kecilkan semua  

Teks -- Yeremia 52:1-34 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Zedekia, raja Yehuda -- Runtuhnya Kerajaan Yehuda
52:1 Zedekia berumur dua puluh satu tahun pada waktu ia menjadi raja dan sebelas tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Hamutal binti Yeremia, dari Libna. 52:2 Ia melakukan apa yang jahat di mata TUHAN tepat seperti yang telah dilakukan Yoyakim. 52:3 Sebab oleh karena murka Tuhanlah hal itu terjadi terhadap Yerusalem dan Yehuda, yakni bahwa Ia sampai membuang mereka dari hadapan-Nya. Zedekia memberontak terhadap raja Babel. 52:4 Maka pada tahun kesembilan dari pemerintahannya, dalam bulan yang kesepuluh, pada tanggal sepuluh bulan itu, datanglah Nebukadnezar, raja Babel, dengan segala tentaranya menyerang Yerusalem. Berkemahlah mereka mengepungnya dan didirikan merekalah tembok pengepungan sekelilingnya. 52:5 Demikianlah kota itu terkepung sampai tahun yang kesebelas pemerintahan raja Zedekia. 52:6 Pada tanggal sembilan bulan yang keempat, ketika kelaparan sudah merajalela di kota itu dan tidak ada lagi makanan pada rakyat negeri itu, 52:7 maka dibelah oranglah tembok kota itu. Melihat hal itu maka melarikan dirilah raja dengan semua tentara, meninggalkan kota itu pada waktu malam melalui pintu gerbang antara kedua tembok yang ada di dekat taman raja, sekalipun orang Kasdim mengepung kota itu sekeliling. Mereka lari menuju ke Araba-Yordan. 52:8 Tetapi tentara Kasdim itu mengejar raja dari belakang dan mencapai Zedekia di dataran Yerikho; segala tentaranya telah berserak-serak meninggalkan dia. 52:9 Mereka menangkap raja dan membawa dia ke Ribla di tanah Hamat, kepada raja Babel, yang menjatuhkan hukuman atas dia. 52:10 Raja Babel menyuruh menyembelih anak-anak Zedekia di depan matanya; juga semua pemuka Yehuda disembelihnya di Ribla. 52:11 Kemudian mata Zedekia dibutakannya, lalu ia dibelenggu dengan rantai tembaga. Kemudian raja Babel membawa dia ke Babel dan menaruhnya dalam rumah hukuman sampai kepada hari matinya. 52:12 Dalam bulan yang kelima, pada tanggal sepuluh bulan itu -- itulah tahun kesembilan belas pemerintahan Nebukadnezar, raja Babel -- datanglah Nebuzaradan, kepala pasukan pengawal, yang melayani raja Babel, ke Yerusalem. 52:13 Ia membakar rumah TUHAN, rumah raja dan segala rumah di Yerusalem; segala rumah orang-orang besar dibakarnya dengan api. 52:14 Segala tembok sekeliling kota Yerusalem dirobohkan oleh tentara Kasdim yang ada bersama-sama dengan kepala pasukan pengawal itu. 52:15 Sebagian dari orang-orang yang paling lemah dan sisa-sisa rakyat yang masih tinggal di kota itu dan pembelot-pembelot yang menyeberang ke pihak raja Babel dan sisa-sisa para pekerja tangan diangkut ke dalam pembuangan oleh Nebuzaradan, kepala pasukan pengawal itu. 52:16 Hanya beberapa orang miskin dari negeri itu ditinggalkan oleh Nebuzaradan, kepala pasukan pengawal itu, untuk menjadi tukang-tukang kebun anggur dan peladang-peladang. 52:17 Juga tiang-tiang tembaga yang ada di rumah TUHAN dan kereta penopang dan laut tembaga yang ada di rumah TUHAN dipecahkan oleh orang Kasdim dan seluruh tembaganya diangkut mereka ke Babel. 52:18 Kuali-kuali, penyodok-penyodok, pisau-pisau, bokor-bokor penyiraman dan cawan-cawan dan segala perkakas tembaga yang dipakai untuk menyelenggarakan kebaktian diambil mereka, 52:19 juga pasu-pasu, perbaraan-perbaraan, bokor-bokor penyiraman, kuali-kuali, kandil-kandil, cawan-cawan dan piala-piala, baik segala yang dari emas maupun segala yang dari perak, diambil oleh kepala pasukan pengawal itu. 52:20 Adapun kedua tiang, laut yang satu itu dan kedua belas lembu tembaga yang ada di bawah kereta penopang, yang dibuat oleh raja Salomo untuk rumah TUHAN, tiada tertimbang tembaga segala perkakas ini. 52:21 Adapun tiang-tiang itu, satu tiang delapan belas hasta tingginya dan dapat dililit oleh tali yang dua belas hasta panjangnya; tebalnya empat jari dan geronggang dari dalam. 52:22 Di atasnya ada ganja dari tembaga; tinggi ganja yang satu itu lima hasta, dan jala-jala dan buah-buah delima ada di atas ganja itu sekeliling, semuanya dari tembaga. Dan tiang yang kedua seperti itu juga. Mengenai buah delima, 52:23 ada sembilan puluh enam buah delima yang merupakan gambar timbul; seluruhnya buah-buah delima itu ada seratus pada jala-jala itu berkeliling. 52:24 Lalu kepala pasukan pengawal itu menangkap Seraya, imam kepala, dan Zefanya, imam tingkat dua, dan ketiga orang penjaga pintu. 52:25 Dari kota itu ditangkapnya seorang pegawai istana yang diangkat mengepalai prajurit-prajurit dan tujuh orang pelayan pribadi raja yang terdapat di kota itu, dan panitera panglima tentara yang mengerahkan rakyat negeri menjadi tentara, dan enam puluh orang dari rakyat negeri yang terdapat di tengah-tengah kota itu. 52:26 Nebuzaradan, kepala pasukan pengawal, menangkap mereka dan membawa mereka kepada raja Babel, di Ribla. 52:27 Lalu raja Babel menyuruh membunuh mereka di Ribla, di tanah Hamat. Demikianlah orang Yehuda diangkut ke dalam pembuangan dari tanahnya. 52:28 Inilah jumlah rakyat yang diangkut ke dalam pembuangan oleh Nebuzaradan: dalam tahun ketujuh, tiga ribu dua puluh tiga orang Yehuda; 52:29 dalam tahun kedelapan belas zaman Nebukadnezar, delapan ratus tiga puluh dua jiwa dari Yerusalem; 52:30 dalam tahun kedua puluh tiga zaman Nebukadnezar, diangkut ke dalam pembuangan oleh Nebuzaradan, kepala pasukan pengawal, tujuh ratus empat puluh lima jiwa orang Yehuda; seluruhnya berjumlah empat ribu enam ratus jiwa.
Yoyakhin dikasihani
52:31 Kemudian dalam tahun ketiga puluh tujuh sesudah Yoyakhin, raja Yehuda, dibuang, dalam bulan yang kedua belas, pada tanggal dua puluh lima bulan itu, maka Ewil-Merodakh, raja Babel, dalam tahun ia menjadi raja, menunjukkan belas kasihannya kepada Yoyakhin, raja Yehuda, dengan melepaskannya dari penjara. 52:32 Ewil-Merodakh berbicara baik-baik dengan dia dan memberikan kedudukan kepadanya lebih tinggi dari pada kedudukan raja-raja yang bersama-sama dengan dia di Babel. 52:33 Yoyakhin boleh mengganti pakaian penjaranya dan boleh selalu makan roti di hadapan raja selama hidupnya. 52:34 Dan tentang belanjanya, raja Babel selalu memberikannya kepadanya, sekadar yang perlu tiap-tiap hari, selama hidupnya, sampai hari matinya.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Araba a region of desert, especially that south of the Dead Sea (IBD)
 · Araba-Yordan a region of desert, especially that south of the Dead Sea (IBD)
 · Babel members of the nation of Babylon
 · Bet-Araba a town of Judea west of Jerusalem on the border of Benjamin
 · Ewil-Merodakh son and successor of Nebuchadnezzar, king of Babylon
 · Hamat a town on the west shore of Lake Galilee
 · Hamutal mother of kings Jehoahaz and Zedekiah of Judah; daughter of Jeremiah
 · Kasdim the inhabitants of Chaldea.
 · Libna a place where Israel encamped,a town in the western foothills of Judah 12 km SE of Gath & 23 km NE of Hebron
 · Nebukadnezar the king of Babylon who took Judah into exile
 · Nebuzaradan a man of Babylon; captain of the guard for Nebuchadnezzar
 · Ribla a town 80 km north of Damascus
 · Salma the tenth son of David; the father of Rehoboam; an ancestor of Jesus; the third king of Israel.,son of David and Bath-Sheba; successor of King David
 · Salomo the tenth son of David; the father of Rehoboam; an ancestor of Jesus; the third king of Israel.,son of David and Bath-Sheba; successor of King David
 · Seraya secretary of King David,a high priest; son of Azariah III,son of Tanhumeth; a militia leader who rallied to Gedaliah,son of Kenaz son of Jephunneh of Judah,son of Asiel; ancestor of a large influential family of Simeon,priest leader of some who returned from exile with Zerubbabel,son of Hilkiah; head of the priestly clan of Immer in Jerusalem,son of Azriel; a prince in the time of Jehoiakim,son of Neriah; quartermaster deported to Babylon with Zedekiah
 · Ur-Kasdim a town of lower Mesopotamia about 230 km SE of old Babylon,father of Eliphal / Eliphelet, one of David's military elite
 · Yahudi the Jewish religion/beliefs
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall
 · Yeremia a prophet of Judah in 627 B.C., who wrote the book of Jeremiah,a man of Libnah; father of Hamutal, mother of Jehoahaz, king of Judah,head of an important clan in eastern Manasseh in the time of Jotham,a Benjamite man who defected to David at Ziklag,the fifth of Saul's Gadite officers who defected to David in the wilderness,the tenth of Saul's Gadite officers who defected to David in the wilderness,a man from Anathoth of Benjamin; son of Hilkiah the priest; a major prophet in the time of the exile,an influential priest who returned from exile with Zerubbabel, who later signed the covenant to obey the law, and who helped dedicate Nehemiah's wall,one of Saul's Gadite officers who defected to David in the wilderness
 · Yerikho a town five miles west of the Jordan and 15 miles northeast of Jerusalem,a town of Benjamin 11 km NW of the mouth of the Jordan River
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin
 · Yoyakhin son and successor of King Jehoiakim of Judah
 · Yoyakim son of Jeshua; high priest in Ezra and Nehemiah's time
 · Zedekia son of Chenaanah; a false prophet in the kingdom of King Ahab,son of King Josiah; made king of Judah by Nebuchadnezzar,son of King Jehoiachin,a signer of the covenant to obey the law with Nehemiah,son of Maaseiah; a false prophet in the time of King Jehoiachin,son of Hananiah; a prince of Judah in the time of Jehoiakim
 · Zefanya the second high priest in the time of Zedekiah of Judah,son of Tahath of Kohath son of Levi,son of Cushi (Hezekiah Judah); minor prophet under King Josiah,father of Josiah, post-exile keeper of the temple treasures


