Teks -- Roma 16:1-27 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Rm 16:1 - FEBE.
Nas : Rom 16:1
Febe mungkin yang mengantarkan surat ini. Dia adalah seorang diaken
wanita dari jemaat di Kengkrea yang melayani orang miskin, orang...
Nas : Rom 16:1
Febe mungkin yang mengantarkan surat ini. Dia adalah seorang diaken wanita dari jemaat di Kengkrea yang melayani orang miskin, orang sakit dan yang sangat memerlukan pertolongan, dan juga membantu para misionaris seperti Paulus. Salam Paulus kepada sekurang-kurangnya 8 orang wanita dalam pasal ini menunjukkan bahwa wanita menjalankan pelayanan yang penting di gereja ketika itu.
Full Life: Rm 16:7 - YANG TERPANDANG DI ANTARA PARA RASUL.
Nas : Rom 16:7
Andronikus dan Yunias disebut rasul. Kata "rasul" di sini dipakai
dalam pengertian umum dan menunjuk kepada pemberita Injil atau mis...
Nas : Rom 16:7
Andronikus dan Yunias disebut rasul. Kata "rasul" di sini dipakai dalam pengertian umum dan menunjuk kepada pemberita Injil atau misionaris yang keliling dan bukan dalam arti khusus dari kata "rasul" (1Kor 9:1-2; 2Kor 8:23; 12:2; Fili 2:25; bd.
lihat cat. --> Kis 14:4;
[atau ref. Kis 14:4]
lihat art. KARUNIA-KARUNIA PELAYANAN GEREJA).
Full Life: Rm 16:17-18 - WASPADA TERHADAP MEREKA.
Nas : Rom 16:17-18
Pada bagian akhir suratnya, Paulus memberikan peringatan yang keras
kepada gereja di Roma untuk waspada terhadap semua orang yan...
Nas : Rom 16:17-18
Pada bagian akhir suratnya, Paulus memberikan peringatan yang keras kepada gereja di Roma untuk waspada terhadap semua orang yang merusak gereja dengan mencemarkan "ajaran" Paulus dan rasul-rasul lainnya. Mereka harus "waspada terhadap" pemberita-pemberita ajaran palsu dan "hindari" orang-orang itu dan pelayanan mereka. Mereka mungkin golongan antinomisme (yaitu, melawan hukum Taurat). yang mengajarkan bahwa karena keselamatan diperoleh melalui kasih karunia, maka iman yang menyelamatkan tidak perlu meliputi ketaatan kepada Kristus (bd. Rom 6:1-2; 2Kor 4:2; 11:3; Ef 4:14; Wahy 2:4-5;
lihat art. GURU-GURU PALSU).
Mereka percaya bahwa seseorang dapat hidup dalam dosa dan menolak hukum moral Allah, namun tetap memiliki keselamatan kekal. Guru-guru palsu ini merupakan pembicara yang fasih, yang menyampaikan berita yang menyenangkan dan meyakinkan (bd. Yud 1:16), tetapi sesungguhnya mereka penipu.
Full Life: Rm 16:19 - BERSIH TERHADAP APA YANG JAHAT.
Nas : Rom 16:19
Kata "bersih" (Yun. _akeraios_) berarti "murni", "tidak tercampur"
yaitu, polos seperti anak yang pikirannya belum dicemarkan oleh ...
Nas : Rom 16:19
Kata "bersih" (Yun. _akeraios_) berarti "murni", "tidak tercampur" yaitu, polos seperti anak yang pikirannya belum dicemarkan oleh kejahatan atau tercampur dengan nilai-nilai dunia ini (bd. 1Kor 14:20).
- 1) Prinsip alkitabiah ini bertentangan sama sekali dengan paham yang dianjurkan oleh kalangan tertentu bahwa anak-anak orang Kristen harus mengetahui tentang dosa, kedursilaan, ketidaksalehan dan hal-hal dari Iblis supaya belajar menghadapi pencobaan. Ada yang mengusulkan bahwa anak-anak tidak perlu dilindungi dari kejahatan. Akan tetapi, menurut penyataan Alkitab, filsafat ini bukan saja bertentangan dengan kehendak Allah, tetapi sangat cocok dengan keinginan Iblis sendiri agar semua orang tahu tentang yang baik dan yang jahat (Kej 3:5).
- 2) Pengenalan akan kejahatan, bersamaan dengan keterbukaan terus-menerus terhadap cara-cara Iblis, akan membelokkan banyak orang dari jalan iman dan ketaatan. Lot mengalami kenyataan pahit ini ketika dia kehilangan seluruh keluarganya (Kej 13:12-13; 19:1-38). Alkitab mengingatkan bahwa "pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik" (1Kor 15:33), dan bahwa "Tuhan Yesus Kristus ... telah menyerahkan diri-Nya ... untuk melepaskan kita dari dunia jahat yang sekarang ini" (Gal 1:3-4). Mereka yang menganjurkan bahwa anak-anak yang tidak berdosa harus mengetahui lingkungan fasik dan/atau pengaruhnya, adalah dalam bahaya melanggar peringatan Yesus dalam Mat 18:6.
- 3) Orang percaya harus berusaha sekuat-kuatnya untuk melindungi anak-anak mereka terhadap kelicikan dan kekejian dosa angkatan ini. Menolak untuk melindungi anak-anak kita berarti mengabaikan kehendak Roh Kudus bahwa mereka itu harus bersih terhadap apa yang jahat.
Yunias: atau Yuni; beberapa naskah kuno: Yulia.
Dalam beberapa naskah kuno tidak ada ayat 20b.
BIS: Rm 16:27 - -- Dalam beberapa naskah kuno ayat 25-27 ditempatkan di sini dan sesudah Rom 14:23; atau sesudah Rom 14:23 saja; dan satu naskah menempatkannya sesudah R...
Jerusalem: Rm 16:1-27 - -- Soal apakah bab ini termasuk tidaknya ke dalam surat asli sudah dibicarakan dalam pengantar.
Soal apakah bab ini termasuk tidaknya ke dalam surat asli sudah dibicarakan dalam pengantar.
Febe ini kiranya yang membawa surat Paulus ke Roma.
Jerusalem: Rm 16:4 - Mereka telah mempertaruhkan nyawanya Kiranya di kota Efesus, entah waktu kerusuhan yang diceritakan dalam Kis 19:23 dst, entah selama Paulus dalam penjara di sana (bdk Rom 16:7), lihat Pe...
Epenetus kiranya orang propinsi Asia pertama yang masuk Kristen.
Jerusalem: Rm 16:7 - dipenjarakan bersama-sama dengan aku Paulus sudah beberapa kali dipenjarakan bdk 2Ko 11:23, Andronikus dan Yunias (var: Yulius) adalah rasul dengan arti kata luas, Rom 1:1+.
Rufus ini barangkali anak Simon orang Kirene, Mar 15:21.
Jerusalem: Rm 16:16 - dari semua jemaat Kristus Rumus yang kurang lazim pada Paulus ini menyatakan rasa hormatnya terhadap jemaat di Roma.
Rumus yang kurang lazim pada Paulus ini menyatakan rasa hormatnya terhadap jemaat di Roma.
Jerusalem: Rm 16:17 - -- Nasehat/peringatan yang tiba-tiba muncul ini mengingatkan Gal 6:12-17. Orang yang dimaksudkan kiranya pewarta-pewarta Injil yang ke-Yahudian, bdk Gal ...
Nasehat/peringatan yang tiba-tiba muncul ini mengingatkan Gal 6:12-17. Orang yang dimaksudkan kiranya pewarta-pewarta Injil yang ke-Yahudian, bdk Gal 5:7-12 dan khususnya Fili 3:18-19.
Jerusalem: Rm 16:24 - -- Sejumlah naskah tidak memuat salam ini dan dalam naskah-naskah yang memuatnya ada kelainan-kelainan. Ada juga naskah-naskah yang menempatkannya sesuda...
Jerusalem: Rm 16:25-27 - -- Kebanyakan naskah dan terjemahan kuno menempatkan doksologi (pujian) ini pada akhir bab 16. Tetapi dalam naskah-naskah lain terdapat pada akhir bab 15...
Kebanyakan naskah dan terjemahan kuno menempatkan doksologi (pujian) ini pada akhir bab 16. Tetapi dalam naskah-naskah lain terdapat pada akhir bab 15 atau bab 14, sedangkan naskah-naskah lain lagi tidak memuatnya sama sekali. Mengenai rumus meriah ini, bdk Efe 3:20; Yud 24:25. Dalam doksologia ini pokok-pokok utama surat Roma ditampilkan sekali lagi.
Jerusalem: Rm 16:25 - menguatkan kamu Ialah menguatkan dalam ajaran dan kehidupan Kristen. Bdk Rom 1:11; 1Te 3:2,13; 2Te 2:17; 3:3; 1Ko 1:8; 2Ko 1:21; Kol 2:7
Ialah menguatkan dalam ajaran dan kehidupan Kristen. Bdk Rom 1:11; 1Te 3:2,13; 2Te 2:17; 3:3; 1Ko 1:8; 2Ko 1:21; Kol 2:7
Jerusalem: Rm 16:25 - pernyataan rahasia Gagasan mengenai suatu "rahasia" penuh hikmat, Rom 16:27; 1Ko 2:7; Efe 3:10; Kol 2:2-3, yang lama sekali tersembunyi dalam Allah tetapi sekarang dinya...
Gagasan mengenai suatu "rahasia" penuh hikmat, Rom 16:27; 1Ko 2:7; Efe 3:10; Kol 2:2-3, yang lama sekali tersembunyi dalam Allah tetapi sekarang dinyatakan, Rom 16:25; 1Ko 2:7,10; Efe 3:5,9 dst; Kol 1:26, oleh Paulus dipungut dari Apokaliptik Yahudi, Dan 2:18-19. Hanya Paulus memperdalam gagasan itu dengan mengetrapkannya pada rencana penyelamatan dalam tahap paling tinggi, yaitu: keselamatan yang dikerjakan melalui salib Kristus, 1Ko 2:8; panggilan kaum kafir kepada keselamatan itu, Rom 16:26; Rom 11:25; Kol 1:26-27; Efe 3:6, hal mana menjadi pokok khusus dalam Injil Paulus, Rom 16:26; Rom 11:25; Kol 1:28; 4:3; Efe 3:3-12; 6:19; akhirnya pemulihan dunia seluruhnya dalam Kristus sebagai Kepalanya yang tunggal Efe 1:9-10. Lihat juga 1Ko 4:1; 13:2; 14:2; 15:51; Efe 5:32; 2Te 2:7; 1Ti 3:9,16; 2Ti 1:9-10; Mat 13:11 dsj; Wah 1:20; 10:7; 17:5,7.
