kecilkan semua  

Teks -- Lukas 22:1-23 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Rencana untuk membunuh Yesus
22:1 Hari raya Roti Tidak Beragi, yang disebut Paskah, sudah dekat. 22:2 Imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat mencari jalan, bagaimana mereka dapat membunuh Yesus, sebab mereka takut kepada orang banyak.
Yudas mengkhianati Yesus
22:3 Maka masuklah Iblis ke dalam Yudas, yang bernama Iskariot, seorang dari kedua belas murid itu. 22:4 Lalu pergilah Yudas kepada imam-imam kepala dan kepala-kepala pengawal Bait Allah dan berunding dengan mereka, bagaimana ia dapat menyerahkan Yesus kepada mereka. 22:5 Mereka sangat gembira dan bermupakat untuk memberikan sejumlah uang kepadanya. 22:6 Ia menyetujuinya, dan mulai dari waktu itu ia mencari kesempatan yang baik untuk menyerahkan Yesus kepada mereka tanpa setahu orang banyak.
Persiapan untuk makan Paskah
22:7 Maka tibalah hari raya Roti Tidak Beragi, yaitu hari di mana orang harus menyembelih domba Paskah. 22:8 Lalu Yesus menyuruh Petrus dan Yohanes, kata-Nya: "Pergilah, persiapkanlah perjamuan Paskah bagi kita supaya kita makan." 22:9 Kata mereka kepada-Nya: "Di manakah Engkau kehendaki kami mempersiapkannya?" 22:10 Jawab-Nya: "Apabila kamu masuk ke dalam kota, kamu akan bertemu dengan seorang yang membawa kendi berisi air. Ikutilah dia ke dalam rumah yang dimasukinya, 22:11 dan katakanlah kepada tuan rumah itu: Guru bertanya kepadamu: di manakah ruangan tempat Aku bersama-sama dengan murid-murid-Ku akan makan Paskah? 22:12 Lalu orang itu akan menunjukkan kepadamu sebuah ruangan atas yang besar yang sudah lengkap, di situlah kamu harus mempersiapkannya." 22:13 Maka berangkatlah mereka dan mereka mendapati semua seperti yang dikatakan Yesus kepada mereka. Lalu mereka mempersiapkan Paskah.
Penetapan Perjamuan Malam
22:14 Ketika tiba saatnya, Yesus duduk makan bersama-sama dengan rasul-rasul-Nya. 22:15 Kata-Nya kepada mereka: "Aku sangat rindu makan Paskah ini bersama-sama dengan kamu, sebelum Aku menderita. 22:16 Sebab Aku berkata kepadamu: Aku tidak akan memakannya lagi sampai ia beroleh kegenapannya dalam Kerajaan Allah." 22:17 Kemudian Ia mengambil sebuah cawan, mengucap syukur, lalu berkata: "Ambillah ini dan bagikanlah di antara kamu. 22:18 Sebab Aku berkata kepada kamu: mulai dari sekarang ini Aku tidak akan minum lagi hasil pokok anggur sampai Kerajaan Allah telah datang." 22:19 Lalu Ia mengambil roti, mengucap syukur, memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada mereka, kata-Nya: "Inilah tubuh-Ku yang diserahkan bagi kamu; perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku." 22:20 Demikian juga dibuat-Nya dengan cawan sesudah makan; Ia berkata: "Cawan ini adalah perjanjian baru oleh darah-Ku, yang ditumpahkan bagi kamu. 22:21 Tetapi, lihat, tangan orang yang menyerahkan Aku, ada bersama dengan Aku di meja ini. 22:22 Sebab Anak Manusia memang akan pergi seperti yang telah ditetapkan, akan tetapi, celakalah orang yang olehnya Ia diserahkan!" 22:23 Lalu mulailah mereka mempersoalkan, siapa di antara mereka yang akan berbuat demikian.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Iblis a person, male (evil angelic),an angel that has rebelled against God
 · Iskariot the surname of Judas, the man who betrayed Christ
 · Paskah a Jewish religious feast. It may also refer to the lamb sacrificed and eaten at the feast.
 · Petrus a man who was a leader among the twelve apostles and wrote the two epistles of Peter
 · Yohanes a son of Zebedee; younger brother of James; the beloved disciple of Christ,a relative of Annas the high priest,a son of Mary the sister of Barnabas, and surnamed Mark,the father of Simon Peter
 · Yudas a son of Mary and Joseph; half-brother of Jesus)


Topik/Tema Kamus: Lukas, Injil | Yesus Kristus | Yesus | Yudas | Perjamuan Malam | Perjamuan Tuhan | Hari Raya | Raya, Perayaan Paskah | Jamuan Makan | Sambutan Perpisahan | Kristus, Kepala Jemaat | Mati, Kematian Kristus | Teladan, Gambaran Dari Anak Domba Paskah | Iblis | Sekutu, Persekutuan Perjamuan Kudus | Benci, Kebencian Terhadap Kristus | Iblis (Penggoda) | Yudas, Surat | Coenaculum /Ruang Perjamuan Malam | Darah | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Luk 22:1 - PASKAH. Nas : Luk 22:1 Lihat cat. --> Mat 26:2. [atau ref. Mat 26:2]

Nas : Luk 22:1

Lihat cat. --> Mat 26:2.

[atau ref. Mat 26:2]

Full Life: Luk 22:3 - MASUKLAH IBLIS KE DALAM YUDAS. Nas : Luk 22:3 Kisah yang menyedihkan dari Yudas, yang pernah akrab dengan Yesus (Mazm 41:10; bd. Yoh 13:18) namun kemudian meninggalkan Tuhan deng...

Nas : Luk 22:3

Kisah yang menyedihkan dari Yudas, yang pernah akrab dengan Yesus (Mazm 41:10; bd. Yoh 13:18) namun kemudian meninggalkan Tuhan dengan cara mengkhianati-Nya

(lihat cat. --> Yoh 6:64),

[atau ref. Yoh 6:64]

berfungsi sebagai peringatan bagi semua orang yang mengikut Kristus. Dalam hidup ini selalu ada kemungkinan bahwa kita menjadi acuh tak acuh terhadap Kristus, mengizinkan Iblis memimpin kita sedikit demi sedikit untuk berkompromi dengan dunia, dan akhirnya mengkhianati Tuhan dan usaha-Nya.

Full Life: Luk 22:18 - PERJAMUAN TUHAN. Nas : Luk 22:18 Lihat cat. --> 1Kor 11:24-25. [atau ref. 1Kor 11:24-25]

Nas : Luk 22:18

Lihat cat. --> 1Kor 11:24-25.

