Teks -- Kisah Para Rasul 9:1-15 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Kis 9:3-19 - PERTOBATAN PAULUS.
Nas : Kis 9:3-19
Ayat Kis 9:3-9 mengisahkan pertobatan Paulus di jalan menuju
Damsyik (bd. Kis 22:3-16; 26:9-18). Bahwa pertobatannya terjadi di
ja...
Nas : Kis 9:3-19
Ayat Kis 9:3-9 mengisahkan pertobatan Paulus di jalan menuju Damsyik (bd. Kis 22:3-16; 26:9-18). Bahwa pertobatannya terjadi di jalan dan bukan kemudian di rumah Yudas (ayat Kis 9:11) jelas dari yang berikut:
- 1) Paulus menaati perintah Kristus (ayat Kis 9:6; 22:10; 26:15-19), menyerahkan dirinya untuk menjadi "pelayan ... dan saksi" Injil (Kis 26:16) serta utusan Injil kepada orang-orang bukan Yahudi (Kis 26:17-19) dan bertekun dalam doa (ayat Kis 9:11).
- 2) Paulus disebut "Saulus saudaraku" oleh Ananias (ayat Kis 9:17).
Ananias sudah menganggap Paulus sebagai orang yang sudah mengalami
kelahiran baru (lih. Yoh 3:3-6), diserahkan kepada Kristus serta
misi Allah dan hanya perlu dibaptiskan, memperoleh kembali
penglihatannya, dan dipenuhi dengan Roh Kudus (ayat Kis 9:17-18;
lihat cat. --> Kis 9:17).
[atau ref. Kis 9:17]
Full Life: Kis 9:11 - IA SEKARANG BERDOA.
Nas : Kis 9:11
Setelah berjumpa dengan Yesus dan menerima Dia sebagai Tuhan dan
Mesias, Paulus berpuasa dan berdoa memohon bimbingan dengan sikap
p...
Nas : Kis 9:11
Setelah berjumpa dengan Yesus dan menerima Dia sebagai Tuhan dan Mesias, Paulus berpuasa dan berdoa memohon bimbingan dengan sikap penyerahan yang sepenuh hati kepada Allah. Iman yang menyelamatkan dan kelahiran baru sesudah itu akan selalu mengakibatkan orang percaya mencari persekutuan dengan Tuhan dan Juruselamat baru mereka.
Full Life: Kis 9:13 - ORANG-ORANG KUDUS-MU.
Nas : Kis 9:13
Orang percaya dalam PB disebut "orang-orang kudus" (bd.
Kis 26:10; Rom 1:7; 1Kor 1:2; Wahy 13:7; 19:8).
1) Pengertian dasar ist...
Nas : Kis 9:13
Orang percaya dalam PB disebut "orang-orang kudus" (bd. Kis 26:10; Rom 1:7; 1Kor 1:2; Wahy 13:7; 19:8).
- 1) Pengertian dasar istilah "orang kudus" (Yun. _hagios_) adalah
pemisahan dari dosa dan diperuntukkan bagi Allah. Dengan kata lain,
orang kudus adalah "orang yang dipisahkan untuk Allah" atau "orang suci
Allah". Hal ini berarti dipimpin dan dikuduskan oleh Roh Kudus
(Rom 8:14; 1Kor 6:11; 2Tes 2:13; 1Pet 1:2), dan berpaling dari dunia
untuk mengikut Yesus (Yoh 17:15-17;
lihat art. PENGUDUSAN).
Akan tetapi, istilah "orang kudus" tidak berarti bahwa orang percaya itu sudah sempurna atau tidak dapat berbuat dosa (bd. 1Yoh 2:1). - 2) Menyebut orang percaya "orang-orang berdosa yang sudah diselamatkan" bukan kebiasaan dalam PB. Sebagai istilah alkitabiah yang umum bagi semua orang percaya, maka "orang kudus" menekankan:
Jerusalem: Kis 9:1-19 - -- Peristiwa yang maha penting dalam sejarah Gereja ini oleh Lukas diceritakan sampai tiga kali. Perbedaan-perbedaan kecil yang nampak dalam ketiga cerit...
Peristiwa yang maha penting dalam sejarah Gereja ini oleh Lukas diceritakan sampai tiga kali. Perbedaan-perbedaan kecil yang nampak dalam ketiga cerita itu dapat dijelaskan oleh perbedaan jenis sastra yang dipakai: kedua cerita lain menjadi sebagian dari wejangan Paulus. Lihat juga Gal 1:12-17. Mungkin sekali peristiwa itu terjadi dalam tahun 36, kira-kira dua belas (menurut perhitungan dahulu: empat belas) tahun sebelum "konsili Yerusalem", Gal 2:1 dst; bdk Kis 15. Konsili itu diadakan dalam th. 49.
Jerusalem: Kis 9:2 - Jalan Tuhan Harafiah: jalan itu. Jalan berarti kelakuan manusia dan seperti halnya di sini, ajaran dan hidup jemaat Kristen. Istilah itu sudah terdapat dalam Perj...
