Teks -- Filipi 1:1-26 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Flp 1:4 - SUKACITA.
Nas : Fili 1:4
Sukacita merupakan bagian yang integral dari keselamatan kita di
dalam Kristus. Itu adalah kedamaian dan kesukaan dalam batin terhad...
Nas : Fili 1:4
Sukacita merupakan bagian yang integral dari keselamatan kita di dalam Kristus. Itu adalah kedamaian dan kesukaan dalam batin terhadap Allah Bapa, Anak, dan Roh Kudus, dan terhadap berkat yang mengalir dari hubungan kita dengan Mereka (bd. 2Kor 13:13). Ajaran Firman Allah tentang sukacita meliputi hal-hal berikut:
- 1) Sukacita itu berhubungan dengan keselamatan yang disediakan Allah di dalam Kristus (1Pet 1:3-6; bd. Mazm 5:12; 9:3; Yes 35:10) dan dengan Firman Allah (Yer 15:16; bd. Mazm 119:14).
- 2) Sukacita mengalir dari Allah sebagai satu aspek dari buah Roh
(Mazm 16:11; Rom 15:13; Gal 5:22). Sukacita tidak datang dengan
sendirinya, tetapi hanya dialami bila kita memelihara hubungan yang
tetap dengan Kristus (Yoh 15:1-11). Sukacita kita menjadi lebih
besar bila Roh Kudus membawa kesadaran yang mendalam akan kehadiran dan
kedekatan Allah di dalam kehidupan kita (bd. Yoh 14:15-21;
lihat cat. --> Yoh 16:14).
[atau ref. Yoh 16:14]
Yesus mengajar bahwa sukacita penuh tidak dapat dipisahkan dari perihal tinggal dalam Firman-Nya, mengasihi orang lain, menaati perintah-perintah-Nya (Yoh 15:7,10-11) dan dipisahkan dari dunia (Yoh 17:13-17). - 3) Sukacita sebagai suatu kesukaan akan dekatnya Allah dan karunia-karunia penebusan-Nya tidak dapat dimusnahkan oleh rasa sakit, penderitaan, kelemahan, atau keadaan yang sulit (Mat 5:12; Kis 16:23-25; 2Kor 12:9).
Full Life: Flp 1:6 - AKAN HAL INI AKU YAKIN SEPENUHNYA.
Nas : Fili 1:6
Keyakinan Paulus akan jemaat Filipi itu tidak hanya didasarkan pada
pekerjaan Allah yang baik di dalam diri mereka, tetapi juga pada...
Nas : Fili 1:6
Keyakinan Paulus akan jemaat Filipi itu tidak hanya didasarkan pada pekerjaan Allah yang baik di dalam diri mereka, tetapi juga pada semangat dan pengorbanan mereka demi iman (ayat Fili 1:5,7; 4:15-18). Kesetiaan Allah senantiasa tersedia bagi orang percaya yang setia, tetapi kesetiaan-Nya tak dapat berbuat apa-apa bagi mereka yang menolak kasih karunia-Nya
(lihat cat. --> Fili 2:13;
lihat cat. --> 2Tim 2:13).
Full Life: Flp 1:9 - KASIHMU MAKIN MELIMPAH DALAM PENGETAHUAN.
Nas : Fili 1:9
Apabila kasih hendak menjadi kasih kristiani, maka itu harus
didasarkan pada penyataan dan pengetahuan alkitabiah.
1) Di PB "pe...
Nas : Fili 1:9
Apabila kasih hendak menjadi kasih kristiani, maka itu harus didasarkan pada penyataan dan pengetahuan alkitabiah.
- 1) Di PB "pengetahuan" (Yun. _epignosis_) bukan sekadar pengetahuan
dalam benak kita, melainkan suatu pengetahuan rohani di dalam hati.
Pengetahuan itu menunjuk kepada penyataan Allah yang diketahui
berdasarkan pengalaman praktis dan lebih banyak meliputi hubungan
pribadi dengan Allah daripada secara intelektual mengetahui fakta-fakta
mengenai Allah (ayat Fili 1:10-11; Ef 3:16-19;
lihat art. PENDALAMAN ALKITAB BAGI ORANG KRISTEN).
