kecilkan semua  

Teks -- Filipi 3:1-21 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Kebenaran yang sejati
3:1 Akhirnya, saudara-saudaraku, bersukacitalah dalam Tuhan. (#3-#1b) Menuliskan hal ini lagi kepadamu tidaklah berat bagiku dan memberi kepastian kepadamu. 3:2 Hati-hatilah terhadap anjing-anjing, hati-hatilah terhadap pekerja-pekerja yang jahat, hati-hatilah terhadap penyunat-penyunat yang palsu, 3:3 karena kitalah orang-orang bersunat, yang beribadah oleh Roh Allah, dan bermegah dalam Kristus Yesus dan tidak menaruh percaya pada hal-hal lahiriah. 3:4 Sekalipun aku juga ada alasan untuk menaruh percaya pada hal-hal lahiriah. Jika ada orang lain menyangka dapat menaruh percaya pada hal-hal lahiriah, aku lebih lagi: 3:5 disunat pada hari kedelapan, dari bangsa Israel, dari suku Benyamin, orang Ibrani asli, tentang pendirian terhadap hukum Taurat aku orang Farisi, 3:6 tentang kegiatan aku penganiaya jemaat, tentang kebenaran dalam mentaati hukum Taurat aku tidak bercacat. 3:7 Tetapi apa yang dahulu merupakan keuntungan bagiku, sekarang kuanggap rugi karena Kristus. 3:8 Malahan segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia dari pada semuanya. Oleh karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh Kristus, 3:9 dan berada dalam Dia bukan dengan kebenaranku sendiri karena mentaati hukum Taurat, melainkan dengan kebenaran karena kepercayaan kepada Kristus, yaitu kebenaran yang Allah anugerahkan berdasarkan kepercayaan. 3:10 Yang kukehendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitan-Nya dan persekutuan dalam penderitaan-Nya, di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya, 3:11 supaya aku akhirnya beroleh kebangkitan dari antara orang mati. 3:12 Bukan seolah-olah aku telah memperoleh hal ini atau telah sempurna, melainkan aku mengejarnya, kalau-kalau aku dapat juga menangkapnya, karena akupun telah ditangkap oleh Kristus Yesus. 3:13 Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku, 3:14 dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus. 3:15 Karena itu marilah kita, yang sempurna, berpikir demikian. Dan jikalau lain pikiranmu tentang salah satu hal, hal itu akan dinyatakan Allah juga kepadamu. 3:16 Tetapi baiklah tingkat pengertian yang telah kita capai kita lanjutkan menurut jalan yang telah kita tempuh.
Nasihat-nasihat kepada jemaat
3:17 Saudara-saudara, ikutilah teladanku dan perhatikanlah mereka, yang hidup sama seperti kami yang menjadi teladanmu. 3:18 Karena, seperti yang telah kerap kali kukatakan kepadamu, dan yang kunyatakan pula sekarang sambil menangis, banyak orang yang hidup sebagai seteru salib Kristus. 3:19 Kesudahan mereka ialah kebinasaan, Tuhan mereka ialah perut mereka, kemuliaan mereka ialah aib mereka, pikiran mereka semata-mata tertuju kepada perkara duniawi. 3:20 Karena kewargaan kita adalah di dalam sorga, dan dari situ juga kita menantikan Tuhan Yesus Kristus sebagai Juruselamat, 3:21 yang akan mengubah tubuh kita yang hina ini, sehingga serupa dengan tubuh-Nya yang mulia, menurut kuasa-Nya yang dapat menaklukkan segala sesuatu kepada diri-Nya.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · bahasa Ibrani an ancient Jewish language used in the Old Testament
 · bangsa Ibrani a person descended from Heber; an ancient Jew; a Hebrew speaking Jew,any Jew, but particularly one who spoke the Hebrew language
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · bani Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · Farisi a religious group or sect of the Jews
 · Ibrani a person descended from Heber; an ancient Jew; a Hebrew speaking Jew,any Jew, but particularly one who spoke the Hebrew language
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · kaum suku Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · orang Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · orang Ibrani a person descended from Heber; an ancient Jew; a Hebrew speaking Jew,any Jew, but particularly one who spoke the Hebrew language
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Benyamin member(s) of the tribe of Benjamin
 · orang-orang Ibrani a person descended from Heber; an ancient Jew; a Hebrew speaking Jew,any Jew, but particularly one who spoke the Hebrew language
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · perempuan Ibrani a person descended from Heber; an ancient Jew; a Hebrew speaking Jew,any Jew, but particularly one who spoke the Hebrew language
 · seorang Benyamin member(s) of the tribe of Benjamin
 · seorang Ibrani a person descended from Heber; an ancient Jew; a Hebrew speaking Jew,any Jew, but particularly one who spoke the Hebrew language
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang muda Ibrani a person descended from Heber; an ancient Jew; a Hebrew speaking Jew,any Jew, but particularly one who spoke the Hebrew language
 · suku Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · suku Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · umat Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Yakub the second so of a pair of twins born to Isaac and Rebeccaa; ancestor of the 12 tribes of Israel,the nation of Israel,a person, male,son of Isaac; Israel the man and nation


Topik/Tema Kamus: Paulus | Sunat | Benar, Membenarkan Diri Sendiri | Raja, Kerajaan Romawi | Benar, Kebenaran Rohani | Benar, Membenarkan, Dibenarkan | Rajin Dalam Hal Rohani | Sangkal, Penyangkalan Terhadap Kristus | Satu, Persatuan Dengan Kristus | Anjing | Percaya Kepercayaan | Orang Farisi | Mulia, Kemulian | Pahala Orang-Orang Kudus | Tebus, Penebusan | Datang, Kedatangan Kristus | Bangkit, Kebangkitan Kristus | Sempurna, Kesempurnaan | Sukacita | Benar Kebenaran Di Hadapan Allah | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Flp 3:2 - ANJING-ANJING...PEKERJA-PEKERJA YANG JAHAT...PENYUNAT-PENYUNAT YANG PALSU. Nas : Fili 3:2 Pencobaan yang terbesar bagi Paulus adalah kesedihan yang dirasakannya karena mereka yang memutarbalikkan Injil Kristus. Kasihnya ke...

Nas : Fili 3:2

Pencobaan yang terbesar bagi Paulus adalah kesedihan yang dirasakannya karena mereka yang memutarbalikkan Injil Kristus. Kasihnya kepada Kristus, gereja, dan kebenaran penebusan begitu kuat sehingga mendorong dia untuk melawan dengan sangat orang yang merusak ajaran yang murni, sambil melukiskan mereka seperti "anjing-anjing" dan "pekerja-pekerja yang jahat" (versi Inggris NIV -- "orang-orang yang melakukan kejahatan")

(lihat cat. --> Fili 1:17;

lihat cat. --> Gal 1:9;

[atau ref. Fili 1:17; Gal 1:9]

bd. Mat 23:1-39). "Penyunat-penyunat yang palsu" adalah ungkapan Paulus untuk upacara sunat yang diajarkan oleh para penganut agama Yahudi, yang menyatakan bahwa tanda sunat dari PL itu perlu bagi keselamatan. Paulus menegaskan bahwa sunat yang benar adalah karya Roh di dalam hati seseorang bila dosa dan kejahatan dikerat (ayat Fili 3:3; Rom 2:25-29; Kol 2:11).

Full Life: Flp 3:8-11 - SUPAYA AKU MEMPEROLEH KRISTUS. Nas : Fili 3:8-11 Ayat-ayat ini memperlihatkan hati rasul Paulus dan hakikat kekristenan. Kerinduan terbesar Paulus ialah mengenal Kristus dan meng...

Nas : Fili 3:8-11

Ayat-ayat ini memperlihatkan hati rasul Paulus dan hakikat kekristenan. Kerinduan terbesar Paulus ialah mengenal Kristus dan mengalami persekutuan pribadi dan keakraban dengan Dia secara lebih erat. Usahanya untuk mencapai hal-hal ini menyangkut yang berikut:

  1. 1) Mengenal Kristus secara pribadi dan juga mengetahui cara-cara, sifat, dan tabiat-Nya seperti yang dinyatakan dalam Firman Allah. Pengenalan yang sebenarnya akan Kristus meliputi mendengarkan Firman-Nya, mengikuti Roh-Nya, menanggapi semua tindakan-Nya dengan iman, kebenaran dan ketaatan, serta menyatu dengan segala urusan dan maksud-Nya.
  2. 2) Berada di dalam Dia (ayat Fili 3:9), yaitu mempunyai persatuan dan persekutuan dengan Kristus yang menghasilkan suatu kebenaran yang dialami sebagai karunia dari Allah saja (Fili 1:10-11;

    lihat cat. --> 1Kor 1:30;

    [atau ref. 1Kor 1:30]

    lihat art. KATA-KATA ALKITABIAH UNTUK KESELAMATAN).

  3. 3) Mengenal kuasa kebangkitan-Nya (ayat Fili 3:10), yaitu mengalami pembaharuan hidup, kelepasan dari dosa (Rom 6:4; Ef 2:5-6), dan kuasa Roh yang menghasilkan kesaksian yang efektif, penyembuhan, mukjizat, dan akhirnya kebangkitan kita sendiri dari antara orang mati (ayat Fili 3:11; Ef 1:18-20).
  4. 4) Mengambil bagian dalam penderitaan Kristus dengan menyangkal diri, menyalibkan manusia lama, dan menderita karena Kristus dan kerajaan-Nya (bd. Fili 1:29; Kis 9:16; Rom 6:5-6; 1Kor 15:31; 2Kor 4:10; Gal 2:20; Kol 1:24; 1Pet 4:13).

Full Life: Flp 3:9 - KEBENARAN YANG ALLAH ANUGERAHKAN. Nas : Fili 3:9 Kebenaran orang percaya pertama-tama terjadi karena ia telah diampuni, dibenarkan, dan diterima oleh Allah karena iman (li...

Nas : Fili 3:9

Kebenaran orang percaya pertama-tama terjadi karena ia telah diampuni, dibenarkan, dan diterima oleh Allah karena iman

(lihat cat. --> Rom 4:5).

[atau ref. Rom 4:5]

  1. 1) Akan tetapi, kebenaran kita lebih dari sekadar hal-hal di atas. Firman Allah menegaskan bahwa kebenaran kita adalah Kristus Yesus sendiri, yang diam di dalam hati kita (bd. Fili 1:20,21; Rom 8:10; 1Kor 1:30; Gal 2:20; Ef 3:17; Kol 3:4); di PL Mesias disebut sebagai "Tunas Adil" dan "Tuhan keadilan kita"

    (lihat cat. --> Yer 23:5-6).

    [atau ref. Yer 23:5-6]

    Demikianlah, kebenaran yang kita miliki bukan kebenaran kita sendiri melainkan kebenaran Yesus yang kita percayai

    (lihat cat. --> 1Kor 1:30 dan

    lihat cat. --> Gal 2:20).

    [atau ref. 1Kor 1:30; Gal 2:20]

    Karena Kristus diam di dalam kita, maka dalam Dia kita "dibenarkan oleh Allah"

    (lihat cat. --> 2Kor 5:21).

