kecilkan semua  

Teks -- Amos 2:1-16 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
2:1 Beginilah firman TUHAN: "Karena tiga perbuatan jahat Moab, bahkan empat, Aku tidak akan menarik kembali keputusan-Ku: Oleh karena ia telah membakar tulang-tulang raja Edom menjadi kapur, 2:2 Aku akan melepas api ke dalam Moab, sehingga puri Keriot dimakan habis; Moab akan mati di dalam kegaduhan, diiringi sorak-sorai pada saat sangkakala berbunyi; 2:3 Aku akan melenyapkan penguasa dari antaranya dan membunuh segala pembesarnya bersama-sama dengan dia," firman TUHAN.
Hukuman atas Yehuda
2:4 Beginilah firman TUHAN: "Karena tiga perbuatan jahat Yehuda, bahkan empat, Aku tidak akan menarik kembali keputusan-Ku: Oleh karena mereka telah menolak hukum TUHAN, dan tidak berpegang pada ketetapan-ketetapan-Nya, tetapi disesatkan oleh dewa-dewa kebohongannya, yang diikuti oleh nenek moyangnya, 2:5 Aku akan melepas api ke dalam Yehuda, sehingga puri Yerusalem dimakan habis."
Hukuman atas Israel
2:6 Beginilah firman TUHAN: "Karena tiga perbuatan jahat Israel, bahkan empat, Aku tidak akan menarik kembali keputusan-Ku: Oleh karena mereka menjual orang benar karena uang dan orang miskin karena sepasang kasut; 2:7 mereka menginjak-injak kepala orang lemah ke dalam debu dan membelokkan jalan orang sengsara; anak dan ayah pergi menjamah seorang perempuan muda, sehingga melanggar kekudusan nama-Ku; 2:8 mereka merebahkan diri di samping setiap mezbah di atas pakaian gadaian orang, dan minum anggur orang-orang yang kena denda di rumah Allah mereka. 2:9 Padahal Akulah yang memunahkan dari depan mereka, orang Amori, yang tingginya seperti tinggi pohon aras dan yang kuat seperti pohon tarbantin; Aku telah memunahkan buahnya dari atas dan akarnya dari bawah. 2:10 Padahal Akulah yang menuntun kamu keluar dari tanah Mesir dan memimpin kamu empat puluh tahun lamanya di padang gurun, supaya kamu menduduki negeri orang Amori; 2:11 Aku telah membangkitkan sebagian dari anak-anakmu menjadi nabi dan sebagian dari teruna-terunamu menjadi nazir. Bukankah betul-betul begitu, hai orang Israel?" demikianlah firman TUHAN. 2:12 "Tetapi kamu memberi orang nazir minum anggur dan memerintahkan kepada para nabi: Jangan kamu bernubuat! 2:13 Sesungguhnya, Aku akan mengguncangkan tempat kamu berpijak seperti goncangan kereta yang sarat dengan berkas gandum. 2:14 Orang cepat tidak mungkin lagi melarikan diri, orang kuat tidak dapat menggunakan kekuatannya, dan pahlawan tidak dapat melarikan diri. 2:15 Pemegang panah tidak dapat bertahan, orang yang cepat kaki tidak akan terluput dan penunggang kuda tidak dapat meluputkan diri. 2:16 Juga orang yang berhati berani di antara para pahlawan akan melarikan diri dengan telanjang pada hari itu," demikianlah firman TUHAN.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Amori members of a pre-Israel Semitic tribe from Mesopotamia
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · bani Moab resident(s) of the country of Moab
 · Edom resident(s) of the region of Edom
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · kenazirannya a man who expresses his devotion to God by not cutting his hair
 · Keriot a town of Moab
 · Mesir descendants of Mizraim
 · Moab resident(s) of the country of Moab
 · nazir a man who expresses his devotion to God by not cutting his hair
 · orang Amori a member of a pre-Israel Semitic tribe,a pre-Israel Semitic tribe from the city of Mari in Mesopotamia
 · orang dari Moab resident(s) of the country of Moab
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang Moab resident(s) of the country of Moab
 · orang nazir a man who expresses his devotion to God by not cutting his hair
 · orang-orang Amori members of a pre-Israel Semitic tribe from Mesopotamia
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Moab resident(s) of the country of Moab
 · perempuan Moab a female descendant of Moab
 · perempuan-perempuan Moab resident(s) of the country of Moab
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Moab resident(s) of the country of Moab
 · seorang nazir a man who expresses his devotion to God by not cutting his hair
 · suku Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · umat Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Yakub the second so of a pair of twins born to Isaac and Rebeccaa; ancestor of the 12 tribes of Israel,the nation of Israel,a person, male,son of Isaac; Israel the man and nation
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall


Topik/Tema Kamus: Amos | Orang Nazir | Nazir | Orang Miskin | Nubuat | Orang Amori | Orang Tua | Sepatu (Kasut) | Pohon Tarbatin | Pohon Aras | Nabi | Hukum, Hukum Allah | Pemakaman, Penguburan | Pakaian PL | Nazar, Orang | Pengembara /Nomad | Dosa Suatu Bangsa | Jati | Hadiah | Kuda | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Am 1:3--3:4 - KARENA TIGA PERBUATAN JAHAT ... BAHKAN EMPAT. Nas : Am 1:3-2:5 Amos mulai dengan mengucapkan hukuman atas tujuh bangsa tetangga Israel. Ia menyebut dosa-dosa khusus dari masing-masing bangsa it...

Nas : Am 1:3-2:5

Amos mulai dengan mengucapkan hukuman atas tujuh bangsa tetangga Israel. Ia menyebut dosa-dosa khusus dari masing-masing bangsa itu, bahkan juga dosa Yehuda, serta mencantumkan semua itu di bawah rumusan yang sama, "karena tiga perbuatan jahat ... bahkan empat" (yaitu, karena dosa mereka yang banyak, dan khususnya dosa yang disebutkan).

Full Life: Am 2:4 - PERBUATAN JAHAT YEHUDA. Nas : Am 2:4 Yehuda dan Israel adalah umat pilihan Allah, tetapi mereka juga akan dihukum karena dosa-dosa mereka. Dosa Yehuda berpusat pada penola...

Nas : Am 2:4

Yehuda dan Israel adalah umat pilihan Allah, tetapi mereka juga akan dihukum karena dosa-dosa mereka. Dosa Yehuda berpusat pada penolakan hukum Allah dan ketidaksediaan mereka untuk mematuhi ketetapan-ketetapan-Nya. Mereka telah tersesat ke dalam penyembahan berhala, yaitu penyembahan allah-allah palsu bangsa lain. Umat Allah selalu berhadapan dengan pencobaan untuk disesatkan oleh kebiasaan dan kepercayaan masyarakat di sekitarnya.

Full Life: Am 2:6 - PERBUATAN JAHAT ISRAEL. Nas : Am 2:6 Setelah menegur dosa tetangga-tetangga Israel, Amos kini mencapai puncaknya dan mengarahkan perhatian pada dosa-dosa dan hukuman yang ...

Nas : Am 2:6

Setelah menegur dosa tetangga-tetangga Israel, Amos kini mencapai puncaknya dan mengarahkan perhatian pada dosa-dosa dan hukuman yang akan menimpa Israel, kerajaan utara itu. Mereka tidak taat kepada firman Allah, tetapi malah menindas orang miskin (ayat Am 2:6-7), hidup mesum (ayat Am 2:7) dan mencemarkan penyembahan Allah (ayat Am 2:7-8); di bagian lain dijelaskan bahwa mereka menentang pelayanan nabi-nabi Allah yang benar (bd. Am 7:10-17).

