kecilkan semua  

Teks -- Yunus 4:1-11 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Yunus belajar menginsyafi, bahwa Allah mengasihi bangsa-bangsa lain
4:1 Tetapi hal itu sangat mengesalkan hati Yunus, lalu marahlah ia. 4:2 Dan berdoalah ia kepada TUHAN, katanya: "Ya TUHAN, bukankah telah kukatakan itu, ketika aku masih di negeriku? Itulah sebabnya, maka aku dahulu melarikan diri ke Tarsis, sebab aku tahu, bahwa Engkaulah Allah yang pengasih dan penyayang, yang panjang sabar dan berlimpah kasih setia serta yang menyesal karena malapetaka yang hendak didatangkan-Nya. 4:3 Jadi sekarang, ya TUHAN, cabutlah kiranya nyawaku, karena lebih baik aku mati dari pada hidup." 4:4 Tetapi firman TUHAN: "Layakkah engkau marah?" 4:5 Yunus telah keluar meninggalkan kota itu dan tinggal di sebelah timurnya. Ia mendirikan di situ sebuah pondok dan ia duduk di bawah naungannya menantikan apa yang akan terjadi atas kota itu. 4:6 Lalu atas penentuan TUHAN Allah tumbuhlah sebatang pohon jarak melampaui kepala Yunus untuk menaunginya, agar ia terhibur dari pada kekesalan hatinya. Yunus sangat bersukacita karena pohon jarak itu. 4:7 Tetapi keesokan harinya, ketika fajar menyingsing, atas penentuan Allah datanglah seekor ulat, yang menggerek pohon jarak itu, sehingga layu. 4:8 Segera sesudah matahari terbit, maka atas penentuan Allah bertiuplah angin timur yang panas terik, sehingga sinar matahari menyakiti kepala Yunus, lalu rebahlah ia lesu dan berharap supaya mati, katanya: "Lebih baiklah aku mati dari pada hidup." 4:9 Tetapi berfirmanlah Allah kepada Yunus: "Layakkah engkau marah karena pohon jarak itu?" Jawabnya: "Selayaknyalah aku marah sampai mati." 4:10 Lalu Allah berfirman: "Engkau sayang kepada pohon jarak itu, yang untuknya sedikitpun engkau tidak berjerih payah dan yang tidak engkau tumbuhkan, yang tumbuh dalam satu malam dan binasa dalam satu malam pula. 4:11 Bagaimana tidak Aku akan sayang kepada Niniwe, kota yang besar itu, yang berpenduduk lebih dari seratus dua puluh ribu orang, yang semuanya tak tahu membedakan tangan kanan dari tangan kiri, dengan ternaknya yang banyak?"
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · kapal Tarsis son of Javan son of Japheth son of Noah,son of Bilhan, great grandson of Benjamin son of Israel,one of the seven princes of Persia under Ahasuerus,a region known for its ports friendly to the ships of Israel,A ship built strong and equiped for long range trading.
 · kapal-kapal Tarsis son of Javan son of Japheth son of Noah,son of Bilhan, great grandson of Benjamin son of Israel,one of the seven princes of Persia under Ahasuerus,a region known for its ports friendly to the ships of Israel,A ship built strong and equiped for long range trading.
 · Niniwe a town located on the left bank of the Tigris River in northeastern Mesopotamia (Iraq).,the capital city of Assyria
 · Tarsis son of Javan son of Japheth son of Noah,son of Bilhan, great grandson of Benjamin son of Israel,one of the seven princes of Persia under Ahasuerus,a region known for its ports friendly to the ships of Israel,A ship built strong and equiped for long range trading.
 · Yunus a son of Amittai; the prophet God sent to Nineveh,the prophet who was swallowed by the great fish; son of Amittai


Topik/Tema Kamus: Niniwe | Yunus | Labu | Murah, Kemurahan Allah | Sungai, Bersungut-Sungut | Marah, Kemarahan Tuhan Allah | Marah Kemarahan | Angin | Tarsis | Belas Kasihan | Kota | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Yun 4:1 - SANGAT MENGESALKAN HATI YUNUS. Nas : Yun 4:1 Yunus marah karena Allah memutuskan untuk mengampuni orang Niniwe; ia tidak ingin Allah menyelamatkan musuh Israel ini. 1) Perso...

Nas : Yun 4:1

Yunus marah karena Allah memutuskan untuk mengampuni orang Niniwe; ia tidak ingin Allah menyelamatkan musuh Israel ini.

  1. 1) Persoalan dasar Yunus ialah bahwa dia tidak terutama mengabdikan diri kepada kehendak Allah; ia lebih khawatir akan keamanan lahiriah Israel.
  2. 2) Dewasa ini orang dapat mengabdi kepada "keberhasilan" gereja, namun tidak sungguh-sungguh mengabdi kepada kehendak, rencana, dan standar-standar kudus Allah sebagaimana dinyatakan dalam Alkitab.

Full Life: Yun 4:2 - ALLAH YANG PENGASIH DAN PENYAYANG. Nas : Yun 4:2 Allah itu "pengasih" (yaitu, Ia ingin menolong orang), "penyayang" (yaitu, Ia ikut menderita bersama mereka yang menderita), "panjang...

Nas : Yun 4:2

Allah itu "pengasih" (yaitu, Ia ingin menolong orang), "penyayang" (yaitu, Ia ikut menderita bersama mereka yang menderita), "panjang sabar" (yaitu, Ia tidak ingin menghukum orang fasik), "berlimpah kasih setia" (yaitu, Ia baik hati dan merasa iba), "menyesal karena malapetaka yang hendak didatangkan-Nya" (yaitu, Dia senang membatalkan rencana penghukuman-Nya ketika orang bertobat). Ciri-ciri khas Allah ini dinyatakan sepanjang Alkitab (lih. Mazm 103:8; 111:4; 112:4; 145:8;

lihat art. SIFAT-SIFAT KHAS ALLAH).

