangat percaya pada doa syafaat (bdg. Rm. 15:30, 31; Flp. 1:19; Kol. 4:12). Kata kharisma artinya "karunia (yang diberikan dengan bebas dan dengan penuh kemurahan), anugerah yang dilimpahkan" (Arndt). Kharisma tidak hanya terbatas pada anugerah untuk melayani saja (bdg. Rm. 1:11; I Kor. 1:7; I Ptr. 4:10).

Wycliffe: 2Kor 1:12 - megahkan // Yang kami megahkan // suara hati-Nya; // ketulusan dan kemurnian dari Allah; // dunia // jemaat Korintus // hikmat duniawi // kekuatan kasih karunia Allah 12. Kata megahkan (kauchésis) dijumpai tujuh kali di dalam surat ini (7:4, 14; 8:24; 9:4; 11:10, 17), tetapi hanya lima kali di bagian Perjanji...

12. Kata megahkan (kauchésis) dijumpai tujuh kali di dalam surat ini (7:4, 14; 8:24; 9:4; 11:10, 17), tetapi hanya lima kali di bagian Perjanjian Baru lainnya. Yang kami megahkan maksudnya adalah tiga tolok ukur yang menentukan tingkah laku Paulus: (1) suara hati-Nya; (2) ketulusan dan kemurnian dari Allah; (3) dunia dan jemaat Korintus. Hal-hal yang secara rohani tidak dapat didamaikan dan bertentangan ditunjukkan melalui istilah hikmat duniawi (bdg. Yak. 3:15) dan kekuatan kasih karunia Allah (bdg. I Kor. 3:10; 15:10; Ef. 3:2, 7, 8).

Wycliffe: 2Kor 1:13 - dapat dibaca // dipahami // sepenuhnya 13. Paulus adalah orang yang, konsisten, entah waktu berhadapan dengan orang-orang Yahudi yang bersikap melawan (bdg. Kis. 26:22) atau dengan orang .o...

13. Paulus adalah orang yang, konsisten, entah waktu berhadapan dengan orang-orang Yahudi yang bersikap melawan (bdg. Kis. 26:22) atau dengan orang .orang Kristen yang keras kepala. Apa yang ia tulis di dalam surat-suratnya dengan mudah dapat dibaca dan dipahami sepenuhnya (jadi epiginosko, umumnya berarti dipahami sepenuhnya, bdg. I Kor. 13:12). Frasa Yunani heos telous dapat diterjemahkan dengan sampai kesudahannya atau sepenuhnya. Fakta bahwa kata yang digunakan di sini biasanya berarti "kesudahannya" (bdg. Mat. 24:6, 14; I Kor. 15:24), ditambah dengan fakta bahwa ayat berikutnya mengacu pada Adven Kedua, rasanya sampai kesudahannya merupakan terjemahan yang paling baik (bdg. I Kor. 1:8).

Wycliffe: 2Kor 1:14 - sebagian, // hari Tuhan Yesus 14. Pujian Paulus atas jemaat di Korintus dipertajam oleh kenyataan bahwa motivasi sesungguhnya dari pelayanannya di antara mereka dipahami sepenuhnya...

14. Pujian Paulus atas jemaat di Korintus dipertajam oleh kenyataan bahwa motivasi sesungguhnya dari pelayanannya di antara mereka dipahami sepenuhnya (kata kerja yang sama dengan ayat 13) hanya sebagian, yakni oleh sebagian dari jemaat (lihat susunan kalimat yang sama di dalam Rm. 11:25; I Kor. 13:9). Kedatangan Yesus yang kedua kali disebut hari Tuhan Yesus (seperti dalam I Kor. 1:8; 3:13; 5:5, Flp. 1:6, 10; I Tes. 5:2; II Tes. 2:2).

Wycliffe: 2Kor 1:15-16 - -- 1) Rencana Dipertimbangkan (1:15, 16). 15. Kata pepoithesis, yang diterjemahkan di sini sebagai keyakinan, di dalam Perjanjian Baru hanya dipakai ole...

1) Rencana Dipertimbangkan (1:15, 16).

15. Kata pepoithesis, yang diterjemahkan di sini sebagai keyakinan, di dalam Perjanjian Baru hanya dipakai oleh Paulus (3:4; 8:22; 10:2; Ef. 3:12; Flp. 3:4). Kasih karunia untuk kedua kalinya (charis, "kasih karunia") menyimpulkan berkat ganda yang akan mereka peroleh dari kedua kunjungannya (bdg. Rm. 1:11). 16. Rencana yang dipertimbangkan Paulus terdiri atas empat tahap: (1) kunjungan langsung ke Korintus; (2) perjalanan darat dari Korintus menuju Makedonia: (3) perjalanan balik ke Korintus; dan (4) perjalanan dari Korintus ke Yudea. Paulus sering kali menyebutkan rencana perjalanannya (bdg. Rm. 1:10; 15:22, I Tes. 2:18).

Wycliffe: 2Kor 1:17 - -- 2) Rencana Dikecam (1:17). Paulus menjawab berbagai tuduhan yang dilancarkan kepadanya - tentang memanfaatkan sarana dan cara-cara kedagingan - (1) d...

