kecilkan semua  

Teks -- 1 Raja-raja 9:1-28 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
TUHAN menampakkan diri kepada Salomo untuk kedua kalinya
9:1 Ketika Salomo selesai mendirikan rumah TUHAN dan istana raja dan membuat segala yang diinginkannya, 9:2 maka TUHAN menampakkan diri kepada Salomo untuk kedua kalinya seperti Ia sudah menampakkan diri kepadanya di Gibeon. 9:3 Firman TUHAN kepadanya: "Telah Kudengar doa dan permohonanmu yang kausampaikan ke hadapan-Ku; Aku telah menguduskan rumah yang kaudirikan ini untuk membuat nama-Ku tinggal di situ sampai selama-lamanya, maka mata-Ku dan hati-Ku akan ada di situ sepanjang masa. 9:4 Mengenai engkau, jika engkau hidup di hadapan-Ku sama seperti Daud, ayahmu, dengan tulus hati dan dengan benar, dan berbuat sesuai dengan segala yang Kuperintahkan kepadamu, dan jika engkau tetap mengikuti segala ketetapan dan peraturan-Ku, 9:5 maka Aku akan meneguhkan takhta kerajaanmu atas Israel untuk selama-lamanya seperti yang telah Kujanjikan kepada Daud, ayahmu, dengan berkata: Keturunanmu takkan terputus dari takhta kerajaan Israel. 9:6 Tetapi jika kamu ini dan anak-anakmu berbalik dari pada-Ku dan tidak berpegang pada segala perintah dan ketetapan-Ku yang telah Kuberikan kepadamu, dan pergi beribadah kepada allah lain dan sujud menyembah kepadanya, 9:7 maka Aku akan melenyapkan orang Israel dari atas tanah yang telah Kuberikan kepada mereka, dan rumah yang telah Kukuduskan bagi nama-Ku itu, akan Kubuang dari hadapan-Ku, maka Israel akan menjadi kiasan dan sindiran di antara segala bangsa. 9:8 Dan rumah ini akan menjadi reruntuhan, sehingga setiap orang yang lewat akan tertegun, bersuit, dan berkata: Apakah sebabnya TUHAN berbuat yang demikian kepada negeri ini dan kepada rumah ini? 9:9 Maka orang akan berkata: Sebab mereka meninggalkan TUHAN, Allah mereka, yang membawa nenek moyang mereka keluar dari tanah Mesir dan sebab mereka berpegang pada allah lain dan sujud menyembah kepadanya dan beribadah kepadanya. Itulah sebabnya TUHAN mendatangkan segala malapetaka ini ke atas mereka."
Beberapa usaha raja Salomo
9:10 Setelah lewat dua puluh tahun selesailah Salomo mendirikan kedua rumah itu, yakni rumah TUHAN dan istana raja. 9:11 Oleh karena Hiram, raja Tirus, telah membantu Salomo dengan kayu aras, kayu sanobar, dan emas, sebanyak yang dikehendakinya, maka pada waktu itu raja Salomo memberikan kepada Hiram dua puluh kota di negeri Galilea. 9:12 Tetapi ketika Hiram datang dari Tirus untuk melihat-lihat kota-kota yang diberikan Salomo kepadanya itu, maka semuanya kurang menyenangkan hatinya. 9:13 Sebab itu ia berkata: "Macam apakah kota-kota yang telah kauberikan kepadaku ini, hai saudaraku?" Maka orang menyebutkannya tanah Kabul sampai hari ini. 9:14 Adapun Hiram telah mengirim kepada raja seratus dua puluh talenta emas. 9:15 Beginilah hal orang-orang rodi yang telah dikerahkan oleh raja Salomo. Mereka dikerahkan untuk mendirikan rumah TUHAN, dan istana raja, dan Milo, dan tembok Yerusalem, dan juga untuk memperkuat Hazor, Megido dan Gezer. 9:16 -- Sebab Firaun, raja Mesir, telah maju berperang dan merebut Gezer, lalu membakarnya dan membunuh orang-orang Kanaan yang diam di kota itu. Kemudian diberikannya kota itu sebagai hadiah kawin kepada anaknya, isteri Salomo, 9:17 maka Salomo memperkuat Gezer --. Lagipula ada orang rodi yang dikerahkan di Bet-Horon Hilir, 9:18 di Baalat, di Tamar di padang gurun, yang ada di negeri Yehuda, 9:19 dan di segala kota perbekalan kepunyaan Salomo, di kota-kota tempat kereta, di kota-kota tempat orang berkuda dan di mana saja Salomo menginginkan mendirikan sesuatu di Yerusalem atau di gunung Libanon, atau di segenap negeri kekuasaannya. 9:20 Semua orang yang masih tinggal dari orang Amori, orang Het, orang Feris, orang Hewi dan orang Yebus, yang tidak termasuk orang Israel, 9:21 yakni mereka yang masih tinggal di negeri itu dari keturunan bangsa-bangsa itu dan yang tidak dapat ditumpas oleh orang Israel, merekalah yang dikerahkan Salomo untuk menjadi budak rodi; demikianlah mereka sampai hari ini. 9:22 Tetapi orang Israel tidak ada yang dijadikan budak oleh Salomo, melainkan mereka menjadi prajurit, pegawai, pembesar, perwira, atau panglima atas pasukan kereta dan pasukan berkuda. 9:23 Inilah pemimpin-pemimpin umum yang mengepalai pekerjaan Salomo: lima ratus lima puluh orang memerintah rakyat yang melakukan pekerjaan itu. 9:24 Segera sesudah anak Firaun pindah dari kota Daud ke rumah yang telah didirikan Salomo baginya, Salomopun mendirikan Milo. 9:25 Tiga kali setahun Salomo mempersembahkan korban-korban bakaran dan korban-korban keselamatan di atas mezbah yang didirikannya bagi TUHAN, dan ia membakar korban api-apiannya di hadapan TUHAN. Demikianlah ia menyelesaikan rumah itu. 9:26 Raja Salomo membuat juga kapal-kapal di Ezion-Geber yang ada di dekat Elot, di tepi Laut Teberau, di tanah Edom. 9:27 Dengan kapal-kapal itu Hiram mengirim anak buahnya, yaitu anak-anak kapal yang tahu tentang laut, menyertai anak buah Salomo. 9:28 Mereka sampai ke Ofir dan dari sana mereka mengambil empat ratus dua puluh talenta emas, yang mereka bawa kepada raja Salomo.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Amori members of a pre-Israel Semitic tribe from Mesopotamia
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Baalat a town in the original territory of Dan
 · Baalat-Beer a town in the original territory of Dan
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · bani Het a person/people living in the land of Syro-Palestine
 · Daud a son of Jesse of Judah; king of Israel,son of Jesse of Judah; king of Israel
 · Edom resident(s) of the region of Edom
 · Ezion-geber a port town on gulf of Aqabah
 · Ezion-Geber a port town on gulf of Aqabah
 · Firaun the king who ruled Egypt when Moses was born,the title of the king who ruled Egypt in Abraham's time,the title of the king who ruled Egypt in Joseph's time,the title of the king who ruled Egypt when Moses was born,the title of the king who refused to let Israel leave Egypt,the title of the king of Egypt whose daughter Solomon married,the title of the king who ruled Egypt in the time of Isaiah,the title Egypt's ruler just before Moses' time
 · Gezer a town of Ephraim 25 km SE of Joppa & 12 km NW of Beth-Shemesh
 · Gibeon a town of Benjamin pioneered by Jeiel of Benjamin
 · gunung Yebus resident(s) of the town of Jebus (Jerusalem)
 · Hazor a town 15 km north of Chinnereth, the NW shore of Galilee,a town of south-eastern Judah,a town of south-eastern Judah 20 km south of Hebron (OS),a town of Ephraim 25 km north of Jerusalem,a collective name for some semi-namadic Arabs as distinct from the bedoin of the desert (OS)
 · Het a person/people living in the land of Syro-Palestine
 · Hiram son of Bela son of Benjamin,king of Tyre in David and Solomon's time,son of a man of Tyre and a woman of Naphtali
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · istana Daud the capital of Israel, on the border of Benjamin and Judah
 · Kabul a town in Asher, SE of Acco (OS),a region of 20 "worthless" cities that Solomon gave Hiram
 · Kanaan an original resident of the land of Canaan,a resident of the region of Canaan
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · kaum-kaum orang Kanaan an original resident of the land of Canaan,a resident of the region of Canaan
 · Kota Daud the capital of Israel, on the border of Benjamin and Judah
 · Laut Merah the ocean between Egypt and the Sinai Peninsula,the sea between Egypt and Arabia
 · Libanon a mountain range and the adjoining regions (IBD)
 · Megido a town and a plain of Manasseh
 · Mesir descendants of Mizraim
 · negeri Megido a town and a plain of Manasseh
 · Ofir son of Joktan of Shem,a region in southern Arabia known for its gold


