![](images/minus.gif)
Teks -- Pengkhotbah 3:1-22 (TB)
![](images/arrow_open.gif)
![](images/advanced.gif)
![](images/advanced.gif)
![](images/advanced.gif)
![](images/advanced.gif)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
![](images/arrow_open.gif)
![](images/information.gif)
![](images/cmt_minus_head.gif)
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Pkh 3:1-8 - UNTUK SEGALA SESUATU ADA MASANYA ... ADA WAKTUNYA.
Nas : Pengkh 3:1-8
Allah mempunyai rencana kekal yang mencakup semua maksud dan
kegiatan setiap orang di muka bumi. Kita harus mempersembahkan diri...
Nas : Pengkh 3:1-8
Allah mempunyai rencana kekal yang mencakup semua maksud dan kegiatan setiap orang di muka bumi. Kita harus mempersembahkan diri kepada Allah sebagai persembahan kudus, membiarkan Roh Kudus melaksanakan rencana Allah bagi kita, dan berhati-hati agar kita tidak ke luar dari kehendak Allah sehingga kehilangan waktu dan maksud yang ditetapkan-Nya bagi hidup kita
(lihat cat. --> Rom 12:1;
lihat cat. --> Rom 12:2).
[atau ref. Rom 12:1-2]
![](images/cmt_minus.gif)
Full Life: Pkh 3:11 - MEMBERIKAN KEKEKALAN DALAM HATI MEREKA.
Nas : Pengkh 3:11
Allah telah menempatkan dalam hati manusia suatu keinginan mendalam
akan sesuatu yang lebih daripada hal duniawi. Umat manusia in...
Nas : Pengkh 3:11
Allah telah menempatkan dalam hati manusia suatu keinginan mendalam akan sesuatu yang lebih daripada hal duniawi. Umat manusia ingin hidup selama-lamanya dan menemukan nilai kekal di dalam dunia dan kegiatan-kegiatan hidup ini. Oleh karena itu, hal-hal materiel, kegiatan-kegiatan sekular, dan semua kesenangan dunia ini tidak akan pernah memuaskan sepenuhnya.
![](images/cmt_minus.gif)
Full Life: Pkh 3:13 - PEMBERIAN ALLAH.
Nas : Pengkh 3:13
Kemampuan untuk menikmati hidup dan menjalankannya sebagaimana
mestinya adalah pemberian dari Allah yang datang hanya pada saat k...
Nas : Pengkh 3:13
Kemampuan untuk menikmati hidup dan menjalankannya sebagaimana mestinya adalah pemberian dari Allah yang datang hanya pada saat kita memasuki hubungan yang benar dengan Dia dan sungguh-sungguh tunduk diri kepada Dia selaku Tuhan dan Allah. Maka Ia memberi sukacita dalam segala hal yang kita lakukan.
![](images/cmt_minus.gif)
Full Life: Pkh 3:16-17 - DI SITUPUN TERDAPAT KETIDAKADILAN.
Nas : Pengkh 3:16-17
Di dalam dunia ini kesempurnaan maksud-maksud Allah tercemar oleh
ketidakadilan dan kefasikan. Tetapi, Salomo menambahkan, kit...
Nas : Pengkh 3:16-17
Di dalam dunia ini kesempurnaan maksud-maksud Allah tercemar oleh ketidakadilan dan kefasikan. Tetapi, Salomo menambahkan, kita bisa yakin bahwa Allah akan, pada waktu-Nya sendiri, menghukum orang fasik dan memberikan upah kepada orang benar (bd. Rom 2:5-11).
![](images/cmt_minus.gif)
Full Life: Pkh 3:19 - DEMIKIAN JUGA YANG LAIN.
Nas : Pengkh 3:19
Menurut ilmu hayat, manusia mati seperti binatang; kenyataan ini
menunjukkan kelemahan dan kerapuhan kita sehingga seharusnya men...
Nas : Pengkh 3:19
Menurut ilmu hayat, manusia mati seperti binatang; kenyataan ini menunjukkan kelemahan dan kerapuhan kita sehingga seharusnya menyebabkan kita takut dan menaati Allah (Pengkh 12:13).