[atau ref. 1Kor 11:24-25]

Full Life: Luk 22:18 - HASIL POKOK ANGGUR. Nas : Luk 22:18 Yang diminum oleh Yesus dan murid-Nya pada perjamuan Paskah itu dinamakan "cawan" atau "cawan ucapan syukur" (Luk 22:17; Mat 26:27;...

Nas : Luk 22:18

Yang diminum oleh Yesus dan murid-Nya pada perjamuan Paskah itu dinamakan "cawan" atau "cawan ucapan syukur" (Luk 22:17; Mat 26:27; Mr 14:23; 1Kor 10:16; 11:25) dan "hasil pokok anggur" (Luk 22:18; Mat 26:29; Mr 14:25). Bukti alkitabiah mendukung pandangan bahwa sari buah anggur itu tidak difermentasi pada Perjamuan Tuhan

(lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN BARU (1)).

Full Life: Luk 22:20 - PERJANJIAN BARU OLEH DARAH-KU. Nas : Luk 22:20 Yesus mengumumkan pengukuhan perjanjian baru berdasarkan korban kematian-Nya (bd. Mat 26:28; 1Kor 11:25; lihat cat. --> ...

Nas : Luk 22:20

Yesus mengumumkan pengukuhan perjanjian baru berdasarkan korban kematian-Nya (bd. Mat 26:28; 1Kor 11:25;

lihat cat. --> Yer 31:31).

[atau ref. Yer 31:31]

Alkitab mengajarkan bahwa perjanjian baru itu hanya absah oleh kematian Kristus (Ibr 9:15-18). Murid memasuki perjanjian baru ini ketika mereka dilahirkan kembali dan didiami Roh Kudus pada malam kebangkitan Yesus

(lihat art. PEMBAHARUAN PARA MURID).

Kemudian mereka dibaptiskan dalam Roh Kudus pada hari Pentakosta

(lihat cat. --> Kis 2:4;

[atau ref. Kis 2:4]

lihat art. BAPTISAN DALAM ROH KUDUS).

Full Life: Luk 22:20 - DARAH-KU, YANG DITUMPAHKAN BAGI KAMU. Nas : Luk 22:20 Lihat cat. --> Mat 26:28. [atau ref. Mat 26:28]

Nas : Luk 22:20

Lihat cat. --> Mat 26:28.

[atau ref. Mat 26:28]

Jerusalem: Luk 22:1--23:56 - -- Dalam seluruh kisah tentang sengsara Yesus ini Lukas tidak begitu tergantung pada Markus dari pada di bagian-bagian injil lain. Sebaliknya ada banyak ...

Dalam seluruh kisah tentang sengsara Yesus ini Lukas tidak begitu tergantung pada Markus dari pada di bagian-bagian injil lain. Sebaliknya ada banyak keserupaan antara Lukas dan Yohanes, yang agaknya memakai sumber yang sama.

Jerusalem: Luk 22:2 - -- Lukas tidak bercerita tentang pengurapan Yesus di Betania; dalam Luk 7:36-50 ia telah menyajikan cerita yang serupa.

Lukas tidak bercerita tentang pengurapan Yesus di Betania; dalam Luk 7:36-50 ia telah menyajikan cerita yang serupa.

Jerusalem: Luk 22:4 - kepala-kepala pengawal Bait Allah Ialah perwira-perwira polisi Bait Allah; mereka semua berkebangsaan Yahudi dan dari Suku Lewi. Bdk Kis 4:1.

Ialah perwira-perwira polisi Bait Allah; mereka semua berkebangsaan Yahudi dan dari Suku Lewi. Bdk Kis 4:1.

Jerusalem: Luk 22:15 - -- Dalam Lukas wejangan-wejangan Yesus waktu perjamuan malam jauh lebih banyak dari pada dalam Markus dan Matius. Dengan jalan itu disiapkan pembicaraan-...

Dalam Lukas wejangan-wejangan Yesus waktu perjamuan malam jauh lebih banyak dari pada dalam Markus dan Matius. Dengan jalan itu disiapkan pembicaraan-pembicaraan Yesus yang disajikan Yoh 13:31-17:26. Agaknya Lukas menyusun wejangan-wejangan Yesus itu dengan berlatar belakang perayaan Ekaristi jemaat Kristen.

Jerusalem: Luk 22:16 - kegenapannya Paskah baru akan dimulai "digenapi" dengan diadakannya perjamuan Ekaristi, yang menjadi pusat hidup rohani dalam Kerajaan yang didirikan Yesus; secara...

Paskah baru akan dimulai "digenapi" dengan diadakannya perjamuan Ekaristi, yang menjadi pusat hidup rohani dalam Kerajaan yang didirikan Yesus; secara penuh dan tanpa selubung akan "digenapi" di akhir zaman.

Jerusalem: Luk 22:17 - sebuah cawan Lukas jelas membedakan perjamuan Paskah dan cawan dalam Luk 22:15-18 dengan Roti serta Cawan dalam Luk 22:19-20. Dengan demikian ia menjajarkan upacar...

Lukas jelas membedakan perjamuan Paskah dan cawan dalam Luk 22:15-18 dengan Roti serta Cawan dalam Luk 22:19-20. Dengan demikian ia menjajarkan upacara Paskah lama dan upacara baru Ekaristi Kristen. Kalau susunan teologis ini tidak dilihat, tentunya orang heran menemukan dua cawan. Itulah sebabnya maka beberapa naskah dan terjemahan kuno tidak memuat Luk 22:20 dan bahkan bagian terakhir Luk 22:19 (yang diserahkan bagi kamu...)

Jerusalem: Luk 22:19-20 - -- Ayat-ayat Lukas ini sangat serupa dengan Paulus, 1Ko 11:23-25. yang diserahkan bagi kamu...yang ditumpahkan bagi kamu Dapat juga diartikan: yang haru...

Ayat-ayat Lukas ini sangat serupa dengan Paulus, 1Ko 11:23-25. yang diserahkan bagi kamu...yang ditumpahkan bagi kamu Dapat juga diartikan: yang harus diserahkan....yang harus ditumpahkan.

Ende: Luk 22:4 - Kepala-kepala pengawal kenisah Terdjemahan jang agak lebih tepat, ialah: pemimpin-pemimpin "laskar". Tetapi jang dimaksudkan ialah kepala-kepala kawal kenisah. Kawal itu terdiri dar...

Terdjemahan jang agak lebih tepat, ialah: pemimpin-pemimpin "laskar". Tetapi jang dimaksudkan ialah kepala-kepala kawal kenisah. Kawal itu terdiri dari orang suku-bangsa Levi, jang menurut dugaan dikepalai oleh imam-imam.