Full Life: Am 2:10 - AKULAH YANG MENUNTUN KAMU KE LUAR. Nas : Am 2:10 Meskipun mereka telah menerima kasih dan berkat-berkat perjanjian Allah, orang Israel berpaling dari perjanjian itu dan melupakan seg...

Nas : Am 2:10

Meskipun mereka telah menerima kasih dan berkat-berkat perjanjian Allah, orang Israel berpaling dari perjanjian itu dan melupakan segala yang dilakukan Allah bagi mereka; penolakan ini membuat dosa mereka makin parah dan kesalahan mereka lebih besar. Demikian pula, kita sebagai orang percaya PB tidak boleh melupakan kasih Allah kepada kita melalui Kristus. Mengingat berkat-berkat-Nya seharusnya membuat kita tetap setia kepada Dia sepanjang hidup ini.

Full Life: Am 2:12 - MEMBERI ORANG NAZIR MINUM ANGGUR. Nas : Am 2:12 Allah telah mentahbiskan orang Nazir sebagai teladan pengabdian dan kebenaran tertinggi di Israel (lihat cat. --> Bil 6:2)....

Nas : Am 2:12

Allah telah mentahbiskan orang Nazir sebagai teladan pengabdian dan kebenaran tertinggi di Israel

(lihat cat. --> Bil 6:2).

[atau ref. Bil 6:2]

Sebagian dari penyerahan mereka ialah berpantang dari segala macam anggur

(lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN LAMA).

Banyak orang Israel menyenangi anggur yang memabukkan (Am 6:6), dan mereka merusak kesetiaan orang Nazir dengan membuat mereka melupakan ikrar pemantangan mereka. Karena mereka memberikan pencobaan ini kepada orang Nazir, Allah akan menghukum mereka (Am 2:12-16). Orang yang mempengaruhi sesamanya untuk hidup berdosa, termasuk dosa minum minuman yang memabukkan, seharusnya memperhatikan peringatan Allah dalam ayat-ayat ini.

Full Life: Am 2:13-16 - MENGGUNCANGKAN TEMPAT KAMU Nas : Am 2:13-16 (versi Inggris NIV -- Aku akan meremukkan kamu). Karena dosa Israel, murka Allah akan menimpa bangsa yang fasik itu. Mereka yang m...

Nas : Am 2:13-16

(versi Inggris NIV -- Aku akan meremukkan kamu). Karena dosa Israel, murka Allah akan menimpa bangsa yang fasik itu. Mereka yang menganggap dirinya kuat, mandiri, dan berani akan runtuh dengan ketakutan dan diremukkan. Demikian pula, ketika hukuman Allah jatuh ke atas bumi pada akhir zaman, semua orang fasik yang menyangka dirinya kuat dan keras akan gemetar ketakutan apabila menyaksikan kebinasaan mereka tiba.

BIS: Am 2:11 - Nazir Nazir: Orang Israel yang mengabdi kepada Allah dan berkaul untuk tidak minum anggur, atau minuman keras, tidak memotong rambutnya dan tidak menyentuh ...

Nazir: Orang Israel yang mengabdi kepada Allah dan berkaul untuk tidak minum anggur, atau minuman keras, tidak memotong rambutnya dan tidak menyentuh mayat (lih. Bil 6:1-8).

Jerusalem: Am 1:3--2:16 - -- Bagian ini mengumpulkan berbagai nubuat yang dibawakan oleh Amos pada saat yang berbeda-beda. Nubuat-nubuat itu melawan tujuh bangsa (tambah Yehuda: t...

Bagian ini mengumpulkan berbagai nubuat yang dibawakan oleh Amos pada saat yang berbeda-beda. Nubuat-nubuat itu melawan tujuh bangsa (tambah Yehuda: tetapi ini merupakan suatu tambahan). Susunan nubuat-nubuat itu sama dengan memakai rumusan-rumusan yang sama pula. Semua bermaksud menampilkan keadilan Allah yang di mana-mana menghukum setiap ketidakadilan. Nubuat terakhir barulah mengenai bangsa Israel. Begitu ditekankan bahwa Israel dihukum sama seperti bangsa-bangsa lain, meskipun mereka sendiri sekali-kali tidak menantikan hukuman itu. Bahkan hukuman atas Israel menjadi penyataan keadilan Tuhan yang paling jelas.

Jerusalem: Am 2:1 - Moab Bdk Bil 22:36+

Bdk Bil 22:36+

Jerusalem: Am 2:1 - membakar tulang Maksud tindakan itu ialah membuat orang mati menjadi malang di dunia orang mati. Oleh karena itu membakar mayat (tulang-tulang) oleh bangsa-bangsa Sem...

Maksud tindakan itu ialah membuat orang mati menjadi malang di dunia orang mati. Oleh karena itu membakar mayat (tulang-tulang) oleh bangsa-bangsa Semit dianggap suatu kejahatan besar. Tuhan menuduh Moab oleh karena kejahatan yang dilakukannya terhadap seorang yang bukan seorang Israel. Israel sekali-kali tidak tersentuh oleh kejahatan itu. Maka boleh disimpulkan bahwa dalam nubuat-nubuat lain juga kejahatan dikutuk oleh karena dirinya sendiri, bukannya oleh karena dilakukan terhadap Israel. Menurut pandangan Amos semua orang terikat pada tata susila yang sama.

Jerusalem: Am 2:4-5 - -- Nubuat ini bergaya bahasa tradisi Ulangan. ia merupakan suatu tambahan pada kitab Amos atau saduran yang berasal dari negeri Yehuda, Hos 1:7+. Sementa...

Nubuat ini bergaya bahasa tradisi Ulangan. ia merupakan suatu tambahan pada kitab Amos atau saduran yang berasal dari negeri Yehuda, Hos 1:7+. Sementara ahli menganggap nubuat melawan Tirus dan Edom juga sebagai sebuah tambahan.

Jerusalem: Am 2:6-16 - -- Dalam pemberitaan para nabi biasanya ada nubuat-nubuat melawan bangsa-bangsa lain, Yes 13:1-23:18; Yer 46:1-51:64; Yeh 25:1-32:32. Tetapi nabi Amos pa...

Dalam pemberitaan para nabi biasanya ada nubuat-nubuat melawan bangsa-bangsa lain, Yes 13:1-23:18; Yer 46:1-51:64; Yeh 25:1-32:32. Tetapi nabi Amos pasti menimbulkan rasa jengkel dengan menambah nubuat melawan Israel ini. Orang-orang Israel pasti marah oleh karena begitu saja disamakan dengan bangsa-bangsa lain.

Jerusalem: Am 2:6 - Oleh karena... Para nabi kerap kali mengecam penyelewengan dalam pengadilan, Ams 5:7; 6:12; Yes 1:23; Mik 3:1-3,9-11; 7:1-3, dll.

Para nabi kerap kali mengecam penyelewengan dalam pengadilan, Ams 5:7; 6:12; Yes 1:23; Mik 3:1-3,9-11; 7:1-3, dll.

Jerusalem: Am 2:7 - -- Larik pertama ayat ini dalam naskah Ibrani kurang jelas. Ungkapan "ke dalam debu" tidak ada dalam terjemahan Yunani. Oleh sementara ahli dianggap sisi...