    [atau ref. 2Kor 5:21]

  2. 2) Dasar bagi keselamatan kita dan satu-satunya pengharapan kita akan kebenaran adalah kematian Kristus sebagai kurban dan darah-Nya yang telah tertumpah (Rom 3:24; 4:25; 5:9; 8:3-4; 1Kor 15:3; Gal 1:4; Gal 2:20; Ef 1:7; Ibr 9:14; 1Pet 1:18-19; 1Yoh 4:10) dan hidup kebangkitan-Nya di dalam hati kita (Rom 4:25; 5:9-10; 8:10-11; Gal 2:20; Kol 3:1-3;

    lihat cat. --> Rom 4:22).

    [atau ref. Rom 4:22]

Full Life: Flp 3:13 - TETAPI INI YANG KULAKUKAN. Nas : Fili 3:13 Paulus melihat dirinya sebagai seorang pelari dalam suatu perlombaan (bd. lihat cat. --> Ibr 12:1) [atau ref. ...

Nas : Fili 3:13

Paulus melihat dirinya sebagai seorang pelari dalam suatu perlombaan (bd.

lihat cat. --> Ibr 12:1)

[atau ref. Ibr 12:1]

yang mengerahkan segenap kekuatannya dan maju dengan sungguh-sungguh memusatkan pikirannya agar tidak gagal untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan oleh Kristus bagi kehidupannya -- kesatuan sempurna Paulus dengan Kristus (ayat Fili 3:8-10), keselamatan sempurna dan kebangkitannya dari antara orang mati (ayat Fili 3:11).

  1. 1) Inilah tujuan hidup Paulus. Ia telah melihat sekilas kemuliaan sorga (2Kor 12:4) dan telah memutuskan bahwa dengan kasih karunia Allah seluruh kehidupannya akan berpusat pada tekadnya untuk maju terus agar pada suatu hari ia akan mencapai sorga dan berhadapan muka dengan Kristus (bd. 2Tim 4:8; Wahy 2:10; 22:4).
  2. 2) Tekad seperti itu perlu untuk kita sekalian. Sepanjang kehidupan kita bermacam-macam gangguan dan pencobaan, seperti kekhawatiran hidup, kekayaan, dan keinginan jahat, mengancam untuk menghalangi penyerahan kita kepada Tuhan (bd. Mr 4:19; Luk 8:14). Yang kita perlukan ialah "melupakan apa yang telah di belakang", yaitu dunia yang jahat dan kehidupan lama kita yang berdosa (bd. Kej 19:17,26; Luk 17:32), dan "mengarahkan diri" untuk keselamatan yang sempurna dalam Kristus.

Full Life: Flp 3:18 - SETERU SALIB KRISTUS. Nas : Fili 3:18 Seteru-seteru ini dapat diartikan sebagai orang-orang yang mengaku percaya tetapi mencemarkan Injil dengan cara hidup yang tidak su...

Nas : Fili 3:18

Seteru-seteru ini dapat diartikan sebagai orang-orang yang mengaku percaya tetapi mencemarkan Injil dengan cara hidup yang tidak susila dan ajaran palsu. Satu kunci kebesaran Paulus adalah bahwa ia seorang dengan perasaan yang kuat. Hatinya resah ketika Injil diputarbalikkan atau ketika orang yang dilayaninya berada dalam bahaya

(lihat cat. --> Fili 3:2;

lihat cat. --> Gal 1:9;

[atau ref. Fili 3:2; Gal 1:9]

lihat art. PENILIK JEMAAT DAN KEWAJIBANNYA).

Full Life: Flp 3:20 - KEWARGAAN KITA ADALAH DI DALAM SORGA. Nas : Fili 3:20 Orang Kristen tidak lagi warga dunia ini; mereka telah menjadi orang asing dan pendatang di bumi (Rom 8:22-24; Gal 4:26; Ibr 11:13;...

Nas : Fili 3:20

Orang Kristen tidak lagi warga dunia ini; mereka telah menjadi orang asing dan pendatang di bumi (Rom 8:22-24; Gal 4:26; Ibr 11:13; 12:22-23; Ibr 13:14; 1Pet 1:17; 2:11;

lihat art. PANGGILAN ABRAHAM).

  1. 1) Dalam hal kehidupan, nilai-nilai, dan arah kita, maka tanah air kita sekarang adalah sorga. Kita telah dilahirkan dari atas (Yoh 3:3), nama kita tertulis pada daftar sorga (Fili 4:3), kehidupan kita dipedomani oleh prinsip-prinsip sorgawi, dan hak serta warisan kita tersimpan di sorga.
  2. 2) Ke sorga doa kita dinaikkan (bd. 2Taw 6:21; 30:27) dan harapan kita ditujukan. Banyak sahabat dan kerabat kita sudah di sana, dan tidak lama lagi kita pun akan berada di sana. Yesus juga di sana, sambil menyiapkan tempat untuk kita, dan ia telah berjanji akan kembali dan membawa kita untuk tinggal bersama Dia

    (lihat cat. --> Yoh 14:2;

    lihat cat. --> Yoh 14:3;

    [atau ref. Yoh 14:2-3]

    bd. Yoh 3:3; 14:1-4; Rom 8:17; Ef 2:6; Kol 3:1-3; Ibr 6:19-20; Ibr 12:22-24; 1Pet 1:4-5; Wahy 7:9-17). Karena alasan-alasan ini kita merindukan negeri yang lebih baik, yaitu negeri sorgawi. Oleh sebab itu, Allah tidak malu disebut Allah kita dan Ia telah menyediakan sebuah kota yang kekal untuk kita (Ibr 11:16).

BIS: Flp 3:13 - tidak tidak: beberapa naskah kuno: belum.

tidak: beberapa naskah kuno: belum.

Jerusalem: Flp 3:1 - -- Ayat Ia seolah-olah mau menutup surat ini. Tetapi kemudian Paulus mulai menguraikan pokok yang baru, Fili 3:1 dst. Karena gangguan itu maka sementara ...

Ayat Ia seolah-olah mau menutup surat ini. Tetapi kemudian Paulus mulai menguraikan pokok yang baru, Fili 3:1 dst. Karena gangguan itu maka sementara ahli berpendapat bahwa Fili 3:1-4:1 aslinya sebuah surat tersendiri.

Jerusalem: Flp 3:2 - anjing-anjing Begitulah orang Yahudi memaki orang bukan Yahudi, bdk Mat 15:26 dan barangkali Mat 7:6. Paulus di sini mengembalikan cacian itu kepada orang Yahudi se...

Begitulah orang Yahudi memaki orang bukan Yahudi, bdk Mat 15:26 dan barangkali Mat 7:6. Paulus di sini mengembalikan cacian itu kepada orang Yahudi sendiri

Jerusalem: Flp 3:2 - penyunat-penyunat Yang dimaksudkan ialah orang Yahudi yang mengacaukan jemaat. Dengan permainan kata yang menghina, Paulus menyamakan sunat Yahudi dengan penorehan berd...

Yang dimaksudkan ialah orang Yahudi yang mengacaukan jemaat. Dengan permainan kata yang menghina, Paulus menyamakan sunat Yahudi dengan penorehan berdarah sebagaimana lazim dalam beberapa ibadat orang kafir, bdk 1Ra 18:28. Bandingkan Gal 5:12.

Jerusalem: Flp 3:3 - yang beribadah oleh Roh Allah Var: yang dalam Roh beribadat kepada Allah

Var: yang dalam Roh beribadat kepada Allah

Jerusalem: Flp 3:3 - hal-hal lahiriah Harafiah: daging. "Daging" di sini berarti: seluruh tata penyelamatan hukum yang lama dengan aturan-aturan "kedagingannya". Sunat merupakan aturan "ke...

Harafiah: daging. "Daging" di sini berarti: seluruh tata penyelamatan hukum yang lama dengan aturan-aturan "kedagingannya". Sunat merupakan aturan "kedagingan" yang utama, bdk Rom 7:5+. Beberapa kali Paulus berbicara tentang hidupnya dahulu sebagai orang Yahudi, 2Ko 11:21+. Tetapi tidak pernah ia berkata-kata begitu terperinci seperti di sini.

Jerusalem: Flp 3:5 - orang Ibrani asli Harafiah: orang Ibrani berasal dari orang-orang Ibrani. Artinya: orang Yahudi asal Palestina, Kis 23:16, dan berbahasa nenek-moyang (Ibrani), Kis 21:4...

Harafiah: orang Ibrani berasal dari orang-orang Ibrani. Artinya: orang Yahudi asal Palestina, Kis 23:16, dan berbahasa nenek-moyang (Ibrani), Kis 21:40. "Orang Ibrani" diperlawankan dengan orang Yahudi di perantauan yang berbahasa Yunani, Kis 6:1+.

Jerusalem: Flp 3:9 - -- Dalam ayat ini diperlawankan "kebenaran manusia sendiri karena mentaati hukum Taurat" dan "kebenaran karena kepercayaan kepada Kristus". Pertentangan ...

Dalam ayat ini diperlawankan "kebenaran manusia sendiri karena mentaati hukum Taurat" dan "kebenaran karena kepercayaan kepada Kristus". Pertentangan antara kedua macam kebenaran itu menjadi pokok utama dalam surat kepada jemaat-jemaat di Galatia dan kepada umat di Roma.

Jerusalem: Flp 3:11 - kebangkitan dari antara orang mati Tak mungkin Paulus di sini berbicara tentang kebangkitan umum. Kebangkitan itu mengenai semua manusia, baik orang yang baik maupun yang jahat. Kebangk...

Tak mungkin Paulus di sini berbicara tentang kebangkitan umum. Kebangkitan itu mengenai semua manusia, baik orang yang baik maupun yang jahat. Kebangkitan itupun tidak akan menyelamatkan orang jahat dari kematian kekal, Yoh 5:29. Sebaliknya apa yang dimaksudkan ialah kebangkitan sejati, yakni kebangkitan orang benar. Mereka diambil "dari antara orang mati" dan hidup bersama Kristus, bdk Luk 20:35+.

Jerusalem: Flp 3:12 - ditangkap Dalam perjalanan ke Damsyik Paulus "ditangkap" oleh Kristus, Kis 9, seperti binatang liar ditangkap pemburu.

Dalam perjalanan ke Damsyik Paulus "ditangkap" oleh Kristus, Kis 9, seperti binatang liar ditangkap pemburu.

Jerusalem: Flp 3:15 - yang sempurna Ialah orang Kristen yang sebagai orang Kristen sudah matang dan dewasa, bdk 1Ko 2:6+, meskipun belum "selesai dalam kesempurnaan", Fili 3:12

Ialah orang Kristen yang sebagai orang Kristen sudah matang dan dewasa, bdk 1Ko 2:6+, meskipun belum "selesai dalam kesempurnaan", Fili 3:12

Jerusalem: Flp 3:15 - marilah kita ... berpikir Var: kita...berpikir.

Var: kita...berpikir.

Jerusalem: Flp 3:16 - -- Var: Tetapi tingkat (pengertian) manapun sudah tercapai, marilah kita sependapat (bdk Fili 2:2 dan berjalan menurut patokan yang sama, bdk Gal 6:16).

Var: Tetapi tingkat (pengertian) manapun sudah tercapai, marilah kita sependapat (bdk Fili 2:2 dan berjalan menurut patokan yang sama, bdk Gal 6:16).