2) Rencana Dikecam (1:17).

Paulus menjawab berbagai tuduhan yang dilancarkan kepadanya - tentang memanfaatkan sarana dan cara-cara kedagingan - (1) dengan menggunakan logika (jadi; tetapi dalam bahasa Yunani dua-duanya dipakai, oun dan ara); (2) dengan menggunakan negatif yang tegas (meti; bdg. Mat. 7:16; 26:22, 25); (3) dengan menggunakan pengulangan ("ya, ya" dan "tidak, tidak;" tidak terungkap dalam terjemahan baru LAI): (4) dengan menggunakan penekanan pada urutan (hanya dapat dilihat di dalam bahasa Yunani).

Wycliffe: 2Kor 1:18-22 - -- 3) Rencana Dipahami (1:18-22). 18. Demi Allah yang setia dapat dianggap sebagai suatu sumpah yang khidmat atau suatu pernyataan yang jelas ("Allah it...

3) Rencana Dipahami (1:18-22).

18. Demi Allah yang setia dapat dianggap sebagai suatu sumpah yang khidmat atau suatu pernyataan yang jelas ("Allah itu setia sehingga janji kami kepada kamu bukanlah serentak `ya' dan 'tidak"'). Paulus sering mengacu kepada kesetiaan Allah sebagai bukti dari kebenaran Injil yang diberitakan olehnya (bdg. I Kor. 1:9; I Tes. 5:24, II Tes. 3:3). 19. Ayat ini mengungkapkan: (1) oknum; (2) pemberitaan: (3) pembawa berita dan (4) sifat positif dari berita yang disampaikan yang keseluruhannya bersatu di dalam Kristus. Perbedaan di antara -lah (bentuk auris dari ginonrui) dalam bukanlah "tidak" dengan adalah (bentuk sempurna dari ginontai) dalam adalah "ya" harus diperhatikan: "tidak menjadi ya dan tidak, tetapi di dalam Dia menjadi (dan tetap sebagai) ya" (bdg. Yoh. 1:14; Why. 1:17, 18). 20. Kata semua secara tepat menggambarkan kata ganti Yunani yang dipergunakan di sini (lihat pemakaiannya di dalam Mat. 14:36, Yoh. 1:12; Kis. 3:24; Rm. 2:12, Flp. 3:5). Semua janji Allah direalisasikan dan digenapi di dalam Kristus (bdg. Rm. 15:8, 9).

Wycliffe: 2Kor 1:21-22 - meneguhkan, // mengurapi ... memeteraikan ... memberikan // mengurapi // Jaminan 21, 22. Kita jangan mengabaikan acuan kepada tritunggal di dalam 1:18-22: (1) kepastian yang diberikan oleh Allah (ay. 18); (2) sentralisasi yang diju...

21, 22. Kita jangan mengabaikan acuan kepada tritunggal di dalam 1:18-22: (1) kepastian yang diberikan oleh Allah (ay. 18); (2) sentralisasi yang dijumpai di dalam Kristus (ay. 18-20); (3) pemeteraian yang diresmikan oleh Roh (ay. 21, 22). Paulus mengacu kepada suatu pengalaman yang baru saja terjadi (meneguhkan, bentuk waktu kini dari bebaioo; bdg. pemakaiannya di dalam Mrk. 16:20; Rm. 15:8; I Kor. 1:6, 8; Kol. 2:7; Ibr. 2:3; 13:9). yang diperkuat oleh tiga tindakan serentak dan menentukan yang terjadi pada saat kelahiran baru - mengurapi ... memeteraikan ... memberikan (semua dalam bentuk waktu aoris). Kata kerja (chrio) yang diterjemahkan dengan mengurapi digunakan dalam hubungan dengan pengurapan dengan Roh Kudus (bdg. Luk. 4:18; Kis. 4:27; 10:38; Ibr. 1:9). Nama Kristus, ("Yang Diurapi") berasal dari akar kata yang sama. Jaminan (arrabon; di bagian Perjanjian Baru yang lain hanya dipakai di II Kor. 5:5; Ef. 1:14) adalah uang muka waktu membeli.

Wycliffe: 2Kor 1:23--2:4 - -- 4) Rencana Diubah (1:23-2:4). 23. Paulus mengemukakan alasan negatif (untuk menyayangkan kamu) dan positif (supaya kamu tahu betapa besarnya kasihku ...

4) Rencana Diubah (1:23-2:4).

