![](images/minus.gif)
Teks -- Ibrani 4:14--5:10 (TB)
![](images/arrow_open.gif)
![](images/advanced.gif)
![](images/advanced.gif)
![](images/advanced.gif)
![](images/advanced.gif)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
![](images/arrow_open.gif)
![](images/information.gif)
![](images/cmt_minus_head.gif)
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Ibr 4:14 - KITA SEKARANG MEMPUNYAI IMAM BESAR AGUNG.
Nas : Ibr 4:14
Lihat cat. --> Ibr 8:1
[atau ref. Ibr 8:1]
mengenai pelayanan Yesus sebagai Imam Besar.
![](images/cmt_minus.gif)
Full Life: Ibr 4:16 - DENGAN PENUH KEBERANIAN MENGHAMPIRI TAKHTA KASIH KARUNIA.
Nas : Ibr 4:16
Karena Kristus dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita (ayat
Ibr 4:15), kita dapat dengan penuh keberanian menghampiri takhta...
Nas : Ibr 4:16
Karena Kristus dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita (ayat Ibr 4:15), kita dapat dengan penuh keberanian menghampiri takhta sorgawi, karena mengetahui bahwa doa dan permohonan kita diterima dan diinginkan oleh Bapa di sorga (bd. Ibr 10:19-20). Tempat itu disebut "takhta kasih karunia" karena dari takhta itu mengalir kasih, pertolongan, kemurahan, pengampunan, kuasa rohani, pencurahan Roh Kudus, karunia-karunia rohani, buah roh, dan semua yang kita perlukan dari Allah. Salah satu berkat terbesar dari keselamatan ialah bahwa Kristus kini merupakan Imam Besar kita yang membuka jalan langsung ke hadapan Dia sehingga kita selalu dapat meminta bantuan yang kita perlukan.
![](images/cmt_minus.gif)
Full Life: Ibr 5:1 - SETIAP IMAM BESAR.
Nas : Ibr 5:1
Dua syarat perlu untuk keimaman yang sah:
1) Imam itu harus menunjukkan rasa simpati, lemah lembut, dan sabar
terhadap mereka...
Nas : Ibr 5:1
Dua syarat perlu untuk keimaman yang sah:
- 1) Imam itu harus menunjukkan rasa simpati, lemah lembut, dan sabar terhadap mereka yang tersesat karena kebodohan, dosa atau kelemahan yang tidak disengaja (ayat Ibr 5:2; 4:15; bd. Im 4:1-35; Bil 15:27-29).
- 2) Ia harus diangkat oleh Allah (ayat Ibr 5:4-6). Kristus memenuhi
kedua syarat ini
(lihat cat. --> Im 8:2).
[atau ref. Im 8:2]
![](images/cmt_minus.gif)
Full Life: Ibr 5:6 - MENURUT PERATURAN MELKISEDEK.
Nas : Ibr 5:6
Melkisedek adalah tokoh PL yang misterius. Ia muncul dalam pasal
Kej 14:1-24 sebagai imam Allah dari Salem (mungkin Yerusalem,
Ibr 7:...
Nas : Ibr 5:6
Melkisedek adalah tokoh PL yang misterius. Ia muncul dalam pasal Kej 14:1-24 sebagai imam Allah dari Salem (mungkin Yerusalem, Ibr 7:1; Kej 14:18; Mazm 110:1-4) sebelum zaman keimaman Lewi. Keimaman Kristus sejenis dengan keimaman Melkisedek
(lihat cat. --> Ibr 7:1;
lihat cat. --> Ibr 7:3).
[atau ref. Ibr 7:1-3]
![](images/cmt_minus.gif)
Full Life: Ibr 5:7 - RATAP TANGIS DAN KELUHAN.
Nas : Ibr 5:7
Ayat ini mungkin menunjuk kepada kehebatan doa Yesus di Taman
Getsemani. Doa Yesus "didengarkan" bukan dalam pengertian bahwa Allah
m...
Nas : Ibr 5:7
Ayat ini mungkin menunjuk kepada kehebatan doa Yesus di Taman Getsemani. Doa Yesus "didengarkan" bukan dalam pengertian bahwa Allah menyingkirkan semua hal yang berhubungan dengan kematian, tetapi dalam pengertian bahwa Ia menerima pertolongan Allah untuk mengalami segala penderitaan yang sudah ditetapkan bagi-Nya. Adakalanya kita juga menghadapi berbagai pencobaan dan doa kita yang sungguh-sungguh tampaknya tidak didengar. Pada saat-saat semacam itu, kita harus ingat bahwa Yesus telah diuji dengan cara yang sama dan bahwa Allah akan memberikan kasih karunia yang cukup kepada kita untuk mengalami penderitaan yang diizinkan-Nya dalam kehidupan kita
(lihat cat. --> Mat 26:39).
[atau ref. Mat 26:39]
![](images/cmt_minus.gif)
Full Life: Ibr 5:8 - IA TELAH BELAJAR MENJADI TAAT.
Nas : Ibr 5:8
Kristus belajar dari pengalaman segala penderitaan dan pengorbanan
yang sering kali merupakan akibat dari ketaatan yang setia kepada ...
Nas : Ibr 5:8
Kristus belajar dari pengalaman segala penderitaan dan pengorbanan yang sering kali merupakan akibat dari ketaatan yang setia kepada Allah di dalam dunia yang bejat ini (bd. Ibr 12:2; Yes 50:4-6; Fili 2:8). Ia menjadi Juruselamat dan Imam Besar yang sempurna karena penderitaan dan kematian-Nya dijalani tanpa dosa. Oleh karena itu, Kristus memenuhi syarat dalam segala hal (ayat Ibr 5:1-6) untuk menyediakan keselamatan kekal bagi kita (ayat Ibr 5:9;
lihat cat. --> Ibr 2:10).
[atau ref. Ibr 2:10]
![](images/cmt_minus.gif)
Full Life: Ibr 5:9 - KESELAMATAN ... BAGI SEMUA ORANG YANG TAAT KEPADA-NYA.
Nas : Ibr 5:9
Keselamatan abadi yang diperoleh melalui penderitaan Yesus (ayat
Ibr 5:8) tersedia hanya bagi mereka yang taat kepada-Nya melalui ima...