Bdk Rom 11:33-36; 1Ko 1:24; 2:7; Efe 3:10; Kol 2:3; Wah 7:12
Jerusalem: Rm 16:27 - Amin Perjanjian Baru mengambil alih pujian dan doksologi-doksologi yang dipakai Israel, bdk Kej 14:19; Maz 41:13; 72:18-19; 106:48 dll, tetapi Allah sering...
Perjanjian Baru mengambil alih pujian dan doksologi-doksologi yang dipakai Israel, bdk Kej 14:19; Maz 41:13; 72:18-19; 106:48 dll, tetapi Allah sering kali disebut Bapa dan Kristus disebut di sampingNya, Rom 9:5; 11:35-36; 1Ko 8:6; bdk Gal 1:5; Efe 3:21; Fili 4:20; 1Ti 1:17; 6:16; 2Ti 4:18; Ibr 13:21; 1Pe 3:18; Yud 25; Wah 1:6+. Doksologi-doksologi yang kemudian biasanya menyebut ketiga diri ilahi, bdk 2Ko 13:13+.
Ende: Rm 16:1 - Febe diduga adalah penghantar surat ini. Ia disebut "diakon". Dari itu
diduga, seperti terkesan dalam 1Ti 3:11-13 pula, bahwa dewasa itu ada
wanita djuga s...
diduga adalah penghantar surat ini. Ia disebut "diakon". Dari itu diduga, seperti terkesan dalam 1Ti 3:11-13 pula, bahwa dewasa itu ada wanita djuga seperti digelar dan berdjabat diakon. Tentu sadja untuk sekedar melajani kaum wanita.
Ende: Rm 16:3 - -- Tentang Priska dan Akuila batjalah Kis 18:2-4 dan Kis 18:26
selandjutnja, lagi 1Ko 16:19.
Tentang Priska dan Akuila batjalah Kis 18:2-4 dan Kis 18:26 selandjutnja, lagi 1Ko 16:19.
pertama jang bertobat dipropinsi Asia.
disini pengadjar Indjil dalam arti jang luas.
Ende: Rm 16:13 - Rufus Ia diduga adalah putera Simon dari Sirene, sebab Markus dalam Indjil
(Rom 15:21) menjebut Simon dari Sirene bapa Aleksander dan Rufus, dan
harus diing...
Ia diduga adalah putera Simon dari Sirene, sebab Markus dalam Indjil (Rom 15:21) menjebut Simon dari Sirene bapa Aleksander dan Rufus, dan harus diingat, bahwa Markus menulis Indjilnja di Roma bagi orang Roma.
Ende: Rm 16:17 - -- Agak aneh sisipan jang bersuasana sungguh ini ditengah pemberian salam.
Barangkali Paulus tiba-tiba teringat akan kemungkinan atau chawatir, kalau-kal...
Agak aneh sisipan jang bersuasana sungguh ini ditengah pemberian salam. Barangkali Paulus tiba-tiba teringat akan kemungkinan atau chawatir, kalau-kalau umat Roma didatangi saudara-saudara palsu, seperti dialaminja di Korintus dimana ia sedang mendiktekan surat ini. Atau pula baru-baru didengarnja bahwa hal itu sudah terdjadi di Roma.
Tentang "saudara-saudara palsu" itu, baik batjalah: Gal 2:4; 5:7-11; 6:12-17 dan 2Ko 11:1-23.
Ende: Rm 16:21-23 - Timoteus sudah tjukup kita kenal.
Lusius disebut dalam Kis 13:2, Jason dalam Kis 17:5;
Sosipatros dalam Kis 20:4; Kajus dalam 1Ko 1:14; Erostos dalam
Kis 19:22...
Ref. Silang FULL: Rm 16:1 - meminta perhatianmu // di Kengkrea · meminta perhatianmu: 2Kor 3:1; 2Kor 3:1
· di Kengkrea: Kis 18:18
Ref. Silang FULL: Rm 16:2 - dalam Tuhan // orang-orang kudus · dalam Tuhan: Fili 2:29
· orang-orang kudus: Kis 9:13; Kis 9:13
Ref. Silang FULL: Rm 16:3 - dan Akwila // teman-teman sekerjaku // Kristus Yesus · dan Akwila: Kis 18:2; Kis 18:2
· teman-teman sekerjaku: Fili 2:25; Fili 2:25
· Kristus Yesus: Rom 16:7,9,10; Rom 8:1,39; 1Kor 1...
· dan Akwila: Kis 18:2; [Lihat FULL. Kis 18:2]
· teman-teman sekerjaku: Fili 2:25; [Lihat FULL. Fili 2:25]
· Kristus Yesus: Rom 16:7,9,10; Rom 8:1,39; 1Kor 1:30; 2Kor 5:17; Gal 1:22; 5:6; Ef 1:13
Ref. Silang FULL: Rm 16:5 - rumah mereka // buah pertama // daerah Asia · rumah mereka: 1Kor 16:19; Kol 4:15; Filem 1:2
· buah pertama: 1Kor 16:15
· daerah Asia: Kis 2:9; Kis 2:9
· rumah mereka: 1Kor 16:19; Kol 4:15; Filem 1:2
· buah pertama: 1Kor 16:15
Ref. Silang FULL: Rm 16:7 - Yunias, saudara-saudaraku // dengan aku // menjadi Kristen · Yunias, saudara-saudaraku: Rom 16:11,21
· dengan aku: Kol 4:10; Filem 1:23
· menjadi Kristen: Rom 16:3; Rom 16:3
· Yunias, saudara-saudaraku: Rom 16:11,21
· dengan aku: Kol 4:10; Filem 1:23
Ref. Silang FULL: Rm 16:10 - dalam Kristus // isi rumah · dalam Kristus: Rom 16:3; Rom 16:3
· isi rumah: Kis 11:14; Kis 11:14
Ref. Silang FULL: Rm 16:11 - temanku sebangsa // isi rumah · temanku sebangsa: Rom 16:7,21
· isi rumah: Kis 11:14; Kis 11:14
· temanku sebangsa: Rom 16:7,21
Ref. Silang FULL: Rm 16:13 - kepada Rufus // orang pilihan · kepada Rufus: Mr 15:21
· orang pilihan: 2Yoh 1:1; 2Yoh 1:1
Ref. Silang FULL: Rm 16:15 - orang kudus // dengan mereka · orang kudus: Rom 16:2; Kis 9:13; Kis 9:13
· dengan mereka: Rom 16:14
· cium kudus: 1Kor 16:20; 2Kor 13:12; 1Tes 5:26; 1Pet 5:14
Ref. Silang FULL: Rm 16:17 - kamu terima // hindarilah mereka · kamu terima: Gal 1:8,9; 1Tim 1:3; 6:3
· hindarilah mereka: Mat 18:15-17; 1Kor 5:11; 2Tes 3:6,14; 2Tim 3:5; Tit 3:10; 2Yoh 1:10
· kamu terima: Gal 1:8,9; 1Tim 1:3; 6:3
· hindarilah mereka: Mat 18:15-17; 1Kor 5:11; 2Tes 3:6,14; 2Tim 3:5; Tit 3:10; 2Yoh 1:10
Ref. Silang FULL: Rm 16:18 - melayani Kristus // melayani perut // mereka menipu · melayani Kristus: Rom 14:18
· melayani perut: Fili 3:19
· mereka menipu: 2Sam 15:6; Mazm 12:3; Yes 30:10; Kol 2:4
Ref. Silang FULL: Rm 16:19 - telah terdengar // yang jahat · telah terdengar: Rom 1:8
· yang jahat: 1Kor 14:20; 1Kor 14:20
· telah terdengar: Rom 1:8
· yang jahat: 1Kor 14:20; [Lihat FULL. 1Kor 14:20]
Ref. Silang FULL: Rm 16:20 - damai sejahtera // akan menghancurkan // Iblis // menyertai kamu · damai sejahtera: Rom 15:33; Rom 15:33
· akan menghancurkan: Kej 3:15
· Iblis: Mat 4:10; Mat 4:10
· menyertai kamu: 2Kor ...
· damai sejahtera: Rom 15:33; [Lihat FULL. Rom 15:33]
· akan menghancurkan: Kej 3:15
· Iblis: Mat 4:10; [Lihat FULL. Mat 4:10]
· menyertai kamu: 2Kor 13:13; Gal 6:18; [Lihat FULL. Gal 6:18]; 1Tes 5:28; Wahy 22:21
Ref. Silang FULL: Rm 16:21 - dari Timotius // dari Lukius // Yason // Sosipater, teman-temanku · dari Timotius: Kis 16:1; Kis 16:1
· dari Lukius: Kis 13:1
· Yason: Kis 17:5
· Sosipater, teman-temanku: Rom 16:7,11
· dari Timotius: Kis 16:1; [Lihat FULL. Kis 16:1]
· dari Lukius: Kis 13:1
· Yason: Kis 17:5
· Sosipater, teman-temanku: Rom 16:7,11
Ref. Silang FULL: Rm 16:23 - dari Gayus // dari Erastus · dari Gayus: Kis 19:29; Kis 19:29
· dari Erastus: Kis 19:22; 2Tim 4:20
Ref. Silang FULL: Rm 16:25 - yang berkuasa // menurut Injil // pernyataan rahasia · yang berkuasa: 2Kor 9:8; Ef 3:20; Yud 1:24
· menurut Injil: Rom 2:16; 2Tim 2:8
· pernyataan rahasia: Yes 48:6; Ef 1:9; 3:3-6,9;...
· yang berkuasa: 2Kor 9:8; Ef 3:20; Yud 1:24
· menurut Injil: Rom 2:16; 2Tim 2:8
· pernyataan rahasia: Yes 48:6; Ef 1:9; 3:3-6,9; Kol 1:26,27; 2:2; 1Tim 3:16
Ref. Silang FULL: Rm 16:26 - para nabi // kepada ketaatan · para nabi: Rom 1:2
· kepada ketaatan: Rom 1:5
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)
Hagelberg -> Rm 16:1-2; Rm 16:1-16; Rm 16:1-2; Rm 15:14--16:27; Rm 16:3-4; Rm 16:3-4; Rm 16:5; Rm 16:5; Rm 16:6; Rm 16:6; Rm 16:7; Rm 16:7; Rm 16:8; Rm 16:8; Rm 16:9-10; Rm 16:9-10; Rm 16:11; Rm 16:11; Rm 16:12; Rm 16:12; Rm 16:13; Rm 16:13; Rm 16:14-15; Rm 16:14-15; Rm 16:16; Rm 16:16; Rm 16:17; Rm 16:17-20; Rm 16:17; Rm 16:18; Rm 16:18; Rm 16:19; Rm 16:19; Rm 16:20; Rm 16:20; Rm 16:21; Rm 16:21-24; Rm 16:21; Rm 16:22; Rm 16:22; Rm 16:23; Rm 16:23; Rm 16:24; Rm 16:24; Rm 16:25; Rm 16:25-27; Rm 16:25; Rm 16:26; Rm 16:26; Rm 16:27; Rm 16:27
Hagelberg: Rm 16:1-2 - -- 16:1-2 Aku meminta perhatianmu terhadap939 Febe,940 saudari kita, yang adalah pelayan941 jemaat di Kengkrea, supaya kamu menyambut942 dia dalam Tuhan...