23. Paulus mengemukakan alasan negatif (untuk menyayangkan kamu) dan positif (supaya kamu tahu betapa besarnya kasihku kepada kamu; 2:4b) tentang mengapa ia mengubah rencana yang sudah dipertimbangkannya. Tetapi aku memanggil Allah sebagai saksiku dengan tepat menggambarkan perkataan Paulus (bdg. 11:31; Rm. 1:9; Flp. 1:8, I Tes. 2:5, 10). Aku tidak datang menyiratkan bahwa Paulus menahan diri untuk tidak pergi ke Korintus sebelum beberapa hal di sana diperbaiki (bdg. II Kor. 13:2, 10). 24. Agar kata-kata untuk menyayangkan kamu" tidak disalahartikan, Paulus mengingatkan para pembacanya bahwa dia tidak mempunyai rencana untuk menguasai iman mereka (bdg. 4:5; 11:20; I Ptr. 5:3). Kata sukacita (chara) muncul sama seringnya di dalam surat ini (1:24; 2:3; 7:4, 13; 8:2) dengan di dalam surat Filipi (1:4, 25; 2:2, 29; 4:1). Dalam iman bisa juga diterjemahkan dengan iman - yang pertama menunjuk kepada suasana: yang kedua kepada sarana. Mengenai teguh lihat juga Rm. 5:2; 11:20; I Kor. 15:1; I Ptr. 5:9.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: 2Kor 1:1-2 - Ucapan Syukur Setelah kata-kata pengantar (ay. 1-2), Rasul Paulus memulai dengan mengisahkan berbagai kesulitannya dan kebaikan Allah yang dialaminya di Asia Ke...

Matthew Henry: 2Kor 1:3-6 - Kesengsaraan dan Penghiburan Paulus Kesengsaraan dan Penghiburan Paulus (2 Korintus 1:3-6) Setelah pendahuluan tadi, Rasul Paulus memulai dengan cerita tentang kebaikan Allah kepada ...

Matthew Henry: 2Kor 1:7-11 - Kesungguhan dan Penderitaan Paulus Kesungguhan dan Penderitaan Paulus (2 Korintus 1:7-11) Di dalam ayat-ayat ini Rasul Paulus berbicara untuk menyemangati dan membangun orang Korint...

Matthew Henry: 2Kor 1:12-14 - Ketulusan dan Penderitaan Paulus Ketulusan dan Penderitaan Paulus (2 Korintus 1:12-14) Dalam ayat-ayat ini Rasul Paulus menegaskan kejujuran dirinya dan para rekannya berdasarkan ...

Matthew Henry: 2Kor 1:15-24 - Ketulusan dan Penderitaan Paulus Ketulusan dan Penderitaan Paulus (2 Korintus 1:15-24) Di sini Rasul Paulus membela diri dari tuduhan bahwa dia telah bersikap main-main dan tidak ...

SH: 2Kor 1:1-7 - Penghiburan dalam penderitaan (Senin, 28 Mei 2007) Penghiburan dalam penderitaan Kata "hibur" bisa memberikan gambaran tentang upaya memberi semangat atau dukungan. Mengapa Paulus memakai kata ini...

SH: 2Kor 1:3-7 - Ucapan syukur. (Senin, 31 Agustus 1998) Ucapan syukur. Setiap kali kita membaca tulisan Paulus, pasti hati kita pun akan tersentuh. Ucapan syukurnya bukan berdasarkan fasilitas yang dimiliki...

SH: 2Kor 1:8-14 - Nurani dan integritas (Selasa, 29 Mei 2007) Nurani dan integritas Integritas adalah faktor esensial, baik dalam kepemimpinan sekuler lebih lagi dalam pelayanan seorang hamba Tuhan. Integrit...

SH: 2Kor 1:8-11 - Penderitaan adalah kekuatan. (Selasa, 01 September 1998) Penderitaan adalah kekuatan. Bukankah derita dan beban yang kita alami dalam pelayanan justru dapat membuat kita putus asa? Paulus mengalaminya (ayat ...

SH: 2Kor 1:12--2:4 - Pentingnya saling mempercayai. (Rabu, 02 September 1998) Pentingnya saling mempercayai. Rupanya hubungan Paulus dan jemaat sedikit terganggu, karena perubahan jadwal kunjungan Paulus ke Korintus (ayat 15). S...

SH: 2Kor 1:15-22 - Mengubah rencana (Rabu, 30 Mei 2007) Mengubah rencana Perencanaan adalah langkah awal yang harus dilakukan, sebelum kita melakukan pekerjaan. Namun melaksanakan rencana yang ditetapk...

SH: 2Kor 1:23--2:4 - Cara dan waktu yang tepat (Kamis, 31 Mei 2007) Cara dan waktu yang tepat Tindakan mendisiplinkan jemaat memang bukan sesuatu yang mudah dilakukan, baik menyangkut perasaan maupun konsekwensi y...

Utley: 2Kor 1:1 - --NASKAH NASB (UPDATED): 2Kor 1:1a1aDari Paulus, yang oleh kehendak Allah menjadi rasul Kristus Yesus, dan dari Timotius saudara kita, 2Kor 1:1a "P...

Utley: 2Kor 1:2 - --NASKAH NASB (UPDATED): 2Kor 1:22 Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita, dan dari Tuhan Yesus Kristus menyertai kamu. 2Kor 1:2 "...

Utley: 2Kor 1:3-7 - --NASKAH NASB (UPDATED): 2Kor 1:3-73 Terpujilah Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, Bapa yang penuh belas kasihan dan Allah sumber segala penghiburan,...