Topik/Tema Kamus: Salomo | Raja-raja, Kitab-kitab | Elia | Firaun | Kebijaksanaan, Kitab | Hiram | Perdagangan | Tanah Palestina | Kerja Wajib | Niaga, Perniagaan | Upeti, Pajak | Orang Asing Yang Tinggal Di Negeri Israel | Orang Netinim | Orang Het | Orang Hewi | Orang Amori | Emas | Tamar | Milo | Gembala | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: 1Raj 9:3 - FIRMAN TUHAN KEPADANYA. Nas : 1Raj 9:3 Tanggapan Allah atas doa Salomo menegaskan bahwa Ia telah mendengar dan menjawab; akan tetapi, Allah menambahkan bahwa Ia akan mengo...

Nas : 1Raj 9:3

Tanggapan Allah atas doa Salomo menegaskan bahwa Ia telah mendengar dan menjawab; akan tetapi, Allah menambahkan bahwa Ia akan mengokohkan takhta Salomo dan kerajaan Israel hanya jikalau dirinya dan umat itu tetap setia dan tidak meninggalkan perintah-perintah-Nya (ayat 1Raj 9:4-9). Seluruh Alkitab mengungkapkan prinsip ini: janji-janji Allah hanya digenapi apabila kita berusaha mengikut Dia dan jalan-jalan-Nya (lih. Yoh 14:13-21; 15:7).

Full Life: 1Raj 9:7 - RUMAH YANG TELAH KUKUDUSKAN ... AKAN KUBUANG. Nas : 1Raj 9:7 Allah mengatakan bahwa Ia tidak akan lagi menyatakan kehadiran, kuasa, dan kemuliaan-Nya di dalam Bait Suci jikalau bangsa itu tidak...

Nas : 1Raj 9:7

Allah mengatakan bahwa Ia tidak akan lagi menyatakan kehadiran, kuasa, dan kemuliaan-Nya di dalam Bait Suci jikalau bangsa itu tidak mengikuti jalan-jalan-Nya dengan sungguh-sungguh (ayat 1Raj 9:6-9); peringatan ini juga berlaku pada zaman perjanjian yang baru. Jikalau gereja gagal mengikuti perkataan Kristus dan ajaran para rasul PB, berbalik kepada doktrin-doktrin palsu dan cara-cara dunia yang fasik, maka Roh Allah dan kuasa-Nya akan ditarik daripadanya, dan Allah akan menyingkirkannya dari kerajaan-Nya

(lihat cat. --> Wahy 2:5).

[atau ref. Wahy 2:5]

BIS: 1Raj 9:13 - Kabul Kabul: Nama ini berbunyi seperti "Kebal" yang dalam bahasa Ibrani berarti "tak bernilai."

Kabul: Nama ini berbunyi seperti "Kebal" yang dalam bahasa Ibrani berarti "tak bernilai."

Jerusalem: 1Raj 9:8 - rumah ini akan menjadi reruntuhan Dalam naskah Ibrani tertulis: rumah ini akan menjadi luhur. Dalam terjemahan-terjemahan kuno terbaca rumah yang luhur ini.

Dalam naskah Ibrani tertulis: rumah ini akan menjadi luhur. Dalam terjemahan-terjemahan kuno terbaca rumah yang luhur ini.

Jerusalem: 1Raj 9:11 - -- Ayat ini adalah sebuah sisipan yang kurang pada tempatnya di sini. Sebab ceritera ini mengenai sebuah perundingan lain antara Salomo dengan Hiram yang...

Ayat ini adalah sebuah sisipan yang kurang pada tempatnya di sini. Sebab ceritera ini mengenai sebuah perundingan lain antara Salomo dengan Hiram yang tidak mengenai pembangunan bait Allah. Salomo menjual sebagian dari wilayahnya ganti sejumlah uang emas, 1Ra 9:14.

Jerusalem: 1Raj 9:13 - tanah Kabul Tidak pasti bahwa nama tanah itu benar-benar dari ucapan Hiram itu.

Tidak pasti bahwa nama tanah itu benar-benar dari ucapan Hiram itu.

Jerusalem: 1Raj 9:15 - Milo Milo ini adalah tanah yang ditambak pada sisi bukit batu guna memperluas tempat untuk mendirikan bait Allah.

Milo ini adalah tanah yang ditambak pada sisi bukit batu guna memperluas tempat untuk mendirikan bait Allah.

Jerusalem: 1Raj 9:19 - segala kota Yaitu kota-kota yang baru disebut namanya. Dalam kota-kota itu ditempatkan kereta-kereta perang yang di masa pemerintahan Salomo menjadi bagian inti t...

Yaitu kota-kota yang baru disebut namanya. Dalam kota-kota itu ditempatkan kereta-kereta perang yang di masa pemerintahan Salomo menjadi bagian inti tentara sewaan.

Jerusalem: 1Raj 9:22 - -- Keterangan yang tercantum dalam ayat ini berasal dari tangan penulis 1Raja-raja dan tidak sesuai dengan keterangan-keterangan yang termaktub dalam sum...

Keterangan yang tercantum dalam ayat ini berasal dari tangan penulis 1Raja-raja dan tidak sesuai dengan keterangan-keterangan yang termaktub dalam sumber-sumber tua yang dipakai, 1Ra 5:13; 11:28. Keterangan-keterangan tua itulah yang sesuai dengan kenyataan.

Jerusalem: 1Raj 9:25 - Tiga kali setahun Bdk Ula 16:16; Kel 23:14+

Jerusalem: 1Raj 9:25 - korban api-apian Terjemahan ini dikira-kirakan saja, sebab kata-kata Ibrani tidak dapat dimengerti.

Terjemahan ini dikira-kirakan saja, sebab kata-kata Ibrani tidak dapat dimengerti.

Jerusalem: 1Raj 9:28 - Ofir Ezion-Geber, 1Ra 9:26, adalah sebuah kota pelabuhan pada ujung teluk Akaba di dekat kota Akaba. Ofir adalah sebuah negeri yang menghasilkan emas dan t...

Ezion-Geber, 1Ra 9:26, adalah sebuah kota pelabuhan pada ujung teluk Akaba di dekat kota Akaba. Ofir adalah sebuah negeri yang menghasilkan emas dan terletak di pantai barat negeri Arab atau di pantai seberang, di negeri Somali.

Ende: 1Raj 9:14 - -- Beratnja kentar emas pada djaman Sulaiman tidak diketahui: di Babel l.k 60 kg.

