Teks -- Hakim-hakim 3:7-31 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Hak 3:7 - ORANG ISRAEL MELAKUKAN APA YANG JAHAT.
Nas : Hak 3:7
Kitab Hakim-Hakim mencatat bahwa Israel mengalami enam siklus
kemurtadan, perbudakan, berseru kepada Allah, pembebasan oleh Allah, da...
Nas : Hak 3:7
Kitab Hakim-Hakim mencatat bahwa Israel mengalami enam siklus kemurtadan, perbudakan, berseru kepada Allah, pembebasan oleh Allah, dan kemudian terjatuh kembali
(lihat cat. --> Hak 2:10).
[atau ref. Hak 2:10]
Peristiwa-peristiwa sejarah ini mengungkap beberapa kebenaran mendasar:
- 1) Kecenderungan alami umat Allah, bahkan setelah mengalami kebangunan dan pemulihan, adalah kemerosotan rohani kembali. Hanya iman yang sungguh-sungguh, rasa bersyukur yang tulus, usaha yang tekun untuk mencari wajah Allah, dan penolakan terus-menerus terhadap cara hidup fasik masyarakat kafir akan memungkinkan umat Allah memelihara kasih, visi, dan kemurnian mereka yang semula.
- 2) Sejarah keselamatan mengungkapkan umat yang enggan untuk belajar dan mengambil manfaat dari kemerosotan rohani dan dampak yang menyedihkan dari angkatan orang percaya sebelumnya.
- 3) Pemberontakan dan ketidakpercayaan bukan hal sepele; keduanya merupakan penghinaan terhadap Allah yang benar dan akan mendatangkan hukuman-Nya. Ketika umat Allah merendahkan atau berkompromi dalam hal standar-standar mereka yang berasal dari Allah, mereka akan kehilangan berkat-berkat yang dijanjikan dan kehadiran-Nya sebagai Bapa.
- 4) Allah adalah Allah yang bermurah hati, selalu siap untuk menanggapi
seruan pertobatan umat-Nya. Dia senantiasa memungkinkan terjadinya suatu
permulaan baru oleh kasih karunia melalui iman kepada-Nya
(lihat art. PESAN KRISTUS KEPADA TUJUH JEMAAT).
Full Life: Hak 3:10 - ROH TUHAN MENGHINGGAPI DIA.
Nas : Hak 3:10
Para hakim Israel diberi kuasa adikodrati oleh Roh Allah (bd.
Gideon, Hak 6:34; Yefta, Hak 11:29; Simson, Hak 13:25; 14:6,19;
Hak 15...
Nas : Hak 3:10
Para hakim Israel diberi kuasa adikodrati oleh Roh Allah (bd. Gideon, Hak 6:34; Yefta, Hak 11:29; Simson, Hak 13:25; 14:6,19; Hak 15:14); yaitu, mereka adalah pemimpin yang berkharisma. Dengan kemampuan rohani ini, mereka menerima kuasa dan hikmat yang diperlukan untuk melaksanakan hal-hal luar biasa bagi Allah dan Israel
(lihat cat. --> Hak 10:7).
[atau ref. Hak 10:7]
Full Life: Hak 3:21 - EHUD...DIHUNUSNYA PEDANG ITU.
Nas : Hak 3:21
Tindakan Ehud bukan pembunuhan, tetapi suatu tindakan perang yang
diperintahkan Allah secara langsung (ayat Hak 3:15). Di bawah
perj...
Nas : Hak 3:21
Tindakan Ehud bukan pembunuhan, tetapi suatu tindakan perang yang diperintahkan Allah secara langsung (ayat Hak 3:15). Di bawah perjanjian yang baru, perang suci Israel sebagai suatu teokrasi telah digantikan dengan perang rohani melawan Iblis dan kekuatan setan-setan
(lihat cat. --> Rom 8:13;
lihat cat. --> Ef 6:11).
Jerusalem: Hak 3:7 - Orang Israel Di sini mulailah rangkaian riwayat-riwayat Hakim-hakim. mengenai gelar itu bdk Hak 2:16+
Di sini mulailah rangkaian riwayat-riwayat Hakim-hakim. mengenai gelar itu bdk Hak 2:16+
Jerusalem: Hak 3:8 - Kusyan-Risyataim Nama itu berarti: Kusyan yang kejahatannya rangkap dua. Ini kiranya sebuah nama tua yang disengaja dirubah untuk menghina.
