Teks -- Matius 4:11-25 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Mat 4:1-11 - YESUS ... DICOBAI.
Nas : Mat 4:1-11
Pencobaan Yesus oleh Iblis adalah usaha untuk membelokkan Yesus dari
jalan ketaatan yang sempurna kepada kehendak Allah. Perhatika...
Nas : Mat 4:1-11
Pencobaan Yesus oleh Iblis adalah usaha untuk membelokkan Yesus dari jalan ketaatan yang sempurna kepada kehendak Allah. Perhatikanlah bahwa dalam setiap pencobaan Yesus tunduk kepada kekuasaan Firman Allah dan bukan kepada keinginan Iblis (ayat Mat 4:4,7,10). Pelajaran apakah yang dapat kita tarik dari peristiwa ini?
- 1) Iblis merupakan musuh terbesar kita. Sebagai orang Kristen, kita
harus sadar bahwa kita terlibat dalam peperangan rohani melawan
kuasa-kuasa kejahatan yang tidak nampak namun sangat nyata
(lihat cat. --> Ef 6:12).
[atau ref. Ef 6:12]
- 2) Tanpa Roh Kudus dan Firman Allah yang digunakan secara tepat, orang Kristen tidak mungkin mengalahkan dosa dan pencobaan. Berikut ini diberikan beberapa anjuran mengenai cara mempergunakan Firman Allah untuk mengatasi pencobaan:
- (a) Sadarilah bahwa melalui Firman Allah saudara mempunyai kuasa untuk melawan setiap ajakan dari Iblis (Yoh 15:3,7).
- (b) Tulislah (yaitu, menghafal) Firman Allah di dalam hati dan
pikiran saudara
(lihat cat. --> Yak 1:21).
[atau ref. Yak 1:21]
- (c) Renungkanlah siang dan malam ayat-ayat yang telah saudara
hafalkan
(lihat cat. --> Ul 6:6;
lihat cat. --> Mazm 1:2;
lihat cat. --> Mazm 119:47-48).
[atau ref. Ul 6:6; Mazm 1:2; 119:47-48]
- (d) Ucapkanlah ayat-ayat yang saudara hafalkan itu di dalam hati dan kepada Allah pada saat dicobai (ayat Mat 4:4,7,10).
- (e) Sadari dan taati dorongan Roh Kudus untuk mematuhi Firman Allah (Rom 8:12-14; Gal 5:18).
- (f) Pagarilah semua langkah ini dengan doa (Ef 6:18). Kami berikan beberapa ayat untuk dihafalkan ketika menghadapi pencobaan: Umum (pasal Rom 6:1-23; 8:1-39); Khusus: mengenai percabulan (Rom 13:14), berdusta (Yoh 8:44; Kol 3:9), bergunjing (Yak 4:11), tidak patuh kepada orang-tua (Ibr 13:17), keputusasaan (Gal 6:9), takut akan masa depan (2Tim 1:7), nafsu (Mat 5:28; 2Tim 2:22), keinginan untuk balas dendam (Mat 6:15), mengabaikan Firman Allah (Mat 4:4), kuatir akan hal keuangan (Mat 6:24-34; Fili 4:6).
Full Life: Mat 4:19 - PENJALA MANUSIA.
Nas : Mat 4:19
Apa pun jabatan seseorang, apakah gembala sidang, pemberita Injil,
utusan gerejawi, pengarang, guru, diaken atau orang awam, apabila...
Nas : Mat 4:19
Apa pun jabatan seseorang, apakah gembala sidang, pemberita Injil, utusan gerejawi, pengarang, guru, diaken atau orang awam, apabila ia tidak betul-betul berusaha menuntun orang kepada Kristus, maka ia tidak melakukan tugasnya bagi Allah (lih. Mat 28:19; Luk 5:10; Yoh 15:16; Kis 1:8; 1Kor 9:19).
Full Life: Mat 4:23 - KERAJAAN ALLAH SERTA MELENYAPKAN SEGALA PENYAKIT.
Nas : Mat 4:23
Di dalam kitab-kitab Injil, Kerajaan Allah berkaitan erat dengan
penyembuhan, pengadaan mukjizat dan pengusiran setan-setan
(Mat 4:2...
Nas : Mat 4:23
Di dalam kitab-kitab Injil, Kerajaan Allah berkaitan erat dengan penyembuhan, pengadaan mukjizat dan pengusiran setan-setan (Mat 4:23-24; Mat 9:35; 10:7-8; 12:28; Luk 9:1-2; bd. Kis 8:6-7,12). Kerajaan Allah meliputi baik berkat bagi tubuh maupun bagi jiwa
(lihat art. PENYEMBUHAN ILAHI).