Utley: 2Kor 1:8-11 - --NASKAH NASB (UPDATED): 2Kor 1:8-118 Sebab kami mau, saudara-saudara, supaya kamu tahu akan penderitaan yang kami alami di Asia Kecil. Beban yang ditan...

Utley: 2Kor 1:12-14 - --NASKAH NASB (UPDATED): 2Kor 1:12-1412 Inilah yang kami megahkan, yaitu bahwa suara hati kami memberi kesaksian kepada kami, bahwa hidup kami di dunia ...

Utley: 2Kor 1:15-22 - --NASKAH NASB (UPDATED): 2Kor 1:15-2215 Berdasarkan keyakinan ini aku pernah merencanakan untuk mengunjungi kamu dahulu, supaya kamu boleh menerima kasi...

Utley: 2Kor 1:23-24 - --NASKAH NASB (UPDATED): 2Kor 1:23-2423 Tetapi aku memanggil Allah sebagai saksiku — Ia mengenal aku — , bahwa sebabnya aku tidak datang ke Korintus...

Topik Teologia: 2Kor 1:1 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Kehendak Allah Kehendak Allah di Dalam Kehidupan Orang-orang Percaya ...

Topik Teologia: 2Kor 1:3 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Allah Meresponi Permohonan dari Umat Manusia Kel 3:7-8 Kel 6:5 Ayu 34:28 Maz 81:11 Maz ...

Topik Teologia: 2Kor 1:4 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah adalah Satu Pribadi Allah Meresponi Permohonan dari Umat Manusia ...

Topik Teologia: 2Kor 1:5 - -- Yesus Kristus Nuh Kej 5:29 2Ko 1:5 Allah dan Kristus Menghibur Kita 2Ko 1:3-5 Fili 2:1 Pekerja...

Topik Teologia: 2Kor 1:6 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan dan Penderitaan Pemeliharaan-Nya Menopang Dalam Kesengsaraan ...

Topik Teologia: 2Kor 1:8 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab Terhadap Sesama Tugas Terhadap Orang Lain Pada Umumnya atau Terh...

Topik Teologia: 2Kor 1:9 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab Terhadap Sesama Tugas Terhadap Orang Lain Pada Umumnya atau Terh...

Topik Teologia: 2Kor 1:10 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan Allah Berlaku di Dalam Kehidupan Orang-orang Percaya Pemeliharaan-Nya Me...

Topik Teologia: 2Kor 1:11 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Mengucap Syukur untuk Doa yang Dijawab Maz 118:19-21 2Ko 1:10-11 ...

Topik Teologia: 2Kor 1:12 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Mereka Memiliki Persepsi Diri Rom 9:1 2Ko 1:12 2Ko 4:2 2Ko 5:11 Tit 1:13-16 1Pe 2:19 Mereka Dap...

Topik Teologia: 2Kor 1:13 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan dengan Kuasa Pemilihan Mereka Dapat Membuat Pilihan Demi Orang Lain Rom 9:2-4 2Ko 1:12-15,23 ...

Topik Teologia: 2Kor 1:14 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Klaim Perjanjian Baru atas Keilahian Yesus Yesus Disejajarkan dengan Allah Hari Besar ad...

Topik Teologia: 2Kor 1:18 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Allah itu Setia dan Dapat Dipercaya Kel 34:6 Ula 7:9 Ula 32:4 2Sa 7:28 1Ra 8:56 2Ta...

Topik Teologia: 2Kor 1:19 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Allah itu Setia dan Dapat Dipercaya Kel 34:6 Ula 7:9 Ula 32:4 2Sa 7:28 1Ra 8:56 2Ta...

Topik Teologia: 2Kor 1:20 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Tritunggal dalam Pengajaran Perjanjian Baru Mat 3:16-17 Mat 12:18 Mat 12:28 Mat...

Topik Teologia: 2Kor 1:21 - -- Allah yang Berpribadi Keberadaan Allah Didukung oleh Karya-Nya Kej 1:1 1Ra 18:24-39 Maz 9:17 Maz 100:3 Maz 105:2,5,16-22,26-27,...

Topik Teologia: 2Kor 1:22 - -- Allah yang Berpribadi Allah sebagai Tritunggal Ketritunggalan Allah Tritunggal dalam Pengajaran Perjanjian Baru Mat 3...

Topik Teologia: 2Kor 1:24 - -- Keselamatan Pembenaran Sarana Pembenaran Pembenaran adalah Iman Pembenaran adalah di dalam Kristus Yes 53...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: 2 Korintus (Pendahuluan Kitab) Penulis : Paulus Tema : Kemuliaan Melalui Penderitaan Tanggal Penulisan: Tahun 55/56 Latar Belakang Paulus menulis surat kirim...

Full Life: 2 Korintus (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (2Kor 1:1-11) I. Pembelaan Paulus Demi Kepentingan Mayoritas Jemaat yang Setia (2Kor 1:12-7:16) ...

Matthew Henry: 2 Korintus (Pendahuluan Kitab) Dalam suratnya yang terdahulu, Rasul Paulus sudah menyampaikan niatnya untuk datang ke Korintus, sesudah ia melintasi Makedonia (1Kor. 16:5). Akan ...