Nama itu berarti: Kusyan yang kejahatannya rangkap dua. Ini kiranya sebuah nama tua yang disengaja dirubah untuk menghina.
Jerusalem: Hak 3:12-30 - -- Ceritera mengenai Ehud ini berlatar belakang sbb: Orang Moab sudah melangkahi anak sungai Arnon dan menduduki "dataran Moab". Mereka juga sudah menyeb...
Ceritera mengenai Ehud ini berlatar belakang sbb: Orang Moab sudah melangkahi anak sungai Arnon dan menduduki "dataran Moab". Mereka juga sudah menyeberangi sungai Yordan, sebab raja mereka berkediaman di Yerikho (Kota Pohon Korma). Dengan demikian orang Moab sudah berada di wilayah suku Benyamin. Perambatan Moab tsb berhubungan dengan kemerosotan suku Ruben pada awal zaman para Hakim. Penyusun kitab Hakim tidak banyak menambah pada ceritera asli. Tangannya terasa dalam Hak 3:12,15 dan Hak 3:30. Ia memakai sebuah ceritera yang mungkin beredar di Gilgal, Hak 3:19. Dengan senang hati dan tanpa penilaian moril ceritera ini mengisahkan akal yang dipakai Ehud, orang Benyamin. Hak 3:27-29 memperluas kegiatan Ehud sehingga merangkum seluruh Israel. Ini ditambah pada ceritera asli.
Jerusalem: Hak 3:19 - batu-batu berpahat Yang dimaksudkan kiranya berhala-berhala. Jelaslah batu-batu itu dikenalkan baik oleh penduduk setempat, sehingga dipakai sebagai petunjuk tempat. Kit...
Yang dimaksudkan kiranya berhala-berhala. Jelaslah batu-batu itu dikenalkan baik oleh penduduk setempat, sehingga dipakai sebagai petunjuk tempat. Kita tidak tahu berhala macam apa batu-batu itu, tetapi pasti tidak dimaksudkan batu-batu yang ditegakkan Yosua, Yos 4:19-20, yang tidak disebut "batu-batu berpahat" (berhala-berhala).
Jerusalem: Hak 3:22 - sehingga hulunya.... Hak 3:22-23 dalam naskah Ibrani kurang jelas dan beberapa kata yang dipakai tidak diketahui artinya. Terjemahan Indonesia ini bersandar pada terjemaha...
Hak 3:22-23 dalam naskah Ibrani kurang jelas dan beberapa kata yang dipakai tidak diketahui artinya. Terjemahan Indonesia ini bersandar pada terjemahan Yunani.
Jerusalem: Hak 3:24 - membuang air Harafiah: menutup kakinya. Ini ungkapan halus yang berarti: membuang air.
Harafiah: menutup kakinya. Ini ungkapan halus yang berarti: membuang air.
Jerusalem: Hak 3:31 - -- Catatan mengenai Samgar ini adalah sebuah sisipan, bdk Hak 4:1, yang menyambung ceritera tentang Ehud. Nama Samgar adalah nama asing dan ia rupanya be...
Catatan mengenai Samgar ini adalah sebuah sisipan, bdk Hak 4:1, yang menyambung ceritera tentang Ehud. Nama Samgar adalah nama asing dan ia rupanya berasal dari Bet-Anat yang terletak di Galilea yang tetap dikuasai orang Kanaan, Hak 1:33. Adapun sebabnya mengapa Samgar dimasukkan ke dalam rangkaian para Hakim ialah Hak 5:6 yang disalahartikan.
Ende: Hak 3:7-10 - -- Dengan tjontoh ini (dan jang ber-ikut2 pula) si penjusun membuktikan kebenaran
adjaran, jang dibentangkannja dalam Hak 2:10-19.
Dengan tjontoh ini (dan jang ber-ikut2 pula) si penjusun membuktikan kebenaran adjaran, jang dibentangkannja dalam Hak 2:10-19.