Jerusalem: Mat 4:1-11 - -- Yesus dibawa ke gurun untuk dicobai selama empat puluh hari, sama seperti dahulu Israel di gurun dicobai selama empat puluh tahun, Ula 8:2,4; bdk Bil ...
Yesus dibawa ke gurun untuk dicobai selama empat puluh hari, sama seperti dahulu Israel di gurun dicobai selama empat puluh tahun, Ula 8:2,4; bdk Bil 14:34. Yesus mengalami tiga macam percobaan, sebagaimana ditonjolkan kutipan-kutipan dari Kitab Suci, yaitu: mencari makanan lepas dari Allah, Ula 8:3; bdk Kel 16; mencobai Allah untuk memuaskan keinginannya sendiri Ula 6:16; bdk Kel 17:1-7; memungkiri Allah untuk menyembah berhala yang menjamin kekuasaan di dunia ini, Ula 6:13; bdk Ula 6:10-15; Kel 23:23-33. Sama seperti Musa Yesus dalam puasa selama empat puluh hari empat puluh malam bergumul, Ula 9:18 bdk Kel 34:28; Ula 9:9; sama seperti Musa Yesus melihat "seluruh dunia/negeri" dari atas sebuah gunung yang tinggi, Ula 34:1-4. Allah menolong Yesus dengan mengutus malaikat-malaikat, Mat 4:11, seperti yang dijanjikan kepada orang benar, Maz 91:11-12, dan menurut Mar 1:13 Yesus dilindungi Allah terhadap binatang-binatang liar, seperti Allah melindungi orang benar, Maz 91:13, dan dahulu Israel, Ula 8:15. Mengingat latar belakang Alkitabiah itu Yesus nampak sebagai Musa baru (lihat Mat 2:16+, Mat 2:20 dan Kel 4:19), yang memimpin Keluaran yang baru, bdk Ibr 3:1-4; Mat 3:11, artinya: Yesus adalah Mesias, seperti disangka iblis sesudah Yesus dibaptis (Jika Engkau Anak Allah...), yang membuka jalan penyelamatan yang sesungguhnya, bukan jalan kepercayaan kepada dirinya, atau jalan yang gampang, tetapi jalan ketaatan pada Allah dan penyangkalan diri. Meskipun ceritanya mengingatkan Kitab Suci, namun peristiwa itu benar-benar terjadi, entahlah bagaimana dan kapan. Meskipun tidak pernah berdosa, Yesus dapat mengalami bujukan dari luar, bdk Mat 16:23, dan perlulah Ia digoda untuk menjadi pemimpin kita, bdk Mat 26:36-46 dsj; Ibr 2:10,17-18; Ibr 4:15; Ibr 5:2,7-9. Yesus mempertimbangkan suatu martabat sebagai Mesias politik dan pemenang, tetapi ia mengutamakan martabat Mesias yang rohani dan yang sama sekali menaklukkan diri kepada Allah.
Jerusalem: Mat 4:13 - Nazaret Var: Nazara. Ini barangkali asli juga oleh karena terdapat dalam naskah-naskah yang paling baik. Ditemukan juga dalam Luk 4:16 menurut banyak naskah. ...
Var: Nazara. Ini barangkali asli juga oleh karena terdapat dalam naskah-naskah yang paling baik. Ditemukan juga dalam Luk 4:16 menurut banyak naskah. Agaknya nama yang kurang lazim kemudian diganti nama yang biasa: Nazaret.
Jerusalem: Mat 4:17 - Kerajaan Sorga Kerajaan atau Pemerintahan Allah atas bangsa terpilih dan melalui dia atas dunia seluruhnya merupakan pokok utama dalam pewartaan Yesus, sebagaimana j...