Jerusalem: 2 Korintus (Pendahuluan Kitab) SURAT-SURAT PAULUS PENGANTAR Kronologi kehidupan Paulus Dengan menggunakan Kisah Para Rasul dan surat-surat Paulus, maka tokoh ini lebih kita kenal da...

Ende: 2 Korintus (Pendahuluan Kitab) SURAT KEDUA RASUL PAULUS KEPADA UMAT KORINTUS KATA PENGANTAR Surat kedua kepada umat Korintus ditulis Paulus kira-kira dua tahun kemudian dari jang pe...

Wycliffe: 2 Korintus (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN 2 KORINTUS Alasan Penulisan. Masalah-masalah utama mengenai hubungan Paulus dengan jemaat di Korintus telah dibahas dengan lebih rinci di...

Wycliffe: 2 Korintus (Garis Besar) GARIS BESAR 2 KORINTUS I. Tindakan Mendamaikan (1:1-7:16). A. Kesesakan Paulus Terbalas (1:1-7). 1. Salam (1:1...

BIS: 2 Korintus (Pendahuluan Kitab) SURAT PAULUS YANG KEDUA KEPADA JEMAAT DI KORINTUS PENGANTAR Surat Paulus Yang Kedua Kepada Jemaat di Korintus ditulis pada masa yang sulit dalam hub

SURAT PAULUS YANG KEDUA KEPADA JEMAAT DI KORINTUS

PENGANTAR

Surat Paulus Yang Kedua Kepada Jemaat di Korintus ditulis pada masa yang sulit dalam hubungan Paulus dengan jemaat itu. Ada anggota-anggota dari jemaat itu yang rupanya telah menyerang Paulus dengan keras, tetapi Paulus menunjukkan bahwa ia ingin sekali berbaik. Ia memperlihatkan kegembiraannya ketika hal itu terjadi.

Dalam bagian pertama suratnya ini Paulus menguraikan tentang hubungannya dengan jemaat di Korintus. Ia menjelaskan di situ mengapa ia mengecam dengan keras perlawanan dan celaan terhadap dirinya yang dilakukan oleh jemaat itu. Setelah mengemukakan hal itu, ia selanjutnya menyatakan kegembiraannya bahwa kecamannya yang keras itu sudah menghasilkan pertobatan dan kerukunan. Kemudian ia mengajak supaya jemaat itu mengumpulkan sumbangan untuk menolong orang-orang Kristen yang hidup berkekurangan di Yudea. Pada pasal-pasal terakhir Paulus mengemukakan pembelaan dirinya mengenai kedudukannya sebagai rasul terhadap beberapa orang di Korintus yang menganggap diri sendiri rasul sejati, dan menuduh Paulus sebagai rasul palsu.

Isi

  1.  Pendahuluan
    2Kor 1:1-11
  2.  Paulus dan jemaat di Korintus
    2Kor 1:12-7:16
  3.  Sumbangan untuk orang-orang Kristen di Yudea
    2Kor 8:1-9:15
  4.  Pembelaan Paulus mengenai kekuasaannya sebagai rasul
    2Kor 10:1-13:10
  5.  Penutup
    2Kor 13:11-14

Ajaran: 2 Korintus (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti dan mengetahui wewenang dan kewibawaan kerasulan Rasul Paulus, dan perbedaan hal-hal, rohani dan duniawi.

Tujuan

Supaya orang-orang Kristen mengerti dan mengetahui wewenang dan kewibawaan kerasulan Rasul Paulus, dan perbedaan hal-hal, rohani dan duniawi.

Pendahuluan

Penulis : Rasul Paulus.

Tahun : Sekitar tahun 60 sesudah Masehi.

Penerima : Orang-orang Kristen (Jemaat) di kota Korintus. (Dan juga semua orang Kristen di dunia).

Isi Kitab: Kitab II Korintus terbagi atas 13 pasal. Kitab ini merupakan kelanjutan dari Kitab I Korintus. Di dalamnya kita dapat melihat kemurnian pelayanan Paulus sebagai Rasul Yesus Kristus.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab II Korintus

  1. Pasal 1-5 (2Kor 1:1-5:21).

    Pembelaan Rasul Paulus atas kerasulannya

    Bagian ini berisi pembelaan Rasul Paulus tentang ketulusan hatinya dalam melayani Tuhan Yesus, serta membuktikan kerasulannya dan wewenangnya sebagai Rasul Tuhan Yesus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 2Kor 1:12. _Tanyakan_: Bagaimanakah hati Rasul Paulus dalam melayani? Dan bagaimanakah pula ketulusan hati Saudara?
    2. Bacalah pasal 2Kor 4:1-5. _Tanyakan_: Bagaimanakah sikap Rasul Paulus tentan Firman Allah yang diberitakannya? Dan bagaimanakah dengan saudara? Apakah yang diterima oleh orang-orang yang tida mau menerima Injil? Apakah isi pemberitaan dari pelayanan Paulus?
  2. Pasal 6-9 (2Kor 6:1-9:15).