- 2) Jadi, untuk mengetahui Firman Allah (bd. Rom 7:1) atau mengetahui
kehendak Allah (Kis 22:14; Rom 2:18) diperlukan pengetahuan yang
diungkapkan dalam persekutuan, ketaatan, kehidupan, dan hubungan yang
dekat dengan Allah (Yoh 17:3; 1Yoh 4:8). Sasaran dari mengetahui
kebenaran teologis (1Tim 6:3; Tit 1:9;
lihat cat. --> Gal 1:9)
[atau ref. Gal 1:9]
ialah kasih akan Allah dan kebebasan dari dosa (Rom 6:6;lihat art. PENDALAMAN ALKITAB BAGI ORANG KRISTEN).
"Dalam segala macam pengertian" (versi Inggris NIV -- "Pengertian yang mendalam") berarti bahwa orang percaya, melalui kasih dan pengetahuan, memahami mana yang baik dan yang jahat.
Full Life: Flp 1:10 - SUCI DAN TAK BERCACAT.
Nas : Fili 1:10
"Suci" berarti "tanpa campuran dosa"; "tak bercacat" berarti "tidak
menyakiti hati" Allah atau orang lain. Kesucian seperti itu hen...
Nas : Fili 1:10
"Suci" berarti "tanpa campuran dosa"; "tak bercacat" berarti "tidak menyakiti hati" Allah atau orang lain. Kesucian seperti itu hendaknya menjadi tujuan utama semua orang percaya karena mengingat bahwa kedatangan Kristus kembali sudah dekat. Hanya dengan kasih berlimpah-limpah yang dicurahkan ke dalam hati kita oleh Roh Kudus (Rom 5:5; bd. Tit 3:5-6) dan komitmen penuh kepada Firman Allah kita akan menjadi "suci dan tak bercacat menjelang hari Kristus."
Full Life: Flp 1:16 - MEMBELA INJIL.
Nas : Fili 1:16
Allah memberi tugas yang penting kepada Paulus untuk membela isi
Injil seperti yang ditegaskan di dalam Alkitab. Demikian pula, sem...
Nas : Fili 1:16
Allah memberi tugas yang penting kepada Paulus untuk membela isi Injil seperti yang ditegaskan di dalam Alkitab. Demikian pula, semua orang percaya dipanggil untuk membela kebenaran alkitabiah dan melawan mereka yang akan memutarbalikkan iman (ayat Fili 1:27);
lihat cat. --> Gal 1:9;
lihat cat. --> Yud 1:3;
lihat art. KARUNIA-KARUNIA PELAYANAN GEREJA).
Perkataan Paulus mungkin kedengaran aneh bagi para hamba Tuhan dewasa ini yang tidak merasa perlu untuk "berjuang untuk mempertahankan iman yang telah disampaikan kepada orang-orang kudus" (Yud 1:3).
Full Life: Flp 1:19 - ROH YESUS KRISTUS.
Nas : Fili 1:19
Roh Kudus, yang tinggal di dalam orang percaya, disebut "Roh Yesus
Kristus" (bd. Kis 16:7; Rom 8:9; Gal 4:6) karena Kristuslah yang...
Nas : Fili 1:19
Roh Kudus, yang tinggal di dalam orang percaya, disebut "Roh Yesus Kristus" (bd. Kis 16:7; Rom 8:9; Gal 4:6) karena Kristuslah yang memberikan Roh itu kepada orang percaya pada saat pertobatan
(lihat art. PEMBAHARUAN PARA MURID)
dan sesudah itu membaptis orang percaya dalam Roh
(lihat cat. --> Kis 1:8;
[atau ref. Kis 1:8]
lihat art. BAPTISAN DALAM ROH KUDUS).
Roh ini adalah Roh yang sama yang mengurapi Yesus untuk membawa penebusan kepada dunia (lih. Luk 4:18;
lihat art. YESUS DAN ROH KUDUS).