Jerusalem: Flp 3:18 - banyak orang Yang dimaksudkan agaknya orang-orang Kristen yang berhaluan Yahudi, yang juga dimaksudkan dalam Fili 3:2.

Yang dimaksudkan agaknya orang-orang Kristen yang berhaluan Yahudi, yang juga dimaksudkan dalam Fili 3:2.

Jerusalem: Flp 3:19 - Tuhan mereka ialah perut mereka Apa yang dimaksudkan ialah orang yang mentaati macam-macam aturan tentang makanan halal dan haram, tahir dan najis, yang terutama dalam agama Yahudi s...

Apa yang dimaksudkan ialah orang yang mentaati macam-macam aturan tentang makanan halal dan haram, tahir dan najis, yang terutama dalam agama Yahudi sangat penting, Ima 11; bdk Rom 14; 16:18; Gal 2:12; Kol 2:16,20 dst; Mat 15:10-20 dsj; Mat 23:23-26; Kis 15:20

Jerusalem: Flp 3:19 - aib mereka Tersinggunglah anggota badan yang bersunat.

Tersinggunglah anggota badan yang bersunat.

Ende: Flp 3:1 - -- Kalimat ini sebenarnja merupakan achir bab 2 (Fili 2)dan kesimpulan dari uraian-uraian bab 1 (Fili 1) dan 2(Fili 2).

Kalimat ini sebenarnja merupakan achir bab 2 (Fili 2)dan kesimpulan dari uraian-uraian bab 1 (Fili 1) dan 2(Fili 2).

Ende: Flp 3:1 - Hal jang sama jaitu "jang seringkali sudah kutulis dan peringatkan dengan lisan".

jaitu "jang seringkali sudah kutulis dan peringatkan dengan lisan".

Ende: Flp 3:2 - Andjing-andjing "andjing" adalah suatu kata penghinaan paling besar dari orang Jahudi terhadap orang-orang "kafir". Andjing dipandang orang Jahudi binatang jang palin...

"andjing" adalah suatu kata penghinaan paling besar dari orang Jahudi terhadap orang-orang "kafir". Andjing dipandang orang Jahudi binatang jang paling nadjis. Paulus tentu sadja hendak mengesankan bahwa pengandjur-pengandjur palsu bangsa Jahudi itu, sama nadjisnja dengan orang "kafir". Pekerdja-pekerdja djahat", jaitu jang berkedok mengadjarkan Indjil murni tetapi sebenarnja penipu belaka. Dalam Gal 2:4 mereka dinamakan "saudara-saudara palsu".

Ende: Flp 3:2 - Terkudung Itulah kata kasar untuk "bersunat". Paulus hendak menekankan, bahwa hal bersunat jang diandjurkan dalam umat-umat sama sekali tidak bernilai dan tidak...

Itulah kata kasar untuk "bersunat". Paulus hendak menekankan, bahwa hal bersunat jang diandjurkan dalam umat-umat sama sekali tidak bernilai dan tidak boleh dibanggakan. Bdl. Gal 5:12.

Ende: Flp 3:3 - Menurut Roh Allah jaitu tidak menurut adat-istiadat Jahudi, jang dewasa itu terlalu bersifat pengamalan lahiriah.

jaitu tidak menurut adat-istiadat Jahudi, jang dewasa itu terlalu bersifat pengamalan lahiriah.

Ende: Flp 3:3 - Bermegah-megah dalam Kristus membanggakan Kristus dan Indjilnja sebagai satu-satunja sumber keselamatan (kebenaran), dan bukan hukum taurat.

membanggakan Kristus dan Indjilnja sebagai satu-satunja sumber keselamatan (kebenaran), dan bukan hukum taurat.

Ende: Flp 3:3 - Tidak berharapan pada daging Dengan "daging" disini pertama-tama dimaksudkan hal bersunat, sebagai suatu tanda pada tubuh sadja, jang tidak membenarkan (menguduskan) djiwa. Tetapi...

Dengan "daging" disini pertama-tama dimaksudkan hal bersunat, sebagai suatu tanda pada tubuh sadja, jang tidak membenarkan (menguduskan) djiwa. Tetapi djuga dimaksudkan pengamalan sjarat hukum taurat dan adat-istiadat Jahudi jang terlalu bersifat lahiriah dan sebagian besar terdiri dari peraturan-peraturan mengenai hidup djasmani.

Ende: Flp 3:5 - Ibrani Berasal dari orang Jahudi tulen, berbahasa dan berpendidikan Jahudi sedjati dan bukan berkebudajaan Junani.

Berasal dari orang Jahudi tulen, berbahasa dan berpendidikan Jahudi sedjati dan bukan berkebudajaan Junani.

Ende: Flp 3:5 - Parisi ialah golongan paling saleh mengenai pengamalan hukum taurat dan adat-istiadat.

ialah golongan paling saleh mengenai pengamalan hukum taurat dan adat-istiadat.

Ende: Flp 3:6 - -- "Terdapat", jaitu Allah, atau dihadapan Allah.

"Terdapat", jaitu Allah, atau dihadapan Allah.

Ende: Flp 3:6 - Kebenaran Tentang bedanja antara kebenaran Perdjandjian Lama dan Perdjandjian Baru, batjalah Gal 2:15-21; dan Rom 3:21-4:15; 9:30-32. Batjalah pula uraian dalam...

Tentang bedanja antara kebenaran Perdjandjian Lama dan Perdjandjian Baru, batjalah Gal 2:15-21; dan Rom 3:21-4:15; 9:30-32. Batjalah pula uraian dalam Kata Pendahuluan II, fasal 3, halaman 536 (tjetakan V 1968).

Ende: Flp 3:8 - Pengetahuan Kristus Jesus jaitu tentang Kristus atau jang disampaikan oleh Kristus.

jaitu tentang Kristus atau jang disampaikan oleh Kristus.

Ende: Flp 3:10 - Mengenali jaitu dengan sepenuh-penuhnja dan semesra-mesranja, tetapi selandjutnja mengandung arti "mengalami".

jaitu dengan sepenuh-penuhnja dan semesra-mesranja, tetapi selandjutnja mengandung arti "mengalami".

Ende: Flp 3:10 - Kuasa kebangkitanNja jaitu kuasa mahamulia Allah jang tampak pada kebangkitan Jesus, dan selandjutnja bekerdja didalam semua orang beriman, dengan membangkitkan mereka dar...

jaitu kuasa mahamulia Allah jang tampak pada kebangkitan Jesus, dan selandjutnja bekerdja didalam semua orang beriman, dengan membangkitkan mereka dari maut dosa dan menghantar mereka kepada kemuliaan kebangkitan abadi, melalui djalan kesengsaraan, selaras dengan djalan Jesus.

Ende: Flp 3:12-14 - -- Bahasa kiasan dalam kedua ajat ini diambil dari dunia olah-raga, guna menghidupkan semangat umat. Kegiatan mereka djangan kalah dengan kegiatan para d...

Bahasa kiasan dalam kedua ajat ini diambil dari dunia olah-raga, guna menghidupkan semangat umat. Kegiatan mereka djangan kalah dengan kegiatan para djuara lari dalam perlombaan untuk merebut hadiah kedjuaraan.

Ende: Flp 3:12 - -- Jang terasa belum tertjapai": tentu sadja hal-hal jang disebut dalam Fili 3:10.

Jang terasa belum tertjapai": tentu sadja hal-hal jang disebut dalam Fili 3:10.

Ende: Flp 3:12 - Ditjengkam oleh Kristus Jesus jaitu dalam peristiwa bertobatnja di Damaskus.

jaitu dalam peristiwa bertobatnja di Damaskus.

Ende: Flp 3:17 - -- Fasal ini merupakan suatu landjutan dari seruan "berawas-awaslah" dalam Fili 3:2.

Fasal ini merupakan suatu landjutan dari seruan "berawas-awaslah" dalam Fili 3:2.

Ende: Flp 3:17 - Ikutilah djedjakku Dalam hubungan disini itu berarti: berpikir dan bersikaplah seperti aku terhadap hal bersunat dan hukum taurat sehingga kamu tetap menolak segala andj...

Dalam hubungan disini itu berarti: berpikir dan bersikaplah seperti aku terhadap hal bersunat dan hukum taurat sehingga kamu tetap menolak segala andjuran palsu.

Ende: Flp 3:18 - Musuh salib Kristus Pengandjur-pengandjur palsu dan para penganutnja memandang penganutan hukum taurat dan hal bersunat suatu sjarat mutlak untuk dibenarkan. Dengan demik...

Pengandjur-pengandjur palsu dan para penganutnja memandang penganutan hukum taurat dan hal bersunat suatu sjarat mutlak untuk dibenarkan. Dengan demikian mereka menjangkal bahwa salib Kristus adalah satu-satunja sumber penjelamatan. Bdl. Gal 5:11 dan Gal 6:12-14.

Mereka dapat pula disebut musuh salib, sebab salib merupakan batu-sanduangan bagi mereka. (Gal 5:11 dan 1 Kor 1:23)

Mereka berlaku sebagai musuh salib lagi, sebab menurut Gal 6:12-13 mereka tidak berani berpegang teguh dan semata-mata pada adjaran salib, sebab mereka takut dianiaja oleh orang Jahudi kolot, kalau mereka melepaskan diri dari hukum dan adat-istiadat Jahudi.

Ende: Flp 3:19 - Mereka mempertuankan perut Maksud sindiran ini agaknja: mereka mendewa-dewakan peraturan-peraturan dan ketentuan-ketentuan Jahudi mengenai makan dan minum, jaitu perkara-perkara...

Maksud sindiran ini agaknja: mereka mendewa-dewakan peraturan-peraturan dan ketentuan-ketentuan Jahudi mengenai makan dan minum, jaitu perkara-perkara perut sadja. Mungkin pula kalimat ini mengandung arti jang terdapat dalam Rom 16:18, ialah, bahwa pengandjur-pengandjur Jahudi hanja mentjari penganut-penganut untuk kepentingan duniawi mereka sendiri.

Ende: Flp 3:19 - Mereka membanggakan apa jang memalukan Sindiran ini agak serasi dengan ungkapan kasar, "kaum terkudung" dalam Fili 3:2. Mereka sebenarnja membanggakan suatu perbuatan pada bagian tubuh, jan...

Sindiran ini agak serasi dengan ungkapan kasar, "kaum terkudung" dalam Fili 3:2. Mereka sebenarnja membanggakan suatu perbuatan pada bagian tubuh, jang biasa orang merasa malu melihat atau memperlihatkannja. Bdl. Gal 5:13.

Ende: Flp 3:20-21 - Sebagai penjelamat kita Penjelamat disini bukan gelaran seperti jang biasa kita pakai bagi Kristus. Makna disini: Kristus pada kedatangan diachir zaman akan menggenapkan penj...

Penjelamat disini bukan gelaran seperti jang biasa kita pakai bagi Kristus. Makna disini: Kristus pada kedatangan diachir zaman akan menggenapkan penjelamatan kita dengan membangkitkan tubuh kita untuk turut menikmati kemuliaan surgawi.