Larik pertama ayat ini dalam naskah Ibrani kurang jelas. Ungkapan "ke dalam debu" tidak ada dalam terjemahan Yunani. Oleh sementara ahli dianggap sisipan. Pada umumnya ayat ini mengecam keserakahan orang berkuasa yang memeras orang lemah. Kecaman semacam itu banyak terdapat pada nabi, Ams 8:5-6; Yes 1:17,23; 3:4; Mik 2:1-2,8-11; 3:9-11; 6:9-12; Zef 1:9; Yer 2:34; Yeh 22:29

Jerusalem: Am 2:7 - melanggar kekudusan namaKu Ayat ini tidak menyinggung sundal bakti, tetapi penyalahgunaan budak perempuan oleh majikan serta anak laki-lakinya. yang dikecam bukannya semacam sum...

Ayat ini tidak menyinggung sundal bakti, tetapi penyalahgunaan budak perempuan oleh majikan serta anak laki-lakinya. yang dikecam bukannya semacam sumbang, tetapi penyalahgunaan kuasa dengan memperkosa hak seorang manusia yang dipakai saja sebagai pemuas nafsu rendah.

Jerusalem: Am 2:8 - di rumah Allah mereka Yang dimaksud ialah perjamuan kudus yang menyusul korban yang dipersembahkan kepada Allah Israel. Tetapi Allah sejati direndahkan menjadi berhala saja...

Yang dimaksud ialah perjamuan kudus yang menyusul korban yang dipersembahkan kepada Allah Israel. Tetapi Allah sejati direndahkan menjadi berhala saja (Allah mereka), jika mau dihormati dengan korban dan perjamuan meriah yang bahannya dirampas dari orang lemah, meskipun pura-pura sesuai dengan hukum. Sebab barang itu diambil dari orang berhutang yang tidak mampu membayar, bdk Sir 34:20+.

Jerusalem: Am 2:9 - orang Amori Bdk Ula 7:1+

Bdk Ula 7:1+

Jerusalem: Am 2:9 - buahnya dari atas... Ungkapan itu berarti: dimusnahkan sama sekali.

Ungkapan itu berarti: dimusnahkan sama sekali.

Jerusalem: Am 2:11 - membangkitkan... menjadi nabi Bdk Ula 18:18+

Bdk Ula 18:18+

Jerusalem: Am 2:11 - nazir Bdk Bil 6:1+.

Bdk Bil 6:1+.

Jerusalem: Am 2:12 - Jangan kamu bernubuat Seluruh nubuat melawan Israel tidak menganggap kesalahan umat sebagai pelanggaran hukum saja, tetapi terlebih sebagai suatu sikap yang menolak panggil...

Seluruh nubuat melawan Israel tidak menganggap kesalahan umat sebagai pelanggaran hukum saja, tetapi terlebih sebagai suatu sikap yang menolak panggilan dan kebaikan Tuhan.

Jerusalem: Am 2:16 - hari itu Yaitu Hari Tuhan, bdk Ams 5:18+.

Yaitu Hari Tuhan, bdk Ams 5:18+.

Ende: Am 1:3--2:16 - -- Rentetan nubuat ini lawan bangsa2 kafir dan achirnja lawan Israil tersusun setjara sama. Amos, orang Juda, jang tampil di Israil, dahulu mengikat hati...

Rentetan nubuat ini lawan bangsa2 kafir dan achirnja lawan Israil tersusun setjara sama. Amos, orang Juda, jang tampil di Israil, dahulu mengikat hati rakjat dengan meramalkan hukuman bangsa2 kafir, jang bermusuhan dengan Israil serta dibentji oleh rakjat. Setelah ia diterima sebagai nabi sedjati, ia lalu menjerang Israil sendiri dan nubuat2nja sekarang sukar dapat ditolak, setelah jang lain2 diterima.

Anggapan jang terdapat dalam semua nubuat itu ialah: Keadilan Jahwe tidak dapat tidak menghukum segenap kelaliman, dimanapun djua terdapat entah pada kaum kafir entah pada Israil.

Ende: Am 2:1 - -- Untuk bangsa Semit nasib orang mati bergantung pada pemeliharaan majatnja. Dengan dibakar orang mentjegah istirahat si mati. Karena itu perbuatan itu ...

Untuk bangsa Semit nasib orang mati bergantung pada pemeliharaan majatnja. Dengan dibakar orang mentjegah istirahat si mati.

Karena itu perbuatan itu merupakan kedjahatan jang paling kedji.

Ende: Am 2:2 - -- Kirijot ialah salah satu kota penting di Moab.

Kirijot ialah salah satu kota penting di Moab.

Ende: Am 2:6-8 - -- Amos mengetjam chususnja kedjahatan sosial dan ketidakadilan. Orang kaja dan kuasa menindas jang lemah, sedang mereka sendiri hidup mewah. Kesemuanja ...

Amos mengetjam chususnja kedjahatan sosial dan ketidakadilan.

Orang kaja dan kuasa menindas jang lemah, sedang mereka sendiri hidup mewah. Kesemuanja itu melanggar hukum Allah, jang sama sekali tidak diindahkan (mentjemarkan namaKu jang kudus, didekat mesbah, kuil Jahwe).

Ende: Am 2:7 - menghampiri gadis ialah memperkosa perempuan jang tidak dapat membela dirinja.

ialah memperkosa perempuan jang tidak dapat membela dirinja.

Ende: Am 2:9-11 - -- Mengingat semua anugerah Allah, menjoloklah sikap tak kenal sjukur bangsa Israil.

Mengingat semua anugerah Allah, menjoloklah sikap tak kenal sjukur bangsa Israil.

Ende: Am 2:9 - Kubinasakan....dst Artinja: membinasakan sama sekali, kaum tua dan muda.

Artinja: membinasakan sama sekali, kaum tua dan muda.

Ende: Am 2:11-12 - orang nazir ialah orang jang dibaktikan kepada Jahwe dan sebagai tandanja tidak boleh minum anggur, menjentuh majat dll. Mereka agak serupa dengan nabi, dalam aja...

ialah orang jang dibaktikan kepada Jahwe dan sebagai tandanja tidak boleh minum anggur, menjentuh majat dll.

Mereka agak serupa dengan nabi, dalam ajat ini, sebagai pemimpin keigamaan. Orang2 Israil menghalangi baik nazir maupun nabi dalam pelaksanaan tugasnja jang sutji.

Ende: Am 2:13-16 - -- Ajat2 ini menggambarkan pengadilan Jahwe. Tiada seorangpun dapat lolos, djuga jang paling kuat (tentara) tidak.

Ajat2 ini menggambarkan pengadilan Jahwe. Tiada seorangpun dapat lolos, djuga jang paling kuat (tentara) tidak.

Endetn: Am 2:7 - menghantjurkan diperbaiki dengan bersandar pada terdjemahan Junani. Tertulis: "orang2 jang menghantjurkan itu".

diperbaiki dengan bersandar pada terdjemahan Junani. Tertulis: "orang2 jang menghantjurkan itu".

Endetn: Am 2:7 - -- Ditinggalkan menurut terdjemahan Junani: "diatas debu tanah".

Ditinggalkan menurut terdjemahan Junani: "diatas debu tanah".

Endetn: Am 2:13 - (tanah) ditambahkan.

ditambahkan.

Endetn: Am 2:15 - lepas diperbaiki. tertulis: "melepaskan".

diperbaiki. tertulis: "melepaskan".