Full Life: Flp 1:21 - MATI ADALAH KEUNTUNGAN.
Nas : Fili 1:21
Orang percaya yang sejati, yang hidup di tengah-tengah kehendak
Allah, tidak perlu takut terhadap kematian. Mereka mengetahui bahwa...
Nas : Fili 1:21
Orang percaya yang sejati, yang hidup di tengah-tengah kehendak Allah, tidak perlu takut terhadap kematian. Mereka mengetahui bahwa Allah mempunyai maksud untuk kehidupan mereka dan bahwa kematian, bila itu datang, hanya merupakan akhir tugas mereka di dunia dan awal kehidupan yang lebih indah bersama Kristus (ayat Fili 1:20-25;
lihat cat. --> Rom 8:28;
[atau ref. Rom 8:28]
lihat art. KEMATIAN).
BIS -> Flp 1:14
pesan Allah: beberapa naskah kuno: pesan itu.
Jerusalem: Flp 1:1 - para penilik Penilik (Yunani: episkopoi) ini bukanlah pejabat gereja yang sekarang disebut "uskup". Mereka adalah "penatua" atau "tua-tua" yang diserahi tugas memb...
Penilik (Yunani: episkopoi) ini bukanlah pejabat gereja yang sekarang disebut "uskup". Mereka adalah "penatua" atau "tua-tua" yang diserahi tugas membimbing atau menolong jemaat, bdk Tit 1:5+
Ialah pembantu penilik, bdk Kis 6:1-6.
Jerusalem: Flp 1:4 - sukacita Sukacita merupakan pokok yang sangat menonjol dalam Filipi: lihat Fili 1:18,25; 2:2,17,18,28,29; 3:1; 4:1,4,10.
Sukacita merupakan pokok yang sangat menonjol dalam Filipi: lihat Fili 1:18,25; 2:2,17,18,28,29; 3:1; 4:1,4,10.
Jerusalem: Flp 1:5 - persekutuanmu Persekutuan itu tidak hanya bantuan berupa uang, Fili 4:15-16, tetapi juga sumbangan bagi kesaksian rasuli, Fili 1:7; bdk Fili 2:15-16, berupa penderi...
Persekutuan itu tidak hanya bantuan berupa uang, Fili 4:15-16, tetapi juga sumbangan bagi kesaksian rasuli, Fili 1:7; bdk Fili 2:15-16, berupa penderitaan demi Injil, Fili 1:29-30.
Jerusalem: Flp 1:10 - memilih apa yang baik Buah hasil, bdk Fili 4:22; Efe 5:9 dan Hos 14:9, dari kasih yang semakin besar ialah mengenal dan membedakan "mana yang baik dan mana yang tidak", Rom...
Buah hasil, bdk Fili 4:22; Efe 5:9 dan Hos 14:9, dari kasih yang semakin besar ialah mengenal dan membedakan "mana yang baik dan mana yang tidak", Rom 2:18. Dan tepatnya serta hangatnya pengertian itu terus bertambah sampai penuh (matang), Fili 1:11, dengan melampaui batas-batas yang mungkin ditentukan oleh hukum, Gal 5:23+.
Jerusalem: Flp 1:12 - apa yang terjadi atasku Ialah pemenjaraan Paulus dan perkaranya di depan pengadilan.
Ialah pemenjaraan Paulus dan perkaranya di depan pengadilan.
Jerusalem: Flp 1:13 - istana Yunaninya "praitorion", ialah istana Kaisar di Roma atau istana gubernur Romawi. Kalau surat ini ditulis di Roma, maka apa yang dimaksudkan ialah pasu...
Yunaninya "praitorion", ialah istana Kaisar di Roma atau istana gubernur Romawi. Kalau surat ini ditulis di Roma, maka apa yang dimaksudkan ialah pasukan pengawal Kaisar yang berkediaman di dekat tembok kota Roma. Kalau Paulus menulis di Efesus, maka yang dimaksudkan ialah isi istana gubernur; dan kalau di Kaisarea isi istana gubernur di situ.