Topik/Tema Kamus: Zedekia | Kenisah | Nebukadnezar | Kota | Lapar, Kelaparan | Penjara | Basuh, Bejana Pengasuhan Tembaga | Ahli Taurat | Imam Agung atau Imam Besar | Ulah Perang | Yoyakhin | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Yer 46:1--Rat 2:7 - TENTANG BANGSA-BANGSA. Nas : Yer 46:1-51:64 Pasal-pasal ini berisi aneka nubuat tentang hukuman ilahi atas bangsa-bangsa asing. Yeremia ditahbiskan bukan untuk menjadi na...

Nas : Yer 46:1-51:64

Pasal-pasal ini berisi aneka nubuat tentang hukuman ilahi atas bangsa-bangsa asing. Yeremia ditahbiskan bukan untuk menjadi nabi kepada bangsa Yehuda saja, tetapi juga "nabi bagi bangsa-bangsa" (Yer 1:5).

Full Life: Yer 52:1-34 - ZEDEKIA. Nas : Yer 52:1-34 Pasal terakhir menunjukkan bahwa nabi Yeremia benar-benar memberitakan Firman Allah dan bahwa malapetaka yang dinubuatkannya tela...

Nas : Yer 52:1-34

Pasal terakhir menunjukkan bahwa nabi Yeremia benar-benar memberitakan Firman Allah dan bahwa malapetaka yang dinubuatkannya telah menjadi kenyataan; pasal ini hampir sama dengan 2Raj 24:18-25:30; bd. juga Yer 39:1-10.

Full Life: Yer 52:28-30 - JUMLAH RAKYAT YANG DIANGKUT KE DALAM PEMBUANGAN. Nas : Yer 52:28-30 Tiga pembuangan ke Babel yang disebut di sini terjadi pada tahun 597 SM, 586 SM, dan 581 SM. Jumlah orang Yahudi yang ditawan mu...

Nas : Yer 52:28-30

Tiga pembuangan ke Babel yang disebut di sini terjadi pada tahun 597 SM, 586 SM, dan 581 SM. Jumlah orang Yahudi yang ditawan mungkin hanya menunjuk kepada laki-laki dewasa saja; jumlah seluruhnya mungkin jauh lebih banyak (lih. 2Raj 24:14,16).

Jerusalem: Yer 52:1-34 - -- Bab 52 ini hampir sama dengan 2Ra 24:18-25:30 hanya ada beberapa tambahan. Iapun sejalan dengan Yer 39:1-10. Ketiga kisah itu berasal dari satu sumber...

Bab 52 ini hampir sama dengan 2Ra 24:18-25:30 hanya ada beberapa tambahan. Iapun sejalan dengan Yer 39:1-10. Ketiga kisah itu berasal dari satu sumber bersama. Sama seperti halnya dengan Yes 36:1-39:8, demikianpun Yer 52 di kemudian hari barulah ditambahkan pada kitab Yeremia. Diceriterakan bahwa ancaman-ancaman nabi memang terlaksana. Namun demikian semua berakhir dengan pengungkapan pengharapan, sebagaimana dinyatakan oleh nabi Yeremia juga.

Jerusalem: Yer 52:1 - Libna Ialah sebuah kota di wilayah Yehuda Yos 15:42, dan agaknya terletak di sebelah utara Gat, sebuah kota orang Filistin. Sekarang tempat itu bernama Tell...

Ialah sebuah kota di wilayah Yehuda Yos 15:42, dan agaknya terletak di sebelah utara Gat, sebuah kota orang Filistin. Sekarang tempat itu bernama Tell es-Safi.

Jerusalem: Yer 52:4 - bulan yang kesepuluh Ialah bulan Desember th 589 seb Mas.

Ialah bulan Desember th 589 seb Mas.

Jerusalem: Yer 52:6 - bulan yang keempat Yaitu bulan Juni/Juli th 587 seb Mas.

Yaitu bulan Juni/Juli th 587 seb Mas.

Jerusalem: Yer 52:7 - raja dengan Ini ditambahkan menurut Yer 39:4 dan Yer 52:8

Ini ditambahkan menurut Yer 39:4 dan Yer 52:8

Jerusalem: Yer 52:7 - Araba-Yordan Bdk Yer 39:4+.

Bdk Yer 39:4+.

Jerusalem: Yer 52:12 - bulan yang kelima Ialah bulan Juli/Agustus th 587 seb Mas.

Ialah bulan Juli/Agustus th 587 seb Mas.

Jerusalem: Yer 52:13 - segala rumah... Ini sebuah sisipan. Bdk 2Ra 25:9.

Ini sebuah sisipan. Bdk 2Ra 25:9.

Jerusalem: Yer 52:15 - Sebagian dari orang-orang yang paling lemah dan Bagian ayat ini merupakan sebuah sisipan yang berasal dari Yer 52:16. Sisipan itu tidak terdapat dalam 2Ra 25:11 dan Yer 39:5.

Bagian ayat ini merupakan sebuah sisipan yang berasal dari Yer 52:16. Sisipan itu tidak terdapat dalam 2Ra 25:11 dan Yer 39:5.

Jerusalem: Yer 52:20 - dan kedua belas... penopang Catatan ini tidak terdapat dalam 2Raja-raja. Lembu-lembu tembaga itu memang susah diangkut pada masa raja Ahas, 2Ra 16:17.

Catatan ini tidak terdapat dalam 2Raja-raja. Lembu-lembu tembaga itu memang susah diangkut pada masa raja Ahas, 2Ra 16:17.

Jerusalem: Yer 52:23 - yang merupakan gambar timbul Arti kata Ibrani yang dipakai (angin?) tidak diketahui. Ada macam-macam terjemahannya.

Arti kata Ibrani yang dipakai (angin?) tidak diketahui. Ada macam-macam terjemahannya.

Jerusalem: Yer 52:28-30 - -- Catatan ini hanya terdapat di sini dalam kitab Yeremia. ia kiranya menyalin salah satu dokumen dari Bebal. Rupanya orang dewasa turut dihitung. Masa p...

Catatan ini hanya terdapat di sini dalam kitab Yeremia. ia kiranya menyalin salah satu dokumen dari Bebal. Rupanya orang dewasa turut dihitung. Masa pemerintahan Nebukadnezar dihitung sesuai dengan kebiasaan Babel sehingga tahun (tidak lengkap) naik takhtanya tidak turut dihitung. Disebutkan tiga pembuangan yang masing-masing terjadi pada th 598,587 dan 582 seb Mas. Pembuangan yang ketiga kiranya dikarenakan pemberontakan orang Amon dan Moab yang agaknya mendapat dukungan dari pihak orang Yehuda juga.

Jerusalem: Yer 52:31 - tahun ketiga puluh tujuh Yaitu pada th 562 seb Mas.

Yaitu pada th 562 seb Mas.

Jerusalem: Yer 52:33 - -- Kitab Yeremia ditutup dengan berita bahwa raja Yoyakhin mendapat belas kasihan dan ini menjadi lambang akhir pembuangan seluruh umat.

Kitab Yeremia ditutup dengan berita bahwa raja Yoyakhin mendapat belas kasihan dan ini menjadi lambang akhir pembuangan seluruh umat.

Ende: Yer 52:1-34 - -- Pasal ini hampir sama dengan 2Ra 24:18-25:30. Ditambahkan pada kitab Jeremia untuk menjatakan bahwa antjaman nabi itu terhadap Jerusjalem sungguh2 ter...

Pasal ini hampir sama dengan 2Ra 24:18-25:30. Ditambahkan pada kitab Jeremia untuk menjatakan bahwa antjaman nabi itu terhadap Jerusjalem sungguh2 terpenuhi, tapi tetap ada harapan.

Endetn: Yer 52:3 - dan diperbaiki menurut beberapa naskah Hibrani dan 2Ra 24:20.

diperbaiki menurut beberapa naskah Hibrani dan 2Ra 24:20.

Endetn: Yer 52:7 - (ketika radja.... melihat itu) ditambahkan menurut Yer 39:4. Tertulis: "semua peradjurit melihat itu".

ditambahkan menurut Yer 39:4. Tertulis: "semua peradjurit melihat itu".

Endetn: Yer 52:14 - -- Ditinggalkan menurut terdjemahan Junani: "dan dari kaum miskin".

Ditinggalkan menurut terdjemahan Junani: "dan dari kaum miskin".

Endetn: Yer 52:15 - chalaik diperbaiki menurut terdjemahan Latin (Vlg.). Kata Hibrani tidak diketahui maknanja.

diperbaiki menurut terdjemahan Latin (Vlg.). Kata Hibrani tidak diketahui maknanja.

Endetn: Yer 52:22 - -- Ditinggalkan: "dan buah delima".

Ditinggalkan: "dan buah delima".

