kecilkan semua  

Teks -- Roma 12:9-21 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Nasihat untuk hidup dalam kasih
12:9 Hendaklah kasih itu jangan pura-pura! Jauhilah yang jahat dan lakukanlah yang baik. 12:10 Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat. 12:11 Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan. 12:12 Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa! 12:13 Bantulah dalam kekurangan orang-orang kudus dan usahakanlah dirimu untuk selalu memberikan tumpangan! 12:14 Berkatilah siapa yang menganiaya kamu, berkatilah dan jangan mengutuk! 12:15 Bersukacitalah dengan orang yang bersukacita, dan menangislah dengan orang yang menangis! 12:16 Hendaklah kamu sehati sepikir dalam hidupmu bersama; janganlah kamu memikirkan perkara-perkara yang tinggi, tetapi arahkanlah dirimu kepada perkara-perkara yang sederhana. Janganlah menganggap dirimu pandai! 12:17 Janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan; lakukanlah apa yang baik bagi semua orang! 12:18 Sedapat-dapatnya, kalau hal itu bergantung padamu, hiduplah dalam perdamaian dengan semua orang! 12:19 Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah kamu sendiri menuntut pembalasan, tetapi berilah tempat kepada murka Allah, sebab ada tertulis: Pembalasan itu adalah hak-Ku. Akulah yang akan menuntut pembalasan, firman Tuhan. 12:20 Tetapi, jika seterumu lapar, berilah dia makan; jika ia haus, berilah dia minum! Dengan berbuat demikian kamu menumpukkan bara api di atas kepalanya. 12:21 Janganlah kamu kalah terhadap kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan!
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Rm 12:9 - JAUHILAH YANG JAHAT Nas : Rom 12:9 (versi Inggris NIV -- bencilah yang jahat). Lihat cat. --> Ibr 1:9. [atau ref. Ibr 1:9]

Nas : Rom 12:9

(versi Inggris NIV -- bencilah yang jahat).

Lihat cat. --> Ibr 1:9.

[atau ref. Ibr 1:9]

Full Life: Rm 12:10 - HENDAKLAH KAMU SALING MENGASIHI. Nas : Rom 12:10 Semua orang yang beriman sungguh kepada Yesus Kristus harus mengasihi sesama saudara seiman (1Tes 4:9-10), dengan kasih sungguh-sun...

Nas : Rom 12:10

Semua orang yang beriman sungguh kepada Yesus Kristus harus mengasihi sesama saudara seiman (1Tes 4:9-10), dengan kasih sungguh-sungguh, penuh kemurahan, dan kelembutan. Kita harus ikut memperhatikan kesejahteraan, kebutuhan, dan keadaan rohani semua saudara seiman serta ikut merasa simpati dan menolong mereka di dalam kesusahan dan persoalan. Kita harus saling menghormati, menghargai sungguh-sungguh hal-hal yang baik dari sesama orang percaya

(lihat cat. --> Yoh 13:34;

lihat cat. --> Yoh 13:35).

[atau ref. Yoh 13:34-35]

BIS: Rm 12:16 - sesuaikanlah ... kedudukannya sesuaikanlah ... kedudukannya: atau jangan menolak tugas-tugas yang rendah.

sesuaikanlah ... kedudukannya: atau jangan menolak tugas-tugas yang rendah.

Jerusalem: Rm 12:10 - dan saling mendahului dalam memberi hormat Terjemahan lain: dan hendaknya masing-masing menganggap orang lain sebagai yang lebih berjasa.

Terjemahan lain: dan hendaknya masing-masing menganggap orang lain sebagai yang lebih berjasa.

Jerusalem: Rm 12:11 - dan layanilah Tuhan Var: dan perhatikanlah kesempatan yang baik.

Var: dan perhatikanlah kesempatan yang baik.

Jerusalem: Rm 12:14-21 - -- Pemandangan diperluas sampai merangkum bangsa manusia seluruhnya, khususnya mulai dengan Rom 12:17.

Pemandangan diperluas sampai merangkum bangsa manusia seluruhnya, khususnya mulai dengan Rom 12:17.

Jerusalem: Rm 12:19 - murka Allah Harafiah: murka, tetapi yang dimaksudkan tentunya murka Allah satu-satunya yang berhak membalas dosa.

Harafiah: murka, tetapi yang dimaksudkan tentunya murka Allah satu-satunya yang berhak membalas dosa.

Ende: Rm 12:9 - Kedjahatan "kebadjikan". Disini dimaksudkan terhadap sesama manusia.

"kebadjikan". Disini dimaksudkan terhadap sesama manusia.

Ende: Rm 12:13 - Ambil bagian jaitu setjara menundjuk belas-kasihan dan menolong. Bdl. 1Ko 12:21-26 dan Gal 6:2.

jaitu setjara menundjuk belas-kasihan dan menolong. Bdl. 1Ko 12:21-26 dan Gal 6:2.

Ende: Rm 12:14 - -- Bdl. Mat 5:44-45; Luk 6:28-31.

Ende: Rm 12:16 - -- Ajat ini dapat diartikan: djangan engkau angkuh hati sampai menuntut suatu tugas jang lebih hormat, atau kedudukan jang lebih tinggi, melainkan pilihl...

Ajat ini dapat diartikan: djangan engkau angkuh hati sampai menuntut suatu tugas jang lebih hormat, atau kedudukan jang lebih tinggi, melainkan pilihlah jang sederhana. Kalau demikian, arti dan peringatan ini selaras dengan Rom 12:3.

Tetapi menurut tafsiran lain, jang sangat menarik dalam hubungan ini, ialah dalam pergaulan bersama-sama djangan kamu membedakan antara jang kaja dan jang miskin, antara jang berkedudukan tinggi dan orang-orang "ketjil".

Sebaliknja lebih baik kamu rasa tertarik (tjondong) kepada jang sederhana dan rendah. Demikianlah sikap Kristus. Bdl. Mat 5:3; 18:4-6; 20:25-26; 23:8-12.

Ende: Rm 12:19 - Murka Allah pengadilan Allah.

pengadilan Allah.

Ende: Rm 12:20-21 - Menimbulkan bara api diatas kepalanja Inilah suatu peri bahasa maksudnja disini: Dengan bertubi-tubi menundjukkan kebaikan hati kepadanja, achirnja engkau mengalahkan kebentjiannja terhada...

Inilah suatu peri bahasa maksudnja disini: Dengan bertubi-tubi menundjukkan kebaikan hati kepadanja, achirnja engkau mengalahkan kebentjiannja terhadapmu.