Nas : Ibr 5:9
Keselamatan abadi yang diperoleh melalui penderitaan Yesus (ayat Ibr 5:8) tersedia hanya bagi mereka yang taat kepada-Nya melalui iman. Iman yang menyelamatkan adalah iman yang taat (Yoh 8:31; Rom 1:5; 16:26; Yak 2:17-26).
Jerusalem: Ibr 4:14 - semua langit Untuk pertama kalinya disebutkan langit/sorga, di mana
menurut pandangan Ibr Kristus menunaikan jabatanNya sebagai Imam Besar. Ia duduk
di sebelah kan...
Untuk pertama kalinya disebutkan langit/sorga, di mana menurut pandangan Ibr Kristus menunaikan jabatanNya sebagai Imam Besar. Ia duduk di sebelah kanan Allah, Ibr 1:3; 8:1. Bersama dengan Allah Ia termasuk ke dalam hal-hal yang tidak tergoncangkan dan tetap: korbanNya dipersembahkan satu kali untuk selama-lamanya, 7:26-27, dan mendapat nilai sempurna dan kekal, Ibr 8:1-4+; Ibr 9:11-12, 23-24. Pokok pengharapan Kristen ialah penyelesaian keselamatan itu dalam Kota Sorgawi, Ibr 9:28; 12:22-24.
![](images/cmt_minus.gif)
Jerusalem: Ibr 5:1-10 - -- Dalam seluruh bagian ini tekanan terletak pada kemanusiaan Imam Besar waktu hidupNya sebagai manusia (harafiah: dalam daging, Ibr 5:7). Untuk dapat me...
Dalam seluruh bagian ini tekanan terletak pada kemanusiaan Imam Besar waktu hidupNya sebagai manusia (harafiah: dalam daging, Ibr 5:7). Untuk dapat mewakili manusia perlulah Ia menjadi sama dengan mereka; untuk dapat merasa kasihan terhadap kemalangan manusia perlulah Ia sendiri ikut serta di dalamnya, bdk Ibr 2:17-18; 4:15. Adapun kemanusiaan "kedagingan" itu, Rom 7:5+, nampak pada Yesus selama seluruh hidupNya, dalam kelemahanNya, Ibr 5:2, dan teristimewa waktu mengalami ketakutan di hadapan kematian dan menjalani kematian itu sendiri.
![](images/cmt_minus.gif)
Jerusalem: Ibr 5:1 - korban karena dosa Mempersembahkan korban itu termasuk tugas Imam Besar (bdk Ima 1; 4; 9). Tugas itu tidak diserahkan kepada Musa tetapi kepada Harun. Korban itu selanju...
Mempersembahkan korban itu termasuk tugas Imam Besar (bdk Ima 1; 4; 9). Tugas itu tidak diserahkan kepada Musa tetapi kepada Harun. Korban itu selanjutnya akan dibahas dengan panjang lebar. Oleh karena terkait pada dosa, korban itu menyatakan bahwa Imam Besar di hadirat Allah setia kawan manusia.
![](images/cmt_minus.gif)
Jerusalem: Ibr 5:7 - kesalehanNya Istilah Yunani (eulabeis) mengandung rasa hormat dan ketaatan, sehingga searti dengan sungguh-sungguh menjalankan agama, sikap keagamaan yang mendalam...
Istilah Yunani (eulabeis) mengandung rasa hormat dan ketaatan, sehingga searti dengan sungguh-sungguh menjalankan agama, sikap keagamaan yang mendalam. Doa Yesus waktu maut mendekat dijiwai seluruhnya oleh ketaatan kepada kehendak Bapa, bdk Mat 26:39,42. Itulah sebabnya Ia didengar dan doaNya dikabulkan
![](images/cmt_minus.gif)
Jerusalem: Ibr 5:7 - Ia telah didengarkan Doa Yesus tidak dikabulkan begitu rupa sehingga diselamatkan dari kematian (seperti kerap diartikan oleh saudara muslimin), sebab justru untuk itulah ...
Doa Yesus tidak dikabulkan begitu rupa sehingga diselamatkan dari kematian (seperti kerap diartikan oleh saudara muslimin), sebab justru untuk itulah Ia telah datang, Yoh 12:27. Tetapi Yesus diselamatkan dari kekuasaan Maut, Kis 2:24 dst, sehingga kematianNya oleh Allah dirobah menjadi peninggian yang mulia, Yoh 12:27 dst; Yoh 13:31 dst; Yoh 17:5; Fili 2:9-11; Ibr 2:9.
![](images/cmt_minus.gif)
Jerusalem: Ibr 5:8-10 - -- Dalam ayat-ayat ini sudah diketengahkan semua pokok yang diuraikan dalam bab 6-10.
Dalam ayat-ayat ini sudah diketengahkan semua pokok yang diuraikan dalam bab 6-10.
![](images/cmt_minus.gif)
Ialah kesempurnaan Yesus sebagai Imam dan Korban.
Ende: Ibr 4:14 - Petala-petala langit Dewasa itu orang membajangkan angkasa sebagai
bertingkat tudjuh, dan tingkat jang tertinggi adalah surga, tempat Allah
bersemajam.
Dewasa itu orang membajangkan angkasa sebagai bertingkat tudjuh, dan tingkat jang tertinggi adalah surga, tempat Allah bersemajam.
![](images/cmt_minus.gif)
Ialah Tachta Allah, dimana Kristus adalah pengantara kita.
![](images/cmt_minus.gif)
Ende: Ibr 5:7 - HidupNja dalam daging Maksudnja: hidupNja sebagai manusia dalam segala
kelemahan manusiawi.
Dalam ajat ini pengarang tentu ingat akan doa-doa Jesus di Getsemani dan
seruanN...
Maksudnja: hidupNja sebagai manusia dalam segala kelemahan manusiawi.
Dalam ajat ini pengarang tentu ingat akan doa-doa Jesus di Getsemani dan seruanNja kepada BapaNja disalib.
![](images/cmt_minus.gif)
Ende: Ibr 5:7 - Dikabulkan Bukan setjara diluputkan dari sengsaraNja, melainkan dengan
mendapat kekuatan untuk bertahan. Tetapi ia dikabulkan djuga dalam arti, bahwa
Ia mendapat...