Ref. Silang FULL: Yer 52:1 - Zedekia // dari Libna · Zedekia: 2Raj 24:17; 2Raj 24:17 · dari Libna: Bil 33:20; Bil 33:20; Yos 10:29; 2Raj 8:22

· Zedekia: 2Raj 24:17; [Lihat FULL. 2Raj 24:17]

· dari Libna: Bil 33:20; [Lihat FULL. Bil 33:20]; Yos 10:29; 2Raj 8:22

Ref. Silang FULL: Yer 52:2 - dilakukan Yoyakim · dilakukan Yoyakim: Yer 36:30; Yer 36:30

· dilakukan Yoyakim: Yer 36:30; [Lihat FULL. Yer 36:30]

Ref. Silang FULL: Yer 52:3 - dan Yehuda // dari hadapan-Nya // Zedekia memberontak · dan Yehuda: Yes 3:1 · dari hadapan-Nya: Kej 4:14; Kej 4:14; Kel 33:15; Kel 33:15 · Zedekia memberontak: Yeh 17:12-16

· dan Yehuda: Yes 3:1

· dari hadapan-Nya: Kej 4:14; [Lihat FULL. Kej 4:14]; Kel 33:15; [Lihat FULL. Kel 33:15]

· Zedekia memberontak: Yeh 17:12-16

Ref. Silang FULL: Yer 52:4 - yang kesepuluh // menyerang Yerusalem // tembok pengepungan // sekelilingnya · yang kesepuluh: Za 8:19 · menyerang Yerusalem: Yer 34:1 · tembok pengepungan: Yer 6:6; Yer 6:6 · sekelilingnya: Yeh 24:1...

· yang kesepuluh: Za 8:19

· menyerang Yerusalem: Yer 34:1

· tembok pengepungan: Yer 6:6; [Lihat FULL. Yer 6:6]

· sekelilingnya: Yeh 24:1-2

Ref. Silang FULL: Yer 52:6 - lagi makanan · lagi makanan: Im 26:26; Im 26:26; Yes 3:1; Yes 3:1; Rat 1:11

· lagi makanan: Im 26:26; [Lihat FULL. Im 26:26]; Yes 3:1; [Lihat FULL. Yes 3:1]; Rat 1:11

Ref. Silang FULL: Yer 52:7 - melarikan dirilah · melarikan dirilah: Rat 4:19

· melarikan dirilah: Rat 4:19

Ref. Silang FULL: Yer 52:9 - Mereka menangkap // ke Ribla // tanah Hamat · Mereka menangkap: Yer 21:7; Yer 21:7; Yer 32:4; Yer 32:4 · ke Ribla: Bil 34:11; Bil 34:11 · tanah Hamat: Bil 13:21; Bil 13:21...

· Mereka menangkap: Yer 21:7; [Lihat FULL. Yer 21:7]; Yer 32:4; [Lihat FULL. Yer 32:4]

· ke Ribla: Bil 34:11; [Lihat FULL. Bil 34:11]

· tanah Hamat: Bil 13:21; [Lihat FULL. Bil 13:21]

Ref. Silang FULL: Yer 52:10 - menyembelih anak-anak · menyembelih anak-anak: Yer 22:30; Yer 22:30

· menyembelih anak-anak: Yer 22:30; [Lihat FULL. Yer 22:30]

Ref. Silang FULL: Yer 52:11 - hari matinya · hari matinya: Yer 34:4; Yeh 12:13; 17:16

· hari matinya: Yer 34:4; Yeh 12:13; 17:16

Ref. Silang FULL: Yer 52:12 - yang kelima // datanglah Nebuzaradan · yang kelima: Za 7:5; 8:19 · datanglah Nebuzaradan: Yer 52:26

· yang kelima: Za 7:5; 8:19

· datanglah Nebuzaradan: Yer 52:26

Ref. Silang FULL: Yer 52:13 - Ia membakar // rumah // segala rumah · Ia membakar: 2Taw 36:19; 2Taw 36:19; Mazm 74:8; Mazm 74:8; Rat 2:6 · rumah: Ul 29:24; Ul 29:24; Mazm 79:1; Mi 3:12 · segala rum...

· Ia membakar: 2Taw 36:19; [Lihat FULL. 2Taw 36:19]; Mazm 74:8; [Lihat FULL. Mazm 74:8]; Rat 2:6

· rumah: Ul 29:24; [Lihat FULL. Ul 29:24]; Mazm 79:1; Mi 3:12

· segala rumah: Ul 13:16; [Lihat FULL. Ul 13:16]; Yer 19:13; [Lihat FULL. Yer 19:13]

Ref. Silang FULL: Yer 52:14 - Segala tembok · Segala tembok: Neh 1:3; Neh 1:3; Rat 2:8

· Segala tembok: Neh 1:3; [Lihat FULL. Neh 1:3]; Rat 2:8

Ref. Silang FULL: Yer 52:15 - yang menyeberang // dalam pembuangan · yang menyeberang: Yer 38:19; Yer 38:19 · dalam pembuangan: 2Raj 24:1; 2Raj 24:1; Yer 1:3; Yer 1:3

· yang menyeberang: Yer 38:19; [Lihat FULL. Yer 38:19]

· dalam pembuangan: 2Raj 24:1; [Lihat FULL. 2Raj 24:1]; Yer 1:3; [Lihat FULL. Yer 1:3]

Ref. Silang FULL: Yer 52:16 - itu ditinggalkan · itu ditinggalkan: Yer 40:6

· itu ditinggalkan: Yer 40:6

Ref. Silang FULL: Yer 52:17 - tiang-tiang tembaga // kereta penopang // laut tembaga // ke Babel · tiang-tiang tembaga: 1Raj 7:15; 1Raj 7:15 · kereta penopang: 1Raj 7:27-37 · laut tembaga: 1Raj 7:23; 1Raj 7:23 · ke Babe...

· tiang-tiang tembaga: 1Raj 7:15; [Lihat FULL. 1Raj 7:15]

· kereta penopang: 1Raj 7:27-37

· laut tembaga: 1Raj 7:23; [Lihat FULL. 1Raj 7:23]

· ke Babel: Yer 27:19-22

Ref. Silang FULL: Yer 52:18 - pisau-pisau, bokor-bokor // menyelenggarakan kebaktian · pisau-pisau, bokor-bokor: Bil 4:14; Bil 4:14 · menyelenggarakan kebaktian: Kel 27:3; Kel 27:3; 1Raj 7:45

· pisau-pisau, bokor-bokor: Bil 4:14; [Lihat FULL. Bil 4:14]

· menyelenggarakan kebaktian: Kel 27:3; [Lihat FULL. Kel 27:3]; 1Raj 7:45

Ref. Silang FULL: Yer 52:19 - pasu-pasu, perbaraan-perbaraan // kuali-kuali, kandil-kandil // cawan-cawan // dan piala-piala // dari perak · pasu-pasu, perbaraan-perbaraan: Im 10:1; Im 10:1; 1Raj 7:50; 1Raj 7:50 · kuali-kuali, kandil-kandil: Bil 3:31; Bil 3:31 · cawan...

· pasu-pasu, perbaraan-perbaraan: Im 10:1; [Lihat FULL. Im 10:1]; 1Raj 7:50; [Lihat FULL. 1Raj 7:50]

· kuali-kuali, kandil-kandil: Bil 3:31; [Lihat FULL. Bil 3:31]

· cawan-cawan: Kel 25:29

· dan piala-piala: Bil 4:7; [Lihat FULL. Bil 4:7]

· dari perak: Ezr 1:7; [Lihat FULL. Ezr 1:7]; Dan 5:2

Ref. Silang FULL: Yer 52:20 - lembu tembaga // tiada tertimbang · lembu tembaga: 1Raj 7:25 · tiada tertimbang: 1Raj 7:47; 1Raj 7:47

· lembu tembaga: 1Raj 7:25

· tiada tertimbang: 1Raj 7:47; [Lihat FULL. 1Raj 7:47]

Ref. Silang FULL: Yer 52:21 - dan geronggang · dan geronggang: 1Raj 7:15; 1Raj 7:15

· dan geronggang: 1Raj 7:15; [Lihat FULL. 1Raj 7:15]

Ref. Silang FULL: Yer 52:22 - ada ganja // buah-buah delima · ada ganja: 1Raj 7:16; 1Raj 7:16 · buah-buah delima: Kel 28:33; Kel 28:33

· ada ganja: 1Raj 7:16; [Lihat FULL. 1Raj 7:16]

· buah-buah delima: Kel 28:33; [Lihat FULL. Kel 28:33]

Ref. Silang FULL: Yer 52:23 - buah-buah delima // ada seratus · buah-buah delima: 1Raj 7:20 · ada seratus: Yer 52:17; Yer 52:17; Yer 27:19; Yer 27:19

· buah-buah delima: 1Raj 7:20

· ada seratus: Yer 52:17; [Lihat FULL. Yer 52:17]; Yer 27:19; [Lihat FULL. Yer 27:19]

Ref. Silang FULL: Yer 52:24 - menangkap Seraya // dan Zefanya // penjaga pintu · menangkap Seraya: 2Raj 25:18; 2Raj 25:18 · dan Zefanya: 2Raj 25:18; 2Raj 25:18; Yer 37:3; Yer 37:3 · penjaga pintu: 2Raj 12:9; ...