![](images/cmt_minus.gif)
Full Life: Pkh 3:21 - NAFAS MANUSIA NAIK KE ATAS.
Nas : Pengkh 3:21
Dengan mengamati secara jasmaniah saja tidak ada orang yang bisa
menentukan apakah roh (versi Inggris NIV -- spirit -- roh) seseo...
Nas : Pengkh 3:21
Dengan mengamati secara jasmaniah saja tidak ada orang yang bisa menentukan apakah roh (versi Inggris NIV -- spirit -- roh) seseorang itu "naik ke atas". Salomo menyatakan makna ayat ini ketika dalam Pengkh 12:7 ia mengatakan, "Debu kembali menjadi tanah seperti semula dan roh kembali kepada Allah yang mengaruniakannya" (bd. Mazm 16:9-11; 49:16; 73:23-26; Yes 26:19; Dan 12:2-3).
Jerusalem: Pkh 3:1-22 - -- Usaha dan pekerjaan manusia kebanyakan hanya menyedihkan saja dan separuh dari hidupnya ialah berkabung. Kematianlah yang memberikan cirinya kepada se...
Usaha dan pekerjaan manusia kebanyakan hanya menyedihkan saja dan separuh dari hidupnya ialah berkabung. Kematianlah yang memberikan cirinya kepada seluruh hidup manusia. Hidup itu hanya sederetan perbuatan yang tidak kait-mengait dan tidak beruntun-runtun, Pengk 2:1-8, dan tidak bertujuan, Pengk 2:9-13, kecuali kematian yang tidak bermakna sama sekali, Pengk 2:14-22.
![](images/cmt_minus.gif)
Jerusalem: Pkh 3:11 - kekekalan Yang dimaksud bukannya "hidup kekal" seperti yang diajarkan agama Kristen. Kekekalan itu artinya: Allah memberi hati manusia kemampuan untuk dengan pi...
Yang dimaksud bukannya "hidup kekal" seperti yang diajarkan agama Kristen. Kekekalan itu artinya: Allah memberi hati manusia kemampuan untuk dengan pikirannya mencakup seluruh waktu yang tersedia; ia dapat memikirkan waktu dan kelanjutan yang ada pada kejadian-kejadian. Dan karenanyapun ia dapat memahami saat sekarang. Tetapi pemikiran yang merangkum seluruh waktu juga sangat mengecewakan, sebab tidak mampu menemukan dan menyingkapkan makna semuanya itu.
![](images/cmt_minus.gif)
Ini barangkali perlu diperbaiki menjadi: bagi manusia.
![](images/cmt_minus.gif)
Jerusalem: Pkh 3:14 - Aku tahu... Menurut ajaran lazim mengenai pembalasan, maka kematian adalah hukuman atas dosa. Tetapi menurut Pengkhotbah kematian merupakan sebuah unsur yang waja...
Menurut ajaran lazim mengenai pembalasan, maka kematian adalah hukuman atas dosa. Tetapi menurut Pengkhotbah kematian merupakan sebuah unsur yang wajar bagi manusia. Kesalehan dan kebajikan sekali-kali tidak berpengaruh dalam hal kematian. Bahkan di bidang kehakimanpun yang lebih berkuasa mendapat kemenangan, Pengk 2:16,18. Namun demikian Allah mengutamakan orang yang lemah, Pengk 2:15+.
![](images/cmt_minus.gif)
Jerusalem: Pkh 3:15 - mencari yang sudah lalu Maksud ungkapan ini kurang jelas. Dapat diartikan: apa yang sudah hilang lenyap oleh Allah "dicari" dan diciptakan kembali. Mungkin juga bahwa kata Ib...
Maksud ungkapan ini kurang jelas. Dapat diartikan: apa yang sudah hilang lenyap oleh Allah "dicari" dan diciptakan kembali. Mungkin juga bahwa kata Ibrani yang di sini diterjemahkan dengan: yang sudah lalu, mesti diterjemahkan dengan: orang yang dikejar. Kalau demikian, maka ungkapan itu berarti: Allah mencari orang yang dikejar, yang tertimpa ketidakadilan; mereka tidak terluput dari tangan Allah, bahkan "dicari" diutamakan oleh Allah.
