Teks -- Kejadian 9:1-29 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Kej 9:6 - SIAPA YANG MENUMPAHKAN DARAH MANUSIA, DARAH-NYA AKAN TERTUMPAH OLEH MANUSIA.
Nas : Kej 9:6
Akibat nafsu untuk melakukan kekerasan dan penumpahan darah yang
timbul di hati manusia (bd. Kej 6:11; 8:21), Allah berusaha untuk
me...
Nas : Kej 9:6
Akibat nafsu untuk melakukan kekerasan dan penumpahan darah yang timbul di hati manusia (bd. Kej 6:11; 8:21), Allah berusaha untuk melindungi kekudusan hidup manusia dengan membatasi pembunuhan yang ada di dalam masyarakat;
- (1) dengan menekankan bahwa manusia telah diciptakan menurut gambar-Nya (Kej 1:26) dan bahwa nyawa mereka itu kudus di hadapan-Nya;
- (2) dengan menetapkan hukuman mati, yaitu memerintahkan agar semua
pembunuh dijatuhi hukuman mati (bd. Kel 21:12,14; 22:2;
Bil 35:6-34; Ul 19:1-13;
lihat cat. --> Rom 13:4).
[atau ref. Rom 13:4]
Kekuasaan pemerintah untuk mempergunakan "pedang" dalam hukuman mati ditegaskan kembali dalam PB (Kis 25:11; Rom 13:4; bd. Mat 26:52).
Full Life: Kej 9:9-17 - AKU MENGADAKAN PERJANJIAN-KU DENGAN KAMU.
Nas : Kej 9:9-17
Ayat-ayat ini berbicara tentang perjanjian Allah dengan umat manusia
dan alam. Di dalamnya Allah berjanji untuk tidak lagi membina...
Nas : Kej 9:9-17
Ayat-ayat ini berbicara tentang perjanjian Allah dengan umat manusia dan alam. Di dalamnya Allah berjanji untuk tidak lagi membinasakan bumi dan semua makhluk hidup dengan air bah (ayat Kej 9:11,15).
Full Life: Kej 9:13 - BUSUR-KU KUTARUH DI AWAN.
Nas : Kej 9:13
Pelangi merupakan tanda Allah dan peringatan terus-menerus mengenai
janji-Nya untuk tidak lagi memusnahkan semua penghuni bumi denga...
Nas : Kej 9:13
Pelangi merupakan tanda Allah dan peringatan terus-menerus mengenai janji-Nya untuk tidak lagi memusnahkan semua penghuni bumi dengan air bah. Pelangi seharusnya mengingatkan kita akan kemurahan dan kesetiaan Allah kepada firman-Nya.
Full Life: Kej 9:21 - SETELAH IA MINUM ANGGUR, MABUKLAH IA.
Nas : Kej 9:21
Penyebutan anggur yang pertama dalam Alkitab dikaitkan dengan
kemabukan, dosa, rasa malu, dan kutukan (ayat Kej 9:21-25). Karena
hal...
Nas : Kej 9:21
Penyebutan anggur yang pertama dalam Alkitab dikaitkan dengan kemabukan, dosa, rasa malu, dan kutukan (ayat Kej 9:21-25). Karena hal-hal jahat yang menyertai minuman keras, Allah telah menjadikan pertarakan menyeluruh sebagai standar yang tinggi bagi umat-Nya (bd. Im 10:9; Hak 13:4-7; Ams 31:4; lih. Bil 6:3;
lihat cat. --> Ams 23:31;
lihat cat. --> 1Tes 5:6;
lihat cat. --> Tit 2:2;
[atau ref. Ams 23:31; 1Tes 5:6; Tit 2:2]
lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN LAMA;
lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN BARU (1);
danlihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN BARU (2)).
Full Life: Kej 9:22 - HAM.
Nas : Kej 9:22
Dosa Ham terdiri atas kegagalannya untuk menghormati dan menyegani
ayahnya; daripada menutupi Nuh, dia malah membeberkan keadaan aya...