Full Life: Yun 4:3 - LEBIH BAIK AKU MATI. Nas : Yun 4:3 Yunus demikian kecewa dan bingung secara emosi sehingga ia lebih suka mati saja. Ia merasa Allah telah memusuhi dirinya dan bangsanya...

Nas : Yun 4:3

Yunus demikian kecewa dan bingung secara emosi sehingga ia lebih suka mati saja. Ia merasa Allah telah memusuhi dirinya dan bangsanya dengan menyelamatkan Niniwe.

Full Life: Yun 4:6 - TUMBUHLAH SEBATANG POHON JARAK. Nas : Yun 4:6 Daripada menolak Yunus karena tanggapannya yang salah, Allah dengan belas kasihan berusaha meyakinkan Yunus, dengan memakai pohon jar...

Nas : Yun 4:6

Daripada menolak Yunus karena tanggapannya yang salah, Allah dengan belas kasihan berusaha meyakinkan Yunus, dengan memakai pohon jarak yang tumbuh cepat, bahwa Dia tetap memperhatikan baik Israel maupun bangsa lainnya.

Full Life: Yun 4:9 - LAYAKKAH ENGKAU MARAH. Nas : Yun 4:9 Perbuatan Allah dengan pohon jarak dan angin timur yang panas terik (ayat Yun 4:6-9) dimaksudkan untuk menunjukkan kontras dari perha...

Nas : Yun 4:9

Perbuatan Allah dengan pohon jarak dan angin timur yang panas terik (ayat Yun 4:6-9) dimaksudkan untuk menunjukkan kontras dari perhatian Yunus yang mementingkan kesejahteraan jasmaniahnya sendiri dengan ketiadaan perhatiannya bagi Niniwe. Yunus lebih memperhatikan kenyamanan jasmaniahnya sendiri daripada kehendak Allah bagi bangsa terhilang ini.

Full Life: Yun 4:11 - BAGAIMANA TIDAK AKU AKAN SAYANG ... KOTA YANG BESAR ITU? Nas : Yun 4:11 Allah mengungkapkan kasih-Nya kepada Niniwe. 1) Kasih itu adalah kasih Pencipta bagi ciptaan-Nya sekalipun mereka telah hidu...

Nas : Yun 4:11

Allah mengungkapkan kasih-Nya kepada Niniwe.

  1. 1) Kasih itu adalah kasih Pencipta bagi ciptaan-Nya sekalipun mereka telah hidup dalam dosa dan pemberontakan terhadap hukum-hukum-Nya; kasih itu jauh melampaui kasih manusia (bd. Rom 5:8).
  2. 2) Kasih Allah bagi umat manusia menjangkau lebih jauh daripada umat-Nya sendiri sampai kepada orang terhilang di mana saja. Kebenaran ini tampak sepenuhnya
    1. (a) ketika Allah mengutus Anak-Nya Yesus untuk mati bagi semua orang (Yoh 3:16), dan
    2. (b) ketika Yesus mengutus murid-murid-Nya ke seluruh dunia untuk memberitakan Injil dan menjadikan sekalian bangsa murid-Nya (Mat 28:18-20).

Jerusalem: Yun 4:8 - yang panas terik Ini menurut terjemahan yunani. Kata Ibrani yang dipakai tidak diketahui artinya.

Ini menurut terjemahan yunani. Kata Ibrani yang dipakai tidak diketahui artinya.

Jerusalem: Yun 4:11 - -- Bab 4 ini berakhir dengan menekankan belas kasihan Allah yang merangkum semua orang. Tuhan telah menyayangi nabiNya yang tertelan oleh ikan, Yun 2:6 d...

Bab 4 ini berakhir dengan menekankan belas kasihan Allah yang merangkum semua orang. Tuhan telah menyayangi nabiNya yang tertelan oleh ikan, Yun 2:6 dan telah menyayangi kota Niniwe yang bertobat: Ia masih juga menyayangi Yunus yang kesal hati oleh karena hanya mementingkan dirinya. Jawaban Allah, Yun 4:10-11, secara halus dan manis mengecam: Kebaikan hati Allah bahkan merangkul binatang-binatang, apa pula manusia termasuk kanak-kanak di bawah umur "yang tak tahu membedakan tangan kanan dari tangan kiri". Begitulah kitab Yunus menyiapkan pernyataan Injil tentang Allah yang adalah kasih.

Ende: Yun 4:1-11 - -- Fasal itu menekan seluruhnja belaskasihan Tuhan. Kelakuan Jona, jang tidak suka akan belaskasihan itu dihadapkan dengan kelakuan Tuhan sendiri, jang d...

Fasal itu menekan seluruhnja belaskasihan Tuhan. Kelakuan Jona, jang tidak suka akan belaskasihan itu dihadapkan dengan kelakuan Tuhan sendiri, jang disetudjui oleh si pengarang.

Ende: Yun 4:6-11 - -- Dengan mukdjidjat itu Jahwe mau mejakinkan Jona, bahwa belaskasihanNja tidak berlawanan dengan keadilanNja dan bahwa sikap Jonalah jang tidak masuk ak...

Dengan mukdjidjat itu Jahwe mau mejakinkan Jona, bahwa belaskasihanNja tidak berlawanan dengan keadilanNja dan bahwa sikap Jonalah jang tidak masuk akal. Bila Jona berkasihan atas pohon, jang tidak ditjiptakannja, apa lagi Jahwe boleh berkasihan atas kota besar, buatanNja sendiri.

Ende: Yun 4:11 - jang tidak mengenal...dst Istilah jang berarti: anak2 jang belum akil-balig.

Istilah jang berarti: anak2 jang belum akil-balig.

Endetn: Yun 4:6 - -- Ditinggalkan: "Allah".

Ditinggalkan: "Allah".