Ref. Silang FULL: Rm 12:9 - jangan pura-pura // yang baik · jangan pura-pura: 2Kor 6:6; 1Tim 1:5 · yang baik: Mazm 97:10; Am 5:15; 1Tes 5:21,22

· jangan pura-pura: 2Kor 6:6; 1Tim 1:5

· yang baik: Mazm 97:10; Am 5:15; 1Tes 5:21,22

Ref. Silang FULL: Rm 12:10 - saling mengasihi // saling mendahului · saling mengasihi: Mazm 133:1; 1Tes 4:9; Ibr 13:1; 1Pet 1:22 · saling mendahului: Fili 2:3

· saling mengasihi: Mazm 133:1; 1Tes 4:9; Ibr 13:1; 1Pet 1:22

· saling mendahului: Fili 2:3

Ref. Silang FULL: Rm 12:11 - rohmu menyala-nyala · rohmu menyala-nyala: Kis 18:25

· rohmu menyala-nyala: Kis 18:25

Ref. Silang FULL: Rm 12:12 - dalam pengharapan // dalam kesesakan // dalam doa · dalam pengharapan: Rom 5:2 · dalam kesesakan: Ibr 10:32,36 · dalam doa: Luk 18:1; Luk 18:1

· dalam pengharapan: Rom 5:2

· dalam kesesakan: Ibr 10:32,36

· dalam doa: Luk 18:1; [Lihat FULL. Luk 18:1]

Ref. Silang FULL: Rm 12:13 - dalam kekurangan // memberikan tumpangan · dalam kekurangan: Kis 24:17; Kis 24:17 · memberikan tumpangan: 2Raj 4:10; Ayub 31:32; 1Tim 3:2; 5:10; Ibr 13:2; 1Pet 4:9

· dalam kekurangan: Kis 24:17; [Lihat FULL. Kis 24:17]

· memberikan tumpangan: 2Raj 4:10; Ayub 31:32; 1Tim 3:2; 5:10; Ibr 13:2; 1Pet 4:9

Ref. Silang FULL: Rm 12:14 - menganiaya kamu · menganiaya kamu: Mat 5:44; Mat 5:44

· menganiaya kamu: Mat 5:44; [Lihat FULL. Mat 5:44]

Ref. Silang FULL: Rm 12:15 - yang menangis · yang menangis: Ayub 30:25

· yang menangis: Ayub 30:25

Ref. Silang FULL: Rm 12:16 - sehati sepikir // dirimu pandai · sehati sepikir: Rom 15:5; Rom 15:5 · dirimu pandai: Rom 12:3; Mazm 131:1; Yes 5:21; Yer 45:5; Rom 11:25

· sehati sepikir: Rom 15:5; [Lihat FULL. Rom 15:5]

· dirimu pandai: Rom 12:3; Mazm 131:1; Yes 5:21; Yer 45:5; Rom 11:25

Ref. Silang FULL: Rm 12:17 - dengan kejahatan // semua orang · dengan kejahatan: Rom 12:19; Ams 20:22; 24:29 · semua orang: 2Kor 8:21

· dengan kejahatan: Rom 12:19; Ams 20:22; 24:29

· semua orang: 2Kor 8:21

Ref. Silang FULL: Rm 12:18 - semua orang · semua orang: Mr 9:50; Mr 9:50; Rom 14:19; Rom 14:19

· semua orang: Mr 9:50; [Lihat FULL. Mr 9:50]; Rom 14:19; [Lihat FULL. Rom 14:19]

Ref. Silang FULL: Rm 12:19 - menuntut pembalasan // menuntut pembalasan · menuntut pembalasan: Rom 12:17; Im 19:18; Ams 20:22; 24:29 · menuntut pembalasan: Ul 32:35; Kej 50:19; 1Sam 26:10; Mazm 94:1; Yer 51:3...

· menuntut pembalasan: Rom 12:17; Im 19:18; Ams 20:22; 24:29

· menuntut pembalasan: Ul 32:35; Kej 50:19; 1Sam 26:10; Mazm 94:1; Yer 51:36

Ref. Silang FULL: Rm 12:20 - atas kepalanya · atas kepalanya: Ams 25:21,22; Kel 23:4; Mat 5:44; Luk 6:27

· atas kepalanya: Ams 25:21,22; Kel 23:4; Mat 5:44; Luk 6:27

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Rm 12:9 - -- 12:9 Hendaklah kasih itu jangan pura-pura!742 Bencilah743 yang jahat, dan gabunglah744 pada yang baik. Mudah sekali untuk kasih kita menjadi pura-pu...

12:9 Hendaklah kasih itu jangan pura-pura!742 Bencilah743 yang jahat, dan gabunglah744 pada yang baik.

Mudah sekali untuk kasih kita menjadi pura-pura. Saat kita menikmati pelayanan yang lancar karena karunia-karunia rohani, kita mudah sekali terselip ke dalam suatu kemunafikan di mana kita hanya pura-pura mengasihi mereka yang kita layani.

Bencilah yang jahat, dan gabunglah pada yang baik.

Nats ini, seperti seluruh pasal 12:9-21, mengembangkan arti dari istilah "kasih". Di dalam nats ini kita membaca mengenai kasih yang harus membenci! Ini bukan merupakan suatu pertentangan, karena justru pada waktu kasih membenci yang jahat dia membuktikan dirinya sebagai kasih yang sejati, dan bukan hanya kasih dunia saja. Yang jahat harus dibenci, karena kalau tidak dilawan maka apa yang jahat menghancurkan apa yang dikasihi.

Dalam suasana jemaat di mana karunia-karunia rohani dipakai, kasih harus mengembangkan kemampuannya untuk membedakan yang jahat dari yang baik. Kasih yang tidak dapat membedakan yang jahat dari yang baik dapat diumpamakan sebagai sungai yang banjir yang meluap melewati batasnya, sehingga rumah dan ladang orang jadi rusak.

Hagelberg: Rm 12:9-21 - -- c. Supaya mengasihi 12:9-21 Sama seperti dalam I Korintus pasal 12-13, dalam nats ini diskusi mengenai karunia rohani kurang lengkap kalau tidak dise...

c. Supaya mengasihi 12:9-21

Sama seperti dalam I Korintus pasal 12-13, dalam nats ini diskusi mengenai karunia rohani kurang lengkap kalau tidak disertai dengan diskusi mengenai kasih. Karunia rohani merupakan semacam keahlian dalam bidang kerohanian, tetapi hasil keahlian itu tanpa tujuan yang kudus yang diperoleh melalui kasih tidak berkenan. Tanpa kasih, seorang penginjil masih tetap pandai memenangkan jiwa, tetapi si penginjil yang tidak mengasihi akan memperalat hasil penginjilannya dengan sangat mengecewakan. Tanpa kasih, seorang pengajar masih tetap mengagumkan orang dengan pengajaran yang hebat dan mendalam, tetapi dia akan menjadi semakin sombong. Tanpa kasih, seorang pemimpin masih dapat memimpin, tetapi bukan Kerajaan Allah yang dibangun, melainkan kerajaan si pemimpin itu sendiri.

Cranfield741 mengamati bahwa pasal 12:9-13 lebih menekankan hubungan orang percaya dengan orang percaya, sedangkan pasal 13:14-21, di mana pengkalimatannya berubah, lebih menekankan hubungan orang percaya dengan orang luar.

i. Ciri Khas Kasih 12:9-13

Dari segi tata bahasa, istilah "kasih" merupakan pokok utama dari pasal 12:9-13. Dari segi isi pembahasan, kasih yang tidak pura-pura merupakan judul dari seluruh pasal 13.

Hagelberg: Rm 12:9 - -- 12:9 Hendaklah kasih itu jangan pura-pura!742 Bencilah743 yang jahat, dan gabunglah744 pada yang baik. Mudah sekali untuk kasih kita menjadi pura-pu...