Nas : Kej 9:22
Dosa Ham terdiri atas kegagalannya untuk menghormati dan menyegani ayahnya; daripada menutupi Nuh, dia malah membeberkan keadaan ayahnya yang memalukan itu.
Full Life: Kej 9:25 - TERKUTUKLAH KANAAN.
Nas : Kej 9:25
Ketika Nuh mengetahui tentang perbuatan Ham yang memalukan,
dikutuknya Kanaan, putra Ham (walaupun bukan Ham sendiri).
1) Agakn...
Nas : Kej 9:25
Ketika Nuh mengetahui tentang perbuatan Ham yang memalukan, dikutuknya Kanaan, putra Ham (walaupun bukan Ham sendiri).
- 1) Agaknya Kanaan terlibat dalam perbuatan ayahnya atau mempunyai sifat buruk seperti ayahnya. Kutukan itu menunjukkan bahwa keturunan Kanaan (yang tidak berkulit hitam) akan dijajah dan dikuasai bangsa-bangsa lain. Sebaliknya, keturunan Sem dan Yafet akan diberkati oleh Allah (ayat Kej 9:26-27).
- 2) Nubuat Nuh ini bersyarat bagi semua yang bersangkutan. Setiap keturunan Kanaan yang berbalik kepada Allah juga akan menerima berkat yang diberikan kepada keturunan Sem (Yos 6:22-25; Ibr 11:31), sedangkan setiap keturunan Sem dan Yafet yang meninggalkan Allah akan mengalami kutukan yang ditimpakan kepada Kanaan (bd. Yer 18:7-10).
BIS -> Kej 9:27
Yafet: Nama ini kedengarannya seperti kata Ibrani yang berarti "bertambah".
Jerusalem -> Kej 6:5--9:17; Kej 9:2; Kej 9:6; Kej 9:7; Kej 9:9; Kej 9:18-28; Kej 9:22; Kej 9:25; Kej 9:28
Jerusalem: Kej 6:5--9:17 - -- Bagian kitab Kejadian ini menyatukan dua ceritera sejalan mengenai peristiwa yang sama. Ceritera pertama berasal dari tradisi Yahwista. Ia bergaya bah...
Bagian kitab Kejadian ini menyatukan dua ceritera sejalan mengenai peristiwa yang sama. Ceritera pertama berasal dari tradisi Yahwista. Ia bergaya bahasa hidup dan berwarna-warni dan merangkum Kej 6:5-8; 7:1-5,7-10 (berupa saduran), Kej 6:12,16,17,22; 8:2-3,6-12,13,20-22. Ceritera lain berasal dari tradisi Para Imam. Bahasa dan rumusannya lebih tepat dan lebih dipikirkan masak-masak, tetapi gaya bahasanya kurang menarik. Ia merangkum Kej 6:9-22; 7:6-11,13-16,18-21,24; 8:1-2,3-5,13,14-19; 9:1-17. Penyadur yang menyatukan kedua ceritera itu mempertahankan corak khas masing-masing ceritera. ia sama sekali tidak berusaha menghilangkan beberapa perbedaan antara kedua tradisi tsb. Ada juga terpelihara beberapa ceritera mengenai air bah yang berasal dari Babel. Ceritera-ceritera itu menunjukkan berbagai persamaan yang menyolok dengan kisah yang tercantum dalam Alkitab. Ceritera Alkitab tidak bergantung pada ceritera-ceritera Babel secara langsung, namun bersumber pada tradisi asli itu berupa sebuah kemenangan akan satu atau beberapa banjir dahsyat yang pernah melanda lembah sungai Tigris dan Efrat. Lama kelamaan banjir itu dalam tradisi diperbesar sampai menjadi air bah yang melanda seluruh bumi. Hanya ceritera Kitab Suci memperkaya kisah rakyat aseli itu dengan ajaran mengenai keadilan dan kerahiman Allah dan dengan ajaran mengenai kedosaan manusia serta keselamatan yang dikaruniakan Allah kepada orang benar (bdk Ibr 11:7). Air bah merupakan penghakiman Allah dan mengibaratkan penghakiman di akhir zaman, Luk 17:26 dst; Mat 24:37 dst, sama seperti keselamatan yang dianugerahkan Allah kepada Nuh menjadi lambang keselamatan yang diperoleh manusia melalui baptisan, 1Pe 3:20-21.