Beratnja kentar emas pada djaman Sulaiman tidak diketahui: di Babel l.k 60 kg.

Ende: 1Raj 9:20 - -- Bangsa2 ini adalah suku2 Kena'an jang aseli.

Bangsa2 ini adalah suku2 Kena'an jang aseli.

Ende: 1Raj 9:23 - -- Rupanja disini hilang sebuah daftar pegawai2 itu.

Rupanja disini hilang sebuah daftar pegawai2 itu.

Ende: 1Raj 9:25 - tiga kali setahun jakni pada hari2 raya jang besar, paskah, pentakosta dan pondok2 daun2an.

jakni pada hari2 raya jang besar, paskah, pentakosta dan pondok2 daun2an.

Ende: 1Raj 9:26 - -- Esjon-Geber letaknja dekat Aqaba moderen ditepi teluk Laut Merah disebelah utara. Ofir mungkin suatu daerah di Arabia barat daja, Mungkin djuga negeri...

Esjon-Geber letaknja dekat Aqaba moderen ditepi teluk Laut Merah disebelah utara. Ofir mungkin suatu daerah di Arabia barat daja, Mungkin djuga negeri Somali.

Endetn: 1Raj 9:5 - kepada diperbaiki menurut beberapa naskah Hibrani dan 2Ta 7:18. Tertulis: "mengenai".

diperbaiki menurut beberapa naskah Hibrani dan 2Ta 7:18. Tertulis: "mengenai".

Endetn: 1Raj 9:7 - Kutolak diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno dan 2Ta 7:20. Tertulis: "Kusuruh".

diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno dan 2Ta 7:20. Tertulis: "Kusuruh".

Endetn: 1Raj 9:8 - -- Ditinggalkan menurut terdjemahan2 kuno: "akan".

Ditinggalkan menurut terdjemahan2 kuno: "akan".

Endetn: 1Raj 9:18 - Tamar diperbaiki menurut tjatatan naskah Hibrani (Kere). Tertulis: "Tamor".

diperbaiki menurut tjatatan naskah Hibrani (Kere). Tertulis: "Tamor".

Ref. Silang FULL: 1Raj 9:1 - Salomo selesai · Salomo selesai: 2Sam 7:2; 2Sam 7:2

· Salomo selesai: 2Sam 7:2; [Lihat FULL. 2Sam 7:2]

Ref. Silang FULL: 1Raj 9:2 - menampakkan diri · menampakkan diri: 1Raj 3:5; 1Raj 3:5

· menampakkan diri: 1Raj 3:5; [Lihat FULL. 1Raj 3:5]

Ref. Silang FULL: 1Raj 9:3 - Telah Kudengar // membuat nama-Ku // maka mata-Ku · Telah Kudengar: 1Sam 9:16; 1Sam 9:16; 2Raj 19:20; 20:5; Mazm 10:17; 34:18 · membuat nama-Ku: Kel 20:24; Kel 20:24; Ul 12:5; Ul 12:5 &m...

· Telah Kudengar: 1Sam 9:16; [Lihat FULL. 1Sam 9:16]; 2Raj 19:20; 20:5; Mazm 10:17; 34:18

· membuat nama-Ku: Kel 20:24; [Lihat FULL. Kel 20:24]; Ul 12:5; [Lihat FULL. Ul 12:5]

· maka mata-Ku: Ul 11:12; [Lihat FULL. Ul 11:12]

Ref. Silang FULL: 1Raj 9:4 - seperti Daud // tulus hati // dan peraturan-Ku · seperti Daud: Ul 17:20; 1Raj 14:8; 15:5 · tulus hati: Kej 17:1; Kej 17:1 · dan peraturan-Ku: 1Raj 3:14; 1Raj 3:14; 1Taw 28:9; A...

· seperti Daud: Ul 17:20; 1Raj 14:8; 15:5

· tulus hati: Kej 17:1; [Lihat FULL. Kej 17:1]

· dan peraturan-Ku: 1Raj 3:14; [Lihat FULL. 1Raj 3:14]; 1Taw 28:9; Ams 4:4

Ref. Silang FULL: 1Raj 9:5 - akan meneguhkan // Keturunanmu takkan · akan meneguhkan: 1Taw 22:10 · Keturunanmu takkan: 2Sam 7:15; 2Sam 7:15

· akan meneguhkan: 1Taw 22:10

· Keturunanmu takkan: 2Sam 7:15; [Lihat FULL. 2Sam 7:15]

Ref. Silang FULL: 1Raj 9:6 - anak-anakmu berbalik // kepada allah · anak-anakmu berbalik: Ul 28:15; 2Sam 7:14; 2Raj 18:12; Yer 17:27; 26:4; 32:23; 44:23 · kepada allah: 1Raj 11:10

· anak-anakmu berbalik: Ul 28:15; 2Sam 7:14; 2Raj 18:12; Yer 17:27; 26:4; 32:23; 44:23

· kepada allah: 1Raj 11:10

Ref. Silang FULL: 1Raj 9:7 - atas tanah // bagi nama-Ku // menjadi kiasan // dan sindiran · atas tanah: Im 18:24-28; Ul 4:26; Yos 23:13; Yos 23:13; 2Raj 17:23; Yer 24:10 · bagi nama-Ku: Ul 12:5; Yer 7:14 · menjadi kiasa...

· atas tanah: Im 18:24-28; Ul 4:26; Yos 23:13; [Lihat FULL. Yos 23:13]; 2Raj 17:23; Yer 24:10

· bagi nama-Ku: Ul 12:5; Yer 7:14

· menjadi kiasan: Ayub 17:6; Mazm 44:15; Yer 24:9; Yoel 2:17

· dan sindiran: Ul 28:37; [Lihat FULL. Ul 28:37]; Yeh 5:15

Ref. Silang FULL: 1Raj 9:8 - akan tertegun // rumah ini · akan tertegun: Im 26:32; Im 26:32 · rumah ini: Ul 29:24; Ul 29:24; Yer 7:4-15; Mat 23:38

· akan tertegun: Im 26:32; [Lihat FULL. Im 26:32]

· rumah ini: Ul 29:24; [Lihat FULL. Ul 29:24]; Yer 7:4-15; Mat 23:38

Ref. Silang FULL: 1Raj 9:9 - akan berkata // mereka meninggalkan // segala malapetaka · akan berkata: Ul 29:25; 2Raj 22:17; Yer 5:19; 13:22; 16:11,13; 22:9 · mereka meninggalkan: Bil 25:3; Bil 25:3; Yer 40:3; 44:23; Rat 4:...

· akan berkata: Ul 29:25; 2Raj 22:17; Yer 5:19; 13:22; 16:11,13; 22:9

· mereka meninggalkan: Bil 25:3; [Lihat FULL. Bil 25:3]; Yer 40:3; 44:23; Rat 4:12

· segala malapetaka: Ul 31:29; [Lihat FULL. Ul 31:29]

Ref. Silang FULL: 1Raj 9:11 - dan emas · dan emas: 1Raj 9:14

· dan emas: 1Raj 9:14

Ref. Silang FULL: 1Raj 9:13 - tanah Kabul · tanah Kabul: Yos 19:27

· tanah Kabul: Yos 19:27

Ref. Silang FULL: 1Raj 9:14 - talenta emas · talenta emas: 1Raj 9:11

· talenta emas: 1Raj 9:11

Ref. Silang FULL: 1Raj 9:15 - Mereka dikerahkan // dan Milo // memperkuat Hazor // dan Gezer · Mereka dikerahkan: 1Raj 5:13 · dan Milo: 2Sam 5:9; 2Sam 5:9 · memperkuat Hazor: Yos 11:10-11 · dan Gezer: Yos 10:33; Yos...