Ref. Silang FULL: Am 2:1 - jahat Moab // menjadi kapur · jahat Moab: Yes 16:6; Yes 16:6 · menjadi kapur: Yes 33:12

· jahat Moab: Yes 16:6; [Lihat FULL. Yes 16:6]

· menjadi kapur: Yes 33:12

Ref. Silang FULL: Am 2:2 - puri Keriot // diiringi sorak-sorai // saat sangkakala · puri Keriot: Yer 48:24 · diiringi sorak-sorai: Ayub 39:28; Ayub 39:28 · saat sangkakala: Yos 6:20; Yos 6:20

· puri Keriot: Yer 48:24

· diiringi sorak-sorai: Ayub 39:28; [Lihat FULL. Ayub 39:28]

· saat sangkakala: Yos 6:20; [Lihat FULL. Yos 6:20]

Ref. Silang FULL: Am 2:3 - melenyapkan penguasa // dengan dia // firman Tuhan · melenyapkan penguasa: Mazm 2:10; Mazm 2:10 · dengan dia: Yes 40:23; Yes 40:23 · firman Tuhan: Yes 15:1-9; 16:1-14; Yes 25:10; ...

· melenyapkan penguasa: Mazm 2:10; [Lihat FULL. Mazm 2:10]

· dengan dia: Yes 40:23; [Lihat FULL. Yes 40:23]

· firman Tuhan: Yes 15:1-9; 16:1-14; Yes 25:10; [Lihat FULL. Yes 25:10]; Yer 48:1; Yeh 25:8-11; [Lihat FULL. Yeh 25:8] s/d 11; Zef 2:8-9

Ref. Silang FULL: Am 2:4 - jahat Yehuda // menolak hukum // pada ketetapan-ketetapan-Nya // tetapi disesatkan // oleh dewa-dewa // yang diikuti · jahat Yehuda: 2Raj 17:19; Hos 12:3 · menolak hukum: Yer 6:19; Yer 6:19 · pada ketetapan-ketetapan-Nya: Yeh 20:24; Yeh 20:24 &mi...

· jahat Yehuda: 2Raj 17:19; Hos 12:3

· menolak hukum: Yer 6:19; [Lihat FULL. Yer 6:19]

· pada ketetapan-ketetapan-Nya: Yeh 20:24; [Lihat FULL. Yeh 20:24]

· tetapi disesatkan: Yes 9:15

· oleh dewa-dewa: Kel 34:15; [Lihat FULL. Kel 34:15]; Ul 31:20; [Lihat FULL. Ul 31:20]; Mazm 4:3; [Lihat FULL. Mazm 4:3]

· yang diikuti: 2Raj 22:13; [Lihat FULL. 2Raj 22:13]; Yer 9:14; [Lihat FULL. Yer 9:14]; Yer 16:12; [Lihat FULL. Yer 16:12]

Ref. Silang FULL: Am 2:5 - melepas api // sehingga puri // Yerusalem · melepas api: 2Raj 25:9; 2Raj 25:9; 2Taw 36:19; 2Taw 36:19 · sehingga puri: Am 3:11 · Yerusalem: Yer 17:27; Yer 17:27; Hos 8:14;...

· melepas api: 2Raj 25:9; [Lihat FULL. 2Raj 25:9]; 2Taw 36:19; [Lihat FULL. 2Taw 36:19]

· sehingga puri: Am 3:11

· Yerusalem: Yer 17:27; [Lihat FULL. Yer 17:27]; Hos 8:14; [Lihat FULL. Hos 8:14]

Ref. Silang FULL: Am 2:6 - kembali keputusan-Ku // sepasang kasut · kembali keputusan-Ku: Am 1:3; Am 1:3 · sepasang kasut: Yoel 3:3; Yoel 3:3; Am 8:6

· kembali keputusan-Ku: Am 1:3; [Lihat FULL. Am 1:3]

· sepasang kasut: Yoel 3:3; [Lihat FULL. Yoel 3:3]; Am 8:6

Ref. Silang FULL: Am 2:7 - kekudusan nama-Ku · kekudusan nama-Ku: Im 18:21; Im 18:21; Am 5:11-12; 8:4

· kekudusan nama-Ku: Im 18:21; [Lihat FULL. Im 18:21]; Am 5:11-12; 8:4

Ref. Silang FULL: Am 2:8 - pakaian gadaian // minum anggur // kena denda · pakaian gadaian: Kel 22:26; Kel 22:26; Ul 24:12-13 · minum anggur: Hos 7:14; Am 4:1; 6:6 · kena denda: Hab 2:6

· pakaian gadaian: Kel 22:26; [Lihat FULL. Kel 22:26]; Ul 24:12-13

· minum anggur: Hos 7:14; Am 4:1; 6:6

· kena denda: Hab 2:6

Ref. Silang FULL: Am 2:9 - orang Amori // yang tingginya // pohon tarbantin // dan akarnya · orang Amori: Bil 21:23-26; Yos 10:12 · yang tingginya: Yes 10:33; Yes 10:33 · pohon tarbantin: Mazm 29:9; Mazm 29:9 · da...

· orang Amori: Bil 21:23-26; Yos 10:12

· yang tingginya: Yes 10:33; [Lihat FULL. Yes 10:33]

· pohon tarbantin: Mazm 29:9; [Lihat FULL. Mazm 29:9]

· dan akarnya: 2Raj 19:30; [Lihat FULL. 2Raj 19:30]; Ayub 18:16; [Lihat FULL. Ayub 18:16]; Yeh 17:9; [Lihat FULL. Yeh 17:9]

Ref. Silang FULL: Am 2:10 - tanah Mesir // dan memimpin // padang gurun // orang Amori · tanah Mesir: Kel 6:5; Kel 6:5; Kel 20:2; Am 3:1 · dan memimpin: Ul 8:2; Ul 8:2 · padang gurun: Ul 2:7; Ul 2:7 · orang A...

· tanah Mesir: Kel 6:5; [Lihat FULL. Kel 6:5]; Kel 20:2; Am 3:1

· dan memimpin: Ul 8:2; [Lihat FULL. Ul 8:2]

· padang gurun: Ul 2:7; [Lihat FULL. Ul 2:7]

· orang Amori: Kel 3:8; [Lihat FULL. Kel 3:8]; Bil 21:25; [Lihat FULL. Bil 21:25]; Yos 13:4; [Lihat FULL. Yos 13:4]; Am 9:7

Ref. Silang FULL: Am 2:11 - menjadi nabi // menjadi nazir · menjadi nabi: Ul 18:18; Yer 7:25 · menjadi nazir: Hak 13:5; Hak 13:5

· menjadi nabi: Ul 18:18; Yer 7:25

· menjadi nazir: Hak 13:5; [Lihat FULL. Hak 13:5]

Ref. Silang FULL: Am 2:12 - kamu bernubuat · kamu bernubuat: Yes 30:10; Yer 11:21; Am 7:12-13; Mi 2:6

· kamu bernubuat: Yes 30:10; Yer 11:21; Am 7:12-13; Mi 2:6

Ref. Silang FULL: Am 2:13 - berkas gandum · berkas gandum: Am 7:16-17

· berkas gandum: Am 7:16-17

Ref. Silang FULL: Am 2:14 - lagi melarikan // orang kuat // dapat melarikan · lagi melarikan: Ayub 11:20; Ayub 11:20 · orang kuat: 1Raj 20:11; 1Raj 20:11 · dapat melarikan: Mazm 33:16; Yes 30:16-17