Ende: Hak 3:7 - Asjera ialah 'Asjtoret dan menundjuk baik dewi itu sendiri maupun tugu
angkar jang mendjadi lambangnja. Seringkali berarti hanja tugu angkar itu:
ialah 'Asjtoret dan menundjuk baik dewi itu sendiri maupun tugu angkar jang mendjadi lambangnja. Seringkali berarti hanja tugu angkar itu:
Ende: Hak 3:10 - Roh Jahwe jang menuruni 'Otniel (dan hakim2 lainnja) ialah tenaga ilahi
jang chas, jang memampukannja untuk melakukan tugas chusus, perbuatan2 jang
gagah. Makan...
jang menuruni 'Otniel (dan hakim2 lainnja) ialah tenaga ilahi jang chas, jang memampukannja untuk melakukan tugas chusus, perbuatan2 jang gagah. Makanja siapa jang sesungguhnja menjelamatkan ialah Jahwe sendiri.
Ende: Hak 3:13 - Kota Kurma disini pasti Jeriho. Djadi kota ini telah dibangun kembali dan
didiami oleh Israil, kendati kutuk Josjua'? Atau adalah maksudnja hanja daerah
Jeriho?
disini pasti Jeriho. Djadi kota ini telah dibangun kembali dan didiami oleh Israil, kendati kutuk Josjua'? Atau adalah maksudnja hanja daerah Jeriho?
Ende: Hak 3:14 - -- Sebenarnja hanja satu suku sadja jang ditindas. Tetapi "bila satu anggota
menderita, maka seluruh badan menderita". Dibidang keagamaan semua suku adal...
Sebenarnja hanja satu suku sadja jang ditindas. Tetapi "bila satu anggota menderita, maka seluruh badan menderita". Dibidang keagamaan semua suku adalah satu bangsa sadja.
Ende: Hak 3:22-23 - -- Tjara Ehud melarikan diri, kurang djelas dalam ajat2 ini. Beberapa kata Hibrani
tidak diketahui maknanja.
Tjara Ehud melarikan diri, kurang djelas dalam ajat2 ini. Beberapa kata Hibrani tidak diketahui maknanja.
(2x), diperbaiki Tertulis: "Aram Naharim, Aram".
Endetn: Hak 3:13 - menduduki diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Latin (Vlg.). Tertulis djamak.
diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Latin (Vlg.). Tertulis djamak.
diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "sakit (beranak)".
diperbaiki sesuai dengan terdjemahan Junani. Tertulis: "marahlah".
Ref. Silang FULL: Hak 3:7 - melupakan Tuhan // para Asyera · melupakan Tuhan: Ul 4:9; Ul 32:18; Ul 32:18; Hak 8:34; Mazm 78:11,42; 106:7; Yer 23:27
· para Asyera: Kel 34:13; Kel 34:13; Hak 2:11...
· melupakan Tuhan: Ul 4:9; Ul 32:18; [Lihat FULL. Ul 32:18]; Hak 8:34; Mazm 78:11,42; 106:7; Yer 23:27
· para Asyera: Kel 34:13; [Lihat FULL. Kel 34:13]; Hak 2:11,13; [Lihat FULL. Hak 2:11]; [Lihat FULL. Hak 2:13]; 1Raj 16:33; 2Taw 34:7; Yes 17:8
Ref. Silang FULL: Hak 3:8 - Ia menjual // kepada Kusyan-Risyataim // raja Aram-Mesopotamia · Ia menjual: Hak 2:14; Mazm 44:13; Yes 50:1; 52:3
· kepada Kusyan-Risyataim: Hak 3:10
· raja Aram-Mesopotamia: Kej 24:10; Kej 24...
· Ia menjual: Hak 2:14; Mazm 44:13; Yes 50:1; 52:3
· kepada Kusyan-Risyataim: Hak 3:10
Ref. Silang FULL: Hak 3:9 - Lalu berserulah // seorang penyelamat // yakni Otniel · Lalu berserulah: Hak 3:15; Hak 6:6,7; 10:10; 1Sam 12:10; Mazm 106:44; 107:13
· seorang penyelamat: Ul 28:29; Ul 28:29; Neh 9:27
&middo...
· Lalu berserulah: Hak 3:15; Hak 6:6,7; 10:10; 1Sam 12:10; Mazm 106:44; 107:13
· seorang penyelamat: Ul 28:29; [Lihat FULL. Ul 28:29]; Neh 9:27
Ref. Silang FULL: Hak 3:10 - menghinggapi dia // menyerahkan Kusyan-Risyataim // raja Aram · menghinggapi dia: Bil 11:25; Bil 11:25; Hak 6:34; 11:29; 13:25; 14:6,19; 15:14; 1Sam 11:6; 16:13; 1Raj 18:46; 1Taw 12:18; 2Taw 24:20; Yes 11:...