Ref. Silang FULL: Flp 3:1 - ini lagi · ini lagi: Fili 2:18

· ini lagi: Fili 2:18

Ref. Silang FULL: Flp 3:2 - terhadap anjing-anjing · terhadap anjing-anjing: Mazm 22:17,21; Wahy 22:15

· terhadap anjing-anjing: Mazm 22:17,21; Wahy 22:15

Ref. Silang FULL: Flp 3:3 - orang-orang bersunat // Kristus Yesus · orang-orang bersunat: Rom 2:28,29; Gal 6:15; Kol 2:11 · Kristus Yesus: Rom 15:17; Gal 6:14

· orang-orang bersunat: Rom 2:28,29; Gal 6:15; Kol 2:11

· Kristus Yesus: Rom 15:17; Gal 6:14

Ref. Silang FULL: Flp 3:4 - menaruh percaya · menaruh percaya: 2Kor 11:21

· menaruh percaya: 2Kor 11:21

Ref. Silang FULL: Flp 3:5 - disunat // bangsa Israel // suku Benyamin // orang Farisi · disunat: Luk 1:59; Luk 1:59 · bangsa Israel: 2Kor 11:22 · suku Benyamin: Rom 11:1 · orang Farisi: Kis 23:6

· disunat: Luk 1:59; [Lihat FULL. Luk 1:59]

· bangsa Israel: 2Kor 11:22

· suku Benyamin: Rom 11:1

· orang Farisi: Kis 23:6

Ref. Silang FULL: Flp 3:6 - tentang kegiatan // penganiaya jemaat // tentang kebenaran · tentang kegiatan: Kis 21:20; Kis 21:20 · penganiaya jemaat: Kis 8:3; Kis 8:3 · tentang kebenaran: Fili 3:9; Rom 10:5

· tentang kegiatan: Kis 21:20; [Lihat FULL. Kis 21:20]

· penganiaya jemaat: Kis 8:3; [Lihat FULL. Kis 8:3]

· tentang kebenaran: Fili 3:9; Rom 10:5

Ref. Silang FULL: Flp 3:7 - kuanggap rugi · kuanggap rugi: Mat 13:44; Luk 14:33

· kuanggap rugi: Mat 13:44; Luk 14:33

Ref. Silang FULL: Flp 3:8 - karena pengenalan // memperoleh Kristus · karena pengenalan: Fili 3:10; Yer 9:23,24; Yoh 17:3; Ef 4:13; 2Pet 1:2; 2Pet 1:2 · memperoleh Kristus: Mazm 73:25

· karena pengenalan: Fili 3:10; Yer 9:23,24; Yoh 17:3; Ef 4:13; 2Pet 1:2; [Lihat FULL. 2Pet 1:2]

· memperoleh Kristus: Mazm 73:25

Ref. Silang FULL: Flp 3:9 - hukum Taurat // yaitu kebenaran // berdasarkan kepercayaan · hukum Taurat: Fili 3:6; Rom 10:5 · yaitu kebenaran: Yer 33:16 · berdasarkan kepercayaan: Rom 9:30; Rom 9:30

· hukum Taurat: Fili 3:6; Rom 10:5

· yaitu kebenaran: Yer 33:16

· berdasarkan kepercayaan: Rom 9:30; [Lihat FULL. Rom 9:30]

Ref. Silang FULL: Flp 3:10 - ialah mengenal // dalam penderitaan-Nya // dalam kematian-Nya · ialah mengenal: Fili 3:8; Fili 3:8 · dalam penderitaan-Nya: 2Kor 1:5; 2Kor 1:5 · dalam kematian-Nya: Rom 6:3-5; Rom 6:3 s/d 5

· ialah mengenal: Fili 3:8; [Lihat FULL. Fili 3:8]

· dalam penderitaan-Nya: 2Kor 1:5; [Lihat FULL. 2Kor 1:5]

· dalam kematian-Nya: Rom 6:3-5; [Lihat FULL. Rom 6:3] s/d 5

Ref. Silang FULL: Flp 3:11 - beroleh kebangkitan · beroleh kebangkitan: Yoh 11:24; Yoh 11:24; Rom 6:5; Rom 6:5; Wahy 20:5,6

· beroleh kebangkitan: Yoh 11:24; [Lihat FULL. Yoh 11:24]; Rom 6:5; [Lihat FULL. Rom 6:5]; Wahy 20:5,6

Ref. Silang FULL: Flp 3:12 - telah sempurna // juga menangkapnya // telah ditangkap · telah sempurna: 1Kor 13:10 · juga menangkapnya: 1Tim 6:12 · telah ditangkap: Kis 9:5,6

· telah sempurna: 1Kor 13:10

· juga menangkapnya: 1Tim 6:12

· telah ditangkap: Kis 9:5,6

Ref. Silang FULL: Flp 3:13 - di belakangku · di belakangku: Luk 9:62

· di belakangku: Luk 9:62

Ref. Silang FULL: Flp 3:14 - dan berlari-lari // memperoleh hadiah // yaitu panggilan · dan berlari-lari: Ibr 6:1 · memperoleh hadiah: 1Kor 9:24 · yaitu panggilan: Rom 8:28; Rom 8:28

· dan berlari-lari: Ibr 6:1

· memperoleh hadiah: 1Kor 9:24

· yaitu panggilan: Rom 8:28; [Lihat FULL. Rom 8:28]

Ref. Silang FULL: Flp 3:15 - yang sempurna // berpikir demikian // juga kepadamu · yang sempurna: 1Kor 2:6; 1Kor 2:6 · berpikir demikian: Gal 5:10 · juga kepadamu: Ef 1:17; 1Tes 4:9

· yang sempurna: 1Kor 2:6; [Lihat FULL. 1Kor 2:6]

· berpikir demikian: Gal 5:10

· juga kepadamu: Ef 1:17; 1Tes 4:9

Ref. Silang FULL: Flp 3:17 - ikutilah teladanku // menjadi teladanmu · ikutilah teladanku: 1Kor 4:16; 1Kor 4:16 · menjadi teladanmu: 1Tim 4:12; 1Tim 4:12

· ikutilah teladanku: 1Kor 4:16; [Lihat FULL. 1Kor 4:16]

· menjadi teladanmu: 1Tim 4:12; [Lihat FULL. 1Tim 4:12]

Ref. Silang FULL: Flp 3:18 - sambil menangis // salib Kristus · sambil menangis: Kis 20:31 · salib Kristus: Gal 6:12

· sambil menangis: Kis 20:31

· salib Kristus: Gal 6:12

Ref. Silang FULL: Flp 3:19 - Kesudahan // ialah perut // ialah aib // perkara duniawi · Kesudahan: Mazm 73:17 · ialah perut: Rom 16:18 · ialah aib: Rom 6:21; Yud 1:13 · perkara duniawi: Rom 8:5,6; Kol 3:2

· Kesudahan: Mazm 73:17

· ialah perut: Rom 16:18

· ialah aib: Rom 6:21; Yud 1:13

· perkara duniawi: Rom 8:5,6; Kol 3:2

Ref. Silang FULL: Flp 3:20 - Karena kewargaan // dalam sorga // Yesus Kristus · Karena kewargaan: Ef 2:19 · dalam sorga: Kol 3:1; Ibr 12:22 · Yesus Kristus: 1Kor 1:7; 1Kor 1:7

· Karena kewargaan: Ef 2:19

· dalam sorga: Kol 3:1; Ibr 12:22

· Yesus Kristus: 1Kor 1:7; [Lihat FULL. 1Kor 1:7]

Ref. Silang FULL: Flp 3:21 - mengubah tubuh // dengan tubuh-Nya // menurut kuasa-Nya · mengubah tubuh: 1Kor 15:43-53 · dengan tubuh-Nya: Rom 8:29; Kol 3:4 · menurut kuasa-Nya: Ef 1:19

· mengubah tubuh: 1Kor 15:43-53

· dengan tubuh-Nya: Rom 8:29; Kol 3:4

· menurut kuasa-Nya: Ef 1:19

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Flp 3:1-11 - -- XI. Penutup yang Disela (3:1-11) Ketika Paulus akan mengakhiri suratnya, ada semacam gangguan yang menghentikan alur berpikirnya. Ketika dia kembali ...

XI. Penutup yang Disela (3:1-11)

Ketika Paulus akan mengakhiri suratnya, ada semacam gangguan yang menghentikan alur berpikirnya. Ketika dia kembali mendiktekan surat ini, dia beralih untuk memperingatkan jemaat Filipi akan bahaya dari Yudaisme dan antinomisme yang bersifat puas diri. Ketika sampai di 4:4 (atau 4:8) Paulus sudah berhasil kembali kepada tema utamanya.

Wycliffe: Flp 3:1 - Akhirnya // Menuliskan hal ini lagi 1. Akhirnya. W. S. Tindal pernah dikutip sebagai mengemukakan bahwa Paulus adalah "bapa dari semua pemberita Injil yang memakai istilah 'akhirnya, sau...

1. Akhirnya. W. S. Tindal pernah dikutip sebagai mengemukakan bahwa Paulus adalah "bapa dari semua pemberita Injil yang memakai istilah 'akhirnya, saudara-saudaraku' sebagai petunjuk bahwa mereka sudah mendapat pemulihan kekuatan" (Herklotz, op. cit., hlm. 16). Menuliskan hal ini lagi. Kebenaran-kebenaran utama dari kehidupan dan ajaran kristiani yang berkali-kali dirujuk oleh Paulus. Di dalam konteks ini yang dimaksudkan dapat berupa pelayanannya mengajar ketika berada bersama dengan mereka atau berupa surat sebelumnya yang tidak kita ketahui keberadaannya. Teori bahwa sebuah surat semacam itu disisipkan kembali ke dalam surat ini dan yang menyebabkan perubahan gaya dan pokok pembahasan secara tiba-tiba pada 3:2 (atau 3:1b?) sama sekali tidak diperlukan untuk menjelaskan apa yang paling banter hanyalah sebuah "penyimpangan yang aneh" (Plummer, hlm. 66. Bdg. "Lost Epistles to the Philippians," Lightfoot, hlm. 138-142; Vincent, xxxi dan berikutnya).

Wycliffe: Flp 3:2 - (anjing // anjing), // (pekerja-pekerja yang jahat) // penyunat-penyunat yang palsu // pemotong-pemotong // penyunat-penyunat 2. Peringatan ini bukan terhadap tiga golongan orang (misalnya, orang kafir, guru Kristen yang mementingkan diri, dan orang-orang Yahudi), tetapi terh...