16:1-2 Aku meminta perhatianmu terhadap939 Febe,940 saudari kita, yang adalah pelayan941 jemaat di Kengkrea, supaya kamu menyambut942 dia dalam Tuhan, sebagaimana seharusnya bagi orang-orang kudus, dan bantulah dia bila diperlukannya. Sebab ia sendiri telah memberikan bantuan943 kepada banyak orang, juga kepadaku sendiri.
Kemungkinan besar Surat Roma diantar ke Roma dari Kengkrea (dekat Korintus) oleh Febe. Tiga hal dicatat mengenai Febe: 1) dia adalah saudari kita, dia orang percaya, 2) dia adalah pelayan jemaat, jadi dia melayani Tuhan, dan 3) dia memberikan bantuan kepada banyak orang, termasuk rasul Paulus sendiri. Oleh karena ketiga hal tersebut, maka seharusnya dia disambut dengan baik dan ditolong jika dia ada keperluan di Roma.
Hagelberg: Rm 16:1-16 - -- C. Salam kepada Individu dan Kelompok yang Tertentu 16:1-16
Salam dan penghargaan kepada hamba Tuhan yang menonjol dan salam kepada dua jemaat dicat...
C. Salam kepada Individu dan Kelompok yang Tertentu 16:1-16
Salam dan penghargaan kepada hamba Tuhan yang menonjol dan salam kepada dua jemaat dicatat sebagai sebagian dari penutup surat.
Dalam bagian ini Paulus memperkenalkan Febe dan memberikan salam kepada beberapa orang yang dia kenal di Roma. Dari 27 nama yang disebut, hanya sebelas orang dihargai dengan pujian, misalnya "yang telah bekerja keras", atau "yang telah bekerja dalam Tuhan". Menurut Hodges,938 bagian ini memantulkan apa yang ditulis dalam Kitab Kehidupan. Setiap nama yang dicatat dalam Kitab Kehidupan memang dicatat karena kasih karunia, tetapi ada nama yang dicatat dengan penghargaan, berdasarkan kesetiaan yang menonjol. Orang-orang itu akan mengalami penyambutan yang lebih hangat daripada orang yang namanya dicatat tanpa penghargaan.
Hagelberg: Rm 16:1-2 - -- 16:1-2 Aku meminta perhatianmu terhadap939 Febe,940 saudari kita, yang adalah pelayan941 jemaat di Kengkrea, supaya kamu menyambut942 dia dalam Tuhan...
16:1-2 Aku meminta perhatianmu terhadap939 Febe,940 saudari kita, yang adalah pelayan941 jemaat di Kengkrea, supaya kamu menyambut942 dia dalam Tuhan, sebagaimana seharusnya bagi orang-orang kudus, dan bantulah dia bila diperlukannya. Sebab ia sendiri telah memberikan bantuan943 kepada banyak orang, juga kepadaku sendiri.
Kemungkinan besar Surat Roma diantar ke Roma dari Kengkrea (dekat Korintus) oleh Febe. Tiga hal dicatat mengenai Febe: 1) dia adalah saudari kita, dia orang percaya, 2) dia adalah pelayan jemaat, jadi dia melayani Tuhan, dan 3) dia memberikan bantuan kepada banyak orang, termasuk rasul Paulus sendiri. Oleh karena ketiga hal tersebut, maka seharusnya dia disambut dengan baik dan ditolong jika dia ada keperluan di Roma.
Hagelberg: Rm 15:14--16:27 - -- III. Penutup 15:14-16:27
Summary.
Bagian ini, yaitu pasal 15:14-16:27, merupakan penutup Surat Roma, di mana Paulus menyampaikan berita yang bersifa...
III. Penutup 15:14-16:27
Summary.
Bagian ini, yaitu pasal 15:14-16:27, merupakan penutup Surat Roma, di mana Paulus menyampaikan berita yang bersifat pribadi, salam kepada beberapa orang dan kelompok, teguran, dan salam dari beberapa orang.
Hagelberg: Rm 16:3-4 - -- 16:3-4 Sampaikan salam944 kepada Priska dan Akwila,945 teman-teman sekerjaku dalam Kristus Yesus, yang telah mempertaruhkan nyawanya946 untuk hidupku...
16:3-4 Sampaikan salam944 kepada Priska dan Akwila,945 teman-teman sekerjaku dalam Kristus Yesus, yang telah mempertaruhkan nyawanya946 untuk hidupku.947 Kepada mereka bukan aku saja yang berterima kasih, tetapi juga semua jemaat bukan Yahudi.
Dua orang ini, Priska dan Akwila, sungguh layak dihargai karena segala usaha dan pelayanan mereka untuk Tuhan Yesus. Bandingkanlah apa yang dikatakan mengenai mereka dengan nama-nama yang disebut pada akhir bagian ini, nama-nama orang yang tidak dipuji. Bagaimana dengan anda? Apakah anda merasa puas, asalkan nama anda disebut saja, ataukah anda memperjuangkan pujian dari Tuhan Yesus? Bandingkanlah juga bagian ini, di mana ada tingkat-tingkat penghargaan, dengan Perumpamaan Uang Mina dalam Lukas 19:11-27, di mana orang yang bekerja keras memperoleh sepuluh kota, dia yang menghasilkan laba yang lebih sedikit memperoleh lima kota, dan dia yang tidak bekerja hanya memperoleh teguran saja.
...Priska dan Akwila...
Dari Kisah Para Rasul 18:2-3 kita mengerti bahwa Akwila adalah seorang tukang kemah dari bangsa Yahudi yang diusir dari Italia oleh titah Kaisar Klaudius, dan bahwa dia berasal dari Pontus (pantai tenggara dari Laut Hitam). Priska dan Akwila menemani Paulus dari Korintus sampai Efesus, di mana mereka ditinggalkan di sana untuk melayani (Kisah Para Rasul 18:18-19). Pada waktu mereka tinggal di Efesus (I Korintus 16:19) dan di Roma (Roma 16:5) ada jemaat di rumah mereka. Paulus menyampaikan salam kepada mereka dalam II Timotius 4:19.
...teman-teman sekerjaku dalam Kristus Yesus...
Cranfield948 mengamati bahwa pekerjaan bagi Kristus menjadi pokok yang menonjol dalam daftar nama ini. Bandingkanlah pasal 16:6, 9, 12a, dan 12b.
...yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk hidupku.
Lagipula pekerjaan Priska dan Akwila nampak lebih menonjol dari pelayanan orang lain yang disebut dalam daftar ini. Mereka membahayakan diri mereka demi kepentingan Rasul Paulus.949
Kepada mereka bukan aku saja yang berterima kasih, tetapi juga semua jemaat bukan Yahudi.
Nampaknya pelayanan Priska dan Akwila sudah menjadi berkat yang sangat luas sehingga semua jemaat bukan Yahudi juga diberkati. Paulus tidak menjelaskan bentuk berkat yang dimaksudkan, tetapi sungguh jelas bahwa pelayanan mereka luar biasa.
Hagelberg: Rm 16:3-4 - -- 16:3-4 Sampaikan salam944 kepada Priska dan Akwila,945 teman-teman sekerjaku dalam Kristus Yesus, yang telah mempertaruhkan nyawanya946 untuk hidupku...
16:3-4 Sampaikan salam944 kepada Priska dan Akwila,945 teman-teman sekerjaku dalam Kristus Yesus, yang telah mempertaruhkan nyawanya946 untuk hidupku.947 Kepada mereka bukan aku saja yang berterima kasih, tetapi juga semua jemaat bukan Yahudi.
Dua orang ini, Priska dan Akwila, sungguh layak dihargai karena segala usaha dan pelayanan mereka untuk Tuhan Yesus. Bandingkanlah apa yang dikatakan mengenai mereka dengan nama-nama yang disebut pada akhir bagian ini, nama-nama orang yang tidak dipuji. Bagaimana dengan anda? Apakah anda merasa puas, asalkan nama anda disebut saja, ataukah anda memperjuangkan pujian dari Tuhan Yesus? Bandingkanlah juga bagian ini, di mana ada tingkat-tingkat penghargaan, dengan Perumpamaan Uang Mina dalam Lukas 19:11-27, di mana orang yang bekerja keras memperoleh sepuluh kota, dia yang menghasilkan laba yang lebih sedikit memperoleh lima kota, dan dia yang tidak bekerja hanya memperoleh teguran saja.
...Priska dan Akwila...
Dari Kisah Para Rasul 18:2-3 kita mengerti bahwa Akwila adalah seorang tukang kemah dari bangsa Yahudi yang diusir dari Italia oleh titah Kaisar Klaudius, dan bahwa dia berasal dari Pontus (pantai tenggara dari Laut Hitam). Priska dan Akwila menemani Paulus dari Korintus sampai Efesus, di mana mereka ditinggalkan di sana untuk melayani (Kisah Para Rasul 18:18-19). Pada waktu mereka tinggal di Efesus (I Korintus 16:19) dan di Roma (Roma 16:5) ada jemaat di rumah mereka. Paulus menyampaikan salam kepada mereka dalam II Timotius 4:19.
...teman-teman sekerjaku dalam Kristus Yesus...
Cranfield948 mengamati bahwa pekerjaan bagi Kristus menjadi pokok yang menonjol dalam daftar nama ini. Bandingkanlah pasal 16:6, 9, 12a, dan 12b.
...yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk hidupku.
Lagipula pekerjaan Priska dan Akwila nampak lebih menonjol dari pelayanan orang lain yang disebut dalam daftar ini. Mereka membahayakan diri mereka demi kepentingan Rasul Paulus.949
Kepada mereka bukan aku saja yang berterima kasih, tetapi juga semua jemaat bukan Yahudi.
Nampaknya pelayanan Priska dan Akwila sudah menjadi berkat yang sangat luas sehingga semua jemaat bukan Yahudi juga diberkati. Paulus tidak menjelaskan bentuk berkat yang dimaksudkan, tetapi sungguh jelas bahwa pelayanan mereka luar biasa.