· menangkap Seraya: 2Raj 25:18; [Lihat FULL. 2Raj 25:18]

· dan Zefanya: 2Raj 25:18; [Lihat FULL. 2Raj 25:18]; Yer 37:3; [Lihat FULL. Yer 37:3]

· penjaga pintu: 2Raj 12:9; [Lihat FULL. 2Raj 12:9]

Ref. Silang FULL: Yer 52:25 - dan panitera · dan panitera: Yer 36:10

· dan panitera: Yer 36:10

Ref. Silang FULL: Yer 52:26 - Nebuzaradan · Nebuzaradan: Yer 52:12; Yer 52:12

· Nebuzaradan: Yer 52:12; [Lihat FULL. Yer 52:12]

Ref. Silang FULL: Yer 52:27 - di Ribla // pembuangan dari · di Ribla: Bil 34:11; Bil 34:11 · pembuangan dari: Yer 20:4; Yer 20:4

· di Ribla: Bil 34:11; [Lihat FULL. Bil 34:11]

· pembuangan dari: Yer 20:4; [Lihat FULL. Yer 20:4]

Ref. Silang FULL: Yer 52:28 - dalam pembuangan · dalam pembuangan: Ul 28:36; Ul 28:36; 2Taw 36:20; 2Taw 36:20; Neh 1:2; Neh 1:2

· dalam pembuangan: Ul 28:36; [Lihat FULL. Ul 28:36]; 2Taw 36:20; [Lihat FULL. 2Taw 36:20]; Neh 1:2; [Lihat FULL. Neh 1:2]

Ref. Silang FULL: Yer 52:30 - dalam pembuangan // seluruhnya · dalam pembuangan: Yer 43:3; Yer 43:3 · seluruhnya: Yer 13:19; Yer 13:19

· dalam pembuangan: Yer 43:3; [Lihat FULL. Yer 43:3]

· seluruhnya: Yer 13:19; [Lihat FULL. Yer 13:19]

Ref. Silang FULL: Yer 52:31 - sesudah Yoyakhin · sesudah Yoyakhin: 2Taw 36:9; 2Taw 36:9

· sesudah Yoyakhin: 2Taw 36:9; [Lihat FULL. 2Taw 36:9]

Ref. Silang FULL: Yer 52:33 - di hadapan · di hadapan: 2Sam 9:7; 2Sam 9:7

· di hadapan: 2Sam 9:7; [Lihat FULL. 2Sam 9:7]

Ref. Silang FULL: Yer 52:34 - yang perlu · yang perlu: 2Sam 9:10

· yang perlu: 2Sam 9:10

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Yer 52:1-34 - -- IV. APENDIKS: JATUHNYA YERUSALEM DAN PERISTIWA-PERISTIWA YANG BERKAITAN (52:1-34) Pasal ini nyaris sama dengan II Raja-Raja 24:18-25:30. Materi dalam...

IV. APENDIKS: JATUHNYA YERUSALEM DAN PERISTIWA-PERISTIWA YANG BERKAITAN (52:1-34)

Pasal ini nyaris sama dengan II Raja-Raja 24:18-25:30. Materi dalam II Raja-Raja yang dihilangkan di sini dimuat dalam Yeremia 40:7-43:7 (bdg. tafsiran atas 39:1). Apendiks ini mungkin ditambahkan pada Kitab Yeremia untuk menunjukkan betapa pesan sang nabi tentang hukuman digenapi.

Wycliffe: Yer 52:1 - Zedekia // Nama ibunya // Yeremia // Yoyakim 1. Zedekia. Bandingkan: Pendahuluan, latar belakang sejarah dari sang nabi; dan lihat mengenai 1:3. Nama ibunya. Lihat tafsiran atas 13:18. Yeremia ya...

1. Zedekia. Bandingkan: Pendahuluan, latar belakang sejarah dari sang nabi; dan lihat mengenai 1:3. Nama ibunya. Lihat tafsiran atas 13:18. Yeremia yang dimaksud di sini jelas bukan sang nabi. Yoyakim. Lihat tafsiran atas 1:3.

Wycliffe: Yer 52:7 - Taman raja // Dataran Yerikho 7. Dalam keadaan putus asa Zedekia dan pengawalnya melarikan diri melalui lembah-lembah gersang menuju ke Araba-Yordan - suatu patahan geologis di man...

7. Dalam keadaan putus asa Zedekia dan pengawalnya melarikan diri melalui lembah-lembah gersang menuju ke Araba-Yordan - suatu patahan geologis di mana terdapat Sungai Yordan dan Laut Mati. Dengan menyeberangi Sungai Yordan mereka akan berusaha bersembunyi di tempat sunyi di seberang Sungai Yordan. Taman raja terletak di sebelah selatan kota, dekat Lembah Kidron yang menurun menuju ke Laut Mati. -8. Dataran Yerikho. Adalah mengherankan bahwa raja dan pengiringnya berhasil lolos dari pasukan pengepung dan melarikan diri sedemikian jauh.

Wycliffe: Yer 52:9 - Ribla di Tanah Hamat 9. Ribla di Tanah Hamat. Ini adalah kota (mungkin Ribleh di tepi Sungai Orontes, tiga puluh enam mil sebelah timur laut Ba`al-bek) di mana bangsa Babe...

9. Ribla di Tanah Hamat. Ini adalah kota (mungkin Ribleh di tepi Sungai Orontes, tiga puluh enam mil sebelah timur laut Ba`al-bek) di mana bangsa Babel mempertahankan markas besar mereka (II Raj. 25:6, 7, 21).

Wycliffe: Yer 52:12 - Bulan yang kelima ... tanggal sepuluh // Tahun kesembilan belas // Nebuzaradan 12. Bulan yang kelima ... tanggal sepuluh. Menurut II Raja-Raja 25:8, peristiwa ini terjadi pada tanggal tujuh bulan kelima. Puasa orang Yahudi pada h...

12. Bulan yang kelima ... tanggal sepuluh. Menurut II Raja-Raja 25:8, peristiwa ini terjadi pada tanggal tujuh bulan kelima. Puasa orang Yahudi pada hari ketujuh bulan Ab (Agustus) adalah untuk mengingat kembali kehancuran Yerusalem karena peristiwa ini, juga kehancuran kota itu karena serbuan Titus tahun 70 M. Tahun kesembilan belas adalah 587 SM. Nebuzaradan. Lihat tafsiran atas 39:9.

Wycliffe: Yer 52:16 - Orang miskin dari negeri itu 16. Orang miskin dari negeri itu. Yeremia 40-45 menceritakan apa yang terjadi atas orang-orang ini sesudah itu.

16. Orang miskin dari negeri itu. Yeremia 40-45 menceritakan apa yang terjadi atas orang-orang ini sesudah itu.

Wycliffe: Yer 52:17-23 - -- 17-23. Perkakas-perkakas kudus dijarah dan diangkut ke Babel (bdg. I Raj. 6-8).

17-23. Perkakas-perkakas kudus dijarah dan diangkut ke Babel (bdg. I Raj. 6-8).

Wycliffe: Yer 52:24 - Seraya // Zefanya // Pegawai istana // Panitera panglima tentara 24. Seraya. Lihat tafsiran atas 51:59. Zefanya. Lihat tafsiran atas 29:25. 25. Pegawai istana. Lihat tafsiran atas 38:7. Panitera panglima tentara. Se...

24. Seraya. Lihat tafsiran atas 51:59. Zefanya. Lihat tafsiran atas 29:25. 25. Pegawai istana. Lihat tafsiran atas 38:7. Panitera panglima tentara. Sekretaris (asisten) panglima.

Wycliffe: Yer 52:27 - -- 27. Orang-orang ini dieksekusi (dihukum mati) karena memberontak terhadap kerajaan itu; bangsa Babel menganggap Yehuda sebagai negara jajahan untuk. b...

27. Orang-orang ini dieksekusi (dihukum mati) karena memberontak terhadap kerajaan itu; bangsa Babel menganggap Yehuda sebagai negara jajahan untuk. beberapa tahun, setidak-tidaknya sejak 605 SM.

Wycliffe: Yer 52:28 - tahun ketujuh 28. Deportasi pertama dijelaskan dalam II Raja-Raja 24:12-16. Menurut ayat tersebut jumlah orang yang diangkut adalah "sepuluh ribu." Perbedaan ini da...

28. Deportasi pertama dijelaskan dalam II Raja-Raja 24:12-16. Menurut ayat tersebut jumlah orang yang diangkut adalah "sepuluh ribu." Perbedaan ini dapat dicocokkan oleh sebagian Orang dengan menganggap bahwa angka dalam II Raja-Raja adalah jumlah orang yang diangkut dari Yerusalem; sedang Yeremia melaporkan jumlah orang yang tiba di Babel, di mana jumlah yang selebihnya gagal bertahan hidup dalam perjalanan tersebut. II Raja-Raja memberitahukan bahwa peristiwa itu terjadi pada tahun kedelapan pemerintahan Nebukadnezar, sedangkan menurut Yeremia adalah tahun ketujuh. Mengenai ini, bandingkan tafsiran atas ayat 29.

Wycliffe: Yer 52:29 - tahun kedelapan belas 29. Deportasi kedua terjadi pada tahun kedelapan belas pemerintahan Nebukadnezar; yaitu tahun kehancuran kota itu (587 SM), dilaporkan sebagai tahun k...

29. Deportasi kedua terjadi pada tahun kedelapan belas pemerintahan Nebukadnezar; yaitu tahun kehancuran kota itu (587 SM), dilaporkan sebagai tahun kesembilan belas dalam ayat 12. Sistem pemberian tanggal berdasarkan tahun pemerintahan raja sangat membingungkan. Kadang tahun di mana raja itu mulai berkuasa dihitung sebagai tahun pertama; pada kesempatan-kesempatan lain (dan di tempat lain) tahun pertama penuh (yakni tahun yang berawal dari perayaan Tahun Baru pertama sesudah raja naik takhta) dianggap sebagai tahun pertamanya. Fakta inilah yang tampaknya bisa menjelaskan perbedaan atau kesenjangan satu tahun dalam kronologi periode Babel (bdg. tafsiran atas ay. 28).

Wycliffe: Yer 52:30 - Nebuzaradan 30. Deportasi ketiga. Tidak dilaporkan pada bagian-bagian lain. Deportasi itu mungkin dikarenakan oleh suatu operasi militer Babel menghukum orang-ora...

30. Deportasi ketiga. Tidak dilaporkan pada bagian-bagian lain. Deportasi itu mungkin dikarenakan oleh suatu operasi militer Babel menghukum orang-orang Yahudi yang telah melakukan gangguan-gangguan pada saat pembunuhan terhadap Gedalya (bdg. pasal 40; 41; tafsiran atas 40:7). Nebuzaradan. Lihat 39:9.

Wycliffe: Yer 52:31-34 - -- 4) Yoyakhin Dibebaskan dari Penjara (52:31-34) Bagian ini diceritakan kembali dalam II Raja-Raja 25:27-30 (bdg. Yer. 22:24-30). Setelah berkuasa sela...

4) Yoyakhin Dibebaskan dari Penjara (52:31-34)

Bagian ini diceritakan kembali dalam II Raja-Raja 25:27-30 (bdg. Yer. 22:24-30). Setelah berkuasa selama tiga bulan, Yoyakhin ditawan ke Babel (II Raj. 24:8-17). Dia tidak pernah kembali. Meterai yang ditemukan di Palestina membawa kita pada kesimpulan bahwa orang-orang Yehuda tetap menganggap dia sebagai raja yang memerintah, sementara Zedekia (pamannya) menjadi raja pendamping. Lempengan-lempengan bertuliskan huruf paku yang ditemukan di Babel menguatkan cerita tentang masa pensiun Yoyakhin ini (bdg. tafsiran atas 22:30).