2. Peringatan ini bukan terhadap tiga golongan orang (misalnya, orang kafir, guru Kristen yang mementingkan diri, dan orang-orang Yahudi), tetapi terhadap satu kelompok yang ditinjau dari tiga sisi: watak mereka (anjing-anjing), perilaku mereka (pekerja-pekerja yang jahat) dan pengakuan iman mereka (penyunat-penyunat yang palsu. Bdg. Robertson dalam Abingdon Bible Commentary, hlm. 1246). Menurut Taurat Musa, anjing adalah seekor hewan yang najis (Ul. 23:18). Di kota-kota di Asia anjing itu merupakan hewan pemakan bangkai dan pada umumnya berpenyakit - satu "makhluk yang dibenci, menjijikkan dan buruk" (SBK I, 722). Paulus membalik istilah penghinaan yang sejak lama dipergunakan untuk menyebut orang-orang bukan Yahudi oleh orang Yahudi (bdg. Mat. 15:27) ini dan mengatakan bahwa justru orang Kristenlah yang makan di meja perjamuan, sedangkan orang-orang Yahudi adalah mereka yang memakan "sampah peraturan-peraturan duniawi" (Lightfoot). Anjing-anjing di sini adalah golongan Yudaisme ekstrem atau orang-orang Yahudi yang menentang kekristenan (jumlah mereka menjadi makin kecil). Dengan permainan kata-kata yang tidak enak Paulus menyebut mereka pemotong-pemotong (katakome) dan bukan penyunat-penyunat (peritome). Mereka inilah yang "merusak daging". Kata kerja ini di dalam LXX dipakai untuk tindakan memotong yang diharamkan oleh Taurat Musa.

Wycliffe: Flp 3:3 - kitalah orang-orang bersunat // orang-orang yang beribadah oleh Roh Allah // bermegah dalam Kristus Yesus. Bermegah // tidak menaruh percaya pada hal-hal lahiriah 3. Bukan mereka, tetapi kitalah orang-orang bersunat. Israel baru terdiri atas, pertama, orang-orang yang beribadah oleh Roh Allah. Bahwa gereja mula-...

3. Bukan mereka, tetapi kitalah orang-orang bersunat. Israel baru terdiri atas, pertama, orang-orang yang beribadah oleh Roh Allah. Bahwa gereja mula-mula membuat pernyataan ini ditunjukkan dengan sangat pasti di dalam ayat ini. Juga Israel yang sejati terdiri atas orang-orang yang bermegah dalam Kristus Yesus. Bermegah merupakan ungkapan kesenangan Paulus. Dia memakainya sebanyak tiga puluh kali di dalam surat-suratnya, sekalipun hanya dipakai dua kali di bagian lainnya dalam Perjanjian Baru. Di sini artinya adalah "bangga" atau "bersukaria." Ketiga, Israel baru terdiri atas orang-orang yang tidak menaruh percaya pada hal-hal lahiriah.

Wycliffe: Flp 3:4 - alasan untuk menaruh percaya pada hal-hal lahiriah 4. Penulis, untuk sesaat, menempatkan dirinya bersama dengan para lawannya untuk menunjukkan bahwa menurut patokan mereka sekalipun, dia memiliki alas...

4. Penulis, untuk sesaat, menempatkan dirinya bersama dengan para lawannya untuk menunjukkan bahwa menurut patokan mereka sekalipun, dia memiliki alasan untuk menaruh percaya pada hal-hal lahiriah (menafsirkan pepoithesis secara obyektif).

Wycliffe: Flp 3:5 - Disunat pada hari kedelapan // dari bangsa Israel // suku Benyamin // Ibrani asli, // orang Farisi - 5. Paulus mengemukakan bukti-bukti kebenarannya. Disunat pada hari kedelapan. Dia adalah seorang Ibrani tulen sejak lahir (keturunan Ismail yang darah...

5. Paulus mengemukakan bukti-bukti kebenarannya. Disunat pada hari kedelapan. Dia adalah seorang Ibrani tulen sejak lahir (keturunan Ismail yang darah Yahudinya tercampur darah Mesir, tidak disunat hingga usia 13 tahun). Dia bukan seorang bukan Yahudi yang kemudian menjadi penganut agama itu, tetapi murni dari bangsa Israel. Sesungguhnya, dia merupakan anggota suku Benyamin yang dihormati sebab memberikan kepada Israel raja mereka yang pertama. Berbeda dengan orang-orang Yahudi yang berbahasa Yunani (golongan Helenis), dia berasal dari keluarga Ibrani asli, yaitu keluarga yang tetap memelihara adat dan bahasa Ibrani (atau Aram). Sebagai tambahan terhadap kelebihan-kelebihan yang diperoleh sejak lahir ini, terdapat kelebihan-kelebihan yang berkenaan dengan pilihannya sendiri. Di dalam hubungannya dengan hukum Taurat dia adalah orang Farisi - "penganut yang penuh semangat dari tradisi Yahudi yang paling ketat" (Muller, hlm. 110).

Wycliffe: Flp 3:6 - Kebenaran dalam menaati hukum Taurat // Tidak bercacat 6. Kebenaran dalam menaati hukum Taurat. "Kebenaran" yang dicapai karena ketaatan kepada perintah-perintah yang bersifat lahiriah. Tidak bercacat. Seb...

6. Kebenaran dalam menaati hukum Taurat. "Kebenaran" yang dicapai karena ketaatan kepada perintah-perintah yang bersifat lahiriah. Tidak bercacat. Sebuah pengakuan yang menakjubkan manakala diingat betapa rumitnya peraturan golongan Farisi ini.

Wycliffe: Flp 3:7 - Apa pun keuntungan // rugi 7. Apa pun keuntungan (jamak) yang mungkin sudah diperoleh Paulus (sebagaimana dicantumkan dalam ay. 5, 6), semua dianggapnya rugi (tunggal). Semua ha...

7. Apa pun keuntungan (jamak) yang mungkin sudah diperoleh Paulus (sebagaimana dicantumkan dalam ay. 5, 6), semua dianggapnya rugi (tunggal). Semua hal itu bahkan lebih buruk daripada merugikan - sesungguhnya malah merupakan penghalang - sebab ia harus belajar untuk meninggalkan hal-hal itu.

Wycliffe: Flp 3:8 - anggap // segala sesuatu // rugi // sampah // memperoleh Kristus 8. Di sini penulis memperluas pokok pikiran sebelumnya dan melindunginya dari kemungkinan salah tafsir. Paulus mengatakan bahwa ia anggap (bentuk wakt...

8. Di sini penulis memperluas pokok pikiran sebelumnya dan melindunginya dari kemungkinan salah tafsir. Paulus mengatakan bahwa ia anggap (bentuk waktu sekarang menunjukkan bahwa ay. 7 bukan merupakan tindakan yang terpisah dan gegabah pada masa lalu) segala sesuatu (bukan hanya dasar keyakinannya sebelum ini) rugi dibandingkan dengan nilai tak terhingga dari "pengenalan akan Kristus melalui pengalaman" (pikiran) pokok dari ay. 8-11). Dia bukan hanya menganggap semua itu sebagai kerugian, melainkan sebetulnya semua itu bersifat merampas. Kata skybalon yang diterjemahkan sebagai sampah menurut Lightfoot berasal dari kata es kunas, "yang dilemparkan kepada anjing." Alasan dari tindakannya ini ialah untuk memperoleh Kristus.

Wycliffe: Flp 3:9 - -- 9. Paulus mengabaikan segala pencapaian pribadi supaya ia bisa berada dalam Kristus. Anak kalimat paralelnya membedakan kebenaran karena perbuatan bai...

9. Paulus mengabaikan segala pencapaian pribadi supaya ia bisa berada dalam Kristus. Anak kalimat paralelnya membedakan kebenaran karena perbuatan baik, yang berlandaskan pada hukum Taurat. dengan kebenaran melalui iman, yang merupakan anugerah Allah. Di sini terdapat pernyataan Paulus yang paling singkat tentang pembenaran oleh iman.

Wycliffe: Flp 3:10 - mengenal Dia // persekutuan dalam penderitaan-Nya // dalam kematian-Nya 10. Ungkapan penuh perasaan tentang kerinduan terdalam Paulus. Untuk mengenal Dia berarti mengalami kuasa yang mengalir dari kesatuan dengan Kristus y...

10. Ungkapan penuh perasaan tentang kerinduan terdalam Paulus. Untuk mengenal Dia berarti mengalami kuasa yang mengalir dari kesatuan dengan Kristus yang sudah bangkit dan memasuki persekutuan dalam penderitaan-Nya (semua kesulitan yang harus diderita demi Kristus: bdg. Kis. 9:16). Bahwa semua ini merupakan dua aspek dari pengalaman yang sama tampak dari artikel tunggal di dalam bahasa Yunaninya. Menjadi serupa (present participle) dalam kematian-Nya mendefinisikan lebih jauh pengalaman tersebut sebagai pengalaman mati terhadap diri sendiri.

Wycliffe: Flp 3:11 - Supaya aku // dari // mati 11. Supaya aku. Ungkapan kerendahan hati, bukan ketidakpastian. Kebangkitan dari (ek, "keluar dari") antara orang mati adalah kebangkitan orang percay...

11. Supaya aku. Ungkapan kerendahan hati, bukan ketidakpastian. Kebangkitan dari (ek, "keluar dari") antara orang mati adalah kebangkitan orang percaya, bukan kebangkitan umum.

Wycliffe: Flp 3:12-16 - -- XII. Putaran Terakhir (3:12-16) Agar jemaat di Filipi jangan memperoleh kesan bahwa dirinya sudah mencapai tujuan itu, Paulus dengan hati-hati menunj...

XII. Putaran Terakhir (3:12-16)

Agar jemaat di Filipi jangan memperoleh kesan bahwa dirinya sudah mencapai tujuan itu, Paulus dengan hati-hati menunjukkan bahwa dirinya masih sangat terlibat di dalam pertandingan hidup. Peringatan terhadap salah tafsir ini dikemukakan karena pengaruh golongan perfeksionis yang berpuas diri sedang menyebar di kalangan jemaat pada umumnya.

Wycliffe: Flp 3:12 - memperoleh // Telah sempurna // aku dapat juga menangkapnya // ditangkap oleh Kristus 12. Paulus belum memperoleh pengalaman pengenalan yang sempurna dan final tentang Tuhannya (ay. 8-11). Telah sempurna menegaskan lebih lanjut sasaran ...

12. Paulus belum memperoleh pengalaman pengenalan yang sempurna dan final tentang Tuhannya (ay. 8-11). Telah sempurna menegaskan lebih lanjut sasaran hidupnya. Sempurna di sini tentu berarti pengenalan penuh dan keserupaan sempuma. Ayat 12b dapat diparafrase menjadi "tetapi aku terus maju dengan bersusah payah kalau-kalau aku dapat juga menangkapnya (katalambano di dalam papirus dipakai untuk tanah yang diambil oleh para penjajah) untuk mana akupun telah ditangkap oleh Kristus di jalan menuju ke Damsyik." Allah mempunyai rencana dengan pertobatan Paulus, dan Paulus sangat mendambakan agar maksud tersebut dapat direalisasikan sepenuhnya di dalam hidupnya. Banyak penafsir menganggap eph'ho to berarti "karena" yang dengan demikian akan menekankan alasan (bukan sasaran) dari jerih payah Paulus (bdg. C. F. D. Moule, Idiom Book, hlm. 132).

Wycliffe: Flp 3:13 - Aku sendiri // tetapi ini // Melupakan apa yang telah di belakangku // Mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku 13. Ayat 13, 14 memperluas pokok pikiran dari ayat 12. Keadaan belum sempuma orang Kristen menghancurkan sikap berpuas diri dan menuntut upaya yang be...