Hagelberg: Rm 16:5 - -- 16:5 Salam950 juga kepada jemaat di rumah mereka. Salam951 kepada Epenetus, saudara yang kukasihi,952 yang adalah buah pertama dari daerah Asia953 u...
16:5 Salam950 juga kepada jemaat di rumah mereka. Salam951 kepada Epenetus, saudara yang kukasihi,952 yang adalah buah pertama dari daerah Asia953 untuk Kristus.
Kira-kira tujuh tahun setelah diusir dari Roma karena iman mereka, Priska dan Akwila tetap berani mengadakan kebaktian di rumah mereka. Sesuai dengan pasal 16:4, mereka berani "mempertaruhkan nyawanya". Dalam nats ini, Paulus (di Kengkrea, dekat Korintus) mengirim salam kepada jemaat di rumah Priska dan Akwila. Dua tahun sebelum nats ini ditulis, dalam I Korintus 16:19, salam Priska dan Akwila dan salam "jemaat di rumah mereka" disampaikan oleh Paulus (di Efesus) kepada teman-teman mereka di Korintus.
...Epenetus... yang adalah buah pertama dari daerah Asia untuk Kristus.
Rupanya Kisah Para Rasul 16:6-10 melatar belakangi pertobatan Epenetus. Istilah yang sama dipakai dalam I Korintus 16:15 di mana Stefanus dan keluarganya disebut "buah pertama dari Akhaya".
Hagelberg: Rm 16:5 - -- 16:5 Salam950 juga kepada jemaat di rumah mereka. Salam951 kepada Epenetus, saudara yang kukasihi,952 yang adalah buah pertama dari daerah Asia953 u...
16:5 Salam950 juga kepada jemaat di rumah mereka. Salam951 kepada Epenetus, saudara yang kukasihi,952 yang adalah buah pertama dari daerah Asia953 untuk Kristus.
Kira-kira tujuh tahun setelah diusir dari Roma karena iman mereka, Priska dan Akwila tetap berani mengadakan kebaktian di rumah mereka. Sesuai dengan pasal 16:4, mereka berani "mempertaruhkan nyawanya". Dalam nats ini, Paulus (di Kengkrea, dekat Korintus) mengirim salam kepada jemaat di rumah Priska dan Akwila. Dua tahun sebelum nats ini ditulis, dalam I Korintus 16:19, salam Priska dan Akwila dan salam "jemaat di rumah mereka" disampaikan oleh Paulus (di Efesus) kepada teman-teman mereka di Korintus.
...Epenetus... yang adalah buah pertama dari daerah Asia untuk Kristus.
Rupanya Kisah Para Rasul 16:6-10 melatar belakangi pertobatan Epenetus. Istilah yang sama dipakai dalam I Korintus 16:15 di mana Stefanus dan keluarganya disebut "buah pertama dari Akhaya".
Hagelberg: Rm 16:6 - -- 16:6 Salam kepada Maria,954 yang telah bekerja955 keras untuk kami.956
Sama seperti Priska dan Akwila disebut "teman sekerja", dikatakan di sini bahw...
16:6 Salam kepada Maria,954 yang telah bekerja955 keras untuk kami.956
Sama seperti Priska dan Akwila disebut "teman sekerja", dikatakan di sini bahwa Maria... telah bekerja keras. Dapat diamati bahwa dari lima orang yang pertama yang dihargai dalam pasal ini, tiga adalah perempuan. Walaupun Paulus berkata, "Aku tidak mengizinkan perempuan mengajar dan juga tidak mengizinkannya memerintah laki-laki; hendaklah ia berdiam diri" (I Timotius 2:12), tetapi rupanya dia sungguh menghargai pelayanan perempuan-perempuan yang tersebut di atas.
Hagelberg: Rm 16:6 - -- 16:6 Salam kepada Maria,954 yang telah bekerja955 keras untuk kami.956
Sama seperti Priska dan Akwila disebut "teman sekerja", dikatakan di sini bahw...
16:6 Salam kepada Maria,954 yang telah bekerja955 keras untuk kami.956
Sama seperti Priska dan Akwila disebut "teman sekerja", dikatakan di sini bahwa Maria... telah bekerja keras. Dapat diamati bahwa dari lima orang yang pertama yang dihargai dalam pasal ini, tiga adalah perempuan. Walaupun Paulus berkata, "Aku tidak mengizinkan perempuan mengajar dan juga tidak mengizinkannya memerintah laki-laki; hendaklah ia berdiam diri" (I Timotius 2:12), tetapi rupanya dia sungguh menghargai pelayanan perempuan-perempuan yang tersebut di atas.
Hagelberg: Rm 16:7 - -- 16:7 Salam kepada Andronikus957 dan Yunias,958 saudara-saudaraku sebangsa959 yang pernah dipenjarakan bersama-sama dengan aku,960 yaitu orang-orang y...
16:7 Salam kepada Andronikus957 dan Yunias,958 saudara-saudaraku sebangsa959 yang pernah dipenjarakan bersama-sama dengan aku,960 yaitu orang-orang yang terpandang di antara para rasul961 dan yang telah menjadi Kristen962 sebelum aku.
Kita tidak mengetahui kapan mereka dipenjarakan bersama-sama dengan Rasul Paulus, dan kita tidak mengetahui kapan mereka percaya kepada Kristus. Tetapi dalam ayat ini kita dapat melihat bahwa Rasul Paulus tidak picik dengan hal memuji orang-orang yang setia pada Kristus dan giat dalam pelayanan.
Hagelberg: Rm 16:7 - -- 16:7 Salam kepada Andronikus957 dan Yunias,958 saudara-saudaraku sebangsa959 yang pernah dipenjarakan bersama-sama dengan aku,960 yaitu orang-orang y...
16:7 Salam kepada Andronikus957 dan Yunias,958 saudara-saudaraku sebangsa959 yang pernah dipenjarakan bersama-sama dengan aku,960 yaitu orang-orang yang terpandang di antara para rasul961 dan yang telah menjadi Kristen962 sebelum aku.
Kita tidak mengetahui kapan mereka dipenjarakan bersama-sama dengan Rasul Paulus, dan kita tidak mengetahui kapan mereka percaya kepada Kristus. Tetapi dalam ayat ini kita dapat melihat bahwa Rasul Paulus tidak picik dengan hal memuji orang-orang yang setia pada Kristus dan giat dalam pelayanan.
Hagelberg: Rm 16:8 - -- 16:8 Salam kepada Ampliatus yang kukasihi963 dalam Tuhan.
Cranfield964 menjelaskan bahwa ada kuburan di Roma untuk seseorang yang bernama AMPLIAT[I],...
16:8 Salam kepada Ampliatus yang kukasihi963 dalam Tuhan.
Cranfield964 menjelaskan bahwa ada kuburan di Roma untuk seseorang yang bernama AMPLIAT[I],965 dan bahwa walaupun nama Ampliatus adalah nama budak, tetapi kuburan tersebut terlalu bagus untuk seorang budak biasa. Oleh karena itu, ada dugaan bahwa mungkin Ampliatus yang disebut dalam ayat ini dikuburkan di situ, dan bahwa tuannya menghargai dia karena melalui dia mereka percaya kepada Kristus. Dugaan ini menarik, tetapi kita mengerti bahwa hal ini hanya bersifat dugaan dan hanya kemungkinan saja.
Hagelberg: Rm 16:8 - -- 16:8 Salam kepada Ampliatus yang kukasihi963 dalam Tuhan.
Cranfield964 menjelaskan bahwa ada kuburan di Roma untuk seseorang yang bernama AMPLIAT[I],...
16:8 Salam kepada Ampliatus yang kukasihi963 dalam Tuhan.
Cranfield964 menjelaskan bahwa ada kuburan di Roma untuk seseorang yang bernama AMPLIAT[I],965 dan bahwa walaupun nama Ampliatus adalah nama budak, tetapi kuburan tersebut terlalu bagus untuk seorang budak biasa. Oleh karena itu, ada dugaan bahwa mungkin Ampliatus yang disebut dalam ayat ini dikuburkan di situ, dan bahwa tuannya menghargai dia karena melalui dia mereka percaya kepada Kristus. Dugaan ini menarik, tetapi kita mengerti bahwa hal ini hanya bersifat dugaan dan hanya kemungkinan saja.
Hagelberg: Rm 16:9-10 - -- 16:9-10 Salam kepada Urbanus,966 teman sekerja kami dalam Kristus, dan salam kepada Stakhis,967 yang kukasihi. Salam kepada Apeles,968 yang telah ta...
16:9-10 Salam kepada Urbanus,966 teman sekerja kami dalam Kristus, dan salam kepada Stakhis,967 yang kukasihi. Salam kepada Apeles,968 yang telah tahan uji969 dalam Kristus. Salam kepada mereka, yang termasuk isi rumah Aristobulus.970
Latar belakang di mana, dalam hal apa, Apeles... tahan uji dalam Kristus tidak disebut secara rinci, tetapi Paulus tidak melupakan peristiwa itu.
...mereka, yang termasuk isi rumah Aristobulus.
Ada kemungkinan besar bahwa Aristobulus ini adalah cucu dari Herodes Agung. Kalau benar, maka sama seperti "seluruh istana" sudah mendengar Injil Kristus pada waktu Paulus dipenjarakan di situ (Filipi 1:13) demikian juga Injil Kristus sudah menjangkau sebuah rumah tangga yang besar, tetapi Aristobulus sendiri tidak diberi salam, mungkin karena dia sudah meninggal, atau karena dia sendiri tidak percaya kepada Kristus.
Hagelberg: Rm 16:9-10 - -- 16:9-10 Salam kepada Urbanus,966 teman sekerja kami dalam Kristus, dan salam kepada Stakhis,967 yang kukasihi. Salam kepada Apeles,968 yang telah ta...
16:9-10 Salam kepada Urbanus,966 teman sekerja kami dalam Kristus, dan salam kepada Stakhis,967 yang kukasihi. Salam kepada Apeles,968 yang telah tahan uji969 dalam Kristus. Salam kepada mereka, yang termasuk isi rumah Aristobulus.970
Latar belakang di mana, dalam hal apa, Apeles... tahan uji dalam Kristus tidak disebut secara rinci, tetapi Paulus tidak melupakan peristiwa itu.
...mereka, yang termasuk isi rumah Aristobulus.