Ref. Silang FULL: Yun 4:1 - lalu marahlah · lalu marahlah: Yun 4:4; Mat 20:11; Luk 15:28

· lalu marahlah: Yun 4:4; Mat 20:11; Luk 15:28

Ref. Silang FULL: Yun 4:2 - aku tahu // yang pengasih // berlimpah kasih // yang menyesal // karena malapetaka · aku tahu: Yer 20:7-8 · yang pengasih: Ul 4:31; Ul 4:31; Mazm 103:8 · berlimpah kasih: Kel 22:27; Kel 22:27; Mazm 86:5,15 &middo...

· aku tahu: Yer 20:7-8

· yang pengasih: Ul 4:31; [Lihat FULL. Ul 4:31]; Mazm 103:8

· berlimpah kasih: Kel 22:27; [Lihat FULL. Kel 22:27]; Mazm 86:5,15

· yang menyesal: Bil 14:18; [Lihat FULL. Bil 14:18]

· karena malapetaka: Yoel 2:13; [Lihat FULL. Yoel 2:13]

Ref. Silang FULL: Yun 4:3 - kiranya nyawaku // aku mati // pada hidup · kiranya nyawaku: Bil 11:15; Bil 11:15 · aku mati: Ayub 7:15; Ayub 7:15 · pada hidup: Yer 8:3

· kiranya nyawaku: Bil 11:15; [Lihat FULL. Bil 11:15]

· aku mati: Ayub 7:15; [Lihat FULL. Ayub 7:15]

· pada hidup: Yer 8:3

Ref. Silang FULL: Yun 4:4 - engkau marah · engkau marah: Kej 4:6; Mat 20:11-15

· engkau marah: Kej 4:6; Mat 20:11-15

Ref. Silang FULL: Yun 4:6 - atas penentuan · atas penentuan: Yun 1:17; Yun 1:17

· atas penentuan: Yun 1:17; [Lihat FULL. Yun 1:17]

Ref. Silang FULL: Yun 4:7 - sehingga layu · sehingga layu: Yoel 1:12

· sehingga layu: Yoel 1:12

Ref. Silang FULL: Yun 4:8 - supaya mati · supaya mati: 1Raj 19:4; 1Raj 19:4

· supaya mati: 1Raj 19:4; [Lihat FULL. 1Raj 19:4]

Ref. Silang FULL: Yun 4:9 - pohon jarak · pohon jarak: Yun 4:4

· pohon jarak: Yun 4:4

Ref. Silang FULL: Yun 4:11 - akan sayang // kepada Niniwe · akan sayang: Yun 3:10 · kepada Niniwe: Yun 1:2; 3:2

· akan sayang: Yun 3:10

· kepada Niniwe: Yun 1:2; 3:2

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Yun 4:1-3 - -- A. Keluhan. 4:1-3. Yunus menaati Tuhan dengan pergi ke Niniwe dan menyampaikan pesan Allah, tetapi sikap hatinya belum berubah untuk mengasihi. Dia b...

A. Keluhan. 4:1-3.

Yunus menaati Tuhan dengan pergi ke Niniwe dan menyampaikan pesan Allah, tetapi sikap hatinya belum berubah untuk mengasihi. Dia begitu membenci orang-orang Niniwe atas kekejaman mereka sehingga jauh di dasar hatinya, dia menantikan kehancuran mereka. Kini 40 hari telah berlalu, dan Niniwe masih tetap berdiri dengan utuh.

Wycliffe: Yun 4:1 - Sangat mengesalkan hati ... marahlah 1. Sangat mengesalkan hati ... marahlah. Suatu paralelisme Ibrani yang khusus, yang menyatakan reaksi ekstrem Yunus atas keselamatan kota Niniwe.

1. Sangat mengesalkan hati ... marahlah. Suatu paralelisme Ibrani yang khusus, yang menyatakan reaksi ekstrem Yunus atas keselamatan kota Niniwe.

Wycliffe: Yun 4:2 - Aku tahu,, bahwa Engkaulah Allah yang pengasih // pengasih, // Penyayang // Panjang sabar // Berlimpah kasih setia // Kasih setia 2. Aku tahu,, bahwa Engkaulah Allah yang pengasih. Akhirnya rahasia itu terungkap. Yunus bukanlah tidak tahu tentang karakter Allahnya. Dia melarikan ...

2. Aku tahu,, bahwa Engkaulah Allah yang pengasih. Akhirnya rahasia itu terungkap. Yunus bukanlah tidak tahu tentang karakter Allahnya. Dia melarikan diri ke Tarsis bukan karena dia takut terhadap orang-orang Niniwe, tetapi karena dia tidak ingin mereka diselamatkan. Dia tabu bahwa setiap ancaman Allah bersyarat, sekalipun khusus sifatnya. Allah adalah pengasih, berarti bahwa yang Allah inginkan adalah kesejahteraan manusia, dan Allah sangat rindu untuk mengangkat manusia dari dosanya. Bahkan bangsa Yunus sendiri tidak mungkin ada seandainya Allah tidak bermurah hati kepada bani Israel sejak semula (Kel. 34:6, 7). Setiap pembebasan dari perbudakan, penindasan, kelaparan, atau kehancuran adalah bukti dari kasih sayang Allah kepada manusia (Hos. 14:2). Penyayang. Sebuah kata yang mengiringi pengasih, menunjuk kepada kasih Allah yang dicurahkan atas orang berdosa yang tidak layak dikasihi, yang menyesal akan dosa-dosanya. Allah memiliki hak untuk menolong orang-orang yang menunjukkan penyesalan yang tulus atas dosa dan yang mempercayai kebaikan-Nya. Panjang sabar. Keinginan Allah yang utama bukanlah menghukum orang berdosa. Dia sangat bersabar atas kejahatan manusia. Namun bila terbukti, dalam situasi tertentu, bahwa manusia terlalu sombong dan keras kepala untuk dituntun melalui disiplin yang ringan dan menyenangkan, Allah mulai menghajar mereka "dengan keras," dengan menyatakan ketidaksenangan-Nya terhadap dosa. Berlimpah kasih setia. Bagi sang nabi, kasih Allah sedemikian besar sehingga dia hanya bisa mengulang kata-kata ketika mencoba mengutarakannya. Kasih setia adalah terjemahan dari kata Ibrani hesed, yang berarti setia kepada janji perjanjian. Ungkapan kasih setia tidak pudar ketika perjanjian dilanggar oleh pihak yang lain, tetapi menjangkau orang berdosa untuk membawanya kembali ke suatu hubungan pribadi yang intim. Kasih setia Allah begitu besar sehingga Dia senang mengesampingkan hukuman supaya orang berdosa yang bertobat bisa masuk kembali ke dalam hubungan perjanjian.