Ende: Luk 22:17 - Piala ini bukan piala Ekaristi, melainkan hidangan anggur keempat jang istimewa sekali, maksud dan upatjaranja semata-mata rohani.

ini bukan piala Ekaristi, melainkan hidangan anggur keempat jang istimewa sekali, maksud dan upatjaranja semata-mata rohani.

Ende: Luk 22:19 - Jang diserahkan bagimu Maksud ungkapan ini ialah: jang dikurbankan bagimu.

Maksud ungkapan ini ialah: jang dikurbankan bagimu.

Ende: Luk 22:20 - Piala Baru sekarang piala berisi anggur Ekaristi, jaitu Darah Jesus.

Baru sekarang piala berisi anggur Ekaristi, jaitu Darah Jesus.

Ref. Silang FULL: Luk 22:1 - sudah dekat · sudah dekat: Yoh 11:55; Yoh 11:55

· sudah dekat: Yoh 11:55; [Lihat FULL. Yoh 11:55]

Ref. Silang FULL: Luk 22:2 - membunuh Yesus · membunuh Yesus: Mat 12:14; Mat 12:14

· membunuh Yesus: Mat 12:14; [Lihat FULL. Mat 12:14]

Ref. Silang FULL: Luk 22:3 - masuklah Iblis // bernama Iskariot · masuklah Iblis: Mat 4:10; Mat 4:10 · bernama Iskariot: Mat 10:4; Mat 10:4

· masuklah Iblis: Mat 4:10; [Lihat FULL. Mat 4:10]

· bernama Iskariot: Mat 10:4; [Lihat FULL. Mat 10:4]

Ref. Silang FULL: Luk 22:4 - kepala-kepala pengawal · kepala-kepala pengawal: Luk 22:52; Kis 4:1; 5:24

· kepala-kepala pengawal: Luk 22:52; Kis 4:1; 5:24

Ref. Silang FULL: Luk 22:5 - sejumlah uang · sejumlah uang: Za 11:12

· sejumlah uang: Za 11:12

Ref. Silang FULL: Luk 22:7 - harus menyembelih · harus menyembelih: Kel 12:18-20; Ul 16:5-8; Mr 14:12; Mr 14:12

· harus menyembelih: Kel 12:18-20; Ul 16:5-8; Mr 14:12; [Lihat FULL. Mr 14:12]

Ref. Silang FULL: Luk 22:8 - dan Yohanes · dan Yohanes: Kis 3:1,11; 4:13,19; 8:14

· dan Yohanes: Kis 3:1,11; 4:13,19; 8:14

Ref. Silang FULL: Luk 22:13 - kepada mereka · kepada mereka: Luk 19:32

· kepada mereka: Luk 19:32

Ref. Silang FULL: Luk 22:14 - duduk makan // dengan rasul-rasul-Nya · duduk makan: Mat 26:20; Mr 14:17,18 · dengan rasul-rasul-Nya: Mr 6:30; Mr 6:30

· duduk makan: Mat 26:20; Mr 14:17,18

· dengan rasul-rasul-Nya: Mr 6:30; [Lihat FULL. Mr 6:30]

Ref. Silang FULL: Luk 22:15 - Aku menderita · Aku menderita: Mat 16:21; Mat 16:21

· Aku menderita: Mat 16:21; [Lihat FULL. Mat 16:21]

Ref. Silang FULL: Luk 22:16 - Kerajaan Allah · Kerajaan Allah: Luk 14:15; Luk 14:15

· Kerajaan Allah: Luk 14:15; [Lihat FULL. Luk 14:15]

Ref. Silang FULL: Luk 22:19 - syukur, memecah-mecahkannya · syukur, memecah-mecahkannya: Mat 14:19; Mat 14:19

· syukur, memecah-mecahkannya: Mat 14:19; [Lihat FULL. Mat 14:19]

Ref. Silang FULL: Luk 22:20 - perjanjian baru · perjanjian baru: Kel 24:8; Yes 42:6; Yer 31:31-34; Za 9:11; 2Kor 3:6; Ibr 8:6; 9:15

Ref. Silang FULL: Luk 22:21 - meja ini · meja ini: Mazm 41:10

· meja ini: Mazm 41:10

Ref. Silang FULL: Luk 22:22 - Anak Manusia // telah ditetapkan · Anak Manusia: Mat 8:20; Mat 8:20 · telah ditetapkan: Kis 2:23; 4:28

· Anak Manusia: Mat 8:20; [Lihat FULL. Mat 8:20]

· telah ditetapkan: Kis 2:23; 4:28

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Luk 18:31--23:56 - -- VI. Penderitaan Sang Juruselamat (18:31-23:56) Di sini Lukas memulai kisah yang sama dengan dua Injil Sinoptik lainnya, dan mulai menceritakan hari-h...

VI. Penderitaan Sang Juruselamat (18:31-23:56)

Di sini Lukas memulai kisah yang sama dengan dua Injil Sinoptik lainnya, dan mulai menceritakan hari-hari terakhir kehidupan Yesus. Seluruh bagian ini harus dipandang dari sudut kematian Kristus, sekalipun tidak seluruh isinya terkait langsung dengan peristiwa tersebut. Kesengsaraan Kristus merupakan tema yang tersembunyi dari semua perumpamaan, mukjizat dan perdebatan di dalam bagian ini.

Wycliffe: Luk 22:1 - Paskah 1. Paskah merupakan perayaan terbesar dan paling suci dalam tarikh agama Yahudi, yaitu saat mereka merayakan penebusan bangsa itu dari perbudakan di M...

1. Paskah merupakan perayaan terbesar dan paling suci dalam tarikh agama Yahudi, yaitu saat mereka merayakan penebusan bangsa itu dari perbudakan di Mesir. Anak domba paskah, yang semula darahnya dipercikkan di daun pintu untuk mengelak hukuman kematian (Kel. 12:7), merupakan lambang Kristus (I Kor. 5:7).

Wycliffe: Luk 22:3 - Maka masuklah Iblis ke dalam Yudas yang bernama Iskariot 3. Maka masuklah Iblis ke dalam Yudas yang bernama Iskariot. Pengkhianatan Yudas merupakan hasil dari kecenderungan dalam hidupnya. Dia belum pernah t...

3. Maka masuklah Iblis ke dalam Yudas yang bernama Iskariot. Pengkhianatan Yudas merupakan hasil dari kecenderungan dalam hidupnya. Dia belum pernah tertarik kepada Yesus tanpa pamrih. Pada saat Tuhan menerangkan bahwa dia tidak akan berusaha untuk mengklaim takhta Israel dan justru akan mati, Yudas menjadi kecewa dan berketetapan untuk melepaskan diri kalau bisa. Sikapnya membuat dia berpeluang untuk dipengaruhi dan dikuasai oleh Iblis (bdg. Yoh. 13:2, 27).