13. Ayat 13, 14 memperluas pokok pikiran dari ayat 12. Keadaan belum sempuma orang Kristen menghancurkan sikap berpuas diri dan menuntut upaya yang bersungguh-sungguh. Aku sendiri dapat menyiratkan suatu kontras dengan tindakan memuji diri dari orang lain. Kiasan yang dipakai adalah suatu pertandingan lari. Kata-kata tetapi ini mengungkapkan "satu maksud tunggal dan pemusatan semua tenaga untuk memenuhinya" (Michael, hlm. 160). Melupakan apa yang telah di belakangku. Keberhasilan-keberhasilan yang lalu dalam kariernya sebagai orang Kristen yang dapat menyebabkan rasa puas diri serta berkurangnya semangat. Mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku secara jelas melukiskan seorang pelari yang menggerakkan seluruh sisa tenaganya dan berpacu ke arah garis akhir.

Wycliffe: Flp 3:14 - Tujuan // hadiah // panggilan surgawi // dalam Kristus Yesus 14. Tujuan (skopos dari skopeo, "memandang kepada"). Yang menjadi sasaran perhatian penuh. Pengalihan pandangan akan berakibat fatal. Ada orang yang b...

14. Tujuan (skopos dari skopeo, "memandang kepada"). Yang menjadi sasaran perhatian penuh. Pengalihan pandangan akan berakibat fatal. Ada orang yang beranggapan bahwa kiasan yang dipakai adalah perlombaan kereta kuda). Jika kesempurnaan tertinggi merupakan tujuan si pelari (yang mencegahnya dari menyimpang arah), maka hal itu juga merupakan hadiah baginya. Hadiah adalah milik orang-orang yang dengan segenap hati menjawab panggilan surgawi Allah (menjauhi diri sendiri dan menuju ketinggian-ketinggian baru dari pencapaian rohani) dalam Kristus Yesus.

Wycliffe: Flp 3:15 - sempurna // Berpikir demikian // Jikalau lain pikiranmu tentang salah satu hal, // hal itu akan dinyatakan Allah juga kepadamu." 16 15. Menjadi sempurna. Menjadi dewasa. Di dalam agama-agama mistik istilah ini menunjuk kepada orang-orang yang sudah terlatih sempuma. yang berbeda de...

15. Menjadi sempurna. Menjadi dewasa. Di dalam agama-agama mistik istilah ini menunjuk kepada orang-orang yang sudah terlatih sempuma. yang berbeda dengan orang-orang yang masih baru. Tidak ada petunjuk mengenai adanya "ironi yang penuh celaan" di sini (demikian Lightfoot). Berpikir demikian. Milikilah sikap dasar ini, yaitu, bahwa keberhasilan yang lalu jangan meniadakan perlunya usaha keras untuk masa depan. Jikalau lain pikiranmu tentang salah satu hal, kata Paulus menambahkan untuk memberi semangat, "Jika kamu belum yakin bahwa hal ini harus diterapkan di dalam setiap bidang kehidupan, maka hal itu akan dinyatakan Allah juga kepadamu." 16. Sekalipun arti yang tepat dari ayat yang padat ini sulit ditentukan, maksud umumnya jelas, "Janganlah kita menyimpang dari prinsip-prinsip yang telah mengantarkan kita dengan selamat ke taraf kedewasaan kristen kita yang sekarang." Syarat untuk memperoleh bimbingan bagi masa depan ialah hidup menurut terang yang sudah ada kini.

Wycliffe: Flp 3:17-21 - -- XIII. Persemakmuran Kristen (3:17-21) Adanya orang-orang dengan cara hidup mereka yang mengikuti hawa nafsu dan merusak keefektifitas Injil menyebabk...

XIII. Persemakmuran Kristen (3:17-21)

Adanya orang-orang dengan cara hidup mereka yang mengikuti hawa nafsu dan merusak keefektifitas Injil menyebabkan Paulus menasihati jemaat di Filipi untuk mengikuti teladannya serta teladan orang-orang lain yang hidup sebagai warga negara kerajaan surga.

Wycliffe: Flp 3:17 - (teladan) 17. Mereka harus bersama-sama mengikuti teladan Paulus dan beberapa orang lain yang sesudah diteliti dengan seksama (skopeo, lihat ay. 14), terbukti h...

17. Mereka harus bersama-sama mengikuti teladan Paulus dan beberapa orang lain yang sesudah diteliti dengan seksama (skopeo, lihat ay. 14), terbukti hidup pada tingkatan yang sama tingginya. Typos (teladan) pada mulanya berarti tanda bekas pukulan, kemudian berarti "pola" atau "cetakan."

Wycliffe: Flp 3:18 - seteru salib Kristus // menangis // seteru salib Kristus 18. Yang dimaksud dengan seteru salib Kristus bukanlah golongan Yudaisme (ay. 2 dst.) juga bukan golongan kafir (ini tentu akan menimbulkan reaksi yan...

18. Yang dimaksud dengan seteru salib Kristus bukanlah golongan Yudaisme (ay. 2 dst.) juga bukan golongan kafir (ini tentu akan menimbulkan reaksi yang berbeda dengan menangis), melainkan orang-orang penganut Libertin yang dalam hal tertentu terkait dengan gereja itu. Mereka menafsirkan kebebasan Kristen secara salah sebagai kebebasan dari segala batasan moral. Mereka adalah (bukan "hidup sebagai") seteru salib Kristus. Mereka memusuhi segala sesuatu yang berpihak pada salib.

Wycliffe: Flp 3:19 - Kesudahan mereka adalah kebinasaan, // Tuhan mereka, // perut 19. Kesudahan mereka adalah kebinasaan, lawan dari keselamatan. Tuhan mereka, hal yang paling utama bagi mereka, adalah perut. Yang dimaksudkan bukan ...

19. Kesudahan mereka adalah kebinasaan, lawan dari keselamatan. Tuhan mereka, hal yang paling utama bagi mereka, adalah perut. Yang dimaksudkan bukan hanya kerakusan tetapi segala bentuk pemuasan nafsu. Kebebasan yang mereka sangka benar sebetulnya adalah perbudakan oleh nafsu yang memalukan dan mereka ditentukan untuk memikirkan hal-hal yang kotor dan duniawi.

Wycliffe: Flp 3:20 - juruselamat, 20. Berbeda dengan para cendala liar tersebut, orang-orang Kristen yang dewasa hidup sebagai sekelompok warga surgawi yang tinggal di bumi untuk semen...

20. Berbeda dengan para cendala liar tersebut, orang-orang Kristen yang dewasa hidup sebagai sekelompok warga surgawi yang tinggal di bumi untuk sementara. Sekalipun politeuma (hanya dipakai satu kali dalam Perjanjian Baru) mungkin menunjuk kepada pola hidup yang dianut seorang warga, yang dimaksudkan di sini ialah negeri di mana dia menjadi anggota warganya. Para warga Romawi yang tinggal di perbatasan seperti Filipi akan langsung mengerti apa yang dimaksudkan. Apekdechometha berarti sangat menantikan. Ukiran-ukiran tembok menunjukkan bahwa soter, juruselamat, banyak dipakai di dunia Yunani-Romawi untuk menyebut raja dim penguasa. Di sini istilah itu memperluas kiasan sebelumnya dan menggambarkan sikap gereja primitif terhadap kedatangan kembali Kristus.

Wycliffe: Flp 3:21 - mengubah // tubuh kita yang hina ini, // Sehingga // serupa // tubuh-Nya yang mulia, 21. Ketika datang kembali Kristus akan mengubah (metaschematizõ) tubuh kita yang hina ini, tubuh yang kini menyelimuti keberadaan kita yang hin...

21. Ketika datang kembali Kristus akan mengubah (metaschematizõ) tubuh kita yang hina ini, tubuh yang kini menyelimuti keberadaan kita yang hina. Bukan tubuh hina, seakan-akan Paulus ikut memakai pandangan Stoa yang membenci segala sesuatu yang materi. Sehingga menjadi serupa (symmorphon; untuk schema dan morphe lih. 2:6) dengan tubuh-Nya yang mulia, yaitu tubuh Kristus di dalam kemuliaan-Nya. Pengubahan ini memerlukan tindakan dengan kuasa adikodrati, yaitu kuasa yang diperlukan untuk dapat memerintah alam semesta. Energia dipakai hanya oleh Paulus dan hampir selalu berarti Allah yang bertindak.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Flp 3:1-3 - Gambaran tentang Orang Kristen Sejati Di dalam pasal ini Rasul Paulus memperingatkan jemaat Filipi akan para penyesat yang memaksakan ajaran agama Yahudi (ay. 1-3), dan ia mengajukan ...

Matthew Henry: Flp 3:4-8 - Penolakan terhadap Keyakinan Semu Penolakan terhadap Keyakinan Semu (3:4-8) Di sini Rasul Paulus mengemukakan dirinya sebagai teladan dalam hal mempercayakan diri kepada Kristus sem...

Matthew Henry: Flp 3:9-14 - Perhatian, Harapan, dan Tujuan Rasul Paulus Perhatian, Harapan, dan Tujuan Rasul Paulus (3:9-14) Sekarang kita sudah tahu apa yang telah ditinggalkan Rasul Paulus. Sekarang marilah kita lihat...

Matthew Henry: Flp 3:15-16 - Peringatan dan Nasihat Peringatan dan Nasihat (3:15-16) Setelah mengajukan diri sebagai teladan, Paulus mendorong jemaat Filipi mengikuti jalan itu. Biarlah pikiran yang ...

Matthew Henry: Flp 3:17-21 - Rasul Paulus Menekankan Teladannya Rasul Paulus Menekankan Teladannya (3:17-21) Ia mengakhiri pasal ini dengan peringatan dan nasihat. I. Ia memperingatkan mereka agar tidak m...

SH: Flp 2:19--3:1 - Memberi yang terbaik. (Kamis, 29 Oktober 1998) Memberi yang terbaik. Dalam ps. 2:1-11, Paulus mengajar jemaat untuk hidup memperhatikan orang lain. Kini ia sendiri menerapkan nasehatnya itu dengan ...

SH: Flp 3:1-11 - Bermegah bukan dalam hal lahiriah. (Minggu, 30 Mei 2004) Bermegah bukan dalam hal lahiriah. Hari ini firman Tuhan mengajarkan Kristen di Filipi agar beribadah oleh Roh Allah, bermegah dalam Kristus...

SH: Flp 3:1-16 - Musuh Injil. (Jumat, 30 Oktober 1998) Musuh Injil. Sebagai orang Ibrani sejati, Paulus sangat mengutamakan moralitas dan keagamaan. Akibatnya ia malah menjadi musuh Kristus, musuh Injil (a...

SH: Flp 3:12-21 - Mengenal Kristus. (Senin, 31 Mei 2004) Mengenal Kristus. Apakah Anda sudah mengenal Kristus? Puaskah Anda dengan pengenalan itu? Bila Anda sudah puas, berarti Anda sudah berhenti ...

SH: Flp 3:17--4:1 - Reformasi hidup. (Sabtu, 31 Oktober 1998) Reformasi hidup. Kristen tidak lagi hidup secara daging. Rupanya di antara jemaat Filipi terdapat orang-orang yang memberi teladan salah. Mereka tidak...

Utley: Flp 2:19--3:1 - --NASKAH NASB (UPDATED): Fili 2:19-3:119 Tetapi dalam Tuhan Yesus kuharap segera mengirimkan Timotius kepadamu, supaya tenang juga hatiku oleh kabar ten...

