kecilkan semua  

Teks -- 2 Tawarikh 31:1-21 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
31:1 Setelah semuanya ini diakhiri, seluruh orang Israel yang hadir pergi ke kota-kota di Yehuda, lalu meremukkan segala tugu berhala, menghancurkan segala tiang berhala, dan merobohkan segala bukit pengorbanan dan mezbah di seluruh Yehuda dan Benyamin, juga di Efraim dan Manasye, sampai musnah semuanya. Kemudian pulanglah seluruh orang Israel ke kota-kotanya, ke miliknya masing-masing.
Hizkia mengatur sumbangan untuk para imam dan orang Lewi
31:2 Hizkia menetapkan rombongan para imam dan orang-orang Lewi, rombongan demi rombongan, masing-masing menurut tugas jabatannya sebagai imam atau sebagai orang Lewi, untuk mempersembahkan korban bakaran dan korban keselamatan, untuk mengucap syukur dan menyanyikan puji-pujian dan untuk melayani di pintu-pintu gerbang di tempat perkemahan TUHAN. 31:3 Raja memberi sumbangan dari harta miliknya untuk korban bakaran, yakni: korban bakaran pada waktu pagi dan pada waktu petang, korban bakaran pada hari-hari Sabat dan pada bulan-bulan baru dan pada hari-hari raya, yang semuanya tertulis di dalam Taurat TUHAN. 31:4 Ia memerintahkan rakyat, yakni penduduk Yerusalem, untuk memberikan sumbangan yang menjadi bagian para imam dan orang-orang Lewi, supaya mereka dapat mencurahkan tenaganya untuk melaksanakan Taurat TUHAN. 31:5 Segera setelah perintah ini tersiar, orang Israel membawa dalam jumlah yang besar hasil pertama dari pada gandum, anggur, minyak, madu dan segala macam hasil bumi. Mereka membawa juga persembahan persepuluhan dari segala sesuatu dalam jumlah yang besar. 31:6 Orang Israel dan orang Yehuda yang tinggal di kota-kota Yehuda juga membawa persembahan persepuluhan yang terdiri dari lembu sapi dan kambing domba, dan persembahan persepuluhan yang terdiri dari persembahan kudus yang telah dikuduskan bagi TUHAN Allah mereka. Semuanya itu diletakkan mereka bertimbun-timbun. 31:7 Mereka mulai membuat timbunan itu pada bulan yang ketiga, dan mereka selesai pada bulan yang ketujuh. 31:8 Hizkia dan para pemimpin datang melihat timbunan itu, dan mereka memuji TUHAN dan umat-Nya, orang Israel. 31:9 Hizkia menanyakan para imam dan orang-orang Lewi tentang timbunan itu, 31:10 dan dijawab oleh Azarya, imam kepala keturunan Zadok demikian: "Sejak persembahan khusus mulai dibawa ke rumah TUHAN, kami telah makan sekenyang-kenyangnya, namun sisanya masih banyak. Sebab TUHAN telah memberkati umat-Nya, sehingga tinggal sisa yang banyak ini." 31:11 Kemudian Hizkia menyuruh menyediakan bilik-bilik di rumah TUHAN dan mereka menyediakannya. 31:12 Dan dengan setia mereka membawa segala persembahan khusus, persembahan persepuluhan dan persembahan-persembahan kudus itu ke sana. Konanya, seorang Lewi, mengawasi semuanya, dan Simei, saudaranya, adalah orang kedua, 31:13 sedang Yehiel, Azazya, Nahat, Asael, Yerimot, Yozabad, Eliel, Yismakhya, Mahat dan Benanya adalah penilik di bawah Konanya dan Simei, saudaranya itu, sesuai dengan petunjuk raja Hizkia dan Azarya, kepala rumah Allah. 31:14 Dan Kore bin Yimna, seorang Lewi, penunggu pintu gerbang di sebelah timur, mengawasi pemberian-pemberian sukarela untuk Allah, serta membagi-bagikan persembahan khusus yang untuk TUHAN dan persembahan-persembahan maha kudus. 31:15 Di kota-kota imam ia dibantu dengan setia oleh Eden, Minyamin, Yesua, Semaya, Amarya dan Sekhanya dalam pembagian itu kepada saudara-saudara mereka menurut rombongan, kepada orang dewasa dan anak-anak, 31:16 kecuali kepada setiap orang yang masuk ke rumah TUHAN, menurut hari-hari yang ditetapkan, menurut tugas jabatan yang ditugaskan kepadanya, dan menurut rombongannya, yakni mereka yang tercatat dalam daftar sebagai laki-laki yang berumur tiga tahun ke atas. 31:17 Para imam dicatat dalam daftar menurut puak-puak mereka, sedang orang-orang Lewi yang berumur dua puluh tahun ke atas dicatat menurut tugas dan rombongan mereka. 31:18 Para imam terdaftar dengan seluruh keluarga mereka, yakni isteri, anak laki-laki dan perempuan, seluruh kaum itu, karena dengan setia mereka menguduskan diri untuk persembahan kudus. 31:19 Bagi keturunan Harun, yakni imam-imam, yang tinggal di padang-padang penggembalaan sekitar kota-kota mereka, di setiap kota ada orang-orang yang ditunjuk dengan disebut namanya, untuk mengadakan pembagian kepada setiap orang laki-laki dari keluarga imam dan kepada setiap orang Lewi yang terdaftar. 31:20 Demikianlah perbuatan Hizkia di seluruh Yehuda. Ia melakukan apa yang baik, apa yang jujur, dan apa yang benar di hadapan TUHAN, Allahnya. 31:21 Dalam setiap usaha yang dimulainya untuk pelayanannya terhadap rumah Allah, dan untuk pelaksanaan Taurat dan perintah Allah, ia mencari Allahnya. Semuanya dilakukannya dengan segenap hati, sehingga segala usahanya berhasil.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Amarya a Levite (Hebron Kohath); founder of a sub-clan of Hebron,the chief priest, Amariah I; son of Marioth I; 1100 BC,son of Azariah II; chief priest under Jehoshaphat; Amariah II,a Levite temple assistant to Kore under King Hezekiah; 725 BC,son of King Hezekiah; 700 BC,an Israelite (Binnui) who put away his heathen wife; 458 BC,a priestly leader who returned with Zerubbabel 537 BC (NIVsn),son of Shephatiah of Judah
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · anak-anak Lewi members of the tribe of Levi
 · anak-anak perempuan Manasye the tribe of Manasseh.
 · Asael son of Zeruiah, David's sister; brother of Joab,a Levite assigned to teach in Judah under Jehoshaphat,a Levite assistant to the temple treasurer under Hezekiah,father of Jonathan who opposed Ezra's policies
 · Azarya son of Ahimaaz; grandson and successor of Zadok I,son of Nathan; a priest who was chief of Solomons officers,son and successor of king Amaziah of Judah,son of Ethan son of Zerah of Judah,son of Jehu son of Obed of Judah,son of Johanan; descendant of Meraioth I,son of Hilkiah before the exile; high priest Azariah III,a descendant of Hilkiah the priest,son of Zephaniah/Uriel (Korah Levi); forefather of Samuel,son of Oded; prophet under King Asa,second son of Jehoshaphat; brother of King Jehoram,fifth son of Jehoshaphat; brother of King Jehoram,son of Jeroham; a commander who helped enthrone Joash,son of Obed; a commander who helped enthrone Joash,the priest who confronted Uzziah for offering incense,a chief of Ephraim under Israel's King Pekah,father of Joel (Kohath Levi), who served under Hezekiah,son of Jehallelel (Merari Levi). He served under Hezekiah,chief priest, of Zadok's line, under Hezekiah,son of Maaseiah son of Ananiah; a repairer of Nehemiah's wall,a man who accompanied Zerubbabel back to the land of Judah,a scribe who helped Ezra explain the reading of the Law,a priest who signed the covenant to keep God's law,a prince of Judah who led praises to God on the new city wall,son of Hoshaiah; one of the leaders rebelling against Jeremiah,a man exiled from Judah and trained with Daniel in Babylon
 · Azazya a man of Levi; a lyre player in David's worship team,father of Hoshea, David's deputy over the Ephraimites,an officer over the temple store house under King Hezekiah
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · bani Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · bani Lewi members of the tribe of Levi
 · bani Manasye the tribe of Manasseh.
 · Benanya son of Jehoiada; commander of King Solomon's army,son of Jehoiada of Pirathon in Ephraim; one of David's elite,head of a large influential family of Simeon in Hezekiah's time,a Levite worship leader in David's time,a priest in David's time,father of Jehoiada, one of king David's counselors,son of Jeiel; a priest under Jehoshaphat,a man who was a temple helper in the time of Hezekiah,a layman of the Parosh clan who put away his heathen wife,a layman of the Pahath-Moab clan who put away his heathen wife,a layman of the Bani clan who put away his heathen wife,a layman of the Nebo clan who put away his heathen wife,the father of Pelatiah, a wicked counselor exposed by Ezekiel
 · Benaya son of Jehoiada; commander of King Solomon's army,son of Jehoiada of Pirathon in Ephraim; one of David's elite,head of a large influential family of Simeon in Hezekiah's time,a Levite worship leader in David's time,a priest in David's time,father of Jehoiada, one of king David's counselors,son of Jeiel; a priest under Jehoshaphat,a man who was a temple helper in the time of Hezekiah,a layman of the Parosh clan who put away his heathen wife,a layman of the Pahath-Moab clan who put away his heathen wife,a layman of the Bani clan who put away his heathen wife,a layman of the Nebo clan who put away his heathen wife,the father of Pelatiah, a wicked counselor exposed by Ezekiel
 · Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · Eden a place near where the Tigris and Euphrates Rivers meet (NIVsn),son of Joah (Gershon Levi) in King Hezekiah's time,a district along the Euphrates River south of Haran (NIVsn)
 · Efraim the tribe of Ephraim as a whole,the northern kingdom of Israel
 · Eliel son of Toah/Nahath/Tohu of Levi; Samuel's great grandfather,head of a large clan in eastern Manasseh in the time of Jotham,son of Shime-i of Benjamin,son of Shashak of Benjamin,a Mahavite man; one of David's military elite,a Mezobaite man; one of David's military elite,an officer from Gad who defected to David in the wilderness,chief of the Levite clan of Hebron under King David,an officer over the temple store house under King Hezekiah
 · Harun a son of Amram; brother of Moses,son of Amram (Kohath Levi); patriarch of Israel's priests,the clan or priestly line founded by Aaron
 · Hizkia son of Neariah, a descendant of Jeconiah
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · kaum suku Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · kaum-kaum Lewi members of the tribe of Levi
 · kaum-kaum suku Lewi members of the tribe of Levi
 · Kore son of Ebiasaph; a Levite gatekeeper whose descendants returned from exile,son of Imnah; keeper of the gate, and overseer of free will offerings under Hezekiah
 · Lewi relating to Levi and the priesthood given to him,a tribal name describing people and ceremonies as sacred
 · Mahat son of Amasai (Kohath Levi), Hezekiah's chief temple restorer,officer in charge of the temple store house under King Hezekiah
 · Manasye member of the tribe of Manasseh
 · Minyamin a Levite who helped Kore manage temple offerings for Hezekiah,a priest leader of some who returned from exile with Zerubbabel
 · Nahat son of Reuel son of Esau,son of Zophai/Zuph (Kohath Levi); forefather of Samuel,an officer of the temple store house under King Hezekiah