· Mereka dikerahkan: 1Raj 5:13

· dan Milo: 2Sam 5:9; [Lihat FULL. 2Sam 5:9]

· memperkuat Hazor: Yos 11:10-11

· dan Gezer: Yos 10:33; [Lihat FULL. Yos 10:33]

Ref. Silang FULL: 1Raj 9:16 - kepada anaknya · kepada anaknya: 1Raj 3:1; Mazm 45:13; 68:30; 72:10

· kepada anaknya: 1Raj 3:1; Mazm 45:13; 68:30; 72:10

Ref. Silang FULL: 1Raj 9:17 - di Bet-Horon · di Bet-Horon: Yos 10:10; Yos 10:10

· di Bet-Horon: Yos 10:10; [Lihat FULL. Yos 10:10]

Ref. Silang FULL: 1Raj 9:18 - di Baalat · di Baalat: Yos 19:44; Yos 19:44

· di Baalat: Yos 19:44; [Lihat FULL. Yos 19:44]

Ref. Silang FULL: 1Raj 9:19 - segala kota // tempat kereta · segala kota: Kel 1:11; Kel 1:11 · tempat kereta: Ul 17:16; Ul 17:16; 1Raj 4:26; 2Taw 1:14; 9:25

· segala kota: Kel 1:11; [Lihat FULL. Kel 1:11]

· tempat kereta: Ul 17:16; [Lihat FULL. Ul 17:16]; 1Raj 4:26; 2Taw 1:14; 9:25

Ref. Silang FULL: 1Raj 9:20 - orang Het // orang Yebus · orang Het: Bil 13:29; Bil 13:29 · orang Yebus: Yos 11:3; Yos 11:3

· orang Het: Bil 13:29; [Lihat FULL. Bil 13:29]

· orang Yebus: Yos 11:3; [Lihat FULL. Yos 11:3]

Ref. Silang FULL: 1Raj 9:21 - masih tinggal // dapat ditumpas // budak rodi · masih tinggal: Kej 9:25-26; Kej 9:25; Kej 9:26 · dapat ditumpas: Yos 15:63; Yos 15:63 · budak rodi: Kej 49:15; Kej 49:15; Kel 1...

· masih tinggal: Kej 9:25-26; [Lihat FULL. Kej 9:25]; [Lihat FULL. Kej 9:26]

· dapat ditumpas: Yos 15:63; [Lihat FULL. Yos 15:63]

· budak rodi: Kej 49:15; [Lihat FULL. Kej 49:15]; Kel 1:11; [Lihat FULL. Kel 1:11]; Ul 20:11; [Lihat FULL. Ul 20:11]

Ref. Silang FULL: 1Raj 9:22 - dijadikan budak · dijadikan budak: Im 25:39; Im 25:39

· dijadikan budak: Im 25:39; [Lihat FULL. Im 25:39]

Ref. Silang FULL: 1Raj 9:23 - Inilah pemimpin-pemimpin · Inilah pemimpin-pemimpin: 1Raj 5:16

· Inilah pemimpin-pemimpin: 1Raj 5:16

Ref. Silang FULL: 1Raj 9:24 - sesudah anak // mendirikan Milo · sesudah anak: 1Raj 3:1; 1Raj 3:1 · mendirikan Milo: 2Sam 5:9; 1Raj 11:27

· sesudah anak: 1Raj 3:1; [Lihat FULL. 1Raj 3:1]

· mendirikan Milo: 2Sam 5:9; 1Raj 11:27

Ref. Silang FULL: 1Raj 9:25 - Tiga · Tiga: Kel 23:14; Kel 23:14

· Tiga: Kel 23:14; [Lihat FULL. Kel 23:14]

Ref. Silang FULL: 1Raj 9:26 - juga kapal-kapal // di Ezion-Geber // dekat Elot · juga kapal-kapal: 1Raj 10:22; 22:48; 2Taw 20:37; Yes 2:16 · di Ezion-Geber: Bil 33:35; Bil 33:35 · dekat Elot: 2Raj 14:22; 16:6...

· juga kapal-kapal: 1Raj 10:22; 22:48; 2Taw 20:37; Yes 2:16

· di Ezion-Geber: Bil 33:35; [Lihat FULL. Bil 33:35]

· dekat Elot: 2Raj 14:22; 16:6

Ref. Silang FULL: 1Raj 9:27 - anak-anak kapal · anak-anak kapal: Yeh 27:8

· anak-anak kapal: Yeh 27:8

Ref. Silang FULL: 1Raj 9:28 - ke Ofir // talenta emas · ke Ofir: Kej 10:29; Kej 10:29 · talenta emas: 1Raj 9:14; 1Raj 10:10,11,14,21; 2Taw 1:15; Pengkh 2:8

· ke Ofir: Kej 10:29; [Lihat FULL. Kej 10:29]

· talenta emas: 1Raj 9:14; 1Raj 10:10,11,14,21; 2Taw 1:15; Pengkh 2:8

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: 1Raj 9:1-3 - Tuhan menampakkan diri kepada Salomo untuk kedua kalinya 1-3. Tuhan menampakkan diri kepada Salomo untuk kedua kalinya. Pasal ini membahas janji dan peringatan. Penampakan Tuhan yang pertama kepada Salomo te...

1-3. Tuhan menampakkan diri kepada Salomo untuk kedua kalinya. Pasal ini membahas janji dan peringatan. Penampakan Tuhan yang pertama kepada Salomo terjadi di Gibeon (bdg. 3:4, 5).

Wycliffe: 1Raj 9:4 - Jika engkau hidup ... dengan benar 4. Jika engkau hidup ... dengan benar. Membandingkan ayat ini dengan II Tawarikh 7:12-22 menunjukkan beberapa variasi menarik mengenai persyaratan unt...

4. Jika engkau hidup ... dengan benar. Membandingkan ayat ini dengan II Tawarikh 7:12-22 menunjukkan beberapa variasi menarik mengenai persyaratan untuk sebuah kebangunan rohani. "Mengenai engkau, jika engkau hidup di hadapan-Ku." Allah memakai contoh Daud, seorang ayah yang saleh, sebagai standar yang bagus untuk diikuti oleh sang raja. Sangat penting bahwa di sepanjang kehidupan Salomo tidak pernah tercatat adanya skandal moral yang besar sekalipun Salomo tidak pernah mencapai tingkatan rohani yang setinggi ayahnya, dan paling banter Salomo meninggal ketika tidak diperkenan Tuhan. Oleh karena itu janji yang dikemukakan di sini harus dipahami sebagai janji yang bersyarat.

Wycliffe: 1Raj 9:6 - Tetapi jika kamu ... berbalik dari pada-Ku // Maka Israel akan menjadi kiasan dan sindiran di antara segala bangsa 6. Tetapi jika kamu ... berbalik dari pada-Ku. Hukuman yang dikemukakan bersifat ganda: (1) kerajaan itu akan runtuh; (2) Bait Suci yang demikian diba...

6. Tetapi jika kamu ... berbalik dari pada-Ku. Hukuman yang dikemukakan bersifat ganda: (1) kerajaan itu akan runtuh; (2) Bait Suci yang demikian dibanggakan oleh raja dan bangsa itu akan diratakan dengan tanah. Sejarah Israel selanjutnya secara lengkap menunjukkan kebenaran dari peringatan yang bersifat nubuat ini. Sesudah Bait Suci dihancurkan pada tahun 586/585 sM oleh tentara Babel, Bait Suci tersebut tidak pernah lagi - baik pada masa perbaikannya maupun di bawah pemerintahan Herodes Agung - mencapai keagungan seperti sebelumnya. Penyebab dari kemerosotan Israel ialah penyembahan berhala. Patut diperhatikan bahwa Salomo yang memperoleh peringatan ini segera melakukan apa yang dilarang tersebut (11:4, 5). 7. Maka Israel akan menjadi kiasan dan sindiran di antara segala bangsa. Peringatan yang bersifat nubuat ini bahkan memandang lebih jauh lagi ke depan melampaui masa pembuangan Israel kepada masa di mana bangsa tersebut ditolak karena tidak mengakui Yesus sang Mesias.