Bukan setjara diluputkan dari sengsaraNja, melainkan dengan mendapat kekuatan untuk bertahan. Tetapi ia dikabulkan djuga dalam arti, bahwa Ia mendapat kekuatan untuk bertahan. Tetapi Ia dikabulkan djuga dalam arti, bahwa Ia mendapat kemenangan jang sempurna dengan matiNja disalib dan dalam kebangkitanNja.
![](images/cmt_minus.gif)
Ende: Ibr 5:9 - Mentjapai kesempurnaanNja Dapat ditafsirkan: kesempurnaan ketaatan dan
pengurbananNja dalam mati disalib dengan segala kerelaan, ataupun kesempurnaan
kemuliaanNja jang mutlak d...
Dapat ditafsirkan: kesempurnaan ketaatan dan pengurbananNja dalam mati disalib dengan segala kerelaan, ataupun kesempurnaan kemuliaanNja jang mutlak disebelah kanan Allah.
Ref. Silang FULL: Ibr 4:14 - Besar Agung // semua langit // Anak Allah // pengakuan iman · Besar Agung: Ibr 2:17; Ibr 2:17
· semua langit: Ibr 6:20; 8:1; 9:24
· Anak Allah: Mat 4:3; Mat 4:3
· pengakuan iman: Ibr...
![](images/cmt_minus.gif)
Ref. Silang FULL: Ibr 4:15 - Imam Besar // dengan kita // berbuat dosa · Imam Besar: Ibr 2:17; Ibr 2:17
· dengan kita: Ibr 2:18
· berbuat dosa: 2Kor 5:21; 2Kor 5:21
![](images/cmt_minus.gif)
Ref. Silang FULL: Ibr 4:16 - penuh keberanian // menghampiri · penuh keberanian: Ef 3:12; Ef 3:12
· menghampiri: Ibr 7:19; Ibr 7:19
![](images/cmt_minus.gif)
Ref. Silang FULL: Ibr 5:1 - dengan Allah // dan korban // karena dosa · dengan Allah: Ibr 2:17
· dan korban: Ibr 8:3; 9:9
· karena dosa: Ibr 7:27
![](images/cmt_minus.gif)
Ref. Silang FULL: Ibr 5:2 - yang sesat // dengan kelemahan · yang sesat: Yes 29:24; Ibr 2:18; 4:15
· dengan kelemahan: Ibr 7:28
· yang sesat: Yes 29:24; Ibr 2:18; 4:15
· dengan kelemahan: Ibr 7:28
![](images/cmt_minus.gif)
Ref. Silang FULL: Ibr 5:5 - tidak memuliakan // Imam Besar // yang berfirman // telah Kuperanakkan · tidak memuliakan: Yoh 8:54
· Imam Besar: Ibr 2:17; Ibr 2:17
· yang berfirman: Ibr 1:1; Ibr 1:1
· telah Kuperanakkan: Maz...
![](images/cmt_minus.gif)
Ref. Silang FULL: Ibr 5:6 - peraturan Melkisedek // · peraturan Melkisedek: Ibr 5:10; Kej 14:18; Ibr 6:20; 7:1-22
· : Mazm 110:4; Ibr 7:17,21
· peraturan Melkisedek: Ibr 5:10; Kej 14:18; Ibr 6:20; 7:1-22
· : Mazm 110:4; Ibr 7:17,21
![](images/cmt_minus.gif)
Ref. Silang FULL: Ibr 5:7 - dan permohonan // ratap tangis // karena kesalehan-Nya // telah didengarkan · dan permohonan: Luk 22:41-44
· ratap tangis: Mat 27:46,50; Luk 23:46
· karena kesalehan-Nya: Mr 14:36
· telah didengarka...
· dan permohonan: Luk 22:41-44
· ratap tangis: Mat 27:46,50; Luk 23:46
· karena kesalehan-Nya: Mr 14:36
· telah didengarkan: Mazm 22:25
![](images/cmt_minus.gif)
Ref. Silang FULL: Ibr 5:8 - adalah Anak // telah diderita-Nya · adalah Anak: Ibr 1:2; Ibr 1:2
· telah diderita-Nya: Fili 2:8; Fili 2:8
![](images/cmt_minus.gif)
Ref. Silang FULL: Ibr 5:9 - mencapai kesempurnaan-Nya · mencapai kesempurnaan-Nya: Ibr 2:10; Ibr 2:10
![](images/cmt_minus_head.gif)
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)
Hagelberg -> Ibr 4:14; Ibr 4:12-16; Ibr 4:14; Ibr 3:1--4:16; Ibr 1:5--4:16; Ibr 4:15; Ibr 4:15; Ibr 4:16; Ibr 4:16; Ibr 5:1-4; Ibr 5:1-10; Ibr 5:1--10:39; Ibr 5:5; Ibr 5:5-10; Ibr 5:5
Hagelberg: Ibr 4:14 - -- 4:14 Karena kita sekarang mempunyai Imam Besar Agung...
Pasal 4:14-16 menolong kita untuk mengatasi perasaan putus asa itu. Baik, kita putus asa. D...
4:14 Karena kita sekarang mempunyai Imam Besar Agung...
Pasal 4:14-16 menolong kita untuk mengatasi perasaan putus asa itu. Baik, kita putus asa. Dengan perasaan ini kita akan lari kepada Dia yang adalah Imam Besar kita.
Sama seperti peringatan ini dimulai dengan menyebut Imam Besar kita, peringatan ini juga diakhiri dengan menceritakan pelayananNya sebagai Imam Besar kita. Peringatan ini mengingatkan kita bahwa kita memang adalah "rumahNya," yaitu bahwa kita boleh melayani sebagai imam-imamNya di dunia ini, asal kita pegang dengan teguh pada iman kita. Semua keperluan-keperluan kita sebagai imam-imam disediakan oleh Dia yang adalah Imam Besar kita. Imam-imamNya harus berharap kepada Dia yang adalah Imam Besar.
Dalam pasal-pasal yang berikut, si penulis akan menjelaskan secara rinci mengenai Imam Besar kita, tetapi sebelum penjelasan itu dimulai nats ini dicatat untuk mengetengahkan gunanya ajaran ini. Ini bukan teori saja, tetapi kita boleh memperoleh pertolongan yang tepat dari Imam Besar kita. Ini berguna sekali untuk menguatkan kehidupan rohani kita.