Topik/Tema Kamus: Hizkia | Raja | Orang Lewi | Domba | Puluh, Persepuluh | Sembah, Persembahan | Tahbis, Pentahbisan | Rajin Dalam Hal Rohani | Sembah, Penyembahan Berhala | Raya, Perayaan Bulan Baru | Setia, Kesetiaan (Percaya) | Ucap, Ucapan Syukur | Suku Manasye | Suku Efraim | Silsilah | Madu | Air Anggur | Buah Bungaran | Persepuluhan | Yismakhya | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: 2Taw 31:4 - MENCURAHKAN TENAGANYA UNTUK MELAKSANAKAN TAURAT. Nas : 2Taw 31:4 Hizkia memerintahkan rakyatnya untuk memberikan buah sulung dan persepuluhan dari semua hasil bumi mereka kepada para imam dan oran...

Nas : 2Taw 31:4

Hizkia memerintahkan rakyatnya untuk memberikan buah sulung dan persepuluhan dari semua hasil bumi mereka kepada para imam dan orang Lewi (lih. Kel 23:19; Im 27:30-33; Bil 18:12,20-24; Ul 26:1-19), dan dengan demikian memungkinkan para imam menyerahkan diri lebih penuh kepada Allah dan pelayanan Firman-Nya

(lihat art. PERSEPULUHAN DAN PERSEMBAHAN).