Wycliffe: 1Raj 9:8 - Bersuit 8. Bersuit. Orang-orang yang lewat dan melihat reruntuhan Bait Suci akan bersuit karena heran dan ngeri.

8. Bersuit. Orang-orang yang lewat dan melihat reruntuhan Bait Suci akan bersuit karena heran dan ngeri.

Wycliffe: 1Raj 9:12 - Ketika Hiram datang dari Tirus untuk melihat-lihat kota-kota yang diberikan Salomo kepadanya 12. Ketika Hiram datang dari Tirus untuk melihat-lihat kota-kota yang diberikan Salomo kepadanya. Sebagai penukaran atas bantuan materiil yang dari Ti...

12. Ketika Hiram datang dari Tirus untuk melihat-lihat kota-kota yang diberikan Salomo kepadanya. Sebagai penukaran atas bantuan materiil yang dari Tirus, Salomo setuju untuk memberikan kepada Hiram dua puluh kota yang terletak di bagian utara Galilea. Ada dugaan bahwa harta bangsa Israel pada waktu itu sedang kurang sehingga kota-kota tersebut diserahkan sebagai ganti pembayaran tunai. Kota-kota yang diserahkan itu kemudian dikenal sebagai "Galilea wilayah bangsa-bangsa lain" (Mat. 4:15).

Wycliffe: 1Raj 9:13 - Kabul // Seratus dua puluh talenta emas 13. Kabul. Tanah yang gersang. 14. Seratus dua puluh talenta emas. Pada tahun 1960 diperhitungkan harganya adalah setara dengan $ 3500. Arti dari nas ...

13. Kabul. Tanah yang gersang. 14. Seratus dua puluh talenta emas. Pada tahun 1960 diperhitungkan harganya adalah setara dengan $ 3500. Arti dari nas ini agak membingungkan; tampaknya tidak semua rincian dari perjanjian dagang kedua raja ini dikemukakan.

Wycliffe: 1Raj 9:15 - Megido 15. Megido. Kandang-kandang kuda Salomo di Megido yang oleh para sarjana liberal biasanya dianggap sebagai hanya isapan jempol saja. Tetapi, "penggali...

15. Megido. Kandang-kandang kuda Salomo di Megido yang oleh para sarjana liberal biasanya dianggap sebagai hanya isapan jempol saja. Tetapi, "penggalian purbakala yang dilaksanakan di Megido oleh Universitas Chicago telah menemukan adanya wilayah yang cukup luas berupa sisa-sisa kandang yang diduga berasal dari zaman Salomo" (Free, op.cit.). Kandang-kandang kuda tersebut cukup luas untuk tempat sekitar tiga ratus hingga lima ratus ekor kuda. Keadaan itu sesuai dengan apa yang tertulis dalam Alkitab ini.

Wycliffe: 1Raj 9:24 - Anak Firaun pindah dari kota Daud 24. Anak Firaun pindah dari kota Daud. Putri Firaun tersebut dipindahkan dari Bukit Zion agar latar belakang kafirnya tidak menjadi sandungan bagi ora...

24. Anak Firaun pindah dari kota Daud. Putri Firaun tersebut dipindahkan dari Bukit Zion agar latar belakang kafirnya tidak menjadi sandungan bagi orang Israel yang saleh. Milo. Mungkin merupakan bagian dari tembok pertahanan Yerusalem yang telah dirusak oleh Daud untuk menerobos memasuki pertahanan orang Yebus dan kini telah diperbaiki (bdg. 11:27; II Sam. 5:9).

Wycliffe: 1Raj 9:25 - Tiga kali setahun Salomo mempersembahkan kurban-kurban bakaran // Demikianlah ia menyelesaikan rumah itu 25. Tiga kali setahun Salomo mempersembahkan kurban-kurban bakaran. Sekalipun hati Salomo tidak benar di hadapan Allah, dia tetap rajin melaksanakan t...

25. Tiga kali setahun Salomo mempersembahkan kurban-kurban bakaran. Sekalipun hati Salomo tidak benar di hadapan Allah, dia tetap rajin melaksanakan tugas-tugas lahiriah yang ditentukan oleh hukum Musa (Kel. 23:14-17). Demikianlah ia menyelesaikan rumah itu. Pernyataan ini dapat dianggap sebagai penutup dari rangkuman mengenai kegiatan Salomo membangun.

Wycliffe: 1Raj 9:26 - Raja Salomo membuat juga kapal-kapal di Ezion-Geber 26. Raja Salomo membuat juga kapal-kapal di Ezion-Geber. Ezion-Geber merupakan kota pelabuhan Salomo. Kota ini terletak di bagian selatan Laut Merah d...

26. Raja Salomo membuat juga kapal-kapal di Ezion-Geber. Ezion-Geber merupakan kota pelabuhan Salomo. Kota ini terletak di bagian selatan Laut Merah dekat Elot atau Eilat menurut orang Israel. Penggalian purbakala kembali telah membuktikan bahwa apa yang disampaikan Alkitab tentang hal ini sesuai dengan sejarah. Pada tahun 1938 dan 1939, di bawah pimpinan Nelson Glueck, para penggali telah berhasil menemukan sisa-sisa dari kota penting di situs yang diduga adalah Ezion-Geber. Regu Glueck telah menemukan adanya tempat-tempat pembakaran yang dipakai untuk menghasilkan tembaga untuk diperdagangkan oleh Salomo. Kota Ezion-Geber sering disebut "Pittsburgh" zaman Alkitab.

Wycliffe: 1Raj 9:28 - Mereka sampai ke Ofir 28. Mereka sampai ke Ofir. Para pelaut pedagang Salomo menjangkau cukup luas hingga berlayar sampai ke Ofir. Pada umumnya diakui bahwa Ofir berada di ...

28. Mereka sampai ke Ofir. Para pelaut pedagang Salomo menjangkau cukup luas hingga berlayar sampai ke Ofir. Pada umumnya diakui bahwa Ofir berada di barat laut Arab, namun beberapa pakar mengatakan bahwa letaknya di India, yaitu atas dasar barang muatan yang disebutkan dalam 10:22.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: 1Raj 9:1-9 - Peringatan untuk tetap setia. (Jumat, 6 Agustus 2004) Peringatan untuk tetap setia. Tidak mudah untuk tetap rendah hati dan setia jika kita mendapatkan keberhasilan terus menerus. Kita cenderung...

SH: 1Raj 9:1-9 - Pertemuan di simpang jalan. (Minggu, 13 Februari 2000) Pertemuan di simpang jalan. Tuhan menampakkan diri-Nya untuk kedua kalinya kepada Salomo, pada tahun ke-24 pemerintahannya, saat ia sedang ber...

SH: 1Raj 9:10-28 - Lupa berkat! (Sabtu, 7 Agustus 2004) Lupa berkat! Semua keberhasilan yang kita raih tidak pantas menjadi kebanggaan pribadi saja. Keberhasilan apapun yang kita raih bukan k...

SH: 1Raj 9:10-28 - Salomo yang nyaris sempurna. (Senin, 14 Februari 2000) Salomo yang nyaris sempurna. Sepanjang sejarah peradaban manusia, kepandaian, kebesaran, dan keagungan Salomo sebagai raja akan selalu dikenan...