12:9 Hendaklah kasih itu jangan pura-pura!742 Bencilah743 yang jahat, dan gabunglah744 pada yang baik.

Mudah sekali untuk kasih kita menjadi pura-pura. Saat kita menikmati pelayanan yang lancar karena karunia-karunia rohani, kita mudah sekali terselip ke dalam suatu kemunafikan di mana kita hanya pura-pura mengasihi mereka yang kita layani.

Bencilah yang jahat, dan gabunglah pada yang baik.

Nats ini, seperti seluruh pasal 12:9-21, mengembangkan arti dari istilah "kasih". Di dalam nats ini kita membaca mengenai kasih yang harus membenci! Ini bukan merupakan suatu pertentangan, karena justru pada waktu kasih membenci yang jahat dia membuktikan dirinya sebagai kasih yang sejati, dan bukan hanya kasih dunia saja. Yang jahat harus dibenci, karena kalau tidak dilawan maka apa yang jahat menghancurkan apa yang dikasihi.

Dalam suasana jemaat di mana karunia-karunia rohani dipakai, kasih harus mengembangkan kemampuannya untuk membedakan yang jahat dari yang baik. Kasih yang tidak dapat membedakan yang jahat dari yang baik dapat diumpamakan sebagai sungai yang banjir yang meluap melewati batasnya, sehingga rumah dan ladang orang jadi rusak.

Hagelberg: Rm 12:1--13:14 - -- 1. Penyesuaian pada Aiwn/Aion Baru 12:1-13:14 Sebagai warga Aiwn/Aion Baru, dengan iman kita mengerti tempat diri kita dalam Tubuh Kristus dan di ba...

1. Penyesuaian pada Aiwn/Aion Baru 12:1-13:14

Sebagai warga Aiwn/Aion Baru, dengan iman kita mengerti tempat diri kita dalam Tubuh Kristus dan di bawah pemerintah kita, di mana kita selalu mengutamakan orang lain lebih dari diri kita sendiri.

Dalam pasal 6:4 Paulus berkata, "Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia... supaya, sama seperti Kristus dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita hidup dalam pembaharuan hidup." Hal yang sama dikatakan dalam pasal 6:11-12, di mana dia berkata, "...kamu mati terhadap dosa, tetapi hidup terhadap Allah dalam Kristus Yesus Tuhan kita. Sebab itu hendaklah dosa jangan berkuasa lagi di dalam tubuhmu yang fana sehingga kamu mentaatinya dalam keinginan-keinginannya." Dengan kata lain, Paulus mau supaya kita menerapkan suatu perubahan yang sangat mendasar yang telah terjadi pada kita. Dulu kita berada dalam Aiwn/Aion Lama, dikuasai oleh Maut, tetapi sekarang kita sudah dipindahkan ke dalam Aiwn/Aion Baru, maka, janganlah kita tetap hidup sebagai hamba Maut.

Suatu pengamatan yang sangat mudah dimengerti, tetapi juga yang jarang diperhatikan, adalah bahwa bagian ini terdiri dari perintah-perintah yang dimaksudkan untuk ditaati. Walaupun demikian, orang yang dibenarkan oleh iman tidak menjadi orang yang taat secara otomatis. Ada teologia yang berkata bahwa setiap orang percaya, setiap orang yang dibenarkan karena iman pada Kristus, pasti hidup secara rohani. Kami tidak setuju. Memang ada suatu kepastian, yaitu bahwa mereka akan masuk Kerajaan Sorga, karena mereka sudah dibenarkan. Tetapi tidak ada kepastian bahwa setiap kita akan menyesuaikan hidup kita pada Aiwn/Aion Baru, seperti apa yang diperintahkan dalam bagian ini. Baik orang percaya yang taat, maupun orang percaya yang tidak taat, akan masuk Kerajaan Sorga sebagai orang yang tidak layak, tidak layak tetapi dibenarkan karena kemurahan Allah. Maka kita perlu mengingat bahwa ketaatan yang diharapkan dari kita tidak terjadi dengan sendirinya, tetapi harus dijalankan dengan pertolongan dari Roh Allah, meskipun disertai pergumulan.

Hagelberg: Rm 12:1--15:13 - -- D. Perilaku Orang yang Dibenarkan karena Iman 12:1-15:13 Oleh karena orang yang dibenarkan karena iman mau melakukan kehendak Allah, maka langkah-lang...

D. Perilaku Orang yang Dibenarkan karena Iman 12:1-15:13

Oleh karena orang yang dibenarkan karena iman mau melakukan kehendak Allah, maka langkah-langkah kehendak Allah diuraikan secara khusus.

Dalam pasal 11:32 kita membaca bahwa tujuan Allah adalah "supaya Ia dapat menunjukkan kemurahanNya atas mereka semua". Maka "kemurahan" tersebut menjadi batu loncatan bagi Paulus supaya dia dapat menguraikan bagaimana orang percaya dapat melaksanakan kehendak Allah. Dalam pasal 6-8 prinsip-prinsip kehidupan yang sesuai dengan Aiwn/Aion Baru dan kehadiran Roh Allah diuraikan. Dalam bagian ini prinsip-prinsip tersebut diterapkan secara khusus dalam hidup kita. Jadi, bagian ini menguraikan secara nyata arti dari karya Roh Allah yang baru dikemukakan dalam pasal 8.

Hagelberg: Rm 1:18--15:13 - -- II. Injil 1:18-15:13 Cranfield,65 setelah menyelidiki seluruh bagian ini, menyatakan bahwa Paulus "membiarkan Injil berbicara sendiri... untuk menen...

II. Injil 1:18-15:13

Cranfield,65 setelah menyelidiki seluruh bagian ini, menyatakan bahwa Paulus "membiarkan Injil berbicara sendiri... untuk menentukan bentuk dan isi bagian utama dari suratnya." Perkataan ini tepat. Paulus tidak menyusun bagian ini (1:18-15:13) untuk menangani suatu situasi tertentu di kota Roma, tetapi bagian ini terbentuk sesuai dengan suatu "akal intern" dari Injil Kristus sendiri. Bukan tidak ada pengaruh sama sekali dari situasi di Roma. Mungkin rencana Paulus untuk mengadakan perjalanan ke Spanyol mempengaruhi beberapa perincian dalam surat ini, tetapi secara keseluruhan, bentuk dan isi bagian ini, 1:18-15:13, ditentukan dari logisnya Injil Kristus saja.

Dalam bagian utama ini isi dan akibat kebenaran dari Allah bagi manusia diuraikan.66

Hagelberg: Rm 12:10 - -- 12:10 Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat. Ke-dua istilah utama dalam pasal 12:10a745 membawa ...

12:10 Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat.

Ke-dua istilah utama dalam pasal 12:10a745 membawa kesan yang terkait pada kasih yang terdapat di dalam keluarga, yaitu kasih yang dipunyai seorang ibu terhadap anaknya, atau kasih antara saudara sekandung. Sebagai orang-orang yang dibenarkan karena iman, kita sudah menjadi saudara-saudara seiman. Bagi Rasul Paulus, istilah "saudara seiman" bukan hanya merupakan kiasan saja, tetapi sesungguhnya kenyataan rohani tersebut harus dicerminkan dalam suasana kehidupan jemaat, yang sudah menjadi sama seperti keluarga yang akrab.