Ada kemungkinan besar bahwa Aristobulus ini adalah cucu dari Herodes Agung. Kalau benar, maka sama seperti "seluruh istana" sudah mendengar Injil Kristus pada waktu Paulus dipenjarakan di situ (Filipi 1:13) demikian juga Injil Kristus sudah menjangkau sebuah rumah tangga yang besar, tetapi Aristobulus sendiri tidak diberi salam, mungkin karena dia sudah meninggal, atau karena dia sendiri tidak percaya kepada Kristus.
Hagelberg: Rm 16:11 - -- 16:11 Salam kepada Herodion,971 saudaraku sebangsa.972 Salam kepada mereka, yang termasuk isi rumah Narkisus973 yang ada dalam Tuhan.974
Pemakaian n...
16:11 Salam kepada Herodion,971 saudaraku sebangsa.972 Salam kepada mereka, yang termasuk isi rumah Narkisus973 yang ada dalam Tuhan.974
Pemakaian nama Herodion dalam ayat ini memperkuat kemungkinan yang disebut di atas, yaitu bahwa Aristobulus yang dimaksudkan dalam pasal 16:10 adalah cucu dari Herodes Agung.975
...isi rumah Narkisus yang ada dalam Tuhan.
Tidak ada salam untuk Narkisus secara pribadi, mungkin karena dia sudah meninggal, atau karena dia sendiri tidak percaya kepada Kristus.
Hagelberg: Rm 16:11 - -- 16:11 Salam kepada Herodion,971 saudaraku sebangsa.972 Salam kepada mereka, yang termasuk isi rumah Narkisus973 yang ada dalam Tuhan.974
Pemakaian n...
16:11 Salam kepada Herodion,971 saudaraku sebangsa.972 Salam kepada mereka, yang termasuk isi rumah Narkisus973 yang ada dalam Tuhan.974
Pemakaian nama Herodion dalam ayat ini memperkuat kemungkinan yang disebut di atas, yaitu bahwa Aristobulus yang dimaksudkan dalam pasal 16:10 adalah cucu dari Herodes Agung.975
...isi rumah Narkisus yang ada dalam Tuhan.
Tidak ada salam untuk Narkisus secara pribadi, mungkin karena dia sudah meninggal, atau karena dia sendiri tidak percaya kepada Kristus.
Hagelberg: Rm 16:12 - -- 16:12 Salam kepada Trifena dan Trifosa,976 yang berkerja977 dalam Tuhan. Salam kepada Persis,978 yang kukasihi, yang telah bekerja979 keras dalam Tu...
16:12 Salam kepada Trifena dan Trifosa,976 yang berkerja977 dalam Tuhan. Salam kepada Persis,978 yang kukasihi, yang telah bekerja979 keras dalam Tuhan.
Penghargaan yang diberikan kepada tiga wantia ini mengingatkan kita bahwa Rasul Paulus sangat menghargai perempuan yang giat dalam pelayanan Tuhan Yesus Kristus.
Hagelberg: Rm 16:12 - -- 16:12 Salam kepada Trifena dan Trifosa,976 yang berkerja977 dalam Tuhan. Salam kepada Persis,978 yang kukasihi, yang telah bekerja979 keras dalam Tu...
16:12 Salam kepada Trifena dan Trifosa,976 yang berkerja977 dalam Tuhan. Salam kepada Persis,978 yang kukasihi, yang telah bekerja979 keras dalam Tuhan.
Penghargaan yang diberikan kepada tiga wantia ini mengingatkan kita bahwa Rasul Paulus sangat menghargai perempuan yang giat dalam pelayanan Tuhan Yesus Kristus.
Hagelberg: Rm 16:13 - -- 16:13 Salam kepada Rufus,980 orang pilihan dalam Tuhan, dan salam kepada ibunya, yang bagiku adalah juga ibu.981
Mungkinkah sesuatu terjadi pada wakt...
16:13 Salam kepada Rufus,980 orang pilihan dalam Tuhan, dan salam kepada ibunya, yang bagiku adalah juga ibu.981
Mungkinkah sesuatu terjadi pada waktu Rufus bertobat sehingga sungguh nyata bahwa dia pilihan Tuhan?
...salam kepada ibunya, yang bagiku adalah juga ibu.
Rupanya ibunya Rufus sudah menjadi seperti seorang ibu asuh terhadap Paulus, dan dia tidak melupakannya.
Hagelberg: Rm 16:13 - -- 16:13 Salam kepada Rufus,980 orang pilihan dalam Tuhan, dan salam kepada ibunya, yang bagiku adalah juga ibu.981
Mungkinkah sesuatu terjadi pada wakt...
16:13 Salam kepada Rufus,980 orang pilihan dalam Tuhan, dan salam kepada ibunya, yang bagiku adalah juga ibu.981
Mungkinkah sesuatu terjadi pada waktu Rufus bertobat sehingga sungguh nyata bahwa dia pilihan Tuhan?
...salam kepada ibunya, yang bagiku adalah juga ibu.
Rupanya ibunya Rufus sudah menjadi seperti seorang ibu asuh terhadap Paulus, dan dia tidak melupakannya.
Hagelberg: Rm 16:14-15 - -- 16:14-15 Salam kepada Asinkritus, Flegon, Hermes, Patrobas, Hermas dan saudara-saudara yang bersama-sama dengan mereka. Salam kepada Filologus, dan ...
16:14-15 Salam kepada Asinkritus, Flegon, Hermes, Patrobas, Hermas dan saudara-saudara yang bersama-sama dengan mereka. Salam kepada Filologus, dan Yulia, Nereus dan saudaranya perempuan, dan Olimpas, dan juga kepada segala orang kudus yang bersama-sama dengan mereka.
Rupanya dua ayat ini merupakan salam kepada dua jemaat yang berbakti di dua tempat di kota Roma. Hampir semua nama yang disebut dalam dua ayat ini adalah nama yang biasa dipakai oleh budak atau bekas budak.982
Dari segi latar belakang sosial jemaat-jemaat di Roma, kebanyakan nama ini, yang dicatat dalam pasal 16:3-15, adalah nama budak atau bekas budak, dan hanya satu nama, yaitu Yulia, yang merupakan nama asli Roma. Hanya tiga dari mereka jelas orang Yahudi, tetapi kemungkinan besar Priska dan Akwila, Maria, Rufus dan ibunya adalah orang Yahudi. Rupanya pada mulanya Injil Kristus lebih cepat berkembang di lapisan masyarakat yang rendah di Roma, tetapi kita dapat menduga bahwa banyak dari mereka sudah sempat mengadakan perjalanan keluar dari Italia, sehingga mereka sempat mengenal Paulus.983
Hagelberg: Rm 16:14-15 - -- 16:14-15 Salam kepada Asinkritus, Flegon, Hermes, Patrobas, Hermas dan saudara-saudara yang bersama-sama dengan mereka. Salam kepada Filologus, dan ...
16:14-15 Salam kepada Asinkritus, Flegon, Hermes, Patrobas, Hermas dan saudara-saudara yang bersama-sama dengan mereka. Salam kepada Filologus, dan Yulia, Nereus dan saudaranya perempuan, dan Olimpas, dan juga kepada segala orang kudus yang bersama-sama dengan mereka.
Rupanya dua ayat ini merupakan salam kepada dua jemaat yang berbakti di dua tempat di kota Roma. Hampir semua nama yang disebut dalam dua ayat ini adalah nama yang biasa dipakai oleh budak atau bekas budak.982
Dari segi latar belakang sosial jemaat-jemaat di Roma, kebanyakan nama ini, yang dicatat dalam pasal 16:3-15, adalah nama budak atau bekas budak, dan hanya satu nama, yaitu Yulia, yang merupakan nama asli Roma. Hanya tiga dari mereka jelas orang Yahudi, tetapi kemungkinan besar Priska dan Akwila, Maria, Rufus dan ibunya adalah orang Yahudi. Rupanya pada mulanya Injil Kristus lebih cepat berkembang di lapisan masyarakat yang rendah di Roma, tetapi kita dapat menduga bahwa banyak dari mereka sudah sempat mengadakan perjalanan keluar dari Italia, sehingga mereka sempat mengenal Paulus.983
Hagelberg: Rm 16:16 - -- 16:16 Bersalam-salamlah kamu dengan cium kudus. Salam kepada kamu dari semua jemaat Kristus.
Oleh karena cium kudus atau "cium kasih" juga disebut d...
16:16 Bersalam-salamlah kamu dengan cium kudus. Salam kepada kamu dari semua jemaat Kristus.
Oleh karena cium kudus atau "cium kasih" juga disebut dalam I Korintus 16:20; II Korintus 13:12; I Tesalonika 5:26; dan I Petrus 5:14, maka kita mengerti bahwa ini sudah menjadi kebiasaan orang percaya sejak awal. Pada abad ke dua salam-salaman dengan cium kudus sudah menjadi satu unsur dalam liturgi Kristen, yang diadakan antara doa syafaat dan kolekte.984
Salam kepada kamu dari semua jemaat Kristus.
Melalui surat dan berita dari teman-teman, Paulus giat mengadakan interaksi antara semua jemaat Kristus, dan dengan menyampaikan salam ini dia meningkatkan perasaan kesatuan dalam Tubuh Kristus.
Hagelberg: Rm 16:16 - -- 16:16 Bersalam-salamlah kamu dengan cium kudus. Salam kepada kamu dari semua jemaat Kristus.
Oleh karena cium kudus atau "cium kasih" juga disebut d...
16:16 Bersalam-salamlah kamu dengan cium kudus. Salam kepada kamu dari semua jemaat Kristus.
Oleh karena cium kudus atau "cium kasih" juga disebut dalam I Korintus 16:20; II Korintus 13:12; I Tesalonika 5:26; dan I Petrus 5:14, maka kita mengerti bahwa ini sudah menjadi kebiasaan orang percaya sejak awal. Pada abad ke dua salam-salaman dengan cium kudus sudah menjadi satu unsur dalam liturgi Kristen, yang diadakan antara doa syafaat dan kolekte.984
Salam kepada kamu dari semua jemaat Kristus.
Melalui surat dan berita dari teman-teman, Paulus giat mengadakan interaksi antara semua jemaat Kristus, dan dengan menyampaikan salam ini dia meningkatkan perasaan kesatuan dalam Tubuh Kristus.
Hagelberg: Rm 16:17 - -- 16:17 Aku menasihatkan985 kamu, saudara-saudara, supaya kamu waspada terhadap mereka, yang menimbulkan perpecahan dan godaan986 melawan pengajaran987...
16:17 Aku menasihatkan985 kamu, saudara-saudara, supaya kamu waspada terhadap mereka, yang menimbulkan perpecahan dan godaan986 melawan pengajaran987 yang telah kamu terima.988 Hindarilah mereka!