Topik Teologia: 1Raj 9:3 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Gagasan tentang Nama Ilahi Nama Ilahi itu Mengacu kepada Kehadiran Allah ...

Topik Teologia: 1Raj 9:4 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Kedaulatan Pemerintahan Allah Pemerintahan Allah pada Umumnya Allah ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak dikenal Tema : Raja-raja Israel dan Yehuda Tanggal Penulisan: Sekitar 560-550 SM Latar Belakang 1 dan 2 Raja-R...

Full Life: 1 Raja-raja (Garis Besar) Garis Besar I. Masa Pemerintahan Salomo (1Raj 1:1-11:43) A. Salomo Menggantikan Daud Sebagai Raja (1...

Ende: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) KITAB RADJA2 PENDAHULUAN Kedua Kitab Radja2 (dalam terdjemahan Junani: III dan IV Keradjaan2; dalam terdjemahan Latin III dan IV Radja2) sesungguhnja ...

Wycliffe: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN 1 RAJA-RAJA Judul. Kitab yang dikenal dengan I dan II Raja-Raja dinamakan demikian menurut isinya. Di dalam Septuaginta, para raja Ibrani...

Wycliffe: 1 Raja-raja (Garis Besar) GARIS BESAR 1 RAJA-RAJA I. Kerajaan Sejak Salomo Hingga Rehabeam (I Raj. 1:1-11:43) A. Salomo Naik Takhta (1:1-2:46) ...

BIS: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) I RAJA-RAJA PENGANTAR Buku I Raja-raja merupakan lanjutan dari buku Samuel tentang sejarah pemerintahan raja-raja Israel. Sejarah yang dimuat dalam

I RAJA-RAJA

PENGANTAR

Buku I Raja-raja merupakan lanjutan dari buku Samuel tentang sejarah pemerintahan raja-raja Israel. Sejarah yang dimuat dalam buku ini dapat dibagi dalam tiga bagian:

  1. (1) Wafatnya Raja Daud dan pengangkatan Salomo menjadi raja atas Israel dan Yehuda menggantikan Daud.
  2. (2) Pemerintahan Salomo dan hasil-hasil usahanya, khususnya dalam membangun Rumah TUHAN di Yerusalem.
  3. (3) Bangsa Israel terpecah menjadi kerajaan utara dan kerajaan selatan, dan sejarah raja-raja yang memerintah kedua kerajaan tersebut sampai pertengahan abad kesembilan Sebelum Masehi.

Di dalam kedua buku Raja-raja, setiap raja dinilai berdasarkan kesetiaannya kepada Tuhan; dan keberhasilan bangsa adalah akibat dari kesetiaan tersebut. Sebaliknya, penyembahan berhala dan ketidaktaatan mengakibatkan bencana. Berdasarkan penilaian tersebut raja-raja kerajaan utara semuanya gagal, sedangkan raja Yehuda ada yang gagal, ada pula yang tidak.

Yang penting dalam I Raja-raja ialah nabi-nabi Tuhan. Mereka adalah juru bicara Allah yang berani-berani. Mereka memperingatkan raja dan bangsa Israel supaya tidak menyembah berhala dan tidak meremehkan perintah-perintah Allah. Yang menonjol ialah Elia, dan kisah tentang pertarungannya dengan imam-imam Baal (pasal 18 1Raj 18:1-15).

Isi

  1.  Akhir pemerintahan Daud
    1Raj 1:1-2:12
  2.  Salomo menjadi raja
    1Raj 2:13-46
  3.  Pemerintahan Salomo
    1Raj 3:1-11:43
    1. a. Tahun-tahun permulaan
      1Raj 3:1-4:34
    2. b. Pembangunan Rumah TUHAN
      1Raj 5:1-8:66
    3. c. Tahun-tahun terakhir
      1Raj 9:1-11:43
  4.  Kerajaan yang terpecah
    1Raj 12:1-22:53
    1. a. Pemberontakan suku-suku utara
      1Raj 12:1-14:20
    2. b. Raja-raja Yehuda dan Israel
      1Raj 14:21-16:34
    3. c. Nabi Elia
      1Raj 17:1-19:21
    4. d. Ahab, raja Israel
      1Raj 20:1-22:40
    5. e. Yosafat raja Yehuda dan Ahazia raja Israel
      1Raj 22:41-53

Ajaran: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengetahui isi Kitab I dan II Raja-raja, orang-orang Kristen dapat mengerti bahwa kebahagiaan suatu bangsa atau umat Allah berg

Tujuan

Supaya dengan mengetahui isi Kitab I dan II Raja-raja, orang-orang Kristen dapat mengerti bahwa kebahagiaan suatu bangsa atau umat Allah bergantung pada kesetiaannya terhadap janji Allah.

Pendahuluan

Penulis : Penulis Kitab I dan II Raja-raja tidak jelas disebutkan dalam Kitab ini, tetapi banyak ahli mengatakan bahwa penulisnya adalah Yeremia (nabi).

Isi Kitab: Isi kedua Kitab ini sesuai dengan namanya, menceritakan tentang kehidupan raja-raja Israel.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab I dan II Raja-raja

  1. Pasal 1-11 (1Raj 1:1-11:43).

    Pemerintahan Raja Salomo

    Dalam bagian ini dijelaskan, Salomo naik takhta dan memerintah. Ia menuruti pesan Daud, yaitu bertindak seperti seorang laki-laki dan tetap berhubungan dengan Tuhan. Salomo diberi hikmat oleh Tuhan karena sikapnya yang beribadah terhadap Tuhan dan menetapkan pemerintahannya yang bersifat damai dan sejahtera. Salomo juga membangun rumah Tuhan dan istana serta mentahbiskan rumah Tuhan sehingga ia diberkati secara luar biasa, yaitu kepandaian, kemasyhuran dan kekayaan yang bertambah-tambah. Tetapi Salomo terpengaruh oleh istri-istrinya dan ia menyembah berhala sehingga Tuhan marah kepadanya dan menghancurkan kerajaan itu, akhir pasal 11; 1Raj 11:41-43menyebutkan wafatnya Salomo.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Raj 1:32-40.
    2. Bacalah pasal 1Raj 2:1-4. Apakah nasehat-nasehat Raja Daud yang jug bermanfaat bagi saudara?
    3. Bacalah pasal 1Raj 3:3-9. Apakah yang sering saudara minta dalam doa?
    4. Bacalah pasal 1Raj 7:1,51. Tempat apa sajakah yang dibangun Salomo?
    5. Bacalah pasal 1Raj 11:1-13, 41-43. Apakah yang terjadi dengan Salomo pada akhir hidupnya Da mengapa demikian?
  2. Pasal I Raja-raja 12 sampai II Raja-raja 17 (1Raj 12:1-2Raj 17:29).

    Kerajaan yang terpecah Setelah Salomo meninggal, kerajaan Israel terpecah lagi, dan mulai diperintah oleh raja-raja yang memerintah secara jahat, oleh karena itu selalu mengalami kekacauan dan menerima hukuman dari Tuhan. Tetapi karena cinta kasih Tuhan maka manusia selalu diberi peringatan melalui nabi-nabi supaya bertobat.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Raj 12:1-11. Kelompok dibawah pimpinan siapakah yang datang menghada Rehabeam? Dan apakah permintaannya? Apakah usah Rehabeam untuk menjawab permintaan Jerobeam?
    2. Bacalah pasal 1Raj 12:12-20. Nasihat siapakah yang diikuti oleh raja Rehabeam? Dan apakah akibatnya? (kerajaan terpecah menjadi dua 2Raj 12:20).
    3. Bacalah 2Raj 2:1-14. Siapakah dua orang nabi besar yang melayani di Israel? Apakah nabi Elia mati?
    4. Bacalah pasal 2Raj 17:7-23. Ini adalah kehancuran kerajaan Israel. Mengapa terjadi hal itu?
    5. Bacalah pasal 2Raj 24:18-25:7. Ini adalah kehancuran kerajaan Yehuda. Mengapakah terjadi hal ini?