...saling mendahului dalam memberi hormat.

Kalau jemaat Kristus mempergunakan karunia-karunia rohani secara efektif maka setiap anggota menghargai temannya yang memakai karunia yang berbeda dari karunia dia sendiri, karena dia mengerti pentingnya karunia-karunia yang lain. Dia mengerti bahwa sebagai seorang diri dia kurang lengkap, tetapi dalam jemaat kekurangan-kekurangan yang dia miliki dipenuhi oleh teman-temannya, sehingga dia menghargai mereka.

12:11 Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, mendidihlah746 dalam Roh Allah747 dan layanilah Tuhan.

Orang yang melakukan kehendak Allah, yaitu orang yang diubahkan melalui pembaharuan pikiran, tidak menjadi malas. Tuhan Yesus tidak malas menyediakan kemurahan bagi kita, maka sebagai orang yang selalu menanggapi kemurahanNya dengan perasaan syukur, kita juga tidak menjadi malas.

...mendidihlah dalam Roh Allah...

Semangat dalam penyembahan, malah dalam seluruh segi dari hidup kerohanian kita dihimbau dalam nats ini.

...dan layanilah748 Tuhan.

Pada waktu semangat kita mendidih dalam Roh Kudus kita harus mengingat bahwa kita mempunyai satu Tuhan, yaitu Tuhan Yesus, yang kita layani. Perasaan sukacita dan semangat yang berapi-api berkenan kepada Tuhan, seperti waktu Raja Daud menari di depan Tabut Allah. Tetapi kita perlu mengerti bahwa perasaan dan semangat yang tinggi mudah sekali dibelokkan dari tujuan yang berkenan, yaitu Yesus, kepada tujuan yang tidak berkenan. Maka kita diingatkan dalam nats ini bahwa kita melayani Tuhan Yesus.

Hagelberg: Rm 12:10 - -- 12:10 Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat. Ke-dua istilah utama dalam pasal 12:10a745 membawa ...

12:10 Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat.

Ke-dua istilah utama dalam pasal 12:10a745 membawa kesan yang terkait pada kasih yang terdapat di dalam keluarga, yaitu kasih yang dipunyai seorang ibu terhadap anaknya, atau kasih antara saudara sekandung. Sebagai orang-orang yang dibenarkan karena iman, kita sudah menjadi saudara-saudara seiman. Bagi Rasul Paulus, istilah "saudara seiman" bukan hanya merupakan kiasan saja, tetapi sesungguhnya kenyataan rohani tersebut harus dicerminkan dalam suasana kehidupan jemaat, yang sudah menjadi sama seperti keluarga yang akrab.

...saling mendahului dalam memberi hormat.

Kalau jemaat Kristus mempergunakan karunia-karunia rohani secara efektif maka setiap anggota menghargai temannya yang memakai karunia yang berbeda dari karunia dia sendiri, karena dia mengerti pentingnya karunia-karunia yang lain. Dia mengerti bahwa sebagai seorang diri dia kurang lengkap, tetapi dalam jemaat kekurangan-kekurangan yang dia miliki dipenuhi oleh teman-temannya, sehingga dia menghargai mereka.

12:11 Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, mendidihlah746 dalam Roh Allah747 dan layanilah Tuhan.

Orang yang melakukan kehendak Allah, yaitu orang yang diubahkan melalui pembaharuan pikiran, tidak menjadi malas. Tuhan Yesus tidak malas menyediakan kemurahan bagi kita, maka sebagai orang yang selalu menanggapi kemurahanNya dengan perasaan syukur, kita juga tidak menjadi malas.

...mendidihlah dalam Roh Allah...

Semangat dalam penyembahan, malah dalam seluruh segi dari hidup kerohanian kita dihimbau dalam nats ini.

...dan layanilah748 Tuhan.

Pada waktu semangat kita mendidih dalam Roh Kudus kita harus mengingat bahwa kita mempunyai satu Tuhan, yaitu Tuhan Yesus, yang kita layani. Perasaan sukacita dan semangat yang berapi-api berkenan kepada Tuhan, seperti waktu Raja Daud menari di depan Tabut Allah. Tetapi kita perlu mengerti bahwa perasaan dan semangat yang tinggi mudah sekali dibelokkan dari tujuan yang berkenan, yaitu Yesus, kepada tujuan yang tidak berkenan. Maka kita diingatkan dalam nats ini bahwa kita melayani Tuhan Yesus.

Hagelberg: Rm 12:12 - -- 12:12 Bersukacitalah dalam pengharapan,749 sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa! Kita yang sudah dipindahkan ke dalam Aiwn/Aion Kristu...

12:12 Bersukacitalah dalam pengharapan,749 sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa!

Kita yang sudah dipindahkan ke dalam Aiwn/Aion Kristus masih mengalami Aiwn/Aion Lama, dan belum mengalami apa yang diceriterakan dalam Roma pasal 8:17-25, di mana pengharapan kita diuraikan. Maka dengan iman kita bersukacitalah dalam pengharapan.

...sabarlah dalam kesesakan...

Setiap kita yang memegang pengharapan kita dengan teguh, dapat bersabar dalam kesesakan.

...dan bertekunlah dalam doa!

Nats ini menghimbau kita supaya kita jangan merasa puas dengan kehidupan doa kita. Doa yang dilaksanakan secara rahasia merupakan iman yang menjadi kelihatan.

Ada hubungan saling menguatkan antara "sukacita dalam pengharapan", "kesabaran dalam kesesakan", dan "ketekunan dalam doa". Dalam melaksanakan kehendak Allah kita tidak dapat menerima perintah yang dianggap cocok sambil menolak perintah yang kita anggap tidak sesuai. Orang yang mencari kendaraan tidak berkata, "Saya hanya mau memakai roda ini, dan tidak mau memakai roda itu." Kendaraan pasti tidak dapat jalan kalau ada roda yang tidak dipakai. Demikian juga kehendak Allah.

Hagelberg: Rm 12:12 - -- 12:12 Bersukacitalah dalam pengharapan,749 sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa! Kita yang sudah dipindahkan ke dalam Aiwn/Aion Kristu...

12:12 Bersukacitalah dalam pengharapan,749 sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa!

Kita yang sudah dipindahkan ke dalam Aiwn/Aion Kristus masih mengalami Aiwn/Aion Lama, dan belum mengalami apa yang diceriterakan dalam Roma pasal 8:17-25, di mana pengharapan kita diuraikan. Maka dengan iman kita bersukacitalah dalam pengharapan.

...sabarlah dalam kesesakan...

Setiap kita yang memegang pengharapan kita dengan teguh, dapat bersabar dalam kesesakan.

...dan bertekunlah dalam doa!

Nats ini menghimbau kita supaya kita jangan merasa puas dengan kehidupan doa kita. Doa yang dilaksanakan secara rahasia merupakan iman yang menjadi kelihatan.

