BARCLAY: 4232
HAAG: Istana Pretorium
PEDOMAN: Istana
MYSABDA: Balai Pengadilan
BROWNING: ISTANA PRETORIUM
ENSIKLOPEDIA: ISTANA
Praetorium
Dalam versi-versi Alkitab:
balai pengadilan: ENDE TLbalirong: LDKDR
dalam balai: SBDR
dipaseban: KL1863
gedoeng-bitjara: KL1870
gedong-bitjara: KL1863
gedung pengadilan: TB
istana: BABA BIS ENDE FAYH SBDR TL WBTCDR
istana gubernur: BIS
istana pemerentah: SBDR
istana-nya: BABA
iwan: LDKDR
kabalai: KL1870
markas tentara: FAYH
Praetorium: WBTCDR
pretorium: ENDE
roemah bitjara: KL1863
rumah Majelis Bicara: TL
rumah pemerintah: SBDR
Yunani
Strongs #4232: praitwrion praitorion
1) "head-quarters" in a Roman camp, the tent of the commander-in-chief2) the palace in which the governor or procurator of a province
resided, to which use the Romans were accustomed to appropriate
the palaces already existing, and formerly dwelt in by kings or
princes; at Jerusalem it was a magnificent palace which Herod the
Great had built for himself, and which the Roman procurators
seemed to have occupied whenever they came from Caesarea to
Jerusalem to transact public business
3) the camp of the Praetorian soldiers established by Tiberius
4232 praitorion prahee-to'-ree-on
of Latin origin; the praetorium or governor's courtroom (sometimes including the whole edifice and camp): KJV -- (common, judgment) hall (of judgment), palace, praetorium.[Barclay]
Strongs #4232:
ou [neuter] markas besar (tentara) atau tempat tinggal (gubernus); kawal istanaIstana [haag]
Istana.
Secara arkeologis ~I berbentuk sebuah --> rumah yang besar. ~I itu menonjol sekali di dalam penempatan dan artinya. Di dalam Alkitab ~I yang disebutkan atau diandaikan ada itu adalah:
- (1) ~I Salomo di Yerusalem (1Raj 7:1-12). Keterangan tentang ~I Salomo tidak sempurna dan tidak tepat, sehingga sekarang hanya dapat diutarakan, bahwa ~I dan kenisah dilingkari sebuah tembok yang sama. Bangunan ~I didirikan di sekeliling dua buah serambi depan. ~I yang disebutkan adalah rumah-hutan-Libanon (barangkali yang dimaksudkan adalah sebuah tempat penyimpanan alat senjata pemerintah yang dibangun dari kayu Aras Libanon), kemudian ~I kediaman Salomo dan ~I puteri Firaun. Semua ~I itu menggunakan fondasi yang dibuat dari batu-batu besar.
- (2) ~I "gading" dari para keturunan Omri (1Raj 22:39) di --> Samaria.
- (3) ~I Herodes Agung di Yerusalem (bdk.: Flav. Yosefus, B.J. 5,4.3). Bagian ~I yang masih tersisa adalah menara di sudut "Fasael", --> Benteng (-->) Makherus dan Masada yang dihias dengan ~I rajawi (Mat 14:3-4 dsj.). begitu juga tempat tinggalnya dalam musim dingin di --> Yerikho.
Pretorium [haag]
Pretorium.
Sebenarnya ~Pr adalah tempat kediaman pucuk pimpinan di dalam perkemahan pasukan Romawi. Kata itu juga dipakai untuk mengartikan pengertian dewan perang, atau untuk pengertian pengawal pribadi. Di kalangan sipil kata itu dipakai untuk mengartikan tempat kediaman wakil penguasa Romawi di Propinsi. Dan akhirnya ~Pr dipakai untuk mengartikan setiap rumah yang dibangun seperti istana. Di dalam PB, kata ~Pr muncul dalam tiga buah arti:
- (1) Tempat tinggal Prokurator Pilatus (Mark 15:16 dsj.; Yoh 18:28-33; 19:4-5,9,13). Penyelidikan penghakiman yang dilakukan di dalam ~Pr. Pengumuman putusan dan pengedaran dilakukan pada tempat di depannya (--> Gabata), sebab orang Yahudi menolak untuk memasuki ~Pr. "Istana" mana (Mark 15:16) yang dimaksud dengan ~Pr tidak bisa ditetapkan secara pasti. Sejak abad 12 orang cenderung mencari ~Pr di --> benteng Antonia di sebelah barat-laut halaman kenisah. Untuk memastikan tempatnya bukti tradisi itu, orang menunjukkan sebuah halaman dengan jubin dari batu besar yang telah digali pada tempat itu. Dengan penemuan itu orang hendak membuktikan pengertian Lithostrotos seperti yang disebutkan dalam Yoh 19:13. Tetapi lebih tepat pandangan kelompok ahli lainnya yang menaruh anggapan, bahwa ~Pr mesti dicari di istana Herodes yang lama. Mereka berpegangan pada ucapan Filo dan Flavius Yosefus. Tempat itu adalah yang nantinya menjadi sitadel Turki di bukit sebelah barat. Di situ ditemukan bukti-bukti, bahwa apabila para prokurator Romawi pergi ke Yerusalem, mereka tinggal di situ. Gamb. 40.