Imam Besar kita "telah melintasi semua langit," menurut 4:14. Di dalam peringatan ini di atas ciptaan Allah disamakan dengan Bait Allah, sehingga Tempat yang Maha Suci bisa disamakan dengan sorga. Kalau begitu, maka "melintasi semua langit" mirip dengan tugas Imam Besar di Israel yang setiap tahun memasuki Tempat yang Maha Suci dengan darah binatang. Dulu, Imam Besar hanya memasuki Tempat yang Maha Suci di Yerusalem, tetapi Imam Besar kita lebih "Agung," karena Dia "telah melintasi semua langit." Dengan ditolong oleh "Imam Besar Agung," maka kita bisa "teguh berpegang pada pengakuan iman kita."
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Ibr 4:14 - -- 4:14 Karena kita sekarang mempunyai Imam Besar Agung...
Pasal 4:14-16 menolong kita untuk mengatasi perasaan putus asa itu. Baik, kita putus asa. D...
4:14 Karena kita sekarang mempunyai Imam Besar Agung...
Pasal 4:14-16 menolong kita untuk mengatasi perasaan putus asa itu. Baik, kita putus asa. Dengan perasaan ini kita akan lari kepada Dia yang adalah Imam Besar kita.
Sama seperti peringatan ini dimulai dengan menyebut Imam Besar kita, peringatan ini juga diakhiri dengan menceritakan pelayananNya sebagai Imam Besar kita. Peringatan ini mengingatkan kita bahwa kita memang adalah "rumahNya," yaitu bahwa kita boleh melayani sebagai imam-imamNya di dunia ini, asal kita pegang dengan teguh pada iman kita. Semua keperluan-keperluan kita sebagai imam-imam disediakan oleh Dia yang adalah Imam Besar kita. Imam-imamNya harus berharap kepada Dia yang adalah Imam Besar.
Dalam pasal-pasal yang berikut, si penulis akan menjelaskan secara rinci mengenai Imam Besar kita, tetapi sebelum penjelasan itu dimulai nats ini dicatat untuk mengetengahkan gunanya ajaran ini. Ini bukan teori saja, tetapi kita boleh memperoleh pertolongan yang tepat dari Imam Besar kita. Ini berguna sekali untuk menguatkan kehidupan rohani kita.
Imam Besar kita "telah melintasi semua langit," menurut 4:14. Di dalam peringatan ini di atas ciptaan Allah disamakan dengan Bait Allah, sehingga Tempat yang Maha Suci bisa disamakan dengan sorga. Kalau begitu, maka "melintasi semua langit" mirip dengan tugas Imam Besar di Israel yang setiap tahun memasuki Tempat yang Maha Suci dengan darah binatang. Dulu, Imam Besar hanya memasuki Tempat yang Maha Suci di Yerusalem, tetapi Imam Besar kita lebih "Agung," karena Dia "telah melintasi semua langit." Dengan ditolong oleh "Imam Besar Agung," maka kita bisa "teguh berpegang pada pengakuan iman kita."
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Ibr 3:1--4:16 - -- D. Peringatan Kedua (pasal 3:1-4:16)
Perkembangan pikiran surat ini ditunda sekali lagi untuk memperingatkan kita akan suatu bahaya yang kita hadapi....
D. Peringatan Kedua (pasal 3:1-4:16)
Perkembangan pikiran surat ini ditunda sekali lagi untuk memperingatkan kita akan suatu bahaya yang kita hadapi. Peringatan ini jauh lebih lengkap dan jelas dari yang pertama di dalam 2:1-4. Peringatan ini terdiri dari sebuah kutipan dari Mazmur 95:7-11 yang dikutip di dalam 3:7-11, dan diuraikan dalam 3:12-4:11. Inti dari peringatan ini adalah bahwa kita dihimbau untuk mencari pertolongan dari Imam Besar kita supaya kita tidak gagal seperti Israel gagal di padang gurun.
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Ibr 1:5--4:16 - -- II. Bagian Pertama: Raja/Anak Allah (1:5-4:16)
Di dalam bagian ini Tuhan Yesus dinyatakan sebagai Anak Allah yang Allah tetapkan sebagai Raja untuk ...
II. Bagian Pertama: Raja/Anak Allah (1:5-4:16)
Di dalam bagian ini Tuhan Yesus dinyatakan sebagai Anak Allah yang Allah tetapkan sebagai Raja untuk dunia yang akan datang. PerananNya sebagai Raja menjadi dasar peringatan kita, karena, sebagai seorang Raja yang menang, Dia akan mengumpulkan orang-orang yang setia kepadaNya untuk diberi kepercayaan melayani di dalam pemerintahanNya. Bukan sembarang orang akan Dia pilih, tetapi hanya mereka yang setia kepadaNya pada zaman ini. Seperti seorang jendral yang memenangkan wilayah yang luas, perwira-perwira yang dia anggap baik dan setia akan diberi wilayah dan kekuasaan dalam pemerintahannya yang baru.
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Ibr 4:15 - -- 4:15 ...yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita...
Di Israel, Imam Besar Israel hidup di dalam...
4:15 ...yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita...
Di Israel, Imam Besar Israel hidup di dalam istana yang sangat mewah, jauh dari penderitaan orang biasa. Tetapi Imam Besar kita tidak seperti itu. Dia "dapat turut merasakan kelemahan kita." Dia dulu bekerja sebagai tukang kayu. Dia dulu biasa berkeringat. Dia jalan kaki, sedangkan orang-orang besar naik kuda atau kereta yang mewah. Dan "Dia telah dicobai." Dia sudah mengalami seluruh kuasa penggodaan. Kita hanya tahu sebagian dari kuasa godaan, lalu kita jatuh, tetapi Dia mengalami seluruhnya, "hanya tidak berbuat dosa." Luar biasa, Imam Besar kita. Dia sangat mengerti penderitaan manusia, bukan hanya teorinya, tetapi kenyataan, dan Dia sudah mengerti mengenai godaan kita, tetapi Dia tidak pernah jatuh! Inilah Imam Besar yang diperlukan.