Wycliffe: Luk 22:7 - Maka tibalah hari raya Roti Tidak Beragi 7. Maka tibalah hari raya Roti Tidak Beragi. Semua jenis ragi secara ketat disingkirkan dari setiap rumah tangga Yahudi sepanjang minggu Paskah.

7. Maka tibalah hari raya Roti Tidak Beragi. Semua jenis ragi secara ketat disingkirkan dari setiap rumah tangga Yahudi sepanjang minggu Paskah.

Wycliffe: Luk 22:10 - Kamu akan bertemu dengan seorang yang membawa kendi berisi air 10. Kamu akan bertemu dengan seorang yang membawa kendi berisi air. Adalah tidak wajar bagi seorang laki-laki untuk membawa air, sebab pekerjaan itu m...

10. Kamu akan bertemu dengan seorang yang membawa kendi berisi air. Adalah tidak wajar bagi seorang laki-laki untuk membawa air, sebab pekerjaan itu merupakan tugas ibu rumah tangga, atau budak. Tugas yang diberikan oleh Tuhan kepada Petrus dan Yohanes tampak seakan-akan Dia sudah mengatur pertemuan itu sebelumnya dengan memakai tanda rahasia. Dia ingin tempat pertemuan itu tetap rahasia, supaya Dia dapat makan bersama dengan murid-murid-Nya tanpa diganggu.

Wycliffe: Luk 22:12 - Ruangan atas yang besar 12. Ruangan atas yang besar. Ruangan itu sudah dipersiapkan untuk perjamuan.

12. Ruangan atas yang besar. Ruangan itu sudah dipersiapkan untuk perjamuan.

Wycliffe: Luk 22:15 - Aku sangat rindu // Sebelum Aku menderita 15. Aku sangat rindu. Sebenarnya, "Dengan rindu Aku menginginkan" Sebuah ungkapan khas Ibrani yang memperkuat arti dari kata kerjanya (bdg. Kej. 22:17...

15. Aku sangat rindu. Sebenarnya, "Dengan rindu Aku menginginkan" Sebuah ungkapan khas Ibrani yang memperkuat arti dari kata kerjanya (bdg. Kej. 22:17). Sebelum Aku menderita. Dia menunjukkan bahwa seluruh perjamuan itu harus ditafsirkan dalam kaitan dengan kematian-Nya.

Wycliffe: Luk 22:16 - Sampai ia beroleh kegenapannya dalam Kerajaan Allah 16. Sampai ia beroleh kegenapannya dalam Kerajaan Allah. Ada hubungan di antara Paskah dengan Kerajaan Allah. Kerajaan Allah adalah penggenapan dari t...

16. Sampai ia beroleh kegenapannya dalam Kerajaan Allah. Ada hubungan di antara Paskah dengan Kerajaan Allah. Kerajaan Allah adalah penggenapan dari tujuan penebusan Allah, sebagaimana Paskah adalah salah satu dari manifestasi awalnya.

Wycliffe: Luk 22:19 - Inilah tubuh-Ku // Yang diserahkan bagi kamu 19. Inilah tubuh-Ku. Dia mengidentifikasi diri-Nya dengan lambang-lambang Paskah. Sebagaimana tubuh dan darah anak domba merupakan korban yang menjadi...

19. Inilah tubuh-Ku. Dia mengidentifikasi diri-Nya dengan lambang-lambang Paskah. Sebagaimana tubuh dan darah anak domba merupakan korban yang menjadi sarana tercapainya penebusan dari Mesir, demikian pula Kristus akan merupakan korban yang menjadi sarana perjanjian yang baru. Tidak ada petunjuk di dalam bahasa-Nya bahwa tubuh dan darah-Nya akan diubah secara lahiriah menjadi roti dan anggur. Yang diserahkan bagi kamu. Di dalam teks Barat ungkapan ini dan seluruh ayat 20 tidak dicantumkan, padahal biasanya teks Barat menjelaskan dan bukan menghilangkan. Mungkin kalimat-kalimat ini tidak ada di dalam teks asli Injil Lukas (lihat WH, II, Appendix, hlm. 64), sekalipun terdapat kesamaan yang besar dengan I Korintus 11:23-26.

Wycliffe: Luk 22:22 - Anak Manusia akan pergi seperti yang telah ditetapkan 22. Anak Manusia akan pergi seperti yang telah ditetapkan. Kematian sang Juruselamat merupakan bagian dari rencana ilahi untuk menebus umat manusia.

22. Anak Manusia akan pergi seperti yang telah ditetapkan. Kematian sang Juruselamat merupakan bagian dari rencana ilahi untuk menebus umat manusia.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Luk 22:1-6 - Yudas Mengkhianati Yesus Di samping hal-hal yang tidak mereka tulis, para penulis Injil memberikan kepada kita laporan khusus perihal kematian dan kebangkitan Kristus, kar...

Matthew Henry: Luk 22:7-20 - Paskah dan Penetapan Perjamuan Malam Paskah dan Penetapan Perjamuan Malam (22:7-20) Betapa besarnya harapan kita ketika melihat Kristus melakukan banyak pekerjaan baik melalui khotbah-...

Matthew Henry: Luk 22:21-38 - Kristus Menguatkan Hati Murid-murid-Nya Kristus Menguatkan Hati Murid-murid-Nya (22:21-38) Dalam perikop ini kita membaca perihal percakapan Kristus dengan murid-murid-Nya setelah makan m...

SH: Luk 22:1-6 - Jangan berkhianat! (Minggu, 25 Maret 2007) Jangan berkhianat! Sering dikatakan bahwa dalam politik tidak ada kawan atau lawan, yang ada ialah perbedaan kepentingan. Maksudnya perbedaan kep...

SH: Luk 22:1-13 - Persepakatan dengan Iblis. (Selasa, 30 Maret 2004) Persepakatan dengan Iblis. Paskha (bukan Paskah) merupakan perayaan penting bagi warga Yahudi. Biasanya Paskha diikuti perayaan hari Raya Ro...

SH: Luk 22:7-13 - Belum saatnya (Senin, 26 Maret 2007) Belum saatnya Paskah adalah peringatan atas karya penyelamatan Allah bagi Israel dari perbudakan Mesir. Waktu akan keluar dari Mesir, Allah ...