Hampir setiap hamba Tuhan yang mengasihi Tuhan Yesus dapat menceritakan kesusahan yang dihasilkan oleh orang yang menimbulkan perpecahan dan godaan. Secara tegas Paulus menasihatkan supaya orang seperti itu dihindari. Nasihat yang tegas ini tidak bertentangan dengan perintah yang dicatat dalam pasal 15:7, yaitu "terimalah satu akan yang lain" karena perintah tersebut didasarkan tujuan tertentu: "sehingga dengan satu hati dan satu suara kamu memuliakan Allah dan Bapa Tuhan kita, Yesus Kristus" (pasal 15:6). Hati mereka yang suka menimbulkan perpecahan dan godaan berlawanan dengan tujuan tersebut. Perintah "Bersalam-salamlah kamu dengan cium kudus" (pasal 16:16), tidak berlaku untuk mereka. Cium mereka tidak kudus!
Hagelberg: Rm 16:17-20 - -- D. Peringatan mengenai Orang yang Menimbulkan Perpecahan 16:17-20
Penerima Surat Roma taat dan tulus hati, jadi mereka akan menghindari orang yang me...
D. Peringatan mengenai Orang yang Menimbulkan Perpecahan 16:17-20
Penerima Surat Roma taat dan tulus hati, jadi mereka akan menghindari orang yang melawan ajaran ini dengan perpecahan.
Rasul Paulus menutup Surat Roma dengan suatu perintah supaya pangacau dihindari oleh jemaat. Tempat perintah ini menimbulkan kesan bahwa bagi Rasul Paulus kesatuan jemaat harus dijaga dengan tindakan yang keras.
Hagelberg: Rm 16:17 - -- 16:17 Aku menasihatkan985 kamu, saudara-saudara, supaya kamu waspada terhadap mereka, yang menimbulkan perpecahan dan godaan986 melawan pengajaran987...
16:17 Aku menasihatkan985 kamu, saudara-saudara, supaya kamu waspada terhadap mereka, yang menimbulkan perpecahan dan godaan986 melawan pengajaran987 yang telah kamu terima.988 Hindarilah mereka!
Hampir setiap hamba Tuhan yang mengasihi Tuhan Yesus dapat menceritakan kesusahan yang dihasilkan oleh orang yang menimbulkan perpecahan dan godaan. Secara tegas Paulus menasihatkan supaya orang seperti itu dihindari. Nasihat yang tegas ini tidak bertentangan dengan perintah yang dicatat dalam pasal 15:7, yaitu "terimalah satu akan yang lain" karena perintah tersebut didasarkan tujuan tertentu: "sehingga dengan satu hati dan satu suara kamu memuliakan Allah dan Bapa Tuhan kita, Yesus Kristus" (pasal 15:6). Hati mereka yang suka menimbulkan perpecahan dan godaan berlawanan dengan tujuan tersebut. Perintah "Bersalam-salamlah kamu dengan cium kudus" (pasal 16:16), tidak berlaku untuk mereka. Cium mereka tidak kudus!
Hagelberg: Rm 16:18 - -- 16:18 Sebab orang-orang demikian tidak melayani Yesus989 Kristus, Tuhan kita, tetapi melayani perut990 mereka sendiri. Dan dengan kata-kata mereka y...
16:18 Sebab orang-orang demikian tidak melayani Yesus989 Kristus, Tuhan kita, tetapi melayani perut990 mereka sendiri. Dan dengan kata-kata mereka yang muluk-muluk dan bahasa mereka yang manis mereka menipu orang-orang yang tulus hatinya.991
Dalam ayat ini Paulus menyatakan tujuan dan cara-cara mereka. Tujuan mereka bukan untuk melayani Yesus Kristus, tetapi untuk melayani perut mereka sendiri. Mereka mengutamakan kepentingan mereka sendiri. Dari segi metode, mereka memakai kata-kata yang muluk-muluk dan manis untuk menipu orang yang tidak waspada.
II Timotius 3:5-6 dan Titus 3:9-11 dapat dibandingkan dengan peringatan ini.
Hagelberg: Rm 16:18 - -- 16:18 Sebab orang-orang demikian tidak melayani Yesus989 Kristus, Tuhan kita, tetapi melayani perut990 mereka sendiri. Dan dengan kata-kata mereka y...
16:18 Sebab orang-orang demikian tidak melayani Yesus989 Kristus, Tuhan kita, tetapi melayani perut990 mereka sendiri. Dan dengan kata-kata mereka yang muluk-muluk dan bahasa mereka yang manis mereka menipu orang-orang yang tulus hatinya.991
Dalam ayat ini Paulus menyatakan tujuan dan cara-cara mereka. Tujuan mereka bukan untuk melayani Yesus Kristus, tetapi untuk melayani perut mereka sendiri. Mereka mengutamakan kepentingan mereka sendiri. Dari segi metode, mereka memakai kata-kata yang muluk-muluk dan manis untuk menipu orang yang tidak waspada.
II Timotius 3:5-6 dan Titus 3:9-11 dapat dibandingkan dengan peringatan ini.
Hagelberg: Rm 16:19 - -- 16:19 Ketaatanmu telah diketahui oleh semua orang. Sebab itu aku bersukacita tentang kamu. Tetapi aku ingin supaya kamu bijaksana terhadap apa yang...
16:19 Ketaatanmu telah diketahui oleh semua orang. Sebab itu aku bersukacita tentang kamu. Tetapi aku ingin supaya kamu bijaksana terhadap apa yang baik, dan bersih992 terhadap apa yang jahat.
Dalam pasal 1:8 Paulus sudah berkata, "Pertama-tama aku mengucap syukur kepada Allahku melalui Yesus Kristus atas kamu sekalian, sebab telah tersiar kabar tentang imanmu di seluruh dunia." Juga dalam kata-kata terakhir dia menegaskan bahwa dia sungguh menghargai tingkat kerohanian mereka. Dia tidak menulis Surat Roma oleh karena mereka tidak taat (pasal 15:14-15).
Berkaitan dengan penipuan yang disebut di atas, Rasul Paulus mengerti bahwa hati yang tunduk kepada Firman Allah tidak mudah ditipu, sedangkan orang yang mencari jalan mereka sendiri lebih mudah ditipu.993
...bijaksana terhadap apa yang baik, dan bersih terhadap apa yang jahat.
Paulus mau supaya mereka memiliki hikmat dan kepandaian terhadap apa yang baik, dan supaya mereka tidak belajar apa-apa dalam bidang kejahatan. Nats ini mirip apa yang dikatakan Tuhan dalam Matius 10:16, yaitu "...hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati." Kita dapat menjadi "tulus" terhadap apa yang jahat karena membalas kejahatan bukan urusan kita. Tetapi hati kita dapat tetap penuh dengan damai sejahtera karena, sesuai dengan apa yang ditulis dalam ayat yang berikut, Allah kita akan membalas.
Hagelberg: Rm 16:19 - -- 16:19 Ketaatanmu telah diketahui oleh semua orang. Sebab itu aku bersukacita tentang kamu. Tetapi aku ingin supaya kamu bijaksana terhadap apa yang...
16:19 Ketaatanmu telah diketahui oleh semua orang. Sebab itu aku bersukacita tentang kamu. Tetapi aku ingin supaya kamu bijaksana terhadap apa yang baik, dan bersih992 terhadap apa yang jahat.
Dalam pasal 1:8 Paulus sudah berkata, "Pertama-tama aku mengucap syukur kepada Allahku melalui Yesus Kristus atas kamu sekalian, sebab telah tersiar kabar tentang imanmu di seluruh dunia." Juga dalam kata-kata terakhir dia menegaskan bahwa dia sungguh menghargai tingkat kerohanian mereka. Dia tidak menulis Surat Roma oleh karena mereka tidak taat (pasal 15:14-15).
Berkaitan dengan penipuan yang disebut di atas, Rasul Paulus mengerti bahwa hati yang tunduk kepada Firman Allah tidak mudah ditipu, sedangkan orang yang mencari jalan mereka sendiri lebih mudah ditipu.993
...bijaksana terhadap apa yang baik, dan bersih terhadap apa yang jahat.
Paulus mau supaya mereka memiliki hikmat dan kepandaian terhadap apa yang baik, dan supaya mereka tidak belajar apa-apa dalam bidang kejahatan. Nats ini mirip apa yang dikatakan Tuhan dalam Matius 10:16, yaitu "...hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati." Kita dapat menjadi "tulus" terhadap apa yang jahat karena membalas kejahatan bukan urusan kita. Tetapi hati kita dapat tetap penuh dengan damai sejahtera karena, sesuai dengan apa yang ditulis dalam ayat yang berikut, Allah kita akan membalas.
Hagelberg: Rm 16:20 - -- 16:20 Allah, sumber damai sejahtera,994 akan menghancurkan995 Iblis di bawah kakimu dengan secara tiba-tiba.996 Kasih karunia Yesus Kristus,997 Tuha...
16:20 Allah, sumber damai sejahtera,994 akan menghancurkan995 Iblis di bawah kakimu dengan secara tiba-tiba.996 Kasih karunia Yesus Kristus,997 Tuhan kita, menyertai kamu!
Ketegasan kalimat ini mengejutkan. Janji ini, mengenai kemenangan Allah kita dalam Tuhan Yesus, mirip apa yang dikatakan oleh Allah di Taman Eden. Dalam Kejadian 3:15,998 setelah Adam dan Hawa berdosa, Allah berjanji bahwa kepala "si ular" akan diremukkan oleh keturunan Hawa. Allah kita akan menang!
Kasih karunia Yesus Kristus, Tuhan kita, menyertai kamu!
Paulus mengakhiri semua suratnya dengan salam kasih karunia yang dia tulis dengan tanganya sendiri.999 Pemakaian istilah ini sangat tepat karena kasih karunia Yesus Kristus adalah tema yang amat penting dalam uraian mengenai hubungan Allah dengan manusia yang dibenarkan karena iman.
Hagelberg: Rm 16:20 - -- 16:20 Allah, sumber damai sejahtera,994 akan menghancurkan995 Iblis di bawah kakimu dengan secara tiba-tiba.996 Kasih karunia Yesus Kristus,997 Tuha...
16:20 Allah, sumber damai sejahtera,994 akan menghancurkan995 Iblis di bawah kakimu dengan secara tiba-tiba.996 Kasih karunia Yesus Kristus,997 Tuhan kita, menyertai kamu!
Ketegasan kalimat ini mengejutkan. Janji ini, mengenai kemenangan Allah kita dalam Tuhan Yesus, mirip apa yang dikatakan oleh Allah di Taman Eden. Dalam Kejadian 3:15,998 setelah Adam dan Hawa berdosa, Allah berjanji bahwa kepala "si ular" akan diremukkan oleh keturunan Hawa. Allah kita akan menang!
