kecilkan semua  

Teks -- Wahyu 9:1-17 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Sangkakala yang kelima
9:1 Lalu malaikat yang kelima meniup sangkakalanya, dan aku melihat sebuah bintang yang jatuh dari langit ke atas bumi, dan kepadanya diberikan anak kunci lobang jurang maut. 9:2 Maka dibukanyalah pintu lobang jurang maut itu, lalu naiklah asap dari lobang itu bagaikan asap tanur besar, dan matahari dan angkasa menjadi gelap oleh asap lobang itu. 9:3 Dan dari asap itu berkeluaranlah belalang-belalang ke atas bumi dan kepada mereka diberikan kuasa sama seperti kuasa kalajengking-kalajengking di bumi. 9:4 Dan kepada mereka dipesankan, supaya mereka jangan merusakkan rumput-rumput di bumi atau tumbuh-tumbuhan ataupun pohon-pohon, melainkan hanya manusia yang tidak memakai meterai Allah di dahinya. 9:5 Dan mereka diperkenankan bukan untuk membunuh manusia, melainkan hanya untuk menyiksa mereka lima bulan lamanya, dan siksaan itu seperti siksaan kalajengking, apabila ia menyengat manusia. 9:6 Dan pada masa itu orang-orang akan mencari maut, tetapi mereka tidak akan menemukannya, dan mereka akan ingin mati, tetapi maut lari dari mereka. 9:7 Dan rupa belalang-belalang itu sama seperti kuda yang disiapkan untuk peperangan, dan di atas kepala mereka ada sesuatu yang menyerupai mahkota emas, dan muka mereka sama seperti muka manusia, 9:8 dan rambut mereka sama seperti rambut perempuan dan gigi mereka sama seperti gigi singa, 9:9 dan dada mereka sama seperti baju zirah, dan bunyi sayap mereka bagaikan bunyi kereta-kereta yang ditarik banyak kuda, yang sedang lari ke medan peperangan. 9:10 Dan ekor mereka sama seperti kalajengking dan ada sengatnya, dan di dalam ekor mereka itu terdapat kuasa mereka untuk menyakiti manusia, lima bulan lamanya. 9:11 Dan raja yang memerintah mereka ialah malaikat jurang maut; namanya dalam bahasa Ibrani ialah Abadon dan dalam bahasa Yunani ialah Apolion. 9:12 Celaka yang pertama sudah lewat. Sekarang akan menyusul dua celaka lagi.
Sangkakala yang keenam
9:13 Lalu malaikat yang keenam meniup sangkakalanya, dan aku mendengar suatu suara keluar dari keempat tanduk mezbah emas yang di hadapan Allah, 9:14 dan berkata kepada malaikat yang keenam yang memegang sangkakala itu: "Lepaskanlah keempat malaikat yang terikat dekat sungai besar Efrat itu." 9:15 Maka dilepaskanlah keempat malaikat yang telah disiapkan bagi jam dan hari, bulan dan tahun untuk membunuh sepertiga dari umat manusia. 9:16 Dan jumlah tentara itu ialah dua puluh ribu laksa pasukan berkuda; aku mendengar jumlah mereka. 9:17 Maka demikianlah aku melihat dalam penglihatan ini kuda-kuda dan orang-orang yang menungganginya; mereka memakai baju zirah, merah api dan biru dan kuning belerang warnanya; kepala kuda-kuda itu sama seperti kepala singa, dan dari mulutnya keluar api, dan asap dan belerang.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Abadon the king (or messenger) of the abyss
 · Apolion the King of the Abyss
 · Efrat a large river which joins the Tigris river before flowing into the Persian Gulf,a river flowing from eastern Turkey to the Persian Gulf


Topik/Tema Kamus: Wahyu | Lihat, Penglihatan | Tulah | Malaikat | Kalajengking | Air Di Bawah | Baju Zirah, Tutup Dada | Belalang | Tentara | Mezbah Pembakaran Ukupan | Putus Asa | Rumput | Senjata Untuk Berperang | Meterai, Dimeteraikan Dengan Roh Kudus | Besi | Efrat | Apolion | Gelar Dan Nama Yang Diberikan; Kepada Iblis | Kereta | Matahari | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Why 9:1 - SEBUAH BINTANG ... LOBANG JURANG MAUT. Nas : Wahy 9:1 Bintang yang jatuh dari langit ini barangkali seorang malaikat yang melaksanakan hukuman Allah. Bintang ini disebut dengan "ia" pada...

Nas : Wahy 9:1

Bintang yang jatuh dari langit ini barangkali seorang malaikat yang melaksanakan hukuman Allah. Bintang ini disebut dengan "ia" pada ayat Wahy 9:2 (versi Inggris NIV). Lobang jurang maut menjadi tempat untuk memenjarakan roh-roh jahat (bd. Wahy 11:7; 17:8; 20:1,3; 2Pet 2:4; Yud 1:6). Binatang, yaitu antikristus, yang keluar dari lobang jurang maut (Wahy 11:7), dan Iblis akan dipenjarakan di sana selama seribu tahun (Wahy 20:3).

Full Life: Why 9:3 - BERKELUARANLAH BELALANG-BELALANG. Nas : Wahy 9:3 Belalang-belalang ini melambangkan roh-roh jahat yang bertambah jumlahnya dan kegiatan roh jahat yang dilepaskan di atas bumi menjel...

Nas : Wahy 9:3

Belalang-belalang ini melambangkan roh-roh jahat yang bertambah jumlahnya dan kegiatan roh jahat yang dilepaskan di atas bumi menjelang akhir sejarah

(lihat cat. --> Wahy 9:1 sebelumnya;

lihat cat. --> Mat 25:41

[atau ref. Wahy 9:1; Mat 25:41]

mengenai malaikat-malaikat yang jatuh). Mereka memiliki kuasa kalajengking untuk menyebabkan kesakitan dan kesengsaraan (ayat Wahy 9:10). Serangan mereka diarahkan kepada orang-orang fasik di bumi untuk lima bulan lamanya (ayat Wahy 9:5,10), sekalipun mereka tidak diizinkan untuk menyiksa orang percaya (ayat Wahy 9:4).

Full Life: Why 9:6 - MENCARI MAUT, TETAPI MEREKA TIDAK AKAN MENEMUKANNYA. Nas : Wahy 9:6 Kesakitan yang terjadi karena belalang-belalang roh jahat itu akan sedemikian parah sehingga orang akan ingin mati saja, tetapi tida...

Nas : Wahy 9:6

Kesakitan yang terjadi karena belalang-belalang roh jahat itu akan sedemikian parah sehingga orang akan ingin mati saja, tetapi tidak bisa. Hukuman ini menyatakan

  1. (1) bahwa kejahatan dan sikap tidak mau bertobat pasti akan menerima ganjaran ilahi

    (lihat cat. --> Rom 1:18), dan

    [atau ref. Rom 1:18]

  2. (2) bahwa apabila orang melawan Allah dan kebenaran-Nya serta mencari kejahatan, maka mereka akan menjadi mangsa roh-roh jahat. Kekuatan-kekuatan kejahatan akan memiliki sifat, jiwa, dan kehidupan mereka

    (lihat cat. --> 1Tim 4:1;

    [atau ref. 1Tim 4:1]

    lihat art. KUASA ATAS IBLIS DAN SETAN-SETAN).

Full Life: Why 9:7 - RUPA BELALANG-BELALANG ITU SAMA SEPERTI KUDA. Nas : Wahy 9:7 Penampilan dan suara dari roh-roh jahat itu akan sangat mengerikan (ayat Wahy 9:7-9). "Baju zirah" mereka (ayat Wahy 9:9) barangkali...

Nas : Wahy 9:7

Penampilan dan suara dari roh-roh jahat itu akan sangat mengerikan (ayat Wahy 9:7-9). "Baju zirah" mereka (ayat Wahy 9:9) barangkali menunjukkan bahwa senjata-senjata buatan tangan manusia tidak dapat membinasakan mereka.

Full Life: Why 9:11 - RAJA YANG MEMERINTAH MEREKA. Nas : Wahy 9:11 Malaikat terkemuka dari belalang-belalang roh jahat ini disebut "Abadon" atau "Apolion" yang berarti Penghancur atau Kehancuran (bd...

Nas : Wahy 9:11

Malaikat terkemuka dari belalang-belalang roh jahat ini disebut "Abadon" atau "Apolion" yang berarti Penghancur atau Kehancuran (bd. Ayub 26:6; Ams 15:11).

Full Life: Why 9:14 - LEPASKANLAH KEEMPAT MALAIKAT. Nas : Wahy 9:14 Malaikat yang keenam melepaskan empat malaikat; pastilah malaikat-malaikat ini jahat atau roh-roh jahat, karena malaikat kudus tida...

Nas : Wahy 9:14

Malaikat yang keenam melepaskan empat malaikat; pastilah malaikat-malaikat ini jahat atau roh-roh jahat, karena malaikat kudus tidak terikat. Mereka dilepaskan untuk membunuh sepertiga penduduk dunia (ayat Wahy 9:15) Mereka dilepaskan dari sungai Efrat, karena dalam sejarah PL daerah Efrat melambangkan serangan militer yang dipakai Allah untuk mendatangkan hukuman (bd. Yes 8:5-8; 10:5-7).