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Ibr 4:15 - -- 4:15 ...yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita...
Di Israel, Imam Besar Israel hidup di dalam...
4:15 ...yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita...
Di Israel, Imam Besar Israel hidup di dalam istana yang sangat mewah, jauh dari penderitaan orang biasa. Tetapi Imam Besar kita tidak seperti itu. Dia "dapat turut merasakan kelemahan kita." Dia dulu bekerja sebagai tukang kayu. Dia dulu biasa berkeringat. Dia jalan kaki, sedangkan orang-orang besar naik kuda atau kereta yang mewah. Dan "Dia telah dicobai." Dia sudah mengalami seluruh kuasa penggodaan. Kita hanya tahu sebagian dari kuasa godaan, lalu kita jatuh, tetapi Dia mengalami seluruhnya, "hanya tidak berbuat dosa." Luar biasa, Imam Besar kita. Dia sangat mengerti penderitaan manusia, bukan hanya teorinya, tetapi kenyataan, dan Dia sudah mengerti mengenai godaan kita, tetapi Dia tidak pernah jatuh! Inilah Imam Besar yang diperlukan.
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Ibr 4:16 - -- 4:16 Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia...
Berd...
4:16 Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia...
Berdasarkan ayat 15, kita dihimbau dalam 4:16 untuk "menghampiri takhta kasih karunia." Walaupun kita merasa putus asa karena kita "telanjang dan terbuka," dan karena dosa kita tidak "tersembunyi di hadapanNya," tetapi kita boleh lari kepada Dia "dengan penuh keberanian" karena memang Imam Besar kita siap melayani kita. Di sana ada "rahmat" dan "kasih karunia" bagi kita. Dan kita yang akan dihukum, sesuai dengan 4:12-13, sangat memerlukan rahmat dan kasih karunia!
...menghampiri takhta kasih karunia...
Dalam nats ini kata prosercomai/proserkhomai dipakai untuk pertama kali dalam surat ini. Di sini kata ini dipakai untuk mengajak orang percaya untuk "menghampiri" Tuhan.
Ringkasan dari peringatan ini (pasal 3-4)
Memang Israel gagal masuk perhentian mereka, tetapi kita akan berhasil masuk perhentian kita (menerima upah kita), asalkan kita melaksanakan tugas kita dengan setia dan tekun. Kita akan berhasil hanya melalui suatu hubungan yang erat dengan Imam Besar kita.
Ringkasan dari bagian ini (1:5-4:16)
Seperti apa yang dikatakan di atas, di dalam bagian ini, yaitu 1:5-4:16, Tuhan Yesus dinyatakan sebagai Anak Allah yang Allah tetapkan sebagai Raja untuk dunia yang akan datang. Peranan Dia sebagai Raja menjadi dasar dari peringatan yang diuraikan di atas.
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Ibr 4:16 - -- 4:16 Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia...
Berd...
4:16 Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia...
Berdasarkan ayat 15, kita dihimbau dalam 4:16 untuk "menghampiri takhta kasih karunia." Walaupun kita merasa putus asa karena kita "telanjang dan terbuka," dan karena dosa kita tidak "tersembunyi di hadapanNya," tetapi kita boleh lari kepada Dia "dengan penuh keberanian" karena memang Imam Besar kita siap melayani kita. Di sana ada "rahmat" dan "kasih karunia" bagi kita. Dan kita yang akan dihukum, sesuai dengan 4:12-13, sangat memerlukan rahmat dan kasih karunia!
...menghampiri takhta kasih karunia...
Dalam nats ini kata prosercomai/proserkhomai dipakai untuk pertama kali dalam surat ini. Di sini kata ini dipakai untuk mengajak orang percaya untuk "menghampiri" Tuhan.
Ringkasan dari peringatan ini (pasal 3-4)
Memang Israel gagal masuk perhentian mereka, tetapi kita akan berhasil masuk perhentian kita (menerima upah kita), asalkan kita melaksanakan tugas kita dengan setia dan tekun. Kita akan berhasil hanya melalui suatu hubungan yang erat dengan Imam Besar kita.
Ringkasan dari bagian ini (1:5-4:16)
Seperti apa yang dikatakan di atas, di dalam bagian ini, yaitu 1:5-4:16, Tuhan Yesus dinyatakan sebagai Anak Allah yang Allah tetapkan sebagai Raja untuk dunia yang akan datang. Peranan Dia sebagai Raja menjadi dasar dari peringatan yang diuraikan di atas.
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Ibr 5:1-4 - -- 1. Persyaratan Umum untuk Imam (5:1-4)
Untuk mencapai tujuan itu, persyaratannya harus lebih dahulu disebut. Ada empat persyaratan bagi seorang imam...
1. Persyaratan Umum untuk Imam (5:1-4)
Untuk mencapai tujuan itu, persyaratannya harus lebih dahulu disebut. Ada empat persyaratan bagi seorang imam.
Yang pertama, seorang imam adalah manusia, dan dia ditetapkan untuk mewakili manusia di hadapan Allah dengan "persembahan dan korban" (5:1).
Yang kedua disebut dalam 5:2: "Ia harus dapat mengerti orang-orang yang jahil...." Kata "mengerti" ini berarti "mengukur perasaannya sendiri." Ini berarti bahwa seorang imam harus dapat melayani dengan perasaan yang dikekang dan seimbang, tidak masa bodoh, dan tidak juga dikuasai dengan perasaan. Seharusnya dia dapat menguasai dirinya terhadap "yang jahil" dan "yang sesat" karena dia sendiri tidak sempurna, tetapi "penuh dengan kelemahan."
Yang ketiga disebut dalam 5:3, yaitu bahwa imam-imam harus juga "mempersembahkan korban...bagi dirinya sendiri." Selanjutnya di dalam 7:27 kita akan membaca bahwa dalam hal ini Tuhan Yesus tidak sama dengan imam biasa, karena Dia tidak berdosa (4:15) dan tidak perlu mempersembahkan korban bagi diriNya sendiri.
Yang keempat disebut dalam ayat empat: seorang imam harus "dipanggil oleh Allah" sendiri.