Harafiah: jalan itu. Jalan berarti kelakuan manusia dan seperti halnya di sini, ajaran dan hidup jemaat Kristen. Istilah itu sudah terdapat dalam Perjanjian Lama, bdk Maz 1, tetapi dalam Perjanjian Baru artinya diperdalam. Sebab dalam Perjanjian Baru jalan itu berarti gaya hidup yang sesuai dengan gaya hidup Kristen, Mat 7:13-14; 22:16; 1Ko 4:17; 12:31; Ibr 9:8; 10:19-22; 1Pe 2:2. Yesus menyebut diriNya "jalan", Yoh 14:6+. Hanya Kisah para rasul menggunakan istilah itu tanpa keterangan lebih jauh, Kis 18:25,26; 19:9,23; 22:4; 24:14,22
Jerusalem: Kis 9:2 - ke Yerusalem Pemerintah Roma membiarkan Imam Besar mempunyai wewenang atas semua anggota jemaat Yahudi, bahkan di luar negeri Palestina. Menurut 1Ma 15:21 Imam Bes...
Pemerintah Roma membiarkan Imam Besar mempunyai wewenang atas semua anggota jemaat Yahudi, bahkan di luar negeri Palestina. Menurut 1Ma 15:21 Imam Besar bahkan berhak menuntut bahwa orang Yahudi yang bersalah diserahkan kepadanya.
Jerusalem: Kis 9:4 - Saulus Naskah Yunani berbunyi: Saul, ialah bentuk Aram ("Ibrani"), Kis 26:14, dari nama Saulus.
Naskah Yunani berbunyi: Saul, ialah bentuk Aram ("Ibrani"), Kis 26:14, dari nama Saulus.
Jerusalem: Kis 9:5 - yang kauaniaya Apa yang dilakukan orang pada seorang murid oleh karena Nama Yesus sendiri, Mat 10:40+.
Apa yang dilakukan orang pada seorang murid oleh karena Nama Yesus sendiri, Mat 10:40+.
Jerusalem: Kis 9:12 - dan dalam suatu penglihatan ia melihat Sejumlah naskah tidak memuat kalimat ini. Paulus dan Ananias mendapat Wahyu yang sama. Kis 10:11 dst; Kis 10:30 dst.
Jerusalem: Kis 9:13 - orang-orang kudusMu Allahlah yang sungguh-sungguh kudus, Yes 6:3. Tetapi mereka yang membaktikan diri kepada ibadahNya juga dapat dikatakan kudus, Ima 17:1. Ini juga ditr...
Allahlah yang sungguh-sungguh kudus, Yes 6:3. Tetapi mereka yang membaktikan diri kepada ibadahNya juga dapat dikatakan kudus, Ima 17:1. Ini juga ditrapkan pada umat Israel, Kel 19:6, dan khusus pada jemaat di zaman Mesias, Dan 7:18. Kemudian istilah itu khususnya mengenai orang-orang Kristen yang merupakan "umat kudus" yang baru, 1Pe 2:5,9. Oleh pentahbisan dalam baptisan Efe 5:26 dst, mereka terpanggil, Rom 1:7; 1Ko 1:2; Efe 1:4; 2Ti 1:9; Mat 3:1, untuk hidup secara kudus, 1Ko 7:34; Efe 1:4; 5:3; Kol 1:22, yang membuat mereka menjadi kudus seperti Allah, 1Pe 1:15 dst; bdk 1Yo 3:3, dan seperti Yesus, Yang Kudus dari Allah. Mar 1:24+, sebab kekudusan dikerjakan oleh Allah, 1Te 4:3+; 1Te 5:23. Lama kelamaan istilah "orang-orang kudus" menjadi lazim untuk menyebut jemaat Kristen, lebih dahulu jemaat di Palestina, Kis 9:13,32,41; Rom 15:26,31; 1Ko 16:1,15; 2Ko 8:4; 9:1,12, dan kemudian semua jemaat, Rom 8:27; 12:13; 16:2,15; 1Ko 6:1 dst; Kis 14:28; 2Ko 13:12; Efe 1:15; 3:18; 4:12; 6:18; Fili 4:21 dst; Kol 1:4; 1Ti 5:10; File 5,7; Ibr 6:10; 13:24; Yud 3 (bdk alamat surat-surat, 2Ko 1:1, dll). Dalam Wah 5:8; 8:3 dll, istilah tsb mengenai para martir. Boleh jadi istilah itu terbatas artinya, sehingga mengenai para pemimpin, para "rasul dan nabi", Efe 3:5 dan Kol 1:26; Efe 3:8; 4:12; Wah 18:20. Akhirnya, seperti sudah halnya dalam Perjanjian Lama. Ayu 5:1, istilah itu dapat ditrapkan pada para malaikat, Mar 8:38; Luk 9:26; Kis 10:22; Yud 14; Wah 14:10. Adakalanya sukar memastikan apakah istilah "orang-orang kudus" berkata tentang para malaikat atau tentang manusia yang sudah dimuliakan, Efe 1:18; Kol 1:12+; 1Te 3:13; 2Te 1:10.