Wycliffe: Yun 4:3 - -- 3. Yunus tidak memiliki kasih Allah dalam hatinya, dan dia merasa malu karena nubuatnya telah dibatalkan oleh pertobatan orang-orang yang tidak disuka...

3. Yunus tidak memiliki kasih Allah dalam hatinya, dan dia merasa malu karena nubuatnya telah dibatalkan oleh pertobatan orang-orang yang tidak disukainya. Sang nabi begitu sedih sehingga dia ingin mati.

Wycliffe: Yun 4:4 - Layakkah engkau marah? 4. Layakkah engkau marah? Tuhan mempertanyakan sikap Yunus. Dari sisi kepedulian Allah kepada manusia, mengapa hamba-Nya bisa begitu tidak saleh?

4. Layakkah engkau marah? Tuhan mempertanyakan sikap Yunus. Dari sisi kepedulian Allah kepada manusia, mengapa hamba-Nya bisa begitu tidak saleh?

Wycliffe: Yun 4:5 - Mendirikan di situ sebuah pondok 5. Mendirikan di situ sebuah pondok. Meskipun Yunus sadar bahwa gelombang pertobatan di Niniwe akan menggerakkan Allah untuk menyelamatkan orang-orang...

5. Mendirikan di situ sebuah pondok. Meskipun Yunus sadar bahwa gelombang pertobatan di Niniwe akan menggerakkan Allah untuk menyelamatkan orang-orang itu, dia bersikeras menantikan kehancuran yang dia nubuatkan. Dengan pergi ke daerah yang lebih tinggi di luar kota, dia mendirikan sebuah pondok yang terbuat dari dahan-dahan untuk menaunginya dari matahari. Pondok-pondok semacam itu masih digunakan di daerah terbuka di Timur Tengah. Seorang bisa merasa nyaman dalam naungan pondoknya bahkan ketika matahari sangat terik.

Wycliffe: Yun 4:6 - Atas penentuan TUHAN Allah tumbuhlah sebatang pohon jarak 6. Atas penentuan TUHAN Allah tumbuhlah sebatang pohon jarak. Tanaman itu, palma cristi, lazim tumbuh di Timur Tengah. Kecepatan pertumbuhannya dalam ...

6. Atas penentuan TUHAN Allah tumbuhlah sebatang pohon jarak. Tanaman itu, palma cristi, lazim tumbuh di Timur Tengah. Kecepatan pertumbuhannya dalam cerita ini dinyatakan sebagai tindakan Allah. Yunus sedang menderita karena begitu banyak konflik batin sehingga dia bereaksi dengan emosi yang sangat berbeda pada waktu-waktu yang berbeda. Sebelumnya dia sangat sedih, sekarang dia sangat bersukacita.

Wycliffe: Yun 4:7 - Atas penentuan Allah datanglah seekor ulat 7. Atas penentuan Allah datanglah seekor ulat. Kehancuran pohon jarak itu juga merupakan tindakan Allah. Ulat itu menghancurkan akar, menghancurkan ta...

7. Atas penentuan Allah datanglah seekor ulat. Kehancuran pohon jarak itu juga merupakan tindakan Allah. Ulat itu menghancurkan akar, menghancurkan tanaman itu, dan dengan begitu menghancurkan kebahagiaan yang diberikan oleh naungannya.

Wycliffe: Yun 4:8 - -- C. Angin dan Matahari. 4:8. Atas penentuan Allah bertiuplah angin. Tindakan terakhir Tuhan ini merampas kenyamanan duniawi Yunus yang terakhir. Angin...

C. Angin dan Matahari. 4:8.

Atas penentuan Allah bertiuplah angin. Tindakan terakhir Tuhan ini merampas kenyamanan duniawi Yunus yang terakhir. Angin timur terkenal karena temperatur panasnya yang menyengat, yang bahkan naungan pohon jarak pun tidak bisa melindungi orang dari sengatannya. Ketika Yunus tidak bisa menahan panas itu, dia berseru untuk kedua kalinya meminta mati. Kali pertama dia ingin mati karena keputusasaan hatinya; kali ini dia berseru kepada Allah karena penderitaan fisiknya.

Wycliffe: Yun 4:9-11 - -- D. Pelajaran. 4:9-11. Jelas bahwa serangkaian tindakan Allah terhadap Yunus itu memiliki suatu tujuan. Allah sedang berusaha menunjukkan kebodohan da...

D. Pelajaran. 4:9-11.

Jelas bahwa serangkaian tindakan Allah terhadap Yunus itu memiliki suatu tujuan. Allah sedang berusaha menunjukkan kebodohan dari ketidakpedulian spiritual Yunus terhadap kesejahteraan manusia, dengan membandingkannya dengan perhatian besar Yunus atas kesejahteraan fisiknya sendiri.

Wycliffe: Yun 4:9 - -- 9. Pertanyaan dalam ayat 4 diulang di sini. Dari isi 4:1-3 seseorang bisa menduga bahwa jawaban Yunus saat pertanyaan itu pertama kali diberikan tentu...

