Teks -- Ester 8:1-17 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Est 8:3 - DIBATALKANNYA MAKSUD JAHAT HAMAN.
Nas : Est 8:3
Sekalipun Haman digantung sebagai akibat dari campur tangan Allah
yang adil (Est 7:10), keputusan raja untuk memusnahkan semua orang
...
Nas : Est 8:3
Sekalipun Haman digantung sebagai akibat dari campur tangan Allah yang adil (Est 7:10), keputusan raja untuk memusnahkan semua orang Yahudi masih berlaku. Bahkan raja sendiri tidak bisa mengubah keputusan itu (ayat Est 8:8). Akan tetapi, sebagai tanggapan atas permohonan Ester, raja mengeluarkan keputusan kedua yang memberikan hak kepada orang Yahudi untuk membela diri dan melawan pada hari yang ditetapkan sebagai hari pemusnahan mereka (ayat Est 8:9-17). Biasanya Allah tidak menyelamatkan umat-Nya terlepas dari keikutsertaan mereka yang setia, namun Ia senantiasa bersama mereka untuk mengerjakan pembebasan mereka; yaitu pembebasan Israel adalah akibat tindakan bersama Allah dengan orang-orang percaya yang setia (lih. Fili 2:12-13).
Full Life: Est 8:17 - DITIMPA KETAKUTAN KEPADA ORANG YAHUDI.
Nas : Est 8:17
Bukan saja Allah membuat orang Yahudi mampu mempertahankan diri
mereka
(lihat cat. --> Est 8:3 sebelumnya),
[ata...
Nas : Est 8:17
Bukan saja Allah membuat orang Yahudi mampu mempertahankan diri mereka
(lihat cat. --> Est 8:3 sebelumnya),
[atau ref. Est 8:3]
tetapi Allah juga menyebabkan penduduk negeri itu takut akan orang Yahudi (bd. Est 9:2; Neh 6:16). Dengan kata lain, umat Allah benar-benar menjadi lebih terkemuka karena komplotan Haman.
Jerusalem: Est 8:5 - membunuh dan membinasakannya Penggorokan massal itu tentu saja tidak benar-benar terjadi, bdk Pengantar. Tetapi ceritera tentang pembunuhan itupun tidak bermaksud membakar dan mem...
Penggorokan massal itu tentu saja tidak benar-benar terjadi, bdk Pengantar. Tetapi ceritera tentang pembunuhan itupun tidak bermaksud membakar dan membenarkan nafsu balas dendam. Hal ihwal yang tidak masuk akal, jumlah yang seenak-enaknya dibesar-besarkan dan tekanan ceritera sendiri menyingkapkan maksud penulis: ia ingin memperlihatkan (seperti kerap kali terjadi dalam Alkitab) bagaimana nasib orang terbalik menguntungkan bagi mereka yang tertindas. Maksud itu terungkap dalam sebuah ceritera yang sesuai dengan alam pikiran orang dahulu, seperti juga terungkap dalam ceritera-ceritera tentang peperangan. Selebihnya penulis mengetrapkan hukum pembalasan.
Jerusalem: Est 8:12 - -- TAMBAHAN YUNANI 6:1-21. Antara Est 8:12 dan Est 8:13 naskah Ibrani, terjemahan Yunani menyisipkan salinan surat yang dikirim raja Ahasyweros itu. Lih....
Dalam terjemahan Yunani terbaca: lima belas ribu.
Ende: Est 8:2 - -- Mordekai diangkat mendjadi pengganti Haman, pendjawat tertinggi dan jang paling
berkuasa dalam keradjaan. Demikianlah ia nanti dapat mengambil tindaka...
Mordekai diangkat mendjadi pengganti Haman, pendjawat tertinggi dan jang paling berkuasa dalam keradjaan. Demikianlah ia nanti dapat mengambil tindakan jang merupakan kebalikan dari tindakan Haman
Ende: Est 8:8 - tulisan itu ialah penetapan Haman dahulu. Itu tidak dapat langsung
dibatalkan oleh radja. Maka ia harus menempuh djalan lain jaitu dengan
memberikan idjin kepada ...
ialah penetapan Haman dahulu. Itu tidak dapat langsung dibatalkan oleh radja. Maka ia harus menempuh djalan lain jaitu dengan memberikan idjin kepada orang2 Jahudi untuk membela dirinja sendiri dan membunuh semua orang jang mau melaksanakan penetapan Haman tadi.
Ende: Est 8:12 - -- [12k] Anehnja, bahwa Haman disini disebut "orang Makedonia" (Junani), padahal
ditempat lain disebut "orang Agag". Orang2 Makedonia baru didjaman Iskan...