Full Life: Why 9:16 - DUA PULUH RIBU LAKSA. Nas : Wahy 9:16 Para penafsir Alkitab bersilang pendapat cukup tajam dalam mengartikan dua puluh ribu laksa pasukan berkuda ini. 1) Sebagian o...

Nas : Wahy 9:16

Para penafsir Alkitab bersilang pendapat cukup tajam dalam mengartikan dua puluh ribu laksa pasukan berkuda ini.

  1. 1) Sebagian orang mengatakan bahwa pasukan itu melambangkan roh-roh jahat serupa setan dari lobang jurang maut di bawah pimpinan empat malaikat itu (ayat Wahy 9:14;

    lihat cat. --> Wahy 9:3).

    [atau ref. Wahy 9:3]

  2. 2) Orang lainnya menganggap pasukan ini melambangkan banyak tentara yang berhimpun untuk berperang.

BIS: Why 9:1 - jurang maut jurang maut: Tempat jauh di bawah bumi di mana roh-roh jahat dipenjarakan sampai hari penghukumannya yang terakhir.

jurang maut: Tempat jauh di bawah bumi di mana roh-roh jahat dipenjarakan sampai hari penghukumannya yang terakhir.

Jerusalem: Why 4:1--16:21 - -- Dalam bab-bab ini dahulu Allah digambarkan duduk di atas takhtaNya di sorga diiringi isi sorga, bab 4. Kemudian pandangan merangkum dunia semesta yang...

Dalam bab-bab ini dahulu Allah digambarkan duduk di atas takhtaNya di sorga diiringi isi sorga, bab 4. Kemudian pandangan merangkum dunia semesta yang nasibnya diserahkan kepada Anak Domba. Ini dilambangkan oleh Kitab yang dimeterai, yang diserahkan kepada Anak Domba, bab 5. Lalu menyusullah berbagai penglihatan besar yang berupa lambang. Penglihatan-penglihatan itu, bab 6-16, menyiapkan "Hari Besar", yakni hari murka Allah menimpa para penganiaya, bab 17-19.

Jerusalem: Why 6:1--9:21 - -- Bab-bab ini merupakan suatu keseluruhan. Anak Domba membuka masing-masing meterai kitab itu, Wah 6:1-8:1, dan ditiuplah masing-masing sangkakala, Wah ...

Bab-bab ini merupakan suatu keseluruhan. Anak Domba membuka masing-masing meterai kitab itu, Wah 6:1-8:1, dan ditiuplah masing-masing sangkakala, Wah 8:2-9, lalu ada penglihatan-penglihatan mengenai kejadian-kejadian yang memberitakan dan menyiapkan kemusnahan negara Roma, yang melambangkan segala musuh Allah. Bdk Mat 24 dsj.

Jerusalem: Why 9:1 - bintang Bintang itu melambangkan seorang malaikat yang berdosa, barangkali Iblis sendiri, bdk Wah 9:11; dan Luk 10:18

Bintang itu melambangkan seorang malaikat yang berdosa, barangkali Iblis sendiri, bdk Wah 9:11; dan Luk 10:18

Jerusalem: Why 9:1 - jurang-maut Yaitu tempat kurungan roh-roh (malaikat-malaikat) jahat tempat mereka menunggu hukumannya yang terakhir, bdk Wah 11:7; 17:8; dll. Seorang malaikat mem...

Yaitu tempat kurungan roh-roh (malaikat-malaikat) jahat tempat mereka menunggu hukumannya yang terakhir, bdk Wah 11:7; 17:8; dll. Seorang malaikat membuka tempat itu.

Jerusalem: Why 9:3 - belalang-belalang Penyerbuan belalang-belalang ini diinspirasikan Yoe 1-2. Orang-orang Yahudi sudah mengetrapkan Yoe 1-2 pada kejadian-kejadian historis (menurut Hieron...

Penyerbuan belalang-belalang ini diinspirasikan Yoe 1-2. Orang-orang Yahudi sudah mengetrapkan Yoe 1-2 pada kejadian-kejadian historis (menurut Hieronimus). Empat rombongan belalang itu mengibaratkan (menurut orang-orang Yahudi) empat penyerbuan berturut-turut yaitu: penyerbuan dari pihak Asyur, dari pihak orang Parsi, orang Yunani dan orang Romawi, bdk Yer 51:27. Dalam Wahyu penyerbuan belalang-belalang menyiksa manusia tetapi tidak mematikannya, maka penyerbuannya kadang-kadang diartikan sebagai lambang siksaan rohani yang didatangkan setan-setan.

Jerusalem: Why 9:4 - tumbuh-tumbuhan ataupun pohon-pohon Ini barangkali melambangkan kaum beriman yang terluput, bdk Wah 7:1 dst.

Ini barangkali melambangkan kaum beriman yang terluput, bdk Wah 7:1 dst.

Jerusalem: Why 9:11 - -- Nama Ibrani Abadon dan Yunani Apolion berarti: pemusnah.

Nama Ibrani Abadon dan Yunani Apolion berarti: pemusnah.

Jerusalem: Why 9:13 - suara Suara itu memberitahukan hukuman orang-orang yang tidak mau percaya; hukuman itu menyusul doa para martir yang disebutkan dalam Wah 6:9,10 (bdk Wah 8:...

Suara itu memberitahukan hukuman orang-orang yang tidak mau percaya; hukuman itu menyusul doa para martir yang disebutkan dalam Wah 6:9,10 (bdk Wah 8:2 dst).

Jerusalem: Why 9:14 - -- Daerah di sebelah timur sungai Efrat diduduki orang-orang Partia. Pasukan berkuda mereka tampil dalam Wah 6:2+.

Daerah di sebelah timur sungai Efrat diduduki orang-orang Partia. Pasukan berkuda mereka tampil dalam Wah 6:2+.

Ende: Why 9:1 - Bintang jang gugur Jang dimaksudkan agaknja setan.

Jang dimaksudkan agaknja setan.

Ende: Why 9:3 - -- Belalang-belalang jang aneh bentuknja dan sifatnja sebagai kaladjengking tentu melambangkan roh-roh jang djahat.

Belalang-belalang jang aneh bentuknja dan sifatnja sebagai kaladjengking tentu melambangkan roh-roh jang djahat.

Ende: Why 9:4 - -- Pesanan itu datang dari pihak Allah, jang membiarkan tetapi tetap tahu membatasi kuasa kedjahatan.

Pesanan itu datang dari pihak Allah, jang membiarkan tetapi tetap tahu membatasi kuasa kedjahatan.

Ende: Why 9:10 - Lima bulan lamanja maksudnja suatu djangka waktu terbatas.

maksudnja suatu djangka waktu terbatas.

Ende: Why 9:11 - Malaekat disini berarti utusan atau pesuruh. Namanja berarti "pemusna".

disini berarti utusan atau pesuruh. Namanja berarti "pemusna".

Ref. Silang FULL: Why 9:1 - atas bumi // anak kunci // jurang maut · atas bumi: Wahy 8:10 · anak kunci: Wahy 1:18 · jurang maut: Wahy 9:2,11; Luk 8:31; Luk 8:31

· atas bumi: Wahy 8:10

· anak kunci: Wahy 1:18

· jurang maut: Wahy 9:2,11; Luk 8:31; [Lihat FULL. Luk 8:31]

Ref. Silang FULL: Why 9:2 - asap tanur // menjadi gelap // asap lobang · asap tanur: Kej 19:28; Kel 19:18 · menjadi gelap: Yoel 2:2,10 · asap lobang: Wahy 9:1,11; Luk 8:31; Luk 8:31

· asap tanur: Kej 19:28; Kel 19:18

· menjadi gelap: Yoel 2:2,10

· asap lobang: Wahy 9:1,11; Luk 8:31; [Lihat FULL. Luk 8:31]

Ref. Silang FULL: Why 9:3 - berkeluaranlah belalang-belalang // kuasa kalajengking-kalajengking · berkeluaranlah belalang-belalang: Kel 10:12-15 · kuasa kalajengking-kalajengking: Wahy 9:5,10

· berkeluaranlah belalang-belalang: Kel 10:12-15

· kuasa kalajengking-kalajengking: Wahy 9:5,10

Ref. Silang FULL: Why 9:4 - jangan merusakkan // ataupun pohon-pohon // di dahinya · jangan merusakkan: Wahy 6:6; Wahy 6:6 · ataupun pohon-pohon: Wahy 8:7 · di dahinya: Wahy 7:2,3; Wahy 7:2; Wahy 7:3

· jangan merusakkan: Wahy 6:6; [Lihat FULL. Wahy 6:6]

· ataupun pohon-pohon: Wahy 8:7

· di dahinya: Wahy 7:2,3; [Lihat FULL. Wahy 7:2]; [Lihat FULL. Wahy 7:3]