Jerusalem: Kej 9:2 - semuanya itu diserahkan Seperti pada awal mula dunia, demikian sekarangpun sekali lagi Allah memberkati manusia dan menjadikannya raja atas dunia ciptaanNya. tetapi kekuasaan...
Seperti pada awal mula dunia, demikian sekarangpun sekali lagi Allah memberkati manusia dan menjadikannya raja atas dunia ciptaanNya. tetapi kekuasaan manusia itu sekarang mengenai dunia yang tidak bersahabat lagi dengannya. Di zaman baru sesudah air bah akan berlangsung permusuhan antara alam binatang dan manusia dan antara manusia satu sama lain. Damai yang ada di firdaus baru akan dipulihkan di akhir zaman, Yes 11:6+.
Jerusalem: Kej 9:6 - menurut gambaranNya sendiri Semua darah adalah milik Allah, bdk Ima 1:5, tetapi terutama darah manusia yang dijadikan menurut gambar Allah. Allah menuntut balasan atas darah yang...
Semua darah adalah milik Allah, bdk Ima 1:5, tetapi terutama darah manusia yang dijadikan menurut gambar Allah. Allah menuntut balasan atas darah yang tertumpah, lih Kej 4:10. Tetapi dalam hal ini manusia sendiri menjadi kuasa Allah, misalnya dalam tata hukum negara atau dalam para penuntut darah, Bil 35:19.
Jerusalem: Kej 9:7 - bertambah banyak Ada yang mengusulkan perbaikan naskah Ibrani dengan mengganti kata rebu (bertambah banyaklah) dengan kata redu (taklukkanlah), Kej 1:28.
Ada yang mengusulkan perbaikan naskah Ibrani dengan mengganti kata rebu (bertambah banyaklah) dengan kata redu (taklukkanlah), Kej 1:28.
Jerusalem: Kej 9:9 - PerjanjianKu Perjanjian Allah dengan Nuh yang lambangnya ialah "busur di awan"(pelangi) merangkum seluruh dunia ciptaan. Perjanjian Allah dengan Abraham yang tanda...
Perjanjian Allah dengan Nuh yang lambangnya ialah "busur di awan"(pelangi) merangkum seluruh dunia ciptaan. Perjanjian Allah dengan Abraham yang tandanya ialah sunat, menyangkut keturunan Abraham saja, Kej 17. Di masa Musa perjanjian terbatas pada bangsa Israel melulu: imbalannya ialah ketaatan orang Israel kepada hukum Taurat, Kel 19:5; 24:7-8, khususnya pelaksanaan hukum Sabat, Kel 31:16-17.
Jerusalem: Kej 9:18-28 - -- Kedua ayat pertama bagian ini merupakan pendahuluan dari tradisi Yahwista bagi daftar bangsa-bangsa yang disajikan bab 10 dan berasal dari sumber yang...
Kedua ayat pertama bagian ini merupakan pendahuluan dari tradisi Yahwista bagi daftar bangsa-bangsa yang disajikan bab 10 dan berasal dari sumber yang sama. Nama dan urutan ketiga anak Nuh, yakni Sem, Ham dan Yafet, adalah tetap begitu dalam tradisi, bdk Kej 5:32; 6:10; 7:13; 10:1. Sisipan: Ham adalah bapa Kanaan, Kej 25-27. Maka haruslah Kanaan yang bersalah. Dalam ceritera aseli yang dipungut tradisi Yahwista kiranya Kanaan saja yang berperan dan tampil sebagai anak bungsu Nuh, Kej 9:24. Maka dalam ceritera aseli urutan anak-anak Nuh begini: Sem, Yafet, Kanaan.
