Teks -- 2 Korintus 5:1-14 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: 2Kor 5:1 - JIKA KEMAH ... DI BUMI INI.
Nas : 2Kor 5:1
Paulus menggunakan anak kalimat yang bersyarat, "jika kemah tempat
kediaman kita di bumi ini dibongkar", karena dia tahu bahwa Krist...
Nas : 2Kor 5:1
Paulus menggunakan anak kalimat yang bersyarat, "jika kemah tempat kediaman kita di bumi ini dibongkar", karena dia tahu bahwa Kristus bisa kembali dengan segera, sehingga dia tidak akan mengalami kematian; sebaliknya tubuhnya akan langsung diubah
(lihat art. KEANGKATAN GEREJA).
Kedua kemungkinan yang sama ini (kematian atau pengubahan) berlaku bagi orang percaya pada masa kini. Kristus telah menyatakan bahwa kita tidak mengetahui hari atau jam kedatangan-Nya (Mat 24:36,42,44); karena peristiwa ini sudah dekat, maka kita memiliki motivasi yang kuat untuk hidup kudus
(lihat cat. --> Mat 24:42;
[atau ref. Mat 24:42]
Full Life: 2Kor 5:1 - KEMAH ... DI BUMI ... SUATU TEMPAT KEDIAMAN.
Nas : 2Kor 5:1
Teks :
1) Istilah "kemah di bumi" menunjuk kepada tubuh orang percaya di bumi
atau kepada kehidupan orang percaya di bumi.
...
Nas : 2Kor 5:1
Teks :- 1) Istilah "kemah di bumi" menunjuk kepada tubuh orang percaya di bumi atau kepada kehidupan orang percaya di bumi.
- 2) "Suatu tempat kediaman di sorga bagi kita, suatu tempat kediaman
yang kekal, yang tidak dibuat oleh tangan manusia" mungkin menunjuk
kepada tubuh sementara yang dipersiapkan bagi orang percaya di sorga,
sementara mereka menantikan kebangkitan tubuh mereka atau kepada
lingkungan keberadaan sorgawi.
Beberapa orang telah memakai ayat-ayat yang sulit ini untuk mengajarkan
bahwa setelah kematian dan sementara menantikan kebangkitan, orang percaya
berada sebagai roh-roh yang tak berwujud, bayangan yang samar-samar atau
jiwa-jiwa yang tanpa bentuk. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa baik
Musa maupun Elia telah menampakkan diri dengan suatu tubuh sorgawi di atas
Gunung Pemuliaan itu, sekalipun mereka juga sedang menanti-nantikan tubuh
kebangkitan mereka
(lihat art. KEBANGKITAN TUBUH).
Lebih lanjut, dalam kitab Wahy 6:9-11 jiwa-jiwa dalam sorga mengenakan jubah putih dan digambarkan sebagai oknum yang dapat dilihat; mereka bukan jiwa tanpa bentuk.
Full Life: 2Kor 5:8 - MENETAP PADA TUHAN.
Nas : 2Kor 5:8
Ayat ini dan ayat-ayat lain (mis. Luk 23:42-43; Fili 1:23) dengan
jelas mengajarkan bahwa tidak ada selang waktu antara kematian dan...
Nas : 2Kor 5:8
Ayat ini dan ayat-ayat lain (mis. Luk 23:42-43; Fili 1:23) dengan jelas mengajarkan bahwa tidak ada selang waktu antara kematian dan kehidupan yang akan datang
(lihat art. KEMATIAN).
Kematian orang percaya membawanya dengan segera ke hadapan Kristus (1Kor 13:12). Demikianlah, "mati adalah keuntungan" (Fili 1:21). Hal ini tidak berarti bahwa Kristus tidak hadir bersama dengan orang percaya sekarang, sebab pekerjaan Roh Kudus ialah untuk menyampaikan kehadiran Kristus kepada orang percaya
(lihat art. AJARAN TENTANG ROH KUDUS).