![](images/cmt_minus.gif)
Jerusalem: Pkh 3:16 - di tempat keadilan.... Dalam naskah Ibrani tertulis: dan di tempat keadilan, di situpun terdapat orang yang tidak adil. Ini dapat diperbaiki dengan dua cara. Yang satu seper...
Dalam naskah Ibrani tertulis: dan di tempat keadilan, di situpun terdapat orang yang tidak adil. Ini dapat diperbaiki dengan dua cara. Yang satu seperti terjadi dalam terjemahan Indonesia ini, yang lain ialah sbb: di tempat orang adil, di situpun terdapat orang yang tidak adil.
![](images/cmt_minus.gif)
Jerusalem: Pkh 3:18 - dan memperlihatkan kepada mereka Ini menurut terjemahan Yunani dan Siria. Dalam naskah Ibrani tertulis: dan agar mereka melihat
Ini menurut terjemahan Yunani dan Siria. Dalam naskah Ibrani tertulis: dan agar mereka melihat
![](images/cmt_minus.gif)
Jerusalem: Pkh 3:18 - hanyalah binatang Dalam naskah Ibrani tertulis hanyalah binatang seorang kepada seorang. Tetapi bagian terakhir perlu dihilangkan. Sebab seluruh bagian ini tidak mengur...
Dalam naskah Ibrani tertulis hanyalah binatang seorang kepada seorang. Tetapi bagian terakhir perlu dihilangkan. Sebab seluruh bagian ini tidak menguraikan tentang kejahatan manusia satu sama lain, tetapi mengenai kematian yang tidak terhindar: manusia mati sama seperti binatang.
![](images/cmt_minus.gif)
Jerusalem: Pkh 3:21 - Siapakah yang mengetahui Catatan ini mengenai kebimbangan dan ketidaktahuan perihal nasib manusia setelah mati. Dan ini menjadikan kematian sesuatu yang amat menakutkan dan me...
Catatan ini mengenai kebimbangan dan ketidaktahuan perihal nasib manusia setelah mati. Dan ini menjadikan kematian sesuatu yang amat menakutkan dan mengejutkan. Di lain tempat dalam kitab pengkhotbah ada keterangan yang kurang suram: roh manusia kembali kepada Allah, bdk Pengk 12:7+.
Ende: Pkh 3:11 - pengertian akan keabadian Makanja: manusia melihat bagaimana hidupnja
berputar terus-menerus sebagaimana ditentukan. Manusia mentjari maknanja, tetapi
tak sangguplah dia mendap...
Makanja: manusia melihat bagaimana hidupnja berputar terus-menerus sebagaimana ditentukan. Manusia mentjari maknanja, tetapi tak sangguplah dia mendapatinja. Keabadian itu ialah bukannja hidup kekal, melainkan perputaran hidup jang tak teralih.
![](images/cmt_minus.gif)
ialah: samasekali ditentukan dengan tiada perubahan2.
![](images/cmt_minus.gif)
Ende: Pkh 3:15 - jang dikedjar ialah barang jang hilang dan diikuti sesuatu jang lain se-akan2
dienjahkan, dikedjar olehnja. Lalu Allah "mentjarinja", ialah dengan mendjadikan
jang ...
ialah barang jang hilang dan diikuti sesuatu jang lain se-akan2 dienjahkan, dikedjar olehnja. Lalu Allah "mentjarinja", ialah dengan mendjadikan jang sama pula!
![](images/cmt_minus.gif)
Ende: Pkh 3:17-18 - -- Dahulu si Pengchotbah berpendapat semua ketidak-adilan akan dihukum sesuai
dengan adjaran umum pada guru2 kebidjaksanaan. Akan tetapi pengalaman
membu...
Dahulu si Pengchotbah berpendapat semua ketidak-adilan akan dihukum sesuai dengan adjaran umum pada guru2 kebidjaksanaan. Akan tetapi pengalaman membuktikan, bahwa tidaklah terdjadi demikian. Lalu Pengchotbah menduga maksud jang lain dari pihak Allah (Pengk 3:18-19).