Wycliffe: Yer 52:31 - Ewil-Merodakh // Menunjukkan belas kasihan // pelayan pribadi raja 31. Ewil-Merodakh. Anak laki-laki dan penerus Nebukadnezar. Menunjukkan belas kasihan. Ungkapan dalam bahasa Ibrani untuk bagian ini secara harfiah ar...

31. Ewil-Merodakh. Anak laki-laki dan penerus Nebukadnezar. Menunjukkan belas kasihan. Ungkapan dalam bahasa Ibrani untuk bagian ini secara harfiah artinya Merodakh melihat yoyakhin dengan kemurahan dan mengizinkan dia menemui raja - arti harfiah frasa itu diterjemahkan menjadi pelayan pribadi raja (ay. 25). Bertemu raja (di istana) adalah kemurahan terbesar yang bisa diharapkan orang dalam politik (bdg. Kej. 40:13,20; bandingkan Est. 7:8).

Wycliffe: Yer 52:34 - Raja Babel selalu memberikannya kepadanya 34. Raja Babel selalu memberikannya kepadanya. Inilah cara pada zaman kuno untuk menyatakan bahwa biaya hidup Yoyakhin ditanggung oleh pemerintah; dia...

34. Raja Babel selalu memberikannya kepadanya. Inilah cara pada zaman kuno untuk menyatakan bahwa biaya hidup Yoyakhin ditanggung oleh pemerintah; dia diberi hak pensiun.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Yer 52:1-11 - Yerusalem Direbut oleh Nebukadnezar Sejarah merupakan juru ulas terbaik bagi nubuat. Oleh sebab itu, supaya dapat lebih memahami nubuat-nubuat dalam kitab yang berkaitan dengan keh...

Matthew Henry: Yer 52:12-23 - Pembuangan ke Babel Pembuangan ke Babel (52:12-23) Di sini kita mendapati uraian tentang kehancuran menyedihkan yang dilakukan pasukan Kasdim satu bulan sesudah kota...

Matthew Henry: Yer 52:24-30 - Pembuangan ke Babel Pembuangan ke Babel (52:24-30) Di sini kita melihat uraian yang sangat menyedihkan, 1. Tentang pembunuhan berdarah dingin terhadap beberapa ...

Matthew Henry: Yer 52:31-34 - Yoyakhin Mendapat Belas Kasihan Ewil-Merodakh Yoyakhin Mendapat Belas Kasihan Ewil-Merodakh (52:31-34) Perikop kisah tentang pemulihan raja Yoyakhin di pembuangan ini juga telah kita baca seb...

SH: Yer 52:1-23 - Ketaatan dan ketidaktaatan (Minggu, 7 Oktober 2007) Ketaatan dan ketidaktaatan Meski nubuat penghukuman Babel begitu dahsyat, bukan berarti Yehuda dapat berbuat semau-maunya, di luar kehendak Tuhan...

SH: Yer 52:1-34 - Kasih setia Allah. (Jumat, 1 Juni 2001) Kasih setia Allah. Kitab Yeremia ditutup dengan kisah runtuhnya Kerajaan Yehuda. Ini merupakan pengulangan dari II Raja-raja 24:18-25:30 dan Yeremia ...

SH: Yer 52:24-34 - Kepastian Pembuangan (Senin, 8 Oktober 2007) Kepastian Pembuangan Fokus utama pemberitaan Yeremia adalah rencana Tuhan membuang umat-Nya ke Babel oleh karena dosa-dosa mereka. Namun itu ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Yeremia (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yeremia Tema : Hukuman Allah Tidak Terelakkan bagi Yehuda yang Tidak Bertobat. Tanggal Penulisan: + ...

Full Life: Yeremia (Garis Besar) Garis Besar I. Panggilan dan Penugasan Yeremia (Yer 1:1-19) II. Firman Nubuat Yeremia Kepada Yehuda (Yer 2:1-33:...

Matthew Henry: Yeremia (Pendahuluan Kitab) Nubuat-nubuat dalam Perjanjian Lama, seperti surat-surat kerasulan dalam Perjanjian Baru, ditempatkan lebih menurut panjang pendeknya daripada m...

Jerusalem: Yeremia (Pendahuluan Kitab) YEREMIA Nabi Yeremia lahir di sekitar thn. 650 seb. Mas., lebih kurang seabad lebih sedikit sesudah nabi Yesaya. Yeremia berasal dari sebuah keluarga ...

Ende: Yeremia (Pendahuluan Kitab) JEREMIAH PENDAHULUAN Didjaman terachir dari sedjarah umat Allah sebelum api penjutjian jang berupa pembuangannja ke Babel dalam th.587, karunia kenabi...

Ende: Yeremia (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR KITAB PARA NABI PENDAHULUAN Kitab para nabi, jang terdjemahan Indonesianja kami sadjikan bersama ini, memuat sedjumlah tulisan kenabian, jak...

Wycliffe: Yeremia (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN YEREMIA Masa Hidup Yeremia. Setelah wafatnya Salomo dan terpecahnya kerajaannya, sejarah Kerajaan Yehuda kelihatan mencatat empat kemeros...

Wycliffe: Yeremia (Garis Besar) GARIS BESAR YEREMIA I. Nubuat Melawan Teokrasi (1:1-25:38) A. Panggilan bagi Sang Nabi (1:1-19) B. Teguran dan Peringatan-p...

BIS: Yeremia (Pendahuluan Kitab) YEREMIA PENGANTAR Nabi Yeremia hidup antara bagian terakhir abad ketujuh dan bagian pertama abad keenam Sebelum Masehi. Lama sekali Yeremia bekerja

YEREMIA

PENGANTAR

Nabi Yeremia hidup antara bagian terakhir abad ketujuh dan bagian pertama abad keenam Sebelum Masehi. Lama sekali Yeremia bekerja sebagai nabi, dan selama waktu itu ia selalu memperingatkan umat Allah tentang bencana yang akan menimpa mereka karena mereka berdosa dan menyembah berhala. Nubuatan itu menjadi kenyataan pada masa Yeremia masih hidup: Nebukadnezar raja Babel merebut dan menghancurkan Yerusalem serta Rumah TUHAN yang ada di situ; raja Yehuda bersama rakyatnya diangkut ke Babel. Yeremia juga menubuatkan bahwa orang-orang itu akan kembali dari pembuangan dan keadaan bangsa Israel pulih kembali.

Buku Yeremia dapat dibagi dalam beberapa bagian seperti yang berikut ini:

  1. (1) Pesan dari TUHAN kepada bangsa Yehuda dan penguasa-penguasanya pada masa pemerintahan Yosia, Yoyakim, Yoyakhin, dan Zedekia.
  2. (2) Petikan-petikan dari buku catatan Barukh sekretaris Yeremia, termasuk berbagai nubuatan dan peristiwa penting dalam kehidupan Yeremia.
  3. (3) Pesan dari TUHAN tentang berbagai bangsa asing.
  4. (4) Catatan pelengkap mengenai kisah jatuhnya Yerusalem dan pembuangan ke Babel.

Nabi Yeremia adalah seorang yang berperasaan halus. Ia sangat cinta kepada bangsanya, dan sama sekali tidak suka menubuatkan hukuman ke atas mereka. Di dalam beberapa bagian dari bukunya ia berbicara dengan penuh perasaan tentang penderitaannya karena ia dipanggil oleh Allah untuk menjadi nabi. Perkataan TUHAN adalah seperti api di dalam hatinya; mau tidak mau ia harus menyampaikannya kepada bangsanya.

Yang paling indah dalam buku ini ialah kata-kata TUHAN yang menunjuk kepada suatu masa yang akan datang. Pada masa itu akan ada suatu ikatan janji yang baru dengan Allah. Umat TUHAN akan mentaati janji itu tanpa ada guru yang mengingatkan mereka. Sebab janji itu akan tertulis di dalam hati mereka (Yer 31:31-34).

Isi

  1.  Panggilan Yeremia
    Yer 1:1-19
  2.  Nubuat-nubuat selama pemerintahan Yosia, Yoyakim, Yoyakhin, dan Zedekia
    Yer 2:1-25:38
  3.  Kejadian-kejadian dalam kehidupan Yeremia
    Yer 26:1-45:5
  4.  Nubuat-nubuat terhadap bangsa-bangsa
    Yer 46:1-51:64
  5.  Jatuhnya Yerusalem
    Yer 52:1-34

Ajaran: Yeremia (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengetahui isi Kitab Yeremia, anggota Jemaat mengerti bahwa Allah sangat membenci ketidaktaatan anak-anaknya, tetapi juga Ia ad

Tujuan

Supaya dengan mengetahui isi Kitab Yeremia, anggota Jemaat mengerti bahwa Allah sangat membenci ketidaktaatan anak-anaknya, tetapi juga Ia adalah Allah Yang Maha Pengampun terhadap anak-anak-Nya yang mau bertobat dari dosanya.

Pendahuluan

Penulis : Nabi Yeremia.

Isi Kitab: Kitab Yeremia terbagi atas 52 pasal, yang berisi hal sejarah pemberitaan penghukuman yang akan dialami oleh bangsa Israel karena ketidaktaatannya dan pemberitaan tentang kelahiran Raja, tunas dari Daud serta keadaan dalam pemerintahannya.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Yeremia

  1. Pasal 1 (Yer 1:1-19).

    Yeremia dipanggil menjadi hamba Allah

    Pendalaman

    Perhatikan pasal 1; Yer 1:1-19 dan apakah yang terjadi dengan Yeremia?

  2. Pasal 2-25 (Yer 2:1-25:38).

    Pemberitaan tentang keadaan masa depan bangsa Israel dan Yehuda

    1. Allah mencela kejahatan bangsa Yehuda. (Pasal 2-10; Yer 2:1-10:25).
    2. Penganiayaan terhadap Yeremia di Anatot. (Pasal 11; Yer 11:1-23).
    3. Yeremia memberitakan kejahatan dan dosa bangsa Yehud (Pasal 13-20; Yer 13:1-20:18).
    4. Pemberitaan tentang pembuangan bangsa Yehuda ke Babe selama 71 tahun (Pasal 25; Yer 25:1-38).