Tetapi hal ini menunjukkan bahwa kita sekarang ada bersama dengan Tuhan oleh iman dan bukan oleh penglihatan (Ibr 11:1).
Full Life: 2Kor 5:10 - TAKHTA PENGADILAN KRISTUS.
Nas : 2Kor 5:10
Untuk penjelasan mengenai apa yang terjadi kepada orang percaya pada
hari penghakiman,
lihat art. PENGADILAN ORANG PERCA...
Nas : 2Kor 5:10
Untuk penjelasan mengenai apa yang terjadi kepada orang percaya pada hari penghakiman,
lihat art. PENGADILAN ORANG PERCAYA).
Jerusalem: 2Kor 2:14--7:4 - -- Bagian ini menyimpang dari jalan pikiran mengenai beberapa peristiwa yang dialami Paulus, 2Ko 2:13, diteruskan dalam 2Ko 7:5. Bagian 2Ko 2:14-7:4 meng...
Bagian ini menyimpang dari jalan pikiran mengenai beberapa peristiwa yang dialami Paulus, 2Ko 2:13, diteruskan dalam 2Ko 7:5. Bagian 2Ko 2:14-7:4 menguraikan tentang karya kerasulan.
Jerusalem: 2Kor 5:1-10 - -- Ayat-ayat ini meneruskan 2Ko 4:16-18. Dalam 2Ko 4:16-18 diperlawankan manusia lahiriah yang semakin merosot dengan manusia batiniah yang semakin menin...
Ayat-ayat ini meneruskan 2Ko 4:16-18. Dalam 2Ko 4:16-18 diperlawankan manusia lahiriah yang semakin merosot dengan manusia batiniah yang semakin meningkat, 2Ko 5:16; bdk Rom 7:22+. Manusia batiniah itu sama dengan "manusia baru" yang disebut dalam Kol 3:10+. Manusia batiniah adalah jaminan Roh Kudus, 2Ko 5:5; bdk Rom 8:23. Kepenuhannya baru diberikan melalui kebangkitan, waktu orang beriman menempati tempat kediaman sorgawi, 2Ko 5:2, ialah tubuh rohaniah, 1Ko 15:44. Karenanya orang Kristen dengan hangat merindukan, 2Ko 5:2, kepenuhan itu. Mereka ingin bahwa tidak pernah akan kekurangan kepenuhan itu, meski untuk sementara waktu sekalipun akibat kematian yang mendatangi mereka sebelum Kedatangan Tuhan, 2Ko 5:4. Mereka ingin masih hidup waktu Parusia. Tetapi bdk 2Ko 5:8+.
Jerusalem: 2Kor 5:3 - tidak akan didapati telanjang Terjemahan lain: asal kita tidak akan didapati telanjang. Kalau demikian, maka artinya: asal kita masih hidup waktu Tuhan datang dalam kemuliaanNya. P...
Terjemahan lain: asal kita tidak akan didapati telanjang. Kalau demikian, maka artinya: asal kita masih hidup waktu Tuhan datang dalam kemuliaanNya. Paulus sendiri ingin termasuk dalam kalangan mereka yang masih hidup waktu Tuhan datang, sehingga tubuhnya dirobah saja dengan tidak mengalami kematian dahulu. Orang yang di waktu itu masih hidup seolah-olah mengenakan "tubuh rohaniah" di atas "tubuh alamiah", 1Ko 15:44,53,54, sehingga "tubuh rohaniah" "mengisap" "tubuh alamiah".
Jerusalem: 2Kor 5:7 - -- Bdk 1Ko 13:12. Diperlawankan "percaya" dengan "melihat", sebagai yang tidak sempurna dengan yang sempurna. Ayat ini cukup penting oleh karena menonjol...
Bdk 1Ko 13:12. Diperlawankan "percaya" dengan "melihat", sebagai yang tidak sempurna dengan yang sempurna. Ayat ini cukup penting oleh karena menonjolkan bahwa "percaya" menyangkut unsur "mengetahui".