9. Pertanyaan dalam ayat 4 diulang di sini. Dari isi 4:1-3 seseorang bisa menduga bahwa jawaban Yunus saat pertanyaan itu pertama kali diberikan tentu sama dengan jawaban yang ada di sini.

Wycliffe: Yun 4:10 - Engkau sayang kepada pohon jarak itu 10. Engkau sayang kepada pohon jarak itu. Ini adalah kepedulian yang baik dan mungkin dasar yang masuk akal untuk marah. Namun tanaman itu hanyalah se...

10. Engkau sayang kepada pohon jarak itu. Ini adalah kepedulian yang baik dan mungkin dasar yang masuk akal untuk marah. Namun tanaman itu hanyalah sebuah tanaman, dan Yunus tidak ada sangkut paut dengan pertumbuhan atau kehancurannya.

Wycliffe: Yun 4:11 - Bagaimana tidak Aku akan sayang kepada Niniwe 11. Bagaimana tidak Aku akan sayang kepada Niniwe. Penduduk Niniwe adalah manusia yaitu laki-laki, perempuan dan anak-anak, yang merupakan obyek cipta...

11. Bagaimana tidak Aku akan sayang kepada Niniwe. Penduduk Niniwe adalah manusia yaitu laki-laki, perempuan dan anak-anak, yang merupakan obyek ciptaan khusus Allah, dan karenanya merupakan obyek kasih-Nya. Tumbuhan saja, seperti pohon jarak, tidak bersekutu secara pribadi dengan Allah; demikian juga dosa tidak bisa merusaknya. Perhatian Yunus kepada pohon jarak itu bersifat mementingkan diri sendiri dia bersedih atas kehancurannya karena pohon itu memberikan kenyamanan bagi dirinya. Namun kemudian Allah kepada manusia tidaklah mementingkan diri sendiri karena Dia hanya berupaya memberikan kenyamanan kepada manusia dengan melepaskannya dari dosa. Tidak ada seorang pun yang memiliki hak untuk mempertanyakan atau membenci pencurahan kasih Allah dalam menyelamatkan manusia, siapapun itu, dari dosa dan kehancuran karena dosa. Orang-orang Niniwe membutuhkan-Nya lebih dari yang lain karena mereka tidak memiliki seorang pun untuk menunjukkan kepada mereka tentang berbagai perbedaan moral.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Yun 4:1-11 - Sekali lagi, belas kasihan Allah! (Selasa, 15 Juli 2003) Sekali lagi, belas kasihan Allah! Yunus marah oleh karena Allah mengampuni orang Niniwe. Doanya penuh berisi ungkapan kemarahan (ayat 2-3). ...

SH: Yun 4:1-11 - Perspektif Allah dan perspektif manusia. (Minggu, 16 Desember 2001) Perspektif Allah dan perspektif manusia. Yunus, seperti juga kita semua, seringkali buta terhadap diri sendiri. Yunus lupa bahwa Tuhan telah berbel...

Topik Teologia: Yun 4:2 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Atribut-Atribut Allah

Topik Teologia: Yun 4:6 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Rangkap Allah TUHAN Allah (Ibr.: Yahweh Elohim) ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Yunus (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yunus Tema : Luasnya Kasih Sayang Allah yang Menyelamatkan Tanggal Penulisan: + 760 SM Latar Belakang Yunus, yang na...

Full Life: Yunus (Garis Besar) Garis Besar I. Panggilan Allah yang Pertama Kepada Yunus (Yun 1:1-2:10) A. Panggilan Yunus: Pergi ke Niniwe ...

Jerusalem: Yunus (Pendahuluan Kitab) YUNUS Kitab kecil ini berbeda dengan semua kitab para nabi lain. Kitab Yunus berupa sebuah kisah-cerita saja mengenai seorang nabi yang tidak taat kep...

Ende: Yunus (Pendahuluan Kitab) KITAB KEDUABELAS NABI PENDAHULUAN Dalam sastera kenabian dari kanon Hibrani dan Junani terdapat sedjumlah naskah ketjilan, jang besarnja toh agak berl...

Wycliffe: Yunus (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN YUNUS Judul. Kitab ini menerima namanya dari tokoh utama kisah tersebut. Yunus (merpati) diidentifikasi sebagai anak Amitai. Seorang nabi...

Wycliffe: Yunus (Garis Besar) GARIS BESAR YUNUS I. Melarikan diri. 1:1-17. A. Perintah Tuhan. 1:1, 2. B. Sebuah kapal ke Tarsis. 1:3. C. Badai di...

BIS: Yunus (Pendahuluan Kitab) YUNUS PENGANTAR Buku ini berbeda dengan buku-buku nabi lainnya di Alkitab, karena tidak berisi pesan sang nabi, melainkan menceritakan pengalaman Na

YUNUS

PENGANTAR

Buku ini berbeda dengan buku-buku nabi lainnya di Alkitab, karena tidak berisi pesan sang nabi, melainkan menceritakan pengalaman Nabi Yunus, ketika ia mencoba menghindari perintah Allah. Allah menyuruh dia pergi ke kota Niniwe, ibukota kerajaan Asyur, musuh Israel. Tetapi Yunus tidak mau pergi ke kota itu untuk menyampaikan pesan Allah, karena ia yakin bahwa kalau orang Niniwe berhenti berbuat dosa, Allah tidak akan menjalankan rencana-Nya untuk menghancurkan kota itu. Akhirnya, setelah beberapa kejadian yang mengesankan, Yunus mentaati perintah TUHAN, tetapi kemudian ia mendongkol, karena Niniwe tidak jadi dihancurkan.

Buku Yunus melukiskan bagaimana Allah berkuasa mutlak atas ciptaan-Nya. Tetapi lebih-lebih, buku ini menggambarkan Allah Yang Mahapenyayang dan pengampun, Allah yang lebih suka mengampuni dan menyelamatkan suatu bangsa daripada menghukum dan menghancurkannya, biarpun bangsa itu musuh umat-Nya sendiri.