Kasih karunia Yesus Kristus, Tuhan kita, menyertai kamu!
Paulus mengakhiri semua suratnya dengan salam kasih karunia yang dia tulis dengan tanganya sendiri.999 Pemakaian istilah ini sangat tepat karena kasih karunia Yesus Kristus adalah tema yang amat penting dalam uraian mengenai hubungan Allah dengan manusia yang dibenarkan karena iman.
Hagelberg: Rm 16:21 - -- 16:21 Salam1000 kepada kamu dari Timotius, temanku sekerja, dan dari Lukius,1001 Yason1002 dan Sosipater,1003 teman-temanku sebangsa.
Di tempat di ma...
16:21 Salam1000 kepada kamu dari Timotius, temanku sekerja, dan dari Lukius,1001 Yason1002 dan Sosipater,1003 teman-temanku sebangsa.
Di tempat di mana Surat Roma didiktekan, mereka yang asyik mendengarkan suara Rasul Paulus diajak untuk memberi salam kepada saudara-saudara seiman di Roma.
Hodges1004 mencatat bahwa teman-teman Paulus yang memberi salam mewakili unsur-unsur kasih karunia Allah (yang disebut sebelum dan sesudah salam mereka). Timotius adalah teman sekerja bagi Paulus. Melalui dia Tuhan menyampaikan kasih karunia supaya Paulus dapat meneruskan pekerjaan pelayanan. Dalam I dan II Timotius dan Kisah Para Rasul pasal 16-20 sikap dan pelayanan Timotius, anak buah Rasul Paulus yang paling menonjol, dapat dipelajari.
...Lukius, Yason dan Sosipater, teman-temanku sebangsa.
Kasih karunia dari Allah kepada suku atau bangsa Rasul Paulus dinyatakan melalui tiga orang ini.
Hagelberg: Rm 16:21-24 - -- E. Salam dari Saudara-saudara Seiman 16:21-24
Mereka yang berkumpul di tempat ini menyampaikan salam, dan berkat kasih karunia Allah diulangi.
Paulu...
E. Salam dari Saudara-saudara Seiman 16:21-24
Mereka yang berkumpul di tempat ini menyampaikan salam, dan berkat kasih karunia Allah diulangi.
Paulus mengembalikan alat tulis kepada juru tulis agar dia mencatat salam dari teman-teman Paulus yang berkumpul di situ.
Hagelberg: Rm 16:21 - -- 16:21 Salam1000 kepada kamu dari Timotius, temanku sekerja, dan dari Lukius,1001 Yason1002 dan Sosipater,1003 teman-temanku sebangsa.
Di tempat di ma...
16:21 Salam1000 kepada kamu dari Timotius, temanku sekerja, dan dari Lukius,1001 Yason1002 dan Sosipater,1003 teman-temanku sebangsa.
Di tempat di mana Surat Roma didiktekan, mereka yang asyik mendengarkan suara Rasul Paulus diajak untuk memberi salam kepada saudara-saudara seiman di Roma.
Hodges1004 mencatat bahwa teman-teman Paulus yang memberi salam mewakili unsur-unsur kasih karunia Allah (yang disebut sebelum dan sesudah salam mereka). Timotius adalah teman sekerja bagi Paulus. Melalui dia Tuhan menyampaikan kasih karunia supaya Paulus dapat meneruskan pekerjaan pelayanan. Dalam I dan II Timotius dan Kisah Para Rasul pasal 16-20 sikap dan pelayanan Timotius, anak buah Rasul Paulus yang paling menonjol, dapat dipelajari.
...Lukius, Yason dan Sosipater, teman-temanku sebangsa.
Kasih karunia dari Allah kepada suku atau bangsa Rasul Paulus dinyatakan melalui tiga orang ini.
Hagelberg: Rm 16:22 - -- 16:22 Salam kepada kamu dari Tertius,1005 yaitu aku, yang menulis1006 surat ini dalam Tuhan.1007
Kasih karunia Allah juga disalurkan kepada Paulus me...
16:22 Salam kepada kamu dari Tertius,1005 yaitu aku, yang menulis1006 surat ini dalam Tuhan.1007
Kasih karunia Allah juga disalurkan kepada Paulus melalui bantuan profesionil dari Tertius, yang mempergunakan keahliannya dalam Tuhan. Nampaknya dia mengerti bahwa dia tidak hanya kerja biasa, tetapi pekerjaan Tertius merupakan pelayanan sejati dalam Tuhan.
Hagelberg: Rm 16:22 - -- 16:22 Salam kepada kamu dari Tertius,1005 yaitu aku, yang menulis1006 surat ini dalam Tuhan.1007
Kasih karunia Allah juga disalurkan kepada Paulus me...
16:22 Salam kepada kamu dari Tertius,1005 yaitu aku, yang menulis1006 surat ini dalam Tuhan.1007
Kasih karunia Allah juga disalurkan kepada Paulus melalui bantuan profesionil dari Tertius, yang mempergunakan keahliannya dalam Tuhan. Nampaknya dia mengerti bahwa dia tidak hanya kerja biasa, tetapi pekerjaan Tertius merupakan pelayanan sejati dalam Tuhan.
Hagelberg: Rm 16:23 - -- 16:23 Salam kepada kamu dari Gayus,1008 yang memberi tumpangan kepadaku,1009 dan kepada seluruh jemaat. Salam kepada kamu dari Erastus, bendahara ne...
16:23 Salam kepada kamu dari Gayus,1008 yang memberi tumpangan kepadaku,1009 dan kepada seluruh jemaat. Salam kepada kamu dari Erastus, bendahara negeri,1010 dan dari Kwartus, saudara kita.
Kasih karunia Allah disalurkan kepada Paulus melalui Gayus. Nampaknya Gayus menyediakan rumahnya sendiri untuk dipakai sebagai tempat kebaktian, dan juga untuk dipakai oleh Rasul Paulus serta rombongannya.
...dari Erastus, bendahara negeri...
Kadang-kadang kasih karunia Allah disalurkan kepada orang melalui pejabat atau pembesar, tetapi menurut I Korintus 1:26-28 berkat itu agak jarang.1011
...dan dari Kwartus, saudara kita.
Sesuai dengan kebiasaan Paulus untuk menambahkah sebutan pada nama orang, Kwartus disebut saudara. Mungkinkah Rasul Paulus telah mengamati kasih persaudaraan yang menonjol dalam orang ini? Budakpun menjadi saluran kasih karunia Allah.
Dalam persekutuan rombongan ini dua budak (atau bekas budak) bergaul dengan bendahara negeri dan pemilik rumah yang cukup besar. Orang Yahudi bergaul dengan orang Yunani. Dalam Kristus pembesar tidak malu menyebut budak sebagai saudara, dan budak tidak harus segan bergaul dengan pembesar. Demikianlah kasih karunia Allah!
Kita sudah mengerti bahwa Rasul Paulus di situ untuk mengarang surat ini, dan bahwa Tertius di situ sebagai juru tulis, tetapi mengapa ketujuh orang yang memberi salam berada di situ? Mereka di situ karena, walaupun mungkin mereka semua orang sibuk, orang yang biasa mengurus banyak hal, tetapi mereka merasa bahwa mereka harus berteduh di situ untuk mendengar dan merenungkan ajaran Rasul Paulus mengenai bagaimana caranya orang yang dibenarkan karena iman akan hidup. Mereka tidak bosan, dan mereka tidak kecewa.
Hagelberg: Rm 16:23 - -- 16:23 Salam kepada kamu dari Gayus,1008 yang memberi tumpangan kepadaku,1009 dan kepada seluruh jemaat. Salam kepada kamu dari Erastus, bendahara ne...
16:23 Salam kepada kamu dari Gayus,1008 yang memberi tumpangan kepadaku,1009 dan kepada seluruh jemaat. Salam kepada kamu dari Erastus, bendahara negeri,1010 dan dari Kwartus, saudara kita.
Kasih karunia Allah disalurkan kepada Paulus melalui Gayus. Nampaknya Gayus menyediakan rumahnya sendiri untuk dipakai sebagai tempat kebaktian, dan juga untuk dipakai oleh Rasul Paulus serta rombongannya.
...dari Erastus, bendahara negeri...
Kadang-kadang kasih karunia Allah disalurkan kepada orang melalui pejabat atau pembesar, tetapi menurut I Korintus 1:26-28 berkat itu agak jarang.1011
...dan dari Kwartus, saudara kita.
Sesuai dengan kebiasaan Paulus untuk menambahkah sebutan pada nama orang, Kwartus disebut saudara. Mungkinkah Rasul Paulus telah mengamati kasih persaudaraan yang menonjol dalam orang ini? Budakpun menjadi saluran kasih karunia Allah.
Dalam persekutuan rombongan ini dua budak (atau bekas budak) bergaul dengan bendahara negeri dan pemilik rumah yang cukup besar. Orang Yahudi bergaul dengan orang Yunani. Dalam Kristus pembesar tidak malu menyebut budak sebagai saudara, dan budak tidak harus segan bergaul dengan pembesar. Demikianlah kasih karunia Allah!
Kita sudah mengerti bahwa Rasul Paulus di situ untuk mengarang surat ini, dan bahwa Tertius di situ sebagai juru tulis, tetapi mengapa ketujuh orang yang memberi salam berada di situ? Mereka di situ karena, walaupun mungkin mereka semua orang sibuk, orang yang biasa mengurus banyak hal, tetapi mereka merasa bahwa mereka harus berteduh di situ untuk mendengar dan merenungkan ajaran Rasul Paulus mengenai bagaimana caranya orang yang dibenarkan karena iman akan hidup. Mereka tidak bosan, dan mereka tidak kecewa.
Hagelberg: Rm 16:24 - -- 16:24 Kasih karunia Yesus Kristus, Tuhan kita, menyertai kamu! Amen.1012
Berkat ini diulangi dari pasal 16:20b, maka salam yang dicatat dalam pasal ...
16:24 Kasih karunia Yesus Kristus, Tuhan kita, menyertai kamu! Amen.1012
Berkat ini diulangi dari pasal 16:20b, maka salam yang dicatat dalam pasal 16:21-23 dilingkari dengan berkat kasih karunia Allah. Struktur ini wajar karena orang yang disebut dalam ayat tersebut merupakan saluran penggenapan berkat kasih karunia Allah dalam pengalaman Rasul Paulus.
Demikianlah surat Paulus yang paling berbobot berakhir, dengan suasana keakraban antara kesembilan hamba Tuhan yang kagum akan kasih karunia Allah terhadap orang yang benar karena iman.