Ref. Silang FULL: Why 9:5 - lima bulan // siksaan kalajengking · lima bulan: Wahy 9:10 · siksaan kalajengking: Wahy 9:3

· lima bulan: Wahy 9:10

· siksaan kalajengking: Wahy 9:3

Ref. Silang FULL: Why 9:6 - dari mereka · dari mereka: Ayub 3:21; 7:15; Yer 8:3; Wahy 6:16

· dari mereka: Ayub 3:21; 7:15; Yer 8:3; Wahy 6:16

Ref. Silang FULL: Why 9:7 - untuk peperangan // muka manusia · untuk peperangan: Yoel 2:4 · muka manusia: Dan 7:8

· untuk peperangan: Yoel 2:4

· muka manusia: Dan 7:8

Ref. Silang FULL: Why 9:8 - gigi singa · gigi singa: Yoel 1:6

· gigi singa: Yoel 1:6

Ref. Silang FULL: Why 9:9 - medan peperangan · medan peperangan: Yoel 2:5

· medan peperangan: Yoel 2:5

Ref. Silang FULL: Why 9:10 - lima bulan · lima bulan: Wahy 9:3,5,19

· lima bulan: Wahy 9:3,5,19

Ref. Silang FULL: Why 9:11 - jurang maut // bahasa Ibrani // ialah Abadon · jurang maut: Wahy 9:1,2; Luk 8:31; Luk 8:31 · bahasa Ibrani: Wahy 16:16 · ialah Abadon: Ayub 26:6; 28:22; 31:12; Mazm 88:12

· jurang maut: Wahy 9:1,2; Luk 8:31; [Lihat FULL. Luk 8:31]

· bahasa Ibrani: Wahy 16:16

· ialah Abadon: Ayub 26:6; 28:22; 31:12; Mazm 88:12

Ref. Silang FULL: Why 9:12 - akan menyusul · akan menyusul: Wahy 8:13; Wahy 8:13

· akan menyusul: Wahy 8:13; [Lihat FULL. Wahy 8:13]

Ref. Silang FULL: Why 9:13 - keempat tanduk // hadapan Allah · keempat tanduk: Kel 30:1-3 · hadapan Allah: Wahy 8:3

· keempat tanduk: Kel 30:1-3

· hadapan Allah: Wahy 8:3

Ref. Silang FULL: Why 9:14 - keempat malaikat // besar Efrat · keempat malaikat: Wahy 7:1 · besar Efrat: Kej 15:18; Ul 1:7; Yos 1:4; Yes 11:15; Wahy 16:12

· keempat malaikat: Wahy 7:1

· besar Efrat: Kej 15:18; Ul 1:7; Yos 1:4; Yes 11:15; Wahy 16:12

Ref. Silang FULL: Why 9:15 - Maka dilepaskanlah // membunuh sepertiga // umat manusia · Maka dilepaskanlah: Wahy 20:7 · membunuh sepertiga: Wahy 8:7; Wahy 8:7 · umat manusia: Wahy 9:18

· Maka dilepaskanlah: Wahy 20:7

· membunuh sepertiga: Wahy 8:7; [Lihat FULL. Wahy 8:7]

· umat manusia: Wahy 9:18

Ref. Silang FULL: Why 9:16 - mendengar jumlah · mendengar jumlah: Wahy 5:11; 7:4

· mendengar jumlah: Wahy 5:11; 7:4

Ref. Silang FULL: Why 9:17 - dari mulutnya // dan belerang · dari mulutnya: Wahy 11:5 · dan belerang: Wahy 9:18; Mazm 11:6; Yes 30:33; Yeh 38:22; Wahy 14:10; 19:20; 20:10; 21:8

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Why 9:1 - -- 9:1 Lalu malaikat yang kelima meniup sangkakalanya, dan aku melihat sebuah bintang yang jatuh dari langit ke atas bumi, dan kepadanya diberikan anak k...

9:1 Lalu malaikat yang kelima meniup sangkakalanya, dan aku melihat sebuah bintang yang jatuh dari langit ke atas bumi, dan kepadanya diberikan anak kunci lubang jurang maut363.

Identitas dari dia yang dilambangkan sebagai sebuah bintang yang jatuh dari langit ke atas bumi sulit dipastikan. Mungkin dia sama dengan malaikat yang menangkap Iblis, mengikatnya, dan melemparkannya ke dalam jurang maut (Wahyu 20:1-3). Mungkin dia salah satu malaikat yang diseret oleh ekor naga itu (Wahyu 12:4). Mungkin dia Iblis sendiri, dan nas ini mirip Lukas 10:17 ("Aku melihat Iblis jatuh seperti kilat dari langit"). Memang malaikat dapat dilambangkan sebagai bintang, seperti dalam Hakim-hakim 5:20 dan Ayub 38:7.

Hagelberg: Why 8:7--11:19 - -- 2. Ketujuh Sangkakala (8:7-11:19) Beasley-Murray356 menguraikan bahwa hukuman ketujuh sangkakala sejajar dengan kesepuluh tulah dalam Keluaran 7-11. H...

2. Ketujuh Sangkakala (8:7-11:19)

Beasley-Murray356 menguraikan bahwa hukuman ketujuh sangkakala sejajar dengan kesepuluh tulah dalam Keluaran 7-11. Hubungan tersebut diuraikan dalam pembahasan nas masing-masing.

a. Keempat Sangkakala Pertama (8:7-12)

Sama seperti keempat segel yang pertama menjadi satu kelompok, demikian juga keempat sangkakala yang pertama menjadi satu kelompok.357

Hukuman-hukuman ini penuh dengan hal yang aneh. Rincian-rinciannya sebaiknya ditafsirkan secara harfiah asal arti harfiah itu masuk akal. Misalnya, dalam 8:10 ada sebuah "bintang besar" yang menimpa bumi. Tidak mungkin ini ditafsirkan secara harfiah, karena bintang beribu-ribu kali lebih besar dari bumi ini. Hal ini merupakan suatu kiasan yang menggambarkan peristiwa yang sangat dahsyat.

Hagelberg: Why 9:1 - -- 9:1 Lalu malaikat yang kelima meniup sangkakalanya, dan aku melihat sebuah bintang yang jatuh dari langit ke atas bumi, dan kepadanya diberikan anak k...

9:1 Lalu malaikat yang kelima meniup sangkakalanya, dan aku melihat sebuah bintang yang jatuh dari langit ke atas bumi, dan kepadanya diberikan anak kunci lubang jurang maut363.

Identitas dari dia yang dilambangkan sebagai sebuah bintang yang jatuh dari langit ke atas bumi sulit dipastikan. Mungkin dia sama dengan malaikat yang menangkap Iblis, mengikatnya, dan melemparkannya ke dalam jurang maut (Wahyu 20:1-3). Mungkin dia salah satu malaikat yang diseret oleh ekor naga itu (Wahyu 12:4). Mungkin dia Iblis sendiri, dan nas ini mirip Lukas 10:17 ("Aku melihat Iblis jatuh seperti kilat dari langit"). Memang malaikat dapat dilambangkan sebagai bintang, seperti dalam Hakim-hakim 5:20 dan Ayub 38:7.

Hagelberg: Why 6:1--20:3 - -- B. Masa Kesengsaraan (6:1-20:3) Bentuk Bagian Ini Bentuk bagian yang mengisahkan masa kesengsaraan ini menarik. Ada tujuh segel, tujuh sangkakala, dan...

B. Masa Kesengsaraan (6:1-20:3)

Bentuk Bagian Ini

Bentuk bagian yang mengisahkan masa kesengsaraan ini menarik. Ada tujuh segel, tujuh sangkakala, dan tujuh cawan. (Mungkinkah Mazmur 79:12, yang berkata, "Dan balikkanlah ke atas pangkuan tetangga kami tujuh kali lipat cela yang telah didatangkan kepada-Mu, ya Tuhan!" melatarbelakangi hukuman tujuh segel, tujuh sangkakala, dan tujuh cawan?) Segel, sangkakala, dan cawan ini merupakan kerangka atau garis besar dari bagian ini. Enam segel itu dibuka Tuhan, disertai hukuman atas bumi. Lalu segel yang ketujuh terdiri dari tujuh sangkakala.299 Keenam sangkakala pertama diceritakan, lalu yang ketujuh terdiri dari tujuh cawan. Struktur ini menekankan dahsyatnya hukuman atas "mereka yang diam di bumi". Segel yang ketujuh merupakan ketujuh sangkakala, dan sangkakala yang ketujuh merupakan ketujuh cawan.300 Jadi, sesudah "yang diam di bumi" mengalami hukuman-hukuman dahsyat yang mulai dari segel yang pertama sampai dengan segel yang keenam, mungkin mereka akan berpikir, "Tinggal hanya satu hukuman lagi, bukankah ada tujuh segel?" Tetapi mereka akan heran, sebab yang "satu" lagi itu terdiri dari tujuh hukuman lagi, yang ditandai dengan tujuh sangkakala. Lalu, sesudah hukuman-hukuman dari enam sangkakala, mungkin mereka akan berpikir, "Akhirnya, hanya satu hukuman lagi..." tetapi mereka akan heran, karena yang "satu" lagi itu terdiri dari tujuh hukuman lagi, yang disebut tujuh cawan.301

Struktur ini menekankan betapa dahsyatnya hukuman-hukuman itu. Selain itu, ternyata segel, sangkakala, dan cawan menjadi garis besar, kerangka, atau "rantai" kisah ini. Selain "rantai kisah" ini ada beberapa hal lain yang juga disisipkan. Setiap "tambahan" ini juga merupakan dorongan untuk ketujuh jemaat itu.