Isi

  1.  Yunus dipanggil, tetapi ia tidak taat
    Yun 1:1-17
  2.  Yunus menyesal dan diselamatkan
    Yun 2:1-10
  3.  Ancaman yang disampaikan Yunus terhadap Niniwe
    Yun 3:1-10
  4.  Pengampunan Allah kepada Niniwe
    Yun 4:1-11

Ajaran: Yunus (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Yunus, anggota kelompok mengetahui, bahwa kasih karunia Allah bagi manusia, bukan hanya kepada bangsa Israel

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi Kitab Yunus, anggota kelompok mengetahui, bahwa kasih karunia Allah bagi manusia, bukan hanya kepada bangsa Israel saja, sebagai "bangsa pilihan," melainkan berlaku untuk segala bangsa di dunia, yang percaya kepada-Nya dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Pendahuluan

Penulis : Penulis Kitab Yunus ini tidak dapat diketahui dengan pasti.

Isi Kitab: Kitab Yunus berjumlah 4 pasal. Isi dari Kitab Yunus, dari seluruh pasal menunjukkan perintah dari Tuhan yang penuh dengan belas kasihan. Dari keempat pasal Kitab Yunus dapat diuraikan dalam 4 bagian yaitu:

  1. Pasal 1 (Yun 1:1-17), Yunus dipanggil.
  2. Pasal 2 (Yun 2:1-10), Yunus di dalam perut ikan.
  3. Pasal 3 (Yun 3:1-10), Yunus dipanggil untuk kedua kali.
  4. Pasal 4 (Yun 4:1-11), Yunus dengan Tuhan.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Yunus

  1. Pasal 1 (Yun 1:1-17)

    Yunus dipanggil Allah, untuk menjadi hamba-Nya

    Menurut pasal 1 (Yun 1:1-17) ini menceritakan bagaimana Nabi Yunus dipanggil untuk pergi ke kota Niniwe menyampaikan khotbah karena kehidupan orang-orang di sana penuh dengan kejahatan. Panggilan ini tidak dituruti oleh Yunus dan dia melarikan diri ke Tarsis karena dia ingin supaya Niniwe tidak bertobat dan orang-orang Niniwe akan menerima hukuman. Dalam perjalanan di atas kapal angin ribut menyerang mereka. Setelah diundi, ternyata Yunuslah yang berdosa, maka Yunus dibuang ke dalam laut.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Yun 1:1-3. Apakah tanggapan Yunus terhadap panggilan Allah atas dirinya?
    2. Bacalah pasal Yun 1:4-17. Apakah hukuman yang diterima oleh orang yang melarika diri dari tugas suci ini?
    3. Apakah saudara pernah merasakan panggilan Allah untu menjadi pemberita Firman-Nya? Kalau pernah apakah yang saudara berikan sekarang?
  2. Pasal 2 (Yun 2:1-10).

    Yunus menyesali ketidaktaatannya

    Setelah Nabi Yunus dibuang ke laut, Tuhan menolong dia dengan menyuruh ikan besar menelannya. Di dalam perut ikan besar itu Yunus berdoa. Doanya ucapan syukur, pujian, penyesalan, dan penyerahan diri kembali kepada Tuhan. Akhirnya ikan itu memuntahkan Yunus ke daratan.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Yun 2:1-6. Apakah yang Yunus perbuat di dalam perut ikan?
    2. Bacalah pasal Yun 2:9. Apakah ikrar Yunus, setelah ia menyesal/bertobat, da diampuni?
    3. Bacalah pasal Yun 2:10. Setelah Yunus bertobat, Allah mendengar permohonanny dan pernyataannya bahwa ia mau melaksanakan panggilannya. Maka Allah membebaskan Yunus dari perut ikan.
  3. Pasal 3 (Yun 3:1-10).

    Yunus dipanggil untuk kedua kali

    Dalam pasal 3; Yun 3:1-10 diterangkan bahwa Yunus disuruh oleh Tuhan untuk kedua kalinya pergi ke kota Niniwe yang jahat untuk menyampaikan berita bahwa empat puluh hari lagi Tuhan akan memberikan hukuman kepada seluruh kota Niniwe. Setelah Yunus melaksanakan perintah Tuhan dan menyampaikan berita itu, maka semua penduduk Niniwe beserta raja mengadakan suatu puasa besar dan bertobat dari dosanya. Oleh karena itu Allah tidak menghukum mereka.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Yun 3:1-5. Apakah tanggapan Yunus pada panggilan yang kedua ini? Dan apakah yang ia lakukan di kota Niniwe?
    2. Bacalah pasal Yun 3:6-10. Apakah akibat dari khotbah Yunus?
  4. Pasal 4 (Yun 4:1-11).

    Allah mendidik Yunus untuk menginsyafi bahwa Allah juga mengasihi bangsa-bangsa lain

    Pertobatan yang terjadi di kota Niniwe membuat Yunus merasa tidak puas dan menjadi sangat marah bahkan mau mati. Tuhan datang dan berbicara kepadanya dengan menggunakan pohon jarak, seekor ulat dan angin kencang. Dari ketiga hal ini Yunus mendapat pelajaran yang penting dengan kesimpulan bahwa jikalau Yunus sayang akan pohon jarak itu yang bukan Yunus buat, maka terlebih pula Tuhan mengasihi orang-orang Niniwe (bangsa bukan Yahudi), ciptaan-Nya.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Yun 4:1-5. Apakah tanggapan Yunus, ketika melihat orang-oran Niniwe bertobat?
    2. Bacalah pasal Yun 4:6-11. Apakah yang dipakai Allah, untuk mendidik Yunus tentan kasih Allah yang mencakup segala bangsa di dunia ini?
    3. Bagaimana dengan kita, apakah kita senang kalau orang-oran yang belum mendapat jaminan keselamatan ini dihukum? Atau kita akan senang kalau orang-orang ini dapa diselamatkan juga?