Demikian pula, di bawah perjanjian yang baru, para pemimpin rohani yang dipanggil oleh Allah harus dibayar dari persepuluhan dan persembahan umat Allah supaya mereka "dapat memusatkan pikiran dalam doa dan pelayanan Firman" (Kis 6:4;

lihat cat. --> Gal 6:6-10).

[atau ref. Gal 6:6-10]

Full Life: 2Taw 31:10 - TUHAN TELAH MEMBERKATI UMAT-NYA. Nas : 2Taw 31:10 Sebagai syarat untuk mengalami berkat Allah, kita harus bersedia dan berkomitmen untuk memberikan dari pendapatan kita bagi pekerj...

Nas : 2Taw 31:10

Sebagai syarat untuk mengalami berkat Allah, kita harus bersedia dan berkomitmen untuk memberikan dari pendapatan kita bagi pekerjaan dan pelayanan Allah, di tempat kita dan di luar negeri (bd. 1Kor 9:14; Fili 4:15-18). Ketidaksediaan untuk melakukan demikian adalah tanda bahwa kasih kita kepada Allah dan pekerjaan-Nya kurang sempurna. Allah ingin agar kita melayani diri-Nya dan bukan uang (bd. Mat 6:24;

lihat cat. --> 2Kor 8:1-9:15;

lihat cat. --> 2Kor 8:2;

lihat cat. --> 2Kor 8:9;

lihat cat. --> 2Kor 9:6;

lihat cat. --> 2Kor 9:8;

lihat cat. --> 2Kor 9:11).

[atau ref. 2Kor 8:1-9:15]

BIS: 2Taw 31:5 - sepersepuluh bagian sepersepuluh bagian: Ini adalah untuk orang Lewi.

sepersepuluh bagian: Ini adalah untuk orang Lewi.

BIS: 2Taw 31:16 - tiga puluh tiga puluh: Kemungkinan besar demikianlah artinya; menurut naskah Ibrani: tiga.

tiga puluh: Kemungkinan besar demikianlah artinya; menurut naskah Ibrani: tiga.

Jerusalem: 2Taw 31:2 - Hizkia menetapkan.... Hizkia sebenarnya hanya memulihkan apa yang ditetapkan Salomo, bdk 2Ta 8:12-14, sesuai dengan aturan yang diberikan Daud.

Hizkia sebenarnya hanya memulihkan apa yang ditetapkan Salomo, bdk 2Ta 8:12-14, sesuai dengan aturan yang diberikan Daud.

Jerusalem: 2Taw 31:6 - persembahan persepuluhan yang terdiri dari persembahan kudus Maksudnya rupanya sbb: juga dari persembahan suka rela dipungut bagian sepersepuluh. Dengan demikian aturan lama diperluas. Bdk Ula 14:22+.

Maksudnya rupanya sbb: juga dari persembahan suka rela dipungut bagian sepersepuluh. Dengan demikian aturan lama diperluas. Bdk Ula 14:22+.

Jerusalem: 2Taw 31:7 - pada bulan yang ketiga Jadi halnya terlaksana pada waktu antara hari raya Pentakosta dan hari raya Pondok Daun akhir musim panen.

Jadi halnya terlaksana pada waktu antara hari raya Pentakosta dan hari raya Pondok Daun akhir musim panen.

Jerusalem: 2Taw 31:9 - -- Hizkia menanyakan Rupanya raja kuatir kalau-kalau para petugas memaksa rakyat dengan kekerasan.

Hizkia menanyakan Rupanya raja kuatir kalau-kalau para petugas memaksa rakyat dengan kekerasan.

Jerusalem: 2Taw 31:16 - tiga tahun ke atas Agaknya ini perlu diperbaiki menjadi: tiga puluh tahun ke atas, bdk 1Ta 23:3. Orang yang dimaksud di sini ialah para imam.

Agaknya ini perlu diperbaiki menjadi: tiga puluh tahun ke atas, bdk 1Ta 23:3. Orang yang dimaksud di sini ialah para imam.

Jerusalem: 2Taw 31:18 - seluruh kaum itu... untuk persembahan kudus Naskah Ibrani tidak jelas maksudnya dan rupanya rusak.

Naskah Ibrani tidak jelas maksudnya dan rupanya rusak.

Jerusalem: 2Taw 31:19 - di setiap kota.... namanya Bdk panitia pengawas yang ditetapkan Nehemia, Neh 13:10-14.

Bdk panitia pengawas yang ditetapkan Nehemia, Neh 13:10-14.

Ende: 2Taw 31:4 - -- Kepada para imam harus diberikan baginja, supaja mereka bebas untuk ibadah (berteguh pada Taurat) dan tidak terhalang oleh urusan duniawi.

Kepada para imam harus diberikan baginja, supaja mereka bebas untuk ibadah (berteguh pada Taurat) dan tidak terhalang oleh urusan duniawi.

Ende: 2Taw 31:16 - -- Ajat2 ini (2Ta 31:15-16) agak sukar untuk diartikan.Terdjemahan dikirakan sadja. Hanja orang jang berumur tigapuluh tahun keatas menerima bagiannja, o...

Ajat2 ini (2Ta 31:15-16) agak sukar untuk diartikan.Terdjemahan dikirakan sadja. Hanja orang jang berumur tigapuluh tahun keatas menerima bagiannja, oleh sebab hanja mereka mendjalankan tugas dalam ibadah.

Endetn: 2Taw 31:16 - (tiga) puluh diperbaiki sesuai dengan satu naskah terdjemahan Junani. Tertulis: "tiga".

diperbaiki sesuai dengan satu naskah terdjemahan Junani. Tertulis: "tiga".

Ref. Silang FULL: 2Taw 31:1 - lalu meremukkan · lalu meremukkan: 2Raj 18:4; 2Raj 18:4; 2Taw 32:12; Yes 36:7

· lalu meremukkan: 2Raj 18:4; [Lihat FULL. 2Raj 18:4]; 2Taw 32:12; Yes 36:7

Ref. Silang FULL: 2Taw 31:2 - Hizkia // menetapkan rombongan // menyanyikan puji-pujian // untuk melayani // tempat perkemahan · Hizkia: 2Taw 29:9; 2Taw 29:9 · menetapkan rombongan: 1Taw 24:1; 1Taw 24:1 · menyanyikan puji-pujian: Mazm 7:18; 9:3; 47:7; 71:2...