    Pendalaman

    Mengapakah bangsa Israel dihukum Allah dan ke manakah mereka akan dibuang? (perhatikan pasal 25; Yer 25:1-38).

  3. Pasal 26-45 (Yer 26:1-45:5).

    Penjelasan tentang pelayanan Yeremia

    1. Yeremia memberitakan kehancuran Bait Suci dan penganiayaan ole Hananya terhadap dirinya (pasal 26-29; Yer 26:1-29:32).
    2. Yeremia memberitahukan janji Allah tentang pemulihan keadaan bangs Israel, serta diperbaharuinya janji Allah kepada bangsa Israel (pasa 30- 34; Yer 30:1-34:22).
    3. Yeremia dimasukkan ke dalam sumur karena pemberitaannya (pasal 37-39 Yer 37:1-39:18).
    4. Yeremia terpaksa ikut mengungsi ke Mesir (pasal 40-45; Yer 40:1-45:5).

    Pendalaman

    (1). Perhatikan pasal Yer 31:31-34. Apakah yang dikatakan tentang Perjanjian Baru? (2). Mengapakah Yeremia dimasukkan ke dalam sumur? (pasal Yer 37:1-6) (3). Dan apa yang terjadi selanjutnya? (pasal Yer 43:1-7).

  4. Pasal 46-51 (Yer 46:1-51:64).

    Pemberitaan tentang masa depan bangsa-bangsa lain.

    1. Pemberitaan keadaan masa depan bangsa-bangsa Mesir, Filistin Moab, Amon, Edom, Damsyik (pasal 46-49; Yer 46:1-49:39).
    2. Pemberitaan keadaan masa depan bangsa Babe (pasal 50-51; Yer 50:1-51:64).

    Pendalaman

    Bacalah pasal Yer 46:27-28. Apakah yang terjadi atas bangsa-bangsa Mesir, Filistin, Moab, Amon, Edom, Damsyik, Babel, dan juga atas bangsa Israel?

  5. Pasal 52 (Yer 52:1-34).

    Pemberitaan tentang kehancuran kota suci di Yerusalem.

    Pendalaman Apakah sebabnya kota Yerusalem dihancurkan? (bacalah pasal Yer 52:1-3).

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Kitab Yeremia mengajarkan bahwa di dalam melayani dan menjadi hamba Allah kita tidak terlepas dari penderitaan dan aniaya.

  2. Panggilan Yeremia mengajarkan bahwa Allah mau memanggil seseorang untuk menjadi hamba-Nya dengan sepenuh waktu.

  3. Kitab Yeremia mengajarkan bahwa Allah sangat membenci ketidaktaatan anak- anak-Nya, tetapi Ia mengampuni anak-anak-Nya yang mau bertobat dari kesalahannya.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah yang menulis Kitab Yeremia?
  2. Apakah isi Kitab Yeremia?
  3. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan setelah mempelajari Kita Yeremia?

Intisari: Yeremia (Pendahuluan Kitab) Kesia-siaan formalitas MASALAH NUBUATANKitab Yeremia sulit dibaca secara berurutan karena panjang dan tidak mempunyai pola kronologis yang teratur.

Kesia-siaan formalitas

MASALAH NUBUATAN
Kitab Yeremia sulit dibaca secara berurutan karena panjang dan tidak mempunyai pola kronologis yang teratur.

PENJELASAN
Pertama, tidak ada alasan mengapa suatu buku harus dibuat dalam urutan kronologis yang teratur. Kitab ini tidak dimaksudkan sebagai buku sejarah, walaupun berisi fakta-fakta sejarah. Yeremia merupakan kitab nubuatan, bukan semata-mata buku sejarah. Kedua, dalam pasal Yer 36 diterangkan bahwa telah terjadi penulisan kembali dari kitab aslinya. Raja Yoyakim membaca naskah aslinya, tetapi kemudian dibakarnya. Secara umum dapat dikatakan bahwa pasal Yer 1:1-20:18 kebanyakan ditulis pada masa pemerintahan Yosia dan sisanya dari masa pemerintahan Yoyakim, yaitu Yoyakim dan Zedekia. Selain itu, bagian pertama terutama berisi nubuatan ditambah dengan sedikit biografi dan sejarah, tetapi bagian kedua merupakan biografi dan sejarah ditambah sedikit nubuatan.

KEHIDUPAN DAN ZAMAN YEREMIA
Yeremia menjadi nabi selama lebih dari empat puluh tahun: dari tahun ketiga belas Raja Yosia, yaitu tahun 627 SM sampai penghancuran kota Yerusalem dan permulaan masa pengasingan dalam tahun 587/6 SM. Yeremia dibesarkan pada masa pemerintahan Raja Manasye yang membelot dari Tuhan, dan melihat sedikit perbaikan pada zaman reformasi Yosia, tetapi tidak terjadi pertobatan secara nasional. Pada permulaan masa ini Asyur dan Mesir merupakan dua kekuatan besar. Bangsa Asyur dikalahkan oleh Babel pada tahun 612 SM dan demikian halnya dengan Mesir yang dihancurkan di Karkemis pada tahun 605 SM. Sejak saat itu Yeremia terus menerus mendorong Yehuda untuk menyerah kepada Babel, untuk menerima segala konsekuensi dari dosa-dosa mereka yaitu Pembuangan. Dia tahu bahwa masa Pembuangan akan berakhir dengan pengampunan dan pemulihan Allah secara dramatis.

PESIMIS ATAU OPTIMIS?
Yeremia sering disebut "Nabi Kehancuran". Tetapi dia juga "Nabi yang Pengharapannya tak pernah goyah". Hukuman atas dosa tidak dapat dihindari, tetapi di atas semua itu Yeremia melihat bahwa Allah selalu menunggu untuk mengampuni. Yeremia membeberkan tiga dosa yang utama:
o penyembahan berhala. Yer 7:30-8:3; 19:1-15;
o amoralitas. Yer 5:1-9
o nubuatan palsu: Yer 7:3-11; 14:11-16; 23:9-40
Ajaran Yeremia yang utama ialah bahwa tidaklah cukup hanya mengetahui dosa-dosa kita atau bahkan menyesalinya saja. Pertobatanlah yang dituntut oleh Allah.

Pesan

Yer 7:1-29
Ayat-ayat ini mengandung ringkasan dari pesan Yeremia yang ditulis dengan jelas. Di sini kita melihat lima tahapan; melalui Yeremia, Allah:
o menuntut dan menggambarkan pertobatan yang sejati
o menyadarkan umat akan perasaan aman mereka yang tidak benar
o merinci dosa-dosa mereka
o menerangkan tentang isi Hukum yang benar
o memperingatkan tentang penghukuman yang tak dapat dihindari

1. Tempat semua itu terjadi
Yeremia seorang pengkhotbah, bukan penulis. Dia harus berbicara di muka umum. Yang dimaksud dengan pintu gerbang Rumah Tuhan mungkin pintu yang terletak antara halaman dalam dan luar tempat jemaat yang berbakti di dalam dan para pedagang yang berada di luar dapat mendengar. Yer 7:1,2a

2. Yeremia mulai dengan himbauan
"Perbaikilah cara hidup dan tingkah lakumu." Pertobatan bukanlah semata-mata mengatakan "saya menyesal", tetapi perubahan sikap dan perbuatan. Perhatikan bagaimana orang Yehuda merasakan perasaan aman yang bodoh: "Ini adalah Rumah Tuhan", oleh karena kita memiliki Rumah Tuhan maka kita pun memiliki Allah. Kehadiran Allah secara nyata dibuktikan oleh sikap dan perbuatan kita, bukan dengan memiliki simbol-simbol keagamaan berupa salib atau Alkitab dan gereja. Yer 7:2-8

3. Aman terhadap dosa
Inilah pendapat mereka: kita mempunyai Rumah Tuhan, oleh karena itu kita boleh bertindak semau kita. Pencurian, pembunuhan, perzinahan, kebohongan, bahkan penyembahan berhala... setelah itu kita pergi ke gereja untuk sedikit beribadat. Yer 7:9-11

4. Silo
Pada waktu bangsa Israel memasuki Kanaan, didirikanlah Tenda Pertemuan di Silo, dan Silo tetap merupakan pusat penyembahan sampai pada zaman Hakim-hakim. Tetapi Mazmur 78:56-64 menggambarkan bahwa Silo dihancurkan ketika mereka memberontak, dan bangsa Yahudi seharusnya sekarang menyadari bahwa bangunan Rumah Tuhan sekalipun tidak dapat menyelamatkan mereka. Yer 7:12-15

5. Dosa keluarga
Seluruh anggota keluarga bergabung dalam penyembahan kepada Istar, dewi perang dan cinta. Perhatikan bukan saja hal-hal yang baik yang menarik, tetapi juga hal-hal yang buruk. Yer 7:16-20; 2Ti 1:4,5

6. Ketaatan, bukti iman
Inti dari kesalehan bukanlah pengorbanan tetapi kerendahan hati, ketaatan dan cara hidup yang suci. Yer 7:21-29

Penerapan

1. Sindrom kesuksesan
Banyak orang Kristen yang beranggapan salah dengan berharap bahwa jika mereka menjalani hidup yang baik, maka mereka akan hidup dalam kelimpahan, terpandang dalam masyarakat dan dihormati. Hal ini memang seringkali terjadi. Kitab Yeremia mengingatkan bahwa hal ini tidak selamanya demikian. Orang yang selalu dapat diandalkan karena berbicara benar boleh jadi akan menjadi bahan tertawaan.