Jerusalem: Kej 9:22 - Ham bapa Kanaan Selanjutnya Ham tidak disebut lagi, sedangkan Kanaan menjadi sasaran kutukan dalam ay 25-27. Maka haruslah Kanaan yang bersalah. Dalam ceritera aseli ...
Selanjutnya Ham tidak disebut lagi, sedangkan Kanaan menjadi sasaran kutukan dalam ay 25-27. Maka haruslah Kanaan yang bersalah. Dalam ceritera aseli yang dipungut tradisi Yahwista kiranya Kanaan saja yang berperan dan tampil sebagai anak bungsu Nuh, ay 24. Maka dalam ceritera aseli urutan anak-anak Nuh begini: Sem, Yafet, Kanaan.
Jerusalem: Kej 9:25 - berkatalah ia Berkat dan kutukan yang diucapkan bapa-bapa bangsa, bdk Kej 9:27 dan Kej 29, adalah perkataan yang berdaya. Kata-kata itu mengenai moyang tertentu dan...
Berkat dan kutukan yang diucapkan bapa-bapa bangsa, bdk Kej 9:27 dan Kej 29, adalah perkataan yang berdaya. Kata-kata itu mengenai moyang tertentu dan terlaksana dalam keturunannya: Keturunan Kanaan (penduduk aseli negeri Kanaan) menjadi taklukan Sem, ialah bapa leluhur Abraham dan bangsa Israel. Bangsa Israel (dalam moyangnya) mendapat perlindungan istimewa dari pihak Allah. Kanaan juga takluk Yafet, dan keturunan Yafet meluas dengan mendesak Sem. Latar belakang historis berkat dan kutuk itu ialah zaman Saul atau awal pemerintahan Daud. Pada waktu itu bangsa Israel dan bangsa Filistin menguasai negeri Kanaan, tetapi orang Filistin sudah menyerbu dan menduduki sebagian wilayah bangsa Israel. Beberapa pujangga Gereja berpendapat bahwa apa yang dinubuatkan ialah masuknya kaum kafir (keturunan Yafet) ke dalam jemaat Kristen yang berasal dari bangsa Israel (keturunan Sem).
Di sini mulailah kembali tradisi Para Imam.
Ende: Kej 9:2 - -- Damai purbakala telah lampau. Manusia masih djuga menguasai machluk-machluk
lainnja atas nama Tuhan. Akan tetapi penguasaan ini disertai rasa ketakuta...
Damai purbakala telah lampau. Manusia masih djuga menguasai machluk-machluk lainnja atas nama Tuhan. Akan tetapi penguasaan ini disertai rasa ketakutan. Manusia makan daging binatang. Mulailah djaman jang lebih sukar lagi baginja.
Ende: Kej 9:4 - -- Larangan ini disebut-sebut disini, berhubung dengan adanja peraturan-peraturan
perihal makanan di Israel (Ima 17:10-14; Ula 12:23). Larangan dianggap
...
Larangan ini disebut-sebut disini, berhubung dengan adanja peraturan-peraturan perihal makanan di Israel (Ima 17:10-14; Ula 12:23). Larangan dianggap mengenai djuga umat bukan-Jahudi (Kis 15:29)
Ende: Kej 9:13 - -- Dalam bahasa Hibrani digunakan kata jang sama untuk pelangi, jang nampak sesudah
hudjan lebat, dan untuk busur panah, jang disisikan oleh Tuhan. Suatu...
Dalam bahasa Hibrani digunakan kata jang sama untuk pelangi, jang nampak sesudah hudjan lebat, dan untuk busur panah, jang disisikan oleh Tuhan. Suatu tanda Perdjandjian, Tuhan berbelas kasihan terhadap manusia berdosa.
Ende: Kej 9:18 - -- Bangsa Kanaan disini disebut keturunan Cham, karena mereka hidup bertentangan
dengan hukum kesusilaan, seperti Cham djuga.