[12k] Anehnja, bahwa Haman disini disebut "orang Makedonia" (Junani), padahal ditempat lain disebut "orang Agag". Orang2 Makedonia baru didjaman Iskandar Zulkarnain mendjadi musuh Parsi. Karena itu rupanja bagian ini dikarang sesudah djaman itu dan karena permusuhan Makedonia Haman disebut orang Makedonia, musuh bukan dari orang2 Jahudi sadja, tetapi djuga dari radja sendiri.
[12p-q] Pikiran2 serta pudjian ini memang anggapan Jahudi, jang ditaruh dalam mulut radja kafir itu.
[12u] Dengan ajat itu radja Xerxes sebenarnja sudah membebankan perajaan Purim, jang nanti akan dibebankan dan diatur oleh Mordekai dan Ester.
Ende: Est 8:15 - kain kapas Terdjemahan ini tidak pasti, seperti djuga "utas kapas putih"
dalam Est 1:6.
Terdjemahan ini tidak pasti, seperti djuga "utas kapas putih" dalam Est 1:6.
Ende: Est 8:17 - -- Ketakutan jang mendjatuhi bangsa2 kafir (9,2.3) dalam istilah Kitab Sutji ialah
ketakutan jang datang dari Allah. Meski namaNja tidak disebut, itupun ...
Ketakutan jang mendjatuhi bangsa2 kafir (9,2.3) dalam istilah Kitab Sutji ialah ketakutan jang datang dari Allah. Meski namaNja tidak disebut, itupun menjatakan rasa keigamaan kitab Ester.
· milik Haman: Ams 22:22-23
Ref. Silang FULL: Est 8:2 - mencabut cincin // harta milik · mencabut cincin: Kej 24:22; Kej 24:22; Kej 41:42; Kej 41:42
· harta milik: Kej 41:41; Kej 41:41; Ams 13:22; 14:35; Dan 2:48
· orang Agag: Kel 17:8-16; [Lihat FULL. Kel 17:8] s/d 16
· telah disulakan: Ul 21:22-23; [Lihat FULL. Ul 21:22]; [Lihat FULL. Ul 21:23]
Ref. Silang FULL: Est 8:8 - Tuliskanlah // dan meteraikanlah // dengan cincin // ditarik kembali · Tuliskanlah: Est 3:12-14; Est 3:12 s/d 14
· dan meteraikanlah: Kej 38:18; Kej 38:18
· dengan cincin: Kej 41:42; Kej 41:42
&midd...
Ref. Silang FULL: Est 8:9 - ke Etiopia // dan bahasanya · ke Etiopia: Est 1:1
· dan bahasanya: Neh 13:24; Neh 13:24
Ref. Silang FULL: Est 8:11 - untuk merampas · untuk merampas: Kej 14:23; Kej 14:23; Est 3:13; Est 3:13; Est 9:10,15,16
· untuk merampas: Kej 14:23; [Lihat FULL. Kej 14:23]; Est 3:13; [Lihat FULL. Est 3:13]; Est 9:10,15,16
· bulan Adar: Est 3:13; 9:1
Ref. Silang FULL: Est 8:15 - Dan Mordekhai // tajuk emas // kain lenan // dan bersukaria · Dan Mordekhai: Est 9:4; 10:2
· tajuk emas: 2Sam 12:30; 2Sam 12:30
· kain lenan: Kej 41:42; Kej 41:42
· dan bersukaria: E...
· Dan Mordekhai: Est 9:4; 10:2
· tajuk emas: 2Sam 12:30; [Lihat FULL. 2Sam 12:30]
· kain lenan: Kej 41:42; [Lihat FULL. Kej 41:42]
· dan bersukaria: Est 3:15
Ref. Silang FULL: Est 8:16 - dan sukacita // dan kehormatan · dan sukacita: Mazm 97:10-12
· dan kehormatan: Est 4:1-3; Mazm 112:4; Yer 29:4-7
· dan sukacita: Mazm 97:10-12
· dan kehormatan: Est 4:1-3; Mazm 112:4; Yer 29:4-7
Ref. Silang FULL: Est 8:17 - ada sukacita // karena mereka // ditimpa ketakutan · ada sukacita: Mazm 35:27; 45:16; 51:10; Ams 11:10
· karena mereka: Est 9:3
· ditimpa ketakutan: Kel 15:14,16; Kel 15:14; Kel 15...
· ada sukacita: Mazm 35:27; 45:16; 51:10; Ams 11:10
· karena mereka: Est 9:3
· ditimpa ketakutan: Kel 15:14,16; [Lihat FULL. Kel 15:14]; [Lihat FULL. Kel 15:16]; Ul 11:25; Dan 6:27