    Pengajaran tentang hal-hal rohani dan duniawi

    Pada bagian ini, Rasul Paulus memberikan peringatan-peringatan mengenai campuran hal-hal rohani dengan yang duniawi.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 2Kor 7:1. _Tanyakan_: Bagaimanakah perintah Allah mengenai pencemaran jasmani dan rohani?
    2. Bacalah pasal 2Kor 9:7-12. _Tanyakan_: Bagaimanakah sikap yang benar dalam memberikan persembahan? Apakah artinya memberikan persembahan? Apakah hasil memberikan persembahan?
  3. Pasal 10-13 (2Kor 10:1-13:14).

    Pengajaran tentang pembelaan Rasul Paulus terhadap tuduhan-tuduhan yang disampaikan kepadanya

    Dalam bagian ini, Rasul Paulus kembali membela dirinya atas tuduhan- tuduhan yang ditujukan kepada dirinya.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 2Kor 11:31. _Tanyakan_: Siapakah yang mengetahui ketulusan hati Rasul Paulus? Apakah ada hal-hal/dosa yang saudara sembunyikan dari Allah?
    2. Bacalah pasal 2Kor 13:7. _Tanyakan_: Apakah yang didoakan Rasul Paulus untuk jemaat?

II. Kesimpulan

Melalui Kitab II Korintus jelaslah bahwa Paulus adalah Rasul Tuhan Yesus yang sah. Sebab yang memilih dia menjadi Rasul adalah Tuhan Yesus, dan mengenai hal itu ia tidak berdusta. Rasul Paulus juga dalam memberitakan Injil tidak memberitakan dirinya atau mengambil keuntungan untuk dirinya sendiri.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah yang menulis Kitab II Korintus?
  2. Apakah pengajaran utama dalam Kitab II Korintus?
  3. Bagaimanakah sikap Paulus di dalam pelayanan Firman Allah?
  4. Apakah yang dituduhkan kepada Rasul Paulus?

Intisari: 2 Korintus (Pendahuluan Kitab) Sejarah sedih tentang suatu pemberontakan singkat KISAH DI BALIK SURAT INI. Untuk memahami surat ini perlu kita ketahui kisah yang ada di baliknya. P

Sejarah sedih tentang suatu pemberontakan singkat

KISAH DI BALIK SURAT INI.
Untuk memahami surat ini perlu kita ketahui kisah yang ada di baliknya. Pauluslah yang memulai gereja di Korintus (Kis 18:1-17). Paulus menegaskan bahwa ia adalah seorang rasul (1Kor 9:1, perhatikanlah kata-kata pembukaan dalam suratnya yang kedua). Tetapi, rasul-rasul palsu (2Kor 11:12-15) masuk ke Korintus. Rasul-rasul 'super' ini (2Kor 11:5) mengajarkan injil yang berbeda (2Kor 11:12-15) dan menentang wewenang Paulus. Timbullah kekacauan. Nasihat Paulus dalam I Korintus diabaikan. Kemudian Paulus mengadakan kunjungan yang mendukakan ke Korintus (2Kor 2:1). Rupa-rupanya' rasul-rasul yang tak ada taranya' ini hanya menertawakan dia (2Kor 10:10). Paulus meninggalkan Korintus dan kemudian mengirim, Titus ke gereja itu dengan surat yang bernada keras isinya (2Kor 7:5-13). Dan jemaat di Korintus bertobat. Titus membawa berita yang sangat menyenangkan ini kepada Paulus (2Kor 7:6, 7). Surat ini merupakan penjelasan yang menyambung sejarah sedih dari pertikaian yang terjadi.

KAPAN SURAT INI DITULIS.
Kita tahu bahwa Paulus sedang berada di Korintus ketika Galio menjadi gubernur di Akhaya (Kis 18:12) pada tahun 51 atau 52 M. Oleh karena itu, suratnya yang pertama kepada jemaat di Korintus tentu ditulis sekitar tahun 55 M dan suratnya yang kedua kurang lebih setahun kemudian.

JEMAAT KORINTUS DAN TITUS.
Titus sangat dikasihi oleh Paulus (2Ko 2:13; 8:23) dan namanya disebut sembilan kali dalam surat ini. Ia adalah pembawa surat Paulus yang 'keras' itu ke Korintus. Ia turut merasakan keprihatinan Paulus tentang situasi di Korintus, dan kelegaan Paulus ketika jemaat di Korintus bertobat (7:13). Kemudian, ia dikirim kembali ke Korintus untuk membawa surat Paulus yang kedua kepada jemaat Korintus dan untuk menuntaskan pengaturan pengumpulan pemberian bagi orang miskin di Yerusalem (2Ko 8:6).