· lagi melarikan: Ayub 11:20; [Lihat FULL. Ayub 11:20]

· orang kuat: 1Raj 20:11; [Lihat FULL. 1Raj 20:11]

· dapat melarikan: Mazm 33:16; Yes 30:16-17

Ref. Silang FULL: Am 2:15 - Pemegang panah // penunggang kuda // meluputkan diri · Pemegang panah: Yeh 39:3; Yeh 39:3 · penunggang kuda: Kel 15:21; Kel 15:21; Za 10:5 · meluputkan diri: Pengkh 9:11

· Pemegang panah: Yeh 39:3; [Lihat FULL. Yeh 39:3]

· penunggang kuda: Kel 15:21; [Lihat FULL. Kel 15:21]; Za 10:5

· meluputkan diri: Pengkh 9:11

Ref. Silang FULL: Am 2:16 - para pahlawan · para pahlawan: Yer 48:41

· para pahlawan: Yer 48:41

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Am 1:3--2:3 - -- B. Tuduhan atas Bangsa-bangsa Tetangga. 1:3-2:3. Amos adalah. nabi untuk bangsa Israel, tetapi ia mulai pemberitaannya dengan sebuah pengumuman bahwa...

B. Tuduhan atas Bangsa-bangsa Tetangga. 1:3-2:3.

Amos adalah. nabi untuk bangsa Israel, tetapi ia mulai pemberitaannya dengan sebuah pengumuman bahwa penghakiman akan jatuh atas bangsa-bangsa sekitar. Dengan cara ini ia dapat menunjukkan bahwa karena bangsa-bangsa lain akan dihukum, maka Israel tidak dapat berharap untuk lolos. Sebab Israel memiliki kebenaran sebagaimana dikhotbahkan oleh nabi-nabi Tuhan, maka Israel lebih dipersalahkan daripada bangsa-bangsa lain yang tidak memiliki kebenaran ini.

Wycliffe: Am 2:1 - Moab // Membakar tulang-tulang raja Edom // Menjadi kapur // Keriot 2:1. Moab. Suatu bangsa keturunan Moab, anak Lot dari putri sulungnya (Kej. 19:37). Orang-orang Moab berhubungan erat dengan orang-orang Israel dan Am...

2:1. Moab. Suatu bangsa keturunan Moab, anak Lot dari putri sulungnya (Kej. 19:37). Orang-orang Moab berhubungan erat dengan orang-orang Israel dan Amon. Membakar tulang-tulang raja Edom. Mungkin ini berhubungan dengan kejadian-kejadian yang dicatat dalam II Raja-Raja 3, ketika Mesa, raja Moab, sedikitnya untuk sementara waktu berhasil dalam pemberontakannya. Kejadian ini juga diuraikan pada batu prasasti Moab yang ditulisi oleh Mesa, yang waktu itu adalah raja Moab (II Raj. 3:4). Menjadi kapur. Atau menjadi bubuk. LXX memakai menjadi konia yakni debu halus yang dipakai untuk menaburi tubuh seorang pegulat setelah ia diminyaki. Ini menguntungkan musuhnya untuk dapat mencengkeramnya dengan kuat. Vulgata memakai menjadi abu. Targum menunjukkan bahwa raja Moab memakai bubuk itu untuk melepa rumahnya. 2. Keriot. Mungkin adalah ibu kota Moab yang disebut Kir dalam Yesaya 15:1. Pada batu prasasti Moab, Keriot disebut sebagai situs kuil Kamos, dewa orang Moab.

Wycliffe: Am 2:3 - Penguasa (AV., 3. Penguasa (AV., Judge). Kata Ibraninya adalah shôpet, yang kadang-kadang mengacu kepada hakim dalam arti yang biasa dari istilah tersebut. Kat...

3. Penguasa (AV., Judge). Kata Ibraninya adalah shôpet, yang kadang-kadang mengacu kepada hakim dalam arti yang biasa dari istilah tersebut. Kata ini juga dipakai untuk raja (bdg. Mi. 5:2) yang berfungsi sebagai hakim (II Sam. 8:15; Yer. 21:12), dan boleh dipakai untuk pejabat tinggi yang berfungsi sebagai seorang raja (bdg. II Raj. 15:5).

Wycliffe: Am 2:4-5 - -- C. Tuduhan Terhadap Yehuda (2:4, 5). Nubuat-nubuat terhadap bangsa-bangsa tetangga membawa kepada nubuat-nubuat terhadap Israel. Nubuat sang nabi ten...

C. Tuduhan Terhadap Yehuda (2:4, 5).

Nubuat-nubuat terhadap bangsa-bangsa tetangga membawa kepada nubuat-nubuat terhadap Israel. Nubuat sang nabi tentang hukuman terhadap bangsa-bangsa sekitar mungkin menimbulkan rasa simpati orang-orang Yahudi yang mendengarnya, paling tidak pada awalnya.

Wycliffe: Am 2:4 - Yehuda 4. Yehuda. Acuan-acuan khusus kepada Yehuda di luar penghakiman ini hanya terdapat dalam 1:2; 6:1; 7:12; 9:11.

4. Yehuda. Acuan-acuan khusus kepada Yehuda di luar penghakiman ini hanya terdapat dalam 1:2; 6:1; 7:12; 9:11.

Wycliffe: Am 2:5 - Puri Yerusalem 5. Puri Yerusalem. Bahkan bagi Kerajaan Utara, Yerusalem adalah simbol Yahweh yang menyatukan Kerajaan Utara dan Selatan dalam ibadah.

5. Puri Yerusalem. Bahkan bagi Kerajaan Utara, Yerusalem adalah simbol Yahweh yang menyatukan Kerajaan Utara dan Selatan dalam ibadah.

Wycliffe: Am 2:6-16 - -- D. Tuduhan Terhadap Israel. 2:6-16. Israel sekarang mengetahui bahwa hubungannya yang khusus dengan Yehovah tidak membebaskannya dari hukuman.

D. Tuduhan Terhadap Israel. 2:6-16.

Israel sekarang mengetahui bahwa hubungannya yang khusus dengan Yehovah tidak membebaskannya dari hukuman.

Wycliffe: Am 2:6 - Menjual orang benar karena uang 6. Menjual orang benar karena uang. Suatu gambaran tentang ketidakadilan dan penindasan di Israel.

6. Menjual orang benar karena uang. Suatu gambaran tentang ketidakadilan dan penindasan di Israel.

Wycliffe: Am 2:7 - Anak dan ayah pergi menjamah seorang perempuan muda 7. Anak dan ayah pergi menjamah seorang perempuan muda. Maksudnya perempuan yang sama. Ini mengacu kepada pelacur bakti, yang melakukan praktiknya seb...

7. Anak dan ayah pergi menjamah seorang perempuan muda. Maksudnya perempuan yang sama. Ini mengacu kepada pelacur bakti, yang melakukan praktiknya sebagai bagian dari ritual penyembahan dewa kesuburan orang Kanaan yang di dalamnya orang Israel juga sudah terlibat.

Wycliffe: Am 2:8 - Pakaian gadaian orang. Ini // Minum anggur orang-orang yang kena denda 8. Pakaian gadaian orang. Ini adalah pakaian yang diberikan sebagai jaminan oleh orang miskin. Pakaian ini ditahan juga pada malam hari oleh para kred...