II. Kesimpulan/penerapan

Dari uraian seluruh Kitab Yunus, dapatlah diambil beberapa penerapan:

  1. Tuhan ingin menyelamatkan orang-orang jahat kalau mereka mau bertobat.

  2. Riwayat Nabi Yunus dalam Kitab ini menegur orang yang hanya mementingkan suku atau bangsanya sendiri dan tidak memperdulikan suku atau bangsa lain.

  3. Manusia tidak dapat lari dari Tuhan apabila Tuhan memberi tugas, maka lebih baik melaksanakannya daripada menolaknya.

  4. Kitab Yunus menunjukkan secara jelas bahwa Tuhan itu Mahakuasa.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Ke manakah Yunus disuruh Allah untuk menyampaikan Firman-Nya?
  2. Ke manakah Yunus melarikan diri dari tugas yang diberikan Allah?
  3. Apakah hukuman yang Allah berikan kepada Yunus?
  4. Mengapakah Yunus merasa kecewa kepada Allah?
  5. Bagaimanakah cara Allah mendidik Yunus untuk bisa mengert bahwa kasih karunia-Nya itu disediakan untuk semua orang?
  6. Pelajaran rohani apakah yang saudara terima setela mempelajari Kitab Yunus?

Intisari: Yunus (Pendahuluan Kitab) Bagaimana mungkin Allah memberkati orang jahat? NABI YANG LAIN DARIPADA YANG LAINWalaupun kitab Yunus dimasukkan dalam kumpulan kitab nabi-nabi dalam

Bagaimana mungkin Allah memberkati orang jahat?

NABI YANG LAIN DARIPADA YANG LAIN
Walaupun kitab Yunus dimasukkan dalam kumpulan kitab nabi-nabi dalam Perjanjian Lama, kitab ini lain daripada yang lain. Pertama, kitab ini merupakan kisah tentang insiden yang terjadi dalam kehidupan sang nabi. Pesan yang sebenarnya pendek sekali (Yun 3:4). Juga, rupa-rupanya kitab ini ditulis oleh orang lain yang berbicara tentang Yunus sebagai orang ketiga, tidak seperti kitab-kitab lainnya dalam Alkitab. Selain dari kitab ini, yang kita ketahui tentang Yunus ialah bahwa ia berkhotbah di kerajaan utara pada waktu pemerintahan Yerobeam II (2Raj 14:25), yaitu sekitar tahun 780 SM. Tetapi hal ini tidak berarti bahwa kitab ini disusun seawal itu. Boleh jadi kitab ini ditulis lama sesudah itu, yaitu ketika bangsa Israel memerlukan pelajaran yang oleh Yunus harus dipelajari dengan susah payah.

BAGAIMANA HALNYA DENGAN IKAN PAUS ITU?
Orang-orang modern sukar untuk menerima kisah Yunus, karena tidak mudah bagi mereka mempercayai bahwa ia dapat selamat setelah beberapa lama berada dalam "perut ikan paus (Yun 1:17). Sebenarnya Alkitab menyebutnya "seekor ikan besar", oleh karena kita tidak tahu makhuk apa itu sebenarnya. Ada argumentasi yang mengatakan bahwa kejadian ini tidak pernah terjadi, oleh karenanya lebih baik jika kita menganggap kitab ini sebagai semacam perumpamaan daripada sebagai suatu fakta nyata. Pesan yang terkandung di dalamnyalah yang lebih penting, bukan itu. Walaupun hal ini tentunya benar, perumpamaan ini tidak seperti perumpamaan lainnya, karena Yunus digambarkan sebagai tokoh sejarah yang nyata. Terlebih lagi, Yesus rupanya menganggap serius ketika Ia membandingkan kebangkitan-Nya dengan peristiwa itu (Mat 12:39-41). Jika Allah adalah Tuhan atas segala ciptaan, yang merupakan bagian dari pesan dalam kitab ini, maka tidak ada alasan mengapa Ia tidak dapat mengatur kejadian seperti itu.

NINIWE
Dari sekian banyak bangsa dari zaman dahulu, tidak ada yang begitu menikmati kejahatan seperti orang Asyur. Di kemudian hari mereka akan melenyapkan kerajaan utara dan menghancurkan Yehuda. Dalam zaman Yunus, kekuasaan mereka sedang naik, dan mereka merupakan ancaman yang dahsyat bagi umat Allah. Jika ada orang yang tidak layak menerima kebaikan Allah, maka mereka adalah orang-orang yang tinggal di ibukota Asyur. Oleh karenanya, kita dapat mengerti mengapa Yunus merasa jijik ketika ia diperintahkan untuk pergi dan berkhotbah di sana, terutama ketika ia merasa bahwa Allah akan mengampuni mereka (Yun 4:2).

Pesan

1. Kita belajar tentang Allah
o Seluruh buku berisi tanggapan bahwa Allah itu adil, Ia akan menghukum orang yang bersalah, dan bahwa semua bangsa harus bertanggung jawab kepada-Nya -- tidak hanya bangsa Israel. Yun 1:2; 3:2,9,10
o Allah berdaulat di dalam dunia yang diciptakan-Nya. Ia dapat mengendalikan segala makhluk ciptaan-Nya, cuaca, bahkan tanam-tanaman. Kemudian, dalam sejarah bangsa Israel kita ketahui bahwa Ia bahkan mau memakai bangsa yang kafir dan kejam seperti bangsa Asyur. Yun 1:4,9,17; 2:10; 4:6-8
o Allah jugaa murah hati dan penuh belas kasihan, memelihara umat manusia -- bahkan binatang -- di samping secara istimewa menjadi Allah bangsa Israel. Yun 2:8,9; 3:9,10; 4:2,10,11