![](images/cmt_minus.gif)
Ende: Pkh 3:19-21 - -- Si Pengchotbah tahu baik2 akan perbedaan antara manusia dan binatang. Tetapi
kesudahan ke-dua2nja adalah sama sadja. Ia belum tahu akan dunia baka.
Si Pengchotbah tahu baik2 akan perbedaan antara manusia dan binatang. Tetapi kesudahan ke-dua2nja adalah sama sadja. Ia belum tahu akan dunia baka.
diperbaiki sedikit. Naskah Hibrani tiada terang.
![](images/cmt_minus.gif)
diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "untuk melihat".
· ada masanya: Pengkh 3:11,17; Pengkh 8:6
![](images/cmt_minus.gif)
![](images/cmt_minus.gif)
![](images/cmt_minus.gif)
Ref. Silang FULL: Pkh 3:11 - pada waktunya // dapat menyelami // sampai akhir · pada waktunya: Pengkh 3:1; Pengkh 3:1
· dapat menyelami: Ayub 11:7; Ayub 11:7
· sampai akhir: Ayub 28:23; Ayub 28:23; Rom 11:33...
· pada waktunya: Pengkh 3:1; [Lihat FULL. Pengkh 3:1]
· dapat menyelami: Ayub 11:7; [Lihat FULL. Ayub 11:7]
· sampai akhir: Ayub 28:23; [Lihat FULL. Ayub 28:23]; Rom 11:33
![](images/cmt_minus.gif)
Ref. Silang FULL: Pkh 3:13 - makan, minum // menikmati kesenangan // pemberian Allah · makan, minum: Pengkh 2:3
· menikmati kesenangan: Mazm 34:13
· pemberian Allah: Ul 12:7,18; Ul 12:7; Ul 12:18; Pengkh 2:24; Peng...
· makan, minum: Pengkh 2:3
· menikmati kesenangan: Mazm 34:13
· pemberian Allah: Ul 12:7,18; [Lihat FULL. Ul 12:7]; [Lihat FULL. Ul 12:18]; Pengkh 2:24; [Lihat FULL. Pengkh 2:24]
![](images/cmt_minus.gif)
Ref. Silang FULL: Pkh 3:15 - sudah ada // lama ada · sudah ada: Pengkh 6:10
· lama ada: Pengkh 1:9; Pengkh 1:9
· sudah ada: Pengkh 6:10
· lama ada: Pengkh 1:9; [Lihat FULL. Pengkh 1:9]
![](images/cmt_minus.gif)
Ref. Silang FULL: Pkh 3:17 - akan mengadili // segala pekerjaan · akan mengadili: Ayub 19:29; Ayub 19:29; Pengkh 11:9; 12:14
· segala pekerjaan: Pengkh 3:1
· akan mengadili: Ayub 19:29; [Lihat FULL. Ayub 19:29]; Pengkh 11:9; 12:14
· segala pekerjaan: Pengkh 3:1
![](images/cmt_minus.gif)
Ref. Silang FULL: Pkh 3:20 - kedua-duanya kembali · kedua-duanya kembali: Kej 2:7; Kej 2:7; Ayub 34:15; Ayub 34:15
· kedua-duanya kembali: Kej 2:7; [Lihat FULL. Kej 2:7]; Ayub 34:15; [Lihat FULL. Ayub 34:15]
![](images/cmt_minus.gif)
Ref. Silang FULL: Pkh 3:22 - dalam pekerjaannya // adalah bahagiannya · dalam pekerjaannya: Pengkh 2:24; Pengkh 2:24
· adalah bahagiannya: Ayub 31:2; Ayub 31:2
· dalam pekerjaannya: Pengkh 2:24; [Lihat FULL. Pengkh 2:24]
![](images/cmt_minus_head.gif)
buka semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry: Pkh 3:1-10 - Berubah-ubahnya Perkara Manusia
Sebelumnya Salomo menunjukkan bahwa pembelajaran, kesenangan, dan pekerjaan hanyalah kesia-siaan belaka, dan menjelaskan bahwa kebahagiaan tidak da...