Bagian ini menceritakan "Masa Kesengsaraan", yang merupakan "minggu" yang ke-70 dalam Kitab Daniel pasal 9, suatu masa yang berkelanjutan tujuh tahun. Di antara nas-nas yang lain, Amos 5:18-20 menceritakan kesengsaraan yang akan dialami umat Israel pada masa itu.

Menurut tafsiran lain, keenam segel dalam Wahyu 6 melambangkan masa ini, "zaman gereja", yang penuh dengan peperangan dan penderitaan seperti dikatakan di dalam Markus 13:5-13 ("Semua itu barulah permulaan penderitaan menjelang zaman baru").

Tetapi paham tersebut agak sulit diterima, kalau kita membaca 6:8, "Dan kepada mereka diberikan kuasa atas seperempat dari bumi untuk membunuh dengan pedang dan dengan kelaparan dan sampar, dan dengan binatang-binatang buas yang ada di bumi." Jadi kalau segel yang keempat dibuka, paling tidak kira-kira satu milyar orang akan dibunuh. Itu bukan zaman sekarang. Alasan lain berkaitan dengan permintaan Tuhan Yesus, yang disebutkan dalam Wahyu 5 dan Mazmur 2:8. Seandainya enam segel itu menceritakan keadaan kita dalam "zaman gereja", artinya gulungan kitab itu sudah diminta Tuhan, dan segel itu sedang dibuka. Dengan demikian, menurut tafsiran tersebut, pembukaan enam segel menghabiskan waktu 2000 tahun, tetapi tujuh sangkakala dan tujuh cawan hanya makan waktu kurang dari tiga tahun. Ini tidak mustahil, tetapi agak aneh.

Lebih baik, sesuai dengan dahsyatnya pembukaan segel dan kepentingan pengambilan gulungan kitab, pengambilan gulungan kitab dianggap permulaan Masa Kesengsaraan, dan pembukaan segel dianggap sebagai sebagian dari hukuman Allah atas "yang diam di bumi" pada Masa Kesengsaraan. Hukuman yang dahsyat harus mendahului pendirian Kerajaan Allah di bumi, sangat jelas dalam Amos 5:18-20 dan Yesaya 2:12-21.

Isi Bagian Ini

Dari segi isi (bukan bentuk), bagian ini ada kesamaannya dengan Markus 13 (juga Matius 24 dan Lukas 21), saat Tuhan Yesus bernubuat mengenai akhir zaman. Beasley-Murray302 mencatat kesamaan-kesamaan tersebut sebagai berikut:

Markus 13

Wahyu 6

1. Perang-perang

1. Perang-perang

2. Perselisihan inter-

nasional

2. Perselisihan inter-

nasional

3. Gempa bumi

3. Kelaparan

4. Kelaparan

4. Wabah/sampar

5. Penganiayaan

5. Penganiayaan

6. Gerhana, bintang

berjatuhan,

goncangan

kuasa-kuasa langit

6. Gempa bumi, gerhana,

bintang berjatuhan,

pembesar bersembunyi

di gua, langit menyusut

Hagelberg: Why 4:1--22:21 - -- III. Bagian Ketiga: \"... apa yang akan terjadi sesudah ini...\" (4:1-22:21) Dengan membandingkan Wahyu 1:19 ("Tuliskanlah... apa yang akan terjadi s...

III. Bagian Ketiga: \"... apa yang akan terjadi sesudah ini...\" (4:1-22:21)

Dengan membandingkan Wahyu 1:19 ("Tuliskanlah... apa yang akan terjadi sesudah ini") dan 4:1 ("Naiklah kemari dan Aku akan menunjuk kepadamu apa yang harus terjadi sesudah ini") kita mengetahui bahwa pasal 4 merupakan permulaan dari bagian ketiga. Bagian ketiga ini akan menceritakan "apa yang akan/harus terjadi sesudah" hal-hal mengenai ketujuh jemaat. Apa yang dibahas dalam pasal 1-3 sudah terjadi. Ketujuh jemaat itu sudah tidak ada lagi, sedangkan apa yang digambarkan dalam pasal 4-22 belum terjadi.

Fungsi bagian ini:

Memang Tuhan Yesus sudah menjanjikan pahala yang indah dan hebat kepada yang setia, kepada "barangsiapa yang menang", kepada "yang menuruti apa yang tertulis di dalam" Kitab Wahyu. Dalam bagian ketiga ini dibuktikan bahwa janji-janji itu bukan omong kosong, tetapi Dia mampu menggenapi janji-Nya, karena Dia akan mengalahkan musuh-Nya dan mendirikan Kerajaan-Nya. Juga, mereka yang menganiaya anggota jemaat Kristus akan dikalahkan oleh Raja atas segala raja, sehingga mereka yang dianiaya akan dihibur dan didorong untuk setia di dalam penganiayaan.

Struktur bagian ini:

Struktur bagian ini dapat dibagi ke dalam beberapa bagian, sebagai berikut:

Visi Takhta sebagai Pendahuluan, 4:1-5:14

Masa Kesengsaraan, 6:1-20:3

Kerajaan Seribu Tahun, 20:4-15

Yerusalem yang Baru, 21:1-22:5

Penjelasan Akhir dari Penglihatan, 22:6-17

Bagian Penutup dari Kitab, 22:18-21

Hagelberg: Why 9:2 - -- 9:2 Maka dibukanyalah pintu lubang jurang maut itu, lalu naiklah asap dari lubang itu bagaikan asap tanur besar, dan matahari dan angkasa menjadi gela...

9:2 Maka dibukanyalah pintu lubang jurang maut itu, lalu naiklah asap dari lubang itu bagaikan asap tanur besar, dan matahari dan angkasa menjadi gelap oleh asap lubang itu.

Adanya asap dari lubang itu bagaikan asap tanur besar maka dapat ditafsirkan bahwa lubang itu adalah tempat hukuman sementara, terlebih bila mengingat bahwa dalam Wahyu pasal 20:1-3 Iblis diikat di situ selama seribu tahun.

Sama seperti matahari dan bulan menjadi gelap karena belalang dalam Yoel 2:10, dalam Wahyu pasal 9:2 matahari dan angkasa menjadi gelap oleh asap lubang itu.

Hagelberg: Why 9:2 - -- 9:2 Maka dibukanyalah pintu lubang jurang maut itu, lalu naiklah asap dari lubang itu bagaikan asap tanur besar, dan matahari dan angkasa menjadi gela...

9:2 Maka dibukanyalah pintu lubang jurang maut itu, lalu naiklah asap dari lubang itu bagaikan asap tanur besar, dan matahari dan angkasa menjadi gelap oleh asap lubang itu.

Adanya asap dari lubang itu bagaikan asap tanur besar maka dapat ditafsirkan bahwa lubang itu adalah tempat hukuman sementara, terlebih bila mengingat bahwa dalam Wahyu pasal 20:1-3 Iblis diikat di situ selama seribu tahun.

Sama seperti matahari dan bulan menjadi gelap karena belalang dalam Yoel 2:10, dalam Wahyu pasal 9:2 matahari dan angkasa menjadi gelap oleh asap lubang itu.

Hagelberg: Why 9:3 - -- 9:3 Dan dari asap itu berkeluaranlah belalang-belalang ke atas bumi dan kepada mereka diberikan kuasa sama seperti kuasa kalajengking-kalajengking di ...

9:3 Dan dari asap itu berkeluaranlah belalang-belalang ke atas bumi dan kepada mereka diberikan kuasa sama seperti kuasa kalajengking-kalajengking di bumi.364

Malapetaka ini, sama seperti malapetaka sangkakala yang lain, ada kaitan dengan tulah di Mesir. Nas ini ada kesamaan dengan tulah belalang dalam Keluaran 10:1-20, tetapi kaitannya lebih erat lagi dengan Yoel 2:4-10.

Belalang datang dari padang gurun, mencari tempat pertanian. Mereka dapat datang dalam bentuk "barisan" yang lebarnya 30 meter dan yang panjangnya 6,5 kilometer. Ada satu peristiwa365 di mana 200.000 orang di Aljazair mati kelaparan pada tahun 1866, karena hasil panen dimakan belalang-belalang.

Pengalimatan ini, yaitu bahwa kepada mereka diberikan kuasa, sama seperti kata "kepadanya diberikan anak kunci" dalam pasal 9:1, dan "kepada mereka dipesankan" dalam pasal 9:4, mengingatkan pembaca bahwa walaupun pelakunya dari bawah, tetapi yang Mahakuasa mengatur malapetaka ini.366

Hagelberg: Why 9:3 - -- 9:3 Dan dari asap itu berkeluaranlah belalang-belalang ke atas bumi dan kepada mereka diberikan kuasa sama seperti kuasa kalajengking-kalajengking di ...