· Hizkia: 2Taw 29:9; [Lihat FULL. 2Taw 29:9]

· menetapkan rombongan: 1Taw 24:1; [Lihat FULL. 1Taw 24:1]

· menyanyikan puji-pujian: Mazm 7:18; 9:3; 47:7; 71:22

· untuk melayani: 1Taw 15:2; [Lihat FULL. 1Taw 15:2]

· tempat perkemahan: 1Taw 23:28-32; [Lihat FULL. 1Taw 23:28] s/d 32

Ref. Silang FULL: 2Taw 31:3 - memberi sumbangan // Taurat Tuhan · memberi sumbangan: 1Taw 29:3; 1Taw 29:3; 2Taw 35:7; Yeh 45:17 · Taurat Tuhan: Bil 28:1-29:40

· memberi sumbangan: 1Taw 29:3; [Lihat FULL. 1Taw 29:3]; 2Taw 35:7; Yeh 45:17

· Taurat Tuhan: Bil 28:1-29:40

Ref. Silang FULL: 2Taw 31:4 - menjadi bagian · menjadi bagian: Bil 18:8; Bil 18:8; Ul 18:8; Ul 18:8; Neh 13:10

· menjadi bagian: Bil 18:8; [Lihat FULL. Bil 18:8]; Ul 18:8; [Lihat FULL. Ul 18:8]; Neh 13:10

Ref. Silang FULL: 2Taw 31:5 - hasil pertama // gandum, anggur · hasil pertama: Bil 18:12,24; Bil 18:12; Bil 18:24; Neh 13:12; Yeh 44:30 · gandum, anggur: Ul 12:17

· hasil pertama: Bil 18:12,24; [Lihat FULL. Bil 18:12]; [Lihat FULL. Bil 18:24]; Neh 13:12; Yeh 44:30

· gandum, anggur: Ul 12:17

Ref. Silang FULL: 2Taw 31:6 - persembahan persepuluhan // mereka bertimbun-timbun · persembahan persepuluhan: Im 27:30; Im 27:30; Neh 13:10-12 · mereka bertimbun-timbun: Rut 3:7; Rut 3:7

· persembahan persepuluhan: Im 27:30; [Lihat FULL. Im 27:30]; Neh 13:10-12

· mereka bertimbun-timbun: Rut 3:7; [Lihat FULL. Rut 3:7]

Ref. Silang FULL: 2Taw 31:7 - yang ketujuh · yang ketujuh: Kel 23:16

· yang ketujuh: Kel 23:16

Ref. Silang FULL: 2Taw 31:8 - mereka memuji · mereka memuji: Mazm 144:13-15

· mereka memuji: Mazm 144:13-15

Ref. Silang FULL: 2Taw 31:10 - keturunan Zadok // tinggal sisa · keturunan Zadok: 2Sam 8:17; 2Sam 8:17 · tinggal sisa: Kel 36:5; Kel 36:5; Yeh 44:30; Mal 3:10-12

· keturunan Zadok: 2Sam 8:17; [Lihat FULL. 2Sam 8:17]

· tinggal sisa: Kel 36:5; [Lihat FULL. Kel 36:5]; Yeh 44:30; Mal 3:10-12

Ref. Silang FULL: 2Taw 31:12 - Konanya · Konanya: 2Taw 35:9

· Konanya: 2Taw 35:9

Ref. Silang FULL: 2Taw 31:13 - Yerimot, Yozabad · Yerimot, Yozabad: 2Taw 35:9

· Yerimot, Yozabad: 2Taw 35:9

Ref. Silang FULL: 2Taw 31:15 - Di kota-kota // oleh Eden · Di kota-kota: Yos 21:9-19 · oleh Eden: 2Taw 29:12

· Di kota-kota: Yos 21:9-19

· oleh Eden: 2Taw 29:12

Ref. Silang FULL: 2Taw 31:16 - dalam daftar · dalam daftar: 1Taw 23:3

· dalam daftar: 1Taw 23:3

Ref. Silang FULL: 2Taw 31:19 - setiap kota · setiap kota: Bil 35:2-5; Bil 35:2 s/d 5

· setiap kota: Bil 35:2-5; [Lihat FULL. Bil 35:2] s/d 5

Ref. Silang FULL: 2Taw 31:20 - yang benar · yang benar: 2Raj 20:3; 2Raj 20:3

· yang benar: 2Raj 20:3; [Lihat FULL. 2Raj 20:3]

Ref. Silang FULL: 2Taw 31:21 - usahanya berhasil · usahanya berhasil: Ul 29:9; Ul 29:9

· usahanya berhasil: Ul 29:9; [Lihat FULL. Ul 29:9]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: 2Taw 12:1--36:16 - -- B. Para Pemimpin Yehuda (12:1-36:16). Sembilan belas laki-laki dan satu orang perempuan yang menduduki takhta Daud dari tahun 930 sM hingga 586 sM sa...

B. Para Pemimpin Yehuda (12:1-36:16).

Sembilan belas laki-laki dan satu orang perempuan yang menduduki takhta Daud dari tahun 930 sM hingga 586 sM sangat beragam wataknya mulai dari yang kokoh dan baik hingga yang lemah dan jahat. Nasib setiap bangsa sebagian besar ditentukan oleh kaliber kepemimpinannya, dan hal ini sangat nyata di dalam kehidupan bangsa Israel di mana tangan Allah sering kali ikut campur tangan secara lebih nyata daripada di tempat lainnya. Penulis Tawarikh dengan demikian memberikan dorongan kepada manusia sezamannya untuk menyerahkan diri kepada Allah dengan cara menunjukkan berdasarkan berbagai kelepasan Yehuda secara mukjizat oleh Allah pada masa lalu betapa "iman adalah kemenangan" yang dapat mengalahkan dunia (II Taw. 20:20). Namun pada saat yang bersamaan, dan dari data sejarah yang sama pula, penulis Tawarikh mengingatkan mereka akan bahayanya berkompromi dengan dunia, bersikap acuh terhadap Hukum Taurat dan bertindak menyimpang dari Tuhan. Sebab pola dasar dari sejarah Yehuda adalah kemerosotan religius. Dosa demikian mengakar di dalam kehidupan mereka sehingga seorang Yosia sekalipun tidak mampu membalik arus: "Oleh sebab itu murka Tuhan bangkit terhadap umat-Nya, sehingga tidak mungkin lagi pemulihan" (36;16). Allah bisa menghukum umat yang telah dipilih-Nya! Di dalam hal tertentu 12:1-36:16 sangat sama dengan I Raja-Raja 14:22; II Raja-Raja 24:20. Akan tetapi, sebagian besar dari Kitab Raja-Raja dihilangkan, misalnya: kehidupan para nabi dan, tentu saja, juga seluruh sejarah kerajaan Israel di utara (bdg. Pendahuluan, Tujuan Penulisan). Namun tentang Yehuda, penulis Tawarikh memberikan sejumlah teladan mengesankan tentang iman dan tentang kelepasan yang tidak ada paralelnya di dalam Kitab Raja-Raja.