SH: Luk 22:7-23 - Persiapan yang matang dan waktu yang tepat. Kristus (Sabtu, 15 April 2000) Persiapan yang matang dan waktu yang tepat. Kristus kembali membuat persiapan untuk memasuki Yerusalem dengan mengirimkan dua murid-Nya kepada...

SH: Luk 22:14-23 - Peringatan pengorbanan Kristus (Selasa, 27 Maret 2007) Peringatan pengorbanan Kristus Perpisahan memang merupakan saat yang mengharukan. Yesus pun merasakan hal itu saat Ia dan murid-murid-Nya sedang ...

SH: Luk 22:14-23 - Perjamuan terakhir. (Rabu, 31 Maret 2004) Perjamuan terakhir. Rencana pembunuhan sudah digelar. Apakah Yesus mengetahui rencana tersebut? Ya. Tetapi mengapa masih mengadakan perjamua...

Topik Teologia: Luk 22:3 - -- Yesus Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus dan Penggenapannya Keadaan dan Peristiwa yang Berkenaan ...

Topik Teologia: Luk 22:15 - -- Yesus Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus dan Penggenapannya Keadaan dan Peristiwa yang Berkenaan ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Lukas (Pendahuluan Kitab) Penulis : Lukas Tema : Yesus, Juruselamat yang Ilahi dan Manusiawi Tanggal Penulisan: Tahun 60-63 M Latar Belakang Injil Lukas...

Full Life: Lukas (Garis Besar) Garis Besar I. Pendahuluan Injil Lukas (Luk 1:1-4) II. Kedatangan Juruselamat (Luk 1:5-2:52) A. Pem...

Matthew Henry: Lukas (Pendahuluan Kitab) Kita sekarang sedang memasuki karya seorang pemberita Injil lain bernama Lukas, yang menurut beberapa orang merupakan singkatan nama Lucilius. Menurut...

Jerusalem: Lukas (Pendahuluan Kitab) INJIL-INJIL SINOPTIK PENGANTAR Ada empat kitab dalam Perjanjian Baru yang berisikan "Kabar Yang Baik" (demikianlah arti kata "Euaggelio...

Jerusalem: Lukas (Pendahuluan Kitab) Injil karangan Lukas Ciri khas yang ada pada injil ketiga berasal dari kepribadian pengarangnya yang sangat menarik. Kepribadian Lukas itu di mana-man...

Ende: Lukas (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN LUKAS KATA PENGANTAR Tentang pribadi pengarang Lukas dari semula terkenal sebagai pengarang Indjil ketiga dan Kisah Rasu...

Wycliffe: Lukas (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN LUKAS Injil menurut Lukas merupakan kisah paling lengkap tentang kehidupan Yesus yang masih bertahan sejak zaman rasuli. Injil ini dimaks...

Wycliffe: Lukas (Garis Besar) GARIS BESAR LUKAS I. Pendahuluan 1:1-4 II. Pemberitaan Tentang Juruselamat 1:5-2:52 A. Pemberitaan kepada Zakharia 1:5-25 ...

BIS: Lukas (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH LUKAS PENGANTAR Buku Kabar Baik oleh Lukas mengemukakan Yesus sebagai Raja Penyelamat yang dijanjikan Allah untuk I

KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH LUKAS

PENGANTAR

Buku Kabar Baik oleh Lukas mengemukakan Yesus sebagai Raja Penyelamat yang dijanjikan Allah untuk Israel dan untuk seluruh umat manusia. Dalam bukunya ini Lukas menulis bahwa Yesus telah diberi tugas oleh Roh Tuhan untuk menyiarkan Kabar Baik dari Allah kepada orang miskin. Kabar Baik ini penuh dengan perhatian terhadap orang-orang dengan berbagai-bagai kebutuhan. Nampak pula suatu nada sukacita dalam buku Lukas ini, terutama pada pasal-pasal pertama mengenai kedatangan Yesus, kemudian pada bagian penutupnya juga mengenai terangkatnya Yesus naik ke surga. Kisah tentang tumbuhnya dan tersebarnya agama Kristen setelah Yesus naik ke surga diceritakan juga oleh penulis buku ini di dalam buku Kisah Rasul-rasul.

Bagian 2 dan 6 (lihat Isi buku di bawah ini) berisi banyak unsur cerita yang hanya terdapat dalam buku Kabar Baik ini. Misalnya, cerita tentang nyanyian para malaikat serta kunjungan para gembala pada saat kelahiran Yesus, Yesus di Rumah Tuhan ketika masih anak-anak, dan juga perumpa maan tentang Orang Samaria yang baik hati dan Anak yang hilang. Buku ini sangat menekankan juga hal doa, Roh Allah, peranan wanita dalam pelayanan Yesus dan pengampunan dosa oleh Allah.

Isi

  1.  Pendahuluan
    Luk 1:1-4
  2.  Kelahiran dan masa kanak-kanak dari Yohanes Pembaptis dan Yesus
    Luk 1:5-2:52
  3.  Pelayanan Yohanes Pembaptis
    Luk 3:1-20
  4.  Baptisan Yesus dan cobaan terhadap diri-Nya
    Luk 3:21-4:13
  5.  Pelayanan Yesus di tengah-tengah masyarakat Galilea
    Luk 4:14-9:50
  6.  Dari Galilea ke Yerusalem
    Luk 9:51-19:27
  7.  Minggu terakhir di Yerusalem dan sekitarnya
    Luk 19:28-23:56
  8.  Kebangkitan Yesus dari kematian, penampakan diri-Nya
    dan terangkat-Nya ke surga
    Luk 24:1-53

Ajaran: Lukas (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Injil Lukas, orang-orang Kristen mengerti sejarah kehidupan Tuhan Yesus sebagai manusia, mulai dari silsilah kelah

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi Injil Lukas, orang-orang Kristen mengerti sejarah kehidupan Tuhan Yesus sebagai manusia, mulai dari silsilah kelahiran-Nya sampai kepada kematian-Nya. Dan mengenal akan kehidupan Tuhan Yesus sebagai manusia yang sejati dan suci, penuh kesederhanaan dan ketulusan hati, sebagai teladan mereka dalam hidup kekristenan.

Pendahuluan

Penulis : Lukas.

Tahun : Sekitar tahun 62 SM.

Penerima : Theofilus (artinya sahabat Allah) Dan juga kepada orang-orang yang percaya pada Yesus.