Kerajaan atau Pemerintahan Allah atas bangsa terpilih dan melalui dia atas dunia seluruhnya merupakan pokok utama dalam pewartaan Yesus, sebagaimana juga dicita-citakan oleh teokrasi Perjanjian Lama. Kerajaan Allah itu melingkupi suatu "kerajaan orang kudus", yang rajanya ialah Allah, oleh karena kekuasaan serta pemerintahannya sebagai raja benar-benar diakui oleh mereka berdasarkan pengetahuan dan kasih. Kerajaan/pemerintahan Allah itu telah dirongrong oleh pemberontakan ialah dosa, sehingga perlu dipulihkan oleh turun tangan Allah yang berdaulat serta MesiasNya, Dan 2:28. Justru turun tangan itulah yang diwartakan oleh Yohanes Pembaptis dahulu, Mat 3:2, dan sekarang oleh Yesus sebagai sesuatu yang di ambang pintu, Mat 4:17,23; Luk 4:43. Yesus sendiri mewujudkan turun tangan itu bukanlah melalui suatu kemenangan laksana seorang pejuang atau melalui kemenangan nasionalis sebagaimana diharapkan orang banyak, Mar 11:10; Luk 19:11; Kis 1:6, melainkan dengan cara yang rohani belaka, Mar 1:34+; Yoh 18:36, sebagai "Anak Manusia", Mat 8:20+, dan "Hamba Tuhan", Mat 8:17+; Mat 20:28+; Mat 26:28+, melalui karya penebusan yang merenggut manusia dari genggaman dan kekuasaan musuh, ialah Iblis, Mat 4:8; Mat 8:29+; Mat 12:25-26. Sebelum perwujudanNya yang terakhir pada akhir zaman bila para orang pilihan hidup di dekat Bapa dengan kegembiraan pesta sorgawi, Mat 8:11+; Mat 13:43; Mat 26:29, Kerajaan itu sudah tampil dengan awal yang sederhana, Mat 13:31-33, dan tersembunyi Mat 13:11, sementara ditentang, Mat 13:24-30. Namun Kerajaan itu benar-benar suatu kenyataan yang sudah dimulai, Mat 12:28; Luk 17:20-21, dan lambat laun berkembang di dunia, Mar 4:26-29, melalui Gereja, Mat 16:18+. Dengan kekuasaan ilahi Kerajaan itu sudah ditegakkan sebagai Kerajaan Kristus melalui penghakiman Allah atas Yerusalem, Mat 16:28; Luk 21:31, lalu diwartakan di dunia semesta berkat perutusan para rasul, Mat 10:7; Mat 10:24; Mat 10:14; Kis 1:3+. Secara definitif Kerajaan Allah akan ditegakkan dan dikembalikan kepada Bapa, 1Ko 15:24, berkat kedatangan kembali Kristus dengan kemuliaanNya, Mat 16:27; Mat 25:31, sesudah penghakiman terakhir, Mat 13:37-43; Mat 13:47-50; Mat 25:31-46. Sementara perwujudan terakhir itu dinantikan. Kerajaan itu nampak sebagai suatu karunia belaka, Mat 20:1-16; Mat 22:9-10; Luk 12:32, yang diterima oleh orang-orang kecil dan rendah hati, Mat 5:3; Mat 18:3-4; Mat 19:14,23-24, yang mengorbankan segala sesuatu, Mat 19:12; Mar 9:47; Luk 9:62; Luk 18:29 dst, sedangkan ditolak oleh yang angkuh hati dan yang mementingkan dirinya, Mat 21:31-32,43; Mat 22:2-8; Mat 23:13. Orang hanya dapat masuk dengan berpakaian pesta, Mat 22:11-13, ialah hidup baru, Yoh 3:3,5. Ada juga orang yang tidak diperbolehkan masuk, Mat 8:12; 1Ko 6:9-10; Gal 5:21. Orang tetap harus berjaga-jaga supaya siap mana kala Kerajaan datang dengan tidak tersangka-sangka, Mat 25:1-13. Mengenai caranya Matius menyusun rangka karyanya di sekitar pokok utama "Kerajaan Sorga" itu, bdk pengantar.
Jerusalem: Mat 4:23 - Injil Arti pertama dari kata Yunani "euanggelion" ialah: Kabar yang Baik". Apa yang dikabarkannya ialah: kedatangan Kerajaan Sorga yang sudah dekat,bdk Mat ...
Jerusalem: Mat 4:23 - melenyapkan segala penyakit... Mujizat-mujizat yang menyembuhkan orang sakit adalah tanda yang istimewa yang menyatakan Mesias sudah datang, bdk Mat 10:1,7 dst; Mat 11:4 dst.
Mujizat-mujizat yang menyembuhkan orang sakit adalah tanda yang istimewa yang menyatakan Mesias sudah datang, bdk Mat 10:1,7 dst; Mat 11:4 dst.
Jerusalem: Mat 4:24 - seluruh Siria Siria di sini mempunyai arti luas, sehingga mengenai kawasan Galilea dan sekitarnya, bdk Mar 1:28
Siria di sini mempunyai arti luas, sehingga mengenai kawasan Galilea dan sekitarnya, bdk Mar 1:28
Jerusalem: Mat 4:24 - yang sakit ayan Kata Yunani berarti: yang kena bulan, oleh karena dahulu kala sakit ayan dianggap sebagai disebabkan oleh bulan, bdk Mat 17:15.
Kata Yunani berarti: yang kena bulan, oleh karena dahulu kala sakit ayan dianggap sebagai disebabkan oleh bulan, bdk Mat 17:15.