9:3 Dan dari asap itu berkeluaranlah belalang-belalang ke atas bumi dan kepada mereka diberikan kuasa sama seperti kuasa kalajengking-kalajengking di bumi.364

Malapetaka ini, sama seperti malapetaka sangkakala yang lain, ada kaitan dengan tulah di Mesir. Nas ini ada kesamaan dengan tulah belalang dalam Keluaran 10:1-20, tetapi kaitannya lebih erat lagi dengan Yoel 2:4-10.

Belalang datang dari padang gurun, mencari tempat pertanian. Mereka dapat datang dalam bentuk "barisan" yang lebarnya 30 meter dan yang panjangnya 6,5 kilometer. Ada satu peristiwa365 di mana 200.000 orang di Aljazair mati kelaparan pada tahun 1866, karena hasil panen dimakan belalang-belalang.

Pengalimatan ini, yaitu bahwa kepada mereka diberikan kuasa, sama seperti kata "kepadanya diberikan anak kunci" dalam pasal 9:1, dan "kepada mereka dipesankan" dalam pasal 9:4, mengingatkan pembaca bahwa walaupun pelakunya dari bawah, tetapi yang Mahakuasa mengatur malapetaka ini.366

Hagelberg: Why 9:4 - -- 9:4 Dan kepada mereka dipesankan, supaya mereka jangan merusakkan rumput-rumput di bumi atau tumbuh-tumbuhan ataupun pohon-pohon, melainkan hanya manu...

9:4 Dan kepada mereka dipesankan, supaya mereka jangan merusakkan rumput-rumput di bumi atau tumbuh-tumbuhan ataupun pohon-pohon, melainkan hanya manusia yang tidak memakai segel Allah di dahinya.367

Burung nasar itu mengucapkan "Celakalah mereka yang diam di atas bumi." Kesusahan yang dibawa oleh "belalang" ini ditujukan pada mereka yang tidak mau percaya kepada Tuhan Allah. Dalam Wahyu pasal 13:16 kita membaca bahwa mereka yang tidak memakai segel Allah di dahinya menerima suatu tanda yang lain di tangan atau di dahi mereka.

Belalang biasa merusak rumput-rumput dan tidak menyakiti manusia. Kecuali "belalang" ini.

Hagelberg: Why 9:4 - -- 9:4 Dan kepada mereka dipesankan, supaya mereka jangan merusakkan rumput-rumput di bumi atau tumbuh-tumbuhan ataupun pohon-pohon, melainkan hanya manu...

9:4 Dan kepada mereka dipesankan, supaya mereka jangan merusakkan rumput-rumput di bumi atau tumbuh-tumbuhan ataupun pohon-pohon, melainkan hanya manusia yang tidak memakai segel Allah di dahinya.367

Burung nasar itu mengucapkan "Celakalah mereka yang diam di atas bumi." Kesusahan yang dibawa oleh "belalang" ini ditujukan pada mereka yang tidak mau percaya kepada Tuhan Allah. Dalam Wahyu pasal 13:16 kita membaca bahwa mereka yang tidak memakai segel Allah di dahinya menerima suatu tanda yang lain di tangan atau di dahi mereka.

Belalang biasa merusak rumput-rumput dan tidak menyakiti manusia. Kecuali "belalang" ini.

Hagelberg: Why 9:5 - -- 9:5 Dan mereka diperkenankan bukan untuk membunuh manusia melainkan hanya untuk menyiksa mereka lima bulan lamanya, dan siksaan itu seperti siksaan ka...

9:5 Dan mereka diperkenankan bukan untuk membunuh manusia melainkan hanya untuk menyiksa mereka lima bulan lamanya, dan siksaan itu seperti siksaan kalajengking, apabila ia menyengat manusia.

Sungguh ngeri, malapetaka ini. Orang dewasa saja bila disengat kalajengking, sakitnya luar biasa, sekalipun biasanya dia tidak mati. Tetapi kalau kalajengking dapat terbang seperti belalang, dan jumlahnya banyak seperti belalang, dan kalau sakitnya berlangsung selama lima bulan, sungguh ngeri.

Ternyata selama musim kemarau di Kanaan, yang berlangsung lima bulan, kalajengking dapat merusak tumbuh-tumbuhan, tetapi belum tentu ada kaitannya dengan lima bulan dalam nas ini.368

Hagelberg: Why 9:5 - -- 9:5 Dan mereka diperkenankan bukan untuk membunuh manusia melainkan hanya untuk menyiksa mereka lima bulan lamanya, dan siksaan itu seperti siksaan ka...

9:5 Dan mereka diperkenankan bukan untuk membunuh manusia melainkan hanya untuk menyiksa mereka lima bulan lamanya, dan siksaan itu seperti siksaan kalajengking, apabila ia menyengat manusia.

Sungguh ngeri, malapetaka ini. Orang dewasa saja bila disengat kalajengking, sakitnya luar biasa, sekalipun biasanya dia tidak mati. Tetapi kalau kalajengking dapat terbang seperti belalang, dan jumlahnya banyak seperti belalang, dan kalau sakitnya berlangsung selama lima bulan, sungguh ngeri.

Ternyata selama musim kemarau di Kanaan, yang berlangsung lima bulan, kalajengking dapat merusak tumbuh-tumbuhan, tetapi belum tentu ada kaitannya dengan lima bulan dalam nas ini.368

Hagelberg: Why 9:6 - -- 9:6 Dan pada masa itu orang-orang akan mencari maut, tetapi mereka tidak akan menemukannya, dan mereka akan ingin mati, tetapi maut lari dari mereka. ...

9:6 Dan pada masa itu orang-orang akan mencari maut, tetapi mereka tidak akan menemukannya, dan mereka akan ingin mati, tetapi maut lari dari mereka.

Beratnya penderitaan yang mereka derita ditegaskan lewat pengulangan dalam ayat ini. Beberapa penafsir369 membandingkan keinginan mereka untuk mati (sehingga beralih dari penderitaan sementara ke penderitaan kekal!) dengan keinginan Rasul Paulus dalam Filipi 1:23, saat dia lebih menyukai maut, namun rela menerima hidup jasmani supaya dapat melayani mereka. Bagi orang beriman, hidup atau mati, sama-sama penuh dengan berkat.

Hagelberg: Why 9:6 - -- 9:6 Dan pada masa itu orang-orang akan mencari maut, tetapi mereka tidak akan menemukannya, dan mereka akan ingin mati, tetapi maut lari dari mereka. ...

9:6 Dan pada masa itu orang-orang akan mencari maut, tetapi mereka tidak akan menemukannya, dan mereka akan ingin mati, tetapi maut lari dari mereka.

Beratnya penderitaan yang mereka derita ditegaskan lewat pengulangan dalam ayat ini. Beberapa penafsir369 membandingkan keinginan mereka untuk mati (sehingga beralih dari penderitaan sementara ke penderitaan kekal!) dengan keinginan Rasul Paulus dalam Filipi 1:23, saat dia lebih menyukai maut, namun rela menerima hidup jasmani supaya dapat melayani mereka. Bagi orang beriman, hidup atau mati, sama-sama penuh dengan berkat.

Hagelberg: Why 9:7 - -- 9:7 Dan rupa belalang-belalang itu sama seperti kuda yang disiapkan untuk peperangan, dan di atas kepala mereka ada sesuatu yang menyerupai mahkota em...

9:7 Dan rupa belalang-belalang itu sama seperti kuda yang disiapkan untuk peperangan, dan di atas kepala mereka ada sesuatu yang menyerupai mahkota emas, dan muka mereka sama seperti muka manusia

Sisa dari "celaka" ini menggambarkan dahsyatnya rupa mereka. Dalam ayat ini sudah menjadi jelas bahwa yang dibahas bukan belalang-belalang yang luar biasa, tetapi setan-setan.

Sama seperti dalam Yoel 2:4, rupa belalang-belalang itu disamakan dengan kuda, mungkin karena bentuk kepala belalang mirip dengan bentuk kepala kuda, dan karena serangan dari barisan kuda perang mirip dengan serangan belalang-belalang itu.

Ada peribahasa Arab yang mengatakan bahwa belalang mempunyai kepala seperti kuda, dada seperti singa, kaki seperti unta, tubuh seperti ular dan piarit (serampang yang bermata dua) seperti rambut gadis.370 Belalang biasa tidak mempunyai apa-apa yang menyerupai mahkota emas, dan muka belalang sama sekali tidak seperti muka manusia. Dengan wajah seperti itu, ada kesan bahwa "belalang" ini mempunyai akal, dan bukan seperti serangga biasa.

Hagelberg: Why 9:7 - -- 9:7 Dan rupa belalang-belalang itu sama seperti kuda yang disiapkan untuk peperangan, dan di atas kepala mereka ada sesuatu yang menyerupai mahkota em...