Bangsa Kanaan disini disebut keturunan Cham, karena mereka hidup bertentangan dengan hukum kesusilaan, seperti Cham djuga.
Disini ternjata betapa besar penghargaan Israel terhadap kedudukan bapa.
Ende: Kej 9:25 - -- Berkat atau kutukan jang diutjapkan oleh para Bapa bangsa, para nabi dsb,
dianggap pada hakekatnja datang dari Tuhan sendiri. Sekali diutjapkan, akiba...
Berkat atau kutukan jang diutjapkan oleh para Bapa bangsa, para nabi dsb, dianggap pada hakekatnja datang dari Tuhan sendiri. Sekali diutjapkan, akibatnja sudah tidak dapat dielakkan lagi.
Disini dinjatakan, bahwa Kanaan selandjutnja akan terbawah kepada keturunan Sem dan Jafet. Situasi kelak kemudian hari, jakni kemenangan Israel atas bangsa Kanaan, lagi luasnja daerah-daerah para bangsa lainnja, diterangkan disini. Sebabnja terdapat pada awal sedjarah jaitu: dosa Cham, jang kemudian menodai bangsa Kanaan.
Ende: Kej 9:26 - -- Sem adalah Bapa bangsa Semit, djadi Bapa Israel djuga. Jafet adalah Bapa bangsa-bangsa
lainnja, jang bukan keturunan Sem atau Cham (lihat Kej 10:2 dsl...
Sem adalah Bapa bangsa Semit, djadi Bapa Israel djuga. Jafet adalah Bapa bangsa-bangsa lainnja, jang bukan keturunan Sem atau Cham (lihat Kej 10:2 dsl).
Dalam keseluruhan sedjarah keselamatan kita menjaksikan, bagaimana Tuhan memanggil para terpilih, sedangkan orang-orang lainnja beserta keturunan mereka dikesampingkan. Begitulah jang dipilih Set dan bukan Kain, Sem dan bukan Cham, dan kelak: Ishak dan bukan Isjmael, Jakub dan bukan Esau. Ini semua merupakan persiapan akan terpilihnja Israel diatas para bangsa lainnja.
Nama Jafet artinja: "memberi ruang".
Ref. Silang FULL: Kej 9:3 - menjadi makananmu // memberikan semuanya · menjadi makananmu: Kej 1:29; Kej 1:29
· memberikan semuanya: Kis 10:15; Kis 10:15; Kol 2:16
Ref. Silang FULL: Kej 9:4 - ada nyawanya · ada nyawanya: Im 3:17; 7:26; 17:10-14; 19:26; Ul 12:16,23-25; 15:23; 1Sam 14:33; Yeh 33:25; Kis 15:20,29
· ada nyawanya: Im 3:17; 7:26; 17:10-14; 19:26; Ul 12:16,23-25; 15:23; 1Sam 14:33; Yeh 33:25; Kis 15:20,29
Ref. Silang FULL: Kej 9:5 - menuntut balasnya // segala binatang // sesama manusia · menuntut balasnya: Kej 42:22; 50:15; 1Raj 2:32; 2Taw 24:22; Mazm 9:13
· segala binatang: Kel 21:28-32
· sesama manusia: Kej 4:1...
· menuntut balasnya: Kej 42:22; 50:15; 1Raj 2:32; 2Taw 24:22; Mazm 9:13
· segala binatang: Kel 21:28-32
Ref. Silang FULL: Kej 9:6 - akan tertumpah // menurut gambar-Nya · akan tertumpah: Kej 4:14; Kej 4:14; Hak 9:24; Hak 9:24; Mat 26:52; Mat 26:52
· menurut gambar-Nya: Kej 1:26; Kej 1:26
Ref. Silang FULL: Kej 9:11 - Kuadakan perjanjian-Ku // dengan kamu // memusnahkan bumi · Kuadakan perjanjian-Ku: Kej 9:16; Yes 24:5; 33:8; Hos 6:7
· dengan kamu: Kej 9:9; Kej 9:9
· memusnahkan bumi: Kej 8:21; Kej 8:2...