Wycliffe: 2Taw 29:1--32:33 - -- 13) Hizkia 29:1-32:33. (725*-696* sM, 29:1:32:33). Kesalehan dan kekuatan Hizkia berlawanan dengan kemurtadan ayahnya yang tunduk kepada situasi. Jik...

13) Hizkia 29:1-32:33. (725*-696* sM, 29:1:32:33).

Kesalehan dan kekuatan Hizkia berlawanan dengan kemurtadan ayahnya yang tunduk kepada situasi. Jika Ahas telah mengubah Yerusalem menjadi tempat menyembah berhala dan kedursilaan yang menyertainya, Hizkia membersihkan Bait Tuhan dari segenap pencemaran (ps. 29), merayakan Paskah dengan khidmat (ps. 30) dan menjelajah secara luas untuk menyingkirkan bukit-bukit pengorbanan tempat penyembahan berhala dan menegakkan agama yang benar (ps. 32). Kemudian dalam bidang politik, jika Ahas dengan wawasan yang dangkal menyerahkan diri kepada Asyur, Hizkia merencanakan dan berjuang demi kesejahteraan dan kemerdekaan sejati Yehuda, meskipun tidak selalu dengan bijaksana, namun dengan keberhasilan pada akhirnya (ps. 32). Bagian yang mengisahkan hal yang sama dalam II Raja-Raja hanya menyinggung secara singkat pembaharuan religius yang diadakan Hizkia (18:1-6) namun lebih lengkap melaporkan kegiatan-kegiatan politiknya (18:7-20:21) daripada yang terdapat dalam II Tawarikh pasal 32 ini.

Wycliffe: 2Taw 31:1 - menghancurkan segala tiang berhala // Dan merobohkan segala bukit pengorbanan // Juga di Efraim 31:1. Mereka menghancurkan segala tiang berhala. Lihat tafsiran 14:3. Dan merobohkan segala bukit pengorbanan (lih. taf. 1:3), entah itu tempat menyem...

31:1. Mereka menghancurkan segala tiang berhala. Lihat tafsiran 14:3. Dan merobohkan segala bukit pengorbanan (lih. taf. 1:3), entah itu tempat menyembah Baal ataupun tempat menyembah Yehova yang dilaksanakan dengan memakai pola penyembahan Baal ini. Hizkia juga terpaksa memusnahkan Nehustan, ular tembaga yang digunakan oleh Musa dahulu, sebab benda tersebut sudah diselewengkan menjadi berhala (II Raj. 18:4). Juga di Efraim. Sebab sebagian orang telah bertobat dari kemurtadan mereka sepanjang dua abad (30:11) sedangkan mereka yang keras kepala tidak mampu mengambil tindakan (tafsiran-tafsiran 30:10, 11).

Wycliffe: 2Taw 31:2 - Hizkia menetapkan rombongan para imam. Maksud 2. Hizkia menetapkan rombongan para imam. Maksudnya, Hizkia menghidupkan kembali pengaturan jadwal tugas para imam seperti yang telah diatur oleh Daud...

2. Hizkia menetapkan rombongan para imam. Maksudnya, Hizkia menghidupkan kembali pengaturan jadwal tugas para imam seperti yang telah diatur oleh Daud (bdg. taf. 23;17; I Taw. 24, 25).

Wycliffe: 2Taw 31:3 - Raja memberi sumbangan dari harta miliknya untuk kurban bakaran // Kurban bakaran pada waktu pagi dan pada waktu petang ... dan pada hari-hari raya 3. Raja memberi sumbangan dari harta miliknya untuk kurban bakaran. Tanggung jawab untuk menyediakan keperluan bagi ibadah nasional telah ditentukan s...

3. Raja memberi sumbangan dari harta miliknya untuk kurban bakaran. Tanggung jawab untuk menyediakan keperluan bagi ibadah nasional telah ditentukan secara terinci oleh Musa (Bil. 28; 29). Kurban bakaran pada waktu pagi dan pada waktu petang ... dan pada hari-hari raya. Lihat tafsiran I Tawarikh 23:30, 31.

Wycliffe: 2Taw 31:4 - Bagian ... orang-orang Lewi 4. Bagian ... orang-orang Lewi (ay. 5) terutama terdiri atas "hasil pertama" (Kel. 23:19; Bil. 18:12) dan perpuluhan dari suku-suku lainnya (Im. 27:30...

4. Bagian ... orang-orang Lewi (ay. 5) terutama terdiri atas "hasil pertama" (Kel. 23:19; Bil. 18:12) dan perpuluhan dari suku-suku lainnya (Im. 27:30-33; Bil. 18:21-24). Orang Lewi dapat mengabdikan diri sepenuhnya kepada pekerjaan Tuhan tanpa terhalang oleh urusan-urusan lainnya hanya apabila mereka menerima "bagian" ini secara teratur (bdg. Neh. 13:10).

Wycliffe: 2Taw 31:6 - Persembahan persepuluhan yang terdiri dari persembahan kudus // Pada bulan yang ketiga // mereka mulai ... dan mereka selesai pada bulan yang ketujuh 6. Persembahan persepuluhan yang terdiri dari persembahan kudus mungkin merupakan sebuah istilah umum untuk persentase persembahan-persembahan tertent...

6. Persembahan persepuluhan yang terdiri dari persembahan kudus mungkin merupakan sebuah istilah umum untuk persentase persembahan-persembahan tertentu yang menjadi milik para imam (Bil. 18:6; bdg. Im. 6:16-7:36). 7. Pada bulan yang ketiga (Mei - Juni), musim Perayaan Pentakosta dan hari raya menuai (Kel. 23:16a), mereka mulai ... dan mereka selesai pada bulan yang ketujuh (September - Oktober), pada saat dilaksanakan Perayaan Pondok Daun dan hari raya pengumpulan hasil (Kel. 23:16b).

Wycliffe: 2Taw 31:10 - Azarya 10. Azarya III (ay. 13; bdg. taf. I Taw. 6:4) mungkin bukan Azarya (II) yang menentang Raja Uzia (26:17) sekitar tiga puluh tahun sebelumnya.