2. Kita belajar tentang Yunus
o Yunus mewakili umat Allah yang mengenal kemurahan-Nya dan yang boleh membanggakan diri tentang hubungannya dengan Allah -- dan yang boleh berdoa kepada-Nya di saat-saat mengalami kesukaran. Kita melihat Yunus memuji Allah dan menyerahkan kembali kehidupannya kepada Dia. Yun 1:9; 2:1-9
o Yunus juga tidak tetap pendiriannya dan tidak taat. Ia berusaha untuk melarikan diri dari Allah yang telah menciptakan segala-Nya! Dia marah ketika Allah bermurah hati. Ia lebih kuatir tentang sebatang tanaman daripada tentang orang lain. Yun 1:3,10; 4:1-3,9

3. Kita belajar tentang orang kafir Baik para pelaut maupun orang Niniwe yang sudah bertobat, mereka lebih bijaksana daripada sang nabi. Pandangan mereka tentang apa yang benar dan kesiapan mereka menanggapi pesan Allah membuat kita tercengang. Namun demikian, Yunus tidak menganggap mereka, karena mereka bukan orang Israel. Yun 1:13,14,16; 3:5-9

Penerapan

1. Kita juga tidak tetap pendirian
Seperti Yunus, kita juga sering siap untuk mengakui iman kita kepada Allah tanpa kesiapan untuk melihat apa arti semua itu. Kita juga seringkali sengaja berlaku tidak taat. Kita juga bisa berpikiran tidak logis seperti seseorang yang mencoba melarikan diri dari Yang Maha Kuasa. Lebih buruk lagi, kita juga bisa bersikap keras dan tidak berperasaan terhadap orang lain, bahkan pada waktu kita mengatakan bahwa kita mengenal kemurahan dan belas kasihan Allah.

2. Kita juga sama egoisnya
Boleh jadi salah satu alasan mengapa Yunus menghendaki jatuhnya penghakiman adalah agar supaya reputasinya sebagai seorang nabi tidak menjadi rusak. Seperti dia, kita juga dapat menjadi jengkel karena hanya soal-soal kecil yang tidak berguna, sementara kita sama sekali tidak merasa prihatin terhadap orang lain.

3. Allah memelihara kita semua
Allah mempedulikan semua orang, bukan hanya karena Allah bermaksud untuk menghakimi mereka, tetapi Ia sungguh-sungguh mengasihi apa yang telah diciptakan-Nya. Ini tidak berarti bahwa semua orang akan diselamatkan, tetapi hal ini berarti bahwa setiap orang mendapat kesempatan untuk memperbaiki hubungannya dengan Dia. Jika kita bersatu dengan Dia, maka ini berarti kesaksian dan pengutusan, di samping memberikan pelayanan sederhana kepada orang-orang yang bukan Kristen.

4. Allah memberikan kesempatan kedua
Allah memberi Yunus kesempatan kedua untuk memenuhi tugas pengutusannya. Sementara kita tidak boleh mempermainkan Allah dan menganggap enteng kemurahan-Nya, kita tahu bahwa Ia sering memperlakukan kita seperti apa yang dilakukannya terhadap Yunus.

Tema-tema Kunci

1. Kemurahan
Alasan mengapa Yunus tahu bahwa Allah adalah "murah hati dan penuh belas kasihan... tidak cepat marah dan kasih-Nya berkelimpahan" ialah bahwa Allah telah bermurah hati padanya. Pelajarilah Mazmur pasal Maz 2. Bacaan ini membuat perlakuan kasarnya terhadap orang lain sukar dapat diterima. Bandingkan pengajaran Yesus dalam Matius 18:21-25

2. Nubuatan yang tidak digenapi
Janji Allah melalui Yunus tidak pernah dilaksanakannya (Yun 3:10). Hal ini mengingatkan pada kita bahwa tidak semua nubuatan perlu digenapi. Walaupun Allah tidak dapat dipermainkan -- "Siapa tahu?" (Yun 3:9) -- Ia menanggapi pertobatan manusia dan mampu menggenapi maksudnya dengan berbagai cara.

3. Yunus dan Yesus
Yesus menggunakan pengalaman Yunus sebagai ilustrasi atas dirinya (lihat Matius 12:39-41; 16:4). Seperti halnya Yunus yang dipilih sebagai seorang hamba Allah melalui suatu mukjizat penyelamatan, pernyataan dan ajaran Yesus akan ditegaskan melalui kebangkitan-Nya dari antara orang mati (yaitu Rom 1:3,4).

Garis Besar Intisari: Yunus (Pendahuluan Kitab) [1] NABI YANG MELARIKAN DIRI Yun 1:1-17 Yun 1:1,2Pengutusan Allah Yun 1:3Ketidaktaatan Yunus Yun 1:4-16Kejadian di tengah laut Yun 1:17Bukan ika

[1] NABI YANG MELARIKAN DIRI Yun 1:1-17

Yun 1:1,2Pengutusan Allah
Yun 1:3Ketidaktaatan Yunus
Yun 1:4-16Kejadian di tengah laut
Yun 1:17Bukan ikan biasa

[2] NABI YANG BERSYUKUR Yun 2:1-10

Yun 2:1-6Yunus tenggelam
Yun 2:7-10Allah menolong

[3] NABI YANG TAAT Yun 3:1-10

Yun 3:1,2Kesempatan yang kedua
Yun 3:3,4Yunus berkhotbah
Yun 3:5-9Niniwe bertobat
Yun 3:10Allah mengampuni

[4]NABI YANG KERAS HATI Yun 4:1-11

Yun 4:1-4Yunus marah
Yun 4:5-8Pelajaran tentang pokok jarak
Yun 4:9-11Allah penuh belas kasihan
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #31: Tutup popup dengan arahkan mouse keluar dari popup. Tutup sticky dengan menekan ikon . [SEMUA]
dibuat dalam 0.50 detik
dipersembahkan oleh YLSA