Var: firman Tuhan; var lain: firman.
Jerusalem: Flp 1:20 - di dalam tubuhku Orang Kristen benar-benar dipersatukan dengan Kristus melalui baptisan dan Ekaristi, sehingga juga tubuhnya menjadi milik Kristus, bdk 1Ko 6:15; 10:17...
Orang Kristen benar-benar dipersatukan dengan Kristus melalui baptisan dan Ekaristi, sehingga juga tubuhnya menjadi milik Kristus, bdk 1Ko 6:15; 10:17; 12:12 dst, 1Ko 12:27; Gal 2:20; Efe 5:30. Itulah sebabnya maka hidup tubuh, penderitaan dan kematiannya secara mistik menjadi hidup, penderitaan dan kematian Kristus sendiri yang diam dalam tubuh itu dan dimuliakan oleh tubuh itu juga, 1Ko 6:20; Rom 14:8. Terutama pada seorang rasul seperti Paulus, persatuan itu erat sekali, bdk Kol 1:24; 2Ko 4:10 dst.
Jerusalem: Flp 1:23 - diam bersama-sama dengan Kristus Baik mati maupun hidup, masing-masing dengan Kristus, 1Te 5:10; Rom 14:8; Kol 3:3; dll. Paulus tidak menjelaskan bagaimana memikirkan "keuntungan" yan...
Jerusalem: Flp 1:25 - bersama-sama lagi dengan kamu Firasat Paulus ini yang belum merupakan suatu kepastian, bdk Fili 2:17, sesungguhnya terlaksana (lihat Kis 20:1-6 dan surat-surat pastoral); lain sama...
Firasat Paulus ini yang belum merupakan suatu kepastian, bdk Fili 2:17, sesungguhnya terlaksana (lihat Kis 20:1-6 dan surat-surat pastoral); lain sama sekali apa yang dikatakan Paulus di Miletus, Kis 20:25.
Ende: Flp 1:1 - Pemimpin dan pembantu Istilah (gelaran) asli "episkopos" dan "diakonos".
Gelaran "episkopos", jang dalam bahasa kita telah mendjelma mendjadi "uskup"
sebenarnja berarti pen...
Istilah (gelaran) asli "episkopos" dan "diakonos". Gelaran "episkopos", jang dalam bahasa kita telah mendjelma mendjadi "uskup" sebenarnja berarti pengawas. Dewasa itu mereka dinamakan djuga "presbyteros" artinja "orang tua-tua". Kami terdjemahkan dengan "pemimpin", sebab mereka bertugas memimpin umat setempat. Barangkali mereka diberi tahbisan imamat djuga.
Mulai achir abad pertama gelaran episkopos digunakan melulu bagi pemimpin agung suatu umat besar atau suatu wilajah luas, sebagai pengganti rasul-rasul. Mereka mempunjai martabat Imamat lengkap dan kekuasaan penuh sama seperti para rasul sendiri.
Ende: Flp 1:6 - Suatu pekerdjaan jang baik itu Jang dimaksudkan, ialah kegiatan kerasulan
mereka. Kegiatan itu didorong oleh rahmat Allah.
Jang dimaksudkan, ialah kegiatan kerasulan mereka. Kegiatan itu didorong oleh rahmat Allah.
Ende: Flp 1:7 - Kamu kusimpan dalam hatiku Demikian terdjemahan kata-demi-kata. Maksudnja:
terus-menerus ingat mereka dalam tjinta mesra, penuh penghargaan.
Demikian terdjemahan kata-demi-kata. Maksudnja: terus-menerus ingat mereka dalam tjinta mesra, penuh penghargaan.
Ende: Flp 1:7 - Dalam rahmatku dalam pekerdjaan kerasulanku. Paulus biasa menamakan tugas
kerasulannja "rahmat".
dalam pekerdjaan kerasulanku. Paulus biasa menamakan tugas kerasulannja "rahmat".