![](images/cmt_minus.gif)
Matthew Henry: Pkh 3:11-15 - Berubah-ubahnya Perkara Manusia Berubah-ubahnya Perkara Manusia (3:11-15)
Kita telah melihat perubahan-perubahan yang ada di dalam dunia, dan seharusnya tidak berharap dunia ini l...
![](images/cmt_minus.gif)
Matthew Henry: Pkh 3:16-22 - Keabadian Putusan Allah; Tingkat Kematian Keabadian Putusan Allah; Tingkat Kematian (3:16-22)
Salomo masih memperlihatkan bahwa segala sesuatu di dunia ini, tanpa kesalehan dan rasa takut a...
SH: Pkh 3:1-15 - Untuk segala sesuatu ada waktunya. (Rabu, 27 Mei 1998) Untuk segala sesuatu ada waktunya.
Dalam tulisan artistik khas Iberani, penulis mengungkapkan pasangan hal-hal yang menurutnya masing-masing ada masa...
![](images/cmt_minus.gif)
SH: Pkh 3:1-22 - Segala sesuatu ada masanya (Jumat, 1 Oktober 2004) Segala sesuatu ada masanya
Pernahkah Anda berangan-angan sekiranya bisa ingin "memutar sang
waktu" kembali untuk mengulang beberapa peristiwa me...
![](images/cmt_minus.gif)
SH: Pkh 3:1-15 - Segala Sesuatu Indah pada Waktunya (Senin, 28 November 2016) Segala Sesuatu Indah pada Waktunya
Ketidakmampuan manusia mengontrol apa yang akan terjadi sering kali membuat dirinya menyesal. Contohnya, saat ruma...
![](images/cmt_minus.gif)
SH: Pkh 3:1-15 - Indah pada Waktunya (Kamis, 25 Juni 2020) Indah pada Waktunya
Orang percaya sama dengan orang tidak percaya. Keduanya tidak dapat mengendalikan apa yang akan mereka alami dalam hidup. Semua o...
![](images/cmt_minus.gif)
SH: Pkh 3:16--4:6 - Bergumul tentang keadilan. (Kamis, 28 Mei 1998) Bergumul tentang keadilan.
Kenyataan dunia peradilan membuat kita cenderung menyimpulkan bahwa keadilan adalah sesuatu yang sangat relatif. Memang ad...
![](images/cmt_minus.gif)
SH: Pkh 3:16--4:6 - Ketidakadilan dalam Hidup (Selasa, 29 November 2016) Ketidakadilan dalam Hidup
Satu hal nyata dalam kehidupan orang berdosa adalah orang kuat menindas orang lemah. Itu sebabnya, ketidakadilan menjadi ba...
![](images/cmt_minus.gif)
SH: Pkh 3:16--4:6 - Perbedaan Manusia dengan Binatang (Jumat, 26 Juni 2020) Perbedaan Manusia dengan Binatang
Allah kita penuh misteri dan apa yang dikerjakan-Nya dalam dunia tidak dapat diselami oleh manusia, bahkan orang pe...
Topik Teologia: Pkh 3:11 - -- Allah yang Berpribadi
Pribadi Allah
Natur Allah sebagai Pribadi
Umat Manusia Pada Umumnya
Manusia adalah Bebal
Ayu ...
![](images/cmt_minus.gif)
Topik Teologia: Pkh 3:12 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah
Mengetahui Allah dan Mengingat-Nya
Mengenal Allah
Nilai Pengenalan akan Allah
...
![](images/cmt_minus.gif)
Topik Teologia: Pkh 3:14 - -- Allah yang Berpribadi
Atribut-Atribut Allah
Pekerjaan-Pekerjaan Allah
Keputusan-keputusan Allah
Kehendak Allah
Esensi Kehe...
![](images/cmt_minus.gif)
Topik Teologia: Pkh 3:16 - -- Umat Manusia Pada Umumnya
Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral
Manusia Mengalami Kedongkalan Moral
Mereka Dapat Menjadi Dongko...
![](images/cmt_minus.gif)
Topik Teologia: Pkh 3:18 - -- Umat Manusia Pada Umumnya
Tempat Umat Manusia Pada Urutan Penciptaan
Manusia Dalam Relasinya dengan Allah
Manusia adalah Lemah, Re...
![](images/cmt_minus.gif)