9:7 Dan rupa belalang-belalang itu sama seperti kuda yang disiapkan untuk peperangan, dan di atas kepala mereka ada sesuatu yang menyerupai mahkota emas, dan muka mereka sama seperti muka manusia

Sisa dari "celaka" ini menggambarkan dahsyatnya rupa mereka. Dalam ayat ini sudah menjadi jelas bahwa yang dibahas bukan belalang-belalang yang luar biasa, tetapi setan-setan.

Sama seperti dalam Yoel 2:4, rupa belalang-belalang itu disamakan dengan kuda, mungkin karena bentuk kepala belalang mirip dengan bentuk kepala kuda, dan karena serangan dari barisan kuda perang mirip dengan serangan belalang-belalang itu.

Ada peribahasa Arab yang mengatakan bahwa belalang mempunyai kepala seperti kuda, dada seperti singa, kaki seperti unta, tubuh seperti ular dan piarit (serampang yang bermata dua) seperti rambut gadis.370 Belalang biasa tidak mempunyai apa-apa yang menyerupai mahkota emas, dan muka belalang sama sekali tidak seperti muka manusia. Dengan wajah seperti itu, ada kesan bahwa "belalang" ini mempunyai akal, dan bukan seperti serangga biasa.

Hagelberg: Why 9:8-9 - -- 9:8-9 dan rambut mereka sama seperti rambut perempuan dan gigi mereka sama seperti singa, dan dada mereka sama seperti baju zirah, dan bunyi sayap mer...

9:8-9 dan rambut mereka sama seperti rambut perempuan dan gigi mereka sama seperti singa, dan dada mereka sama seperti baju zirah, dan bunyi sayap mereka bagaikan bunyi kereta-kereta yang ditarik banyak kuda, yang sedang lari ke medan peperangan.

Zaman dahulu penafsir berkata bahwa rambut mereka yang sama seperti rambut perempuan melambangkan dosa seksual. Zaman ini penafsir mengaitkan rambut ini dengan piarit belalang atau dengan rambut panjang yang dipakai oleh pasukan Parthia yang menunggangi kuda.371

Dalam Yoel 1:6 gigi belalang disamakan dengan gigi singa. "Belalang" itu tidak dapat dilawan, bukan saja karena banyaknya, tetapi juga karena dada mereka sama seperti baju zirah. Mungkin pada zaman itu tidak ada bunyi yang lebih menakutkan selain bunyi kereta perang yang lari ke medan peperangan.

Hagelberg: Why 9:8-9 - -- 9:8-9 dan rambut mereka sama seperti rambut perempuan dan gigi mereka sama seperti singa, dan dada mereka sama seperti baju zirah, dan bunyi sayap mer...

9:8-9 dan rambut mereka sama seperti rambut perempuan dan gigi mereka sama seperti singa, dan dada mereka sama seperti baju zirah, dan bunyi sayap mereka bagaikan bunyi kereta-kereta yang ditarik banyak kuda, yang sedang lari ke medan peperangan.

Zaman dahulu penafsir berkata bahwa rambut mereka yang sama seperti rambut perempuan melambangkan dosa seksual. Zaman ini penafsir mengaitkan rambut ini dengan piarit belalang atau dengan rambut panjang yang dipakai oleh pasukan Parthia yang menunggangi kuda.371

Dalam Yoel 1:6 gigi belalang disamakan dengan gigi singa. "Belalang" itu tidak dapat dilawan, bukan saja karena banyaknya, tetapi juga karena dada mereka sama seperti baju zirah. Mungkin pada zaman itu tidak ada bunyi yang lebih menakutkan selain bunyi kereta perang yang lari ke medan peperangan.

Hagelberg: Why 9:10 - -- 9:10 Dan ekor mereka sama seperti kalajengking dan ada sengatnya, dan di dalam ekor mereka itu terdapat kuasa mereka untuk menyakiti manusia, lima bul...

9:10 Dan ekor mereka sama seperti kalajengking dan ada sengatnya, dan di dalam ekor mereka itu terdapat kuasa mereka untuk menyakiti manusia, lima bulan lamanya.

Dalam bagian ini rupa "belalang" itu diceritakan, maka Yohanes mengulangi penjelasan mengenai adanya kuasa sengatnya. Di dalam ayat ini kita mengerti bahwa sengat itu ada di ekornya, sama seperti kalajengking.

Hagelberg: Why 9:10 - -- 9:10 Dan ekor mereka sama seperti kalajengking dan ada sengatnya, dan di dalam ekor mereka itu terdapat kuasa mereka untuk menyakiti manusia, lima bul...

9:10 Dan ekor mereka sama seperti kalajengking dan ada sengatnya, dan di dalam ekor mereka itu terdapat kuasa mereka untuk menyakiti manusia, lima bulan lamanya.

Dalam bagian ini rupa "belalang" itu diceritakan, maka Yohanes mengulangi penjelasan mengenai adanya kuasa sengatnya. Di dalam ayat ini kita mengerti bahwa sengat itu ada di ekornya, sama seperti kalajengking.

Hagelberg: Why 9:11 - -- 9:11 Dan raja yang memerintah mereka ialah malaikat jurang maut; namanya dalam bahasa Ibrani ialah Abadon dan dalam bahasa Yunani ialah Apolion. "Bela...

9:11 Dan raja yang memerintah mereka ialah malaikat jurang maut; namanya dalam bahasa Ibrani ialah Abadon dan dalam bahasa Yunani ialah Apolion.

"Belalang" ini bukan merupakan belalang biasa, dan bukan belalang yang luar biasa. Mereka mempunyai raja, dan raja mereka bernama Abadon372 dan Apolion.373

Amsal 30:27, yang berbunyi, "belalang yang tidak mempunyai raja..." menceritakan belalang biasa, sedangkan nas ini menceritakan setan yang berupa "belalang" yang luar biasa, bahkan disamakan dengan seekor kalajengking!

Hagelberg: Why 9:11 - -- 9:11 Dan raja yang memerintah mereka ialah malaikat jurang maut; namanya dalam bahasa Ibrani ialah Abadon dan dalam bahasa Yunani ialah Apolion. "Bela...

9:11 Dan raja yang memerintah mereka ialah malaikat jurang maut; namanya dalam bahasa Ibrani ialah Abadon dan dalam bahasa Yunani ialah Apolion.

"Belalang" ini bukan merupakan belalang biasa, dan bukan belalang yang luar biasa. Mereka mempunyai raja, dan raja mereka bernama Abadon372 dan Apolion.373

Amsal 30:27, yang berbunyi, "belalang yang tidak mempunyai raja..." menceritakan belalang biasa, sedangkan nas ini menceritakan setan yang berupa "belalang" yang luar biasa, bahkan disamakan dengan seekor kalajengking!

Hagelberg: Why 9:12 - -- 9:12 Celaka yang pertama sudah lewat. Sekarang akan menyusul dua celaka lagi. Sesuai dengan apa yang diberitakan oleh burung nasar, masih ada celaka y...

9:12 Celaka yang pertama sudah lewat. Sekarang akan menyusul dua celaka lagi.

Sesuai dengan apa yang diberitakan oleh burung nasar, masih ada celaka yang kedua dan yang ketiga yang masih harus dijalankan. Celaka yang berikut, yaitu yang bersangkutan dengan sangkakala yang keenam, merupakan celaka yang kedua. Celaka yang ketiga tidak dapat disamakan dengan sangkakala yang ketujuh, karena sangkakala itu tidak disusuli hukuman, tetapi ketujuh cawan. Maka ketujuh cawan merupakan celaka yang ketiga.

ii. Sangkakala Keenam (9:13-21)

Dalam malapetaka sangkakala yang kelima, tidak ada yang meninggal, karena "belalang" itu hanya diberi kuasa untuk menyiksa. Dalam malapetaka yang berikut, sepertiga dari manusia meninggal!

Hagelberg: Why 9:12 - -- 9:12 Celaka yang pertama sudah lewat. Sekarang akan menyusul dua celaka lagi. Sesuai dengan apa yang diberitakan oleh burung nasar, masih ada celaka y...

9:12 Celaka yang pertama sudah lewat. Sekarang akan menyusul dua celaka lagi.

Sesuai dengan apa yang diberitakan oleh burung nasar, masih ada celaka yang kedua dan yang ketiga yang masih harus dijalankan. Celaka yang berikut, yaitu yang bersangkutan dengan sangkakala yang keenam, merupakan celaka yang kedua. Celaka yang ketiga tidak dapat disamakan dengan sangkakala yang ketujuh, karena sangkakala itu tidak disusuli hukuman, tetapi ketujuh cawan. Maka ketujuh cawan merupakan celaka yang ketiga.

ii. Sangkakala Keenam (9:13-21)

Dalam malapetaka sangkakala yang kelima, tidak ada yang meninggal, karena "belalang" itu hanya diberi kuasa untuk menyiksa. Dalam malapetaka yang berikut, sepertiga dari manusia meninggal!