Utley: Flp 3:1 - --NASKAH NASB (UPDATED): Fili 3:11 Akhirnya, saudara-saudaraku, bersukacitalah dalam Tuhan. Menuliskan hal ini lagi kepadamu tidaklah berat bagiku dan m...

Utley: Flp 3:2-6 - --NASKAH NASB (UPDATED): Fili 3:2-62 Hati-hatilah terhadap anjing-anjing, hati-hatilah terhadap pekerja-pekerja yang jahat, hati-hatilah terhadap penyun...

Utley: Flp 3:7-11 - --NASKAH NASB (UPDATED): Fili 3:7-117 Tetapi apa yang dahulu merupakan keuntungan bagiku, sekarang kuanggap rugi karena Kristus. 8 Malahan segala sesuat...

Utley: Flp 3:12-16 - --NASKAH NASB (UPDATED): Fili 3:12-1612 Bukan seolah-olah aku telah memperoleh hal ini atau telah sempurna, melainkan aku mengejarnya, kalau-kalau aku d...

Utley: Flp 3:17--4:1 - --NASKAH NASB (UPDATED): Fili 3:17-4:117 Saudara-saudara, ikutilah teladanku dan perhatikanlah mereka, yang hidup sama seperti kami yang menjadi teladan...

Topik Teologia: Flp 3:1 - -- Pengudusan Pekerjaan Allah di dalam Pengudusan Kita Pengudusan dan Anak Kita Menjalani Hidup dalam Kristus Kita Bersukac...

Topik Teologia: Flp 3:2 - -- Dosa Deskripsi tentang Dosa-dosa dan Pendosa Metafora untuk Para Pendosa Para Pendosa seperti Anjing-anjing Maz 22:17...

Topik Teologia: Flp 3:3 - -- Yesus Kristus Kita Dimuliakan dalam Allah dan Kristus Rom 15:17 Fili 2:11 Fili 3:3 Kristus Yesus Rom 3...

Topik Teologia: Flp 3:7 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan dengan Kuasa Pemilihan Mereka Membuat Pilihan Seturut dengan Pengalaman Personal K...

Topik Teologia: Flp 3:8 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Kristus Yesus Rom 3:22-24 Rom 8:1 Rom 15:5 Rom 16:3 1Ko 1:2,30 Gal 2:16 ...

Topik Teologia: Flp 3:9 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan dengan Kuasa Pemilihan Mereka Membuat Pilihan Seturut dengan Pengalaman Personal K...

Topik Teologia: Flp 3:10 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Klaim Perjanjian Baru atas Keilahian Yesus Yesus Disejajarkan dengan Allah Kita Harus Me...

Topik Teologia: Flp 3:11 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan dengan Kuasa Pemilihan Mereka Membuat Pilihan Seturut dengan Pengalaman Personal K...

Topik Teologia: Flp 3:12 - -- Keselamatan Ketekunan Peringatan untuk Bertekun 1Ta 16:11 Ayu 17:9 Yeh 18:24 Hos 12:7 Mik 6:8 Mat 10:22 Mar 4:3-8 Luk 22:31-32 ...

Topik Teologia: Flp 3:13 - -- Keselamatan Ketekunan Peringatan untuk Bertekun 1Ta 16:11 Ayu 17:9 Yeh 18:24 Hos 12:7 Mik 6:8 Mat 10:22 Mar 4:3-8 Luk 22:31-32 ...

Topik Teologia: Flp 3:14 - -- Keselamatan Allah Memanggil Manusia untuk Pahala Surgawi Fili 3:14 Peringatan untuk Bertekun 1Ta 16:11 Ayu...

Topik Teologia: Flp 3:15 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah adalah Satu Pribadi Allah Berpikir dan Mahatahu 1Sa 2:3 1Ta 2...

Topik Teologia: Flp 3:18 - -- Dosa Deskripsi tentang Dosa-dosa dan Pendosa Gelar-gelar Deskriptif untuk Para Pendosa Para Pendosa adalah Musuh-musuh Salib Krist...

Topik Teologia: Flp 3:19 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Unsur-unsur Pembentuk Keindividualitas Manusia Bagian dari Tubuh Manusia sebagai Aspek Moral Kemanusiaan ...

Topik Teologia: Flp 3:20 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Tuhan Yesus Kristus Kis 11:17 Rom 5:1,11 Rom 6:23 Rom 7:25-26 Rom 8:39 Rom 13:14 Rom 15:30 ...

Topik Teologia: Flp 3:21 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Klaim Perjanjian Baru atas Keilahian Yesus Yesus Mengerjakan Pekerjaan Allah Pekerjaan A...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Filipi (Pendahuluan Kitab) Penulis : Paulus Tema : Sukacita Dalam Hal Hidup bagi Kristus Tanggal Penulisan: Sekitar 62/63 TM Latar Belakang Kota Filipi d...

Full Life: Filipi (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (Fili 1:1-11) A. Salam Kristen (Fili 1:1-2) B. Ucapan Syukur dan Doa untuk Jemaat F...

Matthew Henry: Filipi (Pendahuluan Kitab) Filipi adalah sebuah kota utama di kawasan barat Makedonia, prōtē tēs meridos tēs Makedonias polis (Kis. 16:12). Nama kota ini diambil dari n...

Jerusalem: Filipi (Pendahuluan Kitab) SURAT-SURAT PAULUS PENGANTAR Kronologi kehidupan Paulus Dengan menggunakan Kisah Para Rasul dan surat-surat Paulus, maka tokoh ini lebih kita kenal da...

Ende: Filipi (Pendahuluan Kitab) SURAT RASUL PAULUS KEPADA UMAT PILIPI KATA PENGANTAR Pilipi, sebuah kota dagang di Masedonia, oleh Kaisar Agustus dalam tahun 4-2 seb. Kr. didjadikan ...

Wycliffe: Filipi (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN FILIPI Pendirian Gereja di Filipi. Sebagai tanggapan terhadap panggilan ke Makedonia, Paulus dan rekan-rekannya telah menyeberang Laut Ae...

Wycliffe: Filipi (Garis Besar) GARIS BESAR FILIPI I. Salam (1:1, 2) II. Ucapan Syukur dan Doa (1:3-11) III. Injil yang Tidak Dapat Dikalahkan (1:12-14) IV. Pemberi...

BIS: Filipi (Pendahuluan Kitab) SURAT PAULUS KEPADA JEMAAT DI FILIPI PENGANTAR Jemaat di Filipi adalah jemaat pertama yang didirikan Paulus di Eropa. Filipi terletak di Makedonia,

SURAT PAULUS KEPADA JEMAAT DI FILIPI

PENGANTAR

Jemaat di Filipi adalah jemaat pertama yang didirikan Paulus di Eropa. Filipi terletak di Makedonia, sebuah provinsi kerajaan Roma. Surat \\Paulus Kepada Jemaat di Filipi\\ ini ditulis ketika Paulus berada di penjara. Hatinya pada saat itu cemas karena ada pekerja-pekerja Kristen yang menentangnya. Juga karena di dalam jemaat di Filipi itu ada orang-orang yang mengajarkan ajaran-ajaran yang menyesatkan. Meskipun demikian surat Paulus ini bernada gembira dan penuh harapan. Apa sebabnya demikian? Tidak lain hanyalah karena Paulus percaya sekali kepada Kristus.

Paulus menulis surat ini karena pertama-tama ia mau mengucap terima kasih kepada jemaat di Filipi atas pemberian yang telah diterimanya dari mereka ketika ia berada dalam kesukaran. Dan dalam kesempatan ini pula ia ingin memberi dorongan kepada mereka supaya mereka berani dan tabah dalam menghadapi kesukaran. Ia minta dengan sangat supaya mereka rendah hati seperti Yesus, dan tidak dikuasai oleh perasaan angkuh dan mementingkan diri sendiri. Ia mengingatkan mereka bahwa hanya karena rahmat Allah sajalah, Allah membuat mereka bersatu dengan Kristus berdasarkan percaya mereka kepada-Nya, bukan karena mereka taat menjalankan upacara-upacara agama yang ditentukan dalam hukum agama Yahudi. Selanjutnya Paulus menulis juga tentang kegembiraan dan sejahtera yang diberikan Allah kepada orang-orang yang hidup bersatu dengan Kristus.

Ciri khas surat ini ialah tekanannya pada kegembiraan, keteguhan hati, kesatuan, dan ketabahan orang Kristen dalam mempertahankan percayanya kepada Kristus dan dalam menjalani hidup sebagai orang Kristen. Surat ini menunjukkan juga betapa cintanya Paulus kepada jemaat di Filipi itu.

Isi

  1.  Pendahuluan
    Filipi 1:1-11
  2.  Keadaan Paulus sendiri
    Filipi 1:12-26
  3.  Kehidupan orang Kristen
    Filipi 1:27-2:18
  4.  Rencana untuk Timotius dan Epafroditus
    Filipi 2:19-30
  5.  Peringatan terhadap musuh-musuh dari luar dan dari dalam
    Filipi 3:1-4:9
  6.  Paulus dan kawan-kawannya di Filipi
    Filipi 4:10-20
  7.  Penutup
    Filipi 4:21-23

Ajaran: Filipi (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang Kristen mengerti pentingnya pemeliharaan terhadap persekutuan dan kesatuan dengan Kristus sebagai Tuhan dan Rajanya, sehingga In

Tujuan

Supaya orang Kristen mengerti pentingnya pemeliharaan terhadap persekutuan dan kesatuan dengan Kristus sebagai Tuhan dan Rajanya, sehingga Injil dapat disebarluaskan.

Pendahuluan

Penulis : Rasul Paulus.

Tahun : Sekitar tahun 61 sesudah Masehi.

Penerima : Jemaat Kristen di kota Filipi. (Dan juga semua orang percaya di seluruh dunia).

Isi Kitab: Kitab Filipi terbagi atas 4 pasal. Di dalamnya kita dapat melihat dengan jelas ajaran Rasul Paulus tentang kesukacitaan hidup di dalam Tuhan Yesus.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Filipi

  1. Pasal 1 (Fili 1:1-30).

    Pengajaran bahwa Kristus adalah hidup orang percaya

    Dalam bagian ini, Rasul Paulus menyatakan bahwa seluruh hidupnya adalah untuk memberitakan Injil, baik melalui perkataan maupun melalui perbuatan/sikap hidup.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Fili 1:21-22. _Tanyakan_: Apakah arti hidup bagi Rasul Paulus? Dan bagaimanakah dengan saudara?
    2. Bacalah pasal Fili 1:27. _Tanyakan_: Apakah perintah Rasul Paulus untuk hidup berbuah?
  2. Pasal 2 (Fili 2:1-30).

    Pengajaran tentang kehidupan Kristus merupakan teladan bagi kehidupan orang Kristen

    Dalam bagian ini, Rasul Paulus mengajarkan bahwa kerendahan hati, kelemahlembutan, kasih, kesabaran dsb. dari sikap hidup Tuhan Yesus, merupakan teladan bagi hidup segenap orang Kristen.

    Pendalaman

    Bacalah pasal Fili 2:1-4,11. _Tanyakan_: Apakah yang ada di dalam Tuhan Yesus? Mengapakah Tuhan Yesus dipermuliakan?