Jerusalem: 2Kor 5:8 - -- Di sini dan dalam Fili 1:23 rupanya Paulus berpikir kemungkinan bahwa seorang Kristen dipersatukan dengan Kristus segera setelah meninggal dunia. Hara...
Di sini dan dalam Fili 1:23 rupanya Paulus berpikir kemungkinan bahwa seorang Kristen dipersatukan dengan Kristus segera setelah meninggal dunia. Harapan akan kebahagiaan (jiwa) manusia sebelum kebangkitan badan di akhir zaman tidak bertentangan dengan ajaran Kitab Suci tentang kebangkitan itu, Rom 2:6+; 1Ko 15:44. Tetapi harapan semacam itu jelas terpengaruh oleh alam pikiran Yunani yang mengenal "jiwa" yang dapat dipisahkan dari tubuh. Pandangan Yunani ini sudah memasuki pandangan Yahudi di zaman itu juga, bdk Luk 16:22; 23:43; 1Pe 3:19+. Bandingkan pandangan tentang ekstase di mana jiwa terpisah dari tubuh dalam 2Ko 12:2 dst; bdk Wah 1:10; 4:2; 17:3; 21:10.
Jerusalem: 2Kor 5:13 - tidak menguasai diri Paulus menyinggung peristiwa yang terjadi dahulu. Waktu menulis suratnya dahulu "dengan mencucurkan banyak air mata", 2Ko 2:4, Paulus tentu saja "tida...
Paulus menyinggung peristiwa yang terjadi dahulu. Waktu menulis suratnya dahulu "dengan mencucurkan banyak air mata", 2Ko 2:4, Paulus tentu saja "tidak menguasai diri" dengan maksud menunjukkan tuntutan-tuntutan mutlak dari pihak Allah. Kalau sekarang "menguasai diri" maka Paulus menguasai diri untuk "kepentingan kamu", artinya: ia merelakan diri bagi jemaat di Korintus supaya dapat "meyakinkan orang", 2Ko 5:11. Tetapi bagaimanapun juga Paulus selalu bertindak oleh karena "dikuasai kasih Kristus", 2Ko 5:14.
Jerusalem: 2Kor 5:14 - mati untuk semua Kristus telah mati untuk semua, artinya: sebagai pengganti semua manusia. Sebagai kepala umat manusia Kristus mewakili semua. Tetapi apa yang dalam ke...
Kristus telah mati untuk semua, artinya: sebagai pengganti semua manusia. Sebagai kepala umat manusia Kristus mewakili semua. Tetapi apa yang dalam kematian Kristus itu bernilai bagi Allah ialah ketaatan kasih yang menyatakan diri dalam seluruh hidup Kristus demi orang lain, Rom 5:19+; Fili 2:8; bdk Luk 22:42 dsj; Yoh 15:13; Ibr 10:9-10. Orang beriman mengambil bagian dalam kematian Kristus itu melalui baptisan, Rom 6:3-6, tetapi kemudian wajib meneguhkan korban Kristus itu dalam hidup mereka, 2Ko 5:15; Rom 6:8-11.
Ende -> 2Kor 5:1; 2Kor 5:2; 2Kor 5:5; 2Kor 5:6-8; 2Kor 5:9-10; 2Kor 5:11; 2Kor 5:11; 2Kor 5:12; 2Kor 5:12; 2Kor 5:13; 2Kor 5:13; 2Kor 5:14-15; 2Kor 5:14-15
Ende: 2Kor 5:1 - Kemah "rumah". Tubuh jang fana diumpamakan dengan "kemah" tempat kediaman
jang sederhana dan tidak tetap. Bentuk tubuh jang dibangkitkan dalam kemuliaan
aba...
"rumah". Tubuh jang fana diumpamakan dengan "kemah" tempat kediaman jang sederhana dan tidak tetap. Bentuk tubuh jang dibangkitkan dalam kemuliaan abadi disini dinamakan "rumah" jang memang lebih indah, lengkap dan kukuh dari kemah.