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Dalam keadaan jaman yang sesat, Allah selalu memberi jalan kepada umat- Nya untuk bertobat.

  2. Apabila kejahatan terjadi secara luar biasa maka Allah juga memperlihatkan keadilan-Nya dengan hukuman yang luar biasa.

  3. Allah selalu memberkati orang-orang atau bangsa yang takut akan Dia.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Sebutkan apakah yang diminta raja Salomo didalam doanya!
  2. Siapakah yang mendirikan bait Allah yang pertama?
  3. Siapakah nama nabi yang bertempur melawan nabi-nabi Baal?
  4. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan dar Kitab I dan II Raja-raja ini?

Intisari: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Kerajaan Israel bersatu dan terpecah ISI KITABI Raja-raja merupakan bagian pertama dari kisah yang pada mulanya merupakan satu kitab yang menceritaka

Kerajaan Israel bersatu dan terpecah

ISI KITAB
I Raja-raja merupakan bagian pertama dari kisah yang pada mulanya merupakan satu kitab yang menceritakan mengenai kehidupan bangsa Israel selama empat abad sesudah kematian Daud dan pembuangan bangsa Israel ke Babel. Kitab itu menceritakan bagaimana suatu negara yang kuat dan bersatu terpecah menjadi dua; bagaimana kerajaan utara yang lebih besar yang terus menerus berpaling dari Allah akhirnya dimusnahkan; bagaimana Yehuda juga gagal untuk memelihara perjanjian dengan Allah dan bagaimana negeri itu juga dilanda bencana, yang mencapai puncaknya pada penghancuran Yerusalem dan pembuangan besar-besaran ke Babel. I Raja-raja merangkum 120 tahun pertama dari kisah yang lengkap.

SIAPA PENULISNYA?
Kitab ini mungkin ditulis oleh seorang nabi atau sejumlah nabi yang menulis di Babel selama masa pembuangan, sekitar tahun 550 SM. Bahan tulisan diambil dari berbagai sumber, seperti catatan resmi pemerintah atau kumpulan kisah-kisah tentang para nabi yang kemudian disatukan sedemikian rupa untuk memberikan tekanan pada pokok-pokok yang ingin diungkapkan oleh si penulis.

TUJUAN PENULISAN
Dalam I dan II Raja-raja penulis tidak ingin mencoba untuk memberikan suatu kisah yang lengkap dari seluruh peristiwa yang terjadi pada masa itu. Ia menceritakan dengan panjang lebar mengenai peristiwa dan tokoh-tokoh yang dianggapnya penting seperti Salomo atau Elia, tetapi tokoh lainnya hanya diceritakan secara sepintas. Raja-raja hanya menulis mengenai pentingnya peristiwa yang terjadi dalam hubungannya dengan perkembangan kehidupan rohani manusia.

PANDANGAN PENULIS
Masalah yang ditunjukkan oleh penulis ialah betapa pentingnya bagi umat Allah untuk menjaga perjanjian mereka dengan-Nya. Manusia dan bangsa-bangsa keduanya dinilai sampai seberapa jauh mereka mencari dan mengikuti kehendak Allah. Jika mereka mengasihi Allah dan patuh pada perintah-perintah-Nya, maka Allah akan memberkati mereka; jika mereka berpaling dari-Nya, maka bencara akan menimpa mereka. Dalam banyak hal sikap seorang raja dianggap sebagai gambaran dari sikap bangsa itu secara keseluruhan; dalam satu segi seorang raja merupakan wakil dari rakyatnya.

METODE PENULISAN
Kisah mengenai kedua bangsa Israel dan Yehuda mudah diikuti jika kita tahu metode penulisan yang dipakai. Kita selalu diberi kisah baru mengenai setiap negeri secara berurutan. Sebagai contoh, gambaran peristiwa yang terjadi dalam kehidupan seorang raja Israel diikuti oleh kisah raja-raja Yehuda yang naik takhta selama pemerintahannya dan seterusnya.

Pesan

1. Allah adalah Tuhan yang berkuasa sepanjang sejarah
o Rehabeam mencoba untuk tidak mengikutsertakan Allah, dan itu tidak mungkin terjadi. Sebenarnya penghakiman Allahlah yang menyebabkan ia kehilangan sepuluh suku dan bukan disebabkan oleh pemberontakan rakyatnya. Bahkan, sebelum Salomo mangkat Yerobeam telah diangkat oleh Allah untuk memerintah Israel. 1Ra 11:26-12:24
o Ahab telah menyaksikan suatu peragaan kekuasaan Allah pada waktu nabi-nabi Baal dikalahkan di Gunung Karmel. Walaupun demikian, dalam perang Siria, Ahab mencoba untuk menghindari kehendak Allah dengan jalan menyamar; tetapi ia mati seperti apa yang dikatakan Allah. 1Ra 18:1-46; 22:5-40

2. Hanya bekerja untuk Allahlah yang berarti
o Salomo kaya raya, bijaksana dan berkuasa, selama bertahun-tahun ia mengasihi dan melayani Allah, tetapi itu tidak berarti ia dapat berlaku sewenang-wenang. Pada waktu ia berdosa, Allah juga menghukumnya seperti kepada orang lain. 1Ra 3:1-11:43
o Omri adalah seorang raja yang sangat berhasil. Ia memberi Israel sebuah ibukota yang baru dan menempatkan Israel pada peta perdagangan, tetapi Kitab Raja-raja memberikan komentar bahwa ia juga berdosa terhadap Allah. 1Ra 16:15-28

3. Allah dapat dipercaya
o Tuhan memberikan sebuah kerajaan kepada Yerobeam, tetapi ia tidak percaya bahwa Allah dapat menghentikan pelarian bangsanya kembali ke Yehuda. Sebaliknya, ia melanggar perintah Allah dengan membangun sebuah patung emas. Ia mendapati bahwa Allah selalu memenuhi janji-janji-Nya, yaitu memberkati dan menghukum! 1Ra 12:25-14:20
o Apabila Tuhan memberikan suatu tugas, Dia juga akan menyediakan sarana untuk melaksanakannya. Tuhan mencukupi kebutuhan Elia sepanjang musim kering dan menunjukkan kepadanya bagaimana caranya untuk mengalahkan penyembahan kepada Baal. 1Ra 17:1-18:46

4. Allah tidak begitu saja membinasakan umat-Nya
o Tidak taat kepada Tuhan dan menerima hukuman-Nya tidak selalu berarti bahwa kita tidak lagi dapat melayani Dia. Bangsa Yehuda menyadari hal ini setelah kerajaan itu terpecah. Tuhan telah menghukum mereka, tetapi Dia masih tetap Allah mereka dan masih berbicara kepada mereka. 1Ra 12:1-24
o Tidak satu pun dari ketujuh raja Israel pertama yang melayani Tuhan, tetapi Allah masih belum berputus asa terhadap bangsa itu. Dia masih menginginkan penyembahan mereka, dan di atas Gunung Karmel kembali Allah menunjukkan kepada mereka suatu peragaan kuasa-Nya yang besar. 1Ra 18:1-46

Penerapan

I Raja-raja mengajar kita tentang:

1. Hamba Tuhan
Elia menunjukkan kepada kita ciri-ciri seorang hamba Tuhan yang baik:
o Ia mendengarkan perkataan Allah (1Ra 17:1,2,8).
o Ia menantikan waktu Tuhan yang tepat (1Ra 18:1).
o Ia bertindak dengan berani (1Ra 18:7-40).
o Ia berbicara dengan jelas (1Ra 18:21).
o Ia mempunyai kepercayaan penuh terhadap Allah (1Ra 18:30-38).
o Ia sangat patuh kepada perintah Allah (1Ra 18:36).
o Ia gigih (1Ra 18:41-45).