10. Azarya III (ay. 13; bdg. taf. I Taw. 6:4) mungkin bukan Azarya (II) yang menentang Raja Uzia (26:17) sekitar tiga puluh tahun sebelumnya.

Wycliffe: 2Taw 31:12 - Konanya ... menguasai semuanya // segala persembahan khusus 12. Konanya ... menguasai semuanya. Pada mulanya Daud telah mengatur agar segala persembahan khusus berada di bawah pengawasan para pengawas pintu ger...

12. Konanya ... menguasai semuanya. Pada mulanya Daud telah mengatur agar segala persembahan khusus berada di bawah pengawasan para pengawas pintu gerbang yang terdiri dari orang Lewi (lih. taf. I Taw. 26:20, 26).

Wycliffe: 2Taw 31:14 - Membagi-bagikan persembahan khusus yang untuk Tuhan. Hizkia // pemberian-pemberian sukarela untuk Allah // persembahan-persembahan mahakudus 14. Membagi-bagikan persembahan khusus yang untuk Tuhan. Hizkia kemudian mengatur agar pemberian-pemberian sukarela untuk Allah dan juga persembahan-p...

14. Membagi-bagikan persembahan khusus yang untuk Tuhan. Hizkia kemudian mengatur agar pemberian-pemberian sukarela untuk Allah dan juga persembahan-persembahan mahakudus (mis., bagian-bagian tertentu dari kurban penghapus salah; Im. 6:17) diserahkan kepada para imam yang layak menerimanya (Im. 7:14; bdg. 6:29).

Wycliffe: 2Taw 31:15 - Di kota-kota imam 15. Di kota-kota imam (ay. 19). Kota-kota ini diberi nama dan disebar oleh Yosua (Yos. 21:9-19).

15. Di kota-kota imam (ay. 19). Kota-kota ini diberi nama dan disebar oleh Yosua (Yos. 21:9-19).

Wycliffe: 2Taw 31:16 - Kecuali ... yang masuk ke rumah Tuhan ... laki-laki yang berumur tiga tahun ke atas // daftar // Yang berumur dua puluh tahun ke atas 16. Kecuali ... yang masuk ke rumah Tuhan ... laki-laki yang berumur tiga tahun ke atas. Sejak usia dini ini, para putra imam pastilah sudah mendampin...

16. Kecuali ... yang masuk ke rumah Tuhan ... laki-laki yang berumur tiga tahun ke atas. Sejak usia dini ini, para putra imam pastilah sudah mendampingi ayah mereka ketika melaksanakan tugas sehingga mereka menerima bagian mereka secara langsung di Bait Allah. 17. Pembagian kembali tugas orang Lewi telah membuat daftar keturunan memperoleh makna yang baru. Yang berumur dua puluh tahun ke atas. Lihat tafsiran I Tawarikh 23:24.

Wycliffe: 2Taw 31:18 - Mereka menguduskan diri untuk persembahan kudus 18. Mereka menguduskan diri untuk persembahan kudus. Kore dan teman-temannya secara cermat melaksanakan tugas yang sangat peka ini.

18. Mereka menguduskan diri untuk persembahan kudus. Kore dan teman-temannya secara cermat melaksanakan tugas yang sangat peka ini.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: 2Taw 30:23--31:1 - Sukacita dan pembaruan dalam kesatuan. (Sabtu, 6 Juli 2002) Sukacita dan pembaruan dalam kesatuan. Hal inilah yang mungkin sangat didambakan oleh penulis Tawarikh. Jemaat pascapembuangan masih rindu untuk terus...

SH: 2Taw 31:2-21 - Melayani sambil mencari Allah. (Minggu, 7 Juli 2002) Melayani sambil mencari Allah. Sekarang, penulis Tawarikh mencatat tindakan Hizkia yang sama penting, walaupun bagi kita tidak terlihat seingar-bingar...

Topik Teologia: 2Taw 31:2 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Memuliakan Allah

Topik Teologia: 2Taw 31:3 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Kuasa Ilahi Kitab Suci Nama-nama untuk Alkitab (Atau Pembagiannya) Hukum Tuhan 1Ta 16:40 2Ta 31...

Topik Teologia: 2Taw 31:20 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Mencari Allah Carilah Allah Contoh-contoh Orang-orang yang Mencari Allah ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: 2 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) Penulis : Ezra (?) Tema : Ibadah, Kebangunan Rohani, dan Pembaharuan Sejati Tanggal Penulisan: 450-420 SM Latar Belakang Karen...

Full Life: 2 Tawarikh (Garis Besar) Garis Besar I. Salomo: Sumbangan-Sumbangan Penting Masa Pemerintahannya (2Taw 1:1-9:31) A. Penegakan Kepemimpinan Sal...

Jerusalem: 2 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) KITAB-KITAB TAWARIKH, EZRA DAN NEHEMIA PENGANTAR Di samping karya sejarah dari tradisi Ulangan yang merangkum kitab Hakim-hakim, Samuel dan Raja-raja,...

Ende: 2 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) KITAB TAWARICH PENDAHULUAN Sebagai pengutji daftar kitab2 sutji tradisi Jahudi di Palestina -- menjimpang dari tradisi Babel dan terdjemahan2 kuno, --...

Wycliffe: 2 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN 2 TAWARIKH LIHAT PENDAHULUAN I TAWARIKH

Wycliffe: 2 Tawarikh (Garis Besar) GARIS BESAR 2 TAWARIKH I. Masa Pemerintahan Salomo (1:1-9:31)> A. Penobatan Salomo (1:1-17) B. Bait Suci Salomo (2:1-7:22) ...

BIS: 2 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) II TAWARIKH PENGANTAR Buku II Tawarikh merupakan lanjutan buku I Tawarikh. Buku ini mulai dengan kisah pemerintahan Raja Salomo sampai wafatnya. Set

II TAWARIKH

PENGANTAR

Buku II Tawarikh merupakan lanjutan buku I Tawarikh. Buku ini mulai dengan kisah pemerintahan Raja Salomo sampai wafatnya. Setelah mengemukakan kisah pemberontakan suku-suku utara di bawah pimpinan Yerobeam melawan Raja Rehabeam, buku ini hanya mengemukakan sejarah Yehuda, yaitu kerajaan selatan, sampai jatuhnya Yerusalem pada tahun 586 Sebelum Masehi.