· menghinggapi dia: Bil 11:25; [Lihat FULL. Bil 11:25]; Hak 6:34; 11:29; 13:25; 14:6,19; 15:14; 1Sam 11:6; 16:13; 1Raj 18:46; 1Taw 12:18; 2Taw 24:20; Yes 11:2
· menyerahkan Kusyan-Risyataim: Hak 3:8
Ref. Silang FULL: Hak 3:11 - Lalu amanlah // puluh tahun // anak Kenas · Lalu amanlah: Hak 3:30; Yos 14:15; Yos 14:15; Hak 5:31; 8:28
· puluh tahun: Kel 16:35; Kel 16:35
· anak Kenas: Yos 15:17; Yos 1...
Ref. Silang FULL: Hak 3:12 - mata Tuhan // raja Moab · mata Tuhan: Hak 2:11,14; Hak 2:11; Hak 2:14
· raja Moab: 1Sam 12:9
· mata Tuhan: Hak 2:11,14; [Lihat FULL. Hak 2:11]; [Lihat FULL. Hak 2:14]
· raja Moab: 1Sam 12:9
Ref. Silang FULL: Hak 3:13 - bani Amon // bani Amalek // Pohon Korma · bani Amon: Kej 19:38; Kej 19:38; Hak 10:11
· bani Amalek: Kej 14:7; Kej 14:7
· Pohon Korma: Hak 1:16; Hak 1:16
Ref. Silang FULL: Hak 3:15 - seorang penyelamat // yakni Ehud // yang kidal // mengirimkan upeti · seorang penyelamat: Hak 3:9; Hak 3:9
· yakni Ehud: Hak 3:16; Hak 4:1
· yang kidal: Hak 20:16; 1Taw 12:2
· mengirimkan up...
· seorang penyelamat: Hak 3:9; [Lihat FULL. Hak 3:9]
· yakni Ehud: Hak 3:16; Hak 4:1
· yang kidal: Hak 20:16; 1Taw 12:2
· mengirimkan upeti: Hak 3:17,18; 2Sam 8:2,6; 1Raj 4:21; 2Raj 17:3; Est 10:1; Mazm 68:30; 72:10; 89:23; Pengkh 2:8; Yes 60:5; Hos 10:6
Ref. Silang FULL: Hak 3:17 - menyampaikan upeti // sangat gendut · menyampaikan upeti: Hak 3:15; Hak 3:15
· sangat gendut: Ayub 15:27; Mazm 73:4
· menyampaikan upeti: Hak 3:15; [Lihat FULL. Hak 3:15]
· sangat gendut: Ayub 15:27; Mazm 73:4
Ref. Silang FULL: Hak 3:20 - rumah peranginannya // ia berdiri · rumah peranginannya: Am 3:15
· ia berdiri: Neh 8:6
· dihunusnya pedang: 2Sam 2:16; 3:27; 20:10
· menjadi bingung: 2Raj 2:17; 8:11
Ref. Silang FULL: Hak 3:27 - ditiupnyalah sangkakala · ditiupnyalah sangkakala: Im 25:9; Im 25:9; Hak 6:34; 7:18; 2Sam 2:28; Yes 18:3; Yer 42:14
Ref. Silang FULL: Hak 3:28 - orang-orang Moab // dalam tanganmu // sungai Yordan · orang-orang Moab: Kej 19:37; Kej 19:37
· dalam tanganmu: Yos 2:24; Yos 2:24; Hak 1:2; Hak 1:2
· sungai Yordan: Bil 13:29; Bil 1...
Ref. Silang FULL: Hak 3:30 - itu Moab // maka amanlah · itu Moab: Kej 36:35; Kej 36:35
· maka amanlah: Hak 3:11; Hak 3:11
Ref. Silang FULL: Hak 3:31 - bin Anat // orang Filistin // enam ratus · bin Anat: Hak 5:6
· orang Filistin: Yos 13:2; Hak 10:11; 13:1; 1Sam 5:1; 31:1; 2Sam 8:1; Yer 25:20; 47:1
· enam ratus: Yos 23:1...
· bin Anat: Hak 5:6
· orang Filistin: Yos 13:2; Hak 10:11; 13:1; 1Sam 5:1; 31:1; 2Sam 8:1; Yer 25:20; 47:1