- (2) ~Pr Herodes di Kaisarea (Kis 23:35), tempat tinggal Prokurator Romawi, di mana Paulus ditahan oleh Feliks.
- (3) Pengertian ~Pr dalam Filip 1:13 tergantung dari kota mana orang menerima asal pembuatan surat itu. Andaikata itu adalah Kaisarea atau Efesus, maka maksud kata ~Pr adalah tempat tinggal Gubernur. Apabila Paulus menulisnya dari Roma, maka kata ~Pr artinya adalah pengawal pribadi, yang menjaga Paulus di tempat kediamannya.
Istana [pedoman]
- 1. Yerusalem terkenal karena - . Mazm 48:3,13
- 2. Istilah - digunakan untuk:
- 2.1 Halaman Imam Besar. Mat 26:58
- 2.2 Bait Allah. 1Taw 29:1,19
- 2.3 Rumah orang-orang yang terkenal. Am 3:9; Mi 5:4,5
- 2.4 Kediaman raja-raja. Dan 4:4
- 3. Diterangkan sebagai:
- 3.1 Menyenangkan. Yes 13:22
- 3.2 Dipahat. Mazm 144:12
- 3.3 Tinggi. Mazm 78:69
- 4. - raja-raja:
- 4.1 Berisi harta benda raja. 1Raj 15:18; 2Taw 12:9; 25:24
- 4.2 Di bawah kepala istana. 1Raj 4:6
- 4.3 Dijaga dengan ketat. 2Raj 11:5
- 4.4 Dikelilingi taman. Est 1:5
- 4.5 Dikelilingi teras-teras. 2Taw 9:11
- 4.6 Dinamai rumah raja. 2Raj 25:9; 2Taw 7:11; Est 1:5
- 4.7 Menggaji semua pegawai raja. Ezr 4:14; Dan 1:5
- 4.8 Pakaian yang indah hanya dipakai di dalam - . Luk 7:25
- 4.9 Dilengkapi dengan perkakas yang indah-indah. Est 1:6
- 4.10 Titah raja dikeluarkan dari - . Est 3:15; 8:14
- 4.11 Titah raja disimpan dalam - . Est 6:2
- 5. Dimasuki melalui pintu-pintu gerbang. Neh 2:8
- 6. Seringkali menjadi tempat penimbunan barang rampasan. Am 3:10
- 7. Seringkali sebagai hukuman:
- 7.1 Dibakar habis dengan api. 2Taw 36:19; Yer 17:27
- 7.2 Dibinasakan. Mazm 69:26
- 7.3 Dirampas. Am 3:11
- 7.4 Ditinggalkan. Yes 32:14
- 7.5 Ditumbuhi oleh semak duri. Yes 34:13
- 7.6 Tempat pertumpahan darah. Yer 9:21
- 8. Kediaman serigala. Yes 13:22
- 9. Laba-laba pun bersarang di dalam - . Ams 30:28
- 10. Melukiskan:
- 10.1 Anak-anak yang beribadah atau orang kudus. Mazm 144:12
- 10.2 Keindahan jemaat. Kid 8:9
- 10.3 Tempat kekuasaan Iblis. Luk 11:21
Balai Pengadilan [MYSABDA]
Balai Pengadilanlocation |
Nomor Strong | : | H197; H4941 |
Kata Asli | : | אוּלָם; מִשְׁפָּט |
ISTANA [browning]
Ada banyak sekali bukti dari ilmu purbakala, bahwa tempat-tempat tinggal kerajaan kuno itu dihiasi dengan sangat mewah dan kokoh dibentengi. PL memberi rincian dari istana *Salomo (1Raj. 7:1 dst.) yang mempunyai suatu balai perjamuan yang indah, 45 m panjangnya, dari kayu *aras dari Libanon. Di balai singgasana terdapatlah takhta raja (1Raj. 7:7). Istana kerajaan lain disebutkan dalam Est. 1:5 dan Dan. 4:29. Dalam suatu *perumpamaan mengenai zaman mesianik dikatakan Yesus, bahwa yang lebih kuat akan menghalangi istananya diserbu oleh kuasa-kuasa jahat (Luk. 11:21-22).