Hagelberg: Why 9:13 - -- 9:13 Lalu malaikat yang keenam meniup sangkakalanya, dan aku mendengar suatu suara keluar dari keempat tanduk mezbah emas yang di hadapan Allah Dalam ...

9:13 Lalu malaikat yang keenam meniup sangkakalanya, dan aku mendengar suatu suara keluar dari keempat tanduk mezbah emas yang di hadapan Allah

Dalam pasal 6:9 Yohanes "melihat di bawah mezbah jiwa-jiwa mereka yang telah dibunuh oleh karena kesaksian yang mereka miliki." Dalam pasal 6:10 mereka berseru: "Berapa lamakah lagi... Engkau tidak menghakimi dan tidak membalaskan darah kami kepada mereka, yang diam di bumi?" Dalam pasal 8:3-5 doa orang-orang kudus mulai dikabulkan dari mezbah itu. Rupanya dalam nas ini doa itu tetap dikabulkan. Sekali lagi ketujuh jemaat di Asia diingatkan akan kuasa doa.

Sesuai dengan pola yang sudah biasa dalam Kitab Wahyu, sumber suara itu tidak dijelaskan.

Hagelberg: Why 9:13 - -- 9:13 Lalu malaikat yang keenam meniup sangkakalanya, dan aku mendengar suatu suara keluar dari keempat tanduk mezbah emas yang di hadapan Allah Dalam ...

9:13 Lalu malaikat yang keenam meniup sangkakalanya, dan aku mendengar suatu suara keluar dari keempat tanduk mezbah emas yang di hadapan Allah

Dalam pasal 6:9 Yohanes "melihat di bawah mezbah jiwa-jiwa mereka yang telah dibunuh oleh karena kesaksian yang mereka miliki." Dalam pasal 6:10 mereka berseru: "Berapa lamakah lagi... Engkau tidak menghakimi dan tidak membalaskan darah kami kepada mereka, yang diam di bumi?" Dalam pasal 8:3-5 doa orang-orang kudus mulai dikabulkan dari mezbah itu. Rupanya dalam nas ini doa itu tetap dikabulkan. Sekali lagi ketujuh jemaat di Asia diingatkan akan kuasa doa.

Sesuai dengan pola yang sudah biasa dalam Kitab Wahyu, sumber suara itu tidak dijelaskan.

Hagelberg: Why 9:14 - -- 9:14 dan berkata kepada malaikat yang keenam yang memegang sangkakala itu: "Lepaskanlah keempat malaikat yang terikat dekat sungai besar Efrat itu." I...

9:14 dan berkata kepada malaikat yang keenam yang memegang sangkakala itu: "Lepaskanlah keempat malaikat yang terikat dekat sungai besar Efrat itu."

Identitas dari keempat malaikat ini sulit dipastikan. Dalam pasal 7:1 ada empat malaikat yang dilarang melangkah sebelum hamba-hamba Allah disegelkan. Rupanya malaikat ini lain, karena tempatnya dekat sungai besar Efrat itu.

Pada zaman Perjanjian Lama, di seberang Sungai Efrat terdapat Asyur, musuh Israel, yang mengancam umat Allah (Yesaya 7:20; 8:7; dan Yeremia 46:10).374 Pada zaman Rasul Yohanes, Sungai Efrat adalah perbatasan timur dari Kekaisaran Romawi. Kerajaan Parthia terletak di sebelah timur Sungai Efrat. Roma dikalahkan oleh Parthia pada tahun 53 SM, dan lagi pada tahun 62 M. Kerajaan Parthia dianggap ancaman bagi kekuasaan Roma.375 Oleh karena itu, maka istilah sungai besar Efrat itu membawa kesan yang menakutkan bagi mereka pada zaman itu, tetapi yang dimaksudkan dalam nas ini jauh lebih dahsyat daripada tentara Parthia atau tentara Asyur.

Hagelberg: Why 9:14 - -- 9:14 dan berkata kepada malaikat yang keenam yang memegang sangkakala itu: "Lepaskanlah keempat malaikat yang terikat dekat sungai besar Efrat itu." I...

9:14 dan berkata kepada malaikat yang keenam yang memegang sangkakala itu: "Lepaskanlah keempat malaikat yang terikat dekat sungai besar Efrat itu."

Identitas dari keempat malaikat ini sulit dipastikan. Dalam pasal 7:1 ada empat malaikat yang dilarang melangkah sebelum hamba-hamba Allah disegelkan. Rupanya malaikat ini lain, karena tempatnya dekat sungai besar Efrat itu.

Pada zaman Perjanjian Lama, di seberang Sungai Efrat terdapat Asyur, musuh Israel, yang mengancam umat Allah (Yesaya 7:20; 8:7; dan Yeremia 46:10).374 Pada zaman Rasul Yohanes, Sungai Efrat adalah perbatasan timur dari Kekaisaran Romawi. Kerajaan Parthia terletak di sebelah timur Sungai Efrat. Roma dikalahkan oleh Parthia pada tahun 53 SM, dan lagi pada tahun 62 M. Kerajaan Parthia dianggap ancaman bagi kekuasaan Roma.375 Oleh karena itu, maka istilah sungai besar Efrat itu membawa kesan yang menakutkan bagi mereka pada zaman itu, tetapi yang dimaksudkan dalam nas ini jauh lebih dahsyat daripada tentara Parthia atau tentara Asyur.

Hagelberg: Why 9:15 - -- 9:15 Maka dilepaskanlah keempat malaikat yang telah disiapkan bagi jam dan hari, bulan dan tahun untuk membunuh sepertiga dari umat manusia. Sejak dah...

9:15 Maka dilepaskanlah keempat malaikat yang telah disiapkan bagi jam dan hari, bulan dan tahun untuk membunuh sepertiga dari umat manusia.

Sejak dahulu kala, Allah yang Mahakuasa telah menyediakan hukuman ini. Dengan demikian kedaulatan Allah ditekankan lagi.

Sama seperti dalam pasal 8:7-12, istilah sepertiga muncul lagi.

Hagelberg: Why 9:15 - -- 9:15 Maka dilepaskanlah keempat malaikat yang telah disiapkan bagi jam dan hari, bulan dan tahun untuk membunuh sepertiga dari umat manusia. Sejak dah...

9:15 Maka dilepaskanlah keempat malaikat yang telah disiapkan bagi jam dan hari, bulan dan tahun untuk membunuh sepertiga dari umat manusia.

Sejak dahulu kala, Allah yang Mahakuasa telah menyediakan hukuman ini. Dengan demikian kedaulatan Allah ditekankan lagi.

Sama seperti dalam pasal 8:7-12, istilah sepertiga muncul lagi.

Hagelberg: Why 9:16 - -- 9:16 Dan jumlah tentara itu ialah dua puluh ribu laksa pasukan berkuda; aku mendengar jumlah mereka. Adanya dua puluh ribu laksa pasukan berkuda menge...

9:16 Dan jumlah tentara itu ialah dua puluh ribu laksa pasukan berkuda; aku mendengar jumlah mereka.

Adanya dua puluh ribu laksa pasukan berkuda mengejutkan pembaca. Mereka dari mana? Pertanyaan ini tidak dijawab dalam Kitab Wahyu. Karena tentara begitu banyaknya, sehingga mereka tidak dapat dihitung oleh Yohanes, tetapi dia mendengar jumlah mereka. Jumlah itu bukan merupakan taksiran.

Ada beberapa nubuatan dalam kitab-kitab nabi besar (misalnya Yesaya 5:26-30; Yeremia 6:22-26; dan Yehezkiel 38:14-17) saat tentara dari bangsa-bangsa kafir akan menyerang umat Israel, tetapi nas ini menubuatkan pasukan setan yang menyerang musuh Allah.

Hagelberg: Why 9:16 - -- 9:16 Dan jumlah tentara itu ialah dua puluh ribu laksa pasukan berkuda; aku mendengar jumlah mereka. Adanya dua puluh ribu laksa pasukan berkuda menge...

9:16 Dan jumlah tentara itu ialah dua puluh ribu laksa pasukan berkuda; aku mendengar jumlah mereka.

Adanya dua puluh ribu laksa pasukan berkuda mengejutkan pembaca. Mereka dari mana? Pertanyaan ini tidak dijawab dalam Kitab Wahyu. Karena tentara begitu banyaknya, sehingga mereka tidak dapat dihitung oleh Yohanes, tetapi dia mendengar jumlah mereka. Jumlah itu bukan merupakan taksiran.

Ada beberapa nubuatan dalam kitab-kitab nabi besar (misalnya Yesaya 5:26-30; Yeremia 6:22-26; dan Yehezkiel 38:14-17) saat tentara dari bangsa-bangsa kafir akan menyerang umat Israel, tetapi nas ini menubuatkan pasukan setan yang menyerang musuh Allah.

Hagelberg: Why 9:17 - -- 9:17 Maka demikianlah aku melihat dalam penglihatan ini kuda-kuda dan orang-orang yang menungganginya; mereka memakai baju zirah, merah api dan biru d...