Ende: 2Kor 5:2 - Dikenakan Kiasan rumah disini mulai diganti dengan kiasan lain, jang
membahagiakan rupa tubuh abadi sebagai suatu pakaian (selubung jang indah).
Batja 1Ko 15:50...
Kiasan rumah disini mulai diganti dengan kiasan lain, jang membahagiakan rupa tubuh abadi sebagai suatu pakaian (selubung jang indah). Batja 1Ko 15:50-54 pula.
Ende: 2Kor 5:5 - Petaruh roh Kemuliaan abadi sudah pasti sebab terdjamin oleh roh Kudus
jang hidup dalam kita. Pada pokoknja didunia kita sudah mempunjai bagian dalam
hidup dan ke...
Kemuliaan abadi sudah pasti sebab terdjamin oleh roh Kudus jang hidup dalam kita. Pada pokoknja didunia kita sudah mempunjai bagian dalam hidup dan kemuliaan abadi.
Ende: 2Kor 5:6-8 - -- Ketiga ajat ini agak kabur susunannja. Dapat ditafsirkan sebagai berikut. Paulus
tidak takut mati, malahan ingin mati, sebab itu berarti masuk tanah-a...
Ketiga ajat ini agak kabur susunannja. Dapat ditafsirkan sebagai berikut. Paulus tidak takut mati, malahan ingin mati, sebab itu berarti masuk tanah-air jang sedjati, dan untuk selama-lamanja hidup dalam pergaulan mesra dengan Jesus jang pernah dilihatnja dalam kemuliaanNja. Umat patut berpikir demikian djuga. disini terang pula bahwa Paulus jakin, bahwa keadaan itu tertjapai segera sesudah matinja tubuh, biarpun djiwa masih dalam keadaan "telandjang."
Ende: 2Kor 5:9-10 - -- Hal mati atau tidak mati tidak penting. Penting sadja memenuhi kehendak Allah.
Itu sadja jang mendjadi ukuran kemuliaan pada pengadilan terachir.
Hal mati atau tidak mati tidak penting. Penting sadja memenuhi kehendak Allah. Itu sadja jang mendjadi ukuran kemuliaan pada pengadilan terachir.
Ende: 2Kor 5:11 - Mengingat takut kepada Allah Paulus merasa bahwa ia bertanggung-djawab
atas keselamatan abadi dirinja sendiri dan segala orang jang dipertjajakan
kepadanja.
Paulus merasa bahwa ia bertanggung-djawab atas keselamatan abadi dirinja sendiri dan segala orang jang dipertjajakan kepadanja.
akan kebenaran Indjil.
Ende: 2Kor 5:12 - Membela kehormatan kami mengakui dan dimana-mana mengemukakan bahwa
Paulus rasul mereka jang sah, lagi pula membuktikan keluhurannja didepan para
penentangnja.
mengakui dan dimana-mana mengemukakan bahwa Paulus rasul mereka jang sah, lagi pula membuktikan keluhurannja didepan para penentangnja.
Ende: 2Kor 5:12 - Ada pada muka berlagak dan berkedok djudjur dan bertjita-tjita murni
tetapi bermuka dua: dalam hatinja litjik dan palsu.
berlagak dan berkedok djudjur dan bertjita-tjita murni tetapi bermuka dua: dalam hatinja litjik dan palsu.
Ende: 2Kor 5:13 - Kegila-gilaan "menahan diri". Mungkin ada jang mengedjek bahwa
pembitjaraan Paulus jang bersemangat terlalu berlebih-lebihan, dan antjaman-antjamannja
mirip dengan ...
"menahan diri". Mungkin ada jang mengedjek bahwa pembitjaraan Paulus jang bersemangat terlalu berlebih-lebihan, dan antjaman-antjamannja mirip dengan kegila-gilaan. Djawab Paulus: Bila benar berlebih-lebihan maka itu terdorong karena tjinta kepada Allah.