  3. Pasal 3 (Fili 3:1-21).

    Pengajaran tentang pengenalan akan Kristus sebagai kebahagiaan bagi kehidupan orang Kristen

    Pendalaman

    Bacalah pasal Fili 3:1-11. _Tanyakan_: Apakah yang dikehendaki oleh Rasul Paulus dalam ayat 10 (Fili 3:10)? Apakah yang diperoleh dari mengenal Kristus ayat 11 (Fili 3:11)?

  4. Pasal 4 (Fili 4:1-23).

    Pengajaran tentang Kristus sebagai pendamaian bagi kehidupan orang Kristen

    Pendalaman

    Bacalah ayat (Fili 4:1-4,8-9). _Tanyakan_: Apakah yang diperintahkan oleh Rasul Paulus dalam ayat 2 (Fili 4:2)? Apakah yang harus dilakukan oleh orang Kristen menurut ayat 8-9 (Fili 4:8-9)?

II. Kesimpulan

Dalam Kitab Filipi, Rasul Paulus mengajarkan bahwa kehidupan yang bersukacita senantiasa ada di dalam Tuhan Yesus, walaupun di dalam kesulitan dan kesusahan.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Filipi?
  2. Apakah pokok pengajaran Kitab Filipi?
  3. Kehidupan siapakah yang harus menjadi teladan bagi orang Kristen?

Intisari: Filipi (Pendahuluan Kitab) Sepucuk surat ucapan terima kasih KOTA FILIPI.Filipi adalah koloni Romawi yang sebagian besar penduduknya adalah pendatang dari Italia yang tetap set

Sepucuk surat ucapan terima kasih

KOTA FILIPI.
Filipi adalah koloni Romawi yang sebagian besar penduduknya adalah pendatang dari Italia yang tetap setia kepada Roma. Filipi adalah sebuah kota besar, pusat kegiatan dagang yang ramai, tetapi tidak terkenal karena standar moral penduduknya.

SURAT FILIPI.
Jelas bahwa Paulus menulis dari dalam penjara (Fili 1:12) boleh jadi di Roma, dan bila demikian surat ini ditulis antara tahun 61 dan 63 M. Beberapa orang beranggapan bahwa surat ini ditulis dari Efesus, berarti 10 tahun lebih awal dari anggapan pertama. Pada dasarnya surat ini merupakan surat'ucapan terima kasih' yang dikirim melalui Epafroditus untuk gereja di Filipi atas pemberian yang telah mereka kirimkan. Surat ini datang dari Paulus dan kawannya, Timotius.

GEREJA DI FILIPI.
Paulus dipakai Tuhan sebagai pendiri gereja di Filipi. Di sana ia bertemu dengan kelompok wanita yang sedang berbakti di tepi sebuah sungai dan salah satu dari mereka, bernama Lidia, menyambut Injil (Kis 16:14). Tak lama kemudian Paulus dan Silas digiring ke muka pengadilan dengan tuduhan yang dibuat-buat, dipukuli dan dijebloskan ke dalam penjara. Pada tengah malam, sementara mereka berdoa dan memuji Allah, terjadilah gempa bumi dahsyat yang menggoncangkan penjara sampai ke fondasinya. Pengawal penjara yang menyadari bahwa para tawanan dapat melepaskan diri, hampir saja bunuh diri. Paulus menghalangi niatnya dan orang itu menangis memohon pertolongan sambil berkata "Tuan-tuan apakah yang harus aku perbuat, supaya aku selamat?" (Kis 16:30). Setelah mengetahui jalan keselamatan, bukan hanya pengawal penjara itu saja, tetapi seluruh keluarganya pun bertobat dan dibaptis.

CIRI-CIRI UTAMA.
Rupanya rasul Paulus mempunyai kasih yang istimewa terhadap gereja di Filipi. Orang Kristen di sana menjadi sumber sukacita besar dan dorongan baginya (Fili 1:3-5). Nada sukacita dan gembira mengalir dalam seluruh isi surat. Dalam pasal ketiga Paulus membuat suatu perbandingan dengan menuliskan pada satu sisi hal-hal yang paling dihargainya sebelum ia menjadi Kristen dan pada sisi lain apa yang kini menjadi kesukaannya sebagai seorang Kristen. Jelaslah bahwa ia telah mendapat keuntungan yang lebih besar daripada kerugiannya karena penyerahannya kepada Kristus.

Pesan

1. Hal-hal yang harus disyukuri:
o persekutuan dalam Injil. Fili 1:5, 7
o kemampuan mengatasi situasi sulit. Fili 1:12
o khotbah penginjilan walaupun motivasinya beragam. Fili 1:15-18

2. Hal-hal yang perlu didoakan:
o untuk kasih yang melimpah. Fili 1:9
o untuk pilihan yang benar. Fili 1:10
o untuk kehidupan yang memuliakan Allah. Fili 1:11

3. Sikap yang harus dimiliki:
o tidak mementingkan diri sendiri. Fili 2:4
o keinginan untuk melayani. Fili 2:7
o keinginan untuk berkorban. Fili 2:8

4. Nilai-nilai yang harus diperbarui:
o latar belakang agama. Fili 3:5
o ketulusan yang nyata. Fili 3:6
o kehidupan moral. Fili 3:6

5. Kemuliaan harus disambut: Fili 3:20, 21

6. Pelajaran untuk dipelajari:
o hidup dalam keserasian. Fili 4:2
o selalu bersukacita. Fili 4:4
o mengatasi kekuatiran. Fili 4:6
o berpikir positif. Fili 4:8
o selalu merasa cukup. Fili 4:11
o percaya kepada Allah. Fili 4:19

Penerapan

Jemaat Filipi mengajar kita...

1. Seperti apa seharusnya orang Kristen.
o penuh kasih
o sanggup menilai benar-salah
o jujur
o siap bekerja sama
o penuh sukacita
o rendah hati
o puas
o berpusatkan Kristus

2. Seperti apa seharusnya pemimpin-pemimpin Kristen.
o penuh perhatian
o rela berkorban
o tidak mengeluh
o praktis
o penuh terima kasih

3. Tentang orang yang dapat kita teladani.
o Timotius - seorang anak rohani yang berharga
o Epafroditus - seorang pembawa pesan yang simpatik
o Euodia dan Sintikhe - wanita-wanita yang sedang berselisih

Tema-tema Kunci

1. Sukacita.
Kata itu menjadi lebih berkesan ketika kita tahu bahwa orang yang mengatakan "bersukacita selalu", menulisnya dari dalam penjara! Mudah untuk kelihatan bersukacita ketika keadaan di luar menggembirakan. Namun, Kristen harus tahu rahasia sukacita hati yang dalam dan menetap, yang tidak terpengaruh oleh keadaan luar. Sukacita itu dijanjikan sendiri oleh Yesus kepada para pengikut-Nya (Yoh 15:11). Telusuri tema tentang sukacita dalam seluruh surat dan berikan pendapat tentang alasan utama dari sukacita Rasul Paulus terhadap gereja di Filipi.

2. Keserupaan dengan Kristus.
Filipi 2:5-11 boleh jadi merupakan bagian dari lagu pujian dalam gereja mula-mula. Ini juga merupakan salah satu perikop tentang Kristologi yang terkenal dalam Perjanjian Baru. Perikop ini menelusuri langkah-langkah yang diambil oleh Putra Allah dalam memberikan keselamatan kepada kita. Namun juga, merupakan teladan yang harus kita ikuti. Kita harus mempunyai sikap mental seperti Kristus, dengan kata lain, tahu mengorbankan diri. Paulus sering menulis tentang mencontoh Kristus dan bahkan mencotoh dia sendiri (Efe 5:1; 1Kor 4:16; 11:1; Fili 3:17). Haruskah kita mampu membuat orang meneladani kita?

3. Nilai-nilai
Pertobatan bagi Paulus berarti perubahan pandangan secara total -- hal-hal yang dahulunya sangat dihargai sekarang tidak berarti sama sekali. Bagi Paulus hal yang dibanggakannya ialah pendidikan agama yang diterimanya sejak kecil. Bagi orang lain kebanggaan itu bisa status sosial, latar belakang pendidikan dan keadaan keuangan mereka. Kristus mengarahkan pandangan kita kepada hal yang lebih tinggi dan mengingatkan kita akan kewargaan kita di surga. Tuhan kita sendiri banyak membicarakan hal ini.

Pelajarilah ajaran Tuhan kita tentang harta duniawi (Luk 12:15; Mat 6:19-21, 33). Apakah ini yang menjadi penyebab mengapa orang kaya susah menjadi Kristen? (Mar 10:23, 24).

4. Kepuasan.
Paulus memberikan kesan bahwa ia telah belajar untuk mencukupkan diri dan mungkin hal itu bukan pelajaran yang mudah baginya. Ia pernah berkata, "...ibadah disertai rasa cukup, memberi keuntungan besar" (1Tim 6:6).

Lihat 2Korintus 11:24-28 dan renungkan pernyataan Paulus sehubungan dengan pengalamannya itu. Pikirkan bagaimana Paulus belajar tentang kepuasan.

Garis Besar Intisari: Filipi (Pendahuluan Kitab) [1] SUKACITA DALAM PENDERITAAN Fili 1:1-30 Di sini kita membaca Rasul Paulus Fili 1:1, 2mengirim salam Fili 1:3-7menyampaikan terima kasih Fil

[1] SUKACITA DALAM PENDERITAAN Fili 1:1-30

Di sini kita membaca Rasul Paulus
Fili 1:1, 2mengirim salam
Fili 1:3-7menyampaikan terima kasih
Fili 1:8-11berdoa
Fili 1:12-14berkemenangkan
Fili 1:15-26mempercayai
Fili 1:27-30menantang

[2] SUKACITA DALAM PELAYANAN Fili 2:1-30

Paulus memberikan kepada kita beberapa nasihat praktis tentang pelayanan Kristen

Fili 2:1-4hidup bersama dalam keharmonisan
Fili 2:5-11meneladani Kristus
Fili 2:12, 13mempertahankan keselamatan
Fili 2:14-18berhenti mengeluh
Fili 2:19-30menghormati pelayan-pelayan Tuhan
Timotius (Fili 2:19-24)
Epafroditus (Fili 2:25-30)

[3] SUKACITA DI DALAM KRISTUS Fili 3:1-21

Fili 3:1-11Yang dulu dibanggakan dianggap sampah
Fili 3:12-16Perlombaan yang belum selesai
Fili 3:17-21Kewargaan yang harus dijunjung tinggi

[4] SUKACITA DALAM KEPUASAN Fili 4:1-20

Fili 4:1-4Sumber sukacita
Fili 4:5-9Rahasia sukacita
- tidak perlu kuatir akan apa pun - selalu berdoa untuk segala sesuatu - berterima kasih untuk semuanya
Fili 4:10-20Pemberian sukacita
- hadiah yang diterima dengan penuh syukur
Fili 4:21-23Salam perpisahan
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #35: Beritahu teman untuk menjadi rekan pelayanan dengan gunakan Alkitab SABDA™ di situs Anda. [SEMUA]
dibuat dalam 1.60 detik
dipersembahkan oleh YLSA