Jerusalem: Mat 4:25 - Dekapolis Dekapolis atau "dasa-kota" ialah sekelompok kota (sepuluh) yang otonom beserta wilayah di sekitarnya. Kebanyakan kota itu terletak di seberang sungai ...
Dekapolis atau "dasa-kota" ialah sekelompok kota (sepuluh) yang otonom beserta wilayah di sekitarnya. Kebanyakan kota itu terletak di seberang sungai Yordan di bagian timur dan timur laut. Termasuk juga kota Damsyik.
Ende -> Mat 4:12; Mat 4:15-16
"Dipendjarakan" Peristiwa jang bersangkutan ditjeritakan dalam Mat 14:3-12.
Ende: Mat 4:15-16 - -- Kutipan ini diambilnja dari Yes 9:1-2.
Tanah Palestina disebelah utara tasik Genesaret dewasa itu masih tanah "kafir".
Kutipan ini diambilnja dari Yes 9:1-2.
Tanah Palestina disebelah utara tasik Genesaret dewasa itu masih tanah "kafir".
Ref. Silang FULL: Mat 4:11 - meninggalkan Dia // melayani Yesus · meninggalkan Dia: Yak 4:7
· melayani Yesus: Mat 26:53; Luk 22:43; Ibr 1:14
Ref. Silang FULL: Mat 4:12 - telah ditangkap // ke Galilea · telah ditangkap: Mat 14:3
· ke Galilea: Mr 1:14
Ref. Silang FULL: Mat 4:13 - di Kapernaum · di Kapernaum: Mr 1:21; 9:33; Luk 4:23,31; Yoh 2:12; 4:46,47
· di Kapernaum: Mr 1:21; 9:33; Luk 4:23,31; Yoh 2:12; 4:46,47
Ref. Silang FULL: Mat 4:16 - terbit Terang · terbit Terang: Yes 8:23; Yes.9:1; Luk 2:32; Yoh 1:4,5,9
· terbit Terang: Yes 8:23; Yes.9:1; Luk 2:32; Yoh 1:4,5,9
Ref. Silang FULL: Mat 4:18 - danau Galilea // disebut Petrus · danau Galilea: Mat 15:29; Mr 7:31; Yoh 6:1
· disebut Petrus: Mat 16:17,18
· danau Galilea: Mat 15:29; Mr 7:31; Yoh 6:1
· disebut Petrus: Mat 16:17,18
Ref. Silang FULL: Mat 4:19 - ikutlah Aku · ikutlah Aku: Mat 4:20,22; Mat 8:22; Mr 10:21,28,52; Luk 5:28; Yoh 1:43; 21:19,22
· ikutlah Aku: Mat 4:20,22; Mat 8:22; Mr 10:21,28,52; Luk 5:28; Yoh 1:43; 21:19,22
Ref. Silang FULL: Mat 4:21 - dan Yohanes · dan Yohanes: Mat 17:1; 20:20; 26:37; Mr 3:17; 13:3; Luk 8:51; Yoh 21:2
· dan Yohanes: Mat 17:1; 20:20; 26:37; Mr 3:17; 13:3; Luk 8:51; Yoh 21:2
Ref. Silang FULL: Mat 4:23 - seluruh Galilea // rumah-rumah ibadat // memberitakan Injil // Kerajaan // antara bangsa · seluruh Galilea: Mr 1:39; Luk 4:15,44
· rumah-rumah ibadat: Mat 9:35; 13:54; Mr 1:21; Luk 4:15; Yoh 6:59; 18:20
· memberitakan ...
· seluruh Galilea: Mr 1:39; Luk 4:15,44
· rumah-rumah ibadat: Mat 9:35; 13:54; Mr 1:21; Luk 4:15; Yoh 6:59; 18:20
· memberitakan Injil: Mr 1:14
· Kerajaan: Mat 3:2; [Lihat FULL. Mat 3:2]; Kis 20:25; 28:23,31
· antara bangsa: Mat 8:16; 14:14; 15:30; Mr 3:10; Luk 7:22; Kis 10:38
Ref. Silang FULL: Mat 4:24 - seluruh Siria // yang kerasukan // sakit ayan // yang lumpuh · seluruh Siria: Luk 2:2; Luk 2:2
· yang kerasukan: Mat 8:16,28; 9:32; 12:22; 15:22; Mr 1:32; 5:15,16,18
· sakit ayan: Mat 17:15
...
· seluruh Siria: Luk 2:2; [Lihat FULL. Luk 2:2]
· yang kerasukan: Mat 8:16,28; 9:32; 12:22; 15:22; Mr 1:32; 5:15,16,18
· sakit ayan: Mat 17:15
· yang lumpuh: Mat 8:6; 9:2; Mr 2:3