8. Pakaian gadaian orang. Ini adalah pakaian yang diberikan sebagai jaminan oleh orang miskin. Pakaian ini ditahan juga pada malam hari oleh para kreditor secara melanggar hukum (Kel. 22:25, 26; Ul. 24:12). Menurut hukum, karena orang miskin membutuhkan pakaian itu untuk penutup tubuh waktu tidur, maka pakaian tersebut harus dikembalikan pada sore hari. Minum anggur orang-orang yang kena denda. Anggur itu sebetulnya milik orang-orang yang menggadaikannya. Ayat ini memberikan gambaran tentang penyitaan yang kejam terhadap orang-orang jujur yang berhutang.

Wycliffe: Am 2:9 - Orang. Amori 9. Orang. Amori. Nama umum yang diberikan kepada orang-orang yang tinggal di sebelah timur Yordan dan orang-orang Kanaan di sebelah barat sungai.

9. Orang. Amori. Nama umum yang diberikan kepada orang-orang yang tinggal di sebelah timur Yordan dan orang-orang Kanaan di sebelah barat sungai.

Wycliffe: Am 2:11 - Nazir 11. Nazir. Hukum mengenai kenaziran diberikan dalam Bilangan 6:1-21.

11. Nazir. Hukum mengenai kenaziran diberikan dalam Bilangan 6:1-21.

Wycliffe: Am 2:13 - Aku akan mengguncangkan 13. Aku akan mengguncangkan (AV., I will pressed). Lebih baik: Aku akan menggilas kamu seperti gilasan kereta yang sarat dengan berkas gandum. Israel ...

13. Aku akan mengguncangkan (AV., I will pressed). Lebih baik: Aku akan menggilas kamu seperti gilasan kereta yang sarat dengan berkas gandum. Israel akan digilas seperti gilasan kereta yang sarat muatan.

Wycliffe: Am 2:16 - Pada hari itu 16. Pada hari itu. Hari Tuhan, ketika penghakiman Allah akan jatuh atas Israel. Ayat 14 sampai 16 menggambarkan malapetaka yang luar biasa.

16. Pada hari itu. Hari Tuhan, ketika penghakiman Allah akan jatuh atas Israel. Ayat 14 sampai 16 menggambarkan malapetaka yang luar biasa.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Am 1:1--2:3 - Kejahatan politik menghancurkan bangsa. (Rabu, 16 Juli 2003) Kejahatan politik menghancurkan bangsa. Di zaman ini kita mengenal negara-negara super power. Sebutan itu mengindikasikan kejayaan, kekuasaa...

SH: Am 2:4-16 - Hukuman juga atas umat Allah sendiri. (Kamis, 17 Juli 2003) Hukuman juga atas umat Allah sendiri. Bayangkan bagaimana perasaan orang Israel ketika mendengar nubuat Amos menuding kejahatan bangsa-bangs...

Topik Teologia: Am 2:6 - -- Dosa Konsekuensi Dosa Dosa Menyebabkan Kehancuran Nasional Kel 32:9-10 Ula 9:8,13-14,22 2Ta 30:8 Neh 9:36-37 Maz 9:18 Yes 28:18...

Topik Teologia: Am 2:13 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama-nama, Gelar-gelar Deskriptif dan Kiasan-kiasan untuk Allah Kereta Amo 2:13

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Amos (Pendahuluan Kitab) Penulis : Amos Tema : Keadilan, Kebenaran dan Hukuman Ilahi Karena Dosa Tanggal Penulisan: + 760 - 755 SM Latar Belakang Amos ...

Full Life: Amos (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (Am 1:1-2) I. Delapan Ucapan Ilahi Mengenai Hukuman atas Bangsa-Bangsa (Am 1:3-2:16) A. D...

Jerusalem: Amos (Pendahuluan Kitab) AMOS Amos bekerja sebagai peternak domba. Ia tinggal di Tekoa, di pinggir padang gurun Yehuda, Am 1:1. Amos tidak mempunyai hubungan dengan "tare...

Ende: Amos (Pendahuluan Kitab) KITAB KEDUABELAS NABI PENDAHULUAN Dalam sastera kenabian dari kanon Hibrani dan Junani terdapat sedjumlah naskah ketjilan, jang besarnja toh agak berl...

Ende: Amos (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR KITAB PARA NABI PENDAHULUAN Kitab para nabi, jang terdjemahan Indonesianja kami sadjikan bersama ini, memuat sedjumlah tulisan kenabian, jak...

Wycliffe: Amos (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN AMOS Tanggal Penulisan dan Latar Belakang. Ayat pertama dari nubuat Amos, bersama dengan 7:10-13, menempatkan sang nabi pada pertengahan ...

Wycliffe: Amos (Garis Besar) GARIS BESAR AMOS I. Nubuat-nubuat melawan bangsa-bangsa. 1:1-2:16. A. Tulisan awal dan proklamasi. 1:1, 2 B. Tuduhan terhad...

BIS: Amos (Pendahuluan Kitab) AMOS PENGANTAR Amos adalah nabi pertama dalam Alkitab yang pesannya dicatat secara terperinci. Ia berasal dari sebuah kota di Yehuda, tetapi ia berk

AMOS

PENGANTAR

Amos adalah nabi pertama dalam Alkitab yang pesannya dicatat secara terperinci. Ia berasal dari sebuah kota di Yehuda, tetapi ia berkhotbah kepada orang-orang Israel di kerajaan utara sekitar pertengahan abad kedelapan Sebelum Masehi. Pada masa itu banyak orang hidup makmur, ibadah dipentingkan, dan negeri Israel nampaknya damai. Tapi Amos melihat bahwa yang mengecap kemakmuran hanyalah para hartawan yang memperkaya diri dengan hasil penindasan dan ketidakadilan terhadap orang miskin. Orang menjalankan ibadah dengan hati yang tidak tulus, dan keadaan damai hanya tampak dari luar. Dengan berani dan penuh semangat, Amos menyampaikan pesan bahwa Allah akan menghukum bangsa Israel. Amos menyerukan agar keadilan "mengalir seperti air". Ia berkata, "Mungkin TUHAN akan mengasihani orang-orang yang tersisa dari bangsa Israel" (Am 5:15).

Isi

  1.  Hukuman atas negara-negara tetangga Israel
    Am 1:1-2:5
  2.  Hukuman atas Israel
    Am 2:6-6:14
  3.  Lima penglihatan
    Am 7:1-9:15

Ajaran: Amos (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya anggota jemaat mengerti isi Kitab Amos, dan dengan demikian dapat memahami keadilan Allah, serta kesabaran Allah terhadap perbuatan ja

Tujuan

Supaya anggota jemaat mengerti isi Kitab Amos, dan dengan demikian dapat memahami keadilan Allah, serta kesabaran Allah terhadap perbuatan jahat manusia.

Pendahuluan

Penulis : Nabi Amos.

Isi Kitab: Kitab Amos dibagi atas 9 pasal yang berisi tentang keadilan dan kesabaran Allah terhadap perbuatan jahat manusia.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Amos

  1. Pasal 1-2 (Am 1:1-2:16).

    Pemberitaan tentang hukuman dari Allah terhadap bangsa-bangsa

    Hukuman Allah atas bangsa Damsyik, Gaza, Tirus, Edom, Amon, Moab serta hukuman atas Yehuda dan atas bangsa Israel. Hukuman ini diberikan Allah karena perbuatan bangsa-bangsa yang durhaka itu telah melampaui batas kesabaran Allah. Hukuman itu dilambangkan sebagai api, tanda hukuman yang paling berat. Dari semua hukuman pada bagian pertama ini, dapat diketahui bahwa dosa yang mendatangkan hukuman itu adalah kekejaman terhadap bangsa lain.