Isi Kitab: Injil Lukas terdiri atas 24 pasal. Isi Injil ini menjelaskan kasih karunia Allah bagi segala bangsa. Orang-orang yang dipandang rendah oleh dunia, tidak dipandang rendah oleh Allah, seperti kaum wanita dan juga orang-orang miskin. Di dalam Injil ini juga nampak kesucian, kesederhanaan, dan keluhuran budi Tuhan Yesus sebagai manusia sejati. Bagi orang Kristen Tuhan Yesus adalah satu-satunya teladan sempurna. Karena itu, orang Kristen dipanggil untuk hidup seperti Yesus hidup.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Injil Lukas

  1. _Bagian Pertama_

    Pengajaran tentang Yesus Kristus sebagai anak manusia, yang dibuktikan dengan perasaan dan sikap yang diperlihatkannya terhadap orang-orang yang dianggap rendah oleh masyarakat

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Luk 7:13. Nats ini menceritakan tentang seorang janda yang kematian anaknya. Tuhan Yesus yang melihat kesedihan janda itu, merasa kasihan sehingga ia menghidupkan anak yang sudah mati itu. Hal ini membuktikan bahwa Yesus Kristus adalah manusia sejati dan juga Allah sejati. Selain itu ayat ini juga mengajarkan setiap orang percaya untuk mengasihi orang lain. _Tanyakan_: pernahkah saudara mengasihi orang lain?
    2. Bacalah pasal Luk 7:37-50. Tuhan Yesus memperhatikan dan mengampuni wanita berdosa yang bertobat.
    3. Bacalah pasal Luk 10:25-37. Bagian ini menjelaskan perumpamaan Tuhan Yesus, tentang seorang Samaria yang lebih baik hati dari para imam Yahudi. Hal ini mengajarkan kepada setiap orang Kristen untuk mengasihi dengan tidak memandang suku bangsa, atau kaya miskin. Sudahkah saudara menolong orang lain?
    4. Bacalah pasal Luk 15:1-7. Tuhan Yesus bergaul dengan para pemungut cukai, karena mereka mau mendengarkan perkataan Tuhan Yesus dan bertobat dari perbuatan pemerasan yang mereka lakukan.
    5. Bacalah pasal Luk 16:20-21. Bagian ini membuktikan bahwa Tuhan Yesus mengasihi semua manusia, sampai kepada para pengemis. Bagaimanakah dengan kasih saudara? Apakah saudara mengasihi orang-orang yang dapat memberikan sesuatu kepada saudara saja?
    6. Bacalah pasal Luk 17:12. Bagian ini menjelaskan bahwa Tuhan Yesus mengasihi dan memperhatikan orang-orang sakit. Apakah yang saudara lakukan terhadap seorang saudara/anggota/jemaat yang sedang sakit lagi miskin?
    7. Bacalah pasal Luk 23:40-43. Tuhan Yesus memperhatikan seorang penjahat dan juga mengampuni dosanya, karena ia mau bertobat.
  2. _Bagian Kedua_

    Tuhan Yesus sebagai anak manusia, memberikan teladan dalam kehidupan doa, khususnya berhubungan dengan peristiwa/kegiatan penting

    Pendalaman

    1. Ia berdoa di saat pembaptisan (Luk 3:21).
    2. Ia berdoa sesudah mujizat-mujizat dilaksanakan (Luk 5:15-16).
    3. Ia berdoa sebelum memilih murid-murid-Nya (Luk 6:12).
    4. Ia berdoa sebelum memberikan nubuat pertama tentan penderitaan-Nya (Luk 9:18-22).
    5. Ia berdoa pada saat permuliaan-Nya di bukit (Luk 9:29).
    6. Ia berdoa di saat ketujuh puluh murid-Nya kembal (Luk 10:17-21).
    7. Ia berdoa sebelum mengajar murid-murid-Nya tentang car berdoa (Luk 11:1).
    8. Ia berdoa di Taman Getsemani menjelang penderitaan-Ny (Luk 22:39-46).
    9. Ia berdoa di atas salib (Luk 23:34,46).

    Tuhan Yesus selalu berdoa dalam setiap keadaan dan keperluan, maka apakah yang saudara lakukan pada saat-saat menghadapi keperluan/kepentingan dalam hidup?

  3. _Bagian Ketiga_

    Tuhan Yesus sebagai anak manusia, mengasihi semua manusia di dunia

    Pendalaman

    Bacalah pasal Luk 3:6; 24:46-53. Bagian ini menjelaskan, bahwa keselamatan adalah untuk setiap manusia yang percaya pada Tuhan Yesus. Dengan demikian setiap orang yang telah diselamatkan oleh Tuhan Yesus, haruslah juga memberitakan keselamatan itu kepada orang lain. Berdasarkan pasal Luk 24:47-48, siapakah yang bertugas untuk meneruskan berita pengampunan dosa ini kepada semua manusia? Sudahkah saudara menginjili?

II. Kesimpulan

Melalui Injil Lukas jelaslah kita lihat bahwa Tuhan Yesus adalah Anak Manusia sejati, yang dibuktikan melalui kehidupan-Nya sehari-hari.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Injil Lukas?
  2. Apakah pokok pengajaran Injil Lukas?
  3. Buktikanlah bahwa Yesus Kristus adalah anak manusia?
  4. Pelajaran rohani apakah yang saudara terima dari mempelajari Injil Lukas?

Intisari: Lukas (Pendahuluan Kitab) Yang paling manusiawi dari semua Injil SIAPA PENULIS INJIL LUKAS?Injil ini ditulis oleh seorang dokter yang bernama Lukas, seorang teman dan rekan se

Yang paling manusiawi dari semua Injil

SIAPA PENULIS INJIL LUKAS?
Injil ini ditulis oleh seorang dokter yang bernama Lukas, seorang teman dan rekan sekerja rasul Paulus (Kol 4:14; File 24 dan 2Tim 4:11). Lukas sendiri bukanlah seorang saksi mata dari kehidupan Yesus (Luk 1:1-4). Tradisi mengatakan bahwa ia seorang bukan Yahudi, berstatus bujangan dan hidup sampai usia delapan puluh empat tahun.

MENGAPA INJIL INI DITULIS?
Lukas mempunyai beberapa tujuan:
1. Ia ingin menulis kisah kehidupan Yesus secara teratur yang berdasarkan bukti dari saksi mata yang benar (Luk 1:1-4).
2. Ia ingin mencatat permulaan dan perkembangan Kekristenan, yang dikerjakannya dalam dua bagian. Kisah para Rasul merupakan buku kedua. Lukas menunjukkan bagaimana Allah bekerja di sepanjang sejarah dan khususnya mengenai cara bagaimana para pengikut Yesus dengan cepat tersebar dari Galilea ke Roma.
3. Ia ingin menyatakan bahwa Yesus adalah Juruselamat bagi semua golongan manusia dan bukan hanya bagi sekelompok orang.
4. Ia ingin menunjukkan kepada para penguasa Romawi bahwa Kekristenan bukanlah ancaman bagi tatanan politik yang baik.