Ende: Flp 1:7 - Dalam belengguku turut merasa penderitaan Paulus didalam pendjara dan
meringankannja dengan mengirim sokongan djasmani, pun dengan sekadarnja
membantu Paulus dalam tug...
turut merasa penderitaan Paulus didalam pendjara dan meringankannja dengan mengirim sokongan djasmani, pun dengan sekadarnja membantu Paulus dalam tugas memperkembangkan dan memperdjuangkan Keradjaan Allah.
Ende: Flp 1:13 - Segenap pretorium Pretorium adalah nama asrama para laskar jang ganti-berganti
mengawali Paulus. Tentu sadja Paulus banjak dapat bertjakap dengan mereka, dan
sikap Paul...
Pretorium adalah nama asrama para laskar jang ganti-berganti mengawali Paulus. Tentu sadja Paulus banjak dapat bertjakap dengan mereka, dan sikap Paulus dalam tahanannja, demikian mengagumkan mereka, sehingga mereka lebih mengerti siapa Kristus itu, dan betapa luhurnja tjita-tjita Indjil.
Ende: Flp 1:13 - Sekalian orang lain pun Ungkapan ini agak berlebihan, tetapi maksudnja
agaknja ini: alasan terbelenggunja Paulus, sikap Paulus dalam sengsara, pun
penerangannja tentang Krist...
Ungkapan ini agak berlebihan, tetapi maksudnja agaknja ini: alasan terbelenggunja Paulus, sikap Paulus dalam sengsara, pun penerangannja tentang Kristus, sangat dipertjajakan dikota Roma, djuga berdasarkan tjerita-tjerita para laskar itu.
Ende: Flp 1:15 - Iri hati dan tjemburu jaitu terhadap kewibawaan dan pengaruh Paulus jang
sangat dipudji orang.
jaitu terhadap kewibawaan dan pengaruh Paulus jang sangat dipudji orang.
Ende: Flp 1:16 - Ditetapkan Itulah terdjemahan kata asli menurut tafsiran jang amat umum.
Menurut tafsiran itu maknanja ialah: Paulus ditetapkan oleh Kristus untuk
memaklumkan In...
Itulah terdjemahan kata asli menurut tafsiran jang amat umum. Menurut tafsiran itu maknanja ialah: Paulus ditetapkan oleh Kristus untuk memaklumkan Indjil, baik dengan pengadjaran, maupun dengan penderitaannja. Kata asli pada dasarnja berarti: "berbaring atau terlantar sampai tidak dapat bergerak". Dengan memperhatikan arti itu, maka kalimat ini dapat ditafsirkan: Nasib Paulus, jang terbelenggu karena semangat kerasulannja, demikian mengharukan saudara-saudara umat Roma, sehingga mereka merasa terdorong untuk mengganti dan membantu Paulus dalam memperkenalkan Indjil Kristus didalam kota.
Ende: Flp 1:19 - -- Bahwa itu akan berakibat". Dengan "itu" dimaksudkan nasib Paulus dan segala
sengsaranja.
Bahwa itu akan berakibat". Dengan "itu" dimaksudkan nasib Paulus dan segala sengsaranja.
Ende: Flp 1:19 - Aku diselamatkan Paulus tentu jakin bahwa ia akan luput dari hukuman mati
dan dibebaskan. Dan itu terang dalam ajat-ajat berikut dan chususnja dalam
Fili 1:25.
Paulus tentu jakin bahwa ia akan luput dari hukuman mati dan dibebaskan. Dan itu terang dalam ajat-ajat berikut dan chususnja dalam Fili 1:25.
Ende: Flp 1:20 - Baik kalau aku hidup lagi, ataupun aku mati Maksudnja disini: kalau aku
dibebaskan, ataupun dihukum mati.
Maksudnja disini: kalau aku dibebaskan, ataupun dihukum mati.
Ende: Flp 1:21 - Bagi aku hidup itu adalah Kristus Hidup "dalam daging" bagi Paulus hanja
bernilai sekedar berguna untuk kepentingan-kepentingan Kristus. Barangkali
djuga terkandung didalamnja pandanga...