    Pendalaman

    1. Apakah sebab bangsa-bangsa dihukum? (Am 1:3,6,9,11,13; 2:1,4).
    2. Apakah sebab umat Allah dihukum? (Am 2:4-5; 6-8).
  2. Pasal 3-6 (Am 3:1-6:14).

    Pemberitaan tentang tiga Firman Allah terhadap dosa bangsa Israel

    1. Pasal 3; Am 3:1-15. Firman Allah tentang kesalahan bangsa Israel, yait lalai melaksanakan tugasnya sebagai umat pilihan Allah.
    2. Pasal 4; Am 4:1-13. Firman Allah tentang kemunafikan dan kebobrokan mora bangsa Israel dalam hidup beragama.
    3. Pasal 5-6; Am 5:1-6:14. Firman Allah sebagai peringatan kepada bangsa Israe sebelum mengalami hukuman.

    Pendalaman

    1. Kelalaian umat Allah (Am 3:15).
    2. Kebobrokan moral dalam hidup beragama (Am 4:1,4-5,6-9).
    3. Ratapan tentang keadaan umat Allah (Am 5:1-2; 6:11-14).
  3. Pasal 7-9 (Am 7:1-9:15).

    Penglihatan tentang hukuman dari Allah dan pelepasan bagi umat-Nya

    1. Pasal Am 7:1-9:10. Penglihatan tentang belalang; Api sebagai alat penghakiman Tali Sipat; Bakul dan Buah-buahan; dan Tuhan di dekat Mezbah.
    2. Pasal Am 9:11-15. Pemberitaan akan janji Allah untuk memulihkan kembal keadaan umat Allah.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Am 7:1-9. Apakah penglihatan Amos?
    2. Siapakah Amos dan mengapa ia diusir? (Am 7:10-17).
    3. Bacalah pasal Am 8:1-3; 9:1-6. Apakah penglihatan Amos selanjutnya ini?
    4. Apakah janji Tuhan bagi umat-Nya? (Am 9:14-15).

II. Kesimpulan/penerapan

Dari uraian di atas dapatlah diambil beberapa kesimpulan/penerapan, seperti:

  1. Kitab Amos mengajarkan bahwa hukuman Allah akan jatuh ke atas segala bangsa yang tidak mau beribadah kepada-Nya.

  2. Allah lebih mengutamakan kebenaran dan keadilan, daripada korban-korban atau persembahan dalam ibadah.

  3. Amos sebagai seorang peternak di desa, dapat dipakai Allah dalam memberitakan Firman-Nya, mengajarkan bahwa Allah bisa memakai orang yang tidak berpendidikan.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Amos?
  2. Apakah isi Kitab Amos?
  3. Apakah pekerjaan Amos sebelum menjadi hamba Allah?
  4. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan setelah mempelajari Kita Amos?

Intisari: Amos (Pendahuluan Kitab) Nabi bagi masyarakat yang makmur SANG NABIAmos bukan seorang nabi profesional. Ia seorang penggembala (Amo 1:1) dan boleh jadi seorang peternak domba

Nabi bagi masyarakat yang makmur

SANG NABI
Amos bukan seorang nabi profesional. Ia seorang penggembala (Amo 1:1) dan boleh jadi seorang peternak domba yang senantiasa pergi ke pasar untuk menjual domba-dombanya. Mungkin dalam rangka perjalanan niaganya itulah ia mulai berkhotbah. Tempat tinggalnya di Tekoa, dua belas mil di sebelah selatan Yerusalem. Karena ia berkhotbah di kerajaan Israel bagian utara, maka tentu saja ia tidak diterima dengan baik -- orang selatan berkhotbah di utara (Amo 7:12)! Walaupun ia bukan seorang nabi profesional (Amo 7:14), ia telah mendengar suara Allah dan ia merasa tidak mempunyai pilihan lain selain berkhotbah (Amo 1:12).

WAKTU PENULISAN
Amos menandai waktu khotbahnya dengan "dua tahun sebelum gempa bumi". Gempa bumi itu merupakan suatu peristiwa bersejarah yang penting (lihat Amo 8:8; 9:5; Zak 14:5), tetapi waktunya yang tepat tidak lagi dapat dilacak. Waktunya mungkin sekitar tahun 760 SM. Dua orang Raja disebutkan di sini, yaitu Uzia yang memerintah dari tahun 783-742 SM dan Yerobeam II dari tahun 786-746 SM.

KEADAAN SAAT ITU
Amos berkhotbah kepada suatu masyarakat yang belum pernah mengalami keadaan sebaik itu.
1. Masa damai. Kerajaan Asyur yang penuh kuasa dipimpin oleh penguasa-penguasa yang lemah, sehingga Israel dibiarkan begitu saja.
2. Masa kemakmuran. Perdagangan maju dan untuk beberapa waktu Israel cukup makmur.
3. Masa penuh masalah. Kekayaan tidak dibagi rata dalam masyarakat. Si kaya bertambah kaya, sedangkan si miskin bukan hanya bertambah miskin, tetapi dengan sengaja ditindas oleh si kaya. Pada waktu yang bersamaan mereka mulai melupakan Allah dalam kehidupan mereka. Mereka tetap menampilkan sikap beragama mereka, tetapi semua itu tidak berarti apa-apa bagi mereka.

GAYANYA
Amos tentunya seorang pemberani. Khotbahnya langsung pada sasaran. Ia tidak pernah berpura-pura dengan kata-katanya, bahkan waktu berdebat dengan seorang imam (Amo 7:17). Nubuatannya penuh dengan penghakiman dan kebinasaan. Ia menggambarkan Allah sebagai seekor singa yang mengaum-aum, dan kita dapat membayangkan bagaimana ia menyampaikan khotbahnya bak singa sedang mengaum kepada para pendengar yang enggan mendengar dan malu, yang ketenteramannya sudah diganggunya dengan kasar. Secara keseluruhan, ada saat-saat kelembutan di dalam nubuatnya dan kitab ini diakhiri dengan suatu pesan pengharapan.

Pesan

1. Allah menghakimi bangsa-bangsa yang berdosa
o Allah mempunyai hak untuk menghakimi seluruh bangsa di dunia, tidak hanya bangsa pilihan-Nya, oleh karena Ia adalah Sang Pencipta (Amo 1:3-2:3).
o Ia menghukum mereka, karena tindakan mereka dalam memperlakukan sesama manusia.
o Hukuman yang dijatuhkan kepada setiap bangsa berlangsung terus sepanjang sejarah.