SIAPA SAJA PEMBACA INJIL LUKAS?
1. Lukas menujukan Injilnya kepada Teofilus (Luk 1:3), yang boleh jadi adalah seorang bukan Yahudi dari golongan menengah atas yang sudah bertobat dan menjadi Kristen. Namanya berarti 'dikasihi Allah', tetapi selain itu tidak ada lagi yang kita ketahui tentang dia.
2. Disamping itu Lukas berharap mendapatkan sidang pembaca yang lebih luas, yang mencakup orang-orang bukan Yahudi lainnya dan mungkin khususnya para aparat pemerintahan Romawi.

CIRI-CIRI KHUSUS.
1. Cara Lukas bercerita tak ada bandingannya. Kemampuannya menyusun kata-kata tampak dalam gaya bahasa Yunaninya yang sangat baik.
2. Lukas juga lebih tertarik dengan kehidupan manusiawi Yesus dan lebih banyak bercerita mengenai awal hidup dan masa kanak-kanak Yesus dibanding dengan Injil-injil lainnya.
3. Dalam hal-hal lain, Injil Lukas juga lebih lengkap mencatat lebih banyak perumpamaan, kisah tentang banyak orang, serta kebangkitan Yesus dibanding dengan Injil lainnya.
4. Lukas lebih menunjukkan perhatiannya kepada pribadi-pribadi, khususnya anak-anak dan orang-orang yang tersingkir dari masyarakat, daripada para penulis Injil lainnya.
5. Lukas juga mempunyai perhatian khusus lainnya, sebagai contoh tentang: doa, Roh Kudus dan tema sukacita.

Pesan

1. Kabar baIk tentang keselamatan.
Berita dari Lukas ialah bahwa Allah telah datang untuk menyelamatkan manusia
dari dosa dan keadaan mereka.
o Allah adalah Juruselamat. Luk 1:47
o Kristus dilahirkan untuk menyelamatkan. Luk 2:11, 30; 3:6
o Dia datang untuk menyelamatkan yang hilang. Luk 19:9, 10
o Keselamatan datang oleh iman. Luk 7:50;8:12
o Keselamatan berarti kehilangan nyawa sekarang. Luk 9:24
o Keselamatan dimungkinkan karena Kristus tidak menyelamatkan diri-Nya sendiri. Luk 23:35-43
o Keselamatan tersedia saat ini. Luk 4:21; 19:9

2. Kabar baik tentang Kerajaan Allah.
Bagian pusat Injil Lukas (Luk 9:51-19:44) banyak
berbicara mengenai Kerajaan Allah yang menjadi pusat dari khotbah Yesus. Luk 4:43; 8:1
o Kerajaan Allah itu kekal. Luk 1:33
o Kerajaan Allah milik orang yang miskin. Luk 6:20
o Murid-murid-Nya harus memberitakan
o Kerajaan Allah. Luk 9:2, 11
o Kepentingan Kerajaan Allah harus didahulukan. Luk 9:60-62; 12:31
o Umat harus berdoa untuk Kerajaan Allah. Luk 11:2
o Kerajaan Allah adalah anugerah dari Allah. Luk 12:32; 22:29
o Kerajaan Allah seperti... Luk 13:18-30
o Orang kaya sukar untuk masuk. Luk 18:18-30
o Kerajaan Allah sudah dekat sekarang. Luk 10:9, 11; 11:20; 17:20, 21
o Tetapi, Kerajaan Allah juga akan datang. Luk 24:31
3. Kabar baik terlIhat dalam diri Yesus.
Kabar baik bukanlah suatu dongeng atau cerita anak-anak tetapi didukung oleh
peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam kehidupan Yesus.
o Sejarah itu penting. Luk 1:1-4
o Allah telah merencanakannya sejak dahulu kala. Luk 3:23-38
o Allah bekerja di dalam kehidupan Yesus.
Banyak saksi mata melihatnya:
- pada saat kelahiran-Nya. Luk 2:30
- pada saat Yesus dibaptis. Luk 3:22
- dalam mukjizat-mukjizat yang dilakukan-Nya. Luk 4:36; 7:16
- dalam kematian-Nya. 23:39-49
- dalam kebangkitan-Nya. Luk 24:1-49 Yesus masih bekerja melalui murid-murid-Nya. Luk 24:48
Yesus sedang bekerja di seluruh dunia. Yerusalem hanyalah permulaan saja. Luk 24:47

Penerapan

Berita Injil Lukas dapat diterapkan kepada dua golongan utama:
1. Kepada mereka yang tidak percaya kepada Yesus.
Percaya kepada Yesus berarti:
o mempercayai kesaksian sejarah
o mengenaI pengampunan Allah
o mampu untuk hidup baru
o ikut ambil bagian dalam Kerajaan Allah
o tidak menuntut segala yang terbaik atau terhormat
o dituntut untuk rendah hati dan mau mengorbankan segalanya bagi Yesus
o mendapat anugerah besar pada masa yang akan datang
2. Kepada mereka yang percaya sungguh-sungguh kepada Yesus. Iman kepada Yesus
berarti Anda harus:

o bersukacita dan bersyukur dalam kehidupan
o meneladani kasih Yesus kepada semua orang
o ikut ambil bagian dalam penyebaran kabar baik tentang Kerajaan Allah.
o "mematikan" diri sendiri setiap hari
o berdoa seperti yang diajarkan Yesus
o menjadikan Kerajaan Allah prioritas Anda yang jelas
o percaya bahwa Allah mengendalikan dunia

Tema-tema Kunci

Inilah sebagian dari ajaran-ajaran penting dalam Injil Lukas: 1. Doa. Lukas sering berbicara tentang kehidupan doa Yesus: Luk 3:21; 5:16; 6:12; 9:18-22, 29; 10:17-21; 11:1; 22:39-46; 23:34, 46. Ia juga mencatat perumpamaan-perumpamaan Yesus tentang doa: Luk 11:5-13; 18:1-8. Apa yang dapat kita pelajari dari ayat-ayat tersebut tentang kapan Anda harus berdoa, bagaimana berdoa dan apa yang didoakan?

2. Roh Kudus. Lukas menekankan pekerjaan Roh Kudus dalam kehidupan Yesus. Tulislah saat-saat dalam kehidupan Yesus ketika Roh Kudus disebut: contoh Luk 1:35; 4:1, 14, 18; 10:21, 22; 24:49. Apa yang diajarkan dalam ayat-ayat ini mengenai Roh Kudus?