9:17 Maka demikianlah aku melihat dalam penglihatan ini kuda-kuda dan orang-orang yang menungganginya; mereka memakai baju zirah, merah api dan biru dan kuning belerang warnanya;376 kepala kuda-kuda itu sama seperti kepala singa, dan dari mulutnya keluar api, dan asap dan belerang.

Tidak ada keterangan yang lebih lanjut tentang mereka yang menunggangi kuda itu. Dalam bahasa aslinya, sama seperti dalam bahasa Indonesia, tidak jelas siapa pemakai baju zirah, apakah kuda atau yang menungganginya. Kalau kavaleri Parthia, baik kuda maupun yang menungganginya memakai baju zirah.377

Ada yang berkata bahwa kuda-kuda ini adalah tank-tank perang modern, mungkin karena dari mulutnya keluar api, dan asap dan belerang, tetapi kepala kuda-kuda itu sama seperti kepala singa. Tafsiran tersebut tidak dapat ditolak secara pasti, tetapi rupanya tidak ada tank modern yang mirip singa.

Kuda-kuda ini, serta mereka yang menungganginya, sama seperti belalang/kalajengking dalam pasal 9:3-11, adalah setan-setan yang ditugaskan untuk membawa hukuman Allah kepada mereka yang diam di bumi.378

Hagelberg: Why 9:17 - -- 9:17 Maka demikianlah aku melihat dalam penglihatan ini kuda-kuda dan orang-orang yang menungganginya; mereka memakai baju zirah, merah api dan biru d...

9:17 Maka demikianlah aku melihat dalam penglihatan ini kuda-kuda dan orang-orang yang menungganginya; mereka memakai baju zirah, merah api dan biru dan kuning belerang warnanya;376 kepala kuda-kuda itu sama seperti kepala singa, dan dari mulutnya keluar api, dan asap dan belerang.

Tidak ada keterangan yang lebih lanjut tentang mereka yang menunggangi kuda itu. Dalam bahasa aslinya, sama seperti dalam bahasa Indonesia, tidak jelas siapa pemakai baju zirah, apakah kuda atau yang menungganginya. Kalau kavaleri Parthia, baik kuda maupun yang menungganginya memakai baju zirah.377

Ada yang berkata bahwa kuda-kuda ini adalah tank-tank perang modern, mungkin karena dari mulutnya keluar api, dan asap dan belerang, tetapi kepala kuda-kuda itu sama seperti kepala singa. Tafsiran tersebut tidak dapat ditolak secara pasti, tetapi rupanya tidak ada tank modern yang mirip singa.

Kuda-kuda ini, serta mereka yang menungganginya, sama seperti belalang/kalajengking dalam pasal 9:3-11, adalah setan-setan yang ditugaskan untuk membawa hukuman Allah kepada mereka yang diam di bumi.378

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Why 9:1-12 - Sangkakala Kelima Dibunyikan Ditiupnya sangkakala kelima dan keenam, penampakan yang menyertainya, dan...

Matthew Henry: Why 9:13-21 - Sangkakala Keenam Dibunyikan Sangkakala Keenam Dibunyikan (9:13-21) ...

SH: Why 9:1-21 - Bertutur tentang kekuasaan (Senin, 4 November 2002) Bertutur tentang kekuasaan Bertutur tentang kekuasaan. Sangkakala kelima dan sangkakala keenam be...

SH: Why 9:1-21 - Bukan bertobat, tetapi mengeraskan hati (Minggu, 14 Agustus 2005) Bukan bertobat, tetapi mengeraskan hati Bukan bertobat, tetapi mengeraskan hati Ketika sangkakala kelima d...

SH: Why 9:1-12 - Kasih yang adil (Rabu, 26 Desember 2012) Kasih yang adil Judul: Kasih yang adil Penghakiman Allah atas bumi sebagai bagian dari kesulitan besar...

SH: Why 9:1-12 - Penghakiman dan Kesaksian Hidup (Sabtu, 24 September 2022) Penghakiman dan Kesaksian Hidup Kitab Wahyu berbicara soal kengerian hukuman Tuhan yang menyertai bunyi sangkakal...

SH: Why 9:13-21 - Jangan bebal! Jangan keraskan hati! (Kamis, 27 Desember 2012) Jangan bebal! Jangan keraskan hati! Judul: Jangan bebal! Jangan keraskan hati! Yohanes menyaksikan bag...

SH: Why 9:13-21 - Harapan di Tengah Realitas Dunia (Minggu, 25 September 2022) Harapan di Tengah Realitas Dunia Sangkakala keenam menyertai penglihatan serangan militer yang menghancurkan sepe...

Utley: Why 9:1-6 - --NASKAH NASB (UPDATED): Wahy 9:1-6...

Utley: Why 9:7-11 - --NASKAH NASB (UPDATED): Wahy 9:7-11...

Utley: Why 9:12 - --NASKAH NASB (UPDATED): Wahy 9:1212 Ce...

Utley: Why 9:13-19 - --NASKAH NASB (UPDATED): Wahy 9:13-19...

Topik Teologia: Why 9:1 - -- Dosa Sikap Allah Terhadap Dosa Secara Positif, Sikap Allah: Menebus Kel 1...

Topik Teologia: Why 9:2 - -- Eskatologi Neraka Gambaran Neraka Gambaran Neraka Jurang ...

Topik Teologia: Why 9:11 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Jahat Berdiam Dalam Jurang Ngarai yang Dalam Sekali ...

Topik Teologia: Why 9:14 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Jahat Tempat Kediaman Para Malaikat Jahat Para Malaikat Jahat Berdiam d...

Topik Teologia: Why 9:15 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Jahat Tempat Kediaman Para Malaikat Jahat Para Malaikat Jahat Berdiam d...

TFTWMS: Why 9:1-11 - Belalang BELALANG (Wahyu 9:1-11) Kegelapan Didatangkan (ay. ...

TFTWMS: Why 9:4-10 - Pelajarannya PELAJARANNYA (Wahyu 9:4-6, 10) ...

TFTWMS: Why 9:11 - Sang Pemimpin SANG PEMIMPIN (Wahyu 9:11) Yohanes punya satu komentar lagi tentang belalang...

TFTWMS: Why 9:13 - Suara Dari Mezbah SUARA DARI MEZBAH (Wahyu 9:13) Ketika malaikat keenam meniup sangkakalanya, ...

TFTWMS: Why 9:16-19 - Para Penunggang Kuda Dari Neraka "PARA PENUNGGANG KUDA DARI NERAKA" (Wahyu 9:16-19) Sudah ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yohanes Tema : Perjuangan dan Penyelesaian Tanggal Penulisan...

Full Life: Wahyu (Garis Besar) Garis Besar Prolog (Wahy 1:1-8) ...

Matthew Henry: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Tidak semestinya mengurangi nama baik dan wewenang kitab ini bahwa ia sud...

Jerusalem: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHYU KEPADA YOHANES PENGANTAR Kata "Wahyu" dalam judul Kitab in...

Ende: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHJU JOANES KATA PENGANTAR Tjorak chas karangan ini Dalam ajat pertama, mengenai isinja, karangan ini di...

Hagelberg: Wahyu (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Pendahuluan Walaupun kitab ini seringkali ditafsirkan dengan pendekatan yang bermacam-macam, sang...

Hagelberg: Wahyu (Garis Besar) GARIS BESAR wahyu I. Bagian Pertama: "...apa yang telah kaulihat..." (...

Hagelberg: Wahyu DAFTAR PUSTAKA wahyu Daftar Kepustakaan Bauckham, Richard, The Climax of Prophecy: Studies on the B...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Sifat dosa yang merusak diri WAHYU 9:1-11 Dahu...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (Wahyu 9:1-11) Dunia mengatakan bahwa dosa hampir tidak b...

TFTWMS: Wahyu (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Karl Menninger, Whatever Happened to Sin? (New York: Hawthorn Books, 1973). ...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) "PENGANGKATAN" Meskipun banyak tokoh agama berbicara tentang Pengangkatan, jutaan orang tetap bingung dengan ist...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) MENCICIPI NERAKA WAHYU 9:12-19 Di dalam pelaj...

TFTWMS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (Wahyu 9:12-19) Di dalam pelajaran berikutnya, kita akan...

TFTWMS: Wahyu (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Earl F. Palmer, 1, 2, 3 John & Revelation, The Communicator's Commentary Serie...

BIS: Wahyu (Pendahuluan Kitab) WAHYU KEPADA YOHANES PENGANTAR Wahyu Kepada Yohanes ini ditulis pada masa orang-orang Kristen ditekan dan dian...

Ajaran: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti ajaran-ajaran yang ada dalam Kitab Wahyu, sehingga mereka melakukannya dal...

Intisari: Wahyu (Pendahuluan Kitab) Apa yang akan terjadi pada masa depan PENULIS.Penulisnya disebut sebagai 'Yohanes' sebanyak empat kali (...

Garis Besar Intisari: Wahyu (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Wah 1:1-20...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #25: Tekan Tombol pada halaman Studi Kamus untuk melihat bahan lain berbahasa inggris. [SEMUA]
dibuat dalam 0.23 detik
dipersembahkan oleh YLSA