MENGAPA SURAT INI DITULIS.
Maksud utama surat ini adalah untuk memberitahu jemaat Korintus betapa besar arti perubahan pikiran mereka bagi Paulus. Surat ini juga untuk memperingatkan mereka agar tidak berlaku terlalu keras terhadap orang-orang yang telah menyerangnya (2Ko 2:5-11). Ketiga, Paulus ingin mengulang kembali pengajaran yang telah diberikannya dalam suratnya yang pertama (2Ko 6:14, bandingkan dengan 1Kor 6:15-20). Alasan yang keempat adalah mengenai' para rasul yang tidak ada taranya' yang tidak mau bertobat, yang pada kenyataannya adalah guru-guru palsu dengan injil yang berbeda (2Ko 11:1-6). Kelima, Paulus ingin mengingatkan mereka tentang rencana pengumpulan pemberian untuk membantu orang miskin di Yerusalem. HaI ini juga telah dibicarakannya dalam suratnya yang pertama (1Kor 16: 1-3) dan sekarang ia ingin supaya mereka mengirimkan uang itu melalui Titus (2Ko 9:1-5).

Pesan

Ada dua pokok penting yang dibahas di sini:

1. Hak istimewa dan penderitaan.
Kepemimpinan Kristen seperti yang dilakukan Paulus akan selalu menimbulkan
kesengsaraan, salah pengertian, penderitaan di samping semangat dan sukacita.
Paulus memaparkan tentang penderitaan dalam tujuh pasal yang terpisah dalam
surat ini:
o Hampir putus asa ketika jemaat Korintus menolak dia. 2Ko 1:8-11
o Penderitaan mental saat Paulus menantikan jawaban atas suratnya.2Ko 2:12-17
o Keletihan fisik yang disebabkan oleh konflik batin. 2Ko 4:16-18
o Kesengsaraan karena pertikaian yang tak habis-habisnya dalam membela nama Yesus. 2Ko 6:3-10
o 'Pertengkaran dari luar dan ketakutan dari dalam'. 2Ko 7:5-8
o Kepedihan karena tidak dimengerti dan dituduh dengan tuduhan palsu. 2Ko 11:1-10
o Bermacam-macam penderitaan dari pengabar Injil. 2Ko 11:21-29

2. Kemuliaan (pasal 3-5)
Paulus membuka topik ini dengan menunjuk kepada 'surat pujian' yang ditulis oleh
gereja-gereja untuk memuji jemaat mereka terhadap gereja-gereja lain. Kemudian ia
berbicara mengenai 'surat' Allah yang memberikan pujian bukan di atas sehelai
kertas, melainkan dalam kehidupan (loh hati) pelayan-pelayan-Nya yang sejati.
Ini membawanya kepada Perjanjian Lama yang mengisahkan tentang tulisan Allah di
atas loh batu. Sekarang marilah kita lihat bagaimana perkembangan tema ini:

o Allah sendiri memberi Hukum itu kepada Musa.
o Musa melihat kemuliaan Allah.
o Cahaya terang dan kemuliaan yang luar biasa mengubah Musa, sehingga wajahnya menjadi cemerlang.
o Perubahan ini menakutkan umat ketika mereka melihatnya.
o Oleh karena itu, Musa harus menutupinya dengan 'selubung'.
o Pemandangan itu tentunya indah sekali; tetapi hanya sebentar, cahaya itu pudar karena Musa tidak melihat kemuliaan Allah seperti itu lagi.
o Kristen bertemu dengan Allah setiap hari: oleh karena itu seharusnya cahaya itu tetap ada!
o Namun demikian, kehidupan tidak selalu penuh kemuliaan: ada penderitaan juga.
o Tetapi, jangan putus asa: sebab kematian pun hanya pintu gerbang menuju kemuliaan.
o Tubuh kita bagai sebuah kemah: kematian merupakan keruntuhan terakhir kemah itu.
o Tetapi, semua itu hanya berarti suatu perpindahan: perpindahan ke dalam
o sebuah rumah baru, bukan kemah, tetapi suatu rumah yang tetap.
o Untuk itulah Allah telah menyelamatkan kita.

Penerapan

Kita belajar beberapa hal dari surat ini:o Gereja bukan hanya tempat berkumpulnya antar teman: di dalamnya ada pemimpin-pemimpin.
o Demokrasi dalam gereja harus disertai dengan wewenang dan tanggung jawab.
o Kepemimpinan dalam gereja bukan hanya suatu hak istimewa, tetapi mengundang penderitaan.
o Misi bukan hal yang mudah: orang yang lemah lebih baik meninggalkannya.
o Orang Kristen seharusnya tidak takut pada kematian. Ada kemuliaan dalam kematian, tetapi ada kemuliaan yang lebih besar di balik kematian.

Tema-tema Kunci

1. Penderitaan.
Pelajari dua perikop utama tentang penderitaan dalam pasal 6 dan 11. Berapa banyak dari peristiwa yang diceritakan dalam pasal-pasal ini yang dapat Anda hubungkan dengan biografi Paulus dalam Kisah para Rasul?