Isi

  1.  Pemerintahan Salomo
    2Taw 1:1-9:31
    1. a. Tahun-tahun pertama
      2Taw 1:1-17
    2. b. Pembangunan Rumah TUHAN
      2Taw 2:1-7:10
    3. c. Tahun-tahun kemudian
      2Taw 7:11-9:31
  2.  Pemberontakan suku-suku utara
    2Taw 10:1-19
  3.  Raja-raja Yehuda
    2Taw 11:1-36:12
  4.  Jatuhnya Yerusalem
    2Taw 36:13-23

Intisari: 2 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) Pelajaran mengenai Kesetiaan ISI II TAWARIKH II Tawarikh menceritakan kisah umat Allah dengan pemeritahan Raja Salomo. Kitab itu menelusuri berbagai

Pelajaran mengenai Kesetiaan

ISI II TAWARIKH
II Tawarikh menceritakan kisah umat Allah dengan pemeritahan Raja Salomo. Kitab itu menelusuri berbagai kejadian yang menimpa Yehuda selama hampir empat ratus tahun sampai akhirnya negeri itu hancur, rakyatnya dibuang dan ibukotanya dihancurkan (587 SM). Kisah kehancuran ini bukan merupakan kata akhir Tawarikh. Kalimat-kalimat terakhir dari kitab ini menunjuk kepada masa depan yang penuh harapan ketika bangsa ini dipulihkan melalui maklumat raja Kores (2Ta 36:23).

MENGAPA KITAB INI DITULIS
Si penyusun mempunyai tiga alasan untuk menyusun kitab ini:
1. Untuk menafsirkan jalannya sejarah. Ia menerangkan mengapa beberapa raja memerintah dengan damai dan sejahtera sedangkan yang lain memerintah dalam pergolakan. Rahasia keberhasilan itu terletak pada kesetiaan kepada Allah.
2. Untuk mengajar. Si penyusun tidak puas hanya dengan menguraikan masa lalu dalam tulisannya. Ia ingin menghimbau umat Allah untuk belajar dari kesalahan-kesalahan yang terjadi sepanjang sejarah, dan setia kepada-Nya sekarang.
3. Untuk menggugah iman. Banyak orang Yahudi merasa Allah telah meninggalkan mereka. Dengan menjelaskan sebab-sebab dari penderitaan mereka, si penyusun mendorong mereka untuk kembali percaya kepada Allah yang besar dan berkuasa. Untuk komentar terinci mengenai mengapa 2 Tawarikh ditulis bacalah komentar mengenai 1 Tawarikh.

CIRI KHUSUS
1. Si penyusun setia kepada keluarga Daud dan memperlihatkan bagaimana Allah tetap setia memenuhi janji-Nya bahwa takta Daud akan tetap aman (2Ta 21:7) kendati Ia mempunyai alasan untuk tidak melakukannya.
2. Kerajaan Israel Utara dianggap melakukan kesalahan, karena memisahkan diri dari takta Daud (2Ta 13:1-12). Dalam seluruh kitab tindakan bangsa israel dianggap jahat (misalnya 2Ta 21:6,13). Sejarah bangsa Israel diabaikan kecuali kisah yang dapat dipakai sebagai peringatan untuk tidak melakukan kesalahan.
3. Peristiwa dalam sejarah dipakai sedemikian rupa sehingga arti kerohaniannya dapat ditonjolkan. Si penyusun tidak mengada-ada maupun memutarbalikkan sejarah; ia juga bukannya tidak teliti. 1 dan 2 Raja-raja memberikan gambaran sejarah yang lebih lengkap tentang kisah bangsa Israel dan Yehuda, tetapi kedua kitab itu tidak menunjukkan motivasi yang sama untuk menggunakan sejarah guna mengajar masalah rohani.

Pesan

1. Pentingnya perjanjian
Pesan utama II Tawarikh terletak dalam 2Ta 15:2: Tuhan beserta dengan kamu bilamana kamu berserta dengan Dia. Bilamana kamu mencari-Nya. Ia berkenan ditemui olehmu, tetapi bilamana kamu meninggalkannya, kamu akan ditinggalkan-Nya. Hubungan Allah dengan umat-Nya diatur oleh suatu perjanjian, yang didalamnya Allah akan memberkati mereka sepanjang mereka taat kepada-Nya. Kitab ini dengan jelas memberi gambaran mengenai penerapan dari prinsip ini dalam sejarah bangsa Yehuda. Taat pada perjanjian membawa kemakmuran; menyalahi perjanjian membawa kehancuran.

2. Allah perjanjian
o Allah itu besar. 2Ta 2:6; 6:18
o Allah itu baik. 2Ta 5:13
o Allah itu adil. 2Ta 12:6
o Allah itu berkuasa. 2Ta 13:12
o Allah memakmurkan mereka yang percaya kepada-Nya. 2Ta 13:18; 17:5,6; 20:20; 25:7-9; 27:6
o Allah menolong yang lemah. 2Ta 14:11; 20:12, 15-17
o Allah itu panjang sabar. 2Ta 21:7

3. Hukum Allah dalam perjanjian
o Hukum Allah mengemukkan apa yang harus dilakukan oleh manusia untuk dapat menerima kepenuhan berkat Allah. 2Ta 6:16; 33:8
o Mengabaikan hukum Allah akan membawa bencana. 2Ta 12:1,2
o Kebangunan rohani akan menyebarluaskan hukum Allah. 2Ta 17:9
o Hukum Allah menyangkut masalah manusia. 2Ta 19:10
o Hukum Allah menyangkut penyembahan yang benar. 2Ta 23:18; 29:15
o Ketaatan mambawa kemakmuran. 2Ta 31:12
o Oleh karena dosa, manusia sering perlu bertobat dan memperbarui penghayatannya terhadap hukum Allah. 2Ta 14:2-5; 17:6; 24:1-14; 29:1-31:21; 34:1-35:27

4. Manusia perjanjian
o Mereka harus tetap taat sampai pada akhirnya. 2Ta 16:1-14; 24:17-27; 26:16-23
o Mereka harus menyadari bahaya kesombongan. 2Ta 32:24-31
o Mereka harus peka terhadap suara Tuhan. 2Ta 19:2,3; 20:35-37; 35:20-26
o Mereka harus menanggung segala akibat dosa. 2Ta 35:20-25
o Mereka dapat cepat tanggap terhadap berita gembira pengampunan. 2Ta 33:10-20

Penerapan

1. Bagi pemerintahan dunia
o Allah mengatur urusan semua bangsa.
o Allah mengharapkan ketaatan dari semua bangsa.
o Allah memakai nasib setiap bangsa untuk melaksanakan kehendak-Nya.
o Allah lebih kaya dari kekayaan segala bangsa.