Ada hubungan saling menguatkan antara "sukacita dalam pengharapan", "kesabaran dalam kesesakan", dan "ketekunan dalam doa". Dalam melaksanakan kehendak Allah kita tidak dapat menerima perintah yang dianggap cocok sambil menolak perintah yang kita anggap tidak sesuai. Orang yang mencari kendaraan tidak berkata, "Saya hanya mau memakai roda ini, dan tidak mau memakai roda itu." Kendaraan pasti tidak dapat jalan kalau ada roda yang tidak dipakai. Demikian juga kehendak Allah.

Hagelberg: Rm 12:13 - -- 12:13 Bantulah750 dalam kebutuhanan orang-orang kudus dan usahakanlah751 untuk selalu memberikan tumpangan!752 Orang percaya yang diubahkan oleh pemb...

12:13 Bantulah750 dalam kebutuhanan orang-orang kudus dan usahakanlah751 untuk selalu memberikan tumpangan!752

Orang percaya yang diubahkan oleh pembaharuan pikiran tidak dapat melihat saudara-saudara seiman yang menderita kekurangan, tetapi karena kasih mereka tidak pura-pura maka mereka akan membantu dalam kebutuhanan orang-orang kudus.

...dan usahakanlah untuk selalu memberikan tumpangan!

Pada zaman Rasul Paulus penginapan dan losmen dianggap tempat yang kurang layak, sehingga orang percaya segan menginap di situ di mana ada suasana yang tidak baik, maka mereka membutuhkan tumpangan dari orang percaya setempat. Dalam Surat III Yohanes 5-8 Yohanes menghargai Gayus yang memberi tumpangan kepada saudara-saudara yang mengadakan perjalanan karena nama Kristus, rupanya sebagai perintis jemaat-jemaat Kristus.

ii. Sikap Kasih 12:14-21

Ternyata baik tata bahasa753 maupun isi pasal 12:9-13 berbeda dari pasal 12:14-21. Dalam bagian ini sikap kasih diuraikan.

Hagelberg: Rm 12:13 - -- 12:13 Bantulah750 dalam kebutuhanan orang-orang kudus dan usahakanlah751 untuk selalu memberikan tumpangan!752 Orang percaya yang diubahkan oleh pemb...

12:13 Bantulah750 dalam kebutuhanan orang-orang kudus dan usahakanlah751 untuk selalu memberikan tumpangan!752

Orang percaya yang diubahkan oleh pembaharuan pikiran tidak dapat melihat saudara-saudara seiman yang menderita kekurangan, tetapi karena kasih mereka tidak pura-pura maka mereka akan membantu dalam kebutuhanan orang-orang kudus.

...dan usahakanlah untuk selalu memberikan tumpangan!

Pada zaman Rasul Paulus penginapan dan losmen dianggap tempat yang kurang layak, sehingga orang percaya segan menginap di situ di mana ada suasana yang tidak baik, maka mereka membutuhkan tumpangan dari orang percaya setempat. Dalam Surat III Yohanes 5-8 Yohanes menghargai Gayus yang memberi tumpangan kepada saudara-saudara yang mengadakan perjalanan karena nama Kristus, rupanya sebagai perintis jemaat-jemaat Kristus.

ii. Sikap Kasih 12:14-21

Ternyata baik tata bahasa753 maupun isi pasal 12:9-13 berbeda dari pasal 12:14-21. Dalam bagian ini sikap kasih diuraikan.

Hagelberg: Rm 12:14 - -- 12:14 Berkatilah siapa yang menganiaya kamu, berkatilah dan jangan mengutuk! Ucapan berkat dan kutuk tidak dianggap ringan di dalam Perjanjian Lama d...

12:14 Berkatilah siapa yang menganiaya kamu, berkatilah dan jangan mengutuk!

Ucapan berkat dan kutuk tidak dianggap ringan di dalam Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru.754 Perintah ini merupakan perintah yang baru, yaitu perintah yang khas Kristen, karena Perjanjian Lama hanya mengatakan bahwa Allah akan mengutuk siapa yang mengutuk umatNya,755 dan kepercayaan-kepercayaan Yunani tidak mengandung perintah ini. Tuhan Allah baru minta sikap ini dari kita setelah Dia menjelma menjadi manusia dan memberkati mereka yang menganiaya Dia, pada khususnya di kayu salibNya.

Hagelberg: Rm 12:14 - -- 12:14 Berkatilah siapa yang menganiaya kamu, berkatilah dan jangan mengutuk! Ucapan berkat dan kutuk tidak dianggap ringan di dalam Perjanjian Lama d...

12:14 Berkatilah siapa yang menganiaya kamu, berkatilah dan jangan mengutuk!

Ucapan berkat dan kutuk tidak dianggap ringan di dalam Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru.754 Perintah ini merupakan perintah yang baru, yaitu perintah yang khas Kristen, karena Perjanjian Lama hanya mengatakan bahwa Allah akan mengutuk siapa yang mengutuk umatNya,755 dan kepercayaan-kepercayaan Yunani tidak mengandung perintah ini. Tuhan Allah baru minta sikap ini dari kita setelah Dia menjelma menjadi manusia dan memberkati mereka yang menganiaya Dia, pada khususnya di kayu salibNya.

Hagelberg: Rm 12:15 - -- 12:15 Bersukacitalah dengan orang yang bersukacita, dan menangislah dengan orang yang menangis! Nats ini mengemukakan pertanyaan, mengapakah kamu ber...

12:15 Bersukacitalah dengan orang yang bersukacita, dan menangislah dengan orang yang menangis!

Nats ini mengemukakan pertanyaan, mengapakah kamu bersukacita, dan mengapakah kamu menangis? Origen756 mengamati bahwa sering kali manusia bersukacita dengan alasan yang tidak layak, dan juga menangis dengan alasan yang tidak layak. Kasih yang digambarkan dalam ayat ini terwujud dalam pergaulan yang cukup akrab dan terbuka, sehingga kita sungguh ikut merasakan suka dan duka masyarakat di sekitar kita. Mengingat pasal 12:14, rupanya masyarakat yang dimaksud dalam ayat ini adalah orang percaya dan juga mereka yang memegang ajaran yang lain.

Hagelberg: Rm 12:15 - -- 12:15 Bersukacitalah dengan orang yang bersukacita, dan menangislah dengan orang yang menangis! Nats ini mengemukakan pertanyaan, mengapakah kamu ber...

12:15 Bersukacitalah dengan orang yang bersukacita, dan menangislah dengan orang yang menangis!

Nats ini mengemukakan pertanyaan, mengapakah kamu bersukacita, dan mengapakah kamu menangis? Origen756 mengamati bahwa sering kali manusia bersukacita dengan alasan yang tidak layak, dan juga menangis dengan alasan yang tidak layak. Kasih yang digambarkan dalam ayat ini terwujud dalam pergaulan yang cukup akrab dan terbuka, sehingga kita sungguh ikut merasakan suka dan duka masyarakat di sekitar kita. Mengingat pasal 12:14, rupanya masyarakat yang dimaksud dalam ayat ini adalah orang percaya dan juga mereka yang memegang ajaran yang lain.

Hagelberg: Rm 12:16 - -- 12:16 Hendaklah kamu sehati sepikir dalam hidupmu bersama; janganlah sombong dalam pikiranmu,757 tetapi bergaullah dengan orang-orang yang rendah. J...