Jerusalem: Kis 9:15 - orang-orang Israel Bdk Yer 1:10 Paulus diutus kepada semua manusia, Kis 22:15, kepada bangsa-bangsa bukan Yahudi, Kis 26:17, hal mana sesuai dengan apa yang ditulis Paul...
Bdk Yer 1:10 Paulus diutus kepada semua manusia, Kis 22:15, kepada bangsa-bangsa bukan Yahudi, Kis 26:17, hal mana sesuai dengan apa yang ditulis Paulus sendiri dalam Gal 1:16; bdk Rom 1:5; 11:13; 15:16-18; Gal 2:2,8,9; Efe 3:8; Kol 1:27; 1Ti 2:7. Mengenai "raja-raja" bdk Kis 26:2+.
Ende: Kis 9:2 - Djalan Dalam bahasa Perdjandjian Lama istilah "djalan" digunakan dalam
arti: tjara hidup jang ditetapkan Allah untuk mengabdi kepadaNja dan jang harus
ditemp...
Dalam bahasa Perdjandjian Lama istilah "djalan" digunakan dalam arti: tjara hidup jang ditetapkan Allah untuk mengabdi kepadaNja dan jang harus ditempuh untuk dapat "dibenarkan" oleh Allah. Penundjuk djalan bagi orang Jahudi ialah taurat dan adat-istiadat jang didasarkan mereka pada taurat.
Dalam Yoh 14:6 Jesus menamakan Dirinja "djalan". Tentu dalam arti penundjuk djalan jang djedjaknja harus diikuti. Ibr 10:19-20 menerangkan bahwa Kristus telah membuka dengan DarahNja djalan kehadirat Allah bagi kita, jaitu djalan masuk Rumah-Kudus Allah disurga, dan menamakannja
Ende: Kis 9:2 - djalan baru dan hidup Tentu dimaksudkan Indjil Kristus jang menghidupkan.
Dalam Kis. Ras. seperti dalam Kis 9:2 ini, Kis 18:25 dan lain-lain,
artinja "djalan" sama dengan "...
Tentu dimaksudkan Indjil Kristus jang menghidupkan. Dalam Kis. Ras. seperti dalam Kis 9:2 ini, Kis 18:25 dan lain-lain, artinja "djalan" sama dengan "agama", namun kami tetap menterdjemahkannja dengan "djalan" karena tjoraknja jang chas. Tjoraknja ini terang pada Paulus, jang menamakan praktek hidup keagamaan "berdjalan", dan kegiatan hidup itu "berlari" atau "berlomba".
Ref. Silang FULL: Kis 9:2 - di Damsyik // Jalan Tuhan · di Damsyik: Yes 17:1; Yer 49:23
· Jalan Tuhan: Kis 19:9,23; 22:4; 24:14,22
· di Damsyik: Yes 17:1; Yer 49:23
· Jalan Tuhan: Kis 19:9,23; 22:4; 24:14,22
· mengelilingi dia: 1Kor 15:8
Ref. Silang FULL: Kis 9:7 - suara itu // seorang jugapun · suara itu: Yoh 12:29
· seorang jugapun: Dan 10:7
Ref. Silang FULL: Kis 9:10 - suatu penglihatan · suatu penglihatan: Kis 10:3,17,19; 12:9; 16:9,10; 18:9
· suatu penglihatan: Kis 10:3,17,19; 12:9; 16:9,10; 18:9
· dari Tarsus: Kis 9:30; Kis 11:25; 21:39; 22:3
Ref. Silang FULL: Kis 9:13 - orang-orang kudus-Mu // di Yerusalem · orang-orang kudus-Mu: Kis 9:32; Kis 26:10; Rom 1:7; 15:25,26,31; 16:2,15; Ef 1:1; Fili 1:1
· di Yerusalem: Kis 8:3; Kis 8:3
Ref. Silang FULL: Kis 9:14 - imam-imam kepala // memanggil nama-Mu · imam-imam kepala: Kis 9:2,21
· memanggil nama-Mu: Kis 2:21; Kis 2:21
· imam-imam kepala: Kis 9:2,21
Ref. Silang FULL: Kis 9:15 - alat pilihan // bangsa-bangsa lain // serta raja-raja · alat pilihan: Kis 13:2; Rom 1:1; Gal 1:15; 1Tim 1:12
· bangsa-bangsa lain: Rom 11:13; 15:15,16; Gal 1:16; 2:7,8
· serta raja-ra...
· alat pilihan: Kis 13:2; Rom 1:1; Gal 1:15; 1Tim 1:12
· bangsa-bangsa lain: Rom 11:13; 15:15,16; Gal 1:16; 2:7,8
· serta raja-raja: Kis 25:22,23; 26:1