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Ibr 5:1-10 - -- A. Pendahuluan: Imam yang memenuhi persyaratan (5:1-10)
Inti dari pendahuluan ini adalah bahwa Tuhan Yesus memenuhi segala persyaratan untuk menjadi...
A. Pendahuluan: Imam yang memenuhi persyaratan (5:1-10)
Inti dari pendahuluan ini adalah bahwa Tuhan Yesus memenuhi segala persyaratan untuk menjadi Imam Besar.
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Ibr 5:1--10:39 - -- III. Bagian Kedua: Anak/Imam Allah (pasal 5:1-10:39)
Bagian yang pertama sudah menguraikan kepada kita dua kebenaran. 1) bahwa Yesus, yang ditahbis...
III. Bagian Kedua: Anak/Imam Allah (pasal 5:1-10:39)
Bagian yang pertama sudah menguraikan kepada kita dua kebenaran. 1) bahwa Yesus, yang ditahbiskan sebagai Raja oleh Allah, memiliki suatu posisi dan masa depan yang sangat mulia, dan 2) bahwa kita yang mengikuti Dia dengan setia akan menikmati suatu kemenangan/warisan yang mulia. Di dalam bagian itu Yesus direnungkan terutama sebagai Raja kita yang merintis kemenangan. Di dalam bagian yang kedua ini Yesus akan direnungkan terutama sebagai Imam Besar kita. Bukannya unsur ini tidak ada di dalam bagian pertama. Ada juga unsur ini (2:17, 3:1-6, dan 4:14-16), tetapi tidak menonjol sebagai tema utama. Sekarang, di dalam bagian kedua ini, peranan Yesus sebagai Imam Besar kita akan direnungkan, dan, sama dengan apa yang ada dalam bagian pertama, beberapa peringatan akan disisipkan di dalam renungan ini.
Pada hakekatnya bagian ini (pasal 5-10) berkata bahwa Yesus adalah Imam Besar Agung, yang layak, yang lebih baik, dan yang menjadi dasar yang kuat bagi pahala kita, maka kita harus mendekati Tuhan Allah kita.
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Ibr 5:5 - -- 5:5 ...Kristus tidak memuliakan diriNya sendiri...
Dengan ini si penulis mengutip nats dari Kitab Mazmur untuk membuktikan bahwa Tuhan Yesus tidak me...
5:5 ...Kristus tidak memuliakan diriNya sendiri...
Dengan ini si penulis mengutip nats dari Kitab Mazmur untuk membuktikan bahwa Tuhan Yesus tidak menetapkan diriNya sebagai Imam Besar. Nats yang pertama, dari Maz. 2:7, dikutip sekali lagi, rupanya untuk mengingatkan kita bahwa Yesus tidak menetapkan diriNya untuk menjadi Raja. Nats yang kedua (dari Maz. 110:4) dikutip untuk menyatakan bahwa sama seperti Dia ditetapkan oleh Allah untuk menjadi Raja, juga Dia ditetapkan oleh Allah untuk menjadi Imam. Satu ayat yang lain (110:1) dari mazmur ini sudah dikutip di dalam Ibrani 1:13, sehingga Maz. 110 menjembatani panggilan Tuhan Yesus untuk menjadi Raja dengan panggilanNya untuk menjadi Imam Besar. Memang, Mazmur 110 menceritakan "Penobatan Raja Imam."
Setelah persyaratan yang keempat ditangani, yang pertama ditangani dengan berkata bahwa Dia "mempersembahkan doa dan permohonan."
Lalu kemudian persyaratan yang kedua ditangani, karena Dia sudah menderita, "dengan ratap tangis...."
Setelah itu, persyaratan yang ketiga ditangani. Tetapi ini lain dari yang lain, karena Dia tidak berdosa, dan tidak mempersembahkan apa-apa untuk diriNya. Dia "sempurna," dan menjadi "pokok keselamatan." Kata "sempurna" ini dapat berarti "sempurna," dapat juga berarti "dewasa," atau "siap," "diperlengkapi untuk tugasnya." Bisa diamati bahwa sama seperti istilah ini dipakai di sini berkaitan dengan tugasNya sebagai Imam Besar, juga di dalam 2:10 istilah yang sama dipakai berkaitan dengan tugasNya sebagai Raja dan Perintis kita pada kemenanganNya.
Akhirnya persyaratan yang keempat ditangani lagi. "Ia dipanggil menjadi Imam Besar oleh Allah." Ini ditegaskan oleh si penulis dengan dikemukakan dua kali. Tuhan Yesus tidak mencari kemuliaan, tetapi peranan ini ditentukan oleh Allah.
Pokoknya, Tuhan Yesus memenuhi segala persyaratan untuk menjadi imam.
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Ibr 5:5-10 - -- 2. AnakNya menjadi Imam (5:5-10)
Di dalam bagian ini apa yang sudah dikatakan mengenai persyaratan untuk menjadi imam akan dipertimbangkan dari sudut...
2. AnakNya menjadi Imam (5:5-10)
Di dalam bagian ini apa yang sudah dikatakan mengenai persyaratan untuk menjadi imam akan dipertimbangkan dari sudut Tuhan Yesus. Persyaratan yang keempat ditangani lebih dahulu.
![](images/cmt_minus.gif)
Hagelberg: Ibr 5:5 - -- 5:5 ...Kristus tidak memuliakan diriNya sendiri...
Dengan ini si penulis mengutip nats dari Kitab Mazmur untuk membuktikan bahwa Tuhan Yesus tidak me...
5:5 ...Kristus tidak memuliakan diriNya sendiri...
Dengan ini si penulis mengutip nats dari Kitab Mazmur untuk membuktikan bahwa Tuhan Yesus tidak menetapkan diriNya sebagai Imam Besar. Nats yang pertama, dari Maz. 2:7, dikutip sekali lagi, rupanya untuk mengingatkan kita bahwa Yesus tidak menetapkan diriNya untuk menjadi Raja. Nats yang kedua (dari Maz. 110:4) dikutip untuk menyatakan bahwa sama seperti Dia ditetapkan oleh Allah untuk menjadi Raja, juga Dia ditetapkan oleh Allah untuk menjadi Imam. Satu ayat yang lain (110:1) dari mazmur ini sudah dikutip di dalam Ibrani 1:13, sehingga Maz. 110 menjembatani panggilan Tuhan Yesus untuk menjadi Raja dengan panggilanNya untuk menjadi Imam Besar. Memang, Mazmur 110 menceritakan "Penobatan Raja Imam."