12:16 Hendaklah kamu sehati sepikir dalam hidupmu bersama; janganlah sombong dalam pikiranmu,757 tetapi bergaullah dengan orang-orang yang rendah. Janganlah menganggap dirimu pandai.758

Kesatuan hati dalam jemaat Kristus menjadi berkat kasih terhadap orang luar. Kekacauan dalam jemaat menjadi alasan untuk menolak Kristus.

...janganlah sombong dalam pikiranmu, tetapi bergaullah dengan orang-orang yang rendah.

Memang sikap yang diperintahkan dalam nats ini, di mana kita mengabaikan orang kecil, sangat sulit bagi manusia di luar Kristus, tetapi justru merupakan wujud pembaharuan pikiran yang dikerjakan oleh Roh Allah. Dengan mudah sekali kesombongan yang dilarang dalam nats ini merusak kesatuan jemaat dan sikap saling menghargai yang mutlak diperlukan untuk merealisir pemakaian karunia-karunia rohani secara efektif.

Janganlah menganggap dirimu pandai.

Dalam nats ini Amsal 3:7a dipakai untuk meringkas pasal 12:14-16.

Hagelberg: Rm 12:16 - -- 12:16 Hendaklah kamu sehati sepikir dalam hidupmu bersama; janganlah sombong dalam pikiranmu,757 tetapi bergaullah dengan orang-orang yang rendah. J...

12:16 Hendaklah kamu sehati sepikir dalam hidupmu bersama; janganlah sombong dalam pikiranmu,757 tetapi bergaullah dengan orang-orang yang rendah. Janganlah menganggap dirimu pandai.758

Kesatuan hati dalam jemaat Kristus menjadi berkat kasih terhadap orang luar. Kekacauan dalam jemaat menjadi alasan untuk menolak Kristus.

...janganlah sombong dalam pikiranmu, tetapi bergaullah dengan orang-orang yang rendah.

Memang sikap yang diperintahkan dalam nats ini, di mana kita mengabaikan orang kecil, sangat sulit bagi manusia di luar Kristus, tetapi justru merupakan wujud pembaharuan pikiran yang dikerjakan oleh Roh Allah. Dengan mudah sekali kesombongan yang dilarang dalam nats ini merusak kesatuan jemaat dan sikap saling menghargai yang mutlak diperlukan untuk merealisir pemakaian karunia-karunia rohani secara efektif.

Janganlah menganggap dirimu pandai.

Dalam nats ini Amsal 3:7a dipakai untuk meringkas pasal 12:14-16.

Hagelberg: Rm 12:17 - -- 12:17 Janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan, tetapi terhadap semua orang pikirkanlah lebih dahulu apa yang baik. Orang yang dibaharui tidak m...

12:17 Janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan, tetapi terhadap semua orang pikirkanlah lebih dahulu apa yang baik.

Orang yang dibaharui tidak membalas kejahatan dengan kejahatan seperti yang biasa dilakukan di dunia ini, tetapi mereka selalu memikirkan sebelumnya apa yang dapat dilakukan bagi orang lain sebagai wujud kasih yang tidak pura-pura. Tema ini mengenai tanggapan yang layak terhadap kejahatan dikembangkan dalam pasal 12:18-21.

Hagelberg: Rm 12:17 - -- 12:17 Janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan, tetapi terhadap semua orang pikirkanlah lebih dahulu apa yang baik. Orang yang dibaharui tidak m...

12:17 Janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan, tetapi terhadap semua orang pikirkanlah lebih dahulu apa yang baik.

Orang yang dibaharui tidak membalas kejahatan dengan kejahatan seperti yang biasa dilakukan di dunia ini, tetapi mereka selalu memikirkan sebelumnya apa yang dapat dilakukan bagi orang lain sebagai wujud kasih yang tidak pura-pura. Tema ini mengenai tanggapan yang layak terhadap kejahatan dikembangkan dalam pasal 12:18-21.

Hagelberg: Rm 12:18 - -- 12:18 Sedapat-dapatnya, kalau hal itu bergantung padamu, hiduplah dalam perdamaian dengan semua orang! Perintah ini, yang menasihati kita mengenai ma...

12:18 Sedapat-dapatnya, kalau hal itu bergantung padamu, hiduplah dalam perdamaian dengan semua orang!

Perintah ini, yang menasihati kita mengenai masalah dengan mereka yang jahat terhadap kita, disusun dengan keseimbangan yang sangat nyata. Kita harus hidup dalam perdamaian dengan semua orang, atau dengan kata lain kita tidak mencari perkara dengan siapapun, tetapi perintah ini dibatasi dengan kata sedapat-dapatnya, kalau hal itu bergantung padamu. Persyaratan yang ganda ini menjangkau situasi di mana orang percaya yang setia pada Kristus tidak dapat hidup dalam perdamaian. Kebenaran, kesucian, ataupun keadilan tidak dapat dikorbankan demi kepentingan perdamaian. Tidak ada kompromi dengan apa yang jahat demi kerukunan. Kita diperintahkan untuk mencari titik keseimbangan antara sikap suka bertengkar dan sikap menerima.

Hagelberg: Rm 12:18 - -- 12:18 Sedapat-dapatnya, kalau hal itu bergantung padamu, hiduplah dalam perdamaian dengan semua orang! Perintah ini, yang menasihati kita mengenai ma...

12:18 Sedapat-dapatnya, kalau hal itu bergantung padamu, hiduplah dalam perdamaian dengan semua orang!

Perintah ini, yang menasihati kita mengenai masalah dengan mereka yang jahat terhadap kita, disusun dengan keseimbangan yang sangat nyata. Kita harus hidup dalam perdamaian dengan semua orang, atau dengan kata lain kita tidak mencari perkara dengan siapapun, tetapi perintah ini dibatasi dengan kata sedapat-dapatnya, kalau hal itu bergantung padamu. Persyaratan yang ganda ini menjangkau situasi di mana orang percaya yang setia pada Kristus tidak dapat hidup dalam perdamaian. Kebenaran, kesucian, ataupun keadilan tidak dapat dikorbankan demi kepentingan perdamaian. Tidak ada kompromi dengan apa yang jahat demi kerukunan. Kita diperintahkan untuk mencari titik keseimbangan antara sikap suka bertengkar dan sikap menerima.

Hagelberg: Rm 12:19 - -- 12:19 Janganlah kamu sendiri yang membalas, kekasih-kekasih, tetapi berilah tempat759 bagi murka Allah,760 sebab ada tertulis: Pembalasan adalah bagi...

12:19 Janganlah kamu sendiri yang membalas, kekasih-kekasih, tetapi berilah tempat759 bagi murka Allah,760 sebab ada tertulis: Pembalasan adalah bagi Aku, Akulah yang akan membalas, firman Tuhan.

Kalau bahasan mengenai tanggapan yang layak terhadap kejahatan diselesaikan pada pasal 12:18, maka kesannya bahwa kita harus tetap kalah saja, tetapi sebenarnya kesan itu tidak benar. Kita tidak kalah saja, karena Allah yang akan membalas.

Kita "mencuri" dari Allah kalau kita mengambil apa yang Dia punya, yaitu pembalasan, dan melakukannya sendiri.761 Dari pengkalimatan nats ini hampir ada kesan bahwa orang yang membalas dendam menggeser Allah dari tempatnya sebagai yang membalas, sehingga Dia tidak dapat membalas lagi.