2. Penampilan agama
Pada suatu ketika seorang Hindu menyampaikan pendapatnya di hadapan seorang misionaris Kristen, "Saya tidak akan pernah mengampuni Saudara, karena Saudara mengatakan bahwa kekristenan itu suatu agama". Kekristenan bukanlah hanya suatu agama dengan peraturan-peraturan yang harus dipatuhi, berpuasa dan perayaan-perayaan serta doa-doa yang dipanjatkan. Kekristenan merupakan suatu jalan kehidupan. Kekristenan adalah kehidupan, kehidupan yang utuh. Di sinilah kegagalan yang menyedihkan yang dialami oleh bangsa Yahudi pada zaman Yeremia. Mereka semuanya "beragama". Mereka semua percaya kepada tuhan... segala macam tuhan. Pasal Yer 7 memperingatkan tentang hal-hal lahiriah dalam penampilan agama. Surat Yakobus yang pendek banyak mengulas hal ini.

3. Dosa yang tak terampuni
Apakah kita dapat melakukan sesuatu semau kita? Mungkinkah menantang Allah terus menerus? Tidak bertobat sampai akhirnya terlambat? Pasal Yer 16 menunjukkan bahwa hal itu mungkin, kita dapat menantang Allah sedemikian rupa sampai Dia meninggalkan kita. Di bawah ini adalah sebagian dari firman Tuhan yang paling serius dari keseluruhan isi Alkitab: "Aku telah menarik damai sejahtera pemberian-Ku daripada bangsa ini" (Yer 16:5). Perhatikan juga keterbatasan pengampunan yang ada dalam Perjanjian Baru (Mat 12:22-37).

Tema-tema Kunci

1. Dosa
Orang mempunyai pengertian yang salah tentang dosa. Dosa merupakan suatu istilah keagamaan yang diartikan sebagai pengabaian kewajiban keagamaan. Oleh karena itu, Allah hanya berurusan dengan apa yang terjadi pada suatu hari dalam seminggu, dan apa yang terjadi pada enam hari lainnya bukan urusan-Nya! Bacalah dengan saksama semua pasal dan catatlah semua hal yang dianggap oleh Yeremia sebagai dosa manusia. Apa yang menjadi pertanda yang umum? Lihat Yohanes 16:5-11. Apa definisi dosa?
Mengapa kita boleh berharap bahwa percaya kepada Yesus akan mengubah tingkah laku manusia?

2. Penyembahan berhala: dosa dan lambang-lambang
Suatu hal yang aneh bahwa kita selalu ingin melihat sesuatu pada waktu beribadah. Oleh karena itu, agama-agama dunia biasanya memberikan sesuatu, misalnya patung-patung Budha raksasa yang tersebar di seluruh Asia. Tetapi, perhatikanlah bagaimana lambang-lambang alkitabiah pada akhirnya berubah menjadi ilah-ilah. Pelajari kisah tentang ular tembaga (Bil 21:4-9; 2Ra 18:1-4). Pelajari sejarah Tabut Perjanjian (Kel 25:10-22; 1Sa 4:11). Perhatikan juga larangan Allah terhadap segala bentuk patung dewa untuk disembah (Kel 20:4-6,22,23). Bagaimana semua ini berhubungan dengan kekristenan? Apakah ada bahaya dalam penggunaan salib waktu beribadah?

3. Khotbah dengan menggunakan ilustrasi
Yeremia banyak menggunakan ilustrasi dalam khotbahnya untuk memastikan bahwa orang akan mengingat apa yang telah dikatakannya. Dia berbicara mengenai perkawinan, perceraian dan pelacuran. Dia berbicara mengenai tenda dan pokok anggur. Dia menggambarkan perang, kereta dan kelahiran, burung-burung di sangkar, unta di gurun. Kumpulkanlah semua ilustrasi itu. Bandingkan mereka dengan jenis ilustrasi yang dipakai oleh Tuhan kita. Mengapa mereka sedemikian mirip? Jenis ilustrasi bahasa yang bagaimana yang kita harapkan digunakan oleh Yeremia modern?

4. Penjunan (pasal 18)
Telusuri tema ini dalam seluruh Alkitab. (Lihat khususnya Maz 2:1-9; Yes 45:9,10; 64:8,9; Rom 9:19-29.) Apa hubungan utama antara penjunan dan tanah liat? Mengapa?

YEREMIA (2)

Arti keberhasilan

KEBERHASILAN YEREMIA
Bagian kedua dari kitab nubuatan ini sebagian besar merupakan riwayat hidup. Kita melihat apa yang terjadi pada utusan Allah yang setia itu. Dia berhasil karena melakukan apa yang Allah perintahkan, tidak lebih dan tidak kurang; sebab apa yang dinubuatkannya menjadi kenyataan; sebab Allah terus memakainya sebagai utusan-Nya yang istimewa dan sebab Yeremia menyukakan hati Allah. Tetapi dilihat dari sudut manusiawi dia tidak terlalu berhasil. Yeremia ditentang oleh nabi-nabi lainnya, diserahkan oleh penguasa kepada orang banyak, diancam dan dipenjarakan.

PENULISNYA
Nama Yeremia mungkin berarti "Allah meninggikan". Nama itu boleh jadi merupakan harapan orang-tuanya atas Israel, tetapi arti itu lebih mendekati apa yang diharapkan oleh mereka untuknya. Yeremia menerima panggilan pada waktu masih muda, dan ia menjadi juru bicara Allah selama empat puluh tahun. Dia tetap dipakai sampai pada akhir hidupnya. Dan, dia tetap dipakai bahkan sesudah kematiannya. Namanya sering dikutip dalam Perjanjian Baru. Yeremia dibesarkan pada waktu pemerintahan raja Manasye yang jahat, oleh karenanya ia menyambut baik reformasi yang dilakukan oleh raja Yosia. Tetapi lambat laun ia menyadari bahwa perubahan yang terjadi hanya hal- hal yang di luar saja. Perubahan itu tidak menyentuh kehidupan rakyat, hati maupun motivasi mereka. Dengan demikian, tugas Yeremia menjadi nyata sebagai orang yang harus memberitakan hukuman yang tidak dapat dihindari -- namun janji keselamatan, tetapi penghakiman harus diterima terlebih dahulu.

RAJA-RAJA
Raja ketiga dari kelima raja yang memerintah pada masa hidupnya dan yang dikhotbahinya dapat dikatakan lebih menonjol daripada yang lain. Dalam pasal Yer 36 Yoyakim diberi kesempatan untuk mempelajari nubuatan Yeremia secara mendalam. Kata-kata nubuatan ditulis dan dibacakan untuknya. Tetapi perhatikanlah komentar ini: "Raja... tidak menunjukkan rasa takut..." (Yer 24). Reaksi Yoyakim adalah menghancurkan gulungan yang berisi perkataan-perkataan Yeremia. Percobaan untuk menolak kebenaran dan menghindarkan diri dari maksud pesan Yeremia itu mengalami kegagalan. Sebenarnya ia bahkan tidak mendapat kepuasan dari perusakan kitab tersebut. Dia malah membuka jalan untuk penulisan kitab yang lebih panjang dengan tema yang sama. Firman Tuhan tidak akan lenyap apabila diabaikan atau diserang (Yes 40:8).

Pesan

Yeremia menunjukkan kepada kita apa artinya menjadi utusan Allah.

1. Panggilan terhadap Yeremia
Yeremia sama seperti Yesaya (Yes 6) merasa tidak mampu untuk memikul tugas yang dibebankan kepadanya, ia juga mengalami jamahan Allah. Yer 1:1-10

2. Pelajaran dari buli-buli tanah liat
Yeremia menggunakan alat bantu visual. Buli-buli yang pecah merupakan lambang penghakiman. Reaksi terhadap kejadian itu seharusnya pertobatan. Hal itu tidak pernah terjadi. Sebaliknya iman Yeremia sendiri diserang. Dia dipenjarakan, dan berseru (Yer 20:7-18) "Mengapa?" Harapannya ditelanjangi, kecuali harapannya terhadap Allah. Yer 19:1-20:18

3. Insiden tentang kuk
Bukan saja tidak mendapat tanggapan dari rakyat, Yeremia malahan diperhadapkan dengan para "nabi" lain. Dapat diterka bahwa di antara tuduhan-tuduhan mereka terdapat "kecongkakan". Para pengkhotbah dewasa ini dapat mengalami perlakuan yang sama. Yer 27:1-28:17

4. Yeremia dan orang-orang Rekhab
Selalu ada penghiburan: orang-orang Rekhab dengan kesetiaan mereka yang sederhana terhadap nenek moyang mereka merupakan pengecualian yang mendorong semangat. Jangan terlalu menekankan hal-hal yang suram (lihat Elia, 1Ra 19:1-18). Yer 35:1-19

5. Insiden kitab gulungan
Yeremia tidak mendapat dukungan dari rakyat, nabi, imam atau raja. Berita mengenai pembakaran kitab ini boleh jadi membuatnya patah semangat, tetapi Yeremia tetap berjuang. Yer 36:1-32

6. Dari penjara bawah tanah sampai tangki air
Apa yang dipikirkannya waktu penderitaan yang di hadapinya dan bukannya kelepasannya? Dan pertolongan datang dari sumber yang tidak diduga-dua, seorang Etiopia. Yer 37:1-38:13

7. Tidak ada akhir yang bahagia
Seperti Yeremia, beberapa utusan Allah hanya melihat cahaya terang pada akhir terowongan... Yer 41:1-44:30

Penerapan

1. Kapan bersikap pesimis
Kitab Yeremia menyajikan suatu pengajaran yang sangat penting bagi para pengkhotbah: tidak mungkin mengkhotbahkan berita kesukaan tanpa mengkhotbahkan juga berita yang buruk. Yeremia tahu seluk beluk kasih Allah, perjanjian dengan Allah, kuasa Allah untuk menyelamatkan dan keinginan Allah untuk menyelamatkan. Tetapi misi-Nya tidak hanya memberitakan penyelamatan, melainkan juga penghakiman. Orang yang berkhotbah mengenai keselamatan boleh jadi mendapati bahwa dirinya disenangi, tetapi berkhotbah mengenai penghakiman... mengandung kemungkinan dipukuli dan dilempari batu serta dipenjarakan. Dapat menawarkan keselamatan bagi manusia merupakan hal yang indah. Tetapi hukuman dan penghakiman merupakan sisi lain dari koin yang sama yang merupakan bagian yang sama pentingnya dengan berita tentang penyelamatan Allah. Anugerah murahan adalah surga tanpa neraka, keselamatan tanpa pertobatan, kasih tanpa keadilan, kerasulan tanpa disiplin.