Setelah persyaratan yang keempat ditangani, yang pertama ditangani dengan berkata bahwa Dia "mempersembahkan doa dan permohonan."
Lalu kemudian persyaratan yang kedua ditangani, karena Dia sudah menderita, "dengan ratap tangis...."
Setelah itu, persyaratan yang ketiga ditangani. Tetapi ini lain dari yang lain, karena Dia tidak berdosa, dan tidak mempersembahkan apa-apa untuk diriNya. Dia "sempurna," dan menjadi "pokok keselamatan." Kata "sempurna" ini dapat berarti "sempurna," dapat juga berarti "dewasa," atau "siap," "diperlengkapi untuk tugasnya." Bisa diamati bahwa sama seperti istilah ini dipakai di sini berkaitan dengan tugasNya sebagai Imam Besar, juga di dalam 2:10 istilah yang sama dipakai berkaitan dengan tugasNya sebagai Raja dan Perintis kita pada kemenanganNya.
Akhirnya persyaratan yang keempat ditangani lagi. "Ia dipanggil menjadi Imam Besar oleh Allah." Ini ditegaskan oleh si penulis dengan dikemukakan dua kali. Tuhan Yesus tidak mencari kemuliaan, tetapi peranan ini ditentukan oleh Allah.
Pokoknya, Tuhan Yesus memenuhi segala persyaratan untuk menjadi imam.
![](images/cmt_minus_head.gif)
buka semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry: Ibr 4:11-16 - Nasihat yang Sungguh-sungguh; Keimaman Kristus Nasihat yang Sungguh-sungguh; Keimaman Kristus (4:11-16)
Di bagian terakhir dari pasal ini, Rasul Paulus memberi penutup, pertama, dengan sebuah na...
![](images/cmt_minus.gif)
Matthew Henry: Ibr 5:1-9 - Keimaman Kristus
Dalam pasal ini Rasul Paulus melanjutkan pembicaraannya mengenai keimaman Kristus, sebuah pokok bahasan yang manis, yang tidak ingin cepat-cepat d...
![](images/cmt_minus.gif)
Matthew Henry: Ibr 5:10-14 - Keimaman Kristus Keimaman Kristus (5:10-14)
Di sini Rasul Paulus kembali pada hal yang sudah diungkapkannya di pasal 6, yang dikutip dari Mazmur 110:4, perihal pera...
SH: Ibr 4:14--5:10 - Apakah hari ini saudara merasa sangat sedih? (Kamis, 7 Oktober 1999) Apakah hari ini saudara merasa sangat sedih?
Yesus pernah merasakannya, bahkan "seperti mau mati rasanya" (Mat. 26:38).
Keagungan.
Yesus dise...
![](images/cmt_minus.gif)
SH: Ibr 4:14--5:10 - Setia seperti Kristus (Rabu, 26 Oktober 2005) Setia seperti Kristus
Dengan kekuatan diri sendiri, tidak seorang pun sanggup setia
kepada Allah. Tantangan dan godaan yang berat dapat menyebab...
![](images/cmt_minus.gif)
SH: Ibr 4:14-16 - Imam Agung yang Sempurna (Selasa, 8 Agustus 2017) Imam Agung yang Sempurna
Tidak sedikit manusia yang masih mencari jalan menuju keselamatan.Banyak cara digunakan agar mereka beroleh keselamatan. Buk...
![](images/cmt_minus.gif)
SH: Ibr 4:14--5:10 - Imam Besar Kita yang Sempurna (Minggu, 25 Juni 2023) Imam Besar Kita yang Sempurna
Di dunia ini ada banyak tokoh yang bisa kita jadikan teladan. Namun, mereka tetaplah manusia yang memiliki kelemahan, y...
![](images/cmt_minus.gif)
SH: Ibr 5:1-10 - Belajar dari Ketaatan Yesus (Rabu, 9 Agustus 2017) Belajar dari Ketaatan Yesus
Memang mudah untuk taat ketika Allah memberikan apa yang menjadi keinginan hati kita. Tentu kita menerimanya dengan hati ...
Utley: Ibr 4:14-16 - --NASKAH NASB (UPDATED): Ibr 4:14-16 (untuk unit tulisan yang lebih penuh sampai Ibr 5:10)14 Karena kita sekarang mempunyai Imam Besar Agung, yang telah...
![](images/cmt_minus.gif)
Utley: Ibr 5:1-4 - --NASKAH NASB (UPDATED): Ibr 5:1-41 Sebab setiap imam besar, yang dipilih dari antara manusia, ditetapkan bagi manusia dalam hubungan mereka dengan Alla...
![](images/cmt_minus.gif)
Utley: Ibr 5:5-10 - --NASKAH NASB (UPDATED): Ibr 5:5-105 Demikian pula Kristus tidak memuliakan diri-Nya sendiri dengan menjadi Imam Besar, tetapi dimuliakan oleh Dia yang ...
Topik Teologia: Ibr 4:14 - -- Yesus Kristus
Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus
Imam Besar
Maz 110:4 Ibr 2:17 Ibr 3:1 Ibr 4:14 Ibr 6:20
Wahyu Allah
...
![](images/cmt_minus.gif)
Topik Teologia: Ibr 4:15 - -- Yesus Kristus
Penggenapan
Luk 22:15 Luk 22:44 Ibr 4:15
Keilahian Kristus
Dia Memperlihatkan Rasa Simpati
...
![](images/cmt_minus.gif)
Topik Teologia: Ibr 4:16 - -- Allah yang Berpribadi
Atribut-Atribut Allah
Yesus Kristus
Takhta Kasih Karunia
Kel 25:17-22 Rom 3:25 Ibr 4:16
...
![](images/cmt_minus.gif)
Topik Teologia: Ibr 5:1 - -- Keselamatan
Panggilan
Natur Panggilan
Untuk Apa Allah Memanggil Manusia
Allah Memanggil Manusia untuk Pelayanan Kudus
Ib...