Ende: 2Kor 5:13 - Menahan diri : berbitjara dan bertindak dengan sabar dan tenang. Ada lain
tafsiran lagi jang didasarkan pada utjapan-utjapan Paulus dalam 1Ko 14:2-3
dan 1Ko 14:18....
: berbitjara dan bertindak dengan sabar dan tenang. Ada lain tafsiran lagi jang didasarkan pada utjapan-utjapan Paulus dalam 1Ko 14:2-3 dan 1Ko 14:18. Menurut tafsiran itu "kegila-gilaan" dapat diganti dengan "terlandjur" dalam arti, bahwa Paulus demikian dikuasai kurnia-kurnia Roh Kudus, sehingga ia tidak sadar akan dirinja lagi dan dengan perkataan-perkataan jang meluap memuliakan Allah. (1Ko 14:3 dan 1Ko 14:19).
Ende: 2Kor 5:14-15 - Tjinta Kristus Aslinja dapat diartikan: tjinta Kristus kepada Paulus dan
seluruh umat manusia, atau djuga tjinta Paulus kepada Kristus.
Aslinja dapat diartikan: tjinta Kristus kepada Paulus dan seluruh umat manusia, atau djuga tjinta Paulus kepada Kristus.
Dapat diterdjemahkan djuga: "bagi semua manusia".
Ref. Silang FULL: 2Kor 5:1 - tempat kediaman // di bumi · tempat kediaman: Yes 38:12; 2Pet 1:13,14
· di bumi: 1Kor 15:47
· tempat kediaman: Yes 38:12; 2Pet 1:13,14
· di bumi: 1Kor 15:47
Ref. Silang FULL: 2Kor 5:2 - kita mengeluh // tempat kediaman · kita mengeluh: 2Kor 5:4; Rom 8:23
· tempat kediaman: 2Kor 5:4; 1Kor 15:53,54
· kita mengeluh: 2Kor 5:4; Rom 8:23
· tempat kediaman: 2Kor 5:4; 1Kor 15:53,54
Ref. Silang FULL: 2Kor 5:4 - kita mengeluh // mengenakan pakaian · kita mengeluh: 2Kor 5:2; Rom 8:23
· mengenakan pakaian: 2Kor 5:2; 1Kor 15:53,54
· kita mengeluh: 2Kor 5:2; Rom 8:23
· mengenakan pakaian: 2Kor 5:2; 1Kor 15:53,54
· telah disediakan: Rom 8:23; 2Kor 1:22; Ef 1:13,14
· karena melihat: 1Kor 13:12; 2Kor 4:18; [Lihat FULL. 2Kor 4:18]
Ref. Silang FULL: 2Kor 5:9 - berkenan kepada-Nya · berkenan kepada-Nya: Rom 14:18; Ef 5:10; Kol 1:10; 1Tes 4:1
Ref. Silang FULL: 2Kor 5:10 - patut diterimanya · patut diterimanya: Mat 16:27; Mat 16:27; Kis 10:42; Rom 2:16; 14:10; Ef 6:8
· patut diterimanya: Mat 16:27; [Lihat FULL. Mat 16:27]; Kis 10:42; Rom 2:16; 14:10; Ef 6:8
Ref. Silang FULL: 2Kor 5:11 - akan Tuhan // bagi pertimbangan · akan Tuhan: Ayub 23:15; Ibr 10:31; 12:29; Yud 1:23
· bagi pertimbangan: 2Kor 4:2
· akan Tuhan: Ayub 23:15; Ibr 10:31; 12:29; Yud 1:23
· bagi pertimbangan: 2Kor 4:2
Ref. Silang FULL: 2Kor 5:12 - sekali lagi // memegahkan kami · sekali lagi: 2Kor 3:1; 2Kor 3:1
· memegahkan kami: 2Kor 1:14
· menguasai diri: 2Kor 11:1,16,17; 12:11