2. Kristen dan pelayanan sosial.
Paulus sangat prihatin tentang perlunya gereja-gereja di Asia membantu orang-orang Kristen di Yudea yang sangat menderita akibat kelaparan (Kis. 11:27-30). Pelajari Kis 4:32-5:11 dan 2Kor 8:1-9:15 bersama-sama dengan 1Kor 16:1-4, Rom 15:24-29 dan Kis 24:17 untuk melihat prinsip-prinsip umum apa yang dapat dijadikan pedoman oleh orang Kristen dalam hal memberi. Perhatikan juga perkataan Yesus sendiri mengenai hal ini: Mat 6:1-4.

3. Kematian.
2 Korintus 4:7-5:10 menyangkut masalah kelemahan tubuh manusia dan tidak terluputnya tubuh tersebut dari kematian. Pelajari perikop ini dan bandingkan dengan I Korintus 15:35-58. Kedua perikop tersebut berhubungan dengan 'kemuliaan'. Apakah kemuliaan itu (Kel 24:15-17; Yeh. 1:26-28)? Kemuliaan menantikan kita, mengapa kita masih takut akan kematian? Bagaimana dengan Paulus (2Kor 5:8 dan 2 Tim. 4:6-8)?

4. Wewenang kerasulan.
Pakailah konkordansi untuk mempelajari setiap penjelasan tentang 'para rasul'. Buatlah sebuah daftar dari semua orang yang dipanggil rasul.

Perhatikan secara khusus:
- Yesus (Ibr 3:1)
- kedua belas rasul (Mat 10:2)
- Andronikus (Rom 16:7)
- Paulus (1Kor 1:1)

Kedua belas rasul merupakan suatu kelompok yang unik, yang dipakai untuk menyatakan hubungan antara kedua belas suku Israel dalam Perjanjian Lama dan gereja dalam Perjanjian Baru (Gal 6:16, 'Israel milik Allah').

Apa kesalahan 'para rasul yang hebat' itu, padahal sebenarnya mereka adalah rasul-rasul palsu. (2Kor 11:1-21)?

Garis Besar Intisari: 2 Korintus (Pendahuluan Kitab) [1] RINCIAN PERTIKAIAN 2Ko 1:1-2:17 2Ko 1:1-14Menunggu Titus: betapa Paulus menderita 2Ko 1:15-2:4Menjelaskan ketidakhadirannya 2Ko 2:5-11'Ampu

[1] RINCIAN PERTIKAIAN 2Ko 1:1-2:17

2Ko 1:1-14Menunggu Titus: betapa Paulus menderita
2Ko 1:15-2:4Menjelaskan ketidakhadirannya
2Ko 2:5-11'Ampuni lawan-lawan saya'
2Ko 2:12-17Titus telah tiba: betapa Paulus bersukacita

[2] KEMULIAAN PERJANJIAN BARU 2Ko 3:1-5:21

2Ko 3:1-6Roh yang dari Allah dan hati manusia
2Ko 3:7-18Kemuliaan Injil yang lebih besar
2Ko 4:1-6Kemuliaan yang tersembunyi dari mereka yang terhilang
2Ko 4:7-18Kemuliaan tersembunyi oleh penderitaan
2Ko 5:1-10Kematian:pintu gerbang menuju kemuliaan
2Ko 5:11-21Kemuliaan yang akan datang dan perbuatan masa kini

[3] KESELAMATAN DAN TINGKAH LAKU 2Ko 6:1-7:1

2Ko 6:1-10Tingkah laku Kristen: suatu kesaksian
2Ko 6:11:1Tingkah laku Kristen: suatu imbauan

[4] BILA ORANG KRISTEN BERTIKAI 2Ko 7:2-16

2Ko 7:2-4Pertentangan tanpa sebab
2Ko 7:5-13a Penderitaan akibat pertentangan antara Kristen
2Ko 7:13b-2Ko 7:16 Kelegaan akibat perdamaian!

[5] MENGENAI UANG 2Ko 8:1-9:15

2Ko 8:1-7Memberi: contoh dari Makedonia
2Ko 8:8-15Memberi: sekarang bagaimana dengan Anda?
2Ko 8:16-9:5Beberapa pengaturan praktis
2Ko 9:6-15Memberi: suatu prinsip rohani

[6] DISIPLIN GEREJA DAN WEWENANG KERASULAN 2Ko 10:1-12:13

2Ko 10:1-6Disiplin: suatu keharusan rohani
2Ko 10:7-12Disiplin dari jarak jauh
2Ko 10:13-18Hak seorang misionaris untuk mendisiplin
2Ko 11:1-15Teladan seorang misionaris dalam disiplin diri
2Ko 11:16-33'Kelemahan' kerasulan
2Ko 12:1-10Hak istimewa kerasulan
2Ko 12:11-13'Sekarang saling memberi penilaian'

[7] KESIMPULAN 2Ko 12:14-13:14

2Ko 12:14-21Saya akan datang: dalam kasih
2Ko 13:1-4Saya akan datang: untuk menghakimi
2Ko 13:5-10Ujilah dirimu masing-masing... maka aku tidak perlu menguji engkau
2Ko 13:11-14Salam
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #26: Perkuat kehidupan spiritual harian Anda dengan Bacaan Alkitab Harian. [SEMUA]
dibuat dalam 1.25 detik
dipersembahkan oleh YLSA