Hidup "dalam daging" bagi Paulus hanja bernilai sekedar berguna untuk kepentingan-kepentingan Kristus. Barangkali djuga terkandung didalamnja pandangan dan perasaan Paulus seperti jang dinjatakannja dalam Gal 2:20, ialah: "Aku hidup, tetapi bukan lagi aku jang hidup, melainkan Kristuslah jang hidup didalam aku".
Ende: Flp 1:23 - Tinggal bersama dengan Kristus Dengan utjapan ini Paulus terang-terang
menjatakan kejakinannja, bahwa sesudah kematian tubuh, djiwa para orang beriman
segera masuk kemuliaan abadi.
Dengan utjapan ini Paulus terang-terang menjatakan kejakinannja, bahwa sesudah kematian tubuh, djiwa para orang beriman segera masuk kemuliaan abadi.
Ref. Silang FULL: Flp 1:1 - dan Timotius // orang kudus // di Filipi // penilik jemaat // dan diaken · dan Timotius: Kis 16:1; Kis 16:1; 2Kor 1:1
· orang kudus: Kis 9:13; Kis 9:13
· di Filipi: Kis 16:12; Kis 16:12
· penilik...
Ref. Silang FULL: Flp 1:5 - karena persekutuanmu // hari pertama · karena persekutuanmu: Kis 2:42; Fili 4:15
· hari pertama: Kis 16:12-40
· karena persekutuanmu: Kis 2:42; Fili 4:15
· hari pertama: Kis 16:12-40
Ref. Silang FULL: Flp 1:6 - akan meneruskannya // Kristus Yesus · akan meneruskannya: Mazm 138:8
· Kristus Yesus: Fili 1:10; 1Kor 1:8; 1Kor 1:8
· akan meneruskannya: Mazm 138:8
· Kristus Yesus: Fili 1:10; 1Kor 1:8; [Lihat FULL. 1Kor 1:8]
Ref. Silang FULL: Flp 1:7 - sudahlah sepatutnya // dalam hatiku // aku dipenjarakan // aku membela · sudahlah sepatutnya: 2Pet 1:13
· dalam hatiku: 2Kor 7:3
· aku dipenjarakan: Fili 1:13,14,17; Kis 21:33; Kis 21:33
· aku ...
Ref. Silang FULL: Flp 1:9 - semoga kasihmu // macam pengertian · semoga kasihmu: 1Tes 3:12
· macam pengertian: Ef 1:17; Ef 1:17
Ref. Silang FULL: Flp 1:13 - aku dipenjarakan · aku dipenjarakan: Fili 1:7,14,17; Kis 21:33; Kis 21:33
· aku dipenjarakan: Fili 1:7,14,17; Kis 21:33; [Lihat FULL. Kis 21:33]
Ref. Silang FULL: Flp 1:14 - karena pemenjaraanku // tidak takut · karena pemenjaraanku: Fili 1:7,13,17; Kis 21:33; Kis 21:33
· tidak takut: Kis 4:29; Kis 4:29
· karena pemenjaraanku: Fili 1:7,13,17; Kis 21:33; [Lihat FULL. Kis 21:33]
· membela Injil: Fili 1:7,12
Ref. Silang FULL: Flp 1:17 - kepentingan sendiri // dalam penjara · kepentingan sendiri: Fili 2:3
· dalam penjara: Fili 1:7,13,14; Kis 21:33; Kis 21:33
· kepentingan sendiri: Fili 2:3
· dalam penjara: Fili 1:7,13,14; Kis 21:33; [Lihat FULL. Kis 21:33]
Ref. Silang FULL: Flp 1:19 - ialah keselamatanku // oleh doamu // Yesus Kristus · ialah keselamatanku: Filem 1:22
· oleh doamu: 2Kor 1:11
· Yesus Kristus: Kis 16:7; Kis 16:7
· ialah keselamatanku: Filem 1:22
· oleh doamu: 2Kor 1:11