2. Pelayanan Tuhan
o Tuhan tidak selalu memakai alat-alat bantu yang kita inginkan -- Ia memilih seorang janda untuk menolong Elia (1Ra 17:8-16).
o Membantu hamba Tuhan merupakan suatu pelayanan kepada-Nya dan Tuhan menganugerahi pelayanan (1Ra 17:17-24; 18:3-15).
o Tuhan memulihkan hamba-hamba-Nya pada waktu mereka terjatuh (1Ra 19:4-8).
o Satu tugas terselesaikan tidak berarti akan menghadapi hari depan yang sia-sia (1Ra 19:14-18).

3. Rumah Allah
o Dibangun berdasarkan janji Allah. (1Ra 8:15-21).
o Tempat untuk beribadah (1Ra 8:22-26).
o Tidak dapat membatasi Allah (1Ra 8:27).
o Tempat untuk berdoa (1Ra 8:28-40).
o Harus terbuka bagi semua orang dari berbagai negeri (1Ra 8:41-43).

Tema-tema Kunci

1. Kedaulatan Allah
Tema ini bergema dalam keseluruhan isi kitab yang menceritakan bagaimana Allah terlibat dalam sejarah umat manusia. Bacalah 1Ra 8:14-61; 19:9-18; 20:1-30. Apa yang diceritakan oleh pasal-pasal ini mengenai Allah dan kedaulatannya?

2. Kebenaran
Allah mengharapkan umat-Nya taat dan setia. Setelah negeri itu terpecah, I Raja-raja menggambarkan mengenai pemerintahan delapan raja Israel dan empat raja Yehuda. Buatlah daftar raja-raja ini. Berapa orang dari mereka yang melayani Tuhan? Berdasarkan atas apa penulis kitab Raja-raja membuat penilaian terhadap mereka?

3. Kelemahan
o I Raja-raja tidak pernah mencoba untuk memberikan kepada kita gambaran yang sempurna mengenai hamba-hamba Allah. Kita melihat keburukan maupun kebaikan mereka dan Allah menerima serta memakai mereka seperti apa adanya.
Pelajari 1Ra 1:1-3:1; 11:1-13; 19:1-21. Kelemahan apa saja yang dapat Anda temukan dalam diri Daud, Salomo dan Elia?
o Bacalah kisah Raja Ahab dalam 1Ra 18:1-22:40. Dalam 1Ra 21:27-29 kita membaca bahwa ia bertobat, dan oleh sebab itulah maka Allah memperingan hukuman terhadapnya. Menurut Anda mengapa I Raja-raja menggambarkan Raja Ahab sebagai orang jahat dan bukan hanya sebagai orang lemah?

Garis Besar Intisari: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) [1] HARI-HARI TERAKHIR DAUD 1Ra 1:1-2:11 1Ra 1:1-4Abisag, jururawat bagi Daud yang sudah tua 1Ra 1:5-53Adonia dan Salomo 1Ra 2:1-9Pesan-pesan Dau

[1] HARI-HARI TERAKHIR DAUD 1Ra 1:1-2:11

1Ra 1:1-4Abisag, jururawat bagi Daud yang sudah tua
1Ra 1:5-53Adonia dan Salomo
1Ra 2:1-9Pesan-pesan Daud terakhir
1Ra 2:10-11Wafatnya seorang raja yang besar

[2] SALOMO: TAHUN-TAHUN PENUH KEMASYHURAN 1Ra 2:12-10:29

1Ra 2:12-46Pemerintahan raja Salomo terbentuk
1Ra 3:1Persekutuan dengan Mesir melalui perkawinan
1Ra 3:2-28Allah menganugerahkan kebijakan dan kekayaan
1Ra 4:1-28Pembenahan perekonomian
1Ra 4:29-34Salomo si penyair
1Ra 5:1-7:51Rencana pembangunan yang megah
1Ra 8:1-66Peresmian Rumah Tuhan
1Ra 9:1-9Janji dan peringatan Tuhan
1Ra 9:10-28Hubungan dengan luar negeri dan masalah tenaga kerja
1Ra 10:1-13Kunjungan kenegaraan Ratu negeri Syeba
1Ra 10:14-29Kekayaan Raja Salomo

[3] PERTENTANGAN, PEMBERONTAKAN, PERPECAHAN 1Ra 11:1-12:24

1Ra 11:1-8Perzinahan dan imoralitas Salomo
1Ra 11:9-13Penghakiman Allah dinyatakan
1Ra 11:14-25Musuh dari luar yaitu Edom
1Ra 11:26-40Ancaman dari Yerobeam
1Ra 11:41-43Kematian Salomo
1Ra 12:1-15Yerobeam menolak untuk berunding
1Ra 12:16-24Bangsa Israel menyatakan kemerdekaannya

[4] DUA NEGERI BARU -- DUA PERMULAAN YANG BURUK 1Ra 12:25-15:24

1Ra 12:25-33Yerobeam membangun mezbahnya sendiri
1Ra 13:1-34Ia mendapat peringatan keras
1Ra 14:1-20Kematian Yerobeam dan putranya
1Ra 14:21-31Pemerintahan Rehabeam yang keji atas Yehuda
1Ra 15:1-8Abiam -- sama seperti ayahnya
1Ra 15:9-24Asa mengembalikan Yehuda pada jalan yang benar

[5] ISRAEL -- SEBUAH NEGARA BERKEMBANG 1Ra 15:25-16:34

1Ra 15:25-31Garis keturunan Yerobeam berakhir pada Nadab
1Ra 15:32-16:7Baesa membawa bangsa Israel ke dalam dosa
1Ra 16:8-14Pemerintahan Ela berakhir dengan adanya kudeta Zimri
1Ra 16:15-28Pemerintahan Omri -- makmur tetapi jahat
1Ra 16:29-34Memperkenalkan Ahab dan Izebel

[6] ELIA -- SEORANG HAMBA ALLAH 1Ra 17:1-19:21

1Ra 17:1-24Musim kering: Elia diselamatkan
1Ra 18:1-16Obaja mengatur pertemuan
1Ra 18:17-40Duel antara Elia dan nabi-nabi Baal
1Ra 18:41-46Berakhirnya musim kering
1Ra 19:1-18Bagaimana Allah menghadapi hambanya yang tertekan
1Ra 19:19-21Elia bergabung dengan Elisa

[7] AHAB -- SEORANG PENGUASA YANG LEMAH DAN SERAKAH 1Ra 20:1-21:29

1Ra 20:1-34Allah memberi kemenangan kepada Ahab
1Ra 20:35-43Seorang nabi memperingatkan Ahab
1Ra 21:1-26Ahab menipu Nabot
1Ra 21:27-29Ahab bertobat

[8] PEPERANGAN DENGAN SIRIA BERKELANJUTAN 1Ra 22:1-53

1Ra 22:1-4Ahab meminta bantuan Yehuda
1Ra 22:5-28Nabi-nabi asli dan palsu saling bertentangan
1Ra 22:29-36Mereka pergi berperang
1Ra 22:37-40Ahab terbunuh
1Ra 22:41-50Yosafat -- raja Yehuda yang baik
1Ra 22:51-53Ahazia -- raja Israel yang jahat
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #34: Tip apa yang ingin Anda lihat di sini? Beritahu kami dengan klik "Laporan Masalah/Saran" di bagian bawah halaman. [SEMUA]
dibuat dalam 0.48 detik
dipersembahkan oleh YLSA