3. Pujian dan sukacita. Injil Lukas diawali dengan sejumlah lagu pujian: Luk 1:46-55, 68-79; 2:14; dan Luk 2:29- 32. Sebutkan bagian-bagian lain dalam Injil yang berbicara tentang sukacita. 4. Pengampunan. Pada dasarnya kabar baik berisi berita tentang pengampunan dosa. Mengapa pengajaran Yesus mengenai pengampunan menimbulkan perubahan secara besar-besaran? Pelajarilah dengan saksama apa yang Yesus katakan mengenai pengampunan dalam: Luk 5:17-25; 6:37; 7:36-50; 11:4; 17:3-4; 23:34; 24:47.

5. Uang. Lukas lebih banyak berbicara mengenai uang dibandingkan dengan Injil-injil lainnya dan menempatkan masalah orang miskin secara khusus. Lagi-lagi pesannya sangat revolusioner. Carilah ajaran tersebut dalam ayat-ayat berikut: Luk 1:53; 4:18; 6:20; 12:13-34; 15.8-10; 16:1-15, 19-31; 18:1-14; 19:1-27; 20:19-26.

6. Wanita dan anak-anak. Catatlah mengenai beberapa wanita yang terdapat dalam Injil Lukas. Masyarakat pada zaman Yesus biasanya tidak menganggap bahwa wanita layak mendapat banyak perhatian. Tetapi, Lukas menekankan mengenai kasih Allah terhadap semua orang bahkan terhadap wanita, orang-orang yang tersingkir dan anak-anak. Pelajarilah ayat-ayat tentang anak-anak berikut ini dan buatlah ringkasan dari ajaran yang terdapat di dalamnya: Luk 8:40-56; 9:37-43, 46-48; 18:15-17.

Garis Besar Intisari: Lukas (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Luk 1:1-4 [2] MASA MUDA SANG JURUSELAMAT Luk 1:5-4:13 Luk 1:5-25Pemberitahuan tentang kelahiran Yohanes Pembaptis Luk 1:26-

[1] PENDAHULUAN Luk 1:1-4

[2] MASA MUDA SANG JURUSELAMAT Luk 1:5-4:13

Luk 1:5-25Pemberitahuan tentang kelahiran Yohanes Pembaptis
Luk 1:26-38Pemberitahuan tentang kelahiran Yesus
Luk 1:39-56Kunjungan Maria ke rumah Elizabet
Luk 1:57-80Kelahiran Yohanes Pembaptis
Luk 2:1-38Kelahiran Yesus
Luk 2:39-52Masa kanak-kanak Yesus
Luk 3:1-22Khotbah Yohanes Pembaptis
Luk 3:23-38Silsilah Yesus
Luk 4:1-13Pencobaan Yesus

[3] SANG JURUSELAMAT DI GALILEA Luk 4:14-9:50

Luk 4:14-30Yesus memulai pelayanan-Nya
Luk 4:31-44Yesus menyembuhkan di Kapernaum
Luk 5:1-26Yesus melakukan mukjizat
Luk 5:27-39Panggilan dan di rumah perjamuan
Luk 6:1-11Lewi Perdebatan mengenai hari Sabat
Luk 6:12-16Yesus memilih murid-murid-Nya
Luk 6:17-49Yesus berkhotbah di depan orang banyak
Luk 7:1-17Mukjizat kesembuhan dan kebangkitan orang mati
Luk 7:18-35Pertanyaan-pertanyaan Yohanes terjawab
Luk 7:36-50Seorang pelacur menyembah Yesus
Luk 8:1-21Mengajar firman Allah
Luk 8:22-56Tiga mukjizat lagi
Luk 9:1-6Yesus mengutus murid-murid-Nya untuk misi penginjilan
Luk 9:7-9Reaksi Herodes terhadap Yesus
Luk 9:10-17Pemberian makan kepada lima ribu orang
Luk 9:18-27Yesus menanyakan pertanyaan yang penting
Luk 9:28-36Transfigurasi (perubahan rupa) Yesus
Luk 9:37-50Yesus berbicara dengan murid-murid-Nya

[4] SANG JURUSELAMAT PERGI KE YERUSALEM Luk 9:51-19:44

Luk 9:51-62Harga yang harus dibayar untuk mengikut Yesus
Luk 10:1-24Pengutusan tujuh puluh murid
Luk 10:25-37Perumpamaan tentang orang Samaria yang baik
Luk 10:38-42Maria dan Marta
Luk 11:1-13Ajaran tentang doa
Luk 11:14-36Ajaran tentang roh-roh dan tanda-tanda
Luk 11:37-54Kecaman terhadap orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat
Luk 12:1-59Mengajar orang banyak
Luk 13:1-9Kecuali jika engkau bertobat...
Luk 13:10-17Seorang wanita cacat disembuhkan
Luk 13:18-30Kerajaan Allah itu seperti...
Luk 13:31-35Yerusalem dan para nabi
Luk 14:1-24Makan malam bersama seorang Farisi
Luk 14:25-35Harga yang harus dibayar untuk menjadi seorang murid
Luk 15:1-32Tiga kisah tentang yang hilang
Luk 6:1-31Ajaran tentang uang
Luk 17:1-10Ajaran tentang pelayanan
Luk 17:11-19Penyembuhan sepuluh orang kusta
Luk 17:20-37Kedatangan Kerajaan Allah
Luk 18:1-17Ajaran mengenai keadilan dan kerendahan hati
Luk 18:18-34Yesus bertemu dengan seorang penguasa muda yang kaya-raya
Luk 18:35-43Mata seorang pengemis dicelikkan
Luk 19:1-10Yesus bertemu Zakheus
Luk 19:11-27Perumpamaan tentang uang mina
Luk 19:28-44Masuk ke Yerusalem

[5] JURUSELAMAT DI YERUSALEM Luk 9:45-24:53

Luk 19:45-21:4Yesus mengajar di Bait Allah
Luk 21:5-38Yesus berbicara mengenai akhir zaman
Luk 22:1-38Perjamuan Malam Terakhir
Luk 22:39-53Kejadian di taman Getsemani
Luk 22:54-62Penyangkalan Petrus
Luk 22:63-23:25Pengadilan atas Yesus
Luk 23:26-56Penyaliban dan penguburan
Luk 24:1-49Kebangkitan
Luk 24:50-53Kenaikan
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #29: Klik ikon untuk merubah popup menjadi mode sticky, untuk merubah mode sticky menjadi mode popup kembali. [SEMUA]
dibuat dalam 0.55 detik
dipersembahkan oleh YLSA