![](images/cmt_minus.gif)
Topik Teologia: Ibr 5:2 - -- Keselamatan
Panggilan
Natur Panggilan
Untuk Apa Allah Memanggil Manusia
Allah Memanggil Manusia untuk Pelayanan Kudus
...
![](images/cmt_minus.gif)
Topik Teologia: Ibr 5:4 - -- Yesus Kristus
Kristus dalam Perjanjian Lama
Kristus dalam Pelambangan
Pribadi yang Melambangkan Kristus
Harun
...
![](images/cmt_minus.gif)
Topik Teologia: Ibr 5:5 - -- Yesus Kristus
Harun
Kel 28:1 Ibr 5:4-5
Penggenapan
Luk 23:34 Rom 8:34 Ibr 5:5-9 Ibr 6:19-20 Ib...
![](images/cmt_minus.gif)
Topik Teologia: Ibr 5:6 - -- Yesus Kristus
Imam
Ibr 2:17 Ibr 3:1 Ibr 5:6 Ibr 8:1-2 Ibr 9:7,11-12,24 Ibr 10:21
Penggenapan
L...
![](images/cmt_minus.gif)
Topik Teologia: Ibr 5:7 - -- Yesus Kristus
Nubuat-nubuat tentang Kristus
Nubuat-nubuat tentang Kristus dan Penggenapannya
Keadaan dan Peristiwa yang Berkenaan ...
![](images/cmt_minus.gif)
Topik Teologia: Ibr 5:8 - -- Yesus Kristus
Melkisedek
Kej 14:18-20 Ibr 5:8-10 Ibr 7:1-17
Penggenapan
Luk 23:34 Rom 8:34 Ibr...
![](images/cmt_minus.gif)
Topik Teologia: Ibr 5:9 - -- Yesus Kristus
Melkisedek
Kej 14:18-20 Ibr 5:8-10 Ibr 7:1-17
Penggenapan
Luk 23:34 Rom 8:34 Ibr...
![](images/cmt_minus.gif)
Topik Teologia: Ibr 5:10 - -- Yesus Kristus
Kristus dalam Perjanjian Lama
Kristus dalam Pelambangan
Pribadi yang Melambangkan Kristus
Melkisedek
...
TFTWMS: Ibr 4:14-16 - Kristus, Imam Besar Kita Kristus, Imam Besar Kita (Ibrani 4:14-16)
14 Karena kita sekarang mempunyai Imam Besar Agung, yang telah melintasi semua langit, yaitu Yesus, Anak Al...
![](images/cmt_minus.gif)
TFTWMS: Ibr 4:14 - Imam Besar Yang Memadai IMAM BESAR YANG MEMADAI (Ibrani 4:14)
Istilah "Imam Besar" (aÓrciereu/ß, archiereus) digunakan terutama mengenai imam besar Yahudi; tapi ...
![](images/cmt_minus.gif)
TFTWMS: Ibr 4:15 - Imam Besar Yang Simpatik IMAM BESAR YANG SIMPATIK (Ibrani 4:15)
Yesus adalah manusia dan ilahi—Imam Besar yang mewakili manusia kepada Allah dan Anak Allah yang mewakili Al...
![](images/cmt_minus.gif)
TFTWMS: Ibr 4:16 - Imam Besar Yang Berbelas Kasihan IMAM BESAR YANG BERBELAS KASIHAN (Ibrani 4:16)
Setelah memiliki Imam Besar penuh pengertian seperti itu, kita bisa datang kepada Bapa melalui Dia den...
![](images/cmt_minus.gif)
TFTWMS: Ibr 5:1-4 - Peranan Imam Besar Peranan Imam Besar (Ibrani 5:1-4)
1 Sebab setiap imam besar, yang dipilih dari antara manusia, ditetapkan bagi manusia dalam hubungan mereka dengan A...
![](images/cmt_minus.gif)
TFTWMS: Ibr 5:1-2 - Imam Besar, Pengantara IMAM BESAR, PENGANTARA (Ibrani 5:1, 2)
Kebutuhan akan seorang imam menyiratkan adanya keterpisahan manusia dari Allah. Kita punya masalah dalam mengh...
![](images/cmt_minus.gif)
TFTWMS: Ibr 5:3 - Imam Besar, Orang Yang Mempersembahkan Korban Dosa IMAM BESAR, ORANG YANG MEMPERSEMBAHKAN KORBAN DOSA (Ibrani 5:3)
Satu tema kitab Ibrani adalah mempersembahkan korban (lihat 5:1). Kata prosfe÷rw (pr...
![](images/cmt_minus.gif)
TFTWMS: Ibr 5:4 - Imam Besar, Orang Yang Dipanggil Secara Ilahiyat IMAM BESAR, ORANG YANG DIPANGGIL SECARA ILAHIYAT (Ibrani 5:4)
Ayat 4 menunjukkan karakteristik lain tentang jabatan imam besar: Orang tidak bisa meng...
![](images/cmt_minus.gif)
TFTWMS: Ibr 5:5-10 - Yesus Memenuhi Syarat Sebagai Imam Besar Kita Yesus Memenuhi Syarat Sebagai Imam Besar Kita (Ibrani 5:5-10)
5 Demikian pula Kristus tidak memuliakan diri-Nya sendiri dengan menjadi Imam Besar, te...
![](images/cmt_minus.gif)
TFTWMS: Ibr 5:5-6 - Ia Dimuliakan IA DIMULIAKAN (Ibrani 5:5, 6)
5 Demikian pula Kristus tidak memuliakan diri-Nya sendiri dengan menjadi Imam Besar, tetapi dimuliakan oleh Dia yang be...
![](images/cmt_minus.gif)
TFTWMS: Ibr 5:7 - Ia Berdoa Dengan Kuasa IA BERDOA DENGAN KUASA (Ibrani 5:7)
7 Dalam hidup-Nya sebagai manusia, Ia telah mempersembahkan doa dan permohonan dengan ratap tangis dan keluhan ke...
![](images/cmt_minus.gif)
TFTWMS: Ibr 5:8-9 - Ia Belajar Menjadi Taat IA BELAJAR MENJADI TAAT (Ibrani 5:8, 9)
8 Dan sekalipun Ia adalah Anak, Ia telah belajar menjadi taat dari apa yang telah diderita-Nya, 9dan sesudah ...
![](images/cmt_minus.gif)