Pemakaian panggilan kekasih-kekasih mengingatkan kita bahwa selayaknya kita yang dikasihi oleh Allah ikut mengasihi orang lain, dan tidak mempersiapkan pembalasan bagi mereka.

Hagelberg: Rm 12:19 - -- 12:19 Janganlah kamu sendiri yang membalas, kekasih-kekasih, tetapi berilah tempat759 bagi murka Allah,760 sebab ada tertulis: Pembalasan adalah bagi...

12:19 Janganlah kamu sendiri yang membalas, kekasih-kekasih, tetapi berilah tempat759 bagi murka Allah,760 sebab ada tertulis: Pembalasan adalah bagi Aku, Akulah yang akan membalas, firman Tuhan.

Kalau bahasan mengenai tanggapan yang layak terhadap kejahatan diselesaikan pada pasal 12:18, maka kesannya bahwa kita harus tetap kalah saja, tetapi sebenarnya kesan itu tidak benar. Kita tidak kalah saja, karena Allah yang akan membalas.

Kita "mencuri" dari Allah kalau kita mengambil apa yang Dia punya, yaitu pembalasan, dan melakukannya sendiri.761 Dari pengkalimatan nats ini hampir ada kesan bahwa orang yang membalas dendam menggeser Allah dari tempatnya sebagai yang membalas, sehingga Dia tidak dapat membalas lagi.

Pemakaian panggilan kekasih-kekasih mengingatkan kita bahwa selayaknya kita yang dikasihi oleh Allah ikut mengasihi orang lain, dan tidak mempersiapkan pembalasan bagi mereka.

Hagelberg: Rm 12:20 - -- 12:20 Maka762 jika seterumu lapar, berilah dia makan; jika ia haus, berilah ia minum! Oleh karena dengan berbuat demikian maka kamu menumpukkan bara...

12:20 Maka762 jika seterumu lapar, berilah dia makan; jika ia haus, berilah ia minum! Oleh karena dengan berbuat demikian maka kamu menumpukkan bara api di atas kepalanya.

Kalau kita sudah melepaskan pembalasan dari pikiran kita, maka kita dapat memikirkan hal kemurahan terhadap seteru kita.763 Ayat ini adalah kutipan dari Amsal 25:21-22a. Bagian yang pertama dari ayat ini merupakan contoh yang spesifik dari apa yang diperintahkan secara umum dalam pasal 12:14-19.

Oleh karena dengan berbuat demikian maka kamu menumpukkan bara api di atas kepalanya.

Mudah-mudahan kemurahan kita terhadap seteru akan membuat mereka malu dan menyesal, sehingga mereka bertobat. (Wajah orang yang merasa malu menjadi merah seperti kulit yang kena bara api, dan perasaan malu dan sesal dapat diumpamakan dengan rasa bara api.)764

Hagelberg: Rm 12:20 - -- 12:20 Maka762 jika seterumu lapar, berilah dia makan; jika ia haus, berilah ia minum! Oleh karena dengan berbuat demikian maka kamu menumpukkan bara...

12:20 Maka762 jika seterumu lapar, berilah dia makan; jika ia haus, berilah ia minum! Oleh karena dengan berbuat demikian maka kamu menumpukkan bara api di atas kepalanya.

Kalau kita sudah melepaskan pembalasan dari pikiran kita, maka kita dapat memikirkan hal kemurahan terhadap seteru kita.763 Ayat ini adalah kutipan dari Amsal 25:21-22a. Bagian yang pertama dari ayat ini merupakan contoh yang spesifik dari apa yang diperintahkan secara umum dalam pasal 12:14-19.

Oleh karena dengan berbuat demikian maka kamu menumpukkan bara api di atas kepalanya.

Mudah-mudahan kemurahan kita terhadap seteru akan membuat mereka malu dan menyesal, sehingga mereka bertobat. (Wajah orang yang merasa malu menjadi merah seperti kulit yang kena bara api, dan perasaan malu dan sesal dapat diumpamakan dengan rasa bara api.)764

Hagelberg: Rm 12:21 - -- 12:21 Janganlah dikalahkan oleh kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan! Dengan beberapa kata yang singkat dan padat, Paulus meringka...

12:21 Janganlah dikalahkan oleh kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan!

Dengan beberapa kata yang singkat dan padat, Paulus meringkas apa yang dikatakan dalam seluruh pasal 12:14-21. Kalau kita membalas kejahatan dengan kejahatan, maka kita dikalahkan oleh kejahatan, dan kita menjadi seperti dia.765 Kalau kita menanggapi kebencian dengan kebencian, maka kita sudah menjadi sama seperti seteru kita, dan kita dikalahkan!

...tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan!

Sebaliknya jika kita memberkati siapa yang menganiaya kita, maka kebaikan kita mengalahkan kejahatan mereka. Memang hal harga diri kita tidak dipertimbangkan dalam bahasan ini, karena harga diri kita sudah dilunasi di kayu salib Tuhan Yesus Kristus. Nats ini membahas sikap kasih orang yang sudah dibenarkan melalui iman dan yang sedang diubahkan oleh pembaharuan pikiran. Orang itu tidak mau mempertimbangkan masalah harga diri, karena dia sudah menganggap dirinya mati dengan Kristus!

Hagelberg: Rm 12:21 - -- 12:21 Janganlah dikalahkan oleh kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan! Dengan beberapa kata yang singkat dan padat, Paulus meringka...

12:21 Janganlah dikalahkan oleh kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan!

Dengan beberapa kata yang singkat dan padat, Paulus meringkas apa yang dikatakan dalam seluruh pasal 12:14-21. Kalau kita membalas kejahatan dengan kejahatan, maka kita dikalahkan oleh kejahatan, dan kita menjadi seperti dia.765 Kalau kita menanggapi kebencian dengan kebencian, maka kita sudah menjadi sama seperti seteru kita, dan kita dikalahkan!

...tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan!

Sebaliknya jika kita memberkati siapa yang menganiaya kita, maka kebaikan kita mengalahkan kejahatan mereka. Memang hal harga diri kita tidak dipertimbangkan dalam bahasan ini, karena harga diri kita sudah dilunasi di kayu salib Tuhan Yesus Kristus. Nats ini membahas sikap kasih orang yang sudah dibenarkan melalui iman dan yang sedang diubahkan oleh pembaharuan pikiran. Orang itu tidak mau mempertimbangkan masalah harga diri, karena dia sudah menganggap dirinya mati dengan Kristus!

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Rm 12:1-21 - Kewajiban-kewajiban Orang Percaya Setelah dengan panjang lebar menjelaskan dan menegaskan pengajaran Kekriste...

SH: Rm 12:6-11 - Karunia untuk melayani (Jumat, 25 Agustus 2006) Karunia untuk melayani Judul: Karunia untuk melayani Di tengah zaman dengan semangat individualism...

SH: Rm 12:9-21 - Kasih: tulus, aktif timbal balik. (Senin, 27 Juli 1998) Kasih: tulus, aktif timbal balik. Kasih: tulus, aktif timbal balik. Kasih tak boleh pura-pura, sebab b...