2. Allah menginginkan keadilan sosial
o Dosa yang dikutuk-Nya:
- Uang adalah segalanya. Amo 3:10,15; 6:4-6
- Si miskin diperas. Amo 2:7; 4:1; 5:11
- Keadilan disalahgunakan. Amo 2:7; 5:7,10; 8:4-6
- Kelonggaran moral. Amo 2:7; 4:1
o Sikap yang diharapkan-Nya:
- Mengasihi kebaikan Amo 5:14,15
- Menjaga keadilan. Amo 5:15,24
- Hidup dalam kebenaran. Amo 5:24

3. Allah membenci kepura-puraan beragama
Sikap Israel:
o Tidak setia kepada janji mereka Amo 2:4,5; 3:1,2
o Tidak menghormati Bait Allah. Amo 2:8
o Tidak bersyukur pada masa lalu. Amo 2:9-12
o Berpura-pura dalam penyembahan mereka. Amo 4:4,5; 5:21-27; 8:5
o Tidak menghargai nabi. Amo 7:10-17

4. Allah mengasihi Israel yang tidak layak itu
Walaupun Amos pada pokoknya berkhotbah mengenai pesan penghakiman, ia juga berbicara mengenai Allah sebagai Allah yang penuh kasih.
o Allah dengan tanpa paksaan memilih untuk mengasihi. Amo 3:2
o Allah dengan sabar mencoba untuk mengajar. Amo 4:6-11
o Allah dengan penuh belas kasihan menawarkan pertolongan. Amo 5:6
o Allah dengan penuh kemurahan berjanji untuk memulihkan. Amo 9:11-15

Penerapan

1. Bagaimana seharusnya hidup di dunia ini
Ingatlah:
o Hak-hak asasi manusia harus dihargai
o Keadilan yang benar itu penting
o Orang miskin berharga di mata Allah
o Hidup bermewah-mewah adalah hidup yang berbahaya
o Penghakiman segera datang

2. Bagaimana harus hidup di hadapan Allah
Ingatlah:
o Taruhlah Allah di atas segalanya
o Pastikan bahwa ibadahmu nyata
o Pekalah terhadap suara Allah
o Bersiaplah untuk bertemu Allah
o Janganlah bergantung kepada agama -- bergantunglah kepada Allah

Tema-tema Kunci

1. Melanggar Hukum Allah
Amos mengutuk bangsa-bangsa karena dosa mereka (Amo 1:3,6,9,11,13; 2:1,4,6), yaitu untuk pemberontakan mereka terhadap hukum Allah. Melanggar hukum Allah merupakan dosa yang paling utama. Pelanggaran itu dapat pribadi maupun secara nasional. Buatlah daftar dosa-dosa manusia dalam kitab ini yang menyebabkan mereka dihukum. Dosa apa yang relevan pada masa kini?

2. Menghadapi hukuman Allah
Apabila manusia berdosa maka:
o Hukuman tak dapat dielakkan sebab dosa membawa hukuman sebagai ekornya (Amo 1:3, 6,9,11,13; 2:1,4,6).
o Hukuman tidak dapat dihindari sebab Allah membiarkan hukuman itu berlaku (Amo 3:13-15).
o Hukuman menjadi lebih besar bagi mereka yang mendapat hak istimewa untuk membina hubungan yang khusus dengan Allah (Amo 3:2).
o Hukuman dilaksanakan oleh Allah dengan penuh keengganan (Amo 7:1-6).
o Bagaimana kita secara realistis berbicara mengenai hukuman Allah dalam dunia dewasa ini?

3. Mendengar suara Allah
Nasib yang paling buruk yang mungkin dialami umat manusia ialah bertahan dalam suatu periode yang di dalamnya Allah diam (Amo 8:11,12). Tetapi, dalam zaman Amos Allah telah berbicara melalui:
o Peristiwa-peristiwa (Amo 4:4-11)
o Nabi (Amo 7:14,15). Amos bukan seorang nabi yang sungguh-sungguh, tetapi seorang yang diambil dari kalangan orang biasa yang mempunyai keinginan bernyala-nyala untuk mengumandangkan firman Tuhan.
Apakah Allah masih berbicara seperti itu dewasa ini? Pikirkanlah contohnya. Apa yang diajarkan Amos kepada kita mengenai menjadi pelayan Allah?

4. Melakukan kehendak Allah
Amos memanggil bangsa Israel untuk bertobat. Pertobatan itu lebih dari hanya berkata "Maaf". Pertobatan merupakan suatu perubahan cara berpikir secara total, yang mengakibatkan orang berpaling dari cara hidup yang lama dan mulai hidup sesuai dengan apa yang Allah kehendaki. Apa yang Allah inginkan dari bangsa Israel adalah tindakan (Amo 5:14,15,24). Apa yang seharusnya menjadi buah pertobatan dalam kehidupan Anda?

Garis Besar Intisari: Amos (Pendahuluan Kitab) [1] SANG NABI: WAKTU DAN PESANNYA Amo 1:1,2 [2] BANGSA-BANGSA DIPANGGIL UNTUK MEMPERTANGGUNGJAWABKAN PERBUATAN MEREKA Amo 1:3-2:5 Amo 1:3-5Siria

[1] SANG NABI: WAKTU DAN PESANNYA Amo 1:1,2

[2] BANGSA-BANGSA DIPANGGIL UNTUK MEMPERTANGGUNGJAWABKAN PERBUATAN MEREKA Amo 1:3-2:5

Amo 1:3-5Siria: mengabaikan hak-hak manusia
Amo 1:6-8Orang Filistin: menjual manusia demi uang
Amo 1:9,10Funisia: melanggar janji
Amo 1:11-12Edom: membenci saudaranya
Amo 1:13-15Amon: kejam kepada orang yang tidak berdaya
Amo 2:1-3Moab: tidak menghormati jasad orang yang sudah mati
Amo 2:4,5Yehuda: tidak setia kepada Allah

[3] ISRAEL DI SIDANG PENGADILAN Amo 2:6-16

Amo 2:6-9Kejahatan mereka yang serius
Amo 2:10-12Ingatan mereka yang pendek
Amo 2:13-16Hukuman yang berat atas mereka

[4] KEPUTUSAN HAKIM Amo 3:1-4:3

Amo 3:1,2Tanggung jawab kasih
Amo 3:3-8Penghakiman yang tak terelakkan
Amo 3:9-4:3Penjabaran tentang penghakiman

[5] KAPANKAH MEREKA MAU BELAJAR? Amo 4:4-13

Amo 4:4,5Terus menerus mengabaikan Allah
Amo 4:6Allah telah berbicara melalui bencana kelapara...
Amo 4:7,8... dan kekeringan ...
Amo 4:9... dan panen yang gagal...
Amo 4:10... dan perang...
Amo 4:11... dan bencana
Amo 4:12,13Siap untuk bertemu Allah

[6] UPACARA PENGUBURAN TERHADAP AGAMA Amo 5:1-27

Amo 5:1-3Nyanyian penguburan
Amo 5:4-6Undangan untuk mencari Allah
Amo 5:7-13Sebab-sebab kematian
Amo 5:14,15Undangan untuk mencari kebaikan
Amo 5:16-27Pembedahan atas kepura-puraan beragama

[7] NASIB SI KAYA Amo 6:1-14

Amo 6:1-7Kesia-siaan kemewahan
Amo 6:8-10Dahsyatnya penghakiman
Amo 6:11-14Bodohnya ketidakadilan

[8] PENGLIHATAN NABI Amo 7:1-8:6

Amo 7:1-3Penglihatan tentang belalang
Amo 7:4-6Penglihatan tentang api
Amo 7:7-9Penglihatan tentang tali sipat
Amo 7:10-17Selingan: penyiksaan atas Amos
Amo 8:1-6Penglihatan tentang buah yang matang

[9] DIAMNYA ALLAH Amo 8:7-9:10

Amo 8:7,8Ingatan Allah
Amo 8:9-14Diamnya Allah
Amo 9:1-10Penghancuran dari Allah

[10] PENGHARAPAN MASA DEPAN Amo 9:11-15

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #27: Arahkan mouse pada tautan ayat untuk menampilkan teks ayat dalam popup. [SEMUA]
dibuat dalam 0.96 detik
dipersembahkan oleh YLSA