2. Bagi orang-orang Kristen yang percaya
o Sebagai pelaku ibadah:
- Ibadah harus berpusat pada kebesaran Allah
- Ibadah memerlukan ketaatan yang sungguh-sungguh
- Ibadah harus dijaga kekudusannya
- Ibadah berarti menaikkan pujian dengan penuh kegembiraan
- Ibadah menyangkut hal memberi dengan suka cita
o Sebagai pekerja:
- Pelayanan atas dasar kemauan
- Pelayanan harus tepat
- Pelayanan harus ditujukan bagi Allah
o Sebagai murid:
- Kita harus sering memperbarui janji kita.
- Kita harus selalu siap menghadapi pencobaan setiap hari.
- Kita harus mendengarkan suara Tuhan dengan hati-hati.
- Kita harus bertekad untuk menjadi murid yang teguh.

Tema-tema Kunci

1. Kebijaksanaan
Pelajarilah permohonan Salomo, dan perhatikan mengapa Allah berkenan atas permohonan itu dan apa yang kemudian terjadi (2Ta 1:7-17). Apakah kita memasukkan kebijaksanaan dalam doa kita?

2. Rumah Tuhan
Tulislah pelajaran apa saja yang dapat dipelajari dari cara Salomo membangun Rumah Tuhan; hal-hal yang dikatakannya kepada Allah dan apa yang dikatakan Allah kepadanya (2Ta 2:1-7:22).

3. Dukungan rohani
Apa yang dapat kita pelajari dari pengalaman beberapa raja (2Ta 22:3; 24:17-19; 26:5) tentang berkat dan bahaya dari persekutuan dengan orang-orang Kristen yang lebih dewasa?

4. Penderitaan
Penderitaan dapat merupakan pembawa pesan dari Tuhan (2Ta 16:12; 32:24,25; 33:10-13); masalah yang penting ialah bagaimana reaksi kita terhadap penderitaan. Dengan cara apa lagi Allah berbicara pada kita dewasa ini?

5. Perubahan
Kitab ini berisi banyak contoh mengenai raja-raja yang berubah menjadi jahat dan seorang raja yang menjadi baik. Siapakah mereka? Bahaya apa yang diperlihatkan oleh mereka yang tidak setia? Apakah Injil kita mengizinkan adanya perubahan drastis (2Ta 33:1-20)?

6. Pujian
Pelajarilah ajaran yang beguna tentang memuji Allah (2Ta 5:11-14; 6:14-42; 20:15-30). Apa yang dapat dipelajari oleh Gereja dewasa ini mengenai dasar dan isi penyembahan kita?

7. Bimbingan
Kesalahan apa yang terdapat pada cara yang dipakai oleh Ahab dalam mencari bimbingan (2Ta 18:1-34)? Sampai dimana kita membuat kesalahan dalam hal ini?

8. Memberi
Pelajaran penting apa yang diajarkan dalam 2 Tawarikh mengenai memberi (2Ta 24:10; 31:2-21)? Carilah pengajaran serupa dalam Perjanjian Baru.

9. Iman
Tulislah segi apa dalam kehidupan Anda yang memerlukan latihan iman Anda, seperti yang dilakukan oleh Yosafat (2Ta 20:20).

Garis Besar Intisari: 2 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) [1] PEMERINTAHAN RAJA SALOMO 2Ta 1:1-9:31 2Ta 1:1-17 Raja Salomo: kebijaksanaan dan kekayaannya 2Ta 2:1-8Persiapan pembuatan Rumah Tuhan

[1] PEMERINTAHAN RAJA SALOMO 2Ta 1:1-9:31

2Ta 1:1-17 Raja Salomo: kebijaksanaan dan kekayaannya
2Ta 2:1-8Persiapan pembuatan Rumah Tuhan
2Ta 3:1-17Pembangunan Rumah Tuhan
2Ta 4:1-5:1Memperlengkapi Rumah Tuhan
2Ta 5:2-14Tabut Perjanjian dibawa ke Rumah Tuhan
2Ta 6:1-42Pidato dan doa Raja Salomo
2Ta 7:1-10 Raja Salomo meresmikan Rumah Tuhan
2Ta 7:1-22Tuhan berbicara kepada Salomo
2Ta 8:1-18Jasa-jasa Salomo yang lain
2Ta 9:1-12Kunjungan Ratu negeri Syeba
2Ta 9:13-28Kekayaan Raja Salomo
2Ta 9:29-31Kematian Raja Salomo

[2] MASA PEMERINTAHAN PARA PENGGANTI SALOMO 2Ta 10:1-36:23

2Ta 10:1-19Kerajaan terpecah
2Ta 11:1-12:16Rehobeam: kebaikan yang dilakukannya
2Ta 13:1-14:1Abia: bersandar kepada Tuhan
2Ta 14:2-16:14Asa: pada mulanya sangat taat kepada Tuhan
2Ta 17:1-21:3Yosafat: bangga melayani Tuhan
2Ta 21:4-20Yehoram: tidak seorang pun meratapi kematiannya
2Ta 22:1-9Ahazia: dibujuk untuk melakukan kejahatan
2Ta 22:10-24:16Yoas: raja muda yang menjadi pembaharu
2Ta 24:17-27Yoas: tidak patuh kepada Tuhan
2Ta 25:1-28Amazia: pengikut Tuhan yang setengah-setengah
2Ta 26:1-23Uzia: kesombongan menyebabkan kejatuhannya
2Ta 27:1-9Yotam: berjalan dengan teguh mengikuti Tuhan
2Ta 28:1-27Ahas: menyebarkan kejahatan
2Ta 29:1-32:33Hizkia: berhasil dalam setiap usahanya
2Ta 33:1-20Manasye: dalam kekalutan ia mencari Tuhan
2Ta 33:21-25Amon: bertambah-tambah dosanya
2Ta 34:1-35:27Yosia: bertindak sesuai dengan undang-undang
2Ta 36:1-14Yoahas: pemerintahan yang singkat
2Ta 36:5-8Yoyakim: melakukan hal-hal yang dibenci Tuhan
2Ta 36:9,10Yoyakim: melakukan kejahatan di mata Tuhan
2Ta 36:11-14Zedekia: tidak mau berpaling kepada Tuhan
2Ta 36:15-22Jatuhnya Yerusalem
2Ta 36:23Pengharapan untuk masa depan
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #11: Klik ikon untuk membuka halaman ramah cetak. [SEMUA]
dibuat dalam 0.28 detik
dipersembahkan oleh YLSA