SH: Rm 12:9-21 - Ketika kita sungguh mengasihi (Rabu, 21 April 2010) Ketika kita sungguh mengasihi Judul: Ketika kita sungguh mengasihi Betapa ajaib sikap dan tindakan Tuh...

SH: Rm 12:9-21 - Membuka hati (Kamis, 4 April 2013) Membuka hati Judul: Injil sebagai dasar kasih Perintah untuk mengasihi cenderung membuat kita merasa k...

SH: Rm 12:9-21 - Hidup dalam Kasih (Senin, 14 November 2016) Hidup dalam Kasih Ketika dunia terasa semakin keras dan kejam, dan selagi isi berbagai harian dan majalah membuat...

SH: Rm 12:9-21 - Hidup dalam Kasih (Kamis, 14 Juli 2022) Hidup dalam Kasih Hidup dalam kasih adalah perintah Tuhan Yesus kepada kita (lih. ...

SH: Rm 12:12-21 - Membangun kebersamaan (Sabtu, 26 Agustus 2006) Membangun kebersamaan Judul: Membangun kebersamaan Membangun kebersamaan tidak mudah. Semakin ban...

Utley: Rm 12:9-13 - --NASKAH NASB (UPDATED): Rom 12:9-13...

Utley: Rm 12:14-21 - --NASKAH NASB (UPDATED): Rom 12:14-21...

Topik Teologia: Rm 12:9 - -- Roh Kudus Roh Kudus dalam Diri Orang-orang Percaya Buah Roh Kasih ...

Topik Teologia: Rm 12:10 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Mengekspresikan Moral Kasih Sayang Mere...

Topik Teologia: Rm 12:11 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Unsur-unsur Pembentuk Keindividualitas Manusia Roh Manusia (Nafas, Hati, Pikiran, Kebencian, Kekuata...

Topik Teologia: Rm 12:12 - -- Roh Kudus Roh Kudus dalam Diri Orang-orang Percaya Buah Roh Kesabaran ...

Topik Teologia: Rm 12:13 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Mengekspresikan Moral Kasih Sayang Mere...

Topik Teologia: Rm 12:14 - -- Pengudusan Pengudusan: Fakta yang Tergenapi dan Proses Pertumbuhan Pengudusan sebagai Pertumbuhan dalam Anugerah S...

Topik Teologia: Rm 12:15 - -- Pengudusan Pengudusan: Fakta yang Tergenapi dan Proses Pertumbuhan Pengudusan sebagai Pertumbuhan dalam Anugerah S...

Topik Teologia: Rm 12:16 - -- Dosa Dosa-dosa Roh Dosa-dosa Penipuan Diri Pembenaran Diri dan Keangkuhan ...

Topik Teologia: Rm 12:17 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Sesama Dosa-dosa Kebencian Mengubah Kebaikan Menjadi Kejahatan ...

Topik Teologia: Rm 12:18 - -- Pengudusan Pengudusan: Fakta yang Tergenapi dan Proses Pertumbuhan Pengudusan sebagai Pertumbuhan dalam Anugerah S...

Topik Teologia: Rm 12:19 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Sesama Dosa-dosa Kebencian Mengubah Kebaikan Menjadi Kejahatan ...

Topik Teologia: Rm 12:20 - -- Pengudusan Pengudusan: Fakta yang Tergenapi dan Proses Pertumbuhan Pengudusan sebagai Pertumbuhan dalam Anugerah S...

Topik Teologia: Rm 12:21 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Mengekspresikan Moral Kasih Sayang Mere...

TFTWMS: Rm 12:3-13 - Sikap Terhadap Saudara-saudara Seiman SIKAP TERHADAP SAUDARA-SAUDARA SEIMAN (Roma 12:3-13) Setelah membah...

TFTWMS: Rm 12:9-13 - Kasih Persaudaraan Kasih Persaudaraan (Roma 12:9-13) 9 Hendaklah kasih itu jangan pura...

TFTWMS: Rm 12:14-21 - Sikap Terhadap Musuh SIKAP TERHADAP MUSUH (Roma 12:14-21) 14 Berkatilah siapa yang meng...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Roma (Pendahuluan Kitab) Penulis : Paulus Tema : Kebenaran Allah telah Dinyatakan Tanggal Penul...

Full Life: Roma (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (Rom 1:1-17) ...

Matthew Henry: Roma (Pendahuluan Kitab) Jika kita boleh membandingkan satu kitab dengan kitab lainnya dan me...

Jerusalem: Roma (Pendahuluan Kitab) SURAT-SURAT PAULUS PENGANTAR Kronologi kehidupan Paulus ...

Ende: Roma (Pendahuluan Kitab) SURAT RASUL PAULUS KEPADA UMAT ROMA KATA PENGANTAR Menurut pendapat paling umum, surat kepada umat Roma ini ditulis ole...

Hagelberg: Roma (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Pendahuluan Keunikan Surat Roma Surat Roma adalah satu-satunya surat yang ditulis o...

Hagelberg: Roma (Garis Besar) GARIS BESAR roma I. Pendahuluan 1:1-1:17 ...

Hagelberg: Roma DAFTAR PUSTAKA roma Daftar Kepustakaan Barclay, William, Pemahaman Alkitab Setiap Hari: Roma...

TFTWMS: Roma (Pendahuluan Kitab) Tantangan Untuk Mengasihi (Roma 12:9-13) Satu khotbah dapat dikemba...

TFTWMS: Roma (Pendahuluan Kitab) Definisi Orang Kristen (Roma 12:9-16) Seorang anak kecil telah mend...

TFTWMS: Roma (Pendahuluan Kitab) PASAL 12 KEHIDUPAN ORANG KRISTEN (BAGIAN 1) Pas...

TFTWMS: Roma (Pendahuluan Kitab) Pasal Favorit (Roma 12) ...

TFTWMS: Roma (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 John R. W. Stott, The Message of Romans: God's Good News for the World, The Bible ...

TFTWMS: Roma (Pendahuluan Kitab) Bagaimana Mengasihi Orang Yang Tidak Dapat Dikasihi (Roma 12:14, 17-21) ...

TFTWMS: Roma (Pendahuluan Kitab) Hidup Dalam Harmoni (Roma 12:16) R...

BIS: Roma (Pendahuluan Kitab) SURAT PAULUS KEPADA JEMAAT DI ROMA PENGANTAR Surat Paulus Kepada Jemaat di Roma ditulis untuk mempersiapkan me...

Ajaran: Roma (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti ajaran-ajaran utama Kitab Roma dan yakin bahwa manusia diselamatkan hanya...

Intisari: Roma (Pendahuluan Kitab) Inti InjilMENGAPA ROMA?Dalam Kisah para Rasul kita saksikan Paulus memulai gereja-gereja di tempat-tempat yang sekarang ki...

Garis Besar Intisari: Roma (Pendahuluan Kitab) [1] 'MENGAPA SAYA MENULIS...' Rom 1:1-7...

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #30: Klik ikon pada popup untuk memperkecil ukuran huruf, ikon pada popup untuk memperbesar ukuran huruf. [SEMUA]
dibuat dalam 0.22 detik
dipersembahkan oleh YLSA