Hagelberg: Rm 16:24 - -- 16:24 Kasih karunia Yesus Kristus, Tuhan kita, menyertai kamu! Amen.1012
Berkat ini diulangi dari pasal 16:20b, maka salam yang dicatat dalam pasal ...
16:24 Kasih karunia Yesus Kristus, Tuhan kita, menyertai kamu! Amen.1012
Berkat ini diulangi dari pasal 16:20b, maka salam yang dicatat dalam pasal 16:21-23 dilingkari dengan berkat kasih karunia Allah. Struktur ini wajar karena orang yang disebut dalam ayat tersebut merupakan saluran penggenapan berkat kasih karunia Allah dalam pengalaman Rasul Paulus.
Demikianlah surat Paulus yang paling berbobot berakhir, dengan suasana keakraban antara kesembilan hamba Tuhan yang kagum akan kasih karunia Allah terhadap orang yang benar karena iman.
Hagelberg: Rm 16:25 - -- 16:25 Bagi Dia yang berkuasa1015 menguatkan1016 kamu melalui1017 Injil yang kumasyurkan yaitu1018 pemberitaan tentang Yesus Kristus, sesuai dengan pe...
16:25 Bagi Dia yang berkuasa1015 menguatkan1016 kamu melalui1017 Injil yang kumasyurkan yaitu1018 pemberitaan tentang Yesus Kristus, sesuai dengan pernyataan rahasia,1019 yang didiamkan1020 berabad-abad lamanya,
Injil yang diberitakan oleh Rasul Paulus berpusat pada - dan menerima kuasanya dari - pribadi Yesus Kristus, dan bukan peraturan mengenai makanan, minuman, ataupun hari-hari khusus yang harus dipelihara. Hodges1021 berkata, "Hati yang terpusat pada Kristus yang diberitakan dalam Injil Rasul Paulus dapat memperoleh kekuatan rohani yang diperlukan (bandingkanlah Roma 8)."
...sesuai dengan pernyataan rahasia, yang didiamkan berabad-abad lamanya,
Oleh karena rahasia ini telah dinyatakan, maka pembenaran serta kemenangan/keselamatan melalui iman dapat diberitakan kepada segala bangsa. Sekarang orang bukan Yahudi dapat dibenarkan melalui iman, sama seperti orang Yahudi, dan dapat memperoleh status yang sama dalam Tubuh Kristus. Oleh karena itu, maka Allah berkuasa menguatkan orang percaya melalui Injil.
Hagelberg: Rm 16:25-27 - -- F. Pujian 16:25-27
Oleh karena kekuatan rohani diperoleh bukan melalui ketaatan pada peraturan-peraturan tertentu, tetapi dari Allah, maka Dia layak...
F. Pujian 16:25-27
Oleh karena kekuatan rohani diperoleh bukan melalui ketaatan pada peraturan-peraturan tertentu, tetapi dari Allah, maka Dia layak dipuji selama-lamanya.
Dari segi bukti naskah, dalam mayoritas naskah, pujian ini merupakan akhir pasal 14, tetapi demi kelancaran pemakaian bahasan ini, lebih baik ayat-ayat ini dijelaskan di sini, sebagai akhir pasal 16, sesuai dengan beberapa naskah yang sangat kuno.1013
Pujian ini berkaitan erat dengan pasal 14 dan pasal 15.1014 Dalam pujian ini Allah dipuji sebagai Dia yang dapat menguatkan orang yang lemah (pasal 14). Orang yang dikuatkan dengan demikian "wajib menanggung kelemahan orang yang tidak kuat" (pasal 15:1-12).
Dalam pujian ini terdapat secara ringkas beberapa tema yang amat penting dalam Surat Roma, yaitu:
Pemberitaan Injil kepada segala bangsa (1:5, 14; 15:14-24)
Injil sebagai kekuatan Allah (1:16)
Dukungan dari kitab-kitab para nabi (pasal 4 dll.)
Kekuatan dari Allah untuk orang percaya (pasal 6-8)
Rahasia kesatuan Yahudi dan bukan Yahudi dalam Kristus (pasal 9-11)
Hagelberg: Rm 16:25 - -- 16:25 Bagi Dia yang berkuasa1015 menguatkan1016 kamu melalui1017 Injil yang kumasyurkan yaitu1018 pemberitaan tentang Yesus Kristus, sesuai dengan pe...
16:25 Bagi Dia yang berkuasa1015 menguatkan1016 kamu melalui1017 Injil yang kumasyurkan yaitu1018 pemberitaan tentang Yesus Kristus, sesuai dengan pernyataan rahasia,1019 yang didiamkan1020 berabad-abad lamanya,
Injil yang diberitakan oleh Rasul Paulus berpusat pada - dan menerima kuasanya dari - pribadi Yesus Kristus, dan bukan peraturan mengenai makanan, minuman, ataupun hari-hari khusus yang harus dipelihara. Hodges1021 berkata, "Hati yang terpusat pada Kristus yang diberitakan dalam Injil Rasul Paulus dapat memperoleh kekuatan rohani yang diperlukan (bandingkanlah Roma 8)."
...sesuai dengan pernyataan rahasia, yang didiamkan berabad-abad lamanya,
Oleh karena rahasia ini telah dinyatakan, maka pembenaran serta kemenangan/keselamatan melalui iman dapat diberitakan kepada segala bangsa. Sekarang orang bukan Yahudi dapat dibenarkan melalui iman, sama seperti orang Yahudi, dan dapat memperoleh status yang sama dalam Tubuh Kristus. Oleh karena itu, maka Allah berkuasa menguatkan orang percaya melalui Injil.
Hagelberg: Rm 16:26 - -- 16:26 tetapi yang sekarang telah dinyatakan, dan yang menurut perintah Allah yang abadi telah diberitakan oleh kitab-kitab para nabi kepada segala ba...
16:26 tetapi yang sekarang telah dinyatakan, dan yang menurut perintah Allah yang abadi telah diberitakan oleh kitab-kitab para nabi kepada segala bangsa untuk membimbing mereka kepada ketaatan iman.1022
Rahasia yang dikemukakan di atas dikembangkan dalam ayat ini. Rahasia itu telah dinyatakan. Rahasia itu telah diberitakan oleh kitab-kitab para nabi kepada segala bangsa, yaitu kepada mereka yang pada zaman ini diberikan kesempatan untuk percaya kepada Kristus dan menjadi anggota Tubuh Kristus. Penjangkauan buah pernyataan rahasia sangat luas, yaitu sampai ke ujung bumi. Penjangkauan yang luas itu adalah jauh lebih penting bilamana dibandingkan dengan masalah makanan dan minuman, yang adalah hal-hal yang enteng, kecil.1023
...untuk membimbing mereka kepada ketaatan iman -
Zaman ini orang dari seluruh dunia diberi kesempatan untuk mentaati Injil Kristus. Oleh karena hanya iman saya yang diperintahkan oleh Injil Kristus, maka tujuan pernyataan rahasia disebut ketaatan iman, suatu tujuan yang telah disebut sebagai tujuan jabatan rasul yang dikaruniakan kepada Paulus (pasal 1:5).
Menurut pasal 6-8, iman yang merupakan ketaatan pada Injil dapat menghasilkan hidup yang berkelimpahan.
Hagelberg: Rm 16:26 - -- 16:26 tetapi yang sekarang telah dinyatakan, dan yang menurut perintah Allah yang abadi telah diberitakan oleh kitab-kitab para nabi kepada segala ba...
16:26 tetapi yang sekarang telah dinyatakan, dan yang menurut perintah Allah yang abadi telah diberitakan oleh kitab-kitab para nabi kepada segala bangsa untuk membimbing mereka kepada ketaatan iman.1022
Rahasia yang dikemukakan di atas dikembangkan dalam ayat ini. Rahasia itu telah dinyatakan. Rahasia itu telah diberitakan oleh kitab-kitab para nabi kepada segala bangsa, yaitu kepada mereka yang pada zaman ini diberikan kesempatan untuk percaya kepada Kristus dan menjadi anggota Tubuh Kristus. Penjangkauan buah pernyataan rahasia sangat luas, yaitu sampai ke ujung bumi. Penjangkauan yang luas itu adalah jauh lebih penting bilamana dibandingkan dengan masalah makanan dan minuman, yang adalah hal-hal yang enteng, kecil.1023
...untuk membimbing mereka kepada ketaatan iman -
Zaman ini orang dari seluruh dunia diberi kesempatan untuk mentaati Injil Kristus. Oleh karena hanya iman saya yang diperintahkan oleh Injil Kristus, maka tujuan pernyataan rahasia disebut ketaatan iman, suatu tujuan yang telah disebut sebagai tujuan jabatan rasul yang dikaruniakan kepada Paulus (pasal 1:5).
Menurut pasal 6-8, iman yang merupakan ketaatan pada Injil dapat menghasilkan hidup yang berkelimpahan.
Hagelberg: Rm 16:27 - -- 16:27 bagi satu-satunya1024 Allah yang penuh hikmat, melalui Yesus Kristus: segala kemuliaan sampai selama-lamanya!1025 Amin.
Pernyataan rahasia yan...
16:27 bagi satu-satunya1024 Allah yang penuh hikmat, melalui Yesus Kristus: segala kemuliaan sampai selama-lamanya!1025 Amin.
Pernyataan rahasia yang disebut dalam pujian ini menyatakan hikmat Allah. Dia akan dipuji selama-lamanya oleh karena kasih karuniaNya yang menghasilkan iman dan hidup kepada segala bangsa.
Mari kita memuji Allah kita oleh karena Dia berkuasa untuk menguatkan kita melalui iman. Kita tidak usah memandang dan mempermasalahkan urusan kecil seperti makanan dan minuman.
Hagelberg: Rm 16:27 - -- 16:27 bagi satu-satunya1024 Allah yang penuh hikmat, melalui Yesus Kristus: segala kemuliaan sampai selama-lamanya!1025 Amin.
Pernyataan rahasia yan...
16:27 bagi satu-satunya1024 Allah yang penuh hikmat, melalui Yesus Kristus: segala kemuliaan sampai selama-lamanya!1025 Amin.
Pernyataan rahasia yang disebut dalam pujian ini menyatakan hikmat Allah. Dia akan dipuji selama-lamanya oleh karena kasih karuniaNya yang menghasilkan iman dan hidup kepada segala bangsa.
Mari kita memuji Allah kita oleh karena Dia berkuasa untuk menguatkan kita melalui iman. Kita tidak usah memandang dan mempermasalahkan urusan kecil seperti makanan dan minuman.