2. Perasaan iba Yeremia
Tetapi terdapat banyak pengkhotbah yang menyenangi neraka. Merka senang sekali berkhotbah tentang neraka. Yeremia bukanlah manusia seperti itu. Dia tentunya akan merasa senang untuk berpikir bahwa nubuatan Nabi Hananya tentang kedamaian akan digenapi: "Amin! Moga-moga Tuhan berbuat demikian!" (Yer 28:6). Tetapi dia harus terus meyakinkan mereka bahwa hal ini bukan kehendak Allah. Pengkhotbah tidak boleh selalu memikirkan tentang neraka. Allah sendiri pun tidak demikian! Neraka harus dikhotbahkan... tetapi harus selalu didorong oleh rasa belas kasihan seperti yang dimiliki Yeremia, dan bukan karena perasaan culas.

3. Kerendahan hati pengkhotbah
Dari permulaan ("Aku ini masih muda", Yer 1:6) sampai pada akhirnya Yeremia tahu menempatkan dirinya. Semuanya selalu dikatakannya: "Beginilah firman Tuhan" (Yer 51:1, dan seterusnya).

Tema-tema Kunci

1. Pesan yang terkandung dalam sejarah
Meskipun kitab Yeremia tidak disusun secara kronologis, kitab ini tidak dapat dimengerti dengan baik jika tidak dalam konteks sejarah yang bersangkutan. Bagaimanapun juga Yeremia aktif bekerja selama empat puluh tahun, yaitu selama masa pemerintahan lima orang raja dan mungkin juga pada masa yang paling penuh kekerasan dalam sejarah bangsa Israel. Telusuri kembali latar belakang sejarahnya melalui 2Ra 21:1-25:30 (masa pemerintahan raja Manasye, pada waktu Yeremia masih kecil) dan 2Ta 33:1-36:23. Perhatikan adanya penunjukkan tentang waktu dalam nubuatan-nubuatan Yeremia (Yer 1:2,3; 3:6; 21:1; 24:1; 26:1; 27:1; 28:1; 29:2; 32:1; 34:1,8; 35:1; 36:1; 37:1; 38:14; 39:1; 41:1; 45:1; 49:34). Cobalah untuk menghubungkan sejarah dengan nubuatan Yeremia.

2. Nubuatan juga teologi
Perhatikan bahwa dalam "Buku Penghakiman Kedua" (pasal Yer 46-51), yang di dalamnya tertulis mengenai penghakiman terhadap sepuluh kelompok orang, tempat yang paling sering dipakai adalah Babel (Yer 50:1-46; 51:1-64). Babel mempunyai arti teologi penting dalam Alkitab, yang dimulai dengan pemberontakan terhadap Allah di Babel (nama lain untuk Babilonia dalam Wahyu 18. Perhatikan juga dua nyanyian ejekan dalam Yesaya yang masing-masing menjadi bagian penting dalam nubuatan Yesaya (pasal Yer 13 dan Yer 47). Bandingkanlah kedua pasal itu. Bandingkan sejarah kerajaan Babel dengan jatuhnya Yerusalem. Arti penting apa yang dapat kita berikan pada kedua kota ini sebagai simbol teologi?

3. Kembali dari pembuangan ke Israel
Baik Yesaya maupun Yeremia banyak bercerita tentang pembuangan umat Allah dan kembalinya mereka ke Israel. Tetapi tidak semua nubuatan digenapi dengan kepulangan mereka dari pembuangan di bawah pimpinan Ezra dan Nehemia. Perhatikan ketujuh pernyataan yang dibuat mengenai kembalinya mereka (Yer 32:37-41). Berapa bagian dari nubuatan itu yang digenapi oleh orang-orang buangan yang kembali dari Babel? Berapa banyak yang sudah digenapi dengan kembalinya bangsa Israel pada zaman ini? Berapa banyak lagi yang masih harus dipenuhi? (Lihat juga Yesaya 43:1-21; 49:1-26; 52:1-12; 60:1-22).

Garis Besar Intisari: Yeremia (Pendahuluan Kitab) [1] KITAB PENGHAKIMAN Yer 1:1-25:38 [2] PENGANTAR Yer 1:1-19 Panggilan dan penugasan Yeremia [3] PENGANTAR PENGHAKIMAN Yer 2:1-6:30 Yer 2:1-

[1] KITAB PENGHAKIMAN Yer 1:1-25:38

[2] PENGANTAR Yer 1:1-19

Panggilan dan penugasan Yeremia

[3] PENGANTAR PENGHAKIMAN Yer 2:1-6:30

Yer 2:1-3:5Dakwaan
Yer 3:6-4:4Himbauan untuk bertobat
Yer 4:5-31Peringatan: penghakiman dari Babel
Yer 5:1-31Tidak diketemukan orang yang saleh
Yer 6:1-30Peringatan kembali: penghakiman dari Babel

[4] KHOTBAH PENUNTUTAN Yer 7:1-10:25

Yer 7:1-29Hal-hal di luar agama
Yer 7:30-8:3Penghakiman atas penyembahan berhala I
Yer 8:4-22Ketegaran hati pendosa
Yer 9:1-26Pasal penuh air mata
Yer 10:1-16Penghakiman atas penyembahan berhala II
Yer 10:17-22Peringatan akan ancaman penghancuran
Yer 10:23-25Doa hamba Tuhan I

[5] HUKUMAN YANG AKAN DITERIMA Yer 11:1-13:27

Yer 11:1-17Perjanjian dan kutukan
Yer 11:18-23Rencana jahat terhadap hamba Allah I
Yer 12:1-17Keluhan: Mengapa orang jahat hidup makmur?
Yer 13:1-14Ikat pinggang yang terkubur dan guci anggur yang rusak
Yer 13:15-27Ancaman pembuangan

[6] BAYANGAN KEHANCURAN Yer 14:1-20:18

Yer 14:1-15:21Kekeringan, kelaparan dan perang
Yer 16:1-21Ketika Allah meninggalkan umat-Nya
Yer 17:1-11Nasib orang duniawi
Yer 17:12-18Doa hamba Allah II
Yer 17:19-27Pentingnya Hari Sabat
Yer 18:1-12Di rumah tukang periuk
Yer 18:13-17Tuduhan tukang periuk
Yer 18:18-23Rencana jahat terhadap hamba II
Yer 19:1-15Tanda dari periuk tanah liat
Yer 20:1-6Yeremia bertengkar dengan Imam Pasyur
Yer 20:7-18Keluhan hamba Allah

[7] KEHIDUPAN DAN KEMATIAN Yer 21:1-24:10

Yer 21:1-14Kapan hidup berarti mati dan mati berarti hidup
Yer 22:1-30Hukuman bagi raja-raja
Yer 23:1-8"Cabang yang Benar": tawaran pengampunan
Yer 23:9-40Nabi-nabi palsu
Yer 24:1-10Dua keranjang buah ara

[8] KESIMPULAN Yer 25:1-38

Yer 25:1-14Tujuh puluh tahun masa pembuangan
Yer 25:15-38Murka Allah

[1] KITAB RIWAYAT HIDUP YANG PERTAMA Yer 26:1-29:32

Yer 26:1-15Ancaman kematian
Yer 26:16-24Pertahanan dan pembebasan
Yer 27:1-22Tanda kuk kayu
Yer 28:1-11Kuk kayu patah
Yer 28:12-17Kuk besi: "Coba patahkan!"
Yer 29:1-32Yeremia menulis sepucuk surat

[2] KITAB PENGHIBURAN Yer 30:1-33:26

Yer 30:1-24Belas kasihan setelah penghakiman
Yer 31:1-20Kembalinya hari-hari bahagia
Yer 31:21-40Hari-hari baru mengundang cara hidup yang baru
Yer 32:1-25Yeremia membeli ladang
Yer 32:26-44Pentingnya transaksi itu
Yer 33:1-26Janji kesehatan dan kesembuhan

[3] KITAB RIWAYAT HIDUP YANG KEDUA Yer 34:1-44:30

Yer 34:1-7 Raja Zedekia diberi peringatan
Yer 34:8-22Perbudakan: janji yang tidak ditepati
Yer 35:1-19Orang-orang Rekhab: minuman tak beralkohol dan tempat tidur yang keras
Yer 36:1-32Bakarlah kitab itu!
Yer 37:1-21Yeremia dipenjarakan
Yer 38:1-6Yeremia dimasukkan ke dalam perigi
Yer 38:7-13Kebaikan hati seorang penolong yang berani
Yer 38:14-28Zedekia mengajukan beberapa pertanyaan
Yer 39:1-18Jatuhnya kota Yerusalem
Yer 40:1-6Yeremia dibebaskan
Yer 40:7-41:3Gubernur dibunuh
Yer 41:4-15Sebuah kisah penganiayaan dan pembunuhan massal
Yer 41:16-42:22Mengungsi ke Mesir? "Tidak!" kata Yeremia
Yer 43:1-13Mengungsi ke Mesir? "Ya" kata Yohanan
Yer 44:1-30Mengungsi ke Mesir? "Kasihan!" kata Allah

[4] KITAB PENGHAKIMAN YANG KEDUA Yer 45:1-51:64

Yer 45:1-5Pengantar: pesan untuk Baruk
Yer 46:1-28Pesan untuk Mesir
Yer 47:1-7Pesan untuk orang Filistin
Yer 48:1-47Pesan untuk orang Filistin
Yer 49:1-6Pesan untuk Amon
Yer 49:7-22Pesan untuk Edom
Yer 49:23-27Pesan untuk Damsyik
Yer 49:28-33Pesan untuk Kedar dan Hazor
Yer 49:34-39Pesan untuk Elam
Yer 50:1-51:64Penutup: pesan untuk Babel

[5] TAMBAHAN FAKTA SEJARAH Yer 52:1-34

Yer 52:1-30Yerusalem ditaklukkan, rakyatnya dibuang ke pengasingan
Yer 52:31-34Tanda-tanda harapan
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #04: Coba gunakan range (OT dan NT) pada Pencarian Khusus agar pencarian Anda lebih terfokus. [SEMUA]
dibuat dalam 1.11 detik
dipersembahkan oleh YLSA