Ref. Silang FULL: Kej 9:12 - tanda perjanjian // untuk selama-lamanya · tanda perjanjian: Kej 9:17; Kej 17:11
· untuk selama-lamanya: Kej 17:12; Kel 12:14; Im 3:17; 6:18; 17:7; Bil 10:8
· Busur-Ku: Kej 9:14; Yeh 1:28; Wahy 4:3; 10:1
Ref. Silang FULL: Kej 9:15 - mengingat perjanjian-Ku // yang hidup · mengingat perjanjian-Ku: Kej 8:1; Kej 8:1; Kel 2:24; 6:5; 34:10; Im 26:42,45; Ul 7:9; Mazm 89:35; 103:18; 105:8; 106:45; Yeh 16:60
· y...
· mengingat perjanjian-Ku: Kej 8:1; [Lihat FULL. Kej 8:1]; Kel 2:24; 6:5; 34:10; Im 26:42,45; Ul 7:9; Mazm 89:35; 103:18; 105:8; 106:45; Yeh 16:60
Ref. Silang FULL: Kej 9:16 - Jika busur // mengingat perjanjian-Ku · Jika busur: Kej 9:13
· mengingat perjanjian-Ku: Kej 9:11; Kej 9:11; Kej 17:7,13,19; 2Sam 7:13; 23:5; Mazm 105:9-10; Yes 9:6; 54:10; 55...
· Jika busur: Kej 9:13
· mengingat perjanjian-Ku: Kej 9:11; [Lihat FULL. Kej 9:11]; Kej 17:7,13,19; 2Sam 7:13; 23:5; Mazm 105:9-10; Yes 9:6; 54:10; 55:3; 59:21; 61:8; Yer 31:31-34; 32:40; 33:21; Yeh 16:60; 37:26; Ibr 13:20; [Lihat FULL. Ibr 13:20]
Ref. Silang FULL: Kej 9:18 - dan Yafet // bapa Kanaan · dan Yafet: Kej 5:32; Kej 5:32; Luk 3:36
· bapa Kanaan: Kej 9:25-27; Kej 10:6,15
· dan Yafet: Kej 5:32; [Lihat FULL. Kej 5:32]; Luk 3:36
· bapa Kanaan: Kej 9:25-27; Kej 10:6,15
Ref. Silang FULL: Kej 9:19 - anak-anak Nuh // seluruh bumi · anak-anak Nuh: Kej 5:32
· seluruh bumi: Kej 1:22; 10:32; 11:4,8,9
· anak-anak Nuh: Kej 5:32
· seluruh bumi: Kej 1:22; 10:32; 11:4,8,9
Ref. Silang FULL: Kej 9:25 - Terkutuklah // Kanaan // bagi saudara-saudaranya · Terkutuklah: Kej 27:12
· Kanaan: Kej 9:18; Kel 20:5; Mazm 79:8; Yes 14:21; Yer 31:29; 32:18
· bagi saudara-saudaranya: Kej 25:2...
· Terkutuklah: Kej 27:12
· Kanaan: Kej 9:18; Kel 20:5; Mazm 79:8; Yes 14:21; Yer 31:29; 32:18
· bagi saudara-saudaranya: Kej 25:23; 27:29,37,40; 37:10; 49:8; Bil 24:18; Yos 9:23
Ref. Silang FULL: Kej 9:26 - Allah Sem // menjadi hamba · Allah Sem: Kej 14:20; Kel 18:10; Mazm 7:18
· menjadi hamba: 1Raj 9:21
Ref. Silang FULL: Kej 9:27 - kediaman Yafet // kemah-kemah Sem · kediaman Yafet: Kej 10:2-5
· kemah-kemah Sem: Ef 2:13-14; 3:6
· kediaman Yafet: Kej 10:2-5
· kemah-kemah Sem: Ef 2:13-14; 3:6