PRETORIUM [browning]
Tempat kediaman Gubernur di Yerusalem (Mrk. 15:6). Juga istana *Herodes di Kaisarea (Kis. 23:35).
ISTANA [ensiklopedia]
I. Arti
1. Istana ialah tempat kediaman raja (bet hammelekh), keluarganya, para penasihat dan hamba-hambanya (2 Taw 9: 11; 2 Raj 7:9). Kadang-kadang istana disebut dengan nama raja (mis istana Daud, 2 Taw 8:11).
2. 'Gedung besar' (Ibrani hekhal; Akad ekallu) yaitu gedung utama dalam kota. Istilah ini tidaklah harus mengandung arti agamawi. Demikianlah halnya istana Ahab di Yizreel (1 Raj 21:1), istana raja Asyur di Niniwe (Nah 2:6), istana raja Babel di Babel (2 Raj 20:18; Dan 4:4), dan istana pemerintah Persia di Susan (Est 7:7).
3. Istana Imam Besar (Mat 26:3; Yoh 18:15) dipakai juga sebagai pengadilan. Tidak jauh dari tempat ini, di Yerusalem, terdapat tempat tinggal gubernur (pemerintah Roma) atau istana 'pretor' (praitorion, Mat 27:27; Mrk 15:16; Yoh 18: 28). Di Kaisarea, yg disebut istana adalah bagian dari istana Herodes (Kis 23:35). 'Istana' dalam Flp 1:13 (Yunani praitorion), ialah markas besar dari pengawal kantor gubernur atau pretor di Roma, atau tempat tinggal resmi gubernur Roma di Efesus untuk propinsi di Asia.
4. Terjemahan Yunani yg biasa dipakai untuk kata Ibrani hekhal (= istana) (lih 2 di atas) dipakai oleh Paulus untuk menggambarkan bangunan tubuh Kristus yg besar (1 Kor 3:9, bangunan). Istana dikutuk sebagai lambang kecongkakan (Am 6:8) dan menjadi sasaran amarah Allah (Yes 13:22).
II. Arkeologi
Penggalian arkeologi menunjukkan jelas, bahwa istana-istana Palestina hanya sedikit bedanya dari istana negeri-negeri tetangganya. Istana benteng raja Saul di Gibea mungkin sama denah dasarnya dengan istana bangsa Yebus, yg diduduki raja Daud di Yerusalem (2 Sam 5:7-9). Rencana Daud untuk istananya, yg dibangun dengan bantuan bangsa Tirus, diselesaikan oleh raja Salomo, dilukiskan dalam 1 Raj 7:1-12. Istana ini mempunyai ruang masuk, bentuknya tinggi dan berukuran 100 kali 50 hasta, dan disebut 'gedung Hutan Libanon' (ay 2). Tiang-tiang penyanggahnya terdiri dan pohon aras. Ruang tunggu berada di luar ruang takhta, dan dari sana dapat menuju ke ruangan-ruangan raja, tempat gundik, dan tempat para pelayan, yg dibangun mengelilingi halaman istana. Di bagian selatan ada jalan masuk ke Bait. Suci, melalui gang yg di kiri kanannya berjejer tiang-tiang yg tinggi besar.
Bagian-bagian dari istana Ahab-Yerobeam di Samaria, istana gubernur Persia di Lakhis, dan tempat tinggal yg bergaya Helenistik dari raja-raja Tobiad, sudah ditemukan Herodes Agung mendiami menara Hananeel yg dibangunnya kembali dan disebut benteng Antonia: dari istananya yg: dibangun kemudian, masih tersisa menara Fasael (bnd Jos, BJ 5, 6, 4). Herodes juga membangun istana, istana yg lain di Makhaerus, Herodium dan Yerikho.
KEPUSTAKAAN. D Ussishkin, 'King Solomon's Palace' BA 36, 1973, hlm 78-105; G Turner, 'The State Apartments of the Late Assyrian Palaces', Iraq 32, 1970, hlm 177-213. DJW/MHS